PDA

View Full Version : Kebiasaan BURUK yg MENYEBABKAN GIGI MONCONG



jHony
17-03-2009, 08:13 PM
http://i496.photobucket.com/albums/rr327/noviesrimaulani/Smile.jpg

Kebiasaan buruk yang dilakukan pada masa kanak-kanak, bisa menyebabkan gigi moncong (maloklusi). Misalnya menghisap jari jempol, pensil, dan lain sebagainya.

Menurut dokter gigi di Rumah Sakit Mardi Rahayu Rikko Hudyono, kebiasaan menggigit jari, bisa menyebabkan gigi maju pada bagian depan (protrusi). Meletakkan lidah di antara gigi rahang atas dan bawah juga bisa menyebabkan gigi menjadi maju dan renggang. ”Ngedot sampai usia SD, bernafas melalui mulut, pencabutan atau kehilangan gigi terlalu dini, dan kerusakan gigi yang luas pada masa anak-anak (karies rampan), itu semua termasuk penyebab, kenapa gigi bisa tumbuh moncong,”

Selain faktor kebiasaan buruk, pertumbuhan gigi yang kurang normal juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor skeletal. Faktor genetik, dipengaruhi oleh keturunan. Misalnya seorang ayah yang mempunyai rahang besar dengan gigi besar, dan ibu mempunyai rahang kecil dengan gigi kecil. Mempunyai anak yang rahangnya meniru ibu, dan gigi meniru bapak. Hal ini dapat menyebabkan gigi berdesakan. ”Tapi, kalau anak meniru rahang bapak dan gigi meniru ibu, susunan giginya akan terlihat renggang,” jelasnya melalui koran ini, kemarin.

Sementara faktor skeletal, yaitu majunya gigi dan bentuk wajah dipengaruhi oleh bentuk rahang. Misalnya bentuk rahang atas yang menonjol ke depan, akan menyebabkan gigi tampak maju, dan bentuk wajah menjadi cembung.
”Atau sebaliknya, rahang bawah lebih pesat pertumbuhannya dibandingkan rahang atas, sehingga bentuk wajah menjadi cekung, dan terjadi gigitan terbalik, yaitu gigi depan terletak di belakang gigi bawah,” ujarnya.
Pertumbuhan gigi yang kurang normal tersebut, memang sulit di atasi untuk yang dipengaruhi oleh faktor genetik dan skeletal. Tapi kalau penyebabnya karena kebiasaan buruk, masih bisa teratasi. “Untuk mencegahnya hindari kebiasaan buruk dan dilanjutkan dengan perawatan ortodonsia

gerry1990
24-09-2009, 09:01 PM
wah,menjaga penampilan gigi emang penting bgt,biasanya kita telat menyadari kalo ada kelainan bentuk gigi,and langsung aja deh pakai behel buat solusi nya,,
dengan info di atas jadi bisa buat pencegahan buat anak2 ntar. . :fufufu:

russie_mdr
10-10-2009, 09:56 AM
watuh, sejak kecil kudu pake` behel ya?
ribet banget. apa gak ada cara laen yg lebih simple?

Erik
10-10-2009, 10:45 AM
kebiasaan ngedot bisa sampe bikin gigi maju parah dah

V U DEN
10-10-2009, 10:57 AM
makanan katany mempengaruhi juga gan...

klo kbnyakan makan yg keras2, daging misalny, bisa bikin gigi maju....

KeKarta
10-10-2009, 03:19 PM
nice info..

wah parah gara2 ngedot keseringan pas sd bisa maju giginya.. swt..

mesti di ajarin ke anak kecil biar gk maju giginya..

shinobi32
10-10-2009, 08:21 PM
klo udah maju, semakin lama makin maju g sih?

irwanrahman96
10-10-2009, 08:38 PM
oh gitu toh, pantesan temen gw giginya kaya gitu... soalnya waktu kecil dia suka gigitin pensil

winxon
10-10-2009, 08:57 PM
nice info... dari kecil emang kita mesti merawat gigi... dulu wa juga sering gigit jari dan pensil... tp untung gigi saya baik-baik aja

tinktank
11-10-2009, 02:57 PM
berarti si anak ga boleh ngedot terlalu lama yah

btw itu gambar kambingnya lucu amat sih :hahai:

Kaiser82
14-10-2009, 05:28 PM
kambingnya pake kawat gigi...:takut:

vinshehe
15-10-2009, 03:46 AM
Nice share. Keep posting gan.. ^^

kodokodok
15-10-2009, 07:51 PM
jgn nenen terlalu lama bisa monyong

lubhbinka
28-04-2010, 08:16 AM
tapi kalo emang faktor turunan, mau gimana juga tetep aja giginya pada maju kedepan... wkwkwk

aero
28-04-2010, 10:15 AM
tapi kalo emang faktor turunan, mau gimana juga tetep aja giginya pada maju kedepan... wkwkwk

kasihan banget dah kalo emang dah turunan. hmmm... harus pilih-pilih istri nih biar keturunan bagus :hahai:

finoeci
28-04-2010, 12:35 PM
Kalo gw rada kedepan emg dah dari sananya, mo gimana lagi :lol:
Tapi untungnya si ga parah2 bgt.. :haha:
Pasrah aja dah,males pake kawat,hehe
Gw juga sering denger tu kalo masih kecilnya sering ngedot,ato ngisep2 jempol,bisa menyebabkan gigi tonggos gitu...

embohlah
28-04-2010, 02:17 PM
http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-59.gifwah bahaya nih
ane suka ngisep pensil/bolpoin kalo lagi nulis
http://www.indowebster.web.id/images/smilies/jeanovea/niceinfo.gifGAN

misodeus
29-04-2010, 07:04 PM
wakakakakaka...gambarnya keren euy....
penyebab2 monyong yah ini...wakakakakaka

intelpentium3
30-04-2010, 05:26 AM
gak ada kaitannya sama sekali, klo mau monyong ya monyong gak pake lain2

penjelasan ilmiahnya mana baru wa percaya... klo gennya monyong ya monyong diterima aja pemberian dariNYA dengan syukur..

galuhrestu
30-04-2010, 07:14 AM
emmm ngedot juga yach... wah kalo punya anak jangan lama-lama ngedotnya lah..

haineko
30-04-2010, 11:26 AM
neko si jagonya ngedot dulu pas bayi (katanya ibuknya neko si :yareyare:) tapi bukan ke gigi akibatnya, tapi ke bibir deh.....bisa sampe nyentuh hidung :hahai: :hahai:

tiazz
30-04-2010, 12:34 PM
tergantung struktur giginya jg x ya...
klu giginya emg besar tapi mulutnya kecil...
hehe

Animers
30-04-2010, 08:42 PM
gigi gw ada yang maju 1 tapi itu gara2 gigi udah tumbuh sebelum gigi susu nya copot

etayah
30-05-2010, 11:36 AM
o teryata gigit kuku juga bisa bikin gigi maju, aq bru tau thx infonya

asfamily
01-06-2010, 07:02 PM
gigi ku nieh, sekarang parah, tau kenapa, setengah gigi depan atas maju setengahnya lagi mundur,. ada yang tau solusinya gak selain di behel? bisa gak ngorbanin satu gigi agar bisa kembali normal gitu?

leeleek
01-06-2010, 08:28 PM
wah brarti bkn murni faktor keturunan ini ya..?

One_D
02-06-2010, 01:14 AM
makin banyak aja neh dokter gigi..karna banyak anak pada doyan ngempeng

amandadoll
02-06-2010, 10:08 AM
gigi gw berdesakan nih..pengen dirapiin..
tapi males pake behel.. ..

makasih ye tips nye, buat anak gw ntar,
biar bisa rapih giginya...:balloon:

grey_blitz
02-06-2010, 06:00 PM
biasanya gigi moncong dari keturunan. pake kawat aja

intelpentium3
10-12-2010, 11:40 PM
biasanya gigi moncong dari keturunan. pake kawat aja

setubuh om, tapi biaya kawat berapa ya kira2? masak mau pakai kawat bangunan kan gak lucu :p

icamddd
11-12-2010, 01:08 PM
wah.. gw suka iseng2 gigit2 pensil pas sekolah dulu..
untung kagak moncong hahaa

luthfilipo
11-12-2010, 02:27 PM
klo yg bikin gigi moncong jadi mundur apa bro..

invisible_woman
11-12-2010, 05:13 PM
kebiasaan gigit benda juga bisa bikin monyong tuh
:doh:

Sora_Eternity
11-12-2010, 10:12 PM
wah kaya gigi gua sedikit begitu, karna suka gigit barang gua baru tau tuh .........