PDA

View Full Version : Flora Cara Unik Menanam Pohon Alpukat



komikb4
23-10-2012, 07:19 PM
Cara Unik Menanam Pohon Alpukat


Buah alpukat merupakan salah satu sumber lemak yang baik bagi tubuh. Selain mengandung banyak nutrisi dan zat gizi lainnya,
buah alpukat ini juga kaya akan rasa. Bila suatu saat Anda membeli buah alpukat, jangan langsung membuang biji nya.
Karena ternyata kita dapat menumbuhkan pohon alpukat hanya dari biji nya saja loh.
Ingin tahu caranya? Mari, saya tunjukkan kepada Anda beberapa langkah untuk menanam dan menumbuhkan pohon alpukat.


http://image.jadiberita.com/2012/06/Avocado-Pits-537x357-335x222.jpg


Langkah pertama adalah membersihkan biji alpukat.
Anda tinggal mencuci atau merendam buah alpukat, lalu gosok hingga bersih.
Namun perlu Anda ingat agar tidak mengelupas bagian kulit coklat, karena itu adalah penutup benih.


http://image.jadiberita.com/2012/06/Avocado-Pit-Orientation-537x357-335x222.jpg


Lalu pastikan bagian mana yang merupakan bagian atas dan bawah dari biji ini.
Caranya seperti gambar di atas. Setelah dicocokkan dengan lubang tempat biji sebelumnya,
akan terlihat bagian mana yang merupakan atas dan bawah dari biji ini.
Tahap ini harus Anda perhatikan benar – benar karena akan menentukan hasilnya
apakah tanaman Anda akan tumbuh atau tidak. Bila salah pada tahap ini, maka Anda akan gagal.


http://image.jadiberita.com/2012/06/Avocado-Pit-Top-End-537x357-335x222.jpg


Langkah ketiga adalah mencolok biji alpukat.
Ambil 4 buah tusuk gigi. Kemudian colok lah biji tersebut dengan 4 buah tusuk gigi tersebut.
Pastikan bahwa ketika Anda mencolok tusuk gigi tersebut, arahkan tusuk gigi sedikit menukik ke bawah.
Karena tusuk gigi ini berfungsi sebagai dudukan biji ketika akan dicelupkan sebagian ke dalam air di gelas.
Jadi Anda harus mencoloknya dengan benar agar biji alpukat tidak terlepas dan jatuh semua ke dalam air.


http://image.jadiberita.com/2012/06/Avocado-Pit-In-Water-537x357-335x222.jpg


Bila sudah, ambilah sebuah wadah, seperti gelas lalu isilah dengan air.
Akan lebih baik bila Anda menggunakan gelas kaca. Sehingga Anda dapat melihat ketika akarnya tumbuh.
Anda juga perlu mengganti airnya selama beberapa hari sekali. Saya sarankan untuk menggantinya selama 5 hari sekali dalam seminggu.
Hal ini untuk mencegah adanya jamur, bakteri dll yang dapat membunuh akar tanaman Anda.
Pastikan bahwa bagian bawah biji menghadap ke bawah dan terendam oleh air.
Karena akar akan tumbuh melalui biji bagian bawah, sedangkan pohon atau tanaman akan tumbuh melalui bagian atas biji
Pastikan juga agar bagian atas biji tidak terendam air.
Inilah mengapa Anda harus memastikan benar – benar mana bagian atas mana bagian bawah biji.


http://image.jadiberita.com/2012/06/Avocado-Pit-With-Taproot-537x357-335x222.jpg


Langkah selanjutnya adalah menunggu tumbuhnya tunas.
Munculnya tunas tidak dapat dipastikan jangka waktunya.
Ada yang dapat segera tumbuh hanya dalam waktu 2 – 4 minggu.
Bahkan ada yang sampai 8 minggu. Jadi, bersabarlah!


Proses yang akan Anda saksikan adalah:


1. Bagian atas lubang alpukat akan mengering dan membentuk celah. Kemudian kulit coklat di bagian luar biji akan mengelupas.
2. Biji akan mulai retak yang memanjang sampai ke bawah lubang alpukat. Melalui celah di bagian bawah, sebuah akar kecil akan mulai muncul.


http://image.jadiberita.com/2012/06/Avocado-Pit-Lots-of-Roots-537x357-335x222.jpg


3. Akar tersebut akan tumbuh banyak, dan akhirnya tunas kecil akan mulai tumbuh melalui bagian atas lubang biji alpukat.
4. Jangan biarkan akar tersebut mengering karena tanaman Anda akan mati.


http://image.jadiberita.com/2012/06/Sprouted-Avocado-Pits-537x357-335x222.jpg


Bila tanaman sudah tumbuh setinggi 15 cm, potong lah sepanjang 7 cm. Hal ini akan merangsang pertumbuhan tanaman
Bila sudah mencapai 15 cm lagi, pindahkan dari gelas yang berisi air ke dalam sebuah pot tanaman berdiameter 8 – 10 cm yang berisi tanah yang subur.
Lalu tempatkan pot tersebut di daerah yang terkena matahari. Paparan sinar matahari akan membantu pertumbuhan tanaman ini dengan cepat.


http://image.jadiberita.com/2012/06/Baby-Avocado-Tree-537x357-335x222.jpg


Lalu rawatlah tanaman Anda. Anda harus memastikan bahwa tanah nya tidak boleh kering, namun juga jangan diberi air terlalu banyak.
Kondisi tanah harus lah lembab. Bila daunnya menguning, itu tandanya bahwa kondisi tanah mengandung terlalu banyak air.
Lalu, kapan tanaman ini akan menghasilkan buah alpukat? Hal inilah yang sulit dikatakan.
Kadang membutuhkan waktu sekitar 3 – 4 tahun agar tanaman mulai berbuah.
Yang lainnya membutuhkan waktu hingga 15 tahun. Selamat mencoba… (inhabitat/jow)




sumber (http://jadiberita.com/jadilife/gayahidup/mari-menanam-pohon-alpukat-dari-biji-alpukat/)


:onsen:

Zablune
24-10-2012, 02:10 AM
kakak ...

hal ini sulit di katakan..

mengapa kita butuh waktu 3-4 taun supaya si buah muncul..

dan ternyata ini faktor alpukat agak mahal

komikb4
24-10-2012, 02:52 AM
kakak ...

hal ini sulit dikatakan..

mengapa kita butuh waktu 3-4 taun supaya si buah muncul..

dan ternyata ini faktor alpukat agak mahal

AFAKK
Pengembangbiakan generatif memang punya beberapa kelemahan. Salah satunya adalah lama waktu produksi buah dan rasa buahnya belum tentu sama dengan induknya.
Namun, perkembangan generatif ini punya kelebihan pada kekuatan akar dan perpaduan sifat dari kedua induknya :XD:

SNEZERD
24-10-2012, 12:40 PM
infonya bermanfaat bgt...:top:
gw coba dlu gan... :ogngacir:

mrn3xt
25-10-2012, 06:08 AM
wah ada info bagus nih...
jadi pengen nyoba di rumah, tapi bingung kalo sudah jadi mau di tanam di mana....
:bingung:
karena lahan tanah di rumah sudah dipake nanam 2 pohon mangga, 1 jambu dll...

Valverion
25-10-2012, 06:10 AM
Wuih.. Bagus nih.. Ntar beli jus alpokat, minta bijinya ah.. Jadiin percobaan.. Heheh... Thanks infonya Bos~

pawz007
25-10-2012, 08:57 AM
jadi inget dulu waktu kecil, cara numbuhin akarnya sama persis kyk yg ts bilang..
baru tau klo tumbuh buahnya bisa 3-4 tahun, menurut aku dah cepet itu..

andirx
25-10-2012, 10:13 AM
kakak ...

hal ini sulit di katakan..

mengapa kita butuh waktu 3-4 taun supaya si buah muncul..

dan ternyata ini faktor alpukat agak mahal

Mendingan beli deh klo begitu nunggunya 3-15 th keburu ilang nafsu makan alpukatnya

komikb4
25-10-2012, 10:16 AM
Mendingan beli deh klo begitu nunggunya 3-15 th keburu ilang nafsu makan alpukatnya

memang lebih cepat beli....tapi klo beli terus kan tekor..:keringat:

lagipula alpukat yang dirawat sendiri dan yang dibeli rasanya jauh beda kok :kenyang:

Hktoyshop
25-10-2012, 11:08 AM
waha rumit juga ya gan kalau mau menenem pohon alpukatnya gan

Royal_Blood
25-10-2012, 11:31 AM
Nice info... THanks gan

thelor
25-10-2012, 11:44 AM
:D kirain bisa seterusnya di ambangin alias ditanam diatas gelas mirip bonsay gitu jadi gak perlu gede pohonnya tapi bisa menghasilkan buah, bisa begitu tidak ya hihi...

sapikambing
25-10-2012, 01:51 PM
kakak ...

hal ini sulit di katakan..

mengapa kita butuh waktu 3-4 taun supaya si buah muncul..

dan ternyata ini faktor alpukat agak mahal

ga yakin 3-4 Tahun lagi apa masih ingat kalo pernah tanam alpukat

andre8080
26-10-2012, 12:33 AM
Menanam Apockat emang perlu kesabaraan kok .. kalau gk sabar nanti ya mati apockatnya

komikb4
27-10-2012, 12:07 PM
ga yakin 3-4 Tahun lagi apa masih ingat kalo pernah tanam alpukat

kan disiram tiap hari...klo g ya pasti mati duluan :garing:

riankuni
29-10-2012, 10:31 PM
Nice infonya gan, bermanfaat sekali.

ChannelChanger
29-10-2012, 10:45 PM
waktu nunggu akar tumbuh, taronya di tmpt gelap(kamar) ato hrs kena matahari ya?
guud info..

midorilover
29-10-2012, 11:08 PM
ribet amat yah...
nunggu 3-4 tahun cuma buat makan alpukat.. -_-"

zero_mind
30-10-2012, 09:49 AM
realita yg muncul ketika akan berbuah.. ulat alpokat terlalu buanyak..

nameless4
30-10-2012, 11:15 AM
waaaaah dari dulu pengen nanem pohon alpukat nih gw...lumayan nambah ilmuu..haha

Nisa_K2
30-10-2012, 12:31 PM
raas alpukat yang ditanam dengan cara itu apa ya seenak waktu dimakan? :???:

Kim_JaeSun
04-11-2012, 11:16 AM
wah di kampong bokap ama nyokap ane banyak nih...
sekarang bokap jg lagi mau nanam pohon alpukat tuh...
agak lama nungguin emang dari biji terus jadi benih...

scutterizta
04-11-2012, 07:56 PM
bisa dipraktek kan pada kentang apa g nih bro????

agandoell
06-11-2012, 02:56 AM
Kayanya bisa dibuat pajangan di kamar nih soalnya unik gitu

cabeedehh
06-11-2012, 05:32 AM
keren.. ada aja cara unik

pirate_hunter
19-12-2012, 07:48 PM
kakak ...

hal ini sulit di katakan..

mengapa kita butuh waktu 3-4 taun supaya si buah muncul..

dan ternyata ini faktor alpukat agak mahal

waduh lma amat berbuahnya ???
harus extra keras menanam dari awal nih n menunggu sampai berbuah :D

komikb4
19-12-2012, 08:03 PM
bisa dipraktek kan pada kentang apa g nih bro????

mungkin bisa tapi caranya diubah ..karena kentang kan banayk dikembangkan dengan vegetatif bukan generatif seperti alpukat :obiii:

echocuel
30-12-2012, 12:37 PM
wah baru tau saya klo untuk tanaman lain gmn ... :niceinfo:

kejedot_tuembok
02-01-2013, 11:56 AM
Tau nich...dari dulu nanam kaga tumbuh2...cepatan beli, atau kalo kaga ngambil pny tetangga....haha....

thojiem
04-01-2013, 07:47 AM
rumit juga nanemnya, sudah gitu berbuahnya juga ga bisa dipastikan...

damn22
23-01-2013, 05:48 PM
ngk ada gbrnya lagi man

tolong d perbaiki thx

langitnyaD
24-01-2013, 11:46 PM
padahal kalo mau jus alpukat tinggal beli 5 ribu dapet
tapi nanem bisa lama banget sebelum berbuah :)

AGENT
30-03-2013, 05:41 AM
realita yg muncul ketika akan berbuah.. ulat alpokat terlalu banyak..

Lycoris
02-06-2013, 11:32 AM
kok gambarnya nggak jelas begitu
:iii:
baru tahu rumitnya nanem alpukat