PDA

View Full Version : Tertular Mual saat Lihat Orang Muntah



shinminho
09-07-2010, 02:30 PM
Lebih Sering Dialami Orang dengan Kepribadian Immature

Saat melihat orang muntah, tidak jarang kita spontan ikut mual dan ingin muntah. Padahal, sebelumnya kondisi kita baik-baik saja. Apakah itu berarti muntah dapat menular?

Menurut dr Hendro Riyanto SpKJ, muntah merupakan gejala yang mungkin muncul saat kondisi tubuh tidak fit. Banyak penyakit yang ditandai dengan gejala muntah. "Muntah bukan penyakit menular," terangnya.

Lalu, bagaimana kita bisa merasa ingin muntah saat melihat orang lain muntah? Menurut Hendro, kondisi begitu disebut sympathetic vomiting. Itu refleks dari saraf simpatis. "Tidak hanya melihat, mendengar atau mencium bau muntahan pun bisa membuat orang lain ikut mual dan ingin muntah," jelasnya.

Namun, kata dia, kondisi begitu tidak dialami semua orang. Sympathetic vomiting juga tidak berbahaya dan bisa dikendalikan atau ditahan. Dengan demikian, saat melihat, mendengar, atau mencium bau muntah, kita tidak ikut-ikutan merasa mual dan ingin muntah. "Misalnya, tahan napas dan segera keluar dari ruangan untuk mendapatkan udara segar. Alihkan perhatian dengan melakukan aktivitas lain. Cara lain yang dapat dilakukan adalah membuat tubuh rileks dan meditasi," kata direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur tersebut.

Ada kalanya, terutama pada mereka yang berkepribadian immature (kurang matang), gejala sympathetic vomiting bertambah berat. Dalam kondisi tersebut, tidak hanya refleks saraf simpatis yang berperan. Masalah psikologis juga terlibat. "Dampaknya, orang itu lebih rentan atau lebih mudah terstimulasi daripada orang dengan kepribadian mature. Maksudnya, jika melihat orang muntah, mereka yang berkepribadian immature lebih mudah terstimulasi untuk ikut-ikutan muntah," paparnya.

Bagi yang merasa terganggu karena gampang ikut-ikutan muntah saat melihat orang lain muntah, Hendro menyarankan berkonsultasi ke psikiater. Dia mengingatkan, pasien yang berkonsultasi ke psikiater tidak berarti mengalami gangguan kejiwaan. Menurut Hendro, anggapan itulah yang membuat orang enggan berkonsultasi ke psikiater.

"Psikiater akan membantu menyelesaikan masalah tersebut. Mungkin, ada masalah atau latar belakang kehidupan yang membuat si pasien jadi begitu," ujarnya. Psikiater, kata dia, bisa jadi akan bekerja sama dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mendiagnosis ada tidaknya gangguan pada saluran pencernaan. (ai/c8/soe)

gak nolak klo :grp: or :thx: jg gpp

1nuy45h4
10-07-2010, 10:41 AM
Oh pantesan tiap kali ane liat orang lain muntah atau pun bekas muntah orang, ane selalu kepingin banget muntah.:muntah:.
Makasih gan info nya :niceinfo:

john88
10-07-2010, 11:37 AM
3x gan,please sumbernya mana.

nayaxoe
10-07-2010, 05:17 PM
nice info nih, bisa kasih tau bini

shinminho
10-07-2010, 05:38 PM
3x gan,please sumbernya mana.

:rokok:

nih sumbernya http://www.jawapos.com/metropolis/index.php?act=detail&nid=144075

reazon
10-07-2010, 05:55 PM
gw juga ngalamin mual kalo ada orang yg muntah dalam perjalanan darat(mobil)......
apa lagi d samping gw.....:muntah:nya.....

galuhrestu
10-07-2010, 06:20 PM
untung gue lom pernah liat orang yang muntah..

Tenten
10-07-2010, 06:23 PM
Ada kalanya, terutama pada mereka yang berkepribadian immature (kurang matang), gejala sympathetic vomiting bertambah berat. Dalam kondisi tersebut, tidak hanya refleks saraf simpatis yang berperan. Masalah psikologis juga terlibat. "Dampaknya, orang itu lebih rentan atau lebih mudah terstimulasi daripada orang dengan kepribadian mature. Maksudnya, jika melihat orang muntah, mereka yang berkepribadian immature lebih mudah terstimulasi untuk ikut-ikutan muntah," paparnya.

untung aja selama ini klo liat orang muntah gak pernah ikut2an muntah apa karena sudah mature ya :hehe:

Felix_13
10-07-2010, 10:21 PM
kalo muntahannya serem (ampe seluruhnya keluar) sih.. bisa ikut2an mual ~_~v
Apalagi kl muntahannya aneh dan bau..

Tp kl sekedar muntah masuk angin.. no effect untungnya :D

Zebhi
11-07-2010, 09:46 AM
Owh gitu ya. Pantesan aja.

Btw, klo mo naik bis aja udah ada bau-bau yg nggak enak kok Ane juga mual ya?
Padahal bukan bau muntah.

simkuring
11-07-2010, 10:32 PM
wah sama kaya yang di bahas di buku picking point (klo ga salah), cm contona di sana bukan muntah, tp menguap