PDA

View Full Version : Biology 5 Hewan Kloning Yang Kontroversial



kntphathoy
24-02-2011, 12:09 AM
Moga aja gak :repost: , udah keliling2 gak nemu yang sama...

Baiklah langsung.. :TKP:
berikut ini adalah beberapa hewan hasil kloning yang dianggap sangat kontroversial...
Cekidot...


1. Domba Bernama Dolly

http://photoserver.ws/images/0iif4d6546bbdd709.jpg

Kehadiran Dolly merupakan peristiwa penting dalam teknologi genetika yang menunjukkan bahwa para ilmuwan bisa membalikkan waktu selular dengan mengkonversi sel domba dewasa menjadi embrio yang kemudian tumbuh menjadi domba baru. Kelahirannya menyulut perdebatan sengit tentang etika dan akibat kloning. Seorang penulis mengklaim bahwa Dolly “menatap anda dengan kedua mata merahnya yang penuh kebencian”.

Sanggahan etika yang menentang kloning hewan diperkuat ketika domba tersebut dikritik pada tahun 2003 setelah mengidap penyakit paru-paru. Hewan tersebut ditimpa dengan masalah-masalah kesehatan juga menderita karena artritis prematur.

2. Tikus Bernama Cumulina

http://photoserver.ws/images/bVRk4d6546bc4955e.jpg

Cumulina merupakan yang pertama dari 50an tikus identik sepanjang tiga generasi yang dibuat di Universitas Hawai pada tahun 1998. Hewan kloning tersebut dinamakan Cumulina karena dia dibuat dari DNA sel-sel kumulus yang mengelilingi telur yang sedang berkembang pada indung telur tikus betina. Cumulina merupakan hewan pertama yang dikloning dari sel-sel dewasa yang bertahan hingga masa dewasa dan menghasilkan dua seperindukan sehat.

3. Gaur (Bos Gaurus) Bernama Noah

http://photoserver.ws/images/Yf1W4d6546bca87d8.jpg

Noah adalah nama dari spesies Gaur (spesies dari Asia Tenggara yang mirip bison), merepresentasikan percobaan pertama yang dilakukan oleh para ilmuwan untuk mengkloning hewan yang terancam punah. Para ilmuwan di Amerika berharap bisa mengambil langkah besar dalam upaya melindungi spesies yang terancam punah dengan melahirkan kloningan gaur di sebuah peternakan di Iowa. Namun Noah mati sesaat setelah lahir pada tahun 2001.

4. Kucing Bernama CC

http://photoserver.ws/images/noUR4d6546bff1599.jpg

CC atau Carbon Copy yang lahir pada tahun 2001 merupakan hewan peliharaan pertama yang dikloning. Para ilmuwan berharap bahwa menciptakan Carbon Copy kucing bisa menawarkan jutaan pemilik piaraan kesempatan untuk membangkitkan hewan peliharan kesayangan keluarga.

Namun walaupun Rainbow yang merupakan kucing orisinil bertubuh gemuk dan memiliki warna putih dengan bintik-bintik coklat, coklat muda dan keemasan, CC bertubuh ramping dengan warna putih dan belang abu-abu. Lebih lagi, kedua kucing tersebut memiliki sifat berbeda, Rainbow pendiam tapi CC suka bermain.

5. Sapi Bernama Vandyk-K Integ Paradise 2

http://photoserver.ws/images/bmou4d654a85edd30.jpg

Hewan ini merupakan salah satu dari tiga yang dikembangkan dari sel-sel yang diambil dari sapi yang memenangkan berbagai perlombaan bernama Vandyk K Integ Paradise di Amerika. Embrio-embrio yang dibekukan dari kloning tersebut ditanamkan pada induk-induk pengganti di Inggris. Vandyk-K Integ Paradise 2 menjadi pusat pembicaraan ketika daging dari keturunan kloning tersebut masuk pasaran.


sumber :
http://sobatscm.blogs.linkbucks.com/2011/01/18/5-hewan-kloning-yang-menyulut-kontroversi/
http://go-killz.blogspot.com/2011/02/5-hewan-kloning-yang-kontroversial.html



:hehe: kalau dirasa bermanfaat jangan lupa buat ucapkan terimakasih ya... :thx:
:peace: dan silahkan berikan komentarnya...

kntphathoy
24-02-2011, 07:52 AM
kalo kucingnya bagus tuh. imoet :hehe:

setubuh, kucingnya imoet banget.:peace::peace::peace:


Namun walaupun Rainbow yang merupakan kucing orisinil bertubuh gemuk dan memiliki warna putih dengan bintik-bintik coklat, coklat muda dan keemasan, CC bertubuh ramping dengan warna putih dan belang abu-abu. Lebih lagi, kedua kucing tersebut memiliki sifat berbeda, Rainbow pendiam tapi CC suka bermain.

tp walaupun begitu terdapat banyak perbedaan dengan kucing orisinilnya, kucing itu benar2 yang paling bagus diantara semua hewan2 kloning lainnya.. :onegai:

nuansadewangga
24-02-2011, 09:10 AM
Bagus itu kucingnya, imuttt :matabelo:

Tp yang namany kloning kan ga sesuai sama ajaran agama, suatu saat pasti ada efeknya yg ga baik :yareyare:

toruk_makto
24-02-2011, 11:00 AM
merupakan peristiwa penting dalam teknologi genetika yang menunjukkan bahwa para ilmuwan bisa membalikkan waktu selular dengan mengkonversi sel domba dewasa menjadi embrio yang kemudian tumbuh menjadi domba baru.

Kalo untuk proses kloning ini cuma berasal dari sel yang dikonversi menjadi embrio, apakah embrio tersebut bisa membawa sifat2 genetik dan DNA hewan dewasa sebelumnya? Terbukti dari percobaan yg kucing itu, makanya bisa beda fisik maupun sifatnya..
Jadi sepertinya proses kloning ini masi jauh dari sempurna, semoga kelak kedepannya para ilmuwan2 itu bisa nemuin proses kloning yang sempurna..

quro_one
24-02-2011, 11:02 AM
kloning yg sekarang sih masih belum sepenuhnya 'kloning' kek di filem2, lsg jadi dewasa trus sama persis (tubuh + kesadaran + memori)..
buktinya kucing CC itu masih berbeda dengan 'asli'-nya.. kloning yg ini lebih mirip bayi tabung gitu.. cuma sel sperma + sel telur betul2 di rekayasa genetika.. :iii:
klo yg ini sih, masih belum menyalahi agama 'menurutq' :peace:

tp lucu juga tuh kucing, mau donk satu :matabelo:

joe_cfu
24-02-2011, 08:01 PM
kucingnya imoout bgt :matabelo:
coba klo Q punya kucing bersih kaya' gitu pasti gue sayang tu :matabelo:

nickson
25-02-2011, 09:53 PM
wah rupanya si dolly sakit - skitan terus

thnks buat infonya:fufufu:

evan22
25-02-2011, 10:46 PM
taunya domba dolly aja pas baca2 koran waktu SMP.
setau ane hewan ini yg pertama kali dikloning. IMHO

lee_sunkyu_lover
26-02-2011, 09:00 AM
kasian banget si dolly...

udah ga punya bonyok, penyakitnya mematikan pula:sedih1

tsuuma
24-07-2011, 05:20 PM
wah dolly...kasian y nasibmu nak...sakit2an mulu.... =='a
CC lucu bgt,cb kl banyak binatang peliharaan d cloning,pst bingung kl tiba2 ilang :p

RainDog
24-07-2011, 05:55 PM
:cinta: kucingnya memang lucu n imut...:matabelo:

diantara 5 hewan hy dolly yg gw tahu...:swt:

btw:niceinfo:

GenocideR
26-07-2011, 01:09 PM
kucingny kawai bro :hihi:
tp kok ad kucing kek skrg jg y di gmbrny?? :???:

maikerukun
12-01-2012, 09:29 PM
sapi hasil kloningan n dagingnya masuk asaran :ohno: ada apa dengan dunia ini :ohno:
bahaya gak tuh dagingnya :lol: ntar manusianya yang konsumsi jadi mutasi lagi :iii:
ntar kalo mutasi mati di cryonic gak mati lagi :iii:
dunia semakin gila :lol:

yniko
12-01-2012, 09:41 PM
Ya ampunnnn :matabelo: Kucing CC itu unyu bgt :ogmatabelo:

chipoetz
12-01-2012, 09:49 PM
domba dolly itu hewan pertma yg berhasil di clon kan ?
tp gag bsa idup karen trus"an kena penyakit ~_~

Elk4put
04-03-2012, 07:47 AM
gak perlu bilang macem2..klo hewan terancam punah di clone..no problemo 4 me.hewan/tumbuhan di clone..fine2 aja.asal terancam punah.klo manusia diclone..aku sih mau aja.biar jadi bangsa cantik n bohay klo cewek.klo mau di model kayak misa amane ato meer champbell pastinya ok tuh.di add nano tech..pastinya clone++...

thecrasher
04-03-2012, 12:38 PM
kapan ya manusia di clone, atau emang udah tapi ga bilang2... :o

egie_d_luffy
13-03-2012, 07:59 PM
kloning secara pengetahuan memang baik untuk kemajuan IPTEK namun dari segi moral dan norma itu jelas bertentangan.. disinilah kebijaksaan manusia untuk menyikapinya.. :)

Frontier
14-03-2012, 09:30 AM
wah yg kucing lucu imut2...
kl manusia di kloning gimana yah...
jd serasa punya sodara kembar

kevinsenjaya
14-03-2012, 03:20 PM
yang ane cma tau yang dolly itu, ternyata ada banyak ya hasil kloningan
mungkin 10 tahun kedepan bakal marak nih kloning mengkloning
sekarang masih kloning mengkloning postingan, taun depan sapa tau ....
wkkwkwk

foxy_WintErMisT
16-03-2012, 10:21 AM
kloning ini dosa ga siih??? ane denger2 kloning itu dosa,, tapi ga tau alasanny...

apitnobaka
16-03-2012, 05:10 PM
Hum.. kloning. Selain dolly, ada efek negatif ke hewan kloningan yang lain itu kah? Kloning yang sapi itu dagingnya sampe masuk pasaran.. aman?

ded2000
18-03-2012, 09:59 PM
bagus juga yah, jadi hewan2 yg terancam punah bisa dilestarikan

bella_donna
30-04-2012, 01:11 PM
cuma tau dolly doang..
kalo tujuannya buat melestarikan hewan yg terancam punah kayaknya perlu didukung

kentungtambun
11-05-2012, 01:55 PM
sepanjang tujuannya baik , menurut saya kloning itu boleh2 saja..

itu domba dolly waktu kecil geger banget deh dimana2..

sekarang geger shaun de sheep hahaha

hunter934
11-05-2012, 02:01 PM
ada-ada aja dunia ini, syukurilah nikmat yg Tuhan berikan

CinweiHwang
19-05-2012, 04:41 PM
ga semua hewan kloning hasilnya bagus, kebanyakan sakit2an makanya kloning itu dilarang

titio
19-05-2012, 08:21 PM
apapun itu
kloning tak diperbolehkan

hans
20-05-2012, 12:34 PM
wah kabar yang bagus nih untuk dunia kedokteran gan kalo digunakan untuk kloning organ tubuh kita yang sudah rusak. jadinya kan ndak akan ada lagi kasus penolakan organ yang ditransplantasikan

pabatu
21-05-2012, 05:26 PM
kyk nya kucing itu gk gt bnyk perbedaan fisik sm kucing2 biasa...

kundalinew
27-05-2012, 09:24 PM
jadi misalnya suatu makhluk hidup dikloning hasil kloningannya adalah individu lain yang bisa berbeda sifat. Jadi sebenarnya identiknya dimananya gan?

Zaks
27-05-2012, 10:38 PM
Kucing nya gemesin... so cute.. haha

Kasian sama si Dolly... pesakitan..

Akka_Tsuki
02-06-2012, 12:24 PM
apapun itu
kloning tak diperbolehkan

setuju gan :ehem:
Apapun alesannya, kita harus berjiwa besar pada takdir yang sudah
dikasih ama kita,:ehem:
kalo udah mau punah ya kita lestarikan n rawat yang udah ada,
kalo udah mati ya kita harus mengikhlaskan,:fufufu:
Cloning isn't Solution..:merah:

theunknownprimarch
02-06-2012, 12:45 PM
kalau buat menyelamatin hewan yg mau punah sih mungkin gak apa
tapi klo kloning manusia, nanti gimana jadinya ?

croftzty
02-06-2012, 02:02 PM
Domba doly jadi inget pelajaran SMA.
ini belajar tentang rekayasa genetik. dan membahas tentang doly.
emang sih sistem kekebalan tubuh tuh hewan lemah gitu

ryrien
02-06-2012, 03:39 PM
mauuu kucingnyaa...
mnurut sy yg kucing itu tidak kontroversial deh... ._.a

tiara_bhella
02-06-2012, 05:01 PM
keren... http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-15.gif

g stuju adanya kloning, selama ga menyimpang hehehe..

etapisan
07-06-2012, 01:55 PM
katanya jepang ingin nge klonik binatang yang sudah punah ya??

skrupp
07-06-2012, 04:27 PM
yang ane tw cuman dolly aja..
nice info nih :nifeinfo:
tapi efek kloning itu ya terjadi sesuatu yang buruk :ogohno:

agungbudy
10-06-2012, 01:18 AM
yang ane tau cmn dolly gan.
itu bener, di sekolah dlu ane oernah belajar..dolly

Sunday_KNIGHT
12-06-2012, 10:49 PM
yang kucingnya imut banget oi :matabelo:
jadi kepingin punya, tuk melihara

cynara154
17-06-2012, 02:16 PM
CC nya imuut.. suka main lagi.. :matabelo:
baru tau kalau kucing juga udah ada yg kloning.. dari dulu taunya Dolly aja dari buku sekolah.. :hehe:
tapi imo, kurang mendukung kegiatan kloning ini.. mungkin agak menyalahi ketentuan Tuhan ya..

gsharktale
17-06-2012, 07:46 PM
wow apa lagi ya yg bakalan di kloning yah ?

bakalan ngeri kalo manusia bener2 bisa dikloning :ogohno:

viden
17-06-2012, 07:58 PM
kloningan di awal2 abad ini memang banyak sekali kekurangan... tapi seiring berjalannya waktu, teknologi akan semakin maju dan berkembang, bisa dibayangkan beberapa abad lagi teknologi kloning bisa jadi malah lebih baik...

jono_thelight
20-06-2012, 12:57 AM
hahaha namanya kok dolly ya ???
jadi inget yang disurabaya http://www.cute-factor.com/images/smilies/onion/cd08785a.gif

sherlock1524
20-06-2012, 09:51 PM
ane kenalnya domba dolly aja ....

entah kapan yah, manusia bisa di kloning kan ...

kan, kereeen bisa punya kembaran ... hehehehe

sullivan46
07-08-2012, 03:36 PM
paling terkenal ya si dolly itu ya..
kasian jg.. tuh nasibnya..

ventje90
09-08-2012, 04:35 PM
daging sapi hasil kloning gimana rasanya ya?
Bisa gak ya diatur agar smeua dagingnya lebih tender dan enak. Hehe...

shirozora
09-08-2012, 04:44 PM
tetep agak horror sedikit tentang cloning hewan ini, tapi thanks banget infonya.
yang paling menarik sih menurut gw kucing yg terakhir itu.:iii:

valarze
10-08-2012, 09:06 AM
kloning masih belum sempurna... dan kalaupun sudah sempurna, sejauh mana hak kita buat menggandakan makhluk hidup?

Dengan kemampuan membuat kehidupan di luar proses alami, pasti ada pihak yang merasa memiliki hak atas kehidupan tersebut dan ini bisa bahaya, karena berarti dia seperti punya hak untuk mengatur dan bahkan mencabut nyawa 'ciptaan'nya... makanya seringkali orang menyebut kalo kloning itu "mempermainkan Tuhan"...

Seberapa jauh kloning di halal kan? ini masih jadi perdebatan. Yang pasti saat mencapai level manusia, perdebatan kloning akan mencapai titik puncak. Jika mengenai hewan liar atau hewan hampir/sudah punah, maka masih akan ada pertimbangan.

mynameishiroko
10-08-2012, 11:14 AM
kalau entar sudah terasa manfaatnya bagi manusia, meskipun itu "merugikan" dunia hewan, pasti tidak akan jadi kontroversi lagii :p

Krest
10-08-2012, 12:48 PM
semakin lama teknologi semakin maju aja... lama kelamaan manusia bisa jadi bahan kloneng nih

babeh_orayz
10-08-2012, 12:59 PM
Kayaknya cc sikucing yang menurut ane hasil cloning yg mendekati sempurna
Tapi kok sifatnya beda ya sama yang aslinya?

kobeltits
14-08-2012, 03:27 AM
kucingnya beda gak ada mirip2nya... namanya kloning kan mirip gak -___-... klo beda gitu meningan dikawinin aja trus lahir anak sama kucing juga...

Sunday_KNIGHT
01-12-2012, 12:58 AM
wah dolly...kasian y nasibmu nak...sakit2an mulu.... =='a
CC lucu bgt,cb kl banyak binatang peliharaan d cloning,pst bingung kl tiba2 ilang :p
mungkin ini salah satu kekurangan dari mahkluk kloning,
soalnya sel dipaksa melakukan regenerasi paksa untuk menjadi sebuah organ (walopun dilakukan dalam tabung dan rahim)

yang membuat gw penasaran dengan mahkluk klon adalah :
seharusnya mereka akan sama persis dengan sumber selnya,
otomatis juga tahan terhadap penyakit yang tidak mempan pada sumber sel,
tapi yang terjadi koq malah kebalikan ya ? bingung juga dengan teknologi clone ini,

pantesan aja masih dikira ini kontroversial, soalnya seperti di tutup-tutupi aja informasi mengenai ini,
apalagi sumber sel yang digunakan gak pernah di liatin (domba satunya lagi)
* IMN

lihat sisi baiknya aja dah, kalo emang suatu saat bermanfaat dan yang diklone bisa membawa sifat unggul, kenapa tidak :ngacir: __

dasnawq789
02-12-2012, 03:16 PM
kloning gw aja biar dunia makin perfect :ogelegan:
awkakwkakakw
tpi klo cloning sakit2an kyk si dolly kasian yg dikloning mnding kloning distop aja

bujin
02-12-2012, 09:07 PM
kayaknya pernah baca tentang dolly pas masi jaman sd dulu, hohoho
itu kucing lucu amat ya
tapi kloning menentang ajaran agama kan ya?

jadidzain
05-12-2012, 09:44 AM
Hmm.... meskipun merupakan hasil kloning, tapi sepertinya hewan tsb punya sifat dan perilaku yg berbeda dg induknya...
kalau yang d kloning hewan sih gak apa2, tapi jg sampai manusia ya... bisa2 terjadi keributan besar :yareyare:

fael_c00l
19-12-2012, 11:47 AM
kloning :ohno:
Bhaya kalo kloning an nya itu prematur,, kasian kloningannya :ohno:

Aurora_110347
20-12-2012, 08:34 AM
hewan cloning ttp aja tdak sm dengan binatang yg aslinya.

itu knapa mereka sangat rentan terkena penyakit dan usia nya ga akan lama.
dan dari kebnyakan hasil kloning mereka mmg sering sakit sakitan.

tpi kasian juga sih ngeliatnya, mereka ada karena hasil percobaan kloning.. :sedih:

r35kipsa
21-12-2012, 01:08 PM
Kloningan bakalan mempunyai ingatan sama kayak orang pertamanya gx ya?

sent by tapatalk LG OPTIMUS BLACK

Silver_surfer
22-12-2012, 03:38 PM
^
Ya ga lah :lol:
Ingatan kan disimpan dalam otak, dan ga mengubah DNA :XD:
Kl iya, bisa-bisa bayi yg baru lahir udah punya ingatan dari ortunya dong :takut:

freakygeorge
27-04-2013, 11:59 PM
baru tau selain si domba ada lagi ternyata yang dikloning,,,

tapi apa baru 5 itu kah? apa ternyata udah ada bnyak yang kloning" hewan??? ew

jono_thelight
30-04-2013, 12:23 AM
coba kalo dolly di jawa timur dikloning setiap propinsi di Indonesia pasti banyak yang setuju ya gan ???http://forum.indowebster.com/images/smilies/onion-08.gif

tsubaki9
02-05-2013, 11:05 PM
hewan hasil kloning selalu mngagumkan, tp setau ane hewan kyk gitu umurnya selalu g pnjang .......

hadys72
02-05-2013, 11:10 PM
yang paling terkenal kayaknya cuma domba dolly
tapi ga lama hasil kloning itu matikan
entah apa yang menyebabkan kematiannya

afriansyah1
03-05-2013, 08:25 AM
jadi ingat dulu waktu kuliah biologi umum, dosen ane cerita, beliau penelitiannya dulu kloning tikus (eh bukan tapi seperti pembuahan yg di lakukan di luar rahim, kalo gak salah), ruangan harus steril dll, yg jadi cuma 1 itu pun gak sempurna, memang lebih hebat rahim yg di ciptakan tuhan.

ishall_07
25-05-2013, 10:02 PM
wah makin banyak aja ya kloningan. jangan2 suatu saat manusia yang bakalan di kloning nih

Swag_ESh
26-05-2013, 03:39 PM
bknnya kalo kloning itu jadinya steril ya? :bloon:
mungkin beberapa tahun lagi kloning di legal'in bisa"

AlienKnowledge
17-06-2013, 12:12 PM
teknologi cloning harus dikembangkan agar tingkat kematiannya minimal

chain94
17-06-2013, 04:43 PM
teknologi cloning harus dikembangkan agar tingkat kematiannya minimal

Teknologi cloning udah dilarang pengembangannya karna kalo disalahgunakan, efeknya akan sangat besar. :iii:

Elk4put
11-07-2013, 12:23 PM
selain 5 diatas.klo liat tv.malah banyak kok.termasuk rubah merah yg dikloning ama pemerintah korsel.krn di habitat asalnya dah miris jumlahnya.ato hewan yg namanya coyote.katanya jumlah dialam bebas makin dikit.diklon pula.
di india ato pakistan.kayaknya india.kloning domba gunung.tujuannya buat ngembaliin populasinya sekaligus mengambil hasil woolnya.klo yg ini..harap di cek.kayaknya aku inget2 lupa..
klo mo klon manusia.siap2 masuk jaman Blade Runner.film masalah Sci-Fi.klon juga.pernah nonton.pake nano machine etc.termasuk jaringan hidup sebagai contoh.
niat klon manusia.sebaiknya buat para pria yg baik2 aja.krn tidak semua wanita suka pria baik2.apalagi klo fisik prianya biasa aja ato gak bagus2 amat.meskipun ok.pinter etc.tapi kalo fisik prianya gak karuan mana suka para cewek mendekat.so kloning para cewek yg aku maksud.ala Blade Runner.biar para cewek yg terlalu pilih2 termasuk playgirl abis.sok Boss.pokoknya sifatnya gak bener nyesel abis.

yerhannap
11-07-2013, 01:07 PM
kloning perasaan gak ada gunanya
masa hewan yg baru lahir sebnernya usianya udh sama dgn induknya, termasuk penyakitnya segala

be4you
03-09-2013, 12:13 PM
kenapa kontroversial ya?
kan ini demi kemajuan teknologi juga. walaupun emang ga wajar sih

Rafinha
25-09-2013, 12:44 PM
manusia ya udah merasa jadi tuhan aja
kloning itu menyalahi kodrat

GaleRareglove
08-10-2013, 02:40 PM
yg ane kenal cuman Dolly
masih agak gak setuju dengan adanya kloningan karena rawan penyelewengan

justkaen
08-10-2013, 03:25 PM
selama ini cuman tau dolly

Berrychan
14-10-2013, 08:34 PM
gila human research about cloning dah semaju ini, sy pikir cuma si dolly dan krn ,masalah ethic jadi ga berkembang lagi

halajua
15-10-2013, 01:05 AM
ga ada picturenya?

AlienKnowledge
15-10-2013, 01:46 AM
nnnnnbbbbbbbbb nbbmbn,nkvjghv

Yandi13
17-10-2013, 10:03 PM
emg sih buat kemajuan teknologi, tp bener tuh dan setuju bgt ama rata2 org disini.
kloning itu nyalahin kodrat loh :sigh:
trus rawan penyelewengan juga. . .
tp kalo buat pencegahan punah nya binatang langka sih ga terlalu buruk juga yah :yareyare:

azharfattah
26-04-2014, 08:40 PM
kucinggnya lucu banget hahahahaha

bayuparwata
26-05-2014, 02:43 PM
Bagus itu kucingnya, imuttt :matabelo:

Tp yang namany kloning kan ga sesuai sama ajaran agama, suatu saat pasti ada efeknya yg ga baik :yareyare:

Ya gan.... emang ga sesuai dg ajaran agama. Istilahnya menyalahi kodrat

bliee
02-06-2014, 01:10 PM
kloning hewan aja bermasalah, apalagi kloning manusia ya gan :serem

bayuparwata
02-06-2014, 03:14 PM
kloning hewan aja bermasalah, apalagi kloning manusia ya gan :serem

Ya gan. Soalnya itu namnya merubah takdir katanya makanya dilarang gan... Pdahal kan ud berhasil ya

xpsychosocialx
10-06-2014, 06:38 PM
cuma tau kloningan domba dolly

channoopy_
23-08-2014, 06:47 PM
wah teknologi makin hari makin besar ya..
sampe kloning kloning gini.. btw ini pelajaran smp kan