PDA

View Full Version : Recipe(s) NASI KEBULI makanan orang ARAB yang di condet nih



budikikiw
25-05-2009, 03:53 PM
Bahan-bahan :

* 1 kg beras
* 1/2 kg daging kambing yang masih ada tulang mudanya
* 3 sdm kismis
* 3 sdm bawang goreng
* 2 sdm minyak samin
* 1 sdt garam
* 1 batang kayu manis
* 4 biji cengkih
* 1/2 biji pala
* 2 buah bunga peka
* 2 buah kapulaga
* 2 batang serai
* 5 lembar daun jeruk
* 2 lembar daun salam
* 1500 ml santan sedang kentalnya
* Minyak dan garam secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

* 3 siung bawang putih
* 5 siung bawang merah
* 1 sdm ketumbar
* 1 sdt jintan
* 1/2 sdt adas manis
* 4 cm kunyit
* 2 cm jahe

Cara Membuat:

* Tumis bumbu yang dihaluskan beserta kayu manis,cengkih, pala, bunga peka, kapulaga, sereh, daun jeruk, daun salam dan garam hingga harum dan matang.
* Masukkan daging kambing, masak hingga daging berubah warna, masukkan beras.
* Tumis beserta bumbu hingga beraroma harum, masukkan kismis dan santan, kecilkan api, masak sampai menjadi karonan.
* Matikan api, angkat karonan, kukus selama 45 menit, angkat dan tambahkan minyak samin, aduk rata, hidangkan.

budikikiw
23-08-2009, 11:29 AM
sama ga nih ma yg di condet

di jamin sama kk...


@^

gila mas semuanya di post
emang condet dmn :???:

condet itu nama jalan di jakarta timur kk, disana banyak orang arab nya :D


Coba dulu aahh...

yup silahkan mencoba kk

rejal_maghrum
16-11-2009, 06:05 AM
nasi kebuli condet kalah ama yang ada di bawah jembatan penyebrangan deket kampung melayu.
tapi, ane dah pernah bikin nasi kebuli, bumbu bumbu nya kurang lebih yang di kasih TS.
jamin Ajiiib wa maknyos (buat yang emang seleranya rempah rempah):ehem:

budikikiw
16-11-2009, 05:22 PM
nasi kebuli condet kalah ama yang ada di bawah jembatan penyebrangan deket kampung melayu.
tapi, ane dah pernah bikin nasi kebuli, bumbu bumbu nya kurang lebih yang di kasih TS.
jamin Ajiiib wa maknyos (buat yang emang seleranya rempah rempah):ehem:

wah minta alamat lengkap nya gan :piss:
ane harus nyobain:panik: :panik:

rejal_maghrum
18-06-2010, 10:40 PM
nah, itu dia bro, ane lupa.
apa di dewi sartika ya =.
lupaaaaaa...
pokoknya, selain emang jos rempah rempah dari nasi kebuli nya, kambing oven nya itu lhoo...
bisa bayangin ga , ane ketagihan tapi lupa tempatnya ~_~

omndut
26-06-2010, 09:13 AM
Bahan-bahan :

* 1/2 kg daging kambing yang masih ada tulang mudanya

Cara Membuat:

* Matikan api, angkat karonan, kukus selama 45 menit, angkat dan tambahkan minyak samin, aduk rata, hidangkan.
TS.....
1. klo kita beli di pasar or super market.... ngomongnya gimna:???: ...
"mau beli daging yg ad tulang rawanya" or ada nama lain dr bagian daging kambing yg ada tulang rawannya
2. angkat karonan ... ini kan kyk ngaron nasi ... pas masa2 jadul dulu kan :???: sebelum ad rice cooker :???:

:xiexie:

SanD5
20-07-2010, 08:44 PM
Bahan-bahan :

* 1 kg beras
* 1/2 kg daging kambing yang masih ada tulang mudanya
* 3 sdm kismis
* 3 sdm bawang goreng
* 2 sdm minyak samin
* 1 sdt garam
* 1 batang kayu manis
* 4 biji cengkih
* 1/2 biji pala
* 2 buah bunga peka
* 2 buah kapulaga
* 2 batang serai
* 5 lembar daun jeruk
* 2 lembar daun salam
* 1500 ml santan sedang kentalnya
* Minyak dan garam secukupnya.

Bumbu yang dihaluskan:

* 3 siung bawang putih
* 5 siung bawang merah
* 1 sdm ketumbar
* 1 sdt jintan
* 1/2 sdt adas manis
* 4 cm kunyit
* 2 cm jahe

Cara Membuat:

* Tumis bumbu yang dihaluskan beserta kayu manis,cengkih, pala, bunga peka, kapulaga, sereh, daun jeruk, daun salam dan garam hingga harum dan matang.
* Masukkan daging kambing, masak hingga daging berubah warna, masukkan beras.
* Tumis beserta bumbu hingga beraroma harum, masukkan kismis dan santan, kecilkan api, masak sampai menjadi karonan.
* Matikan api, angkat karonan, kukus selama 45 menit, angkat dan tambahkan minyak samin, aduk rata, hidangkan.
pernah bikin nasi kebuli tapi g jadi :cambuk:
rasanya jd aneh :lol:
klo yg asli rasa rempah2nya kuat banget...

zz11
20-07-2010, 11:29 PM
numpang tanya
kalo nasi kebuli ayam, pernah denger kah?
denger2 ada yg bilang, nasi kebuli bisa diganti dengan ayam (jadi gak pake kambing). :???:

strizki
20-07-2010, 11:53 PM
aku malah biasanya dikirimi ama guru smpku.. kalo lagi ada acara keluarganya.. aku disuruh kerumahnya buat ikutan acara kumpul-kumpul!!
tapi kadang ada yang ngomong pake bahasa arab jadinya gak ngerti (udah kaya sodara.. jadi anak angkat soalnya)
kalo gak salah ada makanan serupa yang rasanya hampir sama namanya nasi tomat.. CMIIW..

makasih nih akhirnya bisa belajar buat masakan ini..

0511
22-08-2010, 02:48 PM
bunga peka tuh yang kayak gimana y?

rhevsky
30-08-2010, 03:00 PM
pernah masak nih waktu jamn2 smp dulu, n enak tp rasa kambingnya menyengat bgt waktu itu

superbenjo
10-10-2010, 07:41 AM
bunga peka,
minyak sanin
jintan, adas manis

itu apa ya kk,,ga pernah denger nih???

choli
11-10-2010, 07:41 PM
bunga peka,
minyak sanin
jintan, adas manis

itu apa ya kk,,ga pernah denger nih???

Itu semua adalah rempah2 yang dipakai ama masakan timteng, dan sebagian eropa....
Di kita juga ada beberapa tempat yang memakai rempah2 diataas..
btw, kalo ngga salah, nasi kebuli menggunakan safron deh...

ikyu828
14-10-2010, 12:55 PM
safron itu bukannya bumbu yg mahal ya
:???:
kayaknya pernah denger, maklum noobie soal masak

eternal10
29-05-2011, 08:54 AM
numpang tanya
kalo nasi kebuli ayam, pernah denger kah?
denger2 ada yg bilang, nasi kebuli bisa diganti dengan ayam (jadi gak pake kambing). :???:

kalo di ganti ayam sepertinya kurang baik kk, karena daging kambing di rasa yg paling pas untuk di nikmati bersama panasnya nasi kebuli... :iii:

adnanunique
16-09-2011, 07:20 AM
ini nasi enak beneeer....
tekstur dan warna kayak nasi goreng, tapi rasa gurih abis...
apalagi + daging kambing + nanas,
ane makan ini tiap dateng ke pengajian salah satu habib di magelang :peace:

evania41
17-09-2011, 08:50 PM
Kayaknya mantab nih.
Biar bau kambingnya ga berlebihan gimana caranya kk?