PDA

View Full Version : Pariwisata Tempat-tempat wisata di Batam



mhady
25-06-2012, 11:33 AM
http://www.indowebster.web.id/attachment.php?attachmentid=35528&d=1340596358
Untuk Artikel Lengkapnya dengan gambar silakan kunjungi disini (http://kudunyahoo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=41:tempat-wisata-di-batam&catid=10:travel-spot&Itemid=213)
Kudu Nyahoo (http://kudunyahoo.com)

Kota Batam memiliki potensi wisata yang luar biasa. Pada pertengahan tahun musim liburan dan akhir tahun, pelabuhan feri di Pulau Batam selalu dipenuhi dengan wisatawan lokal dan wisatawan asing, sebagian besar dari Singapura dan Malaysia.
Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Medan dan Palembang. Batam terletak di sebelah barat Pulau Bintan, selatan Singapura, utara Rempang dan timur Pulau Bulan. Selat Riau (Selat Riau) memisahkan Batam dan Bintan. Batam memiliki iklim hutan hujan tropis dengan suhu rata-rata antara 26-32 C. Kantor-kantor pemerintah lokal berada di Batam Centre. Komunitas terbesar di pulau itu adalah Lubuk Baja (sebelumnya dikenal sebagai Nagoya). Daerah perumahan lainnya termasuk Baloi Taman, Sekupang, Nongsapura (Nongsa), Waterfront City (Teluk Senimba), Batu Ampar, Jodoh.
Mulai tahun 1970-an, Batam mengalami transformasi yang signifikan dari daerah sebagian besar hutan menjadi pelabuhan utama dan zona industri. Galangan kapal dan manufaktur elektronik adalah industri penting di pulau ini. Dekat dengan pelabuhan Singapura meningkatkan kecepatan untuk pengiriman barang dan distribusi produk yang bermanfaat bagi ekonomi pulau itu, dengan biaya tenaga kerja lebih rendah dan insentif pemerintah khusus, menjadikan Batam sebagai tempat banyak perusahaan asing mengoperasikan pabriknya disini.
Wisata asing seperti dari Jepang, Cina, Taiwan, Korea, AS, Jerman dan Belanda memasuki pulau itu dengan menggunakan feri dari HarbourFront Centre di Singapura, karena Batam telah membatasi penerbangan udara internasional. Pada akhir 2010 hampir 58 persen wisatawan asing datang dari Singapura, diikuti oleh Malaysia sebesar 13 persen.
Pelabuhan terminal feri terhubung ke pulau Singapura dan Bintan, dan menyediakan rute tambahan ke Johor Bahru (Malaysia). Ada lima terminal feri: Harbourbay, Nongsapura Ferry Terminal, Sekupang, Waterfront City dan Terminal Feri Internasional Batam Centre.
Batam sebenarnya salah satu tujuan wisata paling cepat berkembang di Indonesia dalam hal kedatangan pengunjung. Ada beberapa resor wisata di sini dengan hotel mewah dan lapangan golf. Banyak pengunjung memilih untuk menggunakan Batam hanya sebagai entry point, hanya 40 menit dari Singapura dengan kapal, dan kemudian melanjutkan dengan transportasi yang tersedia untuk tujuan lain di Indonesia.

Jembatan Barelang
Tidak sah rasanya pergi ke Batam kalau tidak berkunjung ke Jembatan Barelang ini, dengan kata lain kenangan berphoto dengan latar belakang Jembatan Barelang adalah tanda sahnya anda berkunjung ke Batam.
Kepulauan Barelang, terhubung ke Batam oleh serangkaian 6 jembatan, ada pantai yang indah, Jembatan yang sudah menjadikan icon kota Batam ini terletak sekitar 50 km dari pusat kota. Dapat ditempuh dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Saat hari libur tempat ini akan sangat ramai pengunjung yang akan menikmati eksotisnya suasana keindahan panorama laut dan nelayan nelayan yang sedang mencari ikan di atas jembatan, disambi makan jagung bakar ataupun peyek udang [udang digoreng dikasih tepung].
Jembatan Barelang ini terdiri dari 6 rangkaian jembatan, terdiri dari jembatan Tengku Fisabilillah [jembatan pulau Tonton], jembatan Raja Ali haji [jembatan pulau Nipah], jembatan Nara Singa II [jembatan pulau Setoko], jembatan Raja Kecil [jembatan pulau Galang] serta jembatan Tuanku Tambusi [jembatan pulau Galang Baru].

Kampung Vietnam
Sebuah kamp lama bekas pengungsi Vietnam, yang diduduki selama 20 tahun oleh orang-orang perahu Vietnam, dan kini telah dikembalikan sebagai daya tarik wisatawan. tempat-tempat yang ditumbuhi oleh hijaunya hutan dan hanya memakan waktu sekitar 1 jam berkendara ke Pusat dari Batam. Namun, memasuki situs ada beberapa koloni monyet-monyet di pinggir jalan. Ini juga merupakan rute favorit bagi pengendara sepeda. Tempat ini sangat cocok buat liburan keluarga ataupun pasangan muda mudinya, sambil duduk duduk manis sambil melihat panorama dan sesekali melihat kerangka kerangka jembatan ini akan dapat menambah eksotisnya liburan di Batam

Ocarina Park
Ocarina Park (Kawasan Wisata Ocarina), Coastarina, dekat Batam Center Ferry Terminal. Kawasan Wisata Ocarina dibuka pada tanggal 28 Desember 2008, diikuti oleh Waterpark Ocarina pada 13 Desember 2009. Ini adalah tempat bagi keluarga untuk bersenang-senang dengan berbagai wahana hiburan. Wahana Kincir putar raksasa dan atraksi karnaval lainnya yang menyenangkan, ada sebuah taman air dan bioskop 3D , juga berbagai macam pilihan makanan di foodcort yang bergaya restoran. Pintu masuk cukup berjalan kaki ke tempat atraksi, tapi ada shuttle bus atau Anda dapat membawa kendaraan sendiri. Seluruh kompleks memiliki beberapa bangunan yang belum selesai yang sedang dalam pengerjaan. Mungkin itu akan menjadi tempat wisata favorit masa depan tetapi sangat mengecewakan pada saat ini dan hanya orang lokal saja yang menikmati fasilitas dan layanan yang ada.

Wisata Golf Batam
Batam adalah surga pegolf. Di pulau Batam terdapat 7 lapangan golf besar menyediakan kelas golf kejuaraan atas, dengan fasilitas hotel mewah.

Kuliner Batam
Kek Pisang Villa
Kek Pisang Villa ini mempunyai berbagai rasa yaitu Blueberry, Mocca, BlackForest, Cheese dan lain-lain. Bahkan ada produk yang baru keluar: Kek Buah Naga, Kek pisang dengan olesan selai buah naga. Walau baru berdiri di tahun 2007, tapi nama Kek Pisang Villa ini sekarang sudah menjadi ikon kuliner kota Batam, dan seolah menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa bagi orang yang berkunjung ke Batam.
Sup Ikan Batam
Sup ikan khas Batam adalah Ikan kakap yang dimasak dalam kuah sup yang segar dengan bumbu khas resto tersebut ditambah dengan potongan tomat hijau dan sawi asin, sebagai pelengkapnya biasanya disandingkan kecap asin dan potongan cabai rawit hijau. Sangat lezat dan segar sekali. Ikannya benar-benar lembut dan tidak terasa amisnya sama sekali.

Kota Batam dirancang sebagai kawasan industri, perdagangan, perkapalan dan jasa pariwisata. Selain budaya yang apik, batam telah mempunyai fasilitas yang tersedia seperti Hotel berbintang dengan layanan internasional. Untuk berbelanja Batam juga mempunyai Mall-mall yang megah, suatu saat Batam akan menjadi pembicaraan Dunia mancanegara.
Untuk Artikel Lengkap dengan gambar silakan kunjungi disini (http://kudunyahoo.com/index.php?option=com_content&view=article&id=41:tempat-wisata-di-batam&catid=10:travel-spot&Itemid=213)
www.kudunyahoo.com (http://www.kudunyahoo.com)

FarNoVic
25-06-2012, 07:03 PM
semuanya dah pernah gw kunjungi, tambahan lagi objek wisata mata kucing di sekupang.. :peace:

komikb4
14-07-2012, 05:11 PM
Kepulauan Abang

Kepuluan Abang yang memiliki kegiatan wisata terdiri dari : Pulau Abang Besar ( Pantai Air Taung) , Pulau Ranuh dan Pulau Pengalap. Daya tarik wisata Bahari yang dimiliki pulau ini adalah Taman laut yang memiliki terumbu karang hidup yang cukup baik dan banyak di jumpai ikan teri hijau dan ikan hias lainnya. Taman laut ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan menyelam ( diving ) dan snorking. Jika hendak mengunjugi lokasi ini Menggunakan speedboat / pancung dari Pulau Galang Baru.

Pantai Melur

Obyek Wisata Pantai Melur saat ini banyak dikunjungi wisatawan local. Lokasi obyek wisata berdekatan dengan kawasan wisata Camp Vietnam pulau galang dan jembatan Tuanku Tambusai. Kondisi Pantai cukup landai berpasir putih halus dengan lebar pantai 20-30 meter , sedangkan panjangnya kira-kira mencapai 100-200 meter. Atraksi wisata bahari yang digemari wisatawan , antara lain berenang dan berlayar. Lokasi wisata ini dapat dicapai dari Nagoya melalui trans Berelang berkisar 60-90 menit.

Pantai Panau Kabil

Obyek wisata ini memiliki daya tarik wisata keindahan panorama laut dan kampong tradisional melayu yang dapat dijadikan sebagai desa wisata dengan karakteristik pantai . Lebar pantai saat air pasang 20-40 meter pada saat air surut 10-20 meter , pantai relative landai dan berpasir putih. Panjang pantai kira-kira mencapai 100-200 meter, gelombang air laut relative kecil dan sedang , namun pada saat musim angina laut selatan gelombang air laut dikategorikan besar. Atraksi wisata bahari yang sediakan anatara lain berenang, lomba perahu layer , jet sky dan parasailing. Potensi Obyek wisata ini berlokasi di antara pelabuhan Telaga Pungkur dan Kabil Industri Estate ( Asia Port ) yang dapat di capai dari Nagoya 45-60 Menit , Pelabuhan Nongsa Pura 20-30 menit, Bandara Hang Nadim 10-20 menit.

Pantai Sekilak

Lokasi yang terletak di Batu Besar ini memiliki kelebihan seperti Pantai berpasir putih, sarana permainan anak. Untuk menuju ke Pantai Sekilak, Anda bisa menggunakan angkutan umum dengan tujuan Nongsa dari pusat kota.

Pulau Dampu

Kawasan Perairan di sekitar Pulau Dampu dapat dijumpai terumbu karang yang cukup baik pada kedalaman 10-15 meter dengan jarak pandang di dalam air berkisar 6-9 meter . Jenis Terumbu karang yang terdapat di perairan tersebut antara lain : Porites padat, Porites Cyhindrica, Acropora Mobillis, Merulona Amplianta dsb, sedangkan jenis ikan yang ditemukan antara lain : Kakap Dewasa , Ikan Pari, Ikan Keleawar. Atrakasi wisata bahari yang trersedia adalah menyelam (scuba diving) , Snorkling, memancing, dll.


sumber (http://www.informasibatam.com/v1/index.php/tempat-wisata)

:maaf:

valrciel
26-07-2012, 11:10 AM
kalau pantai batam juga bagus2 hehe.
sekarang juga banyak pantai baru ya
saya lama gak pulang :onion-07::tolong:

sedotan
15-08-2012, 12:31 PM
bos, kalau ke tanjung pinang naik fery berapa jam ya?
trus abis naik fery, ke resort nya naik apa ya?

zharly2012
29-08-2012, 09:31 PM
salam kenal teman2 batam hehehe...

valrciel
01-09-2012, 01:06 AM
bos, kalau ke tanjung pinang naik fery berapa jam ya?
trus abis naik fery, ke resort nya naik apa ya?

wah belum pernah kang hehe


salam kenal teman2 batam hehehe...

salam kenal juga, hehe

================================
arena bermain golden prown udah ada yg nyoba ?

1azb0y
29-04-2013, 02:32 PM
Mantab nih infonya, kalo tempat belanja elektronik di batam ada juga ga sih? yang murmer gitu . . .

demon_regalia
16-07-2013, 05:40 PM
hai salam kenal
masih baru nih di batam
bagi info menarik dong

maduna5
13-02-2014, 12:18 AM
wah infonya sangat membantu saya yang mau kesana

turando
14-02-2014, 09:37 AM
wah terimakasih informasinya, sangat menarik

tommy1795
01-03-2014, 10:11 PM
threadnya terbengkalai nihh.. di update doong biar menambah info, heheh

s4yur
20-04-2014, 05:57 PM
kalo anak muda kayak kami main nya paling jembatan barelang aja,...

John Doe
19-10-2014, 09:19 PM
kayaknya perlu ada foto-foto di lokasi wisata.. biar jadi tertarik