PDA

View Full Version : Fauna Mengapa semut akan berhenti sejenak jika bertemu dengan semut lainnya?



Pages : [1] 2

killingmeinsidex
18-06-2011, 02:55 PM
Kalo :repost: hapus aja nih thread om momod..

http://2.bp.blogspot.com/_M5rTAgwsCpg/SzmJMwGP0YI/AAAAAAAAAKQ/kHbU5CjiZAs/s530/semut1.jpg

Mengapa semut akan berhenti sejenak jika bertemu/berpapasan dengan semut lainnya?. :???: Semut yang terlihat “mengadu kepala” saat bertemu itu sebenarnya sedang berkomunikasi. T.C. Schneirla, seorang peneliti di New York University, pernah mengadakan percobaan dengan semut. Ia mengambil seekor semut lalu ditaruh dalam tempat yang berisi makanan. Semut lain ditaruh dalam tempat yang berisi semut-semut musuh. Kemudian kelakuan kedua semut ini diamati terutama ketika berpapasan dengan teman-temannya di jalan.

Dari penelitian itu, Schneirla menyimpulkan bahwa zat kimia yang dikeluarkan dari makanan ataupun dari musuh semut menempel pada semut itu. Ketika bertemu dengan semut temannya, semut ini akan saling menyapa (bersentuhan). Nah, dengan saling menyapa inilah zat kimia dari semut akan memberi tahu temannya (melalui antena di kepala semut) apakah di lingkungan sekitarnya ada makanan atau ada musuh.

:bye:

http://ingatini.blogspot.com/2011/06/mengapa-semut-berhenti-sejenak-jika.html
Update (http://www.harunyahya.com/indo/buku/semut04.htm)

valr1st
18-06-2011, 03:03 PM
bisa bgitu yah ... makhlus yang saling tepo saliro wkakaka

dyelewer
18-06-2011, 03:45 PM
yg gw tau semut itu buta..

n yg gw tau semut itu pengganggu di rumah
:onfire:

yukik4ze
18-06-2011, 04:11 PM
yg gw tau semut itu buta..

n yg gw tau semut itu pengganggu di rumah
:onfire:

setuju gan.. bahkan tembok rumah pun pada kropos digerogotin semut.. :takut: jadi rapuh nih tembok :sedih:

dyelewer
18-06-2011, 05:53 PM
setuju gan.. bahkan tembok rumah pun pada kropos digerogotin semut.. :takut: jadi rapuh nih tembok :sedih:

wogh.. emang semut apa om ?

yg gerogotin tembok itu yg ku tau sih rayap.. bukan semut..

killingmeinsidex
19-06-2011, 06:53 AM
setuju gan.. bahkan tembok rumah pun pada kropos digerogotin semut.. :takut: jadi rapuh nih tembok :sedih:

jangan2 semut spesies terbaru gan.. :haha:

decade123
19-06-2011, 06:58 AM
Ternyata yang makhluk sosial bukan hanya manusia ,tetapi semut juga..

Artanis
19-06-2011, 07:27 AM
klo di liat dari gambar sebenernya semut itu sedang berkomunikasi dengan sesamanya..
Semut atau serangga lainnya berkomunikasi dengan menggunakan zat kimia yang bernama "FEROMON"

Tambahan (http://www.harunyahya.com/indo/buku/semut04.htm)

SEMOGA BERMANFAAT, JANGAN LUPA OLEH2NYA JUGA :hero: :hmm:

SkyRune
19-06-2011, 11:38 AM
Jadi jika manusia yang saling kenal tapi tidak saling menyapa berarti tuh manusia kalah hebat dong ama Semut :sigh: karena ga bisa berkomunikasi :lol:

zoidbantex
19-06-2011, 02:09 PM
semut = koloni yg sangat hebat.. kalo semut tuh mempunyai akal yg bagus bisa2 mereka yg domina dibumi in (kaya di doraemon) hahaha

killingmeinsidex
19-06-2011, 05:49 PM
semut = koloni yg sangat hebat.. kalo semut tuh mempunyai akal yg bagus bisa2 mereka yg domina dibumi in (kaya di doraemon) hahaha

:haha: bner gen.. walaupun semut kecil gitu bisa berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan baik,manusia harus bisa lebih baik,karena lebih ber akal dari semut..

Artanis
19-06-2011, 05:55 PM
:haha: bner gen.. walaupun semut kecil gitu bisa berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama dengan baik,manusia harus bisa lebih baik,karena lebih ber akal dari semut..

Harusnya manusia itu mencontoh semut, dan mendapat pelajaran dari apa yang semut2 itu kerjakan..
manusia harusnya malu kalah sama semut mahluk hidup kecil yang hidup di bawah tanah..
semoga semua manusia bisa mempraktekan apa yang semut2 kerjakan.. :elegan:

killingmeinsidex
19-06-2011, 06:58 PM
Harusnya manusia itu mencontoh semut, dan mendapat pelajaran dari apa yang semut2 itu kerjakan..
manusia harusnya malu kalah sama semut mahluk hidup kecil yang hidup di bawah tanah..
semoga semua manusia bisa mempraktekan apa yang semut2 kerjakan.. :elegan:

Setuju gan,mulai lah dari diri kita sendri biar d contoh ama org lain gan.. :elegan: :shock1:

Artanis
19-06-2011, 07:16 PM
Setuju gan,mulai lah dari diri kita sendri biar d contoh ama org lain gan.. :elegan: :shock1:

yah di mulai dari diri sendiri tentunya.. :hmm:
dengan begitu orang lain pun akan berkaca.. :hero:

HoRny
19-06-2011, 07:22 PM
menjadi inspirasi manusia u/ mengikat tali persaudaraan :peace:

killingmeinsidex
19-06-2011, 08:51 PM
yah di mulai dari diri sendiri tentunya.. :hmm:
dengan begitu orang lain pun akan berkaca.. :hero:

:top: bner gan..moga aja makin bnyak yg mncntoh ya.. :hmm: :elegan:

riduamulloh
20-06-2011, 12:49 AM
ane pernah nyoba gan pas ada barisan semut, di jalurnya ane semprot minyak wangi,
jadi berantakan dah tuh barisan semut yang tadinya rapi,
jadi ini salah satu penyebabnya yah ...

Artanis
20-06-2011, 10:16 AM
ane pernah nyoba gan pas ada barisan semut, di jalurnya ane semprot minyak wangi,
jadi berantakan dah tuh barisan semut yang tadinya rapi,
jadi ini salah satu penyebabnya yah ...

penyebabnya karena zat Feromonnya terdistorsi oleh komposisi dari minyak wangi..
tapi lama-kelamaan semut itu akan mencoba kembali ke barisan lagi dengan mengeluarkan kembali Feromon tadi..

sekilas info ajja nih :
pada saat semut berjalan mereka selalu dalam satu barisan, mengapa?
karena setiap semut sudah mencium aroma Feromon yang di tinggalkan jejaknya oleh semut pertama dalam koloni.. :elegan:

gero666
20-06-2011, 11:30 AM
wow.....ternyata gtu y bro...:belajar:
jadi mereka saling membantu satu sama lain . . .

Artanis
20-06-2011, 11:34 AM
wow.....ternyata gtu y bro...:belajar:
jadi mereka saling membantu satu sama lain . . .

iya bro, semut merupakan hewan pekerja keras dan punya team work yang hebat :top:
salah satu contoh yang di berikan yang Maha Kuasa buat pelajaran bagi manusia.. :hero:

killingmeinsidex
20-06-2011, 12:07 PM
iya bro, semut merupakan hewan pekerja keras dan punya team work yang hebat :top:
salah satu contoh yang di berikan yang Maha Kuasa buat pelajaran bagi manusia.. :hero:

bner gan,tp mnusia blom bisa belajar dari semut,,msih ad saja berbagai konflik.. :sedih:

Rajayana
20-06-2011, 12:10 PM
klo anub'seran jenis semut apa ya :hahai:

Artanis
20-06-2011, 01:46 PM
klo anub'seran jenis semut apa ya :hahai:

apaan tuh gan.. :???:
baru denger istilah kek gitu.. :cerutu:
atau jangan2.. :kaget:

kliver
20-06-2011, 02:06 PM
klo anub'seran jenis semut apa ya :hahai:
semut penjelajah waktu :lol:

nice info TS :top:
jadi tau kalau semut saling bertukar informasi seperti itu
sy kira itu semacam kebiasaan mereka :hero:

noctislucis
20-06-2011, 11:39 PM
berkomunikasi antar sesama semut begitu
makanya kalo baris berjejer panjang gitu macem antri

rizzy
21-06-2011, 04:39 PM
kirain ciuman...
yah keren lah, sebagai manusia juga kita jangan pelit informasi
saling memberitahu kesenangan atau bahaya

Hamhamichi
21-06-2011, 07:27 PM
tp kalo sama semut laen kok ngga gitu ya? :p

HoRny
21-06-2011, 07:29 PM
kirain ciuman...
yah keren lah, sebagai manusia juga kita jangan pelit informasi
saling memberitahu kesenangan atau bahaya



wakakaka , klo gt semutnya keenakan dong , ciuman trus :lol:

killingmeinsidex
21-06-2011, 09:16 PM
wakakaka , klo gt semutnya keenakan dong , ciuman trus :lol:

enak klo jantan ketemu betina,kalo jantan ketmu jantan gmna gan.. :lol: :haha:

Artanis
22-06-2011, 07:28 AM
enak klo jantan ketemu betina,kalo jantan ketmu jantan gmna gan.. :lol: :haha:

klo jantan ketemu jantan ya say hallo ajja..
kan semut itu berteman.. :hihi:

killingmeinsidex
23-06-2011, 08:47 AM
klo jantan ketemu jantan ya say hallo ajja..
kan semut itu berteman.. :hihi:

:haha: kalo cuman say hello sih wajar aja gan sesama jantan,kalo lebih dari itu,baru gag wajar gan .. :hahai:

egie_d_luffy
23-06-2011, 09:08 AM
:haha: kalo cuman say hello sih wajar aja gan sesama jantan,kalo lebih dari itu,baru gag wajar gan .. :hahai:

komunikasi untuk mengetahui arah jalan..senernya bukan berciuman sih, cuma saling menempelkan antenanya..::hoho:

hentaigumi
23-06-2011, 09:57 AM
Tapi itu diliat dari imagenya, itu lagi cipika-cipiki ya.
Hahaha, saling mencium parfum ...

"Gile deh booo, pake parfum apa looo, enak begindang sih ..." <<< Dilafalkan dengan logat bentjong.

quro_one
23-06-2011, 01:11 PM
klo diliat dari gambarnya.. semutnya kek lagi cipika cipiki.. :haha:

Artanis
23-06-2011, 05:57 PM
komunikasi untuk mengetahui arah jalan..senernya bukan berciuman sih, cuma saling menempelkan antenanya..::hoho:

lebih tepatnya si semut mencium aroma feromon dari semut lain..
kemudian berkomunikasi dan saling memberikan informasi..
jadi terlihat seperti pada gambar deh.. :hero:

Haruhiism_sugiisugii
24-06-2011, 01:03 AM
klo di liat dari gambar sebenernya semut itu sedang berkomunikasi dengan sesamanya..
Semut atau serangga lainnya berkomunikasi dengan menggunakan zat kimia yang bernama "FEROMON"


feromon itu zat penarik lawan jenis lo, memang sih mereka berkomunikasi, tapi feromon biasanya lebih buat cari pasangan :fufufu:

Artanis
24-06-2011, 05:54 AM
feromon itu zat penarik lawan jenis lo, memang sih mereka berkomunikasi, tapi feromon biasanya lebih buat cari pasangan :fufufu:

itu salah satu fungsinya juga zat FEROMON gan..
menurut riset feromon itu berfungsi seperti jejak, dan dapat di lacak oleh semua koloni semut..
makanya ketika jejak feromon tadi di hapus, si semut berputar putar gak karuan..
tapi kemudian si semut seperti mendapat informasi tentang jejak terakhi..
lalu si semut tadi mengeluarkan kembali feromonnnya untuk berkomunikasi dengan sesamanya.. :fufufu:

HoRny
24-06-2011, 07:31 AM
itu salah satu fungsinya juga zat FEROMON gan..
menurut riset feromon itu berfungsi seperti jejak, dan dapat di lacak oleh semua koloni semut..
makanya ketika jejak feromon tadi di hapus, si semut berputar putar gak karuan..
tapi kemudian si semut seperti mendapat informasi tentang jejak terakhi..
lalu si semut tadi mengeluarkan kembali feromonnnya untuk berkomunikasi dengan sesamanya.. :fufufu:

ane pernah waktu kecil dibilangi ma temen ane klo jejak semutnya digosok" atau dihapus pasti bingung :iii:

Artanis
24-06-2011, 07:52 AM
ane pernah waktu kecil dibilangi ma temen ane klo jejak semutnya digosok" atau dihapus pasti bingung :iii:

itu karena jejak feromonnya ikut terhapus..
tapi lama2 juga bakal balik lagi..

HoRny
24-06-2011, 07:53 AM
itu karena jejak feromonnya ikut terhapus..
tapi lama2 juga bakal balik lagi..

kok bisa tercium lagi ?
berarti penciuman si semut tajam dong :iii:

Artanis
24-06-2011, 08:03 AM
kok bisa tercium lagi ?
berarti penciuman si semut tajam dong :iii:

bukan penciumannya yang tajam, tapi mungkin juga sih soalnya ane blom tau.. :yareyare:
saat semut bingung itu sebenernya sedang mencari jejak feromonnya..
klo pun gak ketemu maka akan membuat jejak baru, coba deh perhatiin..

HoRny
24-06-2011, 08:07 AM
bukan penciumannya yang tajam, tapi mungkin juga sih soalnya ane blom tau.. :yareyare:
saat semut bingung itu sebenernya sedang mencari jejak feromonnya..
klo pun gak ketemu maka akan membuat jejak baru, coba deh perhatiin..

klo membikin jejak baru bukannya tersesat gan :iii:
semut bisa ngeliat gk ? klo bisa ngeliat pasti bisa pulang sendiri:lol:

Artanis
24-06-2011, 08:16 AM
klo membikin jejak baru bukannya tersesat gan :iii:
semut bisa ngeliat gk ? klo bisa ngeliat pasti bisa pulang sendiri:lol:

kan identifikasi dari jejak feromonnya, baik dari awal mau pun yang di akhir pas dihapus.. :sigh:
klo mau lebih jelasnya tanyain ajja sama semutnya, soalnya dia udah pengalaman.. :lol:
:keringat:

fleerier
24-06-2011, 01:04 PM
unik amat tuh semut.. palany ga benjol apa y.. wkwkwk

killingmeinsidex
24-06-2011, 06:41 PM
unik amat tuh semut.. palany ga benjol apa y.. wkwkwk

:haha: gag koq gan,kan cuman berpapasan,bukan di benturin kepala na gan..

HoRny
25-06-2011, 04:48 AM
kan identifikasi dari jejak feromonnya, baik dari awal mau pun yang di akhir pas dihapus.. :sigh:
klo mau lebih jelasnya tanyain ajja sama semutnya, soalnya dia udah pengalaman.. :lol:
:keringat:

tapi ane pernah liat semut tersesat tuh trus diampiri sama temannya , ap itu penyelamatan gan ?

deaz08
25-06-2011, 04:57 AM
tapi ane pernah liat semut tersesat tuh trus diampiri sama temannya , ap itu penyelamatan gan ?

ya sematjam itulah,karena semut lebih mengandalkan indra pembau daripada utk melihat,semacam misi penyelamatan kaya game2 gtu:lol:

HoRny
25-06-2011, 05:00 AM
ya sematjam itulah,karena semut lebih mengandalkan indra pembau daripada utk melihat,semacam misi penyelamatan kaya game2 gtu:lol:

ternya solideritasnya tinggi gan , bsa jadi contoh buat manusia :lol:

deaz08
25-06-2011, 05:14 AM
ternya solideritasnya tinggi gan , bsa jadi contoh buat manusia :lol:

emang kita harus meniru semut, ato yang paling keren tuh lebah:jempol:

Artanis
25-06-2011, 05:20 AM
ternya solideritasnya tinggi gan , bsa jadi contoh buat manusia :lol:

harus jadi contoh itu mah, harus..harus..harus.. :hehe:
masa kalah sama semut, malu dong :hihi:

dudilbandit
25-06-2011, 08:56 AM
ohhh gitu toh, kita juga kadang kaya semut, klo ketemu temen pasti berpelukan, atau cipika cipiki :haha:

ey3sa
25-06-2011, 01:47 PM
jadi :malu1: ama semut...
kl orang mah kesenggol dikit aja langsung maunya ribut :haha:

Artanis
25-06-2011, 01:57 PM
jadi :malu1: ama semut...
kl orang mah kesenggol dikit aja langsung maunya ribut :haha:

kagak semua kok orang juga..
yang baik tetep bisa jaga emosinya..
itu sih tergantung orangnya juga.. :hoho:

HoRny
26-06-2011, 05:12 AM
yang di "ATAS" apaan gan.. :tampan:
banyak tuh yng di atas ada burung, awan, dll.. :hmm:

ealah , mksdnya bkn gt gan , kan udah di kasih tanda kutip tuh :sedih:



kagak semua kok orang juga..
yang baik tetep bisa jaga emosinya..
itu sih tergantung orangnya juga.. :hoho:

kan klo ada acara konser" hardcore biasanya gt gan , klo temen biasa" aj , klo gk kenal nyenggol" babak belur dah :lol:

davidgory
26-06-2011, 05:19 AM
setuju gan.. bahkan tembok rumah pun pada kropos digerogotin semut.. :takut: jadi rapuh nih tembok :sedih:

Keknya yg dimaksud rayap deh.. *.*

Sent from my Ideos using Tapatalk

Artanis
26-06-2011, 05:31 AM
ealah , mksdnya bkn gt gan , kan udah di kasih tanda kutip tuh :sedih:



Harus jelas klo soal beginian mah.. :elegan:
soalnya yang berukuasa itu cuma ALLAH SWT.. :rokok:

akuntul
26-06-2011, 05:56 AM
cara berkomunikasi semut itu aneh ya...

apakah semut itu tidak bisa melihat.?? sehingga untuk mengetahui musuh/makanan harus pake cara seperti itu..

Artanis
26-06-2011, 07:10 AM
cara berkomunikasi semut itu aneh ya...

apakah semut itu tidak bisa melihat.?? sehingga untuk mengetahui musuh/makanan harus pake cara seperti itu..

itu namanya keunikan cara berkomunikasi gan..
beda spesies hewan beda pula cara berkomunikasinya.. :unyil:

deaz08
26-06-2011, 11:53 PM
jah kaya gtu aj d teliti kyanya g perlu cok



:hahai:

wah,perlu banget gan sebenarnya:belajar:
jadi kita bisa meniru hal2 yang ada disekitar kita

Artanis
27-06-2011, 05:20 AM
oh :hmm: jadi gitu yah mereka saling membantu rupanya :top:

iya gan bener.. :hmm:
karena semut di kenal sebagai binatang yang punya team work yang handal.. :hero:

Negane
27-06-2011, 12:38 PM
jadi setiap bersentuhan langsung ngobrol gitu yah gan :lol:

trus klo misalnya bersentuhan sama musuh gimana tuh? berantem?

Artanis
27-06-2011, 01:40 PM
jadi setiap bersentuhan langsung ngobrol gitu yah gan :lol:

trus klo misalnya bersentuhan sama musuh gimana tuh? berantem?

klo sama musuh ya langsung serang gan..
kan udah teridentifikasi oleh aromanya.. :elegan:

hasanvanismail
29-06-2011, 01:58 AM
tau darimana semut saling bertukar info???

jangan2 semutnya ngomong??

ato spekulasi doank...?

tida_tida
29-06-2011, 03:45 AM
woh kira ane mereka janjian mo pergi,, baru tau ane gan,,

HoRny
29-06-2011, 04:57 AM
tau darimana semut saling bertukar info???

jangan2 semutnya ngomong??

ato spekulasi doank...?

mungkin melalui feromonnya

aareza
29-06-2011, 05:56 AM
jadi begitu cara mereka berkomunikasi, peran senyawa kimia penting.

jenderal313
29-06-2011, 07:29 AM
semut bisa melebihi manusia dalam hal sosial
sedangkan manusia bisa lebih buruk dalam hal sosial

fnur32
29-06-2011, 08:23 AM
jadi untuk ngasih tau ke semut yg lain klo ada makanan ya?

syahalam
29-06-2011, 09:15 AM
kirain cuman saling sapa aja..
ada tujuannyya toh ternyata..
sharing sumber makanan..:D

Artanis
29-06-2011, 02:28 PM
tau darimana semut saling bertukar info???

jangan2 semutnya ngomong??

ato spekulasi doank...?

kan ada zat FEROMON yang membantunya dalam komunikasi antar semut..
klo agan mau tau persisnya tanya ajja langsung ke semutnya.. :lol: :lol:

killingmeinsidex
29-06-2011, 02:54 PM
kan ada zat FEROMON yang membantunya dalam komunikasi antar semut..
klo agan mau tau persisnya tanya ajja langsung ke semutnya.. :lol: :lol:

:lol: setujuh gan,kalo ingin info lebih lengkap tnya sma si semut.. :lol:

HoRny
29-06-2011, 06:53 PM
ane baru tahu, ternyata begitu

saya kira salaman tuh semut haha
kebanyakan org" bicaranya kyk gt , terutama org" tua :peace:

cc9ule
01-07-2011, 02:19 AM
hebat....saling peduli....semoga kita bisa belajar dari semut..

deaz08
01-07-2011, 04:52 AM
hebat....saling peduli....semoga kita bisa belajar dari semut..

betul gan:top: selain itu kita juga perlu belajar dari makhluk laen kaya lebah, pokoknya para makhluk sosial dah:belajar:

rangga0810
01-07-2011, 05:06 AM
Nah, dengan saling menyapa inilah zat kimia dari semut akan memberi tahu temannya (melalui antena di kepala semut) apakah di lingkungan sekitarnya ada makanan atau ada musuh.


berarti intinya, mereka selalu saling berbagi kalo ada makanan. sifat seperti ini patut di contoh oleh kalangan manusia yang kerap kali hanya memikirkan dirinya sendiri. :fufufu:

Artanis
01-07-2011, 08:14 AM
berarti intinya, mereka selalu saling berbagi kalo ada makanan. sifat seperti ini patut di contoh oleh kalangan manusia yang kerap kali hanya memikirkan dirinya sendiri. :fufufu:

iya gan mesti di contoh oleh manusia..
semut ini mengajarkan kerjasama, berbagi dan berkomunikasi kepada manusia..
tapi masih banyak yang blom nyadar.. :swt:

arding
01-07-2011, 08:36 AM
baru taw ane...solideritasnya semut tinggi juga
pengalaman ane sich ambil / buang makanan yg di kerubutin semutnya. setelah beberapa saat pada bubar dach barisan semutnya

Artanis
02-07-2011, 08:20 AM
:lol: dari dulu gw pikir cuma salaman iseng2 doang :lol:

halaaah.. :swt: masa iseng doang sih.. :facepalm:

emangnya manusia, yang suka iseng.. :rokok:

Artanis
02-07-2011, 02:25 PM
hebat ya smut...

bisa kirim sinyal lewat bersentuhan....

:hmm:

bukan ngasih sinyal gan tapi FEROMONnya yang bekerja..
klo antena punya fungsi lain gan..
:elegan:

tehasem
02-07-2011, 06:19 PM
kalo pas kecil dulu orangtua biasanya bilang kalo semutnya salaman wkakakak naif banget

killingmeinsidex
02-07-2011, 08:20 PM
kalo pas kecil dulu orangtua biasanya bilang kalo semutnya salaman wkakakak naif banget

:haha: emank semut bisa kaya manusia bisa salaman.. :lol:

miwacantik
02-07-2011, 09:31 PM
w sring tuh merhatiin semut d rumah, kadang w kerjain hahahahaha..

HoRny
03-07-2011, 06:59 AM
ngerjain nya kaya gmna.. :???:

mungkin dihapus jejak feromonnya tuh

Artanis
03-07-2011, 02:51 PM
mungkin dihapus jejak feromonnya tuh

iya bener gan, di hapus ajja jejak FEROMONnya.. :lol: :lol:
si semut bakalan kebingungan tuh.. :hoho:

wilstreak
03-07-2011, 02:52 PM
berkomunikasi antar sesama semut begitu
makanya kalo baris berjejer panjang gitu macem antri

HoRny
03-07-2011, 02:53 PM
iya bener gan, di hapus ajja jejak FEROMONnya.. :lol: :lol:
si semut bakalan kebingungan tuh.. :hoho:

tapi akhirnya bisa nemu jejaknya lagi tuh
emang hebat tu semut

killingmeinsidex
03-07-2011, 08:36 PM
tapi akhirnya bisa nemu jejaknya lagi tuh
emang hebat tu semut

semua punya kelebihan maupun kekurangan,walaupun kecil tubuhnya,namun memiliki kelebihan di bidang komunikasi dengan feromon..

Artanis
04-07-2011, 08:33 AM
semua punya kelebihan maupun kekurangan,walaupun kecil tubuhnya,namun memiliki kelebihan di bidang komunikasi dengan feromon..

ane setuju dengan agan..
semua makhluk hidup punya kelebihan dan kelemahannya masih2..
cuma klo bintang itu bersyukur dan tidak protes soal kelemahannya.. :hihi:

killingmeinsidex
04-07-2011, 08:20 PM
ane setuju dengan agan..
semua makhluk hidup punya kelebihan dan kelemahannya masih2..
cuma klo bintang itu bersyukur dan tidak protes soal kelemahannya.. :hihi:

gmna mau protes binatang gan.. :haha: .. klo binatang d ksih kelebihan,dia syukurin dan d manfaat kan dengan baik... :elegan:

Artanis
05-07-2011, 08:04 AM
gmna mau protes binatang gan.. :haha: .. klo binatang d ksih kelebihan,dia syukurin dan d manfaat kan dengan baik... :elegan:

nah itu agan sendiri ngerti maksudnya.. :hoho:
di manfaatkan sebaik-baiknya guna mempertahankan kelangsungan hidupnya.. :hero:

da_maru
05-07-2011, 01:44 PM
itu artinya semut memberikan pelajaran bagi kita manusia..

maka, budayakanlah salam sapa bila bertemu dengan teman..

tak ada makhluk yg diciptakan tanpa ada manfaatya..

HoRny
05-07-2011, 06:27 PM
itu artinya semut memberikan pelajaran bagi kita manusia..

maka, budayakanlah salam sapa bila bertemu dengan teman..

tak ada makhluk yg diciptakan tanpa ada manfaatya..


perasaan semut kan memberitahu jejak/feromon ke semut

JUKI_JUNIOR
05-07-2011, 07:33 PM
bukannya kalo bertemu begitu mereka lagi silaturahmi:ngupil:
semut kan ilmu sosialnya sangat tinggi:hoho:

ilhamfs
05-07-2011, 08:15 PM
unik juga info nya

karstenaa
05-07-2011, 11:25 PM
setuju gan.. bahkan tembok rumah pun pada kropos digerogotin semut.. :takut: jadi rapuh nih tembok :sedih:

bukan hanya itu bro
baju baju ane aja bolong bolong digigit semut
dikira manisan kali ya

Artanis
05-07-2011, 11:42 PM
bukan hanya itu bro
baju baju ane aja bolong bolong digigit semut
dikira manisan kali ya

semut gak kek gitu kali.. :tampan:
yang gerogotin itu rayap gan.. :panda:

michael17bm
05-07-2011, 11:46 PM
antenanya itu ngirimin apa kk? sinyal, gelombang, ato apa? :bloon:

killingmeinsidex
06-07-2011, 06:34 PM
antenanya itu ngirimin apa kk? sinyal, gelombang, ato apa? :bloon:

antena na gunanya untuk mendeteksi rangsangan kimiawi,yaitu feromon,,

wilstreak
06-07-2011, 11:26 PM
kirain ciuman...
yah keren lah, sebagai manusia juga kita jangan pelit informasi
saling memberitahu kesenangan atau bahaya

XaoFeng
07-07-2011, 12:02 AM
bisa jadi refleksi buat kita sebagai manusia jg....

semut aja kalo ketemu temannya bisa berkomunikasi...

kita aja kalo ketemu temen lom tentu mau berkomunikasi (alias sombong)

Artanis
07-07-2011, 06:42 AM
antena na gunanya untuk mendeteksi rangsangan kimiawi,yaitu feromon,,

betul gan, setuju dengan agan.. :top:
tapi masih ada fungsi yang lain yaitu mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitarnya.. :elegan:

michael17bm
07-07-2011, 07:14 AM
betul gan, setuju dengan agan.. :top:
tapi masih ada fungsi yang lain yaitu mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitarnya.. :elegan:

itu yang ane tanyain, mengirimkan informasinya dengan apa?
gelombang? sinyal? ato ada gerakan2 tersendiri tiap informasi? :bloon:

Artanis
07-07-2011, 07:25 AM
itu yang ane tanyain, mengirimkan informasinya dengan apa?
gelombang? sinyal? ato ada gerakan2 tersendiri tiap informasi? :bloon:

mungkin berupa sinyal radio, seperti layaknya antena pemancar..
mengirim berupa gelombang tertentu, ke sesama semut koloninya....
misalnya dengan gelombang panjang atau gelombang pendek..
gelombang ini lazim di gunakan untuk berkomunikasi di dunia hewan.. :hero:

dany-kun
07-07-2011, 09:39 AM
owh gitu yah..
ane baru tau critanya..

blackish_brown
07-07-2011, 03:00 PM
keren juga
seharusnya manusia mempunyai daya pengenalan yg lebih dr semut
tp koq makin banyak temen makan temen yh???
hahahahahaha

killingmeinsidex
07-07-2011, 06:00 PM
keren juga
seharusnya manusia mempunyai daya pengenalan yg lebih dr semut
tp koq makin banyak temen makan temen yh???
hahahahahaha

ya itulah zaman sekarang,makin edan gan.. :haha:

thehappiness
07-07-2011, 08:27 PM
setuju gan.. bahkan tembok rumah pun pada kropos digerogotin semut.. :takut: jadi rapuh nih tembok :sedih:

serem gila kl ada semut grogotin tembok... :takut::takut:
bisa2 kl semut pada jalan di tembok pada bolong2 tuh tembok.... :lol: :lol:



itu salah satu fungsinya juga zat FEROMON gan..
menurut riset feromon itu berfungsi seperti jejak, dan dapat di lacak oleh semua koloni semut..
makanya ketika jejak feromon tadi di hapus, si semut berputar putar gak karuan..
tapi kemudian si semut seperti mendapat informasi tentang jejak terakhi..
lalu si semut tadi mengeluarkan kembali feromonnnya untuk berkomunikasi dengan sesamanya.. :fufufu:

apakah zat FEROMON itu hanya di miliki oleh semut atau ada binatang lain yg pny jg gan...??? :bloon:
semut mengeluarkan zat itu dr antena,,tapak kaki atau seperti air liur yak...???

michaelfabregas
07-07-2011, 08:30 PM
walaupun kagak bisa ngomong, masih banyak jalan buat komunikasi ya..

:matabelo:

triangle2639
07-07-2011, 08:44 PM
apakah zat FEROMON itu hanya di miliki oleh semut apa ada binatang lain yg pny jg gan...???

sekedar info aja feromon itu adalah senyawa kimia biasa dan semut mensitetis senyawa ini untuk digunakan..

waktu penelitian tentang sistem komunikasi semut ini para ahli pasti juga menggunakan zat feromon untuk membuat "track perjalanan" untuk membuktikan hipotesis mereka kan :peace:?

thehappiness
07-07-2011, 08:53 PM
sekedar info aja feromon itu adalah senyawa kimia biasa dan semut mensitetis senyawa ini untuk digunakan..

waktu penelitian tentang sistem komunikasi semut ini para ahli pasti juga menggunakan zat feromon untuk membuat "track perjalanan" untuk membuktikan hipotesis mereka kan :peace:?

iya gan ternyata zat feromon itu semua makhluk hidup pny... :pupi:
tp zat ini lebih sangat berguna bagi hewan utk berkomunikasi...
saking penasarannya saia td buka mbah gogel... :hahai:
neeh ada Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Feromon)nya buat baca2... :pupi:

Artanis
08-07-2011, 07:22 PM
iya gan ternyata zat feromon itu semua makhluk hidup pny... :pupi:
tp zat ini lebih sangat berguna bagi hewan utk berkomunikasi...
saking penasarannya saia td buka mbah gogel... :hahai:
neeh ada Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Feromon)nya buat baca2... :pupi:

ane ada tambahannya di page 1 tentang semut..
coba di baca ajja.. TAMBAHAN (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=165962&p=10352078&viewfull=1#post10352078)

:hmm:

HoRny
08-07-2011, 07:30 PM
serem gila kl ada semut grogotin tembok... :takut::takut:
bisa2 kl semut pada jalan di tembok pada bolong2 tuh tembok.... :lol: :lol:




bahkan ad semut yg makan makhluk hidup yg ad didepannya (jumlahnya banyak gan gk cuma 1 :hoho:)

killingmeinsidex
08-07-2011, 09:55 PM
bahkan ad semut yg makan makhluk hidup yg ad didepannya (jumlahnya banyak gan gk cuma 1 :hoho:)

namanya bukan semut,tp beberapa semut.. :haha:

Artanis
09-07-2011, 06:45 AM
namanya bukan semut,tp beberapa semut.. :haha:

klo bilang semutnya lebih dari 1 bilang ajja beberapa atau banyak... :haha:
semuat kan binatang yang berkoloni.. :elegan:

killingmeinsidex
09-07-2011, 10:48 AM
klo bilang semutnya lebih dari 1 bilang ajja beberapa atau banyak... :haha:
semuat kan binatang yang berkoloni.. :elegan:

atau dalam bahasa ingrisnya semuts,, s kan menandakan lebih dari satu.... :haha:

Artanis
09-07-2011, 04:57 PM
atau dalam bahasa ingrisnya semuts,, s kan menandakan lebih dari satu.... :haha:

kan ini pake ejaan bahasa indonesia.. :swt:
================================================== ==
dalam teamwork tidak ada yang bisa mengalahkan semut..
walopun banyak hewan yang teamwork, tapi semut lebih hebat.. :top:

michael17bm
09-07-2011, 09:59 PM
kan ini pake ejaan bahasa indonesia.. :swt:
================================================== ==
dalam teamwork tidak ada yang bisa mengalahkan semut..
walopun banyak hewan yang teamwork, tapi semut lebih hebat.. :top:


mosok?? bagaimana dengan lebah?? :hihi:
tapi memang semut juga teamworknya sangar. :top:

itazchu
09-07-2011, 11:29 PM
kan ini pake ejaan bahasa indonesia.. :swt:
================================================== ==
dalam teamwork tidak ada yang bisa mengalahkan semut..
walopun banyak hewan yang teamwork, tapi semut lebih hebat.. :top:

selain itu semut juga termasuk dalam makhluk hidup yg sangat kuat. soalnya bisa mengangkat beban yg berkali-kali lipat dari berat tubuhnya.

x29a
10-07-2011, 02:16 AM
ternyata semut bisa sling memperingati temanya apa yg bakal dihadapinya (ky mo berantem aje:XD:)

tp kenapa klo semut lwt dibadan manusi suka lngsng gigit .. mank manusia membahayakan apa

HoRny
10-07-2011, 05:49 AM
ternyata semut bisa sling memperingati temanya apa yg bakal dihadapinya (ky mo berantem aje:XD:)

tp kenapa klo semut lwt dibadan manusi suka lngsng gigit .. mank manusia membahayakan apa

mungkin semutnya merasa terganggu :iii:

Artanis
10-07-2011, 06:43 AM
mosok?? bagaimana dengan lebah?? :hihi:
tapi memang semut juga teamworknya sangar. :top:

iya gan, lebah emang teamwork tapi gak sehebat semut.. :top:
cuma lebah itu kelebihannya, mereka memakan yang baik2.. :hmm:

RazoR1st
10-07-2011, 06:59 AM
wahh baru tw gw.. gw g pernah memperhatikan hal" kecil sperti itu.. tpi ckup bermanfaat

ramarifin
10-07-2011, 11:41 AM
feromon
kata buku harun yahya

HoRny
10-07-2011, 11:41 AM
feromon
kata buku harun yahya


liat di pejwan jg ad gan :swt:

killingmeinsidex
10-07-2011, 02:03 PM
wahh baru tw gw.. gw g pernah memperhatikan hal" kecil sperti itu.. tpi ckup bermanfaat

masih bnyak tanda tnya di dunia,jd mulai lah belajar dari hal yang kecil dahulu gan..

aprodite
10-07-2011, 07:19 PM
Lg lebaran itu gan :D

yuripuspita
20-07-2011, 05:30 PM
ya seharusnya manusia juga bisa belajar hal baik itu dari semut..

hirasawa
20-07-2011, 05:47 PM
mreka saling memberi informasi lwat antenanya....biar pda tw apa2 yg terjadi swktu mreka brpetualang :peace:

HoRny
20-07-2011, 06:58 PM
mreka saling memberi informasi lwat antenanya....biar pda tw apa2 yg terjadi swktu mreka brpetualang :peace:

antenanya buat menerima sinyal atau apa lah dari zat feromonn yg dikeluarin dari semut laen
jadi biar gk tersesat

killingmeinsidex
23-07-2011, 12:47 PM
antenanya buat menerima sinyal atau apa lah dari zat feromonn yg dikeluarin dari semut laen
jadi biar gk tersesat

bukan hanya tersesat gan,namun juga buat peringatin semut lain,dimana aja tempat2 yg berahaya..

Artanis
23-07-2011, 12:51 PM
ya seharusnya manusia juga bisa belajar hal baik itu dari semut..

harusnya sih begitu gan, malu dong sama emut.. :lol:
semuat ajja bisa masa manusia kagak bisa.. :hoho:

coza10
23-07-2011, 01:49 PM
wahhh ,,
ternyata semut berkomunikasinya lucu yaa ..:panik:

RainDog
23-07-2011, 02:11 PM
semut memang mahluk yg ramah...
ketemu teman langsung:peluk:

Artanis
23-07-2011, 04:03 PM
semut memang mahluk yg ramah...
ketemu teman langsung:peluk:

makanya harus di tiru tuh sikapnya..
masa manusia kalah sama semut sih.. :lol:

killingmeinsidex
23-07-2011, 08:29 PM
makanya harus di tiru tuh sikapnya..
masa manusia kalah sama semut sih.. :lol:
kalo yg di tiru,,ketemu langsung di :peluk: ane sih mau,apa lagi kalo yg kinclong... :mesum: :haha:

HoRny
23-07-2011, 08:33 PM
kalo yg di tiru,,ketemu langsung di :peluk: ane sih mau,apa lagi kalo yg kinclong... :mesum: :haha:

klo ketemu langsung dipeluk entar bahaya gan , apalagi klo cwe' sexy :haha:

Artanis
23-07-2011, 10:40 PM
jadi itu fungsinya ngasi tau kalo ada makanan?? :boong:

bukan hanya makanan ajja gan..
namun apapun yang berkaitan dengan informasi.. :elegan:

HoRny
24-07-2011, 06:06 AM
canggih juga y semut bisa gitu.. :hahai:

Tuhan Menciptakan Makhluk Ad Kelebihan dan kekurangan
mkanya semut dikasih kelebihan seperti itu

killingmeinsidex
24-07-2011, 07:39 PM
baru tau ane semut ngomongnya pake kimia gt ^^. KEREN NICE INPOH

sebenarnya sebutannya bukan ngomong gan,,berkomunikasi dengan zat kimia feromon.. :hehe:

oxygent
25-07-2011, 12:28 AM
semut ga pilih2 sahabat
smua disapanya heahaehaheaehea

Artanis
25-07-2011, 06:46 AM
semut ga pilih2 sahabat
smua disapanya heahaehaheaehea

makanya sikapnya semut mesti ditiru tuh sama manusia.. :hoho:
masa kalah sama semut sih.. :hehe:

GenocideR
26-07-2011, 12:13 PM
wah komunikasi pake zat kimia??
gk kebayang gmn ngo'y itu :haha:

Artanis
26-07-2011, 12:59 PM
wah komunikasi pake zat kimia??
gk kebayang gmn ngo'y itu :haha:

gak usah di bayangin ngoongnya..
yang jelas pake bahasa semutlah.. :haha:

Artanis
27-07-2011, 04:45 AM
Ternyata semut ada cara seperti ini juga untuk membedakan antara musuh, teman atau makanan

ya seperti itulah gan semut.. :hmm:
mereka menggunakan FEROMON sesuai kebutuhannya.. :hoho:

killingmeinsidex
27-07-2011, 09:28 AM
ya seperti itulah gan semut.. :hmm:
mereka menggunakan FEROMON sesuai kebutuhannya.. :hoho:

semut menggunakan yg di anugrahkan uhan berupa feromon dengan baik,yaitu memberitahu temennya bahaya dan makanan,masa kita manusia di anugrahi akal oleh tuhan,kurang menggunakan dengan baikknya..

putiputa
27-07-2011, 10:07 AM
zat kimia yang saling diberikan itu kalau nggak salah asam formiat ya. .

Artanis
27-07-2011, 11:44 AM
zat kimia yang saling diberikan itu kalau nggak salah asam formiat ya. .

nama zatnya FEROMON gan..
mungkin klo komposisinya mengandung asam formiat..
ane juga kurang tau klo dari segi komposisinya.. :hmm:

venustraphobia
29-07-2011, 11:36 PM
asam formiat tadi sebenernya lebih digunakan semut untuk penyerangan ke musuh
misalny, jika kita disengat semut.. sebenarnya semut tadi membela diri dengan mengeluarkan asam formiat tadi ke kulit kita sehingga kulit menjadi teriritasi..

tapi untuk masalah komunikasi antar semut, semut memang menggunakan feromon sebagai mekanisme pengenalan (kin recognition), tapi saat semut bertemu satu dgn yang lain yang terjadi tidak hanya pertukaran bau.. tapi juga sistem pengenalan melalui sentuhan (tactile communication)..saat dua semut bertemu, mereka saling menggesek antena dan kaki depan (foreleg) mereka.. selain itu juga semut menghasilkan nada tinggi pada bagian abdomen mereka untuk pengenalan antarsemut. tapi mekanisme yang paling diutamakan sebenarnya adalah mekanisme sentuhan tadi,,
analoginy sama kayak kita saling salaman..

sori klo panjang
nice share :nikmat:

1c4ru5
30-07-2011, 09:26 PM
wew ini dgn gmpng gni aja krn semut susah berkomunikasi maka diciptakanlah zat kimia untuk mentranfers informasi yg diterima semut tersebut ke temannya mngkin seperti meng copy paste sebuah file informasi ke tmpt penyimpanan lainnya :lol:

killingmeinsidex
31-07-2011, 07:15 AM
wew ini dgn gmpng gni aja krn semut susah berkomunikasi maka diciptakanlah zat kimia untuk mentranfers informasi yg diterima semut tersebut ke temannya mngkin seperti meng copy paste sebuah file informasi ke tmpt penyimpanan lainnya :lol:

iya seperti itu gan perumpaan nya,,ya kaya FlashDisk gan.. :haha:

Artanis
31-07-2011, 07:56 AM
asam formiat tadi sebenernya lebih digunakan semut untuk penyerangan ke musuh
misalny, jika kita disengat semut.. sebenarnya semut tadi membela diri dengan mengeluarkan asam formiat tadi ke kulit kita sehingga kulit menjadi teriritasi..

tapi untuk masalah komunikasi antar semut, semut memang menggunakan feromon sebagai mekanisme pengenalan (kin recognition), tapi saat semut bertemu satu dgn yang lain yang terjadi tidak hanya pertukaran bau.. tapi juga sistem pengenalan melalui sentuhan (tactile communication)..saat dua semut bertemu, mereka saling menggesek antena dan kaki depan (foreleg) mereka.. selain itu juga semut menghasilkan nada tinggi pada bagian abdomen mereka untuk pengenalan antarsemut. tapi mekanisme yang paling diutamakan sebenarnya adalah mekanisme sentuhan tadi,,
analoginy sama kayak kita saling salaman..

sori klo panjang
nice share :nikmat:

Ada beberapa Zat yang di hasil kan oleh Semut :

Kelenjar Dufour : Hormon yang diproduksi dalam kelenjar ini di-gunakan dalam perintah tanda bahaya dan berkumpul untuk menyerang.

Kantung Racun: Produksi asam format dalam jumlah besar terjadi dalam kantung racun. Di sini pula dibentuk racun yang diproduksi untuk digunakan selagi menyerang dan bertahan. Contoh terbaik hormon ini terdapat pada semut api. Racun semut ini dapat melumpuhkan hewan kecil dan mencederai manusia.

Di hutan yang dihuni semut yang memproduksi asam format, peneliti menemukan asam format pada tingkat yang tak bisa dijelaskan. Semua teori yang diajukan terbukti keliru dan semua penelitian yang dilakukan tak membuahkan hasil apa pun. Pada akhirnya, keyakinan umum para ilmuwan berkembang seperti berikut:

Asam format di hutan dibentuk oleh asam yang berasal dari peng-uapan asam yang diproduksi semut, menghasilkan perubahan ekologis. Maksudnya, makhluk mikro ini mampu memproduksi dan, jika perlu, menggunakan asam, dalam skala yang bahkan dapat mempengaruhi atmosfer daerah yang mereka huni tanpa membahayakan diri mereka sendiri dan ini membingungkan para peneliti.10

Kelenjar Pigidial: Tiga macam spesies semut menggunakan sekresi yang diproduksi kelenjar ini sebagai sistem tanda bahaya. Semut panen gurun besar mengirimkan hormon ini dalam bentuk bau yang kuat dan mengeluarkan tanda bahaya panik; dan Pheidole Biconstricta, spesies semut di Amerika Selatan, menggunakan sekresi yang dihasilkannya dalam kelenjar ini untuk tanda penyerangan dan pertahanan kimiawi.

Kelenjar Sternal: Sekresi di sini digunakan selama migrasi koloni, melacak mangsa, dan mengumpulkan "prajurit". Fungsi paling orisinal sekresi ini adalah melumasi daerah perut ketujuh, yang sering harus diputar saat menyemprotkan racun. Dengan ini pemutaran tubuh untuk menyemprotkan racun menjadi lebih mudah. Tanpa kelenjar ini, yang merupakan pusat produksi zat pelumas mikroskopis, sistem pertahanan semut tidak akan efisien.

Cricket091
31-07-2011, 02:19 PM
semutnya bisik-bisikan biar nggak ketauan org

forcefox
31-07-2011, 02:35 PM
wuih. hebat. tapi logikanya bener. kita manusia pun pada mirip cuman tidak sama.. pasti dari berpuluh2 juta semut di dunia, pasti ada yang beda satu dengan yang lain...

Artanis
31-07-2011, 08:01 PM
oh jadi saling share info ya? kirain say hello doang...hehehe...

gak lah gan itu di lakukan pasti punya fungsinya masing2.. :hmm:
jadi patut di contoh tuh sikap yang di lakukan semut.. :hihi:

bo_chama
31-07-2011, 09:33 PM
klo diliat dari sisi ilmiahnya bgitu ya,..

tapi klo diliat dari nilai moralnya si semut selalu menyapa sesamanya dimanapun ia berada,.. :hmm:

terrence
01-08-2011, 02:49 AM
emang patut dicontoh tu cara hidup si semut ..
tapi kerakusan semut jgn dicontoh :awas:

masa semut sekarang sambel trasi aja dieembat, katamya cuma suka ma yg manis" :madesu:

dham_baylisstic
01-08-2011, 07:27 AM
oh, ternyata semut itu saling sapa ya kalo ketemu semut lainnya.. harus dicontoh juga nih sama manusia, sifat kerjasama semut yang baik.. :top:
sesama manusia yang kenal harus saling menyapa kalo bertemu.. :hehe:


emang patut dicontoh tu cara hidup si semut ..
tapi kerakusan semut jgn dicontoh :awas:

masa semut sekarang sambel trasi aja dieembat, katamya cuma suka ma yg manis" :madesu:
wkwkwk.. :lol: jangankan sambel, air putih aja yang rasanya tawar suka dikerubungi semut juga.. :hot:

Artanis
01-08-2011, 08:08 AM
klo diliat dari sisi ilmiahnya bgitu ya,..

tapi klo diliat dari nilai moralnya si semut selalu menyapa sesamanya dimanapun ia berada,.. :hmm:

nah ini yang mesti di tiru oleh manusia..
yaitu sikap yang saling menyapa dan kerjasamanya.. :hero:

xtopax
01-08-2011, 08:55 AM
semut aja bisa begitu, kita harusnya gak boleh kalah dari semut:ngambek:

makanya itu ada IDWS:omgatot: yang menurut aq tuh tujuannya mempererat hubungan warga indonesia:unyil:

"Dari kami yang terbaik untuk kamu-kamu"

:terharu::malu::terharu:

qip
01-08-2011, 10:54 AM
semut dijadiin peliharaan bisa ga ya -_-"

killingmeinsidex
01-08-2011, 12:07 PM
semut dijadiin peliharaan bisa ga ya -_-"

bisa koq,asal tau cara perawatannya gan.. :top:

garcyber
01-08-2011, 05:16 PM
mantap juga ya...
memang semua itu telah diatur sama Sang Pencipta....

Artanis
02-08-2011, 04:30 AM
mantap juga ya...
memang semua itu telah diatur sama Sang Pencipta....

semua mahluk hidup itu di ciptakan dengan kelebihannya masing2...
tapi manusia patut mencontoh apa yang di lakukakan oleh semut..
:top:

venustraphobia
02-08-2011, 05:28 AM
Ada beberapa Zat yang di hasil kan oleh Semut :

Kelenjar Dufour : Hormon yang diproduksi dalam kelenjar ini di-gunakan dalam perintah tanda bahaya dan berkumpul untuk menyerang.

Kantung Racun: Produksi asam format dalam jumlah besar terjadi dalam kantung racun. Di sini pula dibentuk racun yang diproduksi untuk digunakan selagi menyerang dan bertahan. Contoh terbaik hormon ini terdapat pada semut api. Racun semut ini dapat melumpuhkan hewan kecil dan mencederai manusia.

Di hutan yang dihuni semut yang memproduksi asam format, peneliti menemukan asam format pada tingkat yang tak bisa dijelaskan. Semua teori yang diajukan terbukti keliru dan semua penelitian yang dilakukan tak membuahkan hasil apa pun. Pada akhirnya, keyakinan umum para ilmuwan berkembang seperti berikut:

Asam format di hutan dibentuk oleh asam yang berasal dari peng-uapan asam yang diproduksi semut, menghasilkan perubahan ekologis. Maksudnya, makhluk mikro ini mampu memproduksi dan, jika perlu, menggunakan asam, dalam skala yang bahkan dapat mempengaruhi atmosfer daerah yang mereka huni tanpa membahayakan diri mereka sendiri dan ini membingungkan para peneliti.10

Kelenjar Pigidial: Tiga macam spesies semut menggunakan sekresi yang diproduksi kelenjar ini sebagai sistem tanda bahaya. Semut panen gurun besar mengirimkan hormon ini dalam bentuk bau yang kuat dan mengeluarkan tanda bahaya panik; dan Pheidole Biconstricta, spesies semut di Amerika Selatan, menggunakan sekresi yang dihasilkannya dalam kelenjar ini untuk tanda penyerangan dan pertahanan kimiawi.

Kelenjar Sternal: Sekresi di sini digunakan selama migrasi koloni, melacak mangsa, dan mengumpulkan "prajurit". Fungsi paling orisinal sekresi ini adalah melumasi daerah perut ketujuh, yang sering harus diputar saat menyemprotkan racun. Dengan ini pemutaran tubuh untuk menyemprotkan racun menjadi lebih mudah. Tanpa kelenjar ini, yang merupakan pusat produksi zat pelumas mikroskopis, sistem pertahanan semut tidak akan efisien.

hmm..boleh minta sumberny ga? :xiexie:

Raika94
02-08-2011, 07:17 AM
ow..
jadi kalo ketemu pasti cipika-cipiki ya... :hahai:

Artanis
02-08-2011, 01:59 PM
hmm..boleh minta sumberny ga? :xiexie:

coba gan ke sini (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=165962&p=10352078&viewfull=1#post10352078)
cukup lengkap pembahasannya menurut ane..
:hmm:

fatahanni
02-08-2011, 02:04 PM
oh bgitu ya, kirain slama ini semut berhenti sjenak ketika berpapasan karena semut itu buta, cuma pake penciuman doang,.. ternyata berkomunikasi.. kira-kira kalo semut jalan beriringan itu karena apa gan,..apa itu bukan karena penciuman... ato hanya skedar antri aja,.. http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-95.gif

wilstreak
02-08-2011, 03:25 PM
berkomunikasi antar sesama semut begitu
makanya kalo baris berjejer panjang gitu macem antri

Artanis
02-08-2011, 05:55 PM
oh bgitu ya, kirain slama ini semut berhenti sjenak ketika berpapasan karena semut itu buta, cuma pake penciuman doang,.. ternyata berkomunikasi.. kira-kira kalo semut jalan beriringan itu karena apa gan,..apa itu bukan karena penciuman... ato hanya skedar antri aja,.. http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-95.gif

itu karena ada jejak FEROMON yang di tinggalkan gan..
jadi mereka berjalan berbaris mengikuti jejak FEROMON.. :hmm:

dayoun
03-08-2011, 02:08 AM
Masak sih semut itu buta,,,kan ada matanya....:cerutu:

Rick_hardner
03-08-2011, 04:31 PM
oh jadi gitu toh kenapa semut berpelukan dengan temannya kalau ketemu :iii:

kirai karna rasa persaudaraan yang tinggi :elegan:

keigo_kanzaki
03-08-2011, 04:36 PM
bukannya para semut tsb akan "toss" ketika bertemu sesamanya di jalan? :D

killingmeinsidex
05-08-2011, 04:15 AM
oh jadi gitu toh kenapa semut berpelukan dengan temannya kalau ketemu :iii:

kirai karna rasa persaudaraan yang tinggi :elegan:

emank rasa persaudaran yg tinggi,dengan saling peduli satu sama lain,satu semut memberitahukan tempat bahaya dan makanan,jd mreka saling eduli satu sama lain..

acehkhan12
05-08-2011, 04:57 AM
semut salah satu contoh kekuasaan tuhan yg mengandung nilai utk tetap saling menjalin kekompakan dan silaturahmi..:top:

Artanis
05-08-2011, 10:00 AM
emank rasa persaudaran yg tinggi,dengan saling peduli satu sama lain,satu semut memberitahukan tempat bahaya dan makanan,jd mreka saling eduli satu sama lain..

bukan hanya sekedar itu ajja..
betul apa yang di bilang agan.. :top:
semua emang mahluk yang sangat hebat.. :hmm:

synx7
05-08-2011, 02:15 PM
Emang mantep semut, mahluk kecil yang paling rajin di dunia ini

Sifat gotong royong nya bner - bner harus dicontoh sama manusia

Artanis
05-08-2011, 06:31 PM
Emang mantep semut, mahluk kecil yang paling rajin di dunia ini

Sifat gotong royong nya bner - bner harus dicontoh sama manusia

betul gan mesti di contoh oleh manusia..
masa kalah manusia sama semut.. :hihi:

felixtigris
05-08-2011, 09:11 PM
iya juga ya.. baru nyadar ane

monstermuter
05-08-2011, 09:17 PM
kalau dulu ane dibilangin sama pengasuh ane katanya mereka lagi salaman antar sesama gitu,
kan jarang ketemunya, ya kayak kita kalau ketemu orang lain,

MeguroUematsu
17-08-2011, 01:26 PM
mempererat tali silatuhrahmi gan:haha:

indahfida
17-08-2011, 03:04 PM
Maha besar Tuhan... :top: hebaaat ya cemut cemut kecil itu :hehe:

downloadaddicted
19-08-2011, 09:29 PM
hahahaha... wah nice info nih. kirain kalau semut ketemu and ada diem dlu itu mreka curhatin kluarga nya dulu... (jayus)

noviharips
11-09-2011, 10:28 AM
selalu salaman, cepika cepiki kalo ketemu temannya...
kenapa semua manusia gag kaya gitu ya.. kan bagus diliatnya.. jangan cuma berantem terus

mitzhu
12-09-2011, 11:29 PM
semut yg senang silaturahmi... kita manusia malah perang melulu...ckck...

Artanis
13-09-2011, 04:31 AM
selalu salaman, cepika cepiki kalo ketemu temannya...
kenapa semua manusia gag kaya gitu ya.. kan bagus diliatnya.. jangan cuma berantem terus

apa yang di lakukan oleh semut patutu di contoh oleh manusia..
apalagi sikap teamworknya :top:

m1n1m185
13-09-2011, 12:44 PM
Hahhahaha :hahai:
semut aja tau silahturahmi kalo ketemu di jalan :panik:
masa manusia enggak?

davelf
13-09-2011, 01:01 PM
klo di liat dari gambar sebenernya semut itu sedang berkomunikasi dengan sesamanya..
Semut atau serangga lainnya berkomunikasi dengan menggunakan zat kimia yang bernama "FEROMON"

Tambahan (http://www.harunyahya.com/indo/buku/semut04.htm)

SEMOGA BERMANFAAT, JANGAN LUPA OLEH2NYA JUGA :hero: :hmm:

Mantap gan

Marus
14-09-2011, 01:08 AM
wow semutnya saling mengingatkan dan peduli sama temennya

elfira91
20-11-2011, 09:38 AM
kalo dulu pernah denger katanya diem buat salaman gan :haha:

bebedag
20-11-2011, 09:46 AM
Tak pikir mereka hanya saling menunjukan jalan dengan temannya lewat bau bau an

yukik4ze
04-12-2011, 12:05 PM
Keknya yg dimaksud rayap deh.. *.*

Sent from my Ideos using Tapatalk
serius gan..semut.. :takut: rayap kan gerogotinnya kayu.. yang ada capitnya semplak gan klo grogotin tembok.. :XD: (semplak=patah)

fourier
04-12-2011, 04:36 PM
kirain semut-semutnya cuma salaman gan, ternyata ada maksud lain .. :p

tapi ada benarnya jg. cara komunikasi semut emang canggih, kadang suka heran semut2 pada tauu aja kalo ada makanan yg kececer.. hehe

maducinta
07-12-2011, 06:35 AM
wahhh,,,keren banget ni semut. sama musuh aja dikasih tau tempat makanan dimana???

bizly
07-12-2011, 07:13 AM
Semut ini kecil-kecil tapi bisa menggali dari dalam tanah tembus ke lantai tegel kost aku:swt:
Apalagi sekarang musim hujan, semutnya pada migrasi ke kamarku yang hangat:sigh:

jintan
08-12-2011, 06:30 PM
takdir gan sumpah dari sononya gitu

sz13
08-12-2011, 06:53 PM
Semut ini kecil-kecil tapi bisa menggali dari dalam tanah tembus ke lantai tegel kost aku:swt:
Apalagi sekarang musim hujan, semutnya pada migrasi ke kamarku yang hangat:sigh:

hhahahaha

sama bener gan sama di tempat ane ...

brnksk
08-12-2011, 07:12 PM
oh ternyata gitu yaa.. baru tau

ninot
12-12-2011, 05:17 PM
semut semut juga bermusuhan yah??
saingan gitu kah

Pisangg
03-03-2012, 03:41 PM
itu minal aidzin wal faidzin kk,
mreka emg selalu memaafkan

:bloon:

echo_pc
05-03-2012, 06:46 PM
hmmm... sesuai dugaanku,.
semut, oh semut.,. maafkan aku yg sering kali menginjak dirimu di lantai rumahku :hehe:
tp aku tdak akan memaafkamu yg mengambil makananku

:lol:

Binz_Haris
06-03-2012, 08:42 AM
Ane kira dia ciuman gan :oghoho: . NICE TREAD gan :ogtop:

Artanis
06-03-2012, 08:48 AM
semuat berhenti ketika bertemu dengan semutl lain itu karena mereka berkomunikasi..
mereka menggunakan zat kimia bernama FEROMON..
hampir semua serangga mempunya zat feromon ini..

im_the_dark
06-03-2012, 10:06 AM
oh pantesan kok jarak makanan sampai rumah semutnya kayak jalan tol gitu, ternyat dikasih tau tempatnya pake antena yah, kerne

ryudo2012
11-03-2012, 03:52 PM
oh ternyata kalo semut berhenti ada maksudnya toh...


yg gw tau semut itu buta..

n yg gw tau semut itu pengganggu di rumah:onfire:
yg ini saya setuju banget ..:top:
semut merah plg nyebelin..
kalo ga tau ada semut di deket kaki tau2 digigitin sakit bener dah :gigit:

dudi90
20-03-2012, 07:01 PM
semut semut nakal... gara2 punya antena jadi aj bawa2 pasukan..

coba kalo antena ny kita..:piso:

TheRaihan
21-03-2012, 05:16 PM
semut = koloni yg sangat hebat.. kalo semut tuh mempunyai akal yg bagus bisa2 mereka yg domina dibumi in (kaya di doraemon) hahaha

bener gan.plus mereka makhluk terkuat,cz yg ane baca semut bisa mengangkat beban yang 50 kali berat tubuhnya...
bayangkan kalu mereka cerdas,benar" bisa mendominasi bumi...

Lombin
21-03-2012, 05:27 PM
o... bener kan dugaan gue selama ini???

dibo'ongin guru gue...

IceFairy
21-03-2012, 08:12 PM
wakakak..
pada kerja sama tuh nyari makanan..

farly_agha
23-03-2012, 01:52 PM
kalo mnurut ane sih karna dia ga mau tabrakan , karna sekali nya tabrakan bisa sama2 mati karna sama2 kecil

ElChristo
23-03-2012, 07:15 PM
Hewan yang patut di tiru :D

kwek3x
24-03-2012, 08:17 PM
Ternyata ngasi dignal ada makanan apa gak ya :lalala:

Kirain semut cuma cipika-cipiki doank :lol:

kitsune159
05-04-2012, 05:06 PM
setuju gan.. bahkan tembok rumah pun pada kropos digerogotin semut.. :takut: jadi rapuh nih tembok :sedih:

Klo di t4 ane, semut hobinya makanin baju, ampe bolong2, Ckckckck . . . !!!! http://i1081.photobucket.com/albums/j342/Kitsune159/FOX%20gif/smilies_msn_zorrito-07.gif

HSR09
08-07-2012, 11:34 PM
oh gitu ya gan...pantesan makanan tmpt gw cepet bngt disemutin

cungju
09-07-2012, 09:46 PM
oh gitu ya gan...pantesan makanan tmpt gw cepet bngt disemutin

kan semut cepat nyebar infonya!

coba deh sungut semut diputusin

entar semutnya berjalan ga tau arah loh!

k1bo
10-07-2012, 02:56 PM
owalah, makanya ane biasanya semut baris ternyata gitu ya.


:panda:

Artanis
10-07-2012, 09:14 PM
kan semut cepat nyebar infonya!

coba deh sungut semut diputusin

entar semutnya berjalan ga tau arah loh!


semutnya berkomunikasi dengan yang lain menggunakan FEROMON..
walopun nyebar nanti bakalan kembali lagi berbaris..
ane sudah nyoba beberapa kali.. :hmm:

cungju
10-07-2012, 09:15 PM
semutnya berkomunikasi dengan yang lain menggunakan FEROMON..
walopun nyebar nanti bakalan kembali lagi berbaris..
ane sudah nyoba beberapa kali.. :hmm:

pas sungutnya dicopot,

semut itu bisa diadu loh!
:hmm:

tep80
11-07-2012, 03:56 PM
hahaha.. seemut bisa 'high five' juga ternyata

pyok_gitulo
11-07-2012, 08:04 PM
hahahaha...
kayak lebaran aja ya silaturahmi..

mitshui
11-07-2012, 10:27 PM
iya om semut keknya berkomunikasi lewat antena nya terus saya pernah denger kalo semut itu ga smuanya bisa cari track mereka cuma mengikuti bau yang udah ditinggalin sama yang laen saya udah pernah tes pas ketemu barisan semut saya cuma gesekin tangan mereka akan mecar walau tangan saya ga kliatan >.<

komikb4
12-07-2012, 02:49 PM
klo di liat dari gambar sebenernya semut itu sedang berkomunikasi dengan sesamanya..
Semut atau serangga lainnya berkomunikasi dengan menggunakan zat kimia yang bernama "FEROMON"

Tambahan (http://www.harunyahya.com/indo/buku/semut04.htm)

SEMOGA BERMANFAAT, JANGAN LUPA OLEH2NYA JUGA :hero: :hmm:


[AFAIK feromon iu zat yang dikeluarkan oleh seranggan jantan untuk menarik serangga betina dan mengusir serangga jantan lain :ogbloon:]

hnech
12-07-2012, 04:58 PM
Betul...
Waktu itu pernah nonton documentary mengenai semut...
Dan ternyata semut itu menghapal apa yang dia lihat untuk perjalanan pulangnya...
Pernah nonton antz? Kartun semut... ceritanya lagi ngangkutin makanan buat belalang... tiba2 ada daon jatoh dan semut yang akan melewati jalan tersebut langsung kebingungan dan merasa tersesat...

vasilivs
20-07-2012, 06:27 PM
http://2.bp.blogspot.com/_M5rTAgwsCpg/SzmJMwGP0YI/AAAAAAAAAKQ/kHbU5CjiZAs/s530/semut1.jpg

semutnya kaya lagi berpelukan yah...:peluk:

Artanis
20-07-2012, 07:49 PM
[AFAIK feromon iu zat yang dikeluarkan oleh seranggan jantan untuk menarik serangga betina dan mengusir serangga jantan lain :ogbloon:]

gak hanya itu saja kok..
Feromon digunakan oleh makhluk hidup untuk mengenali sesama jenis, individu lain, kelompok(alias berkomunikasi)
dan untuk membantu proses reproduksi. Berbeda dengan hormon, feromon menyebar ke luar tubuh dan hanya dapat memengaruhi dan dikenali oleh individu lain yang sejenis (satu spesies).

dudi90
21-07-2012, 05:02 AM
http://2.bp.blogspot.com/_M5rTAgwsCpg/SzmJMwGP0YI/AAAAAAAAAKQ/kHbU5CjiZAs/s530/semut1.jpg

semutnya kaya lagi berpelukan yah...:peluk:
:oghoho: kyk yg lagi bagi2 duit bwt lebaran....

ilusionis
21-07-2012, 09:47 AM
Semut juga bisa berkomunikasi ternyata ya.:rolleyes:

Sent from my S7 using Tapatalk 2

quruqiu
23-07-2012, 10:40 AM
semut itu solidaritasnya plg tinggi, kemarin ane pernah liat ditv, buaya aja bisa di gotong....

neverover
05-08-2012, 05:04 AM
iya gw emang selalu mikir sih gan bahwa mereka itu klo ketemu temennya bakal "ngomong" gitu klo papasan. haha

blue1985
05-08-2012, 10:24 AM
yg gw tau semut itu buta..

n yg gw tau semut itu pengganggu di rumah
:onfire:

Nah ini gw baru tau kalau semut itu buta

Kazegawa04
09-08-2012, 10:23 PM
ibarat semut... saling bersilaturahmi.....

GeishaJepang
10-08-2012, 11:01 AM
wah nambah ilmu ane nih....persatuan semut2 itu keren ya

SNEZERD
11-08-2012, 10:49 AM
ternyata semut saat berhenti sejenak itu sedang berkomunikasi...
bwt :niceinfo:

iinlovenie
18-08-2012, 03:56 AM
gw pikir cipokan tuh :mesum:

hillz
30-11-2012, 12:19 AM
yah di mulai dari diri sendiri tentunya..
dengan begitu orang lain pun akan berkaca..

echocuel
11-12-2012, 10:33 AM
:niceinfo: ternyata semut pun tak sombong... wkwkwk

damn22
25-01-2013, 05:05 PM
bukannya mereka membuat feromon untuk menbuat jalur jalannya

biasa jalan semut sejalur man jadi saling bertemu

kalau terlalu bnyk biasa ngk stop lagi gue liat

haihaihai
25-01-2013, 05:14 PM
setuju gan.. bahkan tembok rumah pun pada kropos digerogotin semut.. :takut: jadi rapuh nih tembok :sedih:

wkwkwk ,semut kelaperan itu gan ,kaga ada yg bisa dimakan jadi ngegerogotin tembok :P

Sepuluh_Januari
27-03-2013, 05:13 AM
ternyata semut bisa sling memperingati temanya apa yg bakal dihadapinya (ky mo berantem aje)

tp kenapa klo semut lwt dibadan manusi suka lngsng gigit .. mank manusia membahayakan apa

wamyrullah
27-03-2013, 09:40 AM
ane bertanya2, kenapa mereka kalau jalan itu selalu melewati jalur yang sama
dan ane pernah coba jalurnya ane gosok gosok pake tangan, alhasil mereka kehilangan arah :hahai:
apakah mereka juga menggunakan zat kimia dalam menciptakan jalur untuk di lewati? :bloon:

aizy
27-03-2013, 11:32 AM
wah emang bener nih semut udah kuat ga sombong lagi.... :rokok:
bisa juga mereka saling bagi info door to door... maklum ga ada sms ato facebook maupun twitt....
kalo ada bahaya maupun makanan seneng komunikasiin sama temen2nya... :zzzz:

^
^^
^^^
itu sejenis feromon yah buat jadiin jejak2 biar semut yg lain ga pada nyasar dan kehilangan jejak waktu lagi nyari makan... :kecewa:

Rekhytx
28-03-2013, 04:28 PM
semut aja bsa sopan klo bertemu sesama semut bisa bertegur sapa :haha:

chumbers
28-03-2013, 07:13 PM
Baru tau ane. Ternyata mereka saling bersentuhan itu saling komunikasi toh.
Ane kira cuman ritual sapaan doang :hahai:
Btw nice info gan. Mayan nambah pengetahuan umum :top:

ryovalleth
28-03-2013, 10:41 PM
Wow keren, semut aja bagi2 info soal makanan hahaha kirain cuma komunikasi sekedar menempelkan antena sebagai tanda 1 kubu, ternyata berfungsi juga untuk memeberikan info

anakculun
28-03-2013, 10:45 PM
ntuh dech semut memiliki keunikan khusus
thanks gan infon sharenya,walaupun infonya masih dikit

bukanfans
28-03-2013, 11:29 PM
oh begitu ya gan ? baru tau ane, sebelum tau ini sih sebenarya ane masih mikir knp semut sprt berciuman setiap papasan

Hktoyshop
29-03-2013, 12:42 AM
itu dia saling kominikasi dan saling sapa gan ,,

mario_imuly
29-03-2013, 01:17 AM
Ooh,,,,ane skrg ngrti,,,pdhl wkt kcil ane kira lg kiss tuh semut2 :D

komikb4
29-03-2013, 05:10 AM
Wow keren, semut aja bagi2 info soal makanan hahaha kirain cuma komunikasi sekedar menempelkan antena sebagai tanda 1 kubu, ternyata berfungsi juga untuk memeberikan info

mungkin sama kali ya dengan manusia ketika saling menyapa....

daredcat
29-03-2013, 09:12 AM
Akhir an pertanyaan yg bikin gue penasaran terjawab juga.

qawse
29-03-2013, 12:20 PM
Antena semut = HP infrared. Klo dah diisi pulsanya baru ga perlu ditempel lagi.