PDA

View Full Version : Ask Sperma Berubah Warna Menjadi Agak Kekuningan??



chontetz
25-02-2009, 08:49 AM
kk sekalian...mau tanya ada yg tau ngak??kenapa sperma berwarna menjadi kekuningan?
dpt prtnyaan dari tmn kerja gw,dan gw bingung jawabnya,begini critanya...
dia sring melakukan hub sexs setiap bertemu dng kekasihnya.
krn jrngnya bertemu,apabila bertemu itu dia melakukan hub sexs lebih dari 2x
bahkan dia prnh bercerita 1hari 7x melakukan hub intim tsbt.

1.apakah itu disebabkan oleh terlalu seringnya berhubungan intim?
2.apakah itu merupakan suatu penyakit?
3.berbahaya/tidak?
mohon penjelasan dari para suhu2 IDWS

ohh..iya 1 lagi..
apa benar buah jakar kita tuh jmlhnya ada 3 dan letaknya ada dibagian kiri:D
setelah gw pegang2 pny gw sih bener sih.tapi 1nya lagi cuma sperti tonjolan kecil saja...berbeda sama tmn gw yg mengeluhkan ini..itu yg bikin dia jadi tny2.:):):).trimsss:em0100:

xaea
27-02-2009, 11:22 AM
kalo setau gua si itu karena kelamaan gak keluar, jadi basi gt dah. kan katanya jarang..
tape singkong aja aslinya putih, dibiarin lama² jadi kuning juga kan..

blacksheep
27-02-2009, 11:37 AM
punya saya nda pernah warnanya kuning,segera periksa ajagh bro ke dokter yang ngurus reproduksi seksual.

mionyaratri
27-02-2009, 12:30 PM
mending suruh temen la'u periksa ke dokter kelamin deh...

takut2 kena penyakit kelamin...

ihhhh sereemmm...

xaea
27-02-2009, 01:23 PM
ntar kalo kata dokternya barang lu musti diamputasi, mendingan jangan mau, buang² duit. biarin aja, ntar juga paling putus sendiri..

NuRaider
27-02-2009, 01:38 PM
Waduh mungkin selama ga ketemu pacarnya spermanya ga dikeluarin2 kali yah... :D

Seperti kata kk xaea, "basi" kali.. :D

Jadi biarpun ga sama pecar musti dikeluarin yah..

Biar spermanya fresh terus..

:lol:

NightStalker
27-02-2009, 01:42 PM
buset putus sendiri :th_093:...

serem amad....

itu begitu keluar apa uda keluar rada lama baru di liat?katanya sih klo agak lama ada penyakit gula...lebih baik cek k dokter gigi...eh...dokter kelamin aja....
btw itu serem amad TSnya baru post 1x tau² dah bonyok aja d timpuk bata....set dah...:swt:

bHell
27-02-2009, 05:01 PM
sperma kuning? udah expired kali tuh... :D
coba lihat tanggal produksi sbelum membeli, hehehe..
--
sUmur2 baru denger ad sperma kuning,,

achy
28-02-2009, 07:36 PM
ngga mungkin lha sperma bisa basi..... tahayul itu...
AFAIK
kalo kekuning2an berarti ada yang ngga beres di alat reproduksi yang punya sperma.... dari artikel yang pernah awa baca, biasanya warna sperma bisa di pengaruhi oleh makanan ato minuman yang masuk ke tubuh, ato pun bisa juga karena infeksi di saluran reproduksi

secara medis... sperma itu bakalan di produksi terus menerus kecuali ada hal2 yang menyebabkan produksi sperma nya terhambat ato kurang subur

jadi kalo sperma yang ngga pernah di keluarkan secara sengaja, suatu saat tubuh akan mengeluarkan sperma itu secara otomatis.... biasanya ketika orang tertidur yang kadang2 disebut mimpi basah, nah pada saat itu lha sperma yang ada, berlebih serta telah lama ada di dalam alat reproduksi di keluarkan oleh tubuh...

kalo soal buah zakar (testis) yang ada 3, menurut awa keknya yang satu lagi itu bisa jadi ada daging yang tumbuh disana, yang awa tau sie buah zakar itu ada 2 buah, kecuali dokter berkata lain :P


CMIIW

achy
28-02-2009, 07:44 PM
ini awa dapet artikel tentang sperma mudah2an ngga repost ato OOT :D

Ternyata, banyak kebiasaan pria yang membuat kondisi spermanya tidak sehat. Apa sajakah itu? Nah, dari pada pusing, yuk, ketahui lebih dalam mengenai seluk beluk sperma yang benar.

Seperti banyak diketahui, hubungan seksual memiliki dua fungsi, yakni fungsi seksual dan fungsi kesuburan. Nah, kualitas sperma berhubungan erat dengan fungsi kesuburan.

Sperma dihasilkan oleh buah zakar (testis). "Ketika seorang pria mengalami ejakulasi, maka ia akan mengeluarkan satu ejakulat (satu porsi) cairan yang disebut semen. Dalam satu ejakulat, selain sperma, juga terdapat cairan (semen)," papar androlog Dr. Nugroho Setiawan, MS, Sp.And.

