PDA

View Full Version : Other Nama Para Nabi Tertulis dalam Prasasti Ebla, 1500 Tahun Lebih Tua daripada Taurat



kzha
07-06-2009, 11:01 PM
Nama Para Nabi Tertulis dalam Prasasti Ebla, 1500 Tahun Lebih Tua daripada Taurat

maaf kalo repost :onion-69::onion-15:

Berasal dari masa sekitar 2500 SM, prasasti Ebla memberikan keterangan teramat penting mengenai sejarah agama-agama. Sisi terpenting mengenai prasasti Ebla, yang ditemukan para ahli arkeologi pada tahun 1975 dan yang sejak itu telah menjadi pokok bahasan dari banyak penelitian dan perdebatan, adalah terdapatnya nama tiga orang nabi yang disebutkan dalam kitab-kitab suci.

Sekitar 2500 SM, Ebla adalah sebuah kerajaan yang meliputi suatu wilayah yang di dalamnya termasuk ibukota Syria, Damaskus, dan Turki bagian tenggara. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaan di bidang kebudayaan dan ekonominya, namun setelah itu, sebagaimana yang menimpa banyak peradaban besar, menghilang dari panggung sejarah. Tampak dari catatan yang terawetkan tersebut bahwa Kerajaan Ebla merupakan pusat utama kebudayaan dan perdagangan di masanya.(1) Penduduk Ebla memiliki sebuah peradaban yang membangun lembaga-lembaga arsip negara, mendirikan perpustakaan-perpustakaan dan mencatat aneka perjanjian perdagangan secara tertulis. Mereka bahkan memiliki bahasa mereka sendiri, yang disebut sebagai Eblaite.

Sejarah Agama-Agama Zaman Dahulu

Peran penting sesungguhnya Kerajaan Ebla, yang dianggap sebagai sebuah keberhasilan besar bagi arkeologi klasik ketika pertama kali ditemukan di tahun 1975, mengemuka dengan ditemukannya sekitar 20.000 prasasti dan penggalan tulisan paku. Naskah ini empat kali lebih banyak daripada seluruh naskah bertulisan paku yang diketahui para arkeolog selama 3.000 tahun terakhir.

Ketika bahasa yang digunakan dalam prasasti-prasasti tersebut diterjemahkan oleh seorang berkebangsaan Italia Giovanni Pettinato, penerjemah naskah-naskah kuno dari Universitas Roma, nilai penting prasasti tersebut semakin dipahami. Alhasil, penemuan Kerajaan Ebla dan kumpulan naskah negara yang luar biasa tersebut tidak hanya menarik perhatian di bidang arkeologi, tapi juga bagi kalangan agamawan. Hal ini dikarenakan selain nama-nama seperti Mikail (Mi-ka-il) dan Thalut (Sa-u-lum), yang berperang bersama Nabi Dawud, prasasti-prasasti ini juga menuliskan nama-nama nabi yang disebutkan di dalam tiga kitab suci: Nabi Ibrahim (Ab-ra-mu), Nabi Dawud (Da-u-dum) dan Nabi Ismail (Ish-ma-il). (2)

Pentingnya Nama-Nama yang Disebut dalam Prasasti Ebla

Nama para nabi yang ditemukan dalam prasasti Ebla memiliki nilai teramat penting karena ini adalah kali pertama nama-nama tersebut dijumpai dalam naskah bersejarah setua itu. Informasi ini, yang berasal dari zaman 1500 tahun sebelum Taurat, sangatlah mengejutkan. Kemunculan nama Nabi Ibrahim di dalam prasasti tersebut menyatakan secara tertulis bahwa Nabi Ibrahim dan agama yang dibawanya telah ada sebelum Taurat.
Para sejarawan mengkaji prasasti Ebla dari sudut pandang ini, dan penemuan besar tentang Nabi Ibrahim dan misi yang diembannya menjadi bahan penelitian dalam kaitannya dengan sejarah agama-agama. David Noel Freedman, arkeolog dan peneliti Amerika mengenai sejarah agama-agama, melaporkan berdasarkan penelitiannya nama-nama nabi seperti Ibrahim dan Ismail di dalam prasasti tersebut. (3)

Nama-Nama Lain di dalam Prasasti

Sebagaimana disebutkan di atas, nama-nama yang ada di dalam prasasti adalah nabi-nabi yang disebutkan di dalam tiga kitab suci, dan prasasti tersebut jauh lebih tua daripada Taurat. Selain nama-nama ini terdapat pula hal-hal lain dan nama-nama tempat di dalam prasasti tersebut, yang dengannya dapat diketahui bahwa penduduk Ebla adalah para pedagang yang sangat berhasil. Nama Sinai, Gaza dan Yerusalem, yang tidak terlalu jauh letaknya dari Ebla, juga terdapat di dalam tulisan tersebut, yang menunjukkan bahwa penduduk Ebla memiliki hubungan yang sangat baik dengan tempat-tempat tersebut di bidang perdagangan dan kebudayaan. (4)

Satu rincian penting yang diketahui dari prasasti tersebut adalah nama-nama wilayah seperti Sodom dan Gomorrah, tempat berdiamnya kaum Luth. Diketahui bahwa Sodom dan Gomorrah adalah sebuah wilayah di pesisir Laut Mati tempat bermukimnya kaum Luth dan tempat di mana Nabi Luth mendakwahkan risalahnya dan menyeru masyarakat untuk hidup mengikuti nilai-nilai ajaran agama. Selain dua nama ini, kota Iram, yang tercantum di dalam ayat-ayat Al Qur'an, juga di antara yang tersebut di dalam prasasti Ebla.

Sisi paling penting untuk dicermati dari nama-nama ini adalah bahwa selain dari naskah-naskah yang disampaikan oleh para nabi, nama-nama tersebut belum pernah muncul di dalam naskah mana pun sebelumnya. Ini adalah bukti tertulis penting yang menunjukkan bahwa para nabi yang medakwahkan risalah satu agama yang benar di masa itu telah mencapai wilayah-wilayah tersebut. Dalam sebuah tulisan di majalah Reader's Digest, tercatat di masa itu bahwa terdapat pergantian agama dari penduduk Ebla selama masa pemerintahan Raja Ebrum dan bahwa masyarakat mulai menambahkan imbuhan di depan nama-nama mereka dalam rangka meninggikan nama Tuhan Yang Mahakuasa.

daftar pustaka
1) "Ebla", Funk & Wagnalls New Encyclopaedia, 1995 Funk & Wagnalls Corporation, Infopedia 2.0, SoftKey Multimedia Inc.
2) Howard La Fay, "Ebla: Splendour of an Unknown Empire," National Geographic Magazine, December 1978, h. 736; C. Bermant and M. Weitzman, Ebla: A Revelation in Archaeology, Times Books, 1979, Wiedenfeld and Nicolson, Great Britain, h. 184.
3) Bilim ve Teknik magazine (Science and Technology), No. 118, September 1977 and No. 131 October 1978

nekoruru
08-06-2009, 12:00 PM
claim ada nama nabi tsb baru spekulasi dari Giovanni Pettinato bukan konsensus para sejarawan/antropolog. belum tentu nama yang tertulis maksudnya nama nabi.

kzha
08-06-2009, 10:39 PM
claim ada nama nabi tsb baru spekulasi dari Giovanni Pettinato bukan konsensus para sejarawan/antropolog. belum tentu nama yang tertulis maksudnya nama nabi.
spekulasi gimana bro,.?
Giovanni Pettinato adalah orang yg berhasil membaca dan menterjemahkan naskah itu (gw kurang tau naskahnya di tulis dengan huruf apa dan bahasa apa), tapi yg jelas berdasarkan hasil terjemahan dia itu, terdapat nama2 yg nama2 itu juga disebutan juga di 3 kitab suci agama tauhid (Taurat, Injil, Al-Qur'an) yg mana nama2 itu ada lah nama nabi pada kitab suci tersebut. apakah nama2 yg disebutkan diprasasti ebla adalah sama dengan nama2 di 3 kitab suci (dalam artian orang yg dimaksud sama) kita tidak tau pasti. selain nama2 nabi, di prasasti ebla di sebutkan juga nama2 kota/tempat yg juga disebutkan dalam 3 kitab suci.

zutara
09-06-2009, 09:21 AM
wow...

trus ada brita yg update lg gk dari si Giovanni Pettinato...

ane liat sumbernya dari taon'78 n '95...

ane tunggu ya....

thx infonya...

1n0d
09-06-2009, 09:36 AM
elba ato ebla? kalo elba gw tau pulau kecil di itali tempat napoleon diasing kan...
itu di awal dibilang ebla, " di prasasti elba di sebutkan juga nama2 kota/tempat yg juga disebutkan dalam 3 kitab suci"

bulebulukan
09-06-2009, 06:03 PM
elba ato ebla? kalo elba gw tau pulau kecil di itali tempat napoleon diasing kan...
itu di awal dibilang ebla, " di prasasti elba di sebutkan juga nama2 kota/tempat yg juga disebutkan dalam 3 kitab suci"

kan ditulis diatas brooo...


Sekitar 2500 SM, Ebla adalah sebuah kerajaan yang meliputi suatu wilayah yang di dalamnya termasuk ibukota Syria, Damaskus, dan Turki bagian tenggara.

tapi yah yang gw baca, si Giovanni Pettinato cuma nemuin lima nama kota yang tercantum di kitab taurat (Sodom, Gomorrah, Admah, Zeboim, and Bela)
bukan nama nabi..
biarpun begitu menurut Alfonso Archi, kata "si-da-mu" dan "-ma-ar" yang diklaim Giovanni Pettinato sebagai "sodom" dan "gomorrah" itu sebenernya bukan itu artinya..
menurut Archi, kata "si-da-mu" adalah nama kota di utara Syria bukan "Sodom" yang letaknya di dekat Laut Mati (merujuk ke tempat ditemuinnya prasasti itu jauh dari Laut Mati).. dan kata "-ma-ar" merujuk ke kota Emar, kota di dekat Ebla (jadi bukan Gomorrah)..

cahyo_pwkm
09-06-2009, 06:09 PM
ada link aslinya biar bisa baca lebih jelas?

bulebulukan
09-06-2009, 06:20 PM
ada link aslinya biar bisa baca lebih jelas?

yang gw tulis?
ini

http://en.wikipedia.org/wiki/Sodom_and_Gomorrah

cari aja agak ditengah2 gitu bro.. kalo yang TS tulis, silahkan TSnya yang berbaik hati.. ^^

gemboyz85
20-06-2009, 05:06 PM
masih kaboor niee...
ada yg bisa nambahin g.....

SanoAccuro
23-09-2009, 06:02 PM
Kemunculan nama Nabi Ibrahim di dalam prasasti tersebut menyatakan secara tertulis bahwa Nabi Ibrahim dan agama yang dibawanya telah ada sebelum Taurat.

Nabi Ibrahim kan bapaknya agama samawi (Yahudi, Nasrani dan Islam)..
jadi ya jelaslah dia ada sebelum Taurat..
wong nabi Musa aja keturunan nabi Ibrahim.. CMIIW
:piss::piss::piss::piss::piss:





>>>___________:nongol::nongol::nongol:___________<<<
$$ increase your earning here $$
http://www.clixsense.com/Ad/clix5.gif (http://www.clixsense.com/?2905610)
Follow The Group On FB (http://www.facebook.com/ClixSense?ref=nf)
:tkp3::tkp2::tkp3:
Then Share To Other