PDA

View Full Version : Kenapa Hanzo Hattori dan bukan Ken Arok?



Raestloz
05-07-2009, 09:47 AM
Tidak perlu dijelaskan panjang lebar:

1. Anak kecil pun lebih suka nonton Ultraman Tiga ketimbang Si Buta dari Gua Hantu

2. Remaja lebih suka nonton Naruto ketimbang sinetron "ghoib" Indosiar

3. Anak-anak punya bayangan stereotype ninja dan samurai, pas ditanya penampilan anak buah Pangeran Diponegoro atau Ken Arok mungkin ga tau, taunya sundel bolong dan kolor ijo

4. Saya sendiri (TS) tidak yakin apakah nama Nyi Blorong, Jaka Tarub, dan Jaka Sembung itu ada atau fiktif, tapi tahu bahwa Nobunaga Oda dan Yukimura Sanada eksis


Rasanya agak aneh bahwa kita secara umum tahu lebih banyak trivia-trivia soal negara lain (Jepang) ketimbang trivia-trivia dari Indonesia sendiri

Sementara kita tinggal di Indonesia, belum lagi ditambah doktrin buku sejarah pas SMP bahwa jepang memerintahkan kerja rodi dengan ribuan orang meninggal, idola kita saat ini bukan Indonesia yang diwujudkan dengan jutaan nyawa dari jaman Pangeran Diponegoro sampai Presiden Soekarno dengan bantuan keris, pisau, pedang, tombak, Jendral Soedirman, Pangeran Diponegoro, Achmad Yani, bayonet, pistol, senapan, parang, clurit, dan kapak merah

Idola masyarakat saat ini adalah Jepang dengan Honda, Suzuki, YAMAHA, SONY, Nintendo, SQUARE ENIX, Konami, Final Fantasy, Megaman, Mario, Bleach, One Piece, samurai, ninja, Ultraman, Kamen Rider, Naruto, Sasuke, dan Miyabi

Bayangan di pikiran kita lebih mengarah ke negara lain: makmur, sejahtera, canggih, menarik, pokoknya "daun muda tetangga lebih seger ketimbang rumput pekarangan sendiri"

Tidakkah Anda terpikir: "Kok perasaan gw lebih tertarik sama negara laen ketimbang negara sendiri?"

Kemudian berpikir "Apakah itu salah?"

Secara Indonesia adalah negara agrikultural yang kaya akan hasil pertanian, budaya yang beraneka ragam, korupsi, kepulauan yang tersebar, kota-kota besar, korupsi, pemandangan yang indah, hutan yang dibabat, korupsi, kaya akan sumber daya alam seperti timah dan minyak, makanan yang mermacam-macam cita rasanya, hipnotis di kereta api, pembajakan hak cipta, sesungguhnya apa alasan kita tidak menyukai bangsa sendiri?

Negara lain cuma punya pemerintahan yang bersih, budaya cuma ada satu, kepulauannya kalah jumlah dan luas, lingkungan yang indah, peraturan yang tegas, kemakmuran, tidak ada alasan kita menyukai negara lain ketimbang negaea sendiri

Oke, itu mungkin berat sebelah

Di negara lain video dewasa dijual hanya untuk 18 tahun keatas, produknya hasil karya asli semua, harga selalu melemah dan mengecil, dan mata uangnya juga kecil.

Bandingkan dengan Indonesia! Video dewasa cuma 10 ribu dan anak 8 tahun sudah bisa beli, produknya bajakan dan murah, harga selalu tumbuh dan berkembang, dan mata uangnya besar

Contoh saja US$: pecahannya maksimal hanya 100, bandingkan dengan rupiah yang sampai ke 100.000! Indonesia jelas diatas, karena 100.000 > 100

Tidakkah seharusnya kita menyukai negara sendiri?

Disini kita bisa mencaci maki sesuai kebutuhan, di negara lain bisa masuk kantor polisi
Mau kemana-mana ada asap menemani, di negara lain cuma udara bersih yang membosankan karena ga berwarna
Hutan kita biar dibabat liar masih lebih banyak ketimbang banyak negara lain
Di negara lain kalau ada ngapa-ngapain mesti ngantri dengan rapi, cuma di Indonesia bisa menerapkan "siapa cepat dia dapat" secara harafiah
Angkot disini bisa berekspresi dengan bebas, negara lain angkotnya membosankan
Cuma disini full musik bayar pake 100 bahkan 1000, di negara lain pelit semua, cuma 1
Cuma disini angkot menyediakan full musik, di negara lain mesti bawa player sendiri
Cuma disini kalo kena masalah bisa bayar pake rokok, di negara lain cuma bisa pasrah

Tidakkah anda lihat? Indonesia jauh lebih fleksibel dan lebih baik!

Hidup Indonesia!











Secara keseluruhan post ini 90% ironi 10% netral

Izan
05-07-2009, 11:03 AM
:top: setuju gwa ama pernyata di atas bro, meskipun gwa sala satunya si

tomiero
05-07-2009, 11:21 AM
mantep bro, gw suka gaya tulisan nya yg "menyinggung tapi membangun" :D
bisa dijadiin buat introspeksi, kenapa negara kita bisa "lebih berwarna" dibanding sama negara2 lain :D

HoushiNoHikari
05-07-2009, 11:34 AM
liat judulnya kirain apaan :lol:
tapi emg bner sih :swt:
wa lebih demen tonton/baca karya jpg dari pada indo :dead:

hanimon
05-07-2009, 11:36 AM
keren bro
indonesia memang lebih unik daripada di negara lain
kadang ada orang ditanya siapa ken arok, ada yang tidak tahu
dan orangnya ingin hidup bebas, sehingga jadinya seperti itu
tapi ku tetap cinta indonesia seperti apapun kamu


Hidup Indonesia!

Raestloz
05-07-2009, 11:39 AM
Iya kan? :haha:

Liat siggy dan ava rakyat IDWS isinya kalo bukan anime soal manga, kalo ngga soal tokusatsu ato game jepang :lol: sisanya netral


Pas mampir ke forum AV aja ava siggynya bintang AV jepang... http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-40.gif


Indonesia emang negara Afflicted by Japan :haha:

little_one
05-07-2009, 11:40 AM
Iyah harus menhargai negara sendiri ( Indonesia )

Tapi harus diakui Jepang memang raksaksa entertainment buat semua umur , dari industri entertainment mereka mereka bisa mempromosikan kebudayaan negeri mereka :o

meleleh
05-07-2009, 11:44 AM
hehe ini mah nyinggung, bagi yg merasa :onion-08: peace...

Knapa coba....

CMIIAW :onion-105:klo di liat dari daya tarik yg bro dah sebut kan
memang semua na menarik seperti
"daun muda tetangga lebih seger ketimbang rumput pekarangan sendiri" dst...

hampir semua hal di jadi'in industri... dgn promosi yg bagus
membuat semua orang tertarik sampai orang luar pun ikut2an tertarik
mulai dari sekolah udah di ajarin cara membuat sebuah industri dgn berkelompok yg baik...:onion-57:

juga budaya orang nya....
biar "hal" nya gag begitu ramai tapi tetep aja di buat serius dan ramai....
jadi gag boring, biar pun kaku tapi tetep asik.....

ngemeng apa seh wa... :onion-08: :haha: :lol: :onion-76:
:bolakbalik:

hanimon
05-07-2009, 11:49 AM
IMO
kita udah "diracuni" ma jepang sejak kecil
dan kelihatannya jepang tu bagus, diliat dari orang,kebudayaan dsb yang dilihat dari tv dan media-media lainnya
jadinya ya seperti ini. apa boleh buat
CMIIW

LiTTleDRAgo
05-07-2009, 11:58 AM
ironinya :swt:
udah kebiasaan dari kecil nonton anime + main ps jdnya suka anime
org2 luar negeri ngeracunin anak muda dengan kesenangan :swt:

meleleh
05-07-2009, 12:02 PM
ironinya :swt:
udah kebiasaan dari kecil nonton anime + main ps jdnya suka anime
org2 luar negeri ngeracunin anak muda dengan kesenangan :swt:

penjajahan jaman sekarang itu kk
kek na semua orang pingin "biar kan aku terjajah dengan yg satu itu"
:onion-08:

LiTTleDRAgo
05-07-2009, 12:53 PM
trus merdekanya kapan?
kyknya penjajahan yg satu ini kita ga bakalan merdeka :hihi:

Sine
05-07-2009, 01:03 PM
Ini penjajahan bentuk baru tp trs terang suka, drpd di suruh kerja rodi mending nonton anim ama baca manga Jpng

Raestloz
05-07-2009, 01:19 PM
Penjajahan ato tidak, selama buat entertainment dan membantu kita melewati jam-jam yang diembat koruptor saia sih rela-rela aja :haha:

kucinglistrik
05-07-2009, 04:24 PM
klo di indonesia sih acara tipinya untuk bagian yg anak2 tu emang lebih banyak nampilin anime ato kartun luar negeri sih....

masalahnya kan animasi di indonesia untuk karya indonesia sendiri aja sangat kurang....

tapi klo untuk urusan alam sama keadaan, meski indonesia morat-marit kek apa juga ay masih milih indonesia..... :em0100:

donnyxme
05-07-2009, 05:36 PM
.... karena ga ada sejarahnya yg namanya ken a cool guy. There's no cool ken. Tanya ma Jeremy Clarkson of TOPGEAR. LOL ken arok malah sangat tdk cool. Where he end up in the end? Not cool, huh?

LiTTleDRAgo
05-07-2009, 06:02 PM
@donnyxme
walaupun not cool endingnya ttp aja mestinya anak indo tau sejarahnya

gw yakin nih pasti lebih banyak yg tau tentang restorasi meiji atw zaman dinasty cina dibanding zaman kerajaan indo :swt:

seharusnya indo bikin game kyk dinasty warrior tp latar & tokohnya pk tokoh bersejarah indo
misalnya patih gaja mada, mulawarman, diponegoro, raden patah dsb :lol:
pasti deh sejarah indo bakal dikenang :top:

kage
05-07-2009, 06:22 PM
kenapa kita tidak terpacu untuk menggali budaya tradisional agar bisa dikembangkan layaknya anime2 atao toku2 jepang? padahal negeri kita kan kaya raya akan budayanya

LiTTleDRAgo
05-07-2009, 06:58 PM
@kage
minatnya kurang bro
jaman skrg org2 tuh lebih minat ama GAME bukannya buku
klo pun buku itu jg pasti komik atw cerpen
yaa ga jauh2 dr itu lah

LiTTleDRAgo
05-07-2009, 07:03 PM
@kage
minatnya kurang bro
jaman skrg org2 tuh lebih minat ama GAME bukannya buku
klo pun buku itu jg pasti komik atw cerpen
yaa ga jauh2 dr itu lah

KyleSteward
05-07-2009, 07:07 PM
Kenapa mesti bawa2 masa lalu penjajahan. Klo lu dendam ama masa lalu mlulu mah kgk bakalan maju negara.

Nominal uang mah ga masalah. Nilai tukar internasional gimana? Klo lu ke afrika malah ada negara yang 1milyar baru bs beli 1 telur karena defisit

Asap dan penebangan liar itu contoh yang negatif.
Ini mah bukan flexibel ui. Contohnya banyakan negatif

LiTTleDRAgo
05-07-2009, 07:23 PM
swt itu gw double post :swt:
delete salah 1 yah mod ^^

@KyleSteward
ngliat ke masa lalu juga penting bro
biar yg bagusnya kita contoh trus jeleknya kita benerin

lagian ngapain kita ngebandingin indo ama negara yg lebih suck
harusnya ngebandinginnya ama negara maju biar kita mau maju juga

belmontzzz
05-07-2009, 07:36 PM
film2 tentang sejarah maupun hero indonesia sendiri udah jarang bahkan tidak pernah ditayangkan sama sekali di indonesia, stasiun televisi baik swasta maupun negeri lebih tertarik nayangin *u tau lah w males ngomonginnya*.

gmana adik2 kita mau dikenalin ama karakter dalam negeri

gmana adik2 kita mau ngeh kalo cerita rakyat/urban legend indonesia di remake ampe ancur2an begitu? cerita rakyat kok settingnya modern, bajunya? OMGWTFBBQ

Raestloz
06-07-2009, 05:28 AM
Kenapa mesti bawa2 masa lalu penjajahan. Klo lu dendam ama masa lalu mlulu mah kgk bakalan maju negara.

Nominal uang mah ga masalah. Nilai tukar internasional gimana? Klo lu ke afrika malah ada negara yang 1milyar baru bs beli 1 telur karena defisit

Asap dan penebangan liar itu contoh yang negatif.
Ini mah bukan flexibel ui. Contohnya banyakan negatif

Baca kata2 terakhirnya bro:
keseluruhan post ini 90% ironi 10% netral

Itu emang menyindir semua

Bandingin ke masa lalu supaya kita bisa liat: rupanya yang bengis bisa jadi teman yang sebegitu ramahnya, kita yang dulu ramah sekarang jadi bengis cuma gara-gara liat orang dapet rejeki dikit

Nominal uang itu nyindir berat: makin lama malah makin parah, bukannya makin sehat. Jerman tempo dulu 3 juta belum tentu dapet roti satu, duit segerobak yang isinya ga tau berapa lebih murah ketimbang gerobaknya sekarang udah gimana? Indonesia malah kebalikannya

Contohnya banyak negatif: namanya untuk menyindir, ya negatif :D

LiTTleDRAgo
06-07-2009, 08:44 AM
@belmontzzz
seenggaknya teater ada yg nyeritain lah

itu Tv jmn skrg mikirnya cuma prinsip ekonomi
asal banyak yg nonton + banyak perusahaan yg iklan doang
jd Tv ga bisa diharapkan :swt:

mungkin cara yg efektif ngenalinnya tu pk komik bergambar

@Raestloz
duit segerobak lebih murah dibandingin gerobaknya :swt:
ga sampe sgitunya kali :lol:
ironi nya kebanyakan

moks
06-07-2009, 09:04 AM
kl musik di angkot menurut gw pemaksaan kehendak, gw pengen denger jazz tapi di cekokin dangdut rock versi dugem yang ga jelas..

blacksheep
06-07-2009, 11:34 AM
benar benar post yang keren dan hebat apa yang diungkapkan TS memang betul,bangsa kita sendiri juga banyak kehebatannya dari bangsa lain
bahkan sebenarnya bangsa kita lebih baik
dari orang sebelah yang sering bilang bahwa mereka lebih pintar an lebih terhormat se asia.

evancode
06-07-2009, 11:51 AM
bukannya meremehkan diri sendiri, tapi nyatanya memang jepang lebih bagus.
disini kita susah berkembangnya, masih terlalu banyak korupsi, hukum yg gak jelas,

Raestloz
06-07-2009, 12:05 PM
@Raestloz
duit segerobak lebih murah dibandingin gerobaknya :swt:
ga sampe sgitunya kali :lol:
ironi nya kebanyakan

itu beneran bro :)

waktu itu gw baca di suatu artikel soal masa2 suram Jerman abis PDI. Ada orang bawa duit pake gerobak mau beli roti terus pipis bentar. Pulangnya gerobak ilang duit utuh :onion-11:

Kondisi ekonomi yang gituan yang menyebabkan Hitler dipercaya sampai jadi Kanselir

Dunia pertelevisian Indonesia norak sih :onion-11: sinetron aja diulur-ulur sampe setengah jam dengan adegan "zoom up", "slow motion", dll. Cariin gw sinetron yang ga norak dan ga pake acara zoom up dan slow motion, mana ada kan?

Pas muncul film bagus adanya cuma buat bioskop, jah...

Jadinya dunia pertelevisian Indonesia melesu, rakyat ga perduli pendidikan, senang dan melupakan kerja rodi di proyek mall baru tadi dulu, masalah siapa itu R.A. Kartini nanti aja kalo perut udah kenyang

LiTTleDRAgo
06-07-2009, 12:11 PM
swt dah itu Jerman beneran kyk gitu :lol:
itu sumbernya dari mana kk?
gw baru tau & pingin baca http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-11.gif

flippin
06-07-2009, 05:31 PM
2. Remaja lebih suka nonton Naruto ketimbang sinetron "ghoib" Indosiar

ini sih udah gak perlu dibahas :haha:

leluwik
06-07-2009, 08:09 PM
santai ntar bakal muncul game "Keris Warriors"!
(bikinan Jepang pula)

Raestloz
06-07-2009, 08:12 PM
Ntar bakal muncul "Bitterfruit (Maja-pahit) Warriors" :haha:

LiTTleDRAgo
06-07-2009, 10:10 PM
jah keris warriors & bitterfruit warriors :swt:
ntr ada IDWS Warriors pula :lol:

arsene_lupin
06-07-2009, 10:24 PM
hatorri hanzo yg bikin pedang di kill bill kan? ken arok mang bikin pedang? :D

Raestloz
06-07-2009, 10:38 PM
hatorri hanzo yg bikin pedang di kill bill kan? ken arok mang bikin pedang? :D

^^^
Jangan manfaatkan sumber selain sejarah... Hanzo Hattori itu pemimpin militer Jepang jaman dulu

LiTTleDRAgo
06-07-2009, 10:38 PM
@arsene_lupin
bukan :swt:
kaga perna main samurai warriors yah?
aduh gw jd oot :swt:

Winoko21
07-07-2009, 08:30 AM
knapa ya qta gak cinta negara ind? harusnya qta cinta indonesia http://www.kaskus.us/images/smilies/I-Luv-Indonesia.gif

tapi sayangnya gw lebih suka manga, anime, game & makanan dari jepang.... (sorry...sorry)

LiTTleDRAgo
07-07-2009, 11:33 AM
@Winoko21
gara2nya ya balik ke tadi...
pas masi jd anak2 keseringan nonton kartun anime di TV + main ps

Lyco
07-07-2009, 11:49 AM
kenapa kita tidak terpacu untuk menggali budaya tradisional agar bisa dikembangkan layaknya anime2 atao toku2 jepang? padahal negeri kita kan kaya raya akan budayanya

maksudnya di bikin anime begitu :???:

coba aja, paling nanti ujung2nya di demo :hihi:

ntah kenapa sekarang ini demo kyknya udah jadi budaya disini :swt:

x_ray
07-07-2009, 11:52 AM
hmm...
waktu kecil nonton tipi nontonnya KBH RX, Jiban, dan sodara-sodaranya...
anime yg pertama kali gue tonton aja doraemon n dragonball...

:swt:

Hell_Raiser
07-07-2009, 12:18 PM
tulisan TS pas pertama berapi-api :onfire: tapi terakhiran malah :lol:


Jangan manfaatkan sumber selain sejarah... Hanzo Hattori itu pemimpin militer Jepang jaman dulu

Nih malah ngawur, bukannya hanzo hattori pimpinan ninja di jepang. Kayaknya aku pernah denger nobunaga oda ngelawan pasukan ninja

LiTTleDRAgo
07-07-2009, 12:22 PM
@Lyco
demo kan cma klo harga naik, politik, agama, yaa skitar itu doang

klo legenda indo dijadiin anime apa yg maw di demo?

@x_ray
OOT ga ada yg nanya :lol:

Lyco
07-07-2009, 12:56 PM
@Lyco
demo kan cma klo harga naik, politik, agama, yaa skitar itu doang

klo legenda indo dijadiin anime apa yg maw di demo?

@x_ray
OOT ga ada yg nanya :lol:

paling nanti isu budaya dipakai buat demo. :hihi:

LiTTleDRAgo
07-07-2009, 02:41 PM
@Lyco
kan bsa pk alasan perpaduan budaya atw buat edukasi sejarah :haha:

daripada film2 di ind*siar malah dilebay2in...:swt:

@Hell Raiser
gw kira ninja tuh jg termasuk militer di jepang :???:

silverbullet
08-07-2009, 01:50 AM
Ngomong2 soal eduksi sejarah, ada sumber buat cari tau gaya bicara orang jaman dulu? Sebelum dan ketika era kolonialisme.

adefa
08-07-2009, 03:32 AM
jalan cerita ma cara kemasny kita aja yang kurang kreatif..

coba aja para entertainer pada kreatif..
mungkin bisa dengan me modernkan cerita..
thanks, kritik TS yang sengit ini..

LiTTleDRAgo
08-07-2009, 07:14 AM
@adefa
itu dimodern-in jd ancur2an gt :swt:
setting modern
bahasa ada lu gue
visual effect norak :swt:

@silverbullet
daerah mana dulu?
bahasanya indo kan banyak

KyleSteward
08-07-2009, 08:12 AM
@silverbullet

Orang mana dulu. Soalnya setau gw klo di Indonesia cara hidupnya beda2. Perlakuan juga beda2 di tiap daerah. Klo ga salah tempat tempat yang ada rempah2 atau tambang atau perkebunan yang prospeknya bagus, perlakuan malah lbh kejam deh klo penjajahannya yang masih zaman dulu sekali pas masa2 kerajaan

miha
08-07-2009, 08:13 AM
kita kenalnya ken arok hanya dari pelajaran sejarah saja jadi nggak terlalu populer

hanimon
08-07-2009, 08:22 AM
jaman dulu kan ada film yang mengandung sejarah
macam mak lampir dkk :haha:
kadang movie kepahlawanan kayak cut nyak dien sepi penonoton:swt:

Douchin_Yoshikuni
08-07-2009, 08:33 AM
siapa itu Hanzo Hattori?
saya cuma tahu Ken Arok, Ken Dedes, Mpu Gandring.

Arthuria
08-07-2009, 08:36 AM
kalo kubilang kita malah musti ngaca balik.

Kenapa anak2 sekrang lebih demen nonton ultraman Ultraman Tiga ketimbang Si Buta dari Gua Hantu

kenapa Remaja lebih suka nonton Naruto ketimbang sinetron "ghoib" Indosiar

kenapa Anak-anak punya bayangan stereotype ninja dan samurai, pas ditanya penampilan anak buah Pangeran Diponegoro atau Ken Arok mungkin ga tau, taunya sundel bolong dan kolor ijo

jawabannya karena ga ada acara TV indonesia yg bermutu, semua sinetron2 ga jelas yg sebagian besar malah jiplakan tambah lagi reality show yang direkayasa dan membodohi penonton. semua jujur aja gue anggap sampah, dari pada gue nonton sampah mending gue nonton yg laen yg bermutu (sori gue objektif aja), tapi bukan berarti gue anti produk lokal. contohnya gue berani bela2in nonton laskar pelangi di bioskop (karena gue tau itu film bagus dan bermutu) padahal gue ga pernah sudi nonton di bioskop (buat film holywood sekalipun mending gue sewa vcdnya aja), kalo karya indonesia bermutu, ga sampah ya anak2 kita ga bakal nonton produksi luar.

pecahan 100.000> 100 wah hebat sekali matematikamu boss. klo angka iya 100.000> 100 tapi dari kurs mata uang itu kalah telak, apa yg bisa dibanggain dengan pecahan terbesar kita 100.000, dengan 100.000 kita bisa dapet apa sie? tapi dengan 100 dolar wah ga usah ditanya apa yg bisa kita dapat.

Penjajah Jepang itu masa lalu, mengungkit2 masa lalu itu adalah tindakan konyol, emang kita ga boleh melupakan masa lalu, tapi kalo ngeliat kebelakang terus kapan majunya. Kenapa mata kita ada di depan? karena supaya kita selalu melihat kedepan supaya kita bisa maju.

kesimpulannya, yg harus berbenah adalah indonesia itu sendiri, kalo cuman maksa orang2 buat pake produk indonesia tapi kualitasnya busuk mah itu namanya kezoliman, kalo produksi indonesia bagus ya otomatis orang bakal pake produksi indonesia sendiri. Contoh aja ada komik indo (gue lupa judulnya tapi ceritanya tentang pesawat2 gitu) nah tu komik gue bela2in beli (padahal biasanya gue nyewa aja sie) secara itu komik lumayan, trus komik archi and meidi itu juga gue beli (bagus juga soalnya), nah kalo indo bisa memproduksi barang yg bagus pasti orang balik ke produksi indo de.

silverbullet
08-07-2009, 08:40 AM
Tunggu kedatangannya: Cut-Hack Dien!:haha:




halah, serius dulu....

silverbullet
08-07-2009, 08:47 AM
@adefa
itu dimodern-in jd ancur2an gt :swt:
setting modern
bahasa ada lu gue
visual effect norak :swt:

@silverbullet
daerah mana dulu?
bahasanya indo kan banyak


@silverbullet

Orang mana dulu. Soalnya setau gw klo di Indonesia cara hidupnya beda2. Perlakuan juga beda2 di tiap daerah. Klo ga salah tempat tempat yang ada rempah2 atau tambang atau perkebunan yang prospeknya bagus, perlakuan malah lbh kejam deh klo penjajahannya yang masih zaman dulu sekali pas masa2 kerajaan
Mulai barat senciri dulu deh, Sumatra.
Yang saya pingin tau bukan bahasanya(bisa mampus pelajarinya) tapi cara bicara, tata krama, cara me-address orang lain. Jurnal-jurnal penjelajah jaman dulu mungkin ada informasinya.

Saya nonton film2 itu ada panggilan kisana(ato kisama?), darimana asalnya itu.

kulocaki
08-07-2009, 08:54 AM
iya ironi banget.....

pa lagi pas ada turis mancanegara tanya :"indonesia sebelah mananya bali???" wtf :madesu:

parapara
08-07-2009, 10:16 AM
2. Remaja lebih suka nonton Naruto ketimbang sinetron "ghoib" Indosiar

lah ini, beda banget kualitasnya, walau sama2 didubing sih wakakakkaak

mikan
08-07-2009, 11:48 AM
:th_107_: :th_107_: :th_107_: :th_107_:
sakit hati juga bacanya XDD~

kenapa bisa kayak gitu balik lagi ke kitanya..
-ga bisa ngolah sebaik mungkin apa yang kita punya
(coba aja cerita2 kayak ken-ken-ken *intinya kerajaan2* dibikin lebih keren, full action~ tapi kan emang CGnya yang tidak memadai, mo gimana lagi.. namanya juga negara berkembang XD~)
-ga bisa nyaring apa yang masuk dari dunia global (padahal ini kan tipe penjajahan jaman sekarang... tapi karena emang yang ada di kita ga asik makanya ngelirik ke luar)
-ga bisa nyediain apa yang lebih keren dibanding apa yang dateng yang dari luar (ini nih!! penting banget... ex: anim dibandingin ama sinetron gaib in?osiar.. anak2 indo rasional kan kalo milih naruto? objektif! ini sih balik lagi ke 'negara berkembang'. ngapain pemerintah pusing2 mikirin gituan, mending mikirin gimana cara nambah duit negara kali..)
-ga punya kesadaran sendiri alias banyak oknum yang ngejalanin tugasnya dengan tidak jujur. (mo hukum dan peraturan sebagus apapun - misalnya peraturan ttg pembajakan/ketertiban, kalo org yang ngejalaninnya ga kompeten, yaudah... jadi gak guna)

tapi kalo sejarah sih agak ngerti juga kenapa kita ga bikin...soalnya belom fix, yang satu bilang gini yang sono bilang gitu.. belon ada yang valid (ken arok aja masih diragukan beneran apa nggak)
dan kayaknya kita juga belom bisa nangkep dimana nilai baiknya seorang tokoh..
kenapa bukan Ken Arok?
biar kata Ken Arok itu pembangun suatu dinasti baru pengganti dominasi keturunan Airlangga dalam memerintah pulau Jawa. tapi pada awalnya dia penjudi, diceritain ngerebut istri orang (dengan membunuh suami Kendedes), dia juga memfitnah orang..(keris yang dipake ngebunuh Tunggul Ametung itu milik Kebo Ijo, kan?) trus apa yang keren dari itu? ^A^;;

aku jadi ngelirik sini buat nyoba jawab judul thread kk TS ^^
http://id.wikipedia.org/wiki/Ken_Arok (ken Arok nih)
tapi kalo Hattori Hanzo aku ga tau sih, hehehe~ kalo pun ttg jepang, lebih seneng tokoh fiksi aja deh~

nice post kk! saatnya kita introspeksi diri!!
hmmh, gimanapun juga...
semoga saat dimana kita bisa dengan bangga bilang "aku orang INDONESIA" bisa cepat terjadi! fight indonesia!
:cheers: :cheers: :cheers:

silverbullet
08-07-2009, 05:46 PM
Keren kan? anti-hero gitu.

LiTTleDRAgo
08-07-2009, 07:10 PM
negara berkembang :swt:
sumbernya dari situ toh

makanya budaya negara lain dibilang keren trus budaya sendiri dilebay2in :swt:

ghost
08-07-2009, 07:47 PM
:ngupil:ken arok siapa sih...???:ngupil: musuh barunya kenshin himura ya.....

HaekelNeedsGirls
08-07-2009, 09:05 PM
karena ken arok tidak dibuat versi animasinya.
tv kita lebih didominasi sinetron.

saya yakin sebagian besar orang indonesia lebih mengenal marvel dari melati untuk marvel ketimbang li syaoran dari cardcaptor sakura.

anti
09-07-2009, 01:32 PM
jepang emang :top:
tp negara sndiri jg :top:

kek kata ts d atas, negara qt ini fleksibel bgt :top:
bebas se bebas ny :haha:

kl tinggal dnegara laen mah, blm tntu qt dpt menikmati sgala hal yg dpt qt nikmati kek skrg ini :ngacir:

fuadpahing
09-07-2009, 01:38 PM
Iya kan? :haha:

Liat siggy dan ava rakyat IDWS isinya kalo bukan anime soal manga, kalo ngga soal tokusatsu ato game jepang :lol: sisanya netral


Pas mampir ke forum AV aja ava siggynya bintang AV jepang... :swt:


Indonesia emang negara Afflicted by Japan :haha:
Siggy ma AVa saia ngga ada di manga jepang :haha:

jepang emang :top:
tp negara sndiri jg :top:

kek kata ts d atas, negara qt ini fleksibel bgt :top:
bebas se bebas ny :haha:

kl tinggal dnegara laen mah, blm tntu qt dpt menikmati sgala hal yg dpt qt nikmati kek skrg ini :ngacir:
:top:

walopun ngga ngerti :ngacir:

mr_ark
09-07-2009, 02:14 PM
Hanzo Hattori siapa yak? :???: Yang di komik Kyo Samurai Deeper. bukan? :???:
Kalo Ken Arok saia tau. :onion-08: Ken Dedes? :???:

Coba kalo kita meniru Jepang, mengenalkan Ken Arok, Ken Dedes, Gajahmada, Pangeran Diponegoro, de el el melalui media manga dan anime. Pasti para nenek moyang tersebut banyak dikenal oleh anak-anak. Selama ini mereka hanya dikenal melalui buku-buku sejarah sadja. Coba bayangkan kalo tidak ada pelajaran sejarah... terlupakan sudah nenek moyang Bangsa Indonesia.

Anu.. yang diperkenalkan ke anak-anak sekarang itu kebanyakan tokoh-tokoh fiktif memang, misalnya: Si Buta dari Goa Hantu, Wiro Sableng, Si Unyil, .... bukannya pahlawan ato nenek moyang Bangsa Indonesia. Salah siapa donk? :???:

Hell_Raiser
09-07-2009, 03:59 PM
Kalo cerita silat indonesia sebagian besar tokohnya fiktif semua, dan dimasukin makhluk halus dan mistik terus

Dari dulu sampe sekarang gak ada film/komik yang menceritakan perang jaman majapahit n sriwijaya secara detail termasuk taktik perangnya, kalo manga jepang kan sering banget masukkin unsur sejarahnya walaupun sebagian fiktif. Paling tahun sekian si raja anu menang perang dan berkuasa sekian tahun

Vuuga
09-07-2009, 04:21 PM
Inilah Kenyataan Gan ??,Tanpa Disadari,Sudah Terbiasa Karena Sering ?

LiTTleDRAgo
09-07-2009, 06:43 PM
koQ pada merenung smua nih? :swt:

ga ada yg kasih solusi gt? :???:

RedH
09-07-2009, 06:59 PM
IMHO Mnurut gw, salah satu solusinya ya bikin aja anime bertema kebudayaan indonesia buatan anak bangsa sendiri, biar paling ga generasi muda bisa seimbang nerimanya antara budaya luar sama budaya indo

tapi kliatannya msh ga mungkin ya? Lha wong komiknya aja ga bgitu laku di pasaran..... (CMIIW) :swt:

andelapan
09-07-2009, 10:05 PM
ia juga ya gan, padahal di sekolah udh wajib tuh belajar tentang ken arok DKK..

tapi masi juga ga terkenal..

anti
09-07-2009, 10:14 PM
solusinya y para mangaka indonesia bwt animasi ttg para pahlawan itu :haha:
sbenarny g mst dlm bentuk animasi jg..

masalahnya sikit kan yg suka crt ttg pejuang :???: aplg tau ttg sejarah negaranya sndiri..

kan dr dlu mpe skrg byk buku ttg crt rakyat dr daerah ini itu (ad crt ttg mitos, ad juga ttg pejuang).. tp g laku bukunya..

bukannya apa2 mi byk tuh buku ttg pejuang, g pake gambar, cm tulisan.. dan krn mi emang suka baca t'utama sejarah, jd asik2 aj bukuny..

masalah utamanya, anak2 zaman skrg pgnny tu yg bergambar.. kl g bergambar g asik, bosen, dsb..
dh gitu kan rata2 qt sndiri yg slalu meremehkan buku bwtn dalam negeri..

kratos05asa
09-07-2009, 11:27 PM
sebenernya kebanyakan orang kita itu manja, males dan mau enaknya doang sih. kurang disiplin. udah kebiasaan enak sih hehehe

escafl0wne
10-07-2009, 10:00 AM
kebetulan nih, proyek bikin komik dengan seting indo:haha:
yg jelas orang2 kita ga jeli dalam melihat kesempatan2 yg ada:swt:

maen2 ke forum game
gw liad ada game hack and slash (sejenis dynasty warrior)
tapi dengan seting romawi kuno
apa g mungkin bikin dengan seting indonesia kuno:???:

idingz
11-07-2009, 07:26 AM
kenapa indonesia ga ikt2n buat anime jg biar ank2 indonesia ga nntn anime jepang lagi...

miTWOe
11-07-2009, 07:37 AM
yup,, gw cinta kepada Indonesia :D

tp tidak menutup mata pada negara lain, hehehe
*ngeles*

HeinrichFaust
11-07-2009, 07:40 AM
gak tau deh mesti seneng atau sedih ngeliat indonesia... ::onion-57:

muhammad_annas
11-07-2009, 07:46 AM
wahhahaa. .. . setuju banget saya. . . .

LiTTleDRAgo
11-07-2009, 09:38 AM
pemerintah ga ikut campur tangan sih tentang media tv :swt:

liberal bgt ngebiarin produser bikin sampah sinetron :voodoo:

Urakai
11-07-2009, 10:04 AM
:hihi: ini nyindir atw muji yah :haha:

darknetwork
11-07-2009, 09:52 PM
yah gw juga heran kenapa buku komik silat gak laku ketimbang komik2 sejarah jepang. Setelah diusut2 ternyata orang jepang mampu mengulas sejarah tersebut dibumbui dengan tambahan cerita dan gambar yang apik.
"loh kan ceritanya beda dari yang asli?"
Ya justru karena ceritanya yang berbeda itula orang2 jadi tertarik membaca cerita sejarah tokoh yang sebenarnya.
Kalo saja pemerintah kita mau buat sejarah kita semacam komik serial toko dunia.

Orang2 awam kan gak bisa dipaksa nerima informasi yang mereka gak tertarik, kalo ingin mereka tertarik ya kita harus ikutin cara mereka

LiTTleDRAgo
12-07-2009, 02:28 AM
@darknetwork
apanya yg berbeda dgn crita aslinya lebih menarik?
tergantung siapa yg ngebumbuin critanya

itu yg di tv berbeda dgn asli tp lebay :swt:

org jepang emg pinter2 imajinasinya

archd
12-07-2009, 01:11 PM
kalo masalah menarik tidak menarik mah semua tergantung yang mbikin aja.
yang jadi masalah apakah yang mbikin "mau" dan melakukan hal tersebut.
soalnya kalo aku lihat di indonesia (khususnya dunia sinetron) lebih baik syuting cepet selesai (tapi kualitas amburadul) daripada syutingnya jadi molor dan ngabis2in duwit buat pemainnya.

hard_liner
12-07-2009, 10:07 PM
Bro..
menurut gw kebudayaan yg kuat akan melahap kebudayaan yg lemah...
nah indonesia walaupun budaya melimpah..tapi apakah kuat menahan laju budaya barat (di banding budaya jepang, budaya barat lebih menghegemoni di ind)...
klo gw perhatiin di dorama..bdy jepang jg sebenarnya udah ke makan ama budaya barat...

pemerintah juga patut dipertanyakan perannya dalam mempertahankan dan melestarikan budaya ind...

Masyarakat atau seniman disini jg dituntut utk menghidupkan budaya ind dgn sekreatif mungkin jadinya bs diterima oleh kaum muda khususnya..

Kita sebagai penikmat hahahaha... ya tau dirilah gmn caranya berperan dlm mempertahankan dan melestarikan budaya kita...gw jg binun ngapain nih:onion-57:

meleleh
19-07-2009, 05:01 AM
tapi yg salut nya ma jepang setiap ada event selalu di sisipin kebudayaan setempat,
pasti deh ada walaupun itu kecil atau ga mendominasi acara tersebut(sotoy mode:on)
entah itu pernak pernik, pakaian, musik ato yg lainnya....

festival yg berbau budaya juga banyak di sana dan di lakuin dengan sakral nya

Cress
19-07-2009, 07:59 AM
I like the last part.

Lagian pilihannya jauh amat, naruto vs sinetron ghaib.

Sama berita ato wayangan aja masih milih ini dibanding tu sinetron :swt:

Ri0t
19-07-2009, 10:17 AM
wa suka post lu (post 1) :top:
ternyata pedes jg omongan lu.
dan memang semuanya benar...

sebenarnya negara ini bisa kok seperti negara" maju lainnya.
selama ada kemauan dan komitmen tuk ngebangun negara ini , kita" jg bisa ngebangun dari hal" terkecil disekitar kita.

seperti kata pepatah "kau tuai apa yang kau tanam"
awalnya mungkin perilaku kehidupan bermasyarakat bangsa ini yang menyebabkan "perubahan" seperti sekarang...

LiTTleDRAgo
19-07-2009, 12:10 PM
seperti kata pepatah "kau tuai apa yang kau tanam"
awalnya mungkin perilaku kehidupan bermasyarakat bangsa ini yang menyebabkan "perubahan" seperti sekarang...

maksudnya gmn bro? :???:

frankes
19-07-2009, 01:26 PM
Ironis kk emang indonesia kalah saing ama jepang

collalinxz
19-07-2009, 01:34 PM
hahahha...

bener juga nih post hauhauhau~~

occho
19-07-2009, 01:49 PM
mungkinkah suatu saat nanti anak2 d negeri kita lebih bangga dengan wiro sableng, jaka sembung dll daripada naruto?hiuh semoga saja gan hehehe

plasa
19-07-2009, 10:49 PM
wakaka...

untuk hidup bersuka ria, indonesia adalah rajanya...
tapi klo mau kehidupan yang lebih baik, negara lain adalah pilihannya.

darkcrayon
20-07-2009, 11:29 AM
hmm.. mungkin kita kudu mengembangkan ide dari jepun juga gan.. untuk kebaikan indo juga.. hihihi.. menurut pribadi sih..

coba deh pangeran dipenogoro dibuat manga... atau anime dengan kualitas yang baik.. pasti juga terkenal seperti nobunaga oda.. hihihi...

truz item, chara illustratornya dibuat lbih menarik... saya rasa bisa meningkatkan kebanggaan atas budaya bangsa sndiri juga.. hihhi..

meleleh
21-07-2009, 02:46 AM
itu dia kek na masih kurang berani dari segi normatif

entah itu agama ato masyarakatnya sendiri

klo mo di buat agak ero... ato gimana gitu nanti ada yg demo ....

klo di buat komedi nanti banyak yg kritik...

bisa2 tumbang di awal start.....

sudah siapkah negara ini menerima kritik....??

ma dikit2 demo..... huhu...

peace...

domoon
21-07-2009, 02:49 AM
wkaka, kurang [sarcasm] nya tuh.. hahahww...
tapi bner boss,

Raestloz
21-07-2009, 02:51 AM
maksudnya gmn bro? :???:

Tu maksudnya gaya idup kita emang gini, makanya ni Indo jadi gini juga...

Atas dasar "lu seneng gw seneng, impas" jadi ya banyak korupsi, suap, dll. Maunya yang cepet tapi ga meres keringet, jadi ga ada semangat juang

Ujung2nya, ya gimana mo maju? Udah kebiasaan...

IzuL
21-07-2009, 04:01 AM
GW CINTA INDONESIA....!!!!
MERDEKAAAA....!!!

gw masih pake lebih dari 70% produk indonesia..
gw bangga jadi rakyat indonesia..
merdeka indonesia...!!!

dukung terus negara indonesia

btw

tambahan dikit neeh..
kalau bisa..
kita berfikir bagaimana caranya membuat/membuka usaha atau lapangan kerja baru bukan berfikir bekerja di perusahaan manakah nanti kita bekerja
salam hangat wat pecinta tanah air bumi pertiwi indonesia..

mav kalo ada salah kata..

w3nz
21-07-2009, 04:07 AM
nice post ^^V

bajury
21-07-2009, 06:45 AM
hahaaa.... sepertinya gue salah satu yg disebutin ma TS....

swtmath
21-07-2009, 06:12 PM
ya makanya kita harus mengembangkan kesadaran bangga akan negri sendiri. padahal di jepang banyak lho yang kagum dengan negara kita. kayak lagu keroncong bengawan solo bnayak banget penggemarnya di jepan di negara kita mah mending ada yang pernah dengar tuh lagu.

Abagnale
21-07-2009, 06:20 PM
Sebuah ironi emang...

Gw sendiri lebih kenal tokoh-tokoh sejarah jepang dibandingkan indo.

Apa Media yang buat kaya gini? dimana komik, film asal luar lebih berkembang...

dan media kita pun lebih menyerap budaya barat daripada budaya kita sendiri.

~airiRin~
21-07-2009, 06:23 PM
Orang Indo sendiri tampaknya tidak tertarik mempelajari sejarah Indo.
Museum isinya kebanyakan turis asing. Hanya sedikit orang Indo. :bolakbalik:

BiasaAjaKale
21-07-2009, 06:28 PM
yawn kayaknya sama aja....:bolakbalik:


orang indo lebih suka sejarah luar...

orang luar lebih suka sejarah indo....

pugnamaniacz
30-01-2010, 03:04 PM
setuju gw ama pernyata di atas bro, meskipun gw juga begitu sih...
HIDUP INDONESIA !!!

Sulpher
13-03-2010, 08:21 PM
gak pinter perkenalan nya sih tokoh di indo
jagoanya masa udah tua jelek pula

kalo liat sejarah jepang doloan baru Anime nya mana gw mo liat
kan di Anime tuh pahlawan di perkeren 300%:haha:
di tambah spesial effect yg keren dan bikin kita mo menirunya(cosplay)
kalo hero versi Aslinya gw gak yakin sekeren itu orang nya:hehe:

Sulpher
13-03-2010, 08:29 PM
Hanzo Hattorihttp://dynastywarriors.neoseeker.com/w/i/dynastywarriors/thumb/8/84/Hanzo_hattori_sw2.png/300px-Hanzo_hattori_sw2.png
Ken Arokhttp://www.balicomics.com/komik/120509192940.jpg

FlatOncom
13-03-2010, 09:43 PM
gw setuju ma TS meskipun gw termasuk salah satunya

Chopsuey03
13-03-2010, 09:55 PM
2. Remaja lebih suka nonton Naruto ketimbang sinetron "ghoib" Indosiar <<<<<<

bukanya gak menghargai tapi cerita yang dibuat maksa banget efek 3D yang gak karuan ..... pendeknya cuman kejar tayang :hehe:


Disini kita bisa mencaci maki sesuai kebutuhan, di negara lain bisa masuk kantor polisi
Mau kemana-mana ada asap menemani, di negara lain cuma udara bersih yang membosankan karena ga berwarna
Hutan kita biar dibabat liar masih lebih banyak ketimbang banyak negara lain
Di negara lain kalau ada ngapa-ngapain mesti ngantri dengan rapi, cuma di Indonesia bisa menerapkan "siapa cepat dia dapat" secara harafiah
Angkot disini bisa berekspresi dengan bebas, negara lain angkotnya membosankan
Cuma disini full musik bayar pake 100 bahkan 1000, di negara lain pelit semua, cuma 1
Cuma disini angkot menyediakan full musik, di negara lain mesti bawa player sendiri
Cuma disini kalo kena masalah bisa bayar pake rokok, di negara lain cuma bisa pasrah
Tidakkah anda lihat? Indonesia jauh lebih fleksibel dan lebih baik!
:top:
tapi baiknya dibenahi lagi segala yang tertib dan teratur itu indah dan mudah ..... lagian toh juga kita2 juga yang ngrasain efeknya :piss:


Hidup Indonesia!

Junko
13-03-2010, 10:01 PM
sekali lagi itulah warna warni Indonesia :hahai:

SanD5
13-03-2010, 10:09 PM
ini sebenarnya mendukung indonesia apa malah ngehina sih :kecewa:
kok awal2na bagu tapi belakangan mlh nyindir2 :swt:

esteh
13-03-2010, 11:32 PM
Tokoh2 kebudayaan semuanya adalah orng yg kolot.....itu masalahnya menurut ane.....
Soalnya tokoh sejarah baik fiktif maupun asli di Indo harus sesuai pakem.....
kaga boleh diubah2 (biarpun di perkeren sekalipun)

bagi orang dulu se emang gpp....tapi seiring perkembangan jaman, harusnya kita lbh fleksibel kalo mau budaya kita di kenal oleh generasi muda sekarang........

contoh ne..... kalo ingin mengenalkan wayang....cb bikin sekeren Marvel/Anim style tanpa merubah cerita......



http://i763.photobucket.com/albums/xx272/estehpahit/Prajurit_Dewa__Justice_Heroes_by_HN.jpg



http://i763.photobucket.com/albums/xx272/estehpahit/Pandawa_V___Outcasted_by_HNDRNT26.jpg


sayang nya dr pada inovasi............bangsa kita lbh memilih plagiat........:swt:

Fire_Maiden
14-03-2010, 03:11 AM
2. Remaja lebih suka nonton Naruto ketimbang sinetron "ghoib" Indosiar


ini sih jgn heran kk TS, kyk gak tau sinetron aja sih.....:yareyare:

awal na sih bagus, cuma makin lama sinetron kebnyakan ga mendidik,
ada jg sinetron yg mendidik(walau gw ga pernah tau klo ada :sigh:)


Idola masyarakat saat ini adalah Jepang dengan Honda, Suzuki, YAMAHA, SONY, Nintendo, SQUARE ENIX, Konami, Final Fantasy, Megaman, Mario, Bleach, One Piece, samurai, ninja, Ultraman, Kamen Rider, Naruto, Sasuke, dan Miyabi


no comment agh:lol:


Disini kita bisa mencaci maki sesuai kebutuhan, di negara lain bisa masuk kantor polisi
Mau kemana-mana ada asap menemani, di negara lain cuma udara bersih yang membosankan karena ga berwarna
Hutan kita biar dibabat liar masih lebih banyak ketimbang banyak negara lain
Di negara lain kalau ada ngapa-ngapain mesti ngantri dengan rapi, cuma di Indonesia bisa menerapkan "siapa cepat dia dapat" secara harafiah
Angkot disini bisa berekspresi dengan bebas, negara lain angkotnya membosankan
Cuma disini full musik bayar pake 100 bahkan 1000, di negara lain pelit semua, cuma 1
Cuma disini angkot menyediakan full musik, di negara lain mesti bawa player sendiri
Cuma disini kalo kena masalah bisa bayar pake rokok, di negara lain cuma bisa pasrah

tambah alasan bwt buru2 ke luar negeri dah...:sigh:

Rushpatee
14-03-2010, 03:19 AM
Itu kan film" dulu bozz..Lha sekarang emang ada film gtu???

Adanya ya film" indo yg diadaptasi dr film luar...

VanSoFtHeWaLL
14-03-2010, 06:08 AM
masalahnya kurang menarik sih penyajiannya, coba liat sinetron indosiar yg katanya bawa2 sejarah mcm joko tarub, joko tingkir, dll, jelek banget bikinnya, yang liat palingan pembokat2 yang lg ga ada kerjaan

doraemonix
14-03-2010, 06:22 AM
gimana saya gak cinta indonesia; saya orang indoensia;
terus; gak punya uang untuk ke luar negeri merealisasikan apa yang di katakan TS benar gaknya :madesu:

aranork
14-03-2010, 06:27 AM
ah...di mana" emang kek gitu
orang di negara lain pun belum tentu suka ama negaranya sendiri

buxbux
14-03-2010, 06:42 AM
:hahai:
emang jepang gak ada matinya
jaman 45 dia ngejajah secara fisik dan negara
jaman 2000 an dia ngejajah secara budaya dan teknologi
lagi pula bangsa kita dah terbiasa dgn paradigma
kalo bs pake ngapain capek2 mau bikin
liat aja buktinya dr tahun 50an motor jepang dah merajalela di jalanan jakarta
tp sampe tahun 2010 bangsa kita belom bisa bikin 1 pun motor yg bs nyala dan jalan di jalan raya
:hahai:

gw jd binun musti bangga ato sedih

darknetwork
14-03-2010, 04:26 PM
kalo untuk gw, karena lebih menarik bro. Kenapa gw gak tertarik dengan trivia negara kita? gw sendiri gak tahu. Mungkin ada yang bisa menjelaskan

X_TitaniuM
14-03-2010, 05:27 PM
hahaha... mantab... :top:

i love indonesia.. i love :idws: too..

razgriz
14-03-2010, 05:33 PM
andai ken arok sekeren hatori ... gw pilih ken arok deh :D


:piss:

Akatsuki_Rolan40
14-03-2010, 05:38 PM
Yach mo d gmnin lg....
Itulah wajah bangsa kita Indonesia.....

Nyot2
14-03-2010, 06:00 PM
hahaha....sumpah keren banget!!!!

gw setuju tuh....cm yang gw ga demen udara berwarna nya.......bisa2 cepet mati euy! :p

yudi_haryanto
14-03-2010, 06:18 PM
yg buat gw tambah kagum dengan jepang (selain alasan yg d buat TS):
meskipun jepang adlh negara yg memiliki teknologi sangat maju,tapi masyarakatny tetap melakukan perayaan budaya tahunan kayak festival obon,matsuri,hanami dll yg dilaksanakan secara nasional.
kalo d Indonesia paling cuma acara 17-an doang

d jepang,setiap keluara memiliki pakaian tradisional jepang untuk seluruh anggota keluarga.mgkn g banyk yg punya kimono yg hargany mahal,tp mereka minimal punya yukata untuk msng2 anggota keluarga
kalo d Indonesia,berapa bnyk sih orang yg punya pakaian tradisional d suatu keluarga?paling banter cuma sepasang buat ortu doang

tapi kehidupan d jepang yg nyaris sempurna jg ada efek negatif
d jepang yg orangny gila kerja,tekanan untuk hidup sangat berat,makanya g aneh kalo bnyk yg bunuh diri (igt,jumlah orang yg bunuh giri d jepang adalah yg trbnyk d dunia)
kalo d Indonesia,tekanan hidupny jauh lebih ringan d banding jepang jadi kalo ada yg bunuh diri paling2 cuma krn putus cinta doang

d jepang,gara2 tekanan sosial,banyak orang yg cenderung tertutup dan hanya sibuk dengan duniany sendiri tnpa mau sosialisasi dgn lingungan,hal ini yg menyebabkan d jepang jg banyak hikkikomori
d Indonesia,memang ada jg orang yg introvert kayak gitu,tp menjadi hikkikomori?kayakny g ada yg separah itu

makany kalo gw sih jepang adalah negara yg sngt gw kagumi d banding negara lain
tp Indonesia adalah negara yg sangat gw cintai :piss:

aswan
14-03-2010, 06:30 PM
disini juga klo korupsi gede pasti aman jln2 ke mal :top:
klo mling ayam pasti masuk bui :top:

garp93
14-03-2010, 06:32 PM
coba di bikin komik pahlawan indo vs pahlawan sono:hahai:...

bakul_suket
14-03-2010, 07:02 PM
Bagaimanapun juga Indonesia Tanah Air Beta (judul pelem baru neh)

deJeer
14-03-2010, 07:07 PM
menyinggung tapi membangun...
tp paling suka yg ini

Idola masyarakat saat ini adalah Jepang dengan Honda, Suzuki, YAMAHA, SONY, Nintendo, SQUARE ENIX, Konami, Final Fantasy, Megaman, Mario, Bleach, One Piece, samurai, ninja, Ultraman, Kamen Rider, Naruto, Sasuke, dan Miyabi

:lol:

rivaldy
22-03-2010, 03:54 AM
Mantap bro pandangannya, kita emang harus menghargai negara sendiri :top:
Sejelek apapun Indonesia adalah tanah air kita .....

cahyo_pwkm
22-03-2010, 06:30 AM
aaah, gw masih lebih suka cewe lokal koq, dan sangat tertarik dgn cerita pandawa lima, ramayana, dan mahabarata
sayangnya, teknologi masih nunjuk ke jepang. kapan euy gw bisa bikin produk sendiri...

baru
22-03-2010, 10:09 AM
aku rasa karena kepedulian yang kurang. dan info-info tersebut kurang. mengapa lebih tahu info tentang ninja dll? karena ninja dll lebih menarik :haha:

de_unlimited
22-03-2010, 10:26 AM
hehehe jadi mikir... klo mereka bisa bikin tokoh2 sejarah jadi seru, knapa kita kaga ye... kenape kita kaga bikin ken arok macemnya nobunaga, secara dia ambisi jadi raja.. bikin cerita pangeran diponegoro jadi macem 300 pan mustinya bisa ye... hhehehe buikin spinoff gatotkaca tapi modelnya kaya gensomoden saiyuki.... gatot kacanya ga usah berkumis... jadiin aja ganteng... banyak padahal... sayangye yang bikin cerita kebanyakan taat ama pakem... klo gatot kaca ya berkumis lah... klo pangeran diponegoro ya begitu lah dsb2.. coba sekali2 thinking out of the box. jadiin diponegoro cuma esensi, jadi gatotkace ide dasar... gua udah nyoba... sayangnya bakat gua ngayal doang pas boker sama mo tidur, giliran mo ditulis gelagapan....

Animers
22-03-2010, 10:43 AM
ironis juga ya film indonesia dari tokoh indonesia macam wiro sableng 212. si buta dari gua hantu, kenapa gw gak demen nonton nya gitu

tapi pas liat anime, gw langsung tertarik apalagi ngeliat char moe nya (apa ini udah takdir fetish menjadi nijikon :swt: )

jerukno15
22-03-2010, 10:47 AM
kalau saia mikir,
1. sejak kecil saia memang di suguhi segala hiburan berbau jepang, dari bacaan,mainan, sampai acara TV
sedangkan yang berbau Indonesia paling cuma jajanan pasar, mainan yang cepat rusak, dan gak ada acara untuk anak anak di TV ( waktu itu)
2. kemasan "produk" dari sono lebih menarik, dan saia akui itu
pangeran diponegoro, soekarno, jaman penjajahan jepang, ken arok, dll cuma ada di buku sejarah yang notabene sangat membosankan. isinya tulisan dan gambar yang itu itu saja.
kalau dilihat lihat lagi, coba gambarnya diperbagus, bervariasi, ceritanya sedikit dibuat menarik, dibikin film nya, dll pasti lebih oke.
sedangkan epic oda nobunaga, dibuat dalam beberapa side story dalam anime bergenre samurai ( yang sebagian besar menyisipkan cerita sejarah, perjuangan, dll)
apa ada yang berminat memperkenalkan cerita indonesia dengan cara begitu :???: sayang sekali sampai saat ini belum
3.ini yang pali bikin hati saya miris
cerita di Indonesia isinya ditonjolkan kekerasan, perang nya, kemiskinannya, penderitaannya ( negative side nya ditonjolkan)
sedangkan kalau cerita dari jepang kebanyakan isinya adalah perjuangan, pantang menyerah, mencari jati diri, yang sifatnya positif

CMIIW :piss:

tapi saia tetap orang Indonesia dan gak pernah berpikir pingin jadi orang jepang. Indonesia sudah cukup tapi kalau mau lebih okay memang harus lebih kreatif lagi sih :haha:

Ibuju
22-03-2010, 06:36 PM
3.ini yang pali bikin hati saya miris
cerita di Indonesia isinya ditonjolkan kekerasan, perang nya, kemiskinannya, penderitaannya ( negative side nya ditonjolkan)
sedangkan kalau cerita dari jepang kebanyakan isinya adalah perjuangan, pantang menyerah, mencari jati diri, yang sifatnya positif
ini gw stuju nih
tapi dipikir2 pasti menonjolkan kekeraasan, perang, kemiskinan dan penderitaan
wong indonesia dijajah bukan menjajah
sejarah indo yang gw suka aja cma supersemar yang nyerang irian pas dikuasai belanda

tolongsaya1
22-03-2010, 06:51 PM
avatar lo juga karakter jepang tuh kaya nya bro :hahai:

tapi emang ia sih kalo suka kebudayaan negeri sendiri di bilang kampung

kebudayaan negara laen di bilang gaul :swt:

thejapz
22-03-2010, 07:25 PM
jadi gini gan
klo menurut ane
masalah penyajiannya aja di indo kurang baik
selain kurang support dari pemerintah
pihak kreator nya gada yg ngembangin

coba cerita perang2 indo di jadiin kek game atau film ky dynasty warrior atau TENCHU
rame :D:

Raestloz
22-03-2010, 07:38 PM
Indonesia terlalu monoton :bolakbalik: nggak mau menerima perubahan jaman. Masyarakat sekarang butuh hiburan ditengah sulitnya hidup. Budaya internasional sudah meringsek masuk, mata kita sudah terbuka atas hal-hal baru, tapi pemerintah dan sutradara film maunya disajikan dalam wujud yang dicintai masyarakat tahun 1890-an :sigh:

Bukan mau bilang harus disajikan dalam wujud persis seperti diluaran (cantik/cakep ekstrim) tapi minimal dibuatlah menarik dan tidak itu-itu saja... supaya ada yang tertarik mempelajari lebih jauh dan menemukan kebenarannya sendiri. Misal: pedang Masamune, terkenal dimana-mana, pasti ada yang tertarik googling soal itu pedang dan mempelajari sejarah aslinya

Tapi pemerintah :sigh: lengkap dengan orang-orang tua tahun 30-40an ngotot maunya anak Indonesia mempelajari dengan kesadaran diri, lupa anak indonesia butuh stimulasi dan motivasi. Ujung-ujungnya ya begini: malas meneliti budaya sendiri :dead:

Dan meski saya bilang begini, saya tetep lebih suka Orochimaru ketimbang Si Buta dari Gua Hantu :ngacir:

jerukno15
22-03-2010, 08:42 PM
Bukan mau bilang harus disajikan dalam wujud persis seperti diluaran (cantik/cakep ekstrim) tapi minimal dibuatlah menarik dan tidak itu-itu saja... supaya ada yang tertarik mempelajari lebih jauh dan menemukan kebenarannya sendiri. Misal: pedang Masamune, terkenal dimana-mana, pasti ada yang tertarik googling soal itu pedang dan mempelajari sejarah aslinya

Tapi pemerintah :sigh: lengkap dengan orang-orang tua tahun 30-40an ngotot maunya anak Indonesia mempelajari dengan kesadaran diri, lupa anak indonesia butuh stimulasi dan motivasi. Ujung-ujungnya ya begini: malas meneliti budaya sendiri :dead:

benar nih setuju banget :top:
kadang orang orang jaman itu memang terlalu memnbanggakan diri, kesannya tidak perlu dipelajari anak anak sudah akan tau ( kesan yang saia dapat sih gitu) tapi kenyataannya beda 180 derajat, pas di ambil sama orang lain baru sementara sadar, terus disuruh mempelajari dan mencintai budaya sendiri :yareyare:


Dan meski saya bilang begini, saya tetep lebih suka Orochimaru ketimbang Si Buta dari Gua Hantu :ngacir:

idem kk :swt:

apple0093
22-03-2010, 09:10 PM
setojoo

di luar, kcepatan melebihi 60kmh aja dah bs ditilang, nah dsini, papan nunjukkin maks 80kmh, kenyataan ane tembus 210kmh jg asik2 aja :lol:

rickybest
22-03-2010, 09:19 PM
kenapa demikian......??
soalnya film2 di Indonesia kurang dalam pengemasannya...
emang ceritanya pada bagus2 kyk si buta dari gua hantu, wiro sableng, dsb....
tapi masalahnya penampilan "saat" di film kan di bawah ceritanya.....
klo kita liat film jepang ato amerika mereka menampilkan cerita dari negara mereka dengan tampilan yang apik....
jadi g hanya orang mereka sendiri yang nonton, orang luar jg tertarik

itu menurut gw sih :piss:

lukman510
22-03-2010, 09:24 PM
kenapa demikian......??
soalnya film2 di Indonesia kurang dalam pengemasannya...
emang ceritanya pada bagus2 kyk si buta dari gua hantu, wiro sableng, dsb....
tapi masalahnya penampilan "saat" di film kan di bawah ceritanya.....
klo kita liat film jepang ato amerika mereka menampilkan cerita dari negara mereka dengan tampilan yang apik....
jadi g hanya orang mereka sendiri yang nonton, orang luar jg tertarik

itu menurut gw sih :piss:

kpn ya kita bisahttp://www.kaskus.us/images/smilies/capede.gif mengemas dgn baik pula........

H1p000
23-03-2010, 12:16 AM
waktu kecil sih masih demen nonton wiro sableng,sibuta,mak lampir lah dkk..
tapi pas mulai remaja lebih suka nonton anime atau baca manga,abis film indonesia lama2 ngebetein..
apalagi jaman sekarang dari maghrib sampe tengah malam tv isinya sinetron sama acara gajes yg lainnya abis sinetron yg 1 tamat ud ada lg sinetron lainnya menunggu:muntah:

Gmna bangsa ini mau maju kalau acara tv'a gx bermutu:ngeselin:

deJeer
23-03-2010, 12:18 AM
bagaimanapun...
saia tetep cinta ama Indonesia...
dengan segala budaya adi luhung nya...
:sigh:

Xophien
23-03-2010, 10:49 AM
bener juga sih...
gw sih gpp disuruh berhenti nonton anime / toku / manga / game
asal jgn musik jepang :onion-10:

motionape
23-03-2010, 11:06 AM
hahaha, gw setuju apa TS.. good!
:top: ironi yg harus dibanggakan.. :hahai:

muji_jeprutz
23-03-2010, 11:24 AM
Tidakkah seharusnya kita menyukai negara sendiri?

:haha: itu bukan kebanggaan itu aib :malu: tapi saya senang dengan keadaan ini :hehe:

tamago
23-03-2010, 05:11 PM
what a sweet sarcasm.......................

gw tetep cinta indonesia kok,.....................

kenkuda
23-03-2010, 07:22 PM
2. Remaja lebih suka nonton Naruto ketimbang sinetron "ghoib" Indosiar


perasaan gw jg ogah nonton sinetron kaya gtu..grafik ny bikin sakit perut sih..
meningan nonton naruto

nama ny indo jg negara berkembang..dy msh mencontoh, mengikuti budaya lain..klo udah mulai menonjolkan budaya sendiri baru bs di bilang maju

rwinschmidt
23-03-2010, 07:31 PM
simple gan. . karena dikemas lebih menarik oleh mereka

bunkdhanz
23-03-2010, 10:43 PM
di indonesia sekarang banyak nya sinetron ga jelas plus kampring sih...
yang nyajiin tontonan bermutu berbasis budaya itu jarang...
di tambah era global ini tontonan dari luar negeri gampang didapet plus lebih menarik jadi wajar aja kalo berpaling
kalo kaya gini terus cerita2 lokal pasti punah...

stephirot
29-03-2010, 04:59 PM
ini termasuk penjajahan jg bukan yaa..:???:

kyny gw pikir di jajah oleh jepang secara tidak langsung

(walopun gw sndiri jg suka sama anime2 dan manga2 juga J.A.V)

:lol:

massimo
02-04-2010, 10:47 AM
stuju gw ma lu soalnya emang kita terlalu kagum ma negara orang sampe lupa negara sendiri

unFinisHeD
03-04-2010, 01:45 AM
sorry.... kemasan, penyajian dan isinya memang masi menarik yang dari luar:ngupil:

crite
25-05-2010, 12:23 PM
Indonesia emang udag terpengaruh sama jepang, dari mulai anime sampai AV :haha:

kacapiring
29-05-2010, 05:50 PM
ya sudah lah ini pelajaran buat Bangsa yang besar ini agar tidak 2 kali jatuh ke lubang yang sama. mungkin baru2 ini bangsa kt baru mengenal identitasnya. krn sebelum2nya kt selau minta didikte dan disuapin ama barat

rushdie
29-05-2010, 10:00 PM
gila.....
korupsi sampe di sebut 3x.....:lol: :lol: :lol:
kata2 nyindir bia kita sadar yah......:tega::tega:

chefgegel
30-05-2010, 01:05 AM
beberapa orang afflicted by japan, bukan seindonesia jg kali

fafatoys
30-05-2010, 01:52 AM
bener,.....
kita emang harus mencintai negara kita sendiri.....

tapi kita mungkin bisa mengambil hal2 positif dari beberapa negara laen.....

ClinTEastwooD
30-05-2010, 08:24 AM
Kenyataan pahit ini namanya http://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-42.gif

harutake_44
30-05-2010, 08:50 AM
Tidak perlu dijelaskan panjang lebar:

Sementara kita tinggal di Indonesia, belum lagi ditambah doktrin buku sejarah pas SMP bahwa jepang memerintahkan kerja rodi dengan ribuan orang meninggal, idola kita saat ini bukan Indonesia yang diwujudkan dengan jutaan nyawa dari jaman Pangeran Diponegoro sampai Presiden Soekarno dengan bantuan keris, pisau, pedang, tombak, Jendral Soedirman, Pangeran Diponegoro, Achmad Yani, bayonet, pistol, senapan, parang, clurit, dan kapak merah

Tidakkah Anda terpikir: "Kok perasaan gw lebih tertarik sama negara laen ketimbang negara sendiri?"

Kemudian berpikir "Apakah itu salah?"


Bandingkan dengan Indonesia! Video dewasa cuma 10 ribu dan anak 8 tahun sudah bisa beli, produknya bajakan dan murah, harga selalu tumbuh dan berkembang, dan mata uangnya besar


Secara keseluruhan post ini 90% ironi 10% netral

ga salah bos, tapi ya seharusnya ga seperti itu aja sih, kenapa kita jadinya lebih tertarik sama kebudayaan negara lain, karena penampilannya dan "packaging nya" yang lebih menarik, dibandingkan sejarah kita yang cuma didapat lewat pelajaran2 di sekolah, giliran udah muncul lewat komik, orang2 malah skeptis, bilangnya ngikut2in jepang aja, padahal kan bebas2 aja mw style kayak gimana juga, yang penting dia berusaha meng-eksis-kan budaya kita lewat komik.. :swt:

yang ane bold itu ironi yang paling ane ga suka, banyak tu gara2 kayak gitu anak umur 14an udah ditangkep gara2 sodomi anak tetangga sendiri ! :watta:

silverkhingz
30-05-2010, 09:22 AM
yg 100.000 > 100 itu murut gw pribadi maksa banget dah

secara nominal emang 'keren' aja gitu angka nol nya banyak gitu, tapi coba sudut pandangnya gini

100.000 IDR paling cuma bernilai beberapa USD
sedangkan beberapa USD bisa bernilai 100.000 IDR

jadi 'hebatan' siapa dunk ?

pandakadabra
30-05-2010, 10:10 AM
Indonesia memang penuh masalah.
Tapi apa artinya hidup kalo ga ada masalah...bored!

'Forza' Indonesia....:ngacir:

unused
30-05-2010, 07:49 PM
nyindir nihh....

kuronity
30-05-2010, 08:36 PM
iya sih bro tapi tetep aja gw ga seneng sejarah mending gw nonton anime dah

dickichan
30-05-2010, 09:26 PM
abis ditv adanya anime doang yang enak, y mo bgimana lagi

mulumulah
31-05-2010, 01:35 PM
wahh....
bagus nih pendapatnya..
stuju broo !!

Endless_Desire
04-06-2010, 10:01 PM
Karena,generasi muda sekarang uda diracuni oleh anime dan sebangsanya....

sunsphoenix
05-06-2010, 12:18 PM
hemp.. coba liat
contohnya kek motor,elektronik, HP... kebanyakan pakainya produk dri jepun sono kan,.. why??.... :yareyare:
emang sih ada produk lokal, tapi bagaimana dgn kualitasnya?? :piss:

456bogor
05-06-2010, 01:18 PM
huehue mau bagaimana lagi semuanya rata 2 suka ama karya jepang sana.tapi teteplah hidup Indonesia!!

cloud_666
05-06-2010, 05:40 PM
ah. nga juga gw taunya semua yg lo sbutin. btw yg luar sih lbh seru

intelcore
05-06-2010, 06:56 PM
judulnya kirain apaan cuma no offense gw pikir kalo negara laen lebih makmur

lucaviend
05-06-2010, 06:59 PM
:lol:
ga tau knp y?? gw jg bgitu...:yareyare:

Aerials
10-06-2010, 06:00 PM
hum mungkin karena belom ada yang bisa membikin toko2 tsb jadi bener2 hidup dan menarik bwat diliat.
dulu kan sempet ada wiro sableng sama si buta di rcti *sebelom jaman2 sinetron sampah kek sekarang :hot:, gw bgt suka liat itu *efek baca bukunya :hahai: tapi sekarang ga ada :onion-07:
kasian ntar anak2 kira gak pernah mengenal super hero negrinya sendiri :tolong:

icancuter
10-06-2010, 08:14 PM
setuju bro :top:

gua tetep cinta indonesia :piss:

hendry_kl
13-06-2010, 04:40 PM
harusnya dikasih nama Ken Arok ya wkwkwkwkwk

EDGE
13-06-2010, 05:54 PM
yeah begitulah.aku juga gak tahu jaka sembung itu betulan atau enggak.
jadinya susah kalau mau buat cerita (komik) dengan latar belakang lokal.referensinya hampir gak ada kecuali dari film (film lama,ini juga gak tahu bener enggaknya).
lebih gampang pake nama jepang daripada bikin nama lokal yang kuno dan keren.

samurai yang pake body suit (liat kenshin) terasa lebih keren daripada gatotkaca yang pake armor suit.padahal sama-sama ngaconya.kenapa?
tapi suer,aku suka dengan tulisan TS.

kleferi301
13-06-2010, 08:46 PM
kartun legenda indonesia atw cerita rakyat yang tayang di indosiar tiap minggu pagi, sekitar taon 2000an...

itu salah satu acara hiburan asik buat anak2 yang ga plagiat dan mendidik..

inget "pangeran palasara memelihara anak burung di atas kepalanya (atw rambutnya?? lupa gw hi3x...)

trus ada vcd anak2 kek timun mas, si kancil...

kemana ya itu semua?? andaikan hal seperti itu dibangkitkan lagi dan lebih gencar promosinya, Indonesia gak kalah kok ama negara2 lain..

17ab
09-07-2010, 02:31 PM
setuju bangsa indonesia ada segalanya buat ane. jayalah terus indonesia... jayalah terus indonesia jayalah terus indonesia jayalah terus indonesia

MobyC
28-07-2010, 01:39 PM
Susah juga sih, emang nippon lebih baik dalam hal kualitas, tapi nasionalisme gak bakal luntur kok gara - gara suka JAV eh salah anime :hahai:

dhydho
29-07-2010, 10:27 AM
Setuju bro.......
Moga bangsa ini bs menyadari kebodohan2 yng dibuatnya scr tdk sadar.......

inumaru
29-07-2010, 11:29 AM
....
nee kok rasanya makin buruk aja Indonesia..
ckckck...
:ehem:

keemchee
29-07-2010, 11:41 AM
:lol:

abis gmn yaa, dr kecil dah biasa ntn anime sih, baca komik a.k.a manga juga...:lol:

tapi gk sedikit jg loh karakter kartun diambil dr tokoh nyata,,ie: Oda Nobunaga, Yukimura Sanada (seperti yg ditulis di depan),awalnya gw pikir itu tokoh fiktif yg dibuat pembuat manga aja,, eh ternyata itu tokoh asli yg berpengaruh dalam sejarah Jepang lho..

IMO: alasan kenapa Pangeran Diponegoro sama Ken Arok tidak dibuat versi kartun nya mungkin karena terlalu sulit gambar sosok mreka....mungkin loh ya..:piss:


pkoknya Hidup Indonesia...:hero:

arzheas
29-07-2010, 11:53 AM
Dari dulu dah tau Hattori Hanzo dari tv tapi kalo Ken Arok baru tau pas belajar sejarah waktu SD,ya bisa dibandingin donk lebih suka tv atau pelajaran sejarah? hehehe.

SoA
29-07-2010, 09:04 PM
semoga indonesia cepet berubah d..
amin..

amado
27-03-2011, 03:25 PM
emang ga boleh ya? kalau soal hiburan seperti anime, game, dll kan hak kita mao nonton yang luar atau yang dalam negri. mao tinggal di Indonesia atau luar negri juga hak kita. yang penting kita gak boleh lupa sama tanah air, tidak boleh lupa kalau kita adalah orang Indonesia

hilmanelric
27-03-2011, 05:15 PM
menurut ane sebenarnya indonesia ini masih dijajah jepang
mereka ngejajah indonesia dengan budaya mereka

secara dari kecil kita udah disuguhin anime2 buatan jepang
mayoritas barang2 jepang kita konsumsi
kendaraan jepang itu paling laris di indonesia, coba aja liat di jalan-jalan merek apa yg paling sering berkeliaran
coba indonesia ga beli barang2 mereka, kolaps tu perekonomian jepang

zerto
27-03-2011, 05:41 PM
ane stuju ama kata tS.. :top:

monza142
27-03-2011, 10:07 PM
bener jg tulisan diatas..

tp meski gitu kita mesti hargain negara sendiri :top:

payied
28-03-2011, 05:56 AM
indonesia memang berbeda dari negara2 lain di dunia,
mari cintai negara sendiri.
bangun negara ini.
sadarkan masyarakat kita


Tidakkah anda lihat? Indonesia jauh lebih fleksibel dan lebih baik!

Ozzvx
28-03-2011, 08:34 AM
gw juga salah satunya :malu:
tapi yang di tulis si TS benar apa adanya,kritik sekaligus membagun
nice info :top:

milleghost
28-03-2011, 10:28 AM
Untuk beberapa hal, ane emang setuju dengan "product" JEPANG, tapi ada beberapa hal yang bikin ane betah juga di Indonesia
1. PIRACY
dimana lagi kita bisa donlot lagu dan film sepuasnya kalau bukan di Indonesia???
2. WARTEG
dimana lagi kita bisa makan banyak, enak, dan MURAH kalau bukan di Indonesia, soalnya cuman di Indonesia yang ada WARTEG....
3. CEWE
dimana lagi bisa liat cewe-cewe dengan kulit eksotis, kalau bukan di Indonesia, tepatnya di BALI !!!!

nah inilah alasan ane untuk betah di Indonesia...

iodakon
04-04-2011, 06:52 PM
udah kecanduan sih mau insyaf juga susah soalnya sudah overdosis produk jepang hingga ke pembuluh darah:hehe:

zentaizhou
05-04-2011, 04:02 AM
emang sebagian besar gitu anak-anak jaman sekarang,
tapi kok gw ngga juga ya.... itu ken arok, dkk masih tahu lah.....
Cintailah produk indonesia <<< kaya iklan apa ya

widiyantosetu5
05-04-2011, 07:37 AM
ane juga pengen hiburan yang menyenangkan..tapi yang di sediain negara ini cuman sinetron sampah yang nga realistis...

sonemate
17-05-2011, 06:22 PM
Sedihnya, di banyak forum dan komen2 di berbagai portal web banyak banget warga kita yg suka menghina negara sendiri..