PDA

View Full Version : Batu Giok



Artanis
18-06-2011, 03:21 PM
klo :repost: di close ajja Om..
langsung ajja..


Giok


Giok atau jade adalah sejenis batu "permata hijau" adalah salah satu dari jenis batu permata yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu.

Pada saat ini batu giok banyak yang berasal dari daerah Tibet, Cina dan Birma sebagai komoditas ekspor. Giok juga dipercaya berkhasiat membuat ketenangan, kegembiraan dan kesehatan.


Batu perhiasan dan Kesehatan

Selama perjalanan sejarah setelah ditemukan, giok telah dikenal sebagai asesoris dan perhiasan selama ribuan tahun yang lalu oleh peradaban manusia. Bahkan juga diagungkan sebagai "batu penyelamat" bahkan sebagai "batu kesehatan" oleh suku-suku bangsa di Asia Timur dan di benua Afrika ataupun Amerika termasuk oleh suku Maya dan Inca.

Bahkan dalam dunia medis dewasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan yang juga telah dipakai dalam peradaban manusia pada ribuan tahun lalu. Hal ini banyak tercatat dalam banyak buku kesehatan kuno dan diakui sebagai salah satu sumber energi alam. Dalam dunia kesehatan, batu ini banyak digunakan untuk meningkatkan sirkulasi darah, anti penuaan dini, meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan keletihan. Batu giok juga banyak dipakai pada saat terapi pijat ceragem. Selain itu dalam penyelidikan menunjukkan bahwa batu giok mengandung banyak elemen penting seperti kalsium, potasium, besi dan magnesium.


Bentuk dan ukuran

Batu giok menjadi batu yang paling diminati dalam hal perhiasan, medis dan juga keunikannya sehingga batu ini juga mempunyai banyak model tergantung pada saat batu itu diasah dan dibentuk.

Dalam sejarahnya, batu giok adalah satu-satunya jenis batu permata yang diasah dan dibentuk dalam banyak ukuran dan model. Giok diasah dan dibentuk mulai dari seukuran meja, patung besar hingga patung kecil, liontin, anting, cincin hingga sebesar kancing. Bentuknya juga bermacam-macam, mulai dari yang berbentuk patung Buddha, patung naga dan patung lainnya, juga berbentuk kotak, lonjong, oval, persegi tiga hingga persegi banyak. Selain bentuknya, warna dari giok pun beraneka ragam, mulai dari putih, kuning, merah hingga yang paling populer berwarna hijau.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/00/Jadestein.jpg/220px-Jadestein.jpg http://indonesian.cri.cn/mmsource/images/2004/06/09/Img15005.jpg


Sumber (http://id.wikipedia.org/wiki/Giok)


Klo bermanfaat dan nambah ilmu jangan lupa oleh2nya ya.. :hmm:

akuntul
26-06-2011, 06:39 AM
batu giok emang bagus n harga jualnya juga mahal gan...

yg unik lagi kalo batu giok yg asli itu dibakar ber jam2 dia gak akan panas loh...

kakeku punya batu giok bentuknya patung budha julai, pernah ditawar 100 jt""mahal banget ya" tp gak dikasih..

Artanis
26-06-2011, 06:47 AM
batu giok emang bagus n harga jualnya juga mahal gan...

yg unik lagi kalo batu giok yg asli itu dibakar ber jam2 dia gak akan panas loh...

kakeku punya batu giok bentuknya patung budha julai, pernah ditawar 100 jt""mahal banget ya" tp gak dikasih..

iya sih ane juga tau gan..
trus batu giok sendiri banyak warnanya ternyata..
makanya banyak yang memburu batu giok..
klo di tanya harga jual, emang mahal juga gan harganya..
soalnya batu giok termasuk jenis batu permata.. :hero:

skrupp
20-07-2011, 01:55 PM
mahal gan..tapi emang mantap sih..

Artanis
16-08-2011, 04:03 AM
mahal gan..tapi emang mantap sih..

betul gan batu giok itu harganya bisa mahal...
ada perbedaan antara batu giok dari china dan dari peru.. :hmm:

faisal69
16-08-2011, 06:24 AM
batu giok emang bagus n harga jualnya juga mahal gan...

yg unik lagi kalo batu giok yg asli itu dibakar ber jam2 dia gak akan panas loh...

kakeku punya batu giok bentuknya patung budha julai, pernah ditawar 100 jt""mahal banget ya" tp gak dikasih..

wow
100 jt euy

itu bntuk budha nya udah kebentuk dri sono nya atau emng sengaj di bentuk ?

Artanis
16-08-2011, 08:43 AM
wow
100 jt euy

itu bntuk budha nya udah kebentuk dri sono nya atau emng sengaj di bentuk ?

itu bukan bentuk budha gan tapi bentuk patung dewi kwan im...
ya klo bentuk aslinya masih seperti batu biasa, klo udah begini ya pasti di bentuk oleh manusia gan.. :elegan:

norhya
16-08-2011, 10:10 AM
:hi: ikut gelar tiker ya... saya suka batu-batuan alam soalnya, termasuk giok..
klo nggak salah, denger-denger warna batu giok katanya disesuaikan ama si pemiliknya?
maksudnya, klo awalnya batu giok berwarna hijau muda/tua terus klo dipakai terus ama pemiliknya (entah kalung atau gelang),
warnanya bakalan memudar atau berubah disesuaikan dengan kondisi jiwa/badan si pemilik? bener gak sih? :bloon:

riderneko
16-08-2011, 10:15 AM
baju ijo yg sangat mahal ~_~

flint91
16-08-2011, 10:37 AM
batu giok emang mahal kok...
hati2..sekarang banyak penipuan dengan penjualan batu giok palsu..:hoho:

riderneko
16-08-2011, 11:30 AM
batu giok yg kecil2 itu palsu gk ya? sering liat di jalan nawarin

kayaknya sih palsu hahah

Artanis
16-08-2011, 12:23 PM
batu giok emang mahal kok...
hati2..sekarang banyak penipuan dengan penjualan batu giok palsu..:hoho:

betul gan harganya mahal klo kualitasnya bagus juga tentunya...
tapi harus tetep waspada penipuan sudah meraja lela.. :haha:

RainDog
16-08-2011, 12:44 PM
ada ciri2 pasti untuk giok asli gak....:???:
dulu gw search digoogle serba bingung... banyak pendapat yg berbeda n berlawanan....:keringat:

jarmen_kerll
16-08-2011, 01:56 PM
kok bisa ya batu2an bisa memiuliki efek penyembuhan??

shinobi32
16-08-2011, 02:13 PM
sedikit gak percaya klo batu bisa untuk kesehatan

Artanis
16-08-2011, 05:23 PM
ada ciri2 pasti untuk giok asli gak....:???:
dulu gw search digoogle serba bingung... banyak pendapat yg berbeda n berlawanan....:keringat:

klo untuk ciri pasti ane juga kurang tau gan..
bahkan ane barusan cek ke Om google juga bingung..
lebih banyak pendapatnya di banding objektifitasnya..

:maaf: :maaf:
maaf klo pertanyaannya blom di jawab dengan pasti..

zz11
16-08-2011, 06:25 PM
Maaf kalo gw agak OOT.

bahwa perasaan dan keyakinan seseorang adalah modal penting dalam penyembuhan, di samping obat dan tangan penolong (terapis atau dokter).
Kalo orang yakin batu ini bisa menyembuhkan, dari pengamatan gw, ia cenderung akan sembuh.
Tapi buat yg antara percaya dan tidak, biasanya malah nggak sembuh.

Memang sich, dari pengamatan. tapi kan belum tentu benar.
Abis soal batu2an gini ga ada data ilmiahnya yg pasti juga kan :iii:

Artanis
17-08-2011, 04:42 AM
Maaf kalo gw agak OOT.

bahwa perasaan dan keyakinan seseorang adalah modal penting dalam penyembuhan, di samping obat dan tangan penolong (terapis atau dokter).
Kalo orang yakin batu ini bisa menyembuhkan, dari pengamatan gw, ia cenderung akan sembuh.
Tapi buat yg antara percaya dan tidak, biasanya malah nggak sembuh.

Memang sich, dari pengamatan. tapi kan belum tentu benar.
Abis soal batu2an gini ga ada data ilmiahnya yg pasti juga kan :iii:

berarti itu bagaimana sugesti(keyakinan) seseorang ya mod..
soalnya kesembuhan seseorang tergantung dari segustinya apakah dia pengen sembuh atau gak..
menurut pengalaman sih sugesti (keyakinan) itu 50% akan kesembuhan..
maaf nih klo ane juga OOT.. :peace:

zz11
17-08-2011, 12:22 PM
berarti itu bagaimana sugesti(keyakinan) seseorang ya mod..
soalnya kesembuhan seseorang tergantung dari segustinya apakah dia pengen sembuh atau gak..
menurut pengalaman sih sugesti (keyakinan) itu 50% akan kesembuhan..
maaf nih klo ane juga OOT.. :peace:

itulah, sugesti itu susah dijelaskan secara medis :sigh:
Itu dianggap masih daerah abu2 dalam hal efektivitas pengobatan...
Nah kalo dikaitkan dengan kasus batu2 ini, ada orang yg benar2 percaya mitos, maka batu2 itu benar bisa menyembuhkan, karena adanya keyakinan bahwa batu itu benar2 menyembuhkan.

Kalo kata filsuf barat: Fidels quaerens intellectum (artinya: faith seeking understanding).
(mungkin tidak terlalu tepat analoginya, tapi kira2 mendekatilah IMHO)

a1d12s88
17-08-2011, 01:01 PM
batu giok dan batu2 lain dalam pengobatan tradisional itu dalam beberapa bacaan dan tayangan televisi mengandung beberapa unsur dari bumi kita ini. Di lihat dari segi pengobatan, unsur2 dalam batu yang bermacam2 itu bisa digunakan dengan mencampur tambahan2 obat2 herbal juga

Artanis
20-08-2011, 07:11 AM
batu giok dan batu2 lain dalam pengobatan tradisional itu dalam beberapa bacaan dan tayangan televisi mengandung beberapa unsur dari bumi kita ini. Di lihat dari segi pengobatan, unsur2 dalam batu yang bermacam2 itu bisa digunakan dengan mencampur tambahan2 obat2 herbal juga

unsur yang terkandung dalam Batu Gio itu adalah kalsium, potasium, besi dan magnesium..
lebih lengkapnya ini gan..

BD (berat jenis) = 2,9 – 3,3  Nefrit = Jade = Giok {Ca2 (Mg, Fe)5 (OH)2Si8O22} aktinolit atau Amfibol kalsium magnesium besi; bentuk menyerabut atau asbes tiform; warna kelabu, kehijau-hijauan atau kekuning-kuningan; adanya garis kembar; warna plagioklas putih, kadang – kadang kehijau-hijauan, hijau tua, coklat, hitam, kadang-kadang tembus pandang (transparan), tembus cahaya (Translucent) atau opal; bidang belah berpotongan dengan sudut 550 dan 1250 ; K = 5 – 6; apabila dipanaskan mengeluarkan air yang menunjukkan bahwa ia terbentuk dalam suasana hidro (perhatikan adanya gugusan OH) atau dikenal sebagai AMFIBOL.