PDA

View Full Version : Bila Anak Kos Tak Punya Duit



AlexisAce
16-05-2009, 09:39 AM
Siapa yang tidak pernah merasakan nikmatnya menjadi anak kos? Hampir semua dari kita pernah merasakan hal yang sama. Jauh dari orangtua, mencoba hidup mandiri, berusaha menyelesaikan setiap permasalahan hidup sendiri dan sebagainya.

Masalah yang umum kerap melanda anak kos adalah persoalan duit. Ya! Meski kuliah nomor satu, duit menjadi yang utama. Kehabisan duit bukan barang baru lagi bagi anak-anak kos. Itu mah lumrah. Justru tak lumrah bila akhir bulan masih bisa jajan. Pasti anak orang kaya, atau paling tidak, tanah bokapnya laku terjual, hehehehe.

Kehabisan duit, saking seringnya, sudah tidak lagi dijadikan persoalan. Makan masih bisa minta temen. Buat nyuci baju, deterjen temen masih banyak. Sabun mandi habis, ternyata temen punya sabun cair. Teman memang segalanya. Saling mengandalkan, begitu prinsip anak kos. Lain halnya jika semua penghuni kos sudah kehabisan pangan, sabun, pasta gigi dan deterjen. Saya dan teman-teman kosan dulu pernah mengalaminya.

Segala cara bakal dilakukan. Jual celana, gadai handphone, menulis kepada orangtua kalau ada praktek tambahan dan sebagainya. Padahal duit cuma habis buat hura-hura. Menjadi anak kos memang harus tahan iman.

Bila salah melangkah, duit habis untuk hal yang tidak jelas. Nah, ketika kami menyadari bahwa semua -ingat- semua penghuni kosan kehabisan 'amunisi', kami langsung mengeluarkan banda yang dimiliki. Rata-rata sudah pernah menggadaikan handphone dan jual celana. Mana handphone bulan lalu belum ditebus, aduh puyengnya!

Pinjam sana sini, jelas tak ada. Tanggung bulan man! Jadi hendak lari kemana? Kami pun berlapar-lapar sepanjang malam. Rokok tinggal setengah bungkus, sementara 'masyarakat' masih banyak. Diawet-awet hingga pagi tiba. Duh, air galon untuk minum habis juga. Terpaksa air keran menjadi pilihan.

Hingga tengah malam ibu kos datang. Tumben, ada apa gerangan?

"Ibu baru bikin bolu, nih. Pada mau gak?"

Tanpa dikomando, seperti musang melihat ayam, kami berhamburan memeluk ibu kos dan menyantap bolu buatannya yang sedikit keras. Bodo amat, asalkan tidak kelaparan.

AKhirnya salah satu dari kami ada yang mengaku terus terang pada ibu kos. Demi mendengar kami yang lapar, haus dan tak punya rokok, Ibu kos pun mengundang kami untuk makan sepuasnya di rumah beliau yang hanya berjarak 30 langkah kaki. Wah, lega. Belum lagi, bu kos mengambil jatah rokok suaminya untuk diberikan kepada kami. Tinggal bapak kos bersungut-sungut namun tak berani protes. Hihihihhihihi

Pengalaman tersebut jelas tak kan terlupakan seumur hidup. Terima kasih, bu kos! Jasamu tiada tara!

whateva
16-05-2009, 10:27 AM
tanya nih, mang kos dmn?
enak dunk bu kos nya msh ada perhatian.... di kos wa orangnya aja jarang keliatan... wkwkwkwkwk

setuju nih, bener2 bs shopping ke mall bareng temen cm awal bulan, kalo ajakin di akhir bulan rata2 pada ga mau (lebih tepatnya ga kuat)... :p

kulocaki
16-05-2009, 11:13 AM
wahahahhah sama wa juga pernah ngalamin T_T
pas waktu g uang eh ada orderan.... mayan cuma disuruh instal anti virus dikasih 50k XD~~~ rizky emang datang tak terduga

xaea
16-05-2009, 11:18 AM
untungnya gua nabungin uang² recehan. jadi pas gak ada duit buat beli nasi, ya beli roti secengan barang 2-3 biji buat sehari.. T_T

goblin89
16-05-2009, 11:20 AM
hebat bro ibu kostnya baik bgt
kalu dikost saya
yg baik sesama anak kost
kalu ada rejeki pasti bagi bro

NuRaider
16-05-2009, 11:33 AM
Jadi inget waktu kost dulu..

Kemana yah temen2 sekarang, gw lost contact gara2 nomer ilang..

Selama gw kost emang temen2 dah kayak keluarga semua,
tapi ada sih yang songong satu dua anak..

Selama gw kost gag pernah dapet ibu kost yang baek..
malah gw pernah "diusir" gag boleh perpanjang 3 bulan ajah untuk menunggu pendadaran ma wisuda.
alesannya ajaran baru dah lewat dan nantinya sulit cari yang mo ngekost..
swt...
Padahal gw dah ngekost disana 3 taon lebih...

Untungnya temen gw yang dulu ngekost barreng tapi ngontrak rumah, ngijinin gw tinggal di kontrakannya(kebetulan ada kamar kosong dulunya dipake buat naro barang).

:top:

Akhirnya gw lulus dah.. wkwkwkwkw..
:haha:

Gw doain dah tu ibu kost cepet kaya...

afarzain
16-05-2009, 12:00 PM
hohoho___unik2 y critanya___
gw jg lagi ngekost ni___
tpi blom pernah khabisan duit, pas2an lah__:haha:
jgn sampe dah abis duit d nagari orang__g kuat__:((

unclegemboel
16-05-2009, 12:58 PM
pernah ngalamin juga gara2 diawal bulan salah berhitungan, akhirnya diminggu akhir cuma makan di burjo...aduh mak kuliah g konsen karena kurang gizi. mau bgn tidur aja males...badan lemes...sejak itu kapok deh berboros ria.

wah ibu kosnya ts baik hati tuh.

KangJaka
16-05-2009, 12:59 PM
kalo pengalaman gw pas kuliah sih gak pernah kost, lah wong buat makan aja susah, akhir nya aku pergi ke masjid kampus, ikut organisasi disana sebut saja FORMIS, dan akhirnya aku jadi takmir masjid di kampus sampe selesai kuliah.

Nah dari masjid malah ada tambahan uang buat yg jaga masjid sebulan 200 ribu, kan mayan tuh, kuliah deket, gak pernah ngonkos dan malah akrab sama dosen" sering di traktir, apalagi kalo ada pengajian di masjid, so pasti akan banyak rizky disitu.

Kerjaan tiap hari :
1. Adzan
2. Bersihin tempat wudlu
3. Ngepel lantai masjid
4. Kadang" jadi pengganti Imam sampe penggganti Khotib Jumat

Sering juga ibu" di kampung belakng kampus bawain makanan buat anak2 takmir, karena di samping iu masjid kampus tapi di peruntukkan buat warga sekitar juga karena letaknya di belakng kampus.

Sekarang saya udah gak di sana lagi, dan aku rindu mereka smua yg baik padaku.

kulocaki
16-05-2009, 01:05 PM
pas banget dah sambil dengeri ni lagu..

P-Project - NASIB ANAK KOS (http://www.indowebster.com/p_project_nasib_anak_kos.html)

Sunoe
16-05-2009, 05:52 PM
Hal penting yang dilakuin klo merantau...
Cari temen yang baik...
hehehe...

nadjieb
17-05-2009, 11:24 AM
selamat ya bro....

fakeacc
17-05-2009, 11:49 AM
huahahaha


jasa IBU KOS tiada tara!

perasaan tiap nonton tipi kalo liat ada ibu kos, adanya yang galak galak n tiap dateng k kosan cuman buat nagih uang kos, itu trus story kah?

tivaro27
17-05-2009, 11:52 AM
Klo wa gak pernah ngekos .. tapi tinggal di Asrama Mahasiswa! Yah untung karena dari satu daerah ma kampung jadi akrab. Gak pernah namanya kelaparan, walo gak punya duit. Pasti ada teman nyang baik hati nyang biasanya dapat kiriman dari kampung utk berbagi! Sekarang masih saling komunikasi!

ade46
17-05-2009, 12:37 PM
Waduh seru tuh pengalamannya, sayang gw ga pernah kos alias PP bis tempat kuliahnya deket ma rumah (Cileduk to Jurangmanu "Bintaro sektor VII")..

Tapi sebagai mahasiswa yg ga kos alais PP, banyak pengalaman seru juga! yah semisal dah dateng cape2 pas nyampe di kampus taunya tuh dosen kaga dateng padahal cuma kuliah dya doang..paling males kalo kul siang jam 2-an.

Brangkat jam 1-an "kebayang dunk panas menyengat naex angkot lagi, dah gitu penuh lagi dah kaya didalam oven ditambah lagi ada yang ngeroko :onion-34:, anjrit gw png sambit aja tuh orang" pas nyampe kampus dosennya kaga masuk..CAPE DEH..:em4600:

Pa lagi kalo kehabisan ongkos 'bawa duit pas2an', tapi temen emang bener2 bisa diandalkan..

Pengalaman seru juga banyak..yah semisal naex nagkot disamping wanita super seksi dan ketat gitu :tt1:, kebayang dunk penyegarannya (secara kampus gw kebanyakan batangan,hehe)

pidonesta
29-08-2009, 02:08 PM
alhamdulillah ...
saya anak kost ... jadi punya pengalaman seru ....
kost ... oh ...kost ...

raishinshi
30-08-2009, 02:45 AM
hidup memang kerassss

dejivrur
30-08-2009, 02:57 AM
teman selalu bisa jadi tempat buat minjem duit dan diutangin

JiLL_DyiNgDreSS
30-08-2009, 03:21 AM
gw lg baru mw nge kos tgl 1 bsk .. smg aj ibu kost ny sm ky yg ad di cerita TS :haha:

SoMEmories
30-08-2009, 06:53 AM
wah,, klo gua tiap 3 hari dalam seminggu dapet jatah dari tetangga sebelah,,, makan pagi bareng makan malam... jadi lumayan hemat

doni_xcool
31-08-2009, 04:58 PM
haha iyah gitulah nasib anak kos..:haha: tapi klw gwa seh.. g terlalu sering seh jatah kirimn habis.. krna klw mslh makan gwa bayar perbulan gitu ma kedai nasi terdekat, so walopun duit kos telat datng yah msih dikasih toleransi ma yg punya kedai nasi.. tapi yg sering kehabisn uang tuh tmn sekosan gwa :haha: en wa deh jadi inspirasi mereka tempat meminjam duit.. untung jga gwa g ngrokok..

recure
31-08-2009, 06:50 PM
wah harus rajin nabung ini kl mau kuliah >.<( msh blom kuliah)

sengseong
31-08-2009, 08:11 PM
Xixixi
Memang seru jd anak kos kosan itu..
Jd inget dulu pas kuliah saya ma tmn2 sejurusan nyewa rumah brg..
Masak nasi sendiri, berasnya beli 5000 tiap orang bisa bwt 1 minggu..
Jd makan tinggal beli lauknya doang, kadang ga beli coz ada temen yg pulang kampung suka bw makanan, ato tmn yg dr padang suka dikirim rendang tiap bulan..
Hahaha
Miss that moment guys..

Trus kalo ibu kos ada hajatan kyk hari2 besar islam kita suka dikasi nasi berkat atau nasi kuning..
Baik bgt dulu ibu kosan saya..

Tp g enaknya pernah kemasukan maling, n tu maling ngegondol hp jadul kuw.. T_T

kreuznach
01-09-2009, 01:25 AM
wiiii enak bgt ibu kosnya baik... gw ngekos boro2 dikasih bolu, orang udah bayar malah dituduh nunggak... saraf yang punya kos gw...

achdy
01-09-2009, 01:33 AM
kasihan TS-nya...
dan kasihan buat gw juga yg gak beda jauh nasibnya ama TS
gw juga sering kayak gitu,
kalau udah akhir bulan
keberadaan teman emang sangat dibutuhkan

Modjoh
01-09-2009, 11:04 AM
Memang bener2 menderita klo akhir bulan....

kyk komikus yg dikejar dateline....
(kalo tidak berjuang tidak bisa bertahan hidup...)




.

n_hobi_xxx
01-09-2009, 10:31 PM
menurut pengalaman gw, kayaknya kalo diitung2, tiap bulan yg paling gede pengeluarannya itu buat duit rokok... soalnya dari gw amat2in tmn2 gw, mereka bisa ngabisin 20rb cuma buat rokok, dan rela cuma makan sehari 1x :onion-98:

dawerzzzz
02-09-2009, 12:47 AM
menurut pengalaman gw, kayaknya kalo diitung2, tiap bulan yg paling gede pengeluarannya itu buat duit rokok... soalnya dari gw amat2in tmn2 gw, mereka bisa ngabisin 20rb cuma buat rokok, dan rela cuma makan sehari 1x :onion-98:

ya gitulah nasib anak kos

cUn_cunZ
02-09-2009, 10:11 PM
smoga g ngalamin kekurangan duit

Xinez
02-09-2009, 10:18 PM
huahaha...:lol:
bener2 dramatis skali...:haha:

bowniebonsky
23-09-2009, 04:00 AM
kacian bro, makanya jd anak rumah az....aman n kenyang...:hahai::hahai:

pecandu
23-09-2009, 10:57 AM
hehe... cerita yg menarik
gw juga pernah ngalamin yg mirip kyk situ

valr1st
23-09-2009, 01:36 PM
emang sableng kalo dipikir2 dulu waktu jaman kuliah dulu ngekos awal bulan gila cabut ke mec di makan minum di cafe hura2 ke mall atau ke tempat rekreasi ... pas tanggal 20 an udah mikir makan indomie itu juga cek2 kantong ama lemari soalnya gua suka naro recehan di mana2 ... kalo udah ga ada duit pusing emang ..... mau minjem senasib ana kost semua mau make uang kuliah nanti ga bisa bayar berabe .."untung tahan godaan untuk ga make duit kuliah"

1 1 nya jalan yah puasa 1 hari 1 kali makan wakkakaka... itu juga indomie

kos2 an ane kek rumah di tinggali 10 orang tapi ibu kostnya mah tinggal dimana tau gua kaga tau deh kaga pernah liad paling bayar ke orang suruhan yg tiap awal bulan nagih2in uang kostan wkakaka

Van
23-09-2009, 01:38 PM
jd anak kos emank berat.Biasa kalo akhir bulan terpaksa minjem duit ma temen yg ada duit.pas awal bulan lgsg byr lunas tp diakhir bulan dtg lg dgn memelas terpaksa minjem lg :swt:

Riolicious
05-11-2009, 05:20 PM
wah kalo kemaleman karna asik belajar ato dota beli mie goreng di luar
kalo ga punya pcar ga ada yg ngurusin kalo sakit T_T
hanya komputer istri setia

CY_T_Anezaki
05-11-2009, 05:27 PM
Wooh gw jg ngalamin waktu ngekost, itu bapak kostnya matre banget, kirain udah sekalian listrik ternyata masih belum,

Mana anaknya yg cewe jg iseng bngt lg (emang sih seksi)

MiniMaximA
06-11-2009, 03:49 AM
Wahaha, itulah kalo coba coba jadi anak kos namun blom siap iman. Salah langkah trus kerjaannya. :haha:
Untung gw udah bisa ngatur hidup, gak pernah kejadian lagi kayak di atas, kasian bener. :piss:

sasrabahu
02-05-2010, 04:44 AM
balada anak kos emang tiada habisnya ..... :madesu:

galuhrestu
02-05-2010, 06:31 AM
pas banget dah sambil dengeri ni lagu..

P-Project - NASIB ANAK KOS (http://www.indowebster.com/p_project_nasib_anak_kos.html)

lumayan ni bro lagunya..

oranggila
02-05-2010, 07:13 AM
Aduh kacau.. kacau... gw banget ni men....
udah klo jadi anak kosan sarapan ma gorengan aja deh, gk usah mke nasi segala :lol:
dari pada ntr duit cekak mampus dah akhir bulan... :lol:

untungx gw dah kerja skrng jadi kejadian khabisan danasegar wkt nge-kos dulu jadi pelajaran penting.
haha satu lagi men klo mau dapet duit pas akhir bulan NGAMEN.......................... :lol:

royal_h
02-05-2010, 08:04 AM
:nangis: wah di mana tuh, jadi pengen
bu kos di sini walo udah Hj. tapi terkenal p*lit :swt:

vj_gtg
03-05-2010, 04:45 AM
malang banget nasib lo gan
Hemat-hemat la klo bisa nabung

DanEEL
05-05-2010, 02:52 PM
:terharu::terharu:
ane banget ni bro.. tp Alhamdulillah smua yg deket dengan ane orang2 baik dan berjiwa besar smua, ane bingung mau balesnya.. untuk saat ini cm do'a yg bisa ane kasih. klopun ada rezeki ane mau silaturrahmi smua temen2 yg pernah baek dan sabar mempunyai tmn dan anak kost seperti ane :terharu::terharu:

f3l1xss
05-05-2010, 07:30 PM
hahaa gw klo keabisan duit di kos andalan gw ya makan telor tahu ato tempe tapi indomie mang paling enakk:)

mazznoer1
07-05-2010, 12:33 PM
Kalo ane lebih sreg kalo tuh duit di infestasiin kemana kek
daripada dibuat hura2, enggak guna den pastinya kagak perlu takut akhir bulan deh

langit_violet
29-07-2010, 07:53 PM
sepakat ama TS,, ibu kos ane jg baik bgt...
kalo kerumah-ny [krn tempat tinggal ibu kos,, beda],, slalu dikasih makan...
kalo ga ada duit buat bayar kos,, boleh ngutang... :haha:
bahkan pernah,, lupa bayar kos sampe 2 periode trus langsung diborong,, eh malah di-diskon... :amazed4:

btw,, sekarang ane biasa-ny,, slalu nyelepin duit di saku tas,, laci,, bawah keyboard komputer,, selipan kantong disc,, dll...
jadi kalo duit di dompet abis,, masih ada cadangannya... :cerutu:
[tapi masalahnya,, suka lupa naruh dimana aja] :suram:

dan senjata terakhir adalah,, menghubungi para senior yg dah kerja tp blum nikah,,,
krn biasanya mereka cukup royal untuk nraktir mahasiswa :gembel:
lagipula,, mereka yg dah lulus,, kalo bergaul dg junior,, serasa masih muda.. :lol: