PDA

View Full Version : SBY presiden ke 8? Cekidot gan!!![Baca page 1-3 dulu]



taufickz
10-05-2011, 11:01 PM
nih gan, ane dapet info dari sebuah grup di fb yang ngirimin ane inbox, katanya tuh SBY presiden RI ke -8! bener gak sih? cekidot gan :


TERJADI kekeliruan sejarah pada tulisan yang disampaikan di berbagai media massa bahwa Susilo Bambang Yudhoyono adalah presiden ke-6 Republik Indonesia (RI). Anggapan umum bahwa tokoh yang pernah menjadi Presiden RI berturut-turut Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati, dan kini SBY.

Padahal ada dua tokoh yang terlewat, yaitu Sjafruddin Prawiranegara dan Mr. Assaat. Keduanya tidak disebut, bisa karena alpa, tetapi mungkin juga disengaja. Sjafruddin Prawiranegara adalah Pemimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (1948) ketika Soekarno dan Hatta ditangkap Belanda pada awal agresi militer kedua, sedangkan Assaat adalah Presiden RI saat republik menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (1949).

nih sekrinsutnya gan :
http://photoserver.ws/images/M8ak4dc9603842acf.jpg

kalo berkenan :thx: aja, tapi yang ikhlas, makasih :peace:

takazo
22-05-2011, 06:09 PM
Baru tau gw Sby yg ke 8...
Beneran nih...

ibelibel
22-05-2011, 06:14 PM
yang 2 orang itu kayanya cuma presiden sementara doang jadi ya ga keitung kayanya :peace:

taufickz
26-05-2011, 11:21 AM
Baru tau gw Sby yg ke 8...
Beneran nih...
Kayaknya sih iya gan, ane kan cuman dapet info dari grup itu :peace:

yang 2 orang itu kayanya cuma presiden sementara doang jadi ya ga keitung kayanya :peace:
mmm, tapi walaupun sementara kan tetap presiden? mungkin tapi, :peace:

fierzyad
28-05-2011, 05:23 AM
mungkin yang dimaksud masuk itungan presiden yang kepilih lewat "PEMILU" kali...

winter_winds
28-05-2011, 05:41 AM
yang dimaksud kan presiden resmi Republik Indonesia :rokok:

yg 2 itu kan bukan Republik Indonesia negaranya :haha:

sp4rkfist
28-05-2011, 06:30 AM
mungkin karena mereka hanya mengambil alih tugas kepresidenan karena soekarno-hatta diasingkan oleh belanda
secara teknis presiden RI saat itu tetaplah Soekarno:peace:


mungkin yang dimaksud masuk itungan presiden yang kepilih lewat "PEMILU" kali...

presiden pertama gak kepilih lewat pemilu lho:haha:

anggayasha
28-05-2011, 08:29 AM
di artikelnya sendiri sudah jelas kalau mereka bukan presiden REPUBLIK INDONESIA


Sjafruddin Prawiranegara adalah Pemimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (1948) ketika Soekarno dan Hatta ditangkap Belanda pada awal agresi militer kedua, sedangkan Assaat adalah Presiden RI saat republik menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (1949).

skyers64ul
28-05-2011, 09:39 AM
beneran nih???
wah info bgs nih gw ajak debat ahh guru ama kepsek di sklh gw wkwkwkkk

SHF
28-05-2011, 10:21 AM
wkwkkwkwkwk,,,,rancu nih :D

taufickz
02-06-2011, 05:37 PM
setelah ane baca - baca lagi gan, ternyata emang bener yang 2 itu presiden indonesia, tapi emang sifatnya sementara, harusnya nih masuk pelajaran ips, tapi gak dimasukin, mungkin karena sifatnya sementara kali ya? :peace:

kanga6us
02-06-2011, 06:38 PM
mau nomor 6 atau 8, bagi ane, si kebo tetep aja presiden goblok !!
ngurusin bocah ingusan kyk MN aja gak becus, presiden kok malah bahas SMS, kelaut aja lu KEBO!!

suryaadinata
04-09-2011, 05:11 PM
klo kayak gitu di sahin, maka pasti semua artikel harus diubah dong

1c4ru5
04-09-2011, 06:57 PM
emg penyimpangan sejarah sendiri sih dr dlu,apalagi sejarah di indonesia itu abu2
serba salah :lol:
apalagi emg seharusnya gitu tp diakui pemerintahan&negara akui cma 6,tp para sejarawan dan budayawan akui ke 8 8nya

sbnrnya sih ada kontroversi di balik 2 presiden ini sebenarnya makanya tdk dicantumkan
yaitu ikut dalam gerakkan yang dianggap pemerintah sebagai pemberontakkan tapi sebenarnya tidak dapat digolongkan pemberontakkan tapi melainkan gerakkan protes dan resolusi untuk masalah waktu itu[karena protes tidak diakui]
gerakkan itu: PRRI-> pemerintah revolusioner Republik Indonesia
dan Permesta->perjuangan semesta/perjuangan rakyat semesta

mungkin yang dimaksud masuk itungan presiden yang kepilih lewat "PEMILU" kali...
lah kgk kok,
soekarno->aklamasi
soeharto->Supersemar[walau selanjutnya ada pemilu,tp bsa diblg itu pemilu yg sudah dipalsukan]
habibie->tugas wajib wapres ketika presiden turun
gusdur->oh sungguh sayang seribu sayang sbenarnya dia tdk jd presiden jk diitung pemilu tp melainkan wapres[yg menang bu mega] tp krn pemerintahan waktu itu trjdi konflik dan salah 1nya intinya kgk slh,tdk boleh ada wanita yg mimpin maka terputar baliklah semua jadi bu mega wapres dan gusdur presiden
megawati->toh dia sama kyk habibi berdasarkan tugas wajib ketika presiden turun
SBY->barulah ada krn pemilu
nah klo diblg berdasarkan pemilu maka SBY adalah presiden ke 1 dong :lol:

yang dimaksud kan presiden resmi Republik Indonesia :rokok:

yg 2 itu kan bukan Republik Indonesia negaranya :haha:
jelas jg termasuk republik indonesia :cerutu:
bukti
ketika saat itu belanda nyerang yogya
soekarno beserta kabinet mengirimkan pesan ke amir syariffudin prawira negara
BUATLAH PEMERINTAH DARURAT REPUBLIK,KARENA REPUBLIK TELAH DISERANG ABIS
kira2 gitu lah bunyi nya,dan sebuah telegraf ke india[lupa ke sapa yg penting delegasi republik yg msih blm diakui dunia untuk berada dpn PBB dan india]bahwa jika pemerintah darurat gagal oleh amir maka siap siaga mobilisasi pemerintahan dalam pembuangan[di india]
tp sygnya surat itu smpai berbulan bulan stlh pemerintah darurat dibentuk[amir waktu itu lgi di sumbar,dia menteri keuangan/ekonomi jika waktu sekarang]dengan inisiatif sendiri dia mendirikannya beserta gubernur2 sumatera,dengan tentara yg ada[surat blm sampai jd itu jg idenya sendiri]
dan PDRI sukses kok,akhirnya ketika perundingan renville[CMIIW] republik sudah diakui maka amir syariffuin prawira negara menyerahkan kekuatan kekuasaan presiden[presiden PDRI] kepada Ir.Soekarno

sdgkan Mr.Assat menjadi presiden RI ketika pengakuan belanda hanyalah indonesia dalam bentuk federasi serikat[Republik Indonesia Serikat sebagai induk dan di dalamnya banyak negara]
nah untuk melindungi nama republik indonesia,dan mempertahankannya[klo tdk ada sama aja bukan indonesia yang merdeka :lol:]
maka di dalam negara serikat itu disertakan negara Republik Indonesia yang berwilayah di sekitar DKI Jakarta sekarang
yang dipimpin Mr.Assat
ketika UU Serikat tdk cocok maka Soekarno mengmumkan untuk kembali ke NKRI maka seluruh Negara Serikat ada yang melebur kan diri[sadar dari daerah],ada yang dipaksa meleburkan diri[diminta pemerintah pusat] dan ada jg yg diserang[krn mengambil kesempatan untuk memberontak membentuk negara sendiri]
maka stlh kembali ke NKRI soekarno sebagai presiden serikat menjadi presiden RI dan assat memberikan kedudukannya kepada soekarno
dan Hatta yang tadinya perdana menteri serikat menjadi wapres

di artikelnya sendiri sudah jelas kalau mereka bukan presiden REPUBLIK INDONESIA

:lol: itu cma bentuk pemerintahannya saja
ibaratnya pemerintah darurat krn negara sedang kacau dan PDRI sebagai solusinya jk gagal maka pemerintah menjadi pemerintah dalam pembuangan
RIS lebih dlm bentuk indonesia tapi dalam bentuk republik yang bersistem serikat
NB: bentuk pemerintahan -> republik dan monarki
republik->serikat dan kesatuan,monarki->absolut,kontisusi
dan ada campuran monarki federasi[monarki serikat] kyk malaysia[walau lebih ke republik]
klo ideologi baru ada komunis liberal kapitalis fasis demokrasi,demokrasi pancasila dll



setelah ane baca - baca lagi gan, ternyata emang bener yang 2 itu presiden indonesia, tapi emang sifatnya sementara, harusnya nih masuk pelajaran ips, tapi gak dimasukin, mungkin karena sifatnya sementara kali ya? :peace:
ente kelas rapa?
setw gw ya dr dlu emg sudah diajarkan[jgn harap pas orde baru deh krn orba memalsukan sejarah]
skrg aja setw gw dr smp kelas 2 sdh diajarin walau sekilas dan smp kelas 3 scara dalam

ariell
04-09-2011, 07:03 PM
sudah byk jg yah :lol:

lanjut ya

phunixid
07-09-2011, 11:20 PM
tergantung sudut pandangya juga

karena memang tafsir presiden RI itu rumit

karena ada juga Mr. Syafrudin Prawiranegara yang ditunjuk jadi pejabat presiden

sebaiknya kita luruskan dulu (para pakar pendidikan dan departemen pendidikan) apa itu definisi presiden RI menurut Sejarah

harunomasu
08-09-2011, 01:35 PM
mungkin karena status yang pertama juga presiden sementara jadi tidak dicantumkan sebagai presiden resmi RI :)
dan yang kedua kan presiden Republik Indonesia Serikat, dan bukannya RI, jadi mungkin karena itu juga nda di itung sebagai presiden RI~

jerukno15
08-09-2011, 02:54 PM
yang 2 itu bukan presiden RI, tapi presiden sementara Indonesia bentukan Belanda namanya RIS kalau gak salah.
karena waktu itu posisi presiden nya kosong n pusatnya pindah ke bukittinggi dan jogja.

vynil_12
08-09-2011, 04:04 PM
kayaknya ini salah kamar deh, bukannya ada sf sejarah?
susah juga ngejawabnya, kalo ada ga sumber yang terpercaya

tuan_buncis2002
08-09-2011, 04:47 PM
gw ngikutin pemerintah deh, yg mengakui 6 saja
lagipula, peran 2 orang tsb terkesan kurang
ga ada sesuatu yg "wah" saat mereka memimpin

ChandryCrusher
08-09-2011, 06:33 PM
berarti keduanya setelah pemerintahan Soekarno?
Dengar-dengar dari guru sejarah gw,
katanya memang, ada 8 orang Presiden. Tapi kedua orang yg anda sebut itu "gak dianggap" dalam list, karena mereka hanya sebagai " backup convoy" yang memerintah PDRI, bukan RI.
maka itu nama mereka tidak disebut dalam list :(

phunixid
08-09-2011, 10:05 PM
berarti keduanya setelah pemerintahan Soekarno?
Dengar-dengar dari guru sejarah gw,
katanya memang, ada 8 orang Presiden. Tapi kedua orang yg anda sebut itu "gak dianggap" dalam list, karena mereka hanya sebagai " backup convoy" yang memerintah PDRI, bukan RI.
maka itu nama mereka tidak disebut dalam list :(

ya
tetapi mereka tetap diperlakukan selayaknya presiden
kalau gak kita bisa dicap sebagai bangsa yang tidak tahu diri

1c4ru5
08-09-2011, 10:20 PM
kayaknya ini salah kamar deh, bukannya ada sf sejarah?
susah juga ngejawabnya, kalo ada ga sumber yang terpercaya
:swt:
lol?mw ngelawak ?
ini gw malah setuju ke komunitas krn memberi tahu,dan lebih ke umum
gw sama anak2 di edu dan sej jg psti lbh setuju ini di komu/sf bwt khalayak umum bisa baca sih
krn ini skdr memberi tahu
sdgkan di edu dan sej artikelnya apalagi ini mw dipindahin ke sna jg gk gn krn uda ada trit yg membahasnya[Assat dan syariffudin]
sumber?lah toh dr arsip buku2 sejarawan pengakuan negara lain arsip di negara lain
daftar diplomasi negara jg ada kok ini trutama pas zaman2 mrka

gw ngikutin pemerintah deh, yg mengakui 6 saja
lagipula, peran 2 orang tsb terkesan kurang
ga ada sesuatu yg "wah" saat mereka memimpin
lah?wah apaan?
2org kgk penting/terkesan kurang perannya?
asal gw blg klo 2org ini kgk ada
maka pada waktu itu RI sudah hilang dan tdk diakui dunia dan sama saja sia2 17agustus sumpah pemuda dll
krn klo syariffudin gk ada->belanda menang dan kembali terjajah
assat gk ada?RI udah kgk ada lgi alias berganti jdi negara lain :lol:
dan mirisnya negara itu kgk ada pundi2 sumber hukum NKRI[proklamasi,UUD 1945,PANCASILA,SANG SAKA MERAH PUTIH,SUMPAH PEMUDA]
dan malah ideologi lain
so?no offense LoL

edit: soal yg wah2 itu
gw tny?selaen soekarno apakah ada wah lainnya?
palingan soeharto krn pemerintahan tergolong lama,dan krn sistem ekonomi yg pinjam minjam numbok,dll nya yg bsa maju tp skli gagal maka jd gatot
nah selaen itu?Habibie?kgk ada yg wah tp orgnya trmsuk tingkat atas,tp pd ms pemerintahannya tidak ada yg wah
trs Gus dur?Pluralisme merupakan hal yang wah ke 3 sebenarnya!dari kebersatuan tinggi pluralisme trs jatuh pada masa orba dan pada masa gus dur mendadak ada dan mulai ditanam kembali merupakan suatu restorasi yang wah!
megawati?sayangnya seribu sayang pada masa pemerintahan tdk ada yg agak terkesan wah!plgan hny sbgai icon keluarga sukarno,peristiwa GAM,dsbnya
SBY?lah kyknya yg plg edan nih tp walau ekonominya lmyan dr jaman reformasi awal2 tp ttp sja kyknya plg krg wah!


berarti keduanya setelah pemerintahan Soekarno?
Dengar-dengar dari guru sejarah gw,
katanya memang, ada 8 orang Presiden. Tapi kedua orang yg anda sebut itu "gak dianggap" dalam list, karena mereka hanya sebagai " backup convoy" yang memerintah PDRI, bukan RI.
maka itu nama mereka tidak disebut dalam list :(
lah?oke lah atas nama PEMERINTAHAN DARURAT,tp assat?toh bner2 RI[ibaratnya NKRI digunting2 dan jadi bnyk pecahan,trs bnyk membentuk negara sendiri tp hny sbgian kecil RI yng tersisa trs bergabung lah negara2 bru itu dengan RI ke dalam liga federasi,nah berarti RIS itu sudah beda ama RI,dimn RIS bisa diblg lembaga pemersatu/negara yg dihasilkan dr negara yg ikut lembaga yg bersatu tsb sdgkan RI adalah negara yg jdi anggota di dalamnya,tp menurut hukum federasi serikat,maka nama yg dipakai adalahj nama federasi berarti RI tidak dikenal dunia lagi sebagai negara melainkan negara bagian[setingkat provinsi] melainkan RIS yang dikenal sbgi negara]

SankareaCiel
08-09-2011, 11:40 PM
dari artikelnya juga ada udah ada kalo bukan Presiden Indonesia, coba di bold ato di italic kata2 "Pemimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dan Republik Indonesia Serikat" :lalala:

1c4ru5
09-09-2011, 04:05 PM
dari artikelnya juga ada udah ada kalo bukan Presiden Indonesia, coba di bold ato di italic kata2 "Pemimpin Pemerintahan Darurat Republik Indonesia dan Republik Indonesia Serikat" :lalala:

lo mw ngelawak jg?
da ditekankan sebelumnya! itu
okelah anggap lo PDRI ada pemerintah daruratnya
sbenarnya ini sebutan dari sandi organisasi biar mudah disebut dan dibedakan dgn RI yg waktu itu hancur
dan PDRI ibarat pemerintahan dalam pembuangan tapi di tanah sendiri[kyk kasus nepal dalam pembuangan tp bkn di tanah sendiri tp pny pemerintahan dll,dan ttp diakui dunia itu nepal] nah kasus kek nepal ini lah yg trjdi dlu di indonesia
dan oleh pihak internasional trutama PBB diberi nama PDRI untuk pemudahan bahasan
RIS?lo tw kgk arti federasi/bentuk negara serikat?
trs lo blg,mtg2 trgbung smua berarti indonesia di dlm ris kgk diakui?tetep aja diakui LoL
jgn asal ceplas ceplos deh :iii: bca dlu pej 2 dan 3