PDA

View Full Version : Discussion Kopi vs Teh: Mana yang Lebih Sehat dan Kapan Harus Memilih?



shinobi32
08-04-2012, 08:45 AM
22025

Saat harus memilih kopi atau teh, biasanya yang menjadi pertimbangan adalah selera karena keduanya sudah terbukti sama-sama menyehatkan. Namun pada saat-saat tertentu, manfaat teh maupun kopi bisa saling mengungguli satu sama lain.

Bagaimanapun kandungan dalam teh dan kopi tidak 100 persen sama, sehingga pilihan yang tepat di antara keduanya harus didasarkan pada banyak pertimbangan di luar urusan selera. Salah satunya adalah tujuan yang pada saat itu ingin didapat dari minuman tersebut.

Kelebihan teh dan kopi pada saat-saat tertentu berdasarkan manfaat yang ingin diperoleh adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Menshealth.com, Minggu (8/4/2012).

1. Saat butuh mendongkrak stamina
Kafein di dalam kopi maupun teh sama-sama bisa mendongkrak stamina dengan cara meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Yang membedakan hanya kadarnya, dalam tiap 200 mL teh terkandung rata-rata 14-16 mg kafein sementara dalam 200 mL kopi kandungan kafeinnya bisa mencapai rata-rata 95 mL.

Pilihan: Kopi, karena kadar kafeinnya lebih tinggi sehingga efeknya lebih kuat dan lebih cepat.

2. Saat butuh selalu sehat
Sebuah penelitian tahun 2009 menunjukkan bahwa minum 4 cangkir kopi tiap hari bisa mengurangi risiko diabetes tipe-2 sebesar 30 persen. Penelitian lain menunjukkan. minum kopi minimal 3 cangkir setiap hari juga bisa menurunkan risiko kanker kulit sebanyak 9 persen.

Meski demikian, manfaat jangka panjang dari kebiasaan minum teh setiap hari juga telah banyak dibuktikan terutama pada teh hijau. Kandungan antioksidan dalam minuman ini bisa memperkuat daya tahan tubuh, serta pada laki-laki sangat efektif mencegah kanker prostat.

Pilihan: Keduanya sama-sama menyehatkan untuk dikonsumsi setiap hari.

3. Saat butuh menurunkan berat badan
Secara umum, kafein sudah terbukti bisa menurunkan berat badan serta lingkar pinggang. Namun secara khusus, sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition membuktikan bahwa minum teh hijau setiap hari efektif mengecilkan perut sebanyak 3,4 cm dalam 12 pekan saja.

Pilihan: Teh, karena efeknya lebih cepat dalam membakar lemak dan membuat metabolisme sel menjadi lebih efisien.

4. Saat butuh badan berotot
Jika teh lebih efektif membakar lemak, maka kopi paling efektif membentuk massa otot karena kadar kafein yang lebih tinggi membuat efek stimulansianya makin kuat. Ketika seseorang, terutama laki-laki minum 2,5 cangkir kopi sebelum olahraga maka ia sanggup melakukan sprint atau lari cepat 9 persen lebih jauh.

Pilihan: Kopi, karena otot butuh stimulasi untuk bisa bekerja lebih berat. Makin sering dipakai untuk kerja berat, massa otot akan semakin berkembang.

5. Saat butuh memperbaiki suasana hati
Berbeda dengan kopi yang sering membuat jantung berdebar-debar karena kadar kafeinnya cukup tinggi, teh lebih cocok untuk meredakan ketegangan pada urat saraf. Bahkan menurut European Journal of Applied Physiology, beberapa jenis teh seperti teh melati dan teh lavender bisa meredakan stres dan perasaan gelisah hanya dengan dicium baunya saja.

Pilihan: Teh, sebab tradisi di banyak negara seperti Jepang dan China juga telah membuktikan bahwa minuman ini paling cocok untuk melengkapi waktu bersantai.

Sumber (http://health.detik.com/read/2012/04/08/073558/1887050/766/kopi-vs-teh-mana-yang-lebih-sehat-dan-kapan-harus-memilih?l1101755hl)



Di bawah in akan diberi perbandingan antara Teh dan Kopi, untuk mengetahui minuman mana yang lebih menyehatkan.
Perbandingan yang dibuat berdasarkan pada 8 ons kopi hitam versus 8 ons teh hitam, tanpa tambahan gula ataupun krim.


Kadar Kafein. Kedua minuman ini memang sama-sama mengandung kafein. Teh mengandung 47.4 mg kafein per porsi, sedangkan kopi mengandung 94,8 mg kafein per porsi, dua kali lipat dari jumlah kafein yang terdapat pada teh. Bila Anda tidak menginginkan efek negatif kafein, mungkin Anda bisa memilih teh.
Kadar Kalori. Kadar Kalori yang terdapat pada kopi dan teh sangat rendah, yaitu 2.4 setiap 8-ons. Menambahkan gula dan creamer atau susu akan menambah kalori pada kopi atau teh Anda.
Lemak dan Kolesterol. Kedua minuman ini mengandung kolesterol, tetapi Teh tidak mengadung lemak sedikitpun, sedangkan kopi memiliki 2,4 mg asam lemak Omega 6.
Kadar Sodium. Untuk kadar sodium, kopi hanya memiliki 4,7 mg. natrium per porsi. Teh mengandung 7.1 mg. Dan hal ini aman untuk dikonsumsi.
Untuk soal nutrisi, kopi mengandung riboflavin (11% RDA) dan B-5 vitamin (6% AKG), serta thiamin, niacin, kalium dan vitamin dan mineral penting lainnya. Teh memiliki jumlah mangan, (26% RDA). Teh juga mengandung folat, kalium dan mineral lainnya.
Kopi dan teh, kedua minuman ini jelas-jelas memiliki nilai gizi, kopi mengadung lebih banyak jenis nutrisi, sedangkan teh mengandung mineral-mineral penting. Tetapi teh rendah kafein, daripada kopi, jadi jika konsumsi kaefin menjadi kekhawatiran utama, apabila kafein mempunyai efek samping membuat perasaan gelisah, sulit tidur, dan denyut jantung tak beraturan, maka Teh menjadi pilihan yang menyehatkan.


Sumber (http://www.santaisejenak.com/health/mana-yang-lebih-sehat-teh-atau-kopi/)


Antioksidan
Baik teh atau kopi memang memiiki kandungan antioksidan, hanya saja jenisnya berbeda. Teh mengandung flavanoid yang berbahan dasar photochemicals, sedangkan kopi mengandung quinines dan asam klorogenat. Akan tetapi, kedua jenis antioksidan itu menjalankan fungsi yang sama, yaitu menangkal radikal bebas.

Kafein
Faktanya, kopi memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi dari teh. Yakni dua kali lipat. Akan tetapi, jika Anda terlalu lama menyeduh teh, ini akan membuat kafein di dalam teh semakin meningkat.

Melawan kanker
Walau mengandung kafein yang tinggi, namun konsumsi kopi dalam batas wajar akan bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Baik teh atau kopi, mampu memberikan perlindungan yang baik terhadap berbagai jenis kanker, terutama kanker ovarium dan kanker payudara.

Racun
Patut diketahui bahwa konsumsi kopi atau teh secara berlebih dapat menyebabkan keracunan zat kafein. Ini akan mengganggu sistem saraf pusat, yang menyebabkan insomnia, gelisah, dan sakit kepala.


Di luar manfaatnya, setiap minuman memang mempunyai dampak negatif terhadap tubuh, tapi kopi mempunyai dampak buruk yang lebih banyak, kata praktisi kebugaran James Duigan seperti dikutip laman The Mirror.

Ini karena kopi paling banyak mengandung kafein. "Sedikit kafein itu bermanfaat. Saya sering minum kopi sebelum olahraga karena itu membuat kita lebih kuat berolahraga dan mempercepat metabolisme," kata Duigan.

"Namun, kelebihan kafein membuat badan jadi stres. Itu membuat tubuh bertahan pada lemak. Jadi, jika Anda minum lebih dari dua kopi setiap hari, akan sulit menurunkan berat badan," sambungnya.

Perempuan hamil boleh mengonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi setiap hari.

Tahun lalu, warga Inggris menghabiskan 2 miliar euro dalam setahun untuk membeli kopi dan ada lebih dari 5.000 kedai kopi di sepanjang jalan Inggris.

"Kopi yang Anda dapat dari kedai kopi bisa jadi penuh kalori," kata Dr Carina Norris, ahli gizi.

Frappucino, mocha, es kopi, dan semua dengan rasa sirup atau krim dapat menambah ratusan kalori.

"Perlakukan minuman ini seperti Anda menghadapi seiris kue," saran Dr Norris. "Makannya jangan sering-sering, jangan setiap hari."

Menurut beberapa studi, English Breakfast tea punya lebih banyak manfaat ketimbang kopi karena teh mengurangi stres, tidak seperti minuman lain yang mengandung kafein seperti kopi.

Penelitian lain menemukan bahwa meminum teh secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes, selain menjadi sumber alami florida yang melindungi gigi dari penyakit.

Namun, ada juga studi yang mengklaim bahwa mengonsumsi lebih dari tujuh cangkir teh sehari meningkatkan risiko kanker prostat daripada orang yang hanya minum tiga cangkir atau kurang dari itu.

James Duigan menyarankan untuk meminum lima cangkir teh setiap hari, namun jangan minum itu menjelang tidur. Teh yang lebih baik adalah teh hijau yang mengandung antioksidan penambah imun dan mempercepat metabolisme.

sumber (http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/08/22/m95swr-ternyata-teh-lebih-sehat-dibandingkan-kopi)




Penyakit demensia atau pikun, perlahan namun pasti, akan dialami sejalan dengan pertambahan usia. Dan menurut studi, dengan minum kopi atau teh pahit setiap pagi, mampu untuk memperlambat dan melawan kepikunan. Kopi dan teh sudah menjadi minuman favorit bagi kebanyakan orang di dunia. Tapi efek menguntungkan dari kafein pada kopi sebagai obat psikoaktif, yang dapat memelihara fungsi otak, mulai belakangan ini dihargai.

Penelitian terbaru oleh pakar internasional dari University of Lisbon dan University of Coimbra, Portugal menemukan, bahwa kafein dalam kopi dan teh dapat melindungi terhadap penurunan kognitif yang terlihat pada demensia (kepikunan) dan penyakit Alzheimer.

"Studi epidemiologis pertama menunjukkan, hubungan terbalik antara konsumsi kafein dengan kejadian penyakit Parkinson. Kemudian beberapa studi epidemiologi lanjutan menunjukkan, bahwa konsumsi jumlah moderat kafein juga berbanding terbalik dengan penurunan kognitif yang terkait dengan penuaan serta kejadian penyakit Alzheimer," jelas Alexandre de Mendonca, dari Institute of Molecular Medicine and Faculty of Medicine, University of Lisbon, Portugal, seperti dilansir dari Seniorjournal. Selain kopi pahit, teh pahit juga dapat melawan kepikunan. Uji laboratorium menemukan, bahwa minum secangkir teh hitam dan hijau secara teratur dapat menghambat aktivitas enzim tertentu di otak, yang membawa pada Alzheimer, yaitu suatu bentuk demensia generatif yang mempengaruhi 10 juta orang di seluruh dunia.

Berdasarkan jurnal Phytotherapy Research, Alzheimer ditandai dengan penurunan asetilkolin. Kopi dan teh pahit dapat menghambat aktivitas enzim acetylcholinesterase (AChE), yang memecah bahan kimia atau neurotransmiter dan asetilkolin. Selain itu kopi, teh hitam, dan teh hijau juga menghambat aktivitas enzim butyrylcholinesterase (BuChE), yang ditemukan dalam deposit protein pada otak penderita Alzheimer.

"Meskipun tidak ada obat untuk Alzheimer, kopi dan teh berpotensi menjadi senjata lain yang digunakan untuk mengobati penyakit ini dan memperlambat perkembangannya," ungkap Dr. Ed Okello, peneliti dari Medicinal Plant Research Centre di Newcastle University, Inggris.

Tapi ingat, harus kopi atau teh pahit, cukup setiap paginya.
Karena minum kopi secara berlebihan, dapat meningkatkan serangan stroke akibat kerusakan pada dinding pembuluh darah. Pada wanita hamil dapat meningkatkan denyut jantung, menyerang plasenta, masuk ke dalam sirkulasi darah, dan yang lebih parah bisa menyebabkan kematian.

Tapi minum kopi dalam jumlah yang sedang tidak membahayakan, malah bisa memberikan manfaat. Coffee time!

sumber (http://bangkolis.blogspot.com/2011/06/kalau-pikun-minumlah-kopi-atau-teh.html)







klo tiap abis sarapan minum teh tiap hari bagus ga sih buat kesehatan?



1. Minum teh setelah makan dapat mengencerkan getah lambung, yang berpengaruh terhadap proses pencernaan makanan.

2. Daun teh banyak mengandung tannin(asam tanat). Jika minum teh seusai makan maka akan membuat protein yang belum sempat dicerna oleh lambung menyatu dengan sama tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein.

3. Daun teh juga mengandung asam yang begitu tinggi. Zat ini akan membuat protein yang terkandung dalam makanan menjadi sulit dicerna.

4. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi pada tubuh sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan gejala anemia. Hambatan penyerapan zat besinya bisa mencapai 80%. Padahal zat besi sangat dibutuhkan dalam upaya pertumbuhan kualitas tubuh manusia. Zat besi digunakan sebagai profilerasi dan diferensiasi sel, termasuk sel saraf, otot, tulang dan organ lainnya.
NB: Intinya minum teh setelah makan (baik itu sarapan, makan siang, makan malam) gak bagus buat kesehatan
:maaf: Sumber>>> (http://www.prlog.org/11945544-efek-negatif-minum-teh-setelah-makan-ini-faktanya.html)


^
untuk point 4 selain zat besi, dia juga akan mengikat Ca, dan Zn,
dan di sekresikan melalui urine,







Apapun minumannya, yang penting gak berlebihan... :obhehe:


asalkan masih batas normal sih gak papa, sehari 1-2 cangkir aj udah cukup kok :hmm:
kandungan kafein usahakan jangan melebihi 400mg/hari :hmm:
gak usah terlalu banyak gula aja :ngacir:

xerxe
08-04-2012, 01:07 PM
Klo gue setiap pagi minum kopi bro sama rokok karena efeknya ikin melek,,

klo mao ngantor minum teh bawaan lemes n ngantuk aja di kantor,,

Blacquejacque
08-04-2012, 01:44 PM
Minum teh pas untuk menenangkan diri om..
Klo ngopi bawaannya jadi deg2an

RyuHuang
09-04-2012, 07:27 AM
gw minum teh hijau..........untuk mengendalikan berat badan.
untuk menenangkan diri , apalagi pulang kerja minum green tea hangat . rasanya manyus , stress pun hilang ^_^

supergundala
09-04-2012, 10:24 AM
yang gak sehatnya itu rokoknya.:obnono:

bener itu. hehehe...
tapi gini, kalo pake ilmu dukun nih ya, kopi itu lebih baik daripada teh. coba aja lihat gelas melamin yang biasa dipake minum teh ama gelas melamin yang biasa dipake minum kopi. kalo yang biasa dipake minum teh kelihatan banget gelas itu ada banyak flek warna kaya orange2 gitu (warna teh). tapi gelas yang biasa dipake minum kopi lebih sedikit fleknya.

nah ane pikir di gelas aja kek itu, gimana di lambung. hehehhe....

awale
09-04-2012, 10:30 AM
Kalo gw mah pagi teh sore kopi ga tiap hari sih kalau ada uang aja maklum gan anak kos pagi ngeteh buat sarapan sama roti kl kopi buat doping mau kuliah sore :hahai:

Sent from Sony Ericsson Xperia Arc using Tapatalk

shinobi32
09-04-2012, 11:05 AM
Kalo gw mah pagi teh sore kopi ga tiap hari sih kalau ada uang aja maklum gan anak kos pagi ngeteh buat sarapan sama roti kl kopi buat doping mau kuliah sore :hahai:

Sent from Sony Ericsson Xperia Arc using Tapatalk

kopi kan bikin kembung, jadi kenyang. hehehehe

alexapatis
10-04-2012, 02:43 AM
nah ane jadi penasaran mau nanya..

apa yang terjadi kalo minum teh dan kopi dengan jeda waktu yang singkat..?
...
...
dan
apa yg terjadi kalo minum teh dan kopi secara bergantian pada hari yang sama..?
bisa aja kan pagi2 kita minum teh di rumah tp siang pas kerja kita minumnya kopi.

hhe

shinobi32
10-04-2012, 10:38 AM
nah ane jadi penasaran mau nanya..

apa yang terjadi kalo minum teh dan kopi dengan jeda waktu yang singkat..?
...
...
dan
apa yg terjadi kalo minum teh dan kopi secara bergantian pada hari yang sama..?
bisa aja kan pagi2 kita minum teh di rumah tp siang pas kerja kita minumnya kopi.

hhe

gak pa2, gak ada efek yang negatif kok. yang negatif tu kopi+rokok

apitnobaka
10-04-2012, 11:46 AM
Hmmm. Kalo kopi susu gimana efeknya? :
Soalnya saya gak kuat kalo minum kopi yang pure kopi, pasti dicampur sama susu..

danaruto
12-06-2012, 12:22 AM
klo minum teh sama kopi, tapi dikasih es atau dingin
apakah sama kasiatnya denngan minum kopi dan teh saat masih panas atau hangat?

soalnya saya ga biasa minum selain yang dingin

dickh4rp3r
02-07-2012, 08:37 AM
minum teh kalo lagi makan.. padahal teh itu membuat makanan pencernaannya tidak sempurna

japanwannabe
05-07-2012, 08:44 AM
Lemak dan Kolesterol. Kedua minuman ini mengandung kolesterol, tetapi Teh tidak mengadung lemak sedikitpun, sedangkan kopi memiliki 2,4 mg asam lemak Omega 6.
gyaaa... ternyata ada kandungan kolesterolnya
kedua2nya baik bagi tubuh, yang ndak baik kan kandungan gulanya hehehe
biasanya orang2 kalau minum teh atau kopi kan gulanya banyak banget

dieans
07-07-2012, 12:36 PM
lebih memlih munim teh ketimbang minum jenis kopi yang bisa bikin tidak bisa tiidur

wahyusan666
12-09-2012, 05:49 AM
Teh dan kopi beda waktu ...

Teh bisa relex dan kopi di minum saat lagi pikiran , hehehe

hai2dar
12-09-2012, 06:43 AM
kalo gw milih minum teh, lebih ringan dan menenangkan.... :kenyang:

riohcx
12-09-2012, 08:57 AM
suka keduanya, tergantung mood aja mo minum yg mana:minum:

rizwansky
12-09-2012, 09:38 AM
klo gw lebih suka minum teh, mungkin karena dah terbiasa dari kecil :centil:


nikotin + cafein. kurangi bro...

setuju bro :top:

MIR
12-09-2012, 10:26 AM
suka keduanya, teh cocok buat bikin relax kalo kopi cocok pas ngantuk bikin melek..

Raize
18-09-2012, 10:54 PM
Bukannya kopi nimbulin efek kecanduan ya?
kalo ga minum kopi, bs kepala jd pusing..bener ga tuh? ato mitos doang?

newpoday
22-09-2012, 06:18 PM
klo gw lbh suka kopi. apalagi klo diminum di pagi hari, bisa meningkatkan semankgat buat kerja.

hiyari
22-09-2012, 08:38 PM
dua2nya ada manfaatnya koq .. asal jangan berlebihan :D

tapi ane lebih suka ngopi, kalo ngopi semangat bgt buat ngerjain sesuatu! :D

shinobi32
22-09-2012, 10:53 PM
apalagi bis ujan. mantep minum yg anget2!

xxx92
23-09-2012, 12:38 AM
minum teh plg mantap dah

lihat aja di rumah2 makan selalu ada es teh kan hehe

kiwilwilki
24-09-2012, 02:45 PM
wow ane baru tau klo kopi bisa membantu membesarkan massa otot
ane biasanya minum teh doang, jarang minum kopi tapi klo tau gini kayanya mencoba untuk minum kopi
nice info gan..

loveat1stsight
24-09-2012, 04:49 PM
teh dong om, kopi bikin sakit kepala

alvino_90
25-09-2012, 05:27 PM
kalogue sih lebih milih teh, gak tau kenapa lebih suka teh aja
udah kebiasaan kali yaa, soalnya nyokap bikinin mulu tiap oagi :hehe:
kalo kopi yaa jarang2

shinobi32
25-09-2012, 09:48 PM
klo bisa jangan minum teh bis makan.
karena zat gizi diserap ma tein di teh

klo bisa. hehehehe

ife009
25-09-2012, 11:42 PM
kalo ane lebih prefer ke teh soal nya biasanya teh ga ada efek samping dan teh tidak merusak kesehatan... hehhee

hanamaru
28-09-2012, 10:13 AM
pilih kopi kalau sedang ngantuk berat, pengen ngerjain sesuatu yang "banyak berpikir"
pilih teh kalo sedang pengen rileks, ngelepas stress.
pilih teh (hijau) buat diet, kalo pengen ada manisnya (tapi gak bikin gemuk) tambahin tropicana slim (promosi ... :lol:)

:ogsundul:

CarlJSmith
28-09-2012, 10:30 AM
teh dong, lebih menenangkan :D

heines
29-09-2012, 10:32 AM
makasi buat infonya gan....ane lebih suka mengkonsumsi teh daripada kopi...

mgkn ini karena cita rasa aja..tapi kalo kopi dicampur susu ane masi lumayan demen..

ane juga baru tahu ternyata kafein bisa menstimulasi pembentukan massa otot...

kudaefox
29-09-2012, 10:46 AM
klo gw kopi iya teh juga iya, sama2 memberikan manfaat.

lulagi_lulagi
30-09-2012, 02:12 AM
saya penyuka kopi, apalagi kalo buat nemenin aktivitas kerja dan ngenet
tapi yang paling mendesak itu buat saya kalo harus minum kopi/teh di pagi hari hanya untuk sekedar 'melancarkan pencernaan'
dan emang ampuh untuk meluruhkan air seni biar keluarnya lancar

agungpj
30-09-2012, 05:22 AM
lebih milih teh aja karena lebih suka teh

leengga
30-09-2012, 06:46 AM
ane lebih suka ngopi,
karena ngelancarin keluarnya air seni,
trus baik juga untuk kesehatan jantung (asal kadar konsumsinya pas),

kalo teh, dipilih kalo stok kopi ane abis hehehehe :p

RockmanZero
30-09-2012, 10:50 AM
saya suka keduanya, tapi ga berlebih2an :top:

st_10
30-09-2012, 11:08 AM
dua-duanya saya suka
cuma lebih seringan minum teh :elegan:

ria_jun
01-10-2012, 08:20 PM
Kopiiii...
kl minum teh, pagi2 pas bangus tidur pasti selalu buat perut mules2..

Nisa_K1
07-10-2012, 05:32 PM
Kalau minum minuman yang mengandung kopi terlalu banyak, bisa berefek buruk pada kulit.
Jadi, bagi yang ingin menjaga kulitnya tetap sehat, dianjurkan jangan terlalu sering minum kopi.

dankyu
07-10-2012, 05:41 PM
teh hangat....

baik pagi dan malam..... atau sesudah makan.....

nikmat......:nikmat:

marlinkrodz
07-10-2012, 06:46 PM
Gw lebih suka minum teh karena lebih wangi..

syorissa
22-11-2012, 01:04 PM
Klo soal mana yg lebih sehat...kurang tau jg siy. Kan sama2 ada khasiat n efek buruknya..
Klo disuruh milih sih saya lebih suka kopi.
Tp klo lagi sakit perut biasanya baru deh saya berpaling k teh..tp teh panas/hangat tawar. Ga dikasi gula. Klo pake gula bikin mules malahan.

Sunday_KNIGHT
22-11-2012, 01:32 PM
lebih prefer ke teh aja,
lebih enak aja ketimbang rasa pahit dimulut
walo kadangkala kopi + gula sering juga di hidangkan,
tapi tetap aja gw kurang suka dengan kopi,
:kecewa:

shandy_lesmana
22-11-2012, 02:00 PM
lebih bagus teh bro...
palagi kl teh hijau.....

wysnurock
23-11-2012, 10:19 AM
tapi ane klo minum teh malah bawaan nya mau ngeroko mulu dibanding minum kopi kenapa ya ???
:obbingung:

yakuzarysad
23-11-2012, 01:09 PM
kopi di pagi hari.
teh di siang hari.
dan susu di malam hari.

gw sih biasa gitu.

nadiaelsa
24-11-2012, 09:34 PM
Kalau minum kopi itu suka jadi tremor ya, gemeteran gitu, gak bisa tenang....

Koplak7
25-11-2012, 12:41 PM
kalo ane sih biasanya abis pulang sekolah or yg bikin ane kecapean, ane langsung minum teh..
yah efek buat ane sih bisa nenangin pikiran.. :hmm:

GFA
22-12-2012, 05:04 PM
Kedua-duanya sama baik bagi kesehatan asal konsumsinya nggak berlebihan

tapi kalau ane lebih prefer ke teh

Steve7th
25-12-2012, 10:06 PM
kadang2 yg bginian juga ada faktor sugesti seh
Karena percaya minum kopi/teh lebih bermanfaat, jadi y terasa lebih kl minum dan ada yg hilang/lesu kalo gag minum
Yang kedua faktor ketagihan, ketagihan ngopi mah susah ilangnya

29agam29
28-12-2012, 01:18 PM
kalo ane sih milihnya air putih gan soalnya bisa dibuat jadi kopi atau teh :ogbloon:

btw kalo liat kelebihannya sih mending ke teh

shinobi32
28-12-2012, 02:04 PM
kalo ane sih milihnya air putih gan soalnya bisa dibuat jadi kopi atau teh :ogbloon:

btw kalo liat kelebihannya sih mending ke teh

wahaha..
gw kira alasannya karena kesehatan..

minum air putih justru bagus bwt tubuh

sengsong
28-12-2012, 02:23 PM
kl gw sich lbh pilih kopi lbh terasa manfaatny dibanding kl mnm teh
kl hbs mnm kopi terasa lbh smngat aj

muchtarluthfi
28-12-2012, 04:31 PM
kl gw sich lbh pilih kopi lbh terasa manfaatny dibanding kl mnm teh
kl hbs mnm kopi terasa lbh smngat aj
Anti-oksidan membantu tubuh membuang zat-zat radikal berbahaya bagi tubuh, molekul perusak yang merusak sel-sel serta DNA (cetak biru dari sel terkecil mahluk hidup). Zat anti unsur radikal bebas ini berkaitan dengan sejumlah keuntungan dan manfaat bagi kesehatan termasuk melindungi seseorang dari terkena penyakit kanker atau jantung.

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker hati dan usus, diabetes type II serta terkena penyakit Parkinson. Namun Vinson menyarankan agar konsumsi kopi tetap pada tingkat sedang yaitu satu atau dua cangkir setiap harinya.

incatech
04-01-2013, 08:00 PM
untuk diet kira - kira kopi bisa gak ya?

shinobi32
04-01-2013, 08:21 PM
untuk diet kira - kira kopi bisa gak ya?

diet mah banyakin minum air putih

nounoe
14-01-2013, 02:43 PM
kalo pas pengen nyantai ya teh gan, kalo lagi pengen dongkrak stamina apa pergi jauh, kopi lebih mantab :top:

amaliatirtana
23-01-2013, 09:13 PM
klo tiap abis sarapan minum teh tiap hari bagus ga sih buat kesehatan?

muchtarluthfi
23-01-2013, 09:22 PM
klo tiap abis sarapan minum teh tiap hari bagus ga sih buat kesehatan?
1. Minum teh setelah makan dapat mengencerkan getah lambung, yang berpengaruh terhadap proses pencernaan makanan.

2. Daun teh banyak mengandung tannin(asam tanat). Jika minum teh seusai makan maka akan membuat protein yang belum sempat dicerna oleh lambung menyatu dengan sama tanat dan membentuk sedimen yang tidak mudah dicerna, sehingga mempengaruhi serapan protein.

3. Daun teh juga mengandung asam yang begitu tinggi. Zat ini akan membuat protein yang terkandung dalam makanan menjadi sulit dicerna.

4. Teh juga dapat menghambat serapan zat besi pada tubuh sehingga lama-kelamaan akan menimbulkan gejala anemia. Hambatan penyerapan zat besinya bisa mencapai 80%. Padahal zat besi sangat dibutuhkan dalam upaya pertumbuhan kualitas tubuh manusia. Zat besi digunakan sebagai profilerasi dan diferensiasi sel, termasuk sel saraf, otot, tulang dan organ lainnya.
NB: Intinya minum teh setelah makan (baik itu sarapan, makan siang, makan malam) gak bagus buat kesehatan
:maaf: Sumber>>> (http://www.prlog.org/11945544-efek-negatif-minum-teh-setelah-makan-ini-faktanya.html)

Sunday_KNIGHT
23-01-2013, 11:20 PM
^
untuk point 4 selain zat besi, dia juga akan mengikat Ca, dan Zn,
dan di sekresikan melalui urine,

sususaya
24-01-2013, 01:19 AM
dua dua ane konsumsi gan.. biasa sih ane minum teh pas saat snack kira2 jam 10 pagi ama jam 4 sore

kalau kopi ane konsumsi pagi2 sebelum beraktifitas pasti ane sempatin minum kopi

kafein nya cocok banget buat memuali aktifitas sehari2

blue_boice
24-01-2013, 06:40 AM
daripada minum keduanya, sya lebih suka minum susu
tetapi makasih infonya

Kopi bisa juga untuk kesehatan seperti hipertensi jika takaran tepat
Teh bs jg untuk memperlancar aliran darah klo diminumnya tepat pula

muchtarluthfi
25-01-2013, 12:26 AM
daripada minum keduanya, sya lebih suka minum susu
tetapi makasih infonya

Kopi bisa juga untuk kesehatan seperti hipertensi jika takaran tepat
Teh bs jg untuk memperlancar aliran darah klo diminumnya tepat pula
bukannya malah kebalik ya?? :bloon:
bukanya hipertensi=darah tinggi?? orang darah tinggi malah gak boleh terlalu banyak minum kopi :keringat:
kalau minumnya normal, kafein <=400 mg per hari maka akan meningkatkan tekanan darah selama beberapa saat saja
tapi jika sehari >=400 mg maka akan menyebabkan hipertensi kronis____:ngacir:
setau saya itu :maaf:_____:ngacir:

ablabl
25-01-2013, 05:11 PM
MInum teh memang baiknya setelah 2 jam makan nasi, lihat aja orang2 di china taiwan jepang, kapan waktunya saat mereka minum teh?

muchtarluthfi
25-01-2013, 05:16 PM
MInum teh memang baiknya setelah 2 jam makan nasi, lihat aja orang2 di china taiwan jepang, kapan waktunya saat mereka minum teh?
bener, minum teh sebaiknya dilakukan 2 jam sebelum atau sesudah makan nasi
dengan ini maka kandungan gizi yang terdapat pada makanan tidak akan terpengaruh dengan air teh__:ngacir:

eflaze
25-01-2013, 08:49 PM
saya lebih suka teh dari dulu smp skrg
krn lambung ga kuat ama kopi

damn22
26-01-2013, 03:17 PM
gue lebih milih teh man

membantu pembuangan lemak dr dalam tubuh

billiant
26-01-2013, 03:27 PM
Baru tau ane gan.....padahal waktu makan di warung, pasti dikasih teh tawar...... :s

Jadi minuman pendamping sarapan yg paling pas.....air putih :D

Cloudzzz
27-01-2013, 11:02 PM
Kalo gue pribadi lebigh prefer Teh

Lebih menyehatkan :D

muchtarluthfi
28-01-2013, 11:32 AM
asalkan masih batas normal sih gak papa, sehari 1-2 cangkir aj udah cukup kok :hmm:
kandungan kafein usahakan jangan melebihi 400mg/hari :hmm:
gak usah terlalu banyak gula aja :ngacir:

wahyusan666
29-01-2013, 08:08 AM
setiap pagi minum kopi ...

tapi jgn minum kopi atw teh trs ..

di perbayak air putih nya ..

sasiro_tanape
31-01-2013, 11:25 PM
Kalo gue pribadi lebigh prefer Teh

Lebih menyehatkan :D

boleh aja gan minum teh asal jangan pas abis makan nasi/makanan berat lainnya..kasi waktu sejam sebelum minum teh..
teh sendiri kan juga mengandung antioksidan..

Sunday_KNIGHT
01-02-2013, 12:10 AM
boleh aja gan minum teh asal jangan pas abis makan nasi/makanan berat lainnya..kasi waktu sejam sebelum minum teh..
teh sendiri kan juga mengandung antioksidan..
pernah baca juga mengenai ini,, tapi kalo tehnya sudah ter oksidasi jadi gak ada manfaatnya juga,,
conthnya teh hitam (katanya sih polifenol dikit dan sudah teroksidasi) tapi kalo teh hijau sih oke-oke aja,
:iii:

felita_Soe
11-02-2013, 05:07 PM
gan, temen ane minum kopi bukannya terjaga tapi malah ngantuk dan langsung tertidur, sedangkan ane minum kopi jantungnya deg deg an tidak kuat, kalau minum teh oke oke saja, ada apa dengan kopi ?

yuma
11-02-2013, 05:43 PM
gan, temen ane minum kopi bukannya terjaga tapi malah ngantuk dan langsung tertidur, sedangkan ane minum kopi jantungnya deg deg an tidak kuat, kalau minum teh oke oke saja, ada apa dengan kopi ?

Efek kopi pada setiap orang berbeda-beda. Buat saya sih kopi itu obat tidur yang bahkan lebih efektif dibandingkan C*M :haha:
Sedangkan minum teh, dalam situasi tertentu, malah membuat perut saya terasa nggak enak. Orang Jawa sih bilangnya sebah, entah itu bahasa Indonesianya apa.

choli
11-02-2013, 05:58 PM
gan, temen ane minum kopi bukannya terjaga tapi malah ngantuk dan langsung tertidur, sedangkan ane minum kopi jantungnya deg deg an tidak kuat, kalau minum teh oke oke saja, ada apa dengan kopi ?

Baik-baik aja kok kopinya...
:hmm:

Yang bermasalah sih badan situ...
kalo langsung deg2an, berarti situ ngga kuat ama kopi..
Jadi sebaiknya dihindari aja...

shinobi32
11-02-2013, 06:54 PM
gak kuat ma kafein kali. bbrp org gak tahan minum kopi hitam yg bener2 murni gak campur jagung.
kebanyakan sih mules.

WendyDesire
16-02-2013, 08:33 PM
:peace:Nice info~ aku lebih memilih teh daripada kopi karna setelah minum kopi tiba-tiba lngsung kambuh maagku
teh hijau juga bagus \(^_^)/ sipp

Jhon_devil
19-02-2013, 09:48 AM
tapi kadang2 ada orang yang buat teh kopi malahan.....
itu gimana yah?
secara dampak dan manfaatnya....

furryirawan
19-02-2013, 09:54 AM
kalo kebanyakan kopi bukanya juga ga bagus ya gan, karna caffeainya itu juga ada efek negativnya bukan ?

Chikaerna
19-02-2013, 01:03 PM
lebih rileks kalo habis minum teh..
kalo habis minum kopi itu bawaannya deg2an dan ngantuk..

Philippe
23-02-2013, 02:34 PM
Lebi demen teh dibanding kopi kalau untuk sehari2 sih, kecuali kalau butuh buat begadang, kudu kopi, teh sih ga ada efek

kinchan
23-02-2013, 03:30 PM
gw minum kopi sehari 3-4 gelas bro, masih mungkin ga buat naikin berat badan ?

choli
23-02-2013, 05:24 PM
gw minum kopi sehari 3-4 gelas bro, masih mungkin ga buat naikin berat badan ?

Bisa aja sih...
Cuma agak lama...

Kalo mau tambahkan "thick cream" pada minumannya sebagai pengganti cream biasa.

kinchan
25-02-2013, 02:43 AM
Bisa aja sih...
Cuma agak lama...

Kalo mau tambahkan "thick cream" pada minumannya sebagai pengganti cream biasa.
wah gw malah ga suka make cream kalo buat ngopi

choli
03-03-2013, 09:26 AM
wah gw malah ga suka make cream kalo buat ngopi

hmm...
kalo gitu sih, ngga terlalu ngefek untuk nambah berat badan.

dennyprasetyo
14-03-2013, 10:16 AM
yg penting hindari penggunakan gula yg berlebihan gan, saya lebih sering minum teh krn rasanya tidak terlalu berat dibanding kopi

Tsuneo
30-06-2013, 08:08 PM
kalau aku sih punya kebiasaan setelah bangun pagi pasti minum teh dulu
baru melakukan aktivitas lainnya

m4menx
01-07-2013, 10:52 AM
Ane sih lebih milih teh krn terasa enteng gak kaya kopi kaya beraaat bgt...

kurniawan09
03-07-2013, 09:59 AM
buat konsumsi sih saya ikuti kadar anjuran aja, 3-4 cangkir sehari...
dan jgn gunakan banyak gula, kalorinya bisa berlebih kan...

dan saya sedikit anti dgn teh..
entah kenapa :hmm:

bluesh19
03-07-2013, 05:27 PM
James Duigan menyarankan untuk meminum lima cangkir teh setiap hari, namun jangan minum itu menjelang tidur.
emangnya kalau minum teh sebelum tidur kenapa ? apa g baik buat kesehatan?

crewpoek
21-07-2013, 02:07 AM
ane dari dulu sampe sekarang prefer teh daripada kopi...
dulu masih milih teh manis...tapi sekarang sudah mulai beralih ke teh tawar...
gak mau diabet :(

PangGEDE
21-07-2013, 02:10 AM
Ane mungkin lebih pilih Teh bro, g tau jg kenapa.. Mungkin karena kbawa kebiasaan orang tua.. Dan itu pun ga pake tmbahan apapun.. Jadi y teh tawar.. Ternyata kebiasaan itu bermanfaat jg stlah jdi mahasiswa.. Yg notabene beberapa wrung mkan ga ngasih harga utk teh tawar alias gretong.. Mayan kn ngirit hahaa.. :D

Sent from my Xperia Hikari using Tapatalk 2

wiwinz
25-07-2013, 07:45 AM
saya lebih suka kopi. aromanya itu loh ga nahan. kopi ga pake gula. biar lebih maknyos

daelorang
25-07-2013, 08:57 AM
tadi pagi sebelum berangkat ane sarapan sama minum teh,memang kondisi saya tadi pagi agak ngantuk karena tidur kemaleman.pas di perjalanan saya lebih ngantuk lagi sehingga mampir ke minimart untuk beli kopi.setelah minum kopi saya langsung merasa melek,jantung lebih cepat berdebar.

pertanyaannya tangan saya seperti keringetan(basah),apakah itu normal atau tidak?

shinobi32
25-07-2013, 09:00 AM
tadi pagi sebelum berangkat ane sarapan sama minum teh,memang kondisi saya tadi pagi agak ngantuk karena tidur kemaleman.pas di perjalanan saya lebih ngantuk lagi sehingga mampir ke minimart untuk beli kopi.setelah minum kopi saya langsung merasa melek,jantung lebih cepat berdebar.

pertanyaannya tangan saya seperti keringetan(basah),apakah itu normal atau tidak?

jantung berdetak setelah minum kopi ada beberapa orang yg kyk gitu. biasanya sih gak pa2. Jantung berdebar-debar setelah minum kopi adalah hal yang terkadang wajar bagi beberapa orang. Namun beberapa orang juga tidak terganggu pada jantungnya setelah minum kopi.

Dalam kopi mengandung senyawa yaitu kafein. Kafein merupakan senyawa alkaloida xantin. Zat ini menyebabkan rasa kopi pahit. Zat ini bekerja sebagai stimulan psikoaktif terhadap susunan saraf pusat sehingga dapat menangkal kita dari rasa ngantuk dan rasa capek. Jadi kenapa kopi mampu membuat kita tidak ngantuk, karena ada kafein. Jadi semakin tinggi kafein dalam suatu kopi maka semakin kuat dalam menangkal kantuk, semakin meningkatkan mood kita. Kerja Kafein biasanya selama lebih kurang 3 jam.

Tetapi ternyata senyawa ini juga mempengaruhi kerja jantung. Pengaruh stimulan pada susunan saraf pusat ternyata mempengaruhi pula detak jantung dan tekanan darah. Adenosine di otak merupakan zat yang salah satunya menyebabkan kantuk ketika berikatan dengan reseptornya. Karena kafein memiliki struktur yang sam dengan adenosin, maka kafein mampu berikatan dengan reseptor adenosin dan meningkatkan aktivitas sel saraf. Kafein juga menyebabkan vasokontriksi pembuluh darah dengan menghambat kerja adenosin untuk mendilatasi pembuluh darah.

Karena adanya peningkatan aktivitas sel saraf, maka kelenjar pituitari terangsang untuk mensekresikan hormon yang memicu kelenjar adrenal menghasilkan efineprin yang merupakan zat yang dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.

Hati-hati, jika setelah minum kopi sering terjadi jantung berdebar-debar. Jangan lanjutkan meminum kopi, makan pisang untuk meningkatkan kalium, dan jangan cemas. Jika ingin lebih menghindari jantung berdebar bisa mengganti kopi dengan teh. Teh juga mengandung kafein, dengan syarat seduhan teh jangan dibuang. Karena dengan membuang seduhan teh efek kafein yang didapat lebih besar.

Aulia_Yuuko
05-08-2013, 01:31 PM
Jgan lupa manfaat Kopi yg lain >>
Melancarkan Pencernaan :haha:

saya minum Kopi kalo lgi capek/stres,,
Tapi minum teh kalo lagi sakit
Sama2 brmanfaat kedua minuman ini :top:

zibanez
05-08-2013, 07:34 PM
Gw lebih milih teh, sekarang lebih prefer teh hijau. biasanya minum teh abis pulang kerja

GIORDANOS
08-08-2013, 03:22 PM
Benar gak sih katanya kl terlalu sering minum kopi nanti tulang kita jadi makin keropos ?

rezazack
14-08-2013, 08:33 PM
ane lebih prefer kopi, ga tau alasannya knapa :bingung:
minum tehnya sering waktu berbuka puasa doang :hoho:

Zetox
19-08-2013, 03:34 PM
saia cmn ngopi klo butuh terjaga tapi keadaannya lagi ngantuk , minum teh pas sore-sore :ognikmat: apalagi pas nyruput di temenin pacar :oghoho:
btw sempet mikir ada gk ya minuman teh campur kopi ato kopi campur teh :ogbloon:

Sunday_KNIGHT
22-08-2013, 01:42 PM
Benar gak sih katanya kl terlalu sering minum kopi nanti tulang kita jadi makin keropos ?
yap emang benar, kafein pada makanan emang bisa membuat penyerapan sekaligus menghambat penyerapan kalsium ketulang,
tidak harus kopi, makanan apapun yang mengandung kafein punya pengaruh yang sama,
cuma kafein pada kopi jauh lebih tinggi ketimbang pangan lainnya,

azgify
03-10-2013, 08:45 PM
gw biasanya kalo pagi minum teh. pas lagi ngerjain tugas atau ada kerjaan baru deh ngopi. trus ada satu lagi nih yang rada aneh di gw, kan kopi itu memang terbukti biar bikin kita waspada, alias biar bikin nggak ngantuk. nah kalo gw tuh pas lg ngantuk, terus ngopi, masih ngantuk2 juga tuh. hahahaha

tkojek_peken
04-10-2013, 06:14 AM
kalo nggak salah teh dan kopi sama2 punya kandungan kaffein juga, tapi kandungan kaffein pada teh lebih sedikit dari kopi, secara kan kafein termasuk salah satu zat adiktif, CMIIW
boleh minum asalkan jangan berlebihan, cz sesuatu yang berlebihan tu terkadang gk baik buat kesehatan

babeh_orayz
04-10-2013, 06:27 AM
Klo teh sih kadang2 ane minum
Tapi klo kopi ga pernah minum soalnya punya maag

derwiners
04-10-2013, 07:12 AM
Benar gak sih katanya kl terlalu sering minum kopi nanti tulang kita jadi makin keropos ?

Emang sih, tapi perbanyak aja olahraga/aktifitas fisik supaya tulang tetap kuat :lol:

Skalian tambahin asupan kalsium dari minuman lain...

GaleRareglove
04-10-2013, 07:01 PM
hmm, tergantung kebutuhan aja sih.
ane biasanya minum kopi klo pengen begadang ngerjain tugas, klo teh sih biasanya ane minum tiap pagi

Sunday_KNIGHT
04-10-2013, 09:28 PM
Emang sih, tapi perbanyak aja olahraga/aktifitas fisik supaya tulang tetap kuat :lol:
Skalian tambahin asupan kalsium dari minuman lain...
yap, tapi efek ini paling parah terjadi pada perempuan, terutama saat sedang haids,
so ada baiknya kalo sedang haids, sebaiknya perempuan menjauhi makanan yang mengandung cafein tinggi :p

untuk pria sama juga, cuma pria punya hormon yang mampu mempertahankan absorbsi Ca dari tulang,
tapi tetap aja, faktor makanan sangat mempengaruhi di sini :ngacir:

derwiners
04-10-2013, 09:48 PM
yap, tapi efek ini paling parah terjadi pada perempuan, terutama saat sedang haids,
so ada baiknya kalo sedang haids, sebaiknya perempuan menjauhi makanan yang mengandung cafein tinggi :p

untuk pria sama juga, cuma pria punya hormon yang mampu mempertahankan absorbsi Ca dari tulang,
tapi tetap aja, faktor makanan sangat mempengaruhi di sini :ngacir:

Ohh baru tau ane kalo perempuan sedang dapet jangan mengkomsumsi kafein.....

efek selain itu apaan gan?? Apa bisa menyebabkan kram perut yah :???:

Sunday_KNIGHT
04-10-2013, 09:54 PM
Ohh baru tau ane kalo perempuan sedang dapet jangan mengkomsumsi kafein.....
efek selain itu apaan gan?? Apa bisa menyebabkan kram perut yah :???:
soalnya pada saat itu hormon protesteron pada wanita sedang meningkat pesat,
dan hormon ini punya sifat mempercepat penyerapan kalsium dari tulang,

so, jika ditambahkan dengan konsumsi kafein berlebih tau lah apa jadinya,
tapi itu efek jangka panjang, kalo cuma sekali dua kali sih gak apa-apa koq,

kalo kram perut kurang tau bagimana prosesnya terjadi :bloon:

lexchanz
11-11-2013, 09:05 AM
Ga terlalu suka sama kopi maupun teh..
Tapi kalo mau dipilih ane pilih minum teh aja

rannerz
15-11-2013, 01:55 PM
Teh tnpa GUla kayaknya paling bagus deh..

tonigosal
18-11-2013, 03:19 PM
mnurut ane lbh sehat teh krn byk antioksida yg terkandung dlm teh.. sedangkan kopi biasa bawaan nya kecanduan, komsumsi kebanyakan jg nda bgs

JempolPunch
18-11-2013, 03:32 PM
Ane lebih ke teh, lebih seger dan enak diminum tanpa gula

marleymarley
21-11-2013, 12:26 PM
gue sih suka kopi tapi gue juga tau sih kopi banyak efek buruknya walaupun emang ada juga efek positifnya.

kadang kalo minum kopi hitam pait gue suka sampe deg-degan loh makanya kadang lebih suka kopi selain kopi hitam pait alias yang dipakein gula atau dikasih tambahan susu, creamer, atau kopi instan yang dijual-jual itu loh yang ada rasa vanilla late, capucino, carrebian nut hahaha

kalo kopi instan gitu kadar kafein-nya ga banyak kali ya??

edriczh1
21-11-2013, 03:26 PM
Minum kopi sih enak. tp deg2an gw.

gw vote teh. ada kandungan antioksidan plus bs kurangin kolestrol. tapi bahayanya ya ttp bisa mengurangin zat besi dalam tubuh jg.

CMIIW

welcomers
23-11-2013, 03:16 PM
kopi bikin ane mual + pusing, mending teh aja deh. teh kan mengandung antioksidan

cleo7
23-11-2013, 10:56 PM
pengalaman saia

waktu jaman kuliah, ujian semesteran
untuk tetep bisa begadang ga tidur saia minum kopi sampai 5 gelas. tegukan pertama jam 10 malem sampe pagi 5 gelas
1 gelas nya itu gelas gede
paginya ketika mandi pagi, langsung ngucur darah di hidung/ mimisan

pertanyaan saia : itu efek kopi ya?
saia ga ke dokter soalnya jam 8 ujian. jadi ga ke dokter

trus
minum kopik* 78c 3 botol selang minum masing2 sekitar 2 jam. eh botol ketiga langsung pusing


oh teh ada kafeinnya. tapi ga ada efek samping. mantap^^

tapi denger2 kebanyakan minum teh berlebihan ada efeknya



Konsumsi teh, jenis apapun, pada dasarnya aman jika dalam jumlah normal, 1-2 cangkir per hari. Namun konsumsi dalam jumlah besar, seperti > 5 cangkir per hari, dapat memicu timbulnya beberapa efek samping. Sebagian besar efek samping tersebut disebabkan oleh akumulasi kandungan kafein dalam teh, kemudian tannin dan fluorin pada daun teh yang berusia tua. Diantara efek samping yang mungkin timbul, apapun jenis tehnya, adalah:

- Terhambatnya penyerapan zat besi dari makanan, sehingga dalam jangka panjang berisiko menimbulkan anemia, atau memperberat gejala anemia yang ada.

- Kecemasan dan insomnia. Tingginya kadar kafein dalam darah dapat memperburuk gangguan kecemasan dan memperberat gejala insomnia, karena sifatnya yang menstimulasi jaringan saraf.

- Gangguan pendarahan, kafein dalam tubuh dapat meningkatkan risiko pendarahan sehingga sebaiknya dikurangi atau dihindari oleh penderita gangguan darah.

- Osteoporosis. Teh bersifat diuretik, maka konsumsi teh yang banyak dapat meningkatkan jumlah kalsium yang terbuang melalui urin.

- Gangguan liver. Beberapa kasus gangguan liver dihubungkan dengan konsumsi teh dalam jumlah besar.

- Efek pada jantung. Konsumsi kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan denyut jantung menjadi tidak teratur.

- Glaukoma. Konsumsi teh dapat meningkatkan tekanan dalam bola mata yang terjadi dalam 30 menit sejak konsumsi teh dan bertahan hingga 90 menit kemudian, sehingga penderita glaukoma harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

- Diare. Konsumsi teh dalam jumlah besar dapat memperburuk diare.

- Timbulnya noda pada gigi.

- Untuk teh hitam, karena memiliki efek serupa estrogen, harus dikonsumsi secara hati-hati oleh penderita gangguan yang sensitif terhadap hormon estrogen, seperti endometriosis atau myoma.
konsultasisyariah.com


Efek Samping Bila Minum Teh Berlebihan - Minuman teh selalu dikaitkan dengan kesehatan, namun bila diminum secara berlebihan, Anda akan mengalami gangguan kesehatan tulang serta gigi. Hal tersebut telah dialami oleh seorang wanita di Detroit, Amerika Serikat. Wanita ini menderita rasa nyeri pada tulang bagian panggul, tangan, serta kaki. Semula ia menduga menderita kanker, tetapi hasil pemeriksaan dokter menunjukkan nyerinya itu karena asupan teh yang berlebihan.

Wanita ini setiap harinya mengkonsumsi satu pitcher teh yang dibuat dari 100-150 kantong teh celup. Karena konsumsi yang berlebihan ini darah si wanita mengandung fluoride dalam jumlah tinggi sehingga ia mengalami gejala tulang yang terlalu padat, serta giginya menjadi rapuh.

Kadar normal konsentrasi fluoride pada darah manusia adalah kurang dari 0,10 mg/liter, namun kandungan fluoride pada darah wanita ini mencapai 0,43 mg/liter, lebih dari 4 kali lipat batas normal. Satu pitcher teh yang dibuat wanita tersebut mengandung sekitar 20 miligram fluoride yang masuk ke tubuhnya.

Oleh dokter, wanita tersebut diminta mengurangi konsumsi teh. Akhirnya gejala nyeri yang dirasakannya mulai berkurang. Sebenarnya tubuh secara alami bisa mengeluarkan fluoride, tetapi dokter memberikan suplemen hormon paratiroid untuk mempercepat pengeluaran fluoride dari tulang.

Jadi mulai sekarang mulailah konsumsi teh dalam jumlah normal. Menjalani pola hidup sehat akan membantu Anda agar terhindar dari penyakit dan masalah kesehatan lainnya. (Sumber : kompas.com)

berarti baik kopi maupun teh minum sekedarnya, jgn berlebihan
*termasuk saia, hiks

nicole_sandra
25-11-2013, 07:25 PM
untuk orang yang butuh dongkrak stamina kopi lebih bagus.. makanya tiap pagi sebelum berangkat kerja ane minum kopi..
biar stamina terjaga badan gak ngantuk dan tetap fit sampe sore.. hahaha

Harunaholic
04-01-2014, 03:28 PM
Kalo ane jelas milih teh dong, bukan karena alasan kesehatan sih, tapi karena ane emang ga' doyan kopi...

gregsgorgeous
07-01-2014, 02:38 AM
kopi ama teh faforit ane banget,

tapi kalau kelebihan juga ga baik, semua yang kekurangan/berlebihan itu ga baik

makanya harus pas

shinobi32
07-01-2014, 07:38 AM
kopi juga klo bikinnya gak pas di lidah jg gak enak

deluxo
07-01-2014, 02:44 PM
kalo ane sih biasanya kopi dipagi hari, trus teh di sore hari. nikmaaattt

madenz
16-01-2014, 01:53 AM
kalo gw ga suka kopi, jadi pastinya ngeteh aja terus..

rammdji
16-01-2014, 02:44 AM
kebanyakan orang makan di warung pasti minumnya es teh, walaupun sebenarnya itu gak baik.

ganive
19-01-2014, 05:55 PM
kslo minum kopi pagi2 bikin mules gan..tapi kalo teh ngga.. :haha:
tapi ane tetep suka dengan kopi :top:

rankur
19-01-2014, 06:59 PM
kopi dan teh bisa sehat tergantung takaran pembuat :ngupil:

Cloudzzz
20-01-2014, 08:36 PM
lebih prefer ke teh aja,
lebih enak aja ketimbang rasa pahit dimulut
gw sih biasa gitu.

tickita
21-01-2014, 02:21 PM
tidak ada yang lebih sehat kalau berlebihan, sekali seminggu boleh, tapi bukannya lebih sehat teh ya? kopi kan bikin deg-deg'an :ohno:

megalitikum
22-01-2014, 10:17 AM
Banyak juga manfaatnya, tapi ahir-ahir ini kok aku kembung kalo minum kopi apapun ya?!
untung temen bawa kopi dari lampung, satu2nya kopi yang gak bikin perut saya kembung.

wantek
22-01-2014, 10:32 AM
bukannya skrg ad white coffee yg g bkin kembung?
klo w sich mana aj boleh, tpi klo makan sich minumnya...
apapun makannya minumnya teh botol xxxx<=diiangin biar g iklan :lol:

hijaudaunnnn
25-01-2014, 11:24 AM
Coffee addicted nih ane. Jd vote for kopi.

Sehari bisa 2x(pagi dan sore).

Yup sekarang kan ada white coffee,jadi ga terlalu deg-degan abis minumnya

Almas_Maalik
25-01-2014, 01:32 PM
Coffee addicted nih ane. Jd vote for kopi.

Sehari bisa 2x(pagi dan sore).

Yup sekarang kan ada white coffee,jadi ga terlalu deg-degan abis minumnya


kog ane ga pernah ngrasa deg2'an yaa pas abis minum kopi ... :???:

kalo ane biasanya minum kopi bisa ampe 4x sehari,, tapi yang paling rutin yaa 2 - 3 kali sehari ...

misschoi407
25-01-2014, 07:17 PM
Aku pilih teh..

G tahan sama kopi.
Kadang cuma bikin perut kembung g nyaman.

Tapi adakalanya si kopi juga bikin detak jantung g beraturan, keringat dingin dan bahkan demam :swt:

Teh itu juga enak dicampur creamer :hmm:

Nzall
27-01-2014, 06:37 AM
pilih kopi aja deh :malu2:
ane biasa ngeroko :rokok: sambil ngopi :nikmat:
oooohh indahnya hidup ini :lalala:

crewpoek
27-02-2014, 11:11 PM
ane milih teh bro...
mungkin karena kebiasaan kali yaa

snowrex04
27-02-2014, 11:50 PM
ane lebih suka nge teh darioada kopi. apalagi ngopi sore" bisa melotot smp malem

Petucini
28-02-2014, 12:33 AM
Ane sih prefer ke teh :iii: gak demen ngopi ngopi

Opsi pertama sih tetep coklat :lol: tapi kalo ditanya kopi atau teh ya prefer ke teh laaa

tom4k4k4
28-02-2014, 08:07 AM
kopi, tetap minuman favoritku sejak aku kecil....
ada gak efek samping kalo minum kopi setiap hari....?

apostate
01-03-2014, 01:31 AM
bener nggak sih gan, kopi bikin asam lambung naik ??

hai2dar
01-03-2014, 01:34 AM
Ane sih prefer ke teh :iii: gak demen ngopi ngopi

Opsi pertama sih tetep coklat :lol: tapi kalo ditanya kopi atau teh ya prefer ke teh laaa

karena teh itu memberikan ketenangan :hmm:

kalo kopi bikin melek :gotdrink:

andri1724
04-03-2014, 07:52 PM
prefer sih kalo pagi kopi enak buat aktifitas
tapi kalo sore2 pulang aktifitas enak juga teh anget ato dingin

jasaproxy
04-03-2014, 09:05 PM
sepertinya lebih sehat teh karena ada antioksidan, tetapi ada juga beberapa pantangan untuk meminum teh supaya kandungan kafeinnya tidak terlalu berbahaya, seperti jangan minum teh setelah makan, dll.

*lihat di acara syafaat :D

erfi
04-03-2014, 09:37 PM
Setahu ku dan info dari dokter juga,kebanyakan minum teh dapat menyebabkan anemia sedangkan kelebihan minum kopi dapat menyebabkan hipertensi...

wiwitiwan
06-03-2014, 02:18 PM
masing2 punya kelebihannya bro.. asal tidak over aja minumnya... semua yang berlebih pasti tidak baik untuk kesehatan..

moping
08-03-2014, 04:23 PM
kalau menu ane, minum kopi seminggu 1-2 kali aja.
kalau teh tiap pagi sebelum makan hehehe

mpixz
09-03-2014, 09:04 AM
kalo ane 2"nya sih oke, kalo minum kopi sehari 2x sesuai anjuran dokter, pagi jam 10 sama malem mulai jam 7 keatas,

nah kalau teh ane juga sering minum, cuma kalo lagi badmood :hahai:

invictuneez
09-03-2014, 04:18 PM
dulu gw minum kopi hampir tiap hari, tapi setelah ngeliat efeknya ke jantung gw, jadi sekarang gw udah nggak terlalu sering lg minum kopinya :hoho:
tiap abis minum kopi merk apapun kalo nggak jantungnya yg deg2an kenceng, ya tangannya yang gemeteran, waktu konsul sama dokter katanya karena gw kebanyakan minum kopi trus gwnya nggak kuat :ngambek:
tapi kalo disuruh milih, gw tetep milih kopi dong~ because it's more than just a cup of coffee, it's a cup of liquid sanity, man :terharu:

msH454N
09-03-2014, 07:35 PM
Dari dlu ane udah terbiasa minum teh drpada kopi...

Kopi hanya sekali-kali aje..pas lg nonton bola

dzulaufa
19-03-2014, 05:42 PM
nah ane jadi penasaran mau nanya..

apa yang terjadi kalo minum teh dan kopi dengan jeda waktu yang singkat..?
...
...
dan
apa yg terjadi kalo minum teh dan kopi secara bergantian pada hari yang sama..?
bisa aja kan pagi2 kita minum teh di rumah tp siang pas kerja kita minumnya kopi.

hhe

nggak papa. asal jangan berlebihan. satu-dua cangkir aja sehari

kunnay23
20-03-2014, 01:23 PM
pernah baca klo keseringan ngopi itu bisa berakibat buruk bagi tubuh kita

tapi klo teh sampe saat ini belum nemu negatifnya, ane tiap pagi minum teh 1 gelas bro

alesanny dh kebiasaan soalnya, wktu umur 3-5 taun ane ngedot teh manis soalnya :oghoho:

lukaserrych
22-03-2014, 06:36 AM
gw tetep milih teh gan...

silentroar
22-03-2014, 07:12 AM
Waduh ane tiap hari minuk teh abs makan lagi gan...

Perlu diubah ni kebiasaan ane :(

toko5cantik
23-03-2014, 06:06 AM
saya sih prefer teh, kopi kalo lagi mau begadang aja, haha

deddyoei
23-03-2014, 04:34 PM
kalau saya hampir imbang, sehari rata2 2 gelas teh dan 2 gelas kopi, tapi teh nya bukan teh hijau

claudiabrigita
16-07-2014, 11:09 AM
biasanya ane minum kopi kalau mau nugas, atau mau ngampus tapi ngantuk berat
sementara teh kalau lagi nyantai, lagi nonton atau baca buku
gitu dehhhh

nabao
11-09-2014, 02:08 PM
dua2nya ada manfaatnya koq .. asal jangan berlebihan :D

tapi ane lebih suka ngopi, kalo ngopi semangat bgt buat ngerjain sesuatu! :D