PDA

View Full Version : Hobby [BASECAMP] Wushu & Kung Fu



rungga
05-08-2010, 09:08 AM
Semoga thread ini bermanfaat sebelumnya dan bisa menjadi room bagi pecinta beladiri wushu & kung fu. Disini saya akan membahas sedikit tentang keduanya dan bersumber dari wikipedia :


Wushu (武術 atau 武术; bahasa Tionghoa: wǔshù) secara harafiah berarti "seni bertempur/bela diri". Ini merupakan istilah yang lebih benar dibanding dengan istilah yang lebih terkenal tapi salah penggunaannya kung fu, yang berarti "ahli" dalam bidang tertentu, tidak hanya terbatas dalam bela diri. Semua kategori Seni bela diri China yang tradisional, keras dan lembut dapat disebut Wushu. Wushu keras termasuk tinju selatan Nanquan dan tinju panjang Changquan. Wushu lembut termasuk tinju Taiji, Telapak Bagua, dan tinju Hsing Yi. Adapun seni beladiri Wushu yang telah dikembangkan oleh etnis China yang menetap di wilayah Asia Tenggara (terutama Indonesia) seringkali disebut dengan istilah Kuntao.

Lima elemen Wushu :

1. Air: melambangkan kehidupan dan kelembutan, karena air memberi makan tumbuhan dan bentuk air sendiri yang selalu sesuai dengan wadahnya.
2. Kayu: melambangkan tulang dan otot, sebagai energi dari kehidupan yang jika terkena api akan mengakibatkan terbentuknya panas sebagai tenaga (otot).
3. Api: melambangkan kekuatan dan ketangkasan, memberi nutrisi dari hasil pembakaran yang membuat pembaharuan dalam kemajuan.
4. Bumi: melambangkan pertahanan, memberikan tempat bagi berbagai unsur untuk berkembang.
5. Logam: melambangkan penggunaan senjata, mengkombinasikan berbagai unsur yang bermanfaat untuk menguasai berbagai senjata yang sangat penting bagi wushu.

Hubungan berbagai unsur dalam wushu adalah air mendinginkan api, api menempah logam, logam memotong kayu, kayu tumbuh dari bumi, bumi mengontrol air. Jadi, semua unsur ini saling berhubungan satu sama lain.

Wushu di Indonesia mulai diresmikam atau mulai menjadi organisasi olah raga yang terdaftar di KONI adalah pada tanggal 10 November 1992, dan untuk pertama kali berpartisipasi di SEA GAMES Singapura tahun 1993. Bapak IGK Manila adalah seorang tokoh berdirinya wushu Indonesia




Kung fu adalah ilmu bela diri dari Tiongkok. Akan tetapi, arti kata kung fu yang sebenarnya memiliki makna luas, yakni sesuatu yang didapat dalam waktu yang lama dan dengan ketekunan yang sungguh-sungguh. Sehingga seorang ahli memasak yang hebat pun dapat dikatakan memiliki kung-fu yang tinggi.

Selain kata kung fu, istilah wushu dan kun dao juga sering dipakai untuk menyebut ilmu bela diri dari Tiongkok. Sedangkan ilmu Kungfu yang sudah menyebar ke Asia Tenggara (terutama Indonesia) di masa lalu disebut Kuntao, menurut Donn Draeger dalam buku beliau yang berjudul Weapons and Fighting Arts of Indonesia. Namun di masa kini, istilah Kuntao tersebut sudah sangat jarang dipergunakan.

Pada awal mulanya, istilah Ilmu atau kemampuan Bela Diri dalam masyarakat Tiongkok adalah "Ilmu Silat" bukan Kungfu. Kungfu tidaklah sepopuler saat ini. Kungfu sendiri lebih menunjuk kepada suatu Keahlian dan keuletan yang khusus dan teruji unggul, misalnya ahli memasak, ahli bercocok tanam dan lain-lain. Istilah Kungfu menjadi populer setelah seorang legenda ilmu bela diri, yakni Bruce Lee mempopulerkan istilah Kungfu di belahan dunia barat. Tersentak dengan kemampuan, kecepatan dan kekuatan Sang Legenda, istilah Kungfu menjadi sangat populer hingga kini.

Ilmu bela diri Kungfu pada mulanya berkembang dari kebutuhan dan kemampuan manusia untuk bertahan hidup, baik untuk membela diri dari berbagai jenis serangan binatang buas, berburu untuk makan, maupun kemampuan untuk berperang. Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan tentang obat-obatan dan tubuh manusia di Tiongkok kuno - serta perang saudara yang berkepanjangan, Seni Bela Diri Kungfu pun berkembang pesat dan menyebar luas, sehingga membawa banyak kontribusi dan mempengaruhi cikal bakal berbagai jenis macam ilmu bela diri di [[Asia]), seperti Karate, Kempo, Pencak Silat dan lain-lain.

Kungfu mempunyai sejarah dan tradisi ilmu bela diri yang sangat panjang, ketat, teruji dan efektif sejak 5000 tahun yang lalu bersamaan dengan munculnya aliran kepercayaan Dao (Taoisme) yang kelak akan berkembang menjadi agama khusus. Pada tahun 2500-an, mulai bermunculan berbagai aliran Kungfu yang melegenda hingga kini, dimulai dari Kuil Shaolin (Siaw Liem Sie), Wudang (Butong), Omei (Emei-Gobi), Kun Lun, Huasan, Thian San, Khongtong dan lain-lain. Secara umum, terdapat 100 lebih aliran Kungfu dan ribuan jurus serta berbagai jenis ilmu yang unik dan aneh, mulai dari yang paling keras dan ganas (external arts) hingga ilmu yang paling lembut dan ringan seperti kapas (internal arts). Berbagai aliran dan ilmu-ilmu yang masih eksis hingga kini adalah Hung Gar, Lohan, Ngo Cho, Pek Ho, Eng Jiaw, Qin Na, Wing Chun, Tai Chi Quan, Hsing I, Ba Gua, Yi Quan, Fan Zi Quan, Chang Quan dan lain-lain. lain.

Para Pendekar Kungfu masa lalu yang terkenal memberikan kontribusinya dalam Dunia Kungfu antara lain :

1)Bodhidharma (Da Mo/Tat Mo atau Daruma dalam bahasa Jepang). Beliau adalah Pendeta spiritual Zen Budha dari India yang bertapa 9 tahun di Kuil Shaolin dan Pencipta berbagai jenis ilmu legendaris seperti : Ilmu Perubahan Urat & Otot (Yi Jin Jing/I Chin Ching), 9 Matahari (Kiu Yang Cin Keng), 5 Jurus Hewan, Jari Zen, dll. Namun sayangnya, beberapa diantara ilmu tersebut sudah lenyap. Konon pada saat menyebrang lautan hingga ke Tiongkok, Beliau hanya berdiri diatas sebatang dahan kecil dan gua tempat pertapaan Bodhidharma meninggalkan bayangan lekuk tubuhnya pada saat bermeditasi di tembok gua hingga kini. Selama bermeditasi 9 tahun di gua tersebut, Bodhidharma mampu mendengar pembicaraan berbagai jenis mahluk hidup seperti semut misalnya.

2)Thio Sam Hong (Thio Kun Po/Zhang Jun Bao). Di masa mudanya, Thio Sam Hong adalah murid yang sangat berbakat di Kuil Shaolin. Karena diberlakukan semena-mena oleh para senior, Beliau keluar dari Kuil Shaolin dan belajar mengembangkan Kungfu sendiri dengan memperhatikan berbagai fenomena alam seperti terpaan angin keras terhadap pohon bambu, pertarungan bangau dan ular, kokohnya pertahanan belalang sembah dari terpaan angin dan lain-lain. Setelah mengerti & memahami Intisari Alam Semesta, Thio Sam Hong muda menyepi di gunung Hua San untuk menyempurnakan ilmu-ilmunya. Pada saat Beliau turun gunung, Beliau menjelajahi seluruh Tiongkok dan mengadu ilmunya dengan para Ahli Bela Diri dan/atau Pendekar semua aliran. Berdasarkan literatur kuno, tercatat 2 pertarungan yang sangat terkenal, yakni pertama adalah pertarungan antara Thio Sam Hong dengan Pegulat Nomor 1 (Satu) Mongol yang sangat besar, kuat dan agresif. Belakangan diketahui pula bahwa Pegulat tersebut juga sangat ahli dalam berbagai aliran Kungfu Tiongkok. Pegulat Mongol tersebut konon mengalahkan banyak petarung Kuil Shaolin dan sejumlah Pendekar aliran keras lainnya. Pertarungan antara Thio Sam Hong dengan Pegulat Mongol tersebut dimenangkan oleh Thio Sam Hong dengan ilmu barunya, Tai Chi! Pertarungan kedua adalah seorang diri Thio Sam Hong mengalahkan lebih dari 100 orang gangster di sarang penyamun hanya dengan tangan kosong! Semenjak itu, Thio Sam Hong diakui oleh seluruh kalangan persilatan menjadi Pendekar Tanpa Tanding pada saat itu. Setelah merasa cukup dalam perantauanya, Beliau naik ke gunung Wudang (Butong) dan mendirikan Perguruan Wudang dengan basis utama pengajaran : Taoisme. Thio Sam Hong sendiri diyakini merupakan Pencipta Ilmu Tai Chi pertama dan sangat Ahli dalam Ilmu Tao Yin (Nei Kung). Konon Thio Sam Hong hidup di 3 (tiga) jaman (Immortal Taoist)dinasti,yakni Dinasti Sung, Dinasti Yuan (Monggol) dan Dinasti Ming (Han).

3) Yue Fei. Beliau adalah Jenderal Patriot yang terkenal dari Dinasti Sung (960-1279) dan hingga akhir hayatnya tetap setia membela negara walaupun difitnah dan dihukum mati oleh penguasa lalim. Jenderal Yue Fei adalah pencipta Kungfu Internal dan eksternal, yakni : Hsing - I (Xing Yi) dan Eng Jiaw (Cakar Elang). Selain ahli dalam pertarungan tangan kosong, Jenderal Yue Fei juga ahli dalam 18 senjata Shaolin khususnya tombak tunggal. Konon ilmu tombaknya setara dengan ilmu tombak Keluarga Yang (Ilmu tombak Keluarga Yang merupakan ilmu silat keluarga turun temurun yang sangat khas dan tinggi serta hanya sedikit Ahli/Pendekar yang mampu menandingi ilmu mereka pada jamannya. Berdasarkan catatan kuno, diketahui bahwa ilmu tombak tingkat tinggi Keluarga Yang mempunyai sejumlah keistimewaan, yakni : Ilmu Tombak Melekat/Berpilin dan Ilmu Tombak (Toya) Naga Perkasa yang mampu melumpuhkan/membunuh lawan tanpa menyentuh fisik. Catatan : Keluarga Yang merupakan patriot sejati Dinasti Sung yang tetap setia hingga akhir kejatuhan Dinasti Sung oleh Monggol). Kungfu Hsing I sendiri sempat lenyap dari dunia persilatan pasca meninggalnya Jenderal Yue Fei hingga sampai ditemukan kembali Kitab Kungfu Hsing I peninggalan Jenderal Yue Fei menjelang akhir Dinasti Ming oleh Ji Long Feng (Ji Jike). Kemudian Ji Long Feng menurunkan Kungfu Hsing I ke Keluarga Ma, Cao Ji Wu dan lain-lain hingga akhirnya muncul Kuo Yun Shen dan Sun Lutang sebagai ahli-ahli Kungfu Hsing I yang luar biasa.

4)5 Leluhur Shaolin. Pasca pembakaran Kuil Shaolin dalam pertempuran kedua antara para Pendeta Kuil Shaolin dengan 50.000 Tentara Qing bersenjata lengkap dan modern yang dibantu para Lhama Tibet dan Praktisi Pak Mei (White Eyebrow). Kelima leluhur tersebut adalah : a) Choi Tak-Chung (蔡德忠) b) Fong Tai-Hung (方大洪) c) Ma Chiu-Hing (馬超興) d) Wu Tak-Tai (胡德帝) e) Lee Sik-Hoi (李式開) Berdasarkan literatur lama, disebutkan bahwa Kuil Shaolin hancur total dan terbakar selama 40 hari 40 malam dalam serangan tersebut. Seluruh catatan kuno ribuan tahun termasuk sejumlah ilmu Kungfu legendaris dan senjata pusaka hilang atau habis terbakar. Dari ribuan Biksu dan non Biksu Shaolin, hanya 5 orang yang lolos dari serangan tersebut dan kemudian mereka menyebar keseluruh Tiongkok sembari menyebarkan Shaolin Kungfu serta perlawanan anti Dinasti Qing. Kehancuran Kuil Shaolin diakibatkan oleh adanya pengkhianatan oknum Shaolin yang ternyata adalah antek-antek Dinasti Qing yang menyusup dan menabur racun diberbagai titik sumber air dan makanan para Bhiksu. Pada saat serangan kedua tersebut, kondisi fisik yang keracunan telah menyebabkan hilangnya kemampuan bertarung para Bhiksu dan Non Bhiksu Shaolin. Dalam pertarungan pertama, para Petarung Kuil Shaolin berhasil mengusir puluhan ribuan tentara Dinasti Qing yang bersenjata lengkap. Kegagalan dalam serangan pertama tersebut, membuat Kaisar Qing di puncak kemarahan. Sang Kaisar mengumpulkan tentara-tentara terbaik dari setiap legiun dan merekrut seluruh ahli bela diri Kungfu (termasuk para Lhama Tibet dan Praktisi Pak Mei) yang loyal kepada Dinasti Qing untuk bersama-sama menyerbu Kuil Shaolin serta menpersiapkan strategi penyusupan/perusakan dari dalam Kuil Shaolin. Dikemudian hari, 5 Leluhur Shaolin ini identik pula dengan 5 Tokoh Utama yang terkenal, yakni : a) Hung Hei-Koon 洪熙官 Hóng Xīguān/Hung Hei Gun, Pencipta Kungfu Hung Gar Hung Hei Koon adalah murid utama dari Bhiksu Gee Sin Sim See. Beliau terkenal sebagai Ahli Gung Gee Fok Fu Kuen (Siu Lum Fook Fu Kuen)dan Cakar Harimau Sejati. Jurus cakar harimaunya terkenal sangat ganas dan bertenaga. Kebanyakan korban keganasan jurus Hung Hei Koon adalah para tentara Qing dan antek-antek Manchu. b) Lau Sam-Ngan 劉三眼 Liú Sānyǎn/Lau Sam Ngan. Pencipta Kungfu Lau Gar Beliau dikenal dengan julukan "Lau si 3 Mata" c) Choi Kau-Yee 蔡九儀 Cài Jiǔyí/Choy Gau Yi, Pencipta Kungfu Choi Gar d) Lee Yau-San 李友山 Lǐ Yǒushān/Li Yau San, Pencipta Kungfu Lei Gar. Beliau adalah Guru dari Chan Heung, Pencipta Kungfu Choi Lei Fut e) Mok Ching-Kiu 莫清矯 Mò Qīngjiǎo/Mok Ching Giu, Pencipta Kungfu Mok Gar

5) Wong Fei Hung (Huang Fei Hong). Beliau adalah Ahli Kungfu, Pendiri Rumah Obat Pho Chi Lam dan sekaligus Shinshe Akunpuntur yang sangat terkenal dengan berbagai jenis ilmu Kungfu seperti : Ilmu Pasangan Harimau dan Bangau, Tendangan Tanpa Bayangan, Toan Ta, Toya 8 Diagram dan lain-lain. Murid-murid Beliau yang sangat terkenal antara lain : Lam Sai Wing, Leung Fong, Tang Fung dan Lin Wan Gai. Wong Fei Hung merupakan anak dari Wong Kei Ying, salah satu Pesilat terkenal dari "10 Harimau Kanton". Pada masa hidupnya, Wong Fei Hung terkenal dengan berbagai pertarungan baik dengan para pesilat lokal maupun petarung asing demi mempertahankan "China's Pride" yang pada saat itu jatuh hingga ke titik terendah. 2 (Dua) pertarungan yang sangat terkenal adalah pada saat Wong menjatuhkan lebih dari 50 orang pesilat gangster/bajak laut di pelabuhan hanya dengan sebatang toya dan pertarungan kedua adalah pada saat Beliau bersama dengan Liu Yong Fu berperang langsung dengan tentara Jepang di Taiwan. Beliau sendiri merupakan murid langsung dari Pengemis Sakti So (Beggar So), Lam Fuk Sing dan ayahnya sendiri yang notabene adalah anak dari Wong Tai, murid langsung Luk Ah Choi, Ahli Kungfu Hung Gar dan sekaligus murid langsung dari Biksu Shaolin terkenal : Gee Sin Sim See, Li Bak Fu & Hung Hei Koon.

6) Hua Yan Jia (Fok Yuen Gap). Beliau adalah Pendiri Chin Woo Athletic Association yang hingga kini telah tersebar lebih dari 50 cabang di USA, Kanada, Argentina, Peru, Makau, Hongkong, China, Jepang, Wales, Selandia Baru, Srilanka, Vietnam, Australia, Singapura, Thailand, Malaysia dan lain-lain. Beliau merupakan Pendekar Kungfu yang terkenal sangat nasionalis dan juga lahir dari keluarga pesilat aliran Huo. Pada masa hidupnya, baik Beliau maupun muridnya Liu Zhensheng terkenal sebagai Pendekar Kungfu yang banyak mengalahkan berbagai praktisi aliran beladiri dari berbagai negara seperti pegulat, petinju, Pejudo dan Karateka dari Rusia, Inggris dan Jepang. Huo Yan Jia meninggal pada umur 42 pada tahun 1910 dan berdasarkan hasil otopsi Tianjin Municipality Police Laboratory, ditemukan racun arsenik dalam tubuh Huo. Para petinggi Chin Woo dan Dokter pemeriksa menduga bahwa racun tersebut terkait dengan hasil pertarungan terakhir dengan Japanesse Judo Association ("JJA") yang berakibat banyaknya anggota JJA yang menderita kekalahan atau luka fatal di matras pertarungan.

7)Keluarga Chen, Chen Fa Ke salah satu penerus Tai Chi aliran Chen yang sangat terkenal pada masa hidupnya karena tidak ada satupun lawan yang dapat mengalahkannya. Banyak Ahli Bela Diri baik aliran keras maupun lembut serta berbagai aliran Bela Diri lain yang mengakui bahwa Chen Fa Ke adalah Pesilat Tak Terkalahkan pada jamannya.

8)Keluarga Yang, Yang Lu Chan (Yang Fu Kui). Beliau adalah Pendiri Tai Chi aliran Yang. Pada masa hidupnya, Beliau juga terkenal sebagai Pendekar dengan julukan "Yang Wu Di = Yang Tak Terkalahkan". Keturunan Beliau dan penerusnya yang sangat terkenal antara lain : Yang Chien Hou, Yang Shao Hao, Yang Cheng Fu & Chen Man Ching. Ilmu Tai Chi Yang Lu Chan sendiri terkenal dengan sejumlah julukan, yakni Mien Quan (Cotton Fist)dan Hua Quan (Neutralising Fist).

9) Kuo Yun Shen (Guo Yun Shen/Yu Sheng) terkenal dengan ilmu silatnya dan Nei Kung yang sangat tinggi. Beliau adalah ahli Kungfu Hsing - I (Xing Yi). Kuo Yun Shen dijuluki "Ban Bu Peng Kuo" karena terkenal dengan penguasaan ilmu Peng Quan ("Crushing Fist") yang sempurna, salah satu ilmu dari 5 Elemen Hsing I). Konon Ilmu Tapak Kapasnya mampu merontokkan tubuh lawan cukup hanya dengan menyentuhnya. Kuo Yun Shen pernah menepuk 10 batubata dengan lembut dan semuanya hancur terburai. Beliau sendiri adalah murid terbaik dari Master Li Luoneng dan tidak pernah terkalahkan oleh siapapun pada jamannya. Hanya satu orang yang dapat mengimbangi Master Kuo Yun Shen, yakni Tung Hai Chuan dalam pertarungan sengit selama 3 hari 3 malam yang berakhir seri dan akhirnya mereka menjadi sahabat baik yang saling bertukar ilmu Kungfu.

10)Sun Lutang (Sun Fu Quan). Beliau adalah Pencipta Tai Chi aliran Sun dan terkenal sebagai Ahli Hsing I dan Bagua. Beliau merupakan murid dari berbagai Ahli Kungfu seperti Bhiksu Wu, Kuo Yun Shen, Li Kui Yuan, Cheng Ting Hua (Ahli Baguazhang), Hao Wei Chen (Ahli Wu Yu Xiang Tai Chi) dan lain-lain. Julukan Beliau adalah : "Pendekar Kepala Harimau" dan "Lebih Pintar daripada Monyet Aktif".

11) Tung Hai Chuan (Dong Haichuan)adalah pencipta ilmu Baguazhang (Zhuanzhang)dan terkenal tidak terkalahkan pada jamannya. Salah satu pertarungan terkenalnya adalah pertarungan 3 hari 3 malam dengan Master Kuo Yun Shen yang berakhir seri. Selain ahli Baguazhang, Beliau juga ahli dalam ilmu Bafanshan, Hongquan, Xingmengquan, Jinggangquan, Erlangquan dan Lohanquan.

12) Yip Man (Ip Man) merupakan salah satu ahli Kungfu Wing Chun ternama dan terkenal sebagai Pesilat yang tak terkalahkan namun sangat "low profile". Beliau merupakan murid langsung dari Chan Wah Sun, Ng Chung Sok & Leung Bik (anak dari Leung Jan). Selama di Foshan, Tiongkok, Beliau mempunyai beberapa murid yang terkenal antara lain : Lok Yiu, Chow Kwong Yue,Kwok Fu, Lun Kai,Chan Chi Sun dan Lui Ying. Pada saat di Hongkong, sejumlah murid Beliau yang terkenal adalah Leung Sheung, Lok Yiu, Chu Song Tin, Wong Shun Leung, Lo Man Kam dan Li Siau Lung (Bruce Lee).

13) Bruce Lee (Lee Jun Fan/Lee Siau Lung). Praktisi Wing Chun dan Pendiri Jeet Kune Do (Intercepting Fist). Beliau adalah aktor sekaligus seniman bela diri yang berangkat dari hobi perkelahian jalanan bahkan dengan anggota2 geng mafia. Pada masa hidupnya, Beliau terkenal dengan sejumlah pertarungan nyata dengan berbagai praktisi bela diri baik pada masa syuting film maupun hari-hari yang telah ditentukan. Berikut adalah daftar sejumlah pertarungan Bruce Lee yang tercatat : a) Pada tahun 1958, Bruce Lee mengalahkan Juara Boxer Inggris 3x, Gary Elms di ronde ketiga dengan KO dalam kejuaran Hongkong Inter School Amateur Boxing Championship b) Sebelum berhadapan dengan Gary Elms, Bruce Lee mengalahkan Shen Yuen, Lieh Lo dan Yang Huang semuanya di ronde pertama dengan KO c) Bruce Lee mengalahkan Pu Chung, Ahli Kungfu Choy Li Fut dengan KO di ronde pertama dalam pertarungan Full Contact Body. Sponsor pertarungan tersebut adalah Wong Sheung Leung d) Selama tahun 1959-1960, Bruce Lee terlibat banyak pertarungan di jalanan dan rata-rata korbannya KO atau cacat, sehingga pihak Kepolisian menjadi sibuk akibat hobi Beliau e) Pada tahun 1962, Bruce Lee mengalahkan Uechi juara Karate Sabuk Hitam dengan KO 11 detik di Seattle. Taki Kimura justru menghitung KO tersebut dalam waktu 10 detik! f) Pada saat syting film The Big Boss di Thailand, Bruce menjawab tantangan dari para Muai Thay dengan meng-KO wakil mereka hanya dalam hitungan detik g) Pada saat syuting film Enter The Dragon, Bruce juga menjawab tantangan seorang Karateka Ban Hitam dengan meng-KOnya dalam hitungan detik h) Dalam beberapa kesempatan, Bruce menjawab tantangan dari berbagai ahli bela diri baik dengan menggunakan tangan kosong maupun senjata, namun semua lawannya rata-rata mengalami nasib KO atau tidak dapat melanjutkan pertarungan. Pada umumnya pertarungan tersebut disaksikan banyak orang atau ahli-ahli bela diri lainnya i) Pertarungan yang terlama dan cukup menguras energi Bruce Lee adalah pada saat Beliau berhadapan dengan Wong Jack Man, ahli Xing Yi, Kungfu Shaolin Selatan dan Tai Chi. Konon Wong Jack Man adalah petarung Kungfu dari Chin Woo School. Pertarungan selesai dalam waktu 20-25 menit dengan kemenangan Bruce Lee. Di lain kesempatan, Wong Jack Man mengajukan tantangan kembali namun Bruce Lee tidak pernah menanggapi. Belajar dari pertarungan tersebut, Bruce mengintegrasikan seluruh kemampuan dan ilmu bela dirinya dan akhirnya menciptakan aliran bela diri baru, yakni : Jeet Kune Do.

Seiring dengan kemajuan dan makin terbukanya negara Tiongkok, berbagai jenis aliran ilmu bela diri Kung fu digabung dan distandarkan menjadi suatu bentuk olahraga yang dapat dipertandingkan secara internasional, yakni Wushu atau "Seni Perang".

rungga
05-08-2010, 09:10 AM
Disini saya akan memberikan beberapa informasi tempat latihan Wushu & Kung Fu di Indonesia. Jika ada yang mempunyai info baru, bisa PM saya biar saya masukkan disini untuk tempat latihan Wushu & Kung Fu.


1. Wushu Gerak Naga Gunadarma & Universitas Indonesia.

Kamis
Tempat = Kampus E Gunadarma Kelapa Dua
Waktu = 16.00 - 18.00 Wib

Minggu
Tempat = Belakang Balairung Univ. Indonesia
Waktu = 07.30 - 09.30 Wib

Info Lebih Lanjut : www.wushugeraknaga.blogspot.com

2. Wushu Bina Nusantara
Universitas Bina Nusantara - Hall Kampus Syahdan
Waktu Latihan : Minggu (13:00-17:00) & kamis ( 18:00-21:00)
ada Sanshou,Tao Lu,Tai Chi & Barongsai
pelatih : Om King Ming

3. Wushu Untar
Lat Senin & Kamis ( 18:00-20:00)
pelatih : Sanny

4.





1. Kungfu Shaolinshe Naga Putih

Tempat Latihan :
Aula SD/SMP Yasporbi Pancoran Jln. Deposito I Kompleks Bank Indonesia Pancoran, Jakarta Selatan (belakang Gedung Bidakara/dekat perempatan Pancoran)

Waktu Latihan
Sabtu, pukul 16.00-19.30

Info lebih lanjut, silakan hubungi:

- Dwi: 0818-0820-4388
- Mas Dana: 0859-2120-2446 atau 021-9259-4710
- Email: bailong_wingchun@rocketmail.com

2. kungfu shantung
di malang
Tempat : museum brawijaya, di aula serbaguna
Waktu : selasa, jumat dan sabtu jam 18.30-21.00

3.

rungga
05-08-2010, 09:12 AM
Mau sedikit review tentang didirikannya Wushu Di Indonesia :



SEJARAH BERDIRINYA WUSHU INDONESIA
Wushu atau yang seringkali juga disebut Kungfu adalah Seni Beladiri yang berasal dari Tiongkok kuno. Tersebar keseluruh penjuru dunia melalui orang Tionghoa / Hua Ren yang pergi merantau.
Sejarah munculnya seni beladiri ini sudah tidak bisa ditelusuri lagi, konon usianya sudah ribuan tahun. Mungkin sama tuanya dengan sejarah Tiongkok yang dihiasi dengan banyak pertempuran. Dimana saat itu seni untuk bertempur dan mempertahankan diri sudah dikenal dalam bentuk yang masih sederhana.
Arti dari kata Wu adalah ilmu perang sedangkan arti kata Shu adalah seni. Sehingga Wushu dapat juga diartikan seni untuk berperang. Dimana didalamnya mengandung aspek seni, olahraga, kesehatan, beladiri dan mental.
Mempelajari Wushu sebenarnya tidak hanya terbatas pada hal-hal yang berhubungan dengan gerakan fisik belaka. Melainkan juga melibatkan pikiran, olah pernapasan, pemahaman anatomi tubuh, aliran darah dan jalur energi tubuh. Juga mempelajari penggunaan ramuan untuk memperkuat tubuh ataupun untuk pengobatan.
Disisi lain Wushu juga membentuk kepribadian, melatih kedisiplinan, ketahanan mental, kecerdikan, kewaspadaan, persaudaraan, jiwa satria dan lain sebagainya. Maka Wushu juga berfungsi sebagai ‘way of life’. Bahkan lebih jauh lagi bisa menjurus kearah pengembangan spiritual.
Di Indonesia sebenarnya Wushu sudah lama dikenal dengan istilah Kungfu. Tetapi barulah pada tanggal 10 November 1992 KONI pusat meresmikan berdirinya PB Wushu Indonesia yang merupakan wadah bagi seluruh Perguruan Kungfu di Indonesia.
Bahkan sesungguhnya beberapa istilah wushu justru telah di-Indonesia-kan karena sesungguhnya olahraga ini sudah dikenal sejak era penjajahan Belanda, sementara olahraga lain tidak. Misalnya, atlet karate disebut karateka (bahasa jepang), atlet kempo disebut kenshi (bahasa jepang) sedangkan atlet wushu disebut wushuwan-wushuwati (bahasa indonesia), meskipun istilah di negara lain adalah wushuyuan.Salah satu hal yang menarik untuk diketahui ialah kaitan wushu dengan nama-nama yang cukup dikenal yaitu Shaolin pay, Butong pay, Kunlun pay dan sebagainya.
Nama-nama tersebut memang dikenal di negeri Cina sebagai perguruan kungfu yang hebat di masa lalu. Nama-nama tersebut lebih mendunia lagi dikarenakan cerita-cerita silat dan film-film silat yang sebagian besar merupakan fiksi berlatarbelakang sejarah. Nama-nama tersebut memang lembaga keagamaan, yang mengajarkan wushu sebagai alat kesehatan dan beladiri bagi kelompok mereka, tetapi wushu tetaplah teknik beladiri yang kebetulan banyak dipengaruhi ciri-ciri kelompok mereka.
Teknik tersebut bisa pula dipelajari orang-orang di luar kelompok mereka. Fakta sejarah menunjukkan bahwa wushu Shaolin juga dipelajari rakyat sipil. Bahkan perguruan wushu Shaolin yang dulu dikenal sebagai Shaolin pay, kini telah menjadi institut wushu dengan nama Shaolin Wushu Institut di Henan (Shaolin sendiri sebenarnya adalah nama kuil) yang isinya adalah para akademisi dari dalam maupun luar Cina.
Wushu gaya shaolin sekarang banyak menjiwai materi wushu internasional seperti chang quan, nan quan, dan sebagainya. Sedangkan wushu gaya Butong dikembangkan masyarakat menjadi salah satu nomor wushu terpopuler di dunia dengan nama taijiquan (tai chi). Jadi wushu sebenarnya adalah ilmu pengetahuan yang telah dikembangkan cukup lama, dan bukan ritual dari agama-agama tertentu seperti Budha dan Tao.
Fakta sejarah yang memperkuat lainnya adalah gerakan Ming, yang terdiri dari para ahli wushu, tapi mereka bukan lembaga agama melainkan kumpulan cendikiawan dan ahli iptek. Fakta lain adalah kemunculan gerakan Taiping di akhir Dinasti Qing (Manchu) yang dipimpin Hung Xiu Quan. Kelompok pesilat Taiping ini adalah gerakan kaum pesilat Nasrani/Kristen, dengan peraturan dasar kelompok tersebut adalah Injil. Jadi jelas bahwa mempolemikkan wushu dengan cara mengidentikannya dengan agama tertentu, atau okultisme dan bertentangan dengan ajaran agama-agama tertentu, merupakan pemikiran yang sangat tidak tepat dan tidak bijaksana.
Fakta-fakta ini tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia generasi setelah tahun 60-an, bahkan banyak yang lebih percaya cerita film dan dongeng mulut ke mulut, daripada membaca sumber sejarah yang ilmiah yang telah ditulis dalam berbagai bahasa dan beredar di dunia internasional. Keadaan ini kemudian yang menyebabkan timbulnya salah pemahaman sebagaimana dirinci di atas. Bahkan sampai saat ini, harus diakui masih ada yang mengikuti pemikiran-pemikiran yang kurang tepat tersebut, termasuk mereka yang terlibat dalam pengembangan olahraga wushu di Indonesia saat ini.
Tai Chi salah satu jurus wushu
Tai Chi Chuan / Tai Chi Quan berbeda dengan jenis Wu Shu yang berkembang sebelumnya dimana pada umumnya mengutamakan kecepatan dan kelincahan serta kedasyatan pukulan dan tendangan. Gerakannya halus dan lembut tetapi ‘bertenaga’. Kadang disertai dengan ‘ledakan’ yang disebut ‘Fa Jing’ yang merupakan ciri khas Wu Shu Internal.
Menurut legenda pencipta Tai Chi Quan adalah tokoh Tao yang hidup sekitar abad 13 yaitu Zhang San Feng / Can San Fung / Thio Sam Hong (Hokian) yang juga merupakan pendiri Wu Tang Bai / Bu Tong Pay (Hokian).
Sejarah yang lebih pasti dimulai dari Chen Wang Ting, seorang Jendral yang hidup pada masa akhir dinasti Ming dan awal dinasti Qing (1644). Setelah keruntuhan dinasti Ming Beliau kembali ke Desa marga Chen dan mengajarkan Thai Chi Quan kepada keturunannya.
Awalnya Tai Chi Keluarga Chen tidak diajarkan kepada lain marga. Hingga keturunan generasi ke 15 dari Chen Wang Ting yang bernama Chen Chang Xing mempunyai seorang pelayan bernama Yang Lu Chan yang secara diam-diam ‘mencuri’ ilmu. Setelah ketahuan Chen Chang Xing menyuruh Yang Lu Chan mendemonstrasikan apa yang telah dia pelajari. Ternyata Yang Lu Chan sangat berbakat sehingga kemudian diangkat murid dan disempurnakan jurusnya.
Yang Lu Chan menjadi terkenal bahkan juga diminta untuk mengajarkan Tai Chi Quan kepada keluarga kerajaan. Perubahan mulai terjadi pada masa Master Yang Cheng Fu yang merupakan putra Yang Chien Hou. Beliau menyederhanakan Tai Chi Quan dan menjadikannya tidak sekedar sebagai seni beladiri tetapi juga sebagai seni untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Kemudian diajarkan kepada masyarakat luas.
Pada th 1956, dengan dasar Tai Chi Quan gaya Yang mulailah diperkenalkan Tai Chi Quan dalam bentuk yang telah sederhanakan menjadi 24 jurus. Untuk melatihnya hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit. Jenis inilah yang sekarang paling populer dan banyak dipelajari.
Filosofi Tai Chi Quan antara lain:
Menundukkan Kekerasan dengan Kelembutan.
Mengikuti dan menyesuaikan dengan gerakan lawan.
Mengatasi kekuatan ratusan kilo dengan hanya beberapa ons tenaga.
wushu dan beberapa jurus yang di pertandingkan
Wushu merupakan salah satu komponen penting di dalam warisan kebudayaan Tionghua yang telah mempunyai sejarah ribuan tahun. Wushu juga merupakan olahraga yang paling popular untuk segala usia di negara dengan penduduk 1,2 milyar jiwa.
Selama ini orang lebih mengenal kata Kung Fu daripada Wushu.Hal ini kurang tepat, karena kata "Kung Fu" sendiri artinya keahlian yang dimiliki seseorang, tidak hanya sebatas ilmu beladiri saja.Berdasarkan makna katanya "Wu" berarti military or perang,"Shu" berarti art or seni.Jadi Wushu berarti Seni berperang atau seni beladiri (Martial Art).
Dahulu Wushu merupakan suatu keahlian untuk membela diri & survival di dalam menghadapi masa yang penuh dengan perang dan kekacauan politik di China. Seiring dengan kemajuan jaman, maka Wushu telah diorganisasi secara sistematis kedalam bagian dari ilmu seni pertunjukan dan menjadi suatu cabang olahraga yang mempunyai keindahan aesthetic yang bernuansa oriental, yang telah diperlombakan baik di tingkat nasional maupun internasional seperti Sea Games, Asian Games, dan Olympic Games di abad 21 ini.
Jurus Wushu yang diperlombakan dewasa ini merupakan hasil penelitian dari para pakar olahraga Wushu di negeri RRC, meneliti semua jurus dan aliran di seluruh penjuru negeri tirai bambu tersebut. untuk distandarisasi menjadi gerakan seragam yg mewakili seluruh gerakan beladiri yg ada di negeri tsb, sehingga dapat diperlombakan/dipertandingkan di tingkat internasional.
Dari hasil penelitian tersebut maka terciptalah 7 macam jurus standarisasi internasional (Wu Shu Jing Sai Tao Lu) yang diperlombakan pada kejuaraan internasional.
Ke-7 macam jurus tersebut terdiri dari :
1. Tinju Utara (Chang Quan/Long fist)
2. Tinju Selatan ( Nan Quan/Southern fist)
3. Jurus Golok (Dao Su/Broadsword Play)
4. Jurus Pedang (Jian Su/Sword Play)
5. Jurus Toya (Gun Su/Staff Play)
6. Jurus Tombak (Qiang Su/Spear Play)
7. Jurus Tai Chi (Tai Chi Quan/ Shadow Boxing)
Maka dapat disimpulkan bahwa Wushu merupakan olahraga beladiri yang paling menarik untuk dilihat sebagai pertunjukan, berguna untuk beladiri, menjaga kesehatan dan juga untuk melatih mental serta disiplin, mengingat untuk berlatih wushu diperlukan kemauan dan usaha yang keras untuk dapat mencapainya.
Wushu di Indonesia lebih dikenal dengan nama Kungthauw dan lebih populer dengan nama Kungfu-merupakan seni beladiri yang berguna baik untuk kesehatan, seni maupun pembelaan diri. Wushu yang merupakan salah satu cabang olah raga, memiliki sejarah ribuan tahun dan merupaka warisan budaya Cina yang sudah lama dipraktekkan di Indonesia. Daya tarik wushu adalah pada lengkapnya seni ini dilihat dari aspek olah raga, kesehatan, bela diri, seni, maupun pada kemampuannya membangun sifat ksatria. Kini para peminat Wushu di Indonesia terus berkembang apalagi dengan semakin intensifnya digelar berbagai kejuaraan di arena lokal, nasional, bahkan internasional.

Wushu cina muslim

Pembangunan Islam dan pengambilalihan pada taraf tertinggi wushu Cina telah ada sejarah yang lama. Banyak akarnya berasas pada Qing Dynasty persecution of Muslims. Masyarakat Hui telah bermula dan menadaptasi banyak gaya-gaya wushu seperti bajiquan, piguazhang, dan liuhequan. Ada daerah-daerah utama yang telah dikenali sebagai pusat wushu Muslim, seperti County Cang di Provinsi Hebei. Seni pertahankan diri ini adalah sangat lain dari gaya-gaya Turkic yang diamalkan di Xinjiang.

Sumber : Vicktor Wahyudy

(http://vicktor-wahyudy.blogspot.com/2007/11/sejarah-wushu-indonesia.html

rungga
05-08-2010, 09:36 AM
Berikut ini aturan yang berlaku di Thread ini :

1. Disini kita hanya membahas seputar wushu / kung fu saja.
2. Tidak boleh menjelek-jelekan aliran beladiri lain atau perguruan lain.
3. Tidak boleh membahas SARA, SEX, POLITIK, dan Out Off Topic
4. Saling menghormati antar member.
5. Jika ada yang memberikan informasi yang baik & berguna bagi kita semua, wajib para member memberikan :thx: dan ataupun :grp:
6. Tidak boleh berjualan disini.
7. Harap memperkenalkan diri dengan format dibawah ini : (Jangan hanya posting untuk memperkenalkan diri saja! :awas:)


1. Nama Asli
2. Umur
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) & Fokus Ke "Taolo / Sansao"
4. Pekerjaan
5. Tempat Tinggal
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini




Jika aturan tersebut dilanggar, maka tidak segan-segan saya langsung memberikan :merah: BRP dan jika masih melanggar juga dan bandel, saya akan laporkan ke pihak yang berwajib seperti admin atau moderator dan langsung katakan :bye: jika anda terus bandel. Karena disini kita untuk menjalin tali silaturahmi bukan untuk menjadi JAGOAN :watta::cambuk:

rungga
05-08-2010, 09:40 AM
Perkenalan diri saya :

1. Nama Asli = Rungga
2. Umur = 23 Tahun
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) = Wushu Gerak Naga
4. Pekerjaan = Karyawan Swasta
5. Tempat Tinggal = Depok
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini = 8 Tahun
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini = Pertama sangat penasaran akan beladiri wushu. Saya ingin mengikuti jejak babe saya yang dulu ikut Kuntao. Jadi saya sangat termotivasi dengan bela diri ini. Saya juga ingin menyehatkan jiwa / badan saya.

die40
08-08-2010, 03:00 PM
Wuooo... ternyata ada yg buka trit khusus wushu... kudu ikutan nimbrung nih...

ikutan perkenalan dulu deh...
1. Nama Asli = Chanz
2. Umur = 24 Tahun
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) = kungfu shaolinshe naga putih
4. Pekerjaan = masih mahasiswa
5. Tempat Tinggal = jaktim
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini = blm ada 1 Tahun
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini = dari dulu tertarik ma latihan kungfu, tp baru skarang kesampaian buat latian gara2 minim info

salam kenal ya...

rungga
09-08-2010, 08:02 AM
Wuooo... ternyata ada yg buka trit khusus wushu... kudu ikutan nimbrung nih...

ikutan perkenalan dulu deh...
1. Nama Asli = Chanz
2. Umur = 24 Tahun
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) = kungfu shaolinshe naga putih
4. Pekerjaan = masih mahasiswa
5. Tempat Tinggal = jaktim
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini = blm ada 1 Tahun
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini = dari dulu tertarik ma latihan kungfu, tp baru skarang kesampaian buat latian gara2 minim info

salam kenal ya...

waduh bro anak asuh pak dana yah ? gmn kabar pak dana dan latihan dimana skrg ?

Bantuin saya update tempat latihan wushu di indonesia dung bro.

salam kenal bro

aoi_aoi
16-08-2010, 01:17 PM
* 1. Nama gede adhitya permana
* 2. Umur 21
* 3. Nama Perguruan / Sasana : ukm wushu uiversitas udayana
* 4. Pekerjaan mahasiswa
* 5. Tempat Tinggal denpasar bali
* 6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini kurang lebih 1 thun
* 7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini saya trtarik dengaan bela diri ini karena pada dasarnya saya suka dengan olah raga namun seiring waktu timbul kecintaan kepada olah raga ini.. semoga wushu indonesia semakin maju!!! cia you!!
btw saya belajar aliran selatan boleh di share pengalaman nya ya.. :piss:

rungga
18-08-2010, 08:46 AM
* 1. Nama gede adhitya permana
* 2. Umur 21
* 3. Nama Perguruan / Sasana : ukm wushu uiversitas udayana
* 4. Pekerjaan mahasiswa
* 5. Tempat Tinggal denpasar bali
* 6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini kurang lebih 1 thun
* 7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini saya trtarik dengaan bela diri ini karena pada dasarnya saya suka dengan olah raga namun seiring waktu timbul kecintaan kepada olah raga ini.. semoga wushu indonesia semakin maju!!! cia you!!
btw saya belajar aliran selatan boleh di share pengalaman nya ya.. :piss:

selamat bergabung bro disini. agan latihan udayana yah. ini fokusnya latihannya apa aja dan agan seneng ke taolo atau sansao nya bro ?

die40
18-08-2010, 01:32 PM
waduh bro anak asuh pak dana yah ? gmn kabar pak dana dan latihan dimana skrg ?

Bantuin saya update tempat latihan wushu di indonesia dung bro.

salam kenal bro

iya nih, anak asuh mas dana. latian di gunadarma Pocin, tp blakangan lg jarang dtg coz ad kesibukan... nanti coba dibantu deh update tempat latian wushu...
untuk sementara nambahin satu dulu deh, waktu itu sempet liat ad tempat latian wushu di Carefour Kramat Jati tapi nama perguruannya ama CP nya lupa dicatet, latiannya tiap hari jumat sore jam 3-6 n minggu pagi jam 7-10. ntar deh dilengkapin lg

btw msh bingung jg nih antara penggunaan kata wushu ama kungfu... ada yg bilang wushu tuh bagian dr kungfu, tp ada jg yg bilang kungfu tuh bagian dr wushu...

rungga
18-08-2010, 03:13 PM
iya nih, anak asuh mas dana. latian di gunadarma Pocin, tp blakangan lg jarang dtg coz ad kesibukan... nanti coba dibantu deh update tempat latian wushu...
untuk sementara nambahin satu dulu deh, waktu itu sempet liat ad tempat latian wushu di Carefour Kramat Jati tapi nama perguruannya ama CP nya lupa dicatet, latiannya tiap hari jumat sore jam 3-6 n minggu pagi jam 7-10. ntar deh dilengkapin lg

btw msh bingung jg nih antara penggunaan kata wushu ama kungfu... ada yg bilang wushu tuh bagian dr kungfu, tp ada jg yg bilang kungfu tuh bagian dr wushu...

Wah ternyata latihan yang digunadarma toh. udah lama latihan sama mas dana ? klo latihan disana udah lama, pasti pernah ngeliat saya deh. Saya juga latihan di Wushu Gerak Naga Gunadarma.

Klo Wushu yang di kramat Jati namanya apa dan pelatihnya siapa ? ditunggu yah updatenya bro

rungga
18-11-2010, 08:09 AM
^
|
|

gtu aja komen bro ? mau junk atau apa nih ?

jechz
05-12-2010, 03:10 AM
ada yang tau tempat latihan wushu wilayah manado ga?
pengen banget nih

rungga
06-12-2010, 01:28 PM
^
Wah maaf kurang tau klo daerah manado. klo jakarta saya tau

aoi_aoi
18-12-2010, 04:11 PM
selamat bergabung bro disini. agan latihan udayana yah. ini fokusnya latihannya apa aja dan agan seneng ke taolo atau sansao nya bro ?

di sini fokusnya latihan taolu sama taichi aj bro..
sansaonya kurang aktif karena kendala di pelatih..
bro, latihan dmana? taolu ap taichi atw sansao..

rungga
23-12-2010, 09:15 PM
^
gw sansao bro latihannya dan lagi off dlu nih.
klo mau gabung latian sansao, dateng kekampus UI aja bro. sayang bro ada dibali sih

kyo_bondz
31-12-2010, 08:09 AM
wah menarik juga neh infonya...

pamungkasXigit
01-02-2011, 03:15 AM
da yang punya info tempat latihan kung-fu di jogja?. ane muter-muter cari ngga ketemu

17_Adi
30-05-2011, 05:03 PM
wah bagus juga ya,ada komunitas wushu...
mau ikutan dongz..

1. Nama : Dadi Wiryadi
2. Usia : 30
3. Nama Perguruan / Sasana : Tai Chi Kan Kun Setia Bhakti Tangerang
4. Pekerjaan :Karyawan Swasta
5. Tempat Tinggal : Tangerang
6. Berapa lama mengikuti Bela diri Ini : 4 Tahun
7. Alasan & Motivasi : Sebelumnya saya hanya hobby mengikuti macam2 bela diri,tetapi setelah mengenal yg namanya Tai Chi Kan Kun,sy merasa beladiri inilah yg mencerminkan diri saya...krn dalam Tai Chi Kan Kun ini menyatukan Kelembutan dan Kekerasan, maksudnya ada waktunya kita bersikap lembut dan ada waktunya kita bersikap keras....sama seperti kita mendidik seseorang..apabila orang itu bs dididik dng sikap lembut utk apa kita kerasin,tp apabila seseorang tdk bs dilembutkan,kita harus mendidiknya dgn keras...

Tai Chi Kan Kun ini berbeda dgn Tai Chi yg kita kenal sekarang,krn Tai Chi ini gabungan Tai Chi dgn Pukulan beladiri Persia..

Salam Kenal Utk semua...

rungga
31-05-2011, 11:06 AM
Salam kenal juga kaka Adi. Masih sepi disini yang minat wushu / kungfu nih.
kaka belajar taichi yah ? klo saya jaman2 dlu sih sansao fokusnya dan sekarang lagi pensiun.
udah hampir 2 tahun lebih ga latihan lagi karena sibuk kerja dan kuliah, padahal rindu jeb street, hook uppercut, dan tendangan2 sama lawan sparing. heheee

narsa
02-06-2011, 10:51 AM
wahh bagus ni trit na...ada yang tau gk di pekanbaru belajarnnya dimana???

awentan
03-06-2011, 08:44 PM
wah aq jd ngerti artinya wushu nich,,,,,,
thanks brooo,,,

rungga
13-06-2011, 09:40 AM
wah klo dipekanbaru belum tau saya bro.

ZuaX
13-06-2011, 10:32 AM
1. Nama Afim
2. Umur 29
3. Nama Perguruan / Sasana : Kungfu Pro Patria, Madiun
4. Pekerjaan Wiraswasta
5. Tempat Tinggal Ponorogo
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini 3 Th, (th 1997 - 2000), setelah itu off hingga sekarang.
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini terinspirasi Bruce Lee dan pengen belajar Jurus Jari Buddha :) ... For health and Deffence, juga kagum ma art nya.

17_Adi
13-06-2011, 12:03 PM
haloo afim selamat bergabung juga...
jadi kita bs share disini ya mengenai kung fu...

Knapa sdh berhenti latihannya???kan bagus jg tuh buat kesehatan...ya apalg buat jaga diri...
Terusin dongzzz latihannya.

aku jg sama diwaktu latihan masuk 2 tahun ada kejenuhan,tp akhirnya aku mantapkan pikiran utk latihan...ya paling tdk seminggu 2x aku harus latihan....
malahan sekarang kalau tdk ada latihan kynya badan ini pada sakit dan kesehatan menurun..bahkan sampai ada pikiran kerinduan dan rasa bersalah kalau tdk latihan....hehehe ky orang br pacaran ya...

utk semua...ayo kita mulai latihan lagi...

ZuaX
13-06-2011, 03:36 PM
Sebenarnya aku brenti krna wktu itu dah mulai aktif kul nya, trus tempat kul ma training jauh....
tapi @ kost dikit-dikit tetep gerak kok hingga sekarang,... ditambah kebetulan ikut olah raga penafasan,.... gabungin tuh nafas ma gerak kungfu,... ehem ... n.manstap.... ya cuman awal-awal rada susah ngatur pola nafasnya,.... setelah 2 th kemudian dah bisa nata nafasnya & gak benturan.

rungga
14-06-2011, 08:14 AM
Wah jadi rame nih. asik2.

Saya juga udah off nih gara2 sibuk kerja. Padahal rindu banget pengen latihan lg. gara2 ga latihan, berat badan jadi naik sampe 10kg, wkwkwkw.

wah bener kata bro Zuax, emg harus pinter2 ngatur pola nafas, krn dengan pernapasan tsb kita bisa ngeluarin tenaga yg maksimal loh tanpa kecapean.

ZuaX
14-06-2011, 11:02 AM
Iya bro Rungga,.... susah atur napasnya..... soalnya basic nafas yang dipakek kan diafragma ma dada ........ latian 2 th aja dah bikin perut 'kotak-kotak', trus kalo olahraga pernafasan TD kan nafasnya dibawah & sekitar pusar ato dibawah diafragma..... begitu latih ..... set dah rusak nafasnya.....
kwekkekeke :D

perlu beberapa waktu untuk biasain nafas buat 'pindah' dari diafragm ke bawah pusar ato sebaliknya dengan cepat.
tapi hasilnya puassss .... nafas gak ngos-ngosan, tenaga lebih sip and ada tambah efeck damage dari TD nya.......

rungga
16-06-2011, 11:19 AM
^
banyak2 latihan chikung / pernapasan aja bro. Pake gaya ular. wkwkwkw sok tau. Tapi pengalaman gue sih klo maen samsak dulu, supaya tendangan atau pukulan kuat, pake pernapasan dan fokusin aliran tenaga untuk kaki atau tangan anda.

Klo tendangan kita mau kenceng, banyak2in maen samsak yg tebel tapi klo pemula sih pake yg ga tebel aja supaya ga memar2. Trus maenin pinggang supaya ada dorongan yg kenceng saat nendang dan intinya sih rileks aja jgn dipaksain dan saat buat tendangan sambil buang napas dan klo udah lepas, lsg ambil napas lg.

Klo pukulan juga kaya gtu, pake bahu dimaenin deh.

ZuaX
22-06-2011, 03:21 PM
Yup bro,... makasih sarannya...
latianku cara klasih nih,... sambil kuda-kuda, trus latih pukulnya sambil genggam :bata:
kiri kanan.

Sama sekali lum latih pakek weapon nih,.... masih latih murni tangan kosong.

17_Adi
25-06-2011, 10:01 AM
yo'i betul rungga,utk pukulan kita hrs gunakan bahu agar energi yg terbuang tdk percuma begitu jg dgn tendangan..tapi ada juga utk pukulan digabungin antara gerakan bahu dengan pinggang seperti kita memukul palu kesamping...

utk latihan pernafasan bagus bngt tuh zuax,dan itu sangat membantu menjaga kesehatan bahkan scara ga lsng kita melatih tenaga dalam jg..

ayoooo lanjutkan latihannya...:semangat::semangat::semangat:

iwillbegood
01-07-2011, 11:17 AM
gw umur 23 tahun nih.
kira2 untuk menjadi pemula olahraga sejenis wushu n kungfu ini udah telat gak ya?
gw seumur2 gak pernah gabung sama ilmu beladiri apapun. (pecinta paham ahimsa. :) )

ZuaX
04-07-2011, 09:17 AM
gw umur 23 tahun nih.
kira2 untuk menjadi pemula olahraga sejenis wushu n kungfu ini udah telat gak ya?
gw seumur2 gak pernah gabung sama ilmu beladiri apapun. (pecinta paham ahimsa. :) )

Gak ada kata terlambat gan,....
latihan aja,.....
kalaupun gak kepakek di kita kan ntar bisa kita ajarin ke anak-anak kita??

rungga
14-07-2011, 08:53 AM
Yup bro,... makasih sarannya...
latianku cara klasih nih,... sambil kuda-kuda, trus latih pukulnya sambil genggam :bata:
kiri kanan.

Sama sekali lum latih pakek weapon nih,.... masih latih murni tangan kosong.

Wah bagus tuh pake pemberat dan jangan lupa pergelangan tangan di pakein pembalut tangan kaya petinju biar pergelangan tangan ga terkilir dan kuat.
Klo mau murni, coba maen samsak dlu deh dan matengin tangan kosong dan coba ambil gaya combat. Misal bagaimana melawan musuh yg megang pisau, pistol, golok, dll. Klo dilatih trus ntr terbiasa deh


yo'i betul rungga,utk pukulan kita hrs gunakan bahu agar energi yg terbuang tdk percuma begitu jg dgn tendangan..tapi ada juga utk pukulan digabungin antara gerakan bahu dengan pinggang seperti kita memukul palu kesamping...

utk latihan pernafasan bagus bngt tuh zuax,dan itu sangat membantu menjaga kesehatan bahkan scara ga lsng kita melatih tenaga dalam jg..

ayoooo lanjutkan latihannya...:semangat::semangat::semangat:

Hehehe bener bgt gan.


gw umur 23 tahun nih.
kira2 untuk menjadi pemula olahraga sejenis wushu n kungfu ini udah telat gak ya?
gw seumur2 gak pernah gabung sama ilmu beladiri apapun. (pecinta paham ahimsa. :) )

ga ada kata terlambat untuk belajar mas bro

ZuaX
21-07-2011, 09:12 AM
Bro Rungga, kok sepi nih trit yah???
:semangat:

Apa emang yang ikutan Wushu ma Kung Fu di :idws: cuman dikit, ato emang pada sembunyi nih??? :bingung:
atau mungkin juga punya or ikutan art defence yang laen.

rungga
21-07-2011, 09:17 AM
Bro Rungga, kok sepi nih trit yah???
:semangat:

Apa emang yang ikutan Wushu ma Kung Fu di :idws: cuman dikit, ato emang pada sembunyi nih??? :bingung:
atau mungkin juga punya or ikutan art defence yang laen.
Klo di forum tetangga juga sepi peminatnya nih.
Lebih enak kita buat ruangan untuk semua bela diri nih biar ramean dikit. Bijimane ?

ZuaX
21-07-2011, 09:46 AM
Ehm.... boleh seh....

cuman yang aku ngerti,.. ada beberapa (gak banyak) seni beladiri yang :hot: 1 dengan yang laen... padahal 1 sumber n namanya juga ada kesamaannya.
entar jadi dilematis gak???? :rokok:

trus kalo bahas seni bela diri, di Indo juga ada seni pernafasan TD,...... ntar juga pasti banyak yang ikutan.

rungga
18-08-2011, 09:25 AM
Ehm.... boleh seh....

cuman yang aku ngerti,.. ada beberapa (gak banyak) seni beladiri yang :hot: 1 dengan yang laen... padahal 1 sumber n namanya juga ada kesamaannya.
entar jadi dilematis gak???? :rokok:

trus kalo bahas seni bela diri, di Indo juga ada seni pernafasan TD,...... ntar juga pasti banyak yang ikutan.

Yah klo mau bikin untuk kumpulnya semua bela diri. klo udah byk peminatnya, kn bs tuh dibikin per bela dirinya, hehehe bis sepi bgt sih. mungkin yg rame peminatnya a/ game online deh.

jackyap12
27-11-2011, 07:59 AM
perbedaan kungfu ama wushu t apa bro?

butuh pencerahan.

jindarai
29-11-2011, 08:15 PM
bos, nanya donk..
dulu saya pernah latihan kungfu jg di padang...tp karna alasan tertentu jd vakum...sekarang mau latihan lg,ps cek TKP ternyata ga ada lg...katanya udah pindah...klo agan tau tolong yah gan...tempat latihan daerah padang...sekian terima kasih :)

vath
03-12-2011, 05:32 PM
NUmpang nongkrong.. ikut belajar

andikadesu
13-12-2011, 10:10 AM
:hot::cihuy::cihuy::cihuy::cihuy:

rungga
15-12-2011, 10:59 PM
Wah sepi sekali yah hobi dengan olahraga Wushu nih di IDWS

zangetsu_moon
27-12-2011, 08:03 AM
1. Nama Asli = aan
2. Umur = 25 Tahun
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) = shioliem shie kung fu
4. Pekerjaan = mahasiswa
5. Tempat Tinggal = tasik
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini = 7 Tahun
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini = karena beladiri ini untuk ....pertarungan...bukan prestasi...2.pengen banyak wawasan....

rungga
30-12-2011, 08:26 AM
^
Terima kasih udah mau gabung

kucing_mandul
04-01-2012, 08:34 AM
nanya dong bro

latihan wushu daerah jakarta dimana yah selain binus? daerah senayan ada gak ya? soalnya waktu abis latihan parkour, sempet ngeliat ada anak2 latihan wushu disana.

rungga
06-01-2012, 07:56 AM
nanya dong bro

latihan wushu daerah jakarta dimana yah selain binus? daerah senayan ada gak ya? soalnya waktu abis latihan parkour, sempet ngeliat ada anak2 latihan wushu disana.

Disenayan ada mas bro, namanya "inti bayangan". itu yang punya perguruan "Ka Ipay". Ga usah diragukan lagi kemampuan pelatih2 disana. Ajiiiib deh klo latihan disana. Sherina kn juga disana latihannya dan atlit2 lain juga loh.

Salam dari Wushu Gerak Naga

d3p0k
04-04-2012, 09:59 PM
Agan Rungga, nubie mo ikutan absen ya....

Perkenalan diri saya :

1. Nama Asli = M.Fahrudin
2. Umur = 32 Tahun
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) = Wushu Lima Benua Malang Specialist Sansou
4. Pekerjaan = Karyawan Swasta
5. Tempat Tinggal Sekarang = Depok
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini = 8 Tahun
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini = Tertarik saat lihat film-film Bruce Lee, Jacky Chan, Jet Lee
8. Pernah ikut Kejorda Jatim 2 kali dan hanya dapat juara 3 itupun karena tanding sama Marinir :cry4:

Sekilas Tentang Wushu Lima Benua Malang selain Wushu juga ada Barongsai dan Lion, nubie salah satu pendiri Barongsai dan Lion nya.
Dulu pertama belajar Barongsai dan Lion tahun 2000 langsung di ajarin Suhu di Klenteng Eng an Kiong Malang selama 2 tahun.

johncaponex
06-04-2012, 04:59 PM
biaya kira2 brapa sih gan klo daftar2 gitu???...

rungga
08-04-2012, 05:40 AM
Agan Rungga, nubie mo ikutan absen ya....

Perkenalan diri saya :

1. Nama Asli = M.Fahrudin
2. Umur = 32 Tahun
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) = Wushu Lima Benua Malang Specialist Sansou
4. Pekerjaan = Karyawan Swasta
5. Tempat Tinggal Sekarang = Depok
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini = 8 Tahun
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini = Tertarik saat lihat film-film Bruce Lee, Jacky Chan, Jet Lee
8. Pernah ikut Kejorda Jatim 2 kali dan hanya dapat juara 3 itupun karena tanding sama Marinir :cry4:

Sekilas Tentang Wushu Lima Benua Malang selain Wushu juga ada Barongsai dan Lion, nubie salah satu pendiri Barongsai dan Lion nya.
Dulu pertama belajar Barongsai dan Lion tahun 2000 langsung di ajarin Suhu di Klenteng Eng an Kiong Malang selama 2 tahun.

Wow 8 Tahun nih pengalamannya. Saya dari Wushu Gerak Naga dan sama2 suka sansao nih kita. Hebat agan pernah dapat juara 3 nih. Klo lawan marinir mah kacau coz dia kn tiap hari makanannya lari, latihan fisik, dll. Jadi inget temen saya saat melawan marinir, waktu itu tangan temen saya patah akibat nahan tendangan si marinir tsb euy.

Salam kenal mas


biaya kira2 brapa sih gan klo daftar2 gitu???...
Mas bro mau latihan dimana dulu nih ? Klo di sekolahan atau kampus, iurannya relatif murah bro.

d3p0k
08-04-2012, 09:30 PM
Wow 8 Tahun nih pengalamannya. Saya dari Wushu Gerak Naga dan sama2 suka sansao nih kita. Hebat agan pernah dapat juara 3 nih. Klo lawan marinir mah kacau coz dia kn tiap hari makanannya lari, latihan fisik, dll. Jadi inget temen saya saat melawan marinir, waktu itu tangan temen saya patah akibat nahan tendangan si marinir tsb euy.


Kalau dulu saat lawan marinir kaki saya pincang hampir satu bulan, tapi saya seneng juga saat itu bisa bikin hidungnya patah :oghehe: serta bibirnya pecah :oghehe:

luciferion
27-05-2012, 03:58 AM
Kang Rungga, Ijin Absen
Perkenalan dari ane
1. Nama Asli = Boby Kurniawan
2. Umur = 22 Tahun
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) = Belum ada. *pengen belajar justru*
4. Pekerjaan = Karyawan Swasta
5. Tempat Tinggal Sekarang = Depok,cilodong
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini = belum pernah (-_-!)
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini = Buat jaga diri n latih badan. dah g pernah gerak


bisa kasi info cp n dojo latian daerah deket2 tempat ane yg kira2 latiannya sabtu sore n minggu pagi..
mohon bantuannya kang

rungga
27-05-2012, 09:29 AM
Kalau dulu saat lawan marinir kaki saya pincang hampir satu bulan, tapi saya seneng juga saat itu bisa bikin hidungnya patah :oghehe: serta bibirnya pecah :oghehe:

Heheee ajiiib juga bisa buat sampe bibirnya pecah


Kang Rungga, Ijin Absen
Perkenalan dari ane
1. Nama Asli = Boby Kurniawan
2. Umur = 22 Tahun
3. Nama Perguruan / Sasana (Jika Ada) = Belum ada. *pengen belajar justru*
4. Pekerjaan = Karyawan Swasta
5. Tempat Tinggal Sekarang = Depok,cilodong
6. Berapa Lama Mengikuti Bela Diri Ini = belum pernah (-_-!)
7. Alasan & Motivasi Mengikuti Bela Diri Ini = Buat jaga diri n latih badan. dah g pernah gerak


bisa kasi info cp n dojo latian daerah deket2 tempat ane yg kira2 latiannya sabtu sore n minggu pagi..
mohon bantuannya kang

Klo di kampus UI ada bro setiap minggu pagi. Coba ente ke balairung deh dan ntr disana ada yg latian. Bilang aja tau dari ane bro

luciferion
27-05-2012, 11:57 PM
Heheee ajiiib juga bisa buat sampe bibirnya pecah



Klo di kampus UI ada bro setiap minggu pagi. Coba ente ke balairung deh dan ntr disana ada yg latian. Bilang aja tau dari ane bro

asiikkk.. siapp deh.. pada welcome kan kang? mulai minggu depan dicoba.. paginya sekitar jam brp ni kang?

rungga
23-08-2012, 09:28 PM
asiikkk.. siapp deh.. pada welcome kan kang? mulai minggu depan dicoba.. paginya sekitar jam brp ni kang?

Bro jadi latian yang di UI ga ?

kremlin13
12-09-2012, 03:32 PM
Kalo taichi itu masuk kungfu kah?

rungga
12-09-2012, 10:35 PM
Kalo taichi itu masuk kungfu kah?

Masuk kok mas bro. Tinggal di depok yah ? di UI klo ga salah ada taichi deh

kremlin13
14-09-2012, 06:16 PM
Masuk kok mas bro. Tinggal di depok yah ? di UI klo ga salah ada taichi deh
Yang di UI Jam berapa bro?
Dulu ane pernah cek malem hari di depok maharaja, DTC nemu dari blog udah ga ada.
Ada referensi tempat TaiChi ga, di depok sekitarnya?

rungga
15-09-2012, 12:00 PM
Yang di UI Jam berapa bro?
Dulu ane pernah cek malem hari di depok maharaja, DTC nemu dari blog udah ga ada.
Ada referensi tempat TaiChi ga, di depok sekitarnya?

klo dlu taichi sih ada di deket mau masuk balairung dan dlu latihannya pagi2 hari minggu. Ikut wushu aja gan

kremlin13
15-09-2012, 06:01 PM
klo dlu taichi sih ada di deket mau masuk balairung dan dlu latihannya pagi2 hari minggu. Ikut wushu aja gan

Ane manusia berbadan besar, bro.
Kalo wushu kayanya terlalu high impact.
Hehehehe....

rungga
16-09-2012, 05:39 AM
Ane manusia berbadan besar, bro.
Kalo wushu kayanya terlalu high impact.
Hehehehe....

Gpp bro mau kecil atau besar, yang penting niat untuk olahraganya besar.
Klo mau ikut dateng aja yah gan

niwid
11-10-2012, 11:09 PM
bro rungga, ane masih bingung nih bedanya kungfu sama wushu. kalo buat cewek mending yang mana ya bro?

baru tau nih ternyata di UI ada latihan wushu. kalo mau gabung latihan wushu di UI ngomongnya gimana bro? datengnya pake kostum kayak gimana biar enak latihannya?

rungga
27-12-2012, 08:05 AM
bro rungga, ane masih bingung nih bedanya kungfu sama wushu. kalo buat cewek mending yang mana ya bro?

baru tau nih ternyata di UI ada latihan wushu. kalo mau gabung latihan wushu di UI ngomongnya gimana bro? datengnya pake kostum kayak gimana biar enak latihannya?

Cek di FACEBOOK aja gan WGN UI. Klo cwe ikut wushu juga bagus kok dan nanti fokusnya ke Taolo bukan sansao atau fight nya

ariabramantya
20-01-2013, 08:03 PM
bro, ane mau nanya nih, kalau di bandung ada tempat latihan baji quan?
dari dulu pengen banget latihan baji quan, tapi ane ga nemu tempatnya.

damn22
26-01-2013, 01:27 PM
siapa yang the best wushu skrang ?

fav gue masi jet li man

hehhee

hen2x
11-03-2013, 09:05 PM
Disini saya akan memberikan beberapa informasi tempat latihan Wushu & Kung Fu di Indonesia. Jika ada yang mempunyai info baru, bisa PM saya biar saya masukkan disini untuk tempat latihan Wushu & Kung Fu.


1. Wushu Gerak Naga Gunadarma & Universitas Indonesia.

Kamis
Tempat = Kampus E Gunadarma Kelapa Dua
Waktu = 16.00 - 18.00 Wib

Minggu
Tempat = Belakang Balairung Univ. Indonesia
Waktu = 07.30 - 09.30 Wib

Info Lebih Lanjut : www.wushugeraknaga.blogspot.com

2. Wushu Bina Nusantara
Universitas Bina Nusantara - Hall Kampus Syahdan
Waktu Latihan : Minggu (13:00-17:00) & kamis ( 18:00-21:00)
ada Sanshou,Tao Lu,Tai Chi & Barongsai
pelatih : Om King Ming

3. Wushu Untar
Lat Senin & Kamis ( 18:00-20:00)
pelatih : Sanny

4.





1. Kungfu Shaolinshe Naga Putih

Tempat Latihan :
Aula SD/SMP Yasporbi Pancoran Jln. Deposito I Kompleks Bank Indonesia Pancoran, Jakarta Selatan (belakang Gedung Bidakara/dekat perempatan Pancoran)

Waktu Latihan
Sabtu, pukul 16.00-19.30

Info lebih lanjut, silakan hubungi:

- Dwi: 0818-0820-4388
- Mas Dana: 0859-2120-2446 atau 021-9259-4710
- Email: bailong_wingchun@rocketmail.com

2. kungfu shantung
di malang
Tempat : museum brawijaya, di aula serbaguna
Waktu : selasa, jumat dan sabtu jam 18.30-21.00

3.



si oom King Ming terkenal juga ya..
hormat sama oom.. :)