PDA

View Full Version : Discussion Bolehkah Bulu Hidung Dicabuti?



3Volution
03-05-2011, 05:08 PM
http://2.bp.blogspot.com/-l8-ExzvSjw4/Taq48M7phkI/AAAAAAAAB2Q/IZnMGHq5ZRQ/s400/hidung-ts-dalam.jpg


Jika dibiarkan terlalu panjang, rambut hidung memang dapat mengganggu penampilan sehingga perlu dirapikan. Sebaiknya dipotong dengan gunting khusus, jangan dicabut karena lebih berisiko memicu infeksi maupun radang di rongga hidung.

Rambut hidung yang dicabut akan segera digantikan oleh rambut baru yang tumbuh di kelenjar atau kantong rambut. Seperti halnya rambut-rambut di permukaan tubuh yang lain, rambut hidung juga punya risiko tumbuh ke dalam lapisan kulit (ingrown nasal hair).

Rambut yang tumbuh ke dalam tidak muncul ke permukaan kulit melainkan masuk ke dalam kulit dan disebut extrafollicular penetration. Akibatnya adalah radang di sekitar kelenjar atau kantong rambut, yang kadang-kadang bisa disertai infeksi bakteri.

Selain bengkak kemerahan, gejala yang sering menyertai ingrown nasal hair adalah rasa nyeri di rongga hidung di sekitar tempat tumbuhnya rambut. Sekilas, benjolan tersebut mirip jerawat namun bukan disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak.

Umumnya ingrown nasal hair akan sembuh dengan sendirinya ketika ujung rambut sudah menemukan jalan untuk menembus keluar permukaan kulit. Namun prosesnya kadang makan waktu dan selama itu akan terasa sangat sakit, terutama jika hidungnya dipencet.

Untuk mempercepat kemunculan rambut hidung ke permukaan, sering-seringlah mengompres hidung dengan air panas agar peredaran darahnya lancar dan pori-pori kulit membuka. Jika memungkinkan, gosok perlahan dengan handuk bersih yang dimasukkan lewat lubang hidung.

Hati-hati jangan terlalu keras menggosoknya, agar tidak terjadi luka yang bisa memicu infeksi. Dikutip dari Livestrong, risiko infeksi sangat besar karena rongga hidung merupakan salah satu tempat berkumpulnya bakteri Staphylococcus aureus penyebab bisul.

Sementara itu untuk mencegah ingrown nasal hair, sebaiknya jangan mencabuti bulu hidung dengan pinset. Cara aman untuk merapikannya adalah memotongnya dengan gunting khusus dan jangan terlalu pendek karena fungsi rambut hidung adalah menyaring debu agar tidak masuk saluran napas





untuk penjual pencabut bulu hidung,maaf saya tidak bermaksut untuk memprovokasi terhadap produk anda

hidey-holey
25-05-2011, 05:45 AM
yup, lebih baik dipotong, jangan dicabut,
sebagai perbandingan, kumis sama "itu" saja kalo dibacut bisa bikin iritasi, padahal kulit tumbuhnya lebih tebal dari hidung.

Yang jadi masalah, ga semua orang bisa beli pemotongnya,
saia pernah mau beli, harganya mahal skali, ga jadi deh:p

reweleyD
25-05-2011, 06:06 AM
wegh,, kadang kalau ngupil bulou idungnya ikut kecabut bro..

kalo ga sengaja ga masalah kan,,

shinigamidika
25-05-2011, 06:14 AM
ane lbh sering menyacutnya nih...berbahya ya...cz gak punya alat khususnya juga:dead:
jadi terpaksa dicabut ja,,,

free_2ef
25-05-2011, 07:03 AM
Dicabut ternyata bahaya ya :bloon:
Biasanya emang bikin geli2 di hidung mpe bisa bersin. Mungkin karena banyak syaraf. Kadang sampe bikin mata berair.

HcDohl
25-05-2011, 10:11 AM
gak boleh dicabut yah....

kalau bulu di ketek, boleh gak dicabutin tuh ?

dengar2 kan di ketek banyak pembuluh darah...

Sniper_king
30-10-2011, 07:17 AM
oh ternyata bahaya ya klo di cabut :bloon:

jadi meti pake alatnya semacem piso cukur khusus gitu :hmm:

ultrasheen
30-10-2011, 07:33 AM
yup, lebih baik dipotong, jangan dicabut,
sebagai perbandingan, kumis sama "itu" saja kalo dibacut bisa bikin iritasi, padahal kulit tumbuhnya lebih tebal dari hidung.

Yang jadi masalah, ga semua orang bisa beli pemotongnya,
saia pernah mau beli, harganya mahal skali, ga jadi deh:p

setuju nih.. lgpula kalo dicabut tar ga ad yg saring kotoran yg masuk :D

eternal
30-10-2011, 01:51 PM
ane baru tau ternyata bisa juga rambut idung tumbuh ke dalem..
ga kebayang sakitnya gimana.. hahaha
kalo bisa sakit gini kenapa org2 pada bikin pencabut bulu idung ya..

ultrasheen
30-10-2011, 08:03 PM
ane baru tau ternyata bisa juga rambut idung tumbuh ke dalem..
ga kebayang sakitnya gimana.. hahaha
kalo bisa sakit gini kenapa org2 pada bikin pencabut bulu idung ya..

biar berasa sensasinya gan :p

nueulais
30-10-2011, 09:15 PM
sakit gan d cabutin
mnding cukur aj

douglassyakur
30-10-2011, 09:41 PM
haiz bahaya juga tuh.. tapi kalo alat pemotongnya nusuk idung itungannya sama aj :p

klausser
31-10-2011, 03:31 PM
ga usah dicabutin gan...
ntar juga biasanya rontok sendiri...

linkgukguk
31-10-2011, 03:54 PM
di pangkas aj kalo bulu idung udah pada offside mpe nongol ke luar lobang idung..... ahhaha

major_main
31-10-2011, 04:02 PM
ane gak pernah nyabutin bulu idung walaupun panjang-panjang :peace:
kalo mau beli cukur bulu idung dimana ya?

thecupu
01-11-2011, 11:03 PM
bukannya bulu hidung berfungsi sebagai saringan?
memfilter udara udara yang masuk keparu paru

di cabut sih sebaiknya jangan
mending di potong saja klo sudah melewati batas hidung
biar penampilan jiga d jaga

fragantia
01-11-2011, 11:26 PM
bulu hidung emang bikin geli, jadinya mau bersin terus....:swt:
sedang nabung buat beli pemotong bulu hidung


biar berasa sensasinya gan :p

:shock1:

lawrence3
02-11-2011, 12:31 PM
ane sering nyabut tuh, ternyata cukup berbahaya juga ya. Untung bahaya infeksinya gak terlalu parah, soalnya kadang bulu idung itu mengganggu dan agak bikin gatal kalo gak segera dicabut..

deathscythe666
02-11-2011, 01:53 PM
Bulu idung Ketarik dikit ja dah sakit, palagi di cabut :swt:
bulu2 yg laen jg ga pernah gw cabut, sakit sih mending di gunting


ga usah dicabutin gan...
ntar juga biasanya rontok sendiri...
yoi, pa lagi pas ngupil :lol:

raskhy
02-11-2011, 03:06 PM
padahal ane berpendapat mending di cabut soalnya biar g cepet tumbuh lagi,,jadi lebih sering ane cabutin aja...

elmambast
02-11-2011, 09:01 PM
kgak nyadar nich...

sebelum baca ini... ane juga belom tahuuuu

ternyata ada sedemikian beratnya sebab hal simple ituuu

taufik87
02-11-2011, 09:26 PM
daripada jadi masalah mending panjangin aja ga sekalian,, hehe,,

tapi emang setiap bagian tubuh kita ada fungsinya, jangan sampe diilangin gan,,

reinhardt21
07-11-2011, 01:08 PM
waaaahh bhaya yaa kl nyabut2 aj tuhh bulu hidung?? waaaahh ga lg2 dehh mulai skrg, brarti hrs bli gunting khusus bwt bulu idung dahh,.,

YujiSakai
17-11-2011, 03:25 PM
ane juga pernah ngecabutin bulu hidung..
tapi cuman 1 atau 2 bulu aja, itu pun paling cuman beberapa minggu sekali..
soalnya ngganggu banget kalo ada bulu hidung hidung yg panjang + tebel.. ~_~

Di4m0nD
28-11-2011, 10:21 PM
sebener nya bukan cuman bulu hidung, bulu2 yg lain juga lebih baik jangan dicabut
bahaya, bisa iritasi, kalo parah bisa2 infeksi...

supermelon
29-11-2011, 06:27 AM
ane kalo lagi iseng cabut bulu gan,
abis rasanya semriwing gitu, sakit tapi nagih wkwkwkw

sprypon
29-11-2011, 11:43 AM
ga pernah di potong.... dah kebiasan di cabut.... tapi yang panjang doang....

Iya_an
05-09-2012, 05:48 PM
Makin lengkap aja teori n riset para ilmuwan, suatu ketika akan di temukan tidak boleh ngupil kecuali pakai alat khusus.. :obhoho:

DarthSkywalker
05-09-2012, 07:22 PM
Nyabut bulu hidung tuh ada sensasinya, :hahai:


cukup digunting aja kalo udh gondrong

hydenista
08-09-2012, 05:58 PM
Kalo ane suka di gunting
Pake gunting kuku kecil, tapi khusus buat idung doang
Ga dipake di kaki, jijay hahaha

Reyn15
09-09-2012, 08:02 AM
Klau lebat betul, ya bisa dicabut.
Tapi jangan banyak-banyak ntar gak ada yang nyaring kotoran :ehem:

LemonSoju
09-09-2012, 11:52 AM
gue biasa potong
dicabut sakit :(

marlinkrodz
07-10-2012, 07:39 PM
Klo nyabut bulu hidung koq jadi nangis ya?

yakuzarysad
15-10-2012, 04:30 PM
wegh,, kadang kalau ngupil bulou idungnya ikut kecabut bro..

kalo ga sengaja ga masalah kan,,

ane juga sering terjadi nih kasus kayak gini.
kira2 gimana tuh solusinya ?
apakah harus dipotong dulu sebelum ngupil ?

premankemayoran
15-10-2012, 06:20 PM
nggak boleh dicabut ya? bagusnya dipotong aja?

jampanx
15-10-2012, 06:35 PM
digunting aja kali KK,,jgn dicabut...kadang bisa berdarah.

sakit klo nyabut bulu hidung,,ampe mata berkaca-kaca....perihhhh

DarthSkywalker
15-10-2012, 09:17 PM
Kemarin ane ngupil, terus gak sengaja kecabut bulu hidung ane,


gak tanggung2 ampe 5 helai rambut yg kecabut, langsung bersin2 gak karuan ane :hahai:


rasanya ngeri2 sedap :oghoho:

sutanto_wen
11-11-2012, 11:43 AM
gw pernah cabut tuh bulu hidung, sakitnya maknyoss... sampe nangis...

GFA
20-12-2012, 11:00 PM
ane juga pernah nyabut bulu hidung rasanya emang sakit eh ternyata ada bahayanya

vanflasher
20-12-2012, 11:05 PM
mencabut bulu hidung tu ada seninya gan.. kalo udah kecabut rasanya plong,
pa lagi kalo dapet bonus upil :D

GaleRareglove
08-10-2013, 08:21 PM
emang bulu hidung boleh dicabut yaa??
ane mah biasanya bulu hidung ikut kecabut bareng ingus klo ane lagi flu

yoonz14
08-10-2013, 11:53 PM
Wih eke belum pernah selama ini nyabut bulu hidung
sakit banget pasti
orang kadang kalau ada jerawat kecil gitu, di sentuh aja langsung sakit xD
kayak gitu juga kali ya wkwkwkwk

thanks for share~

clownly
10-10-2013, 11:05 PM
Ane kadang dicabut haduh. Cukurnya sih hati-hati gan pake cukuran khusus gitu. Ngeri juga kalo tumbuh ke dalam.

renren
12-10-2013, 07:49 PM
Ga kebayang kalo nyabutin bulu idung..
Pasti berasa sakit.. Belum lagi bisa infeksi..
Kayanya mang d gunting yang paling aman n ga beresiko..
Tapi kalo soal rambut bisa tumbuh ke dalam baru tau ane..
Ngeri banget ampe efeknya bs bikin sakit..

Yandi13
14-10-2013, 04:05 AM
wah ternyata bahaya :panik:
saya dlu sering narik2 bulu idung supaya bersin... habis rasanya enak :cihuy:
makasih deh infonya jadi lebih ngerti skrg

Yandi13
14-10-2013, 04:07 AM
oh iya ada yg punya info seperti apa bentuk pencukur bulu hidung itu ?
tp bukannya kalo di cukur malah makin panjang yah ?

prasaan ane seumur idup bulu idung cuma segini2 aja panjang nya. . itu normal ga ?:hahai:

amurokok
14-10-2013, 07:47 AM
kalo kumis suka ane cabutin pake tangan

joewono
14-10-2013, 10:57 PM
Baru tahu saya kl ada akibat yabg seperti itu :panda:

Saya sih lumayan sering nyabutnya
:dead:

sayafer
14-10-2013, 11:19 PM
waduh, nyabut bulu idung kan sakit tuh
ane sih seringnye motong doang
tapi suka gak sengaja kecabut juga tuh kalo lagi ngupil

Yandi13
14-10-2013, 11:25 PM
waduh, nyabut bulu idung kan sakit tuh
ane sih seringnye motong doang
tapi suka gak sengaja kecabut juga tuh kalo lagi ngupil

klo yg suka ikut kecabut pas ngupil mungkin itu yg uda rontok kali yah ? soalnya ga kerasa sakit kan :???:

tc_print
19-12-2013, 02:50 PM
mendingan dicukur pake gunting kecil....

sasongko999
20-12-2013, 01:38 PM
mungkin tidak dicabut...tetapi cukup dipotong saja agar tidak terlihat...

Hineshi
24-12-2013, 02:02 PM
wah.. saya banyak kecabut ga sengaja nih... abis kadang gatel, di garuk eh bulunya ngikut hehew..

minatoshi
25-12-2013, 07:28 AM
kadang kalo gak bisa digunting ane cabut krn mengganggu gitu

radityakris
25-12-2013, 07:50 PM
ane punya kebiasaan nyabut bulu idung gan , setelah baca postingan ini kok jadi takut ya :takut: . soalnya kalo ga di cabut jatohnya jelek banget muka ane (emang dasarnya udah jelek sih )

redlovekita
27-12-2013, 10:13 AM
ane juga sering nyabutin bulu hidung gan, habisnya klo gk dicabut, sampai keluar hidung dan malah risih.

c00l357
28-12-2013, 09:24 AM
kalo ane biasanya cabut yang panjang aja toh cuman 1-2helai

Gieszli
23-02-2014, 02:42 PM
Bulu hidung mengganggu kalo terlihat keluar dari lubang hidung..selain tidak sedap dipandang, hal itu dapat menyebabkan gatal pada bagian luar hidung. . cara yg baik utk mengatasi itu yaa digunting. . jgn dicabuuut lhaaa :D

alkyl
24-02-2014, 08:47 PM
ga boleh gan
soalnya ntar debu bisa masuk
kalo debu masuk bubar wes paru parune

MariPestaRia
19-03-2014, 05:44 PM
Smakin DIpotong kan akan semakin panjang.... amkin keliatan donkk