PDA

View Full Version : Aviation F-117A Nighthawk, Pesawat Tempur Siluman Pertama



Balulut
10-05-2012, 09:34 PM
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/Militer/500-F-117_Nighthawk_Night.jpg
Karakter pesawat stealh yang mampu memperkecil pantulan gelombang radar serta memiliki emisi panas dan suara yang rendah, sebenarnya hanya membuatnya sulit terdeteksi radar (radar obeservable) dan sensor pencari panas. Radar berkekuatan tinggi masih mampu mendeteksi F-117A, hanya saja dalam jarak yang jauh lebih kecil dari jangkauan normal.
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/Militer/AIR_F-117_Dropping_Paveways_lg.jpg

Gambaran sederhananya mengenai kemampuan stealth sebuah pesawat begini : misalkan sebuah radar berkekuatan tinggi mampu mendeteksi keberadaan jet tempur seperti F-16 ketika jaraknya masih sejauh 500 km, radar tersebut hanya mampu mendeteksi F-117A ketika sang siluman sudah berjarak 3 km. Disini langsung terlihat keunggulan sifat low observable F-117A. Dengan kecepatannya yang hanya subsonik pun jarak sedekat itu bisa ditempuh F-117A dalam waktu kurang dari 15 detik. Dalam waktu sedemikian singkat, hampir mustahil bagi satuan pertahanan udara bereaksi.

Setidaknya ada lima desain kunci yang menjadikannya berkategori stealth :
Pertama, bentuk tubuh yang khusus. Tubuhnya berbentuk multi facet untuk membelokkan sisa pantulan gelombang radar yg tidak terserap lapisan RAM kearah yg berbeda-beda menjauhi sumber gelombang radar.
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/F117Mini.jpg

Kedua, bagian luar tubuh terbuat dari material khusus bersifat menyerap gelombang radar yg disebut RAM (Radar Absorbent Material). Khusus kaca kanopi diberi lapisan tipis emas (gold-tinted) berkonfigurasi khusus untuk menyerap gelombang radar
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/Militer/F-117A-Nighthawk-stealth-fighter-92.jpg

Ketiga, seluruh persenjataan bawaan Nighthawk disimpan dalam tubuh. Saat pintu ruang senjata terbuka, RCS F117A bisa meningkat hingga 100-200 kali lipat.
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/Militer/lockheed-f117cockpit.jpg

Keempat, emisi elektromagnetik dibatasi atau dihilangkan. F-117A tidak dilengkapi dengan radar penjejak sasaran, karena waktu jet ini dikembangkan teknologi radar LPI (Low Probability Intercept)masih sangat dini dan baru sebatas konsep. Komunikasi radio dibatasi hanya untuk kondisi darurat, bahkan diluar area pertempuran sekalipun.

Kelima, emisi panas dikurangi. Selain memakai mesin tanpa afterburner, exhaust berbentuk khusus mirip lubang harmonika untuk menyebar (dissipate) gas panas dari mesin. Selain itu ujung exhaust mesin dilindungi semacam lempengan penyerap panas.
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/Militer/800px-USAF_F-117_Nighthawk_formation_1.jpg

Majalah Commando

indianclouds
11-05-2012, 12:31 PM
keren gann,,, lanjutkan...
btw... kapan ya indonesia punya pesawat kaya gitu???
asikk tuh,,,
ayo kembangkan becak stealth ato, bajaj stealth, hahahahhaa

orangeboys
11-05-2012, 01:56 PM
kerenya f-117a , pesawat ni kebanggan Marinir US, pantas tiap peperangan marinir as selalu memang gan

rexie00000
11-05-2012, 02:32 PM
Wew serem amat 3km baru keliatan.. Uda keburu dibom mah kalau gitu.. Wkwk..
Seandainya indonesia punya begituan gan..
Pasti mantep tuh pertahanan udara kita

Balulut
12-05-2012, 05:11 PM
kerenya f-117a , pesawat ni kebanggan Marinir US, pantas tiap peperangan marinir as selalu memang gan
Kalau yang ini bukan punya Marinir AS tapi angkatan udara AS (USAF):oggaring:


Wew serem amat 3km baru keliatan.. Uda keburu dibom mah kalau gitu.. Wkwk..
Seandainya indonesia punya begituan gan..
Pasti mantep tuh pertahanan udara kita

Pastinya akan balik pada masa kejayaan :oghero:TNI di era tahun 60 an kalau misalkan punya pesawat model gini...

vasilivs
13-05-2012, 12:09 PM
kerenya f-117a , pesawat ni kebanggan Marinir US, pantas tiap peperangan marinir as selalu memang gan

pesawat F-117A miliknya Us Air Force bro.......bukan Us Marine.....^^
Selama dinasnya Pesawat F-117A pernah sekali Ketembak oleh Rudal

SA-3
buatan russia yang di operasikan oleh militer serbia dalam perang kosovo tahun 1999....^^

vasilivs
13-05-2012, 12:17 PM
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/500-F-117_Nighthawk_Night.jpg
Karakter pesawat stealh yang mampu memperkecil pantulan gelombang radar serta memiliki emisi panas dan suara yang rendah, sebenarnya hanya membuatnya sulit terdeteksi radar (radar obeservable) dan sensor pencari panas. Radar berkekuatan tinggi masih mampu mendeteksi F-117A, hanya saja dalam jarak yang jauh lebih kecil dari jangkauan normal.
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/AIR_F-117_Dropping_Paveways_lg.jpg

Gambaran sederhananya mengenai kemampuan stealth sebuah pesawat begini : misalkan sebuah radar berkekuatan tinggi mampu mendeteksi keberadaan jet tempur seperti F-16 ketika jaraknya masih sejauh 500 km, radar tersebut hanya mampu mendeteksi F-117A ketika sang siluman sudah berjarak 3 km. Disini langsung terlihat keunggulan sifat low observable F-117A. Dengan kecepatannya yang hanya subsonik pun jarak sedekat itu bisa ditempuh F-117A dalam waktu kurang dari 15 detik. Dalam waktu sedemikian singkat, hampir mustahil bagi satuan pertahanan udara bereaksi.

Setidaknya ada lima desain kunci yang menjadikannya berkategori stealth :
Pertama, bentuk tubuh yang khusus. Tubuhnya berbentuk multi facet untuk membelokkan sisa pantulan gelombang radar yg tidak terserap lapisan RAM kearah yg berbeda-beda menjauhi sumber gelombang radar.
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/F117Mini.jpg

Kedua, bagian luar tubuh terbuat dari material khusus bersifat menyerap gelombang radar yg disebut RAM (Radar Absorbent Material). Khusus kaca kanopi diberi lapisan tipis emas (gold-tinted) berkonfigurasi khusus untuk menyerap gelombang radar
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/F-117A-Nighthawk-stealth-fighter-92.jpg

Ketiga, seluruh persenjataan bawaan Nighthawk disimpan dalam tubuh. Saat pintu ruang senjata terbuka, RCS F117A bisa meningkat hingga 100-200 kali lipat.
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/lockheed-f117cockpit.jpg

Keempat, emisi elektromagnetik dibatasi atau dihilangkan. F-117A tidak dilengkapi dengan radar penjejak sasaran, karena waktu jet ini dikembangkan teknologi radar LPI (Low Probability Intercept)masih sangat dini dan baru sebatas konsep. Komunikasi radio dibatasi hanya untuk kondisi darurat, bahkan diluar area pertempuran sekalipun.

Kelima, emisi panas dikurangi. Selain memakai mesin tanpa afterburner, exhaust berbentuk khusus mirip lubang harmonika untuk menyebar (dissipate) gas panas dari mesin. Selain itu ujung exhaust mesin dilindungi semacam lempengan penyerap panas.
http://i1243.photobucket.com/albums/gg548/Balulut/800px-USAF_F-117_Nighthawk_formation_1.jpg

Majalah Commando


pesawat canggih tapi sekarang sudah pensiun dari masa dinasnya.

rexie00000
13-05-2012, 04:48 PM
Kalau yang ini bukan punya Marinir AS tapi angkatan udara AS (USAF):oggaring:



Pastinya akan balik pada masa kejayaan :oghero:TNI di era tahun 60 an kalau misalkan punya pesawat model gini...

Iya gan, dulu ngeri banget kan kekuatan militer kita pas disuport soviet habis"an.. Belanda aja ampe takut sama kita.. Sayangnya jaman sudah brubah bro.. Wkwk

Balulut
14-05-2012, 06:50 PM
pesawat canggih tapi sekarang sudah pensiun dari masa dinasnya.

Konon katanya biaya perawatannya terbilang mahal, selain itu proses penyemprotan lapisan tipis emas pada kaca tepi kanopi sangat riskan karena mengandung bahab beracun...yah setelah ini pensiun muncullah fersi yg jauh lebih canggih seperti F-22 Raptor dan B-2 Spririt...

Balulut
14-05-2012, 07:07 PM
Iya gan, dulu ngeri banget kan kekuatan militer kita pas disuport soviet habis"an.. Belanda aja ampe takut sama kita.. Sayangnya jaman sudah brubah bro.. Wkwk

Dulu masih jamannya perang dingin, kebetulan Indonesia ditahun 60 an lebih condong ke blok Timur (Uni Sovyet) makanya kita dpt suport luar biasa dari Uni Sovyet sampai2 Belanda waktu mau nyaplok Irian Barat jadi batal karen hasil pengintain pesawat U2, di dapati jumlah pesawat tempur RI dalam jumlah besar lagi parkir :oghoho:..

Sniper_king
17-05-2012, 05:14 PM
bentuknya ngikutin anatomi burung walet :top:
tapi pernah jadi korban SAM-nya serbia :hoho:

Balulut
17-05-2012, 06:49 PM
bentuknya ngikutin anatomi burung walet :top:
tapi pernah jadi korban SAM-nya serbia :hoho:
Bentuknya memang aneh karena bertujuan agar pesawat tidak terdeteksi radar...

Lyco
17-05-2012, 07:40 PM
pesawat F-117A miliknya Us Air Force bro.......bukan Us Marine.....^^
Selama dinasnya Pesawat F-117A pernah sekali Ketembak oleh Rudal

SA-3
buatan russia yang di operasikan oleh militer serbia dalam perang kosovo tahun 1999....^^

huuh
isunya saat itu karena bagian pintu bomb bay internalnya lagi kebuka
tp hebatnya itu satu2nya total loss dari F-117

kodenya F tapi fungsinya pesawat berkode A / B
:hehe:

paling inget discovery
waktu terbang di Baghdad malam hari
abis jatuhin bomnya, itu langit Baghdad dah kyk pesta kembang api
gara2 artileri anti pesawatnya bingung musuhnya dimana
:lol:


Konon katanya biaya perawatannya terbilang mahal, selain itu proses penyemprotan lapisan tipis emas pada kaca tepi kanopi sangat riskan karena mengandung bahab beracun...yah setelah ini pensiun muncullah fersi yg jauh lebih canggih seperti F-22 Raptor dan B-2 Spririt...

kyknya Amrik dah nggak minat bikin pengebom stealth mini model F-117 lg
sehabis itu yang dibikin juga kebanyakan multi purpose kan

Balulut
17-05-2012, 08:08 PM
huuh
isunya saat itu karena bagian pintu bomb bay internalnya lagi kebuka
tp hebatnya itu satu2nya total loss dari F-117
Kalau kasus rontoknya F-117A Nighthawk di kosovo pd 27 Maret 1999 di duga kena pecahan rudal pertahanan serbia, kejadian ini diduga karena kecerdasan kolonel Dani Zoltan sebagai komandan 3rd Baterry 250th Missile Brigade. Dari yg ane baca proses tertembaknya F-117A Nighthawk, kolonel ini melakukan sedikit modifikasi pada pemancar radarnya sehingga panjang gelombang radar menjadi lebih panjang. Hal ini membuat F-117A bisa terdeteksi sebagai noktah (blip) lemah di layar dlm jangka waktu yg singkat. Diduga Dani menempatkan beberapa radar SA-3 di lokasi yg berbeda. Bagian sisa radar yg dipantulkan F-117A ditangkap oleh radar Serbia kemudian dikalkulasi. Langkah selanjutnya Dani memborbardir ruang udara tempat dimana F-117A sedang terbang dengan rudal secara salvo. Salah satu pecahan rudal tersebut mengenai F-117A yang sedang terbang didaerah tersebut..bahasa awamnya jalur terbang F-117A dikepung dengan radar, sehingga noktah yg lemah bisa tersebut bisa dibaca dgn bantuan radar lainnya.

kodenya F tapi fungsinya pesawat berkode A / B
:hehe:
Sebenarnya hal itu sengaja dilakukan oleh pihak USAF yg sengaja memberi kode desainasi keliru, yaitu awalan F(Fighter) yg sejatinya adalah untuk pesawat tempur, bukan awalan A(Attack) lazimnya pesawat serang. Pemberian kode yg keliru ini dimaksudkan untuk mengecoh pihak luar manakala ada kebocoran eksistensinya yg sejak semula ditutup rapat. Uni Sovyet kala itu ditengarai sdh mencium keberadaan program pesawat penyerang berkemampuan menembus jauh dibelakang garis depan dengan teknologi low observable (Stealh)

paling inget discovery
waktu terbang di Baghdad malam hari
abis jatuhin bomnya, itu langit Baghdad dah kyk pesta kembang api
gara2 artileri anti pesawatnya bingung musuhnya dimana
:lol:

kyknya Amrik dah nggak minat bikin pengebom stealth mini model F-117 lg
sehabis itu yang dibikin juga kebanyakan multi purpose kan
Teknologi Stealh yg canggih harus dibayar mahal dengan besarnya biaya riset, pengembangan, pengadaan dan pemeliharaan. Ketika Pentagon melakukan evaluasi terhadap kinerja operasional B-2 hingga 2012, ada kemungkinan B-2 tdk akan mampu menembus pertahanan udara lawan yg terus dimutakhirkan. Jika itu terjadi pada tahun 2020, peran B-2 akan digantikan dengan Lockheed Martin F-35 Lighting II.

Valverion
23-10-2012, 08:30 PM
Ah.. Gw masih ingat pas pertama kali berita soal pesawat ini keluar, rame banget tuh.. Keren.. Wkwkw

Sniper_king
24-10-2012, 09:48 AM
Kalau kasus rontoknya F-117A Nighthawk di kosovo pd 27 Maret 1999 di duga kena pecahan rudal pertahanan serbia, kejadian ini diduga karena kecerdasan kolonel Dani Zoltan sebagai komandan 3rd Baterry 250th Missile Brigade. Dari yg ane baca proses tertembaknya F-117A Nighthawk, kolonel ini melakukan sedikit modifikasi pada pemancar radarnya sehingga panjang gelombang radar menjadi lebih panjang. Hal ini membuat F-117A bisa terdeteksi sebagai noktah (blip) lemah di layar dlm jangka waktu yg singkat. Diduga Dani menempatkan beberapa radar SA-3 di lokasi yg berbeda. Bagian sisa radar yg dipantulkan F-117A ditangkap oleh radar Serbia kemudian dikalkulasi. Langkah selanjutnya Dani memborbardir ruang udara tempat dimana F-117A sedang terbang dengan rudal secara salvo. Salah satu pecahan rudal tersebut mengenai F-117A yang sedang terbang didaerah tersebut..bahasa awamnya jalur terbang F-117A dikepung dengan radar, sehingga noktah yg lemah bisa tersebut bisa dibaca dgn bantuan radar lainnya.



selain itu jua berkat bantuan intelejennya
yang sudah mengetahui jalur yang di pakai F117 NightHawk..
jadi intinya berkat koordinasi :top:

andirx
24-10-2012, 11:10 AM
Kalau yang ini bukan punya Marinir AS tapi angkatan udara AS (USAF):oggaring:



Pastinya akan balik pada masa kejayaan :oghero:TNI di era tahun 60 an kalau misalkan punya pesawat model gini...

Tapi ini pesawat udah di museumkan gak jelas gue alasannya padahal klo dieme udah di depan muka

ushimania
24-10-2012, 01:26 PM
Ketiga, seluruh persenjataan bawaan Nighthawk disimpan dalam tubuh. Saat pintu ruang senjata terbuka, RCS F117A bisa meningkat hingga 100-200 kali lipat.<--penyebab pesawat mahal pernah ditembak jatuh.

bujin
25-10-2012, 12:52 PM
ini nih pesawat favorit ane
bentuknya beda, ga mainstream, wkkww
coba indonesia punya 1 skuadron ya

Sniper_king
25-10-2012, 01:32 PM
sebenernya yang design pesawat F117 adalah orang Russia
entah karena alasan apa jadi mau bikin untuk US, klo soal duit itu sudah pasti gak usah di tanya lagi
cuma ada alasan lain selain duit :yareyare:

Balulut
25-10-2012, 03:25 PM
Tapi ini pesawat udah di museumkan gak jelas gue alasannya padahal klo dieme udah di depan muka
Biaya perawatan dan operasionalnya yang terlalu mahal, misalkan penyemprotan lapisan emas tipis pada bagian kanopi untuk mengurangi RCS


ini nih pesawat favorit ane
bentuknya beda, ga mainstream, wkkww
coba indonesia punya 1 skuadron ya
Ngga kuat di harga dan biaya operasionalnya..


selain itu jua berkat bantuan intelejennya
yang sudah mengetahui jalur yang di pakai F117 NightHawk..
jadi intinya berkat koordinasi :top:

Tepat sekali, kordinasi dan kejelian sang komandan

Toppa
26-10-2012, 12:40 AM
Menurut ane kl di bilang F - 117A peswat stealth pertama sebenernya ga tepat juga, krna sejak WW I peswat stealth di kembangkan. Cb deh liat corak2 pesawat waktu jaman itu, beberapa pesawat pengintai malah di cat dengan warna pink karena di percaya warna ini bisa mengurangi kewaspadaan pengamat dari bawah (yah tau sendiri lah jaman itu kan radar belom di pake secara massal ga kayak sekarang). Beberapa pesawat stealth jaman itu di lengkapi dengan material plastik transparant yg di sebut "cellon" untuk mengurangi visibilitas pesawat contoh pesawat yg pake bahan ini adalah Fokker E III.

Jaman WW II br pesawat stealth mulai serius di kembangkan, apalagi dengan masuknya teknologi radar yg mampu mendeteksi pesawat dr jauh. Jerman merupakan salah satu pelopor pesawat stealth. Dikembangkan oleh Walter Horten dan Reimer Horten (Horten bersaudara), mereka membuat pesawat yg pada awalnya di disain untuk mengurangi drag dan menambah kecepatan yg di beri nama Horten HO 229. Tanpa sengaja ternyata disain mereka juga bisa menghindari radar.

Setelah WW II Sekutu sm Soviet rame2 gotong hasil jarahan dr Jerman ke negaranya masing2, salah satunya ya HO 229 itu, bhkn bnyk yg curiga klo HO 229 di kembangkan Amrik lebih lanjut sampai akhirnya B - 2 lahir dan beroperasi sampai sekarang.

Tp klo F - 117A di bilang pesawat stealth yg beroperasi secara penuh pertama br ane setuju.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/51/Horten_Ho_IX_line_drawing.svg
Horten HO 229

P_Land76
26-10-2012, 09:44 AM
Pertama liad c....
Kagum & berharap suatu saat nanti Indonesia bakal punya....

Tp stelah tau...Bahkan USA ajah agak kewalahan biayain maintenancenya...
Rada ngeri jg jdnya....
Berarti mahal banget yah...

Sniper_king
26-10-2012, 10:15 AM
Menurut ane kl di bilang F - 117A peswat stealth pertama sebenernya ga tepat juga, krna sejak WW I peswat stealth di kembangkan. Cb deh liat corak2 pesawat waktu jaman itu, beberapa pesawat pengintai malah di cat dengan warna pink karena di percaya warna ini bisa mengurangi kewaspadaan pengamat dari bawah (yah tau sendiri lah jaman itu kan radar belom di pake secara massal ga kayak sekarang). Beberapa pesawat stealth jaman itu di lengkapi dengan material plastik transparant yg di sebut "cellon" untuk mengurangi visibilitas pesawat contoh pesawat yg pake bahan ini adalah Fokker E III.

Jaman WW II br pesawat stealth mulai serius di kembangkan, apalagi dengan masuknya teknologi radar yg mampu mendeteksi pesawat dr jauh. Jerman merupakan salah satu pelopor pesawat stealth. Dikembangkan oleh Walter Horten dan Reimer Horten (Horten bersaudara), mereka membuat pesawat yg pada awalnya di disain untuk mengurangi drag dan menambah kecepatan yg di beri nama Horten HO 229. Tanpa sengaja ternyata disain mereka juga bisa menghindari radar.

Setelah WW II Sekutu sm Soviet rame2 gotong hasil jarahan dr Jerman ke negaranya masing2, salah satunya ya HO 229 itu, bhkn bnyk yg curiga klo HO 229 di kembangkan Amrik lebih lanjut sampai akhirnya B - 2 lahir dan beroperasi sampai sekarang.

Tp klo F - 117A di bilang pesawat stealth yg beroperasi secara penuh pertama br ane setuju.


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/51/Horten_Ho_IX_line_drawing.svg
Horten HO 229

memang yang jadi pelopor untuk stealth adalah jerman
tidak hanya itu Jerman juga pelopor pesawat pengebom

Akatsuki_Rolan40
26-10-2012, 11:03 AM
Biaya perawatan dan operasionalnya yang terlalu mahal, misalkan penyemprotan lapisan emas tipis pada bagian kanopi untuk mengurangi RCS

Pantes ajah klo mahal jg....Pke lapisan emas sih...:haha:


memang yang jadi pelopor untuk stealth adalah jerman
tidak hanya itu Jerman juga pelopor pesawat pengebom

Jangan2 emang yg ngembangin pesawat siluman jg....Para pengembang dr Jerman jg....

Balulut
04-11-2012, 07:34 PM
Jangan2 emang yg ngembangin pesawat siluman jg....Para pengembang dr Jerman jg....

Kalau untuk pengembangangan tekhnologi militer memang AS paling jauh lebih maju dibandingin negara Eropa lainnya, kekuatan finansial untuk riset, pengembangan dan produksi peralatan militer bikin negara lain cuman bisa geleng2 kepala.:onion-10:

Kalau di Asia ada China dan India yang punya budget militer yang cukup besar.:cerutu:

Sniper_king
04-11-2012, 07:56 PM
Kalau untuk pengembangangan tekhnologi militer memang AS paling jauh lebih maju dibandingin negara Eropa lainnya, kekuatan finansial untuk riset, pengembangan dan produksi peralatan militer bikin negara lain cuman bisa geleng2 kepala.:onion-10:

Kalau di Asia ada China dan India yang punya budget militer yang cukup besar.:cerutu:

wajar ajja klo dari AS
karena mereka ilmuwan pelarian dari berbagai negara
di antaranya sovyet dan jerman

oberst
06-11-2012, 06:51 AM
http://blog.politekniktelkom.ac.id/30212033/files/2012/06/G.jpg

Penampakan pesawat siluman pertama milik Luftwaffe (AU Jerman Nazi) yang jadi sumber inspirasi pesawat siluman AS tidak di pungkiri bahwa teknologi kemiliteran yg di ciptakan oleh negara2 pemenang perang PD II banyak inspirasinya dari Jerman Nazi secara ini hanya ilmuwan2 Jerman Nazi lah yang mampu menciptakan teknologi2 canggih yang menjadi pakem untuk dunia kemiliteran modern.

http://3.bp.blogspot.com/-s5ANP8QYHpc/T-1z19GSguI/AAAAAAAAAEo/QYLNHEWatp8/s1600/F-33bangsaberkarya.blogspot.com.jpg

F-33 (KF-X/IF-X) adalah jet tempur siluman buatan Indonesia, program ini dipelopori oleh Korea Selatan dengan Indonesia sebagai mitra utama. Negara-negara lain seperti Turki telah menunjukkan minat dalam kerjasama pengembangan dan produksi pesawat.

cempee
06-11-2012, 01:11 PM
wah pada buat siluman semua ,, makin sadis ni .
tapi paling keran menurut saya ya raptor , manuver vektornya kaga nahan :onegai:

qujil
06-11-2012, 08:38 PM
ini tuh semacam kakek - kakek decepticon yang ada di transformers 2 yak?

Balulut
06-11-2012, 09:28 PM
ini tuh semacam kakek - kakek decepticon yang ada di transformers 2 yak?

Kakek2 di transformers 2 kalau tidak salah B1B Lancer

53416

Silver_surfer
06-11-2012, 10:18 PM
^
^
Kakek-kakek?? Si Jetfire maksudnya?? :bloon:
Itukan SR-71 Blackbird :iii:


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/90/Sr71_1.jpg/306px-Sr71_1.jpg


...and in this film, he is a SR-71 Blackbird jet with a British accent.
Sources (http://www.imdb.com/title/tt1055369/trivia?tab=tr&item=tr0946903)

Balulut
07-11-2012, 06:02 PM
^
^
Kakek-kakek?? Si Jetfire maksudnya?? :bloon:
Itukan SR-71 Blackbird :iii:

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/90/Sr71_1.jpg/306px-Sr71_1.jpg


Benar, itu si SR-71 Blakcbird....maaf salah :madesu:

kadalganteng
10-11-2012, 02:07 PM
ni pesawat keren desainnya,,,,
tapi sekarang udah ga operasi lagi yah...

aksa123
15-12-2012, 11:03 AM
Apa setiap pesawat stealth biaya operasionalnya mahal??

Sniper_king
15-12-2012, 04:12 PM
^
setahu saya iya
dan gak cuma itu ajja
biaya perawatannya pun mahal
makanya gak banyak negara yang punya pesawat berteknologi stealth ke US

Balulut
15-12-2012, 05:53 PM
Kalau untuk biaya operasional seharusnya sama saja dengan pesawat tempur yang lain, biaya terbesar justru ada dibiaya perawatannya seperti yg ditulis bro Sniper_king.

Sebuah penilaian yang diterbitkan oleh USAF menunjukkan, bahwa dua B-2 Spirit dengan persenjataan presisi dapat melakukan pekerjaan dari 75 pesawat konvensional.

aksa123
15-12-2012, 08:08 PM
^
:shock::shock:
Ternyata emang ada uang ada barang...

Yg bikin mahal emang bagian mananya sih?? Yg beda plg kan cuma cat sama coating nya aja yg anti-radar...

Sniper_king
15-12-2012, 09:34 PM
^
yang bikin mahal itu karena bahan stealth itu khusus
tidak seperti bahan pesawat pada umumnya
jadi tidak bisa pake perawatan biasa
karena bisa merusak lapisannya
stealth ini memerlukan perawatan yang khusus..CMIIW

fael_c00l
19-12-2012, 10:14 AM
Seandainya Indonesia bisa membuat sesuatu seperti ini juga,,

Balulut
19-12-2012, 08:41 PM
^^^

:sigh:Terlalu mahal dan njelimet teknologinya buat kita, lebih baik mengoptimalkan apa yang ada saja

Sniper_king
19-12-2012, 09:11 PM
^

betul..
optimalkan yang sudah ada ajja :top:
karena teknologi stealth terlalu mahal untuk negara kita saat ini
pengembangan, pembelian serta perawatan pun mahal

aksa123
28-12-2012, 11:36 AM
Drpd beli, indo lebih suka dpt hibah :lol:

Tapi ya jgn manja2 gitu kan, kapan berkembangnya :swt:

Lagian ga ada negara yg bakal kasih hibah pesawat stealth, masih top secret teknologinya :hehe:

Sniper_king
28-12-2012, 02:33 PM
^
hibah juga gak bener2 hibah :hehe:
dapet setengah harga malah lebih
kek F16 dari US :hehe:

Balulut
28-12-2012, 06:54 PM
Lebih baik upgrade sistem persenjataan kita. Informasinya anggaran Dephan tahun 2013 merupakan salah satu yang terbesar di ASEAN.

Setidaknya dengan peningkatan anggaran, RI bisa kembali menata Alusista nya yang sudah berumur. :top:

Sniper_king
29-12-2012, 08:42 AM
^
anggaran untuk militer 2013 memang meningkat dari tahun sebelumnya
makanya TNI sedang getol melakukan pembelian alutsista
dari Tank Leopard sampe ke kapal berteknologi stealth

aksa123
29-12-2012, 09:46 AM
^
Klo ga salah 150 triliun perak, belum dipotong pajak DPR :lol:

Kapal stealth juga? Memang perlu sih, krn negara maritim. Tp klo kapal selam stealth modal segitu ga bakal cukup.

Sniper_king
29-12-2012, 12:06 PM
gak lah klo kapal selam :lol:
baru bisa untuk Kapal Perang ajja yang bisa Stealth

maput
29-12-2012, 12:26 PM
katanya pesawat siluman awalnya kepunyaan jerman
waktu invasi sekutu ke jerman, blue printnya di curi am orang amerika
termasuk insinyurnya

Balulut
29-12-2012, 06:13 PM
Kapal selam ada yang diberi lapisan karet yang bertujuan untuk mengurangi efek akustik atau bunyi dari kapal selam, baik itu bunyi mesin ataupun aktifitas awak kapal. Apakah ini Stealh atau bukan belum tau, karena kategori Stealh untuk kapal selam saya belum tau, siapa tau memang sudah ada teknologi seperti ini buat kapal selam.

Kalau dikatakan asal muasal pesawat Stealh dari Jerman bisa jadi benar seperti yang di post oleh bro Toppa disini (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=292151&page=3&p=21584930&viewfull=1#post21584930)

aksa123
29-12-2012, 08:16 PM
^
Klo pake lapisan karet apa ga mudah bocor tuh? Kena torpedo sekali langsung bocor...

Lagian karet kan ringan, klo beneran pake karet jd susah menyelam.....

Tapi klo bisa sih bakal jadi produk murah tuh :hehe:

Balulut
29-12-2012, 09:01 PM
Bos maksudnya di lapisan bagian luar bukannya kulit si lapisan kapal selam yang dilapisan karet...

Memang kamu pernah liat kapal selam dari karet ?

aksa123
29-12-2012, 09:13 PM
^
Makanya tadi bingung, kok pake karet???:lol:

Pernah kok liat, kapal selam mainan :hehe:


Btw, ada ga pesawat angkut macam Hercules yg stealth? Biar bisa deploy pasukan tanpa ketahuan :hehe:

Silver_surfer
29-12-2012, 09:23 PM
^
Klo pake lapisan karet apa ga mudah bocor tuh? Kena torpedo sekali langsung bocor...


Justru jadinya malah anti-torpedo kan :hehe:
Torpedonya mau tracking apa coba?? Logam ga ada, suara teredam, seandainya kena juga torpedonya mental :lol:


Bos maksudnya di lapisan bagian luar bukannya kulit si lapisan kapal selam yang dilapisan karet...


Memang di bagian luar, tapi bukan kulit terluar :hmm:
Jadi karetnya disembunyikan di dalam lapisan dinding kapal selam :hoho:
Yg biasanya dilapisi karet itu bagian mesinnya, crew quarters, sama ballast tank :unyil:
Karena biasanya sumber suara dari dalam kapal selam itu kebanyakan dari situ :nikmat:

Sniper_king
29-12-2012, 09:23 PM
^
harapan yang bagus om :haha:
seandainya bisa seperti itu pasti :top:

militer udah kepikiran blom ya :lol:

Silver_surfer
29-12-2012, 09:36 PM
^
Kl cm kepikiran sih udah pasti, lha yg lebih "gila" lagi aja udah pernah kok :hehe:
Cm masalahnya gmn nyembunyiin pesawat segede gaban kaya gitu :yareyare:
RCSnya terlalu besar, pake RAM pun ga akan banyak membantu :hoho:
Airborne mission emg bisa dibilang misi setengah nekat kan :cambuk:

Sniper_king
29-12-2012, 09:39 PM
yang lebih gila itu seperti apa om :bloon:

klo di bandingkan antara Hercules dengan Bomber B2 gede mana ???
nah B2 kan bisa tuh di sembunyiin :hihi:

Balulut
29-12-2012, 09:43 PM
Takutnya nanti malah kemahalan kalau untuk pesawat angkut Hercules mengadopsi teknologi Stealh.

Kalau buat pesawat tempur wajar menggunakan teknologi Stealh.

Osprey saja kalau mau dibuat jadi Stealh.

aksa123
29-12-2012, 10:00 PM
Airborne mission emg bisa dibilang misi setengah nekat kan :cambuk:
Emang misi nekat om, bisa pesawatnya jatuh, parasutnya gagal, malah kena ambush etc etc... :swt:

Tapi airbone memang perlu utk misi infiltrasi di wilayah dalam musuh yg jauh dr perairan.



Osprey saja kalau mau dibuat jadi Stealh.
Osprey boleh juga tuh jd stealth, bisa deploy tank sgala :lol:

Masih bagus C-130 Hercules, coba bayangin variant AC-130 Spectre jadi stealth, bombardir musuh tp ga ketahuan :lol:

Silver_surfer
29-12-2012, 10:25 PM
yang lebih gila itu seperti apa om :bloon:

klo di bandingkan antara Hercules dengan Bomber B2 gede mana ???
nah B2 kan bisa tuh di sembunyiin :hihi:

Contohnya kaya proyek-proyek ini (http://www.cracked.com/article_15983_the-10-most-bizarre-military-experiments.html) :lol:
Gede apanya dulu nih?? Kl secara dimensi, jelas gede C-130 lah :hehe:
Silahakn cek di factsheets C-130 Hercules (http://www.af.mil/information/factsheets/factsheet.asp?fsID=92) sama B-2 Spirit (http://www.af.mil/information/factsheets/factsheet.asp?fsID=82) :hmm:
Salah satu faktor yg mempengaruhi itu RCSnya, makin kecil, maka obyek akan makin "stealth" :unyil:

Sniper_king
30-12-2012, 09:22 AM
jadi makin ngayal nih
gimana klo antonov di jadiin Stealth ya :lol:
pasti lebih mantaps :top: :haha:

jempol
07-03-2013, 03:12 PM
moga2 10th lagi indo bisa temuin material yang mirip.
ini cm bisa terjadi kalo PTDI ga dikebiri sama presiden skrg ini.

crewpoek
28-02-2014, 11:17 PM
ini yang pernah muncul di film "stealth" itu ya?

Balulut
02-03-2014, 05:46 PM
ini yang pernah muncul di film "stealth" itu ya?

Kalau yang di Film "Stealth" teknologinya masih terlau maju, apalagi UCAV yang dipanggil "Tinman"

Saat ini AS lagi menggenjot pengembangan UCAV X-47B (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=311571&p=21747075&viewfull=1#post21747075)yang berpangkalan di kapal induk

aksa123
02-03-2014, 08:16 PM
Kalau yang di Film "Stealth" teknologinya masih terlau maju, apalagi UCAV yang dipanggil "Tinman"

Saat ini AS lagi menggenjot pengembangan UCAV X-47B (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=311571&p=21747075&viewfull=1#post21747075)yang berpangkalan di kapal induk
Itu full autonomous ya, bedanya sama Taranis yg semi-auto apaan?? :???:

crewpoek
02-03-2014, 11:15 PM
Kalau yang di Film "Stealth" teknologinya masih terlau maju, apalagi UCAV yang dipanggil "Tinman"

Saat ini AS lagi menggenjot pengembangan UCAV X-47B (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=311571&p=21747075&viewfull=1#post21747075)yang berpangkalan di kapal induk

berarti yang di filem itu murni sci-fi ya om??
kirain amerika mau pamer prototype di pilem itu :D

agungz_bali
03-03-2014, 12:04 PM
wihh keren :top:

kalo pesawat stealth generasi sekarang yang masih dinas apa aja ya?
taunya cuma B2 aja hahaha :hihi:

Balulut
03-03-2014, 06:51 PM
berarti yang di filem itu murni sci-fi ya om??
kirain amerika mau pamer prototype di pilem itu :D

Biasanya sebelum film dibuat diadakan riset dahulu

Bisa jadi pesawat di film Stealh khususnya UCAV merupakan gambaran pesawat masa depan...


wihh keren :top:

kalo pesawat stealth generasi sekarang yang masih dinas apa aja ya?
taunya cuma B2 aja hahaha :hihi:

Kalau dari pesawat tempur yang masih berdinas F22 Raptor

hatibaja1st
06-03-2014, 04:04 PM
itu pesawat bukannya muncul di film transformer??