PDA

View Full Version : Pendapatan per Kapita Indonesia Rp27 Juta



Michaelis
07-02-2011, 03:26 PM
Ekonomi - / Senin, 7 Februari 2011 16:10 WIB
Jakarta: Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat produk Domestik Bruto (PDB) per kapita Indonesia pada 2010 mencapai US$3.004,9 atau Rp27 juta. Ini meningkat 13 persen ketimbang PDB per kapita 2009 yang sebesar Rp23,9 juta atau US$2.349,6.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPS Rusman Heriawan dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (7/2). Nilai PDB per kapita tersebut didapat dari pencapaian PDB sebesar Rp6.422,9 triliun dibagi dengan jumlah penduduk Indonesia sebesar 237, 6 juta orang.

Produk Nasional Bruto (PNB) per kapita juga meningkat dari Rp23,1 juta atau US$2.267,3 pada 2009 menjadi Rp26,3 juta atau US$2.920,1 pada 2010. "Terjadi peningkatan sebesar 13,9%," kata Rusman.

Selama periode Agustus 2009-Agustus 2010 (year on year/yoy), lapangan kerja baru tercipta sebanyak 3,34 juta. Dengan pertumbuhan ekonomi 6,1%, lapangan kerja baru tercipta sebanyak 548 ribu dari setiap 1% pertumbuhan ekonomi.

Sampai dengan Agustus 2010, lapangan kerja yang tercipta sebanyak 108,21 juta. Jumlah tersebut meningkat dari 2009 yang sebanyak 104,87 juta.(MI/ICH)

http://www.metrotvnews.com

http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=132611
http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=142086
http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=142129
http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=142301

Perhatian pada kk momod, apabila tidak sesuai di topikx, dipindahkan saja..
Thanks

ErlineSan
11-02-2011, 10:17 AM
apakah datanya bnr2 akurat?

4njar2
11-02-2011, 10:34 AM
yap.....
asal teman2 tahu....
pelaut indonesia minimal pendapatan 12 juta
max 120++jt
pengusaha restorant d indo aja 300-600 jt perbulan

Cassxandra
28-02-2011, 10:44 PM
tapi kok masih banyak org miskin ya gan? apalagi org yg ngga punya rumah? abis org kaya pd dijakarta aja sih gan kebanyakan

dejivrur
01-03-2011, 02:35 PM
dengan pendapatan perkapita segitu
katanya sekarang banyak okb (orangkayabaru) dengan segudang permintaan kendaraan bermotor baru

tetapi pada kenyataannya masih banyak rakyat Indonesia yang gak punya tempat tinggal layak
masih banyak yang makan nasi bekas yang dijemur lagi trus dimakan lagi
masih banyak pemuda pengangguran
kesian republik ini

Arthuria
02-03-2011, 05:27 PM
Yaa mingkin bener juga, tapi untuk kasus di indonesia pendapatan itu tidak merata. yang namanya pendapatan per kapita kan rata2 pendapatan penduduk pertahunnya. gampangnya orang kayanya banyak tapi orang miskinnya juga lebih banyak lagi sedang yang pendapatannya rata-rata ga terlalu banyak

fouchan
02-03-2011, 05:31 PM
dengan kondisi indonesia yang seperti sekarang...
pendapatan perkapita yang lumayan besar seperti itu... menunjukan ketimpangan yang sangat besar...
ada yang sangat kaya sekali dan sangat miskin sekali :sigh:

bocahkhayal
02-03-2011, 08:34 PM
Sepertinya sih datanya tepat akan tetapi pembagian pendapatan perkapitanyalah yang kurang merata jadinya penduduk miskin itu gak ngerasain gimana pertumbuhan ekonomi di Indonesia itu seperti apa, dan yang ngerasaain malah orang kaya atau orang kaya baru ajah

9a0809
02-03-2011, 08:37 PM
segini banyak, tapi orang ngemis dijalan gak ada yang ngasi
bener" dah

cahyo_pwkm
02-03-2011, 11:15 PM
namanya juga pendapatan per kapita
pendapatan total dibagi jumlah warga negara
yg pendapatan aje gila ngangkat, yg ga punya pendapatan kedongkrak
aslinya mah, kesenjangan sosialnya tinggi banget

gazetter
04-03-2011, 07:12 AM
segini banyak, tapi orang ngemis dijalan gak ada yang ngasi
bener" dah

sebnernya masi sedikit koq pendapatan perkapita negara kita itu...

masi jauh klo mw rakyatnya makmur...

garrensan
04-03-2011, 10:41 AM
Pendapatan rata2 nya ngga merata~

flacier
04-03-2011, 06:01 PM
namanya juga pendapatan per kapita
pendapatan total dibagi jumlah warga negara
yg pendapatan aje gila ngangkat, yg ga punya pendapatan kedongkrak
aslinya mah, kesenjangan sosialnya tinggi banget

Setuju banget sama cahyo.
Yang kaya makin kaya, yang miskin terus miskin.
Yang harus dirubah dari negara kita bukan dari pendapatan perkapitanya ataupun yang lainnya, tapi moral dulu yang harus diberesin.

abinksegeir
07-03-2011, 09:56 PM
namanya juga pendapatan per kapita
pendapatan total dibagi jumlah warga negara
yg pendapatan aje gila ngangkat, yg ga punya pendapatan kedongkrak
aslinya mah, kesenjangan sosialnya tinggi banget

setuju bro,pendapatan orang2 kaya yg kbanyakan yg bikin nilai rata2nya jadi "stabil"
klo dihitung ma inflasi 10-12% per taun,gw rasa kenaikan pendapatan sebesar 13% jd tdk berpengaruh....

spions
07-03-2011, 10:10 PM
sangat miris gan. eda banget ma kenyataannya :rokok:

pencukurbumi
08-03-2011, 03:09 PM
Dua hal yang tak dapat kau percaya:
1. Wanita
2. Statistik

miq_
30-03-2011, 10:16 PM
Dua hal yang tak dapat kau percaya:
1. Wanita
2. Statistik

wanita nomor 1 :swt:
UMR aja masih kecil
lagian kalau ga merata ya percuma

neoroby
31-03-2011, 10:55 AM
kasian orang ga mampu, cuma ikut keitung..
kesenjangan semakin lebar..

Pesan : buat orang kaya duitnya jangan dibawa/disimpen ke luar negeri. investasiin aja di Indonesia biar menyerap tenaga kerja. jangan mikir untung ruginya, tapi pikirin nasib saudara sebangsa dan setanah air.

miq_
31-03-2011, 11:45 AM
berarti perbulan rata2 27 jt / 13 (+ umr) = 2.075 rb
= 2 jutaan per bulan

gaji dpr 2004-2009
a DPR RI, 2004-2009

A. Gaji pokok dan tunjangan
1. Rp 4.200.000/bulan
2. tunjangan
a. Jabatan Rp 9.700.000/ bulan
b. Uang paket Rp 2.000.000/bulan
c. Beras Rp 30.090/jiwa/bulan
d. Keluarga:
suami/istri (10% X Gaji pokok Rp 420.000/bln)
anak (25 X Gaji pokok Rp 84.000/jiwa/bulan)
e. Khusus pph, pasal 21 Rp 2.699.813

B.penerimaan lain-lain
1. Tunjangan kehormatan Rp 3.720.000/bulan
2. Komunikasi intensif Rp 4.140.000/bulan
3. Bantuan langganan listrik dan telepon Rp 4.000.000
4. Pansus Rp 2.000.000/undang-undang per paket
5. Asisten anggota (1 orang Rp 2.250.000/bulan)
6. Fasilitas kredit mobil Rp 70.000.000/orang/per periode

C.Biaya perjalanan
1. Piket pulang pergi sesuai daerah tujuan masing-masing
2. Uang harian:
a. Daerah tingkat I Rp 500.000/hari
b. Derah tingkat II Rp 400.000/hari
3. Uang representasi:
a. Daerah Tingkat I Rp 400.000
b. Daerah Tingkat II Rp 300.000
(keterangan: lamanya perjalanan sesuai program kerja, dan sebanyak-banyaknya 7 hari untuk kunjungan kerja per orangan, dan 5 hari untuk kunjungan kerja tim komisi/gabungan komisi)

D. Rumah jabatan
1. Anggaran pemeliharaan
- RJA Kalibata, Jakarta Selatan Rp 3.000.000/rumah/tahun
- RJA Ulujami, Jakarta Barat Rp 5.000.000/rumah/tahun
2. Perlengkapan rumah lengkap

E. Perawatan kesehatan uang duka dan biaya pemakaman
1. Biaya pengobatan (oleh PT Askes)
- Anggota DPR, suami/anak kandung/istri dan atau anak angkat dari anggota
yang bersangkutan.
- Jangkauan pelayanan nasional:
> Di provider diseluruh Indonesia yang ditunjuk termasuk provider ekslusif untuk rawat jalan dan rawat inap.

2. Uang duka :
-wafat (3 bulan X gaji)
-tewas (6 bulan x gaji)
3. Biaya pemakaman Rp 1.050.000/orang

F. Pensiunan
1. Uang pensiun (60% x gaji pokok) Rp 2.520.000/bulan
2. Tunjangan beras Rp 30.090/jiwa/bulan

total lebih dari 10 kali lipar :swt

mikemandey
01-04-2011, 12:41 PM
yahh mgkn bener sih itungannya.. tapi ga merata.. yg kaya, kaya banget... yg miskin, miskin banget

zainal_scofield
08-04-2011, 06:55 PM
yah namanya pendapatan perkapita, trus yang dimainkan statistik.
ini negara indonesia pa ada yang murni??
statistik atau angka bisa saja dikarang, atau gax sampelnya kurang merata.

gayustambunih
08-04-2011, 08:35 PM
27 juta mah, kalo dibandingin dengan jumlah warga indonesia yg beratus ratus juta juga masih kecil banget.
wajar aja sih kalo masih banyak gepeng di indonesia

arcanine
12-04-2011, 07:47 PM
walau pendapatan perkapita naik, utang negara juga makin naik. :huff:

luntung
15-09-2011, 12:09 AM
inilah negara "yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin"

xterminator
15-09-2011, 04:37 PM
ini data untuk semua rakyat indonesia udh akurat belum, tampaknya sih hanya yg kedata doank, masih byk yg melarat

easyvalen
16-09-2011, 08:52 AM
inilah negara "yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin"
ya namanya juga indonesia:sigh: pasti bertambahnya pendapatan perkapitan gr2 makin banyak yg korupsi:keringat:

adnanunique
20-09-2011, 12:23 AM
nambahin dikit, 27 juta itu per kapita Per tahun loh yaaa.....
jadi per bulan = 27/12 = 2.25 juta

eh kok gede amat yah? ga salah tuh,
kalo misal 1 keluarga = 4 orang, berarti 4 x 2.25 juta = 9,5 juta (buseeeet :panik:)
makmur juga yah Indonesia

kovac
20-09-2011, 06:20 PM
wah aje gile 27 juta :???:

tapi koq yang melarat disekitar kita juga tambah banyak ya...

kmrn gw ngobrol2 ama tetangga banyak yang gajinya ga nyampe sejuta sebulan...

kesenjangannya tinggi banget ya...

azerky
20-09-2011, 06:26 PM
ah pendapatan ane setahun blm segitu, soalnya masi dalam percobaan..

sicky
11-10-2011, 01:36 PM
Timpangnya realitas sosial di negara ini....

Setchi
11-04-2012, 04:36 PM
Beneran nih kok rasanya makin hari makin banyak yang minta minta di jalanan

Dwikynugraha
13-05-2012, 03:04 PM
emang kalo orang kaya gajinya bisa gede banget jadi seperti nutupin gaji gaji orang orang kecil

an_syahr
05-09-2012, 09:08 AM
Sampai dengan Agustus 2010, lapangan kerja yang tercipta sebanyak 108,21 juta. Jumlah tersebut meningkat dari 2009 yang sebanyak 104,87 juta

baguslah klo udh kyk gini, semoga aja pengangguran dapat berkurang dan SDM di Indonesia terus meningkat :peace:

Inesu
05-09-2012, 12:29 PM
konten tidak sesuai dengan AAS

sy close ya :bye: