PDA

View Full Version : Manusia Bunuh Orang Baik Demi Orang Banyak



vincentrevival
08-12-2011, 07:06 PM
VIVAnews - Peneliti akhirnya berhasil mengujicoba dilema etis yang terkenal dengan sebutan “trolley problem” dalam setting uji coba laboratorium yang sangat nyata. Filusuf sendiri telah memperdebatkan soal dilema ini selama beberapa dekade terakhir.

Umumnya, mereka menghadirkan sebuah situasi sebagai latihan mental. Sebuah kereta api akan menabrak 5 orang yang berjalan kaki di rel yang salah. Setelah itu, responden diminta untuk memilih apakah mereka akan memindahkan kereta ke jalur lain demi menyelamatkan 5 orang yang melanggar aturan tersebut.

Namun demikian, jika responden memindahkan kereta ke jalur lain, maka risikonya kereta akan menabrak satu orang yang berjalan kaki di tempat yang benar.

Baru-baru ini, peneliti melakukan uji coba untuk mengetahui respons manusia pada umumnya, jika menghadapi kondisi tersebut dalam suasana yang lebih nyata.

Dikutip dari Scientific American, 5 Desember 2011, mereka menempatkan 147 orang responden dalam sebuah lingkungan virtual 3 dimensi di mana mereka berada dalam sebuah tuas pengatur jalur lintasan kereta.

Mereka kemudian dihadapkan dengan situasi di mana ada 5 orang yang berjalan di rel kereta api yang salah dan 1 orang berjalan di rel kereta api yang benar. Di sisi kiri dan kanan kereta tersebut adalah jurang dan tiba-tiba serangkaian kereta akan menabrak 5 orang tersebut.

Lewat joystick, responden kemudian diminta untuk memilih. Apakah akan menggeser kereta ke jalur yang tidak seharusnya dan menabrak 1 orang yang berjalan di jalan yang benar, ataukah membiarkan kereta tetap berada di jalur yang semestinya dan menabrak 5 orang yang berjalan di jalur yang salah.

Ternyata, 90 persen responden penelitian tersebut memilih untuk memindahkan kereta ke jalur yang tidak seharusnya dan membunuh satu orang yang berjalan di jalur yang benar demi menyelamatkan 5 orang yang berjalan di jalur yang salah.

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Emotion ini persis sama dengan studi-studi serupa yang dilakukan sebelumnya, namun hanya merupakan eksperimen abstrak.

Peneliti menyebutkan, meskipun dalam kondisi sangat realistis, dalam sebuah situasi yang membutuhkan tindakan cepat, orang-orang akan memilih apa yang disebu dengan ‘Sophie’s Choice’ yakni melakukan kebaikan yang ‘tampaknya’ lebih besar. (adi)

sumber : http://teknologi.vivanews.com/news/read/269683-manusia-bunuh-orang-baik-demi-orang-banyak

justician
25-02-2012, 10:39 AM
parah juga, kenapa juga orang yang benar dikorbankan demi keselamatan orang yang salah. Krn mereka salah jalur, ya wajar kalo ketabrak :sigh:
Walau cuma penelitian, ane ga setuju

magnagiga
25-02-2012, 11:14 AM
kalau ane sih milih tabrakin 5 orang yang jalan di jalur yang salah, salah mereka sendiri kan?
kasian orang yang taat sama aturan malah dikorbankan.

ssadiqqqqq
25-02-2012, 12:39 PM
parah banget gan ane turut berduka aja

lockeric
25-02-2012, 01:21 PM
parah banget gan ane turut berduka aja
Iya gan!Orang jahat masih banyak!Kenapa orang baik yang dibunuh!Dasar hina orang yang membunuh!!:oghoho::oghoho::oghoho:

crazy4fun
25-02-2012, 01:42 PM
Wah,harusnya orang yg salah tuh yg kena akibatnya,kok malah ngarepin orang yg bener yg ditabrak :dead:

boltzz123
25-02-2012, 02:04 PM
kalo mnurut gw itu tergantung situasi dan kondisi jg, misalnya kalau kejadian tersebut berlangsung secara mendadak, gw rasa yg bertindak adalah reflek kita.

coba pilihannya kyk gini:
5 bencong dekil,kusam berjalan di rel kereta api yang salah dan 1 perempuan cantik,sexy,indah,menawan berjalan di rel kereta api yang benar.
mana yg bakal lo tabrak? :hahai:

walandutpgnkurus
25-02-2012, 02:30 PM
pertanyaan gw?
1. sejak kapan ada orang jalan di rel ad yg benar ato salah?..mnurut gw,mw yg sndiri ato yg berlima itu salah karena telah berjalan di atas rel(coba baca hukum yg berlaku)..gw gatw di luar negri tapi di indonesia ada hukumnya PP no 32 th 2011

poin 10. Jalan adalah seluruh bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air, kecuali jalan rel dan jalan kabel.
2. ga ada opsi untuk ngerem??

boltzz123
25-02-2012, 02:55 PM
2. ga ada opsi untuk ngerem??
ga ada bro :hahai: ceritanya kalo ngerem ntar keretanya meledak krn kalo handle brake nya di tarik, detonator bomnya langsung aktif dan seluruh penumpangnya bakal mati :hahai: jadi tu kereta cuma bisa berjalan terus tanpa henti sampai bahan bakarnya habis :hahai:

walandutpgnkurus
25-02-2012, 03:13 PM
ga ada bro :hahai: ceritanya kalo ngerem ntar keretanya meledak krn kalo handle brake nya di tarik, detonator bomnya langsung aktif dan seluruh penumpangnya bakal mati :hahai: jadi tu kereta cuma bisa berjalan terus tanpa henti sampai bahan bakarnya habis :hahai:

yah gw pikir kalo tuasnya ditarik bakal ngeluarin laser trus nembakin tuh orang2 yg ngalangin jalan.. :gatling:

sayangnya kereta itu adalah kereta listrik jadi ga bisa berenti :haha;..

*udah kaya cerita bersambung ajah..

klugeitlicht
28-02-2012, 05:01 PM
boleh juga ini dilakuin

huffianto
05-08-2012, 04:58 PM
parah juga, kenapa juga orang yang benar dikorbankan demi keselamatan orang yang salah. Krn mereka salah jalur, ya wajar kalo ketabrak :sigh:
Walau cuma penelitian, ane ga setuju

ane jg, pdhl orang jahat ke limanya blm tentu jd org baik :ogrokok::ogrokok:

Ruby0Sugar
05-08-2012, 06:59 PM
kok parah banget :facepalm:

masa bunuh nya orang yg baik :facepalm:

abibx
05-08-2012, 07:09 PM
ini critanya ngikut prinsip
"Mati satu Tumbuh sribu"

hmm...
kejadiannya kayak slah satu plot crita di batman Dark knight nya Chrisno,
mesti nyelamatin kapal yg berisi villain/pelanggar hukm ato penumpang taat hukum...

ReddoHoku
05-08-2012, 07:50 PM
gw setuju dgn penelitian ini..
1 orang di jalan rel yg bener itu, gw denger2 seorang pembunuh massal..
jadi korbanin aja dia..

Cervello
05-08-2012, 08:01 PM
Aihz... tabrak aja enam2nya, jalan koq di rel kereta api.

Williamzone
05-08-2012, 09:40 PM
emank didunia yg fana ini selalu ada yg kontra
kalo ga ya surga nama nya :lol:

kyonkyon
05-08-2012, 11:53 PM
Ga kebayang kalo hal gini terjadi sama saya, mesti milih kayak gitu, yg namanya ngebunuh itu kan ga ada yg baik, bingung coba nanti mesti apa kalo nemu kejadian kayak gini :pusing:

Williamzone
06-08-2012, 05:42 AM
Ga kebayang kalo hal gini terjadi sama saya, mesti milih kayak gitu, yg namanya ngebunuh itu kan ga ada yg baik, bingung coba nanti mesti apa kalo nemu kejadian kayak gini :pusing:
ya itu kan tergantung agan nya sendiri...
mana yg terbaik...

buleks
06-08-2012, 07:58 PM
namanya juga duit bisa buat orang lupa daratan


apa lagi bisa ngasih makan 7 turunan

ismail48
06-08-2012, 08:01 PM
turut berduka cita aja deh :sedih:

kamenrider48
18-08-2012, 11:52 AM
woooh
jadi sedih nih

Reyn15
18-08-2012, 12:25 PM
Wah ini sih salah kaprah, orang baik kok dibunuh

flea_tommy
18-08-2012, 07:45 PM
parah juga, kenapa juga orang yang benar dikorbankan demi keselamatan orang yang salah. Krn mereka salah jalur, ya wajar kalo ketabrak :sigh:
Walau cuma penelitian, ane ga setuju

setuju

kalau demi penelitian kenapa orang benar yg ditumbalkan ? kenapa ?!! *ekspresi marah*

apexhat
18-08-2012, 09:37 PM
owh gtu ya gan,. .. kasian org yg bener, kena tabrak

kyu_999
20-08-2012, 11:04 AM
nice share gan..

yah yang penting hati-hati aja dijalan.. :lol:

kupokupo
20-08-2012, 08:47 PM
penelitian yang aneh
caranya salah nih :bingung:

aliim
22-08-2012, 09:13 PM
wogh, semoga bermanfaat

iyona
23-08-2012, 06:20 AM
coba pilihannya kyk gini:
5 bencong dekil,kusam berjalan di rel kereta api yang salah dan 1 perempuan cantik,sexy,indah,menawan berjalan di rel kereta api yang benar.
mana yg bakal lo tabrak? :hahai:

semua manusia, pasti gw selametin semua......warna ijo...

pearlwhy
23-08-2012, 01:40 PM
ada2 aja nih
masa orang yang baik2 malah dibunuh :sigh:

nostradummy
23-08-2012, 08:22 PM
walah.. tapi emang berat si bikin keputusan kayak gitu..

ane juga mungkin bakalan milih jawaban yang sama kayak mereka

MrRedSamurai
23-08-2012, 08:56 PM
ya memang itu bisa dibilang kyk insting manusia, selalu melihat jumlah.. padahal banyak itu belum tentu benar.. :ehem:

Williamzone
24-08-2012, 01:46 PM
ada yg baik
ada yg jahat
ada yg mati
pasti ada yg hidup

royzkoen
26-08-2012, 05:25 PM
pernah baca di web lain gan
emang kebanyakan gitu ada yg di korbanin

deevro
27-08-2012, 04:19 AM
Ternyata, 90 persen responden penelitian tersebut memilih untuk memindahkan kereta ke jalur yang tidak seharusnya dan membunuh satu orang yang berjalan di jalur yang benar demi menyelamatkan 5 orang yang berjalan di jalur yang salah.

ane kagak milih dua2 x bro ,,
klo seseorg yg harus di korbankan tsb adalah ente gmn ??
apa masih mw ? :dead: