PDA

View Full Version : Info Walhi: Tolak Reaktor Nuklir di Kalbar



dejivrur
30-11-2011, 06:08 PM
http://assets.kompas.com/data/photo/2010/10/06/1233356p.jpg

PONTIANAK, KOMPAS.com - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Barat meminta pemerintah menolak wacana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Kalimantan Barat.

Kendati menjadi sumber energi yang efisien, dampaknya sangat berbahaya bila terjadi kerusakan reaktor.

Kepala Divisi Riset dan Kampanye Walhi Kalbar Hendrikus Adam, Kamis (30/11/2011) mengatakan, sudah terlalu banyak dampak buruk yang terjadi saat reaktor-reaktor di beberapa negara rusak.

"Masih sangat segar dalam ingatan kita sekelas negara maju seperti Jepang yang penguasaan teknologinya sudah sangat tinggi masih kewalahan menangani kebocoran reaktor pascabencana yang melanda negara itu. Jadi, alibi bahwa nuklir pasti aman dengan penguasaan teknologi tinggi terbantahkan," kata Adam.

Terkait rencana Sarawak mulai membangun pembangkit listrik tenaga nuklir tahun 2014, Adam meminta Pemerintah Kalbar untuk bersiap-siap mengantisipasi dampak buruknya.

"Semestinya itu dilakukan, bukan justru melemparkan wacana agar dibangun juga pembangkit listrik di Kalbar karena Sarawak melakukannya," kata Adam mengomentari wacana yang dilemparkan oleh Sekretaris Daerah Kalbar M Zeet Hamdy Assovie.PONTIANAK, KOMPAS.com - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalimantan Barat meminta pemerintah menolak wacana pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Kalimantan Barat.

Kendati menjadi sumber energi yang efisien, dampaknya sangat berbahaya bila terjadi kerusakan reaktor.

Kepala Divisi Riset dan Kampanye Walhi Kalbar Hendrikus Adam, Kamis (30/11/2011) mengatakan, sudah terlalu banyak dampak buruk yang terjadi saat reaktor-reaktor di beberapa negara rusak.

"Masih sangat segar dalam ingatan kita sekelas negara maju seperti Jepang yang penguasaan teknologinya sudah sangat tinggi masih kewalahan menangani kebocoran reaktor pascabencana yang melanda negara itu. Jadi, alibi bahwa nuklir pasti aman dengan penguasaan teknologi tinggi terbantahkan," kata Adam.

Terkait rencana Sarawak mulai membangun pembangkit listrik tenaga nuklir tahun 2014, Adam meminta Pemerintah Kalbar untuk bersiap-siap mengantisipasi dampak buruknya.

"Semestinya itu dilakukan, bukan justru melemparkan wacana agar dibangun juga pembangkit listrik di Kalbar karena Sarawak melakukannya," kata Adam mengomentari wacana yang dilemparkan oleh Sekretaris Daerah Kalbar M Zeet Hamdy Assovie.

sumber (http://regional.kompas.com/read/2011/11/30/17530590/Walhi.Tolak.Reaktor.Nuklir.di.Kalbar)

aw aw aw aw
jangan cemarkan kalbar dan sungai kapuasku yang tercinta
kalau dah tercemar nanti kamek tadak punye rumah tuk balek agik
:hulk::hulk::hulk::hulk::hulk::hulk:

goblin89
09-12-2011, 09:01 PM
pemerinta daerah keknya semangat sekali mau buat PLTN
orang batam sampei udah 3 kali diundang ke kalbar
nulir rada serem juga looo
ntar kek fukusima lagi :sigh:

zz11
20-12-2011, 10:50 PM
^
di Pontianak biaya maintenance apa aja rendah gob...
Makanya seram tu kalo sampe dibuat yg macam gitu...
PLTD aja dulu sempat tadak beres2 apa agik PLTN... :sigh:

khairul169
21-12-2011, 10:45 AM
aihh :takut:
Nuklir ??? Suram ahh :suram:
nanti meledak lagi :yareyare:

goblin89
24-12-2011, 12:49 PM
^
di Pontianak biaya maintenance apa aja rendah gob...
Makanya seram tu kalo sampe dibuat yg macam gitu...
PLTD aja dulu sempat tadak beres2 apa agik PLTN... :sigh:

kayaknya mau buat PLTN itu semcam gengsi pribadi orang pemda lah
suram kalau sungai kapuas nantiny bakal kena cemar limbah radio aktif :dead:

Pixel_Group
26-04-2012, 07:01 PM
apelah jadinye kalau sempat di bangon tu PLTN :suram:

Juve1897
06-05-2012, 01:27 PM
Wah nuklir memang sangat dibutuhkan untuk mengatasi kekurangan sumber energi sekarang ini, tapi sangant berbahaya resikonya bagi lingkungan sekitar :iii:

Pertanyaannya apakah SDM kita sudah siap? :???:

komikb4
13-07-2012, 01:43 PM
kayaknya mau buat PLTN itu semcam gengsi pribadi orang pemda lah
suram kalau sungai kapuas nantiny bakal kena cemar limbah radio aktif :dead:

[kayakna memang adu gengsi antarnegara, kenapa g dikembangin Pembangkit Listrik yang lebih menggunakan potensi lokal macam sinar matahari dan arus sungai :keringat:
klo pun berbiaya mahal, akan tetap mahal selama tidak ada yang mengembangkannya :dead:]

carlos_roy_fajarta
14-07-2012, 06:53 AM
Wah nuklir memang sangat dibutuhkan untuk mengatasi kekurangan sumber energi sekarang ini, tapi sangant berbahaya resikonya bagi lingkungan sekitar :iii:

Pertanyaannya apakah SDM kita sudah siap? :???:

si bro tau sendiri gimana kualitas sdm di Indonesia :keringat:

yg di chenobyl dan fukusima yg canggih aja bisa bocor, apalagi di indonesia :dead:

mending jangan coba2 aja deh, kan masi bisa ambil sumber energi dari gas atau yg ramah lingkungan :unyil:

komikb4
14-07-2012, 08:05 AM
si bro tau sendiri gimana kualitas sdm di Indonesia :keringat:

yg di chenobyl dan fukusima yg canggih aja bisa bocor, apalagi di indonesia :dead:

mending jangan coba2 aja deh, kan masi bisa ambil sumber energi dari gas atau yg ramah lingkungan :unyil:


[dari dulu memang PLTN udah lama direncanakan oleh pemerintah, cuman selalau ditentang karena dianggap membahayakan masyarakat sekitar...
akhirnya dicarilah lahan yang jauh dari perkampungan manusia....
karena kebetulan serawak juga mau bikin PLTN, maka Indonesia spertinya g mau kalah dan mau pasang itu PLTN di Kalbar :dead:]

77fahrenheit
20-11-2012, 10:01 PM
Dilema...

Kalo menurut ane, sebenarnye ndak masalah, karena setidaknya reaktor yang ade di Indonesia belom pernah terjadi masalah, apalagi reaktor yang udah ada tujuannya untuk riset.
Dengan tujuan riset artinya banyak "coba-coba" dalam reaktor tersebut, dan setidaknya belum ada berita atau cerita tentang efek buruk reaktor tersebut.

Jadi, menurut ane, reaktor yang "coba-coba" aja aman, apalagi yang emang untuk listrik, ane pikir seh cukup aman...

Alternatif laen, menurut ane sangat sulit.
Arus sungai, sungai kapuas memiliki tingkat sedimentasi yang tinggi, artinya maintenance akan lebih sulit.
Gas, setau ane kalbar ngga punya stok gas alam, dan gas mulai banyak digunakan dalam rumah tangga dan mobil, artinya ini bukan alternatif.
Sinar Matahari, setau ane untuk buat mobil dengan energ matahari hampir keseluruhan bodi mobil dipasang solar cell, perlu solar cell sebesar apa untuk sebuah provinsi?

Sorry kalo beda pendapat....