PDA

View Full Version : Discussion Inilah 7 Penyebab Seseorang Bisa Pingsan



desniper104
21-11-2010, 11:54 AM
Pingsan (sinkop) adalah kehilangan kesadaran secara tiba-tiba, biasanya hanya beberapa detik atau menit, karena otak Anda tidak mendapatkan cukup oksigen.

Otak memiliki beberapa bagian, termasuk dua belahan otak, otak kecil, dan batang otak. Otak membutuhkan aliran darah untuk menyediakan oksigen dan glukosa ke sel-selnya.

http://i658.photobucket.com/albums/uu303/ikantodak/MarcVivienFoe2.jpg


Agar tubuh tetap sadar, sebuah area yang dikenal sebagai sistem pengaktif retikuler yang terletak di batang otak harus hidup, dan setidaknya satu belahan otak harus berfungsi.

Pingsan terjadi bila sistem pengaktif retikuler atau kedua belahan otak kekurangan darah, oksigen, atau glukosa.

1. Reaksi saraf vagus

Pingsan kebanyakan dipicu oleh saraf vagus yang menghubungkan sistem pencernaan ke otak dan berperan mengelola aliran darah ke otak dan usus.

Overstimulasi saraf vagus memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi asupan darah ke otak yang menyebabkan pingsan.

Stres berat, ketakutan, kecemasan, panik, dan rasa sakit yang kuat dapat merangsang saraf vagus.

2. Perubahan tekanan darah

Perubahan tekanan darah dapat menyebabkan Anda pingsan. Kadang-kadang, jantung dan pembuluh darah tidak bereaksi cukup cepat ketika kebutuhan oksigen tubuh Anda berubah.

Hal ini sangat umum pada orang tua dan pada orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti diabetes. Pingsan dapat terjadi bila Anda berdiri terlalu lama atau bekerja lebih keras dari kemampuan.

3. Anemia

Anemia (kekurangan jumlah sel darah merah) dapat menyebabkan pingsan karena tidak cukup sel darah merah untuk memasok oksigen ke otak. Anemia dapat disebabkan oleh kurangnya asupan zat besi, penyakit atau perdarahan (misalnya, menstruasi berlebihan).

4. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) juga dapat menyebabkan pingsan. Dehidrasi dapat disebabkan oleh muntah, diare, demam, berkeringat, luka bakar atau kurang minum.

Beberapa penyakit seperti diabetes juga dapat menyebabkan dehidrasi karena terlalu sering buang air kecil. Muntah dan diare, khususnya, juga merangsang saraf vagus sehingga berefek ganda.

5. Syok

Syok adalah kondisi yang ditandai oleh tekanan darah rendah yang kemudian dapat menyebabkan kehilangan kesadaran. Syok adalah keadaan darurat berbahaya yang biasanya berasal dari perdarahan, tetapi juga bisa berasal dari alergi parah (anafilaksis) atau infeksi parah.

Korban syok biasanya terlihat bingung, sebelum kehilangan kesadaran saat kondisinya semakin buruk.

6. Obat

Obat-obatan yang dimaksudkan untuk mengendalikan tindakan tekanan darah tinggi dapat terlalu banyak menurunkan tekanan darah sehingga menyebabkan pingsan.

Alkohol, kokain dan ganja juga dapat menyebabkan pingsan. Berbicaralah dengan dokter jika Anda berpikir pingsan Anda mungkin berhubungan dengan obat yang Anda pakai.

7. Hipoglikemi

Kekurangan gula darah (hipoglikemi) dapat membuat Anda pingsan. Hipoglikemi tidak hanya disebabkan oleh diabetes, tetapi juga karena Anda tidak makan untuk waktu yang lama.


Tips : Apa yang harus dilakukan bila Anda merasa akan pingsan?

Sebelum pingsan, Anda biasanya merasa pening, pusing, ruangan seperti berputar, mual dan berkeringat dingin. Anda juga mungkin mengalami penglihatan kabur atau pendengaran berdesing.

Jika Anda merasa seperti akan pingsan, berbaringlah. Jika Anda tidak dapat berbaring, duduk dan berjongkoklah dengan meletakkan kepala Anda di antara lutut Anda.

Hal ini membantu mengalirkan darah ke otak Anda. Tunggulah sampai Anda merasa lebih baik sebelum mencoba berdiri. Ketika Anda berdiri, lakukanlah perlahan-lahan.

http://majalahkesehatan.com/7-penyebab-pingsan/

Maaf ya kalo :repost:

Kunjungin thread ane yang lain ya :ehem:

Misteri Angka 9 dalam Kehidupan Alm. Gus Dur (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=131964)
Jembatan Terpendek Yang Menghubungkan Dua Negara (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=130992)
[Humor] Artis Cilik Ini Seumur Hidup Tidak Naik Kelas (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=131032)
[Info] Teh Susu Tidak Berpengaruh Untuk Kesehatan Jantung (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=130987)
Arti Makna Huruf Depan Namamu (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=130982)
Menakjubkan, Hasil Karya Para Pematung Dunia dengan Media Pasir (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=128979)
Menguak Asal-Usul Lambang Bendera Bajak Laut (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=129620)
[Info] Perbedaan Darah Rendah Dengan Kurang Darah (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=128558)
Cara Alami Mengobati Flu (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=128430)
7 Keunikan Hewan Laut Dalam (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=128398)

Milky
21-11-2010, 04:07 PM
jadi semua pingsan itu tergantung sel darah merah ya? :???:
baru tau... tapi kenapa yg kena leukimia sering pingsan juga? :???:
thx infox. :peace:

deztian
21-11-2010, 08:33 PM
wah banyak tuh yang pingsan karena dehidrasi hahaha
jadi mau nyobain pingsan neh hahah tapi ga baik ah

teuku_robby
21-11-2010, 10:15 PM
Ane sering mau pingsan kalo terlalu lelah, mungkin juga kurang makan dan minum, biasanya diajak maen futsal sama temen, baru beberapa menit rasanya seperti mau :dead: ane juga jarang banget berolah raga :semangat:

dadans
22-11-2010, 04:37 AM
ane pernah pingsan sekali, tapi nggak tahu yg mana penyebabnya diantara yg diatas..

ke dokter cuman diberi vitamin..:lol:

LeiShin
23-11-2010, 08:21 PM
Kalo gw pingsan waktu upacara, trus paginya lom makan....
semua terlihat gelap...eh tiba2 udah di uks..wkwkwkwkwk

Cuman di kasi air teh ama minya doank...ahahahah

yggwtwlwcp
23-11-2010, 08:25 PM
ane kasi 1 lagi gan 1 penyebab ya
8. Ditonjok orang :hihi:
untung saya sehat belum pernah pingsan :tkp1:

Dinis
23-11-2010, 09:18 PM
:xiexie: info na gan ane sering pingsan soal na

Estherzilla
25-11-2010, 09:07 AM
hoho... nice info! :top:


jadi semua pingsan itu tergantung sel darah merah ya? :???:
baru tau... tapi kenapa yg kena leukimia sering pingsan juga? :???:
thx infox. :peace:

leukimia kan berarti sel darah putih berproduksi berlebihan dan memakan sel darah merah... sehingga jumlah sel darah merahnya berkurang... jadi ya tentu saja jadi sering pingsan. kan, sel darah merah yang mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh... kalo berkurang, ya distribusinya g lancar, makanya pingsan :unyil:

boltzz123
25-11-2010, 12:33 PM
gw kalo udah belasan jam duduk doang di dpn komputer mau pingsan rasanya :sekarat udah pegel, pusing, mual pula :sekarat

aeruL
26-11-2010, 08:40 AM
pengalaman gw sebelum pingsan, muncul banyak semut.. kaya TV jaman dolo... dan salah nya gw, gw ga berbaring dan sebagainya...ambruk dah....

linkonline
26-11-2010, 04:27 PM
gw juga pernah hampir pingsan... kepala udah berputar2, mata juga udah buram, mual juga,, untung gw segera ke tempat tidur dan berbaring dulu deh di situ... sekitar 5 menit.. trus bangun udah baikan deh...

TinkTonk
06-12-2010, 11:31 AM
kl ilang ksadaran pasti ga jauh" dari syaraf otak kita deh
kl kurang darah minuman' paan y?:???:

:lalala:

dicobagratis
07-12-2010, 01:02 PM
nih gan kalo mau coba pingsan mendadak
pukul di belakang kepala
ato kalo lg laper minum es jeruk

Eglantine
09-12-2010, 10:04 PM
Jika Anda merasa seperti akan pingsan, berbaringlah. Jika Anda tidak dapat berbaring, duduk dan berjongkoklah dengan meletakkan kepala Anda di antara lutut Anda.

Hal ini membantu mengalirkan darah ke otak Anda. Tunggulah sampai Anda merasa lebih baik sebelum mencoba berdiri. Ketika Anda berdiri, lakukanlah perlahan-lahan.

Boleh dicoba nih :D

Tapi biasanya suka dikasih teh manis anget juga.

chiko_tsuruya
09-12-2010, 11:31 PM
gw pernah pingsan sekali, dan gejalanya tepat seperti yg disebutkan sama TS.

...ga enak banget rasanya. *yaiyalaaaah*

5rimul3
10-12-2010, 11:35 PM
klo syok maksud nya kaget gimana gan? khan ada tuh orang kaget trus pingsan....

michaelfabregas
11-12-2010, 12:13 AM
ane kira klo org pingsan tuh biasa aja gan...

duh,taunya bahaya ya...

ckckckckck...

ane nyesel ngetawain tmn ane wkt dia pingsan pas upacara...

:peace::peace::peace:

reyzza
23-11-2011, 01:25 PM
Wah banyak juga penyebab pingsan :iii:

Nice info :top:

soalnya yang paling tahu cuma anemia berlebihan doang ^^

visiyo
23-11-2011, 02:19 PM
pernah ngalamin waktu smp dulu.
pas upacara disuruh jadi pengatur barisan salah satu kelas (lupa namanya apa) padahal belum sarapan.
tau2 pingsan :dead:

jatiwulung
27-11-2011, 03:16 PM
Alkohol, kokain dan ganja juga dapat menyebabkan pingsan.
:yareyare: ga mungkin pecandu alkohol ga pernah ngrasain hangover setelah minum bergalon-galon oplosan --> niat gali kubur sendiri.
No offense, cuma mo ngasih tau.

:hehe: Pernah tuh pingsan, tapi didahului rasa melilit di perut, bukan mual. Ah sial, kepala belakang kanan gue jadi cedera, musti istirahat total 2 bulan setelah pingsan itu.
Kesimpulan, pingsan itu ga enak dan bosen karena ga bisa pergi dari kasur.

break777
29-11-2011, 09:10 PM
ga pernah pingsan sya. . . gimana sih rasanya emg :bloon:

zz11
29-11-2011, 09:40 PM
ga pernah pingsan sya. . . gimana sih rasanya emg :bloon:

kata orang yg pernah pingsan dan cerita ke saya, rasanya berkunang2 dan lemas banget, lalu gelap deh (baca: gak sadar).

Drei
01-12-2011, 06:30 PM
oh nice info...
jujur ana belum pernah ngerasa gimana itu pingsan, tp ana pernah ngerasain gimana itu mau pingsan
kebanyakan sih akibat anemia ato dehidrasi...tp gk sampe kejadian....

kifni41
01-12-2011, 07:16 PM
wah...

pengalaman pribadi..

kalo dah ngerasa mau pingsan, cari tempat buat duduk, kalo bisa selonjor... jadi istilahnya "mapan pingsan"...

kalo pingsan gara2 lihat atau mbayangin sesuatu berbau darah itu knp ya? atau cuma masalah sugesti di pikiran?

soalnya setelah bangun, bisanya ane langsung fine2 aja :D
:D

boaloverz
05-12-2011, 09:32 PM
1. Reaksi saraf vagus

Pingsan kebanyakan dipicu oleh saraf vagus yang menghubungkan sistem pencernaan ke otak dan berperan mengelola aliran darah ke otak dan usus.

Overstimulasi saraf vagus memperlambat denyut jantung dan menurunkan tekanan darah sehingga mengurangi asupan darah ke otak yang menyebabkan pingsan.

Stres berat, ketakutan, kecemasan, panik, dan rasa sakit yang kuat dapat merangsang saraf vagus.


wah ini syarafnya yang ada di leher bukan yah? yang bisa kalo di film2 orang sekali pukul dsn lgs pingsan?

wind_cut3
06-12-2011, 07:35 PM
Kalo gw pingsan waktu upacara, trus paginya lom makan....
semua terlihat gelap...eh tiba2 udah di uks..wkwkwkwkwk

Cuman di kasi air teh ama minya doank...ahahahah

itu jg bs krn hipoglikemi..trus jg krn lama brdiri.jadinya darah d tubuh lama tertahan di bagian kaki deh deh..hahaha

trouble_maker_1st
08-12-2011, 05:02 AM
berhubung ane ANEMIA..
jadi pernah pingsan di BIS.

kayanya gara2 sering begadang deh nih

yunniebun
07-01-2012, 07:53 PM
dulu sempet hampir pingsan gara-gara anemia, ga sampe pingsan sih emang, cuman pandangan udah gelap padahal mata masih kebuka dan ga bisa denger apa-apa :suram:
gua langsung buru-buru jongkok, duduk, terus senderan yang berlanjut jadi rebahan :lol:

ILLMASTER
08-01-2012, 03:25 PM
pengen ngerasain pingsan nih:lol:
tapi takut g bangun lagi:sigh:

yadiein
08-01-2012, 04:25 PM
kekurangan darah setelah donor darah juga bisa gan.
sebabnya ane sndiri udah dua kali pingsan setelah donor darah gan...:sedih1:

eflaze
08-01-2012, 04:33 PM
kepala pusing, keringat dingin, jalan tidak bisa tegap lg alias limbung
gejala2 mau pingsan yg umum
pertama kali prnah ngalamin, rasanya kyk ga napak lg di tanah
langsung berbaring di kasur

HiddenSkills
22-03-2012, 01:27 PM
4. Dehidrasi

Kekurangan cairan dalam tubuh (dehidrasi) juga dapat menyebabkan pingsan. Dehidrasi dapat disebabkan oleh muntah, diare, demam, berkeringat, luka bakar atau kurang minum.

Beberapa penyakit seperti diabetes juga dapat menyebabkan dehidrasi karena terlalu sering buang air kecil. Muntah dan diare, khususnya, juga merangsang saraf vagus sehingga berefek ganda.

ane pernah ngalamin nih..
gara2 dehidrasi, jadi rada pusing (tapi gak pingsan nih) trs buru2 ane minum air putih yg banyak

soalnya cuaca pada waktu itu emang lg panas2nya :keringat:

unfreeze
22-03-2012, 03:01 PM
wah jadi inget pemain bolton yang pingsan minggu lalu...

semoga dapet mencerahkan untuk bertindak preventif..

calcrue
22-03-2012, 09:34 PM
biasa saya kalo kepanasan dalam waktu lama bisa pingsan

rover
23-03-2012, 10:09 PM
ane seumur-umur belum pernah pingsan...cuma hampir..mata berkunang-kunang,but nice info...

soemphill
23-03-2012, 10:14 PM
mau nambahin , jujur gw udah beberapa kali pingsan, dan penyebab gw pingsan adalah kekurangan kadar gula di tubuh :)

kyeopTaeng
23-03-2012, 11:06 PM
Wah Thanks banget buat share info dan trik nya TS.

btw,
saya juga pernah mengalami, awalnya panas dingin dan Mual.
Akhirnya pusing, untung saja saya cepat2 duduk untuk menghindari Pingsan.
katanya sih Pingsan juga diakibatkan Kurang Makan.