PDA

View Full Version : Beda Jakarta Tahun 1976 dan 2004 Versi NASA



smkosasih
24-12-2010, 03:08 PM
Jakarta sudah terlalu sumpek dan padat. Tak meratanya pertumbuhan ekonomi membuat Jakarta bak magnet yang menarik jutaan pendatang dari daerah lain tiap tahunnya. Makin banyaknya penduduk, makin besar juga kebutuhan untuk rumah, pasar, dan juga jalan.
Akibatnya fatal. Bencana mengancam Jakarta. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) bahkan memprediksi Jakarta Utara tenggelam tahun 2030. Sedangkan untuk Jakarta Selatan ancaman menghadang di tahun 2050.

Ini adalah akibat pelanggaran aturan tata ruang, sistem drainase yang buruk, serta tingginya penggunaan air tanah di kawasan padat penduduk dan perkantoran.

Makin padatnya Jakarta sempat direkam satelit Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dari luar angkasa.

Foto pertama diambil NASA pada tahun 1976, saat penduduk Jakarta masih 6 juta jiwa. Yang kedua diambil pada 1989 saat penduduk Jakarta berjumlah 9 juta, dan pada 2004 saat penduduk berjumlah 13 juta.

Foto yang dihasilkan satelit NASA memanfaatkan cahaya inframerah yang dipantulkan permukaan Bumi. Vegetasi alias tumbuh-tumbuhan memantulkan cahaya inframerah sangat kuat tampak berwarna merah. Sementara, daerah perkotaan terlihat berwarna hijau muda.

Tiap foto yang ditampilkan mewakili luas 49x49 kilometer persegi, yang terletak di 6,2 derajat Lintang Selatan, 106,8 derajat Bujur Timur.

Dalam gambar tahun 1976 yang diambil pemindai Landsat MSS, menunjukkan, wilayah perkotaan saat itu berada di wilayah tengah gambar dan sepanjang pantai. Sisanya dipadati tumbuhan.


http://2.bp.blogspot.com/_wv0Sp4ydOss/TRMJH4a2O0I/AAAAAAAAAsg/PggGkk338wE/s1600/101881_citra-satelit-jakarta-1976.jpg


Tiga belas tahun kemudian, pada 1989, Landsat menangkap ekspansi wilayah perkotaan terjadi di wilayah tengah dan mengikis tetumbuhan.


http://1.bp.blogspot.com/_wv0Sp4ydOss/TRMJYAXEJ8I/AAAAAAAAAsk/G0m3vJdF4SQ/s1600/101882_citra-satelit-jakarta-1989.jpg


Sementara, dalam foto terakhir yang diambil instrumen Spaceborne Advanced Emisi Termal dan Refleksi Radiometer (ASTER) di satelit Terra NASA, pada tahun 2004, terlihat ekspansi perkotaan meluas ke barat.

Hampir keseluruhan gambar berwarna hijau terang, hanya noktah-noktah merah kecil yang tersisa. Ini berarti kantong vegetasi makin langka di Jakarta. Jika 2004 lalu sudah begitu gersangnya, bayangkan wajah Jakarta saat ini dari luar angkasa!


http://4.bp.blogspot.com/_wv0Sp4ydOss/TRMI8Xg6GkI/AAAAAAAAAsc/d6VrTVNbL5Y/s1600/101885_citra-satelit-jakarta-2004.jpg


sumber:

http://jelajahunik.blogspot.com/2010/12/beda-jakarta-tahun-1976-dan-2004-versi.html

fouchan
24-12-2010, 03:12 PM
terlihat bagian yang berwarna merah/cokelat semakin lama semakin hilang, yang sayangnya itu adalah tumbuh tumbuhan :sigh:

arriy
24-12-2010, 04:29 PM
wah jakarta makin lama ekspansi perkotaannya yg meludeskan tanah untuk vegetasi makin menjadi-jadi..
padahal satu daun pun hari ini sangat berharga buat nyegah global warming.. :yareyare:

peter82
24-12-2010, 04:39 PM
siapa suruh datang jakarta :XD:
di daerah lapangan pekerjaan dikit & penghasilan kecil :XD:
---------------
tanyakan pada rumput yg bergoyang
tanyakan pada pohon yg tumbang
tanyakan pada merapi yg meletus
:suling:

Double_DecaKiva_DenBlades
24-12-2010, 04:43 PM
tahun 2020 kayaknya jadi biru semua:iii:
maksudnya jadi laut semua:lalala:

zerto
24-12-2010, 04:54 PM
tahun 2020 kayaknya jadi biru semua:iii:
maksudnya jadi laut semua:lalala:

ijo kali maksud anda....

antondraken
24-12-2010, 05:22 PM
terlihat bagian yang berwarna merah/cokelat semakin lama semakin hilang, yang sayangnya itu adalah tumbuh tumbuhan :sigh:
Oooo yg merah kecoklat2an itu tumbuh2an ya gan?

Buset, ilang byk bgt yah

Drastis sekali bedanya 1989 vs 2004 :sigh:

sunsphoenix
24-12-2010, 05:36 PM
Hemp, jadi ternyata NASA juga diam2 ngintip Indo juga yah
:???:

yooha
24-12-2010, 07:13 PM
pantesan aja makin lama udara jakarta makin panas, tumbuhannya udah ludes.. :hot:

annez
28-12-2010, 06:07 PM
bused..........taon 76 aj NASA dah punya teknologi kyk gitu.............berarti selama itu kita diamati dunk......

Wlidws2
28-12-2010, 06:14 PM
Wew itu foto tahun 2004 yang 2010 atau 2011 nanti gimana ya

Fallen_Angelz
28-12-2010, 07:27 PM
wah keliatanny jakarta dulu itu seger....:swt:...
klo skarang mana ada yg seger....

lucaviend
28-12-2010, 07:38 PM
namany kota...makin lama makin bnyk gedung2:sigh:

lient
28-12-2010, 07:40 PM
Udah saatnya pindah ibu kota.... terlalu terpusat ke jakarta

metacloud
28-12-2010, 08:22 PM
Wah pantesan Jakarta makin panas aja

armed_mick
28-12-2010, 10:06 PM
kalo ane mah tinggal di desa...:fuh:tapi ane miris juga liat JKT kya gitu....drastis n siapakah yang patut disalahkan atas semua ini:iii:

Orthia
29-12-2010, 01:15 PM
klo masalah ini ga cepet2 ditanggulangi, bisa2 10 thn mendatang kota kita bakalan tenggelam nih, ckckckkk....

tokidoki11
29-12-2010, 01:17 PM
wah:matabelo:
gersang bener pantesan
jadi mw hidup d jaman itu

Feansall
29-12-2010, 01:34 PM
banyak banget ijonya tahun 2004, kalo sekarang ijonya segimana lagi ya?

burik
29-12-2010, 02:08 PM
bused..........taon 76 aj NASA dah punya teknologi kyk gitu.............berarti selama itu kita diamati dunk......

ia gan, sampe sekarang indonesia masih ketinggalan..

dejivrur
29-12-2010, 04:04 PM
10 taun lagi jakarta jadi kayak apa?

cuma Tuhan yang tau

asvaldr
29-12-2010, 04:04 PM
wew gimana kalo nanti taun 2050 keatas ya?:bingung:
udah ijo semua itu gambarnya

StuckBug
29-12-2010, 04:20 PM
pantes aj makin lama makin gerah di jakarta siang hari,,

Cress
29-12-2010, 04:25 PM
udah tau gitu dimana2 lowongan kerja ujung2nya ke jakarta semua :ngacir:

am4terazu
29-12-2010, 05:13 PM
Hhahaha..
kena batunya tuh kota... :hehe:

Nurus
31-12-2010, 04:02 AM
Kualitas gambarnya koq sama yah...
itu foto beneran?

khan seharusnya lautnya makin menjorok ke darat

zeedeed
31-12-2010, 08:14 AM
Kualitas gambarnya koq sama yah...
itu foto beneran?

khan seharusnya lautnya makin menjorok ke darat

nggak juga kk, kan pantai utara jawa kecenderunganya mengalami sedimentasi, jadi wajar kalo garis pantainya tetep

caremelly
31-12-2010, 08:31 AM
makin terlihat saja kalau di jakarta udaranya sudah tidak bersahabat lagi

ultranationalist
31-12-2010, 08:39 AM
lama2 fotonya jadi hijau semua, dimana2 bangunan

omi
31-12-2010, 01:10 PM
tidak ada lagi hutan pepohonan hidup
yg ada hutan beton-beton gedung

kurekureninja
31-12-2010, 01:16 PM
ga heran jakarta banjir mlulu....pulang kantor kalo abis ujan pasti maen air dah gw di jalanan

zevanna
31-12-2010, 03:41 PM
Coba tahun 2011 jakarta utara udah hijau semua.

Apalagi kelapa gading udah dikit banget tumbuhan sekarang

ronin_cip
02-01-2011, 11:20 AM
sebentar lagi yang warnanya merah akan hilang semua :iii:

tian_1800
02-01-2011, 01:36 PM
kebanyakan CO2 tuh, panas :hot:

harusnya orang kalo bikin rumah banyakin pohonnnya, ga kayak perusahaan properti, asal rumahnya bagus aja...

tian_1800
02-01-2011, 01:37 PM
dopost lagi :maaf:

:sigh:

2easy
02-01-2011, 01:44 PM
Akibat semakin majunya suatu negara, tnp diikuti dengan keseimbangan alam, makanya alam nya ngambek melulu, banjir dimana2 hihihi

you_are_maho
08-01-2011, 02:24 PM
taun 76 beda banget ama sekarang...:kaget:
dulu daerah nya masih empang" gitu pasti...
lah sekarang, adanya gedung" ama kolam renang...
beda banget:kaget:
btw :niceinfo:

Kingform555
08-01-2011, 03:03 PM
sayang banget tumbuhan sebanyak itu lenyap...pantes sekarang jakarta panas banget

tukiman
08-01-2011, 04:48 PM
wah ternyata NASA tukang intip ya ? :iii:
paling gambar semua negara mereka punya :lol:

ternyata jakarta 1976 ama jakarta 2004 beda banget

smkosasih
08-01-2011, 07:23 PM
wah ternyata NASA tukang intip ya ? :iii:
paling gambar semua negara mereka punya :lol:

ternyata jakarta 1976 ama jakarta 2004 beda banget

gw juga kalu kerja di NASA pasti intip2 negara lain..penasaran sih..:hahai:

consciousness
08-01-2011, 07:40 PM
:shock:
gila..
itu tumbuhan2nya pada kemana?? :bingung:
perkembangannya bener2 pesat...

richanRED
08-01-2011, 08:19 PM
ane ga ngerti baca peta ny gmana... http://www.laymark.com/i/m/m025.gif

fendyg
08-01-2011, 09:35 PM
:swt: padahal dari 1976-1989 ga jauh beda.. pertumbuhanny pesat banget :tkp2: entah harus sedih atau senang

LikeYou
08-01-2011, 09:44 PM
jauh amat perbedaannya yak :nangis:

willyanto
08-01-2011, 10:08 PM
aneh masa taun 76 NASA uda punya teknologi segitu??
apa memang adanya keberadaan area 51 yang selama ini diperdebatkan sebagai tempat penelitian teknologi2 baru yang paling canggih.

MAJINBHU
08-01-2011, 10:38 PM
pertumbuhan perkotaan yang agak mengabaikan keseimbangan alam nih.......

jd jangan pada ribut dah klo jakarta makin panas ma sering banjir lah tanah resapan ditutup ma beton

agresivee
08-01-2011, 10:46 PM
udah kebanyakan gedung2 sekarang, pepohonan udah mulai hilang

jakarta jadi panas banget kalo siang zzzz

WhiteSin
08-01-2011, 11:39 PM
yaa, sebenernya klo bisa bikin gedung di bawah laut aje, dah mau abis sih daratnya :hihi:

katshura007
09-01-2011, 02:29 PM
tahun ini gw kesana :top:

kalimongso
12-01-2011, 03:58 PM
Saatnya Ibukota negara dipindahkan ke pulau diluar jawa

adriansatrio
13-01-2011, 02:44 PM
tahun 2020 kayaknya jadi biru semua:iii:
maksudnya jadi laut semua:lalala:

betul bro..


ijo kali maksud anda....

yg biru apa ? laut kan? jakarta ambles ke dlm laut maksutnya :hahai::hahai::hahai:

argakoesdewangga
13-01-2011, 04:15 PM
wah keren nich... bisa berbangga jg nich...

lacussklein
14-01-2011, 12:48 AM
yaaa.. gitu de... kota metropolitan..

happybratboy
15-01-2011, 07:54 PM
peta bandung ada ga?
pengen liat dulu sama skg jadi kaya apa

Alexander_86
16-01-2011, 05:50 AM
moga2 aja ada perbaikan biar g sampe ambles...

akamepi
16-01-2011, 07:29 AM
makanya pindahin aja Ibu kota,, hahaha

pelawaks
16-01-2011, 07:36 AM
itulah risiko modernisasi gan... tapi seharusnya menurut undang2, jakarta minimal harus punya lahan hijau minimal 20% lho... hmmm... sudah diberlakukankah uu tsb?

adriansatrio
16-01-2011, 10:43 PM
itulah risiko modernisasi gan... tapi seharusnya menurut undang2, jakarta minimal harus punya lahan hijau minimal 20% lho... hmmm... sudah diberlakukankah uu tsb?

undang2 kita kan anget2 tahi ayam :peace:

JPHdd
18-01-2011, 02:42 PM
Itu bagian yg dilihat cmn daerah jakarta utara, ya secara emg disana daerah industri… Gw klo pas mau landing di soekarno hatta pas di pesawat liat kebawah penuh dengan atapē tempat industri besar…


♪ JPHdd - Jasa Pengisian Harddisk ♫ (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=138820)

klimax
19-01-2011, 10:15 PM
walah.. jakarta oh jakarta... bertambah bangunan bertambah juga tingkat kegersangannya...

lucaviend
19-01-2011, 11:30 PM
gmn keadaan 2010 NASA?:???:

black_clavus
19-01-2011, 11:34 PM
pantes aja makin panas :keringat:

tapi mau gimana lagi, namanya juga ibu kota :keringat:
mending kita benahi wilayah2 seperti pedesaan :hero:

biondy6
20-01-2011, 08:40 AM
hahahah... jakarta udah botak gan tanemanya.. ampe keliatan gersang banget tuh dari satelit

Kazama_Mana
20-01-2011, 08:49 AM
beda jauh :swt:
andai bisa kembali kemasa itu:angel3:

Jormungand
20-01-2011, 08:51 AM
hmm, jakarta sebagai kota metropolotan (dan mau jadi megapolitan kalo gasalah) perubahannya gak sejalan dengan perlindungan lingkungannya

aturan kasi satu daerah bebas penduduk buat paru2 kota kan bisa tuh~

jevn
20-01-2011, 05:38 PM
memang jakarta sudah pantas di cabut haknya sebagai ibu kota dan di pindahkan sesegera mungkin...!!

Gollum
20-01-2011, 07:29 PM
emang jakarta udah kacau-balau gan tata kotanya :sigh:

Raizan
20-01-2011, 07:57 PM
Jakarta sudah Kacau balau tata kota kacau , jalannan kacau resapan air kacau apalagi klow banjir kacau banget dan manusianya juga lama" otaknya jadi kacau

sumiyoshi
20-01-2011, 10:48 PM
bener2 beda:swt:

memang jakarta sudah pantas di cabut haknya sebagai ibu kota dan di pindahkan sesegera mungkin...!!

emang jakarta udah kacau-balau gan tata kotanya :sigh:
setuju pindah aja kalimantan :swt:

balista
21-01-2011, 12:59 AM
bused..........taon 76 aj NASA dah punya teknologi kyk gitu.............berarti selama itu kita diamati dunk......

xn udah lama mrka mengincar indonesia, ladang emas, minyak, dll dah
bung karno tau, maknya trus da ganyang malisia tu yg boneka as.