PDA

View Full Version : People 4 Sifat Dasar Manusia -- Termasuk golongan apakah watak anda?



udhindbokek
16-04-2011, 12:51 AM
4 Sifat Dasar Manusia
Sodara/sodari sekalian, saya cuman mau share masalah sifat dasar kepribadian sodara/sodari sekalian.. Mungkin aja dari sekian banyak member yang ada di forum IDWS ini belum pernah membaca tentang buku "Personality Plus" karya Florence Littauer. Untuk itu saya akan mencoba share sedikit tentang 4 dasar sifat manusia.
http://www.quantum-hypnosis.com/file/book/large/513-521.jpg

1. Golongan Sanguinis, "Yang Populer"

Mereka ini cenderung ingin popular , ingin disenangi oleh orang lain. Sangat humoris dan suka memulai sebuah percakapan. Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Pergejolakan emosinya bergelombang dan transparent. Pada suatu masa dia bergembira dan adakalanya menangis tersedu-sedu.

Orang-orang sanguinis ini juga termasuk golongan pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `pendek', dan hidupnya serba tak beratur. Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji apalagi time planning sesuatu hal.

Namun kalau disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakannya dan terlihat sepertinya betul-betul hal itu akan ia lakukan. Dengan semangat sekali ia ingin buktikan bahwa ia bisa dan akan segera melakukannya. Tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia tak lakukan apapun juga.

Agan-agan nggk akan menyesal berteman dengan orang dengan sifat sanguinis, mereka akan dengan cepat mencairkan suasana sedih anda.

2. Golongan Melankolis, "Yang Sempurna"

Mereka cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam . Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan,mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

Orang melankolis selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Kerana itu jangan heran jika anda yang `melankolis' tak boleh tidur hanya gara-gara selimut yang membaluti tubuhnya. Dan jangan pula coba-coba mengubah barang-barang teman `melankolis' anda, sebab dia ingat betul warnanya, jenisnya, dan bagaimana tata letaknya. Kalau perlu dituliskan satu per satu tempat setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan marah kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

3. Golongan Koleris, "Yang Kuat"

Mereka ini suka sekali mengatur orang, suka tunjuk-tunjuk atau perintah-perintah orang . Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya. Bahkan jika ada seorang tamu berkunjung kerumahnya, dia akan menyuruh melakukan sesuatu untuknya. Akibat sifatnya yang `bossy' itu membuat banyak orang koleris tak punya banyak teman. Dan kecenderungan sifat ini bisa agan manfaatkan untuk menjadi seorang 'Pemimpin' dalam sebuah kelompok. Sifat koleris sangatlah tepat untuk dijadikan Pemimpin, mereka punya tanggung jawab untuk apa yang di pimpin'nya.

Orang koleris senang dengan tentangan, suka petualang. Mereka punya rasa, "hanya saya yang bisa menyelesaikan segalanya, tanpa saya semua tak akan berhasil". Kerana itu mereka sangat "goal oriented", tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu. Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Seorang wanita koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Kalau ia sudah kobarkan semangat "ya pasti jadi." maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah.

4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

Berbahagialah agan-agan bila agan mempunyai seorang teman bersifat phlegmatis, mereka akan jadi tempat curhat yang sangat sempurna. Apalagi buat para aganwati-aganwati, pan cewek sukanya yang mendalam-mendalam. :hehe:
Selain itu bila anda seorang phlegmatis, maka anda akan sulit untuk mentukan termasuk golongan apakah sifat anda. Jadi, waspadalah! :haha:


Iris Harison 'Site (http://iriestcute.multiply.com/reviews/item/3http://)
Untuk kenyamanan membaca, jadi saya coba edit sedikit-sedikit. :hehe:

Mohon maaf yang sebesar-besarnya klo ini :repost:
Saya tidak mengaharap apa-apa, soalnya ini saya masih belajar bikin thread. :hehe:
Jadi kalo ada salah kaprahnya, yaaa biarkan saja.. terimakasih.. :haha: :bogem::mentah:

-------------------------------


klo gak salah penggolongan sistem ini udah ada yg baru.. DISC.. dominant (Korelis) influencer (Sanguinis) steady (Phleagmatis) conscientious (melankolis)...
baca ini http://strategimanajemen.net/2007/10/04/empat-dimensi-kepribadian-a-la-disc/
Klo mau tau golongan apa bisa dicoba pake test ini.. http://www.123test.com/disc-personality-test/

F3nr1r
16-04-2011, 12:59 AM
Tipe gw tipe melankolis
Dulu di sekloah gw juga ad konseling yang mengetes watak kita dan melihat kita cocok kuliah di jurusan apa
waktu itu kalo g salah ada 2 tipe dalam diri seorang tapi satu lagi aku lupa tipe gw yang satu lagi apa

udhindbokek
16-04-2011, 06:24 AM
Tipe gw tipe melankolis
Dulu di sekloah gw juga ad konseling yang mengetes watak kita dan melihat kita cocok kuliah di jurusan apa
waktu itu kalo g salah ada 2 tipe dalam diri seorang tapi satu lagi aku lupa tipe gw yang satu lagi apa

emang bener setiap orang sangat dimungkinkan memiliki lebih dari 1 sifat dasar.. ane juga punya 2 sifat dasar phlegmatis ama sanguinis. emang bertolak belakang, tapi itu yang ane dapet dari pendapat orang-orang.. :hehe:

Qun
16-04-2011, 06:36 AM
Tipe gw tipe melankolis
Dulu di sekloah gw juga ad konseling yang mengetes watak kita dan melihat kita cocok kuliah di jurusan apa
waktu itu kalo g salah ada 2 tipe dalam diri seorang tapi satu lagi aku lupa tipe gw yang satu lagi apa

memangnya bisa da dua ya...keren dong
spt Billy Milligan dengan 24 kepribadian
(eh mavv sama g ya, sepertinya pembahasan ku mlenceng hehe topiknya kan 4 sifat dasar)


wah gw kok aneh ya...
50% Sanguinis
25% kOleris
20% Phlegmatis
5% melankolis

kira-kira artinya apa ya???

xyrsh
16-04-2011, 07:57 AM
gw phlegmatis :haha:
phlegmatis parah.
tapi emang bener kalo tiap orang itu ga bakal 100% satu tipe watak,
gw pernah ikut tes ini, hasilnya pake sekian persen sanguinis, sekian persen koleris, sekian persen phlegmatis, dan sekian persen melankolis.

udhindbokek
17-04-2011, 10:33 AM
yang jelas tiap orang punya satu watak dominan..

kayak punya bos Qun


wah gw kok aneh ya...
50% Sanguinis
25% kOleris
20% Phlegmatis
5% melankolis

kira-kira artinya apa ya???
berarti watak dominan, atau sifat yang mendominasi kepribadian adalah sifat Sanguinis"Yang Populer" yang dapat diartikan agan Qun termasuk orang yang ceria, suka ngobrol. memiliki kepercayaan diri yang lumayan tinggi dan lumayan punya tanggung jawab..

itu sebagai contoh aja.. dan itu pendapat pribadi ane aja, kalo salah ya mohon bimbingan yang udah ngerti-ngerti.

NB: untuk yang tulisan yang di garis bawahi, ane agak ragu-ragu si sebenernya.. :hehe: :peace:

shinigamidika
18-04-2011, 04:08 AM
low ane lbh suka Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"...damai itu indah...selagi bisa damai ngapain juga bertengkar...
tp low lama2 disuruh2 ya apaboleh bukan jadi anarkis :peace:

crismas7
18-04-2011, 08:09 AM
4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.


ini gw banget,, hahahah,,
tapi ga enaknya gampang dimanfaatin temen.. :nangis:

SonOfDawn
19-04-2011, 01:17 PM
kayaknya gw lebih ke Koleris deh...
Emang suka printah2 tapi gak suka diperintah...
Tapi gw juga melankolis n suka damai kog...
Tapi tep dominan ke koleris...:hehe:

newbie20jan
24-04-2011, 06:55 PM
4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

Berbahagialah agan-agan bila agan mempunyai seorang teman bersifat phlegmatis, mereka akan jadi tempat curhat yang sangat sempurna. Apalagi buat para aganwati-aganwati, pan cewek sukanya yang mendalam-mendalam.
Selain itu bila anda seorang phlegmatis, maka anda akan sulit untuk mentukan termasuk golongan apakah sifat anda. Jadi, waspadalah!

knp ane dapet ini... dan kenapa pula banyak yang vote ini :panda:

udhindbokek
25-04-2011, 01:38 PM
knp ane dapet ini... dan kenapa pula banyak yang vote ini :panda:

karena phlegmatis lebih cenderung senang dengan kesendirian yang tenang..
dan menurut sumber-sumber kebanyakan mengatakan, kalo lagi sendiri temen yang paling asik tuh ya komputer, apalagi konek inet.. :hahai:

A_d3l
25-04-2011, 02:06 PM
aq msk kategori keempat neh..:lol:
Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"
karna emg lebih suka diem,,gak mau cari masalah..n t4 curhat yg baik..
emg pas bgt ma aq :hahai:

kora2
14-06-2011, 02:28 PM
ane sih Phlegmatis
cinta damai :peace:
emang bener klo ada yg curhat ane cuma dengerin ga mo ikut2an

thehappiness
14-06-2011, 05:29 PM
saia seeh lbh cenderung ke phlegmatis gan... :hero:
damai itu indah... :peace:

ankireina
14-06-2011, 06:25 PM
kalo gw golongan yang keempat nih kayanya
Golongan Phlegmatis
hehe

zakainiwak
19-06-2011, 10:48 AM
wah saya campur2...:swt:

ada yg sanguinis..
ada yang koleris...

campur2 dah... apa saya kepribadian ganda..!? :kaget:

gk mungkinlah...:swt:

Gyr0
20-06-2011, 12:49 PM
ane koleris
yg kuatnya sih bener dan suka tantangan
tapi buat ngebabuin orang ga gitu2 amat kayanya
minta tolong bukan merintah2...beda kan merintah ma minta tolong :nongol:

ary68890
20-06-2011, 03:09 PM
kayanya ga 100% masuk dalam satu golongan deh, kadang2 ane sanguinis, kadang koleris, dan kadang phlegmatis :haha:

jefferson
22-07-2011, 09:56 PM
paling the best sih kalo kita bisa punya 4 sifat tersebut tapi dari sisi positifnya..
:ehem:

zz11
22-07-2011, 10:02 PM
2. Golongan Melankolis, "Yang Sempurna"

Mereka cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam . Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan,mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

Orang melankolis selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Kerana itu jangan heran jika anda yang `melankolis' tak boleh tidur hanya gara-gara selimut yang membaluti tubuhnya. Dan jangan pula coba-coba mengubah barang-barang teman `melankolis' anda, sebab dia ingat betul warnanya, jenisnya, dan bagaimana tata letaknya. Kalau perlu dituliskan satu per satu tempat setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan marah kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

:hihi: gw pernah ditest juga sama semacam lembaga psikolog gitu :malu:
dan hasilnya persis banget sama kata2 di atas terutama yg dibold :malu:

Cocok deh, kalo di tipe enneagram 9 kepribadian, gw masuk yg tipe 5 (si penganalisa) dengan kecenderungan ke tipe 1 (perfeksionis). :haha:

havel
23-07-2011, 01:22 AM
gw yakin 99,99% kalo gw ini termasuk golongan phlegmatis..
gw org yang susah termotivasi oleh diri sendiri,cenderung bisa termotivasi jka ada orang lain yang mendorong

oliv
25-07-2011, 09:17 PM
kayaknya gue plegmatis
pantes temen2 gue suka bgd cerita masalahnya ke gue
soalnya gue cuma manggut2 doang, haha

tuan_buncis2002
25-07-2011, 09:34 PM
dulunya gw sanguinis :malu:
tp skrg lebih mengarah ke phlegmatis :malu2:
tetap aja gw emosi kalo ada berita ttg anarkisme :ngeselin:

Hirosame_arashi
26-07-2011, 11:55 AM
Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"
ane banget nih :haha:

marvelspidey
26-07-2011, 12:55 PM
itu sifat dasar sama kayak temperamen ya?

2easy4key
26-07-2011, 01:30 PM
kayakny ada yang campuran kan..
cuma mungkin ada yang lebih dominan aja. haha..
gw c lebih dominan melankolis..

Drei
26-07-2011, 02:52 PM
kebanyakan yg ana liat pada masuk gol 4 ya...http://i1142.photobucket.com/albums/n619/Rhaplanca7/ka50.jpg
ternyata memang banyak orang yg cinta damai
artinya yg sama sekali gak kena gol 4 patut berbangga diri karena beda ama yg laen

flint91
26-07-2011, 03:39 PM
sekali baca dan dicocokan ternyata ak tipe phlegmatis....
tidak diragukan lagi....:nangis:

HoRny
26-07-2011, 06:24 PM
kyknya ane masuk yg koleris
tapi jg agak" masuk ke melankolis tuh

RainDog
26-07-2011, 07:04 PM
wah gw termasuk Golongan Phlegmatis "Cinta Damai" :peace:
ada juga sih sifat2 yg lain masuk..:hmm:
tp gw lebih dominan yg 4

r1fk7
26-07-2011, 08:08 PM
Wah pertama-tama bacany sifatq hampir mirip ama sanguinis... :bloon:
tapi setelah dbaca smpe akhir sifat plagmatis lbh cocok dengan sifatq :fufufu:

Devastation
26-07-2011, 08:14 PM
yg paling dominan plegmatis kyk nya.. trus yg ke 2 melankolis
menyedihkan juga ya sifat gw-___-

yudhis273
12-12-2011, 11:51 AM
gw plegmatis..

"Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan."

yeah, gw ga punya ambisi. asal pendapatan cukup, punya istri cantik, dan ada internet, gw ga butuh apa2 lagi..
gw juga gampang bosen. makanya keluyuran di SF education. biar ada hal baru yg dipelajari..

jerukno15
12-12-2011, 12:06 PM
di test... melankolis - koleris dominan dan seimbang :hmm:

rumput_liar
12-12-2011, 12:28 PM
sy termasuk phlegmatis. sukanya ngikut orang2 :hehe:

ninot
12-12-2011, 02:44 PM
udah punya buku personality plus itu..ngecek ternyata kepribadian campuran tiga plegmatis,melankolis,sanguin..nah lho,gimana nih
apa salah ya

kyuubi_naruto
24-03-2012, 08:58 AM
knp ane dapet ini... dan kenapa pula banyak yang vote ini :panda:

wah ane gak tau watak ane gan, apa ane termasuk phlegmatis :???:

kneu
24-03-2012, 10:31 AM
kayakny ada yang campuran kan..
cuma mungkin ada yang lebih dominan aja. haha..
gw c lebih dominan melankolis..

bighendz
24-03-2012, 11:09 AM
Masi bertahan di Sanguins :lalala:

Orang-orang sanguinis ini juga termasuk golongan pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `pendek', dan hidupnya serba tak beratur. Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji apalagi time planning sesuatu hal.
Apalagi yang ini , bener banget , kadang juga merasa lupa akan sesuatu , tapi ya udah lah ngapain dipikir panjang" ngga penting banget :lol:

rover
24-03-2012, 05:00 PM
2. Golongan Melankolis, "Yang Sempurna"

Mereka cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam .
atara melankolis dan plegmatis..kayaknya...


4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya.

aleron212
24-03-2012, 07:04 PM
Aq dulu pernah tes klo gk salah ane masuk melankolis plegmatis...

HiddenSkills
24-03-2012, 08:23 PM
sejujur2nya ane bingung masuk yang mana :swt:
karena ane tidak bisa menilai diri ane sendiri, yg bisa menilai hanyalah orang lain :hero:

tapi Nice Share gan, jadi tau 2 Sifat dasar manusia dari buku Personality Plus :top:

miss_fania
26-03-2012, 02:24 AM
Kalo gw phlegmatis banget niih.
Hehehehe
Tapi campur ama melankolis siih kadang2.

Sent from my GT-S5830 using Tapatalk

bella_donna
20-04-2012, 11:30 AM
gw kuliah jurusan psikologi, dan setau gw penggolongan manusia ke dalam 4 sifat dasar ini udah jadul banget
ya, buat intermezzo dan iseng-isengan si boleh-boleh aja, tapi gw inget banget sama yg dosen gw bilang "Sangan sulit untuk membagi-bagi atau mengkotak-kotakan manusia ke dalam beberapa golongan, karena pada dasarnya semua manusia di dunia adalah unik"
^_^

DevilDarkNight
20-04-2012, 07:31 PM
4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

Berbahagialah agan-agan bila agan mempunyai seorang teman bersifat phlegmatis, mereka akan jadi tempat curhat yang sangat sempurna. Apalagi buat para aganwati-aganwati, pan cewek sukanya yang mendalam-mendalam.
Selain itu bila anda seorang phlegmatis, maka anda akan sulit untuk mentukan termasuk golongan apakah sifat anda. Jadi, waspadalah!

ini gue banget , paling benci ama keributan dan pengen damai terooos :hahai:

Ceight
22-04-2012, 08:09 AM
sanguinis parah gan kalo gw mah..
:oghoho:

cosurya
22-04-2012, 09:10 AM
ini biasanya ada tesnya ya gan..
kalau ane yang mendominasi plegamatis dan melankolis

Dark_Tigrex
22-04-2012, 10:57 AM
:ehem: Saia paling tidak suka kerusuhan dan Konflik...
sepertinya sifat saia Phlegmatis ya..

chinsul
22-04-2012, 08:13 PM
Saya bingung, termasuk golongan melankolis atau Phlegmatis.
kayanya saya phlegmatis, tpi udah bisa memotivasi diri saya sndiri...
terus jadinya apa dong??? :ogohno:

munshu
23-04-2012, 06:13 PM
kayaknya semuanya ane ada gan,
haha..
kadang sanguinis, kadang melankolis, kadang koleris, kadang phlegmatis,
jangan - jangan ane belum nemuin karakter ane yg sebenernya gan..

DjakartaSoera
25-04-2012, 03:38 PM
Saya phlegmatis dulu pernah tes ginian di kampus bokap gw dan hasilnya phlegmatis...dan kebanyakan anag2 idws juga phlegmatis wkwkwkwkw
cenderung santai sih dan klo ada kerjaan ditunda-tunda tpi phlegmatis cenderung pengertian

muchacha
25-04-2012, 04:25 PM
kayaknya gw phelegmatis deh :oghoho: anyway nice share :ogtop:

azkhaz
25-04-2012, 08:47 PM
Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

Cocok dengan pribadi ane nih, gak suka ribut2, semua bisa diselesaikan dengan damai .. :ogtop:

SilverBoYs
26-04-2012, 03:39 AM
1. Golongan Sanguinis, "Yang Populer"

Ini kayanya gue banget ini... selalu ingin disenangin orang lain..

kadang-kadang pelupa juga... :hoho:

kacang500
26-04-2012, 07:52 PM
:kaget:
ternyata oh ternyata.....
setelah melihat-lihat dan mempertimbangkan masak-masak kayaknya gw tipe ke 4 deh, Phlegmatis "Cinta Damai"
:hoho:

kurang bersemangat, kurang teratur, dan serba dingin.... (ini gak enak amat dibaca tp emang bener sih .... :kecewa:)
jadi pendengar yang baik (slah satu kelebihannya :hehe:)

tp katanya klo kita seorang phlegmatis, akan sulit untuk menentukan termasuk golongan apa kita, ternyata gak susah susah amat bro....
sekali liat gw udah tau klo gw seorang phlegmatis... :peace:

formedame
26-04-2012, 11:15 PM
yang pleghmatis gw banget kayaknya wkwkwk

inf1nite
27-04-2012, 11:02 AM
75% melakonlois 25% plegmatis

Sent from my GT-I9003 using Tapatalk

shari
29-04-2012, 09:13 AM
4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

Berbahagialah agan-agan bila agan mempunyai seorang teman bersifat phlegmatis, mereka akan jadi tempat curhat yang sangat sempurna. Apalagi buat para aganwati-aganwati, pan cewek sukanya yang mendalam-mendalam. :hehe:
Selain itu bila anda seorang phlegmatis, maka anda akan sulit untuk mentukan termasuk golongan apakah sifat anda. Jadi, waspadalah! :haha:



hahaha,,baru dibahas di kampus kemarin nih,,,
kykny saya masuk golongan yg nmr 4 ini
aduh,,

Sorast
29-04-2012, 11:56 AM
Cinta damai aja lah, ane bukan org yg menonjol juga bukan org yang perfeksionis...
Ambisi ane jg gk meledak2... nyantai aja

denia23
29-04-2012, 07:47 PM
kyknya gw melankolis sama plegmatis deh...
dua2 nya pas

dive2blue
29-04-2012, 08:38 PM
bisa dibilang tes ini tuh lebih dominan kemana di antara 4 ntu
ada juga yang dominan di dua sifat, misal plegmatis-melankolis, dsb
tapi kata nya sekarang personality plus udah jarang di pake dah
sekarang lebih sering make yang dua sifat doang, introvert n ekstrovert
hemn..

Inumaru08
29-04-2012, 10:26 PM
45% Sanguinis
10% Melankolis
45% Koleris

diablox13
29-04-2012, 11:11 PM
ane phlegmatis gan cinta damai dan ketenangan. :ogcute:

DevilDarkNight
01-05-2012, 06:13 PM
4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam dan kalau menyelesaikan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bercakap, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bercakap tu tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat tukul dengan pahat , "sekali ketuk sekali jalan, kalau tak ketuk tak jalan". Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, Anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

Berbahagialah agan-agan bila agan mempunyai seorang teman bersifat phlegmatis, mereka akan jadi tempat curhat yang sangat sempurna. Apalagi buat para aganwati-aganwati, pan cewek sukanya yang mendalam-mendalam.
Selain itu bila anda seorang phlegmatis, maka anda akan sulit untuk mentukan termasuk golongan apakah sifat anda. Jadi, waspadalah!

sama



2. Golongan Melankolis, "Yang Sempurna"

Mereka cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam . Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan,mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

Orang melankolis selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Kerana itu jangan heran jika anda yang `melankolis' tak boleh tidur hanya gara-gara selimut yang membaluti tubuhnya. Dan jangan pula coba-coba mengubah barang-barang teman `melankolis' anda, sebab dia ingat betul warnanya, jenisnya, dan bagaimana tata letaknya. Kalau perlu dituliskan satu per satu tempat setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan marah kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

Gue banget :haha:
sifat gue itu emang dingin , serba terserah saking malesnya :haha:
tapi gue juga demen berpikir secara mendalam . ngga suka langsung maen ambil keputusan :hehe:

emptylot
01-05-2012, 07:47 PM
banyak yang phlegmatis ya ternyata

gw suka ikut2 test ini hasilnya phlegmatis dan keduanya sanguinis

yang gw inget phlegmatis itu orgnya suka menunda2 pekerjaan D:

yamidans
09-05-2012, 12:18 PM
Kata temen ane yg psikolog,,ane termasuk orang sanguinis gan,,cuma ntar ada kemungkinan bisa jadi koleris :oghoho:

meindeita
09-05-2012, 02:55 PM
hahaha...ternyat votenya banyak yang nomor 4, jadi bisa disimpulkan kalo sebagian besar orang indonesia ato mungkin manusia di dunia ini cenderung masuk kategori 4 yah....makanya orang yang besar dan hebat itu cuman sedikit ya, bukan berarti no 4 ga bisa besar tapi mnrt gw harus ada salah satu dari 3 pertama yang lebih kuat daripada nomor 4

5nada
10-05-2012, 11:14 AM
sory dopost. koneksi inetku lagi lambat bgt

5nada
10-05-2012, 11:14 AM
Phlegmatis

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

dibalik kelemahannya tipe ini juga memiliki kekuatan lho, soalnya karena seolah selalu mengalah, terima di buly, atau disuruh apapun asal tidak menemuai konflik, sehingga terlalu banyak yang dipendam didalam hati, dan pada saatnya pasti akan meledak dan bahkan kekuatannya akan melebihi sifat koleris sekalipun.

kangl
10-05-2012, 02:17 PM
4. Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.


kayak q banget deh............

modkores
10-05-2012, 05:54 PM
Kayaknya gua Melankolis deh...
Karena kegiatan yang bakal gua jalani udah dipikirin baik-baik...
Bahkan saat debat juga gua mikirin apa yang bakalan dijawab lawan kalau misalnya gua jawab pertanyaan dia...

r3dchick3n
12-05-2012, 06:18 PM
kyknya ane masuk ke sanguinis deh...
sifat pelupa sama hidup gak teratur itu lho yg dominan...
:hahai:

kanzatoarisato
13-05-2012, 01:48 AM
ane mask ke plegmatis.....
krn dulu waktu pertma masuk kuliah ada kelas (ane lupa kelas ap) yang membahas ini makany ane tau sifat ane yg mana hahaha

xfujiwarax
14-05-2012, 07:37 PM
Klo misal ada gabungan 2 golongan bisa ga
soalnya dr deskripsinya saya bisa masuk golongan sanguinis kadang jg bisa ke plegmatis :???:
Kalo saya c kynya bisa 60% sanguinis 40% plegmatis d :hehe:

galenleslie
15-05-2012, 12:57 AM
kalo tesnya tau ga dmn bro? yang bisa kasih persentase2 gitu bro gmn?

howl
29-06-2012, 03:11 PM
trivia baru soal 4 temperament

coba baca ini
http://tvtropes.org/pmwiki/pmwiki.php/Main/FourTemperamentEnsemble
pasti banyak yg baru sadar, kalo hiburan2 yang kita nikmati selama ini punya banyak kemiripan

Laikensor
30-06-2012, 01:20 AM
gw udah tau sejak dulu kalo gw orangnya melankolis dengan sedikit kecenderungan plegmatis.
dan gw paling suka bergaul sama orang melankolis dengan sedikit kombinasi sanguinis. << OOT

slowiddown
30-06-2012, 02:11 AM
wah gw gabungan antara melankolis ama koleris

riyuta
01-07-2012, 06:02 PM
siipp,, ane kayaknya masuk yang cinta damai deh.. :hoho:

LuphKira
04-07-2012, 04:12 PM
dolo d skul ada test yg kyk bgini...
& gw termasuk org yg melakolis.

riglenov
10-07-2012, 10:44 PM
kalo aku kyknya tipe melankolis-phlegmatis.... hohohoho....

rickyan
11-07-2012, 11:08 AM
wah saya sepertinya tipe yang phlegmatis
saya lebih senang menjadi pendengar

dindung
11-07-2012, 11:29 AM
:ehem:
sebenernya ga ada yang bener-bener tepat sih
semua sifat saya tergambar di semua tipe
tapi saya votenya yang melankolis
saya emang gak terlalu teratur..
tapi kalo mau ngomong di diskusi harus dipikir dalem-dalem ga asal nyaplok kayak si sanguinis
saya juga tipe pendengar yang baik:hihi:

rizqal
11-07-2012, 11:14 PM
gue kayanya masuk ke "plegmatis" deh gan. soalnya gue suka main aman aja orangnya, yang penting damai sama" enak hehehe :oghoho:

origamikiller
11-07-2012, 11:17 PM
hoo ternyata sy masuk golongan phlegmetis :(
cinta damai ^^

GG09
11-07-2012, 11:54 PM
menurut 4 sifat tsb..trnyata saya masuk yg melankolis...:swt:
tp koq saya sukanya musik metal y...:facepalm:

aokawa
12-07-2012, 04:35 PM
kalo aku lebih cenderung ke Golongan Sanguinis, "Yang Populer" meskipun ga semuanya bener,,,,, tapi aku kadang2 emang suka telat.

Fajar777
19-09-2012, 04:06 PM
Ane di sini ada sebagian melankolis, sebagian lagi phlegmatis. Ane ga suka ada konflik, cenderung pendiam & serba dingin. Tapi ane juga suka menganalisis dan paling suka sama data-data & statistik.

rayminola
19-09-2012, 05:01 PM
type yang paling dekat sama ane Golongan Phlegmatis,, cinta damai :)
saling mengargai satu sama lain dan saling toleransi sesama :)

gelovan
21-09-2012, 10:21 PM
dulu pas waktu jaman sekolah dijelasin soal sifat-sifat ini tapi sekarang udah lupa apaan..
klo dibaca-baca lagi saya termasuk kedalam golongan orang sanguinis


kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji apalagi time planning sesuatu
haha ini ane banget pasti klo janjian kaga bisa on time -_____-

Nyem
22-09-2012, 06:05 AM
gilak banyak bener phlegmatis hahahah. memungkinkan nda si dari sifat a brubah jadi sifat b / c gitu kalau terpengaruh lingkungan?

shinigamidika
22-09-2012, 08:09 AM
klo gak salah penggolongan sistem ini udah ada yg baru.. DISC.. dominant (Korelis) influencer (Sanguinis) steady (Phleagmatis) conscientious (melankolis)...
baca ini http://strategimanajemen.net/2007/10/04/empat-dimensi-kepribadian-a-la-disc/
Klo mau tau golongan apa bisa dicoba pake test ini.. http://www.123test.com/disc-personality-test/

likertuban
04-04-2013, 05:45 PM
ane plegmatis gan.hahahahaha
udah pernah di tes kemaren waktu ospek :3

mirla_idha
08-04-2013, 10:03 AM
aq termasuk Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

:hehe:

hir4yug4
08-04-2013, 10:14 AM
Kalo ane.. Kliatanny kykny ane lebih ke arah melankolis ya. Tp wkt itu pernah ambil personality test gratis malah jd phlegmatis :bingung:

tyghous
08-04-2013, 04:01 PM
Sy dominan ke Golongan Phlegmatis.
Di urusan kerja lebih cenderung menghindari konflik,
win2 solution :peace:

driyshiro
20-05-2013, 02:08 PM
ane pernah nyoba test ini dan hasilnya koleris-pleghmatis (hasilnya draw)
katanya sih wajar, kadang seseorang punya 2 sisi yg dominan dalam hidupnya, aslinya sih kesemua watak diatas ada dalam setiap individu

nevereck
08-06-2013, 05:15 PM
ane kayaknya lebih condong ke phlegmatis, tapi ane punya sifat sanguinis, melankolis dan koleris,, gimana tuh??

marikyu
08-06-2013, 10:44 PM
aku setengah melankolis setengah Phlegmatis :ehem:

catchmeinheaven
09-06-2013, 01:26 AM
Kayaknya gw melankolis-plegmatis nih.
Dari deskripsinya dua2nya emang lebih dominan daripada dua lainnya (sanguinis-kholeris).
Tapi pollingnya cuma boleh pilih 1 sih ya?
Tadinya gw mau vote plegmatis gara2 ini nih:
"Selain itu bila anda seorang phlegmatis, maka Anda akan sulit untuk mentukan termasuk golongan apakah sifat anda."
Tapi gak jadi gara2 gw emang lebih ke perfeksionis *dan itu artinya lu emang tau lu golongan apa, gimana sih XP* hehehe..

acher3
09-06-2013, 04:29 PM
Golongan Phlegmatis
aku orang cenderung tidak mau terlibat dalam konflik selalu jadi orang ditengah dan cenderung pendiam aduhh dingin banget ya diriku ini, :iii:

GaleRareglove
09-10-2013, 11:57 AM
Golongan Phlegmatis "Cinta Damai"

Kelompok ini tak suka terjadi konflik, kerana itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri tidak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari jalan damai tanpa timbul pertengkaran. Biar rugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya tidak terus berkepanjangan.

ane masuk yang ini, yang penting damai
asalkan bukan hal yg sifatnya prinsipal ngapain harus diperdebatkan malah ngabisin energi doang

rushblack28
12-04-2014, 01:14 PM
sepertinya saya phlegmatis :sigh:

xflash69
18-04-2014, 07:36 PM
wahh ane termasuk golongan orang yang cinta damai.. peace bro..

andrie3993
19-04-2014, 10:27 PM
gue tipe plegmatis koleris. tapi skrg udah berubah jadi koleris melankolis.

cabulabula
28-04-2014, 09:26 AM
nice info lookin forward to next

soliqina
13-05-2014, 04:05 PM
Sepertinya gue tipe plegmatis deh,,,:ogbingung:
Gue suka lari dari maslah, dan tentunya cinta damai g mw ada mslah walaupun diri sndiri rugi,, hks hks,,:iii:

boncabe
17-05-2014, 11:22 PM
go go go melankolis..

masbekel
24-05-2014, 04:30 PM
aku plegmatis, golongan yg suka diperintah karema suka bekerja dan penurut

imelwa
24-05-2014, 09:50 PM
ane koleris

23% Sanguinis
45% koleris
29% Phlegmatis
3% melankolis

cocok sih walau ga segede waktu masi kuliah, skrg uda turun jauh persenannya wkwk

wildha
02-06-2014, 01:48 AM
Kalau aku kayaknya dominan ke Melankolis deh.
Tapi juga cenderung ke Phlegmatis.
Dulu pernah tes beginian, tapi lupa hasilnya apa.

Iri banget deh, sama teman yang Sanguinis. Kayaknya hidupnya ringan banget gitu. Senyummm...terus.
Memang nggak nyesel punya teman sanguinis.
:matabelo:

Golongan Koleris aku paling nggak suka nih. Maaf ya buat yang punya sifat ini. Sifat bossynya itu lho.
:facepalm:

Tapi toh memang nggak ada manusia yang sempurna. Se-cinta damai-nya si Phlegmatis pasti ada kalanya juga dia bisa berontak dan ngeluarin unek-uneknya.
Sama kayak Sanguinis yang pada sutu ketika tiada angin tiada hujan jadi bete nggak karuan seharian.
Juga si Melankolis yang tiba-tiba jadi ceroboh dan planningnya berantakan.
Serta si Koleris yang ternyata sangat pengayom dan penyayang.
Biar berbeda tapi tetap satu kan...
(Berdasarkan pengalaman pribadi saat tinggal bersama mereka.)
:peluk:

uchalicious
03-06-2014, 02:23 PM
Nemu lagi artikel menarik~~~

Sanguinis sepertinya lebih mewakili diriku dibanding yang lainnya~~ aku juga coba ikut test dari DISC yang ada di pejwan katanya begini


You are socially oriented. You have a strong self-motivation to get to know people in all walks of life and to nurture those relationships.
You have a natural enthusiasm for all types of ideas and projects - your own and other people's.
People are likely to describe you as gregarious, persuasive and optimistic.

Nah sepertinya memang Sanguinis yang dominan :lalala:

Kirin_Api
28-06-2014, 03:31 PM
Gw masuk Golongan Phlegmatis "Cinta Damai" berarti gw orang yang cinta damai... :hero:

deiichan
28-06-2014, 07:57 PM
antara sanguinis dan melankolis..
Tapi lihat hasil test dari disc lebih banyak sanguinis :yareyare:

hillbee
02-07-2014, 04:30 PM
Ane nyoba test http://personality-testing.info/tests/4T.php
Hasilnya melancholic, :hoho:
Yah, secara introvert and thinker, :hmm:

sacfron
02-07-2014, 04:53 PM
Baca dari no.1 sampe no.3:
Lah ane semua ini :bingung:

Baca no.4:
Ane juga ini :bingung:

Terus baca: Phlagmatis juga susah menentukan sifatnya sendiri :trollface:

eric777
08-07-2014, 02:47 PM
ane melankolis
tapi tipe sanguinis masih ada dalam diri ane kyk humoris
ane suka humor
tapi ane gk berharap jadi populer

kingcreole
10-07-2014, 12:06 AM
ane mah mayoritas nya melankolis, kecuali ada beberapa yang berkontradiksi, yang ngingat warna itu gan, ane gak gitu ingat, tapi kadang memang ane tau aja apa yang ane miliki
dan tau kalo misalnya barang ane diganti

rifata19
23-07-2014, 10:40 AM
ane kayaknya Phlegmatis nih...
Kalo disuruh nurut2 aja dan males ngomong hahaha