Sperma yang dihasilkan oleh testis akan terdorong keluar begitu ada rangsangan. Dalam perjalanannya, sperma diberi cairan (semen) yang dihasilkan oleh kelenjar prostat dan kantung mani (vesika seminalis). Jadi, dalam satu ejakulat, ada tiga kelenjar yang bekerja, yaitu kelenjar testis (tubuli seminiferi), kelenjar prostat, dan vesika seminalis. Ini yang menerangkan kenapa pada pria bisa dilakukan vasektomi, tetapi tetap bisa mengeluarkan cairan.

"Pada vasektomi yang terjadi adalah, saluran spermatozoa (duktus deferen) diikat sehingga sperma tidak bisa keluar, tapi semennya tetap keluar karena yang memproduksi kelenjar yang berbeda. Toh, banyak orang awam yang divasektomi merasa tidak mengeluarkan cairan. Padahal, cairan atau semen tetap keluar, tapi spermanya tidak," lanjut dokter dari Klinik Grasia ini menjelaskan.

JUMLAH, GERAK, BENTUK

* Kualitas sperma ditentukan oleh banyak faktor. Yang paling penting adalah volume (jumlah).

"Normalnya, sekali keluar sebanyak 2 sampai 6 mililiter (ml). Jadi, dalam satu ejakulat, terkandung minimal 20 juta ekor spermatozoa per mililiter-nya. Kalau minimal 2 ml per ejakulat, berarti dibutuhkan minimal 40 juta ekor sperma agar terjadi pembuahan," kata Nugroho menjelaskan.

Selain jumlah, yang tak kalah penting adalah gerak sperma. Gerak sperma ada empat macam, yaitu gerak lurus cepat, gerak lurus lambat, gerak di tempat, dan tidak bergerak. "Yang ada gunanya untuk pembuahan adalah yang bergerak maju (gerak lurus cepat dan gerak lurus lambat). Jumlah sperma yang bergerak maju yang dibutuhkan untuk pembuahan minimal 50 persen dari keseluruhan sperma yang keluar," ujar Nugroho.

Sperma juga harus memiliki bentuk normal, minimal 30 persen. "Jika bentuk sperma tidak normal, ia tidak bisa masuk ke rahim wanita untuk melakukan pembuahan. Sperma yang bisa masuk ke dalam rahim wanita adalah yang bentuknya normal dan memiliki gerak bagus," lanjut Nugroho.

Sisanya, yang bentuknya tidak normal dan tidak punya gerak bagus, akan keluar lagi bersama semen. "Biasanya, usai senggama, keluar cairan dari vagina. Nah, yang keluar ini adalah sperma yang bentuknya tidak normal dan geraknya tidak bagus, serta semen. Semen memang ’dilarang’ masuk ke rahim wanita. Ia hanya menghantarkan, lalu keluar lagi setelah sperma masuk rahim," kata dokter yang juga praktik di RSI Bintaro ini.

SUHU LEBIH PANAS

* Jika terjadi kelainan pada sperma, entah karena jumlah, bentuk, maupun geraknya, haruslah dicari sebabnya lebih dulu.

"Kenapa, kok, jelek, jumlahnya kurang, atau bentuknya tidak normal, harus dicari dulu," jelas Nugroho. "Setelah penyebabnya ketemu, kalau diobati, pasti hasilnya akan lebih bagus."

Jumlah sperma yang normal disebut normozoospermia, jumlah kurang oligozoospermia. Sementara sperma yang geraknya normal disebut normozoospermia, gerak kurang disebut asthenozoospermia, dan bentuk kurang disebut teratozoospermia. "Kalau jumlah, gerak, dan bentuknya kurang, pasiennya disebut oligoasthenoteratozoospermia," jelas Nugroho.

Gangguan kesuburan pria yang berhubungan dengan sperma dapat disebabkan oleh banyak faktor. Yang pertama adalah gangguan pada pabrik sperma, yakni buah pelir atau testis. "Testis akan memproduksi sperma-sperma yang baik bila temperaturnya lebih rendah daripada suhu tubuh, kira-kira 36,7 derajat Celcsius. Makanya, testis diberi kantung yang menggelantung. Kalau kedinginan, kantung akan tertarik ke atas, kalau kepanasan tertarik ke bawah."

Gangguan pada pabrik sperma juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya karena kebiasaan. "Misalnya pakai celana dobel, sehingga buah pelir jadi panas. Atau memakai celana yang sangat ketat, sehingga kantung buah pelir malah lekat ke tubuh, sehingga temperatur naik. Kalau temperatur pada testis lebih panas, maka kualitas sperma yang diproduksi pun akan menurun. Sama seperti kita bekerja dalam ruang kerja yang panas karena AC mati, pasti kualitas kerja akan menurun," terang Nugroho.

Selain kebiasaan, bisa juga karena pekerjaan. Misalnya tukang masak, supir bus umum yang mesin busnya terbuka di samping tempat duduk supir, dan sebagainya. "Suhu buah pelir jadi lebih panas, akibatnya kualitas spermanya turun."

Gangguan pada pabrik sperma bisa juga disebabkan penyakit yang menyertai maupun penyakit bawaan. Penyakit yang paling banyak menyertai orang dengan gangguan sperma adalah pelebaran pembuluh darah balik di sekitar testis (plexus spermatikus) yang disebut varicocel Atau kantung pelir terlalu tebal akibat peradangan kulit. "Sehingga suhu yang harusnya lebih dingin karena ada ventilasi, jadi lebih panas. Itu sebabnya kantung pelir bentuknya berlekuk-lekuk. Tujuan lekuk itu untuk membuang panas, seperti radiator mobil."

Selain gangguan pada pabriknya, kualitas sperma juga bisa menurun karena adanya gangguan pada hormon. Kalau hormonnya tidak sempurna, pasti akan terjadi gangguan. "Bisa juga karena ada gangguan pada saluran sperma. Kalau salurannya tersumbat atau terinfeksi, sperma, kan, nggak bisa keluar, sama seperti pria yang divasektomi. Atau tersumbat sebagian, sehingga keluarnya tidak banyak. Seperti jalan tol, kalau ada mobil atau truk yang mogok, pasti jalannya jadi terganggu juga," kata Nugroho.

Yang juga bisa menjadi penyebab adalah gangguan pada semen (cairannya). Misalnya, akibat peradangan pada kelenjar prostat. "Gangguan lainnya misalnya gangguan deposit sperma, seperti disfungsi ereksi atau ejakulasi dini yang berat, serta gangguan psikologis yang nantinya bisa berpengaruh pada hormonalnya," kata Nugroho.

SALAH INTERPRETASI

* Selain penyebab di atas, yang juga harus dijaga adalah gaya hidup.

"Agar sperma berkualitas, gaya hidup harus bagus," kata Nugroho menyarankan. Gaya hidup yang sehat antara lain istirahat cukup dalam sehari, lebih kurang 7 jam. Juga, olahraga secara teratur, seminggu 3 kali dengan spasi satu hari.

Yang tak kalah penting adalah makan berimbang. "Tidak makan berlebihan. Ada mitos yang mengatakan, kalau pingin subur, banyak-banyak makan kepiting atau kerang. Ini salah, karena kalau kebanyakan, justru tidak subur karena terjadi gangguan kesehatan. Misalnya kolesterol berlebihan atau gula darah jadi bermasalah." Gaya hidup lain yang harus dihindari misalnya merokok atau konsumsi alkohol. "Kalau gaya hidupnya terjaga baik, umumnya nggak ada masalah, kecuali kalau ada penyakit yang menyertainya."

Selain gaya hidup sehat, yang juga harus dipahami dan diperhatikan adalah pentingnya menjaga suhu testis. "Suhu dalam testis harus dijaga supaya tidak lebih panas/dingin dari yang seharusnya," kata Nugroho. "Pria sebaiknya juga tidak menginterpretasikan kualitas spermanya sendiri." Misalnya menganggap spermanya encer atau kental. "Sperma encer sebetulnya tidak ada. Yang ada adalah kelainan yang berhubungan dengan jumlah, gerak, dan bentuk seperti disebut di atas," lanjut Nugroho.

Pria menginterpretasikan spermanya sendiri, lanjut Nugroho, biasanya karena merasa bersalah. Misalnya, sering melakukan masturbasi. "Mitos bahwa masturbasi bikin sperma turun, bikin loyo, bikin lutut keropos, memang masih sangat kuat. Padahal, itu salah. Masturbasi sama sekali tidak mengganggu kesuburan maupun kesehatan. Sperma juga tidak akan habis hanya karena masturbasi. Sperma itu, kan, dibikin terus-menerus," kata Nugroho.

Untuk melihat kualitas sperma, yang paling tepat adalah melakukan tes di laboratorium klinik kesuburan. "Tidak boleh di laboratorium sembarangan, karena hasilnya akan sangat berbeda," kata Nugroho.

MITOS TAOGE

* Mitos mengatakan, jika menginginkan produksi sperma banyak dan bagus, banyak-banyaklah makan taoge.

"Taoge atau kecambah memang mengandung vitamin E. Dan menurut teori, kesuburan manusia maupun hewan akan menurun kalau kekurangan vitamin E," kata Nugroho.

Cuma, lanjutnya, "Kita, kan, tidak tahu apakah diri kita kekurangan vitamin E atau tidak. Yang jelas, taoge satu tampah besar, seandainya diekstrasi, mungkin cuma jadi satu kapsul vitamin E 400 IU. Jadi, bisa saja di-trial dengan makan taoge atau vitamin E. Tapi, karena tidak mengerti, orang bisa menyiksa diri dengan setiap hari mengonsumsi bertampah-tampah taoge. Kan, enggak ada gunanya."

Ini hampir mirip dengan mitos tentang daging kambing yang disebut-sebut bisa meningkatkan kejantanan pria. "Sebetulnya, daging kambing, daging ayam, atau daging sapi hampir sama kandungannya. Yang berbeda adalah bumbu rempah-rempah yang dipakai untuk memasak." Misalnya sate kambing. "Bumbunya pasti kaya rempah-rempah. Ada merica, ada cabe, yang memang memiliki zat yang bisa meningkatkan gairah."







Sumber : Kesrepro (http://situs.kesrepro.info/kb/jul/2006/kb02.htm)

Ayz_boshi
01-03-2009, 09:04 AM
kan dy asalnya sering... nah jadi uda biasa sering,sekalinya g pernah... truz paz lagi jadi kuning...... itu kyknyaklamaan nyimpen....
jd umur spremanya kali yg bermasalah....

ddesta
01-03-2009, 01:54 PM
kebanyakan makan kuning telor
kalo setau w c kerena pola makan aja maka na warna sperma na berubah:???:

anarchy87
07-03-2009, 01:33 PM
ya mending kalo kek gto ente konsul ke dokter kelamin aja bro....!!!

klo soal buah zakar ada 3, temen SD gw juga ada yg kek gto...!!

tapi kalo pny gw normal2 aja coz cmn 2 doank....!!!

n utk lebih jelasny mending ente tanya ke dokter kelamin aja...!!!

doi kan lebih tau segala sesuatunya tentang "barang" lw bos...!!!

blacksheep
07-03-2009, 01:35 PM
pasti ni orang kena penyakit kuning,makanya sperma jadi kuning
haha becanda
segera diperiksa deh
sperma yang normal warnanya putih
kaya punya gue nih hahahahaha

esmond1989
07-03-2009, 02:02 PM
kuningnya gimana ????

mmmm emang bener sih kata beberapa bos yang sperma tidak bisa basi !
emang tidak mungkin basi tp kalo kelamaan bakal dicerna kembali oleh tubuh (dengan bantuan makrofag ).
jd sebelum rusak sudah dicerna dulu

tp saya belum pernah belajar tantang zat sisa cerna itu ! abis ini saya tanyain deh !

bisa jadi karena kecampuran sisa zat cerna (mungkin lo ya !!! )

paling aman n topcer

periksa aja ke dokter

Zervo
07-03-2009, 06:17 PM
wew..
pertama OOT dulu..

bner kata si bro night..
koq TS nya bisa merah gt rep nya.. :lol: pdhl post cm 1.
mgkn post bremasalah mulu. jd diapus2in tp rep ttp di minus. :lol:


soal sperma basi.
emang ga mgkn. truz jawaban2 ga masuk akal yg super ngasal juga jelas bkn penyebabnya.

tp berhubungan 7x dlm shari.
agak2 ga sehat (dgn arti yg berbeda mksd g ga sehat nya)

g rasa bener jawaban pola makan seh. pola hidup.
klo emang pas bener2 baru kluar dia dah kuning. itu pasti ada mslh dengan kandungan kelenjar nya entah karena pola hidup ato kelainan.
harusnya dari bau juga bs ketauan.

truz juga itu dari awal dah bgtu. ato pas baru akhir2 ini.

tp saran terbaik ya.
mending check up kedokter.
kluar duit dikit lbh baik dr pada alat reproduksi u bermasalah truz ga bs disembuhin krn u batu ga mau ke dokter. pdhl bs aja mslh nya awalnya sepele

disini kan mgkn 95% smua jawaban :sotoy: :sotoy: :sotoy: an doang..

post nya siapa itu. yg post artikel.
tuh jg bagus.

donnyxme
07-03-2009, 10:21 PM
sperma nguning? ada darah sedikit kali .. maennya maen borongan sih .. makanya ada darah dikit .. kan kulit kepala pistol loe di dalam kan bergesek terus .. lama lama pasti ada bengkak dikit .. ga keliatan .. cuamn kita ngerasa sedikit perih. Buat pastinya check ke dokter lah .. sperma basi ... mangnya di keluarin dulu simpan dim kulkas ampe basi?

anarchy87
09-03-2009, 01:42 PM
ud sob mending lw cek ke dokter aja...!!!
keluar duid dikit gpp yg penting enteny kaga knp2....!!!
dari pada lw tunda2 mulu malah jadi kronis nantiny....!!!

Zervo
10-03-2009, 05:26 PM
sperma nguning? ada darah sedikit kali .. maennya maen borongan sih .. makanya ada darah dikit .. kan kulit kepala pistol loe di dalam kan bergesek terus .. lama lama pasti ada bengkak dikit .. ga keliatan .. cuamn kita ngerasa sedikit perih. Buat pastinya check ke dokter lah .. sperma basi ... mangnya di keluarin dulu simpan dim kulkas ampe basi?
klo darah seh keqnya bukan deh.
ga tau jg seh

tp baca post u g jd inget dan tersadarkan.

iya tuh.
jgn di fostir..
kena penyakit u ntar
(HIV / AIDS)

zutara
21-03-2009, 05:45 PM
Kuningnya gmn dl neh??
Kl cuman agak semu kuning c plg cm krna gaya hidup,pola makan,n tidur yg gk teratur aj..

Sblm ke dokter..
Ad baiknya perbaiki ke tiga point itu slma minimal 2 minggu..
Nah kalo gk berubah..baru deh lo wajib ke dokter..
Drpd d tunda2 ntr yg kena dampak bkn cm lo aj..tp istri(kl punya) lo jg bakal kena akibatnya..

Sandykun
03-05-2009, 01:49 PM
Hmm.. kuning yak...
JAngan2 itu bukan sperma,JAngan2 itu discharge??!! (nanah)

Setau gw ada seh penyakit infeksi kelamin dimana kalo u terinfeksi, u bisa mengeluarkan nanah itu, sehabis pi2s, atopun sehabis bersenggama...


Namanya penyakit gonorhea tuh..

Ada kemungkinan ini dikarenakan temen loe "cari temen sex" lain misalnya wanita panggilan... Kan jarng ketemu ma cenya tuh... NAh, makanya, dari ce panggilan itu malah dy tertular penyakit setupa...

Ato juga si ce yang malah berhubungan dengan org lain yg sudah terinfeksi, dn akhirnya dy ikut terinfeksi dan menginfeksi pacanya itu...


Wah...

Ini nih akibatnya free sex....



Kalo masalah buah zakar yag 3, it's so imposibble man!!

Cek segera ke dr!! JAngan2 itu tumor!!!Ato malah kangker!!

Suigintou
03-05-2009, 02:57 PM
Hebat amat cuma kirim satu post reputasi langsung merah gitu
Aku aja berubah merah setelah 13 post (ID lama)

Villiers
04-05-2009, 12:28 AM
kalo setau gua si itu karena kelamaan gak keluar, jadi basi gt dah. kan katanya jarang..
tape singkong aja aslinya putih, dibiarin lama² jadi kuning juga kan..

wakakaka..
ada2 aj sperma basi..
hahaha..

tp sperma itu emg warnanya g putih 100%..
klo d liat kasat mata emang putih, tp cb d letakkan d bidang yg warnanya putih bersih, pasti klihatan sperma lo rada kuning (tp bukan kuning)..

mogulemon
04-05-2009, 12:38 AM
coba stock lama dikeluarin dulu terus menerus selama beberapa hari, siapa tau stock baru akhirnya keluarnya lebih jernih. :haha:

wheetz
05-05-2009, 10:36 PM
coba stock lama dikeluarin dulu terus menerus selama beberapa hari, siapa tau stock baru akhirnya keluarnya lebih jernih. :haha:


aneh ajah nih post...............


kalo setelah putih keluar kuning lagi gimana???????

bingung bingung deh tu TS........

hal gini emang rada aneh sih,paling bagus y emang cek ke dokter.

neckline
05-05-2009, 10:59 PM
ini awa dapet artikel tentang sperma mudah2an ngga repost ato OOT :D

Ternyata, banyak kebiasaan pria yang membuat kondisi spermanya tidak sehat. Apa sajakah itu? Nah, dari pada pusing, yuk, ketahui lebih dalam mengenai seluk beluk sperma yang benar.

Seperti banyak diketahui, hubungan seksual memiliki dua fungsi, yakni fungsi seksual dan fungsi kesuburan. Nah, kualitas sperma berhubungan erat dengan fungsi kesuburan.

Sperma dihasilkan oleh buah zakar (testis). "Ketika seorang pria mengalami ejakulasi, maka ia akan mengeluarkan satu ejakulat (satu porsi) cairan yang disebut semen. Dalam satu ejakulat, selain sperma, juga terdapat cairan (semen)," papar androlog Dr. Nugroho Setiawan, MS, Sp.And.

Sperma yang dihasilkan oleh testis akan terdorong keluar begitu ada rangsangan. Dalam perjalanannya, sperma diberi cairan (semen) yang dihasilkan oleh kelenjar prostat dan kantung mani (vesika seminalis). Jadi, dalam satu ejakulat, ada tiga kelenjar yang bekerja, yaitu kelenjar testis (tubuli seminiferi), kelenjar prostat, dan vesika seminalis. Ini yang menerangkan kenapa pada pria bisa dilakukan vasektomi, tetapi tetap bisa mengeluarkan cairan.

"Pada vasektomi yang terjadi adalah, saluran spermatozoa (duktus deferen) diikat sehingga sperma tidak bisa keluar, tapi semennya tetap keluar karena yang memproduksi kelenjar yang berbeda. Toh, banyak orang awam yang divasektomi merasa tidak mengeluarkan cairan. Padahal, cairan atau semen tetap keluar, tapi spermanya tidak," lanjut dokter dari Klinik Grasia ini menjelaskan.

JUMLAH, GERAK, BENTUK

* Kualitas sperma ditentukan oleh banyak faktor. Yang paling penting adalah volume (jumlah).

"Normalnya, sekali keluar sebanyak 2 sampai 6 mililiter (ml). Jadi, dalam satu ejakulat, terkandung minimal 20 juta ekor spermatozoa per mililiter-nya. Kalau minimal 2 ml per ejakulat, berarti dibutuhkan minimal 40 juta ekor sperma agar terjadi pembuahan," kata Nugroho menjelaskan.

Selain jumlah, yang tak kalah penting adalah gerak sperma. Gerak sperma ada empat macam, yaitu gerak lurus cepat, gerak lurus lambat, gerak di tempat, dan tidak bergerak. "Yang ada gunanya untuk pembuahan adalah yang bergerak maju (gerak lurus cepat dan gerak lurus lambat). Jumlah sperma yang bergerak maju yang dibutuhkan untuk pembuahan minimal 50 persen dari keseluruhan sperma yang keluar," ujar Nugroho.

Sperma juga harus memiliki bentuk normal, minimal 30 persen. "Jika bentuk sperma tidak normal, ia tidak bisa masuk ke rahim wanita untuk melakukan pembuahan. Sperma yang bisa masuk ke dalam rahim wanita adalah yang bentuknya normal dan memiliki gerak bagus," lanjut Nugroho.

Sisanya, yang bentuknya tidak normal dan tidak punya gerak bagus, akan keluar lagi bersama semen. "Biasanya, usai senggama, keluar cairan dari vagina. Nah, yang keluar ini adalah sperma yang bentuknya tidak normal dan geraknya tidak bagus, serta semen. Semen memang ’dilarang’ masuk ke rahim wanita. Ia hanya menghantarkan, lalu keluar lagi setelah sperma masuk rahim," kata dokter yang juga praktik di RSI Bintaro ini.

SUHU LEBIH PANAS

* Jika terjadi kelainan pada sperma, entah karena jumlah, bentuk, maupun geraknya, haruslah dicari sebabnya lebih dulu.

"Kenapa, kok, jelek, jumlahnya kurang, atau bentuknya tidak normal, harus dicari dulu," jelas Nugroho. "Setelah penyebabnya ketemu, kalau diobati, pasti hasilnya akan lebih bagus."

Jumlah sperma yang normal disebut normozoospermia, jumlah kurang oligozoospermia. Sementara sperma yang geraknya normal disebut normozoospermia, gerak kurang disebut asthenozoospermia, dan bentuk kurang disebut teratozoospermia. "Kalau jumlah, gerak, dan bentuknya kurang, pasiennya disebut oligoasthenoteratozoospermia," jelas Nugroho.

Gangguan kesuburan pria yang berhubungan dengan sperma dapat disebabkan oleh banyak faktor. Yang pertama adalah gangguan pada pabrik sperma, yakni buah pelir atau testis. "Testis akan memproduksi sperma-sperma yang baik bila temperaturnya lebih rendah daripada suhu tubuh, kira-kira 36,7 derajat Celcsius. Makanya, testis diberi kantung yang menggelantung. Kalau kedinginan, kantung akan tertarik ke atas, kalau kepanasan tertarik ke bawah."

Gangguan pada pabrik sperma juga bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya karena kebiasaan. "Misalnya pakai celana dobel, sehingga buah pelir jadi panas. Atau memakai celana yang sangat ketat, sehingga kantung buah pelir malah lekat ke tubuh, sehingga temperatur naik. Kalau temperatur pada testis lebih panas, maka kualitas sperma yang diproduksi pun akan menurun. Sama seperti kita bekerja dalam ruang kerja yang panas karena AC mati, pasti kualitas kerja akan menurun," terang Nugroho.

Selain kebiasaan, bisa juga karena pekerjaan. Misalnya tukang masak, supir bus umum yang mesin busnya terbuka di samping tempat duduk supir, dan sebagainya. "Suhu buah pelir jadi lebih panas, akibatnya kualitas spermanya turun."

Gangguan pada pabrik sperma bisa juga disebabkan penyakit yang menyertai maupun penyakit bawaan. Penyakit yang paling banyak menyertai orang dengan gangguan sperma adalah pelebaran pembuluh darah balik di sekitar testis (plexus spermatikus) yang disebut varicocel Atau kantung pelir terlalu tebal akibat peradangan kulit. "Sehingga suhu yang harusnya lebih dingin karena ada ventilasi, jadi lebih panas. Itu sebabnya kantung pelir bentuknya berlekuk-lekuk. Tujuan lekuk itu untuk membuang panas, seperti radiator mobil."

Selain gangguan pada pabriknya, kualitas sperma juga bisa menurun karena adanya gangguan pada hormon. Kalau hormonnya tidak sempurna, pasti akan terjadi gangguan. "Bisa juga karena ada gangguan pada saluran sperma. Kalau salurannya tersumbat atau terinfeksi, sperma, kan, nggak bisa keluar, sama seperti pria yang divasektomi. Atau tersumbat sebagian, sehingga keluarnya tidak banyak. Seperti jalan tol, kalau ada mobil atau truk yang mogok, pasti jalannya jadi terganggu juga," kata Nugroho.

Yang juga bisa menjadi penyebab adalah gangguan pada semen (cairannya). Misalnya, akibat peradangan pada kelenjar prostat. "Gangguan lainnya misalnya gangguan deposit sperma, seperti disfungsi ereksi atau ejakulasi dini yang berat, serta gangguan psikologis yang nantinya bisa berpengaruh pada hormonalnya," kata Nugroho.

SALAH INTERPRETASI

* Selain penyebab di atas, yang juga harus dijaga adalah gaya hidup.

"Agar sperma berkualitas, gaya hidup harus bagus," kata Nugroho menyarankan. Gaya hidup yang sehat antara lain istirahat cukup dalam sehari, lebih kurang 7 jam. Juga, olahraga secara teratur, seminggu 3 kali dengan spasi satu hari.

Yang tak kalah penting adalah makan berimbang. "Tidak makan berlebihan. Ada mitos yang mengatakan, kalau pingin subur, banyak-banyak makan kepiting atau kerang. Ini salah, karena kalau kebanyakan, justru tidak subur karena terjadi gangguan kesehatan. Misalnya kolesterol berlebihan atau gula darah jadi bermasalah." Gaya hidup lain yang harus dihindari misalnya merokok atau konsumsi alkohol. "Kalau gaya hidupnya terjaga baik, umumnya nggak ada masalah, kecuali kalau ada penyakit yang menyertainya."

Selain gaya hidup sehat, yang juga harus dipahami dan diperhatikan adalah pentingnya menjaga suhu testis. "Suhu dalam testis harus dijaga supaya tidak lebih panas/dingin dari yang seharusnya," kata Nugroho. "Pria sebaiknya juga tidak menginterpretasikan kualitas spermanya sendiri." Misalnya menganggap spermanya encer atau kental. "Sperma encer sebetulnya tidak ada. Yang ada adalah kelainan yang berhubungan dengan jumlah, gerak, dan bentuk seperti disebut di atas," lanjut Nugroho.

Pria menginterpretasikan spermanya sendiri, lanjut Nugroho, biasanya karena merasa bersalah. Misalnya, sering melakukan masturbasi. "Mitos bahwa masturbasi bikin sperma turun, bikin loyo, bikin lutut keropos, memang masih sangat kuat. Padahal, itu salah. Masturbasi sama sekali tidak mengganggu kesuburan maupun kesehatan. Sperma juga tidak akan habis hanya karena masturbasi. Sperma itu, kan, dibikin terus-menerus," kata Nugroho.

Untuk melihat kualitas sperma, yang paling tepat adalah melakukan tes di laboratorium klinik kesuburan. "Tidak boleh di laboratorium sembarangan, karena hasilnya akan sangat berbeda," kata Nugroho.

MITOS TAOGE

* Mitos mengatakan, jika menginginkan produksi sperma banyak dan bagus, banyak-banyaklah makan taoge.

"Taoge atau kecambah memang mengandung vitamin E. Dan menurut teori, kesuburan manusia maupun hewan akan menurun kalau kekurangan vitamin E," kata Nugroho.

Cuma, lanjutnya, "Kita, kan, tidak tahu apakah diri kita kekurangan vitamin E atau tidak. Yang jelas, taoge satu tampah besar, seandainya diekstrasi, mungkin cuma jadi satu kapsul vitamin E 400 IU. Jadi, bisa saja di-trial dengan makan taoge atau vitamin E. Tapi, karena tidak mengerti, orang bisa menyiksa diri dengan setiap hari mengonsumsi bertampah-tampah taoge. Kan, enggak ada gunanya."

Ini hampir mirip dengan mitos tentang daging kambing yang disebut-sebut bisa meningkatkan kejantanan pria. "Sebetulnya, daging kambing, daging ayam, atau daging sapi hampir sama kandungannya. Yang berbeda adalah bumbu rempah-rempah yang dipakai untuk memasak." Misalnya sate kambing. "Bumbunya pasti kaya rempah-rempah. Ada merica, ada cabe, yang memang memiliki zat yang bisa meningkatkan gairah."







Sumber : Kesrepro (http://situs.kesrepro.info/kb/jul/2006/kb02.htm)

jd lebih mengerti

gwnie
07-05-2009, 02:36 PM
kalau kuning bs jadi sifilis a.k.a king of the lion a.k.a raja singa --a

wheetz
08-05-2009, 12:50 AM
emang orang kena sipilis thu gmn gan?????

ciri-ciri n efeknya apa??????http://www.indowebster.web.id/images/smilies/no.gif

hasil googling kemarin sih sipilis thu penyakit semacam luka2 yg gag sakit,baru kerasa sakit pas kencing doank......

chan50
17-05-2009, 02:40 PM
Kedokte aja men...Kali aja dokter ngasih resep biar kembali normal...
Ato gak yaa sering 5 0 1 aja lah...He....He..:phone:

fakeacc
17-05-2009, 02:54 PM
^
^

apa tuh 5 0 1?

ProZack
17-05-2009, 03:06 PM
sperma berubah warna gak papa
asal baunya bau kapolrit

Luckbringer
17-05-2009, 03:20 PM
@TS

Itu berubahnya Kentelnya kyk nanah gk??? kalo nanah bahaya bisa Mandul.....

@Atas

Gk bahaya??? yang bener?? coba jelasin... lebih lanjud

Luckbringer
17-05-2009, 03:21 PM
--Doble Post--

--lag--

Kiddo
17-05-2009, 04:16 PM
kalo mo aman sih periksa dokter aja deh...siapa tau masih tidak apa2 dan dapat disembuhkan...

kan lebih baik mencegah daripada mengobati..

winner4016
17-05-2009, 06:12 PM
produksi sperma memang banyak banget dalam hitungan menit atau jam.. dan komposisinya beragam dalemnya.
Kalo emang karena terlalu sering, penjelasan sederhananya adalah memang kandungan spermatozoa dalem semen sedikit dan lebih banyak kandungan protein(atau zat makanan spermatozoa) memang warnanya kuning.

coba tanyake temen lu,
kalo gak berhubungan lama terus pas sekali-sekali masturbasi atau berhubungan pertama kali setelah sekian lama kuning juga gak? kalo emang karena jumlah spermatozoa yang kurang maka warnanya akan kembali ke putih normal

cuma dari pengetahuan semasa SMU dulu cmiiw yah..

ProZack
17-05-2009, 06:41 PM
gw kurang tau jelas sih
tpi kata dokter katanya klo sperma mesti bau kapolrit
gak bau kapolrit rusak




klo d ibaratkan dengan upil
dan hidung itu burung mu
yg baru masih seger na masi basah kan
klo yg lama dah kering dan mulai berubah
jadi coklat lah
jadi apa lah



nah
kemungkinan yg warna kuning itu yg lama

Jacktrops
18-05-2009, 11:53 AM
wew baunya ampe sama bauy kaporit emang kolam renang!
warna kuning liat aja dulu apa yg loe konsumsi apa cuma mie ama telur!

winner4016
25-05-2009, 04:56 AM
kaporit atau pemutih sih kalo dari bau.

pecunmanyun
25-05-2009, 08:36 AM
klo menurut gw sih simpel... itu pasti cowonya suka nahan kencing atau kurang minum air putih yg byk. sehingga kalo kencing kuning banget..

kencing yg berwarna kuning bgt itu pasti meninggalkan spot2 ga jelaz di lorong penis sehingga waktu sperma keluar, kencing2 sisa itu ikut keluar sehingga membuat sperma tsb ikut kuning.. CMIIW :)

winner4016
25-05-2009, 10:06 PM
coba 10 kali sehari pasti kuning dan cair

oranggila
30-05-2009, 09:52 AM
Coba tanya ma teman lo
"suka jajan sembarangan g?" :shifty:

Ngeri jg gw Baca cerita lo men..
tapi buat semua yg baca mungkin
http://www.solusisehat.net/index2.php <- asuhan Dokter Boyke :D
bisa menjadi tempat solusi anda-anda yg dipenuhi kegundahan!!! :clap:

Caligula
31-05-2009, 12:53 PM
gw klo seminggu gak dikeluarin jadi agak kekuningan gitu gan....
tapi keluarnya enak banget...:top: banyak&muncratnya kuuuuenceng banget...:em0100:

maniac_squall
03-06-2009, 09:00 AM
sperma kuning yah?ga tau, ga pernah merhatiin sih

pecunmanyun
09-06-2009, 10:31 PM
hihihi.. nih thread lucu bgt.. serem juga bacanya :p

snakeeyes
10-06-2009, 11:25 PM
waw, iy ni serem jg... heehehe
yg setau g si sperm ga bs basi.. bisa nya mati.. :((
mati karena sperm tu ga bisa tahan lama di udara bebas..

Laguchi
10-06-2009, 11:29 PM
lg kurang sehat x temenmu....

tp buah zakar gw cm 2....

bedjo
11-06-2009, 12:51 AM
Hmm.. kuning yak...
JAngan2 itu bukan sperma,JAngan2 itu discharge??!! (nanah)

Setau gw ada seh penyakit infeksi kelamin dimana kalo u terinfeksi, u bisa mengeluarkan nanah itu, sehabis pi2s, atopun sehabis bersenggama...


Namanya penyakit gonorhea tuh..

Ada kemungkinan ini dikarenakan temen loe "cari temen sex" lain misalnya wanita panggilan... Kan jarng ketemu ma cenya tuh... NAh, makanya, dari ce panggilan itu malah dy tertular penyakit setupa...

Ato juga si ce yang malah berhubungan dengan org lain yg sudah terinfeksi, dn akhirnya dy ikut terinfeksi dan menginfeksi pacanya itu...


Wah...

Ini nih akibatnya free sex....



Kalo masalah buah zakar yag 3, it's so imposibble man!!

Cek segera ke dr!! JAngan2 itu tumor!!!Ato malah kangker!!

stuju bro... kayanya si temennya TS kena PMS tu... mending ke dokter sebelum 1 RT kena semua... hehehe...

ktarou
11-06-2009, 02:09 AM
@TS
loe keluarin tuh sperma di "dalem" apa di "luar", kok bisa kuning gitu?
kalo di "dalem" gue yakin gak akan berwarna kuning karena gak akan keliatan:ngupil:

kalo di "luar" loe pastiin yang ngeluarin "itu" bukan "temennya":haha:

BILA SAKIT BERLANJUT HUBUNGI DOKTER, JANGAN OPERATOR HP LOE

Vuuga
11-06-2009, 03:58 PM
Jadi Gmn Ni Lanjutan Ceritanya ??
Teman TS nya Uda Periksa Ke Dokter Blm ??? Solusinya Gmn ??
Jadi Penasaran Gw ??? Apalagi Ni Kejadian Bisa Di Pelajari,Klau Di Masa Mendatang Ada Masalah Gini,Jadi Ngak Panik Lagi /Ada Solusinya ???

untho
12-06-2009, 08:09 AM
Ya mgkn aja terlalu sering keluar jdne msh blm matang spermane

uzumakinovandi
02-08-2009, 07:19 PM
periksa dokter dah... itu wa denger2 saluran urin n genital kebuka 2-2nya... harusnya g bisa gt... tapi setau wa g bahaya, itu cuman biasa karena kelamaan trus sambil nahan pipis... lain lagi klo dah pake yang nanah2an...