PDA

View Full Version : Biology Macam-Macam Racun yang Paling Mematikan di Sekitar Lingkungan Anda



exlite69
22-05-2011, 06:26 PM
http://4.bp.blogspot.com/_TeZIY2L6s38/S8drgMYKuXI/AAAAAAAABUk/OJ2lnzqvHzc/s320/racun_mematikan.jpg

Ulasan :
Terdapat beberapa zat yang diketahui memiliki efek beracun yang bisa menyebabkan kematian. Zat yang paling dikenal beracun adalah arsenik, sianida tetrodoksin dan racun botulisme. Bagaimana zat ini dapat meracuni tubuh manusia?

Arsenik dan sianida telah banyak terlibat dalam hal keracunan baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Contoh orang yang keracunan zat ini akibat adanya kebocoran pipa gas sianida, adanya zat buang dari industri tertentu yang mengandung kedua zat ini atau secara sengaja diberikan sebagai racun.


Seperti dikutip dari Science.org.au, Kamis (15/4/2010) zat-zat di bawah ini terkenal beracun dan memiliki efek racun yang berbeda-beda, yaitu:

Sianida
Sianida terkadang masih suka digunakan di pertambangan untuk mengekstraksi emas dan perak. Hal ini yang masih menjadi kontroversi terhadap keselamatan pertambangan emas dan perak, karena kebocoran sianida bisa mempengaruhi kesehatan manusia dan makhluk hidup disekitarnya.

Sianida merupakan racun yang berpotensi mematikan, karena zat ini membuat tubuh tidak dapat menggunakan oksigen untuk mempertahankan tubuhnya. Zat ini bisa berbentuk gas seperti hidrogen sianida atau dalam bentuk kristal seperti potasium sianida atau sodium sianida.

Gas sianida dapat diserap melalui inhalasi (paru-paru), kulit atau ingesti (mulut menuju perut) dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Jika zat ini masuk ke dalam tubuh bisa menghambat kerja enzim tertentu di dalam sel, mengganggu penggunaan oksigen oleh sel dan dapat menyebabkan kematian sel. Pada dosis tertentu, zat ini dapat menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit saja akibat kekurangan oksigen.

Racun sianida biasanya dioleskan pada pinggir gelas, botol minum atau disuntikkan ke dalam batu es. Sianida hanya bereaksi sebagai hidrogen sianida bebas, oleh karena itu garam-garam yang ditelan harus bertemu dengan air atau asam lambung sebelum membebaskan asam hidro-sianida, proses ini hanya butuh waktu beberapa detik

Penggunaan racun sianida untuk bunuh diri digunakan tokoh kontroversial Nazi, Hitler yang diduga minum kapsul sianida sebelum menembakkan kepalanya.

Arsenik
Zat lain yang juga populer digunakan untuk kejahatan adalah arsenik yang merupakan unsur paling umum ke-20 di kerak bumi. Arsenik terjadi dalam berbagai bentuk, tapi zat ini akan sangat beracun apabila sebagai ion terutama jika bereaksi dengan kandungan sulfur dari enzim tertentu.

Seseorang yang terpapar zat ini dalam dosis yang tidak mematikan, kedepannya dapat menyebabkan keracunan kronis dan karsinogenik (zat penyebab kanker). Karenanya arsenik masih menjadi perdebatan terhadap keselamatan pekerja di industri yang masih menggunakan arsenik seperti insektisida atau perusahaan pembasmi gulma serta ekstraksi bijih timah dan tembaga.

Gejala-gejala keracunan arsenik akut dapat terjadi dalam dua bentuk. Pertama mengakibatkan kelumpuhan parah yang dapat terjadi dalam waktu 1-2 jam dan biasanya sering ditandai dengan tanda-tanda mengigau atau kegilaan. Sedangkan yang kedua dalam gangguan pencernaan seperti mual, sakit kepala, nyeri hebat, muntah dan diare.

Zat arsenik dapat mematikan dengan cara merusak sistem pencernaan orang tersebut sehingga menyebabkan kematian karena shock. Beberapa tokoh yang pernah keracunan arsenik adalah Napoleon Bonaparte dan Munir.

Jika berada dalam bentuk unsur, maka arsenik tidak berbahaya. Tapi jika dalam bentuk oksidanya yaitu arsen dioksida, maka bersifat racun yang berbentuk serbuk putih serta larut dalam air.

Arsenik tidak berasa dan sukar untuk dideteksi. Makanan atau minuman yang dicampur arsenik tidak akan berasa. Senyawa ini dulu disebut 'bubuk warisan' karena digunakan untuk membunuh orang agar bisa mendapatkan warisannya dan kematiannya biasanya dianggap wajar.

Hal ini pula yang terjadi pada Napoleon Bonaparte, kaisar Perancis ini sebelumnya diyakini meninggal akibat kanker lambung. Tapi setelah hampir seratus tahun baru diketahui bahwa ia meninggal akibat keracunan arsenik berdasarkan analisis rambutnya yang mengandung arsenik dengan dosis diambang batas aman.

Tetrodoksin
Zat ini biasanya terdapat di dalam ikan puffer (ikan buntal) dan bisa menyebabkan keracunan tetrodotoksin neurotoksin, ikan ini banyak terdapat di Asia terutama di Jepang. Dosis 1-2 gram tetrodoksin murni bisa mematikan dan diperkirakan efeknya melebihi sianida.

Toksin ini akan terkonsentrasi di hati, organ kelamin dan kulit binatang. Selain itu zat ini akan tetap stabil jika terkena suhu tinggi dan larut dalam air.

Zat ini berbentuk heterosiklik kecil dan molekul organiknya dapat bekerja secara langsung di saluran elektrik natrium yang aktif di jaringan saraf. Karenanya orang yang keracunan zat ini disebabkan oleh kerusakan saraf.

Orang yang keracunan tetrodoksin biasanya setelah mengonsumsi ikan puffer atau ikan buntal dalam jumlah tertentu. Namun terkadang racun ini ditemukan dalam bentuk bubuk obat yang dimasukkan ke dalam aliran darah atau melalui luka yang terbuka. Jika diberi dosis tetrodoksi dalam jumlah mematikan yaitu lebih dari 1 mg, bisa menyebabkan kematian.

Botulisme
Botulisme adalah penyakit infeksi paling berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Racun dari bakteri ini dikenal paling kuat sehingga dilarang penggunaannya sebagai senjata biologis dalam peperangan.

Infeksi racun ini menyebabkan kelumpuhan akut pada kedua sisi saraf tubuh (saraf karnial) dan saraf yang melakukan kontrol otomatis serta kesadaran dalam tubuh.

Selain itu bakteri ini dikenal sebagai bakteri anaerob yaitu dapat bertahan hidup, mereproduksi dirinya sendiri serta menghasilkan racun yang paling mematikan dan efektif pada tingkat oksigen yang sangat rendah. Racun dari bakteri ini akan menyerang sistem saraf dan membuat seseorang meninggal dengan rasa sakitnya.

Keracunan botulisme biasanya akibat makanan yang dikonsumsi atau melalui suntikan ke dalam tubuh yang dapat merusak sistem saraf serta melumpuhkan otot dengan menghambat pelepasan neurotransmitter acetycholine dari saraf.

mohon maaf apabila repost atau menyalahi aturan :maaf:
sekian, semoga berguna infonya :peace:


SUMBER : TERSELUBUNG (http://terselubung.blogspot.com/2010/05/macam-macam-racun-yang-paling-mematikan.html)

b_rebel
23-05-2011, 12:00 AM
nice info bro....
klu ikan buntal beracun kok da yg mkan juga y...?
pa da trik2 khusus buat masaknya....

fierzyad
23-05-2011, 03:53 AM
dulu orang di daerah wa sering make potasium sianida...
buat nangkep ikan...n sekarang sungai di daerah wa kondisinya sangat menyedihkan...
baru tahu klo nama ilmiah arsenik "bubuk warisan"...

seikounahito
23-05-2011, 04:14 AM
nice bang... harus hati2 ma yang namanya racun.. hehhehe
cman saran bang... dikasih gambar lebih mantap..

idwan_madza
23-05-2011, 05:52 AM
hmm..
:niceinfo:
tapi contoh-contohnya kurang lengkap kayaknya, biar kita tau aja dan lebih hati-hati di jalan.. :peace:

ary68890
23-05-2011, 06:07 AM
thank u infonya kk. mau nambahin dikit, racun botulinum bisa terdapat pada makanan kaleng yang sudah basi. jadi hati2 klo makan makanan kaleng ya, pastikan belum kadaluarsa dan kalengnya masih bagus.

chiwa_wa
23-05-2011, 12:31 PM
thank u infonya kk. mau nambahin dikit, racun botulinum bisa terdapat pada makanan kaleng yang sudah basi. jadi hati2 klo makan makanan kaleng ya, pastikan belum kadaluarsa dan kalengnya masih bagus.

kalo kemasan masih bagus n blum kadaluarsa dijamin aman kn???

joe_cfu
23-05-2011, 12:36 PM
kalo kemasan masih bagus n blum kadaluarsa dijamin aman kn???
belum tentu juga...
paling aman ya cari, barang yg kadaluarsanya maks. 1bulan sebelum habis masa kadaluarsanya..

kuroneko23
23-05-2011, 12:37 PM
yang baru saya tau cuma 2 sianida ama arsenik hahaha
kalo sianida sering di sebut waktu nonton film conan :p

Metal_Raiderz
01-06-2011, 01:20 PM
yang baru saya tau cuma 2 sianida ama arsenik hahaha
kalo sianida sering di sebut waktu nonton film conan :p

Ane juga,, selama ini ane cuma tau arsenik n sianida,, ternyata ada lagi zat beracun tingkat tinggi lainnya.. :malu2:

Btw dulu pernah beredar kabar klo si Munir tuw mati di racun pake arsenik :bloon:

awanauand
09-06-2011, 02:48 AM
dulu orang di daerah wa sering make potasium sianida...
buat nangkep ikan...n sekarang sungai di daerah wa kondisinya sangat menyedihkan...
baru tahu klo nama ilmiah arsenik "bubuk warisan"...

sama-sama... di daerah gw jg anak" kecil jg banyak yg kayak gitu...
wah parah:sigh:
tp :niceinfo:

slipknot_1303
09-06-2011, 05:54 AM
ada contok bentuk produknya ga gan, asing2 senyawanya :D

Artanis
10-06-2011, 07:39 AM
kok Ricin gak ada ya.. :???:
padahalkan di hasilkan oleh bunga Matahari.. :hmm:

rumahmakanpadang
16-01-2012, 06:18 PM
organoposfat di obat nyamuk masuk gak yah

the_lust
17-01-2012, 09:34 AM
nice info bero,
sebenarnya lebih banyak lagi lho zat-zat beracun yang bisa menyebabkan orang mati. Sebagai contoh simplenya rokok. Rokok yang biasanya diisep itu bisa jadi zat mematikan, kalau direndam ke air lalu airnya disuntikkan ke dalam darah. Mematikannya sama seperti potasium. Ikan di kolam pun bisa mati dalam waktu 30 menit. Setelah tercemar batang rokok di airnya. Racun nikotin itulah yang menyebabkan kematian.

venustraphobia
17-01-2012, 10:48 AM
klo sianida itu di biji apel juga ada

smentara klo botulism itu umumnya terjadi karena foodpoisoning (umumnya pada makanan kalengan)
toksin tadi berasal dari bakteri Clostridium botulinum
FYI, lucunya toksin clostridium ini justru digunakan d bidang kecantikan..

BOTOX, yg buat ngencengin kulit artis-artis itu, yah itu racun clostridium ini..

chumbers
31-03-2013, 03:51 PM
Banyak banget ya gan jenis racun mematikan nya :takut:
Moga2 gak ada orang yang mau ngeracunin ane pakek gituan. Keknya tersiksa banget mati karena keracunan :takut:
Saya sih sering denger yang sianida2 gitu gan. Keseringan baca manga det. Cona* sih :hihi:

Sunday_KNIGHT
31-03-2013, 06:38 PM
Pernah lihat orang yang keracunan botulism,
aslinya emang langsung meninggal ketika racun ini masuk ke tubuh,
:takut:

biasanya sih terdapat pada pangan hermetic yang proses pengolahannya tidak benar,
dimana si mikrobanya terbawa dalam pangan, dan ketika oksigen habis maka dia akan menghasilkan racun ini (kondisi anaerob)
padahal mikrobanya aman-aman saja di konsumsi lho, cuma dalam kondisi anaerob bisa jadi mematikan,
:panda:

sunsetmoon
31-03-2013, 09:09 PM
nice info bro....
klu ikan buntal beracun kok da yg mkan juga y...?
pa da trik2 khusus buat masaknya....

Ikan buntal itu kalo tau cara motongnya yg bener aman di makan koq. Klo di Jpg, chefnya hrs ada lisensi & ijin khusus u/ mengolah & menjual ikan ini. Organ dalam & bagian beracunnya harus dikumpulin & dikunci waktu mereka berjualan. Waktu tutup ada kolektor yg ambil / mereka bawa ke tempat kolektornya u/ jaga" takut disalahgunakan.

chandralouis
03-04-2013, 10:45 AM
tapi ada juga makanan kaleng yg udah kadaluarsa 1 bulan, tapi masih enak dimakan. dan tidak ada tanda-tanda kalo makanan itu mengandung racun. itu gimana ya ??, apakah setiap makan yg udah kadaluarsa makanannya masih terasa enak... ?

anggaarie
04-04-2013, 07:28 PM
nice info bro....
klu ikan buntal beracun kok da yg mkan juga y...?
pa da trik2 khusus buat masaknya....

racun di ikan buntal setahu saya ada didalam hati (jeroan) ikan tersebut. jadi kalo dijepang, ada orang2 khusus yang sudah ahli yang boleh mengolah ikan itu. ikan buntal dijepang dijadikan susi...

joyfull_
19-02-2014, 06:51 PM
Disekitar kita pada jaman ini saja sudah segitu byk racun yg beredar bgmn jika kedepannya
Makasi gan infonya semoga kita semua terhindar ya

zexofdeath
20-02-2014, 08:40 PM
Botulisme racun yang hebat untuk membalas dengan sama musuh anda
tapi ini bukan racun tapi bakteri yang dapat memproduksi racun kali

Sunday_KNIGHT
20-02-2014, 09:21 PM
Botulisme racun yang hebat untuk membalas dengan sama musuh anda
tapi ini bukan racun tapi bakteri yang dapat memproduksi racun kali
sebenarnya ini salah satu racun yang paling mudah di produksi dan gak butuh bahan-bahan aneh,
misalnya, bayam hidup disimpan pada kondisi an-aerob sekitar 45 menit, lalu kasih ke orang = pembunuhan berencana itu,
:hoho:

b3rjih4d
21-02-2014, 09:22 AM
yang baru saya tau cuma 2 sianida ama arsenik hahaha
kalo sianida sering di sebut waktu nonton film conan :p

Ane juga tau Sianida dari Conan, habis tiap ada keracunan pasti Sianida...

Apa karena mudah didapat yah??

yuhara
11-03-2014, 05:07 PM
arsenik yang katanya buat membunuh almarhum munir?

harus hati2 emang khususnya neurotoxin, langsung nyerang syaraf soalnya
hiii..

fuchugold
18-04-2014, 08:38 PM
racun Botulisme yang berbahaya sepertinya gan
kalau ada yang gunakan dalam perang, efeknya luar biasa

channoopy_
23-08-2014, 07:26 PM
jadi tau.. nice info..
but buat yang tetrodiksin ane udh tau lama..

kaisar079
01-10-2014, 07:32 AM
sianida sama arsenik lebih gawat yang mana kalau termakan/terminum oleh manusia?