PDA

View Full Version : Other Majapahit Empire



bimasakti
03-08-2010, 04:29 PM
Inilah kekuasaan majapahit dulu....

http://haniifa.files.wordpress.com/2010/01/majapahit2.jpg
http://mydr34ms.files.wordpress.com/2009/09/781px-majapahit_empire_id-svg.png



Kerajaan Majapahit termahsyur sampai ke negeri luar karena kebesarannya dan memilikidaerah kekuasaan seperti pada maping di atas, yang nyatanya bahkan sampai semananjung Malaka dan Filipina kisaran 2.5 abad. Jadi sangat jelas sekali bahwa kita sebenarnya dipecah-pecah oleh para Kebo Bule :sebel:
Malaysia = Inggris
Indonesia = Belanda
Timor Leste = Portugis
Satu hal, menurut saya mereka mencoba dengan segala cara meng-adu domba kita dengan negara tetangga… yang ujung-ujungnya mendapatken surat sakti dari PBB sebagai invasi bule tersebung disela-sela peperangan ciptaan mereka...


Alahkah indahnya indonesia sebesar itu.... malaysia,singapura,brunei bakalan bersatu...menjadi negara indonesia:hmm:
Kalau ingin tahu sejarahnya silahkan ke wiki http://id.wikipedia.org/wiki/Majapahit (http://id.wikipedia.org/wiki/Majapahit) aja ya gan, kalau di taruh disini bakalan panjang.

Oiya gan. ini tambahan dari ane, soal letak keraja'an majapahit yang sampai saatt ini masih simpang siur keberadaanya,
Ane soal sejarah emang ngak fasih2 amat gan, tapi sih berhubung nenek ane tinggal di trowulan, saat ane tanya'in ternyata keraja'an itu sengaja di lenyapkan oleh bantuan jin dan semacamnya lah. yg jelas sih ini kta nenek ane gan, percaya atau tidak terserah agan, kalau agan punya kesimpulan lain silahkan post disini.

Pendapat agan2 Mengenai majapahit


Pemerintah kita sekarang kurang tegas dalam menghadapi masalah sekarang.. tau kasus nya ambalatkan atau prau2 nelayan di ancurin ma tentara malay ma austri, ntu kasus kan di biarkan berlarut larut. udah tau tentara malay nglanggar batas wilayah kx masih tetep di biarin... seharusnya kan diancurin aja.. coba kalau pemimpin kita RADEN WIJAYA ama PATIH GAJAH MADA bakalan diancurin tu musuh.


== bro kamu slh besar
dlo klo gk slh ane bca sjrh thailand toh
singa ama malay emang inggris phil itu prancis
vietnam china[tiongkok(dinamai krn suku bngsa china pas zaman itu dinamai tionghoa[hanyu pinyin hokyannya]
laos msi dijajah sapa lpa klo gk slh inggris
timor leste mah portugis
brunei msi dinasty nya brunei dgn perjanjian dgn inggris
kamboja msi dlm pegangan prancis dan khmer[trknal khmer merah]

jdi si thailand[muangthai krn thai sku thailand dlo namanya] disbut jga champa oleh pra penjelajah eropa[marcopollo yg pertama x mentenarkan nama champa] dinasty kerajaan gitu dgn ibu kota ayuhatya[srg slh lafal jdi ayohatya] melakukan perlawan kepd inggris dan akhirnya perjanjian dan nurut sumber ktnya champa memiliki bnyk sumber emas jdi dijdiin kerja sama berdagang bwt emasnya
trus pas era pd2 tuh champa jdi muangthai krn sekutu ama jepang,dan pndh ibu kota ke bangkok....pas jepang menyerah thailand merdeka gitu,
sedangkan philipina dijajah amrik sb lom pd2,mknya pas merdeka dri amrik akhir pd2 stlh rebut phil dri jepang,mknya skrg di phil tuh ad 2hari kemerdekaan 1nya hari merdeka phil[merdeka pemberian prancis] dan kemederkaan persahabatan dgn amrik
mdah2an rada jelas sry klo slh,dlo pas kelas1smp bljr ttg asia tenggara begitu garis besarnya......:hot:


Indonesia itu sebenarnya punya "kekuatan" yang tersembunyi. liat aja jaman dulu kita mampu berjaya. ok, memang sekarang kita sedang terpuruk. tapi kalo ngelihat generasi2 muda yang sekarang2 ini banyak menang kompetisi internasional, dan prestasi lainnya mudah2an Indonesia dapat menjadi negara yang Makmur dan sejahtera di masa depan!!


dia mah gak ngaco, you yg ngaco.....

majapahit bisa berdiri karna mongol ini.......
(nih cerita padatnya, sisanya baca sendiri dibuku)
ketika singosari di kuasai oleh jayakatwang, dg bantuan pasukan mongol

raden wijaya merebut kembali singosari tapi kemudian pasukan mongol dikill and ditendang balik kampung (pake taktik dewa mabok):hahai:


ctt:mengapa singosari berhasil direbut oleh jayakatwang ya gara2 debagian besar pasukanya menjalankan ekspedisi pamalayu (ekspedisi mengusir dan menghalangi masuknya pasukan mongol)



dia mah gak ngaco, you yg ngaco.....

majapahit bisa berdiri karna mongol ini.......
(nih cerita padatnya, sisanya baca sendiri dibuku)
ketika singosari di kuasai oleh jayakatwang, dg bantuan pasukan mongol

raden wijaya merebut kembali singosari tapi kemudian pasukan mongol dikill and ditendang balik kampung


ctt:mengapa singosari berhasil direbut oleh jayakatwang ya gara2 debagian besar pasukanya menjalankan ekspedisi pamalayu (ekspedisi mengusir dan menghalangi masuknya pasukan mongol)



dia mah gak ngaco, you yg ngaco.....

majapahit bisa berdiri karna mongol ini.......
(nih cerita padatnya, sisanya baca sendiri dibuku)
ketika singosari di kuasai oleh jayakatwang, dg bantuan pasukan mongol

raden wijaya merebut kembali singosari tapi kemudian pasukan mongol dikill and ditendang balik kampung


ctt:mengapa singosari berhasil direbut oleh jayakatwang ya gara2 debagian besar pasukanya menjalankan ekspedisi pamalayu (ekspedisi mengusir dan menghalangi masuknya pasukan mongol)



dia mah gak ngaco, you yg ngaco.....

majapahit bisa berdiri karna mongol ini.......
(nih cerita padatnya, sisanya baca sendiri dibuku)
ketika singosari di kuasai oleh jayakatwang, dg bantuan pasukan mongol

raden wijaya merebut kembali singosari tapi kemudian pasukan mongol dikill and ditendang balik kampung


ctt:mengapa singosari berhasil direbut oleh jayakatwang ya gara2 debagian besar pasukanya menjalankan ekspedisi pamalayu (ekspedisi mengusir dan menghalangi masuknya pasukan mongol)



dia mah gak ngaco, you yg ngaco.....

majapahit bisa berdiri karna mongol ini.......
(nih cerita padatnya, sisanya baca sendiri dibuku)
ketika singosari di kuasai oleh jayakatwang, dg bantuan pasukan mongol

raden wijaya merebut kembali singosari tapi kemudian pasukan mongol dikill and ditendang balik kampung


ctt:mengapa singosari berhasil direbut oleh jayakatwang ya gara2 debagian besar pasukanya menjalankan ekspedisi pamalayu (ekspedisi mengusir dan menghalangi masuknya pasukan mongol)



dia mah gak ngaco, you yg ngaco.....

majapahit bisa berdiri karna mongol ini.......
(nih cerita padatnya, sisanya baca sendiri dibuku)
ketika singosari di kuasai oleh jayakatwang, dg bantuan pasukan mongol

raden wijaya merebut kembali singosari tapi kemudian pasukan mongol dikill and ditendang balik kampung


ctt:mengapa singosari berhasil direbut oleh jayakatwang ya gara2 debagian besar pasukanya menjalankan ekspedisi pamalayu (ekspedisi mengusir dan menghalangi masuknya pasukan mongol)


gambar yg pertama salah tuh, kerajaan sunda ga pernah dijajah ama majapahit. kalo gambar yg kedua bener.
awalnya hubungan majapahit-sunda damai tentram karena raden wijaya pendiri majapahit masih sekeluarga dengan kerajaan sunda. tapi karena perang bubat lah hubungannya jadi ga harmonis.

menurut saya kekurangan majapahit dalam menguasai nusantara adalah karena mereka hanya "menaklukkan" aja, bukan "menduduki". coba kalo dari dulu majapahit menduduki kerajaan taklukannya, kirim orang˛ buat jadi penguasa setempat. waahh kebayang deh bakal seberapa besar negara kita ini.... bukan dari sabang sampai merauke lagi, tapi thailand - brunei - merauke... wow ckckckck...
karena mungkin kalo majapahit jadi penguasa setempat, mereka bisa latih tentara setempat, pertahanan bisa lebih kuat, bisa buat ngebendung kebo˛ bule yg pengen masuk ke asia tenggara....


^^
korban sinetron atas gw :ngacir:

kenapa majapahit bisa menguasai seluruh kerajaan yang ada di indonesia, berawal dari patih Gajah Mada dalam menunjukkan pengabdiannya, bersumpah yang disebut Sumpah Palapa (artinya garam dan rempah-rempah) yaitu : bahwa ia tidak akan merasakan palapa, sebelum daerah seluruh nusantara ada di bawah kekuasaan Majapahit. Atau bagi orang Jawa, disebut mutih. pada saat itu majapahit diperintah oleh raja Hayam Wuruk dengan gelar Rajasanagara (1360-1369).pada kekuasaan raja hayam wuruk itu seluruh kepulauan Indonesia bahkan juga jazirah Malaka mengibarkan panji-panji Majapahit. Sumpah Palapa terlaksana, Majapahit mengalami jaman keemasan.
jadi boleh dibilang orang yang paling berjasa bagi kerajaan majapahit ya si om patih Gajah Mada itu :hehe:
tapi ada 1 kerajaan yang tidak bisa dihancurkan oleh majapahit yaitu kerajaan sunda (padjajaran),sampe akhirnya gajah mada melakukan cara yang keji yaitu membantai semua pengikut kerajaan sunda itu. tapi akhirnya kerajaan majapahit runtuh juga karena turunannya yang terakhir yaitu raden patah pindah agama jadi islam dan bergabung dengan kerajaan demak.
klo aja ada orang kayak Gajah Mada dizaman sekarang,pasti gak ada korupsi karna yang korupsi langsung dibantai sama dia :haha:

1nuy45h4
04-08-2010, 10:26 AM
Pantesnya para penjajah itu patut banget nerima :bogem::mentah:
Ayo cinta Indonesia dengan memakai produk dalam negeri.. :xiexie::nangis:

Raestloz
04-08-2010, 10:59 AM
One more thing: Majapahit itu Kingdom (kerajaan, raja=king) bukan Empire (kekaisaran, kaisar=emperor)

Why0
04-08-2010, 12:33 PM
Malaysia = Inggris
Indonesia = Belanda
Timor Leste = Portugis


tambahan setahu w :

Filiphina = Prance
Vietnam = China
Camboja/Laos = w lupa
kecuali Thailand = negara ASEAN satu2na yg tdk p'nah di jajah oleh kebo bule, pdhal Inggris p'nah singgah ke negeri tu tp tdk di jajah !

bimasakti
04-08-2010, 06:49 PM
One more thing: Majapahit itu Kingdom (kerajaan, raja=king) bukan Empire (kekaisaran, kaisar=emperor)

Biar keren'ae bro.. sapa tau mikocok games bakalan rilis Majapahit Empire.

bimasakti
04-08-2010, 06:50 PM
tambahan setahu w :

Filiphina = Prance
Vietnam = China
Camboja/Laos = w lupa
kecuali Thailand = negara ASEAN satu2na yg tdk p'nah di jajah oleh kebo bule, pdhal Inggris p'nah singgah ke negeri tu tp tdk di jajah !


Mungkin Kurang sumber daya nya kali bro.

dametea
04-08-2010, 09:18 PM
Nice Info bro....

wa juga kebetulan lagi baca Novel Gadjah Mada.....weheheh

Wa dapet denah lokasi Kerajaan Majapahit...dari letak istana sampe tempat tinggal para emban nya....dapet dari novel Gadjah Mada

Seru banget....

sano
04-08-2010, 09:54 PM
tambahan setahu w :

Filiphina = Prance
Vietnam = China
Camboja/Laos = w lupa
kecuali Thailand = negara ASEAN satu2na yg tdk p'nah di jajah oleh kebo bule, pdhal Inggris p'nah singgah ke negeri tu tp tdk di jajah !

thailand beruntung banget itu
g dijajah soalnya wilayahnya dibuat tempat pembatas antara jajahan perancis (yg utara) sama jajahan inggris(malay,singa)

Jonathanarcher
05-08-2010, 04:52 AM
Coba majapahit masih ada ampe skarang,pasti bakrie uda d tangkap gra2 lumpur lapindo

x29a
05-08-2010, 08:15 AM
ya syngny wilayah indonesia segede gitu jmn majapahit dlu

bimasakti
05-08-2010, 05:20 PM
Pemerintah kita sekarang kurang tegas dalam menghadapi masalah sekarang.. tau kasus nya ambalatkan atau prau2 nelayan di ancurin ma tentara malay ma austri, ntu kasus kan di biarkan berlarut larut. udah tau tentara malay nglanggar batas wilayah kx masih tetep di biarin... seharusnya kan diancurin aja.. coba kalau pemimpin kita RADEN WIJAYA ama PATIH GAJAH MADA bakalan diancurin tu musuh.

1c4ru5
05-08-2010, 09:20 PM
thailand beruntung banget itu
g dijajah soalnya wilayahnya dibuat tempat pembatas antara jajahan perancis (yg utara) sama jajahan inggris(malay,singa)


== bro kamu slh besar
dlo klo gk slh ane bca sjrh thailand toh
singa ama malay emang inggris phil itu prancis
vietnam china[tiongkok(dinamai krn suku bngsa china pas zaman itu dinamai tionghoa[hanyu pinyin hokyannya]
laos msi dijajah sapa lpa klo gk slh inggris
timor leste mah portugis
brunei msi dinasty nya brunei dgn perjanjian dgn inggris
kamboja msi dlm pegangan prancis dan khmer[trknal khmer merah]

jdi si thailand[muangthai krn thai sku thailand dlo namanya] disbut jga champa oleh pra penjelajah eropa[marcopollo yg pertama x mentenarkan nama champa] dinasty kerajaan gitu dgn ibu kota ayuhatya[srg slh lafal jdi ayohatya] melakukan perlawan kepd inggris dan akhirnya perjanjian dan nurut sumber ktnya champa memiliki bnyk sumber emas jdi dijdiin kerja sama berdagang bwt emasnya
trus pas era pd2 tuh champa jdi muangthai krn sekutu ama jepang,dan pndh ibu kota ke bangkok....pas jepang menyerah thailand merdeka gitu,
sedangkan philipina dijajah amrik sb lom pd2,mknya pas merdeka dri amrik akhir pd2 stlh rebut phil dri jepang,mknya skrg di phil tuh ad 2hari kemerdekaan 1nya hari merdeka phil[merdeka pemberian prancis] dan kemederkaan persahabatan dgn amrik
mdah2an rada jelas sry klo slh,dlo pas kelas1smp bljr ttg asia tenggara begitu garis besarnya......:hot:

optimus2nd
05-08-2010, 09:30 PM
Alahkah indahnya indonesia sebesar itu.... malaysia,singapura,brunei bakalan bersatu...menjadi negara indonesia:hmm:

tapi mereka (malaysia,brunei,singapura) malah bersukur...
kata mereka "untung pisah sama indonesia"...
"kalo gabung bisa ancur kita"...>.<

Batagors
06-08-2010, 11:15 AM
hehe... kenapa kerajaan sunda yg cuman tetanggaan ga bisa dikuasai?

mikawidhi
06-08-2010, 07:48 PM
mantep emang gajah mada.
sayang aja sunda gak masuk dalam wilayah majapahit.

norus_rei
08-08-2010, 06:53 AM
tambahin sejarah majapit sekalian dong gan

Attaqui
11-08-2010, 11:33 PM
empire lho, basisnya di jawa timur. yang lainnya itu bawahannya.

Attaqui
11-08-2010, 11:36 PM
hehe... kenapa kerajaan sunda yg cuman tetanggaan ga bisa dikuasai?

ya jelas, masa sesama saudara mau saling membawahi?

1c4ru5
14-08-2010, 05:31 PM
prsaan yg kerajaan sunda itu sekutu nya deh bkn saudara :swt: kek sekutu ama dlo pas majapahit bru berdiri ada bantuan sunda klo gk slh mknya kek negara dlm negara gitu

chewae
17-08-2010, 10:14 PM
jadi mbayangin gimana seandainya Majapahit tu masih eksis sampai sekarang.. gak ada Indonesia yang ada kerajaan Majapahit.. mungkin jadi salah satu Super Power di dunia ya...

Crosscrusade
22-08-2010, 07:42 PM
Hebatnya negeri ini waktu jaman majapahit, pasti karena pejabatnya nggak kenal KKN jadi bener kerja buat majuin negaranya
nggak kaya sekarang, tujuan jadi pejabat buat numpuk harta. ancur...ancur...negeriku.

wil_ly
26-08-2010, 01:34 AM
Hebatnya negeri ini waktu jaman majapahit, pasti karena pejabatnya nggak kenal KKN jadi bener kerja buat majuin negaranya
nggak kaya sekarang, tujuan jadi pejabat buat numpuk harta. ancur...ancur...negeriku.

Kira" kalo para pahlawan indonesia dulu yang berjuang seperti gajah mada masih hidup gimana ya mereka liat indonesia yang hancur begini gara" korupsi :sedih::sedih:

:oii::oii: para pejabat,tiruin tuh gajah mada sama hayam wuruk,bisa nyatuin indonesia dan bekerja ikhlas demi negara.. jangan cuma bisanya :onegai::onegai: kalo liat DUIT.

:yareyare::yareyare:

GloriamSathanas
26-08-2010, 09:58 AM
Selalu ada 2 sisi mata uang...
Majapahit oleh kerajaan-kerajaan lain di Nusantara dsk dianggap sebagai invader.
Terus terang saya belom ngerti kenapa Gajahmada sekarang begitu diagung-agungkan. Bukannya saya anti, tapi berusaha kritis aja.

roanroan
29-08-2010, 04:56 PM
tambahan setahu w :

Filiphina = Prance
Vietnam = China
Camboja/Laos = w lupa
kecuali Thailand = negara ASEAN satu2na yg tdk p'nah di jajah oleh kebo bule, pdhal Inggris p'nah singgah ke negeri tu tp tdk di jajah !

brader..emangnya kawasan majapahit nyampe satu negara filipina juga gitu,,,perasaan nggak ah,,
lagian thailand udah kerajaan sendiri deh,,laos kamboja juga bukan urusan majapahit brader...
coba di cek lagi

AngelOfAvalon
30-08-2010, 08:34 PM
Indonesia itu sebenarnya punya "kekuatan" yang tersembunyi. liat aja jaman dulu kita mampu berjaya. ok, memang sekarang kita sedang terpuruk. tapi kalo ngelihat generasi2 muda yang sekarang2 ini banyak menang kompetisi internasional, dan prestasi lainnya mudah2an Indonesia dapat menjadi negara yang Makmur dan sejahtera di masa depan!!

yanoe85
31-08-2010, 05:20 AM
kerajaan terbesar yg pernah ada d Indonesia.......sayang runtuh karena konflik d dalam

shini234
17-10-2010, 07:33 PM
majaphit emang hebat apalagi gajah madanya itu merupakan jendarl yang hebat. kekuasaannya hampir sebesar indonesia sekarang.

welehh
18-10-2010, 10:42 AM
majapahit hebat bisa menaklukan wilayah kepulauan yg sekarang kita kenal sbg indonesia

...bahkan sampe malingsia :malu2:

norus_rei
23-10-2010, 07:33 AM
Indonesia itu sebenarnya punya "kekuatan" yang tersembunyi. liat aja jaman dulu kita mampu berjaya. ok, memang sekarang kita sedang terpuruk. tapi kalo ngelihat generasi2 muda yang sekarang2 ini banyak menang kompetisi internasional, dan prestasi lainnya mudah2an Indonesia dapat menjadi negara yang Makmur dan sejahtera di masa depan!!

indonesia berpotensi besar memang bro, cuma ya .....

oixzonk
23-10-2010, 08:46 AM
One more thing: Majapahit itu Kingdom (kerajaan, raja=king) bukan Empire (kekaisaran, kaisar=emperor)

klo boleh tw,,apa bedanya sc kekaisaran dgn kerajaan? :???:

1c4ru5
23-10-2010, 05:51 PM
klo boleh tw,,apa bedanya sc kekaisaran dgn kerajaan? :???:

kekaisaran lebih ke barat yah,dan kaisar penguasa tunggal kek ditaktor gitu,sedangkan kerajaan pada dasarnya raja pemegang kekuasaan tetapi ttp ada sprti penasihat,menteri,dll
jdi tdk trlmpau ditaktor gitu lah drpd kaisar

mbahmbah
24-10-2010, 08:12 PM
kl gk salah, kerajaan yg susah di taklukan itu kerajaan pasundan ya ???

1c4ru5
24-10-2010, 08:18 PM
bkn susah tp emang dri asalnya pasundan itu 1 kesatuan dgn majapahit
masa saudara ndiri mw dibantai :swt:

D1Mask
24-10-2010, 08:34 PM
iy bro, kalo ga ada invasi dari para kebo bule ga mungkin pemimpin kita sebejat ini

IMHO

masstole
26-10-2010, 09:44 AM
itu kenapa bangsa kita tidak boleh ato selalu dipersulit jika ingin punya peralatan/senjata canggih, bikin PLTN aja asutrali dan Malingsia, plus singa purik, uda kebakaran jenggot...karena takut dengan sejarang bangsa kita yang mengusai jagad asia tenggara pada jaman SRIWIJAYA dan MAJAPAHIt

masstole
25-12-2010, 11:42 AM
yo mantep , baru berdiri aja udah bisa ngalahin pasukan mongol

meskipun dengan sedikit siasat yang agak "curang", masak habis dibantu sama mongol buat ngalahin musuh, bukane terima kasih malah tentara mongol dihancurin hehehehe....

zulfikarfahmi
25-12-2010, 12:15 PM
terimakasihtelahmempromosikan mojokertosebagaiibukotamojopahit

salimdanny
25-12-2010, 09:34 PM
setau saya kerajaan majapahit runtuh karena perang saudara, perang saudara tsb mengakibat-kan melemah-nya pengaruh kerajaan majapahit di wilayah jajahan-nya sampai kerajaan maluku melepaskan diri dan kemudian diikuti oleh kerajaan2 lainya.

@bimasakti besar-nya wilayah majapahit itu karena rata2 merupakan wilayah jajahan, bukan wilayah-nya sendiri, wilayah kerajaan majapahit yang sebenarnya hanya ada di jawa, sedangkan wilayah lainya seperti pulau sumatera, sulawesi, dll, itu semua merupakan wilayah jajahan, jadi tidak heran pada saat kerajaan majapahit melemah mereka melepaskan diri.

perpecahan bangsa Indonesia pada awal-nya adalah karena perang saudara, bukan karena djajah oleh org lain, kerajaan yang satu berebut kekuasaan dengan kerajaan yang lain sehingga membuat melemah-nya kerajaan2 tsb dan baru kemudian bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa lain.

kita tidak bisa menyalahkan bangsa lain, kalau sebenar-nya permulaan dari kesalahan itu ada pada bangsa ita sendiri, bangsa lain hanyalah memanfaat-kan kesalahan dari yang kita buat.

@bulb ngaco yah??? kalau ngayal jangan terlalu melenceng, itu pasukan kapal pasukan mongol tenggelam di perairan jepang makanya pasukan monggol membatalkan datang ke Indonesia.

moonshine
26-12-2010, 06:04 AM
setau saya kerajaan majapahit runtuh karena perang saudara, perang saudara tsb mengakibat-kan melemah-nya pengaruh kerajaan majapahit di wilayah jajahan-nya sampai kerajaan maluku melepaskan diri dan kemudian diikuti oleh kerajaan2 lainya.

@bimasakti besar-nya wilayah majapahit itu karena rata2 merupakan wilayah jajahan, bukan wilayah-nya sendiri, wilayah kerajaan majapahit yang sebenarnya hanya ada di jawa, sedangkan wilayah lainya seperti pulau sumatera, sulawesi, dll, itu semua merupakan wilayah jajahan, jadi tidak heran pada saat kerajaan majapahit melemah mereka melepaskan diri.

perpecahan bangsa Indonesia pada awal-nya adalah karena perang saudara, bukan karena djajah oleh org lain, kerajaan yang satu berebut kekuasaan dengan kerajaan yang lain sehingga membuat melemah-nya kerajaan2 tsb dan baru kemudian bangsa Indonesia dijajah oleh bangsa lain.

kita tidak bisa menyalahkan bangsa lain, kalau sebenar-nya permulaan dari kesalahan itu ada pada bangsa ita sendiri, bangsa lain hanyalah memanfaat-kan kesalahan dari yang kita buat.

@bulb ngaco yah??? kalau ngayal jangan terlalu melenceng, itu pasukan kapal pasukan mongol tenggelam di perairan jepang makanya pasukan monggol membatalkan datang ke Indonesia.

dia mah gak ngaco, you yg ngaco.....

majapahit bisa berdiri karna mongol ini.......
(nih cerita padatnya, sisanya baca sendiri dibuku)
ketika singosari di kuasai oleh jayakatwang, dg bantuan pasukan mongol

raden wijaya merebut kembali singosari tapi kemudian pasukan mongol dikill and ditendang balik kampung (pake taktik dewa mabok):hahai:


ctt:mengapa singosari berhasil direbut oleh jayakatwang ya gara2 debagian besar pasukanya menjalankan ekspedisi pamalayu (ekspedisi mengusir dan menghalangi masuknya pasukan mongol)

Yuray
26-12-2010, 07:56 AM
majapahit lebih gede dari indo yang skrg malahan kalo di pic -,-

salimdanny
26-12-2010, 09:30 AM
@ moonshine oo ia betul gua yang ngaco, memang pasukan mongol pernah nyampe ke jawa kemudian di usir sama Raden Wijaya.

pada mulanya raden wijaya bersedia menakluk pada kubilai khan asalkan kediri dikalahkan, kemudian pasukan mongol menyerang dan mengalahkan kediri, tetapi raden wijaya malah menyerang balik mongol, atas berbagai pertimbangan akhirnya pasukan mongol mundur, tetapi jendral tsb di hukum dan disita harta-nya.

lordaeron
26-12-2010, 10:11 AM
sy sedang ngumpulin referensi tentang majapahit pengin banget buat modnya total war ada majapahit gitu

canis
26-12-2010, 11:11 AM
sayang bentuknya kerajaan coba kalo bentuknya republik...
kayaknya majapahit bisa bertahan sampai sekarang...

salimdanny
26-12-2010, 07:19 PM
mau tanya nih, katanya raden wijaya bukan org jawa melainkan org vietnam. raden wijaya katanya adalah keturunan dari mahesa champaka, dan kata champaka arti-nya banteng dari champa, dan champa adalah vietnam.

pada saat menjelang akhir hidup-nya raden wijaya ingin mengunjungi kampung halamanya, dia berlayar menuju utara (dekat kalimantan timur) dan meninggal di atas kapal yang pada saat itu terjadi badai di laut china selatan, dan berarti kampung halamanya ada di sebelah utara laut china selatan dan salah satu dari negara tsb adalah vietnam.

itu betul ga sih?

Ballon
26-12-2010, 07:45 PM
Wah ternyata luas sekali wilayah kekuasaan Majapahit yah ... memang dulu juga di buku sejarah dituliskan kalau wilayah kekuasaannya meliputi seluruh nusantara dan bahkan sampai ke negeri tetangga ... :top:

salimdanny
26-12-2010, 09:23 PM
kok perasaan forum indw sedang bermasalah yah akhir2 ini

katanya raden wijaya itu org vietnam bener ga? di katakan raden wijaya itu keturunan dari mahesa champaka, dan mahesa campaka itu adalah org vietnam yang datang ke jawa.

pada saat menjelang akhir hidup-nya, dia ingin balik ke kampung halamanya, pada saat perjalanan-nya kekampung halaman dia menuju utara, pada saat itu terjadi badai di laut china selatan dan akhir nya dia meninggal di atas kapal yang posisinya berada di sebelah kalimantan timur.

jika di telusuri, wilayah utara yang melewati lautan kalimantan timur salah satu-nya adalah vietnam.

tp butuh referensi, ada yang bisa ngasih info-nya ga? tq

deadromeo
02-01-2011, 12:04 AM
gambar yg pertama salah tuh, kerajaan sunda ga pernah dijajah ama majapahit. kalo gambar yg kedua bener.
awalnya hubungan majapahit-sunda damai tentram karena raden wijaya pendiri majapahit masih sekeluarga dengan kerajaan sunda. tapi karena perang bubat lah hubungannya jadi ga harmonis.

menurut saya kekurangan majapahit dalam menguasai nusantara adalah karena mereka hanya "menaklukkan" aja, bukan "menduduki". coba kalo dari dulu majapahit menduduki kerajaan taklukannya, kirim orang˛ buat jadi penguasa setempat. waahh kebayang deh bakal seberapa besar negara kita ini.... bukan dari sabang sampai merauke lagi, tapi thailand - brunei - merauke... wow ckckckck...
karena mungkin kalo majapahit jadi penguasa setempat, mereka bisa latih tentara setempat, pertahanan bisa lebih kuat, bisa buat ngebendung kebo˛ bule yg pengen masuk ke asia tenggara....

cikosenzki
02-01-2011, 10:52 PM
tenyata pulau jawa nga semuanya dikuasai yah ama majapahit kalo diliat dari peta
lalu kalimantan juga nga semuanya dikuasai kalo diliat dari peta

zeedeed
03-01-2011, 07:47 AM
tenyata pulau jawa nga semuanya dikuasai yah ama majapahit kalo diliat dari peta
lalu kalimantan juga nga semuanya dikuasai kalo diliat dari peta

soalnya tengahnya hutan , mungkin jaman dulu sumberdaya pembukan hutanya belom segede sekarang

tian_1800
03-01-2011, 05:09 PM
bukannya Timor Timur ga masuk Majapahit :???:, makanya pas indo merdeka ga dimasukin ke wilayahnya...

putraxxx
30-01-2011, 08:08 PM
Bearti kalau negara Indonesia = Majapahit. Malay singa bruney timor leste. Semua Indonesia...

Gede banget. :D

djackdani
01-02-2011, 01:59 PM
Wah bener bgt tuh.....seandainya indonesia bukan negara jajahan....

Efeknya terasa sampek sekarang dengan politik adu domba,masalah intern politik diindo selalu bermunculan.

Maju terus indonesia...

aqua00
28-02-2011, 10:34 AM
jelas artinya sunda, sebagian besar kalimantan dan papua tidak termasuk bagian dari majapahit...

MIKO2K0
16-03-2011, 02:10 PM
tambahan setahu w :

Filiphina = Prance
Vietnam = China
Camboja/Laos = w lupa
kecuali Thailand = negara ASEAN satu2na yg tdk p'nah di jajah oleh kebo bule, pdhal Inggris p'nah singgah ke negeri tu tp tdk di jajah !

Thailand memang tidak dijajah tapi dijadikan markas oleh penjajah

roluc2010
18-03-2011, 10:14 PM
Raden Wijaya dalam prasasti Balawi tahun 1305 menyatakan dirinya sebagai anggota Wangsa Rajasa. Menurut Nagarakretagama, Wijaya adalah putra Dyah Lembu Tal, putra Narasinghamurti. Menurut Pararaton, Narasinghamurti alias Mahisa Campaka adalah putra Mahisa Wonga Teleng putra Ken Arok pendiri Wangsa Rajasa.

Menurut prasasti Balawi dan Nagarakretagama, Raden Wijaya menikah dengan empat orang putri Kertanagara, raja terakhir Kerajaan Singhasari, yaitu Tribhuwaneswari, Narendraduhita, Jayendradewi, dan Gayatri. Sedangkan menurut Pararaton, ia hanya menikahi dua orang putri Kertanagara saja, serta seorang putri dari Kerajaan Malayu bernama Dara Petak.

Menurut prasasti Sukamerta dan prasasti Balawi, Raden Wijaya memiliki seorang putra dari Tribhuwaneswari bernama Jayanagara. Sedangkan Jayanagara menurut Pararaton adalah putra Dara Petak, dan menurut Nagarakretagama adalah putra Indreswari. Sementara itu, dari Gayatri lahir dua orang putri bernama Dyah Gitarja dan Dyah Wiyat.

Namun demikian ada juga pendapat lain, dimana Raden Wijaya juga mengambil Dara Jingga yang juga salah seorang putri Kerajaan Melayu sebagai istrinya selain dari Dara Petak, karena Dara Jingga juga dikenal memiliki sebutan sira alaki dewa — dia yang dinikahi orang yang bergelar dewa...

lebih jelasnya baca disini gann...http://id.wikipedia.org/wiki/Raden_Wijaya

1c4ru5
19-03-2011, 08:14 AM
bah terjadi kocar kcir disni
mnurut sejarah gk slh wilayah majapahit itu
indonesia skrg krg lbih+malaysia+brunei+singapura+thailand bagian selatan[yg bersebelahan ama malaysia]+sbgian filipina
mknya di tmpt2 sktr situ ada peninggalan yg mirip peninggalan kita,
soal penjajah thialand kamboja dll itu
mrk dtg ketika mojopahit da runtuh krn intern kekuasan dlm negeri tercerai berai+lemahnya kekuatan sang raja

bar0n
09-04-2011, 04:01 PM
Inilah kekuasaan majapahit dulu....

http://haniifa.files.wordpress.com/2010/01/majapahit2.jpg
http://mydr34ms.files.wordpress.com/2009/09/781px-majapahit_empire_id-svg.png

Kerajaan Majapahit termahsyur sampai ke negeri luar karena kebesarannya dan memilikidaerah kekuasaan seperti pada maping di atas, yang nyatanya bahkan sampai semananjung Malaka dan Filipina kisaran 2.5 abad. Jadi sangat jelas sekali bahwa kita sebenarnya dipecah-pecah oleh para Kebo Bule :sebel:
Malaysia = Inggris
Indonesia = Belanda
Timor Leste = Portugis
Satu hal, menurut saya mereka mencoba dengan segala cara meng-adu domba kita dengan negara tetangga… yang ujung-ujungnya mendapatken surat sakti dari PBB sebagai invasi bule tersebung disela-sela peperangan ciptaan mereka...

Alahkah indahnya indonesia sebesar itu.... malaysia,singapura,brunei bakalan bersatu...menjadi negara indonesia:hmm:

sebelum orang2 eropa datang ke nusantara, Majapahitnya udah bubar duluan, dan wilayahnya terpecah2 jadi banyak.

sayangnya wilayah asia tenggara ini dijajah oleh beberapa negara eropa, coba kalo semuanya dijajah sama belanda (inggris, spanyol, portugal ga ikutan) semua negara di asia tenggara ini: malaysia, singapura, brunei, filipina, jadi wilayah negara republik Indonesia, sesuai isi Konferensi Meja Bundar :swt:

tambahan setahu w :

Filiphina = Prance
Vietnam = China
Camboja/Laos = w lupa
kecuali Thailand = negara ASEAN satu2na yg tdk p'nah di jajah oleh kebo bule, pdhal Inggris p'nah singgah ke negeri tu tp tdk di jajah !

Filipina tuh bukan jajahan Prancis, tapi Spanyol :lol:

reyhans_13
09-04-2011, 06:33 PM
bener tuh.... emg pikirannya cuma kekuasaan tok.. klo kita bsa bertahan lama wuoooooh negara kepulauan yg sangar niiiih.... :top:

1c4ru5
09-04-2011, 06:38 PM
sebelum orang2 eropa datang ke nusantara, Majapahitnya udah bubar duluan, dan wilayahnya terpecah2 jadi banyak.

sayangnya wilayah asia tenggara ini dijajah oleh beberapa negara eropa, coba kalo semuanya dijajah sama belanda (inggris, spanyol, portugal ga ikutan) semua negara di asia tenggara ini: malaysia, singapura, brunei, filipina, jadi wilayah negara republik Indonesia, sesuai isi Konferensi Meja Bundar :swt:


Filipina tuh bukan jajahan Prancis, tapi Spanyol :lol:

swt filipina itu jajahan amrik :lol:

javanissary
22-04-2011, 05:34 PM
swt filipina itu jajahan amrik :lol:

sebagai kompensasi kekalahan Spanyol dari Amrik (Perjanjian Paris 1898)

Catam
23-04-2011, 02:04 AM
Bukan masalah diadu domba sebenernya gan..
tapi emang mempersatukan suatu bangsa dengan penaklukan suatu daerah kekuasaan emang gak akan pernah berhasil..

Contohnya Alexander the Great yg menaklukkan eropa sampai timur tengah tetep aja terpecah2 sampe sekarang negara-negaranya..:peace:

fajarkurtz
23-04-2011, 02:42 AM
Maha Patih Gajah Madha memang hebat..
tapi idola saya tetap raden wijaya dan ranggalawe
:hehe:

vhykyu
11-05-2011, 09:26 PM
^^
korban sinetron atas gw :ngacir:

kenapa majapahit bisa menguasai seluruh kerajaan yang ada di indonesia, berawal dari patih Gajah Mada dalam menunjukkan pengabdiannya, bersumpah yang disebut Sumpah Palapa (artinya garam dan rempah-rempah) yaitu : bahwa ia tidak akan merasakan palapa, sebelum daerah seluruh nusantara ada di bawah kekuasaan Majapahit. Atau bagi orang Jawa, disebut mutih. pada saat itu majapahit diperintah oleh raja Hayam Wuruk dengan gelar Rajasanagara (1360-1369).pada kekuasaan raja hayam wuruk itu seluruh kepulauan Indonesia bahkan juga jazirah Malaka mengibarkan panji-panji Majapahit. Sumpah Palapa terlaksana, Majapahit mengalami jaman keemasan.
jadi boleh dibilang orang yang paling berjasa bagi kerajaan majapahit ya si om patih Gajah Mada itu :hehe:
tapi ada 1 kerajaan yang tidak bisa dihancurkan oleh majapahit yaitu kerajaan sunda (padjajaran),sampe akhirnya gajah mada melakukan cara yang keji yaitu membantai semua pengikut kerajaan sunda itu. tapi akhirnya kerajaan majapahit runtuh juga karena turunannya yang terakhir yaitu raden patah pindah agama jadi islam dan bergabung dengan kerajaan demak.
klo aja ada orang kayak Gajah Mada dizaman sekarang,pasti gak ada korupsi karna yang korupsi langsung dibantai sama dia :haha:

Catam
12-05-2011, 08:43 AM
^ Orang jaman sekarang juga masih suka saling bantai kok.. cuma dg cara yg lebih halus dan undetected.. :ngacir:

Hery_Ong
25-10-2011, 02:06 PM
:awas:wuihhhh coba kalo wilaya indonesia kayak gitu.....
singapura malaysia pun milik indonesia.....
betul2

tp gpplah ukuran indonesia skrg juga udh cukup luas koq....
tinggal dijaga baek2 aj....

huntermaster
13-04-2012, 09:57 AM
dan majapahit adalah kerajaan yang memiliki armada laut yang luar biasa

ninos_aksel
24-04-2012, 02:56 AM
Jadi yang mempersatukan Indonesia adalah...

Kenaikan BBM...
:oghoho:

:peace: Komeediii Brooo

dimasterof32
24-04-2012, 11:58 AM
Majapahit emang kerajaan besar, katanya kekuasaanya terkenal sampai ke brasil, shina dan afrika.
emang hebat para leluhur kita dahulu...

denibocahKentir
24-04-2012, 12:32 PM
Majapahit itu Kingdom (kerajaan, raja=king) bukan Empire (kekaisaran, kaisar=emperor)

5150
24-04-2012, 04:44 PM
buat saya, untung saja wilayah indonesia saat ini gak seluas jaman majapahit dulu...
semakin luas wilayah, semakin beraneka ragam suku bangsa, semakin kompleks masalah yang di hadapi negara...

wilayah indonesia saat ini saja sudah termasuk paling luas se asia tenggara, dan menjadi yang paling rendah pertumbuhan ekonominya...
alangkah baiknya kalau kita bisa mempertahankan wilayah yang kita miliki saat ini, dan memakmurkan kesejahteraan rakyat juga hidup damai tanpa hal hal yang bisa memecah belah persatuan...

m1cco
25-06-2012, 01:48 PM
Bangsa kita mah udh dari dulu d kenal sbgai bangsa petarung kebukti dari kerajaan majapahit yg bgtu luas wilayahnya,..tp sayang smua pd lepas satu-satu...:(

Elk4put
16-07-2012, 10:59 AM
sekarang ini mending benahin aja bangsa sendiri dulu.jgn mau jadi budaknya IMF ato sebangsanya.bangsa luar gak mau indonesia maju.perlu muka tembok biar gak dianggap remeh.penjajah sekarang nyerangnya gak frontal bom,tank etc..tapi lewat budaya dan eekonomi.salah satunya sih.dibius ama budaya yg pop ato sebangsanya.klo mo nekad bisa niru korut ato iran.tapi jgn kelewatan kayak korut.
bagi yg suka game online atlantica online.ada tambahan.kayak majapahit empire.tapi versi game.yg jaga pintu gerbang Patih Gajahmada.alias jendral.sekelas itulah.

zaemon83
16-07-2012, 11:41 AM
Baca Trit ini ...,membuat kita bisa berBangga..,kaerna Bangsa kita dulu merupakan Bangsa yang besar...

reinell
24-07-2012, 02:43 PM
Semoga bakal lahir pemimpin bermental Gajah Mada dan Hayamwuruk agar Indonesia bisa lepas dari keterpurukan dan mencapai masa jaya. Perlu diingat majapahit dimulai dari kerajaan kecil yg dikembangkan oleh pemimpin yg berkemampuan. Hancurnya majapahitnjuga tak lepas dari hilangnya pemimpin yg mampu menjalankan kerajaan.

Fantapupay
25-07-2012, 12:18 PM
Risiko jadi bangsa yang besar:
1. monopoli perdagangan dunia, dimusuhi oleh penguasa lama dan negara yang kebagian pendudukan melulu
2. terlibat konflik dengan negara-negara besar, bisa jadi salah satu poros di perang dunia III
3. wajib militer setiap WNI usia 18 tahun
4. bahasa Indonesia jadi bahasa PBB. gak bisa ngomongin orang asing seenak jidat, bisa2 dia punya score TBIUOA (tes bahasa indonesia untuk orang asing) setara WNI

just share...
Jika Indonesia nantinya sudah jadi negara besar, saya sudah jadi bosnya. Atau minimal di lingkaran kekuasaan. (mimpi yang bisa terwujud)

SimmerFront
25-07-2012, 07:51 PM
indonesia skrg nampak nya aja gede,,
tp sbnar nya trpecah" dengan kpentingan pribadi pemda stmpat x_x

deogracias
25-07-2012, 09:23 PM
percuma jg klu punya negara sebesar itu klu pemerintahannya macam skr ini...

franky84
28-07-2012, 10:33 AM
hati nurani zaman skr hampair habis....

mynameishiroko
17-09-2012, 12:55 PM
:hi: TS
Mengapa disebut empire? Padahal jelas-jelas pemimpinnya menyebut dirinya Raja, bukan kaisar?

bronpitt
11-10-2012, 01:23 PM
waow..segitu luasnya Majapahit dulu gan...ckckckck

P_Land76
25-10-2012, 06:41 PM
Wilayah Majapahit sgede itu dulu karena punya pemimpin & pemerintahan yg :top:....
G kya Indonesia yg skrng....:facepalm:

DeadlyEnd
26-10-2012, 08:25 AM
Perlu diingat, sistem pemerintahan jaman itu dan jaman sekarang berbeda...
Majapahit, sebagaimana sistem pemerintahan di Asia Tenggara saat itu, menggunakan sistem Mandala alih-alih negara seperti yang dikenal saat ini...
Yang luas itu bukan wilayahnya tapi pengaruhnya, sebagian besar negara di sana tetap independen namun membayar upeti pada Majapahit sebagai bentuk pengakuan akan pengaruh Majapahit di daerahnya...

Selain itu, wilayah Majapahit tidak dimulai dari ketika Mahapatih Gajah Mada mengambil sumpah Palapa, namun dari sejak kerajaan Mataram...
Lebih tepat wilayah ini adalah wilayah kerajaan Jawa dengan masa Majapahit sebagai masa keemasannya...
Jadi Majapahit adalah puncak dari sebuah proses yang begitu panjang, bukan hasil jadi semalam atau beberapaa tahun...
Intinya: Tidak mungkin keberhasilan bisa dicapai jika tidak dirintis dari awal dan jangan membuang begitu saja capaian yang sudah dicapai pendahulu kita...

keemchee
26-10-2012, 05:01 PM
nambahin juga ah. pernah baca artikel.

Majapahit begitu berjaya di masa nya bukan karena sang Mahapatih yang jago strategi aja, tapi juga perlengkapan tempur (teknologi) yang tercanggih di masa nya. Karena pada suatu masa ketua pasukan mongol Kubilai Khan yg sangat disegani di masa nya singgah di indonesia untuk brainstorming/tukar ilmu pengetahuan utama nya tentang militer dengan kerajaan Majapahit. Dari sinilah sang mahapatih berani optimis untuk menyatukan Nusantara yang kita kenal dengan Sumpah Palapa.

mynameishiroko
26-10-2012, 06:52 PM
nambahin juga ah. pernah baca artikel.

Majapahit begitu berjaya di masa nya bukan karena sang Mahapatih yang jago strategi aja, tapi juga perlengkapan tempur (teknologi) yang tercanggih di masa nya. Karena pada suatu masa ketua pasukan mongol Kubilai Khan yg sangat disegani di masa nya singgah di indonesia untuk brainstorming/tukar ilmu pengetahuan utama nya tentang militer dengan kerajaan Majapahit. Dari sinilah sang mahapatih berani optimis untuk menyatukan Nusantara yang kita kenal dengan Sumpah Palapa.
:hi:

Ngaco gan...
Gak ada ceritanya tentara Mongol niat ngobrol-ngobrol dengan pihak Majapahit...
Yg ada dalam sejarah tuh tentara Mongol mau nyerang Singasari, tapi sama Raden Wijaya "dimanfaatkan" untuk menghancurkan pasukan Jayakatwang dari Kediri. Akhirnya setelah pasukan Jayakatwang berhasil dihancurkan, pasukan Mongol diajak bersenang-senang oleh pasukan Raden Wijaya. Saat mereka bersenang-senang itulah pasukan Mongol dihancurkan oleh tentara Raden Wijaya dan setelah itu berdirilah kerajaan Majapahit.

Kekuatan militer Majapahit memang yg terkuat di nusantara, namun bukan yg terkuat di Asia, apalagi dunia.
Armada laut Majapahit kuat berkat senjata bernama cet-bang...semacam meriam...makanya mereka bisa menguasai lautan nusantara.
Pertanyaannya adalah, darimana orang Majapahit belajar membuat cet-bang?
Tidak ada penelitian resmi yg membahas hal ini. Namun ada dugaan cetbang merupakan senjata pampasan yg diambil dari tentara Mongol yg dihancurkan Raden Wijaya.
Kemudian setelah mengetahui kegunaannya, Mpu-mpu Majapahit membuatnya sendiri...

cmiiw

bujin
26-10-2012, 08:36 PM
kalau diliat dari map diatas, seandainya massi begini, berarti malaysia gabung sama indonesia ya, hahaha
tapi ga sampe ke filipina ya kalau diliat dari map

mynameishiroko
26-10-2012, 08:53 PM
kalau diliat dari map diatas, seandainya massi begini, berarti malaysia gabung sama indonesia ya, hahaha
tapi ga sampe ke filipina ya kalau diliat dari map

:hi:

Sebenarnya luas wilayah itu bukan sesuatu yg bisa dibanggakan jika tidak diiringi dengan pemerataan...
Majapahit iya luas...
Tapi yg bener2 merasakan kejayaan Majapahit itu paling cuma Jawa dan Bali...
Wilayah lain paling banter cuma daerah takklukkan...


*Dikit banyak sama saja dengan kondisi Indonesia sekarang. Wilayah luas tapi yg makmur cuma Jawa, terutama Jakarta.

jumpingbone
26-10-2012, 09:58 PM
Ya gan se indonesia paling maju cuma Jakarta doank...
kaya cuma Jakarta doank yang dibangun...

DeadlyEnd
26-10-2012, 11:47 PM
:hi:

Sebenarnya luas wilayah itu bukan sesuatu yg bisa dibanggakan jika tidak diiringi dengan pemerataan...
Majapahit iya luas...
Tapi yg bener2 merasakan kejayaan Majapahit itu paling cuma Jawa dan Bali...
Wilayah lain paling banter cuma daerah takklukkan...


*Dikit banyak sama saja dengan kondisi Indonesia sekarang. Wilayah luas tapi yg makmur cuma Jawa, terutama Jakarta.
Seperti yang saya tulis di atas, 'wilayah' dalam artian masa itu bukan seperti 'wilayah' seperti yang kita bayangkan sekarang...
'Wilayah' itu hanya luas pengaruh, dimana negara-negara yang disebutkan mengakui pengaruh Majapahit di wilayahnya...
Jadi yah tidak ada pemerataan karena Majapahit tidak mengurus kebijakan di wilayah itu...

Setidaknya ini yang saya dapat dari konsep pemerintahan Mandala yang digunakan untuk menjelaskan pemerintahan di Asia Tenggara zaman itu...

komikb4
27-10-2012, 11:54 AM
Inilah kekuasaan majapahit dulu....

[I MG]http://haniifa.files.wordpress.com/2010/01/majapahit2.jpg[/IMG]
[I MG]http://mydr34ms.files.wordpress.com/2009/09/781px-majapahit_empire_id-svg.png[/IMG]



Kerajaan Majapahit termahsyur sampai ke negeri luar karena kebesarannya dan memilikidaerah kekuasaan seperti pada maping di atas, yang nyatanya bahkan sampai semananjung Malaka dan Filipina kisaran 2.5 abad. Jadi sangat jelas sekali bahwa kita sebenarnya dipecah-pecah oleh para Kebo Bule :sebel:
Malaysia = Inggris
Indonesia = Belanda
Timor Leste = Portugis
Satu hal, menurut saya mereka mencoba dengan segala cara meng-adu domba kita dengan negara tetangga… yang ujung-ujungnya mendapatken surat sakti dari PBB sebagai invasi bule tersebung disela-sela peperangan ciptaan mereka...


Alahkah indahnya indonesia sebesar itu.... malaysia,singapura,brunei bakalan bersatu...menjadi negara indonesia:hmm:

AFAKK majapahit dulu itu bentuknya serikat dan bukan negara kesatuan seperti indonesia :keringat:
dan mereka itu invasi wilayah..g dabedanya ma penjajah :swt:

mynameishiroko
27-10-2012, 05:39 PM
Seperti yang saya tulis di atas, 'wilayah' dalam artian masa itu bukan seperti 'wilayah' seperti yang kita bayangkan sekarang...
'Wilayah' itu hanya luas pengaruh, dimana negara-negara yang disebutkan mengakui pengaruh Majapahit di wilayahnya...
Jadi yah tidak ada pemerataan karena Majapahit tidak mengurus kebijakan di wilayah itu...

Setidaknya ini yang saya dapat dari konsep pemerintahan Mandala yang digunakan untuk menjelaskan pemerintahan di Asia Tenggara zaman itu...
:hi:

Ya tetep kan. gak mengubah apa yg saya katakan.
Layaknya preman yg berkuasan di wilayah tertentu, mereka menarik upeti semacam "uang keamanan"...
Jika tidak bersedia membayar, ya siap-siap saja terjadi "kekacauan" di wilayah itu... alias diserang oleh Majapahit...
Preman bernama Majapahit itu ya gak perlu merasa bertanggung jawab untuk memakmurkan daerah-daerah taklukkannya...Namanya juga sistem "preman"...
Ada upeti = aman. Ndak ada upeti= siap-siap diserang...

komikb4
27-10-2012, 07:35 PM
:hi:

Ya tetep kan. gak mengubah apa yg saya katakan.
Layaknya preman yg berkuasan di wilayah tertentu, mereka menarik upeti semacam "uang keamanan"...
Jika tidak bersedia membayar, ya siap-siap saja terjadi "kekacauan" di wilayah itu... alias diserang oleh Majapahit...
Preman bernama Majapahit itu ya gak perlu merasa bertanggung jawab untuk memakmurkan daerah-daerah taklukkannya...Namanya juga sistem "preman"...
Ada upeti = aman. Ndak ada upeti= siap-siap diserang...

iapz..seeprti itu tapi juga tidak sejahat itu kok...
ketika ada negara lain yang menyerang "wilayah" majapahit maka dengan segera majapahit akan menggelontorkan pasukannya untuk membela wilayah tersebut :keringat:

bimasakti
28-10-2012, 08:46 PM
Ane malah ngak mudeng soal sejarah gini gan, yang jelas ane bangga tempat ane dulu ternyata ibukota nusantara

bleff
29-10-2012, 01:17 AM
ane pikir emg sejarah kita sangaja dihilangkan supaya kita merasa tertinggal...
lihat aja cina,jepang,inggris...pokoknya yg punya literatur sejarah yg lengkap pasti jd negara mandiri,soalnya udah ada contoh dr nenek moyangnya,,,

script37
29-10-2012, 08:57 AM
tambahan setahu w :

Filiphina = Prance
Vietnam = China
Camboja/Laos = w lupa
kecuali Thailand = negara ASEAN satu2na yg tdk p'nah di jajah oleh kebo bule, pdhal Inggris p'nah singgah ke negeri tu tp tdk di jajah !

iya jadi bertanya2 kenapa Thailand ngak di jajah ya?
padahal dari segi SDA juga banyak?
strategi nya apa ya?
or kerja sama, nerima apa adanya

mynameishiroko
29-10-2012, 10:44 AM
ane pikir emg sejarah kita sangaja dihilangkan supaya kita merasa tertinggal...
lihat aja cina,jepang,inggris...pokoknya yg punya literatur sejarah yg lengkap pasti jd negara mandiri,soalnya udah ada contoh dr nenek moyangnya,,,

:hi:

Bukan dihilangkan dengan sengaja..tapi karena ada orang-orang kayak ente yg males mempelajari sejarah.
Mana bisa mempelajari sejarah klo gak ada yg menelitinya.
Dan, berapa siswa sekolah yg menganggap remeh pelajaran sejarah?
Berapa ribu calon mahasiswa yg berminat masuk jurusan sejarah daripada teknik, kedokteran, atau ekonomi?

Klo mau literatur sejarahnya lengkap, ya buat penelitian dong...

nifi
31-10-2012, 07:57 AM
Wah lengkap banget sampai ada mapingnya.

sidiousra
31-10-2012, 08:21 AM
:hi:

Ya tetep kan. gak mengubah apa yg saya katakan.
Layaknya preman yg berkuasan di wilayah tertentu, mereka menarik upeti semacam "uang keamanan"...
Jika tidak bersedia membayar, ya siap-siap saja terjadi "kekacauan" di wilayah itu... alias diserang oleh Majapahit...
Preman bernama Majapahit itu ya gak perlu merasa bertanggung jawab untuk memakmurkan daerah-daerah taklukkannya...Namanya juga sistem "preman"...
Ada upeti = aman. Ndak ada upeti= siap-siap diserang...

:hi: +1 ma yang ini. Berkuasa bkn berarti memimpin :lol:


Kalo yang guw tahu ni mojopahit naklukin kerajaan sriwijaya yang habis berperang dngn mongol. Sisa pasukan mongol ad yg menetap di sumut. Tecatat di hilayat org cina. Dan bangsa thailand bilang patung emas buddha yang gde dibuat oleh sriwijaya. Bahkan sekarang tuh sriwijaya letak kotanya aja gag ketahuan. Dibumi hangus sama penjajah MOJOPAHIT dan hartanya hilang. Di thailand aja bangun patung emas gde apalagi dikota asalnya sampe sampe sekarang sejarahnya pun susah dilacak coba tebak ulah syp??? ya ulah penjajah tadi :lol:

.. cmiiw lho


http://en.wikipedia.org/wiki/Srivijaya

yang dibanggain cmn pencapaian penaklukan bukan kepemimpinanya :p sampai sekarang pun masih banyak daerah atau suku bangsa yang merasa tidak bersatu dengan indonesia tapi dijajah :???:

hishigi_87
01-11-2012, 10:39 PM
iya jadi bertanya2 kenapa Thailand ngak di jajah ya?
padahal dari segi SDA juga banyak?
strategi nya apa ya?
or kerja sama, nerima apa adanya
Mungkin karena letak geografis Thailand yg kurang strategis..

Ada juga faktor Internal dan Faktor eksternal...



Faktor Internal

Raja thailand pada masa itu sifatnya terbuka terhadap dunia luar.
Sudah adanya orang-orang yang berpendidikan di thailand pada masa itu terutama keluarga kerajaan.anak-anak raja,keluarga raja di kirimkan keluar negeri(ke Eropa)guna menuntut ilmu,bahkan mendatangkan guru dari eropa ke kerajaan untuk mengajarkan ilmu pengetahuan.

Faktor Eksternal

Negara Thailand pada masa itu menjadi buffer state(perbatasan)wilayah para kolonialis
Eropa,antara Inggris di utara dan selatan,Prancis di Indocina dan Belanda di Hindia Belanda.

Sumber: http://www.gallerydunia.com/2011/05/penyebab-negara-thailand-tidak-pernah.html

d0el
02-11-2012, 02:08 PM
coba ada game nya tambah keren ni kayaknya...info in e developer game keren tuh

renn2me
17-11-2012, 01:18 PM
Namun sampai sekarang wilayah Majapahit masih menjadi perdebatan para ahli sejarah. Ini dikarenakan sangat sedikitnya peninggalan dan pengaruh Majapahit di luar Jawa. Karena kalau disebut sebagai wilayah absolut ataupun jajahan Majapahit, setidaknya pasti ada peningalan atau alkulturasi kebudayaan dengan lokal. Sebagai contoh di Indonesia yang dijajah Belanda tersebar peninggalan Belanda, baik itu gedung ataupun asimilasi kebudayaan. Nah ini yang tidak diketemukan di daerah yang diklaim sebagai wilayah Majapahit. penjelasan logis yang paling mendekati adalah wilayah tersebut merupakan kerajaan2 mandiri yang berlindung di bawah Majapahit. Mereka hanya memberikan upeti sebagai tanda takluk namun bukan berarti menyerahkan wilayah kerajaannya. Mungkin semacam federasi kalau jaman sekarang.

5150
18-11-2012, 01:47 PM
[B][COLOR="#FF0000"]

Kerajaan Majapahit termahsyur sampai ke negeri luar karena kebesarannya dan memilikidaerah kekuasaan seperti pada maping di atas, yang nyatanya bahkan sampai semananjung Malaka dan Filipina kisaran 2.5 abad. Jadi sangat jelas sekali bahwa kita sebenarnya dipecah-pecah oleh para Kebo Bule :sebel:
Malaysia = Inggris
Indonesia = Belanda
Timor Leste = Portugis
Satu hal, menurut saya mereka mencoba dengan segala cara meng-adu domba kita dengan negara tetangga… yang ujung-ujungnya mendapatken surat sakti dari PBB sebagai invasi bule tersebung disela-sela peperangan ciptaan mereka...



kayaknya agak kurang tepat gan, runtuhnya kerajaan majapahit dan pecahnya wilayah kekuasaan mereka awalnya bukan karena invasi negara negara eropa...
melainkan masuknya Islam ke nusantara dan berdirinya kesultanan di berbagai wilayah yang akhirnya memicu pemberontakan dan merontokan kekuasaan majapahit.
hal ini terjadi di abad 13-14 kisah pertempuran brawijaya yang kalah oleh raden patah.

sedangkan penjajahan barat di asia mulai terjadi abad 16

[spoiler=source]
http://id.wikipedia.org/wiki/Brawijaya
http://www.tuanguru.com/2011/12/keruntuhan-majapahit.html
http://runtuhnya-majapahit.blogspot.com/
[source]

Catam
19-11-2012, 07:12 PM
http://en.wikipedia.org/wiki/Srivijaya

yang dibanggain cmn pencapaian penaklukan bukan kepemimpinanya :p sampai sekarang pun masih banyak daerah atau suku bangsa yang merasa tidak bersatu dengan indonesia tapi dijajah :???:

Pada zaman itu Conquering sudah berarti masuk wilayah, tapi emang tepat, wilayah yg diberikan TS termasuk daerah jajahan bukan daerah SATU pemerintahan atau Satu Kerajaan. Contohnya The great Alexander yg menaklukkan Eropa dan afrika utara sampai timur tengah, Genghis Khan yg menaklukkan Asia-Eropa.

But overall negara kita menjadi Negara Kesatuan BUKAN karna Majapahit, tp karna kesamaan nasib perjuangan untuk melawan VOC (itu perusahaan lho bukan negara) :unyil:
Ya hampir mirip sm USA yg jd negara karna kesamaan nasib koloni yg berjuang melawan UK.

Sebetulnya kita patut bangga pada sejarah Sriwijaya maupun Majapahit bukan atas daerah "Penaklukan" nya, tp krna peradaban dan jiwa penjelajahnya yg tidak kalah dengan kerajaan lain di zaman itu. kalo kita cuma bangga dengan luas daerah ya sama saja nasibnya seperti orang Mongol (kekaisaran Genghis Khan) sekarang.

rayzen
11-02-2013, 11:19 AM
luasnya kekuasaan makapahit tidak terlepas dari sosok patih gajah mada yg berani........
pintar....cerdik......dijadikan panutan......dll
hingga terciptanya majapahit seperti dulu.......
jika ingin indonesia menjadi seperti majapahit dulu...disegani.....
kita memang membutuhkan sosok orang seperti gajah mada ini... :top:

rambutkaratan
18-02-2013, 01:01 PM
Mungkin yg menjadi salah satu penyebab mengapa Majapahit Kingdom dulu mudah diadu domba adalah karena letak ibukotanya yg cenderung di selatan sementara daerah kekuasaannya melebar ke utara,jadi wilayah utara semacam diluar kontrol pemerintahan pusat,sebenernya dari sejarah ini para pendahulu Indonesia hrusnya belajar dan menjadikan kawasan Indonesia Tengah menjadi ibukota negara,hasilnya negara kita di perbatasan juga ga dpt perhatian yg cukup dr pemerintah...
Kepikiran rencana hebat Bung Karno yg memilih Palangkaraya sbg ibukota :sembah:

jono86
18-02-2013, 01:20 PM
Sayang ya.. buku langit krisna ada yang tidak sesuai dengan sejarah..

Jadi kayanya gak berbobot aja..

komikb4
18-02-2013, 01:30 PM
luasnya kekuasaan makapahit tidak terlepas dari sosok patih gajah mada yg berani........
pintar....cerdik......dijadikan panutan......dll
hingga terciptanya majapahit seperti dulu.......
jika ingin indonesia menjadi seperti majapahit dulu...disegani.....
kita memang membutuhkan sosok orang seperti gajah mada ini... :top:

bagi negara taklukan dan jajahan gadjah mada itu licik dan tukang adu domba loh :swt:


Mungkin yg menjadi salah satu penyebab mengapa Majapahit Kingdom dulu mudah diadu domba adalah karena letak ibukotanya yg cenderung di selatan sementara daerah kekuasaannya melebar ke utara,jadi wilayah utara semacam diluar kontrol pemerintahan pusat,sebenernya dari sejarah ini para pendahulu Indonesia hrusnya belajar dan menjadikan kawasan Indonesia Tengah menjadi ibukota negara,hasilnya negara kita di perbatasan juga ga dpt perhatian yg cukup dr pemerintah...
Kepikiran rencana hebat Bung Karno yg memilih Palangkaraya sbg ibukota :sembah:

majapahit pecah tidak dari pinggir tetapi dari pusat kerajaannya sendiri...:obiii:

Catam
18-02-2013, 01:55 PM
bagi negara taklukan dan jajahan gadjah mada itu licik dan tukang adu domba loh :swt:

majapahit pecah tidak dari pinggir tetapi dari pusat kerajaannya sendiri...:obiii:

budaya politik bunuh-bunuhan rakus kekuasaan dan uang yang sampe sekarang dipertahankan sama politisi kita juga :hot:
mereka hancur diserang kerajaan2 Islam yg waktu itu mendapat simpati rakyat jelata yg ditelantarkan.lebih tepatnya bukan pecah sih tapi runtuh :iii:

komikb4
18-02-2013, 01:59 PM
budaya politik bunuh-bunuhan rakus kekuasaan dan uang yang sampe sekarang dipertahankan sama politisi kita juga :hot:
mereka hancur diserang kerajaan2 Islam yg waktu itu mendapat simpati rakyat jelata yg ditelantarkan.lebih tepatnya bukan pecah sih tapi runtuh :iii:

pecah dulu baru runtuh...setelah kerajaan dibagi dua..majaphit timur dan barat, makin runyam dah :dead:

anjinggragas
10-03-2013, 12:35 AM
Sayang ya.. buku langit krisna ada yang tidak sesuai dengan sejarah..

Jadi kayanya gak berbobot aja..

maklum bro... namanya juga novel fiksi yg mengambil setting majapahit... pasti ga 100% akurat lah.... tapi tetep menarik untuk dibaca kok...

vetraaa
11-03-2013, 02:28 PM
Kenapa ya sejarah kayak gini ga di jadiin film?
Menarik kalo menurut ane, kayak film2 mandarin banyak yang kolosal, drama korea juga banyak sejarah kayak gini..
Selain melestarikan budaya dan sejarah, secara ga langsung memperkenalkan sejarah da budaya juga ama generasi zaman sekarang..
Ane juga tahu ada sinetron kolosal di salah satu tipi indonesia, tapi kesannya kok ga masuk akal ya...

Catam
11-03-2013, 02:38 PM
Kenapa ya sejarah kayak gini ga di jadiin film?
Menarik kalo menurut ane, kayak film2 mandarin banyak yang kolosal, drama korea juga banyak sejarah kayak gini..
Selain melestarikan budaya dan sejarah, secara ga langsung memperkenalkan sejarah da budaya juga ama generasi zaman sekarang..
Ane juga tahu ada sinetron kolosal di salah satu tipi indonesia, tapi kesannya kok ga masuk akal ya...
kaga ada budget kali om, di luar kan unlimited kalo bikin film kolosal, nah di kita :dead:
ya itu dia mending gak usah dibikin film sekalian kalo gak serius dan merusak sejarah, sebelum era sinetron juga ada kok film majapahit cmiiw.

vetraaa
11-03-2013, 02:59 PM
kaga ada budget kali om, di luar kan unlimited kalo bikin film kolosal, nah di kita :dead:
ya itu dia mending gak usah dibikin film sekalian kalo gak serius dan merusak sejarah, sebelum era sinetron juga ada kok film majapahit cmiiw.

Iya dulu pernah ada sinetro majapahit klo ga salah tapi tahun berapa lupa lagi, klo ga salah tahun 90an sewaktu ane masih SD..
Setuju emang mending ga usah di bikin klo emang asal2an..

narutoo
12-03-2013, 04:07 PM
sampe skr ga pernah apal sama kerajaan indonesia

sichi00
13-03-2013, 12:28 AM
sampe skr ga pernah apal sama kerajaan indonesia

wkkwkw gimana mau hapal lingkungan sekitar aja menganut sinetron mania -_- . .
dinegara kita panutan massa itu bisa jadi populer dalam sekejab ( klo cocok ) . .
dan kenyataannya massa banyak = pemenang .

rasyid46
27-04-2013, 06:59 PM
majapahit gk bisa nguasain kerajaan sunda (pakuan, galuh, pajajaran)

:)

m1cco
28-04-2013, 09:39 AM
majapahit gk bisa nguasain kerajaan sunda (pakuan, galuh, pajajaran)

:)

Menurut kitab Kakawin Nagarakretagama pupuh XIII dan XIV, Negara-negara taklukan di Jawa tidak disebut karena masih dianggap sebagai bagian dari "mandala" kerajaan. Termasuk Kerajaan Sunda dan Madura, karena Majapahit mengklaim seluruh Tanah Jawa [1].

[1] Riana, I Ketut (2009). Nagara Krtagama. Penerbit Buku Kompas. p. 215

oberst
28-04-2013, 10:59 PM
majapahit gk bisa nguasain kerajaan sunda (pakuan, galuh, pajajaran)

well, lok wilayah taklukan majapahit sepertinya seluruh jawa deh gan termasuk salah satunya Kerajaan Sunda Galuh

yoonafever
11-05-2013, 09:54 PM
Ini yang dinamakan historial matrealisme bung(kajayaan di masa lalu) ini salah satu hal yg bisa bikin muncul rasa nasionalisme di jaman penjajahan :top:

Blue_Flame
15-05-2013, 09:46 PM
kenapa kayak gini dibikin kayak game aja
semacam game strategy
itung-itung sebagai pelajaran sejarah untuk anak-anak di indonesia
biar pada tau indonesia dulu kayak apa :top:

solphe
20-05-2013, 06:35 PM
Kenapa ya sejarah kayak gini ga di jadiin film?
Menarik kalo menurut ane, kayak film2 mandarin banyak yang kolosal, drama korea juga banyak sejarah kayak gini..
Selain melestarikan budaya dan sejarah, secara ga langsung memperkenalkan sejarah da budaya juga ama generasi zaman sekarang..
Ane juga tahu ada sinetron kolosal di salah satu tipi indonesia, tapi kesannya kok ga masuk akal ya...

Iya setuju kenapa gak dibuat film kolosal, kaya jaman dulu ada saur sepuh menurut saya di jaman dulu aja besutannya udah lumayan tuh masa sekarang teknologi dah maju gak bisa, kalo masalah budget kayanya masih bisa diatasi, tapi jangan jangan sampe deh digarap sama orang2 yg suka nanganin sinetron ntar jd aneh lg, masih ada sineas2 senior dan junior yg kompetensinya gak kalah sama hollywood.
Biar generasi muda sekarang lebih mencintai sejarah dan secara gak langsung jd edukasi.

mroogle
26-05-2013, 06:40 PM
Ada satu provinsi di jawa yg blm pernah dijajah majapahit: Jawa Barat/ Pasundan .... Sory kalo kliru

yoshikanji
26-05-2013, 06:50 PM
Ada satu provinsi di jawa yg blm pernah dijajah majapahit: Jawa Barat/ Pasundan .... Sory kalo kliru

daerah pasundan emg gk pernah di jajah, lupa nama kerajaannya
tp majapahit pake strategi politik.
klo gk salah itu putri kerajaannya di culik untuk dinikahi atau perjanjian dengan menikahkan putri dan putra mahkota gtu...

mroogle
26-05-2013, 07:06 PM
daerah pasundan emg gk pernah di jajah, lupa nama kerajaannya
tp majapahit pake strategi politik.
klo gk salah itu putri kerajaannya di culik untuk dinikahi atau perjanjian dengan menikahkan putri dan putra mahkota gtu...

Iya, bro. Ini gara2 Perang Bubat itu ... kisahnya ada di Kidung Sundayana. Bukan diculik ... Putri Pasundan dilamar oleh Hayam Wuruk, dan datang lengkap bersama Raja Linggabuana. Namun sesampai di Majapahit, sang Raja Sunda diberi syarat utk mengakui takluk terhadap Majapahit oleh Gajah Mada, tapi tetap tdk mau takluk, sehingga rombongan Pasundan dibantai seluruhnya. Kerajaan Pasundan marah, tapi Raja Majapahit juga marah besar, sehingga menjadi salah satu sebab lengsernya Gajah Mada.

Sampai sekarang tdk ada nama jalan berbau Majapahit di (bekas) wilayah Pasundan, misalnya: tdk ada Jalan Hayam Wuruk, Gajah Mada, Majapahit dsb di Bandung.

Moga2 saya gak kliru ...

febjoki
30-05-2013, 12:18 AM
Ada satu provinsi di jawa yg blm pernah dijajah majapahit: Jawa Barat/ Pasundan .... Sory kalo kliru
yupz emang belum sempet dijajah

daerah pasundan emg gk pernah di jajah, lupa nama kerajaannya
tp majapahit pake strategi politik.
klo gk salah itu putri kerajaannya di culik untuk dinikahi atau perjanjian dengan menikahkan putri dan putra mahkota gtu...
iya kak ada peristiwa di daerah karesidenan madiun sekarang yg dijadikan tempat pertempuran
nama tapi daerahnya bernama apa

The Sorrow
30-05-2013, 01:19 AM
coba di bikin jadi nusantara warrior buat saingin dynasty warrior dan samurai warrior, pasti keren tuh,hahaha

Ajeee
31-05-2013, 11:25 PM
Malaysia seharusnya malu, Indonesia seharusnya bangga, dulu kita pernah Berjaya !

Lihat betapa luasnya wilayah kekuasaan kita pada zaman dulu :oii:

nano_nano
02-06-2013, 12:47 PM
baru tau gw kalo gajah mada pake strategy membantai itu____________:apa:

bener2 everything is fair in love and war

membunuh dan berperang untuk menciptakan perdamaian dan persatuan______humans_________:yareyare:

Tsuneo
23-06-2013, 07:48 PM
meskipun majapahit punya wilayah yang begitu luas. sayang akhirnya hancur dari dalam karena perang saudara dan dari luar

embohlah
25-06-2013, 11:09 AM
majapahit emang GREGET
gara2 gajah mada sampe sumpah palapa biar nyatuin "nusantara" (nusantara adalah sebutan wilayah indonesia,malaysia dan sekitarnya)

btw aku tinggal di trowulan lhoh sama kayak neneknya TS :malu2:

drulz
28-06-2013, 08:52 PM
Tp kok raja majapahit bisa kehilangan banyak wilayah sihh,
kalah perang kali yaa

embohlah
29-06-2013, 05:47 AM
Tp kok raja majapahit bisa kehilangan banyak wilayah sihh,
kalah perang kali yaa

ada pemberontakan dari dalam bro ada juga perang saudara.
semenjak Gajah Mada meninggal keturunnya gabisa jaga wilayahnya.
kasihan gajah mada ngerebut susah2 keturunannya njaga aja gabisa.
:sedih::sedih::sedih::sedih::sedih:

luisandy
08-09-2013, 07:20 PM
kalo setauku filiphina itu Spain/Castille deh

Prancis gapernah ngejajah daerah asia, cuman di bagian eropa aja menurutku hehehehe

cubilee182
02-11-2013, 01:45 AM
sayang y bro
situs peninggalannya g dirawat dengan baik,malah dijualin sama penduduk sekitar
ckckckckc
klo ada pasti lebih megah dari borobudur tuh
untung borobudur yg nemu org luar
coba klo lokal'dah abis dijualin tuh patung
wakakakakkaa

Nagisa_Sakurai
21-11-2013, 06:21 AM
yang hebat itu para pendahulu kita.
di jaman segitu yang komunikasi.x belum maju, yang sistem transportasi.x masih pake kuda yang makan waktu berhari2, bisa menguasai daerah segede itu.
kalo semangat buat menyatukan nusantara.x gak membaja, mana mungkin bisa mendapat.x daerah kekuasaan yang besar? :ngeselin:
bandingkan sama semangat orang2 jaman sekarang...
baru disuruh ngerjain sesuatu yang ringan buat membela negara.x aja, sebentar doang udah melempem. pinter.x malah dibuat ikutan tawuran gajes doang.:lol::lol:

Xchalant
30-11-2013, 11:23 AM
Tp kok raja majapahit bisa kehilangan banyak wilayah sihh,
kalah perang kali yaa
menurut sy yg gak mendalami sejarah kerajaan majapahit itu yg dikenal dunia itu gak seperti ini, yg dianggap upeti raja2 itu sehingga dianggap daerah taklukkan sebenarnya hanya berupa bingkisan saat kerajaan majapahit mangadakan acara kenegaraan atau besanan, jadi lebih semacam kado bukan berarti tanda takluk.

lagipula di daerah2 yg dianggap bekas jajahannya tidak pernah ditemukan tanda2 peninggalan kerajaan majapahit ataupun catatan sejarah kalau wakil dari majapahit pernah berada di sana.. rasa2nya aneh klo di daerah taklukkan tidak meninggalkan apa2 kecuali sebenarnya memang bukan begitu keadaannya.

tapi memang penelitian sejarah di kita memang belum mendalami sekali mengenai kerajaan2 dan kondisi alam kita yg tropis basah ini mudah sekali menghancurkan sisa2 peradaban dan bukti2 sejarah yg masih tersisa..

gwenog
01-03-2014, 11:28 PM
coba majapahit masih ada, kayak gimana yang Indonesia???
hmm

AnandaPratama
02-03-2014, 10:01 AM
kebayang kalau dibikin movie series yg ga low budget , pasti nilai sejarah ketanam bgt.. *IMHO*

Sent from my Nexus 5 using Tapatalk

samcro
12-03-2014, 03:13 PM
dan juga katanya kerajaan padjadjaran itu sampai sekarang tidak ada yang tau kapan runtuhnya kerajaan tsb..

TurquoiseCat
16-03-2014, 03:38 PM
Majapahit, sejarah keemasan u/ wilayah Indonesia
sayang karena sistemnya masih kerajaan,
pasca hayam wuruk lengser jd mengalami kemunduran..

sopiin_gt
22-03-2014, 07:08 PM
Kalo ga salah sampai kehancurannya, Majapahit ga pernah berhasil menguasai Tanah Sunda.

uKRAInE
23-03-2014, 05:54 PM
Kebesaran Majapahit sebgaimana yang selama ini kerap didengungkan agaknya sedikit berlebihan, karena apabila memang benar Majapahit sebesar yang dikonsepsikan, peninggalan dari Majapahit terlalu minim.

dekudeku
24-03-2014, 03:37 PM
majapahit,
ada yg bilang katanya (wilayahnya) ga sebesar yg diceritakan,
anggapan itu ada, karena di wilayah-wilayah itu ditemukan benda-benda yg berasal dari majapahit,
logikanya kalo cuma benda ditemukan disana, apakah langsung bisa dianggap wilayah itu masuk kekuasaan majapahit?

gue ga jago sejarah sih,
tapi pernah baca teori ini di buku mana gitu,
lupa..

dekudeku
24-03-2014, 03:39 PM
Kebesaran Majapahit sebgaimana yang selama ini kerap didengungkan agaknya sedikit berlebihan, karena apabila memang benar Majapahit sebesar yang dikonsepsikan, peninggalan dari Majapahit terlalu minim.

nah ini, mungkin yaa,
mungkin sih,

salah satu alasan kena majapahit itu dibesar-besarkan,
itu salah satu bahan lecut semangat oleh para pendahulu (founding fathers) kita untuk menyatukan indonesia,

termasuk cerita tentang gajah mada & sumpah palapa nya,

mungkin sih..

kuraibatho
26-03-2014, 03:02 PM
setuju ama yg diatas, mendirikan negara bukan karena berapa luas kerajaan majapahit, emangnya punya nenek moyang lo suka-sukanya nentuin wilayah, yang ada segini aja susah ngurusnya pake segala mau ke wilayah negara lain .......

lepidus
27-03-2014, 05:33 PM
Kok empire sih? kerjaan sepertinya

Shintoumaru
31-03-2014, 12:00 PM
ada trit tentang kerajaan islam di indonesia ngga ya ?
penasaran sama sejaranya..

SinJiu
01-04-2014, 11:39 AM
Sebesar itu wilayah Majapahit dalam konteks negeri2 lain sebagai taklukan harus dibuktikan secara gamblang bukan teori2 sejarawan, kalo semacam federasi/aliansi se-nusantara bisa jadi...

bebekburik
08-04-2014, 12:03 PM
Majapahit dibanggakan oleh buku sd gaaan

therockyraccoon
12-04-2014, 11:07 AM
sisa2nya masih ada tuh bro d sekitar kediri

Edmont
02-05-2014, 10:46 AM
Buset dah kalo majapahit aja bisa segede gitu mah, seharusnya ngalahin satu asia tenggara bisa kita

NextDigital
02-05-2014, 02:49 PM
kalo gak salah wilayah itu hampir sampai cina?tapi majapahit di kalah dan akhirnya bangsa cina gantian menyerang majapahit?

__________________________________________________ _______________________________________

furniture Indonesia (http://www.melandas-indonesia.com) | Distributor Crane Jakarta (http://www.stahlindo.co.id) | Jual Geotextile (http://www.geosinindo.co.id) |Distributor Geotextile (http://geotextile-supplier.blogspot.com) | Jual Geogrid (http://geogrid-indonesia.blogspot.com) | Jasa Pembuatan Logo (http://desainerfreelanceindonesia.blogspot.com)

rendyanggara17
04-05-2014, 10:30 PM
kita dulu bsar juga. . . kamandanu gan

rendyanggara17
04-05-2014, 10:31 PM
banyak ni di film2

goyangdombret
08-05-2014, 10:55 AM
tapi masih belum ada bukti shahih tentang majapahit di daerah semanjung malaysia

reka69
08-05-2014, 11:05 AM
Perlu dipelajari lebih lanjut tentang kebenaran informasi bahwa kekuasaan Majapahit yang konon lebih besar dari Indonesia. Mungkin setelah ditelaah lebih dalam akan dapat menjawab pertanyaan2 seperti Benarkah Majapahit memiliki wilayah kekuasaan sebesar itu, bagaimana majapahit menguasai wilayah2 itu, bagaimana Majapahit mengelola wilayah yang sangat luas dan lain sebagainya. Siapa tahu jawaban dari pertanyaan2 tersebut dapat menjadi referensi bagi pemerintah Indonesia mengelola negara.

PNKAMENRIDER
09-05-2014, 12:45 PM
sampai sekrangpun lokasi kerajaan majapahit belum ketahuan yang dapat dipastikan kalo di sepanjang sungai brantas

superpanda
13-05-2014, 12:56 AM
hmmmmm,ga kebayang kalo nusantara yang diciptain ama majapahit masih ada sampe sekarang dan bersatu wilayahnya,udah pasti masuk negara terbesar lah ya

phantomin
20-05-2014, 01:16 PM
nice info...
jadi pengen ngorek sejarah majapahit lebi dalam...

alexander01
08-06-2014, 05:47 PM
tapi masih belum ada bukti shahih tentang majapahit di daerah semanjung malaysia

blum ada juga bukti juga kalo majapahit menguasai Daerah indonesia Timur, kalo ada tolong di share ya , Thanks

xpsychosocialx
09-06-2014, 06:59 PM
kerajaan majapahit
daerah kekuasaannya luas
hayam wuruk + gajah mada :top:

alfaiziy
09-06-2014, 09:02 PM
alfaiziyk@ymail.com

D_Pure
13-06-2014, 03:28 PM
Bersyukur aja dgan luas indo yg skrang, klo ampe sluas kyak kkuasaan majapahit tdak mnuntut kmungkinan klo prmaslahan indo makin banyak. dan jman skarang gk bisa maen serang2 aja gan kyak jman dlu yg ada klo asal srang negara laen bkal darurat negeri ini.

m1cco
15-06-2014, 01:15 PM
Dengan kekuasaan yg luas setidaknya nama Majapahit pada zaman dulu sangat diperhitungkan,...

Cirenggoyanglida
16-06-2014, 11:47 AM
Majapahit memiliki panji-panji (bendera) warna merah putih. makanya indonesia pake bendera warna merah putih. beberapa pihak di malaysia juga menghendaki malaysia menggunakan bendera warna merah putih. sempet heboh dulu.
nih gan, beberapa penampakannya.



http://pelangisingosari.files.wordpress.com/2011/02/sang-saka-gula-kelapa.jpg?w=470&h=352

http://sanggupa.files.wordpress.com/2012/09/bendera-ku_01.jpg
https://lh4.googleusercontent.com/-SctoyUkMvlI/UEl_El1oyfI/AAAAAAAAL5c/AnJgA0AkN4A/s0/bendera-ku_02.jpg

http://4.bp.blogspot.com/-cRF2IWRtRoU/UESNzDNVUNI/AAAAAAAAE7U/OF3Q99zksuc/s640/benci%2Bbendera%2Bmalaysia.jpg

http://kkcdn-static.kaskus.co.id/images/2013/03/08/392769_20130308061754.jpg

http://821879909.r.worldcdn.net/media/k2/items/cache/551f03cb37989d171e994eb552a0a351_XL.jpg

http://alfatsha.files.wordpress.com/2012/09/312193_215529555172694_1526689_n.jpg?w=624

littlebone
29-06-2014, 11:41 PM
nusantara luasnya segini harusnya indonesia juga.....