PDA

View Full Version : Historical Places Rahasia Tugu Pancoran



lovemoca
31-05-2009, 05:15 AM
http://www.provoke-online.com/uploaded/P%2014/jak%20o%20%20jak/dirgantara.jpg

patung yang biasa disebut patung pancoran ini sebenarnya bernama asli patung dirgantara. karena letaknya yang berada di daerah pancoran, patung ini biasa disebut patung pancoran. patung ini memiliki tinggi 11 meter dan terbuat dari 11 ton perunggu serta memiliki landasan berbentuk lengkungan dari beton setinggi 27 meter. Dirancang oleh Edhi Sunarso, dibuat oleh seniman Keluarga Arca dari Yogyakarta, dan diawasi langsung oleh Presiden Soekarno sendiri, patung ini selesai dibangun dalam dua tahun (1964-1965).

banyak yang bertanya mengapa arah tangan patung pancoran mengacung ke arah utara???
mengapa tidak ke arah timur. atau selatan?? mengapa pula tidak mengarah ke istana???

Sayangnya sekarang monumen ini tertutupi oleh jalan layang dan jalan tol
inilah potret pancoran tempoe doloe…


http://media.vivanews.com/images/2008/09/23/54620_kawasan_pancoran_jakarta_tahun_1970_an.jpg

beberapa cerita tentang acungan tangan patung pancoran terus mengalir selama beberapa dekade. beberapa orang menceritakan bahwa patung ini menghadap ke sebuah pelabuhan sunda kelapa yang merupakan jantung peradaban bangsa indonesia selama di jajah belanda. ada juga yang mengatakan bahwa patung ini mengarah ke sebuah lokasi harta karun peninggalan Ir. Soekarno yang konon bisa melunasi hutang negara indonesia.

ayo kita rame2 liat tangannya nunjuk mana terus ikutin arahnya :em0100:

namun ada juga yang bilang dulu maksud di bangunnya tugu pancoran adalah untuk menyatakan bahwa kiblat politik indonesia adalah ke RUSIA arah komunis???

fuzee
31-05-2009, 05:37 AM
coba dibikin film mistery thriller kaya davinci code. pasti keren tuh.

rubah
31-05-2009, 08:11 AM
mungkin tu patung kayak jam matahari ??? kan Jakarta dolo belum banyak gedung bertingkat

Lyco
31-05-2009, 10:18 AM
..:th_093: intinya rahasianya masih belum ketahuan?

Raestloz
31-05-2009, 12:44 PM
Satu lagi topik yang isinya beda dengan judulnya... :hammer:

Sunoe
01-06-2009, 08:52 AM
Bukannya tuh tangan klo angel samping miring ke atas, berarti ke arah angkasa...

Feischmaker
01-06-2009, 08:57 AM
menurut gw malah seperti salam pada der fuhrer :haha:

UCOKLUMBALUMBA
18-03-2010, 04:06 PM
hahaha itu gampang bro...
tugu pancorana punya nama asli patung dirgantara
jadi arah utara yang di tunjukan sama tuh patung adalah lokasi bandara di jakarta yang dulu ada di kemayoran jakarta
sebelum di pindah kan ke cengkareng bro

zz11
18-03-2010, 04:35 PM
ada juga yang mengatakan bahwa patung ini mengarah ke sebuah lokasi harta karun peninggalan Ir. Soekarno yang konon bisa melunasi hutang negara indonesia.

namun ada juga yang bilang dulu maksud di bangunnya tugu pancoran adalah untuk menyatakan bahwa kiblat politik indonesia adalah ke RUSIA arah komunis???

Wah keknya kalo 2 ini bisa jadi deh :haha:
Tapi yg pertama gw rasa agak lucu karena jadi mirip dongeng/mistik :lol:
Selain itu Bung Karno kan deket sama orang2 Rusia (tapi jangan dibahas lebih lanjut bisa bahaya nih ujung2nya).

giganticskies
18-03-2010, 05:06 PM
Kalo bener harta karun sih lumayan :blink:
Tapi hartanya tuh apaan dan darimana asal usulny :???:
Terlalu banyak spekulasi :cerutu:

zz11
18-03-2010, 05:23 PM
Kalo bener harta karun sih lumayan :blink:
Tapi hartanya tuh apaan dan darimana asal usulny :???:
Terlalu banyak spekulasi :cerutu:

Gak tau juga, mungkin itu harta dari warisan nenek moyang yang cuma Bung Karno yang tau...
Ah, kok saya jadi berspekulasi juga :haha:

murbaut
24-03-2010, 01:22 PM
yah berarti tetap misteri,,

tapi mungkin itu sebagai indikator ketinggian banjir jakarta,,kalo ketinggian air sudah sampai ke batas ketiak patung manusia bukannya terlihat seperti orang yang sedang berenang?hehehehehe :piss:

zakuroba
08-04-2010, 01:54 AM
g pernah denger berita kyak gini saia.. :piss:

tapi kalo ada harta karun nya..boleh juga tuh.. :blink: :blink:

ilcloud
08-04-2010, 06:15 AM
beneran tuh???

gw kira karena banyak orang yang a tau dimana tebet, makanya patung pancoran dibangun menghadap ke utara seakan berkata "mas, tebet disana :lol:"

aqua00
12-10-2010, 01:12 PM
mungkin patungnya jadi inspirasi film superman gan...

shini234
12-10-2010, 05:26 PM
ah. masa sih nunjikin tempat harta karun. mungkin itu cuman monumen biasa.

ThePuckals
14-10-2010, 10:13 AM
umm.,patung Pancoran ya.,.
klo gw denger dari temen gw,
sebenarnya Patung Pancoran itu nunjuk ke arah Palangkaraya,mungkin ada yg bersedia ngukur pke GPS ama theodolit,,hehe
ada pendapat yg menyatakan bahwa Bung Karno dulu sudah merencanakan ibukota di Palangkaraya,Kalimantan karena secara geografis lebih berada di tengah2 Indonesia dan memiliki luas yang lebih luas dari Jakarta, tapi belum sempet ngasi komando sudah di turunkan

davelf
14-10-2010, 10:20 AM
lunasin hutang bangsa Indonesia???:hahai::hahai::hahai: Dulu mungkin mantan Presiden Ir. :onion-86:Soekarno nga tau kalo utangnya Indonesia bakal ampe sebanyak ini

SanoAccuro
14-10-2010, 04:19 PM
fotonya keren, Jakarta tempo doeloe masih leggaaaaaaaa........

ZeronoZ
16-10-2010, 09:31 PM
ad ap dgn arah'a y

1c4ru5
21-10-2010, 09:07 PM
bnyk junker :swt:
baiklah yg heran klo msalnya mitos soal harta soekarno tsb brsal drimana bsa aja dgn logika,soekarno prnh berkata
bahwa dia keturunan seorg bangsawan/raja sebuah kerajaan[lupa gw klo gk slh kediri] jdi mngkin saja harta tsb harta kediri/kerajaan tsb.

klo soal rusia dll itu gk bsa jga loh gan
soal nya saat perang dingin ada 3blok yg bertanding blok timur/komunis dan blok barat/demokrasi/nasionalis dan GNB dan indonesia memihak GNB[baca:pendiri GNB bersama india] dan ttp pro komunis dan pro demokrasi tp demokrasinya tdk pda negara2 sekutu/negara maju demokrasi saat itu krn dianggap nekolim/neo kolonialisme jga kolonialisme.dan nurut logika arah mata angin pda dasarnya
^utara
timur< >barat
Vselatan
klo dia ke rusia/komunis pasti ke kiri/timur dong...
klo pancoran ini prnh dgr2 ktnya utara yg biasanya pda mata angin dasar menunjuk ke atas yg berarti ke depan yg bermaksud indonesia harus maju ke depannya/menjadi maju bkn menjadi mundur dan gw pkr pke logika benar jga sih :hmm:

D1Mask
25-10-2010, 05:50 AM
soalnya lebih artisktik
itu aja kok repot

delopadi
13-12-2010, 03:06 PM
jadi rahasianya apa kk? :bloon:
klo gini mah mending judul threadnya misteri deh, bukan rahasia.

djackdani
01-02-2011, 09:06 AM
Wew....iykah ada harta karun:???:

Br tahu neh soal menghadapnya patung pancoran,soalnya yg tahu cuma tu monumen aja:hahai:

sang_magendaris
02-02-2011, 08:29 PM
yg lebih universal emg ke utara.. [dmn2 peta menghadap k utara]
klo misalnya ada pilihan lain sih baik nya k ka'bah, tp kan indonesia bkn negara Islam
btw, diluar itu gw sepakat tuh ma usul dijadiin film kaya dan brown ato national treasure
bwt hiburan kita2 aja :hehe:

aioros
03-02-2011, 12:10 AM
kalo gak salah ini ada cerita haru tentang patung dirgantara dan Pak Karno. Waktu itu upah seniman patungnya belum dibayar, terus Pak Karno akhirnya ngelunasin sebagian upahnya pake duit hasil dari jual mobilnya. Waktu patung ini dipasang, seniman patungnya dari atas ngeliat di bawah ada iring-iringan mobil jenazah. Setelah dikasih tahu kalo yang meninggal adalah Pak Karno, dia langsung turun ikut ngasih penghormatan.

Pak Karno nggak sempat liat Patung Dirgantara selesai dipasang :(

stanzaries
22-03-2011, 09:28 PM
menurut gw malah seperti salam pada der fuhrer :haha:

:haha: sama menurut ane juga gitu,..
tp terserah lah, apapun rahasia itu, semoga baik buat bangsa kita,..

foto jadul, :top:
sekarang udh ga seperti itu lg,.. :hehe:

vhykyu
11-05-2011, 10:02 PM
fotonya jadul naget ya,mobilnya bang mandra semua :hehe: coba dibandingin sama foto yang sekarang
kayaknya jari tangannya nunjuk keatas deh,karna namanya aja patung dirgantara makanaya nunjuknya ke atas masa ke bawah :ngacir:
coba tanya aja sama anaknya pak karno kali aja dia tau sejarahnya atau punya peninggalan tulisan tentang sala mula pembangunan patung itu,dari pada berasumsi :peace:

yudis79
19-05-2011, 10:53 AM
nice inpoh...keep posting ya...buat tambah pengetahuan

easyvalen
19-05-2011, 11:55 AM
bukannya nunjuk ke monas ya :???:
klo harta karun dari bung karno kan katanya beneran ada. tp ada beneran ngak sih:???:

thejabs
22-05-2011, 03:40 PM
hahaha itu gampang bro...
tugu pancorana punya nama asli patung dirgantara
jadi arah utara yang di tunjukan sama tuh patung adalah lokasi bandara di jakarta yang dulu ada di kemayoran jakarta
sebelum di pindah kan ke cengkareng bro

yang ini lebih masuk akal

singleBedcover
11-06-2011, 06:33 AM
hahaha...gw pikir desas desus harta karun Sukarno yg berasal dr tugu ini cm bualan dosen sejarah gw aja,,,trnyata TS nya punya opini yg sama,,,,Kayanya gw harus udah mulai searching lagi nih ttg kebenaran brtnya

jarmen_kerll
08-07-2011, 10:15 AM
ayo rame2 cari harta karun sukarno yang gak muungkin ada

unlimited_
12-07-2011, 05:41 PM
yah berarti tetap misteri,,

tapi mungkin itu sebagai indikator ketinggian banjir jakarta,,kalo ketinggian air sudah sampai ke batas ketiak patung manusia bukannya terlihat seperti orang yang sedang berenang?hehehehehe :piss:

:XD:
paling lucu diantara semuanya...
wkwkwkwkwkwk....


hahaha itu gampang bro...
tugu pancorana punya nama asli patung dirgantara
jadi arah utara yang di tunjukan sama tuh patung adalah lokasi bandara di jakarta yang dulu ada di kemayoran jakarta
sebelum di pindah kan ke cengkareng bro

jawaban paling baikk...
:top:

Kazuijo
14-07-2011, 11:49 AM
bukannya ntu buat penunjuk arah bagi yang ga tahu arah? :peace:

mikawidhi
14-07-2011, 12:55 PM
enak banget jakarta tempo dulu. leeegaaaaaa bener....

reevando27
14-07-2011, 06:14 PM
Mantap!Saat ini tugunya masih dipertahankan dan berdiri tegak..
Klo dibilang menunjuk ke harta karun, lebih baik terus mendekam disana, manusia disini dengan harta yang berlimpah aj makin lama makin SERAKAH..
Jd jgn bilang bisa nutupin hutang Negara..

Mirisss..

tanker77
18-07-2011, 07:56 AM
coba dibikin film mistery thriller kaya davinci code. pasti keren tuh.

sangat keren pastinya :hahai:
lumayan lah idenya bisa menyegarkan mata penikmat film indonesia

chino82
06-08-2011, 02:55 AM
:rokok: hmmm....
mungkin alasannya cman sesederhana ini kaks : biar tuh patung isa full kena cahaya matahari spy struktur na kelihatan jelas dari jauh (aturan standar buat bangun monumen,etc) bisa north ato south, cuman akhirnya ditetapin ke utara ae sekalian jadi patokan arah mata angin kek na
..... pendapat pribadi sech :peace:

icho_as_back
25-02-2012, 01:25 PM
http://images.forum.idws-static.com/images/smilies/hammer.gif

magnagiga
25-02-2012, 02:12 PM
kasian patung pancoran sekarang, ga bisa liat pemandangan lagi gara2 ketutupan gedung2 dan jalan layang, hahaha

r3dchick3n
25-02-2012, 02:13 PM
welehh.. banyak amat dugaannya..
tp, kyknya lebih cocok yg menunjuk arah Rusia..
soalnya, waktu itu kan pas lg "mesra2"-nya hub. Indo-Rusia, mungkin bagian dr politik luar negeri Bung Karno,
agar mendapat support penuh dr Rusia... :hero:

ekoiksanto
28-02-2012, 09:28 PM
ada yang meneliti secara mendalam belum ya mengenai ini

peninggalan jaman dahulu itu masih penuh dengan misteri :haha:

lordaeron_summer
28-05-2012, 12:40 AM
Wow fotonya... Kelihatan banget hasil pembangunan sampai sekarang ini kalau lihat foto itu hehehehehe

tujudua
28-05-2012, 11:13 AM
Jakarta tempoe dulu ya.. kalo sekarang dah amburadul.. tugu pancoran dah kalah dengan bangunan bertingkat

xepix
28-05-2012, 04:30 PM
jadi sebenarnya mengarah kemana g tahu ya??sy pernah denger dari teman kerja di sebelah sy kalo patung itu menunjuk ke arah monas...mungkin harus via google map biar keliatan...:D

goz_275
30-06-2012, 09:52 PM
ungkin patung pancoran nunjuk ufo kali gan,,
tangannya kayaknya agak menjorok keatas soalnya,,
ane kira rahasianya kalo malem patung pancorannya duduk, kagak bediri,,

keplexxx
01-07-2012, 11:42 AM
jangan jangan nnti ni konspirasi ???

abang_too
09-07-2012, 12:25 AM
Bro sis....< patung tsb menunjuk arah Halim Perdana Kusuma......, jelaskan korelasinya antara Patung DIRGANTARA dengan Halim Perdana Kusuma.....?

ronygttboy
09-07-2012, 02:40 PM
coba dibikin film mistery thriller kaya davinci code. pasti keren tuh.

setuju banget ma ente :haha:

rambutkaratan
21-02-2013, 01:19 PM
beberapa orang menceritakan bahwa patung ini menghadap ke sebuah pelabuhan sunda kelapa yang merupakan jantung peradaban bangsa indonesia selama di jajah belanda
Coba aja liat dari atas (Google Earth) bener2 menghadap Sunda Kelapa ga? :???:

bajingux
22-02-2013, 07:39 PM
Kalo sekarang tugu atau patungnya ga begitu jelas, karena terlihat dari berbagai macam bangunan.

gaaraxvo
23-02-2013, 03:28 PM
maksudnya memang mau menunjukkan arah utara, semua peta pasti bagian atasnya menunjuk ke arah utara kan?
jadi kalo ada pendatang yang tersesat bisa melihat peta dengan mudah

Anarchy2012
08-03-2013, 07:46 PM
Klo gw sih lebih setuju ke "menghadap ke pelabuhan sunda kelapa", coz waktu itu-kan jalur perdagangan kita-kan di situ..

Tsuneo
30-06-2013, 08:36 PM
kalau jadi petunjuk harta karun menurutku sih kurang masuk akal

Belladina
04-07-2013, 09:35 AM
wah jaman dulu belum ada flyovernya ya, jadi keliatan tinggi banget^^

Zidaralam13
07-07-2013, 07:41 AM
coba kalo itu beneran nunjuk arah harta karun pasti diburu

aizy
07-07-2013, 12:47 PM
ada juga yang mengatakan bahwa patung ini mengarah ke sebuah lokasi harta karun peninggalan Ir. Soekarno yang konon bisa melunasi hutang negara indonesia.

wah ada teori tentang tugu pancoran/ patung dirgantara sama National treasure... :kaget:

Sunday_KNIGHT
07-07-2013, 12:54 PM
^
untuk teori itu aku sendiri merasa gak yakin,
kalo emang ada kenapa gak dari dulu soekarno menggunakannya untuk membangun indo,
ditambah lagi kalopun ada mangnya soekarno dapat dari mana saja tu harta,

btw, sayang banget aja ni tugu kalo melihat kondisi sekarang,
seakan-akan gak ada nilai sejarahnya sama sekali sampe dibiarkan seperti itu,
:sigh:

chain94
07-07-2013, 01:29 PM
^
untuk teori itu aku sendiri merasa gak yakin,
kalo emang ada kenapa gak dari dulu soekarno menggunakannya untuk membangun indo,
ditambah lagi kalopun ada mangnya soekarno dapat dari mana saja tu harta,

btw, sayang banget aja ni tugu kalo melihat kondisi sekarang,
seakan-akan gak ada nilai sejarahnya sama sekali sampe dibiarkan seperti itu,
:sigh:

saya pernah baca di internet kalo ada harta karun tapi di bank swiss. isinya emas dari kerajaan2 di nusantara.
hanya akan cair ketika satrio pingit lahir.. (katanya)

mgkn patungnya ngarah ke bank swiss.. lol

Sunday_KNIGHT
07-07-2013, 01:36 PM
saya pernah baca di internet kalo ada harta karun tapi di bank swiss. isinya emas dari kerajaan2 di nusantara.
hanya akan cair ketika satrio pingit lahir.. (katanya)

mgkn patungnya ngarah ke bank swiss.. lol
masih tetap ragu, ditambah lagi selang antara jaman kerajaan, belanda (350 tahun), dan jaman soekarno itu terlalu jauh,
walopun dia punya kemampuan untuk mengumpulkan semua harta tersebut tapi kemungkinan untuk diambil penjajah juga tinggi,
plus riwayat soekarno yang rasanya tidak pernah ada waktu untuk melakukan ini,

tapi, kemungkinan ke sana juga ada, dimana kerajaan dulu pernah menyimpan hartanya di bank2 tempo dulu,
pernah nemu naskah begitu juga untuk salah satu kerajaan di indo,
tapi untuk mencairkannya hampir tidak mungkin juga tuh,

apalagi untuk kasus ini, dimana kita gak tau siapa satrio pingit itu ?

aizy
07-07-2013, 01:41 PM
saya pernah baca di internet kalo ada harta karun tapi di bank swiss. isinya emas dari kerajaan2 di nusantara.
hanya akan cair ketika satrio pingit lahir.. (katanya)

mgkn patungnya ngarah ke bank swiss.. lol

emas2 bukannya udah diambil sama penjajah yah.... jadi udah ga bisa diambil lagi dan entah kemana lagi perginya... :iii:

bank swiss ada di utara yah...? :lol:

======================
tugunya sekarang udah ketutupan ama jalan tol.... :sigh:

Sunday_KNIGHT
07-07-2013, 01:55 PM
tulisan disini menarik juga untuk di baca
http://mymisteri.blogspot.com/2013/02/misteri-tugu-pancoran-angka-9696-dan.html#.UdnVBX903Fw

disana dijelaskan kalo tugu ini hanya sebatas keinginan soekarno,
yang menggambarkan manusia angkasa dengan semangat keberanian untuk menjelajah angkasa raya,
toh nama aslinya kan tugu dirgantara dan disana dulunya adalah markas besar TNI angkata udara,

Patung Dirgantara sendiri menghadap ke utara dengan tangannya mengacung ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran,

wangxiaohu
25-09-2013, 11:27 PM
masak sih ada hubungannya ama rusia?

Charmichael
27-01-2014, 05:34 AM
Wah kalau Bung Karno punya simpenan harta yg banyak, ngapain sampe harus menggadaikan mobil buat membayar upah sang seniman....

ngupi
22-03-2014, 05:51 PM
tulisan disini menarik juga untuk di baca
http://mymisteri.blogspot.com/2013/02/misteri-tugu-pancoran-angka-9696-dan.html#.UdnVBX903Fw

disana dijelaskan kalo tugu ini hanya sebatas keinginan soekarno,
yang menggambarkan manusia angkasa dengan semangat keberanian untuk menjelajah angkasa raya,
toh nama aslinya kan tugu dirgantara dan disana dulunya adalah markas besar TNI angkata udara,

Patung Dirgantara sendiri menghadap ke utara dengan tangannya mengacung ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran,

Sepakat dengan aga, emang dl didekat itu patung ada kantor TNI AU
Tp klo gsalah skrg bkn pny TNI AU lg y

Xchalant
01-04-2014, 03:51 PM
jakarta tempo doeloe endah banget ya.. masih rata gitu dan kayanya kita bakal legaa banget klo jalan2 tanpa mecet2an gitu.
sayangnya patung itu sekarang seolah ditimpa sama jembatan layang jadi kurang mencolok lagi.

sejauh ini presiden kita cuma soekarno doang yang doyan bikin monumen/patung kayanya, yg lain belom sempet apa memang gak ngerasa perlu.

vandeventer
02-04-2014, 03:17 AM
tulisan disini menarik juga untuk di baca
http://mymisteri.blogspot.com/2013/02/misteri-tugu-pancoran-angka-9696-dan.html#.UdnVBX903Fw

disana dijelaskan kalo tugu ini hanya sebatas keinginan soekarno,
yang menggambarkan manusia angkasa dengan semangat keberanian untuk menjelajah angkasa raya,
toh nama aslinya kan tugu dirgantara dan disana dulunya adalah markas besar TNI angkata udara,

Patung Dirgantara sendiri menghadap ke utara dengan tangannya mengacung ke bekas Bandar Udara Internasional Kemayoran,

:niceinfo:
paling masuk akal ini penjelasannya

reka69
08-05-2014, 08:17 AM
Nunjuknya ke arah bandara jakarta yang lama tu. Jaman sukarno tu jamannya banyak proyek yang kata buku sejarah jaman sekolah tu proyek2 "mercusuar". Buat ane c mungkin supaya Bangsa Indonesia dikenal di percaturan dunia sebagai negara yang besar. Selain itu, supaya generasi penerus nanti tidak melupakan sejarah.

wirra1508
23-05-2014, 11:12 PM
iyah bener banget tuh,coba aja kalau dibuat film kaya davinci code pasti keren banget setidaknya ada film yang membanggakan tentang bangunan bersejarah di INDONESIA TERCINTA :D

0572081
30-07-2014, 09:59 PM
hahaha.. belom ada data akurat sih yah untuk maksud tangan yang nunjuk ini..

channoopy_
23-08-2014, 07:41 PM
ohh gitu yaa..
keren juga nih sejarah tugu pancoran..
seandainya dibuat film ya..