PDA

View Full Version : Ekonomi China Mantap di Posisi Dua Dunia



finoeci
14-02-2011, 03:27 PM
Jepang menyerahkan posisinya sebagai ekonomi terbesar ke dua dunia kepada China pada 2010, karena produk domestik bruto (PDB) mengalami kontraksi pada kuartal empat di tengah menurunnya konsumsi dan juga permintaan konsumen.

PDB tahunan turun 1,1 persen pada kuartal Oktober-Desember karena berakhirnya subsidi mobil dari penjualan mobil yang tinggi, pajak tembakau baru telah menekan permintaan rokok serta menguatnya yen yang berimbas pada ekspor.

Sementara angka kuartalan mengalahkan ekspektasi analis kontraksi 2,4 persen, menurut poling Dow Jones Newswires yang dilakukan terhadap para ekonom.

Ekonomi Jepang tumbuh 3,9 persen pada 2010, data pemerintah menunjukkan, tetapi masih lebih rendah dibanding dengan pertumbuhan China yang cepat, tergeser menjadi ekonomi terbesar ketiga dunia.

Nominal PDB Jepang 5,474 triliun dolar pada 2010 yang kalah dengan PDB China yang mencapai 5,879 triliun dolar, menurut data tersebut.

Meski Jepang berhasil keluar dari resesi yang lama pada 2009, namun pemulihan ekonominya masih rentan dengan deflasi, utang publik yang tinggi, melemahnya permintaan domestik, melemahnya ekspor serta menguatnya yen yang semuanya itu mengkhawatirkan para pembuat kebijakan.

Bulan lalu Standard & Poor menurunkan peringkat kredit Jepang satu tahap ke "AA-" dari "AA", dengan mengurangi utang berjalan yang mendekati 200 persen dari PDB, tertinggi dari negara maju.

Pemerintahan Perdana Menteri Jepang Naoto Kan memprioritaskan reformasi jaminan sosial dan sistem perpajakan, tetapi nampaknya approval rating-nya turun dan oposisi sejauh ini menolak untuk memulai pembicaraan masalah tersebut.

Sumber (http://www.mediaindonesia.com/read/2011/02/14/203294/4/2/Ekonomi-China-Mantap-di-Posisi-Dua-Dunia)


Makin mantep aja ni China.. :top:
Indonesia kapan ya.. :???:

teuku_robby
14-02-2011, 03:34 PM
perekonomian china makin maju aja :top: semoga perekonomian Indonesia ke depan bisa seperti China :top:

mr_ark
14-02-2011, 04:58 PM
Sekarang banyak pabrik-pabrik elektronik/komputer yang berdiri di Cina. Wajar kalo ekonominya makin mantap. Kayaknya lama-lama hardware komputer capnya bakal jadi "made in China" semua nih. :hehe: Kemarin aja beli modem CDMA Speed Up ternyata made in China. Beli USB Flash Disk juga sama buatan Cina.

EeqkuRasaPisang
14-02-2011, 05:28 PM
nomor 1 nya negara apa? Amerika?
di China SDM nya murah sih jadi banyak investor yg buka pabriknya di cina.
kalo buka pabrik di indonesia, apa2 bayar inilah bayar itulah, mana berani investor buka pabrik
Buruh/ pekerja tersinggung dikit2 Demo.

dham_baylisstic
14-02-2011, 06:48 PM
wah, mantap bener nih China bisa masuk posisi dua ekonomi terbesar dunia.. :top:


Sekarang banyak pabrik-pabrik elektronik/komputer yang berdiri di Cina. Wajar kalo ekonominya makin mantap. Kayaknya lama-lama hardware komputer capnya bakal jadi "made in China" semua nih. :hehe: Kemarin aja beli modem CDMA Speed Up ternyata made in China. Beli USB Flash Disk juga sama buatan Cina.
ampir semua barang2 elektronik di Indonesia Made in China.. gak cuma barang2 elektronik, mainan anak2 aja banyak yang made in china.. :keringat:

dejivrur
14-02-2011, 08:47 PM
kemaren gue liat dokumenter china di metro tipi jaman jamannya mao zedong
cina ancur ancuran, kelaparan dimana mana
komunisme menghancurkan bangsanya sendiri
mao zedong di dewakan, massa anarkis

ga kebayang cina bisa bangkit kayak hari ini

akamepi
14-02-2011, 08:58 PM
tapi ane juga pernah baca kesuksesan Cina rapuh juga gan,,, sama aja, yang kaya cuma segolongan orang yang miskin jauh lebih banyak~~

saoyuan
14-02-2011, 08:59 PM
Wah, China bentar lagi menguasai dunia. Semoga Indonesia bisa mengikuti

sunsphoenix
15-02-2011, 10:56 AM
Indonesia posisi berapa yak???
:keringat:

athenamars
15-02-2011, 11:13 AM
cina hebat ya sekarang:iii:
tapi wajar sih produk mereka kan murah n penyebarannya banyak ke negara2 berkembang ya naik deh ekonomi mereka:yareyare:

coggakz
15-02-2011, 11:19 AM
udah bukan berita awam lagi nih

coba aja liat sekitar kita mis. dirumah, pasti ada barang bwtan china :swt:

zpawn
18-02-2011, 04:19 AM
mantap cina skrg maju dgn gedung bertingkat ny.
tapi kt spupu gw, org cina juga masi byk yg miskin2 pa lg yg di pedesaan...
kerja jd pelayan resto gaji 1,5jt kerja dari pagi ampe malem.....
ga tau jg karna di indo jg byk yg krja ny gitu....

fouchan
18-02-2011, 04:20 AM
kita sebagai bangsa indonesia harus mengikutu jejaknya...
:onfire:

presiden2025
18-02-2011, 09:38 AM
gw pernah baca artikel yang bilang Cina bisa kayak gini karena mereka konsentrasi dulu di pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologinya... dan karena itu juga Obama meniru China dengan mengajak Senat mengalokasikan dana lebih untuk Riset, ilmu pengetahuan dan transportasi..

kalo Indonesia mau bersaing, fokus aja dulu di riset dan Iptek, kesampingkan dulu anggaran2 yang gak perlu itu...

sinra
18-02-2011, 09:49 AM
china jadi nomer satu :bloon:

kok gak indo yg jadi nomer satu :swt:

klo indo nomer satu, yg pasti nomer satu dari bawah :dead: