PDA

View Full Version : Efek Samping Jika Sering Menelan Pasta Gigi



Hhmm
27-05-2011, 03:31 PM
Tanpa sengaja kadang seseorang menelan pasta gigi (odol) yang sedang digunakan. Tapi sebaiknya hal ini tidak menjadi suatu kebiasaan, karena menelan pasta gigi berflouride bisa menimbulkan efek samping.


http://images.detik.com/content/2011/05/26/763/gosok-gigi-dalam-ts.jpg

Pasta gigi umumnya mengandung berbagai senyawa seperti deterjen, bahan kimia agar kesat dan gigi bersih, pewarna, kalsium dan juga perasa. Serta beberapa pasta gigi kini mengandung flouride. Bahan ini umumnya tidak aman jika terlalu sering tertelan dan jumlahnya berlebihan dalam tubuh.

Beberapa anak kadang menikmati rasa dari pasta gigi. Namun harus diketahui bahwa terlalu banyak menelan flouride dari pasta gigi berpotensi menyebabkan noda permanen di gigi yang disebut dengan fluorosis.

Fluorosis ini akan menyebabkan berbagai noda yang berbeda pada gigi seperti garis-garis kuning, coklat atau bintik. Anak-anak berusia 1-4 tahun rentan terkena kondisi ini, karena umumnya mereka menelan pasta gigi yang digunakannya.

Pada kasus yang lebih serius bisa menyebabkan bintik hitam dan abu-abu bahkan hingga lubang. Noda akibat fluorosis ini umumnya akan terus ada selama hidup seseorang, seperti dikutip dari Healthcentre.org.uk, Kamis (26/5/2011).

Selain itu jumlah flouride dalam tubuh yang terlalu banyak bisa menyebabkan terjadinya keracunan dan jika terus menerus bisa menyebabkan kerusakan organ tubuh. Selain flouride bahan lain di dalam pasta gigi yang bisa menyebabkan keracunan adalah triclosan.

Menelan sejumlah besar pasta gigi secara teratur bisa menyebabkan nyeri lambung dan kemungkinan mengakibatkan penyumbatan usus. Sementara itu gejala tambahan lain yang bisa terjadi adalah:

1. Kejang-kejang
2. Diare
3. Kesulitan bernapas
4. Terasa asin atau seperti sabun di mulut
5. Detak jantung yang melambat
6. Gemetar dan mengalami shock
7. Mual dan muntah
8. Tiba-tiba merasa kelemahan

Untuk itu sebaiknya hentikan kebiasaan suka menelan pasta gigi meskipun rasanya enak untuk menghindari penumpukan flouride yang bisa berbahaya, dan gunakan pasta gigi yang mengandung bahan aman.

SUMBER (http://www.todaypos.com/efek-samping-jika-sering-menelan-pasta-gigi.html)

adi_bayumi
27-05-2011, 06:40 PM
Lebih baik lagi Gan kalo pakai Pasta Gigi Jangan mengandung Fluoride...

Pilih aja yang memiliki kandungan alami kayak Daun Sirih... Kata temen ane (dokter gan) dia bilang malah efek nya 3x lipat dr fluoride dalam membersihkan plak tanpa ada efek samping...

michaelfabregas
27-05-2011, 07:19 PM
hedeeeh...

bahaya bgd efeknya ternyata...

:swt:

jangan sampe nelen pasta gigi...

reweleyD
27-05-2011, 07:23 PM
weleh,, dulu waktu kecil paling suka nelen odol rasa stroberry..
:iii:

aa_doky
28-05-2011, 05:20 AM
kebanyakan yang ngelakuin/suka nelen pasta gigi palingan anak kecil :hmm:

ternyata efeknya ga maen-maen juga ya..

hojong
29-05-2011, 02:54 PM
Pfff... masa si dari pihak produsen odolnya ga kepikran ya kalo odol kemungkinan tertelan tu sangat tinggi.. masi aja pake senyawa begituan... hufff....

zz11
02-06-2011, 10:45 PM
Bener loh Medscape aja menyebutkan "menelan pasta gigi" sebagai salah satu penyebab keracunan fluoride.
Kerjanya dengan mengiritasi saluran cerna.


Fluoride toxicity is characterized by a variety of signs and symptoms. Poisoning most commonly occurs following ingestion (accidental or intentional) of fluoride-containing products. Symptom onset usually occurs within minutes of exposure.

Fluoride is found in many common household products, including toothpaste (eg, sodium monofluorophosphate), vitamins, dietary supplements (eg, sodium fluoride), glass-etching or chrome-cleaning agents (eg, ammonium bifluoride), and insecticides and rodenticides (eg, sodium fluoride). Historically, most cases of fluoride toxicity have followed accidental ingestion of insecticides or rodenticides.

Fluoride has several mechanisms of toxicity. Ingested fluoride initially acts locally on the intestinal mucosa. It can form hydrofluoric acid in the stomach, which leads to GI irritation or corrosive effects. Following ingestion, the GI tract is the earliest and most commonly affected organ system.


sumber (http://emedicine.medscape.com/article/814774-overview#showall)

spikyblueflower
04-06-2011, 07:01 PM
Lebih baik lagi Gan kalo pakai Pasta Gigi Jangan mengandung Fluoride...

Pilih aja yang memiliki kandungan alami kayak Daun Sirih... Kata temen ane (dokter gan) dia bilang malah efek nya 3x lipat dr fluoride dalam membersihkan plak tanpa ada efek samping...

boleh juga di coba nih back to nature, gimana caranya? dikunyah aja gitu? :bloon:

Mytosinz
05-06-2011, 10:55 AM
klo ane biasanya pakai yg herbal n tanpa deterjen.
pernah juga diingetin sm dokter gigi, mknya ane skrng usahakan odolnya g tertelan.

smkosasih
23-10-2011, 08:30 AM
jadi untuk anak-anak mendingan jangan dikasih pasta gigi yang memiliki rasa yg enak. Rawan ditelen.

shinchan
23-10-2011, 04:36 PM
wah,efek samping na ngeri jg yah:panda:
harus ingat2 neh jgn ampe ketelan.

ch3n_l3g3nds
24-10-2011, 08:11 PM
:shock: ane sering ketelen :sigh:

tapi kalau pasta gigi yang ada tulisan boleh ditelan itu gak apa apa kan :???:

violee
24-10-2011, 11:31 PM
wah, ternyata fouride ga sepenuhnya aman ya. untung saya kalo sikat gigi, pastanya cm sedikit. cm sebesar biji jagung :D

desa
25-10-2011, 11:28 AM
Pada prinsipny kan odol memang utk obat luar, bkn utk konsumsi..

yopisukita
25-10-2011, 11:58 AM
bagaimana dengan yang kasusnya ada anak2 kecil yang suka makan pepsodent??

tapi tubuhnya tidak mengalami efek yang buruk ....?

ch3n_l3g3nds
25-10-2011, 06:55 PM
Pada prinsipny kan odol memang utk obat luar, bkn utk konsumsi..

memang siapa yang bilang untuk ditelan :swt:


bagaimana dengan yang kasusnya ada anak2 kecil yang suka makan pepsodent??

tapi tubuhnya tidak mengalami efek yang buruk ....?

:shock: beneran tuh ? :iii:
tapi harusnya beracun kan di dalam tubuh ? :iii:

gaara_hisoka
26-10-2011, 11:08 PM
jadi untuk anak-anak mendingan jangan dikasih pasta gigi yang memiliki rasa yg enak. Rawan ditelen.

Dulu aye sering tuh nelen zw**sal sama pepso**nt junior... :panda:

efeknya apaan yak sekarang :bloon:

palasacqua97
27-10-2011, 07:09 PM
Dulu aye sering tuh nelen zw**sal sama pepso**nt junior... :panda:

efeknya apaan yak sekarang :bloon:

Sama, yang paling enak tuh rasanya k*d*m* ! :hahai:
Soalnya ortu beliinnya apa yang kita mau waktu dulu, tanpa mikir untuk kedepannya
:madeesu:

jatiwulung
01-11-2011, 11:50 AM
:puff: odol jangan ditelen lah, kayak ga ada cemilan lain
:yareyare: mau aman pake batang siwak asli, sayangnya di Indo ga ada yg jual, biasanya sih itu cuma oleh-oleh haji

revoltech_86
02-11-2011, 10:37 AM
ok... untung gw ga pernah nelan pasta gigi... :hahai:
tp dulu waktu kecil kyknya suka nelen, klo pake pasta gigi yg macem2 rasanya... :XD:

ade_ahmad
03-11-2011, 02:28 PM
Baru tau ternyata pasta gigi bisa menyebakan gejala yg parah juga.
tks for the information

desa
03-11-2011, 02:40 PM
jadi untuk anak-anak mendingan jangan dikasih pasta gigi yang memiliki rasa yg enak. Rawan ditelen.
Tapi biasanya anak2 ga mau kalo sikat gigi pake odol org dewasa. Katanya pedeslah, aromanya ga enaklah.. Odol anak2 jaman skrg kykny sudah memperhitungkan resiko tertelan. Tp peran kita sbg org tua jg musti slalu mengajarkan agar odol jgn ditelan.

Silver_Grey
03-11-2011, 02:49 PM
buset, waktu kecil sering bener ane ketelen :facepalm:

tapi sekarang sih udah jarang.