PDA

View Full Version : Tes Aman Menjawab Jebakan Wawancara Kerja



bondhahnmrt85
29-01-2009, 08:41 PM
Mungkin bagi teman - teman sudah pernah melamar pekerjaan dan setelah melalui beberapa tahap seleksi, tiba saatnya anda masuk ke dalam tahap wawancara kerja. Biasanya anda akan berhadapan dengan Kepala HRD, Direktur atau pihak ketiga yang disewa perusahaan. Pada tahap ini, anda perlu benar-benar berlatih dan mempersiapkan jawaban-jawaban yang strategis sekaligus tidak terjebak pertanyaan-pertanyaan HRD/Direktur/Pihak Ketiga. Karena sekali anda terjebak dalam suatu pertanyaan, maka bisa dipastikan anda akan kedodoran pada pertanyaan-pertanyaan selanjutnya dan tentunya hal ini akan sedikit banyak berpengaruh terhadap hasil penilaian Anda secara keseluruhan. Untuk itu berikut ini akan disampaikan tips aman menjawab pertanyaan-pertanyaan (menjebak) dalam wawancara kerja.

1. Coba Ceritakan Tentang Diri Anda?

Beberapa artikel menyebutkan agar sebisa mungkin merendahkan diri untuk menghidarkan kesan sombong dan sekaligus dapat menarik hati HRD, seperti “Saya memandang diri saya sebagai seseorang yang biasa-biasa”. Namun berdasarkan pengalaman penulis, ada baiknya anda justru menjawab sebagaimana apa adanya dengan lugas, singkat dan terkonsep dengan awal dan akhir yang jelas. Karena pertanyaan ini adalah pintu masuk anda untuk menguraikan prestasi dan kelebihan anda. Namun jika tidak siap, hal ini memang bisa menjadi bumerang dan jebakan yang mematikan. Tips aman: Apabila anda memiliki cerita diri anda sebanyak 1 lembar folio, maka pilih satu baris yang benar-benar terfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan bidang kerja anda. Misalnya, anda tidak perlu mengutarakan prestasi anda sebagai Juara I lomba fotografi nasional ketika melamar sebagai IT System Analyst, karena hal tersebut tidak relefan. Ciptakan kalimat yang padat, cerdas dan meyakinkan pada jawaban anda misalnya seperti, “Nama saya Nala Adicandra, lulusan program S2 Bidang Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada. Di samping kualifikasi formal tersebut, saya juga memegang sertifikasi internasional dalam bidang Jaringan Komunikasi Data dari Cisco yaitu CCNA. Dalam hal organisasi, saya pernah dipercaya baik sebagai pengurus maupun ketua pelaksana kegiatan. Waktu senggang yang ada biasanya saya pergunakan untuk menyalurkan hobi saya, seperti menonton film, bersepeda dan fotografi “


2. Apa Yang Anda Ketahui Tentang Kami?

Pelajari segala sesuatu tentang perusahaan yang anda tuju tersebut. Karena jawaban yang anda berikan tergantung apa yang anda ketahui. Jadi jangan sampai anda menjawab tidak tahu, atau malah ngawur, jangan harap anda bisa melaju ke tahap berikutnya. Tips aman: Cari referensi tentang perusahaan tersebut, baik melalui rekan-rekan yang sudah bekerja di perusahaan bersangkutan, brosur perusahaan atau kunjungi situs perusahaan tersebut di internet


3. Apa Pengalaman Yang Anda Miliki Dalam Bidang Ini?

Ini adalah satu pertanyaan lagi yang bisa anda manfaatkan untuk memenangkan wawancara. Berdasarkan informasi yang anda peroleh, cari hubungan yang paling pas antara pengalaman anda dan perusahaan bersangkutan. Tip aman: Agar jawaban tidak melebar tak berujung, mintalah kepada si pewawancara untuk lebih spesifik dengan pertanyaannya, “Maksud Bapak/Ibu secara menyeluruh atau bidang tertentu yang menarik minat Bapak/Ibu?”. Cara lain yang dapat ditempuh adalah langsung mencoba menangkap bahasa tubuh dari si pewawancara untuk kemudian mengutarakan jawaban anda, “saya pernah magang sebagai drafter 3D Autocad pada saat Kerja Praktek di PT. Pembangunan Perumahan (PT.PP), sehingga menurut saya hal tersebut akan sangat membantu saya dalam bekerja sebagai arsitek di perusahaan bapak/ibu.”


4. Apa Yang Bisa Anda Lakukan Terhadap Perusahaan?

Pertanyaan ini terkadang memancing Anda untuk berbicara muluk-muluk agar si pewawancara semakin yakin untuk me-recruit anda. Namun anda tidak perlu terpancing lebih jauh, karena dikhawatirkan janji-janji Anda akan dicatat, dan akan di cross-check pada masa percobaan (probation) anda. Tidak menjadi masalah ketika anda bisa merealisasinya, namun menjadi masalah besar ketika anda tidak mampun merealisasikannya. Masa percobaan anda akan berakhir dengan pemutusan kontrak karya. Tips aman: yang perlu anda pahami adalah sebagai seorang pegawai baru tentu saja anda tidak mungkin akan merubah perusahaan dengan sekali sentuh, untuk itu anda hanya perlu menjawab, “Yang pertama-tama saya lakukan adalah melakukan mapping kondisi perusahaan, kemudian saya baru akan berusaha memberikan kontribusi-kontribusi positif terhadap perusahaan sesuai dengan spesifikasi dan kualifikasi saya”


5. Apa Yang Paling Anda Sukai dan Tidak Sukai dari Pekerjaan Sekarang?

Sebisa mungkin hindari sisi negatif. Memang pada tidak mudah, karena pada dasarnya manusia suka mengeluh, apalagi kalau diberi kesempatan. Tip aman: jawablah keduanya dengan mengatakan, “Saya sangat menyukai pekerjaan saya”, lalu lanjutkan dengan menyebutkan kualifikasi yang menunjang posisi anda. Kemudian tutup pembicaraan dengan “sekarang saya siap memulai hal baru dan kesempatan mendapat tanggung jawab baru”


6. Apa Yang Anda Harapkan Dari Pekerjaan Ini?

Mungkin saja pekerjaan ini jadi harapan untuk gengsi atau naik gaji (dibanding pekerjaan lama anda), Simpan saja dalam hati. Sebagai gantinya katakan bahwa anda ingin memberikan kontribusi posisitf pada perusahaan sekaligus memberikan kepuasan bagi diri anda sendiri. Tip aman: sebutkan bahwa melalu perusahaan ini Anda berpeluang untuk lebih dapat mengaplikaskan ilmu yang anda pelajari sebelumnya.


7. Mengapa Anda Ingin Pindah Kerja (ke Perusahaan kami)?

Kalau anda punya alasan positi, jangan ragu menyamaikannya. Tip aman: Hindari jawaban,“Saya kurang cocok dengan atasan”, atau “Atasan saya tidak mau menerima ide anak buahnya“, namun jawablah secara tidak langsung sepert, “saya tertantang mencoba mendalami bisnis ini”. Jawaban ini cenderung lebih disenangi si pewawancara.


8. Berapa Gaji Yang Anda Inginkan?

Hindari menyebutkan angka yang terlalu tinggi, namun jangan pula terlalu rendah. Tip aman: Buat perhitungan sendiri dalam hati. Ambil angka tertinggi dan terendah, jumlahkan dan bagi 2. Lalu dari angka tengah tersebut tambahkan 1/3-nya. Nah itu gaji yang bisa anda sebutkan. Atau dengan menyampaikan jawaban diplomatis, “Sebagai pegawai baru, saya akan menerima dan mengikuti aturan manajemen yang berlaku di perusahaan ini“, baru setelah didesak, sampaikan angka perkiraan tadi, sehingga si pewawancara bisa memahami kesungguhan anda dalam bekerja, tidak melulu akan menuntuk hak saja. “Kalau boleh berandai-andai saya mengharapkan kisaran gaji Rp 2 juta. Namun sekali lagi hal tersebut saya serahkan kepada manajemen terkait peraturan di perusahaan ini”.


9. Masalah terberat Apa Yang Pernah Anda Hadapi?

Hati-hati dengan pertanyaan favorit ini. Jangan sekali-sekali anda menyebutkan persoalan sangat sulit dan anda gagal mengatasinya. Tip aman: Sebutkan sebuah problem yang happy ending. Hindari menyebutkan persoalan keluarga atau prabadi, pilihlah permasalahan dari luar yang anda juga bisa menyelesaikan dengan baik, misalnya “Ketika saya dipercaya sebagai ketua bakti sosial di kampus, saya mengalami kesulitas dana. Berbagai jalan telah saya tempuh baik melalui iuran panitia, donatur dari orang tua mahasiswa maupun permohonan dana ke fakultas, namun nihil hasilnya. Beberapa donatur eksternal juga coba saya yakinkan bahwa apabila kegiatan ini berjalan, akan mampu menguntungkan, dan akan kami gunakan untuk melunasinya, namun sia-sia. Disatu sisi, har-H pelaksanaan semakin mepet. Dilema batal atau terus jalan, membuat saya harus segera memutuskan. Akhirnya setelah musyawarah dengan panitia, saya menggadaikan kendaraan saya. Dan sesuai perhitungan, bakti sosial dapat berjalan lancar dan saya bisa menebus kendaraan saya”


10. Apakah Anda Sudah Memiliki Pacar?

Hal ini jangan Anda tanggapi terburu-buru, dengan menjawab “Sudah. Kami berencana menikah pada akhir tahun ini”. Hal ini kemungkan besar bisa menutup peluang Anda untuk maju ke tahap berikutnya. Karena perusahaan biasanya menginginkan karyawan barunya fokus pada pekerjaan di awal masa kerjanya. Tip aman: Sampaikan jawaban yang bersifat jujur namun fleksibel, “sudah, tapi sebenarnya saya ingin mempunyai pengalaman kerja yang cukup sebelum memutuskan untuk menikah.“


11. Mengapa Saya Harus Menerima Anda?

Jangan menjawab, “Karena saya memerlukan pekerjaan” atau “saya baru di-PHK“. Karena sebenarnya si pewawancara hanya ingin tahu kesimpulan tentang keahlian anda. Jadi beri jawaban singkat dan unique namun padat tentang pekerjaan dan kemampuan anda. Tips aman: sebutkan satu persatu kemahiran serta kualifikasi anda. HIndari jawaban, “Karena saya termasuk perkerja keras”, hal ini terlalu umum. Langkah selanjutnya adalah cocokan dengan kubutuhan perusahaan tersebut.

eka_riptiaji
29-01-2009, 09:40 PM
nice info..

ni pertanyaan yg bikin gw bingung, gak tau gw hrs jwb palagi..


1. Coba Ceritakan Tentang Diri Anda?

n ni..


8. Berapa Gaji Yang Anda Inginkan?

sanzotaroshi
29-01-2009, 09:51 PM
9. Masalah terberat Apa Yang Pernah Anda Hadapi?
saya bingung sama ini, karena sebagian besar saya tidak pernah memiliki masalah berat2

klo ditanya:
apa sisi positif dan negatif anda dalam kehidupan sehari-hari, pekerjaan, dan sifat anda

gw mampus jawabnya :swt:

akmalsqual
29-01-2009, 09:59 PM
gw pernah ditanya

Apa kekurangan sodara ?

gw bingung jawabnya


gw jawab aja kekurangan saya ya kelebihan saya pak, kelebihan berat badan :lol::lol::lol::lol::lol:

fefa50
30-01-2009, 11:23 AM
yup,, bener kata eka

klo soal ditanya expected salary bakal bingung bro, apa mau narget tinggi or bilang dgn tersipu2 "Yah,,standar disini aj pak"

sanna_2885
30-01-2009, 11:43 AM
about expected salary sih.. klo loe pernah kerja, pake formula 1,5 x old salary..

klo fresh grad, minta kisaran 2 - 3,5 jeti.. di jakarta udh biasa kok..

Gondhezz
30-01-2009, 11:49 AM
iyah bro, wawancara gitu pada dasarnya pingin menggali diri kita.. thanx for the info
yg kalo minta gaji gitu, terlalu besar/kecil bingung juga.. tapi bargaining power lebih besar pas wawancara... nurut gw sih...

bondhahnmrt85
30-01-2009, 08:39 PM
Emang sih, yg paling sering bingung buat ngejawabnya yaitu masalah salary. Apalagi yg belum pernah bekerja... Mo jawab tinggi takut salah, jawab rendah eh beneran dikasih rendah (padahal jelas semua org ngarepnya gajinya tinggi :D)

chi_kiky
31-01-2009, 08:59 AM
aduh...gw jg lg deg-deg an ni..menghadapi wawancara.br2 cb melamar pekerjaan,n sesi wawancara adh yg plg menakutkan buat gw..

info yg sangat bermanfaat..

NuRaider
31-01-2009, 01:58 PM
Wah gw pas ditanya gaji jujur aja bingung, untung gw jawab sesuai dengan anjuran TS.. wakakak ga salah gw..

Untung setelah gw tau di gajinya standard sesuai dengan temen2 laen yang selevel..
Lumayanlah nice info ini..
:top:

metzebs
05-02-2009, 10:48 PM
nich ada sedikit tambahan, kalo ditanya, apa kekurangan dan kelebihan saudara?
kalau kelebihan, bisa dipaparkan apa yang loe bisa dan loe anggap dibutuhkan oleh perusahaan, kalau kekurangan, jawabnya "saya agak pelupa, tetapi belakangan ini saya sudah mulai memperbaikinya dengan membuat catatan2 tentang hal-hal penting di agenda saya, sehingga bisa mengurangi kebiasaan lupa saya"

uus
06-02-2009, 02:32 PM
nich ada sedikit tambahan, kalo ditanya, apa kekurangan dan kelebihan saudara?
kalau kelebihan, bisa dipaparkan apa yang loe bisa dan loe anggap dibutuhkan oleh perusahaan, kalau kekurangan, jawabnya "saya agak pelupa, tetapi belakangan ini saya sudah mulai memperbaikinya dengan membuat catatan2 tentang hal-hal penting di agenda saya, sehingga bisa mengurangi kebiasaan lupa saya"

kayaknya yang pelupa itu udah sering dijadiin contoh kl ada yang ngisi kul/seminar mengenai tips2 wawancara...
pernah denger, kalo si pewawancara nyadar yang diwawancara
ngikutin buku tips2 wawancara (harus hati2 nih), dia suka nanya hal yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan pekerjaan.
misalnya bikin cerita dan dari cerita itu kita dikasih pertanyaan pilihan atau mungkin ngerjain yang di wawancara
kl kondisinya dah kayak gini, be your self aja deh...

z3ro_coolz
28-02-2009, 07:35 PM
Wah...bener banget tuh Bro..
Doloe gw pernah ngelamar kerja di hotel, pertanyaannya gak bakal lari dari sono
nah, yang paling bingungin itu kalo ditanya :
1. Berapa gaji yang kamu harapkan?
2. Kenapa kami harus memakai anda?

Dua pertanyaan itu paling bingung jawabnya (kalo gw)...
bikin jadi nervous, jadinya kesannya jelek gitu dhe T_T

Satoru
28-02-2009, 08:43 PM
Emang gak ada salahnya sih nyiapin jawaban sebelum interview.
tapi kadang pas tes gak slalu mulus.
yang terbaik adalah Just be yourself

sanna_2885
03-03-2009, 09:06 PM
mungkin alangkah lebih baekny klo anda yg mau interview siapin jawaban in English... cos company consider fluent in English is plus thing...

Hell_Raiser
24-03-2009, 01:24 PM
Kalo pertanyaan yang agak gak biasa itu "punya pengalaman organisasi?", "setelah kuliah anda ngapain aja?", "saudara anda ada berapa? dah kerja belum?"

aldryck
30-03-2009, 12:52 AM
wah makasih bro...

klo misal ditanyain

udah pernah kerja dimana

sedangkan kita fresh graduate jawabnya gimana bro?

sanna_2885
30-03-2009, 09:35 AM
wah makasih bro...

klo misal ditanyain

udah pernah kerja dimana

sedangkan kita fresh graduate jawabnya gimana bro?

yah tinggal bilang fresh graduate aj..

malah company lebih prefer am yg seger2.. *gampang dibo'ongin katany..

sanna_2885
02-04-2009, 08:51 AM
wah nice info ne..... ntar jam 4 sore mao interview neh.......

wish u luck bru,, jangan lupa traktiranny klo dapet..

:P

koolboy
02-04-2009, 09:03 AM
about expected salary sih.. klo loe pernah kerja, pake formula 1,5 x old salary..

klo fresh grad, minta kisaran 2 - 3,5 jeti.. di jakarta udh biasa kok..

gw stuju, x 1,5 dari old sallary, klo mo naik gaji dari 1 PT ma susah, mending pndah kerja aj lah hahaha...

sosmall
23-09-2009, 07:56 PM
Tips yg amad berguna :haha:

Taon dpn dah skripsi, abis itu siap melamar kerja :hahai:

Infonya akan selalu diinged :top:

boku
23-09-2009, 08:57 PM
erm..ntar dh gw pake pas udh wawancara :piss: masih jauh mslhnya :malu2:

bibibi
24-09-2009, 12:57 AM
kita baca aja dah bisa ngerasain tegangnya
apalagi pas interviewnya

:keringat:

dark_batosai
24-09-2009, 01:05 AM
Jangan2x nih orang pernah menjabat sebagai HRD ya ?
Good lah... jadi referensi gw kalo mo loncat, heheheheh !?
Tapi biasanya yg jadi tolok ukur paling akhir itu salary... (berdasarkan pengalaman sih)

:piss: ...

bowniebonsky
24-09-2009, 02:55 AM
yg penting mah tunjukin juga sikap tegas, berwibawa, n jgn cengengesan....enjoy az...:pupi::tkp1:

prufessuer
24-09-2009, 09:03 PM
pantesan pas gw dwawancara kerja gw jawab pingin jadi astronot malah ga dterima, kayakny gara2 gw ngjawab itu :swt:

kai_1412
25-09-2009, 12:22 AM
pertanyaan no 4 dan 9 bagi gw sulit terjawab dgn aman...
interviewer pasti punya sanggahan mulu..
susahnya nyari kerja..

r4ndyx
12-10-2009, 09:13 PM
selain itu perhatiin sikap cara duduk kembaliin kursi setelah wawancara dan beri hormat

sicasica
13-10-2009, 09:45 AM
Bagus bro
ini adalah jawaban dari beberapa pertannyaan sulit
ane sampe harus beli bukunya buat latihan menghadapi wawancara, ternyata di sini ada juga

hanamaru
13-10-2009, 09:56 AM
:niceinfo:
syukurlah saat melamar sebagai "PNS" gue gak perlu wawancara, secara begitu lulus langsung jadi CPNS (bersyukur banget), jadi lom pernah ngalamin yang namanya wawancara,

but bisa jadi bekal kalo nantinya pengen ngelamar kerja yang laen :piss:

aabule
13-10-2009, 10:08 AM
wahh, makasih buat informasi dari threadnya, bondhahnmrt85!

wawancara selalu menjadi bagian paling sulit dari proses seleksi yang saya lalui..
memang terpikir untuk tidak terlalu berlebihan dan mencoba straight apa adanya, tapi malah kecenderungan malah jadi seperti merendahkan diri terlalu berlebihan (jadi kayak pesimis gitu..)

semoga informasi ini bisa membantu teman-teman yang lain juga!!

:niceinfo:
_________________________________
still on going with 01 September 2013..

GravZ
13-10-2009, 12:43 PM
wah info yg sangat berguna...
emang kalo masi fresh plg bingung jawab soal gaji...

rizzanr
26-10-2009, 06:47 AM
paling susah jawab yg bagian gaji

harus tau dulu gaji newcomer d sana berapa

bblalus
27-10-2009, 12:12 PM
standar gaji pake gaya nawar dipasar aja tawar 2 kali lipat gaji yang diharapkan kalo ngga mau pura2 pergi aja nanti pasti dipanggil "eh mas ya deh bisa" wakakakka

Happybahbah
27-10-2009, 02:05 PM
info yg cukup bagus bagi newbie2 yang lagi mao cari kerja.. :top:
selain dituntut bisa menjawab dengan "benar" pertanyaan2 yang disampaikan
oleh penanya, lebi baik lagi kalo tidak gugup dalam menjawab pertanyaan..
jadi penanya tidak tau kita lagi mengada-ada atau tidak.. :haha:

rardia
23-02-2010, 09:41 AM
wah klo menghilangkan grogi gmn tuh??

kiwids
23-02-2010, 09:49 AM
ngabntu banget ini bro...makasih banyak...ane coba renungkan dan menyiapkan diri untuk interview...

justinromanz
23-02-2010, 05:25 PM
infonya berguna banget,,
emang suka bingung kalo ngikut wawancara
kalo' dijawab muluk" takutnya terkesan sombong
kalo' dijawab pas"an takutnya g k'terima

penting lulus kulyah dulu lahh
abis ntu lanjut nyari kerja
:niceinfo:

Zeroone
23-02-2010, 10:47 PM
gw pernah ditanya

Apa kekurangan sodara ?

gw bingung jawabnya


gw jawab aja kekurangan saya ya kelebihan saya pak, kelebihan berat badan :lol::lol::lol::lol::lol:


Ini mah sih jawaban sangat "logis"
saking logisnya ampe ngakak gw nih di depan kompie :XD::XD::XD::XD::XD::XD::XD:

Teeliff
24-02-2010, 05:12 AM
sep sep buat tambah pengalaman interview neh..mayan buat masukan n bs lbh tenang dikit klo di interview nnt
thx ya infonya^^

suzaku_eternal
26-02-2010, 06:24 PM
tips yang bagus nih, sebelum terkecoh dicecar pertanyaan menjebak seperti ini alangkah baiknya mendapat tips2 yang baik
nice post TS.. ijin simpen ya

KenDoank
26-02-2010, 11:45 PM
pertanyaan yg bikin gw stuck...

"coba sebutkan kekurangan anda", sumpah bingung jawabnya....
tapi pas ditanya kelebihan sih lancar total jawabnya :piss:

piekukuw
03-03-2010, 08:29 AM
wih mantep banged niy bro infonya,makasih banget^ ane bookmark y, buat bahan belajar buat wawancara niy hehe... tengkiu bro

arnold1407
08-03-2010, 03:30 PM
gw pernah ditanya

Apa kekurangan sodara ?

gw bingung jawabnya


gw jawab aja kekurangan saya ya kelebihan saya pak, kelebihan berat badan :lol::lol::lol::lol::lol:


kocak gan...
klo gw mgkin jawabnya beda..


kurang cakep?? iya..
kurang duit?? iya banget..
kurang baik?? iya..
kurang kerjaan?? apalagi.. :lol:

just fro kidding gan..

krfor
08-03-2010, 08:39 PM
Ada patokan gak untuk seorang pemula dalam menentukan gaji... apa musti dengan kira2 saja atau bahkan menyesuaikan dengan UMR...??

dant
08-03-2010, 10:51 PM
info ini bagus juga neh

pas kalo emang ada orang yang mo cari kerjaan
tapi deg2an juga

bL4ckma99oT
09-03-2010, 09:52 AM
pertanyaan klasik yg lain kyna masih kurang... kaya: "Mengapa Anda keluar dari tempat lama Anda?" kira2 jawaban yang bagus apa ya?

oranggao
13-03-2010, 03:58 PM
wah,,, semua pertanyaan ini udh prnah aq alamin.. bner2 info bagus buat agan2 semuany.

mament12
13-03-2010, 08:48 PM
pas banget nih bwat gw yg mw wawancara... hihihi...
makasih atas info.a,,, :xiexie:
:niceinfo:

RiccardoRJ
13-03-2010, 10:38 PM
Tambahan tips Nih.
1. Lihat bahasa tubuh pewawancara kalo dia senderan di kursi berarti dia gak interest terhadap jawaban kamu.
2. Pas menjawab jangan santai sambil senderan di kursi, kalo bisa posisi tubuh agak kedepan sedikit utk memperlihatkan minat kamu.
3. Kalo udah ditanya hobby dan yang lainnya yg gak berhubungan dengan kerjaan berarti wawancara udah bisa dianggap selesai atau pewawancara udah gak minat lagi.
4. Pas psikotes di suruh gambar sesuatu kayak pohon, gambar pohon yang besar batangnya daunnya rimbun dengan buah2an. Sebab itu menentukan kepribadian kamu yang kuat dan percaya diri.
jangan gambar rumput atau semak semak pasti gak lolos psikotes.

phi
14-03-2010, 10:11 AM
wah, nice info ni..
tapi tetap aja, kalo di tanya terutama tentang diri sendiri ato tentang gaji, bingung :keringat:

giganticskies
14-03-2010, 10:24 AM
Bener ane selalu bingung kalo ditanya soal gaji...
Kalo partimer gimana?

bluex
15-03-2010, 03:28 PM
kadang pertanyaan2 menjebak ini,

jawabnnya sebagus apapun, tergantung mood HRD nya

tapi kalo mengenai gaji, ga usah tanggung2 or malu2, tunjukkin harga mu, dan kualitasmu
kalo ketinggian bagi mereka , biasanya ada 2 yg HRD lakukan :

1. misalnya gaji yg kita minta 7jt, sedangkan standar ny 3jt untuk awal, nah bisa jadi dia diam aja, dan akan menghubungi anda lagi

2. umumnya HRD langsung akan mengatakan bahwa stndar di tmpt mereka untuk awal adalah 3jt


tapi kalo kita bilangnya 2jt :

jawabn yg mungkin adalah :

1. kapan anda bisa mulai bekerja ? hahahahahha ^^

ozma
15-03-2010, 03:38 PM
^
masa?

kalau kita ngajuin gaji terlalu tinggi bukannya malah tar ga dhubungi lagi ya ?

bluex
15-03-2010, 03:42 PM
^
masa?

kalau kita ngajuin gaji terlalu tinggi bukannya malah tar ga dhubungi lagi ya ?

nah itulah tindakan yg no.1

sebenernya masalah penentuan gaji, adalah, kita ga perlu takut, dalam artian bukan asal
tapi kamu tahu kemampuan dirimu

kamu bisa bahasa inggris walaupun tidak perfect, tapi kalo dikirim ke singapore, "saya siap"
kamu rajin, dan akan bekerja dengan baik
kamu juga nguasain skill2 terntentu, dan siap untuk belajar hal2 baru
kamu bergelar S2
kamu lulusan luar negeri, dll
:)

jika memegang prinsip terus berkembang, kamu akan maju dengan sendirinya

kalo memang merasa tidak memiliki kemampuan yg bisa diandalkan, yah 1-2jt kurasa

misalnya, untuk jaga toko masih mampu,
mengandalkan gelar S1 saja
ini yg dinamakan (Fresh Graduate)
:)

v3rt1c4l
16-03-2010, 09:35 AM
wah makasih ya :)

yg penting kita bisa menunjukkan nilai (value) diri kita
dan apa yang bisa kita berikan (kontribusi) pada perusahaan

ekoiksanto
03-04-2010, 09:03 PM
tips buat besok kalo ngelamar kerja nih
moga" ane ketrima kerja ditempat yang ane idam"kan
nice share gan :top:

zz11
03-04-2010, 10:53 PM
Yang terpenting kita sudah berusaha menonjolkan kelebihan kita dan apa alasan perusahaan harus memakai kita sebagai karyawannya :top:
Gw rasa 2 hal inilah yang patut kita perjuangkan habis2an dalam wawancara.
Sedangkan diterima enggaknya, serahkan semua pada mood HRD/personalia :piss:
Dan banyak2 berdoa kepada YME :piss:

KuroxZero
12-10-2010, 05:40 PM
iya tu pertanyaan buat kerja, penuh dengan jebakan.
nice info, sekarang g dah tau caranya :top:

Myguidingstar
18-10-2010, 12:22 AM
kocak gan...
klo gw mgkin jawabnya beda..
kurang cakep?? iya..
kurang duit?? iya banget..
kurang baik?? iya..
kurang kerjaan?? apalagi..

just fro kidding gan..
wkwkkw... boleh jg koq jwb gitu, biar suasana ga tegang :haha:

pertanyaan klasik yg lain kyna masih kurang... kaya: "Mengapa Anda keluar dari tempat lama Anda?" kira2 jawaban yang bagus apa ya?
Iya pertanyaan yg sulit dijawab (secara saia selalu ga suka di tmpt kerja lama, alasannya seharusnya hrs dihindari utk dijawab, seperti krn saia tdk cocok dgn atasan lama, gajinya terlalu kecil la ini la itu la) :hehe:

SynolyN
18-10-2010, 11:56 AM
:niceinfo:
ternyata interview kerja itu seperti ini toh hahaha
gw pikir bakal nanyain tentang sgala yg berhubungan ama pekerjaan dia nantinya

celvolutionz
18-10-2010, 08:06 PM
kalo gw sih be my self aja but kalo udah diinterview masalah pribadi kek udah punya pacar atau belum paling gw jawab sorry no comment privasi bgt. emang perusahaan mau cari karyawan apa cari pacar? capek dehhh

