PDA

View Full Version : 6 Tip Tidur Berkualitas



raza_anguy
23-03-2009, 06:41 PM
TERIMALAH kenyataan bahwa kita hidup dalam dunia serba cepat; pekerjaan padat dengan deadline ketat, konsumsi makanan cepat saji, dan sebagainya. Sampai akhirnya juga jam tidur yang supersingkat.

National Sleep Foundation (NSF) menemukan fakta bahwa 74 persen orang dewasa Amerika hanya tidur beberapa malam dalam sepekan, 39 persen di antaranya tidur kurang dari 7 jam tiap malam, dan lebih dari 37 persen mengantuk sepanjang hari hingga akhirnya mengganggu aktivitas seharian.

Berikanlah jawaban benar atau salah untuk beberapa pertanyaan berikut:
1. Tidur lima jam semalam sudah cukup.
2. Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan.
3. Efek kurang tidur hanya sementara waktu, seperti lingkar bawah mata menghitam dan kulit tidak segar. Tidak ada efek buruk dalam jangka panjang.
4. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore hari tidak akan memengaruhi tidur malam.
5. Menempatkan televisi ataupun komputer di kamar tidur tidak akan berefek pada kualitas tidur.

Jika Anda menjawab "benar" pada dua atau lebih pertanyaan-pertanyaan tersebut, berarti Anda harus melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan diri secara optimal. Kenyataannya, kurang tidur berefek buruk pada ketajaman daya ingat, proses belajar, dan logika berpikir sehingga berpotensi menurunkan kualitas siswa di sekolah ataupun pekerja di kantornya. Dari segi kesehatan, tubuh dalam jangka panjang bisa mengalami gangguan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kegemukan, depresi, penyakit jantung, dan banyak lagi.

Para ahli menyarankan, tidurlah 7-9 jam untuk setiap malam, tapi mungkin akan lebih banyak untuk orang yang sangat aktif ataupun sedang sakit. Bagaimana agar waktu tidur yang tersedia dapat Anda maksimalkan? Berikut tipnya, seperti dikutip dari Sheknows:

Jangan menonton televisi sebelum tidur

Kesalahan terbanyak mereka yang memiliki masalah tidur adalah menempatkan televisi di kamar tidur. Anda akan terus terjaga jika mengandalkan televisi sebagai pengantar tidur karena mata terus memelototi acara televisi. Kamar tidur hanya untuk dua hal, yakni tidur dan bercinta, bukan untuk sinetron ataupun tayangan bola.

Coba bantal atau alas tidur baru

Pernahkah bertanya, sudah berapa tahun Anda menggunakan bantal dan alas tidur yang sama? Apakah Anda sering bangun dengan punggung nyeri? Apakah tempat yang ada cukup lega untuk tidur Anda dan pasangan? Jika semua jawabannya "iya", mungkin Anda perlu mengganti bantal dan alas tidur dengan kualitas yang lebih baik.

Jangan mengonsumsi kafein menjelang tidur

Tahukah Anda, sedikit saja mengonsumsi minuman berkafein, dapat menyebabkan masalah tidur. Bahkan 10-12 jam sebelum tidur. Karenanya, cobalah hindari mengonsumsi minuman teh, soda, dan cokelat.

Mendengarkan alunan musik lembut

Matikan lampu kamar dan dengarkanlah alunan musik lembut sebagai pengantar tidur. Musik ini akan menenangkan tubuh dan pikiran hingga Anda akan memperoleh tidur nyenyak.

Teknik menenangkan tubuh dan pikiran

Setelah berjam-jam diajak bekerja, otak dan tubuh Anda butuh ditenangkan. Lakukan sebuah ritual sebelum tidur, seperti berendam air hangat, meditasi, ataupun yoga. Lakukan ritual tersebut dengan cara, tempat, dan jam yang sama setiap malam. Pengulangan ritual ini akan "mengingatkan" tubuh dan pikiran, bahwa inilah waktunya untuk santai dan tidur.

Minum racikan herbal

Untuk banyak orang, tip di atas mungkin tidak efektif. Jika Anda tetap tak bisa tidur, Anda bisa minum racikan herbal. Obat-obat tidur berbahan kimia memiliki efek samping bagi kesehatan. Risiko tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan herbal. Caranya, cuci bersih dua genggam kangkung, dua genggam seledri, dan pala secukupnya. Rebus ketiga bahan dalam tiga gelas air sampai mendidih dan tunggu sampai airnya tinggal satu gelas. Bisa ditambahkan satu sendok teh madu bila suka. Minum ramuan ini setelah makan malam atau sebelum tidur.

http://lifestyle.okezone.com

yusuf_th3cupu
23-03-2009, 08:08 PM
Q tidur dari jam 9 mlm - 6 pagi itu aja kurang , apalagi cuman 6 jam..hehehe
bakal ngantuk banget Q:P

notox
23-03-2009, 09:42 PM
Wah klo gw dikmr ada tv pas lg ntn sring ketiduran tuh...
Btw knp klo mw bobo gak blh minum kafein yah??

silverpanda
23-03-2009, 11:13 PM
di kamar saia ada pc conect ke internet, ada tivi, ada ps, makanya saia insomnia >,<

alotez
24-03-2009, 02:11 AM
Owh,,gtu ya...
klu misalnya sebelum tidur lihat tv tu resikonya pa ya....

Marco86
24-03-2009, 02:51 AM
di kamar saia ada pc conect ke internet, ada tivi, ada ps, makanya saia insomnia >,<

Sama kk..hahahaha
Insomnia parah, jam segini aja gw ms ol.. hahahhaa

Marco86
24-03-2009, 02:51 AM
Owh,,gtu ya...
klu misalnya sebelum tidur lihat tv tu resikonya pa ya....

Kyana resikony keterusan nonton n ga tidur2..hhehehehehe

CottonBud
24-03-2009, 02:57 AM
LOL :lol:


Jangan menonton televisi sebelum tidur

Kesalahan terbanyak mereka yang memiliki masalah tidur adalah menempatkan televisi di kamar tidur. Anda akan terus terjaga jika mengandalkan televisi sebagai pengantar tidur karena mata terus memelototi acara televisi. Kamar tidur hanya untuk dua hal, yakni tidur dan bercinta, bukan untuk sinetron ataupun tayangan bola.

nice reason :top:, cuman kebanyakan anak kost, TV dan kompi jadi 1 ruangan bahkan kulkas ma dapur juga seringkali jadi 1 ruangan.

Mungkin bener juga, kadang ngerasa bahwa daya ingat menurun di banding zaman skul dulu waktu masih di rumah ortu.

kebiasaan sikap waktu zaman skul
1. Tidur lima jam semalam sudah cukup. tidur 9 jam sehari
2. Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan. gk mungkin hemat tidur, yg ada malah boros. 9 jam malam dan 1-2 jam tidur siang
3. Efek kurang tidur hanya sementara waktu, seperti lingkar bawah mata menghitam dan kulit tidak segar. Tidak ada efek buruk dalam jangka panjang. gk mungkin kurang tidur, boros
4. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore hari tidak akan memengaruhi tidur malam. gk demen kopi, sampe sekarang pun
5. Menempatkan televisi ataupun komputer di kamar tidur tidak akan berefek pada kualitas tidur. Dipenggal ma ortu kalo bawa tv masuk ke kamar

:D

jHony
24-03-2009, 07:13 AM
wkwkwkwk thx banget udah sharenya om:top:

jHony
05-04-2009, 06:57 PM
http://blogsehatnilna.files.wordpress.com/2008/12/default.jpeg

Terimalah kenyataan bahwa kita hidup dalam dunia serba cepat, pekerjaan padat dengan deadline ketat, konsumsi makanan cepat saji, dan sebagainya. Sampai akhirnya juga jam tidur yang supersingkat.

National Sleep Foundation (NSF) menemukan fakta bahwa 74 persen orang dewasa Amerika hanya tidur beberapa malam dalam sepekan, 39 persen di antaranya tidur kurang dari 7 jam tiap malam, dan lebih dari 37 persen mengantuk sepanjang hari hingga akhirnya mengganggu aktivitas seharian.

Berikanlah jawaban benar atau salah untuk beberapa pertanyaan berikut:
1. Tidur lima jam semalam sudah cukup.
2. Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan.
3. Efek kurang tidur hanya sementara waktu, seperti lingkar bawah mata menghitam dan kulit tidak segar. Tidak ada efek buruk dalam jangka panjang.
4. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore hari tidak akan memengaruhi tidur malam.
5. Menempatkan televisi ataupun komputer di kamar tidur tidak akan berefek pada kualitas tidur.

Jika Anda menjawab "benar" pada dua atau lebih pertanyaan-pertanyaan tersebut, berarti Anda harus melakukan perubahan untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesehatan diri secara optimal. Kenyataannya, kurang tidur berefek buruk pada ketajaman daya ingat, proses belajar, dan logika berpikir sehingga berpotensi menurunkan kualitas siswa di sekolah ataupun pekerja di kantornya. Dari segi kesehatan, tubuh dalam jangka panjang bisa mengalami gangguan, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kegemukan, depresi, penyakit jantung, dan banyak lagi.

Para ahli menyarankan, tidurlah 7-9 jam untuk setiap malam, tapi mungkin akan lebih banyak untuk orang yang sangat aktif ataupun sedang sakit. Bagaimana agar waktu tidur yang tersedia dapat Anda maksimalkan? Berikut tipnya, seperti dikutip dari Sheknows:

Jangan menonton televisi sebelum tidur
Kesalahan terbanyak mereka yang memiliki masalah tidur adalah menempatkan televisi di kamar tidur. Anda akan terus terjaga jika mengandalkan televisi sebagai pengantar tidur karena mata terus memelototi acara televisi. Kamar tidur hanya untuk dua hal, yakni tidur dan bercinta, bukan untuk sinetron ataupun tayangan bola.

Coba bantal atau alas tidur baru
Pernahkah bertanya, sudah berapa tahun Anda menggunakan bantal dan alas tidur yang sama? Apakah Anda sering bangun dengan punggung nyeri? Apakah tempat yang ada cukup lega untuk tidur Anda dan pasangan? Jika semua jawabannya "iya", mungkin Anda perlu mengganti bantal dan alas tidur dengan kualitas yang lebih baik.

Jangan mengonsumsi kafein menjelang tidur
Tahukah Anda, sedikit saja mengonsumsi minuman berkafein, dapat menyebabkan masalah tidur. Bahkan 10-12 jam sebelum tidur. Karenanya, cobalah hindari mengonsumsi minuman teh, soda, dan cokelat.

Mendengarkan alunan musik lembut
Matikan lampu kamar dan dengarkanlah alunan musik lembut sebagai pengantar tidur. Musik ini akan menenangkan tubuh dan pikiran hingga Anda akan memperoleh tidur nyenyak.

Teknik menenangkan tubuh dan pikiran
Setelah berjam-jam diajak bekerja, otak dan tubuh Anda butuh ditenangkan. Lakukan sebuah ritual sebelum tidur, seperti berendam air hangat, meditasi, ataupun yoga. Lakukan ritual tersebut dengan cara, tempat, dan jam yang sama setiap malam. Pengulangan ritual ini akan "mengingatkan" tubuh dan pikiran, bahwa inilah waktunya untuk santai dan tidur.

Minum racikan herbal
Untuk banyak orang, tip di atas mungkin tidak efektif. Jika Anda tetap tak bisa tidur, Anda bisa minum racikan herbal. Obat-obat tidur berbahan kimia memiliki efek samping bagi kesehatan. Risiko tersebut tidak akan terjadi jika Anda menggunakan herbal. Caranya, cuci bersih dua genggam kangkung, dua genggam seledri, dan pala secukupnya. Rebus ketiga bahan dalam tiga gelas air sampai mendidih dan tunggu sampai airnya tinggal satu gelas. Bisa ditambahkan satu sendok teh madu bila suka. Minum ramuan ini setelah makan malam atau sebelum tidur.

bHell
06-04-2009, 10:16 AM
Momod repost :D
http://www.indowebster.web.id/f53/6-tip-tidur-berkualitas-16564/

chavizlophe
12-04-2009, 07:49 PM
tips yang perlu dicoba..

buxbux
12-04-2009, 09:42 PM
berita yang bagus nih

buxbux
12-04-2009, 09:44 PM
mungkin gw jadi o'on sekarang
akibat kurang tidur yah
mo tidur cepet males sih
acara tv bagusnya kalo dah malem tuh

devil88
13-04-2009, 10:49 AM
bener ngak tu...
tapi biasanya aq paling sering sebelum tidur nonton tv,,,
coz biar cepat ngantuk....
http://mega.xtremenitro.org/bigonion/smiley/A_233.gif (http://xtremenitro.org)

shinobi32
13-04-2009, 02:03 PM
"Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan."

jadi klo tiap hari kita tidur cuman 2 jam, pas akhir minggu kita harus tidur 12 jam dong?
hha...

chamame
13-04-2009, 09:15 PM
sebisa mgkn tidur 8 jam sehari, ga lebih, jgn kurang.
tp gw sering bermslh dgn bantal, jd kadang susah tidur, pdhl uda ngantuk berat ^^

dimastechies
14-04-2009, 07:52 AM
@shinobi
yang dimerahin itu yang harus dihindari deh kayaknya

Hell_Raiser
14-04-2009, 03:26 PM
Mendengarkan alunan musik lembut
Masak iya, aku malah pernah tidur ndengerin musik heavy metal bangun seger tuh

Jangan mengonsumsi kafein menjelang tidur
aku pernah minum kopi pekat 2 jam sebelum tidur, malah buatku minum kopi buat ngabisin tenaga di tubuh

Teknik menenangkan tubuh dan pikiran
Biasanya kalo aku gak bisa tidur, cukup dengan mengulangi kalimat dalam hati "Jangan berpikir apa-apa, ayo tidur"

lerak
14-04-2009, 03:39 PM
Waduh
TV di kamar kan buat menenangkan tubuh dan pikiran :haha:

namie04
14-04-2009, 07:15 PM
betul tuh. kadang nonton tv kan bisa bikin mata kecapean terus jadi ketiduran.
tapi jgn lupa di atur sleepnya.(global warming bos inget ^^ , sekalian biar irit
listrik)
tapi kadang , kalo acaranya bagus. bukanya tidur yg ada betah nonton lama2
ujung2nya pas liat jam dah jam 4 pagi ajah. errrrrr

logitech
14-04-2009, 10:43 PM
1. Tidur lima jam semalam sudah cukup.


bukanny tidur yg sehat i2 6-8 jam sehari y :???:

torabone
14-04-2009, 11:15 PM
1. Tidur lima jam semalam sudah cukup.
bukanny tidur yg sehat i2 6-8 jam sehari y :???:

waduh, coba dibaca lagi deh baik2..
5 point yang pertama itu pertanyaan..
tips yang sebenernya ada di bawahnya..

dari semua tips itu, semuanya bener tuh..
uda pernah nyobain, tapi itu dulu waktu masih smp/sma..
tapi pas kul ampe sekarang, semuanya berantakan.. :swt:

KyleSteward
14-04-2009, 11:23 PM
Wah, ampe sekarang gw mikir tidur itu minimal 6jam lho. Ternyata 7jam kah?

aldehida
08-06-2009, 08:49 PM
wah, udah kebiasaan nonton tv jadinya susah buat meninggalkan tv pas malem, tapi bakalan gw coba biar bisa tidur nyenyak. Akhir2 ini sih gw biasa tidur ga pake bantal, dan hasilnya badan gw kerasa lebih seger pas bangun

dawerzzzz
08-06-2009, 11:30 PM
di kamar saia ada pc conect ke internet, ada tivi, ada ps, makanya saia insomnia >,<

setbuh ama yg diatas.. namanya juga anak kost... pasti lah disatuin badan refresing dolo setelah dari pagi kuliah. mlm ML deh http://emoticon.tora-dora.org/emoticon/Emoticon/a54.gif

v3rt3x
09-06-2009, 11:31 AM
Kesalahan terbanyak mereka yang memiliki masalah tidur adalah menempatkan televisi di kamar tidur. Anda akan terus terjaga jika mengandalkan televisi sebagai pengantar tidur karena mata terus memelototi acara televisi. Kamar tidur hanya untuk dua hal, yakni tidur dan bercinta, bukan untuk sinetron ataupun tayangan bola.
^^^
hanya untuk yg sudah menikah dong :hihi:

streams
11-06-2009, 10:31 AM
kalo di kos-kos an kamar kan super komplit tuh, ada komputer, internet, tv, kulkas, kompor.. makanya banyak yang tidak bisa tidur dengan kualitas yang baik kalo ngekos...

niceangel
25-08-2009, 03:09 PM
Ya nih... q jg pernah denger kl minimal 7 jam tidurny...
Krn menurut penelitian org yg tidur kurang dari 7 jam atau bahkan tidur lbh dr 9 jm jg ga baik.
Kt nya kl krg or kelebihan malah bs memperpendek umur...

Tp kl mau praktekin susah jg, apalagi kl kelamaan tidur, bangun-bangun bukan ny seger malah sakit smua ni badan...
Trus tantangan lain ny lg ya krn pngaruh internet...
Kl lg OL bakalan lupa segalany... ha...ha...haa...
:haha:

Semislacker
26-08-2009, 03:44 PM
gwa malah kalo tidur sampe 9-10 jam... pengen ngepedendekin waktu nya nieh... ><

Vi00
26-08-2009, 06:36 PM
kalo tidur 6 jam 1 hr msk tidur sehat ga ya? kan hampir 7 jam tuh..

Garfield_86
30-08-2009, 12:14 PM
di kamar saia ada pc conect ke internet, ada tivi, ada ps, makanya saia insomnia >,<

:haha:

Gw cuma ada PC dan online..
Sama boz..
Insomnia..

Tidur jam 12, bangun jam 5.
Total tidur = 5 jam..
Menurut gw cukup kok..

Yang bikin ga nyeyak tidur tuh kalo kepikiran sama suatu masalah/
stress... Tuh yang bikin tidur ga nyenyak..

:P

durian86
13-03-2010, 05:21 PM
klo dlm PMR tuchh ada mna nya PMS, Posisi miring stabil,,, "kutip dua loh," jgn ngeras,,,, di mna posisi ini memberi rasa nyaman pda posisi tidur... :)

Haecked
04-04-2010, 09:24 PM
4. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore hari tidak akan memengaruhi tidur malam.
5. Menempatkan televisi ataupun komputer di kamar tidur tidak akan berefek pada kualitas tidur.


Kalau yang ini kurang setuju.... soalnya bener2 ngaruh ke mood buat tidur.... apalagi kalau di kamarnya udah ada komputer plus Internet dijamin lah tidur pasti telat..

giganticskies
04-04-2010, 09:45 PM
Tubuh ada biological clocknya...
Kalo mau tidur enak tiap hari jam tidur jam bangun harus sama... walaupun hari sabtu dan minggu yang biasanya libur :lalala:

Rujaet
04-04-2010, 10:14 PM
kayanya ane harus mengurangi makan sayur kangkung d siang hari nih,,,
bisa2 bakal ngantuk n tertidur lagi d kmpus..
trus g bisa tidur klu suara sepi,takuttt,:takut:jadi harus nton tv dulu,,:D

hapoki
19-04-2010, 04:29 PM
g tiap malem pasti nonton dulu sebelum tidur.. jadi kaya ada yang dongengin heheheh

Mic0
12-06-2010, 09:30 AM
Jangan menonton televisi sebelum tidur

Kesalahan terbanyak mereka yang memiliki masalah tidur adalah menempatkan televisi di kamar tidur. Anda akan terus terjaga jika mengandalkan televisi sebagai pengantar tidur karena mata terus memelototi acara televisi. Kamar tidur hanya untuk dua hal, yakni tidur dan bercinta, bukan untuk sinetron ataupun tayangan bola.

Ini Gue Setuju nih, emang kamar tidur tuh seharusnya hanya untuk tidur dan bercinta...nggah usah ditambahin TV, meja kerja + komputer/Laptop.
tapi kalo projector dikamar buat nonton film romantis asik juga kali yah....he...he..he.

supernov
12-06-2010, 10:40 AM
gw tidur jam 11 keatas..
ampir tiap ari, gak ngerasa ada masalah dengan kesehatan,
menurut gw tidur yang terlalu banyak malah gak bagus buat kesehatan...

nugroho777
13-06-2010, 01:05 PM
wah,kebetulan...
saya punya masalah dengan tidur dan sudah sangat mengganggu..
makasih gan tipsnya..

herwan
14-06-2010, 08:07 AM
Q tidur dari jam 9 mlm - 6 pagi itu aja kurang , apalagi cuman 6 jam..hehehe
bakal ngantuk banget Q:P

astaga, tidurnya lama banget bro, lapo ae iki rek????

Xinez
14-06-2010, 01:51 PM
efek samping kurang tidur bisa pengaruh pada kualitas belajar ya?? :keringat:
pantesan kok performa gw jadi mnurun stelah hampir tiap hari gw tidur kurang dari 6 jam.. :swt: :swt:

anbarry
14-06-2010, 03:05 PM
tidur 8-9 jam per hari? kagak salah.. ane klo tidur sgitu lama pasti enek.. mual2 gtu :suram:





n. b pada solat shubuh gk neeh?

5rimul3
15-06-2010, 03:07 AM
thanks infonya kk.. tidur ane ga'pernah bener + insomnia kaya' nya

allenwalkerint
14-08-2010, 11:38 AM
Kalo nggak salah kebanyakan tiduk itu dapat membuat lelah dan kebiasaan ngantuk meningkat......
biasanya badan kayak habis diinjak2 gitu tidur kelamaan..

miqz
14-08-2010, 03:21 PM
kamar tdr untuk bercinta :hihi:

tapi klo g y..biar minum kopi sore..tetep aja malemnya bisa tdr kaya biasa :???:

H4f1dz
22-08-2010, 04:05 PM
minum manisan pala jugabisa teler

aeruL
22-08-2010, 04:41 PM
Bukannya tidur orang dewasa 21 ++ cukup 6 jam saja ??
Tidur pas cuman jadi kalong aja ..Siang ma malemnya kebalik.wkwkwk

cakrabyuha
04-01-2011, 08:01 PM
wah 7-9 sembilan jam ya.... banyak banget waktunya bisa gak ya?

burningfang
04-01-2011, 11:37 PM
1. Tidur lima jam semalam sudah cukup.
-> ak tidur 6jam lebih kwkwkwk,
2. Tak masalah jika kita menghemat tidur untuk seminggu bekerja asalkan kita bisa menggantinya di akhir pekan.
-> tdur mah ga bisa dihemat, kalo capek ya mau ga mau tidur
3. Efek kurang tidur hanya sementara waktu, seperti lingkar bawah mata menghitam dan kulit tidak segar. Tidak ada efek buruk dalam jangka panjang.
-> kalo kurang tidur mah ngantuk, ujung2nya ada acara tidur siang ato sore
4. Mengonsumsi minuman berkafein pada sore hari tidak akan memengaruhi tidur malam.
-> mau tidur 2 gelas kopi juga ane pasti ngantuk
5. Menempatkan televisi ataupun komputer di kamar tidur tidak akan berefek pada kualitas tidur.
-> nonton tv di tempat tidur jaminan mutu ketiduran

kazeaki
05-01-2011, 06:35 AM
sekarang tidur ane beda ma dulu gara2 da kompi yg nyambung inet jdi sering tdur cma 5 jam ato malah bahkan kurang...
gra2 krang tdur jdi sering ngntuk dll...jdi g fokus bljarnya..
harus benahi diri ni....
:niceinfo:

SugarFactory
09-01-2011, 07:36 PM
tips yg bagus , ngehemat tidur , trus blas dendam hari liburnya deh . . .:panda:

Armandotop122
09-01-2011, 11:18 PM
wah gan
ane tidur nya 7 jam an tuh ok ya tnyata
wkwk ane pikir gak bole
wkwk

GrinT
09-01-2011, 11:39 PM
wah biasa hrs ntn tv mpe ketiduran, uda itu cuman 4-5jam doang
bener2 ga konsen, jadi ceroboh..
harus dicba tip tidur ini..

tukiman
10-01-2011, 07:31 AM
masa sih tidur 5 jam udah cukup
menurutku itu ak rasanya kurang tuh :hihi:

emang bener sih dengerin lagu lembut bisa langsung tidur :lol:

c0b4
12-01-2011, 04:44 PM
Dengerin musik sambil tidur...
Cm kadang bisa2 malah kebangun karena suara musik yang kekencengan...
wkwkwkwk....

yggwtwlwcp
12-01-2011, 05:35 PM
wuih mantap tapi rasanya kalo tidur cuma 5 jam kurang.. 8 jam aja kadang masi nambah
:lol:

bronang
13-01-2011, 03:33 AM
ada tv di kamar gw + komp
tapi tidur mah tidur aja gw .... ga semua sama keknya

karindra
14-01-2011, 07:20 PM
ane rasa sih tidur 5 jam aja udah cukup...., tidur lama2 g baik bro..., malah buruk buat kesehatan....,

n waktu yg ada bisa kita pergunakan dr pada hanya untuk tidur...,

sang_magendaris
04-02-2011, 03:27 AM
yg racikan herbal belum dicoba tuh...
ternyata ga ribet juga ya buat nya
thx bgt udh share :top:

fencenx
04-02-2011, 04:40 PM
ah 7-9 jam untuk setiap malam, tapi mungkin akan lebih banyak untuk orang yang sangat aktif ataupun sedang sakit. Bagaimana agar waktu tidur yang tersedia dapat Anda maksimalkan? Berikut tipnya, seperti dikutip dari Sheknows:
qwrasf afaf