PDA

View Full Version : 5 jenis pantangan susu



jHony
05-04-2009, 06:08 PM
http://students.stttelkom.ac.id/wanita/images/gbupload/1157982028milk_skim.jpg

Sering minum susu sangat bermanfaat bagi kesehatan, tetapi dalam hidup sehari-hari kita juga harus berhati-hati, bahwa ada sebagian makanan tidak boleh dimakan bersamaan.

Jeruk dan susu
Dalam satu jam sebelum dan sesudah minum susu, tidak cocok makan jeruk. Sebab protein di dalam susu jika bertemu dengan tartaric acid yang terkandung dalam jeruk, akan mengeras, dengan demikian akan mempengaruhi daya serap dan daya cerna terhadap susu, pada saat yang sama juga tidak cocok mengonsumsi jenis buah-buahan lain yang asam.


Jus dan susu
Protein dalam susu 80% adalah protein dadih kental (casein), pada saat sifat asam susu di bawah 4.6 ph, sejumlah besar protein dadih kental akan menjadi melekat jadi satu, mengendap, sukar untuk menyerap dan mencernakan, yang gawat mungkin akan mengakibatkan gangguan pada pencernaan atau akan berakibat buang-buang air, itulah sebabnya ke dalam susu tidak boleh dicampurkan jus dan minuman-minuman yang bersifat asam.

Susu dan gula
Susu mengandung leucine (asam amino), bila dalam keadaan panas dimasukkan gula akan bereaksi menjadi leucine fructosyl (radikal fluktosa) yang beracun, dapat merusak tubuh orang. Susu segar dalam kondisi mendidih jangan dicampur gula, tunggu agak dingin baru masukkan gula.

Susu dan coklat
Susu mengandung banyak protein dan kalsium, tetapi coklat mengandung asam oksalat, bila keduanya dimakan bersamaan, akan menjadi kalsium yang bersifat non larut, sangat mempengaruhi daya serap terhadap kalsium, akan menimbulkan gejala rambut kering, buang-buang air, lambatnya pertumbuhan serta gejala-gejala yang lain.

Susu dan obat
Ada orang suka minum obat dengan susu, air putih diganti dengan susu, padahal susu jelas-jelas dapat mempengaruhi tubuh dalam menyerap obat. Karena susu mudah melapisi permukaan obat dengan membentuk sebuah selaput, maka akan membuat unsur-unsur yang terkandung dalam susu seperti kalsium, magnesium serta unsur-unsur lainnya timbul reaksi kimia dengan obat, menjadi materi yang tidak bisa larut dalam air, dengan demikian akan mempengaruhi kemampuan daya buang dan daya serap terhadap obat. Oleh karena itu, sebelum dan sesudah minum obat satu jam jangan minum susu.

v1n_vampire
05-04-2009, 06:55 PM
lho?? jd susu coklat itu gmn???

dulu waktu kcl jg sk minum susu putih, tp tetap pk gula..
kl susunya dingin, gulanya ga bisa larut.. gmn tuh???
skrg sih manusianya ms baek2 aja sih :p

7up
05-04-2009, 11:34 PM
hm... gt biar sehar minum susu murni aja...
cari sapi merah.. langsung sedot aja tu.. murni kan.. rasain sendiri rasanya :lol:

chicheng
06-04-2009, 11:13 AM
kalo yoghurt gimana tuh?
kan ada yang rasanya jeruk,
ato gak susu coklat?
berarti itu pembodohan publik dong iklannya?

mb4ng
08-04-2009, 06:59 AM
http://students.stttelkom.ac.id/wanita/images/gbupload/1157982028milk_skim.jpg

Sering minum susu sangat bermanfaat bagi kesehatan, tetapi dalam hidup sehari-hari kita juga harus berhati-hati, bahwa ada sebagian makanan tidak boleh dimakan bersamaan.


Susu dan coklat
Susu mengandung banyak protein dan kalsium, tetapi coklat mengandung asam oksalat, bila keduanya dimakan bersamaan, akan menjadi kalsium yang bersifat non larut, sangat mempengaruhi daya serap terhadap kalsium, akan menimbulkan gejala rambut kering, buang-buang air, lambatnya pertumbuhan serta gejala-gejala yang lain.


Lha itu susu coklat kalengan, bubuk, cair gimana dong?

metzebs
08-04-2009, 07:09 AM
Susu dan gula
Susu mengandung leucine (asam amino), bila dalam keadaan panas dimasukkan gula akan bereaksi menjadi leucine fructosyl (radikal fluktosa) yang beracun, dapat merusak tubuh orang. Susu segar dalam kondisi mendidih jangan dicampur gula, tunggu agak dingin baru masukkan gula.
beneran gak nich?
Soalnya kalau saya minum susu itu pasti pakai gula, apalagi yang susu bubuk.
dan Juga kalau susu cair itu kebanyakan mengandung gula.
Misal : Susu Full Cream F*isian Flag.. mengandung Gula 19 gr.

blackwarr
09-04-2009, 03:32 AM
masa musti minum susu murni seh??
hidup sehat susah bgd seh!!
mending mati cpd asal bahagia aj deh

shinobi32
09-04-2009, 04:20 AM
satu lagi: TEH

Mengonsumsi teh dapat menekan risiko terjadinya penyakit jantung dan stroke, namun hal itu tidak berlaku apabila pada teh tersebut dicampurkan susu. Mengapa hal itu dapat terjadi?

Hasil penelitian tersebut menjelaskan bahwa teh dapat meningkatkan aliran darah dan kemampuan dari arteri untuk berelaksasi, namun selanjutnya para peneliti yang berasal dari Charite Hospital, University of Berlin menyebutkan bahwa susu dapat menghambat efek perlindungan yang dimiliki oleh teh dalam menghambat terjadinya penyakit jantung. Para peneliti menyatakan kepada Reuters bahwa jika ingin mengambil manfaat dari minuman teh untuk kesehatan jantung, sebaiknya jangan menambahkan susu dalam minuman tersebut.

Para peneliti menyebutkan bahwa protein kasein yang terdapat pada susu dapat menurunkan sejumlah komponen yang terdapat pada teh, yaitu catechin, yang memiliki kemampuan melawan penyakit jantung.


Para peneliti sangat yakin dengan hasil temuan tersebut, yang juga pernah dilaporkan dalam European Heart Journal, dijelaskan bagaimana negara seperti Inggris yang memiliki kebiasaan mencampurkan teh dengan susu ternyata tidak menunjukkan penurunan angka risiko penyakit jantung dan stroke.

Teh hitam sangat bermakna meningkatkan aliran darah bila dibandingkan dengan cairan lainnya. Namun saat dicampur dengan susu, maka efek tersebut akan hilang. Uji coba juga dilakukan terhadap hewan tikus. Saat tikus tersebut diberikan teh hitam, maka produksi natrium oksidanya akan meningkat sehingga meningkatkan dilatasi pembuluh darah. Namun dengan pemberian susu, maka efek tersebut akan terhambat.

SUMBER: http://jawaban.com/news/health/detail.php?id_news=070919155904&offx=7

Urakai
09-04-2009, 09:57 AM
Susu dan gula
Susu mengandung leucine (asam amino), bila dalam keadaan panas dimasukkan gula akan bereaksi menjadi leucine fructosyl (radikal fluktosa) yang beracun, dapat merusak tubuh orang. Susu segar dalam kondisi mendidih jangan dicampur gula, tunggu agak dingin baru masukkan gula.


Lha... Gw kalo bikin susu bubuk khan di box petunjuknya kek gini:
-> Sendokin susunya trus -> gulanya trus -> tuang air... Berarti salah yah...

freyr2thor
09-04-2009, 10:12 AM
hlah??
kalo yang susu sama obat ntu emang tau se///
tapi yang susu coklat??
susu campur jus???
bleh...
tapi...
kayaknya selama sayanya bae2 aja...
lanjut!!!
haha...

Lyn
10-04-2009, 04:42 PM
wah yang paling sering di konsumsi kayaknya susu+gula+air panas deh...
untung aku lebih suka susu biasa aja yang ga pake gula...
kalo minum obat ama susu mah takut pahit kali ya org nya...

jadi tau apa2 aja yang ga boleh di campur ama susu

v3rt3x
21-04-2009, 04:59 PM
Susu dan gula
Susu mengandung leucine (asam amino), bila dalam keadaan panas dimasukkan gula akan bereaksi menjadi leucine fructosyl (radikal fluktosa) yang beracun, dapat merusak tubuh orang. Susu segar dalam kondisi mendidih jangan dicampur gula, tunggu agak dingin baru masukkan gula.

ini maksudnye susu segar kek susu sapi yg diperah kan? bukan susu bubuk ato susu kental :hihi:



Susu dan coklat
Susu mengandung banyak protein dan kalsium, tetapi coklat mengandung asam oksalat, bila keduanya dimakan bersamaan, akan menjadi kalsium yang bersifat non larut, sangat mempengaruhi daya serap terhadap kalsium, akan menimbulkan gejala rambut kering, buang-buang air, lambatnya pertumbuhan serta gejala-gejala yang lain.

kl yg ini maksudnye cokelat batangan kali, kek silver queen, delfi, dkk :hihi:

collalinxz
02-06-2009, 01:15 PM
susu dan gula??
hmmm... masa minum susu ga pk gula >.<

Sunoe
02-06-2009, 02:44 PM
Yang susu dan gula....
ternyata ngeri efeknya...
nice info...

ronibadakh
02-06-2009, 06:09 PM
wew...

ane dari kecil dah ngga minum susu lagi...

nitnot
02-06-2009, 09:29 PM
eh eh,,,klo susu coklat gimana tuh??,,klo kopi 3in1 yang da susunya pas pake coklat n gula gimaanaa tuh??...hehehe...

Animers
02-06-2009, 10:55 PM
susu paling enak itu, SUSU IBU, dan kalo udah gede minum susu "ISTERI" paling sehat dan nikmat

maniac_squall
03-06-2009, 06:55 AM
susu sama coklat dan susu sama jus, itu kan banyak beredar dan orang2 banyak yg menikmati. gmn tuh?

tiazz
11-04-2010, 09:37 PM
susu n juz..
padahal biasanya klu bli juz suka dicampur susu..
wah ternyata ga boleh ya...
tp mungkin klu sesuai takaran ga papa x ya..

ShiR0
11-04-2010, 09:51 PM
berarti klo susu yg dalam kemasan trus da rasa jeruknya tu g baik jg y bro :???:

ruonny
13-04-2010, 02:57 PM
gimana klo SUSU+SODA gan,,,,?????

darkkyuby
15-04-2010, 09:10 PM
NAIS INPO GAN!!http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-106.gif

hapoki
19-04-2010, 11:57 AM
wah g dah terbiasa minum jus buah pake susu.. bukannya jadi sehat ya.. bingung neh jadinya