PDA

View Full Version : Dasar Bendera Pusaka Pesan dari Jepang



khuma_putry
24-07-2011, 07:37 PM
http://assets.kompas.com/data/photo/2009/08/16/0407123p.jpg

BENGKULU, KOMPAS.com Putri Presiden pertama RI Sukmawati Soekarno menyatakan, bahan dasar pembuatan Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan pada saat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dipesan melalui tentara Jepang.

"Di awal kemerdekaan Bapak (Soekarno) sudah pesan beberapa gulungan kain dasar warna merah dan putih kepada tentara Jepang, ketika bahan dasar itu didapat, barulah Ibu (Fatmawati) yang ditugaskan untuk menjahitnya," terangnya dalam penutupan acara "Merajut Nusantara" di Kota Bengkulu, Sabtu (23/7/2011).

Ia mengisahkan, saat itu ibu Fatmawati dalam keadaan mengandung Guntur Soekarno Putra. Ibu Fatmawati sesekali terisak dalam tangis sambil menjahit bendera Merah Putih karena ia tidak percaya Indonesia akhirnya merdeka dan mempunyai bendera serta kedaulatan sendiri.

"Menjahit bendera pusaka, bendera pertama Indonesia adalah takdir dari ibu saya (Fatmawati) dan ia adalah putri dari Provinsi Bengkulu," tambahnya.

Dilanjutkannya, di awal kemerdekaan, Presiden Soekarno memang telah menyiapkan bendera untuk Indonesia yang bahan dasarnya ia pesan pada tentara Jepang, tentu saja tanpa sepengetahuan penjajah jika bahan dasar kain berwarna merah dan putih itu digunakan untuk membuat sebuah bendera bagi bangsa yang sedang dijajah Jepang.

Ia juga mengatakan, pada saat bendera pusaka dikibarkan di istana yang menandakan Indonesia merdeka, Ibu Fatmawati berurai air mata karena ia menyadari sesuatu yang mustahil telah diraih oleh bangsa Indonesia, yakni kemerdekaan.

Di akhir kalimatnya, ia mengatakan, sejarah Bengkulu dekat dengan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Event "Merajut Nusantara" merupakan pergelaran menjahit duplikat bendera pusaka Merah Putih dalam rangka napak tilas perjuangan Ibu Fatmawati, yang merupakan tokoh sejarah kunci kemerdekaan Indonesia.

Ibu Fatmawati merupakan putri asli Bengkulu yang menjadi istri Soekarno pada saat kemerdekaan Indonesia. Pada saat itu sejarah mencatat, Ibu Fatmawati yang menjahit bendera pusaka Merah Putih pertama ketika Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Source : www.kompas.com

alzurjani
30-11-2011, 04:27 PM
semoga aja kemerdekaan indonesia bukan pesanan jepang, hehe

CodeAmon
20-12-2011, 06:33 AM
Quote " Merajut Nusantara" dalam banget maknanya :terharu:
Wa sempet nanya ama temen soal asal Kain yang digunakan sebagai bendera pusaka yang pertama kali enggak ada yang tahu bahkan ada yang bilang dari "maaf" kain taplak :swt:

ternyata dari Pak Karno yang memesan ke Jepang yah :iii: baru tahu
kira2 Pak Karno ngomong ama Jepang gmana yah jadi penasaran :hihi:

KRTC
20-12-2011, 11:40 PM
bendera memang bisa dipesan!!!

tapi kemerdekaan itu bukan pesanan tapi adalah anugrah:terharu:

sentabi
21-12-2011, 01:11 PM
salut buat bu fatmawati :)

sekali merdeka tetap merdeka!

DjakartaSoera
04-05-2012, 08:31 PM
pesan dari jepang ya bahannya:hoho:

TMnH
05-05-2012, 06:30 AM
Klo ndak salah se sejarah rengasdengklok tuh gara2 mahasiswa gk mau kemerdekaan "dikasih" ma Jepang di bulan September makanya Pak Karno diculik spy proklamasi kemerdekaan di bln Agustus gt jd ya gk salah klo bahan benderanya pesan dr Jepang..CMIIW

reza321
05-05-2012, 07:01 AM
Jepang ternyata ada kontribusinya di kemerdekaan RI :ogmatabelo:

Joshualoves
06-05-2012, 03:18 AM
Emang ibu Fatmawati paling top dah karerna menjahit bendera pertama kita. Pak Karno juga gak mau sembarangan milih bahannya untuk dijadiin bendera pertama. Seandainya semangat ini tetap ada dihati rakyat, mau memberikan yang terbaik buat negara, pasti negara kita bisa melakukan yang mustahil.

Akatsuki_Rolan40
06-05-2012, 07:12 AM
Emang ibu Fatmawati paling top dah karerna menjahit bendera pertama kita. Pak Karno juga gak mau sembarangan milih bahannya untuk dijadiin bendera pertama. Seandainya semangat ini tetap ada dihati rakyat, mau memberikan yang terbaik buat negara, pasti negara kita bisa melakukan yang mustahil.

Srmangat yg sangat amat susah ditemui d jaman skrng ini...

vasilivs
03-06-2012, 12:39 PM
pantesan warna bendera jepang sama indonesia hampir sama yah......^^


http://i47.tinypic.com/10wtiko.jpg

ryrien
04-06-2012, 08:39 PM
ahahahaha baru tau saya dari thread ini siapa yg merajut bendera merah putih pertama kali...
dari awal emang sy gg terlalu tertarik dengan sejarah....

Shiroya
05-06-2012, 10:32 AM
Oh ternyata emang dipesen jepang bakal benderanya,
pantesan warna nya sama merah putih....!!!

entop
05-06-2012, 11:27 AM
ternyata belinya dari tentara jepang.
baru tau kalo kek gitu.

Ariefandie
11-06-2012, 02:38 PM
pantes awet sampe sekarang benderanya gan.....

komikb4
12-07-2012, 10:21 AM
[apa gara2 pesan ke jepang jadinya warna bendra kita iukt merah dan putih :keringat:]

dindung
12-07-2012, 09:36 PM
Dilanjutkannya, di awal kemerdekaan, Presiden Soekarno memang telah menyiapkan bendera untuk Indonesia yang bahan dasarnya ia pesan pada tentara Jepang, tentu saja tanpa sepengetahuan penjajah jika bahan dasar kain berwarna merah dan putih itu digunakan untuk membuat sebuah bendera bagi bangsa yang sedang dijajah Jepang.

Pak Karno pinter sekali, lagian kan bendera Jepang juga merah putih ya :iii:
mungkin karena itu mereka ga curiga
tapi kok tentara Jepangnya mau aja ya?



Kain yang digunakan sebagai bendera pusaka yang pertama kali enggak ada yang tahu bahkan ada yang bilang dari "maaf" kain taplak

saya juga pernah denger itu, pertamanya percaya
soalnya kan terdesak :haha:

hro
13-07-2012, 12:43 AM
judulnya ambigu nih....
salah kaprah dah jadinya...:haha:
tapi emang mantap nih peristiwa pengibaran benderanya....
merajut nusantara....
et dah...kurang keren gmana lagi coba para pendahulu kita? :terharu:

sang_prabu
18-07-2012, 11:29 AM
Ya iya lah bisa jadi pesen kain dari tentara Jepang, jaman Jepang di nusantara beras aja susah dapetnya apalagi kain, palingan ya dibilang buat kain taplak.

Namanya juga dadakan brow... yang ada aja dipake....