PDA

View Full Version : Fauna Tanda dan Sebab Kematian Hamster



suntoroagung
11-12-2010, 09:26 PM
Gan, bagi-bagi pengalaman nih karena baru aja aku melakukan kesalahan besar terhadap hamsterku. Hamsterku mati tak sengaja:sedih1:onion-10:

Banyak sebab-sebab kematian hamster, baik itu secara natural maupun secara forcing (kelakuan manusia)

Cekidot dah...

A. Kematian Hamster Saat Masih Bayi. Kematian bayi hamster umumnya disebabkan oleh beberapa hal berikut. .

1. Akibat disentuh, diangkat, diambil dan dipindahkan dengan tangan. Karenanya, memindahkan bayi hamster sebaiknya menggunakan sendok plastik atau alat bantu lain dan tidak boleh menggunakan tangan secara langsung. Jika tersentuh tangan, dapat dipastikan bayi tersebut akan dibunuh atau dimakan oleh induknya.

2. Bayi hamster berukuran terlalu kecil. Sebenarnya bayi setiap jenis hamster memiliki ukuran standar yang merupakan salah satu syarat agar dapat bertahan hidup. Bayi hamster yang lahir terlalu kecil akan mati karena terlalu lemah untuk menyusui pada induknya. Biasanya bayi ini akan habis dimakan oleh induknya. Tindakan induk memakan anaknya sendiri yang kondisinya lemah bukan kanibalisme, tetapi dilakukan untuk mempertahankan dan menjaga kondisi lingkungan atau sarangnya. Bayi hamster yang mati dan tidak segera dimakan akan membusuk dan mengotori atau membasahi sarang, sehingga bayi yang masih sehat bisa mati karena kedinginan.

3. Sarang induk hamster yang sedang mengasuh atau menyusui anaknya dibersihkan. Sarang yang dibersihkan bisa membuat induk hamster terkejut, gelisah, stres, serta merasa terganggu dan merasa tidak aman, sehingga membuat induk menggigit anaknya.

4. Gigitan biasanya di sekitar wajah, mata, telinga, hidung, dan mulut. Luka di daerah ini bisa berakibat fatal. Gigitan bisa juga diarahkan ke leher, terutama bagian tenggorok sehingga tenggorok sobek dan bayi hamster tidak bisa bernapas. Sementara itu, gigitan di daerah kaki dan bagian lengan atau pahanya dapat membuat bayi hamster terkena infeksi, kehilangan kaki, dan mati karena kehabisan darah. Parahnya induk yang marah ini akan membunuh anak-anaknya secara membabi buta. Kondisi ini tentunya bisa membuat pemilik marah, kecewa, dan kesal. I 4. Anak hamster yang sudah mandiri tetapi tidak segera disapih bisa membuat induk marah karena merasa tersaingi dalam mencari pakan. Induk yang terlalu lama bersama anaknya akan kehilangan stamina karena harus berbagi pakan. Karenanya, jika tidak cepat dipisahkan induk akan marah dan memangsa anak-anaknya.

5. Kesehatan induk terganggu. Induk yang sakit dalam masa menyusui dan mengasuh anaknya akan membunuh anaknya karena meras a tidak mampu mengurus dan menyusui anaknya.

6. Induk betina terlalu muda. lnduk hamster yang terlalu muda secara mental belum siap mengasuh anaknya karena umumnya belum memiliki kelenjar susu yang baik atau kelenjar susunya belum dapat menghasilkan susu yang cukup bagi bayinya. Buruknya kondisi gizi hamster betina yang mengasuh anaknya dapat mengakibatkan kelenjar susunya menjadi kering, sehingga susu yang dihasilkan tidak cukup untuk diberikan kepada anaknya. Karenanya, dalam membiakkan hamster sebaiknya menunggu hingga calon induk dewasa penuh.

7. Kondisi lingkungan kandang yang buruk atau kotor. Alas kandang yang kotor, lembap, dan basah;dapat menyebabkan bayi hamster sakit dan mati.

8. Induk betina kekurangan pakan. Hamster betina yang sedang mengasuh anak umumnya membutuhkan konsumsi pakan yang lepih banyak daripada biasanya.

9. Pada saat ini mereka membutuhkan pakan yang kaya gizi, vitamin, dan kalsium yang berguna untuk menguatkan tulang-tulang bayi hamster agar cepat besar dan memilki postur yang baik.

10. lnduk betina kurang gizi, vitamin, dan mineral. Kekurangan zat-zat penting ini bisa menyebabkan bayi hamster lahir berukuran terlalu kedl dengan angka kematian tinggi karena kondisi kesehatannya kurang baik. Karenanya, induk' betina yang hamil perlu mengonsumsi pakan yang cukup mengandung gizi, vitamin, dan mineral.

B. Kematian Hamster Remaja atau Dewasa Muda. Kematian hamster remaja atau dewasa muda disebab. kan oleh hal-hal berikut;

1. Pemberian pakanyang terlambat. Terlambat memberi pakan adalah satu hal yang tidak boleh terjadi karena menyebabkan hamster muda kelaparan dan kelaparan yang berkepanjangan akan membuat hamster sakit dan mati karena masuk angin.

2. Hamster tersedak pakan. Meskipun jarang terjadi, tersedak pakan bisa menyebabkan kematian hamster remaja.

3. Kebersihan pakan kurang atau tidak terjaga. Pakan kering yang berjamur dan kadaluwarsa dapat membuat hamster .meneret atau diare yang bisa berujung pada kematian.

4. Suhu udara terlalu p'anas. Hamster sangat sensitif terhadap suhu udara dan tidak tahan terhadap panas yang tinggi. Di habitat aslinya,. hamster sering bersembunyi dibalik rerumputan yang lebat dan menggali terowongan sedalam 91 cm di dalam tanah dengan suhu sekitar 17 C. Karenanya, harus diusahakan suhu tempat pemeliharaan mendekati suhu tersebut.

5. Terkena sinar matahari. Karena tidak tahan udara panas, sebaiknya hamster tidak terkena sinar matahari, baik seeara langsung.maupun tidak langsung. Bagi hamster bermata merah, sinar matahari akan menimbulkan gangguan pada matanya, dari yang ringan sampai.fatal.

6. Sinar matahari juga .disinyalir dapat menimbulkan kebutaan. Apalagi hamster diketahui memiliki penglihatan yang kurang baik.

7. Jatuh dari tempat yang tinggi. Hamster yang terjatuh dan mendarat di atas tumpukan serbuk kayu, tidak akan membuatnya terluka.Namun, jika sampai jatuhdi tempat .yang keras dapat mengakibatkan patah kaki dan mati.

8. Benturan keras pada hidung dapat membua!nya langsung mati karena sebagai indera pencium, hidung memiliki banyak saraf.

9. Dimandikan. Pada dasamya hamster adalah hewan yang takut air karena hamster tidak tahan jika tubuhnya basah, sehingga sakit jika terkena air. Sebagai hewan bertubuh kedl hamster telah terbiasa tidak mandi secara basah dengan air. Mereka biasa mandi kering dengan cara berguling guling di atas pasir. Jika ingin mencoba memandikan hamster harus menggunakan cara yang cepat. Memandikan hamster bisa dilakukan dengan cara mengelapnya menggunakan kain basah yang telah diperas. Harus diusahakan buIu hainster tidak sampai terlalu basah dan kulitnya tidak terkena air. Selanjutnya, bulu dikeringkan dengan cepat menggunakan lap kering dan pengering rambut dengan suhu sedang. Tidak dianjurkan mengeringkan buIu hamster dengan suhu panas, apalagi menjemumya di bawah sinar matahari.

C. Kematian Hamster Dewasa. Penyebab kematian hamster dewasa sebagai berikut;

1. Induk hamster hamil lagi ketika masih mengasuh anak anaknya atau hamil bersambung. Hamil bersambung dapat menyebabkan kematian indukhamster karena secara fisik tubuhnya belum terlalu sehat setelah melahirkan anak-anaknya.

2. Luka akibat perkelahian. Berdasarkan pengamatan penulis, perkelahian antarhamster disebabkan hal-hal sebagai berikut;
* Persaingan antar hamster betina dalam memperebutkan jantan. Hal ini dapat terjadi jika hamster dipelihara secara bercampur antara hamster jantan dan betina, sehingga betina yang sudah matang kelamin akan menguasai wilayahnya sendiri dan terjadi persaingan antara hamster betina dalam memperebutkan hamster jantan.
* Persaingan dalam memperebutkan posisi sebagai penguasa dalam kelompoknya. Dalam kelompok hamster yang jumlahnya banyak, biasanya akan . timbul persaingan antarpejantan dalam rangka memperebutkan pengaruh dalam kelompoknya.
* Perkelahian ini biasanya terjadi antara dua ekor hamster yang dominant dan agresif. Hamster yang dominan biasanya bertubuh kekar, berumur muda, dan bertemperamen galak.
* Kandang terlalu sempit. Kepadatan kandang dapat diukur dengan melihat seberapa sering antarhamster saling berpapasan atau bersentuhan secara fisiko Semakin sering hamster tersebut bersentuhan, berarti kandang padat. Untuk mencegah atau memperkecil terjadinya perkelahian harus diusahakan kandang tidak terlalu padat. Idealnya seekor hamster menempati kandang seluas 5-7 kali besar badannya.

3. Umur. Setelah masa pemeliharaan tertentu, hamster dewasa akan mengalami penambahan umur dan akan menjadi tua. Secara alami jika telah sampai pada umur harapan hidup maksimal, hamster dewasa akan mati dengan sendirinya.
4. Ukuran yang berbeda. Menyatukan hamster dengan ukuran yang berbeda jauh dalam satu kandang tidak disarankan.
* Menyatukan hamster syria secara beramai-ramai dalam satu kandang bertentangan dengan kebiasaan mereka karena pada dasarnya hamster syria adalah hamster yang bersifat soliter, yakni lebih senang menyendiri dan di alam bebas tidak ditemukan hidup berkelompok. Menggabungkan hamster syrian yang memiliki ukuran yang berbeda dalam satu tempat dapat menyebabkan perkelahian dan kematian. Karenanya, tidak disarankim menggabungkan hamster syria yang berukuran kedl dengan yang berukuran lebih besar, apalagi jumlah hamster syria yang berukuran kecillebih sedikit. Penggabungan ini bisa menyebabkan hamster yang kecil mati karena menjadi sasaran pengeroyokan hamster yang berukuran besar.
* Sama halnya yang akan terjadi pada kelompok hamster mini (kecuali roborovski). Meskipun hamster mini campbell dan winter white ditemukan hidup berkelompok di alam bebas, perkelahian akan timbul jika dalam kelompok hamster mini terdapat hamster yang berukuran lebih kecil dan jumlahnya kalah banyak dengan yang berukuran besar. Selain itu, perbedaan bau tubuh antarhamster tersebut akan menjadi pemicu timbulnya perkelahian yang akan berakhir dengan kematian pada hamster yang berukuran kecil. Perbedaan bau timbul karena berbagai faktor, di antaranya karena pemberian bedak yang berbeda jenis dan merek.
* Hamster yang kurang sehat, sakit, atau cacat yang berada dalam satu kandang dengan hamster yang sehat akan menjadi sasaran pengeroyokan yang berujung pada kematian yang mengenaskan. Hal ini dapat terjadi pada hamster syria, campbell, dan winter white.



Sumber Info (http://www.hammieshop.com/index.php?target=topics&topic_id=29)

Semoga bermanfaat :hmm:

fouchan
11-12-2010, 09:28 PM
:niceinfo:
dari kemaren adek gw ngrawat hamster mati mulu
copas dulu :nikmat:

smkosasih
11-12-2010, 10:26 PM
kadang bayi hamster suka dimakan ma hamster dewasa kalu lg kelaparan...:aaaa:

invisible_woman
11-12-2010, 11:19 PM
1. Akibat disentuh, diangkat, diambil dan dipindahkan dengan tangan. Karenanya, memindahkan bayi hamster sebaiknya menggunakan sendok plastik atau alat bantu lain dan tidak boleh menggunakan tangan secara langsung. Jika tersentuh tangan, dapat dipastikan bayi tersebut akan dibunuh atau dimakan oleh induknya.

yg ini kejam banget sih bro :hiks:
ko bisa sih, induknya mau makan anaknya, cm gara2 kita pegang
emanngnya najis :bata:

zakainiwak
12-12-2010, 08:14 AM
yg ini kejam banget sih bro :hiks:
ko bisa sih, induknya mau makan anaknya, cm gara2 kita pegang
emanngnya najis :bata:

soalnya kalo gak salah gara2 ketika kita sentuh bayinya jadi bau kyk manusia..
jadinya ibunya gk kenal ama anaknya lagi...
akhirnya.. DIMAKAN DEH....:lol:

suntoroagung
12-12-2010, 10:11 AM
soalnya kalo gak salah gara2 ketika kita sentuh bayinya jadi bau kyk manusia..
jadinya ibunya gk kenal ama anaknya lagi...
akhirnya.. DIMAKAN DEH....:lol:

Bener katanya agan zakainiwak
Hamster itu bisa kenal dengan anak ato pasangan ato temannya dari baunya...
Kalo gak sama, biasanya bertengkar terus tanpa henti, kalo anak dimakan.
Tapi sepengalaman aku pelihara hamster, kalo anaknya diketahui cacat langsung dimakan juga kok.
Takutnya nanti kalo mati bisa ganggu lingkungan sarangnya. Gitu... :hmm:

xbluex
12-12-2010, 04:58 PM
mo kasi tambahan nih kk...
jangan terlalu sering memberi makan hamster dengan sayuran, apalagi sayuran yang kadar airnya tinggi....
hamster bisa **maaf mencret, atau dikenal dengan pantat basah..
sayuran sebaiknya hanya jenis toge maupun buncis, selain itu sebaiknya dihindarkan, pemberiannya pun cukup 2 hari 1x.
takaran pakan toge untuk 1 hamster adalah 4-5 biji toge, sedangkan untuk buncis, dipotong sepanjang 2-3cm saja.
sebaiknya untuk yang hanya memelihara beberapa ekor hamster saja, lebih baik memakai pakan kering khusus hamster, yang banyak disediakan di toko, untuk yang memelihara anjing / kucing / kelinci, pakan kering anjing / kucing / kelinci tersebut bisa juga diberikan sebagai pakan selingan untuk hamster tersayang, ga usah banyak2, cukup 4-5 butir saja per ekor per hari, karena pada dasarnya hamster adalah hewan omnivora.
sedangkan untuk minumnya, bisa dipakai botol minum yang juga dijual di toko.

pada saat indukan hamil dan menyusui, 1 minggu sekali bisa diberikan keju yang dipotong dengan ukuran 1/2 cm x 1/2 cm, untuk membantu asupan susunya.
untuk pemula, begitu mengetahui induk betina hamster hamil, sebaiknya jantan dipisah, karena ditakutkan induk jantannya agresif, bisa2 anak hamster yg jadi sasaran, bahkan induk betina pun bisa jadi sasaran induk jantan, kalo induk betina mati.... ya udah, anaknya pun ikut mati....
begitu anak hamster berumur 1 bulan, sebaiknya disapih ( dipisahkan ) dari induk betina.

semoga sedikit info tambahan dari saya membantu kk2 sekalian...

^-^

sumber : pengalaman pribadi sebagai mantan peternak hamster

dikcitayem
12-12-2010, 06:19 PM
wah kasihan sekali hamster yg kena sentuh manusia....
kalo terlanjur disentuh harus digimanain..?

xbluex
12-12-2010, 07:37 PM
wah kasihan sekali hamster yg kena sentuh manusia....
kalo terlanjur disentuh harus digimanain..?

kalau terlanjur disentuh, usahakan ditimbun dengan bekas kencing induknya kk, cuma nimbunnya jgn lama2, agar bau tangan kita hilang ( tertutup ) oleh bau kencing induknya aja...
aku sering kok megang anak hamster yg masih bayi n merah, tapi aku harus liat karakter induknya dulu, agresif or ngga, biasanya yg makan bayi kalo bayinya bau tangan itu yg agresif kk....

nih sebagian gambar2 hamsterku....


http://u.kaskus.us/6/dyvetp6g.jpg
anak hamster campbell baru lahir, umur kira2 2 hari...


http://u.kaskus.us/6/14n1ijow.jpg
hamster umur 7 hari, udah mulai keluar bulu, jalan masih tertatih...


http://u.kaskus.us/6/htgujyqs.jpg
keluarga hamster winter yang rukun, dalam gambar ini, indukan jantan tidak dipisah, karena indukan jantan dan betina emank sudah rukun dari pertama, tidak agresif.
indukan jantan justru ikut memberi makan anaknya kalau si anak udah bisa makan sendiri, dengan cara si anak akan mendekat ke kantung makanan ( di pipi ) indukan jantan, dan indukan jantan akan memberikan simpanan makanan di dalam kantung makanan mulutnya.
(untuk pemula, sebaiknya induk jantan n betina dipisahkan begitu ketauan kalo induk betinanya hamil)


http://u.kaskus.us/6/f9b2ibfx.jpg
anakan hamster panda, umur 1 bln, hamster jenis panda dikenal sebagai hamster paling galak, lebih galak dari campbell..


http://u.kaskus.us/6/b2qcm57w.jpg
anakan hamster berumur 5 minggu, 1 akuarium hanya berisi hamster winter, biarpun jenisnya macam2...
putih : winter white pearl
coklat muda : winter violet
abu2 : winter saphir ( safir )
abu2 garis hitam di tengah : winter tiger
yang winter tiger, tiap daerah penyebutan berbeda, hati2 corak badan hampir sama dengan campbell blue saphir, tapi campbell blue saphire lebih murah harganya

suntoroagung
13-12-2010, 12:26 PM
Oh ya, aku kemaren2 juga pelihara hamster betina yang baru aku beli. Eh, gak taunya uda "dicoba" ma hamster lain. Ya uda, aku rawat sampai dia melahirkan.
Waktu melahirkan aku pisahinnya gak beda kandang, satu kandang tapi beda lantai. Yang anaknya di lantai 2 ma betinanya kalo lantai satu si jantan.
Baru berapa hari gitu (mungkin 3-4 hari), aku cek kandangnya ternyata si anak banyak yang "tewas" bergelimpangan dibawah.
Aku bingung :???: kok bisa jatuh padahal uda ada pagar yang tidak mungkin dilewati oleh si bayi itu (pagar disini aku kasih batas yang agak tinggi di rumah2annya).
Ya uda, akhirnya aku kuras kandangnya biar gak bau "bangkai", terus aku masukin lagi si jantan ma si betina bersamaan dengan harapan bisa "buat anak" lagi :peace:
Eh, ditinggal 2 jam gitu, tau2 si betina mati (mulutnya basah). Kalo aku liat sebelumnya, memang si betina mondar-mandir gak jelas gitu di kandang. Kupikir dia semangat lagi.
Kata temenku itu kemungkinan si betina lagi cari "bangkai" anaknya terus gak ada, ya uda akhirnya "nyusul" anaknya.

Apa memang ada ya tipe hamster betina yang stres gara2 anaknya mati gitu?
Baru beli seminggu uda "tewas":onion-10:

Sekarang aku beli lagi sepasang hamster muda dan kali ini aku gak mau mengulang kesalahan yang sama lagi:onion-86:

xbluex
13-12-2010, 01:14 PM
Eh, ditinggal 2 jam gitu, tau2 si betina mati (mulutnya basah). Kalo aku liat sebelumnya, memang si betina mondar-mandir gak jelas gitu di kandang.

kayaknya itu hamster dehidrasi kk, bulu bagian mulut n lehernya basah terus khan....

suntoroagung
14-12-2010, 10:40 PM
kayaknya itu hamster dehidrasi kk, bulu bagian mulut n lehernya basah terus khan....

Hah? :???:
Iyakah gan? Wah, kalo dehidrasi gak mungkin banget deh, baru aja isi botol minum kemarennya gan. Masih full kok.
Masa' dia gak minum sampai sebelum kematiannya?:sedih1:

nameless4
06-01-2011, 02:52 PM
ternyata hamster itu kanibal juga yaa..
seremmm bgt..

burningfang
06-01-2011, 10:34 PM
Hah? :???:
Iyakah gan? Wah, kalo dehidrasi gak mungkin banget deh, baru aja isi botol minum kemarennya gan. Masih full kok.
Masa' dia gak minum sampai sebelum kematiannya?:sedih1:

mungkin si betina stres karena kandangnya dibersihkan, jadi "bingung" sama seperti ikan
apalagi dia abis melahirkan, kondisi ga fit jadinya

shivaice
12-01-2011, 03:48 PM
Nice info gan..
ternyata hamster bisa kanibal jg yah..
btw gimn cara biar hamster jinak yah?
soalnya pernah coba pegangin hamster pny sodara, taunya galak bener hamsternya ampe digigit dikit ujung jarinya, untung nga sakit...

xyrsh
12-01-2011, 09:08 PM
berarti gw udah bener melihara syria seekor aja.. :haha:

LongbeachCity
13-01-2011, 04:00 AM
wah keren ni infonya..
makasih gan.. :)

karindra
14-01-2011, 05:29 PM
wah makasih banyak gan...,

thanks infonya....,

jd ada panduan kalo mw melihara hamster...,

priezt
16-02-2011, 06:31 PM
aku baru beli hammie dari temen.. kata pemilik sebelumnya, diajarin kalo hammie ga boleh minum air terlalu banyak
soalnya klo dikasih air terus2an, dia akan lebih milih minum air daripada makan makanannya..
akibatnya bulu hamster akan basah, dan kedinginan, akibatnya bisa mati.

tp berhubung hammie itu gampang haus, kalo aku sih suapin aja (hammienya ku gendong, trus botol minumnya kupegangin) sampe dia udah ga mau minum baru aku lepas lg.. jd botol minum ga aku taruh dikandangnya..
kadang boleh pake buah2an sebagai pengganti air hehe
tapi yg campbell sih sama sekali ga pernah mau minum air, kalo yg winter sih minumnya kuat :haha:
:peace:

kaide9
16-02-2011, 11:49 PM
Bener katanya agan zakainiwak
Hamster itu bisa kenal dengan anak ato pasangan ato temannya dari baunya...
Kalo gak sama, biasanya bertengkar terus tanpa henti, kalo anak dimakan.
Tapi sepengalaman aku pelihara hamster, kalo anaknya diketahui cacat langsung dimakan juga kok.
Takutnya nanti kalo mati bisa ganggu lingkungan sarangnya. Gitu... :hmm:
hamster bukanya pemakan sayuran ya?
kok bisa dia makan daging:???:

priezt
16-02-2011, 11:54 PM
hamster bukanya pemakan sayuran ya?
kok bisa dia makan daging:???:

bisa aja sih dia makan daging, tapi efeknya ntar dia suka gigit2in orang..
hammie ku sblumnya malah dikasih keju, hasilnya skrg gendut obesitas gt
:XD:

ervante
17-02-2011, 09:02 AM
jadi inget hamster ane yg mati 2 bln yg lalu hiks2............:cry4:

Maxmillian
18-02-2011, 03:06 PM
susah banget berarti kalo mau pelihara hamster ternyata ya,....

D_Cuy
27-04-2011, 11:04 PM
:kaget: aw, jd gitu toh...

hamsterku seharusnya punya anak belasan,
tp yg bertahan idup cuma atu, sisanya dimakan emaknya...
makan anakny ndiri sama asik ny kyk makan wortel... :suram:


karena ga punya keturunan, yaudah ga da yg bsa dipeliara lg...

witsywatsy
28-04-2011, 08:14 AM
jadi lebi baik hamster yg baru ngelahirin didiemin aja sama anak2 nya gitu?

priezt
28-04-2011, 09:01 AM
jadi lebi baik hamster yg baru ngelahirin didiemin aja sama anak2 nya gitu?

pokoknya ibu dan anak2nya jgn ada yg dipegang, dan jgn keseringan diliatin terus.
kalo bisa tutupin atasnya pake karton/ kain biar gelap dan mereka ngerasa nyaman.
yg penting ibunya jgn lupa kasih makan, kalo dia kelaperan ya anaknya jadi sasaran
namanya juga kanibal
:unyil:

mukegile04
28-04-2011, 10:14 PM
pokoknya ibu dan anak2nya jgn ada yg dipegang, dan jgn keseringan diliatin terus.
kalo bisa tutupin atasnya pake karton/ kain biar gelap dan mereka ngerasa nyaman.
yg penting ibunya jgn lupa kasih makan, kalo dia kelaperan ya anaknya jadi sasaran
namanya juga kanibal
:unyil:

hamster ane baru sehari dilahirin langsung mati 2 dari 5 hamster yg lahir gara2 ponakan ane yg seneng banget liatin bayinya tiap hari...induknya jadi parno terus mondar mandir kaya stress gitu...bayinya jadi ga disusuin ma induknya...makanya sekarang ane tutup pake kaen item...hasilnya,,sisa anaknya masih bertahan sampe sekarang...ni dh hampir 2 minggu umurnya....selain makanan,,jangan lupa kasih kain/kertas yg dh drobek kecil2...biar buat bikin sarang...takut hamsternya kedinginan....serbuk kayu juga gpp sih klo ada cuma karena sebuk kayu itu agak kasar,,takut bayinya lecet aja...

ridhovilla
01-05-2011, 03:34 PM
1. Akibat disentuh, diangkat, diambil dan dipindahkan dengan tangan. Karenanya, memindahkan bayi hamster sebaiknya menggunakan sendok plastik atau alat bantu lain dan tidak boleh menggunakan tangan secara langsung. Jika tersentuh tangan, dapat dipastikan bayi tersebut akan dibunuh atau dimakan oleh induknya.
masa baru beli hamser,seminggu udah mati :iii:

priezt
02-05-2011, 12:18 AM
hamster ane baru sehari dilahirin langsung mati 2 dari 5 hamster yg lahir gara2 ponakan ane yg seneng banget liatin bayinya tiap hari...induknya jadi parno terus mondar mandir kaya stress gitu...bayinya jadi ga disusuin ma induknya...makanya sekarang ane tutup pake kaen item...hasilnya,,sisa anaknya masih bertahan sampe sekarang...ni dh hampir 2 minggu umurnya....selain makanan,,jangan lupa kasih kain/kertas yg dh drobek kecil2...biar buat bikin sarang...takut hamsternya kedinginan....serbuk kayu juga gpp sih klo ada cuma karena sebuk kayu itu agak kasar,,takut bayinya lecet aja...
iya tissue juga bisa..
hamsterku kalo dikasi tissue lgs digigit2 kesenengan gitu dia :XD:
soal yg mati itu, selain dipegang, bisa krn si ibu hams udah ngelahirin bbrp kali..
biasanya lahiran kedua atau ketiga, pasti anaknya ada aja yg mati :kecewa: mungkin memang kondisi tubuhnya udah ngga sekuat pas baru lahiran yg pertama, jadi anak2 yg lahir mungkin kurang gizi dalam kandungan :hehe:


masa baru beli hamser,seminggu udah mati :iii:
mati kenapa tuh :???:
beli hams nya umur brp?
udah di cek kelayakan kandang, makanan, atau suhu udara juga ga :???: berpengaruh tuh :hehe:

hunkis86
02-05-2011, 08:14 AM
si betina gak usah dipisah..yg jantannya aja.nanti klo dipisahin,si anak gak dapat asi dr sang ibu.

hanhanyuki
02-05-2011, 11:02 AM
nice info gan...btw klo udah melahirkan mending anakny d pisah dari induk aja gan...hehe...

priezt
02-05-2011, 11:19 AM
nice info gan...btw klo udah melahirkan mending anakny d pisah dari induk aja gan...hehe...

ya jangan dipisah lah :iii:
si anak blom bisa jalan sndiri dan ga bisa cari makan (plus blom bisa makan biji2an)..
dia cuma bisa dapet asi dari si induk
:iii:
yg dipisah ama jantan doank.. kecuali klo udah 3 mingguan baru boleh pisah si induk dgn anak2nya
:peace:

choodi
13-06-2011, 06:10 PM
Gan, ane mo tanya nih. Landak ane knapa ya tiap beranak dia makan anaknya sendiri. Padahal laki sama betina udah dipisahin,
Trus kalo dibilang stres jg ga mungkin soalnya gw taronya digudang. ada yang bs kasi clue? thx b4

sutter
01-07-2011, 01:55 PM
oh ia . .hamster ane baru ngelahirin gan . . tp gak normal . . malah dimakan sama ibu hamsternya . kasian gan

priezt
01-07-2011, 02:03 PM
Gan, ane mo tanya nih. Landak ane knapa ya tiap beranak dia makan anaknya sendiri. Padahal laki sama betina udah dipisahin,
Trus kalo dibilang stres jg ga mungkin soalnya gw taronya digudang. ada yang bs kasi clue? thx b4
kalo landak gatau :iii: ini ttg hamster soalnya :iii:
tapi mungkin sama sih.. bisa jadi si anak cacat fisik/ atau ga mampu bertahan hidup, atau induk stress/ blom siap punya anak :iii:

oh ia . .hamster ane baru ngelahirin gan . . tp gak normal . . malah dimakan sama ibu hamsternya . kasian gan
:sigh: yahh kadang saya pikir ini salah satu cara si induk melindungi anaknya...
daripada harus hidup tapi ga normal.. lebi kasian :iii:

4sEgAf
01-08-2011, 10:41 PM
wah hewan selucu itu ternyata pemakan anaknya sendiri:kaget::ohno:

priezt
01-08-2011, 10:49 PM
wah hewan selucu itu ternyata pemakan anaknya sendiri:kaget::ohno:

baca infonya jgn sepotong bro :unyil:
induk memakan anaknya kalo anaknya kita pegang, atau memang anaknya ga bisa survive untuk hidup
:siul:

downloadaddicted
19-08-2011, 08:35 PM
waduhhh.. jadi kangen mau pliara hamster lagi nihh... syria bentuk nya lebih besar and muka nya lebih imut and lucu.. target kalau mau beli hamster lagi... (syria)!

noviharips
11-09-2011, 11:58 AM
nice info gan.. biar tak terulang kematian yang sama

radenmask
11-10-2011, 11:20 AM
ayoo thread ini dihidupkan lagi :onfire: kebetulan ane di rumah juga ada hamster :semangat: tapi masih atu ajah :swt: gak tahu juga apa itu cowok ato cewek ? kasihan beberapa hari sendirian :garing:

satryabajaireng
12-10-2011, 02:30 AM
Hamster ane baik2 ndann, kgk ada yg kanibal, pling klo laki sma laki brantem, terpaksa jari ane jd korban bwat msahin,kekekek

elfira91
20-11-2011, 09:32 AM
kalo ane biasanya karena dia sakit, entah itu tumor, stres, atau bahkan dimakan sama temennya
fyi, biasanya yang tipe syrian yang suka kanibal. jadi lebih baik piara winter white atau robo saja :lalala:

echocuel
22-11-2011, 03:12 AM
:niceinfo: soal'y ane melihara hamster selalu mati...

bizly
16-12-2011, 12:46 AM
Padahal dulunya sempat ingin pelihara hamster karena bentuknya yang lucu
tapi setelah baca trit ini, saya jadi tahu kalau hamster itu rewel, susah dipelihara:sigh:

yunniebun
07-01-2012, 03:51 PM
kalo temen gua dulu hamsternya mati gara2 kabur
terus kan ga ketemu tuh yah eh setalah ketemu ternyata hamsternya ketiban di bawah kasur
kasian banget :onion-10:

kitsune159
08-04-2012, 09:39 PM
wuih nice info gan ..............!!
ane baru tw klo ngbersihin kandang bisa buat stress hamster nich

priezt
09-04-2012, 12:09 AM
Padahal dulunya sempat ingin pelihara hamster karena bentuknya yang lucu
tapi setelah baca trit ini, saya jadi tahu kalau hamster itu rewel, susah dipelihara:sigh:

justru gampang kog kk
hamster ga ky dogi yg harus diajak maen terus.
dia hidup soliter, jadi malah klo keseringan diajak maen yg cepet stress.
sehari paling ajak main 15 menit aja, 2x sehari :D

sisa waktunya biar dia di kandang.. bersihin kandang jg ga ribet bgt. pup nya (klo hams sehat) kering dan ga bau kog hehe


wuih nice info gan ..............!!
ane baru tw klo ngbersihin kandang bisa buat stress hamster nich

ga sampe se setress yg dibayangin. itu cuma pengenalan dia lg aja, kan bau kandangnya dia jadi ilang, serasa di tempat asing lg.
tar lama2 dia mulai adaptasi lg
:hmm:

suntoroagung
15-05-2012, 02:35 PM
Wah dah lama gak mampir thread ane sendiri. Hehe... Sekarang berkat pengalaman selama 2 tahun ini dan menerapkan thread ane sendiri, sekarang bisa mengetahui sifat hasmter per ekornya.
Oh ya gan, yang sedang/ingin/akan memelihara hamster, saran ane kalo ingin jinak, dielus-elus aja sejak anak hamsternya masih kecil tapi dah berbulu. Jangan 'emosi' kalo tiba-tiba mau/telah menggigit agan, tetep dilakukan terapi "elus-elus" itu. Niscaya, hamster akan nurut dan gak akan berperilaku kasar ke kita, malah ntar akan suka minta dimanja. :oghehe:
Tapi, selama ini ane belum bisa menguasai teknik "hamster tidur di pangkuan majikan", kayak tidur di tangan/kaki kita. Sukanya jalan-jalan mulu.

priezt
15-05-2012, 03:08 PM
^
iya lebih bagus sering dipegang pas masi bayi, biar jinak ampe gede :haha:

klo yg hams tidur di pangkuan itu gw juga blom bisa nih T_T, entah tipe hamster nya yg terlalu lincah ya..
ngiri klo liat yg punya temen, baru digendong eh dia dah pules @_@

suntoroagung
29-05-2012, 01:08 PM
^
iya lebih bagus sering dipegang pas masi bayi, biar jinak ampe gede :haha:

klo yg hams tidur di pangkuan itu gw juga blom bisa nih T_T, entah tipe hamster nya yg terlalu lincah ya..
ngiri klo liat yg punya temen, baru digendong eh dia dah pules @_@

Gak tau juga gan, itu bener apa gak, soalnya cuma sekedar cerita aja sih, belum liat sendiri. Dari 2 tahun ini mau coba dilatih gitu susah juga, kecuali yang dari kecil uda dimanja. Kutaruh jauh dari ane, eh balik lagi ke ane sambil muter-muter di sekitar ane duduk.
Btw, ane pernah baca ada yang boleh pegang bayinya yang pas masih merah. Bukannya beresiko ya? Kalo nanti uda dielus terus ditaruh kandang lagi, malah dimakan ma induknya. Ada yang tahu gak kebenaran metode itu? Butuh pencerahannya ya:hmm:

cungju
30-05-2012, 10:11 PM
nocw info!!!!

nambah pengetahuan ane nih!!!

k1bo
01-06-2012, 01:58 PM
kadang bayi hamster suka dimakan ma hamster dewasa kalu lg kelaparan...:aaaa:

bused dagh,gamau ah ane melihara hamster:takut:

pada kannibal, masak dipegang aja dimakan, org kucing ane baru ngelahirin anaknya gwa pegang biasa aja tuh :lol:

priezt
01-06-2012, 02:27 PM
^



Btw, ane pernah baca ada yang boleh pegang bayinya yang pas masih merah. Bukannya beresiko ya? Kalo nanti uda dielus terus ditaruh kandang lagi, malah dimakan ma induknya. Ada yang tahu gak kebenaran metode itu? Butuh pencerahannya ya:hmm:

kalo masih merah emang jangan..
si induk klo mau nyusuin bayinya harus dgn mengenal si bayi lewat bau nya
klo dah kepegang ma tangan kita otomatis dah ada bau lain
dia ga mau nyusuin (dan bisa juga dimakan krn disangka itu pemangsa)
sejenis kelinci jg gitu lah, klo baru lahir bgt jgn lgs dipegang
maklum binatang pengerat spt itu indra yg tajemnya cuma penciuman, klo mata agak rabun biasanya.

gw br berani pegang bayi hams klo dah tumbuh bulu, biasanya sekitar 10 harian

waoneon1
06-06-2012, 02:08 PM
^



kalo masih merah emang jangan..
si induk klo mau nyusuin bayinya harus dgn mengenal si bayi lewat bau nya
klo dah kepegang ma tangan kita otomatis dah ada bau lain
dia ga mau nyusuin (dan bisa juga dimakan krn disangka itu pemangsa)
sejenis kelinci jg gitu lah, klo baru lahir bgt jgn lgs dipegang
maklum binatang pengerat spt itu indra yg tajemnya cuma penciuman, klo mata agak rabun biasanya.

gw br berani pegang bayi hams klo dah tumbuh bulu, biasanya sekitar 10 harian

Iya si rata2 gtu... dulu jg prnah pas baru lahir d pegang tmn ane

eh bsokny mati... pas itu kirain ya di serang tikus ato sejenisnya si....

tp mungkin d srang induknya sndiri y

suntoroagung
08-06-2012, 04:06 PM
^



kalo masih merah emang jangan..
si induk klo mau nyusuin bayinya harus dgn mengenal si bayi lewat bau nya
klo dah kepegang ma tangan kita otomatis dah ada bau lain
dia ga mau nyusuin (dan bisa juga dimakan krn disangka itu pemangsa)
sejenis kelinci jg gitu lah, klo baru lahir bgt jgn lgs dipegang
maklum binatang pengerat spt itu indra yg tajemnya cuma penciuman, klo mata agak rabun biasanya.

gw br berani pegang bayi hams klo dah tumbuh bulu, biasanya sekitar 10 harian

Wah berarti gak bisa ya gan? Ane pingin banget hamster ane bisa manja-manja di sekitar tubuh ane, Misal ane taruh di tangan, dia tidur. Selama ini gak pernah ada yang gitu:sedih1
Oh ya, ada yang pernah pelihara hasmter jenis robo? Itu khan tipe hamster yang gamau dipegang ma manusia. Kalo misal pas punya anak diperlalukan sama dengan yang campbell, kayak pas kecil berbulu uda diajak main dan dipegang, apa bisa jinak sama kita atau malah tetap ikut nalurinya seperti induknya (gamau dipegang juga)? Mohon pencerahannya, kalo bener bisa, ane mau beli yang robo. Soalnya beranaknya bisa teratur, gak kayak campbell:suram:

ndoel82
08-06-2012, 05:05 PM
thank gan infona manfaat bgt

priezt
08-06-2012, 05:45 PM
Wah berarti gak bisa ya gan? Ane pingin banget hamster ane bisa manja-manja di sekitar tubuh ane, Misal ane taruh di tangan, dia tidur. Selama ini gak pernah ada yang gitu:sedih1
Oh ya, ada yang pernah pelihara hasmter jenis robo? Itu khan tipe hamster yang gamau dipegang ma manusia. Kalo misal pas punya anak diperlalukan sama dengan yang campbell, kayak pas kecil berbulu uda diajak main dan dipegang, apa bisa jinak sama kita atau malah tetap ikut nalurinya seperti induknya (gamau dipegang juga)? Mohon pencerahannya, kalo bener bisa, ane mau beli yang robo. Soalnya beranaknya bisa teratur, gak kayak campbell:suram:

kalo pengen hamster yg kalem, mending pelihara winter white aja.
kebanyakan tipe itu (meski ga semuanya) lebih jinak dan gampang dipegang2.
mereka hobinya cuma makan dan tidur. apalagi kalo udah mulai obesitas.
hams gw yg WW dulu pernah, gw sambil ol forum, sambil mangku dia, taro di perut gw gt
awalnya ga betah pengen labur, lama2 cape sndiri, trus merem deh hehe
gw taro di bola plastik (biar dia jalan2 olahraga sndiri) eh dia jg 5 menit lgs tidur.

kalo robo, meski dari bayi, gw ga bisa jamin bakalan anteng, walaupun mungkin tetep ramah sama majikannya.
emang dari sana nya naluri mereka ky gitu, ga suka dipegang manusia.
klo campbell emg udah terkenal lincah, hiperaktif gt wkwkwk
tp muka robo emang paling gemesin sih dari antara semuanya haha.

tp klo liat video2 di youtube sih, kebanyakan bule2 seneng piara jenis syrian
lebih gede, mungkin kerasa pas di tangan (ky bayi kucing kali ya)
jadi kalo dipegang tuh mantep gitu, ga gampang kabur.
kalo dipiara dari bayi mungkin bisa akrab ama tangan majikannya :)

lagian, hamster tu hidup soliter sbnrnya, klo terlalu rame, berisik, cape, dia gampang stress
jadi sekalinya diajak main paling lama 15 menitan aja lah, abis gt biar dia istirahat aja ^^

Rainbow48
08-06-2012, 05:58 PM
ngingetin ane sama hamster ane yang cuman idup seminggu lebih dikit dari waktu belinya :onion-10:

skrupp
09-06-2012, 04:04 PM
:niceinfo:
emang hamster cepet mati..
kasihan tetangga, tiap melihara hamster, gk lama langsung mati.

xibitz
10-06-2012, 12:03 AM
hmmm.....
kematian memang bisa terjadi secara mendadak.

suntoroagung
19-06-2012, 11:45 AM
kalo pengen hamster yg kalem, mending pelihara winter white aja.
kebanyakan tipe itu (meski ga semuanya) lebih jinak dan gampang dipegang2.
mereka hobinya cuma makan dan tidur. apalagi kalo udah mulai obesitas.
hams gw yg WW dulu pernah, gw sambil ol forum, sambil mangku dia, taro di perut gw gt
awalnya ga betah pengen labur, lama2 cape sndiri, trus merem deh hehe
gw taro di bola plastik (biar dia jalan2 olahraga sndiri) eh dia jg 5 menit lgs tidur.

kalo robo, meski dari bayi, gw ga bisa jamin bakalan anteng, walaupun mungkin tetep ramah sama majikannya.
emang dari sana nya naluri mereka ky gitu, ga suka dipegang manusia.
klo campbell emg udah terkenal lincah, hiperaktif gt wkwkwk
tp muka robo emang paling gemesin sih dari antara semuanya haha.

tp klo liat video2 di youtube sih, kebanyakan bule2 seneng piara jenis syrian
lebih gede, mungkin kerasa pas di tangan (ky bayi kucing kali ya)
jadi kalo dipegang tuh mantep gitu, ga gampang kabur.
kalo dipiara dari bayi mungkin bisa akrab ama tangan majikannya :)

lagian, hamster tu hidup soliter sbnrnya, klo terlalu rame, berisik, cape, dia gampang stress
jadi sekalinya diajak main paling lama 15 menitan aja lah, abis gt biar dia istirahat aja ^^

Wah, WW bagus juga ya? Hahaha... Tipenya emang pemalas gitu ya gan? Tapi gapapa sih, ane prefer hamster yang suka dipangku gitu, daripada dipangku tapi digigit. Berabe juga dah.
Wah, berarti robo gak bisa ya? Padahal lebih lucu dari tipe hams lain, pingin rasanya cubit hidungnya itu. Hahaha...
Wah, kalo sirian takut ane gan. Kalo ane pelihara tipe sirian, malaah keinget "hamster syrian" yang sering ane lihat di got - got deket rumah ane. Malah jadi jijik -_-"
Oh, jadi gak bisa ya diajak main sekitar 1/2 jam gitu? Wah, ternyata metode ane salah nih. Harus diperbaiki lagi kalo mau main ma hams ane. Hehe...
Thanks buat infonya gan.

tiu_vivo
19-06-2012, 08:25 PM
Hamaster ane pada mati gara gara dimakanin tikus di belakang rumah :suram:

suntoroagung
23-06-2012, 01:10 AM
Hamaster ane pada mati gara gara dimakanin tikus di belakang rumah :suram:
Hah? Ane baru tau tikus suka makan hamster. Apa disangkanya tikus kecil ya? Soalnya insting hewan rata-rata suka memakan anaknya karena takut dikuasai/berkuasa mendahului seniornya (disini senior yang dimaksud adalah tipe jantan).
Kalo hams ane sering dimakan kucing kalo dah musim kawin, "nginep" di rumah ane buat jaga anaknya, eh jantannya tengkar ma betinanya, (mungkin jengkel kalah ma betinanya) malah hams ane jadi "sasaran" empuk buat disantap :madesu:
Rasanya pingin ane :voodoo: atau :gatling: biar kucing kampungnya mampus semua. Hahaha...

tiu_vivo
23-06-2012, 10:54 AM
Hah? Ane baru tau tikus suka makan hamster. Apa disangkanya tikus kecil ya? Soalnya insting hewan rata-rata suka memakan anaknya karena takut dikuasai/berkuasa mendahului seniornya (disini senior yang dimaksud adalah tipe jantan).
Kalo hams ane sering dimakan kucing kalo dah musim kawin, "nginep" di rumah ane buat jaga anaknya, eh jantannya tengkar ma betinanya, (mungkin jengkel kalah ma betinanya) malah hams ane jadi "sasaran" empuk buat disantap :madesu:
Rasanya pingin ane :voodoo: atau :gatling: biar kucing kampungnya mampus semua. Hahaha...


iya ane juga pertamanya bingung kenapa hamster pada ilang :iii:, ga tau pas di temuain lagi dimakan sama tikus dan yang nyisa tinggal tulang, kepala sama kulitnya doang :hiks:. pengen ane basmi banget tuh tikus sama ane :gatling:

eddie1984id
23-06-2012, 12:29 PM
yg ini kejam banget sih bro :hiks:
ko bisa sih, induknya mau makan anaknya, cm gara2 kita pegang
emanngnya najis :bata:

bukan gitu bro, induk bakal ngrasa kalo anaknya itu 'benda asing' karena baunya udah bau manusia (saat tersentuh tangan)
gak hanya hamster, marmut (guinea pig) sama kelinci juga kadang 2 begitu , ane dah ngalamin

kensai1986
23-06-2012, 08:22 PM
kalau kita pegang pake tangan pas masih bayi, induk nya gak bisa cium bau nya atau bau nya sudah berbeda, di kira bukan anak nya, makanya dibunuh atau dimakan.
makanya biasa nya disarankan untuk di biarin dulu selama beberapa hari atau 1 minggu baru boleh pegang pakai tangan, atau seperti cara yang disebutkan, menggunakan sendok plastik.

ichigo1214
25-06-2012, 03:31 PM
wah dulu hamster ane taro di depan rumah gan. kena sinar matahari langsung. sering dimandiin lagi :( jadi kangen sama hamster ane

priezt
25-06-2012, 03:54 PM
iya ane juga pertamanya bingung kenapa hamster pada ilang :iii:, ga tau pas di temuain lagi dimakan sama tikus dan yang nyisa tinggal tulang, kepala sama kulitnya doang :hiks:. pengen ane basmi banget tuh tikus sama ane :gatling:

pengalaman pribadi juga nih.. lebih dari 20 ekor hamster gw mati gara2 tikus
tikusnya bukan tikus rumahan yg kecil2 gt suka ngumpet di dapur,,
tapi tikus got, yg segede anak kucing. liatnya aja gw dah serem~

soalnya hamster2 gw ga boleh masuk dlm rumah, jd ditaro di teras atas, tp tikusnya lompat dr genteng tetangga jd aja kena sasaran :'(


wah dulu hamster ane taro di depan rumah gan. kena sinar matahari langsung. sering dimandiin lagi :( jadi kangen sama hamster ane

hams ga boleh kena matahari sih, dia biasa idup di suhu cenderung dingin malah. klo kepanasan tar kena heatstroke.
mandiin jg hrs liat kondisi hamster. klo kira2 fisik lemah, mending mandiin pake pasir khusus aja, jgn air.
yg biasa mandiin pake air tuh bule2 gt di luar negri, tp biasanya hamsnya syrian (lebih kuat fisiknya)
tau sndiri hamster di indo tu banyak yg ga jelas identitasnya, kasi makan jg asal2an ma pedagangnya

tiu_vivo
28-06-2012, 10:03 AM
wah dulu hamster ane taro di depan rumah gan. kena sinar matahari langsung. sering dimandiin lagi :( jadi kangen sama hamster ane

hmster bukannya ga boleh dimandiin sma kena matahari langsung? :bloon:


pengalaman pribadi juga nih.. lebih dari 20 ekor hamster gw mati gara2 tikus
tikusnya bukan tikus rumahan yg kecil2 gt suka ngumpet di dapur,,
tapi tikus got, yg segede anak kucing. liatnya aja gw dah serem~

soalnya hamster2 gw ga boleh masuk dlm rumah, jd ditaro di teras atas, tp tikusnya lompat dr genteng tetangga jd aja kena sasaran :'(

kalo hamster ane dimakanin tikus yang kecil kecil (curut), :hiks:

cungju
28-06-2012, 10:46 AM
hmster bukannya ga boleh dimandiin sma kena matahari langsung? :bloon:



kalo hamster ane dimakanin tikus yang kecil kecil (curut), :hiks:


tikus itu memang biang kerok di rumah!

anak kucing ane aja pernah digigit ama tikus

debars
30-07-2012, 03:31 AM
nanya om ... dulu sayah punya hamster jantan dewasa ,,, cuman 1 ga ada temennya , kandang lumayan gede, da sendirian .hehe., tapi tiba2 dia mati. prasaan umurnya blom 2 tahun, nah sebelum mati, (sorry) testisnya keras sebelah ... itu tumor apa apa yha? emang ga di cariin jodoh waktu itu mengingat beli hamster jauh dan ane ga tau tempatnya.. thx

Kazegawa04
11-08-2012, 11:03 AM
aku punya hamster... saya rawat setiap hari..
setelah dah gemuk n kayanya obestas,,,
hamster saya langsung mokad.. T>T

iinlovenie
18-08-2012, 03:31 AM
kalo hamster itu ada rabiesnya ga kk ??
soalnya kan ada virus gitu / di kasi obat aja ?

conell_noce
27-01-2013, 06:54 PM
banyak juga pengalaman ts..
nice inpo gan...
berguna bg pecinta hamster..

sealover1245
28-01-2013, 04:02 PM
hamster ane hilang semua digondol tikus nih dalam 1 malam
padaha jenis unggulan semua mahal
suram ilang duid banyak

akiyama2
29-01-2013, 09:13 AM
kemarin dikasih hamster 2biji sama temen yang punya farm rodentia(sebangsa hamster,GP,dll)
katanya jenis winter white...
yang cowo' tiger (katanya) yang cewe' sapire (katanya juga)
terus awalnya dapet seingetku warna bulunya abu-abu di pinggir ma item di punggung...
gak tau kenapa bulunya yang warna abu-abu sekarang berubah jadi warna putih....:ogbingung:
aku tanya temenku katanya gapapa itu karena hawa dingin n musim hujan...:elegan:
mohon pencerahanya om... takut kenapa2... :ogtolong:
soale lagi sayang2nya ni....

nameless4
02-02-2013, 01:41 AM
dulu gw melihara hamster tapi entah kenapa mati terus, atau yang palng parah kejadiannya pagi2 nya ilang dari kandang padahal kandangnya udah terkunci...terus ditemuin dalam keadaan luka2..kalo ini gimana yah??

aunx
18-02-2013, 04:05 PM
trims infonya.. trakhir salah satu hamster gw ilang.. ternyata pas diikutin jejak "remahan rotinya" hamster gw dimakan kucing liar..
sayangnya kucing peliharaan gw yg biasa ngejaga dari kucing liar baru pulang dari petshop.... :hiks:

bluesarmy
22-02-2013, 06:01 PM
hamster mnrt gue emg paling gampang mati apalgai kalo abis ngelahirin....

XiaoWe21
05-03-2013, 04:07 PM
ijin nyimak gan.. temenn ane hoby noh sama hamster

knight364
06-03-2013, 12:21 PM
tanya dong,
di pejwan ada tulisan standard ukuran bayi hamster biar gk terlalu kecil,
karena yg terlalu kecil gk sehat n bisa dimakan induknya...
nah, ukuran standard itu seberapa ya?
hamster saya beranak 3, tapi yg bisa bertahan hidup sampe gede cuma 1...
waktu baru lahir saya liat ukuran mereka sama semua...
:pusing:

deevro
06-03-2013, 10:38 PM
tanya dong,
di pejwan ada tulisan standard ukuran bayi hamster biar gk terlalu kecil,
karena yg terlalu kecil gk sehat n bisa dimakan induknya...
nah, ukuran standard itu seberapa ya?
hamster saya beranak 3, tapi yg bisa bertahan hidup sampe gede cuma 1...
waktu baru lahir saya liat ukuran mereka sama semua...
:pusing:

hamster ane juga abis melahirkan lngsung d makan ma induknya, kira2 harus d giemanain ya biar g d mkan induk x ?
soal x bayi hamster kan btuh susu ibu x ?? :sebel:

Savia
16-05-2013, 08:53 PM
oh hamster harus ditempat yang dingin ya
tp di pedagangnya kadang pk lampu buat manasin

gufee
19-05-2013, 01:33 PM
wah dulu pas jaman2 SMA (pas hamster tidak se terkenal dan banyak skarang ini) ane pernah miara tuh
dan sampe punya anak
ternyata gitu yah penyebab matinya sang anak

mungkin karena sering kepegang sama tangan ane
jadi si anak di anggap bukan anaknya sendiri (karena baunya udah beda)
dan sampe sedihnya ane kubur tuh anak2 hamster di depan kelas ane