PDA

View Full Version : Learning benarkah pi = 22/7



bulebulukan
26-05-2009, 06:19 PM
Waktu kita SD (tepatnya SD negeri dan beberapa SD swasta), kebanyakan dari kita (termasuk saya) yang diajarkan RUMUS lingkaran adalah π (pi) = 3.14 atau 22/7.. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4a/Pi-unrolled_slow.gif
btw itu gambar pi yang saya copas.. gak tau jadinya malah kaya huruf N kecil.. :onion-103:

tahukah anda kalau pi itu bukanlah 3.14 atau 22/7??

kalau mau diuraikan 22/7 hasilnya adalah : (perhatikan)
3,142857142857142857.. dst

dan pi adalah :
3,1415926535897932384626433832795.. dst

apa bedanya?
22/7 menghasilkan bilangan dengan angka berulang dibelakang koma..
yaitu angka 142857 yang terus berulang2..

sedangkan pi menghasilkan angka dibelakang koma tanpa pengulangan sama sekali..

keliatan simple dan "mendekati" tapiiiii... untuk perhitungan science internasional jelas itu kesalahan FATAL...

so, saya gak heran kalo "kebanyakan" juara olimpiade matematika atau fisika yang berasal dari Indonesia, biasanya sekolah di sekolah2 swasta yang perhitungannya bertaraf internasional..

disini saya bukanlah pihak yang membodoh2i bangsa sendiri, tapi kiranya menjadi acuan kedepan untuk lebih memajukan mata pelajaran yang sampe sekarang (keponakan saya) masih diajarkan..
mungkin ada yang berpendapat "itu agar anak2 lebih memahami" tapi kalo para juara olimpiade itu bisa, kenapa yang lain tidak? saya rasa segala hal yang diajarkan pasti bisa dipelajari.. :lempar:


tambahan :
untuk perhitungan pi dan 22/7 kayak gini
http://upload.wikimedia.org/math/e/b/b/ebbc7d730ea3edaa29c3dd0b037688d5.png
jadi 22/7 > pi

FYI
lupa ngasih tau kalo (phi) sama (pi) itu beda.... yang dimaksud disini itu "pi"
kalo "phi" itu golden ratio = 1.61803399


1. Madhava berhasil menghitung π = 3.14159265359, tepat 11 angka desimal dibelakang koma. Rekornya dikalahkan tahun 1424 oleh mathematician dari Persia, Jamshīd al-Kāshī, yang menemukan 16 angka desimal dibelakang koma.

2. Kontribusi utama Eropa setelah Archimedes dibuat mathematician Jerman Ludolph van Ceulen (1540–1610), yang menggunakan metode geometris untuk menghitung π sampai 35 dibelakang koma. Dia sangat bangga dengan perhitungannya, dan permintaan terakhirnya adalah menulis angka tersebut pada batu nisannya.

http://www.indowebster.web.id/showpost.php?p=1068547&postcount=56

http://www.indowebster.web.id/showpost.php?p=1083251&postcount=58]

ngilerman
26-05-2009, 06:33 PM
mang klo diluar itu ga diakui yah?

jadi tepatnya pi itu brapa?

sampe skarang saya skola di buku" pelajaran masi diajarin yg 22/7 wkwkwkwk sungguh tragis dunia pendidikan

meneng
26-05-2009, 06:35 PM
wkwkwk!! mau apa lagi, masa mau ngapali angka2 yang panjang sekali!! tapi klo mau bener2 real itungannya memang harus pake pi yang sebenar nya, bukan 22/7

ngilerman
26-05-2009, 06:41 PM
mangnya yang di pake buat olimpiade" kek gitu itungan realnya ya?

mr_ark
26-05-2009, 06:49 PM
Bilangan pi itu termasuk bilangan irrasional (tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b). Jadi, pi itu tidak sama dengan 22/7 atau 3,14. Dulu diajarin segitu untuk memudahkan perhitungan. Anak SD kalo dikasih PI = 3,142857142857142857 bisa mabok... :muntah: mungkin lebih baik pi dinyatakan dalam lambang saja, "π". Di perguruan tinggi gitu kok, kalo ngitung luas ato keliling lingkaran, hasilnya pasti pake lambang "π". Kalo pun dinyatakan dalam bilangan real, tanda sama dengannya diganti "≈" (artinya: kira-kira/mendekati). Jadi, mungkin anak SD harus diajarin juga pake tanda "≈", atau biarlah pi dinyatakan dengan lambang "π".

Kalo gak salah ada buku yang membahas pencarian nilai pi sampai digit ketelitian berapa juta gitu... programnya sih ada, namanya Super PI, sering dipake para overclocker buar ngetest kestabilan sistem. Katanya juga, tanggal lahir kita tercantum pada salah satu deretan panjang bilangan pi tersebut... :D

bakakurosu
26-05-2009, 07:52 PM
wah...klo saya udah d univ...
klo make pi ya pi..
gak pake angka 3.14 / 22.7...

Lawliet
26-05-2009, 09:02 PM
yah, mulai kelas 3 SMA juga gw kalo ketemu soal ada pi nya ya hasilnya tetep ada pi,
dibikin 22/7 kan buat memudahkan anak2 ngitung aja, "biar bisa dicoret", istilahnya :D apalagi anak SD...

shoki
26-05-2009, 09:47 PM
Bilangan pi itu termasuk bilangan irrasional (tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b). Jadi, pi itu tidak sama dengan 22/7 atau 3,14. Dulu diajarin segitu untuk memudahkan perhitungan. Anak SD kalo dikasih PI = 3,142857142857142857 bisa mabok... :muntah: mungkin lebih baik pi dinyatakan dalam lambang saja, "π". Di perguruan tinggi gitu kok, kalo ngitung luas ato keliling lingkaran, hasilnya pasti pake lambang "π". Kalo pun dinyatakan dalam bilangan real, tanda sama dengannya diganti "≈" (artinya: kira-kira/mendekati). Jadi, mungkin anak SD harus diajarin juga pake tanda "≈", atau biarlah pi dinyatakan dengan lambang "π".

Kalo gak salah ada buku yang membahas pencarian nilai pi sampai digit ketelitian berapa juta gitu... programnya sih ada, namanya Super PI, sering dipake para overclocker buar ngetest kestabilan sistem. Katanya juga, tanggal lahir kita tercantum pada salah satu deretan panjang bilangan pi tersebut... :D

berpendapat sama :top:

22/7 bukan hanya di pakai indo saja sekolah dasar negara laen juga pakai, jangan beranggapan tu yg dipakai cuma orang indo saja.

kurapnaga
26-05-2009, 11:42 PM
22/7 dan 3.14 kan hanya aproksimasi saja

definisi phi sendiri adalah keliling lingkaran/ diameternya
dan 3,1415926535897932384626433832795 juga bukan phi

tapi pendekatan dari phi

Superbay
26-05-2009, 11:50 PM
jadi sebenarnya darimana angka phi didapat? :???:

marukakashi
27-05-2009, 12:09 AM
@ bay

dari sini dab (http://lmgtfy.com/?q=pi) :haha:

kurapnaga
27-05-2009, 12:19 AM
jadi sebenarnya darimana angka phi didapat? :???:

phi = keliling lingkaran dibagi diameternya

Superbay
27-05-2009, 12:31 AM
@maru
Puyeng >.<
Ga ada cara yang lebih gampang buat jelasin ya?

@kurapnaga
phi=luas lingkaran dibagi diameter
phi=(phiXr2):d
Lah mau nyari phi tapi rumusnya juga pake phi???
Walaaaaah tambah puyeng :((

bakakurosu
27-05-2009, 12:38 AM
luas lingkaran mah phi x jari2 kuadrat :D

itu di gambarnya ada penjelasan..

phi= kliling lingkaran d bagi diameter..:D

Superbay
27-05-2009, 12:50 AM
^
^
phi=kliling lingkaran dibagi diameter
phi=(2*phi*r):d

Lah di kanan sama di kiri tetep ada phi-nya :onion-32:

Kalo diterusin:
phi=(2*phi*r):d >> d=2r, jadi
phi=(phi*d):d
phi=phi
Halah :onion-56:

bakakurosu
27-05-2009, 12:59 AM
@sbay: btul..

d =2r :d
kll= 2*phi*r
=phi*d

khan udah d pelajari waktu sd :hihi:



nb: koq malah jadi nostalgia sih?/

sebenarnya phi itu masih misterius...
pernah ada 2 org kakak beradik yg menghabiskan waktu untuk menemukan berapa angka phi itu sebenarnya menggunakan komputer mereka....
hasilya mereka gagal..
lupa gw siapa namanya...:swt:

Sunoe
27-05-2009, 09:21 AM
pi = 4/1 - 4/3 + 4/5 - 4/7 + 4/9 - 4/11 + ....

hehe..
dulu pernah dikasih tugas buat source code na...

Superbay
27-05-2009, 09:24 AM
^
^
Angka2 itu hasilnya dari mana? :???:

v3rt3x
27-05-2009, 09:31 AM
itu biar mudah aja ditangkap maksudnya sama anak2 sekolah, tapi kl mo yg bener2 benar yah lo bakal dapet di perguruan tinggi, secara lo kl dah kuliah dah dianggap dewasa n dah ga 'disuapin' lagi tapi makan sendiri, kl ga bisa makan sendiri yah mampus dah loh (nilai MK lo) :hihi:

Sunoe
27-05-2009, 10:11 AM
@Superbay
Wa kurang tau... soalna bukan jurusan matematik...
waktu itu cuma disuruh ngitung deret angka2 itu, eh ternyata hasil na "pi"

Wa coba tanya ma anak matematik ternyata emang bener ngitung pi, tapi ga sesederhana tu...

mr_ark
27-05-2009, 10:49 AM
pi = 4/1 - 4/3 + 4/5 - 4/7 + 4/9 - 4/11 + ....

Karena sekarang sudah zaman komputer, jadinya ngitung "pi" itu pake algoritma (program). Istilahnya, dihitung secara numerik. Nah, salah satunya algoritmanya yang ditulis sama Sunoe di atas. Udah ada kok programnya, salah satunya Super PI (yang biasa dipake overclockers buat ngetest kestabilan sistem komputer).

pangeran_kucin6
27-05-2009, 11:20 AM
masalahnya trus mau pake angka brapa? itu kan untuk mmprmudah aja

kulocaki
27-05-2009, 11:59 AM
sebenarnya terserah pakai 22/7 ato 3,14 namun itu juga tergantung ama ketepatan dan kondisi.Mungkin untuk penghitungan sederhana misalnya untuk taraf SD-SMU mungkin masih bisa digunakan 22/7 ato 3,14 namun klo udah taraf lebih tinggi kekna 22/7 ato 3,14 ini sudah tidak relevan.... bagaimana mungkin kita membuat/mengukur/menentukan benda yg berukuran mikroskopis misalnya(yg membutuhkan ketelitian yg tinggi) CMIIW

Gradient
27-05-2009, 12:15 PM
dulu kan pake 22/7 supaya ngitungnya mudah aja. tapi kalo udah sma akhir dan kuliah, biasa pi ya pi, gak pernah diubah jadi angka lagi. ampe sekarang pi masih menjadi misteri, blm ada orang yang bisa mendapatkan pola dari pi....

Feischmaker
27-05-2009, 12:17 PM
hmmm.... pi yang asli emang berisi bilangan tak berulang... yah sejarahnya sih harus dilacak sejak jaman diselidikinya luas lingkaran (jaman peradaban lembah indus india...)

yang penting jangan keliru PI dengan PHI (golden ratio) hehe....

kurapnaga
28-05-2009, 07:47 AM
mangap salah, maksudnya keliling lingkaran dibagi diameter :D

bruakakakkak


Karena sekarang sudah zaman komputer, jadinya ngitung "pi" itu pake algoritma (program). Istilahnya, dihitung secara numerik. Nah, salah satunya algoritmanya yang ditulis sama Sunoe di atas. Udah ada kok programnya, salah satunya Super PI (yang biasa dipake overclockers buat ngetest kestabilan sistem komputer).


ini juga bukan phi, tapi aproksimasinya

Raestloz
28-05-2009, 10:11 PM
Intinya sampai kapanpun ga bakal nemu angka pasti bilangan ph. Sama kaya contoh sederhana 10/3, sampai kapanpun angak 3 nya ga bakal selesai ditulis :D

jadi, mau nyari phi berapa ya...

Feischmaker
29-05-2009, 03:04 PM
once again... it's PI not PHI... they are different...

BaronTrance
29-05-2009, 03:23 PM
jadi inget klo soalnya ketemu yang jari2nya 7 ato 14 ato 21 (kelipatan 7).. kesenengan sendiri.. gampang tinggal coret2.. :haha:

ah tenanglah.. selama masi ada kalkulator.. :haha: (apalagi kalkulator yang saintifikasi)

kikosky
30-05-2009, 08:07 PM
yah bener itu, rumus lingkaran emang susahnya na'udubile... :D

10/3 enggak bakal selesai hanya mendekati tapi tidak absolut, sekali lagi tidak ada yang gak mungkin selama ada "kepentingan" semua pasti absolut

acethegunnerzzz
31-05-2009, 07:16 PM
Waktu kita SD (tepatnya SD negeri dan beberapa SD swasta), kebanyakan dari kita (termasuk saya) yang diajarkan RUMUS lingkaran adalah π (pi) = 3.14 atau 22/7.. http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4a/Pi-unrolled_slow.gif
btw itu gambar pi yang saya copas.. gak tau jadinya malah kaya huruf N kecil.. :onion-103:

tahukah anda kalau pi itu bukanlah 3.14 atau 22/7??

kalau mau diuraikan 22/7 hasilnya adalah : (perhatikan)
3,142857142857142857.. dst

dan pi adalah :
3,1415926535897932384626433832795.. dst

apa bedanya?
22/7 menghasilkan bilangan dengan angka berulang dibelakang koma..
yaitu angka 142857 yang terus berulang2..

sedangkan pi menghasilkan angka dibelakang koma tanpa pengulangan sama sekali..

keliatan simple dan "mendekati" tapiiiii... untuk perhitungan science internasional jelas itu kesalahan FATAL...

so, saya gak heran kalo "kebanyakan" juara olimpiade matematika atau fisika yang berasal dari Indonesia, biasanya sekolah di sekolah2 swasta yang perhitungannya bertaraf internasional..

disini saya bukanlah pihak yang membodoh2i bangsa sendiri, tapi kiranya menjadi acuan kedepan untuk lebih memajukan mata pelajaran yang sampe sekarang (keponakan saya) masih diajarkan..
mungkin ada yang berpendapat "itu agar anak2 lebih memahami" tapi kalo para juara olimpiade itu bisa, kenapa yang lain tidak? saya rasa segala hal yang diajarkan pasti bisa dipelajari.. :lempar:

trus benernya klo qta mau ngerjain soal kita harus pake pi= brp gan???

sleepw4lker
31-05-2009, 08:02 PM
wah mantap, baru tau saya bro...

Cerberus
31-05-2009, 10:49 PM
kenapa ga ada yg mau cek ke mbah wiki, lebih jelas kok daripada ribet.... pi (http://en.wikipedia.org/wiki/Pi)

moralez
01-06-2009, 11:52 AM
o jadi gitu ya bro asalnya :clap:

zz11
01-06-2009, 04:01 PM
waktu saia sma aja (7 tahun yg lalu) masih gitu gan...
kalo angkanya abis dibagi 7, mesti pake 22/7. untung pas kelas 2 (atau kelas 11) gurunya udah agak "pinter" karena ngasih angkanya yang gak abis dibagi 7 semua, jadi mau gak mau kita tetap pake lambang pi itu sendiri di jawaban tes matematika.

misalnya:
hitung luas selimut tabung yang jari2 alas dan tingginya 10 cm.
selimut tabung kan rumusnya pi kali diameter kali tinggi. (CMIIW)
jadi diameter alas 20 cm, tinggi 10 cm. 20 x 10 x pi = 200pi.

Animers
01-06-2009, 07:35 PM
OOh jadi asal mulanya pi gitu ya, jadi lingkaran yang muter 3X, dan liat dari gambar di atas titik merah dan biru bertemu untuk 0,14...... nya

Xophien
01-06-2009, 08:20 PM
misalnya kalo phi yg asli sama yg 22/7 kalo dikali angka yg gede, (1k keatas) bakal keliatan banget tuh jauhnya . . .

bulebulukan
02-06-2009, 08:16 AM
FYI
lupa ngasih tau kalo (phi) sama (pi) itu beda.... yang dimaksud disini itu "pi"
kalo "phi" itu golden ratio = 1.61803399

mrqua
02-06-2009, 08:34 AM
Waktu SMA dulu pakenya 3,14 terus deh kyknya

reskawannabe
02-06-2009, 12:18 PM
ckckckck ternyata ngitung pi sendiri itu aja repot yah..
banyak misterinya :D
jadi penasaran gue sama si pi ini sendiri :D
sekarang emang udah lazim pake simbol pi aja, dibanding angkanya (3,14 ato 22/7)

dari jaman gue smp juga udah pake simbol kok. mungkin kita beda jaman dan beda smp kali yaaaaa :D

Kiddo
02-06-2009, 04:13 PM
nice info :top:

cara mudah ngapalin pi (dalam bahasa inggris) :
How I want a drink, alcoholic of course, after the heavy lectures involving quantum mechanics!

setiap jumlah huruf mewakili angka nya, how = 3, I=1, want=4 dst...
jadi 3,14159265358979

*nyontek di komik Q.E.D :P

khachang
02-06-2009, 04:26 PM
waktu gua sma pernah da guru gue nyinggung2 soal phi .. Mpe ktnya ke tubuh manusia jg sama ada phi2 gtuannya .. tp kurang begitu ingat sih >.<

bondhahnmrt85
02-06-2009, 05:25 PM
Setelah lihat gambarnya, baru nyadar gw kalo itu asal dari nilai Pi tsb... :top:


nice info :top:

cara mudah ngapalin pi (dalam bahasa inggris) :
How I want a drink, alcoholic of course, after the heavy lectures involving quantum mechanics!

setiap jumlah huruf mewakili angka nya, how = 3, I=1, want=4 dst...
jadi 3,14159265358979

*nyontek di komik Q.E.D :P

hahahaha, mantap deh. Yang bikin tuh komik emang gokil orangnya, yg baca aj pusing apalagi yg bikinnya... :top:

Btw, dari post2 diatas masih banyak banget yg salah mengartikan antara "Pi" n "Phi" ya :???:

Animers
02-06-2009, 07:44 PM
Mau gimana lagi dari SD ampe SMA diajarin kalo pi = 22/7 atau 3,14

kurapnaga
02-06-2009, 08:14 PM
Setelah lihat gambarnya, baru nyadar gw kalo itu asal dari nilai Pi tsb... :top:



hahahaha, mantap deh. Yang bikin tuh komik emang gokil orangnya, yg baca aj pusing apalagi yg bikinnya... :top:

Btw, dari post2 diatas masih banyak banget yg salah mengartikan antara "Pi" n "Phi" ya :???:

eh iya yah lupa :hammer:, kalo pi itu π, kalo phi itu Φ :hammer:

nitnot
02-06-2009, 08:31 PM
jadii?? kenapa gitu rebed sih nyari pi,,:onion-82:

andriyanto
05-06-2009, 10:24 AM
Bilangan pi itu termasuk bilangan irrasional (tidak dapat dinyatakan dalam bentuk a/b). Jadi, pi itu tidak sama dengan 22/7 atau 3,14. Dulu diajarin segitu untuk memudahkan perhitungan. Anak SD kalo dikasih PI = 3,142857142857142857 bisa mabok... :muntah: mungkin lebih baik pi dinyatakan dalam lambang saja, "π". Di perguruan tinggi gitu kok, kalo ngitung luas ato keliling lingkaran, hasilnya pasti pake lambang "π". Kalo pun dinyatakan dalam bilangan real, tanda sama dengannya diganti "≈" (artinya: kira-kira/mendekati). Jadi, mungkin anak SD harus diajarin juga pake tanda "≈", atau biarlah pi dinyatakan dengan lambang "π".

:D

setuju bos
biar gak ribet waktu sd sampe sma, kuliah juga kayaknya masih make 3,14 aja
memang sih gak sama makanya saya sih bilang "≈" itu - kira kira sama dengan -
:winkiss:

dhe_dhel
05-06-2009, 10:57 AM
wah.....baru tau nie.........., nice inpo nie, trus saran wat dunia pendidikan indo gmn nie?? perlukah di ganti pa yg udah kita pke skrng ini??

Winoko21
05-06-2009, 11:08 AM
berarti slama ini qta di bo'ongin guru donk...

gw jadi bingung :confused:

Kokuryu
05-06-2009, 02:43 PM
Ga ditipu cuma dikibulin.
Kalo pake pi doank kan anak-anak ga usah mikir cape-cape, kalo pake 22/7 kan harus tambahin itungannya.:em0100:

BTW. Nice Info gan

bondhahnmrt85
05-06-2009, 02:50 PM
Waktu sekolah (terutama SD) dulu kan setiap hitungan harus ada hasil akhirnya. Jarang banget ada hasil akhir dgn kombinasi angka+variabel.

Animers
05-06-2009, 05:26 PM
Selama ini yang diajarin berarti ga bener dong

platinum
05-06-2009, 05:57 PM
bukan diajarin ga bener tapi kitanya juga ga bener2 belajar...
emang ngerti kalo SD diajarin kaya gitu?

kalo mau ya tanya sama gurunya kok 1+1 bisa jadi 2, tanyain filosopinya :D

bulebulukan
05-06-2009, 06:00 PM
Selama ini yang diajarin berarti ga bener dong

bukan gak bener bro.. kurang tepat...
persis kayak yang dibilang bondhahnmrt85
kalo perhitungan SD hasilnya harus pasti angka.. bukan variabel..
sebenernya gak masalah menggunakan pendekatan 22/7 atau 3.14 buat perhitungan sederhana.. tapi masalah cuma terjadi kalo r=7 atau kelipatannya
atau bila menggunakan 3.14, masalah terjadi kalo r=3.14 dan kelipatannya, karena akan menghasilkan angka PASTI.. yang sebenernya hasilnya tidak sesempurna itu..

kzha
06-06-2009, 08:00 PM
22/7 dan 3.14 kan hanya aproksimasi saja

definisi phi sendiri adalah keliling lingkaran/ diameternya
dan 3,1415926535897932384626433832795 juga bukan phi

tapi pendekatan dari phi
bener bro,. pi adalah bilangan standart alam semesta,. jadi kita hanya bisa mendekatinya saja
sama juga dengan phi=1.61803399 ., yg diambil dari deret phibonanci,.. itu juga hanya mendekatinya saja

bulebulukan
08-06-2009, 08:52 AM
bener bro,. pi adalah bilangan standart alam semesta,. jadi kita hanya bisa mendekatinya saja
sama juga dengan phi=1.61803399 ., yg diambil dari deret phibonanci,.. itu juga hanya mendekatinya saja

salah bro, bilangan pi sendiri sebenernya eksak.. hanya tidak dapat dilanjutkan desimal dibelakang koma, itu kenapa memakai "..." dan disebut pendekatan.

kalau 22/7 dan 3.14 itulah yang disebut pendekatan, silahkan baca kembali spoiler didepan, beberapa orang telah menemukan angka "tepat" dari pi, tapi belum (atau mungkin tidak dapat) semuanya, itu kenapa perhitungan lingkaran menggunakan variabel pi.. dan dengan hitungan variabel, maka angka yang didapatkan mutlak (note: angka dengan variabel adalah mutlak)

FYI setiap perhitungan dengan tanda "..." dibelakang adalah pendekatan namun dia sebenarnya adalah bilangan pasti.

thisisant
08-06-2009, 09:11 AM
yup, Pi itu cuma pendekatan. Coba cari program superPI deh, yang dipake untuk mengetes kestabilan prosesor/benchmar, disitu bisa dihitung pi sampe 32 mega digit (32 juta digit). Tapi itu pun pendekatan.

Sedikit trivia:
83,431 merupakan jumlah digit pi terpanjang yang bisa dhapalkan manusia (rekor dunia)
http://news.bbc.co.uk/1/hi/world/asia-pacific/4644103.stm

rekor dunia perhitungan pi adalah 1,2411 x 10^12 (lebih dari 1 triliun digit)

nuclear_bomb
14-06-2009, 10:45 AM
orang ngitung phi = 3.14 aja ngitungnya udah susah apa lagi kalol ebih panjang...
bisa gila..........

altux
14-06-2009, 02:38 PM
makanya dinyatakan pakai phi aja
kan jadi gampang tuh
soalnya klo mau dipanjangin komanya bisa tak terbatas itu

terus kayanya ga susah deh, cuma lebih capek aja nulis angka2nya

treeten
14-06-2009, 09:30 PM
phi itu kan yang ada sekarang juga ga 100% tepat tapi mendekati aja

jarwo
14-06-2009, 09:46 PM
emang gunanya phi untuk apa sih?

masih bingung...

JinTampan
14-06-2009, 10:54 PM
emang gunanya phi untuk apa sih?

masih bingung...

salah satu gunanya sih buat itung luas , volume lingkaran :D

denmasklowor
15-06-2009, 01:31 AM
dari sudut pandang teknis:
karena nilai pi itu panjang angka belakang koma tergantung kebutuhan, maka ada toleransi kesalahan, misal untuk pembuatan komponen mesin yg perlu ketelitian hingga mikrometer, maka perlu nilai pi dengan angka belakang koma sekian digit.
kalo anak SD ya 22/7 atau 3,14 aja dah cukup, kalo panjang-panjang nanti malah gak ada yg lulus UAN krn gak selesai ngerjain tesnya.

gemboyz85
20-06-2009, 02:29 PM
kok jd binun y...

baru tau klo pi ntu bkn 22/7...
juga klo 3,14 ntu bukan pi jg..

walaaaaaahh.... malah tambah binun...

shitenmaru
21-06-2009, 06:57 PM
akhirnya ada penjelasan juga kenapa selama ini aku bingung dengan nilai pi yg tidak sama dengan 22/7
thx atas infonya

rizuky
26-06-2009, 10:44 PM
bisa rusak otak klo ngitung pi tepatnya berapa, hahahahah

swtmath
21-07-2009, 04:17 PM
pi adalah bilangan irasional yang pertama kali ditemukan. dan sampai sekarang masih terus dicari approksimasinya. pi banyak digunakan di cabang ilmu matematika terpan dimana digunakan untuk menghitung bangun ruang atau membuat fractal juga bisa mengunakan pi.

pitiex
23-07-2009, 11:21 AM
jadi, selama ini kita diajari di sekolah bwat apa dnkz????

BackO
23-07-2009, 05:54 PM
wah kl nentang guru pake nunjukin forum ini bisa2 di gampar ane
pasrah aja de

taklitik
24-07-2009, 07:15 AM
semakin banyak ekornya makin tepat ya :???:

pitiex
24-07-2009, 07:29 AM
semakin banyak ekornya makin tepat ya :???:

katanya sih gitu......
biar perhitungannya lebih akurat....:cowboy:

WhiTeAdicT
24-07-2009, 01:08 PM
oh ternyata bukan yah tapi di indo smua pda pk kek gt..kalo pk angka asli na bel na juga bsia mabok tuh..hahahaha..
bel mngkin ga..tapi kalo pas ulangan..apalagi pas ngitung..hamhek..!!!haha

Fahmy
24-07-2009, 01:42 PM
Jadii ????
Sampe sekarang Lum ada Yang pasti ya ?????

Nice Info Kak..

lucielle
24-07-2009, 02:40 PM
wah, ribet kalo hafalin pi yang banyak angka dibelakang koma

cukuptauaja
24-07-2009, 03:11 PM
ada dua kelompok besar bilangan dalam bilangan Real:
1. Bilangan rasional = bilangan yang dapat dinyatakan dengan a/b
2. Bilangan irrasional = tidak dapat dinyatakan dengan a/b

contoh bilangan rasional:
3/4 = 0.75
0.505050505050...(berulang sampai tak hingga) = 50/99
Jadi bilangan desimal berulang dengan pola teratur termasuk bilangan rasional

contoh bilangan irrasional:
akar kuadrat dari 2 = 1.4142135623730950488016887242097...(tidak berulang)
pi = 3.1415926535897932384626433832795...(tidak berulang dengan pola)

Kesimpulannya nilai pi memang tidak dapat dicari nilainya eksaknya karena dapat didekati sampai dengan tak hingga banyaknya angka dibelakang koma

jadi digunakanlah nilai aproksimasi sesuai dengan ketelitian perhitungan yang diinginkan, untuk perhitungan kasar nilai aproksimasi 22/7 (3.14) sudah mencukupi, untuk tingkat SD,SMP,SMA nilai aproksimasi 22/7 rasanya juga sudah memadai

budikikiw
24-07-2009, 03:18 PM
bukan nya itu udah ketetapan ya kk,
itu kan udah mengalami pembulatan, untuk mempermudah pembelajaran :hammer:
bukan nya pendidikan indonesia nya yang bodoh, itu cuma untk memper mudah,
buktinya guru aye aje ngasih tau kalo pi itu yang 22/7 itu mengalami pembulatan coz nilai koma nya itu tak terhingga...
mau sampai kapan juga gak akan ketemu akhirnya :hammer:

bulebulukan
24-07-2009, 04:05 PM
bukan nya itu udah ketetapan ya kk,
itu kan udah mengalami pembulatan, untuk mempermudah pembelajaran :hammer:
bukan nya pendidikan indonesia nya yang bodoh, itu cuma untk memper mudah,
buktinya guru aye aje ngasih tau kalo pi itu yang 22/7 itu mengalami pembulatan coz nilai koma nya itu tak terhingga...
mau sampai kapan juga gak akan ketemu akhirnya :hammer:

pertama. gak ada yang bilang bodoh dan membodohi..
kedua. cara penulisan pi bukan pakai nilai dibelakang koma.. pi ya pi..
coba spoiler2nya dibaca dulu :)
pi.12 = 12pi

summonedskull
24-07-2009, 09:02 PM
saya gak ngerti om
yang penting ujian sukses trus naik kelas...

Dunceney
25-07-2009, 01:08 PM
^Setuju banget

diamaku
25-07-2009, 02:31 PM
wah dalem banget penjelasannya... tapi gw pecayalah yg sekarang

archarvel
29-07-2009, 04:02 AM
wew~
baca ini bingung aq --a

Guru Fisika aq yang emank dari sononya udah jenius juga sering ingetin
kalo phi itu ga mutlak 3,14
tapi baru tau kesalahan sekecil itu bisa jadi KESALAHAN FATAL --a
berarti sampe skrank belum diketahui kan?
huyuh~
buku pelajaran di negara qt arus diubah tuh~

pitiex
31-07-2009, 09:02 AM
wew~
baca ini bingung aq --a

Guru Fisika aq yang emank dari sononya udah jenius juga sering ingetin
kalo phi itu ga mutlak 3,14
tapi baru tau kesalahan sekecil itu bisa jadi KESALAHAN FATAL --a
berarti sampe skrank belum diketahui kan?
huyuh~
buku pelajaran di negara qt arus diubah tuh~

kayana g cuma di negara qt aja deh....
semua negara kliatannya juga begitu..

rumahmode
31-07-2009, 09:17 AM
yup, dalam aplikasi science gak boleh pake 3.14. waktu gw masih jaman sekolah dulu pun dilarang pake 3.14. harus 22/7.

senang2
31-07-2009, 09:25 AM
22/7 dan 3.14 kan hanya aproksimasi saja

definisi phi sendiri adalah keliling lingkaran/ diameternya
dan 3,1415926535897932384626433832795 juga bukan phi

tapi pendekatan dari phi

benaaaar, saya setuju
karena pi adalah bilangan irasional

lovelyan
31-07-2009, 09:52 AM
ngomong apa sih???,,ga nyampe otak gw
:???::???::???::???::???::???:
........
.......
............
...............
....................
........................
5 menit kemudian.................... .
...................................
aaaaarggghhhhhhhhh



brarti slama ini aq dibodohi




,,kembalikan uang pendidikanku,:onfire::onfire::onfire:

rumahmode
31-07-2009, 11:49 AM
ngomong apa sih???,,ga nyampe otak gw
:???::???::???::???::???::???:
........
.......
............
...............
....................
........................
5 menit kemudian.................... .
...................................
aaaaarggghhhhhhhhh



brarti slama ini aq dibodohi




,,kembalikan uang pendidikanku,:onfire::onfire::onfire:


ha.ha.ha..... gak dibodoin kok.... dari hasil itung2an kalkulator yang dibuletin sampe dua desimal, pi emang 3.14. cuma dalam aplikasi sesungguhnya, bikin traktor misalnya, gak boleh pake 3.14. karena dalam terapannya, selisih sekian desimal aja bisa bikin pesawat meledak ato orang meninggal...

valr1st
31-07-2009, 11:56 AM
nah betul 3.14 tuh cuma buat kita beajar pas SD doank supaya mudah soalnya anak sd jgnkan dikasih 22/7 dikasih 1/2 aja bingung dia

nah pas sma seharusnya kalo ada guru yg bilang pi itu 3.14 sanggah aja kk kalo perlu debat sekalian ... soalnya gua aja baru tau di kampus kok untung selama ini gua pake nya 22/7 yg ampe2 pernah ngitung di kalkulator kalo pake 22/7 itu hasinya E kebalik wkakakakakak kalo pake 3.14 ada hasilnya

terbukti gua dari situ berarti perhitungan paje pi 22/7 itu lebih detail sampai2 angka dibelakang komanya itu kalkulator bisa error

seharusnya pi 3.14 itu dihilangkan saja dari awa di didik untuk 22/7

ricky_adjah
31-07-2009, 02:08 PM
hahaha,, anak SD kelas 4 tu dh diajarin keliling n luas lingkaran,,

mereka ngitung 17,5 x 23.96 aja masih ga mudeng, trus harus mkirin pi itu..

kasih aja angka 22/7 toh klo dibuletin kan sama" 3.14,, anak sd ga kan ngerti klo itungan luas atau keliling lingkaran itu hasil akhirnya ada pi,, kan harus bertahap, toh mulai sma klas 2 atau 3 dh mulai mengenal bilangan irasional, trus kenal ma hasil itungan yang nilainya ga angka semua..

nah di kuliah yg jurusanya ad ngitung" pi, baru pd bner" ngerti.. jd kita ga di bodohi, cm proses pengetahuan itu harus sejalan dgan kemampuan pemahaman..

rumahmode
31-07-2009, 02:53 PM
hahaha,, anak SD kelas 4 tu dh diajarin keliling n luas lingkaran,,

mereka ngitung 17,5 x 23.96 aja masih ga mudeng, trus harus mkirin pi itu..

kasih aja angka 22/7 toh klo dibuletin kan sama" 3.14,, anak sd ga kan ngerti klo itungan luas atau keliling lingkaran itu hasil akhirnya ada pi,, kan harus bertahap, toh mulai sma klas 2 atau 3 dh mulai mengenal bilangan irasional, trus kenal ma hasil itungan yang nilainya ga angka semua..

nah di kuliah yg jurusanya ad ngitung" pi, baru pd bner" ngerti.. jd kita ga di bodohi, cm proses pengetahuan itu harus sejalan dgan kemampuan pemahaman..

iya, gw juga dapet 3.14 waktu sd. sampe smp juga masih 3.14 tapi dengan sombongnya gw pake 22/7 karena keliatannya lebih keren...ha.ha.ha...... pas smu baru beneran disuruh 22/7.

Rush_Sykes
04-08-2009, 02:21 PM
baru tau gw??
nice info:top:

RushSykes
04-08-2009, 05:52 PM
^
^
^
Namanya Koq Mirip ya..???:sleep1::sleep1:

kiriyama
21-09-2009, 10:47 PM
keliatannya sih angka "pi" ini kalo diitung sampe kiamat juga ga bakalan ada abisnya
memang misteri alam "pi" ini

silentlone
22-09-2009, 04:52 AM
alamak, pi ribet bner ternyata :apa::apa:

curiousboy
23-09-2009, 11:19 AM
biar mudah dipahami doang kali...

setanbedul
23-09-2009, 12:25 PM
masukan yg bagus
tetapi dulu di sekolah gw di ajari asal-usul kenapa kok phi adalah 22/7

syg lupa detilnya.. kl gk salah bila jari2nya 7cm.. maka kelilingnya 22cm

tp mungkin aja ada problem.. dimana si lingkaran ngak bulat utuh???

kai_1412
23-09-2009, 01:27 PM
super nice info...dan satu lg fakta yg membuat otak puyeng..

wiwi.22
24-09-2009, 04:47 AM
pernah ada buku yang menjabarkan nilai pi dalam 1000 digit dibelakang koma.. aku pernah lihat di buku olimpiade matematika jaman SMA dulu..
Kalo masalah pi = 22/7 atau 3,14 itu masalah approksimasi saja.. biar dalam penghitungan sehari2 jadi lebih mudah.. Kalo pake yang 1000 digit itu kan susah juga ngitungnya.. ;)

midas
24-09-2009, 09:30 PM
tapi klo hasilnya koma2an gtu pasti kan dari hasil pembagian bkan???
lah pembagian ntu brapa

rhezaanzai
24-09-2009, 10:38 PM
trid yg bagus...
`pi` emang ngebingungin...
kalo pake kalkulator enak tinggal teken tombol `pi` aj

wiwi.22
24-09-2009, 11:57 PM
tapi klo hasilnya koma2an gtu pasti kan dari hasil pembagian bkan???
lah pembagian ntu brapa
yah kalo bilangan dibelakang komanya ga ada batasnya (infinite number) dan ga memiliki pola khusus alias berulang acak, ga bisa di bentuk dari pembagian dua bilangan..

Inget aja definisi bilagan rasional.. Bilangan yang bisa direpresentasikan dengan a/b, dimana a dan b adalah suatu bilangan bulat.. Kalo nilai pi yang sebenarnya ga bisa direpresentasikan dengan a/b.. 22/7 dan 3.14 hanya approksimasi saja terhadap pi.. ;)

rinaldi
27-09-2009, 05:15 PM
Setauku yg guru2 kita ajarin ya 22/7=phi....

kurapnaga
27-09-2009, 10:19 PM
Setauku yg guru2 kita ajarin ya 22/7=phi....

yah gurunya liat2 juga lah, apakah muridnya mampu menyerap kalo dijelaskan itu hanya pendekatan

elfujiki
14-08-2010, 09:08 AM
hoho.. klo orang awam pasti nganggepnya 22/7 = 3.14, soalnya pasti mereka gak mau susah2, bikin pembulatan 2 angka dibelakang koma aja :hihi:

nice inpo :top:
harus bisa mulai mengajarkan ke adek2 tentang phi neh

Shiromaru
14-08-2010, 09:14 AM
hoho.. klo orang awam pasti nganggepnya 22/7 = 3.14, soalnya pasti mereka gak mau susah2, bikin pembulatan 2 angka dibelakang koma aja :hihi:

nice inpo :top:
harus bisa mulai mengajarkan ke adek2 tentang phi neh

klo diajari tambah pusing ntar kk
haha
tapi nice info nih thread

dark_kiva
14-08-2010, 09:31 AM
yah kan 22/7 itu buat memudahkan aja, kalo anak sd dikasih phi yg kayak gini, bisa mabok nanti

chewae
17-08-2010, 09:27 PM
22/7 dan 3.14 kan hanya aproksimasi saja

definisi phi sendiri adalah keliling lingkaran/ diameternya
dan 3,1415926535897932384626433832795 juga bukan phi

tapi pendekatan dari phi

ane setuju dengan pendapat ente....

sonet3
17-08-2010, 09:34 PM
pendekatan aja gan.. yg penting khan paham darimana asalnya.... kasian anak smp klo tiba2 dikasih hitungan integral gitu

cuber_boy
18-08-2010, 12:22 AM
wow,, olimpiade pke perhitungan berapa angka di belakang koma emang??
klo menurut gue buat pehitungan penelitian baru ngefek tuh,, tapi klo buat itung2 biasa sih meskipun olimpiade, gak bepengaruh besar...

happybratboy
25-12-2010, 05:55 PM
waduh
matematika gw di sma jatuh bangun
jadi bingung baca yang ginian

tyann
27-12-2010, 12:10 PM
jadi sebenarnya darimana angka phi didapat? :???:

angka pi didapat dari hasil pembagian Keliling lingkaran dengan diameternya. Coba aja buat lingkaran dengan tali yang sesempurna mungkin. Ukur panjang tali total sebagai keliling nya trus lo bagi dengan diameternya (dari lingkaran tali yg lo buat), hasil nya pasti mendekati 22/7. Berlaku untuk lingkaran berukuran apa aja. Pi ini udah ditemukan sejak jaman Mesir kuno, ga tau juga dengan ilmu apa mereka tau nya :matabelo:

BUKTI :
rumus keliling lingkaran : 22/7 X 2 X R =
Keliling / Diameter X Diameter ( 2 X R )
hehe :peace:

shaoran
27-12-2010, 01:35 PM
berita menarik..
memang banyak yang masih g ngerti kalo phi sebenarnya bilangan irrasional, jadi bukan 22/7.
Tapi yang hebat soal integral yang dibawahnya itu...
ane g ngerti pake metode apa buat ngejawabnya....

idoy_klik
28-12-2010, 05:09 PM
untungnya pi ngga dipake bwt ngitung kembalian,
kalo dipake td gw jajan kembaliannya salah dong....:haha:

Armandotop122
11-01-2011, 12:24 PM
untuk ekonomi Pi juga sering dipake gan
wkwkwk
dan kita gak boleh pake 22/7
haha

sinsisme
12-01-2011, 12:45 PM
Banyakan sekarang phi = 3,14 seh tapi saya suka bgt tuh sama animasi gerak rodanya :top:

:niceinfo:

Levantino
14-01-2011, 08:47 AM
angka berulang 142857

coba di kali 2, di kali 3, dikali 4, dikali 5, dikali 6, dan terakhir dikali tujuh...

perhatikan hasilnya :haha:

tovic
14-01-2011, 09:33 AM
disini emang gitu cara pembelajarannya
tapi terkadang gw pake angka pi=3.14 ato yg 22/7 klo lagi nyari ukuran secara cepet
soalnya ndak selalu bawa kalkulator yg ada tombol pi-nya