Cybil
18-10-2010, 11:42 PM
Wuah infonya berbobot nih,,thx bro :)

paling gugup deh klo udah ditanya soal gaji,,,ga pernah bisa jawab dan selalu serba salah

fauziansyah
27-10-2010, 08:26 AM
pertanyaan umum yg sering gue jumpai dulu saat wawancara adalah "coba ceritakan tentang diri anda?"
bingung siy memulai darimana, tp setelah meliat threads TS mungkin bs di jadikan alternatif dalam menghadapi interview suatu saat http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-106.gif

martadillareza
28-10-2010, 12:59 AM
tapi kalo pekerjaan yang spesifik dengan kelulusan alias gelar anda
seringkali di tanya masalah skripsi atau PKL,

Peace_K
09-12-2010, 04:50 PM
wah mantep nih tipsnya,:top:
cm yg aga susah klo ditanya soal gaji,
kdg klo ketinggian mintanya prusahaan lgsung nawar dgn hrg yg paling rendah,:swt:
udah kyk jual bli brg aja :haha:

Shara
09-12-2010, 10:12 PM
iyah bro, wawancara gitu pada dasarnya pingin menggali diri kita.. thanx for the info
yg kalo minta gaji gitu, terlalu besar/kecil bingung juga.. tapi bargaining power lebih besar pas wawancara... nurut gw sih...

kerokero
26-09-2011, 04:30 PM
pengalaman gw si ditanya kerja disini mau buat lanjutin kuliah ato yg lainnya...

modes
27-09-2011, 02:02 PM
gw udah banyak kali ikut wawancara udah banyak belajar tips2 yg ada tapi hasilnya tetap nggak di terima
mungkin belom jodoh kali ya,, hehehe

boaloverz
30-09-2011, 10:05 PM
yup,, bener kata eka

klo soal ditanya expected salary bakal bingung bro, apa mau narget tinggi or bilang dgn tersipu2 "Yah,,standar disini aj pak"

maka nya kk setiap kita ngelamar ke suatu perusahaan kita sudah harus mencari info ttg std salary disana/ sesuai pengalaman kerja kita

rwinschmidt
01-10-2011, 04:11 PM
bahaya ini. . . masalahnya menyangkut masa depan soalnya. . .
harus hati2, persiapkan yang matang dan banyak berdoa nih

lichs
05-10-2011, 10:25 AM
Gw d tanya "ingin memajukan perusahaan sampai mana ?"
Gw jawab.."Sampai gedung sebelah >.<"

minchan_lucu
05-10-2011, 02:56 PM
tipsnya bagus gan...harusnya para pelamar liat trit inii, bukannya dtg ke interview tanpa tau apa2. niat kerja ga sii9iih

reisher
05-10-2011, 03:49 PM
Wow, sangat berguna nih ^_^ Trims.

Jadi inget dulu pernah diwawancara:
Q: Mau gaji berapa?
A: Rp. X.XXX.XXX,00

Q: Yah, itu memang gaji standar di dunia kerja bidang ini (note: gw emang udah pengalaman dan tahu bener rata-rata gaji di bidang tersebut)... Tapi karena kamu baru, dikurangin ya...

Nyesel deh gw, kalau tahu dinaekin dikit ngomongnya (T__T)

jokerface29
06-10-2011, 01:11 PM
kalo saya sih yang bikin bingung jika ditanyain kekurangan... pernah ane jawab kekurangan tinggi badan... hahahahah:hahai:
tapi it's okay... pewawancaranya ketawa.. trus besoknya dipanggil kerja.. syukur banget heheh.. :hahai:
intinya tampil apa adanya ajah.. ngak usah berlebihan..:cihuy:

ardiankp
06-10-2011, 02:18 PM
Mksih gan share nya, berguna bgt bt ane yg bru ja lulus & lg cari kerja kyk :peace:
udah sering ikutan wawancara kerja, & ane masih trauma sma wawancara psikolog udah 3x smp tahap kyk gni & mental semua :panda:

sasmithal
06-10-2011, 09:06 PM
jangan menjawab "kerja untuk cari pengalaman"

dianggap munafik

kerja dimana-mana untuk dapat gaji...uang :panda: