PDA

View Full Version : Biology Ditemukan Bakteri yang Mampu Pengaruhi Otak



ghombalz
04-09-2011, 03:45 PM
http://media.vivanews.com/thumbs2/2011/06/01/112442_bakteri-ecoli-di-bawah-mikroskop-_300_225.JPG

Ilmuwan telah menemukan salah satu jenis bakteri usus yang mampu secara langsung mempengaruhi otak. Temuan ini diperkirakan mampu menyibak cara baru untuk mengontrol depresi dan kelainan psikiatrik lainnya.

Sebelumnya, peneliti sudah lama mencurigai bahwa usus ada hubungannya dengan otak, karena kelainan di bagian tubuh tersebut berkaitan dengan penyakit psikis pada manusia seperti kegelisahan dan depresi.

Untuk memastikan, para peneliti dari University College Cork di Irlandia memberikan Lactobacillus rhamnosus JB-1, bakteri yang umumnya hidup di usus manusia ke tikus.

Ternyata, tikus yang diberi asupan air kaldu yang mengandung bakteri itu memiliki perilaku terkait dengan stress, kegelisahan dan depresi yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan air kaldu tanpa bakteri.

Tikus yang diberikan bakteri juga memiliki level hormon stres corticosterone yang lebih rendah saat menghadapi situasi penuh tekanan seperti ketika ia ditempatkan di dalam rintangan. Dan berhubung tikus bisa menjadi contoh yang bagus dalam mempelajari otak manusia, peneliti menyebutkan, temuan ini juga bisa diaplikasikan pada manusia.

“Dengan memanfaatkan bakteri usus, Anda memiliki efek yang sangat kuat dan luas terkait kimia dan perilaku otak,” kata John Cryan, peneliti dari University College Cork, seperti dikutip dari LiveScience, 4 September 2011.

Tanpa melebih-lebihkan segala sesuatunya, kata Cryan, temuan ini membuka konsep bahwa kita bisa mengembangkan terapi yang bisa mengobati kelainan psikiatrik dengan menyasar ususnya. "Anda bisa meminum yogurt dengan probiotik di dalamnya dan tidak menggunakan antidepresan,” ucapnya.

Meski demikian, kata Cryan, yogurt itu bukan yogurt yang biasa kita minum setiap harinya. Kami tidak menyarankan Anda pergi ke supermarket dan melakukan ini.

“Efek yang muncul tergantung dengan jenis probiotik yang Anda gunakan. Namun harapannya, cara ini menghadirkan efek samping yang lebih rendah dibanding dengan obat-obatan kimia.” (adi)

Sumber : VIVAnews (http://teknologi.vivanews.com/news/read/244506-ditemukan--bakteri-yang-mampu-pengaruhi-otak)

PzGren
04-09-2011, 10:57 PM
Jadi sebenernya apa yang ada di perut itu mempengaruhi kondisi seluruh tubuh y... :hehe:
Termasuk bakteri :swt:

HoRny
05-09-2011, 09:26 AM
Makin Aneh aj nih
emangnya di usus ad bakteri selain Bakteri E Coli ? :bloon:

dragon02
05-09-2011, 12:57 PM
pemikiran & teknologi yg semakin berkembang, jd sudah sangat pantas bila semakin banyak hal2 baru yg ditemukan dan masih aneh didengar...

mungkin beberapa puluh tahun lagi akan ditemukan jg bakteri yg bisa membuat umur panjang, hehe...

HcDohl
05-09-2011, 04:09 PM
pemikiran & teknologi yg semakin berkembang, jd sudah sangat pantas bila semakin banyak hal2 baru yg ditemukan dan masih aneh didengar...

mungkin beberapa puluh tahun lagi akan ditemukan jg bakteri yg bisa membuat umur panjang, hehe...

Mungkin bisa digunakan sebagai terapi otak.....

kalo untuk umur panjang nampak mustahil...

zz11
05-09-2011, 09:20 PM
Lactobacillus rhamnosus kan emang ada di usus manusia tapi fungsinya sebagai probiotik.
Jadi bakteri ini termasuk bakteri yg baik...

Sedangkan E.coli punya 2 sifat, dia aslinya komensal, tapi kalo terlalu banyak jadi patogen alias jahat.

Artanis
07-09-2011, 08:47 PM
Lactobacillus rhamnosus kan emang ada di usus manusia tapi fungsinya sebagai probiotik.
Jadi bakteri ini termasuk bakteri yg baik...

Sedangkan E.coli punya 2 sifat, dia aslinya komensal, tapi kalo terlalu banyak jadi patogen alias jahat.

Bakteri E. coli, adalah salah satu jenis spesies utama bakteri gram negatif..
Kebanyakan E. Coli tidak berbahaya, tetapi beberapa, seperti E. Coli tipe O157:H7, dapat mengakibatkan keracunan makanan yang serius pada manusia..
E. Coli yang tidak berbahaya dapat menguntungkan manusia dengan memproduksi vitamin K2, atau dengan mencegah bakteri lain di dalam usus..
E. coli banyak digunakan dalam teknologi rekayasa genetika..

Fakhry7
10-09-2011, 02:06 PM
ilmu psikiater makin maju nih dengan penemuan bakteri yang mempengaruhi otak..

rumahmakanpadang
16-01-2012, 06:03 PM
waw, bisa jadi masukan nih
ntar kalo ada pasien depresi ato stress trus seteleh ditelusuri penyebabnya ga jelas bisa cek titer lactobacillus
tp masih perlu penelitian lebih lanjut

dhanand
23-01-2012, 01:31 PM
jgankan bakteri, prempuan jga bsa mrusak otak kita

:onion:

valkyrieways
25-01-2012, 01:16 PM
satu tubuh error, bagian lain juga ikut... sereemmm

Ryuzackie
19-05-2012, 05:50 AM
hmmm....,,,brarti klo stress n depresi trus minum yogurt ntar bisa jadi happy...,,,hehehe :lol:
untung bakterinya baik ya,,,klo jahat sih,,mlah jadi pnyakit,,n klo dmasukkan ke otak,,ntar mlah jadi pnyakit jnis baru....,,,

Pure33
05-07-2012, 07:27 PM
mempengaruhi otak,,,
klo mempengaruhi perasaan ada kagak ya?

rizqal
11-07-2012, 09:08 PM
ini nih yang bikin yakult dan kawan" laku! bakteri sehat ngaruh buat kondisi tubuh kita soalnya hahaha :oghoho:

Sunday_KNIGHT
02-12-2012, 03:28 PM
Sebenarnya cara mempengaruhi otak tidak harus dalam otak langsung,
soalnya otak hanya menerima sinyal-sinyal dari panca indera untuk diproses menjadi sebuah informasi,
jadi kalo ingin memanipulasi otak, manipulasi aja panca indra,

sama halnya dengan kinerja bakteri ini,
mereka juga memberikan sinyal-sinyal selain fungsinya sebagai probiotik,


tapi perempuan lebih hebat dalam memperngaruhi otak pria dibanding bakteri. :))
dalam hal apa dulu ini :hehe:

qorabum
03-12-2012, 09:48 AM
bagus nih klo lg stress tinggal makan makanan yang ada bakterinya gak usah ke rumah sakit jiwa ....

cempee
03-12-2012, 03:29 PM
wah pantesan , kadang kadang waktu ane pas ketakutan/panic , tiba perut ane jadi mules :swt:

Heito
10-03-2013, 07:08 AM
Buset keren amat bakteri jaman sekarang makin dewa aja.. dulu mah Bakteri cuma mempengaruhi Kesehatan sekarang sampe ke otak X_X Dunia ini sebentar lagi Hancur dah wkwkkwkw
untung manusia skrng makin Ngebut aja otaknya :V

faruoqi
10-03-2013, 01:24 PM
mempengaruhi otak tapi gk mempengaruhi sifat kan ?
bisa jadi manipulator gtu yah ..
gembel lama2 ilmuwan bikin bakteri wat bikin zombie dah ..

andriy_panda
22-07-2013, 03:09 AM
bakteri yg di usus bisa mempengaruhi mood berarti makanan jg bisa dong kayak coklat es krim ama sambel

cr007kit
24-07-2013, 08:08 AM
wah jadi ingat promo film korea di Channel M.
bakteri yang mempengaruhi otak dan menggiring manusia untuk terjun ke sungai.
kira kira bakteri yang di sebutkan TS itu bisa jadi parasit di tubuh manusia?

savior03
24-07-2013, 12:04 PM
hehe, padahal kita ini sendiri adalah koloni bakteri raksasa, saya lupa pastinya CMIIW kalau gak salah sekian persen (2 persen kalo gak salah inget) dari berat tubuh kita adalah bakteri, jadi kalo beratnya 60kg, berarti yg berupa bakteri sekitar 1,2kg...
(sumber: pernah dengarkan khan academy, subject bacteria)

aizy
24-07-2013, 04:52 PM
bakterinya jenis rhamnosus....:iii:

temuan ini membuka konsep bahwa kita bisa mengembangkan terapi yang bisa mengobati kelainan psikiatrik dengan menyasar ususnya.

beneran kudu langsung dari usus..??:takut:
masa ga bisa dikultur sih untuk produksinya..?

daelorang
25-07-2013, 09:27 AM
stress adalah hal yang biasa kita hadapi dalam kehidupan , kayaknya info mengenai bakteri tersebut bisa menjadi jalan keluar dari segala masalah psikis yang banyak kita hadapi saat ini,dari pada menggunakan obat penenang mungkin lebih menggunakan bakteri tersebut , kayaknya penelitian tersebut harus di dalami dah. memang tubuh manusia memiliki berjuta misteri yang masih belum bisa dijelaskan.

ascetic_noise
27-07-2013, 04:38 AM
memang bener adanya makanan dan minuman tertentu memicu adanya zat tertentu di dalam tubuh kita Om..

seperti yogurt, susu atau cokelat bisa menghasilkan hormon anti stress seperti hormon dopamin..

kalo menghasilkan bakteri tertentu baru tahu kali ini saya Om..

nice inpoh dah.. :top:

belato123
12-08-2013, 12:47 PM
wah info baru ini :bingung: setau saya yang bisa ngaruhin/ngerusak otak itu cuma Virus paling kalo bakteri gak pernah sampe ke otak, atau gmna ya?

Sunday_KNIGHT
12-08-2013, 02:52 PM
Buset keren amat bakteri jaman sekarang makin dewa aja.. dulu mah Bakteri cuma mempengaruhi Kesehatan sekarang sampe ke otak X_X Dunia ini sebentar lagi Hancur dah wkwkkwkw
untung manusia skrng makin Ngebut aja otaknya :V
rasanya dari dulu juga sudah seperti ini dah,
tapi hipotesa ini baru dibuktikan sekarang saja,


wah jadi ingat promo film korea di Channel M.
bakteri yang mempengaruhi otak dan menggiring manusia untuk terjun ke sungai.
kira kira bakteri yang di sebutkan TS itu bisa jadi parasit di tubuh manusia?
wakakak, bisa saja, tapi lihat kembali ke pengertian dari parasit itu apa ?
apakah bakteri yang mengambil nutrisi dari tubuh manusia bisa dikatakan parasit ?


wah info baru ini :bingung: setau saya yang bisa ngaruhin/ngerusak otak itu cuma Virus paling kalo bakteri gak pernah sampe ke otak, atau gmna ya?
pada dasarnya emang tidak sampai ke otak,
tapi senyawa kimia yang dihasilkan oleh bakteri usus ini yang mempengaruhi otak,
seperti yang diketahui, seluruh tubuh pasti punya reseptor termasuk di lambung,

nah, dari senyawa kimia yang dihasilkan bakteri tersebut akan mempengaruhi reseptor tersebut,
kemudian secara langsung juga akan mempengaruhi mood/sifat/prilaku dari seseorang,
sepertinya cuma sebatas kegelisahan saja, gak sampe kemana-mana,

AlienKnowledge
24-08-2013, 10:22 AM
“Efek yang muncul tergantung dengan jenis probiotik yang Anda gunakan. Namun harapannya, cara ini menghadirkan efek samping yang lebih rendah dibanding dengan obat-obatan kimia.”

Sunday_KNIGHT
24-08-2013, 01:40 PM
“Efek yang muncul tergantung dengan jenis probiotik yang Anda gunakan. Namun harapannya, cara ini menghadirkan efek samping yang lebih rendah dibanding dengan obat-obatan kimia.”
kalo probiotik biasanya jarang memberikan efek samping, ada tapi jarang kita dengar,
mengenai efeknya, mungkin saja jenis pro jelas memberikan efek yang berbeda,
kalo dah obat/antibiotik gak bisa di setarakan, jelas cara kerjanya beda jauh dengan probiotik,

cmiiw ___

collabcad
24-08-2013, 11:35 PM
sapa tau ntar ditemuin bakteri yg bisa buat overclock otak manusia ...

doping buat kalo lagi ujian ...

curiousboy
25-08-2013, 06:11 AM
wow
klo emang bener kya gtu
bisa dikembangin lagi bakterinya wat hal2 yg berguna

justkaen
12-10-2013, 03:12 PM
bisa mempengaruhi otak

bahaya tuh kalau disalah gunakan :apa:

Hayoung
13-10-2013, 09:29 AM
atas ane betul skali

hans1234567890
14-10-2013, 07:30 PM
kenapa mereka bisa neliti ini ya? mungkin mereka mau buat senjata pemusnah massal, biochemical weapon kah?
ato mereka kurang kerjaaan?
berarti kalo kita gak jaga perut kita, bisa stress dan lain2?

Sunday_KNIGHT
14-10-2013, 07:37 PM
kenapa mereka bisa neliti ini ya? mungkin mereka mau buat senjata pemusnah massal, biochemical weapon kah?
ato mereka kurang kerjaaan?
berarti kalo kita gak jaga perut kita, bisa stress dan lain2?
namanya juga manusia yang punya sifat selalu ingin tahu,,

tujuanya gak harus ke senjata, bisa saja ke pengobatan di kepala,
misalnya ada kanker / penyakit di kepala, kan bisa saja dilakukan pengobatan dengan cara ini,
memberikan impuls2 via bakteri dan disampaikan rangsanganya ke otak sehingga bisa menyembuhkan, dst

:puyeng:

Berrychan
14-10-2013, 07:50 PM
jadi kalau kita minum antibitotik dimana bakterinya mati gimana dong >?/ kita jadi depresi ?? hehe