PDA

View Full Version : Info agar nasi tidak cepat basi



radhianwahyu
13-07-2010, 07:55 AM
agar nasi tidak cepat basi...
selain menggunakan pemanas....
nasi sebelum di masak...
air rebusannya di campurkan air jeruk nipis (1/2 biji aja)
nah dengan begini walau tanpa memakai pemanas nasi pun, nasi yg sdh masak nantinya akan bertahan lama

semoga bermanfaat bagi yg hobi makan nasi:hahai:

darkpsycho
13-07-2010, 08:48 AM
berasnya brp liter?

radhianwahyu
13-07-2010, 08:55 AM
berasnya brp liter?
1 liter buat...
1/2 air jeruk nipis

seatea
10-08-2010, 12:39 PM
Bagus nih sarannya. Soalnya entah kenapa nasi gw ga tahan lama walopun udh pake rice cooker. Kalo masak nasi sore untuk malam dan pagi, paginya nasinya udah benyek gitu. Akan saya coba nanti pas puasa, biar saya ga usah bolak balik masak nasi kalo sahur. Ada alternatif selain jeruk nipis? Pake garam?

rhevsky
30-08-2010, 11:31 AM
tp pengalaman nyokap dirumah walopun dikasih jeruk nipis tp masih suka rada basi, dan alhasil ganti magic jar. kayanya alat memasaknya juga pengaruh deh gan. apa cuma gw doang yah??

linkonline
25-11-2010, 04:20 PM
beneran bisa nih..?? baru tau gw..
nanti dicoba deh, daripada nasinya dibuang gara2 basi..

jujuheart
26-11-2010, 07:15 PM
tp ati2 aja soalnya biasanya di nasi emak gue juga dimasukkin sak biji2nya, jadi pahit :dead:

firexxx
10-12-2010, 06:56 PM
wah bs d coba ne tips jeruk nipisnya..
bsk pagi d coba deh sp tao berhasil nasi nya ga cepet basi..

c_dayt
11-12-2010, 11:36 AM
iya nih gan.. sebenernya ngaruh ga ama rasa nasi tersebut...????
reviewnya tambahin lagi dong, bagi yg udah nyoba..
sapa tau kalo berasnya biasa trus dipake jeruk nipis rasanya jd lebih enak/pulen kan lebih mantapp!!!!! :peace:

bighendz
11-12-2010, 03:39 PM
nice info gan ......
biasanya mak ane kalo masak nasi biar ga cepet basi itu masaknya dikit - dikit aja :haha:
kalo abis baru masak lagi
ato kalo nggak gitu pasti sebelum basi udah ane habisin dulu :xiexie:

Bagus nih sarannya. Soalnya entah kenapa nasi gw ga tahan lama walopun udh pake rice cooker. Kalo masak nasi sore untuk malam dan pagi, paginya nasinya udah benyek gitu. Akan saya coba nanti pas puasa, biar saya ga usah bolak balik masak nasi kalo sahur. Ada alternatif selain jeruk nipis? Pake garam?
yang pake garem itu mah emang bener awet tapi nasinya jadi asin bro .......
ngikut nambahin info .........
kalo nasi pengen ga cepet basi . coba kalo masak nasi setelah dua jam ngga di makan ...... tuh rice cooker / magic jar jangan di nyalain alias di cabut aja ...... trus nasinya di angin - anginin , pas 30 menit sebelum makan baru di nyalain lagi :elegan:

poezza1008
15-12-2010, 11:21 AM
gua tinggal didaerah dingin, jdi bukan cma nasi, yang laen pun awet, tahan lama, gk cepet basi..

jdi intinya biar nasi gk cepet basi, masukin kulkas aja biar adem.. hehe

feaze
25-02-2011, 06:53 PM
kalo gw biar enak+pulen+awet dicampur sama agar-agar yang warnanya bening.

Recommended sih pake yg cap burung walet

zun
26-02-2011, 02:13 AM
Kalau ane buat nasi biarin dingin setelah masak baru deh di tutup
biar g ada uap air kumpul yang biasa cepat basi oya tempat nasi habis dipakai langsung cuci

minervahero
26-02-2011, 07:56 PM
oh ya ada satu cara.... katanya bisa ditambahin agar2 waktu beras setengah matang... katanya bisa nambah enak nasinya n bisa bikin awet nasinya....

zentaizhou
05-04-2011, 04:35 AM
ga mempengaruhi rasa kah?? soal nya kan pake jeruk nipis, pasti asem gimana gitu...

Peace_K
09-04-2011, 08:04 PM
1 liter beras untuk 1/2 jeruk nipis yah?
g keasamantuh ntr nasinya?
klo masak di magic jar jg gw biasanya g smp 1 liter,
ntu gmn takarannya?

hizaa
10-04-2011, 07:38 PM
wah patut di coba nih....

berarti kalo gue yang biasa masak 2 ampe 3 liter perhari makenya 1 jeruk nipis yah...

tapi semuanya tergantung sih,,kalo kita nyuci berasnya gak bersih nasinya juga cepat basi

kepik
15-04-2011, 04:16 PM
Infonya nanti dicoba, sekalian mau nanya klo biar ga kering gmn?jd sy klo masak pagi pke rice cooker, pulang kerja malam nasinya emang ga basi tapi suka kering..,jadi banyak yg kebuang..makasih

sar_anhar
16-04-2011, 08:16 AM
gan kalo masak pake panci yang paling bagus takaran beras dan airnya gimana biar nasi tanak dan ga cepet basi?
soalnya gw kalo masak di panci bawahnya mesti gosong..
agar nasi tidak cepat basi...
selain menggunakan pemanas....
nasi sebelum di masak...
air rebusannya di campurkan air jeruk nipis (1/2 biji aja)
nah dengan begini walau tanpa memakai pemanas nasi pun, nasi yg sdh masak nantinya akan bertahan lama

semoga bermanfaat bagi yg hobi makan nasi:hahai:

oewank_blue
16-04-2011, 08:23 AM
gan kalo masak pake panci yang paling bagus takaran beras dan airnya gimana biar nasi tanak dan ga cepet basi?
soalnya gw kalo masak di panci bawahnya mesti gosong..

kalo masalah gosong, biasanya pengaruh dari rice cookernya..
pengalaman aye sih, kalo rice cookernya udah 'jadul' suka bikin gosong bawahnya..

tpi kalo model2 yg baru2, yg udah make panci anti lengketnya..
kemungkinan gosong kecil..

untuk air..
biasanya aye nakarnya, permukaan aer setinggi 2 ruas jari tengah molai dari ujung jari sampe 2 ruas jari ke pangkal..
nah ujung jarinya itu berada di PERMUKAAN beras yg udah masuk panci, jdi jarinya ENGA di tancepin ke beras/nyentuh dasar panci..

emm.. ngerti kan maksutnya..? :D

confalz
16-04-2011, 06:51 PM
emg gw masak pake perasan jeruk nipis ko,,, biar wangi tambah daun pandan gan pas masak nya..

Wah, patut dicoba nih. Kebetulan di rumah nanem pandan ma pohon jeruk nipis

holind90
22-04-2011, 12:07 PM
makasih buat tips nya..bermanfaat sekali buat anak kosan yang pengen hemat dengan masak nasi tapi makannya ga teratur seperti saya..hahaha

sip_banget
23-04-2011, 09:36 AM
kok ga dijelasin nih, merusak rasa nasi ga? klo pingin awet benernya pas masak diaduk2 terus jangan banyak air biar pulen. klo kebanyakan air emang jadi cepet basi.

firaga60
06-05-2011, 09:07 PM
Nyokap sering bgt masak nasi pake cara ini. Lumayan bisa nambah umur nasi :hehe:

noerha
13-05-2011, 06:27 PM
kalo aku sih biar awet, kalo nasi yang simpen di rice cooker, harus ada pembuangan udaranya :hehe:

tokemania
05-09-2011, 11:09 AM
iya nih walaupun udah pake rice cooker yang ada pembuangan udaranya pasti basi kelo lebih dari 12 jam. Mau coba peke cara ini deh, kali2 bisa berhasil

anind
08-09-2011, 08:05 AM
wah tips yang bagus nih..
tapi kalau pakai jeruk nipis apa rasa nasinya jg pengaruh gak...

khuma_putry
13-09-2011, 02:46 AM
bukannya tergantung dng berasnya sebenernya :iii:

kalau beras bagus, basinya juga lama tuh apalagi kalau d taruh d mejik jer :iii:

beda dengan nasi yang tidak bagus, dah basi semalam walaupun tu taruh d mejik jer :iii:

qenzz
19-10-2011, 10:09 AM
jeruk nipis itu, bisa bikin warna nasi lebih putih..
itu dari pengalaman buka restoran..
dan kalo untuk nasi aronan, yang dah kelamaan di rendam, bisa di tolong dengan memberikan jeruk nipis di air aronannya, dan daun pandan di nasinya.

satzuke
27-10-2011, 02:15 PM
nasi ku biasa klo masuk magic jar lama2 jadi keras + kuning.kapan2 aku coba deh ini sarannya :niceinfo:

streetmaniac
02-11-2011, 09:59 PM
wah bagus nih gan ,biasa ane kalo supaya gak cepet basi nasinya ane buat lebih kasar dengan takaran air ane kurangin ,tapi jdai gak enak sih ...

xjalikta
09-12-2011, 11:29 PM
Langsung makan setelah nasi mateng bro, dijamin gak basi

bizly
16-12-2011, 11:35 AM
Saya juga punya problem yang sama, nasi di rice cooker sering basi biar masih baru habis dimasak..
Mungkin pemanas saya yang rusak:swt:, nanti saya praktekkan tipsnya, nice share:top:

siunilie
17-12-2011, 01:33 PM
Kalo g biasa nasi sisa smlm dibikin jd nasi goreng.
Rasanya jd lbh garing.
Kalo resep yg ini nasinya jd tahan brp lama?

venda94
20-12-2011, 03:43 PM
setuju gan... nasi di rumah ane juga sering basi nih...
dimasak pagi kadang sore udah basi...
tapi biasanya itu gara2 rice cookernya kotor...
kalo dibersihin biasanya udah gag basi lagi...
btw nice info gan, kapan-kapan ane praktikin?

Daisuke09
26-12-2011, 04:31 PM
Ooo..baru tau ane..bisa di coba neh besok..hehehe..

tp btw ngga jadi asem yah nasinya gara2 jeruk nipis?

truefalse08
26-12-2011, 09:05 PM
bro, pengen nanya nih. kalo maksak beras 1 liter, airnya semana ya?
supaya nasinya tuh lembekČ gitu tapi lengket dan gak hancur, kaya nasi hok* bent* gitu loh
mohon pencerahannya, soalnya nasi diruamh ane tuh gak enak, warnanya kuning trus berkerak gitu :hot:

bizly
26-12-2011, 10:51 PM
bro, pengen nanya nih. kalo maksak beras 1 liter, airnya semana ya?
supaya nasinya tuh lembekČ gitu tapi lengket dan gak hancur, kaya nasi hok* bent* gitu loh
mohon pencerahannya, soalnya nasi diruamh ane tuh gak enak, warnanya kuning trus berkerak gitu :hot:

itu tergantung berasnya juga bro, kalo pake ciliwung trus airnya sama tinggi dengan tinggi berasnya di ricecooker bisa pulen,
tapi kalau HR42 masih keras nasinya, apalagi kalau dari sononya sudah kuning ya mau diapalagi:yareyare:

iceddeath
27-12-2011, 01:32 AM
gimaan dengan rasanya bro :bingung:

apa rasanya ga brubah tuh d tambah jeruk nipis, bagi yang doyan masam kek saya se ga msalah..

tapi yang ngga gimana...

infra_xero
27-12-2011, 05:15 AM
gimaan dengan rasanya bro :bingung:

apa rasanya ga brubah tuh d tambah jeruk nipis, bagi yang doyan masam kek saya se ga msalah..

tapi yang ngga gimana...

kayaknya ngga mempengaruhi rasa deh.

soalnya biasanya saya juga pake jeruk nipis.

KiAksi
27-12-2011, 11:38 AM
Supaya nasi ga cepet basi takaran airnya harus sedikit, sehingga nasinya lebih kering. Trus ga boleh terkontaminasi sama air mentah juga.

michaelfabregas
27-12-2011, 11:42 AM
kalo saya yang ada malah nasinya jadi berkerak karena kelamaan ditaruh di magic jar... :swt:

klo tips agar nasi tidak berkerak gimana ya.?? :???:

laluabdrahman
27-12-2011, 11:47 AM
penjelasan ilmiahnya gimana ya?

miss_fania
28-12-2011, 10:25 AM
wah nice ...
gw baru tau ternyata tipsnya..
tapi bertahannya bisa berapalama dong jadinya kalo ditambah jeruk nipis

jenovalive
31-12-2011, 05:44 PM
nasi klo mau awet airnya jangan terlalu banyak , trus klo ditaruh di rice cooker klo mau didiemin cabut listriknya trus tutuppin pake kain sebelum rice cooker ditutup

intinya agar nasi nga jadi lembab karena nasi yg baru matang mengeluarkan uap dan uap yg keluar biasanya tertahan di bagian atas rice cooker dan menetes kembali kebawah sehingga nasi menjadi lembab dan benyek

AnGo8689
05-01-2012, 06:55 PM
saran bagus nih kk...
tapi itu ngaruh ke rasa nasinya gak??
misalny agak asam" gitu... :|

tojieb
10-01-2012, 02:45 PM
klo di kasih jeruk nipis, nasi nya ntar lak jadi asam rasanya...
klo di air rebusannya di kasi penyedap juga gimana?? :bingung:

dulu malah ane kasih bubuk agar2 di nasi nya, biar ada serat nya...

crowartha
10-01-2012, 04:14 PM
Basi ini dalam konteks yang gmn ya??

lembek dan keras...

atau rasanya udah jelek??

baka_baka27
10-01-2012, 11:36 PM
Basi ini dalam konteks yang gmn ya??

lembek dan keras...

atau rasanya udah jelek??

klo udah lembek dan berair, klo keras itu namanya aking

tojieb
11-01-2012, 02:10 PM
klo udah lembek dan berair, klo keras itu namanya aking

:hoho:
klo keras uda jadi karak...
tapi klo lembek dan berair kan belum tentu basi kk..
bisa aja waktu nanak nasi , emang rada banyak airnya , jadi nya nasi nya rada lembek... :panda:

duniavern
29-09-2012, 08:37 PM
kalo ditambahin jeruk apa entar nggak kecut nasinya?