PDA

View Full Version : Manfaat Menangis



yoshikanji
01-05-2011, 08:52 AM
7 manfaat menangis Untuk kesehatan

http://3.bp.blogspot.com/_ckPB1Ppopzg/TS3nOtOlG_I/AAAAAAAAAQ8/UapAYdhs4ks/s320/air%2Bmata.jpg



Jangan ragu-ragu kalau mau menangis, sebab, dibalik tagisan kita ada manfaat yang terkandung di dalamnya.. Masa seh?

Menangis biasanya dikarenakan beberapa hal, seperti :

1. Menangis karena kasih sayang dan kelembutan hati.
2. Menangis karena rasa takut.
3. Menangis karena cinta.
4. Menangis karena gembira.
5. Menangis karena menghadapi penderitaan.
6. Menangis karena terlalu sedih.
7. Menangis karena terasa hina dan lemah.
8. Menangis karena mengikut-ikut orang menangis.
9. Menangis untuk mendapat belas kasihan orang.
10. Menangis orang munafik == pura-pura menangis.

Dan, dibalik air mata yang kamu keluarkan, ternyata punya beberapa manfaat, berikut 7 manfaat menangis buat kesehatan.


1. Membantu penglihatan

Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

2. Membunuh bakteri

Tak perlu obat tetes mata, cukup air mata yang berfungsi sebagai antibakteri alami. Di dalam air mata terkandung cairan yang disebut dengan “lisozom” yang dapat membunuh sekitar 90-95 persen bakteri-2 yang tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat" yang mengandung bakteri, hanya dalam 5 menit.

3. Meningkatkan mood

Seseorang yang menangis bisa menurunkan level depresi karena dengan menangis, mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

4. Mengeluarkan racun

Seorang ahli biokimia, William Frey telah melakukan beberapa studi tentang air mata dan menemukan bahwa air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun.
Tapi jangan salah, keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.

5. Mengurangi stres

Bagaimana menangis bisa mengurangi stres ? Air mata ternyata juga mengeluarkan hormon stres yang terdapat dalam tubuh yaitu “endorphin leucine-enkaphalin” dan “prolactin.”
Selain menurunkan level stres, air mata juga membantu melawan penyakit-2 yang disebabkan oleh stres seperti tekanan darah tinggi.

6. Membangun komunitas

Selain baik untuk kesehatan fisik, menangis juga bisa membantu seseorang membangun sebuah komunitas. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya di depan teman"nya atau seseorang yang bisa memberikan dukungan, dan hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan juga bersosialisasi.

7. Melegakan perasaan

Semua orang rasanya merasa demikian. Meskipun kamu didera berbagai macam masalah dan cobaan, namun setelah menangis biasanya akan muncul perasaan lega.
Setelah menangis, sistem limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, dan hal itu membuat seseorang merasa lebih baik dan lega. Keluarkanlah masalah di pikiranmu lewat menangis, jangan dipendam karena kamu bisa menangis meledak-ledak.


Nah,, dengan mengetahui 7 manfaat menangis buat kesehatan, jadi kalo kamu pengen nangis, menangislah bila harus menangis karna kita semua manusia.. ?? Luapkan semua perasaan sedih atau marah kamu dengan menangis.



.: Artikel Lain :. (http://idws.in/68230)

Catam
01-05-2011, 01:14 PM
1. Membantu penglihatan

Air mata ternyata membantu penglihatan seseorang, jadi bukan hanya mata itu sendiri. Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata yang bisa membuat penglihatan menjadi kabur.

Waduh gak salah ni... dengan berkedip aja kan cairan mata (airmata) udah otomatis membasahi membran..
kalo nangis justru cairannya keluar berlebiahan hingga tumpah, kotoran masuk atau mata kering setalah nangis karena kelenjar airmata udah memforsir cairannya secara berlebihan.. :???:

jendul08
01-05-2011, 08:29 PM
Waduh gak salah ni... dengan berkedip aja kan cairan mata (airmata) udah otomatis membasahi membran..
kalo nangis justru cairannya keluar berlebiahan hingga tumpah, kotoran masuk atau mata kering setalah nangis karena kelenjar airmata udah memforsir cairannya secara berlebihan.. :???:

Bukan gan.. malah air mata yang dihasilkan dari kelenjar air mata itu malah membersihkan mata dari bakteri dan kotoran yang ada di mata, yang nanti kotorannya itu sebagian masuk ke hidung dan sebagian ke bagian pinggir mata (karunkula lakrimalis) yang di sebut sebagai BELEK.

dyelewer
01-05-2011, 08:51 PM
setuju bro,, gw copas ya..
soalnya dari dulu gw yakin nangis itu baik kok..
terlepas masalah cengeng atau ngga...


anyway sumbernya mana ???
atau ini kreasi sendiri..

Artanis
01-05-2011, 10:53 PM
menangis itu trnyata sehat.. :fufufu:

untuk point 3, 5, 7 mmg bner itu..
soalnya mmg klo liat yg lgi yg abis nangis kek nya perasaan nya lega dan trlihat dia kek punya mood lgi..
tpi untuk bbrpa org mngkin ga ngaruh ke mood nya.. malah kbalikannya kbanyakannya..

Pariaman
01-05-2011, 11:39 PM
menangis banyak manfaatnya.

masalahnya masih berkembang di masyarakat bahwa menangis bagi lelaki dewasa adalah hal yang tidak jantan.

saya jadi iri kepada wanita

kuroneko23
02-05-2011, 12:39 AM
nangis tu bikin perasaan lega
kalo abis nangis perasaan pasti santai..

Inesu
02-05-2011, 01:25 AM
Setuju :top:
Menangis bisa membuat perasaan lbh lega :top:

Catam
02-05-2011, 10:10 AM
Bukan gan.. malah air mata yang dihasilkan dari kelenjar air mata itu malah membersihkan mata dari bakteri dan kotoran yang ada di mata, yang nanti kotorannya itu sebagian masuk ke hidung dan sebagian ke bagian pinggir mata (karunkula lakrimalis) yang di sebut sebagai BELEK.

oo gitu ya.. thx infonya. :xiexie:
soalnya gw liat org yg abis nangis matanya merah, entah karena itu diusap pake tangan yg banyak bakterinya mungkin juga..
Gw udah lupa kapan terakhir kali nangis, kalo sedih baisanya jungkir balik, olah raga, dan lari/jogging :lalala:

DonWeirdo
02-05-2011, 11:35 AM
Ternyata banyak banget manfaatnya dari sisi kesehatan
Yang gw rasain sih perasaan jadi lebih enak dan lega kalo udah nangis.
Jadi lebih siap untuk terus melangkah

Juve1897
02-05-2011, 11:40 AM
Ternyata menangis banyak manfaatnya ya?
Jadi "Menangislah sebelum menangis itu dilarang" :hahai:
:niceinfo:

michaelfabregas
02-05-2011, 03:06 PM
menangis memang penuh manfaat...

:top:

perasaan berasa lebih lega...

KidLeader
16-05-2011, 08:03 AM
Ternyata menangis bisa menghilangkan stress...:kaget:

orang-orang kebanyakan nangis sih kalo lagi strees...:hehe:

tienming
16-05-2011, 10:10 AM
nice inpo gan.
tambahan manfaat menangis: mempertahankan hubungan rumah tangga