PDA

View Full Version : Creature Karakter Dalam Mitologi Yunani



Pages : 1 [2]

agunglucu
19-10-2011, 11:07 AM
MINOTOUR
Greek Name Transliteration Latin Spelling Translation
Μινωταυρος Minôtauros Minotaurus Minotaur, Minos' Bull

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f1/Minotauros_Myron_NAMA_1664_n1.jpg/200px-Minotauros_Myron_NAMA_1664_n1.jpg
Dalam mitologi Yunani, Minotaur (bahasa Yunani: Μινόταυρος, Minótauros) adalah monster berbentuk manusia yang berkepala banteng. Wujudnya ini adalah akibat dari kutukan atas Minos, Raja Kreta. Karena banteng yang harus dia berikan kepada Dewa Poseidon, ia sembunyikan sehingga Poseidon menjatuhkan kutukan kepada istri Minos. Istri Minos, Pasifae, dibuat jatuh cinta kepada banteng tersebut. Dengan meminta bantuan dari Daidalos, Pasiphae membuat pola dasar membuat sapi kayu berongga, dan naik di dalamnya dalam rangka untuk bercinta dengan banteng tersebut. Maka Pasifae mengandung bayi dari hubungannya dengan banteng tersebut, yaitu Minotaur.

Pasiphae merawatnya pada masa bayi, tapi ia tumbuh dan menjadi ganas; menjadi keturunan tidak wajar dari manusia dan binatang, ia tidak memiliki sumber alami dari makanan dan dengan demikian melahap manusia untuk rezeki. Minos, setelah mendapatkan saran dari para peramal di Delphi, telah Daedalus membangun sebuah labirin raksasa untuk menahan Minotaur. Lokasinya berada di dekat istana Minos di Knossos

Monster ini kemudian tinggal di tengah sebuah labirin rumit, yang memang sengaja dirancang oleh arsitek Daidalos dan dibuat untuk menyimpan sang Minotaur. Maka setiap tahunnya, penduduk kota Athena pun harus memenuhi dan mengirimkan tujuh pemuda dan tujuh gadis sebagai korban, supaya tidak diserang oleh Kreta.

Setelah kebiasaan itu berlangsung beberapa lama, monster ini pun akhirnya dibunuh oleh Thesus, seorang pahlawan Yunani yang menyamar menjadi salah satu korban. Sebelum kejadian itu, Thesus bertemu dengan Ariadne, yang tak lain merupakan putri Raja Kreta yang jatuh cinta padanya. Thesus dibantu oleh Ariadne dengan memberinya sebuah pedang dan segulung benang.

Thesus memasuki labirin dan mengulur gulungan benangnya. Theseus menjelajahi labirin dan akhirnya bertemu dengan Minotaur. Mereka kemudian berkelahi. Minotaur, yang ternyata sangat kuat, sempat menyulitkan Theseus namun dengan pedangnya, Theseus akhirnya berhasil membunuh Minotaur. Theseus lalu menggunakan benangnya untuk menelusuri kembali jejaknya supaya bisa keluar dari dalam labirin yang rumit.

luciper
19-10-2011, 11:12 AM
pasti keren dijadiin film berdasarkan cerita diatas, yg mengambil sudut dr setiap karakter bukan 1 org saja, bakal berapa lama tuh film ya hahaha...

Sagasano
19-10-2011, 11:28 AM
pasti keren dijadiin film berdasarkan cerita diatas, yg mengambil sudut dr setiap karakter bukan 1 org saja, bakal berapa lama tuh film ya hahaha...

oot nih,,,,,,,,, mau dia apain nih :piso: apa salah kamar nih post :piso:

agunglucu
19-10-2011, 11:56 AM
Griffin
http://www.mlahanas.de/Greeks/Mythology/Images/ApolloGriffin2.jpg
Selayaknya singa, sebagai “Raja hewan buas”, dan rajawali, sebagai “Raja di udara”, menjadikan Griffin atau Gryphon sebagai hewan yang paling berkuasa diatas kedua hal tersebut. Dengan berbagai sebutan-sebutan demikian, maka wajar saja jika akhirnya dia memiliki gelar sebagai “Raja hewan buas dan penguasa udara”.
Griffin telah puluhan tahun menjadi bagian dariliteratur dan mitologi. Dan sejak saat itulah, arti simbolis mereka telah banyak mangalami perubahan.
Griffin adalah makhluk dengan badan singa dan kepala serta sayap elang. Griffin berasal dari dataran Hiperborea. Disebutkan, bahwa sebagai burung terbesar dan simbol kekuatan besar, menjadikan makhluk ini sangat sakral untuk dewa Apollo. Selain itu, Griffin juga merupakan hewan penjaga matahari.
Diceritakan, Apollo mengendarai Griffin dan menjaga emas Hyperborea (negeri mistik tempat matahari dan kebahagiaan bersinar abadi di balik angin utara). Sekawanan Griffin di pegunungan Rhipaia menjaga timbunan emas dari para Arimaspos, kaum bermata satu yang hendak mencuri emas itu. Para Arimaspos menunggangi kuda dan berusaha mengambil emas namun usaha mereka selalu digagalkan oleh para Griffin, yang selalu berhasil menyerang balik para Arimaspos.
Griffin merupakan makhluk magis, dengan setengah singa dan setengah elang. Asal mereka dari India, tempat mereka menjaga harta karun emas yang melimpah.
Griffin juga dikatakan penjelmaan dari Nemesis, yang merupakan dewa balas jasa yang memutar roda keberuntungan.
Dalam legenda, makhluk yang gagah di angkasa ini, ialah simbol superbia (harga diri arogan), karena Aleksander Agung pernah mencoba menunggangi punggung Griffin dan menuju ke ujung langit.
Di tahun ketiga masehi, seorang ahli sejarah bernama Aelianus menulis, "Griffin adalah hewan berkaki empat seperti singa; memiliki cakar yang amat kuat dan mirip cakar singa. Memiliki sayap dan berbulu hitam di sepanjang punggungnya dan bagian depan berwarna merah, sementara kedua sayapnya berwarna putih."
Dalam seribu tahun terakhir, Griffin amat digemari sebagai lambang keluarga. Seorang ahli ilmu perlambangan berkata, "Griffin amat populer, karena banyak memiliki sifat baik dan rupanya tidak memiliki sifat buruk. Sifat baiknya antara lain kewaspadaan, keberanian, dan kekuatan."

agunglucu
19-10-2011, 11:57 AM
Nimfa
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/3/34/John_William_Waterhouse_-_Hylas_and_the_Nymphs_%281896%29.jpg/300px-John_William_Waterhouse_-_Hylas_and_the_Nymphs_%281896%29.jpg
Dalam mitologi Yunani, nimfa adalah salah satu kaum dari makhluk legendaris yang berwujud wanita, tinggal di tempat-tempat tertentu dan menyatu dengan alam. Mereka diidentikkan dengan peri, atau bidadari yang tinggal di alam bebas.
Mereka personifikasi dari alam, dan spirit dari tempat-tempat tertentu yang dapat ditemukan di alam liar, seperti sungai, pepohonan, air terjun, mata air, gunung, dan sebagainya. Mereka terbagi menjadi beberapa golongan sesuai dengan tempat dimana mereka bisa ditemukan. Contohnya: Driad dan Hamadriad (nimfa yang tinggal di pepohonan); Naiad (nimfa air tawar); Nereid (nimfa lautan); Oread (nimfa di pegunungan).
Nimfa terkadang disembah bersama dewa atau pahlawan di kuil atau tempat suci, meskipun pemujaan nimfa biasanya dilakukan di gua. Nimfa biasanya merupakan pembantu atau pendamping para dewi. Dewi Artemis adalah dewi yang disertai oleh banyak nimfa, para nimfa itu menyertainya dalam berburu. Sebagian besar nimfa hanya memiliki satu orang tua dewa, hanya sedikit nimfa yang kedua orang tuanya adalah dewa. Nimfa adalah makhluk yang cantik sehingga sering dicintai oleh para dewa dan manusia. Beberapa melakukan hubungan seksual dengan dewa atau manusia. Peran nimfa cukup penting karena banyak nimfa yang melahirkan pahlawan.
Kata "nimfa" kini diserap menjadi istilah "nimfomania", yang bermakna seorang perempuan dengan nafsu seksual yang tinggi. klo yang terakhir ini ane juga mau :mesum:
Nimfa yang hidup di darat:
Alseid
Auloniad
Hamadriad:

Driad
Meliai
Leuke
Epimeliad
Hesperides:

Aigle
Arethusa
Eritheia
Hespera
Hesperia
Leimakid
Minthe
Napaiai
Oread

Nimfa yang hidup di air:
Heleiad
Naiad:

Limnades atau Limnatides
Krinaiai
Eleionomae
Pegaiai
Potameides
Nereid
Okeanid

Nimfa yang hidup hutan:
Lampades
Nimfa Korikia

agunglucu
19-10-2011, 12:18 PM
Centaur
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/f/f5/Centaure_Malmaison_crop.jpg/200px-Centaure_Malmaison_crop.jpghttp://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/2d/Centauromachy_Staatliche_Antikensammlungen_2640.jp g/220px-Centauromachy_Staatliche_Antikensammlungen_2640.jp g
Kata kentauros dalam bahasa Yunani secara umum dianggap memiliki asal usul yang tidak jelas. Etimologi dari ken – tauros, "banteng yang menusuk-pelekat" merupakan sebuah pendapat yang Euhemeris dari Palaifatos dalam karyanya, Dalam Kisah-kisah Luar Biasa (Περὶ ἀπίστων): para pemanah berkuda dari desa yang disebut Nefele membunuh sekawanan banteng yang mengganggu kerajaan Iksion.
Kemungkinan asal kata lainnya dari kentauros adalah "pembunuh banteng". Beberapa sejarawan berpendapat bahwa bangsa Yunani mengadopsi rasi bintang Centaurus dan juga namanya "banteng yang menusuk", dari Mesopotamia. Di sana, rasi bintang itu merupakan simbol dewa Baal yang melambangkan hujan dan kesuburan. Dia bertarung melawan iblis Mot, yang melambangkan kekeringan di musim panas, dan dengan tanduknya Baal "menusuk" Mot.
Di Yunani, rasi bintang Centaurus diamati oleh Eudoksos dari Knidos pada abad keempat SM dan oleh Aratos pada abad ketiga. Alexander Hislop, dalam karyanya, The Two Babylons: Papal Worship Revealed to be the Worship of Nimrod and His Wife, berpendapat bahwa kata itu berasal dari bahasa Semit: Kohen dan "tor" (pergi berputar). Melalui perubahan fonetis, konsonan yang kurang penting menghilang seiring waktu, dan kata itu berkembang menjadi Khen Tor atau Ken-Tor, dan ditransliterasi secara fonetis ke dalam bahasa Yunani Ionia sebagai Kentaur, namun pendapat ini tidak diterima oleh para filolog (ahli bahasa) modern.
Teori paling umum mengenai asal usul legenda kentaur adalah bahwa legenda tersebut muncul atas reaksi dari bangsa yang bukan penunggang kuda, seperti dunia Aigea Minoa, terhadap kaum nomad yang menunggang kuda.
Teori ini menyatakan bahwa para penunggang kuda pada awalnya dilihat sebagai makhluk setengah manusia setengah kuda. Bernal Díaz del Castillo melaporkan bahwa salah tafsir semacam ini pernah terjadi ketika bangsa Aztek pertama kali melihat para penunggang kuda Spanyol. Budaya penjinakkan kuda sendiri dimulai pertama kali di padang stepa selatan di Asia Tengah, kemungkinan di Kazakhstan modern.
Suku Lapith di Thessalia, yang masih merupakan sanak famili kentaur, digambarkan oleh para penulis Yunani kuno sebagai penemu kebudayaan menunggang kuda. Suku-suku di Thessalia juga mengklaim bahwa kuda-kuda mereka merupakan keturunan dari para kentaur.
Dari berbagai penulis Yunani klasik yang menyebutkan tentang kentaur, Pindaros adalah yang pertama kali menggambarkan suatu monster campuran.
Para penulis sebelumnya (Homeros) hanya menggunakan kata-kata semacam pheres (bandingkan dengan theres, "hewan buas"). Yang juga bisa bermakna "orang biadab yang menunggangi kuda". Namun penggambaran kentaur hibrida dari masa yang sama dapat ditemukan dalam seni Yunani arkais.
Lucretius dalam sajak filsafatnya De rerum natura (abad pertama SM) menolak keberadaan kentaur berdasarkan tingkat pertumbuhan mereka yang berbeda. Dia menyatakan bahwa pada usia tiga tahun, kuda ada pada masa utama hidup mereka sedangkan manusia berusia tiga tahun tidak lebih dari bayi mungil, sehingga tidak mungkin ada makhluk campuran manusia dan kuda.
Robert Graves (mengandalkan karya Georges Dumezil yang berpendapat bahwa legenda kentaur berasal dari bidadara India) berspkelusasi bahwa kentaur hanya samar-samar diingat, dan kemungkinan berasal dari kultus persaudaraan bumi pra-Hellen yang menggunakan totem kuda.
Teori serupa juga terdapat dalam The Bull from the Sea karya Mary Renault. Kinnara, makhluk berwujud setengah burung setengah manusia dari mitologi India, muncul dalam berbagai naskah kuno, seni dan juga patung serta relief di seluruh India. Makhluk tersebut digambarkan sebagai seekor burung dengan torso manusia di tempat kepala burung seharusnya berada, sehingga mirip dengan kentaur Yunani.
Kentauromakhia
Salah satu legenda terkenal mengenai kentaur adalah pertempuran mereka melawan suku Lapith. Pertempuran tersebut dikenal sebagai Kentauromakhia ("Perang kentaur") dan bermula pada pesta pernikahan Pirithous, raja Lapith.
Pirithous mengundang para kentaur untuk menghadiri pesta pernikahannya. Di sana mereka disuguhi dengan minuman anggur yang membuat sifat liar mereka muncul. Ketika Hippodameia, sang mempelai wanita, muncul di depan hadirin, kentaur Eurition melompat dan berusaha memperkosanya. Serentak, para kentaur yang lain mengikuti ulah Eurition. Masing-masing kentaur mencoba memperkosa perempuan yang ada di pesta tersebut.
Orang-orang Lapith tidak tinggal diam dan melawan para kentaur. Akibatnya terjadilah pertempuran antara ras kentaur dengan suku Lapith. Theseus, pahlawan sahabat Pirithos, ikut membantu melawan para kentaur. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Lapith berhasil memotong telinga dan hidung Eurition, lalu melemparkannya.
Pada akhirnya para kentaur berhasil dikalahkan. Mereka lalu melarikan diri dari Thessalia ke arah barat laut.
Salah satu pahlawan Lapith yang terbunuh adalah Kaineus. Dia adalah pahlawan Lapith yang terkenal. Kaineus pada awalnya adalah seorang perempuan bernama Kaenis yang disukai oleh Poseidon. Kaenis membiarkan tubuhnya dinikmati oleh Poseidon dengan syarat Poseidon mengubahnya menjadi seorang lelaki yang jago bertempur dan kebal terhadap senjata. Kaenis ingin berubah menjadi lelaki supaya tidak mudah diperkosa lagi. Setelah menjadi pria, Kaenis berganti nama menjadi Kaineus.
Dalam Kentauromakhia, Kaineus mengalahkan banyak kentaur sampai akhirnya dia dihantam dengan batu besar dan batang pohon besar oleh para kentaur. Kaineus pun terjatuh menembus bumi sampai dunia bawah dan muncul kembali sebagai seekor burung.
Dalam konteks-konteks selanjutnya, para kentaur tidak dikalahkan dengan mudah. Rujukan Mitos menjelaskan kehadiran suku Lapith primitif ke dalam masa sejarah di Maleia dan di benteng penyamun Foloi di Elis sebagai sisa-sisa kelompok yang diusir ke sana oleh para kentaur.
Ketika mitologi Yunani semakin dihubungkan dengan filsafat, pertempuran antara suku Lapith dengan ras kentaur menjadi simbol dari konflik antara suku beradab melawan bangsa barbar. Para pematung Yunani dari sekolah Feidias memahami pertempuran antara kentaur melawan Lapith sebagai perjuangan antara umat manusia melawan monter yang jahat, dan secara simbolis melambangkan konflik antara bangsa Yunani yang "beradab" melawan Persia yang "tidak beradab". Kisah Kentauromakhia diabadikan dalam bentuk dekorasi di kuil Parthenon di kota Athena. Hal tersebut wajar mengingat raja Athena, Theseus, adalah sahabat raja Lapith, Pirithous. Hiasan bertemakan Kentauromakhia juga ada di kuil Zeus di Olympia. Kisah Kentauromakhia juga menjadi tema yang umum pada lukisan vas Yunani.

Eurition

Eurition adalah kentaur yang memulai perang antara bangsa kentaur dengan suku Lapith.
Pada pesta pernikahan Pirithous, raja suku Lapith, dengan Hippodameia, Euriton meminum anggur dan menjadi mabuk. Dia mencoba menculik Hippodamiea sang pengantin wanita. Tindakannya ini diikuti oleh kentaur-kentaur yang lain. Akibat perbuatannya, terjadilah Perang Kentaur.
Pada pertempuran itu, para kentaur diusir dari daerah suku Lapith dan Eurition sendiri mati terbunuh.

Nessos

Nessos adalah salah satu Kentaur yang terlibat dalam Perang Kentaur. Ketika para kentaur kalah dan diusir, sebagian besar pergi ke Gunung Folos di Arkadia. Namun Nessos malah pergi ke barat menuju sungai Evenos. Di sana dia menjadi penyeberang bagi orang-orang yang hendak lewat.
Suatu hari Herakles dan istrinya Deianeira datang ke sungai itu. Nessos menawarkan diri untuk menyeberangkan Deianeira. Herakles setuju dan menyeberang terlebih dahulu. Namun ketika Nessos sudah memangku Deianeira, Nessos malah mencoba membawa kabur dan memperkosa Deianeira, akibatnya Deianeira pun berteriak meminta pertolongan suaminya. Mendengar teriakan istrinya, Herakles langsung memanah Nessos dengan anak panahnya yang telah diolesi darah beracun Hidra. Setelah terpanah, Nessos langsung terjatuh tak dapat berkutik lagi.
Dalam keadaan sekarat, Nessos memberitahu Deianeira bahwa darahnya ajaib, dan jika Herakles memakai pakaian yang telah dicelup dengan darahnya, maka Herakles tak akan pernah berpaling dari Deianeira selamanya. Deianeira percaya pada kata-kata Nessos. Suatu ketika Deianeira khawatir bahwa Herakles mencintai perempuan lain, Deianeira mengikuti saran Nessos dan memberi Herakles pakaian yang telah dicelup dengan darah Nessos. Padahal darah Nessos sudah tercampur dengan darah beracun Hidra sehingga Herakles mati terbakar setelah mengenakan pakaian itu.

Folos

Folos adalah kentaur yang yang ramah pada manusia, dia berteman baik dengan Herakles. Folos tinggal di sebuah gua di Gunung Folos, yang dinamai dari namanya, di Arkadia. Folos memiliki minuman anggur yang bisa membuat para kentaur bertindak gila.
Suatu hari, Herakles datang berkunjung dalam rangka menjalankan tugas keempatnya. Untuk menjamu tamunya, Folos menyiapkan minuman anggur. Namun aroma anggur itu tercium oleh para kentaur. Para kentaur mulai mabuk dan menyerang gua tempat Herakles dan Folos berada. Herakles balas menyerang para kentaur dengan panahnya yang telah diolesi darah beracun Hidra, sebagian mati dan sebagian kabur.
Folos lalu keluar dan merasa heran bagaimana sebuah panah bisa membunuh kentaur. Secara tak sengaja Folos menjatuhkan sebuah panah pada kukunya, dia langsung mati seketika itu juga. Mayat Folos dikuburkan oleh Herakles.

Kheiron

Kheiron adalah kentaur yang paling terkenal. Kheiron Berbeda dengan kentaur-kentaur lainnya, mulai dari kelahiran sampai karakteristiknya.
Titan Kronos memperkosa Filira dalam wujud seekor kuda jantan, dan dari hubungan itu Filira melahirkan Kheiron, seorang kentaur. Karena ayahnya adalah seorang Titan, Kheiron pun terlahir sebagai kentaur yang abadi.
Kheiron merupakan kentaur yang bijaksana dan ahli dalam pengobatan, astrologi, dan ramalan. Kheiron bersahabat dengan banyak pahlawan, termasuk Herakles dan Peleus. Kheiron bahkan merupakan guru bagi beberapa pahlawan, misalnya Iason dan Akhilles.
Kheiron mengajari para pahlawan itu cara berburu dan bertarung. Muridnya yang lain adalah Medos.
Kheiron juga mengajari ilmu pengobatan pada Asklepios, yang kelak menjadi dewa pengobatan, dan dua putranya. Selain itu, Kheiron mengajari Aristaios, dewa pertanian. Kheiron bahkan memberi nasihat ramalan pada Apollo, dewa ramalan. Dionisos, dewa anggur, juga diajari menari dan bernyanyi oleh Kheiron.
Ketika Herakles sedang berkelahi dengan para kentaur saat sedang menjalankan tugas keempatnya, secara tidak sengaja Herakles melukai Kheiron dengan panah yang telah diolesi darah beracun Hidra. Kheiron yang tak bisa mati akhirnya harus terus-menerus menderita rasa sakit yang amat sangat akibat racun itu.
Supaya terbebas dari rasa sakitnya, Kheiron meminta para dewa melepaskan keabadiannya. Setelah tak lagi abadi, Kheiron akhirnya mati akibat racun itu. Para dewa lalu menempatkan Kheiron di langit sebagai rasi bintang Centaurus.
Dalam versi lainnya, kematian Kheiron juga merupakan pengorbanannya pada Prometheus. Prometheus dihukum oleh Zeus dan baru bisa bebas jika ada makhluk abadi yang mau mati demi dia.

agunglucu
19-10-2011, 12:33 PM
LEARNEAN HYDRA
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/6c/Hydra_04.jpg/200px-Hydra_04.jpg
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/be/Lernaean_Hydra_Getty_Villa_83.AE.346.jpg/800px-Lernaean_Hydra_Getty_Villa_83.AE.346.jpg
Dalam mitologi Yunani, Hydra Lernaean (Yunani: Λερναία Ὕδρα ) adalah kuno bernama ular-seperti air chthonic binatang, dengan ciri-ciri reptil, yang dimiliki banyak kepala - kepala para penyair menyebutkan hydra memiliki lebih banyak kepala dari vas bisa melukis sehingga di dalam vas hanya memuat beberapa kepala saja, dan untuk setiap kepala dipotong tumbuh dua lagi - dan napas beracun sehingga mematikan bahkan trek nya yang mematikan Hydra dari Lerna dibunuh oleh Herakles sebagai Tugas kedua dari dua Belas Tugas yang diemban.. Sarangnya adalah danau Lerna di Argolid, meskipun arkeologi telah lahir mitos bahwa situs suci itu lebih tua bahkan dari kota Mycenaean dari Argos sejak Lerna adalah situs dari mitos Danaids. Di bawah perairan merupakan pintu masuk ke Underworld, dan Hydra adalah penjaganya.
Hydra adalah keturunan Typhon dan Echidna (Theogony, 313), keduanya adalah keturunan haram dari Gaia dewi bumi.
Setelah membunuh Singa Nemea, tugas kedua yang diberikan pada Herakles oleh Euristheus adalah membunuh Hidra. Hidra keluar dari sarangnya hanya untuk meneror pemukiman penduduk di sekitarnya. Setelah tiba di sarang Hidra, yakni rawa-rawa dekat danau Lerna, Herakles menutupi mulut dan hidungnya dengan kain untuk melindungi dari asap beracun. Herakles memanah sarang Hidra dengan panah api. Herakles lalu menghadapai Hidra dengan bersenjatakan sabit (menurut lukisan vas awal), sebilah pedang atau sebuah pemukul. Namun setiap kali Herakles memotong salah satu kepala Hidra, dua kepala lainnya akan tumbuh lagi. Herakles lalu menyadari bahwa Hidra memiliki satu kepala yang abadi.
Herakles tahu bahwa dia tak akan bisa mengalahkan Hidra sendirian, maka dia pun meminta bantuan pada keponakannya Iolaos. Iolaos mendapatkan ide (kemungkinan dari dewi Athena) bahwa mereka harus menggunakan obor untuk membakar leher Hidra yang baru saja terpotong. Dengan cara tersebut kepala Hidra tidak tumbuh lagi. Dalam versi lainnya, setelah memotong setiap kepala, Herakles mencelupkan pedangnya pada darah dan menggunakannya untuk membakar setiap leher sehingga kepala Hidra tidak tumbuh lagi. Melihat keadaan tersebut, Hera mengirim seekor kepiting raksasa untuk mengalihakn perhatian Herakles. Kepiting tersebut akhirnya mati diinjak oleh Herakles dan sang pahlawan pun kembali menghadapi Hidra. Setelah semua kepalanya yang tak abadi dipotong, Herakles memotong kepala abadi Hidra dan menguburnya di bawah sebuah batu besar di jalan antara Lerna dan Elaios.
Sebelum pergi, Herakles terlebih dahulu mencelupkan semua panahnya ke dalam darah Hidra sehingga kini semua panahnya beracun. Hera lalu menempatkan Hidra dan kepitng raksasa di angkasa sebagai konstelasi Hydra dan Cancer. Setelah menjalankan tugasnya, Herakles kembali pada Euristheus namun ternyata Euristheus menolak penyelesaian tersebut karena menurutnya Herakels dibantu oleh Iolaos sehingga tugas tersebut menjadi tidak sah dan jumlah tugas Herakels masih tetap sembilan.
Herakles nantinya menggunakan panah beracun Hidra untuk membunuh Nessos, seorang Kentaur yang mencoba memperkosa Deianeira, istri Herakles. Darah beracun Hidra kemudian menginfeksi darah Nessos yang pada gilirannya ikut meracuni pakaian yang kelak akan dipakai oleh Herakles dan akhirnya membunuh sang pahlawan.
Strabo dan Pausanias melaporkan bahwa bau busuk di sungai Anigros di Elis, yang menyebabkan ikan-ikan di sana tidak dapat dimakan, diduga disebabkan oleh darah beracun Hidra yang berasal dari panah yang digunakan oleh Herakles untuk membunuh Nessos.

indahfida
19-10-2011, 12:33 PM
Aphrodite

http://img11.imageshack.us/img11/2010/aohroditeawsome.jpg


Aphrodite adalah dewi cinta dan keindahan. Dia dikatakan selalu menjadi daya tarik antara laki-laki dan perempuan. Dia diwakili oleh burung merpati dan burung camar.

Terdapat 2 versi kelahiran dari dewi ini.

Aprodite adalah anak dari Zeus dan Dione dari Illiad.
Uranus memotong salah satu bagian tubuh Cronus dan melemparnya ke laut. Aphrodite kemudian muncul dari busa laut di kerang raksasa dan berjalan ke pantai pulau Siprus. Pulau ini dianggap kudus bagi dirinya dan sampai sekarang orang masih mengadakan festival untuk menghormati dirinya.


'Aphros' dalam bahasa Yunani berarti busa. Suaminya adalah Hephaestus, Dewa pandai besi yang lumpuh. Dia lumpuh karena kutukan Zeus karena Aphrodite menolak cintanya Zeus. Sepanjang hidupnya, ia terlibat dengan banyak dewa lainnya. Salah satunya adalah Ares, dewa perang. Dan kadang dikatakan telah memiliki seorang putra bernama Eros. Sumber lain mengatakan bahwa Zeus Aphrodite dan Eros (Cupid).



http://img716.imageshack.us/img716/4580/aphroditex.jpg

Aphrodite sangat menggoda dan memikat. Dia juga selalu membawa sukacita dan kebahagiaan bagi dunia, dia juga seorang yang sangat menyenangkan. Namun, dia dipandang berbeda oleh sebagian orang. Beberapa percaya bahwa dia adalah keindahan yang menawan dan dewi yang menarik. Meskipun, begitu banyak pria yang tertarik, tapi banyak juga yang tidak benar-benar bisa menemaninya, ia juga dapat dilihat sebagai seorang yang jahat dan penuh misteri. Tapi Mayoritas orang, melihat dia sebagai dewi baik.



Aphrodite memiliki banyak simbol, yang meliputi, merpati, apel, Seagull, murad, bunga dan kulit kerang yang dia dikatakan telah dibawa ke pantai Siprus mengambang. Digambarkan juga dalam "Kelahiran Venus" .



Meskipun Aphrodite menikah dengan Hephaestus (Dewa pandai besi yang lumpuh), mereka tidak mempunyai anak. Dia memiliki tiga anak dengan, Hermes / Hermafroditus, yang setengah pria setengah wanita. Dia Juga, memiliki anak dengan Anchises, yang bernama Aeneas pada saat perang Trojan. Dia juga sempat berhubungan dengan Ares. Sebagian orang berpendapat dia juga memiliki anak-anak lain dengan manusia dan dewa-dewa lainnya. Eros (Cupid) juga disebut-sebut sebagai anak dari Aphrodite.



Pada saat Peleus dan Thetis menikah, sebagian Dewa Dewi dan manusia datang pada pesta pernikahannya. Hanya 1 Dewi yang tidak diundang, yaitu Eris.Lalu dia melemparkan sebuah apel emas dan mengatakan "Untuk yang tercantik". Dia tahu bahwa hal ini akan menyebabkan masalah. Aphrodite, Hera dan Athena menginginkan apel ini karena mereka pikir merekalah yang tercantik. Akhirnya sebuah kontes dimulai untuk melihat siapa yang berhak mendapatkan apel. Zeus memilih Paris, pangeran muda Troya untuk menjadi Juri. dan para dewi masing-masing berusaha untuk menang dengan cara menyuap Paris. Aphrodite menawarkan wanita tercantik di dunia, Helen dari Troy kepadanya. Dan akhirnya Aphrodite dinyatakan tercantik dan menerima apel emas. Lalu Aphrodite pergi dengan Paris untuk menangkap Helen dari suaminya Raja Menelaus penguasa Sparta. Inilah yang menyebabkan pecahnya perang Trojan.

edo17
19-10-2011, 01:36 PM
belum ada yg share hero yah..


Bellerofon
http://upload.wikimedia.org/wikibooks/id/thumb/3/31/Bellerophon_terbang.jpg/250px-Bellerophon_terbang.jpg

Bellerofon (Βελλεροφῶν) atau Bellerofontes (Βελλεροφόντης) adalah pahlawan dalam mitologi Yunani. Dia adalah pahlawan yang membunuh monster, seperti juga Kadmus dan Perseus, sebelum masa Herakles. Dia membunuh Khimera (Chimera), seekor monster yang memiliki kepala singa, badan kambing, ekor ular dan bisa menyemburkan api.



Bellerofon dalah putra raja Galukos dan Eurinome. Pada suatu hari, tanpa sengaja Bellerofon membunuh saudaranya sendiri, Deliades. Karena hal ini Bellerofon pergi ke Argos untuk disucikan oleh raja Proetus. Setibanya disana ternyata istri Proetus, Anteia, jatuh cinta kepada Bellerofon. Namun Bellerofon tidah menanggapi cinta dari Anteia. Sebagai balasannya, Anteia mengatakan kepada suaminya bahwa Bellerofon ingin memperkosannya. Karena masalah ini Proetus marah kepada Bellerofon namun Proetus tidak bisa meluapkan amarahnya dan membunuh Bellerofon, hal ini dikarenakan Bellerofon telah makan dimejanya dan ia tidak mungkin menyakitinya. Walaupun demikian Proetus tetap ingin membunuhnya. Kemudian ia menyuruh Bellerofon untuk mengantar surat kepada raja Iobates di Likia. Ketika ia tiba di Likia, raja Iobates menyambuatnya dengan pesta sembilan hari sembilan malam sebelum meminta Bellerofon menyerahkan susrat dari Proetus. Setelah raja Likia membacanya ternyata isi surat tesebut adalah keinginan Proetus agar Bellerofon dihukum mati.

Raja Iobates tidak mau membunuh Bellerofon dengan alasan yang sama seperti Proetus, karena Bellerofon telah makan di mejanya dan bila ia membunuhnya maka Zeus pasti akan murka. Lalu raja Iobates menyuruh Bellerofon untuk membunuh Khimaira. Iobates berpikir Bellerofon pasti akan mati karena Khimaira adalah moster mengerikan. Khimaira adalah makhluk yang berbadan singa namun memiliki tiga kepala, yaitu singa, kambing, dan ular. Selain itu, Khimaira dapat bergerak dengan cepat, nafasnya mengeluarkan api, dan selama ini tak terkalahkan. Bellerofon menyanggupi tugas itu dan berangkat mencari Khimaira.

Bellerofon terlebih dahulu meminta nasehat dari peramal Poleidos. Sang peramal memberitahunya bahwa dia membutuhkan Pegasus untuk mengalahkan Khimaira. Poleidos lalu menyuruhnya untuk mendatangi kuil Athena dan tidur disana, karena para dewa sering berbicara pada manusia melalui mimpi. Bellerofon pergi menuju kuil athena dan tidur di altar sang dewi pelindung kota Athena tersebut. Bellerofon merasa Athena berdiri di depannya dan membawa sesuatu yang berkilau seperti emas. Athena berkata, “Kau sedang tidur? Tidak, bangunlah aku membawakan yang kau butuhkan untuk menjinakkan kuda itu.” Setelah itu Bellerofon pun terbangun namun ia tidak menemukan sang dewi, yang ia temukan hanyalah sebuah tali kekang yang terbuat dari emas. Setelah itu ia pun keluar dari kuil dan menemukan Pegasus sedang minum dimata air Pirene. Bellerofon mendekati dan berhasil menjinakan Pegasus. Kemudian ia pun memasangkan tali kekang pemberian Athena pada Pegasus. Bellerofon melompat ke punggung Pegasus dan sekarang ia siap menghadapi Khimaira.
Bellerofon menyerang Khimaira.

Bellerofon menemukan sebuah blok timah yang kemudian dipasang pada ujung tombaknya. Ketika berhadapan dengan Khimaira. Sang khimaira menyemburkan apinya pada Bellerofon, yang melakukan manuver-manuver dengan Pegasusnya supaya tidak terkena api Khimaira. Bellerofon pertama-tama menyerang Khimaira dengan panahnya dari jarak jauh. Lalu Bellerofon terbang mendekati Khimaira dan menusuk mulutnya dengan tombaknya. Khimaira menyemburkan apinya yang malah membuat blok timah itu meleleh menyumbat tengorokan Khimaira. Sang Khimaira pun tercekik dan mati.

Bellerofon kembali kepada Iobates dengan selamat sehingga Iobates harus memikirkan cara lain untuk membunuhnya. Maka Iobates mengirmnya untuk mengalahkan kaum Solimi dan bangsa Amazon. Dengan menunggangi Pegasus, Bellerofon lagi-lagi berhasil melaksanakan tugas itu. Bellerofon lalu diperintahkan untuk mengalahkan bajak laut dari Karia yang bernama Kheirmarrhos. Bellerofon mengalahkannya dengan melemparkan batu dari atas. Raja Iobates kemudian menyuruh para pengawalnya untuk membunuh Bellerofon. Pada saat terdesak, Bellerofon memohon bantuan sang dewa laut Poseidon, dan Poseidon pun mengirimkan banjir. Iobates akhirnya menyerah dan lebih memilih untuk menjadi sahabat Bellerofon. Iobates bahkan memberikan putrinya, Filone, untuk dinikahi oleh Bellerofonn. Iobates juga memberikan setangah istananya kepada Bellerofon.

Namun seiring ketenarannya yang tumbuh pesat, kesombongannya pun ikut bertambah. Bellerofon merasa bahwa ia sudah setara dengan para dewa maka ia pun pergi menunggangi Pegasus menuju Gunung Olympus. Ia percaya bahwa ia akan mendapat tempat yang sama dengan para dewa. Zeus marah atas kelancangan Bellerofon dan mengirim serangga untuk menyegat Pegasus. Akibat sengatan serangga itu, Pegasus mengamuk sampai akhirnya Bellerofon terjatuh ke bumi dan menjadi buta dan pincang. Setelah peristiwa Bellerofon hidup sendirian dan menderita sampai mati.

Pegasus sendiri meneruskan perjalanannya ke Gunung Olympus. Di sana, Pegasus dijadikan sebagai kuda pembawa petir Zeus.

lucaviend
19-10-2011, 08:24 PM
wah baru tau gw zeus itu sifatny sedikit nakal:keringat:
kirain doi sbg dewany dewa sungguh bijaknsana:bloon:

Sagasano
19-10-2011, 08:40 PM
wah baru tau gw zeus itu sifatny sedikit nakal:keringat:
kirain doi sbg dewany dewa sungguh bijaknsana:bloon:

memang :lalala: istrinya ga dari dewi2 aja :dead: golongan manusia juga banyak :dead:

edo17
19-10-2011, 09:15 PM
Cerberus (Kerberos)
http://stinkin-thinkin.com/wp-content/uploads/2011/06/cerberus.jpg

Kerberos adalah anjing peliharaan Hades. Hewan ini adalah keturunan Ekhidna, seorang wanita hibrida dan setengah-dewi setengah-ular, dan Tifon, raksasa bernapas api yang bahkan ditakuti oleh para dewa Olimpus. Dalam beberapa karya, tiga dari masing-masing kepala Kerberos melihat dan mewakili masa lalu, sekarang, dan masa depan. Sedangkan menurut karya lainnya mengatakan kepala-kepala itu merupakan kelahiran, pemuda, dan usia tua. Masing-masing dari kepala Kerberos dikatakan memiliki nafsu makan daging hanya untuk hidup, dengan demikian memungkinkan roh-roh orang mati untuk bebas masuk neraka, tetapi tidak memungkinkan untuk pergi. Kerberos dikatakan saudara kandung dari Hidra, Singa Nemea, Sphinx, Ladon, dan Khimaira.

Dalam kisah Herakles, Kerberos merupakan tantangan terakhir dari Hera dalam dua belas yang harus dilaksananakan oleh Herakles. Herakles mendatangi Hades dan meminta izin menangkap Kerberos. Hades mengizinkan asalkan Herakles tidak menggunakan senjata. Pada akhirnya Herakles berhasil membawa Kerberos pada Euristheus, yang ketakutan dan menyuruh Herakles membawa pergi Kerberos. Herakles lalu mengembalikan Kerberos ke dunia bawah..

Kerberos berjaga di gerbang dunia bawah. Tujuannya untuk menjaga agar tidak ada arwah yang melarikan diri dari dunia arwah. Kerberos juga mempunyai kemampuan melacak dan menemukan arwah-arwah yang melarikan diri. Selain itu Kerberos juga bertugas menjaga orang hidup supaya tidak memasuki dunia bawah, walaupun ada beberapa pengecualian.

Dalam kisah kisah Orfeus yang mencoba menghidupkan kembali istrinya, Kerberos merupakan penjaga pintu dunia bawah yang menghalangi sang pujangga untuk masuk. Orfeus pun melantunkan nyanyian sambil memainkan liranya, sehingga Kerberos tertidur dan ia pun bisa masuk. Namun, usahanya untuk menghidupkan Euridike istrinya mengalami jalan buntu, dan sang pujangga kembali ke dunia nyata dengan tangan kosong. Sejak saat itu, Orfeus menjadi terkenal sebagai sosok pria yang sedang memainkan lira (kecapi kecil).

Selain Orfeus, Kerberos juga pernah membiarkan beberapa orang hidup lainnya memasuki dunia bawah, di antaranya adalah Theseus dan Pirithos. Ada pula Psikhe, yang dapat lewat setelah memberi kue manis pada Kerberos.

edo17
19-10-2011, 09:24 PM
Orthrus / Orthus

http://media.giantbomb.com/uploads/3/31815/1519290-orthrus_large.jpg

Orthus adalah anjing berkepala dua dan saudara Kerberos. Orthus adalah anak dari monster Ekhidna dan Tifon. Orthus dipelihara oleh raksasa berbadan tiga, Gerion. Orthros dan Eurition, tuannya, ditugaskan menjaga ternak Gerion di tanah Erithia di Hesperides, sebelah barat Mediterrania. Herakles membunuh Orthros dengan panah, Eurition, dan Gerion, sebelum akhirnya mengambil ternak tersebut untuk menyelesaikan tugas kedua belasnya.

mochanAvn
19-10-2011, 09:39 PM
Xanthus & Balius

http://i787.photobucket.com/albums/yy159/jambanisme/XanthusBaliusAchilles.jpg

Dalam mitologi Yunani, Balius ((Βάλιος, mungkin berarti "belang-belang") dan Xanthus (Ξάνθος, "pirang") adalah dua kuda abadi, keturunan dari Podarge perampas dan angin Barat, Zephyros (Latin Zephyrus); berikut tradisi lain, mereka ayahnya adalah Zeus.

Poseidon memberikan dua ekor kuda kepada Raja Peleus dari Phtia, sebagai hadiah pernikahan, ketika Peleus menikah dengan Thetis dewi Samudra. Peleus kemudian memberikan kuda untuk Achilles anaknya yang membawa mereka untuk menarik keretanya selama Perang Troya.

Buku XVI Iliad memberitahu kita bahwa Achilles memiliki kuda ketiga, Pedasos (mungkin "Jumper", mungkin "Captive"), yang dipasangkan sebagai "kuda jejak", bersama dengan Xanthus dan Balios. Achilles telah menangkap Pedasos ketika ia merebut kota Eetion.

bersaing dengan kuda ilahi. Sarpedon, pangeran Lycia dan sekutu Troy membunuh Pedasos ketika tombaknya tidak mengenai Patroclus. Kawan seperjuangan Achilles Patroclus digunakan untuk memberi makan kuda-kuda pengantin. Dalam Iliad, itu menceritakan bagaimana, ketika Patroclus tewas dalam pertempuran, Xanthus dan Balius berdiri bergerak di medan pertempuran, dan menangis.

Dalam Iliad XVII 590 Automedon, kusir Achilles, menyatakan bahwa hanya Patroclus yang mampu sepenuhnya mengendalikan kuda-kuda ini. Ketika ditegur oleh Xanthus, Achilles berduka karena membiarkan Patroclus untuk dibunuh, Hera memberikan Xanthus kekuatan untuk bisa berbicara seperti manusia yang melanggar hukum, mengatakan bahwa tuhan telah membunuh Patroclus, dan bahwa Tuhan akan segera membunuh Achilles juga. Setelah itu, Erinyes memukul kuda bodoh.

edo17
19-10-2011, 09:50 PM
bahas bapaknya yuk..


Typhon (Tifon)

http://i1.squidoocdn.com/resize/squidoo_images/250/draft_lens17854076module149576661photo_1302889169t yphon.jpg

Typhon adalah anak dari Gaia dengan Tartarus. Dia adalah yang terbesar (dalam arti harafiah) dan paling mematikan dari seluruh creature dalam Mitologi Yunani kuno. Sebagai "Bapak dari Semua Monster", tubuh Typhon sangatlah besar, dikatakan bagian badan atasnya dapat menyentuh bintang, tangannya membentang dari timur ke barat, dan ia juga mempunyai ratusan kepala naga, beberapa versi mengatakan ia mempunyai kepala manusia dan ratusan kepala naga di tangan dan jari2nya. Bagian bawah tubuhnya berupa badan ular yang selalu mengeluarkan suara mendesis. Seluruh tubuhnya dilindungi sayap, dan api selalu menyala dalam tatapan matanya.

Typhon mempunyai beberapa keturunan dengan Echidna, antara lain Kerberos, Khimera, Orthros, Hidra, Singa nemea, Sphinx, Elang Kaukasia, Babi Kromios, dan burung hering.

Keputusan Zeus untuk memenjarakan para Titan di Tartaros ternyata membuat Gaia marah. Gaia pun bersetubuh dengan saudaranya Tartaros dan melahirkan anaknya yang terakhir, sesosok makhluk yang luar biasa berbahaya dan menakutkan, dialah Naga Tifon.

Tifon adalah monster naga raksasa, ukurannya sangat besar dan tingginya melebihi gunung tertinggi bahkan kepalanya mencapai bintang-bintang. Tifon berwujud setengah pria dan setengah monster. Di bawah lengannya terdapat seratus kepala naga yang siap memangsa apa saja sedangkan di bawah pahanya ular-ular beracun bergulung-gulung. Bukan hanya itu, makhluk ini pun bisa menyemburkan api. Sungguh, dia adalah salah satu monster paling mematikan yang pernah menghuni bumi.

Hubungan Gaia dan Tartaros juga melahirkan Ekhidna, monster naga perempuan yang menjadi istri Tifon. Bersama-sama, Tifon dan Ekhidna melakukan hubungan yang kemudian melahirkan berbagai monster mengerikan lainnya, di antaranya adalah Kerberos, Khimera, Orthros, Hidra, Singa nemea, Sphinx, Elang Kaukasia, Babi Kromios, dan burung hering.

Tifon yang mengemban misi dari ibunya kemudian menyerang kediaman para dewa Olimpus. Saking kuatnya Tifon, para dewa hanya mampu melarikan diri agar bisa selamat dan tak mampu melawan. Mereka berubah wujud menjadi hewan dan kabur ke Mesir. Apollo menjadi gagak, Artemis menjadi kucing, Dionisos menjadi kambing, Hera menjadi sapi, Hermes menjadi burung ibis, Afrodit dan anaknya Cupid menjadi sepasang ikan (kelak diabadikan sebagai rasi bintang Pisces).

Tetapi di antara para dewa ternyata masih ada yang berani berdiri tegak menghadang sang monster. Adalah Zeus, sang pemimpin, yang berusaha mempertahankan kekuasaan yang telah direbut dengan susah payah dari para Titan. Zeus menghunus petirnya dan Tifon pun menerjang Zeus. Ketika Tifon semakin mendekat, Zeus tidak menyerang dengan petir tetapi dengan sabit batu peninggalan Kronos (batu yang digunakan oleh Kronos untuk memotong alat kelamin Uranus). Terluka oleh senjata legendaris tersebut, Tifon pun mundur dan terbang ke Suriah.

Tifon terluka parah dan Zeus merasa di atas angin dan terlalu percaya diri. Hal itu merupakan bumerang bagi Zeus sehingga pada pertarungan berikutnya Tifon mampu membelit Zeus dengan menggunakan ular-ularnya. Tifon tidak berhenti sampai di situ. Dengan sabit batu peninggalan Kronos yang diambilnya dari Zeus, Tifon memotong urat di tangan dan kaki Zeus, maka Zeus pun tak bisa lagi menggunakan petirnya dan semakin tidak berdaya. Tifon lalu mengurung Zeus di sebuah gua di Cilicia dengan dijaga oleh naga Delfin.

Untuk sesaat tak ada lagi harapan bagi para dewa. Tetapi ternyata masih ada dewa yang berjuang. Hermes mengambil urat Zeus yang dipotong Tifon dan mendatangi gua tempat Zeus dikurung. Hermes mengendap-endap memasuki gua itu karena jika Delfin sampai tahu maka akan sangat berbahaya baginya. Delfin terlalu kuat untuk dihadapi oleh seorang dewa muda seperti Hermes. Zeus yang dikurung dan tak berdaya terkejut ketika didatangi Hermes tetapi setelah tahu bahwa Hermes membawa uratnya, keberaniannya timbul lagi. Hermes pun memasang lagi urat itu pada Zeus. Zeus yang bisa menggunakan petirnya lagi langsung pergi menghadapi Tifon, kali ini dia bertekad untuk benar-benar mengalahkan sang monster.

Zeus mengejar Tifon sampai ke Sisilia dan di sana mereka bertarung lagi. Tifon mengangkat gunung Etna dan hendak menjatuhkannya ke badan Zeus. Zeus dengan cepat menghujamkan petirnya dengan kekuatan penuh ke tubuh Tifon. Sang monster merasa kesakitan dan melepaskan gunung yang yang dipegangnya. Gunung tersebut jatuh dan menimpa tubuh Tifon sendiri. Tifon pun terjebak selamanya di sana. Walaupun begitu, Tifon tetap hidup dan terkadang memberontak ingin keluar. gerakan-gerakan Tifon menyebabkan gempa bumi di daerah itu sedangkan semburan apinya menyebabkan letusan gunung Etna.

edo17
19-10-2011, 10:09 PM
sekarang emaknya..


Echidna

http://s13.radikal.ru/i186/1001/52/b8bfe8d7f2f0.jpg

Echidna adalah anak dari Gaia dan Tartarus, ada juga versi lain yang menyebutkan ia adalah anak dari 2 dewa laut, Ceto dan Phorcys. Echidna digambarkan sebagai wanita naga, kepala dan tubuh bagian atasnya berwujud perempuan tetapi kakinya adalah ular raksasa. Seluruh tubuhnya diliputi sisik ular, dan juga memiliki sayap.

Bersama pasangannya, Typhon, ia tinggal di sebuah gua di Arima di bawah permukaan bumi. Di sinilah Echidna mendapatkan gelarnya sebagai "Ibu dari semua monster". Bersama Typhon, ia melahirkan Kerberos, Khimera, Orthros, Hidra, Singa nemea, Sphinx, Elang Kaukasia, Babi Kromios, dan burung hering.

Ia membantu Typhon saat perperangan dengan Zeus. Saat Zeus mengalahkan Typhon dan menyegelnya dibawah Gunung Etna, tidak sebaliknya dengan Echidna yang dibiarkan hidup bersama anak-anaknya sebagai ujian yang harus diselesaikan oleh para pahlawan di kemudian hari.

Echidna adalah monster yang awet muda tapi tidak abadi, dan akhirnya dibunuh saat ia tidur bukan oleh para pahlawan Yunani, tapi oleh Argus Panoptes, raksasa bermata seratus.

mastemind05
20-10-2011, 12:25 AM
soal athena dan medusa...
sbenearnya waktu itu medusa mo diperkosa... tapi athena melihatnya sebagai perbuatan zinah di kuil tempat athena dipuja...
akhirnya malah menghukum medusa :tega:

selain itu... yg keren dari dewa dewi yunani itu...
cerita cinta, incest, ntr paling top dah...

moga2 ada trit saingannya yaitu mitology norse

babi_dugem
20-10-2011, 05:10 AM
Mau nambahin aja nih...
-------------------------------

http://1.bp.blogspot.com/_kfQgGOc7ojo/TH20Jnd7JkI/AAAAAAAAADk/IsQ9Sb2IE5s/s1600/atlas2.jpg

Dalam mitologi Yunani, Atlas adalah Titan. Atlas adalah putra dari Titan Iapetos dan Okeanid atau Klyménē. Atlas menikahi Pleione dan memiliki tujuh orang anak yang disebut Pleiades.

Ia dihukum oleh Zeus berdiri di bagian barat Gaia (Bumi) dan memegang Ouranos (langit) pada bahunya. Terdapat miskonsepsi bahwa Atlas terpaksa memegang Bumi pada bahunya, tetapi hal ini tidak benar. Seni klasik menunjukan Atlas memegang bola langit, bukan dunia. Dan beberapa cerita juga mengatakan kalau Atlas dihukum untuk menopang langit (bukan bola langit) dipuncak sebuah gunung.

Dalam mitologi Yunani, para Okeanid adalah tiga ribu anak perempuan Okeanos dan Tethis. Masing-masing Okeanid adalah penjaga atau pelindung tempat-tempat tertentu, khusunya mata air, sungai, danau, kolam, padang rumput, bunga dan awan. Beberapa di antaranya sangat diasosiasikan dengan Titan atau dewa (misalnya Kalipso, Klimene, Asia, Elektra) atau dengan konsep personifiaksi (misalnya Tikhe, Peitho). Salah satu Okeanid yang terkenal adalah istri dari dewa Poseidon, yang bernama Amfitrit meskipun Amfitrit lebih sering disebut sebagai seorang Nereid. Okeanos dan Tethis juga mempunyai 3000 putra, yaitu dewa-dewa sungai yang disebut Potamoi. Ada juga sumber yang berpendapat bahwa Potamoi termasuk ke dalam Okeanid juga.

Daftar Okeanid yang baru diketahui :

Akaste
Admete
Aithra
Amaltheia
Amfiro
Amfitrit – biasanya lebih dianggap sebagai seorang Nereid ketimbang sebagai Okeanid
Ankhiroe
Anthrakia - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Argia
Asia – nimfa daerah Asia, saudari Europe
Asterodia
Beroe
Bolbe
Kleodora
Kallirroe
Kalipso
Kamarina
Kafeira
Kerkeis
Keto
Khriseis
Kleio - harap bedakan dari Kleio yang seorang Mousai
Klimene - istri Iapetos Ibu dari Atlas, Prometheus, Epimetheus dan Menoitios
Klitie
Krokale - salah satu dari enam puluh Okeanid generasi yang lebih muda dan merupakan pengawal Artemis
Daira
Dione
Dodone
Doris – istri Nereus dan merupakan ibu para Nereid
Eidiia - istri Aietes, ibu Medeia
Elektra - istri Thaumas, ibu Iris, Arke dan para Harpi, harap bedakan dari Elektra
Efira
Euagoreis
Eudore
Europe
Eurinome
Galaksaure
Glauke - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Hagno - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Hesione - istri Prometheus
Hippo
Hiale - salah satu dari enam puluh Okeanid generasi yang lebih muda dan merupakan pengawal Artemis
Iakhe
Ianira
Ianthe
Ithome - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Leukippe
Lisitheia
Melia
Meliboeia
Melite
Melobosis
Menestho
Merope
Metis – dewi kebijaksanaan, istri pertama Zeus
Myrtoessa - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Nede - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Nemesis
Nefele - salah satu dari enam puluh Okeanid generasi yang lebih muda dan merupakan pengawal Artemis; harap bedakan dari Nefele, dewi awan
Okirroe
Oinoi - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Ozomene - menurut satu sumber, nama ini adalah nama lain Elektra
Pasithoe
Peitho
Periboia
Perse atau Perseis
Petraia
Faino
Fiale - salah satu dari enam puluh Okeanid generasi yang lebih muda dan merupakan pengawal Artemis
Filira - ibu Kheiron dari hubungannya dengan Kronos
Phrixa - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Pleione – istri Atlas dan ibu para Pleiad
Pleksaure
Plouto atau Pluto – ibu Tantalos dari Zeus
Polidora
Polife - dalam suaru versi yang langka, ibu Athena dari Poseidon
Pronoia
Primno
Psekas - salah satu dari enam puluh Okeanid generasi yang lebih muda dan merupakan pengawal Artemis
Ranis - salah satu dari enam puluh Okeanid generasi yang lebih muda dan merupakan pengawal Artemis
Rode
Rodope
Stilbo
Stiks
Telesto
Theisoa - salah satu nimfa yang mengasuh Zeus
Thoe
Tikhe
Urania - harap bedakan dari Mousai Urania
Xanthe
Zeukso

smithm412a
20-10-2011, 09:45 AM
ternya ta dewa bisa kawin juga yahh

s3ng0ku
20-10-2011, 05:35 PM
kisah nya panjang banget..
namun seru bangaet,,nice share gan

kovac
20-10-2011, 06:15 PM
kisah dari Yunani kebanyakan tragedi ya...

walau panjang2 tapi enak dibaca dan menambah pengetahuan...

:niceinfo:

godang
21-10-2011, 01:51 AM
TARTARUS
http://edu.glogster.com/media/11/37/19/82/37198275.jpg
Dalam mitologi Yunani, Tartarus adalah dewa dan tempat di underworld. Dalam sumber-sumber kuno dan gaib di sekolah misteri, Tartarus juga merupakan entitas pertama yang ada terbatas dari mana Cahaya dan kosmos dilahirkan.

Dalam Theogony penyair Yunani Hesiod (700 SM), dewa Tartarus adalah kekuatan ketiga yang terbentuk dari Chaos.

Hesiod mengumpamakan lokasi tempat itu dengan landasan perunggu yang jatuh dari langit membutuhkan 9 hari sebelum mencapai Bumi, dan akan membutuhkan sembilan hari lagi untuk jatuh dari Bumi ke Tartarus. Dalam Iliad (c. 700), Zeus menggambarkan Tartarus "sejauh Hades dari surga yang tinggi di atas bumi." Ini adalah salah satu objek primordial yang muncul dari Chaos, bersama dengan Gaia (Bumi) dan Eros (keinginan).

Sementara, menurut mitologi Yunani, The Realm of Hades adalah tempat orang mati, Tartarus juga memiliki jumlah penduduk. Ketika Cronus, pemimpin Titan berkuasa, ia memenjarakan Cyclopes di Tartarus dan menempatkan Campe rakasa sebagai penjaga. Beberapa mitos juga mengatakan ia memenjara tiga Hecatonchires (raksasa dengan lima puluh kepala dan seratus tangan). Zeus membunuh Campe dan melepaskan Cyclopes dan Hecatonchires untuk membantunya dalam perang dengan para raksasa Titan. Para dewa dari Olympus akhirnya mengalahkan para Titan. Banyak, namun tidak semua Titan dilemparkan ke Tartarus. Epimetheus, Metis, dan Prometheus adalah beberapa Titans yang tidak dibuang ke Tartarus. Cronus dipenjara di Tartarus. Dewa lain juga dihukum ke Tartarus. Apollo adalah contoh utama, meskipun akhirnya Zeus membebaskannya. Di Tartarus, Hecatonchires ditugaskan sebagai penjaga tahanan. Kemudian, ketika Zeus mengalahkan Typhon (keturunan Tartarus dan Gaia), ia melemparkannya ke tempat yang sama.

Awalnya, Tartarus digunakan hanya untuk membatasi bahaya bagi dewa-dewa Olympus. Dalam mitologi kemudian, Tartarus menjadi tempat hukuman. Sebagai contoh:

* Raja Sisifus dikirim ke Tartarus karena membunuh tamu dan petualang yang datang ke istananya dikarenakan pelanggaran terhadap keramahannya, merayu keponakannya, dan melaporkan salah satu dari tindakan seksual Zeus dengan mengatakan kepada dewa sungai Asopus akan keberadaan putrinya, Aegina.

* Raja Tantalus juga dimasukkan ke Tartarus setelah ia memotong Pelops anaknya, merebusnya, dan menyajikannya sebagai makanan ketika ia diundang untuk makan dengan para dewa. Dia juga mencuri ambrosia dari dewa dan menceritakan rahasianya kepada orang-orang. Cerita lain menyebutkan bahwa ia menyimpan patung anjing emas yang ditempa oleh Hephaestus yang dicuri oleh temannya, Pandareus. Tantalus berperan untuk menjaga patung anjing emas dan kemudian mengatakan pada Pandareus bahwa ia tidak memiliki patung itu. Hukuman Tantalus untuk tindakannya adalah berdiri dalam genangan air di bawah pohon buah dengan cabang rendah. Setiap kali ia meraih buah, cabang-cabang mengangkat buah tersebut dari genggamannya. Setiap kali ia membungkuk untuk minum, air surut sebelum ia bisa mendapatkannya.

* Ixion adalah raja dari Lapiths, suku paling tua dari Thessaly. Ixion marah pada ayah mertuanya dan mendorongnya ke dalam batubara dan kayu, melakukan pembunuhan saudara-terkait pertama. Para pangeran tanah lainnya memerintahkan bahwa Ixion agar ditolak dari setiap pembersihan dosa. Zeus kasihan kepada Ixion dan mengundang dia untuk makan di Olympus. Tapi ketika Ixion melihat Hera, ia jatuh cinta dengan dia dan membelai Hera dari bawah meja sampai Zeus memerintahkannya untuk berhenti. Setelah menemukan tempat Ixion untuk tidur, Zeus menciptakan kloning Hera yang bernama Nephele untuk menguji dia. Ixion bercinta dengannya, yang mengakibatkan kelahiran Centaurus yang dikawinkan dengan beberapa kuda Magnesian di Gunung Pelion sehingga menimbulkan ras centaurus (yang disebut Ixionidae dari keturunan mereka). Zeus mengusir Ixion dari Gunung Olympus dan kemudian mennghantamnya dengan petir. Ia dihukum dengan diikat ke roda berapi yang bersayap yang selalu berputar: pertama di langit dan kemudian di Tartarus. Hanya ketika Orpheus turun ke Underworld untuk menyelamatkan Eurydice roda itu berhenti berputar karena musik yang dimainkan Orpheus. Ixion yang diikat ke roda terbakar mewakili nafsu membara.

* Dalam beberapa versi, Danaides membunuh suami mereka dan dihukum di Tartarus dengan dipaksa untuk membawa air dalam kendi untuk mengisi bak mandi yang nantinya akan mencuci dosa-dosa mereka, tetapi kendi itu sebenarnya saringan sehingga air selalu bocor keluar.

* Para Tityos raksasa dibunuh oleh Apollo dan Artemis setelah mencoba untuk memperkosa Leto atas nama Hera. Sebagai hukuman, Zeus mengikat Tityos ditanah Tartarus dan ia disiksa oleh dua burung bangkai yang memakan hatinya. Hukuman ini sangat mirip dengan yang dilakukan pada Titan Prometheus.

* Raja Salmoneus juga disebutkan telah dipenjara di Tartarus setelah menyatakan dirinya sebagai Zeus, yang menyebabkan Zeus asli menghajarnya dia dengan petir.

Menurut Plato (c. 427BCE), Rhadamanthus, Aeacus dan Minos adalah hakim orang mati dan menentukan yang pergi ke Tartarus. Rhadamanthus sebagai hakim jiwa dari Asia; Aeacus sebagai hakim jiwa dari Eropa dan Minos adalah yang memberi putusan dan merupakan hakim jiwa dari Yunani.

Ada beberapa pintu masuk ke Tartarus dalam mitologi Yunani. Satu berada di Aornum.

ku2arep
21-10-2011, 01:56 AM
Okeanos dan Tethis melahirkan 3000 anak perempuan :apa:

Sagasano
21-10-2011, 07:06 AM
Okeanos dan Tethis melahirkan 3000 anak perempuan :apa:

baru tau ya........... :lalala: namanya juga dewi :lalala:

mastemind05
21-10-2011, 10:00 AM
setelah gw baca ulang judulnya gw baru nyadar... ternyata isinya lari dari seharusnya...

kalo bicara creature...
harusnya yg dibahas spt:
golem
cyclops
hydra
medusa
dll

lah disini juga dibahas dewa2 ampe anak2nya :lol:

harusnya mending dipisah ato gk diganti judul jadi Mythology Yunani aja

edo17
21-10-2011, 11:50 AM
setelah gw baca ulang judulnya gw baru nyadar... ternyata isinya lari dari seharusnya...

kalo bicara creature...
harusnya yg dibahas spt:
golem
cyclops
hydra
medusa
dll

lah disini juga dibahas dewa2 ampe anak2nya :lol:

harusnya mending dipisah ato gk diganti judul jadi Mythology Yunani aja

Setujuu! mungkin judulnya diganti "Karakter dalam Mitologi Yunani" (kalau memang cm kepengen ngebahas karakter2nya), atau "Mitologi Yunani" (kalo ngebahas lengkap sampai cerita2nya)
bisa jd masukan buat TS mungkin :hmm: list indexnya da rapi da dipisahin sesuai kelompoknya, mana dewa, hero, creature.. :top:

hyozhoka
21-10-2011, 01:05 PM
kalo XENA termasuk hero gak yah???

edo17
21-10-2011, 02:24 PM
Chimera (Khimaira)
http://ferrebeekeeper.files.wordpress.com/2010/10/sardonyx.jpg?w=490&h=383


Khimaira (Yunani: Χίμαιρα; Chímaira) adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani yang merupakan gabungan dari tiga hewan: ular, kambing, dan singa. Berbadan kambing, berekor ular, dan berkepala singa, namun beberapa kisah mengatakan kepalanya terdiri dari dua hewan (kambing dan singa), atau gabungan dari ketiga hewan tersebut. Khimaira mampu menyemburkan api dari hidung dan mulutnya. Kadang-kadang Khimaira menjadi lambang kekuatan setan.

Menurut mitologi, Khimaira merupakan puteri dari Tifon dan Ekhidna, dan bersaudara dengan beberapa monster dalam legenda, seperti anjing Kerberos dan Hidra dari danau Lernai. Makhluk ini hidup di daerah Likia.

Khimaira berhasil dikalahkan oleh Bellerofon sambil menunggangi Pegasus (kuda bersayap), atas perintah Raja Iobates dari Likia. Ia mengalahkan Khimaira dengan tombak berujung timah, yang mencair karena semburan api Khimaira dan menyumbat pernafasannya.

riedjal
21-10-2011, 02:44 PM
kalo XENA termasuk hero gak yah???
Xena merupakan karakter "baru" yg dibuat dengan setting Yunani kuno ... g ada dlm mitologi asli Yunani

flarez
21-10-2011, 07:55 PM
http://lh5.ggpht.com/_Xbs29ie4Jsc/TOnr4os1TEI/AAAAAAAAAqk/3iW-HqlbeQA/image%5B2%5D.png
Chrysaor merupakan saudara dari Pegasus. Sedikit yang dapat diketahui dari Chrysaor tetapi kemudian ia dikenal sebagai prajurit yang berhati kuat dan gagah berani. Namanya berarti pedang emas. Dia berayahkan Geryon. Penampilannya tidak diketahui, tetapi berdasarkan cerita ia tidak terlihat sebagai pada umumnya. Dia kemungkinan sebesar raksasa.

Sagasano
21-10-2011, 08:32 PM
Setujuu! mungkin judulnya diganti "Karakter dalam Mitologi Yunani" (kalau memang cm kepengen ngebahas karakter2nya), atau "Mitologi Yunani" (kalo ngebahas lengkap sampai cerita2nya)
bisa jd masukan buat TS mungkin :hmm: list indexnya da rapi da dipisahin sesuai kelompoknya, mana dewa, hero, creature.. :top:

rebes :lalala:

Kiryuu_Yuuzuki
21-10-2011, 11:24 PM
Mu tanya nih tentang Titan, apakah benar mereka orang tua Zeus, Poseidon, Hades dll yang pada akhirnya malah di kurung sama anak2nya?? :xiexie::makasih-g:

godang
22-10-2011, 01:31 AM
Mu tanya nih tentang Titan, apakah benar mereka orang tua Zeus, Poseidon, Hades dll yang pada akhirnya malah di kurung sama anak2nya?? :xiexie::makasih-g:

yang saya dapet ya gitu, Zeus n sodara2nya (dewa-dewi olympus) itu pengen ngambil kekuasaan dari pada titan.
Zeus dibantu ma Gigantes, Hecatonchires, and Cyclopes buat jatuhin Cronus dan memasukkannya kedalam Tartarus

mochanAvn
22-10-2011, 02:07 AM
Dryad

http://farm5.static.flickr.com/4062/4719688983_17159deb92.jpg


Dryad (Δρυάδες, sing.: Δρυάς) adalah makhluk legendaris dari mitologi Yunani. Menurut mitologi Yunani, Driad merupakan makhluk, atau semacam peri, yang menghuni tumbuh-tumbuhan, berwujud wanita.
Dalam bahasa Yunani istilah serupa, drys, berarti pohon oak. Dari kata ini timbul pengertian mengenai Dryad yakni kaum Nymph yang hidup dalam tumbuh-tumbuhan. Istilah tersebut sering dipakai untuk menyebut kaum Nymph yang tinggal dalam pepohonan secara umum.
Karakter Driad dari mitologi Yunani muncul dalam kisah fantasi The Chronicles of Narnia sebagai spirit berwujud wanita yang berasal dari pepohonan.
Dalam permainan Warcraft, Driad muncul sebagai salah satu unit petarung dari ras Elf. Wujudnya setengah wanita dan setengah rusa.

agunglucu
22-10-2011, 09:58 PM
kalo XENA termasuk hero gak yah???

setau gue xena itu kan amazon lady, nah amazon kan di amerika latin bukan di yunani,

riedjal
22-10-2011, 10:19 PM
setau gue xena itu kan amazon lady, nah amazon kan di amerika latin bukan di yunani,
kalo mengacu k TV Series XENA : Warrior Princess, yg Amazon lady 'tuh partnernya, Gabrielle. Bukan Xena.

agunglucu
22-10-2011, 10:20 PM
Pan (DEWA)
http://www.mlahanas.de/Greeks/Mythology/Images/Pan.jpghttp://4.bp.blogspot.com/-lLGajAt96BQ/TffPU9U7jeI/AAAAAAAACv4/rv2AKZh88h8/s1600/Pan%2BGod.jpg

Pan (Yunani: Πᾶν, Pan), dalam agama Yunani dan mitologi,adalah dewa dari hewan liar, gembala, ternak, alam, hutan belantara, gunung, pemburu dan musik pedesaan, serta pendamping dari nimfa. Namanya berasal dalam bahasa Yunani, dari katapaein (πάειν), yang berarti "ke padang rumput." Dia memiliki tanduk, dan kaki belakang kambing, mirip seperti faun atau satir. Dengan tanah airnya di pedesaan Arcadia, ia diakui sebagai dewa ladang, kebun, dan lembah berhutan, karena ini, Pan terhubung ke kesuburan dan musim semi. Yunani kuno juga dianggap Pan sebagai dewa pengkritik teater.
Di dalam agama Romawi dan mitos, mitra Pan adalah Faunus,dewa alam yang juga ayah dari Bona Dea, kadang-kadang diidentifikasi sebagai Fauna. Pada abad 18 dan 19, Pan menjadi tokoh penting dalam gerakan Romantik Eropa Barat,dan juga dalam gerakan Neopagan abad ke-20.

Dalam penampilannya paling awal dalam sastra, Pindar yang Pythian Ode iii. 78, Pan dikaitkan dengan dewi ibu, mungkin Rhea atau Cybele;. Pindar mengacu pada perawan yang menyembah Cybele.
asal usul Pan tidak jelas dalam beberapa mitos ia adalah putra Zeus, meskipun umumnya ia adalah putra Hermes atau Dionysus, dengan siapa ibunya dikatakan nimfa, kadang-kadang Dryope. Didalam puisinya Dionysiaca, Nonnus mengisahkan tentang Penelope dari Mantineia di Arcadia. Nimfa ini di beberapa titik dalam tradisi menjadi digabungkan dengan Penelope, istri Odiseus.Pausanias 8.12.5 mencatat cerita yang Penelope sebenarnya sudah tidak setia kepada suaminya, yang dibuang ke Mantineia sekembalinya sang suami. Sumber-sumber lain (Duris dari Samos; komentator Servius Vergilian) melaporkan bahwa Penelope tidur dengan semua 108 pelamar sewaktu Odiseus tidak ada, dan melahirkan Pan sebagai hasilnya. Mitos ini mencerminkan rakyat etimologi yang menyamakan nama Pan (Πάν). dengan kata Yunani untuk "semua" (πᾶν). Hal ini lebih mungkin serumpun dengan paein, "ke padang rumput".
Pada tahun 1924, Hermann Collitz menyarankan bahwa Pan Yunani dan Pushan India mungkin memiliki asal Indo-Eropa yang umum. Dalam kultus Misteri era Helenistik yang sangat sinkretis. Pan dibuat serumpun dengan Phanes / Protogonos, Zeus, Dionysus dan eros.
Para Faunus Romawi, dewa Indo-Eropa asal, disamakan dengan Pan. Namun, silsilah Pan sangat bervariasi sehingga harus terkubur dalam-dalam dalam waktu mitis. Seperti roh alam lainnya, Pan tampaknya lebih tua daripada Olimpiade, jika benar bahwa dia memberikan Artemis anjing berburu dan mengajarkan rahasia nubuat untuk Apollo. Pan mungkin dikalikan sebagai Panes (Burkert 1985, III.3.2; Ruck dan Staples 1994 p 132 [12]) atau Paniskoi tersebut. Kerenyi (1951 p 174) catatan dari scholia yang Aeschylus dalam Rhesus dibedakan antara dua Pans, salah satu putra dari Zeus dan kembar Arcas, dan satu putra Cronus. "Dalam rombongan Dionysos, atau dalam penggambaran pemandangan liar, muncul tidak hanya Pan besar, tetapi juga Pans kecil, Paniskoi, yang memainkan bagian yang sama sebagai satyr".

Penyembahan Pan mulai di Arcadia yang selalu menjadi pusat utama peribadatannya. Arcadia adalah distrik orang gunung yang diremehkan oleh bangsa yunani lainnya. Pemburu yunani menggunakan momok patung dewa jika mereka telah kecewa dalam pemburuan(Theocritus. vii 107.). Menjadi dewa pedesaan, Pan tidak disembah di kuil-kuil atau bangunan-bangunan yang dibangun lainnya, tetapi dalam tempat-tempat yang alami, biasanya gua-gua seperti yang di lereng utara Acropolis Athena. Satu-satunya pengecualian adalah bait Pan di ngarai Sungai Neda, di barat daya Peloponnese, reruntuhan yang bertahan sampai hari ini.
Dewa Kambing Aegipan dipelihara oleh Amalthea bersama dengan bayi Zeus di Athena. Dalam pertempuran Zeus dengan Gaia, Aegipan dan Hermes mencuri kembali "otot" Zeus yang Typhon telah disembunyikan di Gua Corycian Pan dibantu. Nya saudara angkat dalam pertempuran dengan Titans dengan membuat sebuah lengkingan mengerikan dan membuat mereka berhamburan karena takut. Menurut beberapa tradisi, Aegipan adalah anak Pan, bukan ayahnya.
Salah satu mitos terkenal asal Pan melibatkan seruling pan-nya, dibuat dari alang-alang panjang berongga. Syrinx adalah air nimfa air yang manis dari Arcadia, putri Landon, dewa sungai. Ketika satu hari Syrinx kembali dari berburu, Pan bertemu dengannya. Untuk melarikan diri dari importunities nya, nimfa ini lari dan tidak berhenti karena mendengar pujian Pan. Pan mengejar dari Gunung Lycaeum sampai Syrinx datang ke adik-adiknya yang segera berubahnya menjadi alang-alang. Ketika udara meniup melalui alang-alang, menghasilkan melodi sendu. Sang Dewa, masih tergila-gila, mengambil beberapa alang-alang, karena Pan tidak bisa mengidentifikasi mana alang-alang jelmaan Syrinx, dan memotong tujuh buah (atau menurut beberapa versi, menjadi sembilan), mengabungkan bagian demi bagian untuk secara bertahap mengurangi panjangnya, dan membentuk instrumen musik bertuliskan nama Syrinx tercinta.Selanjutnya Pan jarang terlihat tanpa itu.
Echo adalah seorang peri yang adalah seorang penyanyi dan penari yang hebat dan menolak semua cinta para pria manapun. Ini membuat marah Pan, sang dewa bejat, dan pan memerintahkan para pengikutnya untuk membunuh Echo. Echo robek berkeping-keping dan tersebar di seluruh bumi berakhir. Dewi bumi, Gaia, menerima potongan Echo, yang suaranya masih mengulangi kata-kata terakhir dari orang lain. Dalam beberapa versi, Echo dan Pan punya satu anak: Iambe.
Pan juga mencintai seorang bidadari bernama Pitys, yang berubah menjadi pohon pinus untuk melarikan diri darinya.
Terganggu dalam tidur siangnya, Pan berteriak marah panik (panikon deima) di tempat-tempat sepi. Setelah serangan Titans 'di Olympus, Pan mengklaim untuk kemenangan para dewa karena ia takut para penyerang.Dalam Pertempuran Marathon (490 SM), dikatakan bahwa Pan disukai orang Atena dan panik begitu terinspirasi dalam hati musuh-musuh mereka, Persia.

adalah terkenal karena kekuatan seksual, dan sering digambarkan dengan sebuah lingga. Diogenes dari Sinope(penyair),berbicara dalam bercanda, terkait mitos masturbasi Pan belajar dari ayahnya, Hermes, dan pengajaran kebiasaan untuk gembala.
Pan penaklukan terbesar hati dari Selene dewi bulan. Ia mencapai ini dengan membungkus dirinya dalam kulit domba untuk menyembunyikan bentuk kambing berbulu hitam, dan menariknya turun dari langit ke hutan di mana ia dapat menggodanya.

Dalam dua sumber Romawi, Hyginus dan Ovid, Pan digantikan dengan Marsyas satir dalam tema kompetisi musik(agon) dan hukuman untuk menguliti dihilangkan.
Setelah Pan memiliki keberanian untuk membandingkan musiknya dengan Apollo, dan menantang Apollo, dewa kecapi, untuk percobaan keterampilan. Tmolus, dewa gunung, dipilih untuk wasit. Pan meniup pipa, dan dengan melodi sederhana yang memberikan kepuasan besar untuk dirinya sendiri dan pengikut yang setia, Midas, yang kebetulan hadir. Kemudian Apollo memetik string kecapi nya. Tmolus menganugrahkan kemenangan untuk Apollo, dan semua setuju dengan keputusan Tmolus kecuali Midas. Dia berbeda pendapat dan mempertanyakan keadilan wasit. Apollo tidak mempunyai sepasang telinga rusak, dan merubah kedua telinga Midas menjadi telinga keledai.
Dalam versi lain dari mitos putaran pertama kontes itu seimbang sehingga mereka dipaksa untuk pergi ke putaran kedua. Di babak ini, Apollo menuntut bahwa mereka memainkan instrumen mereka terbalik. Apollo, bermain di kecapi, tidak terpengaruh.Namun, pipa Pan tidak bisa dimainkan saat terbalik, sehingga Apollo memenangkan kontes.

Yaiyalah secara punya si Pan kan suling gimana mo niup dari pantat suling :yareyare:


waduh susah juga ngartiin yang ini rada :pusing:juga huehuehue

klo ada yang kurang puas ma penjelasan diatas boleh ke sumber na langsung ko
http://en.wikipedia.org/wiki/Pan_(mythology)#All_of_the_Pans


kalo mengacu k TV Series XENA : Warrior Princess, yg Amazon lady 'tuh partnernya, Gabrielle. Bukan Xena.
oh gitu ya,, berarti selama ini gue salah kaprah dunk:madesu:, ya berhubung waktu itu gue nonton na masih SD blom trlalu ngarti :malu1:

edo17
25-10-2011, 01:30 PM
Cyclops

http://www.officialpsds.com/images/thumbs/Cyclops-Greek-Mythology-psd49046.png

Cyclops adalah raksasa yang bermata satu. Awalnya hanya ada tiga Cyclops yang merupakan anak Uranus dan Gaia, mereka adalah Arges, Brontes dan Steropes. Bersama para hekatonkhires, mereka dikurung oleh Uranus di Tartaros.

Setelah dibebaskan oleh Zeus, para Cyclops membuat berbagai senjata hebat untuk para dewa. Mereka membuat petir untuk Zeus, trisula untuk Poseidon, dan helm kegelapan untuk Hades. Berkat bantuan mereka, para dewa Olimpus bisa memenangkan Titanomakhia.

Seusai Titanomakhia, para Cyclops bekerja di bengkel Hefaistos di pualu Lemnos. Di sana mereka menciptakan berbagai alat canggih.

Salah seorang Cyclops dibunuh oleh Apollo untuk membalas dendam pada Zeus yang telah membunuh Asklepios, anak Apollo. Zeus lalu menghukum Apollo untuk mengabdi pada seorang manusia bernama Admetos.

Salah satu Siklop yang terkenal adalah Polifemus, yang pernah berkonfrontasi dengan Odisseus. Berikut cerita mengenai Polifemus


Ada juga generasi Cyclops yang lebih muda, mereka kurang berperadaban dibandingkan Cyclops generasi pertama, selain itu mereka juga memusuhi manusia dan menjadi gembala bukan pandai besi. Mereka kebanyakan tinggal di Pulau Sisilia. Yang paling terkenal di antara mereka adalah Polifemos. Dia adalah putra Poseidon dan dewi Thoosa.

Polifemos awalnya adalah Cyclops yang baik dan ramah ketika masih muda. Polifemos pernah mencintai seorang dewi bernama Galatia. Namun Suatu hari Polifemos memergoki Galatia sedang bercinta dengan Akis. Polifemos sangat marah dan langsung membunuh Akis dengan batu besar. Sejak insiden itu, Polifemos menajdi Cyclops yang jahat. Apalagi menurut ramalan, mata Polifemos akan dibutakan oleh seorang manusia, sehingga Polifemos akan memakan manusia yang memasuki pulaunya.

Odisseus dan anak buahnya pernah mendatangi pualu Polifemos. Enam anak buah Odisseus dimakan oleh Polifemos namun Odisseus berhasil membutakan Polifemos dengan menusuk matanya dengan kayu besar. Pada akhirnya Odisseus berhasil kabur namun Polifemos telah terlebih dulu berdoa pada ayahnya, Poseidon, untuk menghukum Odisseus. Akibatnya Odisseus harus berkelana di lautan selama bertahun-tahun sebelum bisa pulang ke rumah.

Dalam upaya menyelamatkan diri dari Troya, Ainias dan para awak kapalnya berlabuh di pulau Polifemos. Di sana Ainias bertemu dengan Akhaimenid, anak buah Odisseus yang tertinggal di pulau itu. berkat peringatan darinya, Ainias langsung kabur dari pulau itu sebelum sempat diserang oleh Polifemos.

edo17
25-10-2011, 02:16 PM
Scylla / Skilla
http://i946.photobucket.com/albums/ad304/lazuardiedo/scylla.jpg

Skilla awalnya adalah seorang perempuan cantik yang dicintai oleh dewa laut Glaukos namun Skilla menolak Glaukos. Glaukos lalu meminta pada penyihir Kirke untuk membuat Skilla jatuh cinta padanya, padahal Kirke mencintai Glaukos dan cemburu pada Skilla. Alih-alih melaksanakan permintaan Glaukos, Kirke malah berbuat jahat pada Skilla. Ketika Skilla sedang mandi, Kirke menuangkan suatu ramuan pada tubuh Skilla. Akibat ramuan itu, dari tubuh Skilla bermunculan enam kepala anjing yang buas, dan kaki Skilla berubah menjadi ekor ikan. Skilla berusaha lari namun dia akhirnya menyadari bahwa semua itu merupakan bagian dari tubuhnya. Lama-kelamaan Skilla benar-benar berubah menjadi monster.

Skilla tinggal di suatu tempat di dekat Kharibdis dan di antara mereka hanya ada suatu celah sempit sehingga jika ada pelaut yang melalui tempat tersebut, pelaut tersebut harus memilih; dihancurkan oleh Kharibdis atau dimakan oleh Skilla.

Suatu ketika, Odisseus harus melewati tempat di antara Skilla dan Kharibdis. Odisseus lalu memilih rute Skilla karena menurutnya lebih baik kehilangan beberapa awak kapalnya daripada kapalnya hancur. Odisseus akhirnya berhasil lolos dengan kehilangan enam anak buahnya yang dimakan Skilla. Diceritakan bahwa Hercules lah yang pada akhirnya berhasil menaklukkan Skilla, namun pada akhirnya Skilla dihidupkan kembali oleh Phorcys (ayah dari Skilla)

edo17
25-10-2011, 02:28 PM
Charybdis / Kharibdis

http://upload.wikimedia.org/wikibooks/id/e/ed/Scylla-and-charybdis.jpg
kapal Odisseus diantara Kharibdis dan Skilla

Kharibdis adalah seekor monster laut anak Poseidon dan Gaia. Dia berwujud makhluk yang seluruh wajahnya adalah mulut dan memiliki sirip. Dia menelan sejumlah besar air untuk kemudian dimuntahkan kembali dan menimbulkan pusaran air yang sangat kuat. Kharibdis sangat setia pada ayahnya dan sering membantu Poseidon. Dia awalnya adalah seorang perempuan yang cantik tetapi dia diubah menjadi monster oleh Zeus karena sering membuat badai di laut, menenggelamkan daratan dan menjadikannya lautan. Kharibdis berdiam di suatu tempat di dekat Skilla. Kapal yang melalui tempat Kharibdis akan dihancurkan oleh pusaran airnya. Kharibdis dan Skilla hanya dipisahkan oleh sebuah jalur sempit sehingga jika ada kapal yang lewat, maka pelautnya harus memilih, dimakan Skilla atau dihancurkan Kharibdis.

Kapal Odisseus pernah dihancurkan oleh Kharibdis dan hanya Odisseus seorang yang selamat.

nir_rune
25-10-2011, 08:44 PM
Salah besar gan, dia termasuk dewa juga.

Masih banyak koq dewa2 lain di Yunani, cuma yang disebutin sama TS cuma 12 aj :em0100: contoh? Dewi-dewi pengatur takdir aja belom di kasih

Sedikit informasi: Hades adalah PENGELOLA Neraka, bukan Neraka itu sendiri. Kira-kira sama kayak kepala sekolah dari suatu sekolah, dia ngurus neraka, tapi bukan yang ngejemput orang yang mau mati, tugas itu diserahkan sama yang lain. Jadi, stereotype bahwa Hades itu kekejaman adalah omong kosong

waw... g seneng deh sama trit2 begini.. entah kenapa g doyan banget sama mitologi yunani..
info +an... Hades itu sebenarnya masuk ke dalam 3 dewa besar. Ada Zeus, Hades sama Poseidon. Mereka itu 3 dewa besar. cuma bedanya Poseidon itu Dewa di lautan, Zeus itu d Olympus, nah Hades itu penguasa neraka.
nah, kalo yg kayak Dewi Hera, Athena, Mars, Ares dll itu bisa dibilang spt menteri2nya...

Itu dari yg g baca c. kebanyakan mereka menyebutkan 3 dewa besar itu Zeus, Poseidon n Hades.
Coba baca novel Percy Jackson gan.. Lengkap d situ..
ceritanya juga keren bangettt.....
recommended ^^

ada juga novel yg berkaitan sama mitologi Yunani itu : The Alchemy Series, ttg Nicholas Flemming. recommended juga. cuma belom tamat. masih ada sambungannya, hiks

Dopplegingers
25-10-2011, 10:21 PM
Zephyrus, or just Zephyr (Greek: Ζέφυρος, Zéphuros, "the west wind"), in Latin Favonius, is the Greek god of the west wind. The gentlest of the winds, Zephyrus is known as the fructifying wind, the messenger of spring. It was thought that Zephyrus lived in a cave in Thrace.

Zephyrus was reported as having several wives in different stories. He was said to be the husband of his sister Iris, the goddess of the rainbow. He abducted another of his sisters, the goddess Chloris, and gave her the domain of flowers. With Chloris, he fathered Carpus ("fruit"). He is said to have vied for Chloris's love with his brother Boreas, eventually winning her devotion. Additionally, with yet another sister and lover, the harpy Podarge (also known as Celaeno), Zephyrus was said to be the father of Balius and Xanthus, Achilles' horses.

One of the surviving myths in which Zephyrus features most prominently is that of Hyacinth. Hyacinth was a very handsome and athletic Spartan prince. Zephyrus fell in love with him and courted him, and so did Apollo. The two competed for the boy's love, but he chose Apollo, driving Zephyrus mad with jealousy. Later, catching Apollo and Hyacinth throwing a discus, Zephyrus blew a gust of wind at them, striking the boy in the head with the falling discus. When Hyacinth died, Apollo created the hyacinth flower from his blood.

In the story of Cupid and Psyche, Zephyrus served Cupid by transporting Psyche to his cave.

itu sih buat Zephyrus,
ada yang tau?

Maaf pake B.inggris sourcenya Wikipedia.

buat Translatetannya pake G-Translate

Zephyrus, atau hanya Zephyr (Yunani: Ζέφυρος, Zéphuros, "angin barat"), dalam bahasa Latin Favonius, adalah dewa Yunani dari angin barat. Para lembut dari angin, Zephyrus dikenal sebagai angin berbuah, utusan musim semi. Ia berpikir bahwa Zephyrus tinggal di sebuah goa di Thrace.

Zephyrus dilaporkan sebagai memiliki beberapa istri dalam cerita yang berbeda. Dia dikatakan suami dari adiknya Iris, dewi pelangi. Dia diculik lain dari saudara-saudaranya, para Chloris dewi, dan memberinya bunga domain. Dengan Chloris, ia ayah Karpus ("buah"). Dia dikatakan telah bersaing untuk cinta Chloris dengan Boreas saudaranya, akhirnya menang pengabdiannya. Selain itu, dengan lain adik dan kekasihnya, yang Podarge perampas (juga dikenal sebagai Celaeno), Zephyrus dikatakan ayah dari Balius dan Xanthus, kuda Achilles '.

Salah satu mitos yang masih hidup di mana fitur yang paling menonjol Zephyrus adalah bahwa Hyacinth. Hyacinth adalah seorang pangeran Spartan sangat tampan dan atletis. Zephyrus jatuh cinta dengan dia dan dirayu, dan begitu pula Apollo. Dua bersaing untuk kasih anak itu, tapi dia memilih Apollo, mengemudi Zephyrus marah dengan cemburu. Kemudian, menangkap Apollo dan Hyacinth melemparkan sebuah cakram, Zephyrus meniup embusan angin pada mereka, mencolok anak itu di kepala dengan diskus jatuh. Ketika Hyacinth meninggal, Apollo menciptakan bunga eceng gondok dari darah-Nya.

Dalam kisah dari Cupid dan Psyche, Zephyrus dilayani Cupid dengan mengangkut Psyche ke guanya.

Ah maaf buat Gambarnya NFSW.

Sagasano
25-10-2011, 10:29 PM
waw... g seneng deh sama trit2 begini.. entah kenapa g doyan banget sama mitologi yunani..
info +an... Hades itu sebenarnya masuk ke dalam 3 dewa besar. Ada Zeus, Hades sama Poseidon. Mereka itu 3 dewa besar. cuma bedanya Poseidon itu Dewa di lautan, Zeus itu d Olympus, nah Hades itu penguasa neraka.
nah, kalo yg kayak Dewi Hera, Athena, Mars, Ares dll itu bisa dibilang spt menteri2nya...

Itu dari yg g baca c. kebanyakan mereka menyebutkan 3 dewa besar itu Zeus, Poseidon n Hades.
Coba baca novel Percy Jackson gan.. Lengkap d situ..
ceritanya juga keren bangettt.....
recommended ^^

ada juga novel yg berkaitan sama mitologi Yunani itu : The Alchemy Series, ttg Nicholas Flemming. recommended juga. cuma belom tamat. masih ada sambungannya, hiks

kalo bisa bantu2 nulis tentang kisah tokoh akan lebih membantu :maaf:

itu sih buat Zephyrus,
ada yang tau?

Maaf pake B.inggris sourcenya Wikipedia.

kalo bisa pake bahasa persatuan + gambar biar menarik dan mudah dipahami :lalala:

edo17
25-10-2011, 10:55 PM
buat TS, sekedar saran, mungkin di index bisa ditambahin 1 kategori lagi: TITAN.. Cyclops itu termasuk makhluk titan (raksasa)..untuk Creature isinya monster2 aj.. hehehe sekedar saran aj sih, secara titan di mitologi Yunani bnyk jg..besok ane upload lagi bbrp ras titan yg laen yg terkenal.. :hmm:

mochanAvn
25-10-2011, 10:55 PM
kalo bisa bantu2 nulis tentang kisah tokoh akan lebih membantu :maaf:


kalo bisa pake bahasa persatuan + gambar biar menarik dan mudah dipahami :lalala:

maap ts oot dikit, dirules depan ditambahin aja "wajib mencantumkan gambar":hihi:
ya biar agak menarik & berwarna sedikit, kalau tulisan doang bosen.

edo17
25-10-2011, 11:07 PM
Hekatonkhire

http://upload.wikimedia.org/wikibooks/id/thumb/8/88/Hekatonkhires.jpg/260px-Hekatonkhires.jpg

Hekatonkhire adalah tiga orang raksasa anak dari Gaia dan Uranus. Mereka masing-masing memiliki seratus tangan dan lima puluh kepala, Para Hekatonkhire antara lain Briarios, Kottos, dan Gies.

Karena penampilan mereka yang mengerikan, Uranus mengurung mereka di Tartaros bersama para Kiklops. Setelah Kronos menggantikan Uranus, para Hekatonkhire masih tetap dikurung dan tidak dibebaskan. Akhirnya mereka diebebaskan oleh Zeus yang membutuhkan bantuan dalam Titanomakhia.

Sebagai balasannya, para Hekatonkhire membantu Zeus dalam mengalahkan para Titan. Mereka melempari Titan dengan batu-batu besar.

Setelah perang, para Hekatonkhire ditugaskan oleh Zeus untuk menjaga para Titan yang dikurung di Tartaros. Briarios juga menikahi putri Poseidon, Kimopolia.

Sagasano
25-10-2011, 11:49 PM
aturan update :lalala: thank's buat mochan sama edo17

mochanAvn
26-10-2011, 12:07 AM
Moirai
The Three Goddesses of Fate

http://i787.photobucket.com/albums/yy159/jambanisme/moirai.jpg



Moirai (Bahasa Yunani: Μοῖραι) dalam mitologi Yunani adalah tiga orang dewi takdir. Mereka mengendalikan nasib setiap manusia sejak lahir hingga mati. Dalam mitologi Romawi dikenal sebagai Parkae atau Fata.
--

Asal-usul

Pada masa yang lebih kuno, Moirai hanya berjumlah satu dewa. Homer, secara umum hanya menyebutkan Moira, yang menenun benang kehidupan manusia pada saat kelahiran mereka; dia adalah Moira Krataia "Moira yang kuasa" atau ada juga beberapa Moirai lainnya. Dalam Odyssey disebutkan tentang Klôthes, atau Penenun. Di Delphi, hanya Takdir Kelahiran dan Kematian yang disebutkan.
Sebuah teks Eteokreta dwibahasa menunjukkan terjemahan Yunani Ομοσαι δαπερ Ενορκίοισι (Omosai d-haper Enorkioisi, "Namun semoga dia bersumpah mengenai hal ini pada Para Penjaga Sumpah"). Dalam bahasa Etokreta, ini ditulis —S|TUPRMĒRIĒIA, dan MĒRIĒIA kemungkinan merujuk pada para dewa yang oleh orang Yunani kuno dikenal sebagai Moirai.
Beberapa mitografer mengklaim bahwa Moirai adalah anak Zeus— hasil dari hubungan dengan Ananke ("keniscyaan") atau, menurut Hesiod, dengan Themis atau Nix. Adanya pendapat bahwa Moirai memiliki ayah, menunjukkan bahwa orang Yunani kuno mau bertindak cukup jauh dengan mengubah mitos supaya lebih sesuai dengan tradisi Patrilineal (keturunan berasal dari ayah). Klaim patrilineal itu sendiri tidak diterima oleh Aiskhilos, Herodotos, atau Plato.
Berbagai versi dari Moirai juga ada di beberapa mitologi Eropa lainnya. Moirai kemungkinan berkaitan dengan Norns, dewi takdir yang juga menenun, dari mitologi Nordik dan dewi Laima dari Baltik serta kedua saudarinya.
--

Pemujaan

Di Sparta, kuil untuk Moirai berdiri di dekat perapian umum, seperti diamati oleh Pausanias.Sementara pengantin di Athena mempersembahkan ikat rambut mereka untuk Moirai dan para mempelai wanita bersumpah demi nama Moirai. Ini memunculkan dugaan bahwa Moirai pada awalnya adalah para dewi pernikahan sebelum dianggap sebagai dewi takdir.
Dari sebuah tulisan di Olympia pada abad ke-2 M, Pausanias menduga bahwa ada julukan Zeus Moiragetes ("Zeus Pemimpin Moirai) untuk Zeus. Pausanias menulis:
“ Pada titik awal di arena balap kereta perang, ada sebuah altar dengan tulisan Untuk Moiragetes ("Pembawa Para Takdir"). Ini adalah nama panggilan untuk Zeus, yang mengetahui segala urusan manusia, yang telah ditakdirkan oleh para Takdir, maupun yang tidak ”
—Pausanias, v.15.5.
Sementara di kuil Zeus di Megara, Pausanias mengamati:
“ Di atas kepala Zeus ada Horai dan Moirai, dan semua bisa melihat bahwa Zeus adalah satu-satunya yang dipatuhi oleh Moira ”
Pausanias mendapati bahwa ada kuil untuk Moirai di Olympia, Korintus, dan Sparta, serta satu tempat suci Moirai yang berdampingan dengan kuil Themis di luar gerbang kota Thebes
--

Mitologi

Para Moirai muncul tiga malam setelah kelahiran seorang bayi untuk menentukan takdir hidupnya. Dalam suatu cerita mengenai Perburuan Babi Kalidonia, diceritakan bahwa setelah Meleagros lahir, seorang dewi takdir muncul di depan ibu Meleagros dan memberitahunya bahwa Meleagros bisa tetap hidup selama kayu suci tetap utuh. Bruce Karl Braswell dari bacaan di leksikon Hesikhius, menghubungkan kemunculan Moirai di perapian keluarga pada hari ketujuh setelah kelahiran.
Ada banyak pendapat mengenai asal mereka, ada yang mengatakan bahwa mereka adalah anak-anak perempuan Zeus dan Themis atau dewa-dewi awal seperti seperti Nyx, Khaos atau Ananke. Para Moirae biasanya digambarkan sebagai sosok yang dingin, kejam dan tidak berperasaan, dan digambarkan sebagai perempuan tua.
Bahkan Para dewa pun tidak berani pada Moirai, meskipun tidak diketahui sejauh mana kekuasaan Moirai terhadap takdir para dewa. Menurut pendeta Pithia di Delphi, Zeus juga tunduk pada kekuasaan Moirai. Hesiod menulis, "Zeus sangat menghormati Moirai".
--

Anggota

Klotho
Klotho (bahasa Yunani: Κλωθώ, "pemintal"), bertugas memintal benang kehidupan tiap manusia. Dia adalah yang termuda dibanding kedua saudarinya. Dia menentukan kapan manusia lahir. Ketika Pelops dibunuh oleh ayahnya sendiri, Tantalos, Klotho menghidupkan kembali Pelops. Klotho juga pernah dibuat mabuk oleh Alkestis sehingga Alkestis bisa menyelamatkan suaminya, Admetos, dari kematian dengan cara mengorbankan dirinya sendiri.
Klotho, bersama kedua saudarinya serta Hermes, dipercaya sebagai penemu alfabet. Klotho disembah di banyak tempat di Yunani, dan kadang diasosiasikan dengan Keres serta Erinyes. Klotho digambarkan membawa gulungan benang. Kata Cloth (pakaian) dalam bahasa Inggris berasal dari nama Klotho. Padanan Romawinya adalah Nona, (yang 'Kesembilan'), yang pada awalnya merupakan dewi bulan kesembilan masa kelahiran.
--
Lakhesis
Lakhesis (bahasa Yunani: Λάχεσις, "pembagi"), bertugas mengukur benang kehidupan tiap manusia dengan tongkat pengukurnya. Dia adalah dewi yang menentukan umur manusia dan berapa lama seeorang hidup. Setelah mengukurnya, Lakhesis memilihkan takdir dan nasib untuk kehidupan orang tersebut. Dia digambarkan sebagai wanita yang keibuan, namun juga cantik dan kuat. Dalam buku kesepuluh dari dialog Repbulik karangan Plato, Lakhesis adalah putri dari Keniscayaan. Diceritakan bahwa dia memberi perintah pada para roh yang hendak memilih kehidupan selanjutnya. Padanan Romawinya adalah Desima (yang 'Kesepuluh').
--
Atropos
Atropos (bahasa Yunani: Ἄτροπος, "tak terubah", "tak terbelokkan", atau "tak terelakkan"), bertugas menentukan kematian manusia. Dia mengatur bagaiamana seseorang mati. Ketika waktunya tiba, dia menggunting benang kehidupan manusia dengan "gunting kebencian" miliknya. Atropos adalah yang tertua di antara Moirai. Padanan Romawinya adalah Morta (Kematian). Istilah Atrofi, penyusutan jaringan atau organ, berasal dari nama Atropos.

michael17bm
26-10-2011, 04:22 AM
^
wah 3 goddess of fate ternyata di Mitologi Yunani juga ada :matabelo:
kirain hanya di Norse Mythology aja adanya, :hoho:

edo17
27-10-2011, 02:09 PM
Gigant

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c0/Gigant_sedang_melempar_batu.PNG/200px-Gigant_sedang_melempar_batu.PNG

Ketika Kronos memotong alat kelamin Uranus, sebagian darah Uranus terciprat ke bumi dan lahirlah para Gigant. Gigant adalah raksasa yang memiliki kaki atau ekor ular. Para Gigant tinggal di Flegra. Alkionios dan Porfirion adalah yang terkuat di antara mereka.

Suatu hari, Gaia menyuruh para Gigant untuk bangkit melawan para dewa Olimpus, maka terjadilah Gigantomakhia, yakni perang antara para Gigant melawan dewa Olimpus. Beberapa diantaranya yg terkenal adalah: Enkelados, yang dikubur di bawah Pulau Sicilia oleh Athena; Polybotes, yang dihancurkan dengan batu karang Nisyros oleh Poseidon; dan Porphyrion yang dikalahkan oleh Zeus dan Herakles saat ia mencoba memperkosa Hera.

Menurut ramalan, para dewa Olimpus tak akan menang tanpa bantuan seorang manusia. Para dewa harus menunggu selama berabad-abad sebelum menemukan manusia yang cocok untuk membantu menghadapi para Gigant, dan manusia yang terpilih adalah Herakles. Untuk mencegah para Gigant menyerang sebelum Herakles lahir, para dewa membuat matahari tidak terbit di Flegra.

Pada akhirnya dewa Olimpus menang dan semua Gigant dikurung atau dibunuh.

derjanz
27-10-2011, 02:37 PM
udah jarang bgt film yg ada karakter dewa2 yunani ini.. tp ada film baru "lupa judulnya" yg berhubungan ama dewa2 yunani ini. trilernya sih mantaf

ekawatianastasia
27-10-2011, 02:58 PM
iya bro, kalo ada gambarnya kan bisa lebih tau tampang2 dewa nya (penasaran dewa tuh kayak apa sih)

hercule gak masuk itungan, kan masih peranakan dewa .....

michael17bm
27-10-2011, 06:14 PM
^
tapi pada akhirnya Hercules jadi dewa bro,
setelah melaksanakan 12 misi yang dikasi oleh Hera

Sagasano
28-10-2011, 06:23 AM
udah jarang bgt film yg ada karakter dewa2 yunani ini.. tp ada film baru "lupa judulnya" yg berhubungan ama dewa2 yunani ini. trilernya sih mantaf

aku tau yang kamu maksud kk :blink:
yang penting yunani :blink:
_________________________________
gigant masuk kreatur apa titan nih om edo :???:

edo17
28-10-2011, 12:21 PM
keknya masuk Titan bro, soalnya dia raksasa juga.. :hihi:

ini ane post bbrp titan lagi yg terkenal di bawah

edo17
28-10-2011, 12:31 PM
Otos dan Efialtes (Aloadai)

http://c4.ac-images.myspacecdn.com/images02/74/l_9079b48b07cf44fdb316cf7e5457ab63.jpg

Dalam mitologi Yunani, Aloadai (atau Aloadae) adalah Otos dan Efialtes (atau Efialtis), anak dari Ifimedia dan Poseidon. Mereka adalah raksasa yang kuat dan agresif. Badan mereka tumbuh sepanjang sembilan jari setiap satu bulan. Mereka memiliki tinggi sembilan depa pada usia sembilan tahun.

Otos dan Efialtes sangat kuat sampai-sampai tak ada dewa yang bisa melukai mereka. Suatu malam, ketika mereka sedang tidur, Gaia membisikkan sesuatu pada mereka. Gaia memberitahu mereka bahwa merekalah yang seharusnya berkuasa di Olimpus. Sejak itu, Mereka berusaha menyerang Olimpus dengan cara menumpuk-numpuk gunung (Olimpos, Ossa dan Pelion) sampai setinggi Gunung Olimpus, lalu menyuruh para dewa untuk menyerah. Mereka juga meminta Artemis dan Hera menjadi istri mereka. Para dewa melawan tapi tak dapat mengalahkan mereka. Para Aoladai bahkan mampu menangkap Ares dan mengurungnya dalam kendi perunggu selama tiga belas bulan. Artemis lalu berubah wujud menjadi seekor rusa dan berlari di antara para Aloadai. Mereka saling melempar tombak yang kemudian mengenai badan masing-masing dan akhirnya saling membunuh.

http://www.theoi.com/image/img_aloadai.jpg

edo17
28-10-2011, 12:44 PM
Orion

http://www.crystalinks.com/orionwarrior.gif

Orion adalah seorang raksasa tampan anak dari Poseidon dan Euriale. Ia memiliki kemampuan berjalan di atas air karena ayahnya adalah dewa lautan.

Orion pernah bekerja pada Raja Oinopion namun kemudian diusir dan dibutakan setelah memperkosa putrinya, Merope. Orion lalu memohon pertolongan Hefaistos yang kemudian meminjamkan asistennya, Keudalion untuk membawa Orion menemui Helios yang bisa mengembalikan penglihatannya. Orion kemudian beristirahat di Pulau Delos dan menjadi teman akrab sekaligus pengikut yang paling disukai oleh Artemis.

Ada banyak versi mengenai kematiannya. Dalam satu versi, dikatakan Artemis Sang Dewi Bulan jatuh cinta pada Orion, sehingga membuat dia lupa akan tugasnya untuk menerangai langit saat malam. Saudara kembarnya Apollo melihat Orion sedang berenang di lautan, menipu Artemis dengan mengatakan itu adalah sebuah gangguan dari laut. Artemis kemudian memanahnya dan membunuh Orion. Mengetahui yang dibunuhnya adalah Orion, Artemis sangat sedih. Kemudian ia menempatkan tubuh Orion di langit menjadi rasi bintang. Hal itu menjelaskan kenapa wajah bulan terlihat sedih saat malam.

Dalam versi lainnya dikatakan Orion menganggap dirinya sebagai pemburu terbesar di dunia. Hal ini terdengar oleh Hera, istri Zeus, dan dia memutuskan untuk mengirim kalajengking pada Orion. Orion pun disengat hingga mati oleh kalajengking itu, tapi bersamaan dengan itu ia juga berhasil membunuh kalajengking itu. Zeus menyesali hal ini dan menempatkan Orion di langit. Kalajengking itu pun juga ditempatkan di langit, sebagai rasi bintang Scorpius. Fakta yang cukup menarik bahwa saat satu dari dua rasi bintang ini terbit dari horison, rasi yang lain akan sudah terbenam. Dengan demikian dua pesaing ini tidak akan pernah bertemu kembali.

http://www.logoschristian.org/andromenati/orion_large.jpg

hentaigumi
28-10-2011, 01:02 PM
Ya ampun, baru baca index nya aja ternyata tokoh dan makhluk mitologi yunani banyak banget ya.
Saya harus pelajari ini ...

Sangat menarik.

Sagasano
28-10-2011, 04:06 PM
Ya ampun, baru baca index nya aja ternyata tokoh dan makhluk mitologi yunani banyak banget ya.
Saya harus pelajari ini ...

Sangat menarik.

mohon kontribusinya juga karena masih banyak yang belum di jelaskan :maaf:

harpuia747
30-10-2011, 08:34 PM
Paling mantep Aphrodite dah.. Dewa BBnya orang Yunani..

Tapi kalo ada orang kayak gini beneran idup, bejat bgt yak..

lolita6othic
30-10-2011, 09:49 PM
Lamia masuk yunani kan? :???:
padahal lamia termasuk yang suka makanin anak anak..
Kalo Succubus, Incubus, Lilith ga masuk yunani ya :bloon:

pericles
30-10-2011, 10:42 PM
Ophiotauros
(Ophiotaur/Tauros Ophis/Banteng Styx)



http://1.bp.blogspot.com/_blnb056WF4c/TPX-6JzaEEI/AAAAAAAAAFY/dFImYCmfGVc/s320/Ophiotaurus_by_1pen.jpg
Ophiotauros adalah monster yang terlahir dengan tubuh bagian depan berwujud seekor banteng hitam dan bagian belakang tubuhnya adalah ekor ular. Makhluk ini lahir dari Gaia. Styx mengurung mankhluk ini dalam sebuah hutan kelam dengan tiga lapis dinding karena para Moirai (dewi takdir) memperingatkan bahwa siapapun yang dapat membakar isi perut Ophiotauros akan memperoleh kekuatan yang dapat mengalahkan bahkan para dewa sekalipun. Ketika itu para dewa Olimpus (dipimpin oleh Zeus) sedang berperang dengan para Titan dan Styx berpihak pada Zeus, jadi Styx berusaha mencegah para Titan memperoleh cara mengalahkan Zeus.

Namun seorang sekutu para Titan berhasil membunuh Ophiotauros dengan menggunakan kapak adamantin. Ketika dia hendak membakar isi perut Ophiotauros, Zeus dengan cepat menyuruh para burung untuk merebut isi perut itu. isi perut Ophiotauros berhasil dirampas oleh para burung dan kemudian ditempatkan di angkasa. Kemungkinan Ophiotauros ditempatkan di langit sebagai rasi bintang gabungan Taurus dan Cetus.

Kisah ini kemungkinan merupakan bagian dari epik Yunani yang kini telah hilang, berjudul Titanomakhia (Perang Titan). Diceritakan bahwa sekutu para Titan yang dimaksud adalah raksasa Aigaion, yang oleh Ovidius disebut Aigaion Breareus.

Sagasano
31-10-2011, 12:33 AM
Lamia masuk yunani kan? :???:
padahal lamia termasuk yang suka makanin anak anak..
Kalo Succubus, Incubus, Lilith ga masuk yunani ya :bloon:

kayaknya masuk :bloon:

edo17
31-10-2011, 02:52 PM
Argus Panoptes

http://community.imaginefx.com/fxpose/kwalsh3131s_portfolio/images/138453/222x425.aspx

Argus Panoptes adalah raksasa yang memiliki seratus mata yang tinggal di Argolis, merupakan pengawal pribadi Hera juga. Argus selalu waspada, bahkan ketika sedang tidur, beberapa matanya tetap terbuka. Argus adalah raksasa yang berhasil membunuh Ekhidna

Suatu hari, Zeus mengubah Io menjadi sapi untuk menutupi perselingkuhannya dengan Io. Namun Hera tetap curiga dan menugaskan Argus untuk menjaga sapi itu. Untuk membebaskan Io, Zeus pun mengirim Hermes. Hermes menyamar sebagai gembala dan menidurkan Argus dengan lantunan musiknya sebelum akhirnya Hermes membunuh Argus dengan pedangnya. Karena membunuh Argus, Hermes mendapat julukan Argeiphontes.

Setelah Argus mati, Hera mengambil semua mata Argus dan memasangnya di ekor burung kesayangannya, merak.

http://www.theoi.com/image/L11.1ArgosPanoptes.jpg

edo17
31-10-2011, 02:56 PM
Gerion

http://upload.wikimedia.org/wikibooks/id/thumb/3/31/Geryon.jpg/150px-Geryon.jpg

Gerion adalah raksasa yang tinggal di pulau Erithia. Tubuh Gerion merupakan gabungan dari tiga tubuh, jadi Gerion memiliki tiga kepala serta tiga pasang tangan dan kaki. Gerion memiliki segerombolan ternak serta anjing berkepala dua, Orthos.

Herakles diharuskan untuk mengambil ternak Gerion sebagai salah satu tugasnya. Herakles pun mendatangi tempat Gerion. Sebelum membunuh Gerion, Herakles terlebih dahulu membunuh anjingnya, Orthos, dengan satu pukulan. Gerion lalu melawan Herakles dengan mengenakan tiga tombak, tiga perisai, dan tiga helm. Gerion mengejar Herakles sampai ke Sungai Anthemus sebelum akhirnya Herakles berhasil membunuh Gerion dengan menggunakan panah yang telah diolesi darah beracun Hidra. Setelah membunuh Gerion. Herakles membawa ternak Gerion pada Euristheus.

edo17
31-10-2011, 03:02 PM
Antaios

http://www.mlahanas.de/Greeks/Mythology/Images/Antaios.jpg

Antaios adalah raksasa pegulat dan merupakan putra Gaia dan Poseidon. Antaios tinggal di Libya, dia suka menantang gulat pada setiap yang lewat.

Antaios sering membiarkan lawannya membantingnya ke tanah. Setelah itu Antaios akan bangkit, lalu dia langsung membunuh lawannya. Itu disebabkan karena Antaios adalah putra Gaia (bumi), maka dia tidak terkalahkan dan bahkan semakin kuat jika melakukan kontak dengan tanah.

Ketika Herakles lewat di Libya untuk mengambil apel Hesperides, Antaios pun menantang sang pahalwan bergulat.

Dalam duel itu, Herakles berhasil membanting Antaios ke tanah sebanyak tiga kali, dan setiap kali dibanting, Antaios selalu bangkit dan menjadi lebih kuat.

Maka Herakles memikirkan cara lain untuk mengalahkan Antaios. Herakles lalu mengangkat Antaios sehingga Antaios tak menyentuh tanah. Antaios pun menjadi lemah. Pada saat itulah Herakles langsung menghabisi Antaios.

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/74/Herakles_och_Antaios%2C_Nordisk_familjebok.png/150px-Herakles_och_Antaios%2C_Nordisk_familjebok.png

edo17
31-10-2011, 03:13 PM
Talos

http://images.wikia.com/shipoffools/images/1/1e/Talos_1.jpg

Talos adalah raksasa yang tubuhnya terbuat dari perunggu. Talos memiliki sebuah pembuluh yang tersambung dari leher sampai ke kakinya. Di pembuluh itu mengalir timbal hitam yang merupakan darah Talos. Pembuluh itu disumbat dengan sebuah paku di kakinya.

Talos diciptakan oleh Hefestos dan diberikan oleh Zeus untuk melindungi Europa, kekasih Zeus di Kreta. Talos setiap hari selalu mengelilingi pulau Kreta tiga kali. Dia akan melemparkan batu besar kepada kapal yang mendekati Kreta. Ketika para Argonaut berlabuh di Kreta, Talos juga melemparkan batu-batu besar pada mereka. Para Argonaut panik dan langsung menjauh hingga di luar jarak lempar Talos.

Medeia lalu menyihir Talos sampai sang raksasa jadi mengamuk sendiri. Talos yang mengamuk akhirnya tanpa sengaja tersandung batu tajam dan paku yang menyegel pembuluh darahnya terlepas. Maka keluarlah cairan hitam dari mata kakinya terus-menerus. Talos akhirnya mati karena kehabisan darah

pericles
31-10-2011, 03:18 PM
Lamia masuk yunani kan? :???:
padahal lamia termasuk yang suka makanin anak anak..
Kalo Succubus, Incubus, Lilith ga masuk yunani ya :bloon:

Lamia masuk, tapi succubus, incubus, dan lilith gak masuk.

edo17
31-10-2011, 03:19 PM
Gegenes

http://www.theoi.com/image/pictures-gegenees.jpg

Gegenes adalah kaum raksasa yang lahir dari bumi dan memiliki enam tangan. Gegenes tinggal di Gunung Beruang di Pulau Misia.

Jason dan para Argonaut berlabuh di dekat Gunung Beruang untuk mengisi perbekalan. Sementara kebanyakan Argonaut pergi mencari makanan, para Gegenes melihat bahwa kapal Argo hanya dijaga sedikit orang, maka mereka pun menyerang kapal Argo. Namun ternyata di antara sedikit orang itu ada Herakles. Dalam bentrokan itu, Herakles berhasil membunuh banyak Gegenes dengan pemukul dan panahnya. Ketika para Argonaut kembali ke kapal, Gegenes yang tersisa habis terbunuh atau langsung kabur.

edo17
31-10-2011, 03:29 PM
Kakos / Cacus

http://www.mythindex.com/images/painting-cacus.jpg

Kakos adalah raksasa putra dari Hefaistos, yang mampu menyemburkan api.

Setelah mengambil ternak Gerion, Herakles berhenti di dekat sebuah gua dan tertidur. Ternyata gua itu adalah sarang Kakos. Ketika Herakles sedang tertidur, Kakos keluar dan mengambil ternak itu lalu membawanya ke dalam guanya, Kakos lalu menutup gua dengan sebuah batu besar. Ketika Herakles terbangun, dia menyadari bahwa ternaknya hilang. Herakles awalnya mengalami kesulitan dalam mencari ternak itu sampai akhirnya Herakles mendengar suara ternak dari dalam sebuah gua. Seketika itu juga Herakles langsung tahu bahwa ternak itu telah dicuri.

Herakles yang marah lalu menghancurkan batu besar di pintu gua dan masuk ke dalamnya. Di dalam gua, Herakles bertarung dengan Kakos dan membunuh sang raksasa.

edo17
31-10-2011, 03:38 PM
Laistrigones / Laestrygonians

http://www.mlahanas.de/Greeks/Mythology/Images/FlAntiphates.jpg
Antifates menyerang Odisseus

Laistrigones adalah para raksasa kanibal yang tinggal di kota Telepilos. Kota itu memiliki pelabuhan yang bagus, dengan batu karang mengelilingi pelabuhan dan hanya ada celah sempit untuk satu atau dua kapal lewat,

Raja para Laistrigones adalah Antifates. Antifates dan istrinya berukuran sangat besar, namun putri mereka berukuran normal, sehingga anak buah Odisseus sangat terkejut ketika bertemu orang tua gadis itu.

Ketika sebelas kapal Odisseus memasuki pelabuhan Telepilos, para Laistrigones menyerang mereka dan menghancurkan kapal-kapal Odisseus. Para raksasa melempari kapal-kapal Odisseus dengan batu besar, mereka juga menggunakan tombak panjang untuk menusuk manusia sebelum akhirnya memakannya.

Sagasano
02-11-2011, 09:59 AM
woah baru tau.... ntu ea urutan dewa yunani....

disini ga cuma dewa ko kk... pokoknya mitologi yunani masuk :maaf:
kalo bisa bantu juga ya :maaf:

Nacht
02-11-2011, 12:08 PM
Ternyata banyak banget dewa2 yang nggak begitu saya kenal dalam mitologi Yunani, biasnaya cuma denger Zeus dkk

edo17
03-11-2011, 11:39 PM
keren..o.o
pake gambar dong..xD

mank gambarnya kurang keliatan ya, ketauan kaga nyimak.. :piso:

belalang_tempur
04-11-2011, 08:48 PM
Griffin
http://www.mlahanas.de/Greeks/Mythology/Images/ApolloGriffin2.jpg
Selayaknya singa, sebagai “Raja hewan buas”, dan rajawali, sebagai “Raja di udara”, menjadikan Griffin atau Gryphon sebagai hewan yang paling berkuasa diatas kedua hal tersebut. Dengan berbagai sebutan-sebutan demikian, maka wajar saja jika akhirnya dia memiliki gelar sebagai “Raja hewan buas dan penguasa udara”.
Griffin telah puluhan tahun menjadi bagian dariliteratur dan mitologi. Dan sejak saat itulah, arti simbolis mereka telah banyak mangalami perubahan.
Griffin adalah makhluk dengan badan singa dan kepala serta sayap elang. Griffin berasal dari dataran Hiperborea. Disebutkan, bahwa sebagai burung terbesar dan simbol kekuatan besar, menjadikan makhluk ini sangat sakral untuk dewa Apollo. Selain itu, Griffin juga merupakan hewan penjaga matahari.
Diceritakan, Apollo mengendarai Griffin dan menjaga emas Hyperborea (negeri mistik tempat matahari dan kebahagiaan bersinar abadi di balik angin utara). Sekawanan Griffin di pegunungan Rhipaia menjaga timbunan emas dari para Arimaspos, kaum bermata satu yang hendak mencuri emas itu. Para Arimaspos menunggangi kuda dan berusaha mengambil emas namun usaha mereka selalu digagalkan oleh para Griffin, yang selalu berhasil menyerang balik para Arimaspos.
Griffin merupakan makhluk magis, dengan setengah singa dan setengah elang. Asal mereka dari India, tempat mereka menjaga harta karun emas yang melimpah.
Griffin juga dikatakan penjelmaan dari Nemesis, yang merupakan dewa balas jasa yang memutar roda keberuntungan.
Dalam legenda, makhluk yang gagah di angkasa ini, ialah simbol superbia (harga diri arogan), karena Aleksander Agung pernah mencoba menunggangi punggung Griffin dan menuju ke ujung langit.
Di tahun ketiga masehi, seorang ahli sejarah bernama Aelianus menulis, "Griffin adalah hewan berkaki empat seperti singa; memiliki cakar yang amat kuat dan mirip cakar singa. Memiliki sayap dan berbulu hitam di sepanjang punggungnya dan bagian depan berwarna merah, sementara kedua sayapnya berwarna putih."
Dalam seribu tahun terakhir, Griffin amat digemari sebagai lambang keluarga. Seorang ahli ilmu perlambangan berkata, "Griffin amat populer, karena banyak memiliki sifat baik dan rupanya tidak memiliki sifat buruk. Sifat baiknya antara lain kewaspadaan, keberanian, dan kekuatan."

IMHO griffin itu mirip bouraq yah..cuma beda di kepala aja

usetheforcehan
04-11-2011, 09:37 PM
Wah ternyata masih byk bolong2 di listnya.

Hyperion, Helios, Thanatos, Hypnos, dan para Titans yg lainnya. Terutama para dewa-dewinya Olympusnya.

Para manusia di jaman dewa juga patut diceritakan kisahnya karena secara tidak langsung ikut mempengaruhi alam dewa seperti Helen of Troy atau Io.

Ayo dong kk2, di isi listnya biar thread ini gemuk! :D

Sagasano
04-11-2011, 10:06 PM
jadi ingat film CLASH of TITANS.. seru efek filmnya. :dugem:


Wah ternyata masih byk bolong2 di listnya.

Hyperion, Helios, Thanatos, Hypnos, dan para Titans yg lainnya. Terutama para dewa-dewinya Olympusnya.

Para manusia di jaman dewa juga patut diceritakan kisahnya karena secara tidak langsung ikut mempengaruhi alam dewa seperti Helen of Troy atau Io.

Ayo dong kk2, di isi listnya biar thread ini gemuk! :D

dari pada posting yang beginian lebih baik kk bantu gih post yang masih kurang :hmm: karna kami para writer mungkin belum sempat kk :unyil:
mohon partisipasinya

mochanAvn
04-11-2011, 11:17 PM
Erinyes(Eumenídes)
Tiga dewi pembalasan

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/78/Singer_Sargent%2C_John_-_Orestes_Pursued_by_the_Furies_-_1921.jpg



Dalam mitologi Yunani, Erinyes (bahasa Yunani: Ἐρινύες, tunggal: Ἐρινύς, Erinis) atau Eumenídes (Eumenís) (atau Dirae dalam mitologi Romawi) adalah sekelompok dewi kemarahan dan pembalasan. Erinyes berjumlah tiga dewi: Alekto, Tisifon, dan Megaira. Mereka dilahirkan dari Gaia dan darah Uranus.
Bila ada orang yang membunuh orang tuanya maka Erinyes akan mengejarnya dan membuatnya gila. mereka sering digambarkan dengan ular di kepala mereka, darah keluar dari mata mereka dan terlihat sangat menakutkan.
Suatu ketika Orestes membunuh ibunya sendiri Klitemnestra sehingga dia dikejar-kejar oleh Erinyes. Orestes kemudian dibantu oleh Athena dan Apollo untuk membela diri dalam sidang di kota Athena. Erinyes menerima pembelaan Orestes karena Orestes membunuh Klitemnestra untuk membalas dendam ayahnya, Agamemnon, yang dibunuh oleh Klitemnestra.
Erinyes juga bertugas menyiksa roh orang jahat di dunia bawah.

@Erinyes(Eumenídes): Info tambahan; Erinyes juga adalah satu-satunya (atau tiga-tiganya?) Dewi yang diperbolehkan untuk menghukum bahkan membunuh makhluk-makhluk yang lainnya, termasuk para Dewa-Dewi Olympus. Jadi secara teori, mereka dapat membunuh Zeus sang pemimpin Dewa apabila dia berbuat Keji dan Mungkar. Tidak diketahui apa mereka bisa dapat membunuh para Titans terdahulu. Terutama para dedengkot seperti Gaia, Ouranos, Oceanus, atau Kronos.

Tiga Dewi
--
Alekto
Aleeko (bahasa Yunani: Ἀληκτώ) adalah salah satu dari tiga Erinyes, dewi angkara murka, dalam mitologi Yunani. Menurut Hesiodos, dia adalah putri dari Gaia yang dibuahi oleh darah Uranus ketika alat kelamin Uranus dipotong oleh Kronos. Alekto adalah saudari Tisifon dan Megara. Dia, bersama para saudarinya, bertugas menyiksa orang-orang yang telah melakukan kejahatan tertentu. Mereka mengejar-ngejar dan menimpakan kegilaan pada target mereka.
--
Tisifon
Tisifon (bahasa Yunani: Τισιφόνη) adalah salah satu dari tiga Erinyes, dewi angkara murka, dalam mitologi Yunani. Dia adalah saudari Alekto dan Megaira. Bersama kedua saudaranya, Tisifon bertuags menghukum orang-orang yang melakukan pembunuhan pada angggota keluarga. Suatu hari Tisifon jatuh cinta pada Khitairon, dan Tisifon membuatnya mati akibat gigitan ular berbisa yang terdapat di rambut Tisifon. Tisifon adalah penjaga Tartaros yang paling kejam dan mengerikan,[1]
Ada juga tokoh lain yang bernama Tisifon. Dia adalah putri Alkmaion dan Manto. Alkmaion secara tidak sengaja meninggalkan anak-anaknya, Tisifon dan Amfilokos, pada Kreon. Istri Kreon kemudian menjual Tisifon sebagai budak karena dia iri pada kecantikan Tisifon. Yang tidak disadari oleh istri Kreon adalah bahwa orang yang membeli Tision merupakan anak buah Alkmaion. Ketik Alkmaion kembali, dia langsung menyelamatkan putrinya dan membawa kembali putranya.
--
Megaira
Megaira (bahasa Yunani: Μέγαιρα) adalah salah satu dari tiga Erinyes, dewi angkara murka, dalam mitologi Yunani. Dia mampu menyebabkan kecemburuan dan rasa iri hati. Dia menghukum orang-orang yang melakukan kejahatan tertentu, khususnya perselingkuhan. Dia bersaudari dengan Alekto dan Tisifon. Dia lahir dari darah Uranus yang terciprat setelah Kronos memotong alat kelamin Uranus.

usetheforcehan
05-11-2011, 01:36 AM
@Erinyes(Eumenídes): Info tambahan; Erinyes juga adalah satu-satunya (atau tiga-tiganya?) Dewi yang diperbolehkan untuk menghukum bahkan membunuh makhluk-makhluk yang lainnya, termasuk para Dewa-Dewi Olympus. Jadi secara teori, mereka dapat membunuh Zeus sang pemimpin Dewa apabila dia berbuat Keji dan Mungkar. Tidak diketahui apa mereka bisa dapat membunuh para Titans terdahulu. Terutama para dedengkot seperti Gaia, Ouranos, Oceanus, atau Kronos.


dari pada posting yang beginian lebih baik kk bantu gih post yang masih kurang :hmm: karna kami para writer mungkin belum sempat kk :unyil:
mohon partisipasinya
Tapi saya bukan penulis kk. Saya tau cerita para dewa-dewi, tapi bingung gimana caranya mengekspresikan lewat tulisan.

mochanAvn
05-11-2011, 01:35 PM
@Erinyes(Eumenídes): Info tambahan; Erinyes juga adalah satu-satunya (atau tiga-tiganya?) Dewi yang diperbolehkan untuk menghukum bahkan membunuh makhluk-makhluk yang lainnya, termasuk para Dewa-Dewi Olympus. Jadi secara teori, mereka dapat membunuh Zeus sang pemimpin Dewa apabila dia berbuat Keji dan Mungkar. Tidak diketahui apa mereka bisa dapat membunuh para Titans terdahulu. Terutama para dedengkot seperti Gaia, Ouranos, Oceanus, atau Kronos.


Tapi saya bukan penulis kk. Saya tau cerita para dewa-dewi, tapi bingung gimana caranya mengekspresikan lewat tulisan.

:top:
penjelasan sudah ditambahkan diatas:top:

touranku
05-11-2011, 03:58 PM
wah kebetulan aku suka ama mitologi Yunani
tapi di page2 awal ada beberapa pendapat yg keliru tuh soal Hades

Hades tu murni Dewa, bukan Demigod (separo dewa)
Zeus, Hades, Poseidon, Hera ama Hestia bersaudara, mrk anak Kronos ama Gaea

waktu Zeus + Poseidon + Hades berhasil ngebunuh Kronos (ayah mrk)
mrk ngebagi wilayah kekuasaan, Zeus dapet langit, Poseidon dapet laut, trus Hades dapet Underworld
Hades marah bgt krn ngerasa dicurangi, makanya dia nggak dapet tempat di Olympus



kalo mau baca cerita yg versi modern, udah dirubah disana sini, baca Percy Jackson series aja
full mitologi Yunani tuh, seru

mochanAvn
07-11-2011, 11:58 PM
Nemea Lion


http://s60.radikal.ru/i168/1007/44/c787d62b2e6b.jpg


Dalam mitologi Yunani, Singa Nemea (Bahasa Yunani: Λέων της Νεμέας) adalah seekor singa yang hidup di sebuah gua di daerah Nemea. Singa ini merupakan anak dari Ekhidna dan Tifon dan memiliki kulit yang kebal terhadap senjata. Euristheus menyuruh Herakles menangkap singa ini sebagai tugas pertama Herakles. Herakles mendatangi tempat tinggal singa ini dan mencoba membunuhnya dengan menggunakan senjata tetapi gagal. Akhirnya Herakles memutuskan untuk mencekik singa ini sampai mati. Setelah membunuhnya, Herakles menggunakan kulitnya sebagai jubah pelindung.

HyugaHinata
08-11-2011, 03:13 AM
hercules kan setengah dewa setengah manusia...CMIIW
Iya, hercules itu termasuk 1/2 manusia. jadi bisa dibilang manusia yang berkuatan seperti dewa.
Pertanyaan bodoh :
kira2 kalau dewa2 yunani ini melawan dewa2 / legenda jepang menang mana ya... :???:
pasti seru :blink:

Sagasano
08-11-2011, 05:24 AM
Iya, hercules itu termasuk 1/2 manusia. jadi bisa dibilang manusia yang berkuatan seperti dewa.
Pertanyaan bodoh :
kira2 kalau dewa2 yunani ini melawan dewa2 / legenda jepang menang mana ya... :???:
pasti seru :blink:

sayangnya masing2 mitologi sudah tidak ada lagi http://www.ianc.web.id/images/smilies/emot/mcg.gif
hanya tinggal kisahnya aja... http://www.ianc.web.id/images/smilies/emot/tkp3.gif

edo17
08-11-2011, 10:37 AM
Sphinx

http://www.freewebs.com/cignarella/esfinge.jpg

Dalam mitologi Yunani, Sphinx adalah makhluk dengan kepala perempuan, badan singa, sayap elang, dan ekor ular, yang merupakan anak dari Tifon dan Ekidna. Sphinx dikirim oleh para dewa untuk meneror kota Thebes akibat melakukan beberapa kejahatan.

Di jalan menuju Thebes, Sphinx mengajukan pertanyaan pada orang yang lewat. Jika jawabannya salah maka Sphinx akan memakan orang itu. Suatu hari Oidipus pergi ke Thebes dan bertemu dengan Sphinx. Oidipus berhasil menjawab pertanyaan yang diajukan oleh Sphinx. Akhirnya Sphinx menjatuhkan diri dari tebing yang menjadi sarangnya dan
mati.

Sekedar info, ada 2 kota Thebes, dan yang ini berada di Yunani. Sphinx ini juga berbeda dengan yang ada di Giza, Mesir.



http://i3.squidoocdn.com/resize/squidoo_images/250/draft_lens8300811module123630031photo_1286151154oe dipus-sphinx.jpg
Oedipus menjawab pertanyaan Sphinx

Sphinx mengajukan teka-teki pada siapapun yg lewat di daerah Thebes. Jika tidak bisa menjawab pertanyaannya, maka orang itu akan dibunuh. Tetapi bila bisa menjawab pertanyaannya, maka Sphinx akan bunuh diri. Pertanyaannya adalah:
"Pada pagi hari memiliki 4 kaki, pada siang hari 2 kaki, pada malam hari 3 kaki. Apakah itu?"
Manusia. Pagi, Siang, dan Malam adalah metafora yang menggambarkan hidup manusia, yang biasa terdapat dalam teka-teki. Manusia merangkak saat masih bayi (pagi), berjalan tegap saat dewasa (siang), dan dibantu dengan tongkat saat tua (malam). Oedipus berhasil menjawab teka-teki itu.

dalam beberapa versi, ada teka-teki kedua
"Adalah dua orang perempuan bersaudara, yang pertama melahirkan yang lainnya, dan ia, pada gilirannya, melahirkan yang pertama?"
'siang dan malam'. Sphinx yang merasa kalah karena teka-tekinya bisa dipecahkan, akhirnya melemparkan dirinya dari puncak bebatuan yang tinggi dan meninggal. Thebes-pun dibebaskan dari kutukan Sphinx. Oedipus sendiri pada akhirnya menjadi Raja di Thebes.

phunixid
08-11-2011, 10:50 AM
@Erinyes(Eumenídes): Info tambahan; Erinyes juga adalah satu-satunya (atau tiga-tiganya?) Dewi yang diperbolehkan untuk menghukum bahkan membunuh makhluk-makhluk yang lainnya, termasuk para Dewa-Dewi Olympus. Jadi secara teori, mereka dapat membunuh Zeus sang pemimpin Dewa apabila dia berbuat Keji dan Mungkar. Tidak diketahui apa mereka bisa dapat membunuh para Titans terdahulu. Terutama para dedengkot seperti Gaia, Ouranos, Oceanus, atau Kronos.


Tapi saya bukan penulis kk. Saya tau cerita para dewa-dewi, tapi bingung gimana caranya mengekspresikan lewat tulisan.

phail
itu mitos modern yang ditambahkan kemudian
para dewa dan titan tidak bisa mati, bahkan di salah satu myth Erinyes adalah anak2 Zeus

btw
kalau memang benar begitu
sudah berapa kali para dewa bersikap tidak adil
include : Zeus, Poseidon, Hades, Hera, Leto, dan banyak lainnya
dan kalau mau ditelisik, satu2nya dewa yang pernah menghukum keras dewa lain karena pelanggaran hanyalah Zeus


wah kebetulan aku suka ama mitologi Yunani
tapi di page2 awal ada beberapa pendapat yg keliru tuh soal Hades

Hades tu murni Dewa, bukan Demigod (separo dewa)
Zeus, Hades, Poseidon, Hera ama Hestia bersaudara, mrk anak Kronos ama Gaea

waktu Zeus + Poseidon + Hades berhasil ngebunuh Kronos (ayah mrk)
mrk ngebagi wilayah kekuasaan, Zeus dapet langit, Poseidon dapet laut, trus Hades dapet Underworld
Hades marah bgt krn ngerasa dicurangi, makanya dia nggak dapet tempat di Olympus

kalo mau baca cerita yg versi modern, udah dirubah disana sini, baca Percy Jackson series aja
full mitologi Yunani tuh, seru

yoi
tapi gak pure myth
aku malas baca cerita rombakan dari asli

btw
Kronus tidak mati dibunuh
dia dikurung di Tartarus beserta para Titan pengikutnya
tentunya disertai dengan penjagaan penuh para Hecaionthres


Iya, hercules itu termasuk 1/2 manusia. jadi bisa dibilang manusia yang berkuatan seperti dewa.
Pertanyaan bodoh :
kira2 kalau dewa2 yunani ini melawan dewa2 / legenda jepang menang mana ya... :???:
pasti seru :blink:

jawaban bodoh :
dewa2 di Jepang bisa mati
dewa2 di Yunani tidak bisa mati sama sekali

edo17
08-11-2011, 03:18 PM
Satir

http://upload.wikimedia.org/wikibooks/id/thumb/5/5c/Satir.jpg/150px-Satir.jpg

Satir adalah makhluk penghuni hutan yang termasuk dalam rombongan Dionisos. Pada awalnya, Satir digambarkan sebagai manusia berjenggot dengan ekor kuda, telinga runcing, hidung pesek, dan alat kelamin yang sedang ereksi. Pada perkembangan selanjutnya, Satir digambarkan sebagai manusia dengan tubuh bagian bahwa kambing dan memiliki tanduk.

Satir senang bernyanyi, menari, dan mabuk-mabukan bersama para mainad, perempuan dalam rombongan Dionisos sehingga akrab dengan Dewa Dionisos. Mereka juga senang bermain seruling, castanet, bagpipe, atau simbal dan tergila-gila untuk menari bersama para nimfa yang mereka kagumi dan mereka idolakan. Mereka memiliki tarian khusus yang mereka sebut Sikinis

Satir tidak hidup abadi sehingga terkena dampak usia tua seperti manusia. Satir jantan yang sudah tua berjenggot dan kepalanya botak. Perilakunya jelek dan tidak senonoh seperti yang digambarkan dalam mitologi Yunani.

Pemimpin para Satir bernama Silenos, Dewa kecil yang mengatur kesuburan.Pan (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=189617&p=12355125&viewfull=1#post12355125), dewa gembala, merupakan salah satu Satir yang terkenal.

edo17
08-11-2011, 03:21 PM
Triton

http://mythology9.wiki.hhh.k12.ny.us/file/view/triton_23138_lg.gif/205472852/triton_23138_lg.gif

Triton adalah putra dari Poseidon dan Amfitrit, dewi laut. Tubuh bagian atasnya adalah manusia dan tubuh bagian bawahnya adalah ekor ikan dengan sisik berwarna hijau. Di bahunya terkadang terpasang kerang laut. Triton tinggal bersama ayahnya di istana bawah laut.

Triton membawa terompet berbentuk keong yang dia tiup untuk menenangkan atau membuat ombak. Suara terompet tersebut mampu membuat raksasa ketakutan.

Triton juga adalah dewa danau Tritonis di Libia. Ketika para Argonaut terjebak di gurun pasir, Triton menunjukkan jalan dari danau Tritonis ke laut.

HyugaHinata
08-11-2011, 03:40 PM
jawaban bodoh :
dewa2 di Jepang bisa mati
dewa2 di Yunani tidak bisa mati sama sekali
Wah seandainya saja sama2 bisa / tidak bisa mati gitu, pasti lebih menarik
kalau gini sih berat sebekah namanya.
Kalau dewa2 di India , apa juga bisa mati :???:

edo17
08-11-2011, 03:42 PM
Siren

http://i946.photobucket.com/albums/ad304/lazuardiedo/Siren_by_GENZOMAN.jpg

Siren adalah makhluk berwujud setengah wanita setengah burung yang menyanyikan lagu pada para pelaut yang lewat, mereka termasuk kaum Naiad (salah satu kaum nimfa yang hidup di air) yang hidup di lautan. Mereka tinggal di sebuah pulau yang bernama Sirenum Scopuli, atau menurut beberapa tradisi berbeda mereka tinggal di tanjung Pelorum, pulau Anthemusa, pulau Sirenusian dekat Paistum, atau di Capreae, yang mana semuanya adalah tempat-tempat yang dikelilingi oleh batu karang dan tebing. Orang yang mendengar nyanyian mereka akan menjadi tidak sadarkan diri, sebagian menabrakkan kapal mereka ke batu karang dan sebagian akan menenggelamkan diri ke laut.

Mereka adalah para putri Akhelous (dengan Terpsikhore, Melpomene, atau Sterope) atau Porkhis. Menurut sumber, seperti Hmeros, jumlah mereka berkisar antara dua atau lima. Beberapa sumber dikumpulkan sehingga jumlah mereka ada sembilan. Nama-nama individual mereka adalah:

Aglaofonos atau Aglaope
Leukosia
Ligeia
Molpe
Parthenope
Pisinoe atau Peisinoë
Raidne
Teles
Thelksiepiea atau Thelksiope atau Thelksinoe

Menurut beberapa versi, mereka adalah teman bermain Persefone semasa kecil.
Para Siren awalnya adalah para perempuan pelayan Persefone. Ketika Persefone diculik oleh Hades, Demeter memberi mereka sayap untuk ikut mencari Persefone. Para Siren akhirnya menyerah lalu tinggal di pulau Anthemoessa.

Dalam perjalanannya, Odisseus harus melewati tempat para Siren. Dia menyuruh awak kapalnya utnuk menyumbat telinga mereka dengan lilin supaya tidak mendengar nyanyian Siren. Odisseus sendiri lebih memilih untu diikat di tiang kapal dan tidak mau telinganya disumbat karena dia penasaran dengan nyanyian Siren. Ketika akhirnya ia mendengar suara merdu para Siren, ia memberontak dan menyuruh awak kapalnya agar melepaskan tali yang mengikatnya. Para awak kapalnya tentu saja menolak. Ketika kapal mereka sudah jauh dari Siren dan Odisseus menjadi lebih tenang, barulah ikatannya dilepaskan.

http://www.arthistoryarchive.com/arthistory/greekroman/images/HerbertJamesDraper-Ulysses-and-the-Sirens-1909.jpg

Para Argonaut juga pernah bentrok dengan para Siren. Para Siren menyanyikan lagu untuk membunuh para Argonaut. Namun salah seorang Argonaut adalah Orfeus, seorang musisi hebat. Orfeus lalu memainkan musik yang lebih merdu dari nyanyian para Siren. Kesal karena kalah, para Siren akhirnya meceburkan diri ke laut.

Penggambaran lain Siren

Pada mulanya di Yunani, Siren dilukiskan sebagai burung berkepala besar dengan kaki bersisik, kadang-kadang seperti bayangan hantu seekor singa. Mereka dilukiskan pula sebagai sosok wanita berkaki burung, dengan atau tanpa sayap, memainkan alat musik, khususnya “Harpa”.

Ensiklopedia abad ke-10, “Suda” menerangkan, bahwa wujud Siren dari dada ke atas menyerupai Burung Gereja, dan badan bagian bawah adalah wanita, terkadang dilukiskan pula, seperti burung kecil berwajah wanita.

Penggambaran mereka berwujud burung dipilih, karena mungkin dari kelebihan mereka, yakni memiliki suara yang merdu. Di masa berikutnya, Siren pun dilukiskan sebagai wanita cantik, bahkan seperti puteri duyung.

Dalam beberapa bahasa, seperti : Spanyol, Perancis, Italia, Polandia, dan Portugis, kata yang digunakan untuk merujuk pada puteri duyung adalah “Siren”, “Sirena”, “Syrena”, atau “Sereia”. Yang membingungkan lagi adalah terjemahan, antara “puteri duyung” dan “Siren” (mitologi), karena pada bahasa Inggris, “Siren” tidak selamanya berarti “puteri duyung”.

pericles
08-11-2011, 05:23 PM
phail
itu mitos modern yang ditambahkan kemudian
para dewa dan titan tidak bisa mati, bahkan di salah satu myth Erinyes adalah anak2 Zeus

btw
kalau memang benar begitu
sudah berapa kali para dewa bersikap tidak adil
include : Zeus, Poseidon, Hades, Hera, Leto, dan banyak lainnya
dan kalau mau ditelisik, satu2nya dewa yang pernah menghukum keras dewa lain karena pelanggaran hanyalah Zeus

gue setuju sama pendapat yang ini, setahu gue erinyes hanya mengurusi kejahatan tertentu yang dilakukan oleh manusia, gak ngurusin dewa. Erinyes bahkan tidak membunuh, tapi memberikan kegilaan pada orang yang diincarnya. :unyil:

pericles
08-11-2011, 05:50 PM
ts minta sumbernya :minta:

kenapa cuma gue yang diminta sumber? :bogem:


http://www.theoi.com/Khthonios/Erinyes.html
setelah gue baca-baca lagi, ternyata erinyes juga bisa ngasih penyakit :shock:

phunixid
08-11-2011, 07:40 PM
Wah seandainya saja sama2 bisa / tidak bisa mati gitu, pasti lebih menarik
kalau gini sih berat sebekah namanya.
Kalau dewa2 di India , apa juga bisa mati :???:

kalau gak salah
gak bisa juga mati
tapi dia bisa dipaksa reinkarnasi jadi makhluk lain
lalu setelah menjadi makhluk lain, dia jadi berstatus bisa dibunuh
sayangnya itu sih sia2 karena di Hindu ada kekekalan jiwa yang terus-menerus melalui siklus reinkarnasi

yang bisa dibunuh langsung
adalah para avatar, raksasa, dan yaksha


ts minta sumbernya :minta:

kalau sumber dewa gak bisa mati
sudah lupa ada dimana sih, soalnya biasanya tinggal google
tapi sebagai clue Uranus gak mati kan, cuma dikastrasi oleh Kronus
lalu para Hecaiconthres kan menjaga para Titan dan Kronus di Tartarus
lalu Ares yang berkali-kali kalah melawan para Raksasa juga gak diceritakan mati
plus Kronus waktu diramalkan akan digulingkan oleh anaknya sendiri, juga gak membunuh anaknya

Sagasano
08-11-2011, 08:01 PM
@ kk semu: yang penting kita diskusi dengan aturan :hmm: jangan sampe ada pertengkaran ya :lalala:

pericles
08-11-2011, 08:24 PM
kenapa?? karna ts berhak :lalala:
baru tau ya :garing:

ts nya bikin aturan sendiri. :swt:
eh, dewa-dewa Olimpus udah dibahas belum? kalau belum, boleh juga nih gue bahas. :lalala:

phunixid
08-11-2011, 09:08 PM
ts nya bikin aturan sendiri. :swt:
eh, dewa-dewa Olimpus udah dibahas belum? kalau belum, boleh juga nih gue bahas. :lalala:

dewa dewi Olympus kan sudah dibahas :iii:

pericles
08-11-2011, 09:15 PM
dewa dewi Olympus kan sudah dibahas :iii:
oh udah ya, di index gue cuma nemu aphrodite sama athena sih, :iii:

oke deh, gue cari bahasan lain, :tkp3:

Sagasano
08-11-2011, 09:23 PM
oh udah ya, di index gue cuma nemu aphrodite sama athena sih, :iii:

oke deh, gue cari bahasan lain, :tkp3:

silahkan review kk :hmm:
inget aturan yg berlaku ya... pake bahasa indonesia dan wajib ada gambarnya :lalala:

pericles
08-11-2011, 09:37 PM
silahkan review kk :hmm:
inget aturan yg berlaku ya... pake bahasa indonesia dan wajib ada gambarnya :lalala:
Apa yang harus direview nih? :bloon:
Ya udah, gue mau nyeritain zeus aja ah. :mesum:

pericles
08-11-2011, 10:42 PM
Zeus
http://www.lkwdpl.org/schools/emerson/greekmythology/zeus.gif



Penguasa alam semesta. Putra Titan Kronos dan Rhea, dia dikenal oleh orang Romawi sebagai Jupiter atau Jove.

Zeus adalah saudara Hestia, Poseidon, Hades, Demeter dan Hera. Zeus adalah yang termuda di antara saudara-saudaranya.

Kakak-kakak Zeus ditelan oleh ayah mereka, Kronos, karena menurut ramalan, Kronos akan dikalahkan oleh putranya.Zeus dilahirkan kemungkinan di Arkadia atau di Kreta. Dia tidak ditelan oleh ayahnya, karena ibunya Rhea memberikan batu berlapis kain pada Kronos untuk ditelan. Bayi Zeus disembunyikan di gua di Gunung Dikte atau di Gunung Ida di Kreta. Di sana dia diasuh oleh para nimfa gunung dan diberi minum susu dari seekor kambing bernama Amaltheia. Jika Zeus menangis, para Kouretes akan menari dan memukulkan tombak mereka pada perisai, supaya Kronos tidak mendengar tangisan Zeus. Ketika sudah dewasa, Zeus membebaskan saudara-saudaranya yang ditelan oleh Kronos. Dia berhasil membuat Kronos meminum sebuah ramuan yang menjadikan Kronos memuntahkan saudara-saudara Zeus.

Dengan bantuan saudara-saudaranya, Poseidon dan Hades, serta berkat pertolongan dari para Hekatonkheire dan Kyklops, Zeus berhasil mengalahkan Kronos dan menggantikannya sebagai raja para dewa. Zeus juga mengurung Kronos beserta para Titan yang membantunya di Tartaros. Ketika melakukan pembagian wilayah kekuasaan, Zeus memperoleh langit, dan dengan demikian dapat mengatur awan, hujan, dan badai. Ketiga dewa itu memerintah bumi bersama-sama, namun kemudian Zeus diakui sebagai penguasa utama para dewa dan manusia. Zeus juga merupakan dewa yang sangat kuat karena memiliki petir, yang ditempa oleh para Kyklops untuknya dalam perang melawan para Titan.

Istri pertama Zeus adalah Metis. Ketika mendengar ramalan Gaia bahwa Metis akan melahirkan putra yang dapat mengalahkannya, Zeus pun menelan Metis untuk mencegah ramalan itu terjadi. Metis saat itu sudah hamil, jadi ketika tiba waktunya bagi Metis untuk melahirkan, Athena muncul keluar dari kepala Zeus dalam keadaan berbaju perang lengkap.

Istri kedua Zeus adalah Titan Themis. Anak-anak mereka adalah para Horai dan mungkin para Moirai juga.

Zeus juga menikahi kakak perempuannya, Hera. Anak mereka adalah Ares, Hebe dan Eileithyia. Beberapa versi menyebutkan bahwa Zeus adalah ayah Hephaistos, namun versi yang lebih populer adalah bahwa Hera melahirkan Hephaistos tanpa pasangan. Kemungkinan anak-anak lainnya dari Zeus dan Hera adalah Eris, dewi pertikaian, dan Enyo, dewi perang, terutama karena kedua dewi itu sering disebut saudari Ares.

Zeus berselingkuh dengan banyak dewi, nimfa, dan manusia. Dari Titan Leto, Zeus menjadi ayah Apollo dan Artemis. Seorang Pleiad bernama Maia dihamili oleh Zeus dan melahirkan seorang putra bernama Hermes. Menurut suatu versu, Zeus juga adalah ayah Aphrodite melalui Dione, yang kemungkinan adalah anak perempuan Okeanos dan Tethis. Dengan demikian Zeus adalah ayah dari hampir semua dewa muda di Olympus.

Zeus bercinta dengan kakaknya, Demeter, dan menjadi ayah Persephone. Anaknya yang lan adalah dewa Dionysos atau Bacchus, yang dilahirkan oleh Semele, seprang putri dari Thebes dan anak perempuan Kadmos dan Harmonia.

Zeus menghamili banyak manusia, dan dia memiliki banyak anak. Beberapa anaknya menjadi raja, sedangkan yang lainnya menjadi pahlawan hebat.

Dalam wujud awan hitam, Zeus memperkosa Io, putri dewa sungai Inakhos. Dalam wujud banteng, Zeus membawa kabur putri Europe ke pulau Kreta dan mereka bercinta di sana. Anak-anak mereka adalah Minos, Rhadamanthys, dann Sarpedon. Zeus mengubah wujudnya menjadi pancuran emas dan menghamili Danae, yang sedang dikuurng oleh ayahnya di menara. Danae melahirkan Perseus. Zeus juga bercinta dengan Alkmene dengan menyamar sebagai suami Alkmene. Anak mereka adalah Herakles.

Di Sparta, Zeus mengubah wujud menjadi angsa dan memperkosa Leda, dan menjadi ayah Polydeukes dan Helene (dalam versi lainnya, yang diperkosa oleh Zeus dan melahirkan Helene adalah dewi Nemesis.


Zeus memperkosa Leda :mesum:
http://kategale.files.wordpress.com/2011/08/leda-and-the-swan.jpg
Zeus memperkosa Io :mesum:
http://thanasis.com/io02.jpg
Zeus hendak memperkosa Kallisto :mesum:
http://thanasis.com/callis2r.jpg

Zeus memiliki banyak julukan; Basileus (raja), Mekhaneus (pengatur), Moiragete (pembimbing para Moirai), Meilikhios, Panhellenios, Soter (penyelamat), dan Terminalis (pelindung perbatasan). Tempat pemujaannya adalah di Arkadia, Kreta, Dodona, dan Rhodos. Hewan kesukannya adalah burung elang, karena melambangkan kekuasaan rajawi. Tanaman kesukaannya adalah pohon ek, yang melambangkan kekuatan. Pohon zaitun juga keramat untuknya. Zeus memiliki kereta perang yang ditarik oleh kuda-kuda bersayap. Dia mengendarai kereta perang itu ketika mengejar monster Typhon.

Di kota Athena, pada akhir Februari dan awal Maret digelar festival bernama Diasia untuk memujanya. Olimpiade digelar setiap empat tahun di Olympia, Elis, untuk memujanya. Olimpiade pertama menurut tradisi digelar pada 776 SM. Cabang olahraganya meliputi kontes atletik dan balap lereta perang.

Menurut mitos Orfik, setelah Zeus dilahirkan, Rhea mengubah namanya menjadi Demeter. Zeus memperkosa ibunya (Rhea/Demeter) dan menjadi ayah dari Persephone. Kemudian Zeus memperkosa Persephone dan menjadi ayah Dionysos atau Zagreus, yang dibunuh oleh para Titan ketika masih bayi. Namun Zeus berhasl menghidpkan kembali Zagreus melalui Semele.

edo17
09-11-2011, 01:15 AM
^mantabh komplit ceritanya, bnyk bner yg diperkosa :hahai:

oya sedikit masukan, mungkin buat ts saat edit post #1 di reason edit bs ditulis update apa aj, biar tau ada apa yg baru di index :)

sekedar saran aj sih :hmm:

phunixid
09-11-2011, 07:06 AM
gomen
bukannya anak Zeus + Persephone matinya dibunuh para Giant
lalu potongan-potongan tubuhnya dicampur Zeus ke anggur dan diminumkan ke Semele
sehingga anak itu terlahir kembali melalui Semele

anak yang unik
sewaktu terlahir, tubuhnya bersinar
dan dia langsung berlari ke takhta Zeus dan menjadikan petir Zeus sebagai mainan
tapi sayang waktu itu ada serangan para Giant ke Olympus dan kebetulan para dewa lagi keluar
jadinya para raksasa hanya menemukan bayi itu dan memutilasi tubuhnya menjadi potongan2 kecil

sayangnya karena myth yang ini ditambahkan kemudian ke dalam myth sebelumnya
karena myth Orfik muncul lumayan lama setelah myth lainnya muncul terlebih dahulu
sehingga konsep dewa tidak bisa mati di myth sebelumnya di-overwrite oleh myth Orfik

Sagasano
09-11-2011, 07:16 AM
^mantabh komplit ceritanya, bnyk bner yg diperkosa :hahai:

oya sedikit masukan, mungkin buat ts saat edit post #1 di reason edit bs ditulis update apa aj, biar tau ada apa yg baru di index :)

sekedar saran aj sih :hmm:

kalo itu masih aga susah kk :swt: soalnya sendirian ngurusnya :dead:

pericles
09-11-2011, 10:26 AM
gomen
bukannya anak Zeus + Persephone matinya dibunuh para Giant
lalu potongan-potongan tubuhnya dicampur Zeus ke anggur dan diminumkan ke Semele
sehingga anak itu terlahir kembali melalui Semele

anak yang unik
sewaktu terlahir, tubuhnya bersinar
dan dia langsung berlari ke takhta Zeus dan menjadikan petir Zeus sebagai mainan
tapi sayang waktu itu ada serangan para Giant ke Olympus dan kebetulan para dewa lagi keluar
jadinya para raksasa hanya menemukan bayi itu dan memutilasi tubuhnya menjadi potongan2 kecil

sayangnya karena myth yang ini ditambahkan kemudian ke dalam myth sebelumnya
karena myth Orfik muncul lumayan lama setelah myth lainnya muncul terlebih dahulu
sehingga konsep dewa tidak bisa mati di myth sebelumnya di-overwrite oleh myth Orfik

yang lengkapnya memang begitu, yang gue tulis kan ringkasannya. :hahai:
eh, versi yang gue dapat zagreus dibunuh oleh para Titan atas perintah Hera, karena Hera merasa iri akibat Zeus mau menjadikan Zagreus sebagai penerusnya.
:cerutu:

mitos Orphik memang unik, kalau ngga salah ada semacam kelompok rahasia gitu yang mempraktekan ritual rahasia berkaitan dengan mitos ini.



kalo itu masih aga susah kk :swt: soalnya sendirian ngurusnya :dead:
Walaupun sendirian, ts harus bener ngurusnya. :bogem:

phunixid
09-11-2011, 10:36 AM
yang lengkapnya memang begitu, yang gue tulis kan ringkasannya. :hahai:
eh, versi yang gue dapat zagreus dibunuh oleh para Titan atas perintah Hera, karena Hera merasa iri akibat Zeus mau menjadikan Zagreus sebagai penerusnya.
:cerutu:

mitos Orphik memang unik, kalau ngga salah ada semacam kelompok rahasia gitu yang mempraktekan ritual rahasia berkaitan dengan mitos ini.



Walaupun sendirian, ts harus bener ngurusnya. :bogem:

bukannya Titan dipenjara di Tartarus
kayaknya seharusnya Giant deh di situ

kurang lengkap emoticonnya
:bogem::mentah:
atau
:motor::mental:

pericles
09-11-2011, 10:46 AM
bukannya Titan dipenjara di Tartarus
kayaknya seharusnya Giant deh di situ

kurang lengkap emoticonnya
:bogem::mentah:
atau
:motor::mental:

perang melawan Titan adanya dalam Theogonia (Theogony) buatan Hesiodos (Hesiod), kalau dalam mitos Orphik beda lagi. :haha:

nih sumbernya :cambuk:

ZAGREUS was the "first-born Dionysos," a god of the Orphic Mysteries. He was a son of Zeus and Persephone, who the god seduced in the guise of a serpent. After he was Zeus set him upon the throne of heaven armed with lightning bolts. The Titanes, inspired by the jealous goddess Hera, sneaked into Olympos, tricked the godling into setting aside the lightning bolts with the temptation of toys, then seized and dismembered him with knives. Zeus recovered the child's heart and making it into a potion, fed it to his love Semele. From the drink she conceived the younger Dionysos, as a reincarnation of the first.

http://www.theoi.com/Georgikos/Zagreus.html

edo17
09-11-2011, 11:54 AM
Arion
"Immortal horse of Adrastus of Argos"

http://writersblocknz.weebly.com/uploads/4/3/4/1/4341435/532280472.jpg?316

Arion adalah kuda abadi keturunan dewa, anak dari Poseidon dan Demeter. Poseidon bernafsu dan mengejar saudarinya, Demeter, tidak lama setelah penculikan Persefone. Demeter mencoba bersembunyi dari saudaranya dengan cara berubah menjadi kuda betina dan bersembunyi di antara kuda-kuda lain di Arkadia. Namun Poseidon berhasil menemukannya. Poseidon berubah menjadi kuda jantan lalu memperkosa Demeter sampai Demeter melahirkan seekor kuda jantan bernama Arion dan seorang putri bernama Despoina.

Arion kemudian dipelihara oleh Onkios di Arkadia. Arion sangat lincah dan cepat dibandingkan kuda-kuda lainnya, Arion juga bisa berbicara bahasa manusia. Herakles mengambil Arion dan memberikannya pada Adrastos, raja Argos.

Dalam perang Tujuh Melawan Thebes, Arion ikut berperan dalam menyelamarkan nyawa Adrastos. Arion menjauhkan Adrastos dari medan pertempuran dan membawanya ke Athena.

edo17
09-11-2011, 12:17 PM
Gorgon

http://1.bp.blogspot.com/_alq1SPQAiII/TMLug841VNI/AAAAAAAAADQ/QJFuR0IHEx4/s320/gorgon.jpg

Gorgon adalah tiga makhluk perempuan yang berambut ular dan bersayap. Pandangan mata mereka mampu mengubah makhluk apapun menjadi batu. Ketiga Gorgon itu adalah Stheno, Euriale, dan Medusa. Stheno dan Euriale abadi sedangkan Medusa tidak. Para Gorgon tinggal Sarpedon, sebuah pulau berbatu. Stheno adalah Gorgon yang paling buas dan ganas sementara Euriale memiliki tangisan yang menakutkan. Karena dipercaya memiliki pandangan mata yang ajaib, patung Gorgon sering dipasang pada benda atau bangunan untuk perlindungan.

Untuk lebih jelasnya masing-masing Gorgon, klik ini (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=189617&p=12233815&viewfull=1#post12233815) untuk Medusa, ini (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=189617&p=12848354&viewfull=1#post12848354) untuk Stheno, dan ini (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=189617&p=12848218&viewfull=1#post12848218) untuk Euryle.

edo17
09-11-2011, 12:30 PM
Euryale

http://i946.photobucket.com/albums/ad304/lazuardiedo/Euryale.jpg

Euryale, dalam mitologi Yunani, adalah salah satu Gorgon. Dia digambarkan sebagai makhluk bersayap, memiliki tangan dari kuningan, gigi yang tajam dan rambut ular. Dia mampu membuat makhluk apapun menjadi batu dengan pandangan matanya. Dia dan saudarinya, Stheno, adalah Gorgon yang abadi sedangkan Medusa tidak.

Euryale adalah anak dari Forkis dan Keto. Euryale memiliki tangisan yang menakutkan misalnya ketika dia menangisi kematian Medusa di tangan Perseus.

edo17
09-11-2011, 12:36 PM
Stheno

http://29.media.tumblr.com/tumblr_lo1lg697kp1qe6yeho1_500.jpg

Stheno, adalah yang tertua di antara tiga Gorgon. Stheno adalah makhluk dengan kuku dari kuningan, bertaring, dan berambut ular berbisa. Dia dan Euriale adalah Gorgon yang abadi sedangkan Medusa tidak. Stheno adalah anak dari Forkis dan Keto dan dilahirkan di gua di Gunung Olimpus. Stheno adalah Gorgon yang paling buas dan ganas di antara saudari-saudarinya, diceritakan dia paling banyak membunuh para pria dibanding dengan jumlah dua saudarinya bersama-sama.

pericles
19-05-2012, 12:20 PM
GRAIAI

http://ih0.redbubble.net/image.4565786.8593/flat,550x550,075,f.jpg
Para Graiai adalah tiga orang perempuan tua yang saling berbagi satu mata dan satu gigi. Mereka merupakan anak dari dewa laut Forkis dan Keto. Mereka memiliki rambut abu-abu dan memiliki usia yang sangat panjang. Ketiga Graiai adalah Denio, Enyo, dan Pemfredo. Mereka tinggal di sebuah gua di Libya.

Para Graiai pernah didatangi oleh Perseus yang ingin mengetahui tempat memperoleh senjata untuk membunuh Medusa, dan juga lokasi sarang Medusa. Perseus mengambil mata para Graiai supaya para Graiai mau memberitahunya. Setelah mendapat jawaban dari para Graiai, Perseus mengembalikan mata mereka.

pericles
20-05-2012, 12:14 PM
KER

http://images.wikia.com/marvel_dc/images/8/88/Keres_New_Earth_001.jpg
Ker adalah dewi kematian. Para Ker membawa kematian yang kejam, termasuk kematian dalam pertempuran, kecelakaan, pembunuhan atau penyakit. Para Ker berwujud sebagai makhluk gelap dengan cakar dan taring, serta haus darah. Para Ker adalah utusan dari para Moirai (dewi takdir), yang menentukan usia manusia, serta Moros, dewa kehancuran yang menggiring manusia menuju kematiannya.

Para Ker adalah makhluk yang haus darah dan secara kejam merobek jiwa dari tubuh yang sekarat lalu mengirimnya ke dunia bawah. Ribuan Ker berterbangan di atas area pertempuran, dan jika ada manusia yang mati, maka para Ker akan saling berebut seperti burung pemakan bangkai. Para Ker sebenarnya tidak berkuasa atas hidup dan mati manusia namun sifat haus darah mereka menjadikan para Ker berusaha membuat orang-orang mati. Zeus dan dewa-dewa lainnya bisa menghentikan atau mempercepat para Ker. Para dewa Olimpus sering berdiri di dekat pasukan yang mereka dukung untuk mencegah datangnya para Ker pada pasukan mereka. Para Ker juga menghantui daerah yang terkena wabah untuk mencari orang yang mati lalu mengambil jiwanya.

pericles
25-05-2012, 09:51 PM
LAMIA

http://3.bp.blogspot.com/-2rcQw1ymmGk/Tdzj2ZOGbmI/AAAAAAAAAGo/m-GZJtXopHw/s1600/Lamia.jpg
Lamia adalah putri dari Poseidon dan merupakan seorang ratu yang cantik di Libya. Zeus jatuh cinta padanya dan sering menidurinya. Hera marah dan menghukum lamia. Setiap Lamia melahirkan, maka Hera akan langsung membunuh bayi itu. Akibat bayi-bayinya terus-menerus mati, Lamia lama-lama menjadi gila. Lamia menjadi iri pada perempuan yang memiliki anak. Pada malam hari, Lamia menangkap anak orang lain lalu memakannya.

Seiring waktu, Lamia pun menjadi monster secara keseluruhan. Dia memiliki kemampuan untuk mencopot matanya ketika hendak tidur. Lamia merupakan vampir versi Yunani yang senang berburu anak kecil. Para orang tua biasanya menakut-nakuti anak mereka dengan cerita Lamia supaya sang anak patuh.

pericles
26-05-2012, 11:32 PM
EMPUSA

http://www.quarara.com/blog/wp-content/uploads/2011/03/Empusa.jpg
Empusa adalah setan wanita. Empusa merupakan anak dan pengikut Hekate, dewi sihir. Setap Empusa memiliki satu kaki keledai dan kaki lainnya terbuat dari perunggu, sedangkan rambutnya adalah api. Empusa tinggal di dunia bawah.

Empusa biasanya menyamar sebagai perempuan cantik untuk memikat lelaki. Jika sudah ada lelaki yang masuk perangkapnya, maka Empusa akan menghisap darah lelaki itu sampai mati. Empusa juga meminum darah para pria yang sedang tidur. Empusa bisa diusir dengan kata-kata hinaan dan makian. Jika sudah dimaki, maka Empusa akan langsung kabur sambil mengeluarkan suara melengking.

pericles
27-05-2012, 08:17 AM
DOMBA EMAS

http://imagecache6.allposters.com/LRG/%5c29%5c2946%5cPXVRD00Z.jpg
Domba emas adalah anak dari Poseidon dan Theofane dari Trakia.

Karena kecantikan Theofane, banyak lelaki yang meminatinya, termasuk sang dewa laut Poseidon. Poseidon membawanya ke pulau Krumissa namun para peminatnya juga mengikutinya. Poseidon mencoba menyembuyikannya dengan mengubahnya menjadi domba betina dan mengubah para penduduk pulau menjadi domba. Tetapi para pelamar malah mulai memakan domba-domba di sana sampai akhirnya para dewa mengubah para pelamar itu menjadi serigala.

Poseidon lalu berubah menjadi domba jantan dan bersetubuh dengan Theofane sampai Theofane melahirkan seekor domba berbulu emas. Domba ini bisa terbang dan berbicara bahasa manusia.

Domba emas dikirim untuk menyelamatkan Friksos dan saudarinya Helle yang hendak dikorbankan. Friksos dan Helle melompat pada domba emas yang langsung membawa mereka terbang, sayangnya Helle terjatuh ke laut, yang kelak disebut Laut Helle. Sementara Friksos berhasil sampai di Kolkhis. Di sana Friksos dirawat oleh Aietes raja Kolkhis, Friksos bahkan dinikahkan dengan putri Aietes. Sebagai balasannya, Friksos memberikan bulu domba emas pada Aietes, yang menggantungnya di sebuah pohon. Kelak, Iason dan para Argonaut melakukan petualangan untuk mendapatkan bulu domba emas itu.

Domba emas ini juga ditempatkan di angkasa sebagai rasi bintang Aries.

cahrakal
27-05-2012, 09:16 PM
Stheno mirip naga siren yah gan
jangan jangan bisa lempar jaring terus bisa ke iket pula dah
eh kok jadi ngomongin dota -_-

:madesu:

pericles
28-05-2012, 08:02 PM
ELANG ZEUS

http://www.gutenberg.org/files/16452/16452-h/images/coverill.png
Zeus memiliki peliharaan berupa seekor elang emas raksasa.

Zeus menggunakan Elangnya untuk mencuri sandal Afrodit dan memberikannya pada Hermes. Ketika Afrodit meminta sandalnya dikembalikan, Hermes bersedia asalkan Afrodit mau tidur dengannya.

Di Dardania, Elang Zeus bertugas membawa pangeran Ganimede untuk dijadikan sebagai kekasih Zeus dan pembawa minum para dewa.

Elang Zeus juga ikut membantu Psikhe dalam melaksanakan tugas dari Afrodit. Elang Zeus mengambilkan air dari sungai Stix untuk Psikhe.

Biasanya, Zeus mengirimkan elangnya pada orang-orang yang taat kepadanya sebagai pertanda baik. Herakles bedoa pada Zeus supaya temannya, Telamon, menjadi ayah dari pahlawan besar. Zeus pun menjawab doanya dengan mengirimkan elangnya yang terbang di atas Herakles dan Telamon. Telamon pada akhirnya menjadi ayah dari sang pahlwan Aias, yang dinamai dari kata aietos (elang). Agamemnon juga pernah berdoa pada Zeus supaya pasukannya bisa mengalahkan Troya, dan Zeus memberikan pertanda dengan mengirimkan elangnya.

Elang ini kemudian oleh Zeus ditempatkan di angkasa sebagai rasi bintang Aquila.

ninjastarforcex
02-06-2012, 02:10 PM
nama2 nya familiar bgt gara2 nonton saint seiya :lol:

raelag
02-06-2012, 10:07 PM
Trit yg mnarik ni, kbtulan ane suka banget sama hal2 yg berbau dewa-dewi tiap peradaban....
btw TS ato sesepuh disini ad yg tw g knp dewa-dewi yunani g dipuja lg? Ane dr dulu cri2 g prnh ktmu sebab2 knp org2 brhnti nymbah mereka.....

pericles
03-06-2012, 04:18 PM
Trit yg mnarik ni, kbtulan ane suka banget sama hal2 yg berbau dewa-dewi tiap peradaban....
btw TS ato sesepuh disini ad yg tw g knp dewa-dewi yunani g dipuja lg? Ane dr dulu cri2 g prnh ktmu sebab2 knp org2 brhnti nymbah mereka.....

Karena penyebaran agama Kristen, dulu tokoh-tokoh Kristen awal sangat giat menyampaikan ajaran Kristen di Yunani, apalagi setelah Kekaisaran Romawi mengakui agama Kristen, makin berkurang jumlah para penyembah dewa-dewi. :rokok:

Sagasano
03-06-2012, 04:58 PM
indeks update :ninja:

analee
03-06-2012, 08:56 PM
yups tepat banget tuh alasan dewa/dewi ini uda gak dipuja lagi krn pengaruh kekaisaran romawi mengakui agama Kristen...secara yunani kan di bawah jajahan romawi pada saat itu, dan bnyak jg negara2 lain yg berhenti memuja dewa/dewi karena pengaruh romawi..

raelag
04-06-2012, 06:41 PM
Karena penyebaran agama Kristen, dulu tokoh-tokoh Kristen awal sangat giat menyampaikan ajaran Kristen di Yunani, apalagi setelah Kekaisaran Romawi mengakui agama Kristen, makin berkurang jumlah para penyembah dewa-dewi. :rokok:


yups tepat banget tuh alasan dewa/dewi ini uda gak dipuja lagi krn pengaruh kekaisaran romawi mengakui agama Kristen...secara yunani kan di bawah jajahan romawi pada saat itu, dan bnyak jg negara2 lain yg berhenti memuja dewa/dewi karena pengaruh romawi..

Bukanny romawi juga ada dewa mirip dewa yunani y? yg nama2 planet itu?

tpi klo karena penyebaran agama kristen itu make sense sih...
ane kira karena om zeus mati kayak di Wrath of the Titans wkwkwkwk

pericles
04-06-2012, 07:39 PM
Bukanny romawi juga ada dewa mirip dewa yunani y? yg nama2 planet itu?

tpi klo karena penyebaran agama kristen itu make sense sih...
ane kira karena om zeus mati kayak di Wrath of the Titans wkwkwkwk

Iya, awalnya memang Romawi menyembah dewa-dewi, tapi seiring penyebaran agama Kristen, orang-orang Romawi banyak yang berpindah ke agama Kristen, terutama setelah kaisar Konstantinus masuk Kristen, ditambah lagi setelah kaisar Theodosius menjadikan Kristen sebagai agama resmi Romawi. :unyil:

isaiyee
04-06-2012, 08:29 PM
Coba agan Maenin Game god of war series 1 2 3,,
Di sono Kita di suruh Bunuh Para Dewa,,


nama2 nya familiar bgt gara2 nonton saint seiya :lol:

malah cerita game :haha:
Hercules masuk mana ? romawi apa yunani ?

Sagasano
04-06-2012, 08:32 PM
btw jangan pada oot ke anime ya :ngacir:

felnir
05-06-2012, 06:09 AM
kalo dipikir pikir, dewa2 yunani tuh pada mesum. istri banyak anaknya juga banyak -____-

Sagasano
06-06-2012, 10:59 AM
kalo dipikir pikir, dewa2 yunani tuh pada mesum. istri banyak anaknya juga banyak -____-

zeus yg imba...
istrinya ada yg dewa.. ada yg manusia...

phunixid
28-06-2012, 06:06 PM
zeus yg imba...
istrinya ada yg dewa.. ada yg manusia...

kalau faktor imba nya karena itu
masih ada juga Poseidon, Hades, Helios, dll

edocharged
16-07-2012, 01:00 PM
Dewi Hera

http://i1050.photobucket.com/albums/s420/edocharged/dewiHera.jpg
Hera adalah dewi pernikahan karena sifatnya yang sangat mengerti kepedihan akibat ketidaksetiaan, sehingga menjadi pelindung setia bagi para wanita yang sudah menikah.
Ia digambarkan sebagai dewi yang penuh keagungan dan penuh hikmat

:onegai::onegai:

Sagasano
16-07-2012, 02:57 PM
:onegai::onegai:

update :haha:
terus setor bro biar kayak kamus nih trit :haha:

edocharged
16-07-2012, 04:18 PM
Dewi Afrodite

http://i1050.photobucket.com/albums/s420/edocharged/1DewiAfrodit.jpg

Afrodit adalah dewi cinta, kecantikan, dan seksualitas dalam mitologi Yunani.


:semangat::semangat:

Sagasano
16-07-2012, 04:19 PM
Roger that, tapi gue yang bagian dewi² aja ya bos :mesum:

mas bro... mendingan di bikin satu nama 1 post... biar enak indeksnya :haha:

edocharged
16-07-2012, 04:54 PM
Dewi Athena

http://i1050.photobucket.com/albums/s420/edocharged/2DewiAthena.jpg

Athena atau Athene dalam mitologi Yunani adalah dewi kebijaksanaan, strategi, dan perang. Athena juga dikenal sebagai dewi yang menolong para pahlawan. Athena adalah seorang dewi yang terlahir sebagai perempuan dewasa dan tak pernah digambarkan sebagai anak kecil. Athena tidak memiliki suami atau kekasih sehingga disebut sebagai parthenos ("perawan")


:hero::hero::hero:

edocharged
16-07-2012, 04:55 PM
Dewi Demeter

http://i1050.photobucket.com/albums/s420/edocharged/3DewiDemeter.jpg

Dalam mitologi Yunani,merupakan dewi pertanian dan kesuburan. Demeter mengendalikan panen, kesuburan tanah, musim (dilambangkan dengan Horai), dan gandum


:fufufu::fufufu::fufufu:

edocharged
16-07-2012, 04:58 PM
Medusa

http://i1050.photobucket.com/albums/s420/edocharged/6DewiMedusa.jpg

sebenar nya Medusa,terlahir sebagai wanita yang sangat cantik dan tidak seperti kedua saudari Gorgon, tetapi Medusa diperkosa oleh Poseidon di kuil Athena,kemudian Athena Marah karena medusa telah menodai dan Athena pun mengubah Medusa menjadi seperti kedua saudarinya. Rambut Medusa berubah menjadi ular dan pandangan matanya akan mengubah siapapun yang melihatnya menjadi batu.

http://i1050.photobucket.com/albums/s420/edocharged/boahancokdansaudara2.jpg
di misalkan aja gorgon itu seperti Boa Hancock bersama 2 saudara nya, yang sebelah kiri (Sandersonia)itu seperti Stheno dan yang sebelah kanan (Marigold) seperti Euriale dan Medusa itu seperti Boa Hancock




:ogcambuk::ogcambuk:

edocharged
16-07-2012, 04:59 PM
Dewi Muse

http://i1050.photobucket.com/albums/s420/edocharged/5DewiMuse.jpg

Muse adalah nama sembilan dewi yang tugasnya menghasilkan lagu dan tarian, dan foto di atas adalah satu satu nya, Dewi Erato

:listen::listen::listen:

irrationalhuman
17-07-2012, 04:14 PM
kalo adonis itu nama dewa mana ya, kok katanya ada hubungannya sama aprodhite

phunixid
17-07-2012, 04:58 PM
:ogcambuk::ogcambuk:

tolong di-edit
Medusa sama sekali bukan dewi

Sagasano
17-07-2012, 05:09 PM
:ogcambuk::ogcambuk:

medusa itu gorgon :haha:

creature dia :haha:

edocharged
17-07-2012, 10:51 PM
tolong di-edit
Medusa sama sekali bukan dewi

udah gan, thanks buat perhatian nya :genit:


medusa itu gorgon :haha:

creature dia :haha:

waah maap masbro, udah di edit lagi :ogmatabelo:

xxx92
18-07-2012, 12:14 AM
legenda yg melegenda nih para dewa2 yunani
sampai saat ini kyaknya blum ada film yg mirip bener sm sejarah asli legenda nya ya

fkrjmrprtma
29-07-2012, 03:20 PM
Gan mau nanya dong, kalau untuk masyarakat yunani mereka memeluk agama apa ya ?? Kok dewa nya banyak begitu ??

phunixid
13-08-2012, 08:18 PM
Gan mau nanya dong, kalau untuk masyarakat yunani mereka memeluk agama apa ya ?? Kok dewa nya banyak begitu ??

agama Yunani Kuno
jangan men-judge suatu religion dari religion lain
ya sudah pasti gk bakal nyambung, karena sudut pandangnya saja sudah beda


zeus lawan thor menang mana yah?

tergantung
kamu penggemar myth mana
kamu penggemar myth Yunani atau myth Viking

Atlanesia
15-08-2012, 09:14 AM
Jadi inget sama game AGge of Mythology deh ... :nikmat:

pericles
15-08-2012, 10:59 AM
LAILAPS

http://farm3.staticflickr.com/2351/2181918386_31019a2631.jpg
Lailaps adalah anjing ajaib yang ditakdirkan untuk tak pernah gagal menangkap buruannya. Lailaps diberikan oleh Zeus pada Europa di Kreta, lalu melalui raja Minos anjing ini diberikan pada Kefalos dan Prokris di kota Athena.

Suatu ketika kota Thebes diteror oleh serangan Rubah Teumessia, dan Amfitrion ditugaskan utnuk menghentikan rubah itu. Amfitrion kemudian meminjam Lailaps dari Kefalos dan menyuruh Lailaps untuk menangkap rubah itu. Namun Rubah Teumessia adalah hewan yang ditakdirkan untuk tak pernah bisa ditangkap. Sehingga terjadilah suatu paradoks ketika seekor anjing yang tak pernah gagal menangkap targetnya harus memburu seekor rubah yang tak pernah bisa ditangkap. Menghadapi dilema ini, Zeus akhirnya mengubah kedua hewan itu menjadi batu, dan mencitrakan Lailaps di angkasa sebagai rasi bintang Canis Mayor.

http://lelaps.freehep.org/laelaps.jpg

bluecookies
29-01-2013, 01:57 AM
poseidon itu keren banget sesuai kali ya sama karakter gw yang demen air :hehe:

sergantz
05-02-2013, 10:43 PM
Dari 12 Dewa Dewi Olympian, favorit gw Hades...
tapi sayang cerita Hades nya dikit banget..... apalagi love story nya sama istri tercinta, Persephone yang merupakan mitologi tertua bangsa Yunani
Jadi ditambahin dikit ya, buat Hades lover termasuk gw

Hades, Lord of Underworld and Wealth


http://www.cauldronnetwork.com/graphics/gods/hades.jpg
(di patung dan gambar2 sering digambarkan seperti orang tua, sebenarnya para dewa dewi yang imortal tidak bisa mati dan tidak akan pernah tua karena berhenti tumbuh setelah melewati usia remaja)

- anak tertua dari Titan --> Kronos dan Rhea
- sering diilustrasikan sebagai devil yang jahat dan jelek, padahal ada mitos yang bilang Hades = Zeus Underworld dari kekuatannya, tampangnya juga ga kalah ganteng (versi rambut hitamnya Zeus yang blonde)
- introvert, pemurung : ga bisa disalahin juga karena tinggal di dunia yang ga ada manusianya sama sekali jadi ga pernah yang namanya komunikasi sama manusia, ga punya temen bahkan sodaranya sendiri ga ada yang pernah dateng ke underworld (cuma hermes n zeus yang pernah ke underworld)
- bijak karena dia menentukan roh mana yang masuk ke neraka atau surga
- Disebut Pluton/Pluto sama bangsa romawi karna dia Dewa paling kaya
- meskipun ga tinggal di gunung olympus/langit, Hades termasuk 12 Dewa Dewi Olympian, bahkan termasuk 3 Dewa utama. Hades ga bisa tinggal di Olympus karna udah makan makanan yang ada di Underworld dan takdirnya, siapa yang udah makan makanan di underworld ga bisa lama2 tinggal di luar underworld
- diantara dewa dewi yunani, Hades yang paling setia sama istri n ga punya selingkuhan
- cinta mati sama Persephone (istrinya, anak Demeter+Zeus)
- underworld sering diidentikkan dgn neraka padahal underworld itu adalah alam setelah kematian. neraka = tartarus yaitu bagian kecil dan terdalam dari underworld

Persephone, Goddess of Spring, Queen of Underworld


http://alzinwonderland.files.wordpress.com/2012/03/persephone.jpg?w=354&h=500

- istri satu2nya Hades
- anak Demeter n Zeus, yang artinya keponakan Hades sendiri, ewww... lagi2 incest
- sering disebut dewi 4 musim, Goddess of Spring
- dari kecil sering menghabiskan waktu di bumi bukan di langit seperti dewa dewi lainnya bersama ibunya Demeter untuk menanam berbagai tanaman
- Nama awal yang diberikan adalah Kore (perawan) karena si ibu : Demeter ingin anaknya tetep virgin seperti Athena.
- Persephone adalah nama yg diberikan Hades saat menikah dengan Kore
- sifat : ceria, polos, kontras dengan Hades
- ada mitos yang mengatakan Persephone adalah dewi tercantik ke-2 setelah Aphrodite
- cinta mati sama Hades
- Namanya sering terlupakan karena selalu berada di bawah bayang2 sang ibu, Demeter, dewi kesuburan

Love story Hades and Persephone
Sebelum ada cerita Romeo and Juliet, di Yunani sudah ada love story yang nggak kalah romantisnya, yaitu love story Hades dan Persephone. Love story Hades dan Persephone ada 2 versi yaitu versi Yunani dan versi Romawi (adaptasi versi Yunani) :

Versi cerita ini yang paling tersebar dan terkenal sampai sekarang dan "agak" menyimpang dari cerita aslinya yang versi Yunani

Ceritanya :
Awal pertemuan Hades dan Persephone adalah saat Hades sedang keluar dari Underworld untuk jalan2 di Bumi, tiba-tiba melihat Persephone lagi memetik bunga atas suruhan Demeter dan seketika love at first sight nggak bisa dihindari. Hades kemudian menculik Persephone dan dibawa ke Underworld untuk dijadikan istri. Persephone dipaksa/ditipu untuk memakan 6 biji buah pomegranate (delima) supaya Persephone nggak bisa keluar dari Underworld. Akhirnya dengan terpaksa Persephone menikah dengan Hades.
Beberapa cerita mengatakan sebelum menikah, terlebih dahulu Hades memperkosa Persephone.

Demeter yang sedih anaknya hilang langsung menghentikan seluruh kehidupan di bumi : nggak ada satupun tumbuhan yang hidup, banyak manusia dan hewan yang mati, nggak boleh ada satupun manusia dan hewan yang lahir. Kemudian Demeter meminta Zeus untuk mengambil Persephone dari Hades.
Namun karena Persephone udah makan 6 biji buah delima maka dia harus membagi waktunya untuk tinggal dengan ibunya 6 bulan kemudian 6 bulan dengan suaminya. Ada versi lain yang mengatakan Persephone memakan 4 biji buah delima sehingga Persephone harus tinggal 4 bulan dengan ibunya Demeter di bumi, 4 bulan dengan suaminya Hades di Underworld, dan 4 bulan dengan ayahnya, Zeus di Gunung Olympus

--> trivia : Hades udah dapet restu dari Zeus untuk menikahi Persephone, cuma Zeus nggak ngasi tau Demeter karena Demeter adalah salah satu Dewi terkuat selain Athena, dan kalau marah bukan hanya kehidupan di bumi yang terganggu, namun juga kehidupan di langit tempat tinggal Dewa Dewi. Selain itu karena Demeter tidak akan setuju anaknya menikah dengan siapapun termasuk Hades, maka Zeus mengusulkan untuk menculik Persephone.


Versi ini adalah versi aslinya. Dan juga ini versi cerita yang gw suka (maklum, cewek sukanya yang happy ending)

Ceritanya :
Setelah mengalahkan para Titan, Zeus membagi dunia menjadi 3 daerah kekuasaan dan 3 Dewa utama : Zeus, Poseidon, Hades saling berebut untuk menguasai langit.
Akhirnya sang ibu : Rhea meminta dewi takdir untuk mengundi. Sambil bersumpah dengan minum air dari sungai Styx dimana yang meminumnya harus taat dengan sumpah yang diucapkan, ke3 Dewa + 3 Dewi yaitu Demeter, Hera, Hestia mendapatkan takdirnya masing2.
Undian pertama diambil Zeus --> menguasai langit, undian ke-2 diambil Poseidon --> menguasai lautan, undian ke-3 (ada 2 undian) diambil Hades --> menguasai underworld + bakal menikah sama anak perempuan Zeus dan Demeter. Akhirnya Demeter wanti2 sama anaknya supaya nggak bisa nikah sama Hades.

Awal pertemuannya sama seperti cerita Romawi, adalah saat Hades sedang keluar dari Underworld dan tiba-tiba melihat Persephone lagi memetik bunga atas suruhan Demeter. Bedanya adalah di cerita asli ini, mereka sama2 love at first sight. Apalagi Persephone sedang galau gara2 ibunya Demeter overprotective dan menolak semua Dewa yang mau melamar Persephone karena Demeter ingin Persephone tetap perawan.
Bedanya lagi, di cerita versi ini, ga ada yang namanya penculikan dan pemaksaan. Persephone sendiri yang minta Hades untuk mengijinkan dia tinggal di Underworld dan bahagia dengan "jabatan baru" nya sebagai istri Hades dan Ratu Underworld (bukan Ratu kematian).

Cerita penculikan dan pemerkosaan Persephone datang dari pemikiran Demeter yang sangat protektif dimana menurut persepsinya, Persephone sedang menderita dan terus meminta pertolongan, padahal kenyataannya, Persephone sangat bahagia bisa tinggal sama suami tercintanya dan juga bisa terlepas dari ibu yang sangat protektif sehingga bisa jadi dirinya sendiri.

Demeter juga diceritakan sedih karena anaknya hilang dan langsung menghentikan seluruh kehidupan di bumi. Dengan mengutus Hermes, Zeus menyuruh Hades n Persephone untuk datang ke Olympus. Karena persephone harus kembali tinggal dengan Demeter, dengan sengaja persephone memakan 4 atau 6 biji buah delima supaya bisa kembali lagi tinggal di underworld. Akhirnya setelah berunding, Persephone harus tinggal dengan ibunya selama 6 bulan dan 6 bulan dengan suaminya.

Demeter kemudian bersumpah akan kembali menghidupkan segala yang ada di bumi saat Persephone sedang tinggal bersamanya namun saat Persephone tinggal dengan Hades di Underworld, Demeter akan kembali memusnahkan kehidupan di bumi. Lama kelamaan, melihat mesranya Hades dan Persephone maka perlahan Demeter merestui hubungan mereka, namun sumpahnya tidak bisa dicabut sehingga di bumi ada 4 musim yaitu musim panas dan semi, saat Persephone (Goddess of Spring) sedang bersama Demeter, dan musim gugur serta musim dingin, saat Persephone sedang tinggal dengan Hades.

Anak Hades dan Persephone

sebagian mitos mengatakan tidak ada anak dalam pernikahan Hades dan Persephone karena status Hades sebagai Penguasa Underworld (dunia kematian)
sebagian cerita mengatakan mereka memiliki beberapa anak :
1) Zagreus --> ada cerita yang mengatakan Zagreus adalah putra Zeus dan Persephone (Zeus menyamar menjadi Hades), beberapa cerita mengatakan Zagreus adalah anak Hades dan Persephone. Namun karena Hades sering disebut sebagai "Zeus Underworld" maka dikatakan Zagreus adalah anak Zeus.
2) Anak kedua adalah Macaria the goddess of blessed death.
3) Anak ketiga adalah Melinoe the goddess of ghosts.
4) 3 Erinyes the goddesses of revenge. Namun beberapa sumber mengatakan mereka adalah anak Nyx, anak Gaia dan Uranus, atau anak Dewa Poine.
5) Terakhir adalah Plutus the god of the earth's wealth.


http://fc06.deviantart.net/fs70/i/2013/012/9/c/hades_happy_family__chibi__by_arbetta-d5r9iup.jpg
Foto beberapa anak Hades dan Persephone yaitu Macaria (baju putih) yang sifatnya periang seperti Persephone dan Melinoe (baju hitam) yang sifatnya pemurung seperti Hades

Foto Hades dan Persephone

http://th06.deviantart.net/fs42/PRE/f/2009/091/b/9/Roughwork2_by_sandara.jpg


Persephone pingsan saat dikejar oleh Hades (versi pertama)
http://th08.deviantart.net/fs71/PRE/f/2011/349/b/2/hades_and_persephone_2_by_sandara-d3hkrew.jpg


http://th08.deviantart.net/fs70/PRE/i/2011/017/b/c/hades_and_persephone_by_dulceta-d2eglsp.jpg


waktu pertama kali bertemu Hades, Persephone berumur 18 tahun (usia manusia)
http://th02.deviantart.net/fs71/PRE/i/2012/257/2/d/hades_and_persephone_by_pebbled-d5epu07.jpg


http://fc04.deviantart.net/fs23/f/2007/321/0/a/Deep_in_the_Underworld_by_dark_spider.jpg

Sources :
gambar : deviantart.com (Thanks to all of the brilliant artists who can interpret these stories perfectly.......almost)
cerita :
berbagai ensiklopedia dan buku The Wordsworth Classical Dictionary
http://www.answerbag.com/q_view/1745824
wikipedia, www.theoi.com

Vandestroyer
08-02-2013, 08:37 PM
Ane kalo liat poseidon jadi keinget slardar di DOTA :hehe:
Tapi tokoh yang ane paling demen di Mitologi Yunani tetep Hades :top: :top:

athrun83
25-06-2013, 10:22 AM
ane, izin subscribe dulu yah om ...

soal na bagus neh info na .... jarang2 nemu ane ...

lumayan buat nambah ilmu pengetahuan dan informasi buat ane ...

:top:

Sagasano
25-06-2013, 10:58 AM
oot dikit ah.. yg pernah liat mirai nikki opening 1
itu lagu nyebut nama dewa2 pake nama planet


Consentēs Diī Iūnō Iuppiter
Minerva Apollo Mars Ceres
Mercurius Diāna Bacchus
Volcānus Plūtō Vesta Venus

English:
Olympian Gods: Juno, Jupiter,
Minerva, Apollo, Mars, Ceres,
Mercury, Diana, Bacchus,
Vulcan, Pluto, Vesta, Venus.

artinya:
dewa Olimpic: Hera, Zeus,
Athena, Apollo, Ares, Demeter,
Hermes, Artemis, Bacchus
Hephaestus, Hades, Hestia, Aphrodite


:oblol: yg di sebut Hera duluan baru Zeus
yg ku bold ntar ku tulis infonya

Sagasano
25-06-2013, 11:06 AM
Bacchus (Dionysus) Dewa Anggur
Merangkap Dewa Keriangan


Wiki: Dionysus (Διόνυσος, Diónysos)

God of wine, parties and festivals, madness, chaos, drunkenness, drugs, and ecstasy. He was depicted in art as either an older bearded god or a pretty effeminate, long-haired youth. His attributes include the thyrsus (a pinecone-tipped staff), drinking cup, grape vine, and a crown of ivy. He is often in the company of his thiasos, a posse of attendants including satyrs, maenads, and his old tutor Silenus. The consort of Dionysus was Ariadne. Animals sacred to him include dolphins, serpents, tigers, and donkeys. A later addition to the Olympians, in some accounts he replaced Hestia. Bacchus was another name for him in Greek, and came into common usage among the Romans.

Bacchus, dewa anggur dan keriangan, adalah putra Jupiter dengan Semele putri Raja Cadmus dari Thebes. Meski memiliki ibu seorang manusia biasa, namun Bacchus menjadi dewa karena dia terlahir sampai dua kali. Kelahirannya yang pertama dari rahim ibunya, tentu saja. Namun kelahirannya yang kedua, yang membuatnya menjadi dewa, adalah dari paha Bapa Semesta Alam.

Juno yang mengetahui bahwa Jupiter menjalin cinta dengan Putri Semele dari Thebes menjadi murka Namun dia tak berdaya mencelakai Semele karena takut kepada Jupiter. Dia memutar otak mencari akal untuk mencelakai Semele tanpa perlu turun tangan sendiri. Akhirnya dia menemukan suatu siasat. Segere dia melayang turun dari Olympus menuju istana Thebes. Di sana dia mengubah dirinya menjadi Beroe, inang pengasuh Semele yang telah lanjut usia. Dia berkata kepada Semele bahwa dia meragukan kasih Jupiter kepada Semele, karena meskipun Jupiter telah menyatakan dirinya yang sesungguhnya pada Semele namun dia selalu datang pada Semele dalam wujud pria muda yang gagah dan tampan, bukan dalam wujud kedewaannya. Semele terpengaruh ucapannya tersebut.

Ketika Jupiter datang lagi padanya, Semele merajuk meragukan cinta Jupiter. Dia membujuk agar Jupiter mau menampakkan wujud kedewaannya. Jupiter menolak karena dia tahu bahwa tak ada manusia yang mampu melihat wujud kedewaannya, namun Semele terus bersikeras agar Jupiter menunjukkan wujud aslinya.

Akhirnya dalam murkanya Jupiter menampakkan wujud aslinya lengkap dengan senjata petir tergenggam di tangannya. Semele sempat melihat wujud asli kekasihnya sesaat sebelum dia menutup mata selamanya dan bayi yang ada dikandungannya lahir sebelum waktunya. Jupiter iba melihat putranya yang baru lahir harus kehilangan ibunya. Kemudian dia merobek pahanya sendiri dan memasukkan bayi kecil tersebut ke dalamnya. Ketika genap waktunya bayi tersebut terlahir kembali namun kali ini dari paha Bapa Semesta Alam. Jupiter menyerahkan perawatan putranya kepada peri-peri di lereng Gunung Nysea. Bacchus pun tumbuh menjadi seorang pemuda yang tampan dan gagah berani dalam asuhan para peri tersebut. Untuk membalas kasih mereka, Jupiter menempatkan para peri tersebut di angkasa menjadi rasi bintang Hyades.

Konon Bacchuslah yang menemukan bahwa buah anggur dapat diolah sarinya, dibuat menjadi minuman yang nikmat tiada tara. Sejak saat itu minuman anggur menjadi minuman di setiap pesta dan suasana gembira lainnya. Jadilah Bacchus dewa anggur dan keriangan. Namun Juno yang membencinya mengutuknya menjadi gila sehingga dia harus meninggalkan Olympus. Cybele, ibu Jupiter, yang merasa iba padanya kemudian menyembuhkannya. Setelah sembuh Cybele menyuruhnya mengembara ke seluruh penjuru dunia untuk mengajarkan cara menanam buah anggur dan membuat minuman dari sari buah tersebut pada umat manusia, agar dapat menyemarakkan pesta-pesta mereka. Maka diikuti oleh rombongannya yang terdiri dari para Maenad atau Bacchante, yaitu peri-peri yang riang gembira; para satyr, yaitu makhluk yang berwujud separuh pria separuh kambing; dan gurunya yang sudah tua Silenus, Bacchus mengembara ke seluruh penjuru dunia dengan menaiki seekor keledai yang dibebani bergentong-gentong anggur. Konon dalam pengembaraannya Bacchus sampai ke negeri-negeri di Timur Jauh yang berbeda budaya dengan bangsa Yunani Kuno, termasuk India, di mana dia dipuja sebagai Soma.

Dalam salah satu pengembaraannya Bacchus berjumpa dengan Raja Midas dari Phrygia, yang menyambutnya dengan tangan terbuka. Untuk membalas keramahannya Bacchus kemudian berjanji akan mengabulkan satu permohonan Midas, apapun yang dimintanya. Midas kemudian meminta kepada Bacchus agar apapun yang tersentuh oleh tangannya menjadi emas. Dia berpikir dengan memiliki banyak emas dia akan bahagia. Bacchus mengabulkan permohonan tersebut dengan hati sedih karena dia tahu hal tersebut adalah suatu kebodohan.

Memang kemudian Midas memiliki sentuhan emas di tangannya, namun hal tersebut tidak membuatnya bahagia. Makanan dan minuman yang disentuhnya berubah menjadi emas sehingga dia tak dapat menikmatinya. Bahkan ketika tanpa sengaja dia memeluk putrinya, gadis tersebut berubah menjadi patung emas. Midas kemudian menangis menyesali keserakahannya dan memohon pada dewata agar dia boleh terbebas dari sentuhan emasnya. Tiba-tiba Bacchus muncul di hadapannya dan menyuruhnya mencuci tangannya di Sungai Pactolus. Midas menuruti perintah Bacchus. Konon sejak saat itu sampai sekarang pasir di dasar Sungai Pactolus berubah menjadi emas. Setelah terbebas dari sentuhan emasnya Midas menjadi raja yang berbahagia bersama keluarganya.

Bacchus menikah dengan Arianna, putri Raja Minos dari Crete. Arianna bertemu Bacchus di Pulau Naxos, pulau suci Bacchus, setelah ditinggal oleh kekasihnya, Theseus, putra Raja Aegeus dari Athena, yang telah dibantunya membunuh Minotaur, makhluk setengah manusia setengah banteng yang dipelihara Minos. Arianna kemudian melarikan diri bersama Theseus yang meninggalkannya saat tidur atas perintah Minerva karena Arianna memang bukan jodohnya. Ketika Arianna sedang meratapi nasibnya muncullah Bacchus yang menghibur dan memintanya menjadi istrinya. Arianna bersedia, maka dia bergabung dengan rombongan yang riang gembira tersebut mengembara ke seluruh penjuru bumi.

Bacchus dilukiskan sebagai pria muda tampan mengenakan mahkota dari sulur-suluran anggur. Di tangannya tergenggam tongkat berujung kerucut pinus yang dililiti sulur-suluran tumbuhan ivy yang disebut thrysus. Sering juga dia dilukiskan sedang menunggangi keledainya sambil mengangkat piala yang berisi anggur di tangannya dikelilingi para Bachante dan satyr yang riang gembira sedang menari ria. Bacchus juga menjadi pelindung drama karena dalam tiap upacara sucinya selalu dipentaskan drama yang mengambil cerita dari petualangannya.

Salah satu cerita yang paling sering dipentaskan adalah cerita tentang Raja Icarius dari Attica yang mati dibunuh oleh para penggembala ternaknya sendiri ketika mereka mabuk oleh anggur yang disuguhkan oleh sang raja. Putri Erigone yang dengan bantuan anjingnya Marea menemukan mayat ayahnya dibuang di kebun kemudian menggantung diri dalam dukanya. Bacchus kemudian menghukum penduduk Attica dengan membuat seluruh gadis-gadisnya mengalami kegilaan sehingga mereka semua menggantung diri sebagaimana yang dilakukan Erigone. Pada saat drama tersebut dipentaskan sekelompok aktor yang tergabung dalam koor para satyr akan mengawali pertunjukan dengan nyanyian mereka sehingga kemudian pertunjukan tersebut dikenal sebagai tragi odi yang berarti 'nyanyian kambing' (para satyr berwujud setengah manusia setengah kambing) dan kemudian menjadi tragedi.Theatre pertama yang dibangun di Acropolis dipersembahkan bagi Bacchus.

Guyverd
29-06-2013, 01:04 AM
Nice info,bro.

Cupid termasuk gak ya?
:bingung:

tjuksay
03-07-2013, 09:59 AM
suka baca sejarah2 gini dulu pas kuliah, karena kurang kerjaan sama kebanyakan maen game jadi penasaran sama tokoh-tokohnya

kalo dijadikan film serial semodel sama GOT oke banget

Angel0fDarkness
03-07-2013, 11:45 AM
:lol: ga' nyangka cerita hades bda sama yang dipilem" yang selalu dibuat jjadi orang jahat :hahai:

abi110
04-07-2013, 02:56 PM
Hades sebenarnya mah gak jahat, cuma nasibnya aja gak bagus. dan jeleknya dia itu suka nyimpen dendam. ini yang membuatnya terkadang menjadi kejam dan terlihat jahat. gitu loch

dantedante
06-07-2013, 04:30 PM
sebenarnya catatan sejarah ttg itu ada gak yaaa?apa bukan karangan oarang aja

kaptenunta
12-10-2013, 10:20 AM
Tetep paporit ane mah Hades.. Soalnya setau ane, sehebat2nya zeus ato poseidon, kalo dah di underworld dah g bisa apa2. Dan emang salah kalo digambarin hades itu jahat, dia cm dewanya orang mati aja hha..

Yandi13
13-10-2013, 05:18 PM
kalo kratos emg bener2 masuk dalam mitologinya yunani juga ya ?
saya kira cuma di game GOW doang hehe

Sagasano
07-03-2014, 11:43 AM
:lol: ga' nyangka cerita hades bda sama yang dipilem" yang selalu dibuat jjadi orang jahat :hahai:

Hades itu dikatakan dewa yg setia... bininya hade cuma 1

phunixid
07-03-2014, 11:48 AM
Hades itu dikatakan dewa yg setia... bininya hade cuma 1

kata siapa hades gak punya selingkuhan :lalala:

Sagasano
07-03-2014, 11:57 AM
kata siapa hades gak punya selingkuhan :lalala:

baru baca setengah jalan :minta:

Zed_Leppelin
07-03-2014, 03:22 PM
Yg menarik dari cerita mitologi yunani ini emang incestnya....
:hehe:

Tapi emang salut sm yg bisa nyiptain karakter2 mitologi yunani ini smp bisa bertahan dan terus berkembang ampe sekarang.

Sagasano
07-03-2014, 03:27 PM
Yg menarik dari cerita mitologi yunani ini emang incestnya....
:hehe:

Tapi emang salut sm yg bisa nyiptain karakter2 mitologi yunani ini smp bisa bertahan dan terus berkembang ampe sekarang.

itu hebatnya orng yunani :hehe: cerita mereka.. sampe buat2 patung

Zed_Leppelin
07-03-2014, 03:47 PM
They create their own Gods, lengkap dengan jalan cerita kehidupan masing2. Aje gile....7 seri novel heri poter mah kalah detail itu. Huehuehuehue...

Eh...eros dah ada yg bahas blm?

Sagasano
07-03-2014, 03:50 PM
They create their own Gods, lengkap dengan jalan cerita kehidupan masing2. Aje gile....7 seri novel heri poter mah kalah detail itu. Huehuehuehue...

Eh...eros dah ada yg bahas blm?

kayaknya belum... males cek indeks aku :hehe:



:ninja:

Sagasano
10-03-2014, 09:48 AM
Artemis
http://www.theoi.com/image/img_artemis.jpg
Alkisah, tersebutlah sebuah pulau apung di bawah air bernama Delos. Di sanalah hari itu Leto-kekasih Zeus-melahirkan seorang putri cantik. Ia menamakannya Artemis.

Artemis merupakan dewi bulan, kemurnian, perburuan, pelindung kelahiran, dan binatang buas. Ia selalu membawa panah kesayangannya di punggungnya. Artemis memiliki saudara kembar yaitu Apollo (dewa matahari).
Dewi Artemis adalah dewi orang-orang Efesus yang kemudian disamakan dengan dewi Artemis orang Yunani dan Diana dari Romawi. Patungnya berupa sebuah tubuh yang berbuah dada banyak dan berkepala seorang wanita, dengan sebongkah batu besar sebagai ganti kaki. Kuil yang pertama dibangun sekitar abad keenam oleh pengrajin perak yaitu SM, Demetrius. tetapi belum selesai hingga tahun 400 SM.

Kuil dewi Artemis merupakan tempat yang mahabesar dan terkenal di Efesus. Kuil ini bukan hanya merupakan pusat pemujaan saja, tetapi karena tanah dan ruangan-ruangannya dianggap suci dan tidak boleh dicemari, ia juga merupakan tempat perlindungan bagi kaum yang tertindas dan tempat penyimpanan harta.

Suatu gambaran kasar dari kuil ini terlukis pada mata uang Efesus, disertai sebutan yang digunakan dalam Kisah Para Rasul bagi kota ini, NEOKOROS, atau kota yang memelihara kuil dewi Artemis (19:35). Berbeda dengan kebanyakan orang yang terjebak dalam rutinitas ibadahnya, penduduk Asia dan Efesus khususnya menunjukkan pengabdian yang nyaris fanatik terhadap dewi Artemis. Kegairahan mereka tercermin dalam perbuatan orang banyak di gedung kesenian, yang selama dua jam penuh meneriakkan ‘Besarlah Artemis dewi orang Efesus.

bayuparwata
10-03-2014, 10:44 AM
Nice info.. Bangsa.yunani emmg banak punya misteeri yg tak hbis2nya untuk di telaah... :tampan:

Sagasano
10-03-2014, 11:07 AM
Muse
http://1.bp.blogspot.com/-qSZPi5_zYGw/T4z7XWPNnII/AAAAAAAAAbM/ZkXUIS7oRto/s400/bas-relief-of-the-nine-muses.gif

Dalam mitologi Yunani, Musai atau Muse (bahasa Yunani: Μοῦσᾰ— Musa, jamak: Μοῦσαι - Musai) adalah kelompok dewi yang melambangkan seni. Mereka dianggap sebagai sumber ilmu pengetahuan dan inspirasi seni. Awalnya ada tiga orang Musai tetapi dalam perkembangan selanjutnya jumlahnya bertambah menjadi sembilan.

Musai merupakan anak dari Zeus dan Mnemosine. Musai lahir setelah Zeus tidur dengan Mnemosyne selama sembilan malam berturut-turut. Mereka adalah dewi musik, lagu, dan tarian. Musik mereka mampu memberi kebahagiaan bagi yang mendengarnya. Tiap Musai memiliki spesialisasi masing-masing.

http://3.bp.blogspot.com/-eiA7zlaOjU8/T4z6sXbDEzI/AAAAAAAAAak/QovxB5sx6AE/s400/apollo-and-the-muses-2.jpg
Putri-putri Zeus ini sering mendatangi Gunung Helikon dimana para penggembala sering mendengar nyanyian mereka yang berpadu dengan gemericik air dan kicauan burung. Tetapi mereka lebih sering berada di lereng Gunung Parnassos, dekat mata air Kastalia untuk bernyanyi dan menari dengan diiringi petikan lyra Apollo, sang dewa musik pemimpin kesembilan Muse.

http://1.bp.blogspot.com/-n25FRFTSLr4/T4z63tNcGOI/AAAAAAAAAa0/2t7IkpO97UM/s400/apollo_muses.jpg

Konon, saat dewi-dewi Muse ini lahir dan musik turun ke dunia, banyak orang terpesona sehingga mereka bernyanyi siang dan malam, tanpa berhenti dan tidak makan maupun minum. Mereka terus bernyanyi dan bernyanyi hingga menemui ajal. Tetapi setelah mati mereka tidak turun ke Hades melainkan menjelma menjadi jangkrik, binatang yang terus bernyanyi tanpa diusik oleh rasa lapar dan haus. Konon, bila jangkrik berbunyi sebenarnya binatang itu sedang bercakap-cakap dengan dewi-dewi Muse, membicarakan manusia yang mencintai seni, nyanyian dan tarian yang telah diajarkan para dewi Muse.

http://3.bp.blogspot.com/-vM-bEZbC5iY/T4z7XB5kzlI/AAAAAAAAAbA/jWL-OV8DiW4/s400/muses.jpg

Kesembilan dewi Muse itu ialah:

1. Kalliope, yang paling tertua dan dihormati dari Sembilan Muse lainnya. Ia adalah Muse puisi epik (kepahlawanan) yang diseru oleh Homeros di awal sajak Iliad dan Odyssea. Ia digambarkan sedang memegang lempengan batu dan pena di tangan kanan.

2. Kleio, Muse sejarah. Ia digambarkan sedang duduk memegang gulungan kertas yang terbuka atau buku yang setengah terbuka.

3. Euterpe, Muse puisi lirik, yang digambarkan memegang seruling kembar.

4. Melpomene, Muse tragedi. Ia membawa topeng orang yang bersedih atau sebilah pedang, dan kepalanya dihiasi mahkota daun anggur.

5. Terpsikhore, Muse paduan suara dan tarian yang membawa sebuah lyra.

6. Erato, Muse puisi cinta. Seperti Terpsikhore, ia digambarkan sedang memegang Cithara sejenis lyra.

7. Polymnia, Muse himne religi . Ia selalu tampil dengan muka serius, berdiri dalam posisi yang takzim atau sedang berpikir.

8. Ouranie, Muse astronomi, sering digambarkan sedang menunjuk bola dunia dengan sebilah batang kayu.

9. Thaleia, Muse komedi. Ia memakai topeng orang yang tersenyum, membawa tongkat penggembala dan mengenakan mahkota rangkaian tumbuhan sulur di atas kepalanya.


Prayudi~Greek mythology reteller
http://achilles79.multiply.com

wedangga12
06-04-2014, 11:50 AM
wih keren-keren infonya...
haha zeus punya anak banyak banget dah