PDA

View Full Version : Tips [TIPS+Trik] Tata Cara Touring / Konvoi



rungga
11-11-2010, 11:55 AM
RULES TOURING INDOWEBSTER

Untuk touring itu sendiri akan dipimpin oleh : (Kapten Touring Indowebster/KTI). Dia orang yang paling depan saat touring. Penunjukan untuk menjadi KTI, harus disetujui oleh anggota CMI. KTI harus tahu jalan/jalur yang akan ditempuh saat touring nanti. Didalam touring, kita tidak boleh seenaknya, semena-mena, rusuh atau egois terhadap pengguna jalan lainnya. Kita harus saling menghormati antar pengguna jalan lainnya.
Posisi KTI paling depan dan diikuti oleh anggota touring lainnya dan yang paling belakang adalah WKTI (Wakil Kapten Touring Indowebster). WKTI bertugas menutup barisan disaat konvoi. KTI harus memberikan aba-aba didalam memulai touring atau saat tiba ditempat tujuan. Disaat siap untuk jalan, maka KTI wajib menyalakan mesin motor dan membunyikan klakson sebanyak 2 kali dan dibarengi dengan pengangkatan tangan kiri keatas dan memberikan acungan jari jempol. Selanjutnya WKTI juga membalas dengan klakson 2 kali dan dibarengi dengan pengangkatan tangan kiri keatas dan memberikan acungan jari jempol.

TATA CARA KONVOI :

1. Satu kloter maksimal ada 30 orang.
2. Tidak membentuk garis lurus dengan motor didepannya.
3. Posisikan motor lebih ke kanan atau ke kiri terhadap motor didepannya dan memberikan jarak untuk menghindarkan bila terjadi pengereman secara mendadak.
4. Aturlah jarak aman sesuai dengan kecepatan.
5. Pastikan kecepatan tidak melebihi 80 Km/Jam
6. Tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas, seperti lampu merah, dll.
7. Berikan pesan hand code / foot code secara estafet kepada anggota lainnya dibelakang anda.
8. Nyalakan lampu penerang jalan (lampu dekat) disaat pagi, siang, sore.
9. Hidupkan lampu jauh disaat jalan didepan gelap (Khusus KTI).
10. Tidak boleh menggunakan lampu strobo ataupun flip-flop.
11. Tidak membunyikan klakson terhadap hal yang tidak perlu atau sudah diwakili oleh KTI.
12. Tidak boleh saling mendahului atau salip menyalip antar anggota.
13. Pendengaran tetap dominan terhadap kondisi sekitar.
14. Tidak boleh mengobrol antar anggota lain disaat jalan.
15. Usahakan selalu dan tetap tenang.
16. Tidak meninggalkan peserta yang mengalami masalah (troble) dijalan
17. Tidak boleh mengendarai dalam keadaan MABUK, SAKAU & habis memakai NARKOBA, MIRAS.

rungga
11-11-2010, 11:56 AM
1. Tangan Kiri terkepal diatas helm dengan jempol menghadap kebawah : Kode emergency dengan kendaraannya atau kondisi emergency lainnya. Wajib direspon petugas atau kawan dibelakangnya dengan klakson panjang.
2. Tangan kiri/kanan direntangkan sudut 45 derajat disamping badan dengan posisi telapak menghadap kebelakang : Ada handicap berupa orang/kendaraan berhenti di sisi kanan/kiri.
3. Tangan Kiri/Kanan direntangkan sudut 45 derajat memberikan tanda jempol : Kondisi sudah OK dan perjalanan bisa dilanjutkan.
4. Tangan Kiri diangkat lurus keatas dengan jari telunjuk diacungkan (satu jari) : Barisan satu berbanjar kebelakang dengan posisi zig zag, dimulai dengan anggota terdepan dibelakang RC mengambil posisi sebelah kiri belakang RC, kedua di sebelah kanan belakang anggota pertama dan seterusnya dengan jarak lebar kira2 sebatas bahu kiri & kanan RC/anggota depannya.
5. Tangan Kiri diangkat lurus keatas dengan jari telunjuk & jari tengah / jari telunjuk & jari kelingking (dua jari) diacungkan : Barisan berbaris sejajar 2 berbanjar kebelakang. (khusus digunakan untuk konvoi dalam kota/kondisi jalan padat agar rombongan tidak terpencar serta pada saat masuk kesebuah lokasi).
6. Tangan kiri diatas helm melakukan gerakan melingkar : Rombongan berputar arah.
7. Tangan kiri diangkat ditekuk sebatas kuping dengan telapak tangan mengepal : Rombongan berhenti (lampu merah).
8. Tangan kiri diangkat lurus keatas, diayunkan kedepan dengan telapak tangan terbuka : Rombongan berjalan kembali.
9. Tangan kiri diangkat lurus keatas, telapak tangan terbuka menghadap kekuping dan diayunkan keluar-kedalam : Rombongan satu banjar kebelakang merapat satu baris dari posisi zig zag. Biasanya kode ini dilakukan pertama oleh RC bila rombongan akan menyusul kendaraan atau jalanan sempit/gang.
10. Ancungan Lima Jari Tanganl Kiri / Kanan = Salam brotherhood.
11. Tangan Kiri diangkat lurus keatas dengan lima jari = konvoi bubar untuk kembali bergabung setelah melewati rintangan (macet).
12. menunjuk arah = siap-siap berbelok ke arah yang ditunjuk.


1. Turunkan kaki kiri = menunjukan adanya handicap/halangan dijalan berupa lubang atau con atau pembatas jalan dan lain2 yang berupa benda mati disebelah kiri.
2. Turunkan kaki kanan = menunjukan adanya handicap/halangan dijalan berupa lubang atau con atau pembatas jalan dan lain2 yang berupa benda mati disebelah kanan.
3. Turunkan kedua kali = menunjukan jalanan rusak, bergelombang, rel kereta api, polisi tidur atau genangan air.



1. Bunyi panjang = konfirmasi siap berangkat (Kapten Touring Indowebster/KTI), tanda klotur putus (Kapten Touring Indowebster/KTI), atau tanda konvoi sudah kembali komplit setelah terputus (Kapten Touring Indowebster/KTI).
2. Bunyi pendek dua kali = Salam brotherhood.
3. Kondisi Darurat = Bunyikan klakson panjang tanpa henti dan diikuti oleh kawan2 yang lain agar petugas bisa menghentikan rombongan.
4. Warning = Bunyikan klakson 2x sebanyak 3 kali berturut2. Digunakan kala kendaraan kawan didepan ada kerusakan/tidak beres. Contoh, barang bawaan miring, bracket box patah, ban kempes, Mesin rusak, dll.
5. Stop and Go = Bunyikan klakson 3x sebanyak 2 kali dimulai dari barisan paling belakang dan disusul kawan didepannya sampai kepada PPD, sebagai penanda rombongan akan berjalan dari kondisi berhenti.

rungga
11-11-2010, 11:56 AM
1. KTI mengurangi kecepatan terutama saat lampu menyala kuning untuk menghindari putusnya konvoi.
2. Tetap dalam konvoi kecuali ditentukan lain oleh KTI.
3. Tidak menerobos lampu merah sekalipun konvoi harus terputus.



1. WKTI memberikan pesan horn code (kode klakson).
2. KTI mengurangi kecepatan.
3. Setelah bebas dari hambatan, peserta yang terputus bersama Sp
mengejar konvoi dalam kecepatan aman max. 80 Km/Jam.
4. Setelah semua bergabung kembali Sp kembali memberikan horn code



1. Maksimalkan jarak motor dengan motor didepannya sesuai kecepatan.
2. Berikan tanda dan berikan jalan untuk mendahului kepada calon penyusup.
3. WKTI berusaha mengeluarkan penyusup dengan cara-cara yang baik.



1. Anggota berikan tanda darurat mohon berhenti jika memungkinkan.
2. KTI memberhentikan konvoi.
3. WKTI advice KTI bila tidak mengetahui.
4. WKTI atau salah satu anggota memberi tanda kepada klotur berikut.
5. Tidak meninggalkan peserta dijalan dalam situasi apapun.
6. Tidak meninggalkan peserta sendirian atau lebih baik lagi pending klotur

rungga
11-11-2010, 12:53 PM
1. WKTI memberikan tanda kepada klotur berikutnya untuk tidak berhenti.
2. Korban dirawat sementara.
3. Bawa korban ke balai pengobatan terdekat bila perlu.




1. Parkir semua motor di lokasi aman (ditunggui salah satu peserta bila perlu).
2. Semua peserta mengamankan TKP dan atur lalu lintas.
3. WKTI memberikan tanda kepada klotur berikutnya.
4. Evakuasi dipimpin langsung oleh KTI.
5. KTI broadcast berita dan wajib stop touring.




1. Kloter emergency stop.
2. Ditangani oleh peserta yang mengerti.
3. KTI cari bengkel terdekat bila tidak bisa ditangani peserta.
4. Antar dan kawal motor ke bengkel terdekat.

rungga
11-11-2010, 01:17 PM
http://www.indowebster.web.id/attachment.php?attachmentid=6215&d=1289456497

rungga
11-11-2010, 01:29 PM
Keselamatan Berkendara Aman dan Nyaman (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=127863&p=7707997&viewfull=1#post7707997) ----> Thanks to : Bro megapro04

anshiro
11-11-2010, 04:07 PM
wah bener-bener nice tips bgt nih, soalnya wa cuma tau beberapa aja dr tmn

rungga
12-11-2010, 11:22 AM
wah bener-bener nice tips bgt nih, soalnya wa cuma tau beberapa aja dr tmn

sama2 bro. ini buat anak2 CMI

dham_baylisstic
13-11-2010, 09:59 AM
wah, mantap nih tipsnya.. :top: kayaknya bro rungga udah pengalaman touring ya?

kamikaze_buster
13-11-2010, 01:55 PM
tok..tok... keliatannya skill ma kemampuan i belum mempuni buat nambah RULES TOURING INDOWEBSTER.. i si ikut aja... sambil belajar dikit2x,, he2x.. sory ya.

rungga
13-11-2010, 10:58 PM
wah, mantap nih tipsnya.. :top: kayaknya bro rungga udah pengalaman touring ya?
hahahaaaa ane buat rules doang tapi touring baru pernah kepuncak dan sukabumi aja, hihihiii deket bgt itu mah.
kepengennya sih jauh2 gtu ke sumatera, sekalian pulkam ke medan gtu. tapi fisik badan apa kuat dan butuh lembur dari kantor nih.xixixiii


tok..tok... keliatannya skill ma kemampuan i belum mempuni buat nambah RULES TOURING INDOWEBSTER.. i si ikut aja... sambil belajar dikit2x,, he2x.. sory ya.
masuk ga dikunci pintunya. besok2 kalo mau masuk ga usah ketok2 coz pintunya rapuh,heheee.
ditunggu deh krtik / saran ya bro

dham_baylisstic
14-11-2010, 07:12 AM
hahahaaaa ane buat rules doang tapi touring baru pernah kepuncak dan sukabumi aja, hihihiii deket bgt itu mah.
kepengennya sih jauh2 gtu ke sumatera, sekalian pulkam ke medan gtu. tapi fisik badan apa kuat dan butuh lembur dari kantor nih.xixixiii
wah lintas pulau atuh kalo ke sumatera mah.. sekalian bro rungga mudik ya.. :hihi:
emang touring itu minimal berapa km sih? saya pernah touring bareng kawan2 dari cimahi ke cianjur.. jaraknya sekitar 50km.. itu termasuk touring bukan ya? :???:

carlos_roy_fajarta
15-11-2010, 09:09 PM
wah lintas pulau atuh kalo ke sumatera mah.. sekalian bro rungga mudik ya.. :hihi:
emang touring itu minimal berapa km sih? saya pernah touring bareng kawan2 dari cimahi ke cianjur.. jaraknya sekitar 50km.. itu termasuk touring bukan ya? :???:

he..3x kalo jarak 50 km mah belum bisa di sebut touring mas bro, yang namanya turing itu biasanya rata2 jaraknya di atas 200 km bro, saya aja sehari2 tj. priuk - depok = 70 km (Pulang-Pergi) per hari selama 6 hari (Senin-Sabtu) udah 4 tahun ini... :D


kapan ya anak2 idws ngadain turing bareng gitu, sama mod dan admin nya juga... :D

dham_baylisstic
16-11-2010, 05:11 AM
he..3x kalo jarak 50 km mah belum bisa di sebut touring mas bro, yang namanya turing itu biasanya rata2 jaraknya di atas 200 km bro, saya aja sehari2 tj. priuk - depok = 70 km.hari... :D
kapan ya anak2 idws ngadain turing bareng gitu, sama mod dan admin nya juga... :D
oh begitu ya.. ternyata rata2 yang touring itu menempuh jarak lebih dari 200km..
kalo saya mungkin bisa disebut juga sebagai "mini touring" kali ya.. cuman menempuh 50km soalnya.. :hihi:
makasih bro.. :xiexie:
anak2 IDWS ngadain touring, nunggu CMI grup sampe membernya banyak kali ya, baru ntar ngadain touring.. :peace:

zzii
16-11-2010, 09:26 AM
mantep nih gan..

biasanya ank2 club lbh paham kyk gini soalnya srg turing, ane turing dewean jg kga ngerti begini an deh :hehe:

rungga
16-11-2010, 01:54 PM
wah lintas pulau atuh kalo ke sumatera mah.. sekalian bro rungga mudik ya.. :hihi:
emang touring itu minimal berapa km sih? saya pernah touring bareng kawan2 dari cimahi ke cianjur.. jaraknya sekitar 50km.. itu termasuk touring bukan ya? :???:
hahahaa ga mudik cuman pulkam saja.


he..3x kalo jarak 50 km mah belum bisa di sebut touring mas bro, yang namanya turing itu biasanya rata2 jaraknya di atas 200 km bro, saya aja sehari2 tj. priuk - depok = 70 km.hari... :D
kapan ya anak2 idws ngadain turing bareng gitu, sama mod dan admin nya juga... :D
buset kuat bgt loe bro PP kaya gono. gw aja udah pegel2 bgt nih.
emang pake motor apa ?


oh begitu ya.. ternyata rata2 yang touring itu menempuh jarak lebih dari 200km..
kalo saya mungkin bisa disebut juga sebagai "mini touring" kali ya.. cuman menempuh 50km soalnya.. :hihi:
makasih bro.. :xiexie:
anak2 IDWS ngadain touring, nunggu CMI grup sampe membernya banyak kali ya, baru ntar ngadain touring.. :peace:
bener nih, makannya minta bantuin admin dan moder aja dah.

carlos_roy_fajarta
17-11-2010, 04:25 AM
buset kuat bgt loe bro PP kaya gono. gw aja udah pegel2 bgt nih.
emang pake motor apa ?


naik motor Tiger bro, kalo Tiger enak di bawah jauh, cuman asal nyantai aja.. :D paling kalo 2 jam atau 3 jam sekali istirahat, sembari minum, duduk2 dulu, atau beli makanan kecil, yang paling penting kalo udah ngerasa kurang fit atau agak ngantuk, mendingan berhenti dulu bro, daripada bikin celaka orang lain.

kalo bro naik motor apa ni?

tapi kalo jarak jauh gitu, apalagi diatas 200km, mendingan selesai sampai di tujuan buru2 cepet ganti oli motor nya, apalagi kalo make yang vikositasnya encer, wah bisa berkurang banyak kalo di geber selama jarak jauh... :D

rungga
17-11-2010, 04:17 PM
naik motor Tiger bro, kalo Tiger enak di bawah jauh, cuman asal nyantai aja.. :D paling kalo 2 jam atau 3 jam sekali istirahat, sembari minum, duduk2 dulu, atau beli makanan kecil, yang paling penting kalo udah ngerasa kurang fit atau agak ngantuk, mendingan berhenti dulu bro, daripada bikin celaka orang lain.

kalo bro naik motor apa ni?

tapi kalo jarak jauh gitu, apalagi diatas 200km, mendingan selesai sampai di tujuan buru2 cepet ganti oli motor nya, apalagi kalo make yang vikositasnya encer, wah bisa berkurang banyak kalo di geber selama jarak jauh... :D

ane juga naik tiger 2000. wah klo ane berangkat kantor aja tangan kiri udah pegel bgt klo macet coz kopling ane ga standar dan racing kagak bisa buat jalanan macet, berat bgt koplingnya.

bro rumah didepok juga nih ? sma nih. anak Detic juga atau Tikus yah ?

carlos_roy_fajarta
17-11-2010, 04:44 PM
ane juga naik tiger 2000. wah klo ane berangkat kantor aja tangan kiri udah pegel bgt klo macet coz kopling ane ga standar dan racing kagak bisa buat jalanan macet, berat bgt koplingnya.

bro rumah didepok juga nih ? sma nih. anak Detic juga atau Tikus yah ?

saya rumah di Tanjung Priuk bro... cuman tiap hari ke Depok melulu... :D

oh rumah bro di daerah Depok ya?


sebenernya sih gak mau terikat sama klub Motor Tiger, cuman udah 5 tahun ini mantengin Milis E-mail di HTML, baru2 ini ikut SRC, sama kop dar nya juga, salut juga sih buat safety riding nya...


motornya bro udah di ganti apa aja selain kopling?

kalo saya semua masih standar banget, cuman di tambahin box Givi E 45 aja di belakang, yang lain masih standar semua, ban juga masih yang Jari2.. :D

tapi emang meski standar ni Tiger 2000 paling bandel di ajakin Jarak Jauh, cuman masih be-rencana mau ganti di bagian Ban, mau ganti yang Velg Ring 17' sama pakai Ban Tubeless dari Bridgstone yang Battlax BT 45 (medium)... :)

rungga
18-11-2010, 11:19 AM
saya rumah di Tanjung Priuk bro... cuman tiap hari ke Depok melulu... :D

oh rumah bro di daerah Depok ya?


sebenernya sih gak mau terikat sama klub Motor Tiger, cuman udah 5 tahun ini mantengin Milis E-mail di HTML, baru2 ini ikut SRC, sama kop dar nya juga, salut juga sih buat safety riding nya...


motornya bro udah di ganti apa aja selain kopling?

kalo saya semua masih standar banget, cuman di tambahin box Givi E 45 aja di belakang, yang lain masih standar semua, ban juga masih yang Jari2.. :D

tapi emang meski standar ni Tiger 2000 paling bandel di ajakin Jarak Jauh, cuman masih be-rencana mau ganti di bagian Ban, mau ganti yang Velg Ring 17' sama pakai Ban Tubeless dari Bridgstone yang Battlax BT 45 (medium)... :)

udah dikotak katik dan ngabisin gaji cuman buat motor tiger aja nih, hehee.
saya pakai engine guard, handguard, klakson Toa police standar, pelek belakang 17(ga standar), klakson denso, box givi e31, sama mesin diutak atik jadi racing.

sayang klo motor dijual coz udah byk yg diganti2 trus, hihiihiiii.

NightLucifer
18-11-2010, 05:00 PM
wah infonya maknyus nich :D
jumat ini mau jalan ke puncak rame2, dan blum ad yg pernah jalan jauh2 sampe kesana
infonya bantu banget :D, kirim cendol dulu ah....

carlos_roy_fajarta
19-11-2010, 12:42 AM
udah dikotak katik dan ngabisin gaji cuman buat motor tiger aja nih, hehee.
saya pakai engine guard, handguard, klakson Toa police standar, pelek belakang 17(ga standar), klakson denso, box givi e31, sama mesin diutak atik jadi racing.

sayang klo motor dijual coz udah byk yg diganti2 trus, hihiihiiii.

wah mantab tu bro, nanti saling japri an Tiger nyuk, jadi penasaran ane.. :)

kalo ane baru di ganti Ban nya, sama Ring 17 (depan 110, belakang 130), sama box givi E 45, rencananya masih mau dandanin si Tiger pake Hand Guard, Engine Guard, sama Klakson Hella.. :)

k1d_v3
19-11-2010, 05:23 AM
wah ane gak prnah ikut konvoi .. mau donk skali2 .. huaaaaaaa :sedih:

rungga
19-11-2010, 11:01 AM
wah infonya maknyus nich :D
jumat ini mau jalan ke puncak rame2, dan blum ad yg pernah jalan jauh2 sampe kesana
infonya bantu banget :D, kirim cendol dulu ah....
OK saya balas juga nih. selamat bergabung disini bro.


wah mantab tu bro, nanti saling japri an Tiger nyuk, jadi penasaran ane.. :)

kalo ane baru di ganti Ban nya, sama Ring 17 (depan 110, belakang 130), sama box givi E 45, rencananya masih mau dandanin si Tiger pake Hand Guard, Engine Guard, sama Klakson Hella.. :)
Bro yg saya merahin itu artinya apa yah ? Japri itu apa ?
ban pake Battlax dan pelek ENKEI aja bos, tapi klo ada lobang jangan dihajar juga, bisa ancur jg peleknya tuh.
wah beli sama saya aja handguard dan engine guardnya, hehehee promosi dikit.

wah ane gak prnah ikut konvoi .. mau donk skali2 .. huaaaaaaa :sedih:
gabung aja dan kita juga belum pnh kopdar nih.

megapro04
09-12-2010, 01:24 PM
download aja bro punya gwa.. komplit ttg safety nya..

megapro04
09-12-2010, 02:24 PM
Safety Indonesia By HONDA
http://plikimage.com/images/401.jpg

Sekarang ini sepeda motor paling banyak mendominasi di jalan-jalan raya, gang, komplek perumahan, dll. Kondisi seperti saat ini dikarenakan sepeda motor menjadi pilihan paling praktis dan ekonomis sebagai alat transportasi baik pribadi maupun keluarga. Kemampuan melalui jalan yang relatif kecil (selap selip) seakan membuat motor menjadi kendaraan ‘bebas macet’ dan efektif, sementara itu juga konsumsi BBM yang sangat irit membuat kendaraan ini sangatlah ekonomis.

Namun sayang juga ketika demikian mudahnya memiliki sepeda motor, tetapi tidak dibarengi dengan kesadaran untuk belajar berkendara dengan baik dan aman. Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan sekencang-kencangnya, atau sangat lambat dan lain-lain yang membahayakan dirinya juga orang lain disekitarnya. Menurut survey tim safety riding course, lebih dari 50% kecelakaan sepeda motor disebabkan oleh faktor manusia itu sendiri, selain faktor kendaraan dan lingkungan. Safety Riding mengacu kepada perilaku berkendara yang secara ideal harus memiliki tingkat keamanan yang cukup bagi diri sendiri maupun orang lain.

Berikut beberapa materi gambar yang harus diperhatikan bagi pengguna sepeda motor :


SEBELUM BERKENDARA

1a. Pemanasan Tubuh
Dikarenakan pentingnya menjaga keseimbangan pada waktu mengendarai sepeda motor, maka pastikan tubuh dan mental dalam kondisi sehat dan siap untuk berkendara.
http://plikimage.com/images/911a.jpg

1b. Menggunakan Perlengkapan Berkendara
Helm :

Biasakanlah untuk selalu menggunakan helm pelindung ketika mengendarai sepeda motor, karena kepala merupakan bagian tubuh terpenting dari manusia.
tali pengikat helm harus dipasang dan dikencangkan secara benar untuk mencegah helm terlepas ketika terjatuh.

Sepatu :

Gunakanlah sepatu, tidak dianjurkan menggunakan sandal atau telanjang kaki ketika mengendarai sepeda motor, (karena ketika berhenti pengendara harus bertumpu pada kaki mereka untuk menjaga keseimbangan sehingga cenderung kehilangan kestabilan yang memungkinkan terjadinya cedera)

Pakaian :

Gunakan jaket lengan panjang dan celana panjang yang pas dan nyaman di tubuh pengendara saat mengendarai sepeda motor (gunakan pakaian yang memang dirancang untuk keselamatan dan kenyamanan berkendara).

http://plikimage.com/images/651b.jpg

2. Pengecekan Sepeda Motor
Ban :

Periksa tekann angin sesuai standar dan keausan alur ban
Ban yang aus dan tekanan angin yang tidak sesuai akan menyebabkan jarak pengereman semakin panjang dan pengendalian menjadi tidak stabil saat menikung.
Tekanan angin yang sesuai menghasilkan pemakaian bahan bakar yang ekonomis.

http://plikimage.com/images/672.jpg

Rem :

Periksa rem depan dan belakang apakah berfungsi secara normal, khususnya rem depan karena lebih efektif dalam pengereman.
Peralatan yang digunakan untuk mengendalikan kecepatan dan menghentikan jalannya sepeda motor hanyalah rem.

http://plikimage.com/images/963.jpg

Lampu-lampu :

Pastikan lampu sein, lampu rem dan lampu depan berfunggsi dengan baik
Lampu sein dan lampu rem digunakan sebagai tanda bagi pengguna jalan yang lain untuk mengetahui tujuan Anda, karena sepeda motor barbagi jalan dengan pengguna jalan umum seperti pengendara mobil dan pejalan kaki.

http://plikimage.com/images/496.jpg

Kaca Spion :

Sesuaikan posisi kaca spion dengan benar untuk mendapatkan pandangan yang lebih luas.
Adalah penting untuk melihat kaca spion dan mengecek langsung kondisi di sekitar pengendara.


3. Postur Pengendara

untuk menjaga keseimbangan saat mengendarai sepeda motor, perhatikan "Tujuh point utama" postur berkendara anda sbb :
http://plikimage.com/images/315.jpg

1. Mata : Melihat jauh kedepan ( kearah yang hendak dituju) agar jarak pandang menjadi luas.

2. Pundak : Santai atau rileks.

3. Siku : Tangan sedikit menekuk dengan santai.

4. Tangan : Memegang bagian tengah dari gas tangan dimana Anda dapat dengan mudah untuk mengoperasikan handle rem atau kopling dan saklar.

5. Pingul : Duduk pada posisi dimana Anda dapat dengan mudah mengoperasikan stang kemudi dan rem.

6. Lutut : Secara ringan menekan tangki bahan bakar (tipe sport)

7. Kaki : Letakkan bagian tengah telapak kaki anda pada sandaran kaki, jari kaki menghadap ke depan, ibu jari kaki secara ringan berada diatas pedal rem dan pedal gigi.

http://plikimage.com/images/474.jpg


SAAT JALAN

4. Pengeremen

Sangat penting untuk menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan.
Rem depan harus dioperasikan sedikit lebih kuat dari rem belakang, karena rem depan lebih efektif daripada rem belakang.

http://plikimage.com/images/837.jpg

5. Berada di jalur kiri

Gunakan selalu jalur kiri dan hati-hati dengan kemunculan kendaraan yang datang mendadak dari arah berlawanan.
Jangan berkendara sepanjang sisi kanan jalan walaupun tidak ada kendaraan laindari arah yang berlawanan, (berkendara disebelah kanan jalan akan menyebabkan tabrakan yang dapat menakibatkan luka yang serius atau kematian)

http://plikimage.com/images/978.jpg

6. Berada di jalur kiri

Ketika Anda hendak berpindah jalur, sangat penting untuk memberi tanda kearah yang anda tuju bagi pengendara lain dengan menyalakan lampu sein 3 detik sebelumnya.
Pengendara harus memperhatikan kaca spion, terutama memeriksa kendaraan di belakangnya sebelum berpindah jalur.

http://plikimage.com/images/2211.jpg

7. Melewati persimpangan

Ketika berbelok ke kiri atau ke kanan dipersimpangan, sangat penting untuk menyalakan lampu sein 30 meter sebelum mendekati persimpangan untuk memberikan tanda arah yang hendak anda tuju kepada pengguna jalan lain.
Sebelum berpindah jalur, pastikan kondisi keamanan dan keadan lalu lintas di sekitar anda (jangan hanya melihat kaca spion, karena kaca spion memiliki keterbatasan pandangan).

http://plikimage.com/images/8012.jpg

8. Rintangan di jalan
Batu, kerikil, tanah, atau lumpur dan pasir

Batu kerikil, tanah, atau lumpur dan pasir membuat permukaan jalan sangat licin dan dapat menyebabkan sepeda motor tergelincir dan jatuh. Untuk menghindarinya, kurangi kecepatan sebelumnya (pada permukaan jalan yang baik), hindari belok terlalu patah dan pengereman terlalu keras saat melalui kondisi jalan seperti ini.

http://plikimage.com/images/289.jpg
Pejalan kaki yang menyebarang jalan

Ketika berkendara di jalan, pengendara motor harus selalu hati-hati tidak hanya pada pengendara yang lain di sekitarnya, tetapi juga perilaku dari pejalan kaki dan hewan.

http://plikimage.com/images/1110.jpg

9. Berkendara dengan satu tangan
Anda tidak dibenarkan mengendarai sepeda motor dengan satu tangan (mis : memegang payung untuk menghindari hujan atau sinar matahari), karena anda dapat dengan mudah kehilangan keseimbangan.
http://plikimage.com/images/5113.jpg

10. Jangan berkendara dalam keadaan pengaruh minuman atau obat-obatan
Kondisi tubuh dan mental yang tidak sehat karena pengaruh minuman beralkohol (mis : minuman keras) dan obat-obatan (mis : yang menimbulkan kantuk ataupun obat-obatan terlarang), dapat mengurangi konsentrasi dan reflek pada saat berkendara dan sangat berbahaya untuk keselamatan diri sendiri serta orang lain.
http://plikimage.com/images/8314.jpg

11. Berkendara pada malam hari
Sinar lampu khususnya lampu depan memiliki keterbatasan penyinaran pada malam hari, oleh sebab itu tingkatkan kewaspadaan saat berkendara di malam hari.
http://plikimage.com/images/4015.jpg

12. Patuhi rambu-rambu lalu lintas
Rambu-rambu lalu lintas dibuat untuk memberikan panduan keselamatan bagi pengguna jalan dan jangan lupa untuk selalu membawa SIM dan STNK demi kenyamanan anda berkendara.
http://plikimage.com/images/9916.jpg




Sumber : Materi Safety Riding course with Honda ~hasil Scan sendiri~

Untuk pemberian "Cendol + Thanks" Sukarela saja..

megapro04
09-12-2010, 02:36 PM
Tips Lain :

http://plikimage.com/images/93Honda_3.jpg

http://plikimage.com/images/88HONDA_MANTAP.jpg

http://plikimage.com/images/38pic_tips_feb08_2.jpg

http://plikimage.com/images/91safetygear2lp2.jpg

carlos_roy_fajarta
09-12-2010, 10:35 PM
Bro yg saya merahin itu artinya apa yah ? Japri itu apa ?
ban pake Battlax dan pelek ENKEI aja bos, tapi klo ada lobang jangan dihajar juga, bisa ancur jg peleknya tuh.
wah beli sama saya aja handguard dan engine guardnya, hehehee promosi dikit.

japri itu maksudnya sent by tex on mobile phones or e-mail gan.. itu istilah ka*kus.. :D

kalo engine guardnya ada yang chrome gak gan? berapaan?

rungga
10-12-2010, 10:25 AM
@megapro04 = thanks bro atas sharenya. saya taro di halaman satu yah.
@carlos : ada bos yg chrome tapi bagusan item deh coz bisa masuk kemotor apa aja kok. untuk harga, PM saja bos

carlos_roy_fajarta
10-12-2010, 02:04 PM
@carlos : ada bos yg chrome tapi bagusan item deh coz bisa masuk kemotor apa aja kok. untuk harga, PM saja bos

mohon di PM kan net nya yang chrome bro plus gambar contoh nya kayak gimana, soalnya saya emang ada rencana mau beli Engine Guard.

apalagi rencana pertengahan tahun depan mau konvoi Touring Sarasehan sama temen2 club ke Semarang... :)

kalo yang item gw udah liat sih, gak terlalu suka.. :D

megapro04
15-12-2010, 01:25 AM
Woke mamen... btw.. situ ikut club ato komunitas??

dalam naungan HTCI or HTML?

rungga
15-12-2010, 04:50 PM
Woke mamen... btw.. situ ikut club ato komunitas??

dalam naungan HTCI or HTML?

ga ikut apa2 nih saya bro.

carlos_roy_fajarta
15-12-2010, 07:11 PM
Woke mamen... btw.. situ ikut club ato komunitas??

dalam naungan HTCI or HTML?

saya pengguna Tiger, sering ikut kopdar HTML, tapi saya ikutan komunitas ingin menambah temen sehobi untuk turing, tapi saya gak memakai stiker yang berbau klub atau komunitas di motor saya.

bro ane kirim PM ni, di bales yak.. :)


ga ikut apa2 nih saya bro.

sekali-kali ikutan bro, nambah temen, nambah pengetahuan, nambah pengalaman baru.. :)

rungga
16-12-2010, 09:08 AM
saya pengguna Tiger, sering ikut kopdar HTML, tapi saya ikutan komunitas ingin menambah temen sehobi untuk turing, tapi saya gak memakai stiker yang berbau klub atau komunitas di motor saya.

bro ane kirim PM ni, di bales yak.. :)



sekali-kali ikutan bro, nambah temen, nambah pengetahuan, nambah pengalaman baru.. :)

udah register di milis HTML sih bro tapi ga pernah ikut kopdar. mau banget tapi klo malam2 kayanya ga bisa deh u/ kopdar.

Kita mau kopdar u/ anak2 idws dimana nih bro ?

carlos_roy_fajarta
16-12-2010, 12:21 PM
udah register di milis HTML sih bro tapi ga pernah ikut kopdar. mau banget tapi klo malam2 kayanya ga bisa deh u/ kopdar.

Kita mau kopdar u/ anak2 idws dimana nih bro ?

bro rungga tempat tinggal nya di mana? biasanya ada kok simpul wilayah nya...

kalo kapannya sih terserah aja, kalo lokasi, gimana kalo di Surganya Biker di Depok?? sekalian ngobrol sekalian belanja kebutuhan motor.. :)

rungga
17-12-2010, 08:25 AM
bro rungga tempat tinggal nya di mana? biasanya ada kok simpul wilayah nya...

kalo kapannya sih terserah aja, kalo lokasi, gimana kalo di Surganya Biker di Depok?? sekalian ngobrol sekalian belanja kebutuhan motor.. :)

Heheee saya anak depok juga bro.
emang surganya Biker depok dimana ? AHRS kah ?

carlos_roy_fajarta
17-12-2010, 09:01 AM
Heheee saya anak depok juga bro.
emang surganya Biker depok dimana ? AHRS kah ?

iya kalo dari AHRS itu kita ke arah yang mau ke Jalan Raya Bogor itu.. tapi sebelum sampe Jalan Raya Bogor nanti di sebelah Kanan Jalan ada Alfa Midi, nah di samping Alfa Midi itu ada Jalan, bro ambil Jalan itu, nanti Surganya Biker langsung ketemu kok di Deretan Pertama Jalan itu... :)

kapan ya bro??
anak2 Otomotif IDWS yang lain juga ikutan dong, biar rame.. :peace:

rungga
23-12-2010, 09:14 PM
^
Wah besok gw cek2 kesana ah dan jajan dlu ah disana, kali aja ada barang yg cocok nih.

bro lo ajakin anak2 yg lain buat kopdar yuk

carlos_roy_fajarta
23-12-2010, 11:10 PM
^
Wah besok gw cek2 kesana ah dan jajan dlu ah disana, kali aja ada barang yg cocok nih.

bro lo ajakin anak2 yg lain buat kopdar yuk

ane sih oke aja... kan ade rumah di Jakarta Utara, sehari-hari emang ke depok...
kalo misalkan yang lain masih belum fix, kita dulu aja bro.. nanti baru ngajakin yang lain...
btw, anak2 yang aktif di Sub Forum OTOMOTIF yang tinggalnya di area Jabodetabek siapa aja?
kalau lokasi masih di Jabodetabek, masih bisa diajakin ketemuannya lebih gampang...

javanation
29-12-2010, 12:29 AM
thank wat infonya gan....

rungga
29-12-2010, 10:11 AM
ane sih oke aja... kan ade rumah di Jakarta Utara, sehari-hari emang ke depok...
kalo misalkan yang lain masih belum fix, kita dulu aja bro.. nanti baru ngajakin yang lain...
btw, anak2 yang aktif di Sub Forum OTOMOTIF yang tinggalnya di area Jabodetabek siapa aja?
kalau lokasi masih di Jabodetabek, masih bisa diajakin ketemuannya lebih gampang...

mau aja sih. apa ketemuan di surganya jualan aksesoris motor yg didepok yah bro ?
emang harganya miring ga disono ?

carlos_roy_fajarta
29-12-2010, 11:04 AM
mau aja sih. apa ketemuan di surganya jualan aksesoris motor yg didepok yah bro ?
emang harganya miring ga disono ?

lumayan gan ada diskon kalo lagi ujan..
kapan nih mau kop dar...

rungga
29-12-2010, 11:30 AM
lumayan gan ada diskon kalo lagi ujan..
kapan nih mau kop dar...

lah maksud klo ujan ada diskon gimana nih ?
paling 2 minggu lg kayanya baru kosong deh waktu gue, coz sabtu ini gw ada acara keluarga.

carlos_roy_fajarta
07-01-2011, 07:31 PM
lah maksud klo ujan ada diskon gimana nih ?
paling 2 minggu lg kayanya baru kosong deh waktu gue, coz sabtu ini gw ada acara keluarga.

maksudnya pas hujan, bikers kan biasanya neduh, dan kalo neduh nya di SGB (SurGanya Biker) langsung dapet diskon 10% all products kecuali Oli Motor...
mantab tenan dah euy... :)

bHell
30-01-2011, 03:18 PM
wez...

mu ada kopdar nih :top:

rungga
31-01-2011, 11:23 AM
wah kayanya pada belum bisa kopdar nih

karena jarak tempat tinggal yg jauh nih.


:top: Jam terbang tinggi nih... :hehe:

hehehehehe ga kok bro ane masih newbie banget nih.

aditiasovia
14-02-2011, 06:01 PM
nice share,

buat di share lg ke komunitas heheh

rungga
16-02-2011, 10:43 AM
nice share, buat di share lg ke komunitas heheh

Yup selagi berguna, dibagi2in aja bro.

tuantanah89
10-02-2012, 11:47 PM
harusnya bikers 4l4y masuk dan baca thread ini dulu..
sering bgt nemuin konvoi/touring yg ugal2an..

bighendz
13-02-2012, 07:38 PM
harusnya bikers 4l4y masuk dan baca thread ini dulu..
sering bgt nemuin konvoi/touring yg ugal2an..

kalo ginian mah sering , apalagi kalo udah lulusan SMA , semua jalan jadi macet :iii:
bikin emosi aja :onfire:

koneidin
16-02-2012, 12:03 PM
wah..
keknya musti donlot --> print biar bisa mbaca dengan enak ni..
:hehe:

klo ane si gak pernah ikutan touring.
misal jalan rame rame juga gak ada yang mimpin gitu..


klo yang jadi rutinitas si kostan - rumah..
jaraknya sekitar 180-200 KM gitu lah..
biasanya sebulan sekali..

Stifler
16-02-2012, 04:49 PM
max rombongan per kloter 30 motor? gak kebanyakan bro?
gw sendiri sih efektif max per kloter 10 motor (itu udah max banget, kbanyakan kalo ga 7-8 motor), ga kepanjangan, lebih efektif riding dan lebih mudahin officer ngaturnya...
:siul:

adi_suhadi2002
21-02-2012, 05:15 PM
lebih manteb klo ada pic nya gan..

*usul aja,, mudah2an nda ngasal

grazuolis
22-02-2012, 03:25 PM
yang penting safety riding gan biar touring jadi lebih aman

rungga
23-08-2012, 09:30 PM
Udah lama ga mampir kesini nih. Eh emang kalo klakson TOA Sirine ga boleh yah ? Tapi kok di Ace Hardware dijual bebas yah dan ada lampu strobo police juga lg

guh_adjah
29-08-2012, 05:44 AM
mantap...
berguna buat yg suka turing nih...
cm dulu sempet baca yg ada gambar"nya gt ttg hand sama foot code,,
yg foot code bukan kaya yg dijelasin diatas,cm lupa dimana liatnya,tapi karena udah kebiasaan ya pk cara yg TS bikin ini..:D

venno
10-09-2012, 04:56 PM
:top: dahh
yang kek gini nih harus di sosialisasikan ke club2 motor maupun mobil

anyozdekil
23-07-2013, 01:00 AM
nice info broo

ane baca ada peraturan:
10. Tidak boleh menggunakan lampu strobo ataupun flip-flop.
11. Tidak membunyikan klakson terhadap hal yang tidak perlu atau sudah diwakili oleh KTI.

banyak anak club motor kl lagi touring pake lampu strobo/flipflop, banyak jg yg bunyiin sirine dan klakson2 pake toa yg bunyinya tot tot tot seolah2 mereka keburu2 keadaan darurat, kalo yg g ada toanya selalu klakson2 dari rider paling depan sampe belakang dibunyiin semua dan itu saya dapati hampir di setiap ada kovoi/touring, apa mereka g dapet sosialisasi ya?atau emang peraturan dari IMI & kepolisian ngebolehin itu?

apa enaknya sih jalan ngebut2, enakan santai liat2 pemandangan g ganggu pengendara laen kali2 ketemu cewek cakep hehe

Royal_Blood
23-07-2013, 10:40 AM
Safety First mas bro....

bivanos88
27-07-2013, 02:23 AM
paling tidak suka kl ketemu konvoi yang kecepatannya tanggung.. jadi menghambat..
mau disalip ga boleh dan ga mau ngasih..
apalagi kl anggota konvoy nya yang panjang bukan main..
(disini tips nya ngasih 30 motor.. sangat kebanyakan menurut ane.. apa ngga sebaiknya per grup aja sekitar 6-8 motor max ya..)

adriansatrio
30-07-2013, 06:43 PM
bulan2 kemaren ikut briefing anak2 bajaj pulsar kaskus rider (Bapukers). mereka persiapan family gathering ke jakarta-Jogja. per kloter max cuma 3-5 mtr. mungkin krn rutenya yg lumayan jauh jadi biar gampang dan gak ganggu jalan. tiap wilayah 1-2 kloter. masing2 kloter di bagi jam pemberangkatannya (subuh, siang, sore) sebelum berangkat mereka wajib cek kendaraan. oli, kelistrikan, tekanan ban. yg punya smartphone android mereka sinkronkan satu sama lain buat gps nya. tiap kloter broadcast kordinat saat mereka break. (biar terpantau lokasi masing2 kloter. dan kl ada kloter yg lebih awal tp tersusul sama kloter yg belakangan bisa di hub untuk ngecek apa ada halangan di jalan atau apa gitu)

kl ada yg mau touring jarak jauh mungkin info ini bisa membantu ^_^

salam buat semua motorider. keep safety riding :)

nb. lampu strobo itu kl malem menyilaukan kelap kelipnya. juga sirine terlalu bising dan kl gak salah ada undang2 yg menyebutkan kl sirine hanya boleh di gunakan oleh pihak yg berwajib (polisi, ambulans atau emergency unit, pemadam kebakaran) dan sebenarnya kita wajib memberikan mereka prioritas jalan.
peserta touring walaupun mempunyai izin dr polda tetap statusnya pengguna jalan biasa. dan biasanya kl kita memasuki atau keluar dr salah satu kota suka di kawal sama motor bm polisi. (itu juga kl kita terlihat sopan di jalan dan konvoinya gak ugal2an, biasanya pak polisi nya baik dan ngawal kita kok. semacam ucapan selamat datang atau selamat jalan) ^_^

rosemariez
07-08-2013, 05:03 AM
^
^

Setuju ama atas ane mengenai max motor per kloter.
Soalnya jalan jauh, mungkin kalo jaraknya gak terlalu jauh bisa lebih max motor per kloternya.
Lagian emang enak 3-5 motor, ngaturnya gampang dan gak menuh2in jalan.
Touring kan bukan hanya dijalanya tapi sampe tujuanya jg, jadi bagi para peserta touring ttp safety riding ya.