PDA

View Full Version : Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang



rizqal
20-07-2012, 03:38 PM
Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Es Batu dari Air Matang


Cara membedakan Es batu – Ramadhan sebentar lagi akan datang, puasa 1 bulan wajib bagi umat muslim termasuk saya. Saat berbuka biasnya dominasi orang indonesia akan mengkonsumsi makanan dan minuman dingin, sehingga ES batu menjadi laris manis di bulan puasa. ES batu yang begitu mudah dibuat terkadang disalahgunakan orang-orang untuk mencari keuntungan yang berlipat.

Tahukah anda bahwa diantara penjual ES Batu ada juga yang membuat ES batunya dengan menggunakan AIr yang belum matang? Sementara itu mengkonsumsi air yang tidak di masak beresiko untuk terkena infeksi bakteri E-Coli yang berbahaya.

Membuat ES batu sebaiknya juga menggunakan Air yang sudah dimasak demi untuk menjaga kesehatan.Selama ini banyak yang sulit membedakan antara ES batu yang dibuat menggunkan Air matang dan ES Batu yang dimasak menggunakan Air mentah. Sekilas memang terlihat sama bentuk dan rasanya. Sebelum kita terkena dampak meminum ES batu yang terbuat dari Air Mentah.


CIRI - CIRI ES BATU YANG TERBUAT DARI AIR MENTAH

1. Perhatikan warna es batu
ES Batu yang dibuat dari air mentah memiliki warna yang Putih. Secara ilmiah, air yang bersuhu dingin akan meyebabkan udara terperangkap di dalam air. sehingga ketika Air tersebut membeku maka akan tampak Gelembung Udara tadi menjadi berwarna Putih seperti salju

2. Jumlah Gelembung Es batu
Gelembung-gelembung Udara akan tampak di dalam ES dengan jumlah yan begitu besar

37356


CIRI - CIRI ES BATU YANG TERBUAT DARI AIR MATANG/MASAK

1. Kejernihan Es batu
Kejernihan ESES batu yang menggunakan Air masak akan terlihat lebih jernis dan Sangat bening.
Hal ini dikarenakan udara sudah lepas ketika Proses pemasakan Air. ES juga akan terlihat jernih tanpa kotoran karena Sebelum dijadikan ES, terlebih dahulu air yang sudah dimasak di dinginkan sehingga kotoran-kotoran air akan mengendap seluruhnya

2. Gelembung Es
Secara Ilmiah, walaupun saat pendinginan Air menjadi ES pada suhu 0 derajat, udara tidak bisa masuk kedalam pembungkus ES batu sehingga sangat sedikit Gelembung yang terperangkap di dalam ES batu. Ini juga membuktikan bahwa kandungan udara di dalam air menjadi berkurang.

37357


TAMBAHAN
kejernihan dan kekeruhan (opaque) dari suatu kristal, termasuk es, tergantung pada kemurnian bahan penyusunnya. tidak peduli itu air mentah atau matang, tetapi jika airnya semakin murni maka es yang terbentuk semakin jernih. kemurnian dalam pembuatan es ini bisa karena dua macam: kandungan mineral dan bubble.
kita bahas yang bubble. kunci dalam membuat es keruh atau jernih terkait bubble adalah kecepatan pembekuan.air mengandung udara. jika air dibekukan secara perlahan maka bubble yang terbentuk karena udara dipaksa keluar dari air. akibatnya es akan terlihat keruh.
salah satu kunci membuat es yang jernih adalah menggunakan air yang memiliki kadar udara terlarut kecil. kelarutan udara semakin dalam air semakin tinggi dengan penurunan suhu (lihat gambar di bawah).

oxygen-solubility-water-2.jpg
dengan demikian, jika mendapatkan es yang jernih lebih baik menggunakan air yang hangat ketimbang yang dingin karena kandungan udara air hangat lebih rendah ketimbang air dingin. cara lain penghilangan udara adalah dengan sistem vacuum. lebih baik lagi jika pendinginan tidak terlalu cepat, tetapi perlahan untuk memungkinkan udara terdifusi keluar.


sumber : forum.kompas.com (http://forum.kompas.com/kesehatan/131494-cara-membedakan-es-batu-dari-air-mentah-dan-es-batu-dari-air-matang.html)

Semoga ga :repost:

Informasi ini mungkin masih kurang, bagi yang berminat menambahkan dipersilahkan dengan sangat :yahoo:

:idwsmania: :idwsmania: :idwsmania:

rizqal
20-07-2012, 03:39 PM
selamat menjalankan ibadah puasa :yahoo:

famuel
20-07-2012, 04:06 PM
klo mau bedain es yg tengahnya brlubang itu mentah ato masak gmn ??

rizqal
20-07-2012, 04:36 PM
klo mau bedain es yg tengahnya brlubang itu mentah ato masak gmn ??

es tube maksudnya?
mungkin bisa dilihat dari warnanya aja gan, bening atau putih *kaya yg ada di artikel atas* :peace:

sh1no
20-07-2012, 05:33 PM
kalo pakek air dingin juga lebih keras kayaknya~ kalo pakek air hangat gampang hancur... CMIIW

masuakal
20-07-2012, 05:39 PM
owh . . ..
sekarang bisa bedain dari jumlah kira kira gelembung donk . . .
walau klo udah di potog potong kaga terlalu terlihat sih . .

rizqal
20-07-2012, 05:48 PM
owh . . ..
sekarang bisa bedain dari jumlah kira kira gelembung donk . . .
walau klo udah di potog potong kaga terlalu terlihat sih . .

bisa dibilang gitu gan. ribet meriksanya apalagi kalo udah jadi es serut yang kaya di es buah pinggir jalan biasanya.

kalo mau aman sih mending bungkus bikin es batu sendiri di rumah :oghoho:

Rahman23
20-07-2012, 05:56 PM
Wah, Berarti es yang bentuknya balok-balok besar itu dari air mentah dong?

Yang biasanya dipakai untuk es teh manis, es kelapa muda dan es-es lainnya saat makan di warung? :kaget:

rizqal
20-07-2012, 06:05 PM
Wah, Berarti es yang bentuknya balok-balok besar itu dari air mentah dong?

Yang biasanya dipakai untuk es teh manis, es kelapa muda dan es-es lainnya saat makan di warung? :kaget:

kalo ga salah sih dari perusahaan es baloknya sendiri itu penggunaannya emang bukan buat interaksi langsung ke makanan (dicampur)
kan es balok itu sebenernya buat pendingin ikan mentah di pasar, daging, dan minuman kaleng / botol yang biasa di termos pendingin itu.

Venneta
20-07-2012, 06:13 PM
kalo ada yang putih ama jernih itu gimana? :bloon:
kurang meratin kalo beli minuman ber es :swt:

rizqal
20-07-2012, 06:36 PM
kalo ada yang putih ama jernih itu gimana? :bloon:
kurang meratin kalo beli minuman ber es :swt:

kayanya itu keliatan jelas kalo masih dalam bentuk / ukuran gede. kalo udah dalem minuman mah susah bedainnya. soalnya udah setengah mencair kan

yuma
20-07-2012, 09:22 PM
Kayanya ini lebih pas di tengah komunitas. Saya pindah saja.

kyuubi_naruto
20-07-2012, 10:00 PM
wah makasih gan atas infonya :top: :xiexie:

semoga para :idwsmania: g ada yang sakit gara2 minum es batu air mentah karena udah diingetin perbedaannya sama agan

rizqal
20-07-2012, 10:23 PM
Kayanya ini lebih pas di tengah komunitas. Saya pindah saja.

wah makasih bantuannya gan. pindahin aja kalo salah tempat. makasih :yahoo:

xpir3d
20-07-2012, 10:57 PM
waaaw nice info bgt nih.. tp pedagang minuman jjaman sekarang mana ada yg mau pake air mateng.. -___-

rizqal
20-07-2012, 11:03 PM
waaaw nice info bgt nih.. tp pedagang minuman jjaman sekarang mana ada yg mau pake air mateng.. -___-

masih ada kok beberapa gan. emang paling bagus kalo beli minuman dingin yang emang didinginin gan, bukan yang pake es batu. lebih pas juga dinginnya dan lebih sehat :peace:

ghombalz
20-07-2012, 11:06 PM
kalo uda dicampur ama minuman agak susah nih.. :ogbloon:
apa lagi kalo uda jadi es puter... mana bisa tau itu mateng apa gak .... :ogaaaa:

rizqal
20-07-2012, 11:19 PM
kalo uda dicampur ama minuman agak susah nih.. :ogbloon:
apa lagi kalo uda jadi es puter... mana bisa tau itu mateng apa gak .... :ogaaaa:

nah itu dia gan, kalo udah jadi es serut mana ketahuan. tapi tips" yang ane kasih bisa juga buat agan sapa tau dadakan harus beli es batu, nah biar ga salah beli gan. biasanya kalo bulan puasa suka banyak tuh permintaan pembeli es batu, mungkin karena sibuk jadi lupa bikin es batu :peace: hehe

ghombalz
20-07-2012, 11:34 PM
nah itu dia gan, kalo udah jadi es serut mana ketahuan. tapi tips" yang ane kasih bisa juga buat agan sapa tau dadakan harus beli es batu, nah biar ga salah beli gan. biasanya kalo bulan puasa suka banyak tuh permintaan pembeli es batu, mungkin karena sibuk jadi lupa bikin es batu :peace: hehe

kebiasaan ane sih kalo pesen minuman dingin esnya dikit... :beku:
soalnya takut banyak bakteri yang blum mati... wkwkwkwk

rizqal
21-07-2012, 12:09 AM
kebiasaan ane sih kalo pesen minuman dingin esnya dikit... :beku:
soalnya takut banyak bakteri yang blum mati... wkwkwkwk

iya gan bisa juga gitu. kalo mau paling aman ya tetep bikin sendiri gan dirumah. aman dari bahan pengawet, bakteri, dan lain lain hahaha :oghoho:

kejedotduren
21-07-2012, 12:28 AM
info yg sangat bermanfaat bro.

makasih udah share

Hunyu
21-07-2012, 01:45 AM
haha gak pernah beli minuman yg pakai es kalau di warung.... paling langsung pesen air mineral botolan/gelas, sekarang kalau buka puasa atau sahur jarang2 langsung makan di warungnya, palingan dibungkus trus bawa pulang soalnya niat banget menghemat biaya minum RP2000 doank... wkkkk

tapi susah kalau membedakan dari putih/bening kalau ukuran es-nya kecil, wa pernah coba kalau di freezer kelamaan, ya walau dimasak dulu, tetap aja jadi putih gak bening :iii:

shangrila_21
21-07-2012, 02:46 AM
biasanya kalo es balok memang air mentah karena umumnya untuk pendingin daging, kalau mau aman dan ngga mau pusing mending sih cari es yang bentuknya silindir saja karena es tersebut memang buat makanan dan merupakan air matang :hihi:


mungkin pict ini dapat membantu membedakan mana es mentah dan matang :hmm:

http://i97.photobucket.com/albums/l238/Adhie_07/Snapshot/AirMentah5.jpg
btw kelihatannya picnya ketukar, kiri yang matang :lol:

rzqciel
21-07-2012, 02:58 AM
:niceinfo:
Kalo es batu biasanya sih bikin sendiri di rumah. :hmm:
Tapi bermabfaat nih, jadi bisa bedain ntar kalo mau beli es batu di warung2. :hmm:

H10
21-07-2012, 03:59 AM
wah baru tau saya.. kalo yg di restoran2 itu mentah apa matang ya :keringat:


:niceinfo:

adihidayah
21-07-2012, 09:56 AM
ternyata cara membedakannya seperti ini
info yg berguna gan

Sc0rpi0nz
21-07-2012, 10:48 AM
agak susah ngebedainnya mana yg mentah dan matang
mending buat sendiri di rumah lebih terjamin :haha:
apalagi pas bulan puasa gini, es batu pasti banyak dicari

selamat menjalankan ibadah puasa

famuel
21-07-2012, 11:18 AM
es tube maksudnya?
mungkin bisa dilihat dari warnanya aja gan, bening atau putih *kaya yg ada di artikel atas* :peace:

iya gan mksdnya es tube
hehehe

masbro pnh nemuin es tube yg warnanya putih g ? :D

rizqal
21-07-2012, 12:51 PM
iya gan mksdnya es tube
hehehe

masbro pnh nemuin es tube yg warnanya putih g ? :D

kayanya rata" warnanya bening kalo tube/cube deh. ga tau deh kalo agan pernah dapet yang rada putih :peace:

deekyuwan
21-07-2012, 12:55 PM
nice info gan :top:
biar ntar gak ketipu lagi :ngacir:

famuel
21-07-2012, 01:26 PM
kayanya rata" warnanya bening kalo tube/cube deh. ga tau deh kalo agan pernah dapet yang rada putih :peace:

ane jg nemunya bening terus gan
hehehe

nah bedain matang ato g itu ap caranya sama ??
jgn2 klo es tube g bs dbedain antara matang ap g .. ups , :D

aliefricky
21-07-2012, 02:34 PM
wew, trima kasih atas infonya gan:top:, smoga amal di bulan puasa ini di terima Allah Swt:amin:

3S7
21-07-2012, 03:38 PM
puasa2 dan panas2 :panas: ngomongin es batu :hoho:
tapi aq ga sebrapa suka minum pake es batu, ga terlalu merhatiin :hehe:

famuel
21-07-2012, 10:50 PM
puasa2 dan panas2 :panas: ngomongin es batu :hoho:
tapi aq ga sebrapa suka minum pake es batu, ga terlalu merhatiin :hehe:

sukanya minum pake es bata ya masbro ?
wkwkwk

dikaizaya
21-07-2012, 11:01 PM
bagus nih tips nya hehe
saya cuma tau yg no.1 tpi tetep aja susah bedain

seamonkey
25-07-2012, 03:57 PM
kalau udah berbentuk es teh gimana, gan?

Theyogz
25-07-2012, 04:24 PM
ilmu yg bermanfaat nih bro,tp ane pernah diksh tau kalau es batu yg menggunakan air mentah itu cepat cair dan rasanya air pam wakwkakaw

kuppo
25-07-2012, 04:32 PM
Es batu yang bersih kyknya yg cuma ada di fast food gitu yang ditengah2nya ada bolongan gitu. Selain itu sih kyknya kotor semua

shimayuu
26-07-2012, 07:42 AM
gampangnya sih kalo bening itu air matang kalo ada warna putih biasanya mentah

akuukaaku
26-07-2012, 08:57 AM
iya sih kayaknya rata2 es batu yang beredar dari air mentah , cuman kata orang2 sih rasanya beda kalo dari air mateng kurang seger. ga tau ane sih belom pernah ngebandingin rasanya haha

tochita
26-07-2012, 09:43 AM
jarang banget merhatiin es batu klo beli minuman.. :ogbingung:

tapi emang lebih aman klo buat sendiri.. :ogtop:

AkakiTsubasa
26-07-2012, 09:50 AM
harus nambah hati2 nih kalo beli minuman

gw ga gitu merhatiin sih

aeroga
26-07-2012, 10:56 AM
wew..
baru tahu ane ada beda nya..
selama ini mah minum es batu yah tinggal minum aja..
rasa nya jg sama gt2 aja..
hahaha..

shinobi32
26-07-2012, 11:09 AM
klo dimakan es batu mentah keras........!
beda ma air mateng

rizqal
26-07-2012, 11:58 AM
klo dimakan es batu mentah keras........!
beda ma air mateng

iya gitu gan?? :bloon: mungkin iya termasuk juga kali ya

mungkin dari struktur pembentuknya jadi pengaruh ke lapisan esnya

Akihabara48Fans
26-07-2012, 12:14 PM
jadi yg warnanya putih itu air mentah ,kalo yg bening pake air mateng gtu yaa hehee
terimakasih infonya ,lebih berhati" lagi beli minuman yg ber es hehee

yamidans
26-07-2012, 03:45 PM
Waduh,sering liat es batu yg dipake di penjaja minuman di pinggir jalan banyak gelembungnya,kalo begitu...... :takut:

xebectampan
26-07-2012, 07:34 PM
nice inpoh Gan

The message you have entered is too short. Please lengthen your message to at least 15 characters.

suse
26-07-2012, 08:18 PM
masi susah
toh kita g beli es balok gtu
kita bli uda jadi sop buah gmn bedainy

therezarinaldi
26-07-2012, 08:50 PM
kalo ada yang putih ama jernih itu gimana? :bloon:
kurang meratin kalo beli minuman ber es :swt:

gpp juga gan, saat beli Es, biasanya setipa es belum matang di bekuin sama saja rasanya :XD:

choukawaii
26-07-2012, 08:54 PM
Lah, kalo bikin es nya dari air mineral, warnanya putih atau bening... :iii:

zergeant
26-07-2012, 08:56 PM
infonya bagus nih buat ane, thanks info nya gan :niceinfo:
:idwsmania:

famuel
26-07-2012, 09:10 PM
Lah, kalo bikin es nya dari air mineral, warnanya putih atau bening... :iii:
dicoba aja masbro :D

choukawaii
26-07-2012, 10:21 PM
dicoba aja masbro :D

Males, om... di kosan saya nggak ada kulkas soalnya... :hehe:

famuel
27-07-2012, 08:35 AM
Males, om... di kosan saya nggak ada kulkas soalnya... :hehe:

pinjem kulkasnya ibu kos aja masbro
hahaha

choukawaii
27-07-2012, 09:16 AM
pinjem kulkasnya ibu kos aja masbro
hahaha

Males ah... :haha:
Masalahnya sekarang kan ada air isi ulang yang cuman IDR3000 per galon, kan lumayan kalo ngejual es pake air itu @ IDR500-1000 misalnya... :haha:
Ntar kalo ada pembeda yang masih kasar begini kan kasian yang jualan espake air isi ulang... :madesu:

ario62a
29-07-2012, 11:57 AM
Sy slama ini stiap hr minum air es, sy beli termos ukuran 2 L, yg tahan dingin ( Igloo ), lalu buat es batu dr 3 mangkok kecil ( yg buat air cuci tangan di restoran Padang ), campur air galon isi ulang.

Sy buat es batu sendiri, di freezer kulkas, tapi airnya air mentah :

1. Sy pernah diskusi dg teknisi kulkas Sanyo, di mengatakan, suhu pd freezer berkisar : - 15 s/d - 20 drajad Celcius, sedangkan air membeku pd suhu 0 drajad, & air matang pd suhu 100 drajad Celcius.

2. Saat titik didih atau titik beku, kuman & bakteri, mati. apalagi sy ambil es batu gak langsung, beberapa jam setelah beku. kd keras banget, hrs direndam dl, baru mau lepas dt mangkoknya atau cetakan ice cubenya, berarti suhunya jauh lebih rendah dr titik beku.

3. Ttg es balok, sy hampir gak pernah beli, krn gak yakin, airnya air apa ? . distribusi dr pabrik ke end user, paling ditutup karung. jd gak yakin, mending bikin dewe.

yukihime87
29-07-2012, 02:46 PM
yupz I know very well...

tapi kebanyakan warung2 menggunakan es dari air mentah...

jika kita rasakan pun ketahuan kog antra es mentah sama es air matang...

fkrjmrprtma
29-07-2012, 03:43 PM
Post nya keren nih gan, Berguna buat ane yang perlu banget ini info ~

myhimesakura
29-07-2012, 05:42 PM
ahhh ic" o.o bisa buat belj lain kali kalo beli es batu diorang. tapi bahaya juga kalo di tempat makan gtu gak bakal sempat cek itu air mentah atau gak es batunya. tau" dah sakit perut =="

paramaniac69
29-07-2012, 07:20 PM
oh, dari jumlah kira kira gelembungnya ya...
tapi kalo di warung2, mana tau, kan dah dicampur es teh...:glek:

wildandaru
30-07-2012, 06:42 PM
Berarti es-es di warteg sekitar kampus ane air mentah semua dong :sekarat
Semuanya gak ada yg bening :onion-07:

yudip7787
30-07-2012, 07:54 PM
o0o gitu toh caranya

theyellowbanana
31-07-2012, 02:08 AM
ah,, ditempat saya biasa beli minuman udah di serut esnya,, gak tau pake air mentah apa masak :iii:

deco
31-07-2012, 02:21 AM
Lumayan susah juga klo es batu sudah dipecah kecil˛ ato dserut :yareyare:

yudip7787
08-08-2012, 01:03 AM
berarti klo yang banyak gelembungnya dari air mentah ya, bisa jadi bahan pertimbangan nih

whit3vamp
08-08-2012, 12:12 PM
berarti es balok itu air mentah ya?

maniak_manga
08-08-2012, 12:23 PM
yang gw bingung itu es batu dari kali ciliwung, yang pernah di tayangin di reportase.
kok warnanya bisa jernih gitu ya
padahal kan kali cilwung aja keruh banget

BlackSea
09-08-2012, 10:00 AM
:niceinfo: ada lagi kalo es batu yg mentah ada rasa seperti kaporti huek...
tap mantap dah, usahain kalo beli minuman liat dolo org yg beli kalo bulat" dan ditenag bolong sperti silinder itu aman krn beli dr produsen es layak minum.

potion
09-08-2012, 10:37 AM
klo es bening gitu biasanya yg make rmh mkan/restoran yg gede/terkenal.
Dlu pertama kali lht es bening bolong di rmh mkn wong sol*.

Hktoyshop
09-08-2012, 10:50 AM
ooo kadi kayak gitu ya manyap ya , sekarang gua jadi tau nu gua

tomcraz
09-08-2012, 10:55 AM
kalo sekarang lebih gawat lagi..
kemaren pas liat di tv malah airnya dari air kali yang disaring..
makin ganas aja :yareyare:

shichigatsu11
09-08-2012, 12:04 PM
oooooh........ ane baru tau :gotdrink:
:niceinfo:

stupidslayer
09-08-2012, 12:07 PM
nice info nih, harus lebih hati-hati kalo mau minum minuman yang pake es batu

ignatiusivan123
09-08-2012, 12:44 PM
agak susah ya bedainnya :iii:

ismail48
09-08-2012, 07:17 PM
setau ane juga ada yang bilang kalo es batu pake air mateng cairnya lebih capet dari air mentah :XD:

sai0506
06-11-2012, 07:07 PM
harus lebih hati2 dalam memilih es batu

ACG
08-11-2012, 12:41 PM
lebih aman kalo bikin es batunya bikin sendiri kali ya..

tapi repot kayaknya. enakan beli emang. lagian kalo minum di warung/mall masak iya bawa2 es batu dari rumah..

mantangitar
17-11-2012, 07:17 PM
bagus nih infonya,buat ngehindari pedagang nakal

hunter934
17-11-2012, 07:41 PM
naisu info gan, baru tahu kalau ternyata es dari air mentah beda sama es dari air mateng

nambah ilmu nih

mijunaji
17-11-2012, 07:54 PM
ntah bener apa kagak, kalo air mentah itu mecahinnya lebih sulit/keras dari pada es yang air mateng :keringat:

b4gor
17-11-2012, 08:24 PM
:niceinfo:

warteg di sekitaran sini esnya warna putih. jangan2 :tolong:

inter1908
17-11-2012, 08:32 PM
fyi es yg digunakan untuk minuman di restoran cepat saji terbuat dari air toilet yg telah di daur ulang. walaupun udah di daur ulang tapi tetep aja bekas toilet.

dokus48
06-12-2012, 01:03 AM
:niceinfo: nice inpoh thnx gan

deerchoding
06-12-2012, 05:28 AM
nica gan infonya...
ane baru tau... soalnya udah lupa semuanya pelajaran SMP

BlackSea
06-12-2012, 06:06 AM
Wooh makasih bro.
kalo gitu gw bawa es sendiri aja dari rumah hehe...

qorabum
06-12-2012, 06:47 AM
klo es balok mana ada yang dari air matang ..... rugi bro.....

rcMonitor7
06-12-2012, 07:23 AM
waduh ane kadang sering minum es yang warnanya putih.. oooh noooo...

magistrate
06-12-2012, 09:40 AM
ntah bener apa kagak, kalo air mentah itu mecahinnya lebih sulit/keras dari pada es yang air mateng :keringat:

klo cara gitu ane ga perhatian gan mecahinnya..

muchtarluthfi
06-12-2012, 09:44 AM
wow :niceinfo:
biasanya ini trjadi dan marak penipuan pada saat bulan suci ramadhan
banyak pedagang yang menggunakan bulan ramadhan untuk mengeruk keuntungan dengan cara menipu
contoh sederhana ya seperti TS bilang, menggunakan air mentah untuk dibuat es batu

UlForce
06-12-2012, 09:31 PM
dah pernah denger,,
intinya sih yg putih2 di tengah itu dikit klo mau yg matang :haha:

samuel_alex
06-12-2012, 09:33 PM
wow :niceinfo:
biasanya, kalo es batu yg pake air matang lebih mahal & kadang nggak laku
orang2 indonesia seneng yg murah2.. beda 100 rupiah aja nggak mau beli :sigh:... pengalaman ane sebagai penjual :hoho:

coeng
20-02-2013, 03:50 PM
Kalo bikinnya dari air pegunungan yg tangki-an itu

Bukannya kadar oksigennya juga masi besar yah? gak ada bedanya ama yg mentah dong? :???:


Btw :niceinfo:

h4ppy
20-02-2013, 06:22 PM
informasi yang berharga. thanks a lot.

fuadkputra
20-02-2013, 07:36 PM
buset.. sampe es pun sma org2 yg jual diakalin pula..
jangan sering2 jajan diluar deh kyknya :madesu:

rambutkaratan
20-02-2013, 07:39 PM
nice info gan ini adalah hal sepele tapi penting bgt,emang kuman atau bakteri tu kalo didinginkan sampai 0 derajat ga mati ya??

anndee
20-02-2013, 10:54 PM
Nice Info gan..

lumayan buat patokan kalau makan di luar dan pesen minuman ber-es..
klau ketauan mentah aa..ga bakal diminum... :D

HarperLee
21-02-2013, 05:16 AM
Terima kasih atas infonya... Mulai besok, saya akan berhati-hati membeli es tebu.

Philippe
22-02-2013, 07:49 PM
Susah juga bedain nya... apalagi kalo uda tercampur minuman yah

knight364
07-03-2013, 01:13 PM
info yg sangat berguna...
jadi mulai waspada sama es batu yg dijual di pinggir jalan...
kalo mau aman ya gampang sih...

makan di restoran mahal dan rame pengunjung....

99% aman,
tapi gk aman buat kantong anda, wkwkwkwkwk...
:lol:

rero88
07-03-2013, 06:05 PM
wah kalo bedainnya variabelnya banyak gini bisa digetok saya sama kang es batu di toko deket rumah
ntar milihnya kelamaan malah ga jadi beli hahaa. tapi lumayan berguna tips nya kalo misal dipraktekkin buat beli es batu dalam skala besar gan hehee
nice info lah

Arifrahman25
07-03-2013, 11:55 PM
iya bener gan, simplenya yang liat dari segi bening-putihnya, kan bagian bening diluar trus yang kayak intinya itu warna putih di dalem... kalo banyakan putihnya dari pada beningnya, itu kemungkinan besar bukan air jernih/bersih.....

conquez
07-03-2013, 11:57 PM
ini yg sering bikin parno klo mau beli es2 di pinggiran <.<

kurosaki_alieph
08-03-2013, 01:24 AM
wah, nice info ini gan, terutama bagi orang yg doyan nyemil es batu kayak ane :top:

Sunday_KNIGHT
08-03-2013, 01:51 PM
wah kalo bedainnya variabelnya banyak gini bisa digetok saya sama kang es batu di toko deket rumah
ntar milihnya kelamaan malah ga jadi beli hahaa. tapi lumayan berguna tips nya kalo misal dipraktekkin buat beli es batu dalam skala besar gan hehee
nice info lah
lihat dari gelembung yang ada saja,, kalo keliatannya banyak yang putih2 berarti emang air mentah,

cempee
08-03-2013, 01:56 PM
emang sih mengerikan ,,

ane sering minum balok putih atasnya berongga gitu ,,
paling2 mencret sama kremian doang :lol:

shinobi32
08-03-2013, 02:02 PM
air mentah keliatan banget esnya berserat2 putih...

kaisercid
13-03-2013, 06:04 AM
Jadi begitu ya gan, thanks info'y

athoyaa
13-03-2013, 06:34 AM
oh itu yg ngebdain tah
pantes makan ditempat mahal sama ditempat biasa beda es nya

cakono
13-03-2013, 10:28 PM
es yang pakaii air matang hasilnya berkilau tapi kebanyakan jual es batu air mentah :facepalm:

swinder
15-03-2013, 02:45 PM
Super nice inpoh
sangat berguna bagi ane nih

sounddanezzboiz
15-03-2013, 02:54 PM
tapi sebagai pembeli kita cuma bisa pasrah ajah kali ya gan, apalagi klo dah aus bgt hhehe

CoolAgent
15-03-2013, 03:25 PM
wah dah ga sempet merhatiin waktu pesen minuman...

apalagi kalo udara lagi panas.... ga pake lama langsung sikat aja minumannya, kadang-kadang ampe es batunya juga kali :haha:

BagirNgoh
15-03-2013, 03:45 PM
baru tau nih ane, gan :bloon:

ilmu yang berguna :top:

rydfcb
15-03-2013, 06:06 PM
tapi kalo udah dipecahin trus disediain bareng teh udah susah dibedain
langsung aja nikmatin

JarfvA
17-03-2013, 09:17 AM
nice info. tapi ane lebih sering beli yang anget2 klo di luar. lebih terjamin.

pombs
17-03-2013, 08:57 PM
Ane sih skrg kl kebnyakan mikir air bersih apa kotor bakalan kaga minum" es kl siang"

deffa
18-03-2013, 11:02 AM
iya kadang sering ketipu dengan es batu neh bahaya

ThomzAs
18-03-2013, 11:26 AM
Berarti Es batu yang hieginis mesti dimasak dlo donk airny

akwmpl
18-03-2013, 03:51 PM
haha iya emang bener tu..kadang ada es yg warna putih bening...tp nice info ini :D

bebekz45
18-03-2013, 04:25 PM
Kalau mau aman sih ya minum es batu di rumah atau di tempat yang pasti-pasti aja :hoho: :hoho:

Btw nice inpoh gan :nikmat:

hoezny
18-03-2013, 05:01 PM
NIce info.....
Berarti kemaren ane minum es dari air mentah... =="

GFA
18-03-2013, 05:52 PM
Setahu ane sih lebih banyak yang air mentah yang dijual di pasaran
dan yang matang biasanya warnanya lebih bening

Sm1tz
18-03-2013, 05:54 PM
wah,nice info gan...
tapi tetep aja susah bedaiin'nya

fera14
18-03-2013, 07:36 PM
waduh harus mulai perhatikan pas minum es diluar

rizqal
19-03-2013, 08:04 PM
jadi yang es batangan itu emang bukan buat kontak dengan makanan langsung bro. biasanya buat pendingin ikan atau minuman kaleng dalam termos pendingin.
kalo ice cube yang dijual dipasaran itu biasanya untuk makanan, untuk amannya bikin ice sendiri aja sis/bro :ngacir:

yusufwp
23-06-2013, 08:07 PM
Kalau es yang dipake pedagang es atau minuman gak mungkin ada yang terbuat dari air matang

mahal bro...

slavek
23-06-2013, 10:36 PM
Wah rata2 penjual es make es batu yang warna putih
Jadi selama ini ane minum air mentah :swt:

gufee
24-06-2013, 12:23 AM
nais share
ane sih udah tau dari dulu

makasih udah ngingetin

harry_sw09
24-06-2013, 01:28 AM
wah dah ga sempet merhatiin waktu pesen minuman...

apalagi kalo udara lagi panas.... ga pake lama langsung sikat aja minumannya, kadang-kadang ampe es batunya juga kali

Ajeee
24-06-2013, 01:32 AM
Tetep aja kalo beli dijalanan susah mau bedain mana yg dari air masak/mentah, http://forum.indowebster.com/images/smilies/onion-40.gif
Karena udah keburu aus juga, gak pake pikir panjang lagi deh :keringat:

adriansatrio
25-06-2013, 01:29 AM
Wah, Berarti es yang bentuknya balok-balok besar itu dari air mentah dong?

Yang biasanya dipakai untuk es teh manis, es kelapa muda dan es-es lainnya saat makan di warung? :kaget:

biasanya itu aer kali om. kan murah dan gampang.

myman03
25-06-2013, 02:20 AM
kq yang pake air masak
tetep ada putihnya juga gan ??

Neo_Astaroth
25-06-2013, 03:34 AM
wah tips yang berguna gan

secara ane suka makan es batunya setelah minum minuman es :lol:

Rufin13
25-06-2013, 08:19 AM
pas banget nih info nya buat ane yg suka jajan di pinggiran kampus..

yogireginleif
25-06-2013, 09:32 PM
:kaget: Set dah,,,itulah kenapa ane kmren beli es pinggir jalan 3 hari kemudian ane menjelma menjadi anak ingusan

ide_pm
25-06-2013, 10:42 PM
nice info gan.hehehe

vhrigid123
26-06-2013, 05:49 AM
Penting banget!! ane suka curiga kalo makan ato jajan

Iyukipasgort
26-06-2013, 02:19 PM
wahh....
jadi bisa nih bedain es air mentah sma air matang...

maz_hurry
26-06-2013, 03:57 PM
sip gan, sekarang dah gak mo lagi minum es yang gak bening, hehe..

naiimoo
26-06-2013, 05:34 PM
duh selama ini ane ga merhatiin yg kaya gini.. tau2 langsung aja hajar haha dan ane juga sering "makan" itu es waktu air minumnya abis >.<

vanderxin
26-06-2013, 05:44 PM
Ohohoo, gag prnh perhatikan sebelumny. Hrs jeli ini mulai skr.

tyghous
26-06-2013, 06:05 PM
Biasany jg gk ktahuan mentah/dimasak,
langsung nyemplung aj es ny ke dalam teh :sigh:

LonelySoldier
26-06-2013, 06:31 PM
Es-es yang gak bening itu toh sebenernya lebih dipake ke pendingin bahan makanan mentah aja, bukan buat 'pendingin minuman' kayak yang biasanya...

Makanya itu mending bikin es-nya dari air masak sendiri aja... :hehe:

virens
22-03-2014, 11:13 PM
Klo mau aman sih mending gak usah jajan es2an di luar
Jarang yg pake es batu air matang...
Soalnya harganya lbh mahal...

gufee
23-03-2014, 12:34 AM
sebenernya sih es yg ada di warung2 atau yg di pinggir jalan

itu es buat mendinginkan ikan

biasanya nelayan membeli ke pabrik dengan skala besar untuk mengawetkan ikan yg baru di dapatkan

agar ke para penjual masih dalam keadaan segar atau awet


dan karena harga murah meriah satu baloknya

maka para pedangan dan orang2 yg kurang info

mengganggap kalo es batu ya sama aja dan dari bahan matang