PDA

View Full Version : Info Mahalnya Biaya Penguburan di Jepang



Bhulbul
13-04-2012, 04:09 PM
http://b-shared.com/files/WV6seXaSKWhRS2CNWb.jpg ('http://www.b-shared.com/detail.php?detail=WV6seXaSKWhRS2CNWb')
Uploaded with B-Shared ('http://b-shared.com/')


Di Jepang yang sudah dikenal sebagai negara termahal termasuk harga untuk orang mati. Sepertinya hal ini terdengar sangat aneh mengingat orang mati sudah tidak ada hubungannya dengan urusan duniawi. Meskipun kenyataannya orang Jepang banyak yang mati karena bunuh diri namun Jepang tetap memiliki harga mahal sekalipin untuk orang yang sudah meninggal.

Biasanya orang Jepang memakamkan mayat dengan cara di bakar kemudian abunya diletakkan di dalam pot yang terbuat keramik sesuai dengan cara ajaran agama Budha. Setelah dibakar dan diletakkan di dalam pot kemudian dimasukkan di nisan kuburan bersama tempat abu anggota keluarganya yang telah meninggal sebelumnya.

Mengapa sebaiknya semua orang menghindari menghabiskan sisa umur di Jepang? Ternyata hal itu berpengaruh dengan mahalnya jika meninggal di Jepang. Harga orang mati tenyata juga mahal hal ini dikarenakan oleh terbatasnya tanah yang dijadikan lahan sebagai tempat pemakaman. Harga tanah untuk tempat pemakaman berkisar antara 2 juta yen (Rp.235 juta) sampai 7 juta yen (Rp.821 juta). Hal ini tentu membuat harga untuk pemakaman bagi orang mati terlampau sangat mahal. Apalagi di Jepang orang hidup saling berdesak-desakkan. Intinya harga sebuah tempat pemakaman di Jepang lebih mahal daripada harga rumah.

Bahkan ini belum termasuk harga nisan hingga jutaan yen dan harus membayar biaya administrasi sampai 50 ribu yen (Rp.6 jt) setiap tahunnya. Namun batu nisan dapat digunakan secara turun temurun oleh setiap keluarga, tapi bagi orang yang kaya lebih memilih memiliki nisan sendiri-sendiri. Tidak hanya tanah pemakaman, namun upacara kematian juga termasuk mahal. Keluarga orang yang meninggal harus menyediakan dana sebesar 2 juta yen untuk biaya biksu untuk mengurus jenazah dari mulai dari kremasi, mendoakan arwah, sampai memasukkan abu ke dalam nisan.

Di Jepang sudah menjadi hal yang lumrah bila kematian juga memiliki nilai harga yang tinggi. Tidak heran bila banyak orang Jepang yang bukan kristen beralih dengan menggunakan rumah duka dengan harga yang lebih murah. Hal ini terjadi karena pemerintah hanya memberi uang duka sebesar 50ribu yen. Meskipun ada uang sumbangan dari orang yang datang melayat namun tidak cukup untuk membayar semua keperluan pemakaman. Proses pemakaman bagi anak-anak tidak terlalu jauh beda. Anak-anak yang meninggal dibawah umur 16 tahun dimakamkan bersama boneka dan diletakan mainan dan makanan di makamnya.

Biaya pemakaman di Jepang termasuk mahal namun bila seseorang yang meninggal tapi tidak memiliki anggota keluarga maka mayatnya akan diurus dan di biayai oleh negara. Biasanya ini terjadi pada tunawisma yang meninggal dunia. Setelah dikremasi kemudian abunya akan disimpan di kuil berhubung tidak diketahui dimana nisan pemakaman keluarganya. Hal ini sangat memprihatinkan karena arwah orang meninggal tersebut tidak dapat bergabung dengan keluarganya.


http://b-shared.com/files/OC5uQ0bZuIohQulJDxk6.jpg ('http://www.b-shared.com/detail.php?detail=OC5uQ0bZuIohQulJDxk6')
Uploaded with B-Shared ('http://b-shared.com/')

http://b-shared.com//files/AIy6qX1tL01vIUXTPlxe.jpg ('http://www.b-shared.com/detail.php?detail=AIy6qX1tL01vIUXTPlxe')
Uploaded with B-Shared ('http://b-shared.com/')

XxXxnaruxXxX
13-04-2012, 05:46 PM
ane pernah baca di koran, katanya yg mahal klo orang meninggal di jepang itu biaya buat manggil biksu buat bacain sutra atau apalah buat almarhum selama 2 hari (klo gk salah)
lahan nya cuma berkisar 600 ribu yen keatas, seingat ane

Bhulbul
13-04-2012, 06:57 PM
ane pernah baca di koran, katanya yg mahal klo orang meninggal di jepang itu biaya buat manggil biksu buat bacain sutra atau apalah buat almarhum selama 2 hari (klo gk salah)
lahan nya cuma berkisar 600 ribu yen keatas, seingat ane

600 juta yen cuman gan?
Menurut ane seh udah mahal itu.

kacang500
13-04-2012, 08:00 PM
buat lahan cuma 600 ribu yen???
katanya td 50 ribu yen kurang lebih 6 juta rupiah berarti 600 ribu yen kurang lebih 72 juta rupiah....
:pusing:

parah parah parah....
apa boleh buat, tanah makin lama makin dikit, manusia makin lama makin banyak....
manggil biksu juga mahal....
:sigh:
mau mati aja kok repot....
susah hidup di dunia ini....

Bhulbul
13-04-2012, 08:58 PM
buat lahan cuma 600 ribu yen???
katanya td 50 ribu yen kurang lebih 6 juta rupiah berarti 600 ribu yen kurang lebih 72 juta rupiah....
:pusing:

parah parah parah....
apa boleh buat, tanah makin lama makin dikit, manusia makin lama makin banyak....
manggil biksu juga mahal....
:sigh:
mau mati aja kok repot....
susah hidup di dunia ini....

Sabar gan sabaaaar...
:hiks:

Ariefkov
13-04-2012, 09:08 PM
mungkin yang bisa meninggal terus ada kuburannya cuma orang orang kelas elite dan memiliki materi yang lebih dari cukup

wow, berarti tanah di jepang sana beneran mahal mahal ya.. gile gile :pusing:

bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia berarti..

terpaksa disana kalo meninggal harus jadi abu :iii:

aiiiia
13-04-2012, 09:27 PM
mungkin mahal soalnya ada kolam renangnya kali iah kuburannya
heheheheheh

INTERNETS
13-04-2012, 09:34 PM
beruntung juga kita disini ya.masih banyak tanah kosong untuk mengubur jasad...... yang gali tanahnya juga murah.

Bhulbul
14-04-2012, 01:29 AM
mungkin yang bisa meninggal terus ada kuburannya cuma orang orang kelas elite dan memiliki materi yang lebih dari cukup

wow, berarti tanah di jepang sana beneran mahal mahal ya.. gile gile :pusing:

bersyukurlah kita yang tinggal di Indonesia berarti..

terpaksa disana kalo meninggal harus jadi abu :iii:
Yang di kubur itu cuma abunya gan
:facepalm:


mungkin mahal soalnya ada kolam renangnya kali iah kuburannya
heheheheheh
Lebih lega kolem renangnya berearti daripada kamar buat dia tidur
:apa:


beruntung juga kita disini ya.masih banyak tanah kosong untuk mengubur jasad...... yang gali tanahnya juga murah.
Bener itu gan. Biar bagimanapun gua tetep cinta Indonesia
:oghero:

ezect
14-08-2012, 04:01 PM
wah mahal banget kayak kuburan elit aja

simanciah
14-08-2012, 04:26 PM
sampe segitu mahalnya ya buat org yg udah meninggal,
btw inikan menyangkut keyakinan mereka bro....
jd klo masalah harga jadinya relatif aja :cerutu:

Hktoyshop
14-08-2012, 04:31 PM
gila ya kalok kayak gitumah gak usah mati aja ya gak si?

hansen_jm
14-08-2012, 11:05 PM
tekor dah klo kek gitu.... :lol:

Atlanesia
15-08-2012, 08:52 AM
Wah mahal amat ya? :kaget:

cempee
15-08-2012, 09:02 AM
jepang vs di bali , ma toraja mahalan mana gan ?

Reyn15
19-08-2012, 07:43 PM
wah mahal banget kayak kuburan elit aja

Kayaknya memang elite sih gan :oghi:

aeroga
19-08-2012, 10:51 PM
wew..
mahal bener yah pemakaman disana..
gila2 harga nya..
ckckck..

jujuriki
20-08-2012, 12:47 AM
bah pastes aja kalo liat film2 jepang kuburannya dempet2banget, ternyata gara2 mahal + semua mayat dijadiin abu toh~

motabeguri
20-08-2012, 05:07 AM
lahan di jepang sempit sih ya..
makanya mahal harga kuburan disana...

User_
20-08-2012, 07:25 AM
Mungkin karena jepang termasuk daerah yang gak begitu besar,
Jadi harga tanahnya mahal, sehingga apa boleh buat http://www.indowebster.web.id/images/smilies/ngacir.gifhttp://www.indowebster.web.id/images/smilies/ngacir.gifhttp://www.indowebster.web.id/images/smilies/ngacir.gif

LonelySoldier
20-08-2012, 09:11 AM
Biaya tanah, biaya upacara, biaya nisan... :pusing:

Wajar lah kalo misalnya banyak yang jadi pindah agama ato ngabisin sisa umur di negara lain...

sai0506
21-11-2012, 06:25 PM
luas tanah makin menurun :swt:

tuan_buncis2002
21-11-2012, 06:41 PM
gw jadi pny ide, knp tidak dibikin kuburan bertingkat atau "apartemen khusus bagi org yg telah meninggal" :hoho:

Abycyruz
21-11-2012, 07:06 PM
kalo di perhatiin biksu disana udah kyk profesi yg mahal
sama kyk di indonesia ustad² sekarang udah jadi profesi & popularitas

hendrolist
21-11-2012, 08:16 PM
weikz... mahal banget...
blum selamatan 7 hari 7 malam and 40 harinya....

Leessang
21-11-2012, 10:31 PM
buat makam aja sampe ratusan juga :matabelo:

bastomi
21-11-2012, 11:34 PM
haduh mahal bangett.. :facepalm: udah mati aja masih repot
mending buang kelaut aja lah.. :haha:

dokus48
22-11-2012, 05:46 AM
sistemnya ribet amat+mahal mending buat modal usaha , padahal cuma mau nguburin orang mati aja ..

Nisankyu
22-11-2012, 06:36 AM
wah gila mau buat tempat peristirahatan terakhir aja susah
tapi memang sih jumlah lahan di jepang memang sangat terbatas sekali

klanapro
22-11-2012, 08:04 AM
mau dikubur aja ribet banget...

mahal pula lagi.... :swt:

aprilonrebel
22-11-2012, 08:09 AM
bused dehh :shock1:
itu klo bayarnya aja segitu, itu bwt skali ngadain pemakaman atau perorang/pemakamannya?
ga bisa di pemakaman masal gitu kah misalnya? klo di Indonesia kan kita tau ada ngaben (bali) yg mahal banget, makanya ada ngaben yg masal itu (klo ga salah)
gila juga ya, mau ngubur org yg udh :dead: aja bisa ampe sgitu, bisa ikutan :dead: juga lah yg ngurusnya. . . .

Sinichi12
22-11-2012, 08:31 AM
orang dah ga ada aja biaya masih mahal...gmn orang masih hidup :voodoo:

inter1908
22-11-2012, 09:35 AM
klo orang bunuh diri bukannya meringankan beban tapi malah nyusahin keluarganya aja ya.

freekick
16-12-2012, 10:36 PM
lahir perlu uang
matipun memerlukan uang

Andoyj
23-12-2012, 11:20 PM
wah anjir mau mati aja susah
kalo di kuburan ada kasur nya sih gapapa :hahai:

Ryanhendri
24-12-2012, 08:06 PM
tanah kuburan harganya 800jt...?!? :apa:
aduh gila aja...

ketelatela
24-12-2012, 08:13 PM
mungkin disana lahannya sempit ya :sigh:
untung aja kita disini :hmm:

thisisapen
25-12-2012, 01:14 AM
ya maklum, tanah kosong udah jarang di sana.

rishiuri
27-12-2012, 12:29 PM
Koq buat lahan aja mahal gan ><

Arbhi_Arhi
27-12-2012, 01:03 PM
wahhhh mahal banget..
udah melebihi harga rumahhhh

ricomoshi
28-12-2012, 02:38 PM
begitulah hidup di zaman modern, begitu lahir sampai mati semua perlu duit...

dhenz369
28-12-2012, 03:02 PM
wow mahal banget.. untung deh gak di jepang.. meninggalnya di tanah air beta saja

lao_ren
28-12-2012, 04:50 PM
beruntung juga kita disini ya.masih banyak tanah kosong untuk mengubur jasad...... yang gali tanahnya juga murah.

ghozai
28-12-2012, 10:18 PM
udah mati tapi tetep susah

orochi0000
28-12-2012, 11:07 PM
wajar aja banyak yg dikremasi lahan sempit :panik:
klo pun ada mungkin calo y yakuza:pistol:

hesseljw
29-12-2012, 12:24 AM
aduh kasian banget

tapi anehnya yg bunuh diri masih bnyk juga

Sunday_KNIGHT
29-12-2012, 12:36 AM
ternyata benar prediksi gw,
kalo yang mahal itu harga tanahnya,
mungkin karena luas negara yang kecil dan jumlah penduduk yang besar + industri,
sehingga untuk lahan pemakaman jadi berkurang dan jadi mahal tentunya,,

btw, kasus seperti ini hampir sama seperti di jakarta ya,
tau sendiri lah bgaimana kondisi jakarta sekarang,
harga tanah mahal, jumlah penduduk sudah tak terkendali, dkk,

malah pernah baca di suatu media,
kalo di tahun 2015 sudah tidak ada area lagi untuk pemakaman di jakarta,

lotto77
29-12-2012, 12:52 AM
padahal meninggal dijadiin abu kan.. msh mahal gitu
gmn kalau tubuh utuh ky disini :shock1:

Sunday_KNIGHT
29-12-2012, 12:58 AM
padahal meninggal dijadiin abu kan.. msh mahal gitu
gmn kalau tubuh utuh ky disini :shock1:
bukannya di china yang dijadiin abu :bloon:
setauku agama shinto (mayoritas di jepang) tetap dilakukan penguburan,
gak dibakar / setelah lama abu tulangnya di ambil *CMIIR _____

gggg
06-01-2013, 11:36 PM
wajar sih,, harga tanah disana kan emang mahal banget..

ei__
06-01-2013, 11:38 PM
wajar sih,, harga tanah disana kan emang mahal banget..
suatu saat indonesia juga akan seperti itu koq,
kalo luas lahan sudah tidak bisa ditampung lagi,
maka harga tanah akan melangit, kalo orang bisa hidup di bangunan bertingkat,
kalo mayat kan gak mungkin,,

deerchoding
07-01-2013, 11:18 AM
2 juta yen (Rp.235 juta) sampai 7 juta yen (Rp.821 juta) mahal banget harganya..

segitukah kuburan elite?

ekaker3n
10-01-2013, 09:42 AM
buat lahan cuma 600 ribu yen???
katanya td 50 ribu yen kurang lebih 6 juta rupiah berarti 600 ribu yen kurang lebih 72 juta rupiah....
:pusing:

parah parah parah....
apa boleh buat, tanah makin lama makin dikit, manusia makin lama makin banyak....
manggil biksu juga mahal....
:sigh:
mau mati aja kok repot....
susah hidup di dunia ini....

setuju dah ama agan ini mw mati aja repot

rudilim
04-10-2013, 11:26 AM
kasian amat orang di jepang uda meninggal aja ga bisa dikubur dengan layak :sedih:

derwiners
04-10-2013, 06:27 PM
Behh mahal skali mahalan dari apartemen standart :swt:

Gimana yah kira2 20tahun lagi kalo lahan makin sempit

SPIRITOFCOROLASO
04-10-2013, 06:39 PM
biasalah bagi orang elit, uang itu tidak ada harganya dibanding kan dengan kebahagiaan..

yoonz14
05-10-2013, 08:47 PM
Bisa mengerti sih kenapa bisa semahal itu
secara kan Jepang lahan kosongnya sudah semakin sedikit, sedangkan untuk membuat makam kan harus ada tanah yang besar
bayangin aja masa makam'nya mau 1 mayat, di tumpuk lagi, terus ada yang meninggal, di gali terus di tumpuk lagi
kan gak mungkin.. pasti 1 tempat 1 mayat terus kasih beberapa jarak, untuk 1 mayat lagi
jadi kan butuh lahan yang besar banget..

Orang jepang mereka juga lebih senang yang praktis sih ya.. kalau makam kan mereka harus ke sana untuk membersihkannya dll
Jadi mereka lebih memilih untuk di bakar terus abu'nya bisa di taruh rumah untuk sembahyang atau kunjungan dll

thanks for share ^^~

Sunday_KNIGHT
06-10-2013, 12:47 AM
^
^
rasanya jepang gak ada praktek bakar mayat dah,,
mereka tetap dikuburi, kalo gak muat malah ada yang di tumpuk gitu makamnya,
:obiii:

FerryTeo
06-10-2013, 01:03 AM
Terkadang kasihan juga sama orang Jepang, banyak yang depresi bahkan sampai bunuh diri karena banyaknya tekanan.
ckckck

adi1412
06-10-2013, 02:51 AM
mengingat jumlah penduduk dan keberadaan tanah yg tidak sepadan, wajar aja si klo dimahalin..
pertanyaan berikutnya..
apakah jakarta akan menjadi seperti itu juga?? :ognangis:

virens
28-03-2014, 09:06 PM
Klo di Jepang, habis di kremasi terus di kubur yah? :iii:
Knp gak di sebar aja yah abunya? :iii: