PDA

View Full Version : Kiprah Seorang Tunanetra Pada Dunia Game



Hktoyshop
14-07-2009, 11:25 AM
Kiprah Seorang Tunanetra Pada Dunia Game


http://didikbudiarto.files.wordpress.com/2008/07/ramaditya2.jpg
Selama ini, anda sering bermain game kan? (Kalaupun tidak ada, setidaknya anda mengetahui sedikit seluk-beluk mengenai dunia game)
Nah, setelah ini, apakah anda tahu konsol-konsol yang ada pada game kan? Semisal Playstation, Xbox, dan Wii. Tapi kita hanya membahas mengenai sebuah permainan pada konsol terakhir (saat ini) dari Nintendo.


http://owiily.files.wordpress.com/2008/09/super-mario-galaxy-11.jpg




Tahukah anda, siapa komposer lagu yang ada pada game ‘Super Mario Galaxy’? Ya, tidak lain dan tidak salah lagi, itu adalah seorang putra Indonesia (yang bisa mengharumkan nama bangsa tentunya). Bernama Eko Rama Ditya Adikara, dia bisa bergabung dengan raksasa game, seperti Nintendo. Mengapa?
Before to the main clause, kita tengok dulu yuk siapa sih dia itu? (Kutipan di bawah ini berasal dari http://didikbudiarto.wordpress.com , trims atas sumbernya http://s.wordpress.com/wp-includes/images/smilies/face-smile.png )

Ia menyebut dirinya begitu, The Indonesian Blind Blogger. Eko Ramaditya Adikara, 27 tahun, memang seorang tuna netra (buta) sejak lahir, tetapi dengan segala keterbatasannya ia berhasil dalam pelbagai bidang kehidupan. Sukses di pendidikan hingga Universitas Darma Persada jurusan Sastra Inggris, ia sekarang adalah seorang blogger terkenal. Rama selalu menjadi bintang utama dalam setiap pertemuan komunitas para blogger.
Sebagai seorang blogger yang aktif sejak 2003, Rama, demikian ia biasa dipanggil, bukan hanya mengisi sendiri konten blognya, tetapi juga mendesain layout blognya, bahkan mencipta background musiknya. Suatu hal yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh manusia normal. Hebatnya lagi, semua itu ia kerjakan di sebuah laptop kesayangan yang menggunakan keyboard QWERTY biasa. Ya keyboard yang biasa digunakan orang normal, bukan keyboard yang menggunakan huruf braille.
“Saya meninggalkan huruf braille sejak sepuluh tahun lalu saat teknologi pembaca layar (screen reader) ada. Bagi saya itu sebuah revolusi. Saya bisa membaca buku atau menulis di PC seperti mereka yang bermata normal.” tutur Rama.


Screen Reader yang digunakan Rama adalah JAWS (Job Acces With Speech), software yang dikembangkan oleh Blind and Low Vision Group di Freedom Scientific St. Petersburg, Florida. Menggunakan JAWS yang pertamakali deperkenalkan pada tahun 1989, komputer apapu asal menggunakan Microsoft Windows dapat dioperasikan oleh orang yang mempunyai keterbatasan penglihatan. JAWS mengubah teks menjadi berbicara (text to speech). Rama juga menggunakan software serupa untuk membaca SMS di handphonenya. Untuk ini ia menggunakan mobile software TALKS.


As The Indonesian Blind Blogger, Rama mampunyai typing skill yang hebat dan cepat. 60 karakter per menit menggunakan 10 jari sekaligus. Untuk hal yang satu ini saya pun kalah cepat dari Blind Blogger Maestro ini. Ia belajar tanpa lelah dalam segala keterbatasannya. Tekadnya yang kuat, membuahkan hasil yang hebat.


Rama kecil, adalah Rama yang totally blind. Orang tuanya terpaksa merekam semua pelajaran di sekolahnya untuk membantunya belajar. “Bapak merekam semua buku pelajaran ke dalam kaset, sementara ibu membantu dengan doa dan dukungan moril”, kenang Rama seperti yang ia tuliskan dalam blognya. Keterbatasan penglihatan bagi Rama dijadikannya sebagai sebuah tantangan. Ia tidak pernah merasa rendah diri, pun pula ia tak sudi dikasihani. Malah ia menawarkan harapan dan pantang berputus asa. Bukan saja bagi mereka yang sama-sama buta, tetapi juga bagi manusia normal.


“Saya ini (buta) sudah beda (dengan manusia normal), tetapi saya ingin berbeda dari perbedaan itu,” kata Rama berfilsafat.
JAWS memang tak dapat dipungkiri telah mengubah yang tidak mungkin menjadi mungkin. Rama yang mengenal PC sejak berusia 5 tahun, adalah manusia yang beruntung mengenal dan memanfaatkan teknologi ini. Sejak itu, Rama adalah pembaca buku yang hebat. Beratus-ratus buku sudah dibacanya. Starwars adalah salah satu fiksi kesukaannya, sampai-sampai ia menyebut dirinya di blog sebagai Jedi. Malah ia juga tak sungkan menambahkan sebutan Skywalker di belakang namanya.


“When I have to read something… When I have to write something… When I have to say something… When I have to see something… I do it with my eyes closed… I do it with light turned off… That’s because I am blind… That’s because God made me that way… But, must I be sad and turned back…? But, must I deny that I am proud of it…? Because the force of God is strong with me… So, let me tell people that inspiring life story… So, let me tell people a journey of a blind Jedi… Here I am, standing with love and courage… “- Ramaditya Skywalker
Skywalker, moonwalker, atau apapun sebutannya, Rama tetaplah seorang manusia utuh yah hebat. Ia dikaruniai kelebihan untuk mengatasi kekurangannya. Ia pun telah mengajarkan kehidupan dan membagi spirit bagi sesama.
Salam Blogger untuk Rama.
Hmm, sudah tahu kan? Lanjut yok!
Pada awalnya, dia ini katanya membuat sebuah iringan lagu (yang menurut saya bagus sekali untuk diiringi sama game). Dan setelah itu, katanya lagunya dicari (sama Nintendo, kalau tidak salah).. Makanya, si Nintendo mengajaknya menjadi komposer buat musik di Super Mario Galaxy ini..


Walaupun matanya buta, tetapi itu tak menghalangi kepercayaan dirinya untuk berkiprah, terutama di dunia game. Orang tuanya justru mendukungnya.
Karena itulah, dia bisa seperti ini. Semua bisa dia lakukan, dengan komputer yang dilengkapi dengan Speech (kira-kira begitulah) dan seruling (waktu saya tonton di berita pada SCTV). Waw! Sungguh mengejutkan.


Selain karyanya berupa musik iringan, dia juga mengeluarkan sebuah biografi berjudul ‘Blind Power’ (kalau tidak salah http://s.wordpress.com/wp-includes/images/smilies/face-smile.png ). Dan selain mengeluarkan karya-karyanya, dia juga menjadi seorang motivator.


Semoga para tunanetra dan atau yang berhubungan juga bisa mencontoh prestasinya untuk mengharumkan citra bangsa kita. Amin..\
NB: Perlu diingat juga kalau dia juga adalah seorang fanatik game

Ramaditya Lakukan Kebohongan Publik (http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=110839&highlight=tunanetra)



http://stat.k.kidsklik.com/data/photo/2010/08/19/1205445620X310.JPG

JAKARTA, KOMPAS.com — Eko Ramaditya Adikara, bloger tunanetra, membuat pengakuan mengejutkan. Ia mengaku telah melakukan kebohongan publik saat mengatakan bahwa dia menciptakan sejumlah musik untuk game Jepang.

Seorang Kompasianer, Syaifuddin Sayuti, menulis di Kompasiana, Kamis (19/8/2010), mengenai kebohongan Ramaditya sebagai komposer asli musik game Jepang, seperti Super Mario Galaxy, Xenogears, dan FF Orgins. Rama menyatakan bahwa tidak benar dia yang membuat semua komposisi musik itu. Ia hanya menamai kembali file komposisi musik itu sebagai hasil karyanya.

Berikut catatan Syaifuddin Sayuti di Kompasiana:

Setelah skandal kebohongan Puri terbongkar dan sempat mengguncang jagat Kompasiana beberapa waktu lalu, ternyata ada skandal yang juga dibuat oleh Blogger ternama dan sepertinya bakal jadi berita besar. Sebab skalanya bukan hanya dalam lingkup dunia blogging.

Eko Ramaditya Adikara, yang dikenal sebagai blogger tuna netra itu membuat pengakuan mengejutkan. Di sebuah situs Game (Kotakgame.com) ia menyatakan telah melakukan kebohongan publik.

Kebohongan yang telah dilakukan Rama adalah mengaku sebagai komposer asli musik game Jepang, seperti Super Mario Galaxy, Xenogears, FF Orgins. Ia menyatakan bahwa tidak benar dirinya yang membuat semua komposisi musik itu. Karena ia hanya memberi nama kembali file komposisi musik itu alias me-rename sebagai hasil karyanya.

Skandal ini terbongkar setelah “karyanya” ditelusuri dalam forum diskusi online para gamer. Salah seorang peserta diskusi yang curiga kemudian memaparkan temuan mengejutkan. Kesimpulannya semua karya Rama adalah jiplakan. Rama pun tak bisa berkilah karena ada bukti kuat bahwa karya-karya yang diklaim Rama sudah lama beredar dan diakui di jagat Games.

Dan puncaknya tanggal 10 Agustus lalu Rama bersaksi di depan sejumlah awak Kotakgame serta memberikan pernyataan di atas materai bahwa ia telah melakukan kebohongan publik. Ia minta maaf atas kesalahannya dan berjanji tidak akan mengklaim lagi semua yang pernah ia akui selama ini. Kesaksiannya bisa dilihat disini.

Membuat kebohongan publik adalah salah satu kesalahan Rama yang tak termaafkan. Apalagi ia dengan sempurna selama ini membohongi pembaca surat kabar, pemirsa tv hingga para blogger sebagai penyandang tuna netra berprestasi hebat. Bahkan Kick Andy, program talk show di Metro TV menobatkannya sebagai salah seorang pemuda berprestasi. Nah, lho!

Meski Rama telah membuat pengakuan di atas materai, yang mengherankan ia masih tampil sebagai sosok berprestasi di acara 17-an di Tv One selasa lalu. Hmm…apa coba prestasinya? Apa karena telah sukses membohongi jutaan orang dengan kisah menakjubkannya?

Saya tak habis pikir bagaimana bisa jutaan orang dikibuli seorang Rama? Sebelumnya saya pernah kagum atas ‘prestasinya’ yang saya baca di berbagai media, bahkan Kompas pun pernah menurunkan artikelnya di halaman belakang yang biasa diisi tulisan inspiratif itu. Selain media cetak, media elektronika pun banyak menayangkan sepak terjangnya, bahkan menobatkannya sebagai pemuda berprestasi. Konon selain sebagai blogger, komposer game, Rama juga pernah menjadi kontributor lepas detikcom untuk bidang IT serta motivator para penyandang tuna netra. Jadi kebayang kan berapa banyak pihak yang telah sukses dikibuli Rama.

Ternyata 65 tahun bangsa ini merdeka, masih banyak juga sikap kerdil menghinggapi pikiran dan perilaku anak bangsanya. Copy paste karya tulis, jiplak lagu, hingga mengaku-ngaku karya orang lain adalah bukti kita belum merdeka. Lebih baik jadi orang biasa dengan karya sendiri daripada jadi superstar namun plagiat!

SUMBER (http://tekno.kompas.com/read/2010/08/19/12010149/Ramaditya.Lakukan.Kebohongan.Publik.)

Nambah Fotonya -> http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=110839&p=6083617&viewfull=1#post6083617


Dari awal gw emang dah curiga ama nih orang :hehe:

Udah tuna netra, tukang ngibul lagi.... :hot:

kucinglistrik
14-07-2009, 11:33 AM
wow.... orang cacat aja bisa berkarya untuk indonesia dengan caranya sendiri....

hidup Indonesia..... :onion-76:

Atlas
14-07-2009, 11:38 AM
oh gw tau nih pernah muncul di Kick Andy

jagungturbo
14-07-2009, 11:45 AM
bikin malu kita2 yg gak tuna netra aja nih

andelapan
14-07-2009, 03:16 PM
salut buat tekad dan semangat nya mereka..

bisa dijadiin inspirasi ni..

CY_T_Anezaki
14-07-2009, 03:24 PM
Wah ternyata kekurangan tidak serta merta membuat orang jd ga berkreasi, kerenlah usahanya

Nice gan

renkinjutsushi
14-07-2009, 03:26 PM
kita gak boleh kalah dari orang tuna netra

kzha
14-07-2009, 03:39 PM
Sebagai seorang blogger yang aktif sejak 2003, Rama, demikian ia biasa dipanggil, bukan hanya mengisi sendiri konten blognya, tetapi juga mendesain layout blognya, bahkan mencipta background musiknya. Suatu hal yang biasanya hanya bisa dilakukan oleh manusia normal. Hebatnya lagi, semua itu ia kerjakan di sebuah laptop kesayangan yang menggunakan keyboard QWERTY biasa. Ya keyboard yang biasa digunakan orang normal, bukan keyboard yang menggunakan huruf braille.
hebat ne orang,. bisa mengisi konten dan mendesain layout nya sendiri,..
pasti ne orang bisa ngeliat pake mata bathin,,... :blink: :blink: :blink:

Vuuga
14-07-2009, 06:21 PM
Jadi,Who The Next,Yng Bakal Mengharumkan Indonesia Ini Kaya Dia ?

leluwik
14-07-2009, 06:22 PM
wuh hebat bener,
meski tunanetra pegang komputer

JinTampan
14-07-2009, 07:17 PM
wuh hebat bener,
meski tunanetra pegang komputer

komposer itu..

summer3
14-07-2009, 09:13 PM
jagooo hebat manusia memang gk da yg sempurna tp dr itu dngan berusaha dan berdoa bisa membuat hal sesuatu

Winoko21
14-07-2009, 11:43 PM
gw jadi salut ma dia... meskipun tunanetra, dya gak mau nyerah dan tetap berusaha...
gw jadi malu sendiri... padahal gw bza ngeliat pake 2 mata....

yuuki_nii
15-07-2009, 12:22 AM
Jk dah punya kemauan, bahkan tuna netra sekalipun ga jadi halangan..

logitech
15-07-2009, 12:33 AM
In this world, not only bad things happen and not just sad things happen...
there is always good things happen in our live...

idingz
15-07-2009, 01:44 AM
jadi merasa malu sama diri sendiri...kita yang manusia normal kadang melakakukan sesuatu setengah2..tp manusia yg buta bisa melakukan sesuatu dengan baik dengan mata tertutup...
Naiz info...

budikikiw
15-07-2009, 01:13 PM
awal nya otak gw mikir gini

gimana cara maen nya dia kan buta..
pake alat bantu apa gan???


setelah membaca nya

oh begitu toh... :D

collalinxz
19-07-2009, 03:16 PM
wow~~ keren jg

x_ray
19-07-2009, 04:11 PM
kalah dalam kecepatan ngetik nie... :swt:
tp salut buat Jedi Rama :top:

Black_Raven
19-07-2009, 05:42 PM
salut sama orang ini..

ScapeXxX
19-07-2009, 07:36 PM
kok di Credits nya Mario Galaxy gak dicantumin namanya sebagai Composer ya??

Abagnale
19-07-2009, 07:57 PM
Dia juga pernah buat instrumen untuk FF kan?

Pujols
19-07-2009, 09:33 PM
kita yg gak tuna netra malah males2 an, nongkrong mulu .....

occho
19-07-2009, 09:40 PM
dukungan dari orang tua nya juga bro n fasilitas yg diberikan ortunya juga, kan bnyk jg orang tuna netra yg tak punya

plasa
19-07-2009, 09:52 PM
mantap nih orang.. seorang tunanetra bisa menciptakan sesuatu yang luar biasa dan mengharumkan nama bangsa.

child
21-11-2009, 06:55 AM
hebat bener..... salute

Kerrigan
21-11-2009, 07:42 AM
beuh, manteb bener :top:

jadi inget Magina dari game DotA :haha:

altairgampes
21-11-2009, 08:03 AM
oiya... pernah lihat beritanya di TV nih... kalo gak salah pas kick andy apa ya... :panda:

inilah bukti bahwa semua orang punya kelebihan :panda:

fundyy
21-11-2009, 08:25 AM
salut ma ni orang :terharu:
walo tuna netra tapi masih tetap berkarya

black_caterpilar
21-11-2009, 08:32 AM
malu gw..
masih bisa ngeliat tapi masih gini2 aja....

bibibi
21-11-2009, 01:02 PM
gila ni org mengharumkan nama bangsa walaupun dengan keterbatasan fisiknya :top:

terkadang org yg sempurna secara fisik prestasinya masih kalah dibandingin yg mempunyai keterbatasan fisik :swt:

sisil
22-11-2009, 03:58 PM
wow.. (0.0)
hebat bgt ni org~~

tunanetra tp org pnting dlm dunia game
dan lgi pke keyboardny QWERTY..

*clap-clap-clap*

om3gakais3r
22-11-2009, 05:21 PM
top, sepuluh ribu jempol buat kakak saia yang hebat ini.. :top:

dia aja yang buta bisa bikin sesuatu yang mengharumkan nama bangsa, apalagi kita.. seharusnya yang normal bisa mengharumkan nama bangsa lebih dari dia.. :top::top: :top:

rky3prince
28-11-2009, 12:00 PM
wah iorang indo bs berkiprah di dunia game sampe jadi komposer musik :top:

Salvation
29-11-2009, 08:58 AM
wede salute... keren2..

Hidup Indonesia!

ferryblu3
29-11-2009, 11:51 PM
wew...
kalah qt ma tuna netra... -_-''

fenestya
02-02-2010, 09:59 AM
i've heard about him... and admire his spirit of living

barcul
02-02-2010, 10:23 AM
keren ni orang !
salut gw sama dia, ngga pernah menyerah dengan kekurangannya...
trus seinget gw dia juga komposer lagu2 di Game FF VIII... :piss:

crite
25-05-2010, 01:46 PM
Wah mantap, dengan segala kekurangannya ternyata dia tetap bisa berkarya ya ....

pau2
02-08-2010, 11:58 AM
wew.. tuna netra tapi megang komputer.. hebat bangetz

Deztro
02-08-2010, 12:16 PM
wah2 udah tau sih nih orang
bener2 dah di balik ketunanetraannya punya talenta luar biasa
trus dia kerja ama nintendo lagi :swt:

bebeknangisdarah
02-08-2010, 01:00 PM
ini org sering dibahas sama metro dulu...
emg mantep banget...
trus dia juga bisa bdain mana laptop yg bagus mana yg kurang... :top:
salut bgt sama kerja kerasnya dia yg sampe2 bisa kerja sama nintendo...

argakoesdewangga
12-08-2010, 07:56 PM
oh gw tau nih pernah muncul di Kick Andy

thon32
14-08-2010, 03:18 PM
wah keren, biarpun punya keterbatasan fisik, tapi masih bisa berkarya...
layak dijadikan inspirasi bagi kitahttp://www.indowebster.web.id/images/smilies/onion-106.gif

joefrizz
15-08-2010, 03:09 AM
salut deh sama dia :top:


tetap semangat walau punya keterbatasan ....patut dicontoh semangatnya :terharu:

Riizent
15-08-2010, 03:17 AM
lah thread lama diungkit, kan berita yg terbaru beliau ngaku klo kiprah beliau tentang jadi komposer game terkenal adalah hoax

nah loh, jadi termotivasi apa jadi gimana?

http://www.kotakgame.com/berita/detail.php?id=8118&jenis=news
blom ada yg posting tah ?

H1p000
15-08-2010, 03:33 AM
kekurangan yang dimilikinya tak menjadi hambatan untuk berkarya:top:
sayangnya hoax:lol:

simomone
15-08-2010, 03:41 AM
salut banget sama orang ini :top:
kekurangannya tidak menghalangi kreatifitasnya untuk berkarya :matabelo:

Farewell
15-08-2010, 04:55 AM
yang ngepost dia hebat..silahpun baca post
dari link bro riizent


lah thread lama diungkit, kan berita yg terbaru beliau ngaku klo kiprah beliau tentang jadi komposer game terkenal adalah hoax

nah loh, jadi termotivasi apa jadi gimana?

http://www.kotakgame.com/berita/deta...118&jenis=news
blom ada yg posting tah ?

yang mana tuh yang bener?..kalo perlu di update di post 1..

lefar401
15-08-2010, 05:00 AM
wogh keren...sampe bisa bikin blog sendiri dan hebatnya lagi ga pake braille

sakuyaizayoi
15-08-2010, 05:34 AM
wih hebat, satu lagi orang indo yg bisa go internasional:top:

Rama kecil, adalah Rama yang totally blind. Orang tuanya terpaksa merekam semua pelajaran di sekolahnya untuk membantunya belajar. “Bapak merekam semua buku pelajaran ke dalam kaset, sementara ibu membantu dengan doa dan dukungan moril”, kenang Rama seperti yang ia tuliskan dalam blognya. Keterbatasan penglihatan bagi Rama dijadikannya sebagai sebuah tantangan. Ia tidak pernah merasa rendah diri, pun pula ia tak sudi dikasihani. Malah ia menawarkan harapan dan pantang berputus asa. Bukan saja bagi mereka yang sama-sama buta, tetapi juga bagi manusia normal.
kuncinya disini, pantang menyerah dan dukungan dari orang2 disekitarnya:top:

Rycerz
15-08-2010, 06:55 AM
saya kenal seorng tuna netra yg aktif maen mafia war di fb :iii:
awalnya rasanya cukup aneh liat dia maen :iii:

vosnort
15-08-2010, 09:36 AM
mantab, semangatnya bener2 wah deh..

Rick_hardner
15-08-2010, 09:55 AM
tuna netra yang pantang menyerah :top:

pengemis yang butanya diboongan coba tiru orang ini....:yareyare:

isengdude
15-08-2010, 10:02 AM
semua diciptakan tuhan ada kelebihan ada kekurangan, dibalik kekurangannya pasti tersimpan sesuatu yang mengejutkan...hehe

senzzz
15-08-2010, 10:29 AM
wow, mantap banget ne orang, salut gw gan :)

armed_mick
15-08-2010, 01:58 PM
:top:
wah gua kalah ne:swt:
tak apa. . .aku harus pantang menyerah agar tidak kalah dengannya :onfire:

reint
28-08-2010, 12:53 PM
Tenang sodara sodara, ternyata si RAMA ini hanya HOAX kok.
Semua yang dia lakukan selama ini hanya bohongan kok.
semoga sodara2 pada mengetahui hal ini.

Hktoyshop
23-09-2010, 10:10 AM
:top:
wah gua kalah ne:swt:
tak apa. . .aku harus pantang menyerah agar tidak kalah dengannya :onfire:

nah harus gitu bro, jadikanlah itu suatu motifasi buat kemajuan kita... MAJU TERUS>>>> :top:

Lyco
23-09-2010, 10:27 AM
yang waktu itu nipu yah :lol:

yeah suck to be you.

ciscusss
23-09-2010, 11:08 AM
iyah gan, malu"in ajah....
awal liat di kick andy sih smpt bangga...tp bgt tau itu smua boong jd malu"in ajah:hot:

am4terazu
23-09-2010, 05:48 PM
Sedihnya ternyata Hoax gan...
:sedih:
malu juga sempat percaya.....

ellilo
23-09-2010, 05:51 PM
wah ternyata boongan . baru aja msk ke tred kirain bener, eeh ternyata hoax besar