PDA

View Full Version : Wajahnya Turun Akibat 20 Patahan di Tulang Tengkorak



smkosasih
30-11-2011, 07:00 PM
Mill Hill, London, Tengkorak wajah seorang instruktur kebugaran menjadi turun dan retak luar biasa setelah mengalami insiden di kebun rumahnya, yang membuat 20 tulang wajahnya patah. Beruntungnya, operasi radikal mampu menyatukan kembali ke-20 tulang wajah yang patah.


http://images.detik.com/content/2011/11/30/763/nancy-thesun-dlm.jpg

Nancy Sundelson (50 tahun) dari Mill Hill, London, mengalami 20 patah tulang di wajah yang membuat tengkoraknya mengalami keretakan luar biasa. Ia mengalami patah rahang, patah tulang hidung, soket mata rusak, dahi retak dan gigi rusak. Yang menakjubkan, ahli bedah berhasil menyatukan kembali potongan-potongan tulang dan membuatnya wajahnya kini utuh kembali.

"Setelah jatuh tahun lalu saya terlihat seperti monster. Wajah saya turun 5 sentimeter karena kerusakan tulang dan giginya menggantung. Saya tidak pernah berpikir akan terlihat normal kembali," jelas Nancy Sundelson, seperti dilansir Thesun, Rabu (30/11/2011).

Saat terjatuh Nancy memang merasakan shock, tapi ia tidak merasakan apa-apa ditubuhnya. Wajahnya berlumuran darah, tapi ia hanya menduga mengalami pendarahan hidung. Ia baru menyadari ada hal sangat serius ketika melihat wajahnya di cermin.

"Ketika saya meletakkan kacamata di hidung, saya menyadari hidungnya sudah tidak di posisi semula. Wajahku telah benar-benar turun. Kata-kata yang pertama keluar dari mulut saya yang meracau 'Ya Tuhan, apa yang telah terjadi padaku? Saya tampak seperti monster'. Dan jika bukan karena fakta saluran air mata saya rusak, air mata saya sudah mengalir deras di pipi," kenang Nancy.

Suaminya Rod (54 tahun), begitu terkejut melihatnya. Nancy langsung dilarikan ke rumah sakit, mendapatkan beberapa pemeriksaan sinar-X dan penjahitan luka.

Pada saat itu, saya baru merasakan sakit dan sangat jelas bahwa wajahku telah mengalami kecacatan parah. Nancy merasa tulangnya sudah benar-benar hancur, namun dokter memperbolehkannya pulang. Dua hari kemudian, ia masih tidak bisa menutup mulut dengan baik, sehingga kembali ke rumah sakit. Ia merasa ada yang sangat salah karena ia tidak bisa lagi merasakan sakit.

"Ketika saya mendaftar, petugas rumah sakit mengatakan kepada saya mereka tidak bisa melihat hasil sinar-X dengan benar. Saya dirujuk ke Chelsea and Westminster Hospital, dimana scan menunjukkan ada 20 patah tulang yang terjadi," kenangnya.


http://images.detik.com/albums/detikhealth/2009/07/content/nancy.jpg

Nancy memiliki dua pilihan. Ahli bedah mengatakan bisa menjalani operasi rutin, yang berarti rambut saya harus dicukup dan menarik kulit dari wajah untuk mendapatkan akses ke tulang yang patah. Pilihan kedua, ahli bedah bisa mencoba prosedur yang jarang dilakukan, di mana dokter akan mengoperasi melalui kelopak mata dan hidung. Namun dokter mengatakan ada risiko buta untuk pilihan kedua.

Ia hanya beristihat di tempat tidur selama seminggu, saat operasi radikal direncanakan. Para dokter harus bergantung pada serangkaian foto sebelum memastikan tindakan yang akan diambil.

Selama operasi 8 jam, tim dokter bedah yang dipimpin Dr Jonathan Collier, menyatukan kembali tulang-tulang yang patah dengan menggunakan pelat titanium yang dimasukkan melalui kelopak mata. Sayatan kecil dibuat di sudut-sudut mata dan kelopak mata, serta kulit ditarik ke belakang sehingga memungkinkan ruang untuk titanium.

Nancy tetap harus berada di rumah sakit selama 3 minggu pasca operasi. Saat sadar, seluruh kepalanya diperban dan tertutup es. Ia tidak bisa membuka mulut dan tidak bisa makan dengan biasa. Ia sangat malu bila ada keluarga atau rekannya berkunjung. Bahkan setelah diperbolehkan pulang, dia tidak mau keluar rumah selama 2 bulan. Wajahnya masih ungu dan semuanya masih tampak memar.

Ia menghindari cermin karena merasa wajahnya masih sangat mengerikan. Meski sangat ingin menangis, tapi saluran air matanya masih belum bisa berfungsi. Namun seiring waktu, bengkak di wajahnya mulai mereda. Ia harus menjalani operasi kecil pada bulan Juli lalu untuk menyelesaikan rekonstruksi di saluran air mata.

"Saya tidak pernah merasa lebih baik dan tidak bisa lebih bersyukur untuk dokter bedah saya, Dr Collier, yang melakukan pekerjaan yang fantastis. Sekarang saya terlihat sama dan saya merasa lebih muda," jelasnya.

Teman-temannya menganggap ia telah melakukan operasi plastik di wajah karena kulitnya tampak lebih hidup dan bekas luka begitu minimal dan nyaris tidak terlihat.

"Dr Collier menepati janji untuk memberikan wajahku kembali. Saya tidak akan pernah melupakan apa yang ia lakukan untukku," tutup Nancy.

http://www.detikhealth.com/read/2011/11/30/162212/1779386/763/wajahnya-turun-akibat-20-patahan-di-tulang-tengkorak
:shock1:

kacang500
30-11-2011, 07:22 PM
wedew.................
bisa kayak gitu y cuma karena jatuh................
ancur banget wajahnya............
ckckckckckck

tp hebat jg dokter itu............
bs dikembalikan dengan sangat baik...........

sketchbook
30-11-2011, 07:30 PM
sekali lagi, dunia medis sangat berjasa dalam menangulangi kejadian seperti ini...http://www.cute-factor.com/images/smilies/yoyocici/yociexpress01.gif

LelouchVI
30-11-2011, 11:00 PM
iihh...
serem tuh patah tulangnya..
:keringat:

syukur dah kita masih di beri wajah yang masih utuh
dan belum terkena hal sperti itu(jangan sampai tapi)
:sembah:

Drei
01-12-2011, 05:04 AM
kecanggihan dunia medis......
yg ana gk habis pikir, mereka bisa menyambung serpihan tulang yg kecil2
di bagian wajah lg.......

oraDonk
01-12-2011, 05:13 AM
wajah turun sampe 5 cm :shock1:
gak kebayang rasanya :shock1:

smkosasih
01-12-2011, 06:54 AM
kecanggihan dunia medis......
yg ana gk habis pikir, mereka bisa menyambung serpihan tulang yg kecil2
di bagian wajah lg.......
betul itu,..sangat yahud. :oghero:
gw juga punya temen yg pernah direkonstruksi wajahnya ma dokter dari prancis. Dia korban tsunami aceh.
waktu tsunami mukenya kemasukan kayu..:dead:

YongShen
01-12-2011, 08:13 AM
Buset...
Wajahnya turun 5cm gitu...
Anehnya pas jatuh dia tidak merasa sakit ya...
Sampai gak di sadari klo dia wajahnya turun 5cm....
Btw, dunia medis-nya emank :top:
Syukurlah wajahnya bisa normal kembali...

thombuk
01-12-2011, 08:37 AM
sesuatu banget yah. ==a

thombuk
01-12-2011, 08:41 AM
em, ada picnya gak gan?

riandipaser
01-12-2011, 12:46 PM
:top: buat dokternya bisa merekonstruksi ulang wajah si pasien
tapi ngeri juga klo jatuh jadi seperti itu.

galeriqbal
02-12-2011, 11:06 AM
wogh gila 20 patahan tulang, untung masih bisa bisa di benerin lagi..
semoga kedepanya ilmu medic di indonesia bisa menyaingi ilmu medic dari luar

schein00
14-12-2011, 07:06 PM
em, ada picnya gak gan?

..ada gitu lo di atas :facepalm:

Arquebusa
14-12-2011, 07:20 PM
ane gak bisa mbayangin, terlalu serem

deekyuwan
22-07-2012, 11:16 AM
waduhh, serem bener dah 20 patahan :keringat:

vct
27-07-2012, 11:59 AM
wuahh mengerikan

zergeant
27-07-2012, 12:23 PM
:takut: gan, sereemmmm :madesu:

zergeant
27-07-2012, 12:24 PM
ane gak bisa mbayangin, terlalu serem

jangan dibayangin gan, :iii:

therezarinaldi
27-07-2012, 12:26 PM
ga kebanyang turun sampe 5 cm ya :takut:

theyellowbanana
28-07-2012, 07:34 PM
anjer serem amat :takut: mukanya rusak gt :takut:

choukawaii
29-07-2012, 01:00 AM
Dokternya keren... sanggup merekonstruksi wajah dengan cukup sempurna... :top:

silenthunter
29-07-2012, 01:20 AM
jatuhnya pasti parah banget. sampe retak gitu

shimayuu
29-07-2012, 03:18 AM
tulang wajah rusak bisa turun gitu, untung teknologi medis sekarang udah maju :top:

reviansyah
30-07-2012, 01:11 PM
turun 5 cm? :shock1:

strhwg
30-07-2012, 01:58 PM
ciamik jurusnya dokter2 ye hahaha

jujuriki
30-07-2012, 10:23 PM
itu jatuh dari mana sampai rusaknya separah itu, tapi jago dokternya bisa nyatuin lagi, pasti sering main puzzle ini dokter, hehe : peace :D

Arezth
27-08-2012, 08:17 PM
Wess ngerinya.. jatuhnya gimana tuh ampe bgitu.. :iii:

spotless888
28-08-2012, 12:04 AM
wah bahaya juga kalau gitu

bersyukur punya muka seadanya :D

cyphers85
28-08-2012, 12:39 AM
astaga...mengerikan jg

seberapa parah itu jatuhnya bisa sampe gitu?

beruntung kejadiannya terjadi disaat dunia medical sudah sangat modern saat ini

kemajuan teknologi dan sains makes everything possible

tochita
28-08-2012, 07:50 AM
dokternya hebat bgt bisa ngebeneri muka cwek itu..
saluutee.

ephyon
28-08-2012, 08:40 AM
sakti bet dunia medis sekarang :top:, dah bisa rekonstruksi wajah yg tulang2nya hancur

itu nyambung tulangnya pale lem besi jangan2? :oghoho:

ReiLa01
28-08-2012, 08:54 AM
jaman skrmg emang udah cangih
segala yg mustabil isa terjadi..