PDA

View Full Version : Rahasia Menghitung Cepat Perkalian Dua Digit Angka [3 Detik]



hyde666
04-08-2009, 02:45 PM
Berikut ini merupakan rahasia trick perkalian dua digit angka (contoh : 19 x 14 = ??), dengan menggunakan trik ini maka Anda dapat menegtahui hasil dari perkalian tersebut kuran lebih tiga detik. Mulai dari sekarang perkalian dua digit angka akan menjadi sangat mudah bagi Anda..tutorial berikut ini akan disertai dengan gambar – gambar sehingga Anda dapat dengan mudah untuk memahaminya..

.:: You must click 'Thank You' before you can see the data contained here. ::.

Setelah anda menetahui trick ini maka Anda tentunya dapat melakukan perkalian dengan mudah,cepat dan benar..

jika angka yang dikalikan lebih dari 20 tinggal kalikan 2 aja... silahkan dikembangkan trick di atas...

ni dah ada yang bisa trik ngaliin < 20


bisa eih, jadi kalo misalnya 24 x 27,
jadi 24 + 7 = 31, nah ini dikali 2 dulu gitu = 62
baru 4 x 7 = 28 ditaruh dibelakang seperti tadi di atas
8 nya taruh paling belakang, 2 nya dijumlah ke 62
total jadi 648


Kk sekalian,saia punya inpo lain yg menarik ga taw nih termasuk cara cepat atau bukan. .cuma cara ngitungny berbeda dgn itungan perkalian biasa. .cara ini lbh menarik (menurut saia. .^^). .

Notes:
-Cara ini bs digunakan utk perkalian sampai dgn 2 digit saja yaitu 1 - 99. .
-saia msh nubie kalo soal ngepost,dan ap yg saya post kali ini, melalui hp bkn komp,jd kalau agak berantakan mohon maaf,bsk ketika saia ol pakai kompie,akan saia edit. .
-saia blm perna liat ad yg post cara begini,cm saja maap kalo REPOST. .

Mulai. .^^
Cth : 16 x 47
1)kalikan 6 dgn 7 ->6 x 7 = 42(hasil di plg blkg)
2)kalikan 1 dgn 4 ->1 x 4 = 4(hasil di plg dpn)
3)(kalikan 1 dgn 7) + (kalikan 6 dgn 4) ->(1 x 7) + (6 x 4) = 31 dan tambahkan angka ini di digit ke 2 dr digit plg blkg

hasilny
442
31 +
752

shgga rumus ny adalah. .
1)digit blkg x digit blkg,hasil ditaruh diplg blkg
2)digit awal x digit awal,hasil ditaruh diplg awal
3)(digit awal angka 1 x digit blkg angka 2) + (digit blkg angka 1 x digit awal angka 2),hasil -> tambahkan angka ini di digit ke 2 dr digit plg blkg
---notes---
cara 1,2 dan 3 terserah mau dilakukan yg mana duluan, cara ke 3 dpt jg dikatakan jumlah dr hasil kali silang. .

cth 2: 49 x 67
1)9 x 7 = 63->blkg
2)4 x 6 = 24->dpn
3)(4 x 7) + (9 x 6) = 82

hasilny
2463
82 +
3283

cth 3 : 94 x 86
1)4 x 6 = 24->blkg
2)9 x 8 = 72->dpn
3)(9 x 6) + (4 x 8) = 86

hasilny
7224
86 +
8084

smg dpt mengerti. .

cahcah
04-08-2009, 02:55 PM
wih...wih...
trik yg lumayan bgus..

tpi kl bwtq sih..
q hrus pkir2 lgi deh kl mw pke..
coz ribet bgt...

bknE skrg dah ad kalkulator yg prkatis bgt yah:???:
:haha::haha::haha:

no offence loh...

cape
04-08-2009, 02:56 PM
agak membingungkan...
btw thx for sharing

shitenmaru
04-08-2009, 03:09 PM
thx untuk ilmunya kk
tapi saya masih bingung sama perkalian yg angkanya > 20
mohon pencerahannya

0341_Plat_N
04-08-2009, 04:07 PM
ow.ky dah pernah diajarin ama guru matematikku dulu...
but nice inpo...
jd inget ama guruku kalo gini.hhheehhee
matematik bukan hal yg sulit..tp menyenangkan..hahahahaa

alifku
04-08-2009, 04:16 PM
makasih banyak bro..bener2 bermanfaat nich bwt gw n ade2 gw yg masih sekolah,thx bro

crizscrozsjokaw
04-08-2009, 04:17 PM
iyah ini hanya bisa perkalian hanya sekitar 11 sampe 19.ketika lbh dr itu sudah g bisa lg cara nya.tp thanks atas ilmunya

RndmBadLuck
04-08-2009, 04:24 PM
Wogh meskipun rada telat dapetnya ni ilmu...
coba gw tau pas kelas 2 SD, langsung dipuji2 tuh :haha::haha::haha:
tp gpp tetep berguna koq thx postnya
nice :top:

ajok2000
04-08-2009, 04:53 PM
tq ilmunya, tp setlah dicoba, lebih dari 3 detik euy, maklum gw agak2 telmi gitu deh

amixuser
04-08-2009, 04:59 PM
coba aku tes
:onion-57:
bravo...:onion-105:

ajok2000
04-08-2009, 05:01 PM
bisa eih, jadi kalo misalnya 24 x 27,
jadi 24 + 7 = 31, nah ini dikali 2 dulu gitu = 62
baru 4 x 7 = 28 ditaruh dibelakang seperti tadi di atas
8 nya taruh paling belakang, 2 nya dijumlah ke 62
total jadi 648
horee, gw ternyata ga telmi2 amat
tapi lama ya, lebih cepet pakai sempoa / kalkulator

valr1st
04-08-2009, 05:23 PM
wah tank's bener neh bos ga percuma klik thank's oke banget neh trik

Gorilla D. Bems
04-08-2009, 06:12 PM
bagus :top:
bermanfaat bro :haha:

tapi dah biasa itung pake otak ndiri tanpa trik sih...
jadi trik nya gak kepake deh :hihi:

velixs
04-08-2009, 06:24 PM
ikutan liat bro..............

nascar
04-08-2009, 06:39 PM
wow baru tau ternyata dunia matematik itu menyenangkan ya (kalau kita bisa biasanya kalo ga bisa malah jadi stres)

sena_kaito
04-08-2009, 08:36 PM
siiiiiiiiiiip

der_kaiz3r
04-08-2009, 08:54 PM
nais bro
bisa praktekin nih

kazzel
04-08-2009, 09:45 PM
thanks nambah ilmu :D

sena_kaito
04-08-2009, 09:50 PM
test..

anfarel
05-08-2009, 07:01 AM
sip. Co2k wat ngasah otak

cyrrus3
05-08-2009, 11:26 AM
Mantap bro...sgt bermanfaat, soalnya gw bego dlm hal itungan.
btw klo yg 3 digit gmn caranya?:th_101_:hehehe

sengseong
05-08-2009, 12:02 PM
mau tanya niyh bro...

Kalo
20 x 20
20 x 11
30 x 15
koq gak bisa yah pake cara diatas?
Kenapa yah
apakah ada syarrat2nya??
Seperti judul threadnya &quot;Rahasia Menghitung Cepat Perkalian Dua Digit Angka [3 Detik]&quot; tapi koq ada perkalian 2 digit yang gak bisa pake cara ini yah...??

anywey thanx 4 share...
X_X

rendy1287
05-08-2009, 12:41 PM
kereeen..

the_virgin
05-08-2009, 12:48 PM
pinter...keren.....kita harus membudayakan menghitung pake otak...kalo orang yang ngitung kali2an pake kalkulator....apa lagi cuma 2 digit..menandakan dia orang bodoh....

tul gak?

no offens

shitenmaru
05-08-2009, 12:57 PM
.:: You must click 'Thank You' before you can see the data contained here. ::.

chrisdisc
05-08-2009, 01:29 PM
*** hidden content ***

oh pantesan gw coba2 kaga bisa kalo angka puluhannya beda (sampe bengong gw keluar cendol pula :stress:)
jadi intinya angka puluhannya hrs sama ya kan bro..
misal: 29x26= (angka puluhannya hrs sama2 angka kepala 2)
86x82= (angka puluhannya hrs sama2 angka kepala 8)
fiuh kalo gini ga bs dalam 3 detik bro..sekalipun udah terlatih:swt: cos gw udah coba secepat kilat tp min butuh wkt 5-7 dtk:swt:

kalo gw lebih suka yg perkalian pake garis bisa berdigit-digit dan beda digit pun bs,tinggal melatih kecepatan bikin garis aja..:mimisan::lol:

But nice share bro N' thx utk infonya.:hi:

Yediel
05-08-2009, 03:43 PM
Bro, utk yg berbeda angka puluhan ..

23 x 56= 1288

carane..23 x 5 = 115
23 x 6 = 138
------- +
1288
semoga membantu (jd mirip yg biasa)...

cellinox
07-08-2009, 01:51 AM
pusinggggggggg...........

tejodisini
07-08-2009, 03:32 AM
boleh jg nich bro... ilmunya tq

eragon111
07-08-2009, 03:58 AM
absolutely keder saya

Deadman666
07-08-2009, 07:10 AM
wah thanx bsa jadi joe shandy nich hehehe

kotakita
14-08-2009, 01:39 AM
Thanks Bro....
dulu gak dapet nih di skol...:smartass:

tp gpp... bisa jd modal masa depan buat ngajarin anak

blak
14-08-2009, 02:48 AM
wih...wih...
trik yg lumayan bgus..

tpi kl bwtq sih..
q hrus pkir2 lgi deh kl mw pke..
coz ribet bgt...

bknE skrg dah ad kalkulator yg prkatis bgt yah:???:
:haha::haha::haha:

no offence loh...

Iya Bagi Kita Praktis Kalkulator. Nah Coba Nasib Anak2 Kita Ato Nasib Anak2 Sekolahan Yg Ngitung Pas Ujian Ga Boleh Pake Calculator :p

luther
14-08-2009, 06:35 AM
ya hrs sering2 latihan br bisa cepet

benjos
14-08-2009, 09:51 AM
seeppp...
mangtabs abiss...

ada trik untuk pembaian ga..??

jamrong
15-08-2009, 10:45 PM
28*47 ato 100*350 ? nangis loe!

cloudlockheart
15-08-2009, 11:31 PM
Saya rasa nggak ada bedanya dengan perkalian gapit yang diajarkan di SD....

ogi
16-08-2009, 03:50 AM
azzz ini mah udh di ajarin pas gw sd kelas 5, tp gw lupa lagi, gpp bwt ingat ":shifty:

xnortuen
17-08-2009, 11:22 AM
wah.
seumur2 w baru tau trik ini..
maklum males bljr..palg mtk. susah euy nglyat angkanya aja..
thx banget infonya!!

hikarikagayaku
17-08-2009, 11:52 AM
koq malah jd lebih ruwet ya cara ngitungnya... tp mantep jg triknya :top:

monyetlangit
18-08-2009, 01:48 PM
jiahahaha.... lumayan bwt tes....

btw klo 3 digit bgimane?

dodol_garut447
18-08-2009, 03:33 PM
thanks bro, pi klo cara di contoh trakhir ko beda y bos, jd mesti hpalinny gmn..bwat ngebedain penghitungan cara I dan cara II

Winoko21
18-08-2009, 07:05 PM
keren nich caranya :top: bza dipake bwat blajar di skolah...
tapi koq gw coba ke perkalian yg lebih besar (*30an ke atas) gak bza ya?

tomiero
18-08-2009, 07:11 PM
yup ternyata emg kek nya ga berlaku buat semua perkalian 2 digit :D

Irfanshell
18-08-2009, 07:34 PM
lumayan buat yang gak bisa ngetung kayak aku... payaaaaaaahh... payah.payah.... :onion-57:

ARX
18-08-2009, 07:52 PM
Baru tahu gw ada yang kaya gini-an...

Dulu ama guru SMP gw, disuruh ngapalin kuadrat dari 1-30
:onion-57:

makanya kalo angka hasil-nya deket2 udah ketebak kira2 berapa kali berapa... tapi tetep aja... dari hasil ke perkalian, bukan dari perkalian ke hasil...
:onion-07:

tvcell
19-08-2009, 03:21 AM
tips yang bagus tapi itu cuman puluhan.
kalo tips yang ratusan gi mana dunk..
tapi thanks tips ini bagus brow....................... thank's

yunantoa
19-08-2009, 11:40 PM
setelah diliat2, trnyt boleh jg nih trutama bwt perkalian yg dua digit :top:

lafayete
20-08-2009, 03:42 PM
tapi klo perkalian beda puluhan kok ga dapet yah... maaf yah, telmi soalnya~ dT_Tb
Btw, ilmunya maknyuuuuussss juga niiih....

Fahmy
20-08-2009, 08:17 PM
The Bezt trick everrrrr

cRossXoVer
21-08-2009, 08:02 AM
wah smart thingkingnya primagama nih,,,
inget dulu pas les

chankak23
21-08-2009, 08:12 AM
bagus...makasih banget ....kalo ada yang 3 digit...ato 4 digit...hehehe..

darkeva3
21-08-2009, 05:38 PM
Bro, utk yg berbeda angka puluhan ..

23 x 56= 1288

carane..23 x 5 = 115
23 x 6 = 138
------- +
1288
semoga membantu (jd mirip yg biasa)...

yah emang cara ini tuh cara yg kaya biasa....@@a

utk TS nya...nice inpo...thx gan!!!:)

darkeva3
21-08-2009, 06:04 PM
o iya sekalian dhe share ilmu...bis liat ada thread bgini....

and maap kalo :fd_7:...


perkalian angka yg sama and myg belakangnya adalah angka 5

carana
dpn(diplus 1) x dpn , blkg x blkg. .hasilny ga ditambah,lg digabung aj. .

cth :
15 x 15 = 225
(1+1) x 1 = 2
5 x 5 = 25
jadinya 225
. .

cth laen 75 x 75 = 5625
(7+1) x 7 = 56

5 x 5 = 25

jadinya 5625. .

Smoga dpt di mengerti :onion-52::onion-52:

ckdoubleyou
21-08-2009, 07:28 PM
acik buat bekel uan math besok nih~
ohohoho ntar praktekin aaaah

kyun1777
22-08-2009, 12:23 PM
yg trik perkalian yg blkgny udh tw, tp klo udh disuruh kaliin 235 ma 255 kan pusing juga:onion-82:, untung ada trik dr TS, jd klo di combine bisa dapet juga akhirny:onion-72:
tp yah klo mo praktis sih pke kalkulator aja,:onion-08: walaupun kalkulator gak selamanya lebih cepet drpd otak kita:onion-45:

ippayajus
23-08-2009, 01:01 PM
good.. rumusnya ini bisa untuk perkalian dimana bil yang dikalikan dan bil pengalinya digit depannya harus sama ya? misal digit depan 1, (14*19), kl digit depannya beda misal (14*29) hasilnya tidak sama dengan hasil perhitungan kalkulator. ^_^V

kimmonosz
23-08-2009, 04:41 PM
itu kaya trik matematika di kursus gw...

SheKill
23-08-2009, 05:38 PM
nais Inpoh gan..
bisa sampe 90-an
:)

mrp19
24-08-2009, 09:48 AM
Wahhahahahha...jadi inget guru les gw..
pernah diajarin juga..

btw nice info..:D

yo64
24-08-2009, 12:47 PM
menyenangkan bisa berhitung lagi:belajar::onion-16:..udah kelamaan pakek kaku-lator:onion-08:

uka_webster
24-08-2009, 06:45 PM
praktis dan menarik apalagi bagi orang yg sdh tua

PKKHaseo
24-08-2009, 07:53 PM
keren nich caranya :top: bza dipake bwat blajar di skolah...
tapi koq gw coba ke perkalian yg lebih besar (*30an ke atas) gak bza ya?

Bisa tp setelah djumlah mesti dkali dg 3, buat yg 40an mesti dkali 4, dst

Saiga
25-08-2009, 08:30 AM
lumayan nih kalo buat ujian :D , gw tadi nya harus pake kalkulator kalongitung perkalian 2 digit:p

Ziedrich
25-08-2009, 09:24 AM
kalo 3 digit ada ga bro?

ethoxions
25-08-2009, 10:17 AM
ni baru bagus...
ada gak yang bisa sampai 3 digit...
btw... thanks bro...

francessbean
25-08-2009, 09:49 PM
Ga Ngaruh Kalo Otaknya Lemod kek Gw :ngupil:

ukas2ys
25-08-2009, 10:04 PM
kalau 31 x 21 kok ga bisa yah?

31 + 1 = 32 dikali 2 jadi 64

nah 1 x 1 = 1, jadinya 641 dunk? padahal kalau pake calculator jadinya 651

Tolong penjelasannya.

darkeva3
25-08-2009, 10:20 PM
kalau 31 x 21 kok ga bisa yah?

31 + 1 = 32 dikali 2 jadi 64

nah 1 x 1 = 1, jadinya 641 dunk? padahal kalau pake calculator jadinya 651

Tolong penjelasannya.

kk,bknny di page2 awal gtu udh ditulis cr tsb buat perkalian yg digit awalny sama. .cth 23 x 29,56 x 58,dll. .kan kalo 31 x 21 digit awalny beda. .yg 1 digit awalny 3. .yg 1 lagi digit awalny 2. .

No offense y kk. .^^

experience27
25-08-2009, 10:33 PM
luar biasaa.. otak gw skrg jarang ngitung jadi ga bsa mantep.. ni oke bgt.. seppp!!

darkeva3
25-08-2009, 10:55 PM
Kk sekalian,saia punya inpo lain yg menarik ga taw nih termasuk cara cepat atau bukan. .cuma cara ngitungny berbeda dgn itungan perkalian biasa. .cara ini lbh menarik (menurut saia. .^^). .

Notes:
-Cara ini bs digunakan utk perkalian sampai dgn 2 digit saja yaitu 1 - 99. .
-saia msh nubie kalo soal ngepost,kalau agak berantakan mohon maaf. .
-saia blm perna liat ad yg post cara begini,cm saja maap kalo REPOST. .

Mulai. .^^
Cth : 16 x 47
1)kalikan 6 dgn 7 ->6 x 7 = 42(hasil di plg blkg)
2)kalikan 1 dgn 4 ->1 x 4 = 4(hasil di plg dpn)
3)(kalikan 1 dgn 7) + (kalikan 6 dgn 4) ->(1 x 7) + (6 x 4) = 31 dan tambahkan angka ini di digit ke 2 dr digit plg blkg

hasilny
442
31 +
752

shgga rumus ny adalah. .
1)digit blkg x digit blkg,hasil ditaruh di plg blkg
2)digit awal x digit awal,hasil ditaruh di plg awal
3)(digit awal angka ke-1 x digit blkg angka ke-2) + (digit blkg angka ke-1 x digit awal angka ke-2),hasil -> tambahkan angka ini di digit ke 2 dr digit plg blkg
---notes---
cara 1,2 dan 3 terserah mau dilakukan yg mana duluan, cara ke 3 dpt jg dikatakan jumlah dr hasil kali silang. .

cth 2: 49 x 67
1)9 x 7 = 63->blkg
2)4 x 6 = 24->dpn
3)(4 x 7) + (9 x 6) = 82

hasilny
2463
082 +
3283

notes : 0 disini saia sisipkan hanya untuk menyejajarkan penjumlahan antara 46 dgn 82

cth 3 : 94 x 86
1)4 x 6 = 24->blkg
2)9 x 8 = 72->dpn
3)(9 x 6) + (4 x 8) = 86

hasilny
7224
086 +
8084

notes : 0 disini saia sisipkan hanya untuk menyejajarkan penjumlahan antara 22 dgn 86


smg dpt mengerti. .:onion-86: :onion-86: :onion-86: :onion-86:

vine
25-08-2009, 11:08 PM
KAGAG ngeh gw!!! hahahaha

yudhiecavalera
26-08-2009, 09:00 PM
musti belajar lagi neeh, supaya bisa 3 detik :D

carberus
28-08-2009, 09:28 PM
wah dapat tread yang bagus nih.........

hmmmmm.......
penjelasannya dari kk guru diatas mantap

ferry_07
28-08-2009, 10:38 PM
Wedew....Hbat jga yaaa....tpi adej g ad cra lbih cpat deh setw g

Niddif
29-08-2009, 05:32 AM
we lancar metematika nih kyaknya...

hehe super hero in Mathematic

bHell
29-08-2009, 07:05 AM
bisa bikin matematik jd ga serem lagi yah :haha:

Dickenz
29-08-2009, 12:05 PM
Thx kk....
Kren bgt ilmunya...
Dpt dr mn??

der_kaiser
16-09-2009, 01:18 AM
hwekekekek thanks bro buat ilmunya, gw lagi cari2 trik matematika nech..
lumayan buat pamer ke ade gw :hahai::hahai:

evina123456
16-09-2009, 01:25 AM
wogh keren banged ne
baru tau gw
akwkawkawkkawk

kuwsendiri
16-09-2009, 06:06 AM
weeehh..
ajiib dah, ada yg ngajarin mtmka...
tapi makasih atas inponya..
lumayan buat nambah ilmu...:piss:

babycom
16-09-2009, 11:34 AM
ilmu primagama ya Boss !

hyde666
18-09-2009, 10:37 PM
ilmu primagama ya Boss !

bukan bro...
sundul2

fishchuleta
27-09-2009, 10:38 AM
aaaah, ngerti deh.
bisa jg ni dipraktekin.
tapi tetep mikir jg ni, haha

makros
27-09-2009, 11:02 AM
makasih bangat k!

mw diajarin ma adek ah!
biar tambah pinter kayak kakanya!
hehe!:piss:

MrLeeGitu
08-10-2009, 06:12 AM
Ilmu yang berguna neh gan, mayan wat ngelatih otak. makaseh wat info nya.

wakabyyashi
08-10-2009, 08:40 AM
kalo sama puluhannya gampang bgt.....kalo beda ribet.....tapi:niceinfo:gan

zz11
08-10-2009, 04:45 PM
setelah mencoba caranya bro darkeva3 di sini (http://www.indowebster.web.id/showpost.php?p=1734833&postcount=71), pembuktian dulu ah...


contoh: 57 x 26

7 dikali 6 = 42
5 dikali 2 = 10
jadi 1042

5 dikali 6 ditambah 7 dikali 2 = 44

hasilnya 1042 + 440 = 1482.

bener kan?
wah, caramu keren sekali bro...

sekedar nambahin bro darkeva3, cara tersebut sebenarnya bisa dipake buat perkalian 3 angka. asal di sini kita menjadikan dua angka yg di depan sebagai satu konstituen. jadi seakan2 kita tetap mengalikan "dua" angka.

contohnya: 152 x 67
2 dikali 7 = 14
15 dikali 6 = 90 (jadi 15-nya dianggap satu kesatuan)
jadi 9014

15 dikali 7 ditambah 2 dikali 6 = 105 + 12 = 117
hasilnya 9014 + 1170 = 10184.

sudah dicek hasilnya sama kalkulator mbah google.

matematika memang menyenangkan :) :piss:

jefri1234
09-10-2009, 09:25 PM
:apa: ternyata ada hal yg seperti ini.....

seandainya aku tau 18 tahun lebih cepat :nangis:

mungkin di sekolah dulu aq ga bakalan :bonyok::bonyok::bonyok: oleh guru matematika gw

tyknjinq
10-10-2009, 08:22 PM
Berikut ini merupakan rahasia trick perkalian dua digit angka (contoh : 19 x 14 = ??), dengan menggunakan trik ini maka Anda dapat menegtahui hasil dari perkalian tersebut kuran lebih tiga detik. Mulai dari sekarang perkalian dua digit angka akan menjadi sangat mudah bagi Anda..tutorial berikut ini akan disertai dengan gambar – gambar sehingga Anda dapat dengan mudah untuk memahaminya..

*** hidden content ***

Setelah anda menetahui trick ini maka Anda tentunya dapat melakukan perkalian dengan mudah,cepat dan benar..

jika angka yang dikalikan lebih dari 20 tinggal kalikan 2 aja... silahkan dikembangkan trick di atas...

ni dah ada yang bisa trik ngaliin < 20

:panda:pak guru ku tercengang melihat anak muridnya lebih cepat menghitung daripada dia......

junfarabi
11-10-2009, 12:12 PM
yahh....
kenapa ilmu2 spt ini mulai tersebar jaman skrng doang?
knp ga dari dulu2??
duhh.. enak bener anak2 skolahn jaman skrng... dah tau cara beginian...

hidup matematika!!!

lulzilla
11-10-2009, 04:06 PM
lain kali pas disuruh ngitung perkalian coba pake cara ini ah.. :D

Ibnu
11-10-2009, 07:07 PM
Mantap nih triknya boz,dah aku coba,emank lbih mudah,n cepat pke yg kek gini :hahai:

r4ndyx
11-10-2009, 08:50 PM
wah wah jadi inget mencongak waktu SD

yoreizei
11-10-2009, 11:33 PM
Keren jg ilmunya, coba waktu sd dl ud tau, ga pusink" belajar kali kalian >.<
:boong:

Marx_Saint
12-10-2009, 01:30 AM
Ilmunya... :top: :top: :top:

bisa dicoba saat belajar matematika cepat.. :piss:

^^

d3w454
12-10-2009, 05:22 AM
:niceinfo::niceinfo::niceinfo:
thanks
tapi berhitung cepat sampai 3 detik kalau dgn 10 digit atau lebih pakai kalkulator aja.........:hahai::hahai::hahai:

shinichi81
12-10-2009, 09:41 AM
Bos...tapi kalo yang depannya pakei angka 2..misalnya 21 * 12 , aku cobain pake cara tadi kenapa salah yah :piss: ada yang salah cara gitu yah pas terapinnya

zz11
12-10-2009, 01:12 PM
Bos...tapi kalo yang depannya pakei angka 2..misalnya 21 * 12 , aku cobain pake cara tadi kenapa salah yah :piss: ada yang salah cara gitu yah pas terapinnya


kalo angka puluhannya beda bisanya pake cara yg dimuat di sini bro...

http://www.indowebster.web.id/showpost.php?p=1734833&postcount=71

coba deh...

21 x 12
1 kali 2 = 2
2 kali 1 = 2
jadi 202

1 kali 1 tambah 2 kali 2 = 5

jadi tambahin 50 = 252. bener kan?

megaman_6
12-10-2009, 01:27 PM
yahh. kenapa ga gw waktu SD aja dapet nih ilmu , jadi bisa nge-raja di sekolah waktu SD..anyway , math is the best

TheEverlight
16-10-2009, 10:23 AM
tau gini gk sah belajar perkalian yg di susun tu

nice one ,keep post

Fletch
16-10-2009, 04:27 PM
jujur dw bego bgt matematika... soo... thnks buat infonya...
very-very-very :niceinfo:

a1r1al
16-10-2009, 11:22 PM
waduhh...keliatannya menarik sih, tapi pas mbaca udah pusing duluan, gimana prakteknya y hmmm....

qinuche
25-10-2009, 11:25 PM
Manteb.. kalo dijadiin latian bisa lewat tuh psikotes PAULI dan sejenisnyah Hyeyeyeyeye
:niceinfo:GAN

mataraman1
26-10-2009, 12:16 PM
Mantabz nih triknya...
Thanks Boss :D

moluiwa
26-10-2009, 03:11 PM
hebat...bisa buat ajarin anak2 nih..

Dfree
26-10-2009, 03:15 PM
wah, berguna bgt neh bg yg punya anak ato adek yg masi SD, bisa diajarin trik ini, biar gampang ngerti..... top bgt dah infonya!!!

manyun
31-10-2009, 12:42 AM
Jadi penasaran....

zakuroba
31-10-2009, 12:54 AM
bgus jg ne...!!! :top:

knpa dulu waktu SD g kpikiran kyak gtu za...!!!

:lol: :lol:

frank_martin
31-10-2009, 02:50 PM
Nice info dah ...
Tapi kalo mw bisa ngitung kurang dari 3 detik harus latihan gan :belajar:

dre4mthe4ter
31-10-2009, 09:00 PM
Mantab tricknya bro.
Karena selama ini kalau gw mau ngawang perkalian lebih dari 2 digit musti ngayal dulu :-)

FairyMusashi
31-10-2009, 10:44 PM
kerenn...buat ngelatih otak soalnya biasanya pake kalkulator....:semangat:

ruychii
01-11-2009, 08:02 AM
ngambil dari buku menghitung cepat yah bro???
soalnya triknya sama persis, n trik ini yang paling saya ingat di antara semua trik lain....
emang lebih cepat dikit daripada cara menghitung perkalian dua digit konvensional.....

nih saya ajarin yang lain...27x24 tuh sama dengan (27x20)+(27x4), 27x20=540 n ini disimpan dalam otak, (27x4), gunakan cara yang sama, (20x4) + (7x4) n didapat 108, hasil akhirnya dijumlahin jadi 648, intinya dari cara ini misahin2 angka sehingga lebih gampang dihitung...

nih gw ajarin sekalian cara mengkuadratkan digit dua dengan cepat, 20^2 + 7^2 + (2*20*7)= 400+49+280=729

whitemaster
01-11-2009, 01:14 PM
rada beingung sich....

coz kebanyakan angka nya....

jadinya :onion-102:

Handy2009
01-11-2009, 05:06 PM
agak membingungkan...
btw thx for sharing

rizex
12-11-2009, 09:14 PM
gan.........


itu pic nya di remove semua........

saya g bisa liat contonya...

rdruffy
22-11-2009, 08:46 PM
wew, trik saya sama kayak trik kk ruychii
dua angka dipisah buat mudahin ngitungnya

cara ini sih cuman aplikasi aljabar,
tapi meskipun begitu, harus tetap banyak latihan juga biar mantap
mungkin biar enak pakai imaginary blackboard atau note kali ya :p

Angel0fDarkness
22-11-2009, 10:29 PM
kayaknya pernah denger tapi lupa" ingat ni rumus :haha:

junnn
23-11-2009, 02:05 AM
pusing jg
tapi mantap^^

compatc
16-01-2010, 11:20 PM
1 digit aja kadang suka pikun apalagi klo 2 digit

ich4n
17-01-2010, 12:25 AM
:top:
pernah baca neh di buku quantum quotient tapi karena jarang dipake caranya jadi lupa deh :lol:
dengan cara yg mirip perkalian tiga bahkan empat angka juga bisa lebih mudah dilakukan
kalo ngelihat trik kayak gini, ternyata matematika g sesulit yg dibayangkan cuman sayangnya cara" kayak gini jarang banget diajarin disekolah yg ada diajarin pake kalkulator kalo udah mentok :fufufu:

XBABA
18-01-2010, 10:39 PM
keknya ini mirip2 sama klo lu les aritmatika deh...ntar setelah mahir kan diajarin sempoa bayangan (widih)

davidz1989
19-01-2010, 08:12 PM
kalo disuruh bayangin lewat kepala malah lupa angka yang dikali wkwkwkwk parah gue, kalo ditulis sih bisa dong

Yokolung
19-01-2010, 10:18 PM
Pernah dapat trik kyk gn di tempat BimBel dulu...but nice info lah buat merefresh lg memori...

indra1303
22-01-2010, 06:40 PM
bingun nih..hehehe

ephor
09-03-2010, 08:57 PM
weeee...
ini ni yang bs gw makin pede...
:hahai:
Thanks gan..
:niceinfo:

van20
09-03-2010, 09:06 PM
lumayan juga.. secara gua suka itung itung hehehehe (apalagi itung duit....)

thks tipsnya bro...

dede_iseng
11-03-2010, 10:08 PM
wah makassih bro, untuk persiapan uan boleh ni,,,

dede_iseng
11-03-2010, 10:10 PM
bro, kayanya susah kalau 3 detik. belum ahli bro

ivan245
12-03-2010, 06:39 AM
hee... bisa dipake nih
nias inpo gan :top:

Ciel_tetchan
12-03-2010, 07:07 AM
Kereennn gan ... Thankss ..
tapi ko gambarnya ga ada ciiee/????

richmeup
12-03-2010, 02:15 PM
gambarnya udah ilang nih... ada yg bersedia reupload ngga nih?
thx before

ngenji
12-03-2010, 10:54 PM
sekarang ujian boleh pake kalkulator kok

dempal
13-03-2010, 12:06 PM
nice trik gan..
tp menurut ane trlalu ribet ye... :haha:

just_fluke
13-03-2010, 01:05 PM
nice info gan. mantep banget. buat di ajarin ke ade ane yg mase sd. mudahan bisa rangking 1 di kelas yach hehehe

lisanputra
14-03-2010, 10:00 PM
gambarnya gak keluar gan..

fearl3ss
14-03-2010, 10:17 PM
keren bro.. gag kpikiran bixa kek gt.. emg lbh cpt nh jadi ngitungnya.. thx 4 sharing :)

luxurys
14-03-2010, 11:48 PM
ga tau n ga pernah diajarin :(
ntar ah baca :p

wsteve
15-03-2010, 01:18 AM
ah pusing banget,. buat apa ada kalkulator?! ehhee

genbumaster
15-03-2010, 04:04 AM
:maaf: ternyata masih salah ... coba lagi ahhh ... gw lemah matematika ... :hehe: :piss:

blackwhite
15-03-2010, 04:46 AM
perasaan lewat 3 detik deh,
atau aku yang lambat ya ? haha

aryef23
15-03-2010, 09:16 AM
bagus banget gan triknya :top:
agak bingung juga
tapi nanti aku pelajari lagi

pangyatry
16-03-2010, 01:54 AM
tetap gk ngerti , dha ampoen liat matematika , thx sharing na Bos:onion-10:

dakaziro
16-03-2010, 05:13 AM
:maaf: ternyata masih salah ... coba lagi ahhh ... gw lemah matematika ... :hehe: :piss:

suka nyontek ya bosss....

buat TS mantep dah

cruzhart
30-03-2010, 04:01 PM
2 detik bro kalo perkalian 10-20 tapi kalo udah paham caranya n apal perkalian wkwkwkwk NICE TRICK!!!
:top::top::top:

waaagh yang bwah susah juga

k3lvin9101
30-03-2010, 09:28 PM
Ni gan,trik untuk hitung di bawah 20 an...

trik selanjutnya ntar yah....

lg di pelajari....

http://i915.photobucket.com/albums/ac353/k3lvin9101/Indowebster/30032010075.jpg

Untuk Diatas 20 & di bawah 100

http://i915.photobucket.com/albums/ac353/k3lvin9101/30032010078.jpg

Untuk angka depan & belakang yg tdk sampai puluhan

http://i915.photobucket.com/albums/ac353/k3lvin9101/30032010079.jpg

12345abcde
31-03-2010, 12:08 AM
bagus triknya....bisa di kembangkan nih trik :D

saya
31-03-2010, 10:52 AM
emang kalo dah terbiasa bisa lebih cepet

tapi kalo gw lebih seneng ngtung biasa

jampanx
31-03-2010, 01:05 PM
koq 75 x 27 nggak bisa yah???




Untuk angka depan & belakang yg tdk sampai puluhan

http://i915.photobucket.com/albums/ac353/k3lvin9101/30032010079.jpg


'angka depan & belakang yg tdk sampai puluhan',,,maksudnya???

k3lvin9101
31-03-2010, 06:04 PM
@atas > gini loh...
gag puluhan maksudnya 2x3=06
klu puluhan/belasan kan 7x9 = 63

ni hasil untuk 75 x 27

http://i915.photobucket.com/albums/ac353/k3lvin9101/31032010081.jpg

klu berkenan Thanks'a na dong.....(ngarep)

newbiee nie....

stiawan
01-04-2010, 09:29 AM
bagus sh ... tpi ribet juga ...
klo orang awam ato yang gak suka menghitung ... pasti males make cara ini ...
agak ribet ...

byakuya13
01-04-2010, 02:27 PM
ngitung cara ini kayaknya lebih dari 3 detik dah :keringat:

nata_saputra
02-04-2010, 12:49 AM
Gapain susah-susah,, qta smua kan pnya hp (boong klo gak pnya)... pencet aplikasi kal aj.. mo itungan perkalian pe 1000 pun bisa... iya toh... lebih cepat, lebih praktis, gak cape mikir...

k3lvin9101
02-04-2010, 06:51 AM
@ atas >...wkwkwkwk....btl tuh.....

lbh simple yah....

Tjen
02-04-2010, 11:25 AM
Gapain susah-susah,, qta smua kan pnya hp (boong klo gak pnya)... pencet aplikasi kal aj.. mo itungan perkalian pe 1000 pun bisa... iya toh... lebih cepat, lebih praktis, gak cape mikir...

Dengan segala hormat Bro, TS share ini untuk mereka yang tertarik melatih perkalian dengan menggunakan pikiran sendiri.
Jadi perbandingan dengan multiplication tools (HP, kalkulator, dll) tidak senada dengan isi thread ini.

Untuk yang tertarik dengan hal seperti ini coba browse dengan keyword: "mental math" atau coba ke situs glad2teach.
Di web penyedia video - video, ada juga demonya.
Dari situ Anda bisa melihat konsep perkalian untuk bilangan - bilangan besar (digit berapapun).
Selain itu ada pembagian juga.
Sorry gw cuma bisa bantu sampai sini.
Sekian and nice share untuk TS dan member lain yang sudah share.

k3lvin9101
02-04-2010, 09:58 PM
wkwkwkw.....

kenak marah jadina.....

Ruzh
02-04-2010, 10:12 PM
nice
bwat anak2 olimpiade matematika butuh bgt nih

zz11
02-04-2010, 10:49 PM
Gapain susah-susah,, qta smua kan pnya hp (boong klo gak pnya)... pencet aplikasi kal aj.. mo itungan perkalian pe 1000 pun bisa... iya toh... lebih cepat, lebih praktis, gak cape mikir...

-1 :yareyare:
Intinya yang gw tangkap dari komentar Tjen...
Otak kalo tidak dipake akan cepat ciutnya, maka dari itu rahasia semacam ini berguna untuk melatih otak kita biar tetap tajam dalam waktu yg lama.

Oh ya.
Ada trik khusus jika angka yg mau dikalikan itu dekat.
Tentang perkalian 2 angka yang berdekatan dan selisihnya genap, ada gunanya loh kalo kita hafal bilangan kuadrat :hihi:
Gunakan prinsip (x+1)(x-1) = x^2-1 :piss:

Misalnya 24 x 22 pastilah = 528 (karena 23 x 23 = 529)
Atau 65 x 63 pastilah = 4095 (karena 64 x 64 = 4096)

Mungkin rada gak nyambung atau agak menyimpang, tapi IMHO bisa juga untuk menambah info di trit ini :top:

k3lvin9101
08-04-2010, 10:57 PM
ayo2....

siapa lg yg mau memberikan saran agar dapat menghtitung cepat.....

amphitheatre
09-04-2010, 04:06 PM
waduh gambarnya udah didelete sama tinypic. Tapi tetep thx y

ed0gawa
09-04-2010, 04:32 PM
pic di post pertama nya gak ada,.

cepedeh
10-04-2010, 06:46 PM
Iyah Tuh ga ada....

oviea
10-06-2010, 10:15 AM
keren......

nyoba' ya bro....

Mic0
10-06-2010, 04:07 PM
Kayaknya masih ribet caranya..
ada yg lebih simple dan cepat nggak ?

dudungrawk
10-06-2010, 06:42 PM
hehehe bisa aja bro, saya bru tau ini trick. makasih smg bermanfaat

devonian09
19-06-2010, 11:12 PM
mantap juga nih tips. thanks atas postingannya

nunu1234
20-06-2010, 12:54 AM
mantap sudah ngerti cara itung tanpa kalkulator nih
kalau perkalian 3 digit masih lom tau yah hehehe

soebhan
20-06-2010, 08:31 AM
mayan jg carax..tp ada yg lebih simpel lg ga..:pupi::pupi:

D3wangga
04-07-2010, 09:56 AM
Bagus nih . . . . .

Tapi cukup bingung juga hehehehehe . . . .

Ada gak cara yang lebih simpel, memang nie sudah bagus sih, salut dah . . . .

roc
04-07-2010, 12:58 PM
Ts guru matematika ya

kayaknya demen bgt ngitung

rosexie
04-07-2010, 01:59 PM
wahh.. mayan juga triknya.. hitung2an memang banyak sekali trik2nya..

hidayato
04-07-2010, 02:17 PM
br tau gw ada cara gampang kyk gini
:niceinfo:

zainal_scofield
04-07-2010, 04:18 PM
bisa pamer depan cewek ni, biar dikatakan jenius matematika.

ngkriip
04-07-2010, 06:36 PM
gw coba dulu aja ah

andy46
13-07-2010, 03:15 AM
wow...
ternyata bisa cepat gitu... :haha::haha::haha:
tapi kalkulator lebih praktis bro...

ardyyoga
15-07-2010, 03:52 PM
bingung juga ne!!klo ngapalin tricknya seandainya perkalian diatas 20 ato dibawah 20!!
mending hitung manual!!klo udah terbiasa mudah kok!!
matematika tu harus dibiasakan biar kita reflek saat menghitung!!

happybratboy
15-07-2010, 04:05 PM
ko gambarnya ilang skg?

rysss_ak47
15-07-2010, 04:40 PM
@TS:

Plz update link gambarnya, dah dead link tuh.

EsTelite
15-07-2010, 04:52 PM
:bolakbalik: link gambarnya mate :hot:
jadi penasaran deh :onion-10:
padahal kayaknya trick nya bagus neh :tolong:

ps_utami
19-07-2010, 05:09 PM
wah bagus banget tips nya kČ

rungga
19-07-2010, 09:53 PM
huhuhuu trnyta ada triknya juga yah. hmm tak pelajari dlu deh dan ada ga yg bisa cepet ngitung uang yg smpe juta2 gtu?

CriMsoN_FoX
04-09-2010, 01:58 PM
Mantap abis gan!!!!
jadi selama ini cara yang biasa dipake, lama banget............................................ ...
btw, ada yang ratusan (3 angka) nggak nih?
aku dulu bisa sih tapi sekarang udah lupa.........

zainal_scofield
13-09-2010, 05:04 AM
boleh nih buat pamer ke pacar sama calon adik ipar.
baru tau gan.

seventh
19-10-2010, 09:07 AM
wahh...
bneran gan! tpi gw kira2 4-5 detik gtu...
*pake stopwatch*

manusiahero2011
08-03-2011, 02:55 PM
:bravo: bagus benar nie ebok.. :hehe: ane langsung DL :tkp3: :niceinfo:

likertuban
08-03-2011, 05:54 PM
wah bs dpakek buat ngajarin adek ane nih gan.hehehehehehe
thansk deh.hehehehehehe
tp kl misalnya ada soal 67x89
tu gmn y???
kan itu 3 angka....

balista
08-03-2011, 06:27 PM
:niceinfo:udh tau kk dr gru sma gw.

coecoe7seven
08-03-2011, 09:16 PM
tenk yu coy.........

Freakuensi
09-03-2011, 04:38 PM
Kok sama kek waktu gue SD ~

caldilac
09-03-2011, 04:54 PM
mantap banget gan, sangat membantu dan simple

monkeyofjourney
09-03-2011, 07:40 PM
jah , gw dah kuliah nih, aturan pas SD, SMP, SMA nih hha

encimenx
12-09-2011, 08:07 PM
bookmark dulu buat trit bagus begini.. :)

pandachuby
13-09-2011, 11:01 AM
kepala ane punyeng neh,,, tp tar wa coba lagi dech,,, haduh kenpa sama urusan matematika ane puyeng ya???? kek pobia aja

jono212
27-09-2011, 07:54 AM
tq ilmunya, tp setlah dicoba, lebih dari 3 detik euy,

karyatha
28-09-2011, 03:59 PM
Ijin Nyoba Gan..

Thx

YamatoKira
28-09-2011, 05:10 PM
gan nice share... :niceinfo:
tp ni trik sring q pake waktu smp ma sma dulu..
:peace:

bluex
28-09-2011, 06:22 PM
sepertinya musti kulatih dulu untuk jadiin kebiasaan, baru bisa masuk dalam kategori 3 second, thanks for share

49UN9
28-09-2011, 06:51 PM
yoi mantap nh..
thanks bro..

hujio
28-09-2011, 07:01 PM
ummm...
kayaknya masih banyak trik yg laen juga gan...
kayak klo perkalian 11...

12x11= 120+12 = 132
24x11= ambil depan ama belakang trus ditambahin jadi angka tengahnya = 264

NaiLuJ
28-09-2011, 10:35 PM
tetep bingung :onion95: maklum otak ane gak nyampek kalo maen trawang2an gini :peace:

sprypon
28-09-2011, 11:24 PM
dah nyoba tetep aja lebih dari 3 *******... dasar otak we beku....