PDA

View Full Version : Creature Mahluk Mitologi Di Seluruh Penjuru Dunia



Pages : [1] 2

jHony
28-02-2009, 07:12 PM
Pegasus
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/1-68.jpgPegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar.Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. Pegasus adalah kuda yang mempunyai sayap dan penerbang yang unggul. Pegasus adalah hasil dari hubungan Medusa dan Poseidon yang menyakitkan. Lahir dari Medusa ketika kepalanya dipotong oleh Perseus. Dijinakkan ole Bellerophon dan melayaninya digunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimaera. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Pegasus

Dragon
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/2-50.jpgDragon atau naga adalah hewan dengan ukuran yang sangat menakjubkan.Mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api.Naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik.Naga juga disebut2 sebagai dewa oleh beberapa suku.

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Naga

Harpies
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/3-46.jpgHarpy, di mitologi Yunani diceritakan bahwa harpy adalah hewan bersayap yang memiliki tubuh seperti burung elang dan memiliki kepala wanita.Legenda menceritakan bahwa harpy suka mencuri tubuh orang mati, menyebarkan bau busuk dan meracuni makanan di desa2 yang dilewatinya.

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Harpi

Griffin
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/4-40.jpgGriffin adalah hewan legenda yang memiliki sayap seekor elang dan kaki seekor singa.Disebut sebagai burung terbesar dan menjadi hewan yang sangat sakral untuk dewa Apollo dan griffin juga merupakan hewan penjaga matahari. Makhluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan (2700-1450 SM).

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Griffin

Werewolves
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/5-34.jpgWerewolves pada dasarnya adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan untuk “berubah wujud” ke bentuk hewan, terutama kebentuk serigala.Werewolves bisa berubah berdasarkan keinginan sendiri atau dorongan dari luar seperti halnya bulan purnama.Orang dapat menjadi werewolves akibat gigitan dari werewolves atau turunan dari lahir (anak dari werewolves)Werewolves memiliki regenerasi yang sangat hebat, sehingga mereka tidak menjadi tua, tapi ini tidak membuat mereka abadi.Menusuk jantung atau otaknya dapat membunuh mereka.

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia_serigala

Loch Ness
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/6-34.jpgLoch Ness legenda yang berasal dari scotlandia.Dilaporkan bahwa lochness adalah hewan dari jaman dinosaurus yang berhasil bertahan dari ledakan meteor dan masih hidup hingga kini.Ditemukan di scotland tahun 1930,Lochness diperkirakan memiliki panjang tubuh 45 kaki dengan kulit kasar dan warna coklat gelap.Beberapa orang percaya kalau lochness adalah plesiosaurus,walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang memadai tentang adanya lochness atau tidak.

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Griffin

Troll
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/7-28.gifTroll berasal dari legenda scandinavia yang menyebutkan bahwa troll adalah roh yang hidup dalam goa didalam pegunungan.Saat malam tiba mereka akan keluar untuk menculik wanita dan anak2.Ada dua macam troll, Giant yang berukuran raksasa dan dwarf yang berukuran kecil.

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Griffin

Cerberus
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/8-25.jpgBerdasarkan mitos Yunani, Cerberus adalah anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades.Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna.Dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah atau Hades.

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Griffin

Nagini
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/9-22.jpgumumnya orang indonesia mengenal yang disebut Naga adalah Dragon. Namun Naga sendiri sebenarnya adalah mahluk mitologis yang berbeda dengan Dragon. Naga muncul pada kebudayaan Hindu dan Budha, kemungkinan berasal dari daerah India dan sekitarnya. Naga adalah mahluk setengah ular, setengah manusia, terkadang digambarkan sebagai ular raksasa. Yang laki-laki disebut Naga, sedangkan versi perempuannya disebut Nagini. Naga sering dianggap sebagai entitas yang bersifat jahat, namun tidak jarang juga dianggap sebagai penjaga sungai atau danau.

Wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Griffin

Jika kalian masih tahu makhluk lainnya silahkan post disini :)

Luna_Prismriver
28-02-2009, 08:56 PM
Pegasus paling sering kedengeran

yang lain jarang liat

afarzain
28-02-2009, 09:11 PM
udh tw semua si....

liat d film harry potter atw g lord of the ring...
:haha:

Xinez
28-02-2009, 09:42 PM
Mongolia: The Death Worm
http://cdn-www.cracked.com/articleimages/dan/myths/death_worm.jpg
cacing ini kira2 panjangnya mencapai 3 kaki dan dikabarkan tinggal di gurun gobi.
mnurut isunya, cacing ini akan muncul ke permukaan ktika hujan tiba dan mencari mangsa unta atau kuda bahkan manusia,
apakah cacing ini benar2 ada?? :???:
di daerah gurun masih banyak daerah yang blum pernah dijelajahi.
siapa tau cacing ini ada dsana,,

ProZack
28-02-2009, 09:44 PM
dragon adalah monster fantasy satu2nya yg benar2 ada
bentuk aslinya adalah CICAK

trus naga itu 2 golongan
yg barat dan cina

yg barat biasanya badan nya besar2, bersayap

klo cina badannya panjang, langsing

KyleSteward
28-02-2009, 10:38 PM
Sedikit tambahan nanti klo ketemu lagi, saya post lagi

http://i267.photobucket.com/albums/ii315/charunetra/Leviathan.jpg

Leviathan : Mosnter laut besar berbentuk seperti naga. Biasanya muncul bersamaan dengan badai laut. Mahkluk yang benar-benar ditakuti orang-orang pelaut zaman dulu

http://www.craigbrasco.com/blog/minotaur.jpg

Minotaur : Anak dari King Minos of Crete. Berbentuk sapi tetapi berjalan seperti manusia dan berbadan besar serta sangat kuat dan gemar makan manusia. Dia akhirnya dikurung ayahnya di sebuah labirin raksasa karena sifatnya yang brutal dan bengis

http://www.jek2004.com/1046-unicorn-dance.jpg

Unicorn : Kuda dengan tanduk ivory di dahinya. Unicorn dikatakan sebagai lambang kepolosan dan kesucian

http://www.muktinath.org/images/hinduismfolder/garuda.jpg

Garuda : Garuda (Sanskerta: Garuḍa dan Bahasa Pāli Garula) adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.
Bangsa Jepang juga mengenal Garuda, yang mereka sebut Karura. Di Thailand disebut sebagai Krut atau Pha Krut.

http://beatledude.files.wordpress.com/2008/08/kraken.jpg

Kraken : Berasal dari mitologi norwegia. Mahkluk laut raksasa yang sering menenggelamkan kapal dengan tentakelnya. Menurut dunia modern sekarang kemungkinan yang disebut sebut orang zaman dulu ebagai kraken adalah cumi-cumi atau gurita raksasa.

http://monsters.monstrous.com/Pictures/mentichore.jpg

Manticore : Mahkluk berbadan singa, berkepala manusia, dan berekor seperti kalajengking. Bisa menembakkan jarum racun dari ekornya. Ketika meraung katanya suaranya seperti bunyi terompet. Menurut legenda berasal dari india

http://i51.photobucket.com/albums/f373/Mysteriousgirl13/fire_of_the_phoenix.jpg

Phoenix : Burung api legendaris yang dikatakan abadi. Phoenix banyak muncul di berbagai mitologi
seperti di mesir dia disembah sebagai simbol dari Ra, dewa matahari. Juga muncul di Mitologi Yunani sebagai hewan suci. Di Jepang dipercaya sebagai salah satu dari 4 binatang suci (Suzaku). Ada juga yang percaya bahwa Garuda dan Phoenix adalah sama.

g4kuto
01-03-2009, 02:08 AM
eh burung garuda jg termasuk makhluk Mitologi kan??

akmalsqual
01-03-2009, 03:34 AM
leviathan ... summon di Final Fantasy :haha:

ini cuma mitos kan ya .... :???:

Xinez
01-03-2009, 08:24 AM
wah makhluk2 mitologinya makin seru aja!! :top:
btw fenrir sama odin juga termasuk mitologi kan??? :???:

(jadi inget summonnya final fantasy 9) :lol:

Ryazor
01-03-2009, 08:57 AM
Ifrit


http://www.rpgfan.com/fanart/2004/04-07/jake_b-01.jpg

Ifrit, (Arab: ʻIfrīt: عفريت, jamak ʻAfārīt: عفاريت), adalah sejenis jin yang disebut dalam al-Qur'an. Ifrit disebutkan dalam surah An-Naml [27]:39-40:

jHony
01-03-2009, 01:34 PM
tambahan 11-20 tar update lagi

11.Echidna
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/11-17.jpg
Echidna adalah mahluk dari mitologi yunani, sering digambarkan sebagai perempuan setengah ular yang tinggal di dalam gua. Bersama suaminya Typhon, Echidna melahirkan berbagai jenis mahluk mengerikan yang muncul dalam mitologi yunani, karena itu Echidna mendapat sebutan Mother of all Monsters. Echidna dan Typhon pernah berperang melawan dewa-dewa olympus namun kalah. Typhon kemudian disegel dibawah gunung Etna. Sementara Echidna dan anak2nya dibiarkan lepas untuk menjadi tantangan bagi para pahlawan yunani berikutnya. Namun pada akhirnya Echidnya dibunuh oleh Argus Panoptes, titan bermata seratus.

12.Mermaid
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/12-14.jpg
Mermaid (atau Merman untuk laki-laki) telah dibicarakan sejak 5000 SM. Bahkan Christopher Columbus mengatakan pernah melihatnya dalam perjalanannya. Dalam cerita dongeng Inggris mereka dianggap sebagai peringatan akan kutukan atau bencana.

13.Gorgon
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/13-12.jpg
Gorgon adalah wanita jahat dengan gigi taring dan ular hidup sebagai pengganti rambutnya. Legenda mengatakan jika orang melihat muka Gorgon maka akan berubah menjadi batu. Kemungkinan Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa yang merupakan satu-satunya wanita yang paling besar diantara 3 bersaudara (yang lain adalah Stheno dan Euryale). Karena Medusa besar sekali, Perseus hanya bisa membunuhnya dengan memotong kepalanya selagi ia melihat bayangannya sendiri di perisai Perseus. Gambaran Gorgon digunakan Yunani untuk menggambarkan kejahatan.

14.Chimaera
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/14-12.jpg
Dibiakkan oleh Typhoeus dan Echidna, Chimaera mempunyai 3 kepala, yaitu singa, kambing dan ular. Badannya juga merupakan campuran dengan badan bagian depan singa, tengah kambing, dan ular untuk ekornya. Dia mengeluarkan napas api. Dia mempora-porandakan Lycia, membunuh sapi dan membakarnya sampai ia dibunuh oleh Bellerophon.

15.Medusa
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/15-9.jpg
Medusa memulai hidup sebagai anak perempuan yang sangat menyenangkan sehingga membuat Athena cemburu. Kecantikan Medusa menarik perhatian Poseidon. Dia merayu Medusa, tetapi sayangnya dia melakukannya dikuil Athena. Hal ini membuat Athena sangat marah. Ia lalu merubah Medusa menjadi Gorgon. Karena Medusa sebenarnya adalah manusia maka ia tidak abadi. Dirasa hukuman belum cukup, Athena membantu Perseus untuk memburu dan membunuh Medusa.Ketika Perseus memotong kepalanya, Pegasus dan Chrysaor anak Medusa dengan Poseidon terkuak. Darah Medusa jatuh di padang pasir Lybian dan berubah menjadi ular. Nantinya salah satu dari ular tersebut membunuh Mopsus.

16.Dryad/Peri Hutan
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/16-8.jpg
Dryad adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani. Menurut mitologi Yunani, Dryad merupakan makhluk, atau semacam peri, yang menghuni tumbuh-tumbuhan, berwujud wanita. Dalam bahasa Yunani istilah serupa, drys, berarti pohon oak. Dari kata ini timbul pengertian mengenai Dryad yakni kaum Nymph yang hidup dalam tumbuh-tumbuhan. Istilah tersebut sering dipakai untuk menyebut kaum Nymph yang tinggal dalam pepohonan secara umum. Karakter Dryad dari mitologi Yunani muncul dalam kisah fantasi The Chronicles of Narnia sebagai spirit berwujud wanita yang berasal dari pepohonan.

17.Ogre
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/17-8.jpg
Ogre biasanya digambarkan sebagai raksasa, jahat dan seperti monster. Kita biasanya menemui cerita tentang Ogre di dongeng dan cerita rakyat. Jika dalam dunia seni Ogre digambarkan dengan kepala yang besar, berambut dan berjenggot panjang, rakus, dan mempunyai badan yang kuat. Dan dalam ceritanya juga mereka sering mengganggu manusia.

18.Samael
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/18-7.jpg
Samael adalah salah seorang dari 7 archangel dalam mitologi yang tersebar di daerah Palestina kuno. Samael diceritakan sebagai malaikat yang baik sekaligus jahat. Nama Samael berarti “Poison of God”. Terkadang Samael juga mendapat sebutan sebagai Angel of Death.
Samael merupakan penguasa dari surga tingkat ke 5 dan mengepalai 2 juta malaikat lainnya. Samael tinggal di surga tingkat ke 7. Samael disebutkan sebagai figur yang berkelahi dengan Yakub, selain itu juga sebagai figur yang menahan tangan Abraham waktu akan mengorbankan anaknya.
Pada mitologi di daerah Palestina kuno, sebelum Eve (Hawa), Adam memiliki istri lain yaitu Lilith. Karena perseteruannya dengan Adam, Lilith dibuang dari Taman Eden. Kemudian Lilith menjadi menjadi istri Samael dan melahirkan para pasukan setan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa Samael adalah nama asli Lucifer sebelum dia jatuh ke bumi. Ular yang muncul di Taman Eden juga merupakan penjelmaan Samael, karena itu selain digambarkan sebagai malaikat, dia juga seringkali digambarkan sebagai ular bersayap.

19. Banshee
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/19-6.jpg
Banshee berasal dari mitologi Irlandia dan biasanya dikenal sebagai roh wanita. Mereka dianggap sebagai malaikat kematian dan diyakini berasal dari dunia lain. Mereka biasanya dikenal sebagai bagian dari penyembahan berhala agama Celtic kuno dimana mereka adalah bawahan Tuhan. Roh, atau nenek moyang. Di Inggris mereka dikenal sebagai peri. Berdasarkan legenda, banshee akan berkeluyuran diluar rumah sambil meraung-raung jika seseorang didalam rumah itu akan meninggal.


20. Cyclops
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/20-5.jpg
Cyclops adalah anggota dari ras manusia purba raksasa, yang mempunyai satu mata ditengah-tengah dahinya. Cyclops digambarkan sebagai Homer dan Hesiod. Berdasarkan pada Hesiod, Cyclops yang bernama Brontes, Steropes, dan Arges adalah anak-anak dari Uranus (langit) dan Gaia (bumi), sedangkan berdasarkan pada Homer kata Cyclops menuju pada anak laki-laki Poseidon dan Thoosa yang bernama Polyphemus yang adalah Cyclops.

kennedi_jam
02-03-2009, 12:47 AM
tambah boss
hydra
http://images.elfwood.com/art/s/a/santi/hydra.jpg.rZd.194740.jpg

ceberus

http://www.conduongtolua.com.vn/uploads/Ceberus-2007-11-09.jpg

cyclope

http://acatte.club.fr/_borders/Cyclope.jpg

wyvern

http://iced-fire.com/wiki/images/a/af/Wyvern_400.jpg

VortexX
05-03-2009, 06:09 PM
unicorn ama pegasus tuh ama dragon yang sering denger

ghoul juga makhluk mitos to baru tau ak @_@

Clown
05-03-2009, 06:21 PM
knp makhluk yang namanya vampire kaga masuk ya?
trz yg namanya loki, thor, heimdal, odin, freya yang dr norm kaga msk ya?

henrymagus
05-03-2009, 06:54 PM
undine, sylph, gnome, titan ga ada yah? :???:
kebanyakan dari Barat yah :D
dari jepang juga donk..
yamata no orochi, Nue dan lain2 :p

bagusxfantasy
05-03-2009, 10:40 PM
Wah jadi summon yg ada di final fantasy adalah makhluk mythologi. Favorite summon saya "Bahamut". bahamut adalah makhluk mythologi Arab dg nama asli "Behemot". Bahamut di gambarkan sebagai makhluk raksasa sejenis ikan yg memiki sayap dan bisa terbang. memiliki tanduk dan bisa mngeluarkan api. Menurut sumber di Wiki,dalam ajaran Islam Bahamut adalah makhluk yg tampak saat Nabi Isa meminta bukti kebesaran Allah SWT. Dan Nabi Isa pingsan saat melihat makhluk bahamut ini karena besarnya makhluk ini diibaratkan sama dengan lamanya perjalanan selama 3 hari. Tapi saya sendiri belum pernah mendengar makhluk ini di Al Qur'an atau saya saja yg jarang ngaji.

http://fc05.deviantart.com/fs26/f/2008/124/9/4/Bahamut_by_GENZOMAN.jpg

v3rt3x
06-03-2009, 10:09 AM
wewww ada chars DOtA: slardar, gorgon, nai'x :D

nice inpoh http://idham.jardiknas.net/gambar/onion-head11.gif

mahkluk mythnya Indo mana? demit, tuyul, kolor ijo, sundel bolong

http://idham.jardiknas.net/gambar/onion-head09.gif

jHony
07-03-2009, 06:28 PM
sorry nih jika udah ada disini nih biar dilink aja :P

21. Unicorn
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/21-5.jpg
Unicorn biasanya digambarkan sebagai kuda dengan tanduk yang panjang dikepalanya, tetapi aslinya mempunyai jenggot seperti kambing, ekor singa, dan kuku yang membelah. Unicorn adalah satu-satunya makhluk legenda yang tidak menakuti manusia, dan biasanya digambarkan sebagai makhluk yang halus. Diceritakan sangat tidak mungkin untuk menangkap unicorn. Tanduknya dikatakan dapat menetralkan racun. Unicorn pertama kali diketahui ketika masa peradaban lembah Indus (3300-1700SM).

22.Phoenix
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/22-5.jpg
Phoenix adalah burung api mitologi dari Mesir kuno dimana digambarkan sebagai burung yang mati oleh api dan dilahirkan kembali dari api. Biasanya digambarkan mempunyai bulu emas dan merah. Pada akhir kehidupannya, Phoenix diceritakan membangun sarang dari ranting kayu manis dimana kemudian terbakar. Burung musnah oleh api tapi kemudian Phoenix baru yang masih muda muncul dari api yang sama. Diyakini masa hidup Phoenix adalah 500-1461 tahun. Airmata Phoenix diyakini bisa menyembuhkan luka.

23. Minotaur
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/23-4.jpg
Pada mitologi Yunani, Minotaur mempunyai badan bagian atas banteng dan badan bagian bawah manusia. Dikatakan Minotaur hidup ditengah-tengah labirin dengan jalanan besar yang rumit seperti konstruksi bangunan Raja Minos dari Crete. Didesain oleh Daedalus dan diketahui berada di situs Knossos. Minotaur terlihat singkat pada adegan Satyricon oleh Petronius. Dan dibunuh oleh Theseus.

24. Satyr
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/24-4.jpg
Satyr aslinya terlihat sebagai teman kambing-kambing dewa di masyarakat kuno Yunani. Gambaran pertama satyrs adalah laki-laki normal, walaupun sering terlihat dengan kemaluan yang sedang ereksi. Lalu digabungkan dengan mitologi Roma dimana mulai digambarkan sebagai setengah manusia (bagian atas) dan setengah kambing (bagian bawah). Satyr digambarkan sebagai makhluk yang nakal, merusak dan berbahaya, pemalu dan pengecut. Pada masa lampau sering mereka digambarkan mempunyai tanduk dikepala, dan yang muda terlihat mempunyai banyak masalah.

25. Giant
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/25-2.jpg
Giant atau raksasa digambarkan sebagai monster yang mempunyai kekuatan luar biasa dan ukuran lebih besar dari manusia. Mereka muncul di Alkitab (dalam cerita Raja David dan Goliath). Dalam mitologi mereka seringkali digambarkan mempunyai konflik dengan dewa-dewa dan biasanya dihubung-hubungkan dengan kekacauan dan alam bebas. Mereka muncul sama awalnya dengan kebudayaan Yunani kuno dimana mereka dikenal dengan nama gigantes, makhluk yang lahir dari Gaia yang dibuahi dengan darah Uranus ketika dia dikebiri.

26. Yeti
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/26-2.jpg
Yeti yang disebut sebagai Manusia Salju Liar telah menjadi legenda di daerah Himalaya.Dari dahulu sampai sekarang banyak cerita orang yang hilang di daerah pegunungan Himalaya, dipercaya mereka telah diculik oleh Yeti.Foto diatas diambil tahun 1925, N. A. Tombazzi melaporkan telah melihat hewan besar mirip manusia 300 yard dari Sikkim.Walaupun banyak yang telah melapor melihat yeti, tidak ada bukti yang menunjukan dia ada.Daerah tempat terlihatnya yeti sangat curam dan landai sehingga sulit diadakan investigasi.

27. Bigfoot
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/27-2.jpg
Bigfoot dilaporkan telah ditemukan didaerah Kanada dan Amerika Utara sejak abad 19-an.Dari jejak kakinya diperkirakan beratnya mencapai 400 kg.Bigfoot dikenal juga dengan nama Sasquatch, itu adalah nama hewan legenda yang beredar di Amerika Utara.Bigfoot kadang diciri2kan sangat besar, dengan bulu2 menutupi seluruh tubuh, dan orang percaya makhluk ini dapat ditemukan diseluruh dunia dengan nama2 yang berbeda, seperti Yeti di Tibet dan Nepal, Yeren di China dan Yowie di Australia.

28. Scylla
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/28-2.jpg
Scylla menurut legenda Yunani, adalah seekor makhluk yang memiliki 6 kepala dan 12 kaki.Scylla dipercaya bahwa tadinya dia adalah seorang penyihir air yang kemudian dirubah menjadi monster oleh Circe.Setelah diubah menjadi monster, dia menghabiskan hidupnya untuk membalas dendam kepada pelaut yang lewat di laut.

29. Kirin
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/29-2.jpg
Kirin atau Qilin adalah mahluh setengah naga setengah kuda, pada awalnya berasal dari mitologi China namun tersebar ke seluruh asia timur. Hewan nyata yang dianggap ‘mendekati’ kirin adalah jerapah (bingung kan? >.<), konon jerapah pernah dianggap sebagai Kirin. Dalam mitologi China, kirin adalah hewan suci yang memiliki sifat baik, namun kirin bisa menjadi hewan yang buas dan mengerikan saat terancam. Konon kirin hanya muncul di tempat2 yang dikuasain oleh penguasa yang baik dan bijaksana.

30. Tengu
http://i726.photobucket.com/albums/ww261/jHy_2009/30-1.jpg
Tengu (天狗, Tengu?) adalah makhluk dalam legenda Jepang. Salah satu Kami penunggu gunung, atau yōkai yang erat hubungannya dengan burung elang atau gagak. Pakaiannya mirip dengan pakaian pendeta yamabushi yang menempa diri di hutan dan gunung. Tengu memiliki hidung yang panjang, wajahnya merah, memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang. Tengu bisa terbang bebas di angkasa sambil membawa tongkat yang disebut kongōzue, pedang besar (tachi), dan kipas berbentuk daun (hauchiwa). Pekerjaannya menghalangi orang yang ingin mendalami agama Buddha.[1] Nama lainnya adalah Gehō-sama (外法様, tuan sihir?). Dalam bahasa Jepang dikenal ungkapan Tengu ni naru yang berarti “sangat bangga dengan diri sendiri”. Ungkapan ini kemungkinan berasal dari ungkapan “hana ga takai” (hidungnya tinggi).
Asal-usul
Tengu berhidung panjang seperti dikenal orang zaman sekarang merupakan hasil penggambaran orang pada abad pertengahan. Dalam cerita Konjaku Monogatari-shū, tengu digambarkan bisa berlari di udara, dan sebagai hantu berbentuk burung rajawali yang membuat orang kerasukan. Penggambaran tersebut diperkirakan mengambil model dari hantu Temma dalam konsep agama Buddha yang digambarkan berbadan manusia dan memiliki sepasang sayap. Model awal tengu kemungkinan berubah pada paruh pertama zaman Muromachi. Dalam kumpulan cerita rakyat Otogizōshi terdapat cerita Tengu no Dairi (Istana Tengu) yang tokoh utamanya bernama Kurama Tengu. Selain itu, Ushiwakamaru dikabarkan menerima pelajaran seni pedang dari Tengu di Kuil Kurama. Dalam Hikayat Heike, tengu digambarkan seperti “Manusia tapi tidak seperti manusia, burung tapi tidak seperti burung, anjing tapi tidak seperti anjing, tangan dan kakinya seperti tangan dan kaki manusia, wajahnya seperti anjing, memiliki sayap di kanan kiri, dan bisa terbang.”


tar DI UPDATE lagi:P

Shuichi
07-03-2009, 06:47 PM
Lucifer


http://www.indoimage.com/image-EFD1_49B25E93.jpg (http://www.indoimage.com/share-EFD1_49B25E93.html)


Lucifer adalah nama yang seringkali diberikan kepada Setan dalam keyakinan Kristen karena penafsiran tertentu atas sebuah ayat dalam Kitab Yesaya. Secara lebih khusus, diyakini bahwa inilah nama Setan sebelum ia diusir dari surga.

Dalam bahasa Latin, kata "Lucifer" yang berarti "Pembawa Cahaya" (dari lux, lucis, "cahaya", dan "ferre", "membawa"), adalah sebuah nama untuk "Bintang Fajar" (planet Venus ketika muncul pada dini hari). Versi Vulgata Alkitab dalam bahasa Lain menggunakan kata ini dua kali untuk merujuk kepada Bintang Fajar: sekali dalam 2 Petrus 1:19 untuk menerjemahkan kata bahasa Yunani "Φωσφόρος" (Fosforos), yang mempunyai arti harafiah yang persis sama dengan "Pembawa Cahaya" yang dimiliki "Lucifer" dalam bahasa Lain; dan sekali dalam Yesaya 14:12 untuk menerjemahkan "הילל" (Hęlēl), yang juga berarti "Bintang Fajar". Dalam ayat yang belakangan nama "Bintang Fajar" diberikan kepada raja Babilonia yang tirani, yang dikatakan oleh nabi akan jatuh. Ayat ini belakangan diberikan kepada raja iblis, dan dengan demikian nama "Lucifer" kemudian digunakan untuk Setan, dan dipopulerkan dalam karya-karya seperti "Inferno" oleh Dante dan Paradise Lost oleh Milton, tetapi bagi para pengguna bahasa Inggris, pengaruhnya yang terbesar disebabkan karena nama ini digunakan dalam Alkitab Versi Raja James, sementara versi-versi bahasa Inggris lainnya menerjemahkannya dengan "Bintang Fajar" atau "Bintang Siang".

Sebuah nas serupa dalam Kitab Yehezkiel 28:11-19 mengenai raja Tirus juga diberikan kepada Setan, sehingga menambahkan gambaran lain kepada gambaran Setan dan kejatuhannya yang tradisional.



http://www.indoimage.com/image-7B38_49B25E93.jpg (http://www.indoimage.com/share-7B38_49B25E93.html)

andi msc
07-03-2009, 06:49 PM
phoenik ama qylin juga berasal dari legenda cina..........

klo qylin mirip2 ama sekarang yang disebut barongsai.........

http://www.artfolio.org/kirindo/kirin.jpg

gyula
07-03-2009, 08:41 PM
Kalo pixie atau peri2 itu masuk makhluk mitologi ngga? Kan mereka termasuk makhluk2 ajaib di luar negeri

Shuichi
07-03-2009, 10:24 PM
Kok Lucifer gak termasuk sii ???

Urakai
08-03-2009, 05:14 PM
Wew garuda jga? Bknya biasa? Btw, nice info neh.. Jadi penasaran.

HoushiNoHikari
08-03-2009, 09:52 PM
makhluk2x legenda dari indonesia itu nenek lampir sama grandong adanga yah keterangannya ??

hanimon
08-03-2009, 10:27 PM
bagong, petruk dan gareng g termasuk juga nih :lol:
kalo soal baphomet dimana?

Bian_Zoldark
08-03-2009, 10:53 PM
hi, semuanya......

berhubung banyak yang tanya tentang mahluk mitologi dari lokal,




mahkluk mythnya Indo mana? demit, tuyul, kolor ijo, sundel bolong

http://idham.jardiknas.net/gambar/onion-head09.gif


makhluk2x legenda dari indonesia itu nenek lampir sama grandong adanga yah keterangannya ??

gw punya sedikit info, dan semoga berkenan.

tapi menurut gw mahluk-mahluk yang akan gw sebutin ini bukan Mitologi, melainkan Reality, soalnya terus terang aja beberapa dari mereka udah pernah gw liat sendiri.

mudah-mudahan masih nyambung ama topik di thread ini, karena mitologi erat kaitannya sama mistik kan ?

Kuntilanak
http://www.picamatic.com/show/2009/03/08/06/28/2657440_bigthumb.jpg (http://www.picamatic.com/view/2657440_kuntilanak/)
Hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama “kuntilanak” atau “pontianak” kemungkinan besar berasal dari gabungan kata “bunting” (hamil) dan “anak”.

Menurut tradisi melayu sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik yang punggungnya berlubang. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kamboja. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak juga senang menyantap bayi dan melukai wanita hamil.
Menurut tradisi Sunda tidak memiliki lubang di punggung dan hanya mengganggu dengan penampakan saja. Jenis yang memiliki lubang di punggung sebagaimana deskripsi di atas disebut sundel bolong. Kuntilanak konon juga menyukai pohon tertentu sebagai tempat “bersemayam”, misalnya waru yang tumbuh condong ke samping (populer disebut “waru doyong”).
Berdasarkan kepercayaan dan tradisi masyarakat Jawa, kuntilanak tidak akan mengganggu wanita hamil bila wanita tersebut selalu membawa paku, pisau, dan gunting bila bepergian ke mana saja. Hal ini menyebabkan seringnya ditemui kebiasaan meletakkan gunting, jarum dan pisau di dekat tempat tidur bayi.
Menurut kepercayaan masyarakat Melayu, benda tajam seperti paku bisa menangkal serangan kuntilanak. Ketika kuntilanak menyerang, paku ditancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak. Sementara dalam kepercayaan masyarakat Indonesia lainnya, lokasi untuk menancapkan paku bisa bergeser ke bagian atas ubun-ubun kuntilanak




Jenglot
http://www.picamatic.com/show/2009/03/08/06/28/2657437_bigthumb.jpg (http://www.picamatic.com/view/2657437_jenglot/)
Jenglot merupakan satu makhluk halus yang hidup, dari alam ghaib. secara zahir yang kita nampak, makhluk halus ni berbadan kecil, tidak bergerak, tidak bernafas, rambut panjang, kuku panjang, dan bertaring. walaupun bergitu, makhluk ini dipercayai melakukan pergerakkan dan pertumbuhan secara halus. makhluk ni berupa ala2 macam manusia, ada kepala, rambut, kuku, tangan, badan, dan kaki. tetapi makhluk ni takda organ2 dalaman seperti jantung dan paru2. walaupun tak bergerak atau nampak macam patung pada zahirnya, tapi sebenarnya makhluk ni memang hidup. Jenglot jugak dipercayai mempunyai kuasa ghaib yang hanya dapat dirasai oleh pengamal ilmu ghaib.

kewujudan Jenglot
ada antara orang2 yang mengamalkan ilmu ghaib percaya yang Jenglot ni merupakan manusia pada asalnya. manusia yang mengamalkan ilmu pertapaan yang dikenali sebagai "Bethara Karang".

Bethara Karang
Bethara Karang ialah satu ilmu ghaib yang dikaitkan dgn keabadian. dipercayai, manusia yang menuntut dan mengamalkan ilmu akan mendapat keabadian dan tidak akan mati (fuh). bagi yang menuntut ilmu ni, tubuhnya akan menyusut, sampai jadi kecil. 4 gigi taring akan tumbuh dgn panjang. ilmu Bethara Karang dipercayai sebagai salah satu ilmu hitam, di mana jasad pengamalnya tidak diterima bumi, manakala rohnya tidak diterima akhirat. (sebab tu makhluk ni kekal hidup)

makanan Jenglot
memandangkan Jenglot merupakan makhluk yang hidup secara ghaib, makhluk ni jugak perlukan makanan. Jenglot dipercayai memerlukan darah manusia berjenis O, darah kambing, darah ayam, telur ayam yang dicampur minyak wangi (minyak japaron) untuk terus hidup. dalam satu artikel temu bual antara salah sorang pemilik makhluk ini, Jenglot tidak makan seperti manusia. yang jelas, setiap 18 jam, sebanyak 3 cc darah dan minyak wangi yang diberi akan berkurang sebanyak 50% hingga 60%.

nama Jenglot
dipercayai jugak, Jenglot mempunyai nama. nama ini merupakan kata laluan diantara penjaganya dgn makhluk tersebut.

Bian_Zoldark
08-03-2009, 10:56 PM
Tuyul

Dalam berbagai film atau gambar tuyul digambarkan sebagai makhluk halus berwujud anak kecil yang kerdil, perawakannya gundul, dan suka mencuri. Tuyul juga kadang-kadang digambarkan bekerja pada seorang majikan manusia untuk alasan tertentu. Adapun tuyul digambarkan mempunyai sifat seperti anak-anak normal biasa dimana dia harus mencari induk semang sebagai ibu kandungnya.Dia digambarkan sebagai bayi yang mati baru beberapa bulan lalu dibangkitkan oleh dukun sebagai tuyul untuk tujuan-tujuan tertentu yang tidak baik. mempunyai sifat yang sama dengan balita pada umumnya.Dalam berbagai macam film tuyul dijelaskan sebagai sebuah roh suruhan dari induknya guna mencari kekayaan dengan cara mencuri dari orang-orang kaya atau yang disuruh induk semangnya.



Pocong

Penggambaran pocong bervariasi. Dikatakan, pocong memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan, pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan, pocong merupakan bentuk protes dari si mati yang terlupa dibuka ikatan kafannya sebelum kuburnya ditutup.

Meskipun pocong dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat, mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang-layang. Hal ini bisa dimaklumi, sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat-lompat. Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu di masyarakat: “Lempar saja batu klo liat pocong, klo dia teriak2 berarti pocong palsu”.

Bian_Zoldark
08-03-2009, 10:58 PM
Genderuwo

Makhluk halus yang menyerupai kera tapi berbadan tinggi dan besar, makhluk ini suka tinggal di pepohonan, sepeti pohon beringin dan pohon-pohon besar lainnya karena wujudnya yang seperti kera raksasa.
Genderuwo tidak dapat dilihat oleh orang biasa tapi pada saat tertentu dia mau menampakkan dirinya.




Wewe Gombel

Sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang suka mencuri anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. Bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.

Menurut cerita, Wewe Gombel adalah roh dari seorang wanita yang meninggal bunuh diri lantaran dikejar masyarakat karena telah membunuh suaminya. Peristiwa itu terjadi setelah suami dari wanita itu berselingkuh dengan wanita lain. Sang suami melakukan hal itu karena istrinya tak bisa memberikan anak yang sangat diharapkannya. Akhirnya ia dijauhi dan dibenci suaminya lalu dikucilkan sampai menjadi gila dan gembel.

Disebut Wewe gombel karena kejadian in terjadi di daerah Gombel, Semarang. Jika kita berkendaraan dari arah Jatingaleh ke arah Banyumanik, maka akan terlihat bekas iklan bir bintang. Di situlah konon letak lokasi wewe gombel berada. Beberapa orang menyebutkan bahwa lokasi tersebut adalah lokasi kerajaan hantu. Menurut cerita itu pula, hal itu yang menyebabkan sebuah hotel yang terletak di dalam lokasi bukit gombel menjadi bangkrut.

Bian_Zoldark
08-03-2009, 11:00 PM
Orang bunian

Makhluk halus yang dikenal di wilayah Minangkabau, Sumatera Barat. Bentuknya menyerupai manusia, tinggal di tempat-tempat sepi, di rumah-rumah kosong yang telah ditinggal penghuninya.

Orang Bunian sering diistilahkan dengan dewa di Minangkabau, pengertian dewa dalam hal ini sedikit berbeda dengan pengertian dewa dalam agama-agama Hindu maupun Buddha. Dewa dalam istilah Minangkabau berarti sebangsa makhluk halus yang tinggal di hutan atau di rimba, di pinggir bukit, di dekat pekuburan. Biasanya bila hari menjelang maghrib di pinggir bukit akan tercium sebuah aroma yang biasa dikenal dengan nama masakan dewa atau samba dewa. aromanya mirip bau kentang goreng. Hal ini boleh ditanyakan langsung kepada masyarakat Minangkabau.

Satu hal lagi, dewa lebih dikonotasikan bergender perempuan, yang cantik rupawan, bukan laki-laki seperti persepsi yang umum di agama lain. Selain itu, masyarakat juga meyakini bahwa ada peristiwa orang hilang disembunyikan dewa; ada juga istilah orang dipelihara dewa, yang semenjak bayi sudah dilarikan oleh dewa. cerita ini masih masyhur sampai sekarang.




Siluman

Makhluk halus yang tinggal dalam komunitas dan menempati suatu tempat. Mereka melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari layaknya manusia biasa. Mereka juga mengenal peradaban. Siluman dapat berasal dari manusia biasa yang kemudian meninggalkan alam kasar atau setelah orang meninggal ruhnya masuk dalam masyarakat itu, atau memang sudah merupakan makhluk halus sejak awalnya. Pertemuan antara manusia dengan siluman seringkali menjadi bagian dari cerita-cerita misteri yang digemari.
Siluman dikenal pula sebagai orang bunian dalam tradisi masyarakat Sumatera. Mitos tentang Kanjeng Ratu Kidul merupakan satu mitos tentang masyarakat siluman yang sangat dikenal suku-suku di Jawa, bahkan digunakan sebagai legitimasi kekuasaan raja-raja pewaris Mataram.

Bian_Zoldark
08-03-2009, 11:01 PM
Leak

Adalah penyihir jahat. Le artinya penyihir dan ak artinya jahat. Leak hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak. Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda. Bila perlu ia juga dapat mengambil organ dari orang hidup.

Diceritakan juga bahwa Leak dapat berupa kepala manusia dengan organ-organ yang masih menggantung di kepala tersebut. Leak dikatakan dapat terbang untuk mencari wanita hamil, untuk kemudian menghisap darah si bayi yang masih di kandungan. Ada tiga leak yang terkenal. Dua di antaranya perempuan dan satu laki-laki.

Menurut kepercayaan orang Bali, Leak adalah manusia biasa yang mempraktekkan sihir jahat dan membutuhkan darah embrio agar dapat hidup. Dikatakan juga bahwa Leak dapat mengubah diri menjadi babi atau bola api, sedangkan bentuk Leyak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam. Beberapa orang mengatakan bahwa sihir Leak hanya berfungsi di pulau Bali, sehingga Leak hanya ditemukan di Bali.

Apabila seseorang menusuk leher Leak dari bawah ke arah kepala pada saat kepalanya terpisah dari tubuhnya, maka Leak tidak dapat bersatu kembali dengan tubuhnya. Jika kepala tersebut terpisah pada jangka waktu tertentu, maka Leak akan mati.





Kajiman

Mereka hidup dirumah-rumah kuno di dalam masyarakat yang bergaya aristokrat, hampir sama dengan bangsa siluman tetapi mereka itu tinggal di daerah-daerah pegunungan dan tempat-tempat yang berhawa panas. Orang biasanya menyebut merak Jim.

Bian_Zoldark
08-03-2009, 11:07 PM
Demit

Bangsa ini bertempat tinggal di daerah-daerah pegunungan yang hijau dan lebih sejuk hawanya, rumah-rumah mereka bentuknya sederhana terbuat dari kayu dan bambu, mereka itu seperti manusia hanya bentuk badannya lebih kecil.
Disamping masyarakat yang sudah teratur seperti Merkayangan, Siluman, Kajiman, dan Demit masih ada lagi dua menjelaskannya lebih detail, secara singkat kedua masyarakat itu adalah untuk mereka yang jujur, suci dan bijak. Mahkluk halus yang tidak sempurna.
Disamping tujuh macam alam permanen tersebut, ada sebuah saluran yang terjepit, dimana roh-roh dari manusia-manusia yang jahat menderita karena kesalahan yang telah mereka perbuat pada masa lalu, ketika mereka hidup sebagai manusia.
Manusia yang salah itu pasti menerima hukumaan untuk kesalahan yang dilakukannya, hukuman itu bisa dijalani pada waktu dia masih hidup di dunia atau lebih jelek pada waktu sesudah kehidupan (afterlife) diterima oleh orang-orang yang sudah melakukan: fitnah, tidak jujur, prewangan (orang yang menyediakan raganya untuk dijadikan medium oleh mahkluk halus), blackmagic, guna-guna yang membuat orang lain menderita, sakit atau mati dll, pengasihan supaya dikasihi oleh orang lain dengan cara-cara yang tidak wajar, membunuh orang, dll perbuatan yang nista.
Memuja berhala untuk menjadi kaya (pesugihan) yang dimaksud dengan berhala dalam kejawen bukanlah patung-patung batu, tetapi adalah sembilan macam mahkluk halus yang katanya, “suka menolong” manusia supaya menjadi kaya dengan kekayaan meterial yang berlimpah.




Jin-Siluman
Mahkluk halus ini konon suka tinggal didaerah yang ber air seperti di danau-danau, laut, samudera dll, masyarakat siluman diatur seperti masyarakat jaman kuno. Mereka mempunyai Raja, Ratu, Golongan Aristokrat, Pegawai-pegawai Kerajaan, pembantu-pembantu, budak-budak dll. Mereka bisa tinggal di Keraton-keraton, rumah-rumah bangsawan, rumah-rumah yang bergaya kuno dll.
Kalau orang pergi berkunjung ke Solo-Yogyakarta atau jawa Tengah, orang akan mendengar cerita tentang beberapa siluman antara lain: Kanjeng Ratu Kidul – Ratu Laut Selatan, Ratu legendaris, berkuasa dan amat cantik, yang tinggal di istananya di Laut Selatan, dengan pintu gerbangnya Parangkusumo. Parangkusumo ini terkenal sebagai tempat pertemuan antara Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul, dalam pertemuan itu, Kanjeng Ratu Kidul berjanji untuk melindungi semua raja dan kerajaan Mataram.
Beliau mempunyai seorang patih wanita yang setia dan sakti yaitu Nyai Roro Kidul, kerajaan laut selatan ini terhampar di Pantai Selatan Pulau Jawa, di beberapa tempat kerajaan ini mempunyai Adipati. Seperti layaknya disebuah negeri kuno di kerajaan laut selatan ini juga ada berbagai upacara, ritual dll dan mereka juga mempunyai angkatan perang yang kuat. Sarpo Bongso-Penguasa Rawa Pening.
Sebuah danau besar yang terletak di dekat kota Ambarawa antara Magelang dan Semarang. Sarpo Bongso ini siluman asli, yang telah tinggal di telaga itu untuk waktu yang lama bersama dengan penduduk golongan siluman. Sedangkan kanjeng Ratu Kidul bukanlah asli siluman, beberapa abad yang lalu beliau adalah seorang Gusti dikerajaan di Jawa, tetapi patihnya Nyai Roro Kidul adalah siluman asli sejak beberapa ribu tahun yang lalu.



SUMBER :

kaskuser

wahana mistis

Bian_Zoldark
09-03-2009, 04:03 PM
sorry bro, ini cuman sekedar info aja.

buat yang pengen tahu tentang keberadaan dan asal usul cerita mereka.

di awal post kan udah gw bilang,

""mudah-mudahan masih nyambung ama topik di thread ini, karena mitologi erat kaitannya sama mistik kan ?""

maaf kalo loe nggak berkenan.

akmalsqual
09-03-2009, 05:20 PM
kalo buto cakil masuk mitos ga ya....

cyo
09-03-2009, 06:16 PM
wah makhluk mith di indonesia kok gak ada yg keren ya . . .
kebanyakan serem2
liat aja gendruwo, pocong, dll
dibandingin ma pegasus, phoenix, dll . . .
imajinasinya orang indo kurang kali. . . mikirnya yg serem2 mulu

asdqweezxc
09-03-2009, 07:31 PM
nice post bro..
tapi koq mahkluk indo msuk juga ya...:swt:

Bian_Zoldark
09-03-2009, 10:34 PM
kalo buto cakil masuk mitos ga ya....

buto cakil, buto ijo / buto merah, dan buto-butoan masih ada hubungan family ama Genderuwo.

kalo nggak salah mereka itu anak sepupunya keponakan ipar mbah kakung dari Genderuwo.

MAJINBHU
09-03-2009, 10:36 PM
wahhhh.... keren-keren ueeeyy mahluk mythologinya. Mau nambahin neh info tentang ifritnya.....

ifrit adalah termasuk jin yang suka mengganggu manusia dan dialkisahkan dia mempunyai darah dari api dan klo dia sampai terluka maka api yang keluar dari luka itu akan membakar habis tubuh ifrit itu sendiri.....

Ada kisahnya tentang ifrit dulu diceritain ma guru ngaji saya....dulu ada pengelana di negeri Arab yang sedang beristirahat di sebuah gedung tua dan dalam tidurnya dia melihat sesuatu sosok hitam besar dengan bau hangus dan rasa panas yang sangat, seketika itu juga dia membaca ayat kursi sang mahluk mengikuti membaca ayat itu setelah ayat kursi ke-3 mahluk itu lenyap dan meninggalkan bekas terbakar di tempat mahluk itu dipercaya berdiri.....

neh cerita emang meragukan kebenarannya tapi kita tau banget klo ayt kursi itu salah satu ayat yang sangat ampuh dalam mengusir hal-hal mistik....

hanimon
09-03-2009, 10:51 PM
kalo hanoman gimana?
masuk indo apa india?

Bian_Zoldark
09-03-2009, 11:07 PM
kalo hanoman gimana?
masuk indo apa india?

hanoman, kayaknya masuk ke mitos india deh.

Bian_Zoldark
09-03-2009, 11:15 PM
buat referensi laen, gw anjurkan maenin game PERSONA atau MEGAMI TENSEI.

kita hack memorinya (gameshark dan sebagainya) buat dapetin semua persona / mahluk yang bisa dimaenin di game tersebut.

khususnya game PERSONA 2 s/d PERSONA 4 (bwt konsol SONY) disitu dijelaskan profil masing-masing persona menurut mitos asalnya. komplit.

Shuichi
12-03-2009, 02:55 PM
GORGON

http://www.indoimage.com/image-5978_49B8BFD0.jpg (http://www.indoimage.com/share-5978_49B8BFD0.html)

Gorgon adalah wanita jahat dengan gigi taring dan ular hidup sebagai pengganti rambutnya. Legenda mengatakan jika orang melihat muka Gorgon maka akan berubah menjadi batu. Kemungkinan Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa yang merupakan satu-satunya wanita yang paling besar diantara 3 bersaudara (yang lain adalah Stheno dan Euryale). Karena Medusa besar sekali, Perseus hanya bisa membunuhnya dengan memotong kepalanya selagi ia melihat bayangannya sendiri di perisai Perseus. Gambaran Gorgon digunakan Yunani untuk menggambarkan kejahatan.

Ryosuke
12-03-2009, 06:55 PM
gw coba terusin deh...

Anubis
http://www.linsdomain.com/gods&goddesses/pictures/relief-anubis.jpg
Anubis dalam kepercayaan Mesir Kuna dianggap sebagai dewa kematian dengan wujud kepala anjing dan badan manusia. Anubis adalah nama Mesir untuk dewa berkepala anjing yang berhubungan dengan mumi dan kehidupan setelah kematian pada mitologi Mesir. Pada bahasa Mesir Kuna, Anubis dikenal sebagai Inpu, (dibaca Anupu, Ienpw, dll.). Penemuan yang tertua menyebut Anubis pada teks piramid kerajaan tertua, di sana ia dihubungan dengan kekerasan seorang raja pada saat itu.

Nekhbet
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/2/2d/Egypt.Nekhbet.01.jpg
Dalam mitologi Mesir, Nekhbet (juga diucapkan Nechbet, dan Nekhebit) adalah dewi lokal pradinasti awal yang merupakan pelindung kota Nekheb, namanya berarti dari Nekheb. Pada akhirnya, dia menjadi pelindung Mesir Hulu dan salah satu dari dua dewi pelindung untuk seluruh Mesir Kuno sebelum bersatu.

Nu
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/5/5b/Heh_as_chaos.svg/180px-Heh_as_chaos.svg.png
Dalam mitologi Mesir, Nu adalah pendewaan primordial jurang kekelaman berair. Dalam kosmogoni Ogdoad, namanya berarti jurang kekelaman.

Karena menjadi sebuah konsep, Nu dipandang tidak memiliki jender, namun memiliki aspek yang dapat direpresentasikan sebagai wanita atau pria seperti kebanyakan dewa Mesir lain. Naunet (juga diucapkan Nunet) adalah aspek wanita, yang mana nama Nu ditampilkan dengan akhiran jender wanita. Aspek pria, Nun, ditampilkan dengan akhiran jender pria. Seperti konsep primordial tiga empat Ogdoad lainnya, aspek pria Nu digambarkan dengan kodok, atau pria kepala kodok. Dalam kesenian Mesir kuno, Nun juga muncul sebagai pria berjenggot dengan kulit biru-hijau yang merepresentasikan air. Naunet direpresentasikan dengan ular atau wanita berkepala luar.

Nephthys
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2c/Nephthys_N4051_mp3h8832.jpg/180px-Nephthys_N4051_mp3h8832.jpg
Dalam mitologi Mesir, Nephthys adalah bentuk Yunani dari epitet (sebenarnya dibaca Nebet-het, dan Nebt-het, dalam transliterasi dari hieroglif Mesir). Nephthys, merupakan anggota Ennead Agung Heliopolis, putri Nut adan Geb. Nephthys merupaakan dewi yang disamakan dengan "kekuatan" (atau penyelesaian) saudaranya, Isis dan, menurut kebiasaan yang tidak terlalu terkenal, dia juga merupakan saudara-istri Set. Nephthys biasanya dihormati sebagai ibu dewa kubur Anubis

Neith
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c2/Neith.svg/180px-Neith.svg.png
Dalam mitologi Mesir, Neith (juga dikenal Nit, Net, dan Neit) adalah dewi pada masa awal dalam panteon Mesir. Dia merupakan pelindung dewa Sais, dimana pemujaan terhadapnya dipusatkan di bagian barat Delta Nil Mesir dan terbukti pada dinasti pertama Mesir. Nama Mesir Kuno untuk kota ini adalah Zau.

Mut
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/ec/10_luxor_museum_-_Mut_-_dated_19_dynasty_c_1279_to_1213_BC.JPG/180px-10_luxor_museum_-_Mut_-_dated_19_dynasty_c_1279_to_1213_BC.JPG
Mut, yang berarti ibu dalam bahasa Mesir kuno, adalah dewi ibu Mesir kuno dengan banyak aspek yang telah berubah selama seribu tahun budayanya. Pengucapan lainnya ialah Mout. Dia sering digambarkan sebagai hering putih. Dia termasuk dalam dewa penting, yang dihubungkan dengan air yang mana segalanya terlahir melalui partenogenesis. Dia juga digambarkan sebagai wanita dengan mahkota Mesir di kepalanya. Hukum di Mesir kerap kali menunjang penyembahannya dengan cara mereka sendiri untuk menekankan otoritas mereka dan hak untuk mengatur seluruh perkumpulan dengan Mut.

Amuro_Ray
12-03-2009, 08:05 PM
ikut nyumbang deh :ngacir:

Jormungand

http://www.indoimage.com/image-69B2_49B90870.jpg

Ular raksasa yang merupakan anak tengah dari pasangan Loki dan Angrboda sekaligus saudara Fenrir dan Hel. Di mitologi disebutkan kalau Odin membuang 3 anak Loki, dan Jormungand dibuang ke laut Midgard atau dunia manusia. Dari situlah dia mendapat julukan Midgardsormr yang berarti ular raksasa yang melilit Midgard. Merupakan musuh utama Thor, dan diceritakan di Ragnarok mereka akan saling bunuh. Saat Ragnarok terjadi, Jormungand keluar dari laut dan mengakibatkan banjir besar.

Setr
12-03-2009, 10:33 PM
beneran ada ga y makhluk ntuh :???:
makhluk2nya pd keren tuh :th_099_:

:hi:

ARX
13-03-2009, 09:01 AM
Sleipner mana??
Kuda-nya Odin... (anak-nya Loki)

dari tadi kayak-nya gw ngga liat ada yang ngepost Siren...

Byakko, Seiryuu, Genbu, ama Suzaku termasuk ngga sih?

Hippogrif, juga ngga ada, dari tadi..

Ryosuke
13-03-2009, 09:05 AM
beneran ada ga y makhluk ntuh :???:
makhluk2nya pd keren tuh :th_099_:

:hi:

itu cuma myth a.k.a mitos
bener apa nggak-nya ga ada yg tau...


Sleipner mana??
Kuda-nya Odin... (anak-nya Loki)

dari tadi kayak-nya gw ngga liat ada yang ngepost Siren...

Byakko, Seiryuu, Genbu, ama Suzaku termasuk ngga sih?

Hippogrif, juga ngga ada, dari tadi..

:top: byakko , genbu , suzaku and seiryu masukin aj klo ada
tapi sama penjelasannya juga
kebanyakan pada masukin dari norse sama greek..

hands0202
13-03-2009, 09:52 AM
unicorn termasuk bukan. pernah denger sih unicorn akan muncul lagi pada peradaban yang hanya ada kedamaian. :onion-16:

Ryosuke
13-03-2009, 04:32 PM
lanjut lagi skarang dari Asia
Suzaku
http://images.elfwood.com/art/m/r/mraquel/vs_suzaku.jpg
Vermilion Bird yang merupakan salah satu Simbol Empat dari Cina constellations. Menurut Wu xing, yang Tao sistem lima kekuatan , ia mewakili api-elemen, arah selatan, dan musim panas . Sehingga kadang-kadang disebut Vermilion Bird of South (南方朱雀, Nan Fang Zhu Que) dan juga dikenal sebagai Suzaku di Jepang dan di Korea Jujak. Hal ini sering keliru untuk Fenghuang karena kesamaan dalam rupa, tapi dua makhluk yang berbeda. The Fenghuang adalah raja burung, sementara Vermilion Bird adalah makhluk mitologi roh dari Cina constellations.

Genbu
http://img3.cdn.crunchyroll.com/i/spire2/04122008/d/b/0/2/db02df0d389020_full.jpg
The Black Tortoise adalah salah satu dari Empat Simbol dari Cina constellations. Kata untuk "tortoise" adalah tabu, dan seluruh badan tidak hanya kura-kura itu sendiri, tetapi kedua kura-kura dan ular. kadang disebut Black Warrior dari Utara (北方玄武, Bei Fang Xuan Wǔ), dan dikenal sebagai Genbu di Jepang dan di Korea Hyeonmu. It melambangkan utara dan musim dingin Walaupun namanya di Cina, Xuánwǔ, sering diterjemahkan sebagai Black Tortoise dalam bahasa Inggris, biasanya digambarkan sebagai baik kura-kura dan ular, khususnya dengan ular disekitar kura-kura.

Seiryuu
http://albireo-haru.sakura.ne.jp/mini-cut/seiryuu-cut.jpg
The Azure Dragon merupakan salah satu dari 4 simbol constellations. kadang disebut Azure Dragon of the East (traditional Chinese: 東方青龍; simplified Chinese: 东方青龙; pinyin: Dōng Fāng Qīng Lóng), dan dikenal sebagai Seiryuu di jepang and Cheongryong di korea. Seiryuu melambangkan arah timur dan musim semi.

Byakko
http://www.geocities.com/ominaga2/byakko_tiger_west.jpg
The White Tiger merupakan salah satu dari 4 simbol Chinese constellations. kadang di sebut White Tiger of the West (西方白虎, Xī Fāng Bái Hǔ), dan di kenal sebagai Byakko di jepang and Baekho di korea. byakko melambangkan arah barat dan musing gugur.

Raestloz
15-03-2009, 03:10 AM
Itu jelas dari Wikipedia :onion-50: wa pernah baca soalnya hehhe

kurang 1 bro...

Selain ke-4 penjaga 4 penjuru ada 1 lagi penjaga di Cina.

Huang Long

Kalau kita punya burung buat selatan, naga buat timur, kura-kura utara, macan barat, tengah apa dong?

Maka muncullah Huang Long, seekor naga (lagi) berwarna kuning. Huang Long digambarkan tidak bertanduk (naga-naga Cina semuanya bertanduk, inget Liong barongsai? bertanduk semua kan?) dan muncul dari Sungai Luo. Huang Long memberikan kepada Kaisar Fu Xi pengetahuan bahasa tulis. Menurut legenda, waktu muncul di hadapan kaisar, Huang Long turun dari langit, melewati lubang di angkasa yang diciptakan monster bernama Kung Kung (jelas bukan kung-kung berarti kakek). Elemen Huang Long adalah tanah. Digambarkan pula saat Huang Long bangun adalah siang, Huang Long tidur maka saat itu malam. Juga napas Huang Long mengendalikan cuaca dan musim

Kalau susah berimajinasi, bagi yang pernah baca komik Samurai Deeper Kyo sampai tamat, ingat saat Kyo manggil "Konjiki" ga? nah mirip2 gitu, turun dari lubang di langit

Bagi yang berpendapat ada Dōng Fāng Qīng Lóng ada Seiryuu maka ada Huang Long ada Konjiki, itu salah besar. Soalnya, walau Cina dan Jepang mirip, elemen ke-5 di jepang bukan tanah, tapi kehampaan. Kecuali mereka punya Darkterror sang Voidwalker (pengembara kehampaan), ngga ada hewan yang bisa mewakili kehampaan (kosong adalah isi, isi adalah kosong) :D

Mengenai Wyvern
Bagi Anda sekalian yang merasa bingung membedakan antara Wyvern dengan Dragon, ada cara sederhana: perhatikan kaki depannya. Punya kaki? Itu Dragon, ngga ada? Itu Wyvern. As simple as that, Wyvern adalah sebutan untuk naga yang ngga punya kaki depan. catatan: naga disini adalah naga barat, sesuai dengan imajinasi akan naga di Harry Potter, bukan naga India atau Cina

Basilisk
Bagi yang pernah baca/nonton Harry Potter ke-2, jelas ga bakal lupa sama yang satu ini. Gambaran Basilisk J.K. Rowling kurang lebih sama dengan legenda asli Swedia: Basilisk bisa membunuh dengan tatapan saja, dan diyakini sangat beracun. Tingkat beracunnya bisa dibayangkan dengan kenyataan basilisk meninggalkan racun sambil melata, menghasilkan semacam jalur racun yang bisa membawa kita ke Basilisk tersebut (warning: tidak dianjurkan, heheh). namun tidak seperti basilisk lawan si Potter, legenda basilisk yang asli menggambarkannya tidak lebih panjang dari dua belas jari (artinya tidak lebih panjang dari usus dua belas jari anda :D), dan kelemahannya adalah bau musang (kalau gitu kambing kalah hebat dong? O_o). Kalau bingung bau apa, jawabannya satu: bau urinnya, yang mana berdasarkan perkataan Leonard da Vinci sendiri

"makhluk ini menghabisi basilisk dengan bau urinnya, yang mana seringkali menghabisi musang itu sendiri"

Sebenarnya ada 2 penggambaran basilisk: yang biasa adalah ular, yang kedua adalah ayam berbuntut ular, disebut cockatrice (ngerasa familiar?). edisi cockatrice disebut rajanya basilisk soalnya cockatrice punya semacam bentuk yang mirip mahkota di kepalanya (pantes kepala ayam jantan kaya gitu, heheh).

biar bilang begitu, sumber basilisk dan cockatrice agak beda. Basilisk lahir dari telur ular/katak yang dierami ayam, sementara cockatrice lahir dari telur ayam yang dierami ular/katak. Mau coba? silahkan, kalau bisa bikin ular mengerami telur ayam :D

selain itu napas basilisk diyakini sangat beracun, seganas racun dari badannya. Saking kuatnya racunnya bisa menghabisi pohon dalam sekali tiup (tiup lembut kaya waktu makan nasi panas). Lebih parah lagi racunnya kayak worm komputer, bisa menyebar ke benda lain yang menyentuh benda yang disentuh racun itu. Ada cerita seorang prajurit kavaleri menghabisi basilisk dengan cara menusuknya di kepala dengan tombak (dibokong {baca: di hajar dari belakang} dong). Hasilnya: Basilisk mati, OK! Tombak kena racun: OK! Yang megang tombak: kena racun, yang diduduki yang megang tombak: kena racun. maka mereka bertiga KO-IT semua, buset.... untung kita yang nyentuh tanah ga kenapa-napa.


Kelemahan basilisk selain bau pipis si musang adalah mendengar suara ayam jantan. Makanya banyak pengembara jaman dulu bawa ayam jantan waktu kemana-mana. Jadi kalau ketemu orang ndeso ke kota bawa ayam jantan, jangan ketawain, dia bisa lebih aman dari ente kalau ketemu basilisk :top:


satu lagi yang menarik dari basilisk adlaah mereka tidak melata seperti ular standar, tapi dengan menggerakkan badan mereka seperti gelombang (yang ga tau... gimana ya jelasinnya? kaya ini lho: /\/\/\/)

Raestloz
15-03-2009, 04:17 AM
Sleipnir
Bagi Anda sekalian pecinta Final Fantasy jelas ingat akan Odin, The Death Knight pembawa Gungnir, pemegang Zantetsuken, dan pengendara Sleipnir.

Masalah Odin adalah lain, begitu pula Gungnir, Zantetsuken adalah pedang ciptaan SQUARESOFT, dan Sleipnir lah yang akan kita bahas

Sleipnir digambarkan sebagai kuda berkaki delapan. Sleipnir berwarna abu-abu, dan merupakan anak dari Loki, yang kawin dengan kuda Svađilfari.

Kenapa Loki bisa sampai kawin dengan kuda bisa diketahui dari Prose Edda mitologi Norse

Waktu dewa mulai membangun Midgard (alam manusia, tidak untuk disamakan dengan Rune-Midgard, alam Ragnarok Online) dan Valhalla (tempat tinggal dewa, setara dengan Olympusnya Yunani) ada seorang tukang bangunan yang menawarkan pada dewa untuk membangun suatu dinding yang akan mengusir semua yang mau mendekat (dengan perkecualian dewa-dewi sendiri tentunya) hanya dalam 3 musim, 9 months brother! Biaya pembangunannya adalah dewi Freyja, matahari, dan bulan. Setelah berbagai rapat, dengan hasutan Loki, para dewa-termasuk Freyja yang jadi taruhan judi- ayo-ayo saja. Berbagai batasan diterapkan oleh dewa sebagai upaya melindungi Freyja. Cuma satu permintaan si tukang: kudanya Svađilfari boleh bantuin. Karena melihat itu cuma kuda, dengan hasutan Loki (lagi) para dewa bilang OK saja.

Tapi para dewa terkejut waktu melihat si kuda melakukan tugas 2x lebih banyak dari si tukang, bahkan bisa melempar batu besar. Dengan bantuan si Svađilfari si tukang mengerjakannya dengan cepat. Wkatu deadline tinggal 3 hari lagi dia sudah hampir sampai ke pintu gerbang Valhalla. Para dewa (khususnya Freyja) jelas panik. Setelah berbagai rapat dan perundingan, kesepakatan tak tertulis menyatakan Loki adalah biang keladi permasalahan yang muncul.

Para dewa memerintahkan Loki mengurus masalah ini dengan nyawa sebagai taruhan. Ketakutan, Loki bersumpah akan menyelesaikannya. Malam itu si tukang membawa Svađilfari mencari bahan bangunan, dan menambatkannya di dekat sebuah hutan.

Muncullah Loki dalam wujud kuda, dan melenguh (suara kuda apaan sih sebutannya? kucing ngeong, macam ngaum, kuda?) ke Svađilfari. Svađilfari yang mengetahui "kuda macam apa itu" langsung bersemangat, melenguh balik, berontak dan melepas tambatannya, dan mengejar si kuda tadi (Loki), si tukang langsung mengejar, ke-2 kuda berlari semalaman penuh, dan hasilnya tugas si tukang lewat dari deadline

Nasib si tukang tidak akan dibahas. Yang akan dibahas adalah si kuda, yang mana masih punya "urusan" dengan Loki dan "setelah beberapa saat" melahirkan Sleipnir :D

Chětů mǎ
Bicara soal mitologi kuda luar biasa jelas ga lengkap tanpa kuda legendaris kesayangan Lü Bu, Chětů mǎ alias Red Hare

Catatan sejarah hanya menyebut nama Chětů mǎ sebagai kuda yang di kendarai Lü Bu saat dia menjadi sekutu Yuan Shao, saat dia menerjang dan menghancurkan pasukan Zhang Yan. Selain itu, biografi Cao Cao, Sanguo Zhi juga menulis baris ini:

"人中呂布,馬中赤兔"
artinya: diantara pria ada Lü Bu, dan diantara kuda ada Chětů mǎ.

Red Hare sendiri digambarkan bisa menempuh jarak 1000 Gallop (gallop adalah langkah penuh kuda saat berlari dengan kecepatan penuh) dlama waktu 1 hari

Lü Bu

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/ba/L%C3%BC_Bu_Portrait.jpg/225px-L%C3%BC_Bu_Portrait.jpg

Lü Bu sendiri adalah pria terkuat yang pernah hidup di seluruh Cina. Kekuatan Lü Bu bukan main-main atau legenda belaka. Lü Bu menguasai seluruh (baca lagi, seluruh) ilmu bela diri, dan kekuatannya bisa disetarakan dengan legenda Yunani Achilles, hanya tidak senafsu Achilles (yang perlu turun tangan Zeus untuk menurunkan amarahnya). Lü Bu sendiri lebih dikenal dengan kemampuannya dalam memanah dan berkuda (mirip Mangudai?)

Deskripsi Lü Bu mirip dengan gambarannya di Dynasty Warriors. Lü Bu biasanya memakai helm bertali seperti Sun Go Kong. Dia juga digambarkan membawa tombaknya Fāngtiān Huŕjǐ, (penembus/penusuk angkasa) sambil menunggangi Red Hare.

Lü Bu sendiri kalah dalam pertempuran di Xiapi. Dia kalah bukan karena kemampuannya yang lemah, tapi kalah karena hampir seluruh jajarannya menkhianati Lü Bu dan mencuri kudanya Chětů mǎ. Selain itu mereka juga melempar Fāngtiān Huŕjǐ keluar pintu kota didepan pasukan Cao Cao, akibatnya dia kehilangan banyak kemampuan tempur dan lebih lagi, kalah jumlah.

freakz522
15-03-2009, 07:45 AM
http://www.bonesinger.com/images/aido1.jpg
Aido Hwedo
Alternative Names: Rainbow Serpent, Rainbow Snake, Dan Ayido Hwedo1
Type/Species: Ouroboros
Origin: Folkore of the Dahomey in West Africa

Makhluk ini dikatakan membantu menciptakan dunia dengan menjadi tunggangan dari Mawu, seorang dewa. Aido Hwedo juga menciptakan gunung dan bumi yang dikatakan sebagai kotorannya. Akan tetapi bumi menjadi terlalu berat, sehingga Mawu menugaskan Aido Hwedo untuk menahannya. Untuk membantu Aido Hwedo, lautan diciptakan untuk membuat naga itu merasa nyaman saat menahan dunia. Akan tetapi, lautan terkadang tidak membantu sehingga makhluk ini bergetar dan membuat gempa bumi.

Zashiki-Warashi
座敷童、座敷童子 (ざしきわらし)
Tatami Room Child
other names: Zashiki-bokko 座敷ぼっこ, Kura-bokko 蔵ぼっこ, Kura-warashi 蔵童 (warehouse child), Kometsuki-warashi 米搗き童 (rice-polishing child), Usutsuki-warashi 臼搗き童 (mill-stone pounding child), Karako-warashi 唐子童 (child in Chinese clothes), Notabariko のたばりこ, Chōpirako ちょうぴらこ

A household spirit resembling a child of either gender from about three to twelve years of age. The name zashiki-warashi comes from the interior of Iwate Prefecture, but similar legends are found all over Japan. It is often said that when this being dwells in a house, its family will be prosperous, but when it leaves, the house will fall into ruin, and also that the zashiki-warashi is never seen, save for just as it is about to leave. Its presence however, is often marked by the mischief it does to sleeping people, such as moving pillows about and pulling on bedding.

There are different kinds of zashiki-warashi which vary in pleasantness, with the chōpirako variety said to be pretty and white in color, and the notabariko or usu-tsuki-warashi sort said to crawl out from beneath the dirt floor and creep about, making noises like pounding a mill-stone and causing unpleasant feelings. The latter sort seems to be connected to old infanticidal customs called mabiki (thinning-out), which often ended in burying unwanted infants somewhere in the house, such as under a dirt floor or a mill-stone.1

Arifuko
15-03-2009, 09:47 AM
kok makin ke sini makin aneh ya makhluknya.......
ada Lu Bu segala pula !!!!!!:onion-84:mang dia hewan yah ??!!

KyleSteward
15-03-2009, 10:08 AM
Undine

http://www.freewebs.com/hioki/Undine.jpg

Undine adalah peri air dalam Mitologi Eropa (sekarang jerman dan sekitarnya), Biasanya ditemukan di danau, atau sungai yang masih jernih. Memiliki suara yang indah yang sering terdengar bersamaan dengan suara air. Menurut cerita, Undine tak bisa memiliki jiwa sebelum menikari seorang pria manusia, karena aspek inilah Undine sering dijadikan tema untuk karya tragedi dan romance

Salamander

http://www.totalformat.com/gallery/data/3289/salamander_1.gif

Salamander adalah mahkluk legenda dalam Mitologi Eropa dan merupakan peri api. Berbentuk seperti kadal raksasa dan dikatakan terlahir dari api. Konon bagi yang meminum darah salamander, maka dia akan memiliki kekebalan terhadap api

Gnome

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/1c/Nisse_d_apres_nature_ill_jnl_fal.png/200px-Nisse_d_apres_nature_ill_jnl_fal.png

Gnome adalah makhluk dari Mitologi Eropayang memiliki tubuh yang sangat kecil. Gnome adalah peri tanah dalam Mitologi Eropa. Gnome tinggal di hutan hutan dan hidup terisolasi dari mahkluk mahkluk lainnya

Sylph

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/sylph.jpg

Sylph adalah peri angin dalam Mitologi Eropa. Muncul dalam bentuk pria atau wanita yang bersayap dan berukuran sangat kecil. Sylph dikatakan melambangkan keharmonisan dan keseimbangan. Sylph sangat suka bermain main di alam dengan serangga dan tidur di atas bunga

Queen Mab

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/queenmab.jpg

Dikatakan sebagai ibu dari semua peri yang ada. Berasal dari Mitologi Eropa. Queen Mab dikatakan bisa mengabulkan impian atau keinginan manusia. Memiliki sisi nakal yaitu suka mencuri dari manusia. Pada malam hari Queen Mab akan terbang ke rumah rumah dan mencuri keju dan susu. Menghilang jika orang orang terbangun. Mengesampingkan sifat nakalnya, Queen Mab digambarkan sebagai peri yang baik hati.

Green Children

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/greenchild.jpg

Peri dari mitologi inggris. Tinggal dibawah bumi dan hanya keluar saat siang hari saat semuanya tenang dan damai. Green Children sangat pemalu dan selalu bersembunyi dari mahkluk lain. Green Children berbicara lewat telepati dan dapat bebricara dengan alam. Mereka bertugas sebagai tukan kebun untuk hutan dan menolong tumbuhan untuk tumbuh sehat

Deva

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/deva.gif

Peri dari Mitologi persia. Nama deva verarti the shining ones. Deva hanya muncul pada malam hari dan senang bermain di hutan. Deva hanya terlihat seperti cahaya kecil di langit. Deva selalu berada dalam grup dan bermain main bersama-sama. Tetapi sangat penakut. Keberadaan manusia cukup untuk menakuti mereka, walalu Deva yang lebih pemberani akan mencoba untuk berkomunikasi.

Vivien

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/vivien.jpg

Vivien berasal dari Mitologi Inggris yang berarti Gadis Danau (Lake Lady). Tinggal di kedalaman air dimana dia menggunakan manteranya untuk melindungi danau sucinya. Vivien adalah seorang penyihir yang suka mengajarkan sihirnya kepada orang lain, namun akan menghukum mereka bila menyalahgunakan sihirnya.
Vivien muncul sebagai wanita cantik berpakaian serba putih. Jika dipanggil, Vivien akan menari di permukaan air guna mengumpulkan kekuatan sihirnya yang berasal dari danau. Vivien merupakan penjaga pedang legendaris Excalibur yang kemudian diwariskan pada Raja Arthur lalu dikembalikan lagi padanya. Vivien akan menghancurkan semua orang yang berniat mencari kekuatan dari Excalibur.

Lard

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/lars.jpg

Lard berasal dari Mitologi Italia. Namanya berarti Lord (Penguasa). Lard berasal dari para prajurit, ksatria, raja, dan pangeran yang gugur terhormat saat bertarung untuk kehormatan ataupun negara mereka. LarD digambarkan memakai baju besi perang dan menggenggam pedang di tangan mereka. Sifatnya kasar namun memiliki hati yang baik hati. Lard akan muncul untuk memberikan berkat dan melindungi mereka yang membutuhkan pertolongan. Lard melambangkan keberanian dan kepahlawanan.

Djinn

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/djinn.jpg

Djinn berasal dari Mitologi Persia dan memiliki variasi nama seperti Djinn, Genie, dan Jinne. Djinn terbentuk dari api muncul dari asap kepada orang yang memanggil mereka. Djinn memiliki kekuatan untuk mengubah bentuk menjadi apapun dan mengabulkan permintaan. Bila tidak dikontrol, Djinn akan membunuh pemanggil mereka guna mendapatkan kebebasan

Aulanerk

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/aul.jpg

Peri laut dari Mitologi Inuit di Amerika Utara. Aulanerk adalah peri baik hati yang senang membantu para pelaut dengan memberikan air yang tenang dan angin yang kencang untuk berlayar. Berbentuk seperti manusia. Ombak dikatakan tercipta dari tindakan mereka yang suka berenang dan bermain di bawah laut.

Kelpie

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/kelpie.jpg

Kelpie adalah roh air yang kejam yang berasal dari pantai skotlandia. Sering terlihat berbentuk kuda. Tetapi juga kadang muncul berbentuk seperti kakek kakek ataupun pria tampan. Biasanya muncul dalam bentuk kuda hitam dengan bulu seperti sutra dan mata yang bersinar. kelpie juga muncul dalam bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki lalu menculik dan memakan mereka.

The Havmand

http://www.rheasrhapsody.co.uk/custom/hav.jpg

Havmand adalah duyung pria dalam cerita skotlandia. Bagian atas adalah pemuda tampan berambut panjang berwarna hitam atau hijau sedangkan bagian bawahnya ikan. Namanya berarti Man of The Spring. Juga ada mahkluk lain bernama Havfrue yang berambut pirang dan merupakan saudara dari Havmand. Tergantung situasi, Havmand dapat bersikap kejam ataupun ramah. Memiliki kekuatan untuk meprediksikan kejadian-kejadian penting

KyleSteward
15-03-2009, 07:36 PM
Nanti akan ditambah lagi klo ketemu yang baru lagi. Mohon maaf klo gambar undine dan salamandernya gw ambil dr gambar game. Soalnya pas dicari salamander malah yang keluar kadal beneran semua seh :haha:

Amuro_Ray
15-03-2009, 08:33 PM
Nanti akan ditambah lagi klo ketemu yang baru lagi. Mohon maaf klo gambar undine dan salamandernya gw ambil dr gambar game. Soalnya pas dicari salamander malah yang keluar kadal beneran semua seh :haha:

kan salamander emang ada, cm yg asli cm makhluk amfibi :swt:

nambahin :ngacir:

Dullahan

http://www.irishcultureandcustoms.com/ACalend/2Pic/headless.jpg

Dullahan adalah jenis roh jahat. Biasanya terlihat mengendarai kuda hitam akal dan membawa kepalanya di bawah satu lengan. Mata yang besar sementara mulutnya terus tersenyum sampai menyentuh kedua sisi kepala. Kepalanya dikatakan memilik warna seperti keju yang berjamur. Cambuk Dullahan berasal dari tulang punggung mayat. Dullahan berhenti di tempat seseorang akan mati. Saat orang yang sekarat itu dipanggil namanya, saat itu juga orang itu mati.

pendatang_baru
15-03-2009, 10:43 PM
kan salamander emang ada, cm yg asli cm makhluk amfibi :swt:

nambahin :ngacir:

Dullahan

http://www.irishcultureandcustoms.com/ACalend/2Pic/headless.jpg

Dullahan adalah jenis roh jahat. Biasanya terlihat mengendarai kuda hitam akal dan membawa kepalanya di bawah satu lengan. Mata yang besar sementara mulutnya terus tersenyum sampai menyentuh kedua sisi kepala. Kepalanya dikatakan memilik warna seperti keju yang berjamur. Cambuk Dullahan berasal dari tulang punggung mayat. Dullahan berhenti di tempat seseorang akan mati. Saat orang yang sekarat itu dipanggil namanya, saat itu juga orang itu mati.

ini odin bukan y?

KyleSteward
16-03-2009, 06:04 AM
@ Amuro Ray

Ia. Ada salamander asli, cuma klo gw ambil gambarnya yang beneran kan kurang cocok gitu buad dijadiin gambar mahkluk mitologi.

@pendatang baru

Bukan odin itu. Beda. Klo Odin lagian kudanya ngga kyk begitu. Sama coba perhatiin deh. Itukan ga punya kepala

azere
16-03-2009, 11:11 AM
burung garuda makhluk legenda yah?? kirain ada yang beneran,,

bocah_kentir
16-03-2009, 03:01 PM
Nih tambahan atu dr aku..

Satyr

http://www.walden.com/walden/_images/custom_images/caspian/Satyr.jpg

http://www.marcokunardi.com/images/satyr.jpg

Satyr aslinya terlihat sebagai teman kambing-kambing dewa di masyarakat kuno Yunani. Gambaran pertama satyrs adalah laki-laki normal, walaupun sering terlihat dengan kemaluan yang sedang ereksi. Lalu digabungkan dengan mitologi Roma dimana mulai digambarkan sebagai setengah manusia (bagian atas) dan setengah kambing (bagian bawah). Satyr digambarkan sebagai makhluk yang nakal, merusak dan berbahaya, pemalu dan pengecut. Pada masa lampau sering mereka digambarkan mempunyai tanduk dikepala, dan yang muda terlihat mempunyai banyak masalah.

Amuro_Ray
16-03-2009, 10:11 PM
ini odin bukan y?

klo odin kuda yg ditungganginya adalah sleipnir, kuda yg mempunyai delapan kaki, jd gak mungkin itu odin

perhaikan baik2, kepalanya gak ada loh :ngacir:

yukioh9
17-03-2009, 03:14 AM
hua.. keren2...

sebenernya sich mau tau tentang loki..cos banyak mitologi yg ada hubunganya sama dia.. jadi pengen tau profilnya dia kaya apa...

ada yg punya gak???

Raestloz
17-03-2009, 03:30 AM
Si Loki mah, yang jelas suka main2 sama berbagai hewan :D terutama sama kuda, jadi Sleipnir

kalo ga salah, Fenrir itu anaknya Loki kan?

yukioh9
17-03-2009, 03:31 AM
mau nambahin aj mich.. sry kalo cuma sedikit penjelasanya...:pinch::pinch:

DWARF

http://images.epilogue.net/users/dimhovi/BloodDwarfDN.jpg


dwarf : adalah manusia kerdil dalam dongeng-dongeng Nordik dan Jerman. Kurcaci juga sering diadopsi sebagai tokoh dan sering muncul dalam kisah-kisah fiksi fantasi, film, dan permainan elektronik.


Ciri-ciri fisik

Dalam mitologi, penggambaran diri kurcaci adalah rupanya yang seperti manusia, namun berukuran lebih kecil dan pendek. Mereka berjanggut panjang dan tampak lebih tua dari ukuran tubuhnya. Mereka hidup di gua-gua di daerah pegunungan atau di bawah tanah. Mereka mampu beradaptasi di lingkungan bawah tanah dan mampu melihat dengan baik di dalam kegelapan. Di sana mereka menggali barang-barang tambang seperti emas, perak, besi, dan sebagainya. Mereka juga merupakan pembuat senjata dan tukang besi yang mahir. Mereka biasanya memperdagangkan barang-barang dari logam.

Meskipun lari mereka lambat dan tidak mahir menunggang kuda, mereka mampu mempertahankan daerah kekuasaan dengan baik. Beberapa legenda menyebutkan bahwa mereka mahir dalam menciptakan barang-barang pusaka. Dalam mitologi Nordik, mereka menciptakan rantai pusaka yang mampu mengikat srigala ganas, Fenrir.

Raestloz
17-03-2009, 04:00 AM
Maaf kalau sudah ada, cuma ga keliatan :D

八岐の大蛇
Yamata no Orochi
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/e/e9/Kuniteru_Gozu_dragon.jpg
ilustrasi Susanoo "berpose" bersama Yamata no Orochi

Bagi Anda sekalian yang tahu Naruto, jelas ingat akan Orochimaru, dan ingat Orochimaru, jelas ingat Yamata no Orochi

Yamata no Orochi adalah ular berkepala dan berekor delapan. Matanya semerah buah ceri, total panjangnya sepanjang delapan bukit dan delapan lembah joint operation jadi satu. Di tubuhnya tumbuh lumut, juga pohon hinoki dan sugi (variasi cemara, Chamaecyparis obtusa dan Cryptomeria). selain itu perutnya juga selalu berdarah dan membengkak (??? kurang tau, deskripsi catatan legenda Kojiki memang kaya gitu).

Yamata no Orochi terkenal terutama karena Ama(e)-no-Murakumo-no-Tsurugi(天叢雲剣 - Pedang Awan Surga), atau lebih dikenal dengan Kusanagi-no-Tsurugi (草薙の剣 - Pedang Pembelah Rumput). Kusanagi muncul dari ekor bagian tengah Yamata no Orochi (entah ekor ke 4 atau ke 5 tidak disebutkan), saat dia dibunuh oleh Susanoo sang Dewa Bulan.

Yaamat no Orochi mati tanpa perlawanan, sebab dia dibunuh saat tidur. Waktu dewa Susanoo datang ke bumi karena masalah di surga sono, dia turun di provinsi Izumo. Di sana dia ketemu sepasang suami-istri menangis tersedu2, bersama seorang gadis di tengah2 mereka. Waktu ditanya kenapa dijawab: "Dulu saya punya 8 anak-semua prempuan- tapi Yamata no orochi sudah memakan tujuh- satu setiap tahun- sekarang tahun ke delapan, makanya kami menangis".

Maka dibuatlah sebuah deal, intinya Yamata no Orochi akan mati, dengan biaya si anak jadi istrinya Susanoo. Maka saat persembahanpun tiba. Susanoo mengubah si gadis jadi sisir (kaya... apa yah? Yang cewe sering pake buat nahan rambut? Yang mirip sisir? itu tuh). Dan meminta suami-istri tadi bersiap2. Saat yamata no orochi tiba, diberikanlah appetizer berupa delapan kolam sake yang ditaruh di depan delapan gerbang. Si Yamata no Orochi senang2 ajah dan langsung minum. Akibatnya dia mabuk dan ketiduran. Tanpa basa-basi, si Susanoo langsung cabut pedang dan menyembelih si Yamata no Orochi.

Kehidupan Yamata no Orochi, seperti banyak monster lain, tidak pernah diketahui :D

Raestloz
17-03-2009, 04:14 AM
Kyuubi
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/cf/Prince_Hanzoku_terrorised_by_a_nine-_tailed_fox.jpg/393px-Prince_Hanzoku_terrorised_by_a_nine-_tailed_fox.jpg

Bagi Anda yang menyukai komik Jepang, biasanya entah menemukan Yamata no Orochi atau hewan berbuntut lain, Kyuubi

kyuubi digambarkan sebagai rubah berekor sembilan, dan salah satu simbol kejahatan yang digemari mangaka dan developer game.

Sebetulnya Kyuubi bukanlah seperti yang anda bayangkan, walau mengatakan tidak ada kyuubi jahat jelas bohong. Kyuubi lahir bukan sebagai kyuubi, melainkan sebagai rubah biasa berekor satu. Rubah dianggap memiliki kemampuan supernatural, dan biasanya bisa berubah wujud menjadi manusia. Ekor rubah tumbuh seiring berjalannya waktu, dan waktu disini bicara soal sekitar 1000 tahun untuk satu ekor. Makin banyak ekor yang dimiliki suatu rubah, makin kuat, bijaksana dan (pastinya) tua dia.

Rubah sendiri punya 2 golongan: rubah baik yang jadi anak buahnya dewa Inari, atau rubah jahat yang sering mengganggu manusia (jadi inget Jin muslim dan Jin jahat?). Kedua tipe rubah ini punya keuntungan yang sama: bisa punya ekor lebih dari satu.

Jadi, kalau pukul rata kyuubi itu jahat sebetulnya enggak, soalnya ada kyuubi yang jadi pembantu dewa, kalau bilang kyuubi jahat itu ada, ya... ada!

logitech
08-04-2009, 01:16 AM
yg keren menurut gw tu
-pegasus (paling sering dengar)
-Unicorn (ada d harry potter)
-Leviathan (ada d dota tp gambarny agak beda :onion-84:)
-Phoenix (udh sering dengar n ada d harry potter)
-medusa/gorgon

ss..dd..ss
11-04-2009, 05:27 PM
gw masih penasaran dengan pegasuss..
kuda pake sayap ada gag ya...:hipno::hipno:

Dudut
11-04-2009, 05:49 PM
wih keren2 semua....
gw baru tau nih klu naga ama dragon itu beda...

hyou
12-04-2009, 03:24 AM
oalah.. banyak yang jadi makhluk2 di game ya.. :haha:

kiva88
21-04-2009, 01:03 AM
Klo Vampire kagak masuk makhluk mitologi juga ya gan :???:

Cleon
21-04-2009, 01:08 AM
Loch Ness=bukanny water horse yah??
tuh yg cumi2 gede, ada film ny kan, klo nga salah Deep Rising judulny.....

mekeltuya
29-04-2009, 01:41 PM
Ifrit nya keren om!!:cowboy:

plasa
05-05-2009, 08:42 PM
mahkluk mitos luar negrinya sih keren2.. tapi ditengah2 tau nya ada setan2 indo..

teripanglaut
05-05-2009, 11:43 PM
kurang bos....tambah lagi donks....

taishou
06-05-2009, 01:19 AM
mitologi!!
gw paling seneng nih..
uda abis aja ampe page 8.
tolong dtambah dong kk2 skalian..
klo ngga gw ngambek nih! :onion-32:

itu si Loki dewa kekacauan demennya sama binatang2 yah?? :???:

angel_fin3
10-05-2009, 11:05 AM
ayo tambah dnk collec-ny

btw... ada mitos masuk game, tp tdk ada game masuk mitos y :onion-76:

refreshdudu
10-05-2009, 02:01 PM
gambar leviathannya keren abiss.. shiva termasuk mitologi bukan yahh??

zutara
10-05-2009, 04:02 PM
hewan mitos...:rokok:
kira2 kalo kalian punya salah satu mo pilih yg mana negh ??
ane c pilih unicorn...
ngajak jalan2 cewek pk unicorn asik tuh....:hihi:

poplar
10-05-2009, 05:00 PM
keren2 ya makhluk mitologinya, sebagian besar liat di game (Final fantasy terutama) sama film , baru tau itu asalnya makhluk mitologi

parapara
10-05-2009, 06:51 PM
gile gambarnya keren2 gan!! sering muncul di game nih...

BlankShade
10-05-2009, 07:11 PM
Wow keren threadnya dapat dari mana tuh segitu banyak gambar n info,
Aku aja taunya kalo ga dari game ya dari komik

Nice Thread BRO! Keep IT UP:P

nicolassuryawan
10-05-2009, 07:25 PM
ada lagi gan hell boy baru sudah diupdate blm

Lizu
10-05-2009, 07:32 PM
wah... baru tau tuh soal yg naga/nagini itu... kalo gitu orang indo dari awal salah menerjemahkan dong... ^^;

SetaSouji
20-05-2009, 12:51 AM
wah...

pic nya keren2....

gw demen bgt ama yg legenda2 beginian...

fansadox
20-05-2009, 12:47 PM
1. Pegasus
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/1-68.jpg
Pegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar.Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. Pegasus adalah kuda yang mempunyai sayap dan penerbang yang unggul. Pegasus adalah hasil dari hubungan Medusa dan Poseidon yang menyakitkan. Lahir dari Medusa ketika kepalanya dipotong oleh Perseus. Dijinakkan ole Bellerophon dan melayaninya digunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimaera. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.

2. Dragon
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/2-50.jpg
Dragon atau naga adalah hewan dengan ukuran yang sangat menakjubkan.Mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api.Naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik.Naga juga disebut2 sebagai dewa oleh beberapa suku.

3.Harpies
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/3-46.jpg
Harpy, di mitologi Yunani diceritakan bahwa harpy adalah hewan bersayap yang memiliki tubuh seperti burung elang dan memiliki kepala wanita.Legenda menceritakan bahwa harpy suka mencuri tubuh orang mati, menyebarkan bau busuk dan meracuni makanan di desa2 yang dilewatinya

4.Griffin
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/4-40.jpg
Griffin adalah hewan legenda yang memiliki sayap seekor elang dan kaki seekor singa.Disebut sebagai burung terbesar dan menjadi hewan yang sangat sakral untuk dewa Apollo dan griffin juga merupakan hewan penjaga matahari. Makhluk ini terlihat pada saat peradaban Minoan (2700-1450 SM)

5.Werewolves'
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/5-34.jpg
Werewolves pada dasarnya adalah seorang manusia yang memiliki kemampuan untuk “berubah wujud” ke bentuk hewan, terutama kebentuk serigala.Werewolves bisa berubah berdasarkan keinginan sendiri atau dorongan dari luar seperti halnya bulan purnama.Orang dapat menjadi werewolves akibat gigitan dari werewolves atau turunan dari lahir (anak dari werewolves)Werewolves memiliki regenerasi yang sangat hebat, sehingga mereka tidak menjadi tua, tapi ini tidak membuat mereka abadi.Menusuk jantung atau otaknya dapat membunuh mereka

6.Loch Ness
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/6-34.jpg
Loch Ness legenda yang berasal dari scotlandia.Dilaporkan bahwa lochness adalah hewan dari jaman dinosaurus yang berhasil bertahan dari ledakan meteor dan masih hidup hingga kini.Ditemukan di scotland tahun 1930,Lochness diperkirakan memiliki panjang tubuh 45 kaki dengan kulit kasar dan warna coklat gelap.Beberapa orang percaya kalau lochness adalah plesiosaurus,walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang memadai tentang adanya lochness atau tidak.

7.Troll
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/7-28.gif
Troll berasal dari legenda scandinavia yang menyebutkan bahwa troll adalah roh yang hidup dalam goa didalam pegunungan.Saat malam tiba mereka akan keluar untuk menculik wanita dan anak2.Ada dua macam troll, Giant yang berukuran raksasa dan dwarf yang berukuran kecil.

8.Cerberus
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/8-25.jpg
Berdasarkan mitos Yunani, Cerberus adalah anjing raksasa berkepala 3 yang menjaga pintu masuk ke Hades.Cerberus adalah anak dari Typhon dan Echidna.Dalam legenda Yunani disebutkan bahwa Orpheus, Aeneas dan Odysseus mampu melewati Cerberus dan masuk ke dunia bawah atau Hades.

9.Naga / Nagini
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/9-22.jpg

umumnya orang indonesia mengenal yang disebut Naga adalah Dragon. Namun Naga sendiri sebenarnya adalah mahluk mitologis yang berbeda dengan Dragon. Naga muncul pada kebudayaan Hindu dan Budha, kemungkinan berasal dari daerah India dan sekitarnya. Naga adalah mahluk setengah ular, setengah manusia, terkadang digambarkan sebagai ular raksasa. Yang laki-laki disebut Naga, sedangkan versi perempuannya disebut Nagini. Naga sering dianggap sebagai entitas yang bersifat jahat, namun tidak jarang juga dianggap sebagai penjaga sungai atau danau

10.Ghoul
http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/10-20.jpg
Ghoul adalah monster dari Arab kuno, konon monster ini juga tertulis di dalam Quran (gak tau, gak pernah baca soalnya). Pada awalnya Ghoul dianggap sebagai Jinn, namun seiring dengan berlalunya waktu, Ghoul lebih sering digambarkan sebagai sejenis zombi atau vampir. Ghoul adalah mahluk yang tinggal di padang gurun dan memangsa pengelana selain itu Ghoul juga sering merusak makam dan memangsa mayat.

, kalo ada yg tau lg tolong di post ya thx


UPDATE

seram semua...

ark_beetle
20-05-2009, 01:07 PM
http://cdn-www.cracked.com/articleimages/dan/myths/death_worm.jpg

Mongolia: The Death Worm
cacing ini kira2 panjangnya mencapai 3 kaki dan dikabarkan tinggal di gurun gobi.
mnurut isunya, cacing ini akan muncul ke permukaan ktika hujan tiba dan mencari mangsa unta atau kuda bahkan manusia,
apakah cacing ini benar2 ada??
di daerah gurun masih banyak daerah yang blum pernah dijelajahi.
siapa tau cacing ini ada dsana,,

ini bukannya Hode yang di RO yah? +merupakan asal usul panggilan untuk char cewe yang dipake cowo di online game dan kebalikannya karena hode jenis kelaminnya ga jelas :haha:

plasa
20-05-2009, 03:39 PM
Blom ada makhkuk mitologi yang baru ya? biasanya dalam game banyak tuh..

allucalt
06-06-2009, 05:59 AM
mau nanya...sebenernya makhluk mitologi itu definisinya apa sih???
kok di postingan2 sebelumnya, hantu, malaikan, setan, dewa-dewi, pahlawan cina masuk makhluk mitologi?

Walaupun makhluk mitologi Indonesia ga terlalu keren, tapi banyak makhluk mitologi luar (hasil imajenasi bule) yang ceritanya hidup di Indonesia, contohnya basilisk dan laba2 raksasa yang ada di Harpot...keren juga ya!!!!

BaronTrance
06-06-2009, 06:31 AM
Succubus

http://www.waynebarlowe.com/inferno_images/barlowe_succubus.jpg

Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah setan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki (terutama pendeta) dalam mimpi untuk melakukan hubungan seksual. Mereka mengambil energi dari laki-laki untuk bertahan, sampai titik kelelahan atau kematian korban.


banyak gambar Succubus dari berbagai sumber..

plih yang paling SFW aja d...
yang NSFW bisa cari d google.. :swt:

andi msc
06-06-2009, 07:00 AM
cerberus keren nih

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/8-25.jpg

kebanyakan karakter sering digunakan dalam film & game ...

tapi seru juga buat maininnya :top:

Kokuryu
06-06-2009, 07:57 AM
Nambahin doank bro

FengHuang
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/Feng_Huang__Chinese_Phoenix_by_Badh.jpg

Burung dari mitologi Cina, seringkali disamakan dengan ZhuQue(Suzaku) tetapi merupakan entitas yang berbeda karena FengHuang adalah raja unggas (Kalo raja burung ga enak bacanya) sedangkan Suzaku adalah mahluk spiritual yang masuk dalam konstelasi Cina. Menurut legenda, ia muncul hanya pada saat era kemakmuran atau kelahiran pemimpin yang agung. FengHuang merupakan penguasa dari musik Cina dan melambangkan loyalitas, kejujuran, keindahan, dan keadilan dari ajaran Konfusius.

Bila HuangLong melambangkan kaisar Cina maka FengHuang melambangkan sang permaisuri. Gambar yang menunjukkan kebersamaan antara naga cina dan FengHuang dapat menggambarkan konflik atau keharmonisan.

Kalo di Angpau perkawinan orang Cina biasanya ada tuh gambarnya.

BaronTrance
06-06-2009, 08:01 AM
Kappa
http://id.wikipedia.org/wiki/Kappa_(mitologi)

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/9/96/Kappa_water_imp_1836.jpg
Kappa (河童 ?, "anak sungai"), juga disebut Gatarō (川太郎 ?, "anak sungai") atau Kawako (川子 ?, "anak sungai") , adalah makhluk legendaris, sejenis makhluk air yang dapat ditemukan pada cerita rakyat Jepang. Namun, mereka juga dianggap sebagai bagian dari kriptozologi, karena beberapa orang mengaku melihat Kappa. Pada agama Shintō, mereka dianggap sebagai salah satu suijin ("dewa air").

siwonie
06-06-2009, 08:48 AM
wah yg ga nyangka ntu garuda~~~
termasuk mahluk mitologi juga~~
wahh indonesia kan lambangnya burung garuda~~~
yachh lumayan keren juga

Kokuryu
06-06-2009, 11:54 AM
Ini gan mahluk-mahluk mitologi dari mitos Hercules


Nemean Lion

http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/ist2_3308668-hercules-and-the-nemea.jpg

Monster buas dari mitologi Yunani yang tinggal di Nemea. Merupakan keturunan dari Typhon dan Echidna, tetapi sumber lain mengatakan bahwa singa ini turun dari bulan dan merupakan anak dari Zeus dan Selene atau juga keturunan dari Chimera.

Memiliki kulit yang sangat keras dan tak ada senjata yang dapat menembusnya. Hercules membunuh mahluk ini dengan cara mencekiknya, lalu ia mengulitinya menggunakan cakarnya sendiri. Sejak saat itu kulit Nemean Lion identik dengan Hercules.


Learnean Hydra

http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/hydra.gif
Disebut sebagai saudara dari Nemean Lion, merupakan monster berwujud ular dengan sembilan kepala dengan nafas yang sangat beracun hingga bahkan jejaknya pun mematikan. Kemampuan lain dari monster ini adalah kemampuan regenerasi dimana setiap kepala yang terpenggal akan menumbuhkan 2 kepala baru.

Hercules membunuhnya dengan bantuan Iolaus keponakannya. Setiap Hercules memotong kepala Hydra, Iolaus membakar pangkal lehernya sehingga sang Hydra tidak mampu menumbuhkan kepala lagi. Hercules mengambil racun dari Hydra dengan cara membenamkan anak panahnya pada darah Hydra. Hal yang akan menyebabkan kematiannya di masa depan.

Yamata no Orochi versi Yunani nih



Ceryneian Hind
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/Cerynthianhind.jpg
Rusa suci milik dewi perburuan dan bulan, Artemis. Memiliki tanduk dari emas dan telapak kaki dari perunggu, dan disebutkan mampu berlari lebih cepat dari anak panah.

Hercules mengejar rusa ini selama setahun untuk tugasnya yang ke 3



Erymanthean Boar
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/erymanyhianboar.jpg

Babi hutan raksasa yang hidup di gunung Erymanthos, gunung yang dulu sakral untuk Mistress of the Animals. Sebutan lainnya adalah Giant Boar of Arcadia. Babi ini seringkali merusak pertanian di Prophis, Arkadia.

Hercules diharuskan menangkapnya hidup-hidup sebagai tugasnya yang ke 4


Stymphalian Bird
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/stymp.jpg
Burung pemakan manusia dengan sayap dari kuningan dan bulu-bulu logam yang dapat diluncurkan pada korbannya selain itu mereka memiliki kotoran yang sangat beracun. Mereka merupakan binatang peliharaan Ares, sang dewa perang.

Berasal dari Arkadia namun bermigrasi ke danau Stymphalia untuk menghindari serigala, kemudian berkembangbiak dengan cepat dan menguasai daerah pinggiran dan menghancurkan pertanian lokal dan pepohonan.

Mengusir mereka merupakan tugas ke 6 Hercules.



http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/cretanbull.jpg
Merupakan sapi yang membawa Europa atau sapi yang menjadi pasangan Pasiphae(yang dikutuk oleh Poseidon), menghasilkan Minotaur

anti
06-06-2009, 11:58 AM
BW killer nih smwnya :voodoo:


http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/5-34.jpg

andaikan werewolf nyata :onion-104:

asal muasal smw makhluk mitos itu dr mn sih :???:

imajinasi aj :???:

Kokuryu
06-06-2009, 12:28 PM
Sori gan belum bisa pake thumbnail...http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-69.gif
lanjutan.....


Mares of Diomedes
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/479071808_88b72c0a83.jpg
Dikenal juga dengan nama Mares of Thrace, merupakan 4 kuda pemakan manusia. Menakjubkan, liar dan tak terkendali mereka dimiliki oleh raksasa Diomedes, selain itu mereka juga disebutkan memiliki nafas api. Bucephalus, kuda dari Alexander Agung disebut sebagai keturunan dari kuda-kuda ini.

Ada berbagai versi mengenai bagaimana Hercules menangkap mahluk-mahluk ini, tetapi tiap versi memiliki kesamaan dimana Hercules memberi makan kuda-kuda tersebut pemiliknya yaitu Diomedes.



Geryon
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/geryon.jpg
Anak dari Chrysaor dan Callirrhoe, merupakan cucu dari Medusa. Geryon adalah raksasa ganas yang tinggal di pulau Erythea. Ia dideskripsikan sebagai monster bermuka manusia. Geryon memiliki 1 kepala dengan 3 tubuh. Beberapa sumber menyatakan dia memiliki sayap. Selain itu disebutkan dia memiliki anjing berkepala 2 bernama Orthus, yang merupakan saudara Cerberus, dan kawanan sapi merah yang menakjubkan yang dijaga Orthus


Orthus
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/th_orthusfull.jpg (http://s689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/?action=view&current=orthusfull.jpg)
Anjing berkepala 2 milik Geryon dan kembaran Cerberus, anak dari Echidna dan Typhon


Sorry no pic
Nymph yang menjaga taman di ujung barat dunia dekat pegunungan Atlas di Lybia, atau di suatu kepulauan yang diberkati pada ujung Oceanus(lautan dunia)

Hercules tidak bertemu langsung dengan Hesperides karena ia menipu Atlas untuk mengambil apel emas dari tamannya.

Cerberus
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/cerberus_large.jpg

Umumnya Cerberus digambarkan memiliki 3 kepala dengan surai dari ular hidup(seperti Medusa) dan ekor naga. Ketiga kepala Cerberus dapat melihat dan melambangkan masa lalu, masa kini, dan masa depan, sumber lain menyatakan mereka melambangkan kelahiran, masa muda, dan masa tua. Cerberus hanya makan daging hidup sehingga arwah-arwah orang mati dapat masuk ke Hades dengan mudah tapi tidak dapat keluar dari sana. Cerberus selalu menjabat sebagai anjing penjaga yang setia dari Hades.

Merupakan salah satu tugas tersulit Hercules, dimana Hades mau meminjamkan Cerberus untuk dibawa ke dunia manusia dengan syarat dia harus mampu mengalahkan Cerberus tanpa senjata.

dblackfox
06-06-2009, 03:07 PM
Klo mitologi asli dari tanah air apa y?

Kokuryu
06-06-2009, 03:51 PM
Yang gua tau sih cuman beberapa doank, kaya:
Barong, raja roh dan lambang kebajikan, vs Rangda, ratu para Leyak, dari Bali (SMT Persona Rules :haha:)
Sangkuriang dari Sunda
Semar dari Jawa
Malinkundang
Buto Ijo
Siti Nurbaya (eh bukan ya)

sierrachronos
06-06-2009, 09:34 PM
ini sih ngingetin gw sama heroes of might and magic banget :D

nicel121005
06-06-2009, 10:26 PM
semua makhluk mitosnya keren2 ^^
tp bnyak jg yg nakutin ya..

hongyek
07-06-2009, 11:10 PM
wah2 ini semua mahluk2 fantasi yang sangat sering kita temui di game2 terutama DnD (Dungeon n Dragon)

Allandimas
08-06-2009, 02:03 AM
fiuh,, akhirnya selesai juga membaca 11 page thread ini :onion-84:
keren2 pertamanya ada Pegasus, Dragon, Leviathan, Unicorn.. :onion-15:
Lah di tengah2 kok muncul hantu2 indo beserta pic?? ini kan thread Hewan Mitologi...jadi merinding gw wkt baca page 3 thread ini di tengah malam :onion-66:
:swt:
Hmm dari ke semua hewan mitologi, sebenernya ada yang bener2 pernah hidup ga sih? kaya Garuda itu??

xaverd
08-06-2009, 03:32 AM
Keren bro.. :D
tapi klo bisa dikumpulin di page 1 aja biar lebih mudah bacanya..

Eira
08-06-2009, 04:19 AM
setuju mah yang d atas... ribet kalo buka tiap page :D
tapi thx buat share..

erickstrad
08-06-2009, 06:26 AM
cuma mw nambahin aja :

Centaur

http://premium1.uploadit.org/whoknows/Art/centaur-peter.jpg

Dalam mitologi Yunani, Centaurus (bahasa Yunani: Κένταυροι ; Kéntauroi) adalah bangsa makhluk legendaris, makhluk setengah manusia setengah binatang yang dilukiskan berwujud manusia dari kepala sampai pinggang namun bagian tubuh ke bawah berwujud kuda (manusia-kuda).
Centaurus muncul secara individual atau berkelompok dalam kisah-kisah Yunani kuno, seperti pada kisah penculikan Deianira oleh Nessus dan kisah perkawinan Pirithous. Centaurus individual yang terkenal adalah Nessus, Chiron, Pholus, Eurytion.

http://id.wikipedia.org/wiki/Centaur

Kokuryu
08-06-2009, 02:48 PM
Gua kira dah pada bosen. Ni buat nge-up

Leviathan, Ziz, dan Behemoth berasal dari mitologi Yahudidan merupakan mahluk-mahluk terkuat yang diciptakan pada 7 hari penciptaan dunia oleh Tuhan.
Leviathan


http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/Leviathan_by_GENZOMAN.jpg
Pada hari kelima Tuhan mengambil api dan air, dan dari kedua elemen ini Ia membuat ikan-ikan di lautan. Binatang-binatang laut jauh lebih beragam daripada yang di darat. Untuk setiap spesies di daratan, kecuali tupai, selalu ada mahluk air yang setara, dan lagi banyak ragam yang hanya ditemukan di lautan.

Penguasa hewan-hewan laut adalah Leviathan. Bersamaan dengan ikan-ikan lain ia diciptakan pada hari ke lima. Mulanya ia diciptakan berpasangan seperti binatang lain, namun membayangkan kehancuran dunia bila mereka bersatu, Tuhan menghancurkan sang betina. Begitu besarnya Leviathan hingga untuk memuaskan dahaganya ia memerlukan seluruh air yang ditumpahkan sungai Yordan ke laut. Makanannya terdiri dari ikan-ikan yang mengorbankan diri ke rahangnya. Bila ia lapar, nafas panas disemburkan dari lubang hidungnya dan membuat air dari "laut besar" bergolak panas. Behemoth yang tangguh, monster lain, merasa tidak aman hingga Leviathan memuaskan dahaganya. Satu-satunya benda yang mengawasinya tetap tenang hanyalah stickleback, ikan kecil yang diciptakan khusus untuk itu.

Leviathan bukan hanya besar dan tangguh, dia juga diciptakan dengan indahnya. Sisiknya memancarkan cahaya yang terang, hingga matahari pun tertutupi, dan juga matanya memancarkan keanggunan hingga seringkali lautan bercahaya mendadak olehnya. Tidak heran bila mahluk ini adalah peliharaan Tuhan.

Hanya satu kekurangan Leviathan, baunya yang menjijikan, yang mana sangat kuat dan bila menembus langit, akan membuat bahkan surga tak dapat dihuni.

Tujuan utama penciptaan Leviathan adalah untuk disajikan sebagai hidangan bagi orang-orang benar pada akhir dunia. Sang betina disimpan setelah dia dibunuh, untuk diawetkan hingga tiba saatnya dagingnya dibutuhkan. Sang jantan ditakdirkan menjadi pertunjukkan yang indah bagi yang melihatnya sebelum ia disantap. Ketika saat-saat akhirnya tiba, Tuhan akan memanggil para malaikat (sumber lain mengatakan hanya Gabriel) untuk memasuki pertempuran melawan monster itu. Tapi seketika itu Leviathan melirik mereka dan mereka akan melarikan diri dari medan tempur. Mereka akan kembali membawa pedang, tapi percuma, karena sisiknya mampu mementahkan baja seperti jerami. Mereka akan sama tidak berhasilnya ketika mereka mencoba membunuhnya menggunakan panah dan ketapel; peluru-peluru tersebut berbalik tanpa meninggalkan sedikitpun lecet pada tubuhnya. Kecewa, para malaikat menyerah, dan Tuhan memerintahkan Leviathan dan Behemoth untuk melakukan duel.

Pertempuran itu diakhiri dengan kematian keduanya, Behemoth terbantai dengan pukulan dari sirip Leviathan dan Leviathan akan terbunuh oleh sabetan ekor Behemoth. Dari kulit Leviathan Tuhan akan membangun tenda-tenda untuk menaungi kumpulan-kumpulan orang benar ketika mereka menikmati makanan yang terbuat dari dagingnya. Jumlah yang dibagikan begitu adil hingga tidak akan ada yang iri atau dendam tentang pembagiannya. Apa yang tersisa dari kulit Leviathan akan dibentangkan di atas Yerusalem sebagai kanopi dan cahaya yang mucul darinya akan menerangi seluruh dunia, dan sisa dari dagingnya setelah para orang benar kenyang, akan dibagikan kepada manusia-manusia lain.


Ziz


http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/bigbird.jpg
Pada hari kelima penciptaan, pada hari yang sama dengan penciptaan ikan, unggas diciptakan, karena dua jenis mahluk ini sangat erat hubungannya. Ikan diciptakan dari air sedangkan unggas diciptakan dari tanah subur yang dilembabkan dengan air.

Seperti Leviathan yang raja dari para ikan, begitu pula dengan ziz yang ditakdirkan menjadi raja para unggas. Namanya datang dari beragamnya rasa daging Ziz; ini terasa seperti ini, zeh, dan itu terasa seperti itu, zeh. Ziz memiliki besar yang sama hebatnya seperti Leviathan. Telapaknya menjejak tanah dan kepalanya menggapai angkasa.

Suatu ketika pengembara-pengembara dalam kendaraan melihat suatu burung. Saat ia berdiri dalam air, air itu hanya menutupi sebagian kakinya dan kepalanya jauh tinggi mencapai angkasa. Para pengamat menganggap badan air tersebut dangkal dan bersiap untuk mandi di sana. Suatu suara dari langit memperingatkan mereka "Hentikan! Dulu kapak seorang penebang jatuh dari tangannya pada tempat ini, dan membutuhkan waktu 7 tahun untuk mencapai dasar.". Burung yang mereka lihat tak lain adalah Ziz

Sayapnya sangat lebar bahkan ketika dilipat akan menutupi matahari. Sayap itu melindungi dunia akan badai dari selatan; tanpa bantuannya dunia tak akan mampu bertahan dari terpaan angin. Terjadi suatu saat telur Ziz jatuh ke tanah dan pecah. Cairan di dalamnya tumpah membanjiri 60 kota, dan getarannya meruntuhkan 300 pepohonan. Untungnya kejadian tersebut tidak umum terjadi. Sebagai peraturan Ziz akan menggulirkan telurnya dengan tenang pada sarangnya, namun hal tadi terjadi karena salah satu telurnya busuk dan Ziz melemparnya seenaknya.

Ziz memiliki nama lain yaitu Renanim karena ia adalah penyanyi surgawi. Seperti Leviathan, Ziz akan dihidangkan pada akhir dunia untuk orang-orang suci yang merupakan penghargaan akan kesetiaan mereka untuk menahan diri memakan unggas-unggas kotor yang diberikan pada mereka.


Behemoth


http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/Behemothsmall.jpg
Pake Master Ball Ketangkep ga yah? :???:

versi Final Fantasy
http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/behemoth2.jpg
Behemoth (Hebrew בהמות, behemot; Arabic بهيموث bahīmūth, or بهموت bahamūt), adalah mahluk injil yang disebutkan pada Kitab Kejadian, 40:15-24

Seperti ikan yang dibentuk dari air dan burung dari tanah gembur yang dicampurkan air, begitu pula mamalia yang dibentuk dari tanah keras di bumi pada hari ke enam penciptaan. Seperti Leviathan menjadi wakil dari para ikan dan Ziz menjadi wakil dari para unggas, maka Behemoth adalah wakil dari mamalia. Behemoth memiliki kekuatan yang setara dengan Leviathan, untuk itu harus dicegah, seperti Leviathan, untuk berkembang biak, atau dunia akan musnah; setelah Tuhan menciptakannya jantan dan betina, Ia mencabut nafsu untuk berkembangbiak.

Behemoth berukuran luar biasa besar hingga ia memerlukan hasil bumi dari ribuan gunung untuk makanan sehari-harinya. Seluruh air yang mengalir pada badan sungai Yordan selama setahun memuaskannya tepat untuk sekali teguk. Oleh karena itu diperlukan satu aliran air khusus digunakan olehnya, sebuah aliran air yang mengalir dari surga bernama Yubal.

Behemoth seperti Ziz dan Leviathan ditakdirkan untuk menjadi hidangan di akhir zaman, tetapi sebelumnya ia akan bertarung dengan Leviathan. Hal ini sebagai penghargaan bagi orang-orang suci atas penahanan diri terhadap kepuasan akan sirkus dan kontes gladitorial.


@KyleSteward Thx for the Leviathan Picture

xylosss
11-06-2009, 10:50 AM
Inilah beberapa legenda monster yang ada di dunia
karena menarik copy dari forum sebelah

1. Loch Ness

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/2007_11_LochNessMonster.jpg


Loch Ness legenda yang berasal dari scotlandia.Dilaporkan bahwa lochness adalah hewan dari

jaman dinosaurus yang berhasil bertahan dari ledakan meteor dan masih hidup hingga

kini.Ditemukan di scotland tahun 1930,Lochness diperkirakan memiliki panjang tubuh 45 kaki

dengan kulit kasar dan warna coklat gelap.Beberapa orang percaya kalau lochness adalah

plesiosaurus,walaupun sampai sekarang belum ada bukti yang memadai tentang adanya lochness

atau tidak.

2. Yeti

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/yeti_lg.jpg


Yeti yang disebut sebagai Manusia Salju Liar telah menjadi legenda di daerah Himalaya.Dari

dahulu sampai sekarang banyak cerita orang yang hilang di daerah pegunungan Himalaya,

dipercaya mereka telah diculik oleh Yeti.Foto diatas diambil tahun 1925, N. A. Tombazzi

melaporkan telah melihat hewan besar mirip manusia 300 yard dari Sikkim.Walaupun banyak yang

telah melapor melihat yeti, tidak ada bukti yang menunjukan dia ada.Daerah tempat

terlihatnya yeti sangat curam dan landai sehingga sulit diadakan investigasi

3. BigFoot

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/bigfoot3.jpg


Bigfoot dilaporkan telah ditemukan didaerah Kanada dan Amerika Utara sejak abad 19-an.Dari

jejak kakinya diperkirakan beratnya mencapai 400 kg.Bigfoot dikenal juga dengan nama

Sasquatch, itu adalah nama hewan legenda yang beredar di Amerika Utara.Bigfoot kadang

diciri2kan sangat besar, dengan bulu2 menutupi seluruh tubuh, dan orang percaya makhluk ini

dapat ditemukan diseluruh dunia dengan nama2 yang berbeda, seperti Yeti di Tibet dan Nepal,

Yeren di China dan Yowie di Australia.

4. Dracula

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/dracula.jpg


Dracula adalah vampir yang suka menggoda dan menghisap darah gadis muda yang menarik.Count

Dracula lahir di abad ke 15-an di Rumania.Kastil Dracula terletak di Bucharest utara di

pegunungan Carpathian.

5. Scylla

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/Scylla.jpg


Scylla menurut legenda Yunani, adalah seekor makhluk yang memiliki 6 kepala dan 12

kaki.Scylla dipercaya bahwa tadinya dia adalah seorang penyihir air yang kemudian dirubah

menjadi monster oleh Circe.Setelah diubah menjadi monster, dia menghabiskan hidupnya untuk

membalas dendam kepada pelaut yang lewat di laut.

6. Unicorn

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/unicorn.jpg


Unicorn adalah seekor kuda putih yang memiliki tanduk dikepalanya.Unicorn sangat maskulin

tetapi juga sangat feminim.Unicorn juga menjadi simbol kesucian dan hubungan

spiritual.Unicorn memiliki tubuh yang besar, lebih besar dari ukuran kuda biasa.
Unicorn biasanya digambarkan sebagai kuda dengan tanduk yang panjang dikepalanya, tetapi

aslinya mempunyai jenggot seperti kambing, ekor singa, dan kuku yang membelah. Unicorn

adalah satu-satunya makhluk legenda yang tidak menakuti manusia, dan biasanya digambarkan

sebagai makhluk yang halus. Diceritakan sangat tidak mungkin untuk menangkap unicorn.

Tanduknya dikatakan dapat menetralkan racun. Unicorn pertama kali diketahui ketika masa

peradaban lembah Indus (3300-1700SM).

7. Troll

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/troll.gif


Troll berasal dari legenda scandinavia yang menyebutkan bahwa troll adalah roh yang hidup

dalam goa didalam pegunungan.Saat malam tiba mereka akan keluar untuk menculik wanita dan

anak2.Ada dua macam troll, Giant yang berukuran raksasa dan dwarf yang berukuran kecil.

8. Satyr

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/Satyr2.jpghttp://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/Satyr.jpg


Satyr aslinya terlihat sebagai teman kambing-kambing dewa di masyarakat kuno Yunani.

Gambaran pertama satyrs adalah laki-laki normal, walaupun sering terlihat dengan kemaluan

yang sedang ereksi. Lalu digabungkan dengan mitologi Roma dimana mulai digambarkan sebagai

setengah manusia (bagian atas) dan setengah kambing (bagian bawah). Satyr digambarkan

sebagai makhluk yang nakal, merusak dan berbahaya, pemalu dan pengecut. Pada masa lampau

sering mereka digambarkan mempunyai tanduk dikepala, dan yang muda terlihat mempunyai banyak

masalah.

9. Minotaur

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/Minotaur.jpg


Pada mitologi Yunani, Minotaur mempunyai badan bagian atas banteng dan badan bagian bawah

manusia. Dikatakan Minotaur hidup ditengah-tengah labirin dengan jalanan besar yang rumit

seperti konstruksi bangunan Raja Minos dari Crete. Didesain oleh Daedalus dan diketahui

berada di situs Knossos. Minotaur terlihat singkat pada adegan Satyricon oleh Petronius. Dan

dibunuh oleh Theseus.

10. Cyclops

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/cyclopsif8.jpg


Cyclops adalah anggota dari ras manusia purba raksasa, yang mempunyai satu mata

ditengah-tengah dahinya. Cyclops digambarkan sebagai Homer dan Hesiod. Berdasarkan pada

Hesiod, Cyclops yang bernama Brontes, Steropes, dan Arges adalah anak-anak dari Uranus

(langit) dan Gaia (bumi), sedangkan berdasarkan pada Homer kata Cyclops menuju pada anak

laki-laki Poseidon dan Thoosa yang bernama Polyphemus yang adalah Cyclops.

11. Mermaid

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/mermaid.jpghttp://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/m1ua9.jpgmermaid


Mermaid (atau Merman untuk laki-laki) telah dibicarakan sejak 5000 SM. Bahkan Christopher

Columbus mengatakan pernah melihatnya dalam perjalanannya. Dalam cerita dongeng Inggris

mereka dianggap sebagai peringatan akan kutukan atau bencana.Siapa bilank yg jadi puti

duyung cma cewe doank ??

12. Gorgon

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/gorgon.jpg


Gorgon adalah wanita jahat dengan gigi taring dan ular hidup sebagai pengganti rambutnya.

Legenda mengatakan jika orang melihat muka Gorgon maka akan berubah menjadi batu.

Kemungkinan Gorgon yang paling terkenal adalah Medusa yang merupakan satu-satunya wanita

yang paling besar diantara 3 bersaudara (yang lain adalah Stheno dan Euryale). Karena Medusa

besar sekali, Perseus hanya bisa membunuhnya dengan memotong kepalanya selagi ia melihat

bayangannya sendiri di perisai Perseus. Gambaran Gorgon digunakan Yunani untuk menggambarkan

kejahatan.

13. Banshee

http://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/Banshee.jpghttp://i275.photobucket.com/albums/jj310/shyro/banshee2.jpg


Banshee berasal dari mitologi Irlandia dan biasanya dikenal sebagai roh wanita. Mereka

dianggap sebagai malaikat kematian dan diyakini berasal dari dunia lain. Mereka biasanya

dikenal sebagai bagian dari penyembahan berhala agama Celtic kuno dimana mereka adalah

bawahan Tuhan. Roh, atau nenek moyang. Di Inggris mereka dikenal sebagai peri. Berdasarkan

legenda, banshee akan berkeluyuran diluar rumah sambil meraung-raung jika seseorang didalam

rumah itu akan meninggal.
Banshee berasal dari mitologi Irlandia dan biasanya dikenal sebagai roh wanita. Mereka

dianggap sebagai malaikat kematian dan diyakini berasal dari dunia lain. Mereka biasanya

dikenal sebagai bagian dari penyembahan berhala agama Celtic kuno dimana mereka adalah

bawahan Tuhan. Roh, atau nenek moyang. Di Inggris mereka dikenal sebagai peri. Berdasarkan

legenda, banshee akan berkeluyuran diluar rumah sambil meraung-raung jika seseorang didalam

rumah itu akan meninggal

sorry baru coba bikin thread
kalo salah pindahin aja tau delete, hanya berbagi
thanx

assyahih
11-06-2009, 11:15 AM
nice bro. tapi udah baca. soalnya di forum tetangga juga bukan cuma sekali posting, dah beberapa kali repost di sana. at least nice post...
keep posting gan!!!

Kokuryu
11-06-2009, 11:54 AM
mahluk mitologi seluruh dunia (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=14949)

Dah ada gan.

hareanku
11-06-2009, 04:14 PM
asli keasikan baca-baca nya deh

lfd
12-06-2009, 08:30 AM
yang lokal kagak ada bro??
klo kata JK..pakailah produk lokal...

"the mahluk collections:"
genderuwo (yeti lokal)
tuyul (gholum lokal)
kuntilanak (banshee)
kolor ijo (patent..trademark indonesia)

fuadpahing
12-06-2009, 09:47 AM
Kalo goblin termasuk ngga yah?

keren pegasusunya, kayak liat Narnia nih :swt:

Kokuryu
12-06-2009, 05:15 PM
genderuwo ama tuyul emang masuk ke mahluk mitologi yah?
g kira masuknya ke demonology lokal.

Faxiz
13-06-2009, 12:48 AM
Mungkin Aja 100 ato 200 Tahun lagi "SEPHIROTH" Bakal Jadi Mitologi Karena Kehebatanya LOL

masuakal
13-06-2009, 12:54 AM
wuih makhluk mitologinya keren keren
untung mainro ama lihat hary potter jadu dah tau semua deh hahaha
tambah main wow ada leviathannya juga

R4ybeez
13-06-2009, 03:37 AM
iya tuh cari tau tentang asal-usul garuda !! menurut para ahli burung yg perlambang Indonesia itu belum pernah ditemukan sama sekali.
Dan satu lagi, asal-usul tentang tempat2 misteri di dunia......



thx

Kokuryu
13-06-2009, 08:19 AM
Garuda bukannya dari mitologi India. Cuman lupa apaan. Jatayu sih inget.

minnie23
13-06-2009, 09:09 AM
nice info, kecuali bagian hantunya

Kokuryu
13-06-2009, 01:12 PM
Garuda (Sanskrit: Garuḍa गरुड, Elang; Pāli Garuḷa) adalah burung mitologis raksasa atau mahluk seperti burung yang muncul pada mitologi Buddha dan juga Hindu.


http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/th_GARUDA_01118210341_std.jpg (http://www.indowebster.web.id/menuju-tkp.php?url=http%3A%2F%2Fs689.photobucket.com%2Fal bums%2Fvv255%2FKurikararyujin%2F%3Faction%3Dview%2 6current%3DGARUDA_01118210341_std.jpg)http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/th_Garuda_Bali.jpg (http://www.indowebster.web.id/menuju-tkp.php?url=http%3A%2F%2Fs689.photobucket.com%2Fal bums%2Fvv255%2FKurikararyujin%2F%3Faction%3Dview%2 6current%3DGaruda_Bali.jpg)


http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/th_garuda.jpg (http://www.indowebster.web.id/menuju-tkp.php?url=http%3A%2F%2Fs689.photobucket.com%2Fal bums%2Fvv255%2FKurikararyujin%2F%3Faction%3Dview%2 6current%3Dgaruda.jpg)
Garuda Pancasila

http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/th_410px-Thai_Garuda_emblemsvg.png (http://www.indowebster.web.id/menuju-tkp.php?url=http%3A%2F%2Fs689.photobucket.com%2Fal bums%2Fvv255%2FKurikararyujin%2F%3Faction%3Dview%2 6current%3D410px-Thai_Garuda_emblemsvg.png)
Lambang negara Thailand


http://i689.photobucket.com/albums/vv255/Kurikararyujin/garuda-indonesia.jpg



Pada mitologi Hindu, Garuda adalah dewa kecil, umumnya menjadi tunggangan(vahanam) Vishnu. Garuda digambarkan memiliki tubuh emas, wajah putih, dan moncong elang, tetapi dengan tubuh manusia yang tegap. Dia mengenakan mahkota di kepalanya. Dia sangat tua dan memiliki ukuran tubuh yang mampu menutupi matahari.

Statusnya pada agama Hindu dapat dilihat dari keberadaan Upanishadnya sendiri yaitu Garudopanidad, dan sebuah Purana yaitu Garuda Purana. Garuda memiliki banyak nama -Chirada, Gaganeshvara, Kamayusha, Kashyapi, Khageshvara, Nagantaka, Sitanana, Sudhahara, Suparna, Tarkshya, Vainateya, Vishnuratha dan lain sebagainya.

Garuda memiliki peran penting dalam Khrisna Avatar dimana Krishna dan Satyabhama menunggangi Garuda untuk membunug Narakasura. Pada kali lain, Lord Hari menunggangi Garuda untuk menyelamatkan gajah Gajendra. Dikatakan juga ketika Garuda terbang sayapnya akan menyanyikan Veda.



Kelahiran dan Amal
Cerita mengenai kelahiran dan amal Garuda terdapat pada buku pertama dari epos Mahabharata. Menurut Mahabharata, ketika Garuda pertama kali keluar dari telurnya, dia muncul sebagai api yang sangat ganas setara dengan kehancuran kosmik yang melahap dunia pada akhir zaman. Ketakutan, para dewa memohon ampun padanya. Garuda, mendengar permohonan mereka, mengecilkan dirinya dalam tubuh dan kekuatan.

Ayah Garuda adalah rishi-pencipta Kasyapa. Ibunya adalah Vinata, saudari dari Kadru, ibu para ular. Suatu hari, Vinata ikut dan kalah dalam taruhan yang bodoh, yang berakibat dia menjadi budak dari saudarinya. Bertekad untuk membebaskan ibunya, Garuda mendatangi sang ular dan bertanya apa yang dapat digunakan untuk membeli kebebasan ibunya. Mereka menjawab bahwa Garuda harus membawakan mereka eliksir keabadian, yang juga dikenal dengan nama amrita. Tugas yang sangat berat. Amrita saat itu dimiliki oleh para dewa, yang menjaganya dengan sangat, karena itu adalah sumber keabadian mereka. Mereka mengelilingi amrita dengan cincin api yang menutupi langit. Mereka menghalangi jalan menuju eliksir dengan jebakan-jebakan maut yang terdiri dari pisau-pisau tajam yang berputar. Dan terakhir mereka menugaskan 2 ular berbisa raksasa untuk menjaganya.

Tidak terpengaruh, Garuda segera menuju kediaman para dewa untuk merampok harta mereka. Mengetahui kemampuannya, para dewa menghadapinya dengan kemampuan penuh. Namun, Garuda mengalahkan mereka semua dan mengkocar-kacirkan mereka ke segala arah. Mengambil air dari banyak sungai, Garuda memadamkan api yang mengelilingi amrita. Mengecilkan tubuhnya, Garuda menghindari pisau-pisau tajam yang dapat membunuhnya. Kemudian ia bergulat dengan kedua ular penjaga. Mengambil eliksir itu di dalam mulutnya tanpa meminumnya, ia terbang menuju para ular yang tak sabar menunggunya. Dalam perjalanan, ia bertemu Vishnu. Tidak bertarung, keduanya berjanji. Vishnu menjanjikan Garuda keabadian tanpa perlu meminum eliksir tersebut, dan Garuda berjanji untuk menjadi tunggangan Vishnu. Melanjutkan perjalanan, ia bertemu Indra, dewa langit. Pertukaran perjanjian pun terjadi kembali. Garuda menjanjikan begitu ia mengirimkan eliksir, yang memenuhi permintaan para ular, ia akan memungkinkan Indra untuk mengambil kembali eliksir tersebut. Indra menjanjikan Garuda, para ular sebagai makanan.

Pada akhirnya Garuda berada di depan para ular. Menaruh eliksir tersebut di rerumoutan, yang berarti melepaskan Vinata ibunya dari perbudakan, ia memaksa para ular untuk menjalankan ritual sebelum mengkonsumsinya. Ketika mereka terburu-buru melaksanakannnya, Indra masuk dan mengambil kembali eliksir tersebut. Sejak saat itu, Garuda adalah sahabat para dewa dan tunggangan kepercayaan Vishnu, dan juga musuh abadi para ular, yang mana dia buru pada tiap saat.

Keturunan
Menurut Mahabharata, Garuda memiliki 6 anak yang semuanya merupakan moyang para burung. Anggota ras ini kuat dan tanpa belas kasihan, terutama pada keluarganya para ular. Vishnu adalah pelindung mereka.

Simbol
Sepanjang Mahabharata, Garuda dianggap sebagai lambang dari kekuatan yang tak terbendung berupa kecepatan dan keahlian bertarung. Pejuang kuat yang maju dengan cepat pada musuh-musuh seperti Garuda yang memburu elang. Pejuang yang kalah bagai ular yang dikalahkan Garuda. Pimpinan lapangan Dorna menggunakan formasi militer bernama Garuda. Khrisna bahkan memakai gambar Garuda dalam panjinya.


Fiuh akhirnya 100 Post

lukechamber
13-06-2009, 04:46 PM
yg Green children..gw pernah baca artikelnya di IDWS...judulnya daftar orang misterius...
emang ada beneran tuh....jadi bingung...mitos itu sebebrnya ada pa gak sih...

ayeix
14-06-2009, 12:40 AM
hahaha...
pada keseringan ntn kartun smua ni.!!
:p
tp tu bnr ada gg y.??
hahahahaaa........
http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-95.gif

Ken
21-06-2009, 11:44 AM
ahhh.. selese juga baca smuanya.. 1 jam nih bacanya..
cape dah... keren keren yah..
gw tambahin satu nih..
keknya ga ada tadi..


http://www45.indowebster.com/bd6cc77b548afb1f4ea9f4072a9dd5ed.jpg
Tiamat is the name of a powerful draconic goddess in the Dungeons & Dragons role-playing game[2]. The name is taken from Tiamat, a goddess in ancient Mesopotamian mythology who is substantially different (and does not have multiple heads)Tiamat is the five-headed queen of the evil chromatic dragons. She has one head for each customary color of chromatic dragon (black, blue, green, red, white), and each head has the powers of a member of the respective race of dragonkind. Her body is a blending of various chromatic dragon forms with an appropriately multicolored hide. Her body also has traits in common with a wyvern, including a long tail tipped with a poisonous stinger.

Tiamat has also been known to manifest as a dark-haired human sorceress.She is the eternal rival of her brother Bahamut, the ruler of the good metallic dragons. It is hinted that her overt hatred toward Bahamut has developed, over a vast period of time, into a twisted lust for her brother as well. She dwells in Avernus, the first layer of the Outer Plane of Baator (also known as the Nine Hells)

alltimelove
21-06-2009, 12:04 PM
Ni lom ad yg bahas.

Abaddon
Yg demen DotA pasti tw dong :D
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/3e/Christianandapollyon.jpg/240px-Christianandapollyon.jpg

Abaddon comes to mean "place of destruction", or the realm of the dead, and is associated with Sheol. (Job 26:6; Proverbs 15:11)

Revelation 9:1-11 describes Abaddon as being the king of the bottomless pit locusts that resemble battle horses with crowned human faces, having women's hair (denoting length), lions' teeth, locusts' wings, and the tail of a scorpion. It appears to have been St. John who first personified the term to stand for an angel.

The text of the Thanksgiving Hymns—which was found in the Dead Sea Scrolls—tells of "the Sheol of Abaddon" and of the "torrents of Belial [that] burst into Abaddon". The Biblical Antiquities attributed to Philo mentions Abaddon as a place (sheol, hell), not as a spirit or demon or angel. In the 3rd century Acts of Thomas, Abaddon is the name of a demon, or the Devil himself. Abaddon has also been identified as the angel of death and destruction, demon of the abyss, and chief of demons of the underworld hierarchy, where he is equated with Samael or Satan. In magic, Abaddon is often identified with the Destroying Angel of the Apocalypse.

Abaddon is also one of the compartments of Gehenna.[1] By extension, it can mean an underworld abode of lost souls, or hell. In some legends, it is identified as a realm where the damned lie in fire and snow, one of the places in Hell that Moses visited. [2]

In the lore of the Coptic Church, Abbaton is the name given to the angel of death. He is given particularly important roles in two sources, a homily entitled The Enthronment of Abbaton by Timothy of Alexandria, and the Apocalypse of Bartholomew. [3] In the homily by Timothy, Abbaton was first named Muriel, and had been given the task by God of collecting the earth which would be used in the creation of Adam. Upon completion of this task, the angel was then named to be guardian. Everybody, including the angels, demons, and corporeal entities, felt fear of him. Abbaton engaged in prayer and ultimately obtained the promise that any men who venerated him during their lifetime stood the chance of being saved. Abbaton is also said to have a prominent role in the Last Judgement, as the one who will take the souls to the Valley of Josaphat.[3] He is described in the Apocalypse of Bartholomew as being present in the Tomb of Jesus at the moment of his resurrection.



http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/e9/Belial.jpg/200px-Belial.jpg

Belial (also Belhor, Baalial, Beliar, Belias , Beliall, Beliel, Bilael, Belu; from Hebrew בְּלִיַּ֫עַל Bəliyyáʻal; also named Matanbuchus, Mechembuchus, Meterbuchus in older scripts) is a demon in the Bible, Christian apocrypha and Jewish apocrypha, and also a term used to characterize the wicked or worthless.

The etymology of the word is uncertain, but is most commonly translated as "without worth".[1] Some scholars translate it from Hebrew as "worthless" (Beli yo'il), while others translate it as "yokeless" (Beli ol), "may have no rising" (Belial) or "never to rise" (Beli ya'al). Only a few etymologists have assumed it to be a proper name from the start.[2] In the Book of Jubilees, uncircumcised heathens are called "sons of Belial". Also appearing in some Muslim scripture, the demon is said to have feasted on the poor and feed the rich with the regurgitated remains. When the rich denied his service, he was sent back into the underworld to serve Satan himself.

In the Goetia, Belial is said to be very respectful. Belial is also the demon of lies and guilt. As a Prince of Hell, he commands 80 Legions of Demons and is specifically the Prince reigning over the Northern Reaches of Hell. His General and Bride Avaira is the general of these legions and of the Harposh Army. He controls the element of earth and reigns over the Earth demons.

shitenmaru
21-06-2009, 04:11 PM
waw thx banyak atas infonya
banyak mitos2 yang gue baru tau

heikhal
21-06-2009, 05:58 PM
set dah, kalo makhluk itu masih eksis dipastikan manusia gak ada...

Kokuryu
21-06-2009, 06:32 PM
:th_093: Abaddon ama Belial bukannya masuk demonology gan. Mereka kan bukan beast tapi iblis kaya 72 Iblis Solomon/Salomo/Sulaiman.

GaFf
26-06-2009, 05:19 PM
gila..keren2 banget..speechless..(kecuali bagian setan and hantu)

Tanzmania
26-06-2009, 09:22 PM
Paling ga pernah denger cuma harpies :haha:

mikan
26-06-2009, 10:29 PM
bener2 NICE POST!!
kecuali setan2 indo =..= males banget liatnya~ suka kbayang sih..

nambahin..

-incubus(pasangannya succubus)
-Elf
http://www.quizilla.com/user_images/L/LA/LAD/LadyTigerEyes/1132014157_atures7elf.jpg
Elf diceritakan sebagai ras yang lebih dahulu ada daripada manusia dan lebih unggul dibanding dengan manusia. pernah baca trilogi the lord of the Ring ama Eragon. makhluk cantik super pintar yang berumur amaaat panjang.
-dwarf
http://www.hollywoodmegastore.com/Images/6968_Grumpy_Dwarf_Standup_678.jpg
-Ogre
http://i168.photobucket.com/albums/u179/lotsoftots11/sherk.jpg

kalo peri bulan itu masuk ga?

Lyco
26-06-2009, 11:44 PM
di move ke education deh :top:

botay
27-06-2009, 10:22 AM
maaf tolong di edit tuh yg kesepuluh g ada diterangkan ghoul di quran... jgn mengada2 dong klo bikin artikel... klo ambil dri orang ya ditelaah dulu apalagi bawa2 agama... bisa2 jd menyesatkan...

i'msido
27-06-2009, 10:57 AM
wew,brarti karakter dota ngambil dari mahluk" mitologi ini ya..
itu mungkin cuma ngambil dari wiki bro,jadi jgn nyalain dy
mungkin dy cuma mau ngasih info doang ga lebih

Kokuryu
27-06-2009, 11:31 AM
Game mana sih yang ga ngambil elemen2 dari mitologi, kalo ada juga paling segelintir.

@botay sabar bro, namanya juga manusia bisa salah. Dia kan cuma ingin menyampaikan informasi saja, kalau ada yang salah tolong dikoreksi lebih baik lagi kalau bro bisa memberi info lebih detail.

Akhir kata, gimana momod aja deh.

CottonBud
27-06-2009, 12:10 PM
Ok.. makhluk yang ke 10 di hilangkan deh :D

peace :)

RudeKai
27-06-2009, 12:40 PM
wah ngeri kalo tuh smua makhluk masi berkeliaran sekarang..
dunia jadi apa..?

kecuali kuntilanak, tuyl dsb..

superkid
27-06-2009, 04:06 PM
mahkluk" mitos emang keren
di wiki banyak banget tinggal pilih aja hehe...

evina123456
27-06-2009, 05:12 PM
nagini kaya sladar di dota >"<

Kokuryu
27-06-2009, 07:26 PM
Emang asal-nya dari sana gan. Tribe naga (bukan dragon), manusia setengah ular.

uchiha_stasezz
27-06-2009, 07:28 PM
Tengu
http://www.unoverse.com/bidforpower2/_tools/news/images/Tengu-2.jpg
Tengu (天狗?) adalah makhluk dalam legenda Jepang. Salah satu Kami penunggu gunung, atau yōkai yang erat hubungannya dengan burung elang atau gagak. Pakaiannya mirip dengan pakaian pendeta yamabushi yang menempa diri di hutan dan gunung. Tengu memiliki hidung yang panjang, wajahnya merah, memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang. Tengu bisa terbang bebas di angkasa sambil membawa tongkat yang disebut kongōzue, pedang besar (tachi), dan kipas berbentuk daun (hauchiwa). Pekerjaannya menghalangi orang yang ingin mendalami agama Buddha.[1] Nama lainnya adalah Gehō-sama (外法様 tuan sihir?).

Dalam bahasa Jepang dikenal ungkapan Tengu ni naru yang berarti "sangat bangga dengan diri sendiri". Ungkapan ini kemungkinan berasal dari ungkapan "hana ga takai" (hidungnya tinggi).


Bijuu

Bijuu(尾獣) adalah makhluk-makhluk legenda dari mitologi Jepang. Kebanyakan dari mereka bertubuh besar dan berkekuatan menakjubkan. Mereka tersebar di seluruh daerah Jepang. Kekuatan chakra/stamina mereka diklasifikasikan melalui banyaknya jumlah ekor mereka. Seperti Shukaku si ekor satu memiliki kapasitas chakra terendah dari semua bijuu. Tidak semua bijuu bertubuh besar. Seperti Kaku, si luak berekor tujuh yang ukuran tubuhnya tidak terlalu besar. Bijuu dengan ukuran kolosal adalah Yamata no Orochi yang besarnya melebihi tujuh buah gunung. Ini dikarenakan kekuatan Kusanagi no Tsurugi yang sangat besar.

Para bijuu ini hanyalah mitos yang ada di Jepang. Kabarnya roh-roh mereka disegel di 9 kuil di Jepang. Para bijuu ini juga ada mahluk yang setengah dewa maupun peliharaan dewa. Raijuu dulunya adalah dewa sebelum kekuatan kegelapan Yamata no Orochi membuatnya menjadi monster. Nekomata juga adalah peliharaan dewa kematian.


Legenda Peperangan Kuno Sembilan Dewa

Dalam legenda dan mitologi Jepang, dikenal adanya perang sembilan dewa atau "Ancient war of 9 Gods". Perang besar ini terjadi di masa lalu yang belum bisa diperkirakan kapan dan dimana. Peperangan ini adalah peperangan antar Yokai atau siluman yang memiliki kekuatan luar biasa dan disebut sebagai makhluk-makhluk setengah dewa. Mereka saling bertarung satu sama lain. Bahkan, Hokou dan Nekomata membentuk aliansi dan mencoba mendominasi pertempuran. Akhirnya hanya tersisa dua Bijuu yang setingkat dewa yang akhirnya akan menyelesaikan peperangan panjang dan melelahkan ini. Peperangan ini berakhir setelah Yamata no Orochi dan Kyuubi no Yokou bertemu dan bertarung selama 100 tahun. Kyuubi memenangkan pertarungan ini karena dia memiliki chakra yang tidak terbatas.

Partisipan peperangan ini adalah semua Bijuu yang ada dalam mitologi Jepang. Mereka semua akhirnya tersegel dalam kuil-kuil yang tersebar di seluruh Jepang.



Ichibi no Shukaku
http://img126.imageshack.us/img126/2877/shukaku1ku1.jpg
Shukaku diberi gelar dewa angin oleh orang Jepang zaman dulu. Dulunya dia adalah pendeta yang terkena badai pasir. Dia lalu berubah bentuk menjadi luak berekor satu dan mengandalkan jutsu angin sebagai serangannya.
* Shukaku memiliki bentuk yang mirip luak, rakun atau panda sehingga terkadang orang-orang sulit membedakannya.
* Tanuki, seperti Kitsune, adalah makhluk-makhluk mistik dalam mitologi Jepang, dan terkadang keduanya bersaing satu sama lain.
* Ada sebuah kisah tentang pendeta dan Tanuki yang mengubah diri menjadi ketel teh, yaitu Bunbuku Chagama.
Nibi no Nekomata
http://www.pobladores.com/data/pobladores.com/ya/ya/yaya_lee/channels/total_naruto_frikis_/images/5014806nibi.jpg
ialah metamorfosis dari kucing peliharaan menjadi kucing raksasa. konon kt ny nekomata dulu sering di siksa oleh pemilik ny. dengan perasaan benci ny itu, ia akan menjadi raksasa dan membunuh kerabat dekat sang pemilik ny itu. dlm pertarungan, nekomata telah mencatat 3 kali pertarungan dengan menang 2 kali atas isonade dan kaku dan kalah dengan kyubi.
Sanbi no Isonade
http://img164.imageshack.us/img164/6484/3714gj6.jpg
sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, berbentuk seperti hiu dengan tanduk di kepalanya serta memiliki tiga buah ekor dan tiga buah sirip, ia juga mampu mengendalikan air sesuai dengan keinginannya. Ia pertama kali ditemukan di perairan Yamagawa dan hidup di kedalaman perairan Jepang bagian barat. Setiap beberapa bulan dia akan keluar ke permukaan untuk menghirup udara. Ketika dia melakukan hal ini dia akan menimbulkan badai dan ombak di perairan sekitarnya, semua kapal didekatnya akan tenggelam dan kemudian dijadikan makanan oleh Isonade. Dia juga sering menyerang kapal-kapal yang berlayar di lautan bebas.
Isonade memiliki bawahan bernama samehada yang hidup di dalam perut Isonade dan membantu menambah chakranya hingga lima kali besar. makanan samehada berasal dari sisa makanan yang dimakan Isonade. Dalam cerita mitologi jepang perang sembilan dewa, Isonade, yang memiliki simbol elemen air, mengalami empat pertarungan; dua kali menang (melawan Kaku dan Shukaku), satu kali kalah (melawan Nekomata), dan satu kali melarikan diri (saat melawan Yamata No Orochi). Setelah pertarungan, seorang nelayan sekaligus seorang pejuang yang berani dari Yokohama, Takuma Muramasa, mendekati Isonade kemudian menyegel samehada ke dalam alat sihir guci hiu untuk disegel di dalam kuil air. akibatnya, Isonade tidak dapat menggunakan chakra masif sehingga tidak membahayakan manusia.
Yonbi no Sokou
http://ciwaysplunk.files.wordpress.com/2008/10/souku.jpg
sebuah makhluk dari cerita mitologi Jepang, berbentuk siput-setengah-ular yang konon tinggal di gunung Fuji, Jepang. Sokou memiliki empat buah ekor dan menyebarkan gas beracun disekitar tubuhnya. Awalnya, Sokou adalah ayam jantan dan ular yang menjalin kasih. Namun akibat pengaruh udara dan racun di pegunungan, kedua hewan itu menyatu dan menjadi besar. Karena berbahaya, seorang ahli ilmu iblis bernama Yamazaki Ishiro menyegel Sokou ke dalam alat dewa Kandang Bulan Berjaring di dasar gunung Fuji, Jepang. Hingga saat ini, beberapa orang masih beranggapan bahwa letusan di gunung Fuji disebabkan oleh dengkuran Sokou ketika sedang tidur.
Gobi no Hokou
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/8/8e/508.jpg/180px-508.jpg
Bijuu yang berupa seperti anjing berekor lima. Setiap ekor makhluk ini merepresentasikan setiap-tiap kekuatan elemental: Api, Angin, Air, Tanah, dan Petir. Itu bisa mengakibatkan kerusakan dahsyat bila digunakan. Kemampuannya ialah menggunakan semua elemen maupun mengkombinasikannya. Setiap elemennya juga bisa menyebabkan bencana tergantung jenisnya. Hokou bermaksud menghancurkan alam untuk mendapatkan kembali lima elemen ini. Dia mengalami cedera berat ketika menantang Kyuubi berdua dengan Nekomata. Cukup aneh, dia adalah dewa ilusi. Hokou hidup di pohon besar yang sudah berumur panjang.Hokou bertarung 4 kali, 3 kali kemenangan didapat dari Sokou, Raijuu, dan Nekomata yang nanti akan menjadi sekutunya. Hokou mengalami kekalahan melawan Kyuubi, biarpun dia sudah dibantu oleh Nekomata, tetapi Kyuubi masih terlalu kuat baginya. Kekuatan fisik Hokou ada di peringkat ke 3 dan kekuatan chakra/stamina miliknya ada di peringkat ke-5.

Rokubi no Raijuu
http://uchiha-death-univers.oldiblog.com/sites/images/articles/151/article_1515006.jpg
Bijuu yang yang berbentuk seperti berang-berang, mempunyai 4 kaki dan kuku yang amat tajam. Bila meraung seperti guntur. Aslinya, dia adalah dewa petir, tetapi karena pengaruh kekuatan Yamata no Orochi dia berubah menjadi monster. Raijuu bisa mengeluarkan listrik dalam jumlah besar untuk keperluan pertarungan. Bulunya berwarna emas dan ujungnya berdiri. Memiliki enam ekor yang bentuknya seperti petir, seperti dewa petir kuno.
Raijuu si dewa petir berbentuk musang/berang-berangRaijuu juga digambarkan sebagai rekan Raiden, dewa guntur dari agama Shinto. Biasanya, Raijuu tenang dan tidak berbahaya, tetapi bisa menjadi buas dan agresif ketika terjadi badai petir dan mengenai apa saja di sekitarnya, batu, pohon bahkan bangunan (orang dulu bilang bahwa pohon yang tersambar petir terkena cakaran Raijuu).
Ada juga yang mengatakan Raijuu tidur di perut manusia. Ini membuat Raiden menembakkan panah ke perut Raijuu tidur untuk membangunkannya, yang bisa membuat orang kesakitan. Orang-orang dulu tidur di perutnya bila cuaca sedang buruk. Ada pula yang mengatakan Raijuu hanya tidur di perut orang yang sedang tidur di luar.
Raijuu bertarung 5 kali. Dia menang atas Shukaku dan Sokou, dan kalah oleh Hokou, Yamata no Orochi dan Kyuubi. Dia disegel oleh ninja bernama Sarutobi dengan menggunakan teknik Kinjutsu:Raikiri yang memotong petirnya dan mengembalikkannya ke Raijuu dan membuatnya terluka. Lalu Sarutobi menggunakan alat kekuatan "Penjara Petir Tersembunyi" dan menyegelnya di Kuil Petir.
Nanabi no Kaku
http://fc08.deviantart.com/fs32/f/2008/219/2/b/7_tails_Kaku_by_AkashaOokami.jpg

Bijuu berbentuk tupai. Kanjinya juga bisa dibaca sebagai Mujina, yaitu nama subspesies dari tupai (Meles Meles Anaguma) yang ada di beberapa tempat di Jepang. Dia berasal dari altar pengorbanan di pinggiran Nagoya. Kaku mempunyai tujuh ekor dan yang terkecil diantara para Bijuu, walaupun begitu dia adalah Bijuu terlicik dan paling "penyusup" dari sembilan Bijuu lainnya. Kaku memburu mangsanya dari dalam tanah sepanjang waktu. Dia membunuh dengan melongsorkan/menghancurkan bagian tanah dibawah mangsanya, membuatnya jatuh tepat di mulutnya yang sudah terbuka lebar. Di atas tanah, dia bisa berubah menjadi apa saja, asalkan dia mempunyai tanah liat. Tubuhnya berwarna biru.
Dalam perang ini, Kaku bertarung 4 kali, dia menang atas Sokou, dan 3 kali melarikan diri dari Nekomata, Isonade, dan Yamata no Orochi. Walaupun tidak pernah kalah, tetapi dia melarikan diri 3 kali dari 4 kali pertarungannya. Walaupun tingkat chakra/stamina miliknya peringkat ke-3 (diatas Isonade dan Nekomata), tetapi dia lebih mementingkan kabur daripada bertarung. Mungkin disebabkan oleh kekuatan fisiknya yang rendah (peringkat ke-7). Tempat penyimpanan tanah liat miliknya ternyata telah diketahui oleh para pejuang dan dibakar. Kaku lalu tidak bisa berubah bentuk dan dikalahkan oleh pejuang pemberani Ikkyo Soujin, yang menyegel Kaku dengan alat kekuatan Sisa Altar Bumi ke segel dalam kuil bumi.Dalam perang ini, Kaku bertarung 4 kali, dia menang atas Sokou, dan 3 kali melarikan diri dari Nekomata, Isonade, dan Yamata no Orochi. Walaupun tidak pernah kalah, tetapi dia melarikan diri 3 kali dari 4 kali pertarungannya. Walaupun tingkat chakra/stamina miliknya peringkat ke-3 (diatas Isonade dan Nekomata), tetapi dia lebih mementingkan kabur daripada bertarung. Mungkin disebabkan oleh kekuatan fisiknya yang rendah (peringkat ke-7). Tempat penyimpanan tanah liat miliknya ternyata telah diketahui oleh para pejuang dan dibakar. Kaku lalu tidak bisa berubah bentuk dan dikalahkan oleh pejuang pemberani Ikkyo Soujin, yang menyegel Kaku dengan alat kekuatan Sisa Altar Bumi ke segel dalam kuil bumi.
Hachibi / Yamata no Orochi
http://www.maximom.com.ar/index_archivos/LeyendadelasBestiasdeColas_archivos/image007.jpg
Bijuu berbentuk ular. Dia memiliki mata berwarna merah darah, delapan ekor dan kepala (juga digambarkan dililit oleh akar belukar dan semak) dan memiliki kekuatan dari dunia iblis, simbol kejahatan. Setiap kepala Orochi melambangkan simbol: jiwa, hantu, kejahatan, iblis, dunia setelah kematian, dan kematian. Kekuatan sebenarnya dari Orochi seharusnya tidak terlalu besar, bahkan cenderung lemah. Seorang anggota klan Kusanagi, ketika menyerangnya melakukan kecerobohan, menggunakan pedang legendaris Kusanagi no Tsurugi. Karena itu, sebagai konsekuensinya, Yamata no Orochi mengambil alih pedang itu dan menyerap kekuatan yang ada didalamnya dan menjadi mahluk yang amat kuat, dan akhirnya menyimpan semuanya didalam tubuhnya. Dengan kekuatan barunya, Orochi mengeluarkan kekuatan kegelapan yang amat besar sehingga membangunkan bijuu yang lain, dan menjadi arogan. Orochi mengalahkan banyak bijuu tetapi dia dikalahkan oleh Kyuubi. Alasannya sederhana: kekuatan Kyuubi tidak terbatas, membuat sebuah lubang pada Kusanagi yang bahkan Enma(raja monyet) dan Sarutobi tidak bisa menggoresnya sedikitpun. Dalam legenda, dia menyamai Kyuubi dalam hal kekuatan, tetapi dia mempunyai batasan.
Panjang tubuhnya melebihi besar 8 gunung, dia adalah bijuu yang terbesar. Aslinya, dia lebih lemah dari Hokou dan Nekomata. Tetapi, itu 1000 tahun sebelum pejuang pemberani mencoba mengalahkannya dengan Kusanagi no Tsurugi. Tetapi, pedang Kusanagi no Tsurugi tsb di serap oleh Yamata no Orochi dan ia menjadi sangat kuat. Orochi bertarung 5 kali, menang atas Shukaku, Isonade, Kaku, Raijuu, dan kalah mengenaskan atas Kyuubi. Kemampuannya bisa memanggil roh-roh jahat dari dunia lain dan kekuatan dari Kusanagi. Kemampuan chakra/stamina dan fisiknya satu tingkat dibawah Kyuubi.karena itulah yamata no orochi dianggap setan/iblis terkuat setelah kyuubi.
Kyubi no Yoku
http://www.narutopictures.biz/pics/naruto-kyuubi.jpg
Bijuu dengan bentuk rubah berekor sembilan dan merupakan yang terkuat diantara para Bijuu. Alasan kenapa dia sangat kuat amat sederhana: dia mempunyai chakra yang tidak terbatas, membuatnya pantas menyandang nama "Raja para Bijuu". Kekuatannya berasal dari segel api miliknya. Setelah bertarung selama 100 tahun dengan Yamata no Orochi, segel itu menjadi kelelahan; tetapi Kyuubi masih bisa bertahan dan berdiri. Dia juga licik dan cerdas. Kyuubi no Yokou adalah Bijuu terkuat dalam Mitologi Jepang. Tubuhnya ditutupi bulu berwarna merah; Kyuubi melambangkan elemen api. Kemampuannya amat luar biasa. Karena belum pernah dikalahkan sekalipun oleh Youkai, kekuatan sebenarnya tidak bisa diukur. Ekornya mengeluarkan pusaran angin dengan cara diputar dengan cepat, dan Kyuubi mampu merobek musuhnya dengan cakar raksasa miliknya. Bulu-bulunya bisa mengeluarkan bola api seperti meteor yang tak pernah habis, cukup untuk menghancurkan sebuah desa dengan cepat. Dalam peperangan 9 dewa, Hokou mengalami cedera parah, dan Nekomata hampir mati; bila tidak ditolong dewa kematian karena berani menantang Kyuubi. Yamata no Orochi bergantung pada Kusanagi no Tsurugi, pedang klan Kusanagi untuk mengalahkan Kyuubi, tetapi bisa dikalahkan dan mata pedang dari pedang tersebut menjadi retak. Padahal Sarutobi sasuke, si ninja legendaris dan Enma si raja monyet tidak bisa menimbulkan goresan sedikitpun pada Kusanagi. Ini menggambarkan kekuatan Kyuubi yang luar biasa. Di suatu tempat, Kyuubi terus menerus membunuh orang-orang yang ada di jalannya untuk mencari siapa yang membangunkannya. Yamata no Orochi tidak memberitahu, siapa yang telah membangunkannya, walaupun ternyata Yamata no Orochi sendiri yang telah membangunkannya. Kyuubi hanya bertarung 4 kali dan semuanya dimenangkannya, yaitu melawan Nekomata dan Hokou, Raijuu, dan Yamata no Orochi.

=========================================
fiuh.. semoga menambah wawasan y..^^

astaroth
27-06-2009, 07:31 PM
walah nyambung nya ke naruto

Kokuryu
27-06-2009, 07:34 PM
bukannya kalo ginian lebih ke arah fictional? :???:

uchiha_stasezz
27-06-2009, 07:42 PM
walah nyambung nya ke naruto

setw g naruto yg bikin cerita manga na itu berasal dari mitologi2 ini...
qlo gambar, g ambil yg dari naruto aj, lebih gampang ketemu^^


bukannya kalo ginian lebih ke arah fictional? :???:

g liat d depan ada yg kasih ttg Yamata no Orochi sama kyubi, karna yg lain lom lengkap, jadi g kasih jg..
qlo mank mengarah k fictional, g ga tw deh... g cm bagi2 ilmu ^^

Kokuryu
27-06-2009, 07:50 PM
Yah g juga ga tau sih cuman yang dari Naruto kan dah dimasukin banyak unsur fiksi sampe ga tau aslinya gimana. Yamata no Orochi kan harusnya dibunuh ama Susano'o baru nongol tuh ama-no-murakumo-no-Tsurugi yang terakhirnya jadi pedang Kusanagi.

uchiha_stasezz
27-06-2009, 08:03 PM
Yamata no Orochi terkenal terutama karena Ama(e)-no-Murakumo-no-Tsurugi(天叢雲剣 - Pedang Awan Surga), atau lebih dikenal dengan Kusanagi-no-Tsurugi (草薙の剣 - Pedang Pembelah Rumput). Kusanagi muncul dari ekor bagian tengah Yamata no Orochi (entah ekor ke 4 atau ke 5 tidak disebutkan), saat dia dibunuh oleh Susanoo sang Dewa Bulan.


itu yg g bold, pedang na muncul mksd na itu, sebelum yamata no orochi mati pedang itu milik dy & d sembunyiin d buntut na...pas yamata no orochi tewas, pedang itu nongol dari buntut na & baru d kuasai sama susanoo.. qlo yg g ceritain itu ttg yamata no orochi dptin pedang na...
kan dah d blg d atas qlo Ama(e)-no-Murakumo-no-Tsurugi = Kusanagi-no-Tsurugi atw pedang kusanagi...
bukan pas susanoo dpt pedang na baru nama na jadi Kusanagi... ^^

Kokuryu
27-06-2009, 08:28 PM
Susano'o tuh dewa badai dan laut, dewi bulan tuh tsukuyomi. G juga tau perubahan nama ama no murakumo tuh bukan ama Susano'o tapi sama Yamato Takeru (jauh setelah mitologi orochi) bukan karena ada Clan Kusanagi atau apapun melainkan karena fungsinya.

Kalo mo lebih lengkap nih g kasih link thread sebelah biar ga OOT.
Kusanagi no Tsurugi (http://www.indowebster.web.id/showpost.php?p=552160&postcount=14)
Kalo bener yang diebutin ama bro, darimana asalnya Yata no Kagami ama Yasakani no Magatama nya yang sekarang dijadiin Imperial Regalia of Japan(tau palsu ato ngga sih), disebutnya kan berasal dari Orochi juga.

uchiha_stasezz
28-06-2009, 06:04 PM
g c kurang begitu tw y.. tapi sebatas yg g tw yg g post aj.. jauh sebelum itu g kurang tw..
susanoo emang dewa laut, itu yg g qoute bkn pny g, jadi g cm qoute aj.. :hihi:

FroZzeN
28-06-2009, 06:26 PM
Wah ternyata banyak juga nih yg blm gw kenal...:))
lanjut bro..
seru nih..:))

Frenchesis
30-06-2009, 02:10 PM
ih gw paling serem waktu liat kraken..
skala perbandingannya ma kapal mengerikan.. :onion-55:

Kokuryu
30-06-2009, 02:52 PM
Children of Loki



Fenrir, Odin Slayer

http://www42.indowebster.com/0b8c119d876d78558e3d50aed5526ce2.jpg



Fenrir (Old Norse "fen-dweller"[1]), Fenrisúlfr (Old Norse "Fenris wolf"[2]), atau Hróđvitnir (Old Norse "fame-wolf"[3]) adalah serigala monster. Ayah dari Sköll dan Hati Hróđvitnisson, anak dari Loki.

Tidak seperti saudaranya, Jormungandr yang dibuang ke laut dan saudarinya, Hel yang dibuang ke Nifleheim, Fenrir tidak dibuang bahkan para Ćsir "membawa pulang" Fenrir. Hanya Tyr yang cukup berani untuk mendekati dan memberi makan Fenrir. Para dewa menyadari bahwa Fenrir tumbuh sangat pesat tiap hari, dan mengetahui ramalan bahwa Fenrir ditakdirkan untuk mencelakai mereka, para dewa meramu sebuah rencana. para dewa menyiapkan 3 kekang: Yang pertama, sangat kuat, dinamakan Leyding. Mereka membawa Leyding pada Fenrir dan menyarankan agar sang serigala mencoba kekuatannya. Fenrir merasa kekang itu masih dalam batas kekuatannya, dan membiarkan para dewa bertindak sesukanya. Pada tendangan pertama kekang itu putus, dan Fenrir melepaskan diri dari Leyding. Para dewa membuat kekang kedua yang dinamakan Dromi. Para dewa meminta Fenrir mencoba kekang baru itu, dan bila ia berhasil melepaskan diri maka ia akan mendapatkan ketenaran akan kekuatannya. Fenrir merasa bahwa kekang itu sangat kuat, tetapi kekuatannya juga telah bertambah sejak ia memutuskan Leyding, dan memang ia harus mengambil resiko bila ia ingin terkenal. Fenrir memperbolehkan mereka memasang kekang tersebut.

Ketika para Ćsir menyatakan bahwa mereka siap, Fenrir menggoyangkan tubuhnya, membanting kekangnya ke lain, menariknya sekuat tenaga dan dengan tendangan dari kakinya, menghancurkan kekang itu hingga kepingan yang terpental jauh. Para Aesir mulai merasa takut mereka tidak mampu mengekang Fenrir, kemudian Odin mengirim pengantar pesan Frey turun ke Svartálfaheimr pada "beberapa kurcaci" dan meminta mereka membuat Gleiphnir. Para kurcaci membuat Gleiphnir dari 6 bahan mitos. Gleiphnir pun selesai dan berbentuk kekang yang halus dan lembut seperti pita sutra, tetapi kuat dan tangguh. Sang pengantar pesan membawanya pada para Aesir.

Para Aesir pergi ke danau Amsvartnir(Old Norse "pitch black"/gelap total), bersama Fenrir dan kemudian ke pulau Lyngvi. Para dewa menunjukkan Gleiphnir pada Fenrir dan menyuruhnya untuk merobeknya, seraya berkata bahwa kekang itu lebih kuat dari tampilannya, dan masing2 dari mereka menariknya dan kekang itu tidak putus. Tetapi mereka berkata bahwa Fenrir akan mampu merobeknya. Fenrir membalas:

"It looks to me that with this ribbon as though I will gain no fame from it if I do tear apart such a slender band, but if it is made with art and trickery, then even if it does look thin, this band is not going on my legs."

Para Aesir membujuk Fenrir dengan mengatakan bahwa ia akan mampu merobek selembar pita tipis seperti itu, dan menambahkan bila Fenrir tidak mampu merobek Gleiphnir yang halus maka Fenrir tidak membuat takut para dewa, dan ia akan dibebaskan. Fenrir membalas:

"If you bind me so that I am unable to release myself, then you will be standing by in such a way that I should have to wait a long time before I got any help from you. I am reluctant to have this band put on me. But rather than that you question my courage, let someone put his hand in my mouth as a pledge that this is done in good faith."

Mendengar ini, para Aesir mengalami dilema hingga akhirnya Tyr meletakkan tangan kanannya di rahang Fenrir. Ketika Fenrir berontak, Gleiphnir mengekangnya dengan kuat, semakin kuat Fenrir, semakin ketat Gleiphnir. Para Aesir tertawa kecuali Tyr yang kehilangan tangannya. Ketika para dewa mengetahui Fenrir telah terbelenggu mereka mengambil kait bernama Gelgja yang tergantung pada Gleiphnir dan memasukkannya ke lempeng batu bernama Gjöll(Old Norse Scream/raungan) dan para dewa membenamkan batu itu ke tanah. Fenrir mengamuk dan membuka rahngnya lebar-lebar untuk menggigit para dewa. Para dewa menusukkan "suatu pedang" pada mulut Fenrir, Pegangannya berada di gusi bawah Fenrir sedangkan ujungnya berada di gusi atas. Fenrir melolong mengerikan, ludahnya mengalir dari mulutnya dan membentuk sungai Ván(Old Norse harapan). Disanalah Fenrir akan menunggu hingga Ragnarok. Alasan para dewa tidak membunuhnya adalah karena mereka tidak ingin tempat suci mereka dinodai darah sang serigala walaupun mereka tahu tentang ramalan bahwa ia adalah kematian bagi Odin.


Skoll adalah serigala yang mengejar kuda Avakr dan Alsvior yang menarik kereta yang membawa matahari (Sol) di langit sepanjang hari, berusaha untuk memakannya.
Hati Hróđvitnisson adalah saudara Skoll, anak Fenrir, yang mengejar Mani sang bulan.




Jörmungandr ['jœrmuŋgandr] Midgĺrdsormen, the World Serpent.


http://www45.indowebster.com/2466f4f9047c44b7c6fed207c95330a7.jpg


Jormungandr atau lebih dikenal dengan nama Jormungand adalah ular laut yang merupakan anak tengah dari raksasa Angrbođa dan dewa Loki. Saat ia masih kecil, Jormungand dibuang pada lautan luas yang mengelilingi Midgard. Sang ular tumbuh sangat besar dan ia mampu mengelilingi dunia dan menggapai ekornya sendiri. Ketika ia melepaskan ekornya maka dunia akan berakhir. Karena sebab itu ia mendapatkan nama lain yaitu ular Midgard (Midgard Serpent/Midgardsormen) atau ular dunia. Musuh abadi Jormungand adalah Thor.

Thor dan Jormungand
Sebagai musuh abadi, Thor dan Jormungad bertemu beberapa kali sepanjang hidupnya. 3 pertemuan yang masih tercatat antara lain.

Mengangkat kucing
Thor bertemu dengan Jormungand, yang disamarkan dalam bentuk kucing raksasa oleh raja para raksasa Útgarđa-Loki (Loki of the Outyard, bukan Loki dewa Norse). Salah satu tugas Thor yang diberikan oleh Utgard Loki adalah untuk mengangkat kucing tersebut; walaupun ia tidak mampu mengangkat mahluk monster seperti Jormungand; ia mampu mengangkatnya hingga salah satu kakinya terangkat dari tanah.

Perjalanan memancing Thor
Pertemuan lainnya terjadi ketika Thor memancing bersama raksasa Hymir. Ketika Hymir tidak mau memberikan umpan pada Thor, Thor menghajar kepala sapi terbesar milik Hymir untuk dijadikan umpan. Mereka berlayar hingga tempat dimana Hymir biasa memancing, dimana ia menangkap 2 ikan paus. Thor memaksa untuk menuju perairan yang lebih dalam, dan melakukannya walau Hymir memperingatkannya.

Thor lalu menyiapkan tali pancing yang kuat dengan kail yang besar, dimana Jormungand menggigitnya. Thor menarik sang ular dari air, dimana keduanya berhadapan. Hymir menjadi pucat karena takut, dan ketika Thor mengambil palunya untuk menghantam sang ular, raksasa itu memotong tali pancingnya, meninggalkan sang ular untuk menyelam kembali di bawah ombak.



Garmr the Hell Hound
Garmr, Hell Hound
Dari Prosa Edda, Kemudian Garmr sang anjing neraka terbebas, dari belenggunya di Gnipahellir, dia adalah monster terganas; ia akan bertarung dengan Tyr yang kemudian akan saling bunuh.



Ragnarok, Twilight of the Gods
Ragnarok dimulai ketika Skoll dan Hati berhasil memakan matahari dan bulan, bintang-bintang menghilang. Bumi dan pegunungan bergetar dan pepehonon berguguran, gunung-gunung runtuh dan semua pengikat terlepas, dimana Fenrir terlepas dari belenggunya.

Jormungandr akan menghancurkan daratan dimana lautan dengan ganas mengisinya. kapal Nagflar yang terbuat dari kuku manusia yang telah mati, dilepaskan dari tambatannya, dan berlayar pada lautan yang ganas, dinahkodai oleh jotunn bernama Hrym. pada saat yang sama, Fenrir, dengan mata dan hidung yang membara, melaju dengan rahang terbuka lebar, rahang atasnya mencapai langit sedangkan rahang bawahnya mencapai bumi. Di sisi Fenrir, Jormungandr memuntahkan racun ke langit dan lautan.

Pada saat itu, langit terbelah dua. Dari belahannya, anak-anak Muspell datang. Surtr di depan, dikelilingi api dengan pedang yang bersinar lebih terang dari matahari. Sons of Muspell memasuki daerah pertempuran Vígríđr, dimana Fenrir, Jormungandr dan Loki akan bergabung. Heimdall mulai meniupkan Gjallarhorn sekuat tenaga. Para dewa terbangun dan berkumpul, Odin menuju Mimir's Well untuk berkonsultasi tetapi percuma.

Para dewa dan Einherjar memasang perlengkapan perang. Odin, mengenakan helm emas dan pelindung tubuh yang rumit, membawa tombaknya Gungnir. Odin menghadapi Fenrir, dan Thor bergerak di sebelahnya, walau Thor tak mampu membantu Odin karena ia telah bertarung dengan Jormungandr. Freyr berhadapan dengan Surtr dan ia kalah karena ia tak memiliki pedang. Sang anjing ganas Garmr lepas dari Gnipahellir dan bertarung dengan Tyr yang membunuh keduanya.

Thor membunuh Jormungandr dan teracuni oleh racunnya, berjalan 9 langkah sebelum jatuh dan mati. Fenrir menelan Odin, membunuhnya, tapi kemudian anak Odin Vidarr menginjakkan kakinya ke rahang Fenrir dan merobek mulutnya hingga membunuhnya. Loki bertarung dengan Heimdallr, dan mereka saling bunuh. Surtr menutupi tanah dengan api dan kemudian membakar seluruh dunia dengan api.

zamboze
30-06-2009, 04:03 PM
WOW! ntah kenapa masuk tret ini serasa masuk dunia final fantasy dan shin megami tensei^^
infonya mantebh2 euy^^

rangda udah pernah diceritain blom sih? blom baca semua pade nih...

treeten
30-06-2009, 04:17 PM
kok gak ada yang ngebahas heimdall ya
gw pernah liat2 dikit cuman ga ngerti

Kokuryu
30-06-2009, 04:31 PM
Kayanya Rangda uda deh. coba cek dulu. Heimdall ga dibahas di sini karena dia dewa Norse bukan mahluk, tapi g bahas dikit di post g sebelumnya.

tertindas
30-06-2009, 07:37 PM
nice inpo gan...

susah jg klo dsuruh ngapalin smuanya..

meneng
01-07-2009, 12:46 PM
bagus sekali nih thread!! bisa rekues g!! minta informasi nya carbuncle dong!!

Kokuryu
01-07-2009, 12:58 PM
Carbuncle sih g juga kurang tau, cuma tau asal mitologinya dari Amerika Latin, memiliki sejenis permata di kepalanya, sering dipake di FF, dan dalam kamus modern merupakan bisul. :swt:

bilabong
01-07-2009, 01:11 PM
gokil.
bandwidth killer.
bener2 membunuh.


anyway nice info...

7304030
01-07-2009, 01:15 PM
bahasannya menarik nih :top:

chocobo, moggle masuk ga?:lol:
shiva?quezecotl?

meneng
01-07-2009, 01:25 PM
klo chocobo pasti itu buatan square asli!! ga ada mitologi nya!! klo quezatcolt seinget ku dewa burung dari ztec dan maya!!

Kokuryu
01-07-2009, 05:40 PM
Shiva ama quetzalcoatl tuh nama dewa. Shiva tuh salah satu Trimurti Hindu kalo ga salah bersama Brahma dan Wisnu ga tau gimana bisa jadi Ice Queen di FF.
Quetzalcoatl tuh bukan dewa burung tapi dewa ular bersayap penjaga bangsa Aztec, yang sayang sekali menjadi salah satu penyebab kehancuran bangsa Aztec.

AndhikA7X
02-07-2009, 11:51 AM
Pengen maen Age of mythology

meneng
02-07-2009, 11:25 PM
Quetzalcoatl tuh bukan dewa burung tapi dewa ular bersayap penjaga bangsa Aztec, yang sayang sekali menjadi salah satu penyebab kehancuran bangsa Aztec.
gimana tuh ceritanya!!

jayametta
03-07-2009, 12:51 AM
bangsa aztec dibantai habis sama tentara spanyol karena quetsacoatl ini.
Quetsacoatl ini dewa yg ditakuti oleh bangsa aztec karena itu supaay mereka tetap aman di bawah perlindungan dewa ini makanya bangsa aztech selalu mempersembahkan tumbal secara rutin yaitu jantung segar manusia karena dipercaya dewa quetsacoatl ini suka banget makan jantung manusia yg masih segar dan bersimbah darah.
Karena melihat hal itulah bangsa spanyol yg saat itu ada di aztech merasa ini perbuatan keji dan akhirnya mereka membantai habis bangsa aztec.
Kurang lebih begitu.

darkcrayon
03-07-2009, 01:34 AM
oh iya mau bilang.. bahamut ma behemoth tuh beda loh.. hehehe.. salam knal yah smua.. saia newbie di thread ini.. saia juga demen sama myth" gitu.. nanti deh saia juga berbagi.. ^^

darkcrayon
03-07-2009, 01:49 AM
(maap no pict)
Tsuchinoko (ツチノコ ?)

adalah hewan yang dilaporkan ada di Jepang tapi belum pernah bisa dibuktikan (cryptid). Bentuknya seperti ular namun berperut gendut mirip botol atau pin boling dengan ekor yang kecil mirip ekor tikus. Hewan ini dilaporkan pernah "dilihat" saksi mata di berbagai tempat di Jepang, kecuali di Hokkaido dan Kepulauan Ryukyu. Hingga kini, tsuchinoko belum pernah berhasil ditangkap orang karena saksi mata menjadi takut, atau hewan ini lebih dulu melarikan diri.

Nama "Tsuchinoko" berasal dari nama lokal untuk "hewan" ini menurut penduduk daerah Kansai (Kyoto, Mie, Nara, dan Shikoku). Di daerah Kanto, penduduk menyebutnya sebagai bachihebi. Beberapa pemerintah daerah di Jepang menawarkan hadiah uang dalam jumlah besar bagi orang yang berhasil menangkap tsuchinoko. Hadiah uang sebesar 100 juta yen pernah ditawarkan kota Itoigawa, Prefektur Niigata. [1]

Kokuryu
03-07-2009, 06:57 AM
Bahamut ama Behemoth emang beda, nih yang behemothnya
behemoth, ziz, dan leviathan (http://www.indowebster.web.id/showpost.php?p=1084852&postcount=107) kalo bahamut tuh dari arab tapi asal namanya dari behemoth, kalo ga salah sih emang beda mahluk tapi bukan naga kaya di FF aja.


bangsa aztec dibantai habis sama tentara spanyol karena quetsacoatl ini.
Quetsacoatl ini dewa yg ditakuti oleh bangsa aztec karena itu supaay mereka tetap aman di bawah perlindungan dewa ini makanya bangsa aztech selalu mempersembahkan tumbal secara rutin yaitu jantung segar manusia karena dipercaya dewa quetsacoatl ini suka banget makan jantung manusia yg masih segar dan bersimbah darah.
Karena melihat hal itulah bangsa spanyol yg saat itu ada di aztech merasa ini perbuatan keji dan akhirnya mereka membantai habis bangsa aztec.
Kurang lebih begitu.

Setahu saya sih bukan dari situ aja bro. Quetzalcoatl jadi kejatuhan bangsa Aztec tuh karena bangsa Aztec percaya akan kedatangan kembali Quetzalcoatl, dan Fernando Cortez yang datang pada saat yang tepat dianggap sebagai utusan Quetzalcoatl atau Quetzalcoatl itu sendiri hingga ia dipuja-puja sebagai dewa, dan bangsa Aztec memberikan semuanya pada Cortez seperti emas. Dan seperti yang terjadi di Indonesia, Aztec dijajah untuk kekayaan alamnya dan terutama emasnya. Ingat Gold, Glory, dan Gospel.

oem4r
03-07-2009, 02:01 PM
sea dragon (ancient greek myth)
http://www.exploringchild.com/images/801229-M_detail.gif

poseidon
http://www.exploringchild.com/images/801029-M.gif

the hydra
http://www.friedpost.com/wp-content/uploads/2009/02/hydra-01.jpg

harpy
http://www.kidzworld.com/img/upload/article/18730/a1970i0_harpy-185.jpg

The Grincket
http://bp1.blogger.com/_165ksWg9ohw/RnzYpjo5azI/AAAAAAAAAGw/uNaBzu_qnlM/s400/Grincket.jpg

maaf kalo dah disebutin duluan...

andriyanto
03-07-2009, 02:11 PM
Mongolia: The Death Worm
http://cdn-www.cracked.com/articleimages/dan/myths/death_worm.jpg
cacing ini kira2 panjangnya mencapai 3 kaki dan dikabarkan tinggal di gurun gobi.
mnurut isunya, cacing ini akan muncul ke permukaan ktika hujan tiba dan mencari mangsa unta atau kuda bahkan manusia,
apakah cacing ini benar2 ada?? :???:
di daerah gurun masih banyak daerah yang blum pernah dijelajahi.
siapa tau cacing ini ada dsana,,

mungkin spongebob idenya dari sini yach
hehehehehe

blueplanetto
08-07-2009, 12:31 AM
ifrit serem amat,

tp klo yang dari mitologi YUnani kayaknya cuma hoax kek gini :

Harpy, di mitologi Yunani diceritakan bahwa harpy adalah hewan bersayap yang memiliki tubuh seperti burung elang dan memiliki kepala wanita.Legenda menceritakan bahwa harpy suka mencuri tubuh orang mati, menyebarkan bau busuk dan meracuni makanan di desa2 yang dilewatinya

danieledgar
10-07-2009, 05:36 AM
ini kek hero dot a ?malah:D,ada minotaur,naga siren,leviathan :D,haghaghag

rubah
16-07-2009, 07:16 PM
Succubus

http://www.waynebarlowe.com/inferno_images/barlowe_succubus.jpg

Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah setan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki (terutama pendeta) dalam mimpi untuk melakukan hubungan seksual. Mereka mengambil energi dari laki-laki untuk bertahan, sampai titik kelelahan atau kematian korban.


banyak gambar Succubus dari berbagai sumber..

plih yang paling SFW aja d...
yang NSFW bisa cari d google.. :swt:


apa ini kayak Morrigan n Lilith yang di game itu ya ????

btw,klo cowoknya immortal gmn ???
hahahaha

kikiw
16-07-2009, 07:26 PM
keren gan :D
btw poeniks kok gak di masukin, dia kan salah satu makhuk mitologi :D
oia ada yang punya link buat forum makhluk-makhluk mitologi hak???

grogotix
16-07-2009, 07:40 PM
thx gan,
keren2 info nya
keep threads

andriyanto
16-07-2009, 08:46 PM
keren gan :D
btw poeniks kok gak di masukin, dia kan salah satu makhuk mitologi :D
oia ada yang punya link buat forum makhluk-makhluk mitologi hak???

kayaknya pheonix dah di post di depan kk
klo gak salah:innocent:

darkcrayon
16-07-2009, 10:30 PM
Izanagi (イザナギ?, recorded in the Kojiki as 伊弉諾 and in the Nihon Shoki as 伊邪那岐; also written as 伊弉諾尊) is a deity born of the seven divine generations in Japanese mythology and Shintoism, and is also referred to in the roughly translated Kojiki as "male-who-invites" or Izanagi-no-mikoto.

He and his spouse Izanami bore many islands, deities and forefathers of Japan. When Izanami died in childbirth, Izanagi tried (but failed) to retrieve her from Yomi (the underworld). In the cleansing rite after his return, he begot Amaterasu (the sun goddess) from his left eye, Tsukuyomi (the moon god) from his right eye and Susanoo (tempest or storm god) from his nose.

The story of Izanagi and Izanami has close parallels to the Greek myth of Orpheus and Eurydice, but it also has a major difference. When Izanagi looks prematurely at his wife, he beholds her monstrous and hellish state and she is shamed and enraged. She pursues him in order to kill him. She fails to do so, but promises to kill a thousand of his people every day. Izanagi retorts that a thousand and five hundred will be born every day.

izanagi di persona 4 jadi persona pertama sang tokoh utama.. yang nanti bisa berubah jadi izanagi-no-okami oh iya pasangan izanagi tuh izanami.. japanese myth nih.. ^^

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/a4/Kobayashi_Izanami_and_izanagi.jpg/271px-Kobayashi_Izanami_and_izanagi.jpg

Kokuryu
17-07-2009, 06:40 AM
Wew Izanagi kan dewa bukan beast :swt:

q_bo0
17-07-2009, 07:12 AM
leviathannya ga mirip am hero d dota. :P

garuda makhluk mitologi yg d jadiin lambang negara kita kan...


nicce inpo gan..

yuuki_nii
17-07-2009, 07:25 AM
Bener, bener..

Ak sering ketemu ama makhluk2 diatas di Final Fantasy...

q_bo0
17-07-2009, 07:40 AM
Succubus

http://www.waynebarlowe.com/inferno_images/barlowe_succubus.jpg

Dalam legenda abad pertengahan di Barat, succubus (plural succubi) atau succuba (plural succubae) adalah setan yang mengambil bentuk wanita cantik untuk merayu laki-laki (terutama pendeta) dalam mimpi untuk melakukan hubungan seksual. Mereka mengambil energi dari laki-laki untuk bertahan, sampai titik kelelahan atau kematian korban.


banyak gambar Succubus dari berbagai sumber..

plih yang paling SFW aja d...
yang NSFW bisa cari d google.. :swt:

pandangan kita akan cantik itu jelas2 berbeda.. :lol:

chicken_little
17-07-2009, 09:06 AM
wew.. ifrit ma bahamut kan mahluk yg ada di Final Fantasy VII..:haha:

sugiarto
22-07-2009, 03:43 PM
serem2 makhluknya ya...
cocok bgt bwt jadi tokoh2 animasi

pitiex
23-07-2009, 09:16 AM
serem2 makhluknya ya...
cocok bgt bwt jadi tokoh2 animasi

bukannya emanx dah dianimasiin semua X??

eaglefox
23-07-2009, 09:20 AM
bagus untuk nambah info hadi kalo maen game gak bingung

wuhu
23-07-2009, 01:31 PM
keren neh ya mahkluk-makhluk mitologi dunia
q dah baca mpe page 19 alias mpe akhir sangat mengagumkan ya

notpatent
23-07-2009, 02:36 PM
kalo mo tau lengkapnya maen tuh games AGE of MITOLOGI, ok??? lengkap pokoke

sugiarto
23-07-2009, 03:36 PM
seru gak gamenya bro??

taklitik
24-07-2009, 07:34 AM
kyubi kok ga ada :???:

pitiex
24-07-2009, 09:00 AM
kyubi kok ga ada :???:

skalian aja mulai dari ekor 1 sampe ekor 9...
biar komplit....

ayssid
24-07-2009, 11:44 AM
nih gw ambil semuanya dari wikipedia, tentang mitos Hindu


Barong adalah karakter dalam mitologi Bali. Ia adalah raja dari roh-roh serta melambangkan kebaikan. Ia merupakan musuh Rangda dalam mitologi Bali. Banas Pati Rajah adalah roh yang mendampingi seorang anak dalam hidupnya. Banas Pati Rajah dipercayai sebagai roh yang menggerakkan Barong. Sebagai roh pelindung, Barong sering ditampilkan sebagai seekor singa. Tarian tradisional di Bali yang menggambarkan pertempuran antara Barong dan Rangda sangatlah terkenal dan sering diperlihatkan sebagai atraksi wisata. 250px|

Barong singa adalah salah satu dari lima bentuk Barong. Di pulau Bali setiap bagian pulau Bali mempunyai roh pelindung untuk tanah dan hutannya masing-masing. Setiap Barong dari yang mewakili daerah tertentu digambarkan sebagai hewan yang berbeda. Ada babi hutan, harimau, ular atau naga, dan singa. Bentuk Barong sebagai singa sangatlah populer dan berasal dari Gianyar. Di sini terletak Ubud, yang merupakan tempat pariwisata yang terkenal. Dalam Calonarong atau tari-tarian Bali, Barong menggunakan ilmu gaibnya untuk mengalahkan Rangda.

http://www.indowebster.web.id/picture.php?albumid=352&pictureid=3957




Jatayu (Sansekerta: जटायू,; Jatāyū) adalah tokoh protagonis dari wiracarita Ramayana, putera dari Sang Aruna dan keponakan dari Sang Garuda. Ia merupakan saudara Sempati. Ia adalah seekor burung yang melihat bagaimana Dewi Sita diculik oleh Rawana. Ia berusaha melawan tetapi kalah bertarung dan akhirnya mati. Tetapi ketika belum mati dan masih sekarat masih bisa melaporkan kepada Sri Rama bahwa Dewi Sita istrinya, diculik.

Tempat dimana Sri Rama menemukan Jatayu yang sedang sekarat dinamakan JatayuMangalam, sekarang dikenal sebagai ChadayaMangalam, terletak di Distrik Kollam, Kerala. Batu besar di tempat tersebut dinamai JatayuPara, diambil dari nama Jatayu. Tempat itu dimanfaatkan sebagai obyek wisata.
http://www.indowebster.web.id/picture.php?albumid=352&pictureid=3958




Dalam mitologi Hindu, Airawata (Sansekerta: ऐरावत; Airāvata) adalah nama seekor gajah putih, wahana Dewa Indra. Airawata merupakan putera dari Irawati, salah satu puteri Daksa. Dalam mitologi Hindu sering digambarkan bahwa Airawata ditunggangi oleh Indra yang membawa senjata Bajra, sambil membasmi makhluk jahat. Menurut mitologi Hindu, Airawata merupakan salah satu gajah penjaga alam semesta. Ia dianggap sebagai pemimpin para gajah.

Di Thailand, Airawata disebut Erawan (Thai: เอราวัณ). Erawan digambarkan sebagai gajah yang besar, memiliki tiga kepala, atau kadangkala jumlahnya 33. Kepala-kepala tersebut kadangkala digambarkan memiliki lebih dari dua gading. Beberapa patung menggambarkan Dewa Indra mengendarai Erawan.
http://www.indowebster.web.id/picture.php?albumid=352&pictureid=3961




Asura (Sansekerta: असुर) dalam ajaran agama Hindu adalah bangsa Daitya (atau Detya), kadangkala disamakan dengan rakshasa atau makhluk yang jahat. Mereka memiliki sifat negatif, yakni memusuhi para Dewa.

Meskipun demikian, beberapa Asura merupakan Dewa, seperti Kubera, golongan bangsa Yaksa, adalah Dewa keuangan dan kekayaan. Para Asura mengatur fenomena sosial di muka bumi seperti Baruna, Dewa air, yang juga mengatur hukum rta. Sedangkan Dewa, mengatur fenomena alam, seperti Indra, Dewa hujan, Dewa petir dan cuaca.

Dalam beberapa kitab, para Dewa adalah golongan bangsa yang memiliki sifat mulia sedangkan Asura sebaliknya. Ada yang disebut daiwi sampad, yakni sifat-sifat mulia (sifat para Dewa), dan sifat-sifat buruk, atau asuri sampad (sifat para Asura). Yang dimaksud sifat para Asura yakni: angkuh, membanggakan diri, marah, bodoh, bertindak kasar, keras kepala, gila harta, dan menganggap diri sendiri yang terpenting.

Dalam ajaran Buddha, Asura merupakan makhluk supernatural dalam kosmologi agama Buddha.




Dalam bahasa Sanskerta, kata Detya (Sanskerta: दैत्*य; Daitya) secara harfiah berarti "keturunan Diti." Dalam mitologi Hindu, Detya adalah sejenis makhluk jahat/sebangsa raksasa, keturunan Diti dan Bhagawan Kasyapa. Para Detya sering bertikai dengan para Aditya, atau para dewa, meskipun mereka merupakan saudara seayah. Detya yang terkenal adalah Hiranyaksa, Hiranyakasipu, dan Mahabali. Kadangkala, mereka juga disebut Asura.




Kinnara adalah makhluk surgawi berwujud setengah manusia setengah burung. Mereka pandai memainkan alat-alat musik, seperti Vina atau Kecapi.

Kinnara wanita disebut Kinnaris. Kinnaris berwujud wanita cantik dari kepala sampai pinggang, namun bagian tubuh ke bawah berwujud angsa. Mereka pandai bersyair, memainkan alat musik, dan menari. Mitologi tentang Kinnara banyak muncul di wilayah Asia Tenggara, khususnya yang memiliki pengaruh mayoritas Hindu, seperti Thailand, Kamboja, Myanmar, dan Indonesia. Di candi Borobudur, Indonesia, terdapat relief yang menggambarkan Kinnara. Relief Kinnara juga dapat ditemukan di candi Mendut, Pawon, Sewu, Sari, dan Prambanan.
http://www.indowebster.web.id/picture.php?albumid=352&pictureid=3959




Makara dalam mitologi Hindu, adalah makhluk yang berwujud ikan berkepala gajah, seperti yang sering dilukiskan dan dipahatkan dalam candi-candi di Indonesia, khususnya di Bali dan Jawa. Orang Bali menyebutnya gajahmina, yang secara harfiah berarti "ikan gajah". Kadangkala Makara dilukiskan sebagai makhluk berwujud separuh kambing dan separuh ikan seperti simbol Kaprikornus dalam zodiak. Dalam kitab-kitab suci umat Hindu, makara adalah makhluk yang menjadi kendaraan Dewa Baruna dan Dewi Gangga.

Makara digunakan pula sebagai lambang Universitas Indonesia.
http://www.indowebster.web.id/picture.php?albumid=352&pictureid=3960

WhiTeAdicT
24-07-2009, 12:36 PM
woaa..ada troll=>harpot , werewolves=> twilight.. naga ma dragon tuh bed ayah dikira ama..nice infoo...

ayssid
24-07-2009, 12:54 PM
sorry gw tadinya pengen kasih tau bijuu, ternyata udah di post sebelumnya. Gw ngga liat boleh dihapus deh...

Fahmy
24-07-2009, 12:56 PM
Yang Nagini Tuhh kerenn Kak..
Butt Ngerii Jugaaa..

pHy
24-07-2009, 02:44 PM
ternyata banyak y..
yg gw tau cm beberapa doank.. sip2..

greenteanovi211
31-07-2009, 03:47 PM
huidih mudah2an gak muncul deh walaupun bener2 ada..
kalo muncul mending jadi objek wisata aja..
oh ya... pengarang harry potter banyak ngambil inspirasi ini ya

diamaku
02-08-2009, 06:11 PM
bagong, petruk dan gareng g termasuk juga nih

rumahmode
02-08-2009, 07:02 PM
gw baca2 tentang kriptozo udah dari jaman sd dan jumlahnya ada ratusan. jumlah ratusan itu pun gw dapet dari beberapa mitologi ato folk lore yang emang udah ngetop. blom keitung mereka yang cuma populer di wilayah tertentu aja. mo cari lagi kadang2 males. karena yang tampil di google ya yang udah ngetop itu....
semoga aja ts sanggup untuk tampilin semua mahluk termasuk yang gak ngetop..he.he.he...

curiousboy
02-08-2009, 08:19 PM
wuihhhhhhhh..serem2 amat ...tapi keren2..

hehehehe

yansen61
02-08-2009, 08:29 PM
keren bro...

tp kyk nya msh banyak yg kurang....

zhenzhaa
02-08-2009, 08:31 PM
wuahhh mayan2 nambah ilmu.....

serem2 tapi seru liat nya :haha:

anotherside
02-08-2009, 09:24 PM
udah ada yang posting wyvern blum didepan?

yansen61
03-08-2009, 10:10 AM
menurut perhitungan gw yg namanya makhluk mithology tuh bisa apa aja yg berkaitan dengan legenda baik itw yg di yakini sebagai dewa, hewa maupun roh.

nih ada segelintir yg gw temuin.


1.Abarimon

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/1-76.jpg

Abarimon adalah nama legendaris ras orang asli ke negara nama yang sama. Orang-orang yang telah Abarimon kaki ke belakang, tetapi walaupun cacat ini mampu berjalan pada kecepatan yang luar biasa. Mereka hidup berdampingan dengan satwa liar dan mencoba untuk menangkap mereka gagal karena mereka begitu biadab.



Mereka tinggal di suatu lembah Gunung Imaus (sekarang disebut Himalayan Mountains). Ada yang khusus kualitas udara yang berarti jika ia meniupkan untuk jangka waktu panjang akan mustahil untuk bernafas lain jenis udara dan penduduk tidak dapat meninggalkan lembah hidup.Yang Abarimon orang pertama yang dijelaskan oleh Pliny Elder dalam bukunya, Sejarah Alam. Hal yang sama juga adalah kisah recounted oleh Aulus Gellius di malam Attic



2.Abatwa

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/2-57.jpg

Abatwa adalah simbol perdamaian dan ketentraman bagi orang Afrika. Ukurannya lebih kecil dibandingkan manusia dewasa. Hidup di daerah Afrika Selatan. Sangat pemalu, dan hanya mau menampakkan diri pada anak-anak balita, penyihir, dan perempuan hamil. Seorang perempuan hamil yang melihat Abatwa perempuan, bisa memastikan bahwa kelak akan melahirkan anak laki-laki. Begitu pula sebaliknya, jika ia melihat Abatwa laki-laki, maka kelak akan mendapatkan bayi perempuan.



3.Agogwe

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/3-53.jpg
Agogwe adalah makhluk seperti manusia dan berukuran sangat kecil, mirip kurcaci. Sering ditemukan di Timur Afrika.



[b]4.Serigala Andean

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/4-47.jpg

Serigala Andean diketahui jelas bentuknya, namun sering kelihatan di sekitar Artik dan Amerika Utara.



5.Arabhar

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/5-41.jpg

Arabhar yaitu ular terbang raksasa yang dipercaya berada di sekitar laut Arab.



6.Aitvaras

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/6-40.jpg

Monster dari Lithuania ini adalah makhluk yang bisa berubah-ubah wujud; menjadi ayam jago ketika di dalam rumah dan menjadi naga ketika di luar rumah. Jika ia menginap sementara waktu di rumah seseorang, ia tak akan mau disuruh pergi. Ia adalati pembawa keberuntungan sekaligus kesialan bagi penghuni rumah yang ditempatinya.



7.Ajatar



Monster naga ini berasal dari legenda Finnish di Swedia. Monster ini adalah penjelmaan dari iblis. la adalah pemakan ular sehingga menyebabkan berkembangnya wabah sampar di Eropa. Banyak yang beranggapan dia berhubungan erat dengan Aitvaras dan Lithuania.



8.Ahutzotl

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/8-30.jpg

Makhluk ini merupakan monster dalam legenda Amerika Tengah. Wajahnya seperti manusia kera dengan tangan yang panjang hingga ke ekornya. la adalah makhluk yang sangat menakutkan karena memiliki mara yang seram, kuku dan gigi yang tajam. la juga pemangsa daging manusia. Sebagai makhluk air, dengan tangan dan ekornya ia bisa menyergap nelayan atau orang-orang yang sedang bcrada di tepian. Kadang-kadang ia m.enangis untuk menarik perhatian, dan ketika orang datang menghampirinya, ia menyergap dengan cepat dan memangsanya.



9.Buraq

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/9-27.jpg

Buraq adalah seekor binatang yang rupanya seperti kuda. Saiznya kecil sedikit daripada kuda tapi lebih besar dari keldai. Lariannya sepantas kilat. Selangkah lompatannya, sejauh mata memandang jaraknya. Buraq akan memanjangkan kaki belakangnya ketika ia mendaki manakala akan memanjangkan kaki depannya pula apabila ia menurun. Menggerak-gerakkan telinga dan kakinya adalah tabiat semulajadi buraq. Di samping rupanya yang cantik, terdapat sayap pada kedua-dua pehanya. Sayap ini adalah untuk membantu kecepatan lompatannya.





10.karura

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/karura.jpg

Karura adalah seekor makhluk besar yang memiliki nafas panas dan merupakan bagian dari mitologi Hindu-Buddha Jepang. Makhluk ini memiliki tubuh manusia dan kepala seekor elang. Makhluk ini berdasarkan Garuda dan dibawa ke Jepang dengan penyebaran agama Buddha.Nama Karura juga merupakan pelafazan bahasa Jepang dari kata Sansekerta garuda. Namun nampaknya bentuk Jepang ini diambil dari bahasa Pali garula.Karura seringkali dikacaukan dengan Hoo , atau Phoenix.

pitiex
03-08-2009, 11:06 AM
wah selese juga bacana...
tapi kug rasana ga pas kalo hantu digabungin ma mitologi.....:???:
mending dipisah aja threadna,,,,

Rush_Sykes
03-08-2009, 11:06 AM
wow..keren, kaya d game aja..

yansen61
03-08-2009, 11:17 AM
kebanyakan game2 sekarang di dasari dengan mitologi bukan mitologi yg di dasari gam2.

yansen61
03-08-2009, 01:37 PM
nih ada cerita yg lumayan seru!!!

sorry kalo gk ada gambarnya, yg penting nih berkaitan dengan mhytologi.

12 Dewa Olimpus juga dikenal dengan sebutan Dodekatheon (Greek: δωδεκα /dodeka = 12, θεον /theon = dewa) dalam Mitologi Yunani adalah dewa dewi utama Yunani yang tinggal di puncak Gunung Olimpus. Ada sekitar 17 dewa dewi yang dianggap 12 Dewa Olimpus walaupun jumlahnya tidak lebih dari dua belas dalam satu daftar.
Dewa Dewi Olimpus

Zeus, Hera, Poseidon, Ares, Hermes, Hefestus, Aphrodite, Athena, Apollo dan Artemis selalu masuk dalam daftar Dewa Dewi Olimpus. Dua dari Hebe, Helios, Hestia, Demeter, Dionisius, Hades dan Persefone menjadi pelengkap dari kesepuluh dewa dewi itu.
Kisah Pelengkap Para Dewa

Hestia menyerahkan posisinya sebagai anggota Olimpus kepada Dionisius agar dapat hidup bersama manusia (akhirnya dia diangkat sebagai penjaga api di Olimpus) maka ia menolak disebut sebagai anggota Olimpus. Persefone tingal selama 6 bulan setiap tahunnya bersama suaminya Hades di dunia bawah tanah (konon mengakibatkan kegersangan di musim gugur dan dingin). 6 bulan lainnya, ia boleh kembali ke Olimpus dan tinggal bersama ibunya, Demeter. Walaupun Hades termasuk dewa utama Yunani, tetapi karena tinggal di dunia bawah tanah maka ia tidak erat dengan Olimpus. Dalam kisah lain, Helios memberikan tempatnya untuk Apollo. Hebe, seorang pembawa cawan anggur bagi para dewa menyerahkan posisinya di Olimpus untuk menikahi Herakles yang menjadi dewa Olimpus setelah wafat.
Karakteristik Dewa

Setiap dewa dewi dalam Mitologi Yunani memiliki setidaknya satu unsur yang dikuasai dan dilindunginya. Unsur itu masing-masing adalah :
Zeus adalah pemimpin para dewa, penguasa Olimpus, dewa iklim dan cuaca.
Hera, istri Zeus, adalah dewi pelindung pernikahan, pengorbanan dan kesetiaan.
Poseidon adalah dewa laut.
Ares adalah dewa perang dan pembantaian.
Hermes adalah dewa penunjuk jalan, pelindung para petualang,penggembala dan penghiburan. Ia juga utusan dewa Zeus.
Hefestus adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata.
Aphrodite adalah dewi cinta, seks dan keindahan fisik.
Athena adalah dewi kebijaksanaan, perang, keindahan jiwa, seni dan pendidikan.
Apollo adalah dewa cahaya, musik, tarian, obat-obatan dan pelindung para pepanah.
Artemis adalah dewi pelindung hewan, perburuan, kesuburan dan kesucian.
Demeter adalah dewi bunga, tumbuh-tumbuhan, makanan, argraris dan pelindung bahtera perkawinan.
Hestia adalah dewi pelindung rumah, keluarga dan perapian.



Zeus (bahasa Yunani: Ζεύς atau Dias Δίας), adalah nama seorang dewa Yunani kuno. Dewa ini juga dikenal di Roma kuno dan India kuno. Dalam bahasa Latin disebut Iopiter sedangkan dalam bahasa Sansekerta disebut Dyaus-pita.

Dalam mitologi, Zeus adalah Dewa Pemimpin yang bertahta di Olympus. Ia menikah dengan adik perempuannya, Hera yang menjadi Dewi Penikahan. Zeus membagi dunia menjadi tiga dan membagi dunia-dunia tersebut dengan kedua saudaranya, Poseidon yang menjadi Dewa Penguasa Lautan, dan Hades yang menjadi Dewa Penguasa Alam Kematian.

Hera (bahasa Yunani: Ἥρα atau Ἥρη) dikenal sebagai istri dan saudara perempuan dari Zeus. Hera adalah dewi pernikahan. Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh hikmat. Sering ditahtakan dan dimahkotai dengan polos (mahkota berbentuk silinder tinggi), yang hanya dikenakan oleh beberapa dewi-dewi besar.
Anak-anak Hera

Keturunan Hera dengan Zeus antara lain, Ares, Hebe (dewi kaum muda), Eris (dewi perselisihan), dan Eileithyia (dewi kelahiran). Karena Hera cemburu dengan Zeus yang melahirkan anak dengan Athena, maka Hera juga melahirkan anak dengan Hephaestus. Sedangkan versi lain mengatakan bahwa Hephaestus adalah anak dari Hera dan Zeus, dan karena Hera dan Zeus merasa jijik dengan Hephaestus yang buruk rupa, maka ia dibuang dari gunung Olympus. Sebagai pembalasan dendam, Hephaestus mengutuk Hera, dan baru melepaskan kutukannya itu, ketika ia telah menikahi Afrodit (bahasa Inggris: Aphrodite).

Ares merupakan dewa perang dalam mitologi Yunani. Dalam mitologi Romawi ia dikenal dengan nama dewa Mars. Ia memiliki 2 pengawal yaitu Phobos dan Deimos. Nama Mars menjadi salah satu planet yang dekat bumi dan memiliki 2 bulan, yang dinamai sesuai nama pengawalnya: Phobos dan Deimos. Nama bulan Maret merupakan persembahan baginya.


Hermes adalah salah satu dewa dalam mitologi Yunani, yang dianggap sebagai dewa keberuntungan, dewa pelindung bagi kaum pedagang, dan juga dewa pengirim berita. Dalam mitologi Romawi, ia disebut juga sebagai Mercurius.

Ciri fisiknya adalah tubuh yang mungil yang selalu mengenakan topi bersayap dan juga sandal bersayap. Ia sangat cepat dalam berkata-kata dan juga berlari.

Ia merupakan dewa penolong bagi Odiseus ketika terjebak pada sebuah pulau.

Hefestus (Yunani: Ἡφαιστος Hęphaistos), dikenal dengan nama Vulkan di mitologi Romawi. Ia adalah putra pertama dewa Zeus dengan dewi Hera. Ia adalah dewa api, tukang kayu, penempa besi dan pengrajin senjata. Hefestus disembah di semua pusat industri dan manufaktur di Yunani terutama di Kota Athena. Walaupun bengkelnya terletak di pulau Lemnos, Hefestus dikaitkan dengan Gunung Etna oleh orang Sisilia.
Figur Buruk nan Pincang

Hefestus dalam mitologi Yunani digambarkan sebagai anak yang buruk rupa dan pincang, sehingga diceritakan bahwa ia dibuang oleh Hera pada saat ia lahir. Dia terlempar selama satu hari satu malam dan jatuh di tengah samudra, dimana ia diselamatkan dan dirawat oleh Tetis dan Eurinome, dua okeanida-atau dewi laut-yang merawatnya di gua bawah laut.

Hefestus membalas perbuatan Hera yang membuangnya dengan membuatkannya singasana emas gaib dengan rantai yang tidak kasat mata yang, saat Hera duduk di atasnya, langsung menjeratnya. Tidak ada satu dewapun-bahkan Ares-sanggup mematahkan rantai itu. Dewa dewi yang lain memohon pada Hefestus untuk kembali ke Olimpus dan melepaskannya, tetapi dia tetap saja menolak. Dionysus akhirnya berhasil membuatnya mabuk dan membujuk ia kembali ke Olimpus. Di sana ia berdamai dengan ibunya dan bersedia melepaskannya. Atas kesediaannya, ia dinikahkan dengan Aphrodite, dewi cinta.

Aphrodite adalah Dewi Cinta dan Kecantikan dalam mitologi Yunani. Dalam legenda Romawi disebut sebagai Venus. Ada dua legenda berbeda mengenai kelahiran Aphrodite. Legenda pertama menyebutkan Aphrodite adalah putri dari Zeus dan Dione. Tetapi legenda ini kurang populer. Legenda kedua menyebutkan bahwa Aphrodite lahir dari alat kelamin Uranus sang Titan yang dikebiri oleh Cronus.

Aphrodite sangat populer dikalangan para dewa. Zeus khawatir akan terjadi peperangan diantara para dewa (karena memperebutkan Aphrodite) sehingga menikahkannya dengan Hephaestus dan memiliki seorang putra, Eros yang menjadi Dewa Asmara. Aphrodite juga dikisahkan berselingkuh dengan Ares, Dewa Perang hingga memiliki 2 putra yaitu Deimos dan Phobos, dan seorang putri yaitu Harmonia. Eros dan Anteros juga sering disebut-sebut sebagai putra dari Aphrodite dan Ares.

Athena, (bahasa Yunani: Αθηνά or Αθήνη bahasa Doris: Ασάνα) yang dialihaksarakan sebagai Athene, adalah seorang Dewi Yunani yang melambangkan kebijaksanaan, strategi, dan perang. Ia dihubungkan oleh bangsa Etruria dengan dewi mereka bernama Menrva, dan kemudian dikenali oleh orang Romawi sebagai Minerva, yang ditemani oleh seekor burung hantu kecil, memakai sebuah tameng dada bernama Aegis yang diberikan kepadanya oleh ayahnya dan ditemani oleh dewi kemenangan, Nike.

Athena juga dikenal sebagai dewi yang mengajari para pahlawan. Athena adalah seorang dewi perang bersenjata dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil, selalu sebagai seorang dara (perawan) (parthenos). Kuil Parthenon di kota Atena, Yunani adalah kuilnya yang paling terkenal. Ia tidak memiliki suami atau kekasih, meski sekali peristiwa Hephaestus mencoba menggodanya namun gagal.

Herodotus dan Plato secara salah mengidentifikasikan Athena dengan dewa Neith, dewa bangsa Berber. Menurut Plato, Athena diderivasi dari A-θεο-νόα (A-theo-noa) atau H-θεο-νόα (E-theo-noa) yang artinya adalah batin Tuhan (Crat.407b).

Menurut legenda, Athena adalah putri kesayangan Zeus, dewa terkuat. Ibunya adalah dewi Metis, yang merupakan dewi pemikiran dan kepandaian, dan terkenal sebagai dewi kebijaksanaan. Athena diberkahi kekuatan oleh ayahnya, kepandaian dan kebijaksanaan oleh ibunya.

Menurut ramalan, apabila Zeus memiliki anak dengan Metis maka anak tersebut akan lebih kuat dan pandai dari Zeus sehingga mampu untuk menggulingkan Zeus dari tahta. Pada saat Metis mengandung Athena, Zeus menelan Metis untuk mencegah kelahiran anaknya. Hal ini menyebabkan Zeus menderita sakit kepala hebat dan memerintahkan Hermes untuk membelah kepala Zeus dengan menggunakan kapak perunggu (buatan Hephaestus)untuk menghilangkan rasa sakitnya. lalu lahirlah Athena melalui kepala/dahi Zeus dalam keadaan berbaju perang lengkap dengan pelinding kepala. Disebutkan pula penyebab sakit kepala Zeus karena Metis membuatkan baju perang dan pelindung kepala untuk anaknya didalam tubuh Zeus, dan proses pembuatan inilah yang menyebabkan Zeus menderita sakit kepala.

Dalam legenda lain Pallas dianggap ayahnya, maka ia sering diberi gelar Pallas Athena (Παλλάς Αθηνά). Tapi ada juga yang menyebutkan kalau Athena berhasil membunuh Pallas dalam perang Dewa Vs. Titan sehingga diberi gelar Pallas Athena.

Athena adalah dewi kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan, adik dari Ares sang dewa perang. Athena terkenal akan belas kasihannya pada manusia saat para dewa yang sewenang-wenang berkuasa. Dia pernah membunuh Medusa dan meletakkan kepalanya pada sebuah perisai yang dinamakan “Perisai Aegis” sebuah perisai yang menurut mitos sangat kuat.

Apollo(bahasa Yunani:Απόλλων, Apóllōn; atau Απελλων, Apellōn) adalah Dewa cahaya, musik, pepanah, pengobatan, dan penyair dalam Mitologi Yunani dan mitologi Romawi. Ia merupakan anak dari Zeus dan Leto dan saudara kembar Artemis. Ramalan Orakel Delphi menunjukkan bahwa Apollo adalah salah satu dewa terpenting di Olimpus.

Ia mempunyai busur yang terbuat dari perak. Ia berkuasa sesudah ayahnya, Zeus. Apollo dengan Artemis diangkat ke Olympus dan menjadikan kedua dewa – dewi penghuni Olympus dengan memberi mereka ambrosia dan nectar. Berarti Apollo juga merupakan dewa terbesar di mitologi Yunani.

Artemis merupakan putri dari Zeus dan Leto, serta saudara kembara Apollo. Artemis merupakan dewi hutan dan perbukitan, digambarkan selalu membawa busur dan anak panah. Rusa dan pohon siprus dikeramatkan baginya.
Kelahiran Artemis

Artemis merupakan putri dari raja para dewa, Zeus, serta istrinya Leto. Artemis mempunyai saudara kembar iaitu Apollo. Waktu itu Leto harus melahirkan di pulau yang belum pernah disentuh oleh matahari sebab dikutuk oleh Hera, yang murka kepada Zeus. Zeus kemudian berbaik hati dengan mengangkat sebuah pulau dari dasar laut yang belum disentuh sinar matahari, Ortygia. Leto pun melahirkan di pulau tersebut. Artemis lahir pertama pada bulan keenam. Ia lalu membantu ibunya melahirkan Apollo, yang lahir pada bulan ketujuh. Mungkin oleh sebab inilah Artemis disebut juga sebagai dewi kelahiran.
Kisah-kisah
Artemis dan Actaeon

Ketika Artemis mandi bersama para peri di bukit Mount Citheron, saat Pangeran Thebes, Actaeon, memergokinya. Pada sebuah cerita, dikisahkan Actaeon mengintipnya. Marah atas hal ini, Artemis kemudian mengutuk Actaeon menjadi seekor rusa, yang akhirnya tewas sebab diburu oleh anjing-anjingnya sendiri. Cerita yang lain menyebutkan bahwa Actaeon menyombong bahwa dia lebih jago berburu daripada Artemis. Murka, Artemis mengubahnya menjadi rusa dan dimangsa oleh anjingnya sendiri.

Demeter dalam mitologi Yunani merupakan sebutan untuk dewi kesuburan. Konon, Demeter merupakan putri dari Kronos dan Rhea yang sewaktu bayi sempat ditelan bulat-bulat oleh Kronos karena sifat paranoid ayahnya. Keunikan dari Demeter adalah kecintaannya dalam mengajari manusia bercocok tanam sehingga manusia meninggalkan cara hidup berburu dan meramunya menjadi bercocok tanam. Di rambut Demeter terdapat jalinan dari bulir-bulir padi yang menunjukkan identitasnya sebagai dewi kesuburan.

Demeter memiliki seorang anak bernama Persefone yang menjadi istri dari Hades. Konon, kisah Persefone ini merupakan asal mula timbulnya empat musim. Saat Persefone pergi bersama Hades di mana tidak terdapat sinar matahari, saat itulah terjadinya musim dingin. Dan ketika Persefone pergi bertemu Demeter sekali setahun, saat itulah tiba musim semi.

Ada beberapa kisah tentang Demeter yang mengajarkan tentang moral yang baik, salah satunya adalah kisah Erisikton yang dikutuk untuk menjadi lapar sampai mati.

Dalam kebudayaan Romawi, Demeter dikenal dengan nama “Ceres”. Kemungkinan nama Ceres ini merupakan sumber inspirasi dari sebuah merk bahan makanan berlapis coklat yang sering digunakan untuk melapisi roti. Bahan makanan tersebut terbuat dari coklat berbentuk seperti butiran padi.

Yang menarik adalah ternyata Indonesia, khususnya Jawa, memiliki sosok dewi yang mirip dengan karakter Demeter yaitu Dewi Sri yang dikenal sebagai dewi kesuburan.

Dewa Laut

Neptunus (bahasa Latin: Neptūnus) adalah dewa air dan laut pada mitologi Romawi, saudara kandung Yupiter dan Pluto. Ia serupa, tetapi tidak sama dengan dewa Poseidon dari Mitologi Yunani[1].

Fesitvalnya, Neptunalia, dimana tenda-tenda dibuat dari ranting semak-semak, diadakan pada tanggal 23 Juli. Ia memiliki dua kuil di Roma, kuil pertama dibangun pada tahun 25 SM, berdiri di dekat Circus Flaminius. Kuil kedua, Basilica Neptuni, dibangun di Campus Martius.:detective:

faith
03-08-2009, 02:40 PM
Keren dah mitologi.sring dipake di game RPG.:top:

ARX
04-08-2009, 09:18 PM
9.Buraq

http://i329.photobucket.com/albums/l390/hikarinet/9-27.jpg

Buraq adalah seekor binatang yang rupanya seperti kuda. Saiznya kecil sedikit daripada kuda tapi lebih besar dari keldai. Lariannya sepantas kilat. Selangkah lompatannya, sejauh mata memandang jaraknya. Buraq akan memanjangkan kaki belakangnya ketika ia mendaki manakala akan memanjangkan kaki depannya pula apabila ia menurun. Menggerak-gerakkan telinga dan kakinya adalah tabiat semulajadi buraq. Di samping rupanya yang cantik, terdapat sayap pada kedua-dua pehanya. Sayap ini adalah untuk membantu kecepatan lompatannya.



Buraq dimasukin juga...
Gambar-nya mendingan di-ilangin deh... tapi terserah sih... :)

soal-nya gw pernah baca, buraq itu bukan berkepala kuda. tapi berkepala wanita.

Ini binatang tercepat yg pernah dateng ke bumi.... (menurut gw)
soal-nya buraq terbang dari masjidil haram ke masjidil aqsa ngga nyampe beberapa jam...

bee_can
05-08-2009, 07:45 AM
Yang tahu cerberus sama troll, ada di harry potter....makasih info nya.

nafie87
16-08-2009, 08:08 PM
Kayaknya Kraken yang paling seram

stigermorgan
16-08-2009, 08:12 PM
binatang2 mitos semua mah itu liat nya cuma ada di tipi

sylar
17-08-2009, 11:32 AM
wah keren bro...apalgi burung phoenix...

LeMemoire
24-08-2009, 01:37 PM
sumpah, thread nie nambah wawasan gw tentang myth...
mantap....
keep posting..
:D:D:D

purwanto1988
24-08-2009, 06:17 PM
naga, pegasus dll, hm... gak ada riset yg membuktikan ada cuma ada bekas atau jejak yang memperkirakan mereka pernah tinggal meski tidak jelas, summonan kan versi orang, summon aja artinya memanggil, berarti itu dipanggil lewat ritual seharusnya

uchiha_stasezz
24-08-2009, 06:36 PM
summon y mungkin dah pada tw, qta melakukan sesuatu utk memanggil "itu" dlm arti melakukan ritual..

qlo pegasus c g yakin hoax, tapi qlo naga, g ga yakin :???:

IzanaGi_No_OoKaMi
24-08-2009, 08:00 PM
gorgon termasuk gk gan?

omad
24-08-2009, 08:52 PM
asikk nihh ada gambar2 na.. tapi disini makhluk mitologi sebagai dewa / jahat atau apa sih

hermandarren
24-08-2009, 11:20 PM
wah koq istilah2 summon final fantasy n karakter di dunia harry potter...
hehehehe...

hermandarren
24-08-2009, 11:22 PM
ow ya kenapa nga d masukin vampire,hydra n goblin....

Chopsuey03
24-08-2009, 11:25 PM
ilustrasi krakenya ngeri bozzzzz

cakamaya
24-08-2009, 11:26 PM
banyak juga mahluk2 myth yang bermunculan di tiap2 negara..........:D

yang enak di ajak jalan2 tuh si pegasus ama yang setengah elang setengah singa (kaya buckbeak di harpot) ..... udah tongkrongannya keren, bisa kemana2 lagi (gak perlu mikirin biaya buat beli bensin, tinggal di kasi makan aja.......klo di kota, tinggal mampir aja ke McD terdekat) :lol:

klo buat jagain rumah, pake si cerberus tuh.........tiga kepala = tiga mulut (gonggongannya pasti dasyat tuh, tinggal ajarin koor aja.....) :haha:

ayssid
25-08-2009, 12:55 PM
nice post gan....
yang dari indonesia ada ga...???

Barong dari Bali salah satunya, banyak sih yang lainnya...

Zeroxas
25-08-2009, 02:14 PM
saran ni bos enak kalo di edit yg rapih di post pertama updet2 dari kk2 sekalian supaya enak bacanya hehe

ajoes
11-09-2009, 03:40 PM
Leak
Menurut kepercayaan orang Bali, Leak adalah manusia biasa yang mempraktekkan sihir jahat dan membutuhkan darah embrio agar dapat hidup. Dikatakan juga bahwa Leak dapat mengubah diri menjadi babi atau bola api, sedangkan bentuk Leyak yang sesungguhnya memiliki lidah yang panjang dan gigi yang tajam. Beberapa orang mengatakan bahwa sihir Leak hanya berfungsi di pulau Bali, sehingga Leak hanya ditemukan di Bali.




leak = rangda
http://wy22.files.wordpress.com/2008/08/rangda.jpg?w=239&h=300

tmpat berubahnya di per4tan jalan

bkan berarti saya leak.....
saya orang bali asli
sedikit banyak taulah masalah leak/liak

ayssid
11-09-2009, 09:58 PM
leak = rangda
http://wy22.files.wordpress.com/2008/08/rangda.jpg?w=239&h=300

tmpat berubahnya di per4tan jalan

bkan berarti saya leak.....
saya orang bali asli
sedikit banyak taulah masalah leak/liak

Bener itu Beli kok di perempatan jalan berubahnya. Gimana bisa ???

ajoes
12-09-2009, 09:43 AM
Bener itu Beli kok di perempatan jalan berubahnya. Gimana bisa ???

Kalo di Bali per4tan dianggap angker.......:panik:

jgn panggil beli donkz....
umur saya baru 13 taun

ocaritna
03-10-2009, 04:23 PM
dracula klo ngga salah beneran ada, tp bukan sbg pangeran tampan yang doyang ngisep darah..

tp seorang prajurit (CMIIW) yang suka membantai banyak orang pada saat perang berlangsung...trus (katanya sih) jilat darah para korban yang ia bunuh (apa minum?)

CMIIW lagee :haha:
nice thread

purwanto1988
04-10-2009, 01:58 AM
Wah jadi summon yg ada di final fantasy adalah makhluk mythologi. Favorite summon saya "Bahamut". bahamut adalah makhluk mythologi Arab dg nama asli "Behemot". Bahamut di gambarkan sebagai makhluk raksasa sejenis ikan yg memiki sayap dan bisa terbang. memiliki tanduk dan bisa mngeluarkan api. Menurut sumber di Wiki,dalam ajaran Islam Bahamut adalah makhluk yg tampak saat Nabi Isa meminta bukti kebesaran Allah SWT. Dan Nabi Isa pingsan saat melihat makhluk bahamut ini karena besarnya makhluk ini diibaratkan sama dengan lamanya perjalanan selama 3 hari. Tapi saya sendiri belum pernah mendengar makhluk ini di Al Qur'an atau saya saja yg jarang ngaji.


masa sejenis ikan??? salah kali situ??? coz mirip naga, pastinya iya kan,.. klo dari sejarahnya Bahamut dan behemot beda loh

Bahamut sejenis naga,.. behemot sendiri kadang di gunakan untuk menggambar kan sesuatu yang sangat besar sekali,.. n kalimat "Bahamut di gambarkan sebagai makhluk raksasa sejenis ikan yg memiki sayap dan bisa terbang. memiliki tanduk dan bisa mngeluarkan api".klo dari google yang gw search,.. yang sebutan bahamut itu bukan ke 1 orang atau hewan atau benda tapi pada sekumpulan hewan atau benda atau mungkin orang karena gak jelas,... wah.. menurut gw acak"an banget,.. ikan? bersayap?(apa gak bertangan?) mengeluarkan api? weleh,...

The_Next
18-10-2009, 12:56 PM
masa sejenis ikan??? salah kali situ??? coz mirip naga, pastinya iya kan,.. klo dari sejarahnya Bahamut dan behemot beda loh

Bahamut sejenis naga,.. behemot sendiri kadang di gunakan untuk menggambar kan sesuatu yang sangat besar sekali,.. n kalimat "Bahamut di gambarkan sebagai makhluk raksasa sejenis ikan yg memiki sayap dan bisa terbang. memiliki tanduk dan bisa mngeluarkan api".klo dari google yang gw search,.. yang sebutan bahamut itu bukan ke 1 orang atau hewan atau benda tapi pada sekumpulan hewan atau benda atau mungkin orang karena gak jelas,... wah.. menurut gw acak"an banget,.. ikan? bersayap?(apa gak bertangan?) mengeluarkan api? weleh,...


Wah jangan sebut Bahamut dari ajaran Islam donk...
G ada tuh di Al-Qur'an adanya cuma di kitab Ayub..
Sedangkan orang islam hanya boleh berpegangan pada Al-Qur'an dan sunnah Nabi...

Kl ada yang bisa nyebutin itu dari surat n ayat berapa baru aku percaya... Makasih... hahaha

....................
Kalau Dracula itu nama orang bukan Ras... Dia kecanduan melihat darah bkan minum darah... Untuk memuaskan kecanduan dia sering menyiksa manusia hanya untuk dapat melihat darah...
Dia juga G tampan malah badanya kurus kaya orang kurang gizi...
Tapi dia mati di tangan khalifah...

Dracula Artinya anak Naga, Naga disini juga nama orang broo!!

CMIIW

abdeeworld
12-01-2010, 02:02 PM
wah....uda 2 bulan nih thread stuck....
padahal keren loh isinya.....

hampir semua gw tau, secara gw gamer console, seenggaknya belajar dari game lah, apalagi yang berbau RPG ama Fantasy gitu :hahai::hahai:

7304030
12-01-2010, 02:06 PM
makhluk2 di avatar (james cameron) ada yg termasuk makhluk mitologi ga?:hihi:

shin90
12-01-2010, 02:25 PM
makhluk2 di avatar (james cameron) ada yg termasuk makhluk mitologi ga?:hihi:

Klo itu sih, hasil imajinasi Pengarang/sutradara-nya.

Klo ternyata ada yg mirip mahluk mitologi sih ya bisa aza itu kebetulan or emang idenya dari sana.

Mahluk yg mana?
Gua liat sih ada yg mirip anjing, macan kumbang, badak, burung purba/kelelawar, phoenix trus persepsi org beda-beda.

winner4016
12-01-2010, 03:03 PM
leviathan ... summon di Final Fantasy :haha:

ini cuma mitos kan ya .... :???:

Leviathan ada di kitab suci perjanjian lama.
liat juga di kamus alkitab bagian belakang. dalam kitab suci yang jelas ada raksasa(disebut sebagai orang enak tinggi 3 meter) dan leviathan,archangel,tentu ada kerubim dan seraphim, ada juga yang menafsirkan beberapa makkhluk adalah keturunan malaikat yang kawin dengan manusia saat sebelum zaman nuh..

beberapa ada di alquran sebagian lainnya ada di hindu budha sebagai kebudayaan agama tertua

bagoz
12-01-2010, 04:36 PM
Wah... manticore bentuknya....
kok g' jelas gitu ya....!!!!
:???:

Tapi yang paling keren tetep....
Ifrit....!!!

axrar96
13-01-2010, 07:13 PM
keren-keren.. tapi manticore kayaknya gak mungkin deh, terlalu gak mungkin bentuknya, kalo kraken sih masih mungkin.. tapi leviathan sang dewa air sama phoenix yang abadi yang paling aku kenal, Summon FF IX sih..:haha:
p.s TS, upload tempat lain dong gambarnya, gak ada lg gambarnya...

xhendrax
14-01-2010, 07:28 AM
2. Dragon

Dragon atau naga adalah hewan dengan ukuran yang sangat menakjubkan.Mereka berbentuk reptil dan terkadang memiliki beberapa kepala dan dapat menghembuskan nafas api.Naga dipercaya dapat ditaklukan lewat musik.Naga juga disebut2 sebagai dewa oleh beberapa suku.
ini sepertinya ada deh
masa ada mitologi tentang naga di 2 daerah(asia dan eropa):panik:

lordaeon
26-01-2010, 08:13 PM
^
di asia dan eropa memang ada mitologi naga kok.
kesamaannya bisa menghembuskan api, tapi bentuk badannya beda

http://www.crystalinks.com/dragon.gif

http://www.indonesiaindonesia.com/attachments/download/6015d1246873522-foto-ikan-naga-lautan-hoax-asli-chinese-dragon-brown-11-large.jpg

liquidfreedom88
26-01-2010, 09:46 PM
Peri (Fairy)
http://vampires-dragons-mermaids-and-fantasy-art.com/fairies%20in%20the%20garden.jpg

Peri adalah adalah istilah yang sering digunakan pada cerita rakyat, dongeng, fiksi untuk menggambarkan mahluk yang memiliki kekuatan gaib yang kadang kala turut campur dalam urusan-urusan manusia[1][2]. Di Indonesia istilah peri sering digunakan dalam penerjemahan tokoh yang menggambarkan elf atau fairy (istilah dalam bahasa Inggris) dalam cerita fiksi maupun dongeng-dongeng dari Eropa. Pada kisah fiksi modern karakter Peri sering dipinjam dari versi aslinya dan digunakan dalam kisah fiksi fantasi masa kini dengan berbagai variasi penggambaran tergantung oleh penulis atau penciptanya.

Elf
http://quizilla.teennick.com/user_images/A/animefiregoddess/1099793368_QuizzieElf.JPG
An elf (plural elves) is a being of Germanic mythology. The elves were originally thought of as a race of divine or semi-divine beings (wights, vćttir) endowed with magical powers, which they use both for the benefit and the injury of mankind. In pre-Christian mythology, they appear to have been divided into light elves and dark elves, difficult to delineate from the Ćsir (gods) on one hand and the dvergar (dwarves) on the other.

wiwi.22
28-01-2010, 02:17 PM
Legenda Gorgon itu kalo ga salah pernah diadaptasi oleh Film Harry Potter Chamber of Secret bukan? yang Ular besar saat Voldemort menunjukkan dirinya? Dari cerita dan sifat sih mirip..

aoi_azzura
29-01-2010, 06:13 PM
http://i842.photobucket.com/albums/zz350/Soltek/elfr.jpg

Gw tetep penggemar Elf.
Makhluk bijaksana yang berumur panjang.
Begitu panjangnya sampai-sampai tidak pernah ada pertengkaran sesama mereka.
Semua terselesaikan oleh waktu.
Tidak bisa mati karena tua atau sakit, kecuali dibunuh.
Yang cewek cantik-cantik, dan yang cowok ganteng-ganteng.
Senjatanya umumnya panah.
Dapat berkomunikasi dengan roh, seperti roh angin, api, air ; sehingga dianggap mampu menggunakan sihir roh (sihir dengan memanggil bantuan roh).
Bisa berkomunikasi dengan tumbuhan dan hewan.
Larinya lebih cepat dari manusia.

Coba nemu elf cewek 1.

bibiw
02-02-2010, 12:43 PM
Sebetul nya mhluk2 kaya gitu itu pernah ada ato cuma karangan orang2 jaman dulu ya ?

Coba bayangin klo orang ga pernah liat dragon.. gmana orang di eropa dan asia berpikiran sama kalo dragon itu menyemburkan api... sedang kan jaman dulu khan komunikasi sulit sekali.

Gw pribadi berpendapat klo sebagian makhluk itu dulu nya pernah ada klo ga kenapa bisa bnyak orang berpersepsi yg sama dan dalam jangka waktu yg lama, klo ga bener2 pernah liat.

altheking
03-02-2010, 06:40 AM
mungkin adanya jaman2 dinosaurus dulu kali ya...

ada game yg karakternya pake mahluk2 legenda kk...nama game nya warcraft3..ada game mode nya : DotA...nah game ini punya banyak mahluk legendaris sekalian ceritanya... ada mahluk dari indonesia jg lho di game ini..

kampes
03-02-2010, 09:33 AM
namanya juga makhluk mitologi jadi ga tau bener ada ato nggak, mengenai Naga menurut orang Eropa bentuknya kok mirip kadal bersayap gitu, kalo orang China ular berkaki. jadi bingung yang bener yang mana ya

nurend
03-02-2010, 10:45 AM
mungkin adanya jaman2 dinosaurus dulu kali ya...

ada game yg karakternya pake mahluk2 legenda kk...nama game nya warcraft3..ada game mode nya : DotA...nah game ini punya banyak mahluk legendaris sekalian ceritanya... ada mahluk dari indonesia jg lho di game ini..
di dota, makhluk apa yg dari indonesia?

itu yg griffon, disebutkan pernah terlihat pada tahun "sekian"
apa itu valid?
trus bukannya loch ness udah terbukti HOAX?

artupas_rule
03-02-2010, 11:00 AM
wew kk baru baca dari awal ampe akhir..
pilihan gw tetep griffon itu mahluk yang paling keren..
muka elang badan singa bisa terbang..
dibanding pegasus masi jauh lebih keren ini..
(pendapat pribadi hehehe)

nice inpo kk

Shiro_tail
03-02-2010, 12:26 PM
wogh..!! Ajib bener dah... :gotdrink:
dari dlu ampe skrng ngk brenti kagum ma mkhluk2 mitos kyk gini
soalx pda keren2 smua.... :cinta:

sh3ld0n
03-02-2010, 03:21 PM
mw nambahin,sori kalo ada yg repost

Lich

http://image.wetpaint.com/image/1/aYV7vDtAv788aiEpXaw0wg38643/GW310H468

A Lich is a sorcerer that usually willingly turns itself into an undead creature. Lichs look like a skeletal like creature and usually have their old cloths on, usually torn and ripped due to the fact that they have usually been around for a long time. They do this in order to obtain great dark powers, much stronger then a normal sorcerer or necromancer, also as an undead they will have alot more time to study. Lichs have the ability to control the undead, they can also make dead things into undead similar to a necromancer. It is also said that a lich can turn living creatures into undead without having to kill them first, although it is not completely certain.


Siren

http://image.wetpaint.com/image/1/zhEuy9MzuORiBU2clioCQQ9158/GW686H377

In Greek mythology the Sirens or Seirenes (Greek Σειρῆνας) were Naiads (sea nymphs) who lived on an island called Sirenum scopuli, or in some different traditions,some place them on cape Pelorum others in the island of Anthemusa, and others again in the Sirenusian islands near Paestum, or in Capreae which was surrounded by cliffs and rocks. Approaching sailors were drawn to them by their enchanting singing, causing them to sail into the cliffs and drown. They were considered the daughters of Achelous or Phorcys. Homer says nothing of their number, but later writers mention both their names and number ; some state that they were two, Aglaopheme and Thelxiepeia; and others, that there were three, Peisinoe, Aglaope, and Thelxiepeia or Parthenope, Ligeia, and Leucosia. Their number is variously reported as between two and five, and their individual names as Thelxiepia/Thelxiope/Thelxinoe, Molpe, Aglaophonos/Aglaope, Pisinoe/Peisinoë, Parthenope, Ligeia, Leucosia, Raidne, and Teles. According to some versions, they were playmates of young Persephone and were changed into the monsters of lore by Demeter for failing to intervene when Persephone was abducted. The term "siren song" refers to an appeal that is hard to resist but that, if heeded, will lead to a bad result.

In the Irish culture sirens are often a warning of death to come. Most of the time only one or two people will hear the scream of a siren at a time. Soon after a person hears the screaming he/she will either die or have some one close to them die depending on how clearly and loudly they heard the siren scream.


Thunder Bird

http://image.wetpaint.com/image/1/pUdvXPggfvkP1F7DQ_hpzQ76817/GW281H461

The Thunderbird is a legendary creature in North American indigenous peoples' history and culture. It's considered a "supernatural" bird of power and strength. It is especially important, and richly depicted, in the art, songs and oral histories of many Pacfic Northwest Coast cultures, but is also found in various forms among the peoples of the American Southwest and Great Plains. Thunderbirds were major components of the Southeastern Ceremonial Complex of American prehistory.

The Thunderbird's name comes from that common belief that the beating of its enormous wings causes thunder and stirs the wind. The Lakota name for the Thunderbird is Wakį́yą, a word formed from kįyą́, meaning "winged," and wakhą́, "sacred." The Kwakwaka'wakw have many names for the Thunderbird and the Nuu-chah-nulth (Nootka) called him Kw-Uhnx-Wa. The Ojibwa word for a thunderbird that is closely associated with thunder is animikii, while large thunderous birds are known as binesi another name for these beasts are Kirin the kirin isn't exactly a thunder bird but the tearm kirin is japanese beast for a thunder beast.


Cockatrice

http://image.wetpaint.com/image/1/_tP4210Ar1GxzG-phFLn_Q80455/GW712H316

The Cockatrice can cause death with a single glance. Reports indicate that anything catching sight of the lethal bird's eyes is turned instantly to stone. But just as deadly is their poisonous saliva, which can fell even an elephant.

Also known as a Basilisk, a Cockatrice has the head and feet of a cockerel and the tail of a serpent. The Cockatrice is believed to be the product of a seven-year-old cockerel's egg, laid during a full moon and then hatched for nine years by a serpent or toad.

There are a few ways to protect oneself from a Cockatrice. One is to carry something reflective - like a mirror - and turn the creature's gaze back on it. Another is to keep either a weasel or a cockerel nearby. The weasel is said to be the mortal enemy of the Cockatrice, while the crowing of the cockerel is even more effective as it causes the Cockatrice to have fatal fits and ultimately thrash itself to death.


Sphinx

http://image.wetpaint.com/image/1/8mT7Hqo5wbYvBAdmz11kHA67570/GW208H297

The Sphinx is said to have guarded the entrance to the Greek city of Thebes, and to have asked a riddle of travelers to obtain passage. The exact riddle asked by the Sphinx was not specified by early tellers of the stories about the sphinx, and was not standardized as the one given below until late in Greek history.
It was said in late lore that Hera or Ares sent the Sphinx from her Ethiopian homeland (the Greeks always remembered the foreign origin of the Sphinx to Thebes in Greece where, in the writings of Sophocles, she asks all passersby history's most famous riddle: "Which creature in the morning goes on four feet, at noon on two, and in the evening upon three?" She strangled and devoured anyone unable to answer.Oedipus solved the riddle: answering, Man—who crawls on all fours as a baby, then walks on two feet as an adult, and walks with a cane in old age.
Bested at last, the tale continues, the Sphinx then threw herself from her high rock and died. An alternative version tells that she devoured herself. Thus Oedipus can be recognized as a liminal or "threshold" figure, helping effect the transition between the old religious practices, represented by the death of the Sphinx, and the rise of the new, Olympian deities.


Gargoyle

http://image.wetpaint.com/wiki/mythcreat/image/1MgpLm3MX7tnvk7LRK9OmzQ==15477/GW225H169

In contemporary fiction, gargoyles are typically depicted as a (generally) winged humanoid race with demonic features (generally horns, a tail, talons, and may or may not have a beak). Gargoyles can generally use their wings to fly or glide, and are often depicted as having a rocky hide, or being capable of turning into stone in one way or another, a reference to their structural roots. Gargoyles are known to protect buildings from evil spirits.

In some variations gargoyles are used as the evil beings that eat humans but as said before they usually are used to protect places from evil.


Wendigos

http://image.wetpaint.com/image/1/Thni7a1eZrtpniwOJgyI3Q90234/GW202H261

The wendigo, "the spirit of the lonely places", is a cannibalistic spirit in Algonquin(a native American tribe) mythology. It is said that a human can change into a wendigo when they indulge in cannibalism, or that a wendigo can posses a human. Some sources say that the possession causes the transformation, or that it can also happen when bitten by one, I'm no expert.
Some people think that it is another version of the Bigfoot myth, but it seems a bit more complex than that to me.
While hunting, the wendigo follows its prey, always just out of sight, until it gets a chance to pounce.
The name Wendigo seems to be popular, I had trouble finding anything besides camps golf clubs and bands.
As for appearance, it is quite often described as a tall thin humanish thing, sometimes said to be twisted, bloodstained, or fanged. Some also say that it is a spirit that inhabits evil men. Also they are said to have a heart of ice so fireor melting this heart in some way was the only way to kill them.


Gremlin


http://evolveent.files.wordpress.com/2009/07/the_critters_from_gremlin_by_delun.jpg

The youngest of all the creatures in the monster pantheon, gremlins were born in the United States. Highly mechanical, they have been responsible for much technological progress. They live around tools and inside machines and appliances. The name gremlin comes from the Old English word 'gremian' (to vex).

The original description of gremlins were that of tiny humans with elf-like ears and yellow eyes, wearing miniature overalls, and carrying tools sized for them yet somehow still eligible to be used as if they were the correct size. Nowadays there is a more popular image of gremlins. Short beast-like creatures with very large ears, like that in the movie Gremlins.

During World War II, however, gremlins turned against mankind when mechanics and scientists began to take credit for gremlin work. They began by causing mechanical failures in aircraft at times when it was most needed. They did it to both sides of the war, proving indifferent and taking no sides in the conflict except that against humans.

Gremlins torment humans by blunting tools, pushing hammers onto thumbs, playing with the hot and cold water in showers, holding down the toasting mechanism and burning toast, and deflating tires. A skilled gremlin can cause a human mechanic to take apart a whole engine before he realises the fault could have been corrected by the tightening of one screw.

Abaddon / Apollyllon

http://image.wetpaint.com/image/1/kjDR0bRl7I3B7SXPhlroPQ140844/GW333H459

Abaddon literally translates from Hebrew into destruction, ruin, and perdition. This name is also used to refer to the place of the dead. Apollyllon, in the Old Testament, means Hell.
In Biblical legend, a being regarded as the angel of the bottomless pit, described as so in Revelation 9:11:

And they had a king over them, which is the angel of the bottomless pit, whose name in the Hebrew tongue is Abaddon, but in the Greek tongue hath his name Apollylon.

There, he is described as the king of a group of locust-like creatures with the faces of men, the hair of women, tails of scorpions, teeth of lions, and wings that sound like the thunder of horses' hooves charging into battle. He is the chief of demons of the seventh heirarchy.

The fifth angel of Apocalyptic tradition will open the bottomless pit, releasing these creatures that will, for five months, torment people that do not have the seal of God upon their foreheads. After these torments are complete Apollyllon is supposed to sieze Satan himself, bind him, and toss him into the bottomless pit for one thousand years.

Cornelius Agrippa was the first person to equate Abaddon with Apollyllon, positioning him as monarch in the lower shadow of the sphere in the planet Venus.

Apollyllon's role in the bible is unsure. Sometimes he is portrayed as a good angel who assists God, other times he is seen as a fallen angel succumbed to evil.

Lamia

http://image.wetpaint.com/image/1/bPf_oYSpnxSsPMITNNmHMg22477/GW164H238

Lamia was once the beautiful Queen of Lybia and was seduced by the great king of the Greek gods himself - Zeus. His jealous wife, Hera, reacted by killing Lamia's children and turning her into a hateful monster - a woman above the waist and a serpent below. In this form she bore more children, the vampiric Lamiae or Lamya, which preyed particularly upon sleeping children. Their reptillian bodies have a woman's head and breasts, with cloven hind hooves, a horse's tail, and feline forelegs.

Lamia is also the name of a friendly Mermaid in Basque folklore of southern France and Northwestern Spain.

Golem

http://image.wetpaint.com/image/1/6HKHKxlWSCN_3BSXXCbkHw10927/GW150H145

In Jewish folklore, a golem (גולם, sometimes, as in Yiddish, pronounced goilem) is an animated being created entirely from inanimate matter. In modern Hebrew the word golem literally means "cocoon", but can also mean "fool", "silly", or even "stupid". The name appears to derive from the word gelem (גלם), which means "raw material".
The creatures are said to be controlled by an eye that is placed in the forehead. The controller uses a globe, mirror, or bowl of water to control it. A scroll with runes on it is placed in the creature to bring it to life. After a Golem is destroyed, the scroll being removed, it will return to its master. As the Golem proceeds to its master, with little power left to sustain it, it starts to fall apart. If the distance is short between the master and Golem at the time of the scrolls removal this can sometimes be a problem for the master if they were using the Golem for felony against their people.


Chupacabra

http://image.wetpaint.com/image/3/kgKSY8qMSH3kXfVptAeWZg146823/GW208H212

Descriptions vary widely. The monster is sometimes described as a winged monkey, six to eight feet tall, with long, clawed arms and hideous fangs. Other eyewitnesses state the creature is a flying rodent or a species of kangaroo. Chupacabra art

In 1995, in Puerto Rico Chupacabras allegedly killed eight sheep leaving behind a pile of bloodless corpses. The beast has also struck in Texas, Costa Rica, and Mexico. Chupacabras could be cousins of the world's only vampire bats, three species of which live in parts of Mexico, Central America, and South America.

Some people say that the chupacabra comes from outer space, while others say it is the result of US military experiments.

Scylla

http://image.wetpaint.com/image/1/A7isEZqWknLiEPGrYx1WKw43099/GW600H463

The Scylla is a sea creature that is a nymph waist up which goes under water when it attacks with its six
enormous wolf heads waist down. It was orignally a girl that was raised by wolfs and was trying to follow a man who promised love and riches of her imagination but the man was just using her to kill a man. Then she drowned trying to swim aboard the man's boat but, when she drowned Poseidon changed her into a nymph but instead she turned into a half nymph half deadly 6 headed wolf beast.

SkinWalker

http://image.wetpaint.com/image/1/gFS3q0sIi355qXA8C3zrdQ191699/GW100H103

A Skinwalker (also known as shape shifter) is a person who is able to transform themselves into any animals in some beliefs and only one particular animal in others.The term "Skinwalker" originate in native american legends though there are plenty of other cultures that have there own version of shape shifters. Skinwalkers differ from werewolves because shape shifters have the ability to control where and when they transform.

BabaYaga

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/df/%D0%91%D0%B0%D0%B1%D0%B0_%D0%AF%D0%B3%D0%B0.jpg/350px-%D0%91%D0%B0%D0%B1%D0%B0_%D0%AF%D0%B3%D0%B0.jpg

Baba-Yaga (in Russian pronounced Bába-Yəgá; also spelled Baba Jaga) is a witch-like character in Slavic folklore. She flies around on a giant mortar or broomstick, kidnaps (and presumably eats) small children, and lives in a hut which stands on chicken legs. In most Slavic folk tales she is portrayed as an antagonist; however, some characters in other mythological folk stories have been known to seek her out for her wisdom, and she has been known on occasion to offer guidance to lost souls, although this is seen as rare.

shadiixx
03-02-2010, 03:40 PM
ni mahkluk2 mitologi apa bener adanya didunia? ane penasaran gimana orang2 bisa menggambarkan mereka sebegitu detailnya yaa....
yg ane tau cuma werewolves nih, mungkin masih ada sampe sekarang..

ardneef
15-03-2010, 07:15 PM
hewan mythology dalam keilmuannya disebut sebagai Cryptid ,bahkan dulu2 banyak yang ga percaya hewan2 cryptid itu ga ada tapi beberapa terbukti contohnya hewan kebanggaan kita komodo dragon dan okapi
http://en.wikipedia.org/wiki/File:Okapi2.jpg

bukan ga mungkin hewan mythology itu memang bener2 ada kan????????

deJeer
15-03-2010, 07:21 PM
saia paling suka ama pegasus...
putih terkesan suci
:sigh:

Nathan_Prime
25-03-2010, 10:12 PM
nambah satu lagi,

http://images.elfwood.com/art/x/e/xenia/hippocampus.jpg

maaf gak ada referensinya :swt:

Bijuu
25-03-2010, 10:23 PM
nambah satu lagi,

[spoiler=mahluk mithologi]http://images.elfwood.com/art/x/e/xenia/hippocampus.jpg

maaf gak ada referensinya :swt:

apaan tuh?:???:

kuda/rusa ngesot y?:lol::lol::lol: