PDA

View Full Version : Photography 18 lokomotiv kereta api di indonesia



fallofthe3rdreich
31-08-2010, 11:23 AM
1. BB204
http://1.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/S0Mo_5wManI/AAAAAAAAAlc/0CPB0zhnKUs/s400/SH_BB204.JPG
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1230 HP, di Indonesia sejak 1981 dan kecepatan maksimumnya 60km/jam.

Lokomotif ini terdapat di Divisi Regional II SumBar yang relnya bergigi.



2. CC20


http://3.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/Sih3M6QNYoI/AAAAAAAAAWw/giBDh5D9Qr0/s320/CC20227.JPG
Lokomotif buatan General Motors Kanada ini merupakan lokomotif terberat di Indonesia yaitu 108 ton. Lokomotif ini mempunyai spesifikasi teknik dan karakteristik khusus untuk menarik kereta api barang. Lokomotif ini hanya terdapat di Sumatra Selatan untuk melayani kereta api pengangkut batu bara. Lokomotif ini berdaya mesin 2250 HP



3. CC201
http://1.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/Sh_P8BR3lII/AAAAAAAAAWg/qCiYb-luUQQ/s320/CC20169.JPG
Lokomotif CC 201 adalah lokomotif buatan General Electric. Memiliki Daya Mesin 1950 HP.



4. CC200
http://3.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/Sh_JLvD7dbI/AAAAAAAAAWI/SSOnKE3UYMo/s320/CC20015.JPG
LOKOMOTIF CC 200 merupakan lokomotif diesel pertama yang dipesan pemerintah Indonesia dari General Electric Amerika Serikat awal 1950-an, dan memiliki tenaga 1750Hp



5. D300
http://2.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/SSo6bGBRShI/AAAAAAAAASQ/H_ZmzitAdsQ/s320/D300.JPG
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/2/2d/D300.jpg/300px-D300.jpg
Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.



6. D301
http://2.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/SSo5I5zCpyI/AAAAAAAAASI/zR-3kdvpnt8/s320/D301.JPG
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/9f/ID_diesel_loco_D_301-28_060618_7816_cn.jpg/300px-ID_diesel_loco_D_301-28_060618_7816_cn.jpg



Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe kedua setelah D300.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.



7. BB306
http://2.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/SRuWRI2kTrI/AAAAAAAAARQ/zjjU1-WHd1U/s320/BB306.JPG
Lokomotif BB 306 adalah lokomotif diesel hidrolik yang dipunyai oleh Dipo Kereta-kereta Besar di Jakarta Kota. Loko ini kerap digunakan untuk melangsir kereta penumpang yang akan diberangkatkan dari Stasiun Jakarta Kota (JAKK). Lokomotif ini sering digunakan pada tahun 80-an hingga 90-an, sejak datangnya era KRL, loko ini mulai terlupakan dan kebanyakan rusak termakan usia dan kurang suku cadang.



8. BB305 (Jenbach)
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/1/1b/Bb305jenbacher.jpg/200px-Bb305jenbacher.jpg
http://1.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/SQ_9dc9aOBI/AAAAAAAAAPw/safFsaJmwMo/s320/BB305+Jenbach.JPG

Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Jenbacher, Austria. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.
Lokomotif ini hanya memiliki satu kabin masinis.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP dan dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.



9. BB305 (CFD)
http://4.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/SQ_7lF6i9eI/AAAAAAAAAPo/EUdhxJwUYgk/s320/BB305+CFD.JPG
Lokomotif BB 305 adalah lokomotif diesel hidrolik generasi keenam yang dimiliki oleh PT Kereta Api. Lokomotif ini diproduksi di pabriknya CFD, Perancis. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1978.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta barang



10. BB304
http://4.bp.blogspot.com/_UZ00jzVyG4A/SPM0M8lPALI/AAAAAAAAALs/1TXBHp9qYis/s320/BB304.JPG
Lokomotif BB 304 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1976. Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1550 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 120 km/jam



11. BB303
http://2.bp.blogspot.com/_2aTmkaguwaY/SLOXWRqDvgI/AAAAAAAAAwI/-QXGOYzv9mM/s400/bb303.jpg

Lokomotif BB 303 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Henschell, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1973.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1010 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk dinasan kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 90 km/jam



12. BB301
http://4.bp.blogspot.com/_2aTmkaguwaY/SKOqNuDo91I/AAAAAAAAAtY/Vwl1KvcaKW0/s320/BB301.JPG
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/c/c2/Kalampegan.JPG/300px-Kalampegan.JPG
http://www.bio.undip.ac.id/bas/album/d/2305-6/BB30126_Ketel_MN_02.jpg
adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1964 sebanyak 10 buah.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1350 HP dengan berat lokomotif sebesar 52 ton. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 120 km/jam.



13. BB300
http://4.bp.blogspot.com/_2aTmkaguwaY/SKOpale8DrI/AAAAAAAAAtQ/KFxqaGTKIic/s320/BB300.JPG
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/2/28/BB300.jpg/250px-BB300.jpg
http://www.bio.undip.ac.id/bas/album/d/2772-5/BB30012_CU_02.jpg
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 680 HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum yaitu 75 km/jam, buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1958.



14. BB203
http://bp1.blogger.com/_2aTmkaguwaY/SJKCvMlVaCI/AAAAAAAAAr4/8sNMUyj8CUs/s320/BB203.jpg
Lokomotif BB 203 buatan General Electric adalah lokomotif diesel elektrik tipe keempat (U18B) dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 1978.

Bentuk, ukuran, dan komponen utama lokomotif ini sama seperti lokomotif CC201, yang membedakan adalah susunan gandarnya. Jika lokomotif CC201 bergandar Co'-Co' dimana setiap bogienya memiliki tiga gandar penggerak, lokomotif BB203 bergandar (A1A)(A1A), dimana setiap bogienya juga memiliki tiga gandar, tetapi hanya dua gandar dalam setiap bogienya yang digunakan sebagai gandar penggerak.



15. BB202
http://bp3.blogger.com/_2aTmkaguwaY/SJKCgXU2ESI/AAAAAAAAArw/eKrXc9Pu3og/s320/BB202.JPG
Lokomotif BB 202 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe ketiga dengan transmisi daya DC - DC yang mulai beroperasi sejak tahun 70-an. Lokomotif ini berebeda dengan lokomotif BB200 dan BB201 ataupun lokomotif diesel elektrik lain, lokomotif yang mempunyai satu kabin masinis ini tidak memiliki hidung.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 1100 HP.



16. BB201
Lokomotif BB 201 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe kedua dengan transmisi daya DC - DC yang sudah dioperasikan sejak tahun 1964.

Lokomotif ini berdaya 1425 HP.



17. BB200
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3d/ID_diesel_loco_BB_200-03_050319_048_slo.jpg/300px-ID_diesel_loco_BB_200-03_050319_048_slo.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3d/ID_diesel_loco_BB_200-03_050319_048_slo.jpg/300px-ID_diesel_loco_BB_200-03_050319_048_slo.jpg
http://www.bio.undip.ac.id/bas/album/d/2138-8/BB20021_Pandanwangi_SLO_01.jpg
Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak tahun 1957.

Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A)(A1A). Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton.

Kecepatan maksimum 110km/jam.



17. CC203
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f3/Diesel_locomotive.JPG/800px-Diesel_locomotive.JPG
http://www.bio.undip.ac.id/bas/album/d/2889-5/CC20307_ABA_SL_01.jpg
Lokomotif CC 203 buatan General Electric seri U20C merupakan pengembangan desain dari lokomotif CC201, yaitu pada bentuk kabin masinis ujung pendek yang aerodinamis, serta diperlebar untuk kenyamanan dan mengurangi penumpang liar.

Yang membedakan adalah lokomotif CC203 menggunakan motor diesel dengan dua tingkat turbocharger sehingga dayanya 2150 HP.



18. CC204
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/d/d6/CC20413.jpeg
Lokomotif CC 204 adalah salah satu jenis lokomotif yang dibuat khusus di Indonesia, yaitu hasil kerjasama antara PT General Electric Lokomotif Indonesia dan Industri Kereta Api Madiun (INKA). Lokomotif ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu CC204 produksi pertama yang bentuknya seperti CC201, dan CC204 produksi kedua yang bentuknya seperti CC203.

teiriz
31-08-2010, 12:02 PM
pertamax....

lokomotifnya tua2 semua...pantes lemot....loko no 11. tipe BB303 kacanya kaya matanya ya...

bochengcho2010
31-08-2010, 01:57 PM
berti lokomotif dl jalan nya lambat2 y...
60km/jam....
klo skrg mkn udh lbh cpt tuh..

betock
31-08-2010, 02:13 PM
top gan !
jd indonesia cuma punya 18 lokomotif ?

LeMemoire
31-08-2010, 04:56 PM
hoduh...

kapan ya indo punya shinkansen, lokomotif dah jadul, lambat kayak keong racun...

harusnya indo bisa majuin perkereta apiannya...

:dead:

asgarditya
31-08-2010, 05:06 PM
kapan ya ad kerjasama lokomotif yang mirip TGV apa Sinkansen jadi cepet kan...
gak pake rebutan n kehabisan tiket

WhiteSin
31-08-2010, 05:49 PM
Bukannya lokomotifv itu punya cerobong asap:???: dan bahan bakar batubara tul gak? CMIIW

kulocaki
31-08-2010, 07:31 PM
woh keren! bos
terus terang aku termasuk penyuka kereta api.... :top:

kira2 klo tipe lokomotif na BB17 itu apa ya :hihi:

fallofthe3rdreich
31-08-2010, 08:04 PM
Bukannya lokomotifv itu punya cerobong asap:???: dan bahan bakar batubara tul gak? CMIIW

ntu yang lokomotiv uap bang,

Akatsuki_Rolan40
31-08-2010, 08:11 PM
Kyen2 gbrnya......
Loko lokal d Indonesia terkesan g terawat gt y......


woh keren! bos
terus terang aku termasuk penyuka kereta api.... :top:

kira2 klo tipe lokomotif na BB17 itu apa ya :hihi:

:lol::lol::lol:

Hayo mikirnya BB17 apa tuch....
Pasti nyang nggak2 dech....

simomone
02-09-2010, 12:37 AM
jadul semuanya ya lokomotif yang ada di indonesia :keringat:
kapan ya kita bisa punya kereta-kereta canggih futuristik seperti di jepang dan eropa :iii:

enak_oom
02-09-2010, 01:24 AM
:siul: ♪Naik kereta api.. tut..tut..tut..♪
Kendaraan yang paling mengingatkan saya pada masa kecil..

dibu
02-09-2010, 03:12 AM
india aja uda ngebikin jalur subway di indonesia kapan neh kalo cuma ngandelin KRL mah kapan majunya...

kauleea
02-09-2010, 03:53 AM
hadeh,,,jadi inget gw ma jepang,,,

liat shinkanshen di tipi,,kapan gitu Indonesia,, :???:

berserker
02-09-2010, 10:06 AM
Kapan Kereta apa indonesia canggih ya :iii:

crazyaboutryo
02-09-2010, 05:48 PM
hehe... udah pada tua2... jalannya juga lambat...
thx buat infonya

kapan indo bisa punya kereta kayak shinkansen? *ngayal*

happybratboy
11-09-2010, 09:56 AM
ko semuanya kaya yang mirip2 ya

Itachi_anbu
30-12-2010, 10:05 AM
ini bangkai2 lok BB yang ada di dipo sidotopo
ada BB 301 dan BB 300
akankah ini terus bertambah ?????

http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs748.snc4/64826_1378079862119_1535563781_30836282_6426498_n. jpg

Itachi_anbu
30-12-2010, 10:06 AM
ohh iyaa lupa
selain itu juga ada yang baru lho
ini CC 204 19 narik Sancaka di SGU (surabaya gubeng) ^_^
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc4/hs822.snc4/68195_1471683882161_1535563781_30994610_1271965_n. jpg

GroundState
30-12-2010, 10:13 AM
Hanya menunggu waktu sampai lokomotif hanya tinggal kenangan... smoga tidak gampang tergantikan oleh kereta api yang lebih mutakhir...

busurbelung
30-12-2010, 10:55 AM
dah pada tua loko-nya, musti peremajaan lagi ..

annez
30-12-2010, 04:27 PM
dah tua2 yg..........pantesan sering rusak n kecelakaan........belinya mgkin jga dah bekas.............:yareyare:

SFU11
30-12-2010, 11:09 PM
ngga ada yang baru ya :???:
bahkan mereka membuat sampai 500 kmph.... :swt:

arrisha
30-12-2010, 11:21 PM
kalo di foto gini kliatan gagah+keren :top:

bleckedes
15-02-2011, 07:00 PM
rata-rata udah tua ya? pantesan sering telat jadwalnya...

Serphluke
15-02-2011, 11:23 PM
Jadi pengen naik Kereta api lagi deh kalo liat gambar-gambar ini!

ed_fullmetal
16-02-2011, 01:36 AM
Temen ane org RF (rail fans) KK.. pasti lgsung ke :tkp1: dia klo ane beri link ini :lol:

superfolk
16-02-2011, 04:09 PM
itu kok ada yang ditengah jalan begitu gan?? :???: