PDA

View Full Version : Weapon Keris Senjata Tusuk Mematikan Yang Dihormati



Nightblade
10-11-2012, 08:44 PM
http://stat.kompasiana.com/files/2010/06/unesco_keris_batik_wayang3.jpg


~~~
"Setiap laki-laki di Jawa, tidak peduli kaya atau miskin, harus memiliki sebilah keris di rumahnya ... dan tidak ada satu pun laki-laki berusia antara 12 dan 80 tahun bepergian tanpa sebilah keris di sabuknya. Keris diletakkan di punggung, seperti belati di Portugal"
~Tome Pires, "Suma Oriental"~


~~~


Membahas keris tidak akan ada habisnya, tetapi untuk event ini, mari kita membahas dari segi militer. Mengapa senjata sekecil ini bisa menjadi senjata andalan di medan perang pada jaman dahulu?


Secara logika, keris memang senjata yang paling efektif bagi kita, orang orang Indonesia. Dengan arena perang hutan yang sangat lebat (hutan hujan tropis) yang sampai-sampai susah untuk mendeteksi orang-orang yang bersembunyi. Dengan ukuran tubuh bangsa kita yang relatif lebih kecil, dibanding orang-orang eropa maupun timur tengah, kita bisa bergerak lebih lincah, bisa bersembunyi lebih rapi, dan bisa menyerang dari arah yang tidak terduga oleh lawan. Hal ini menyebabkan senjata-senjata yang besar tidak efektif di medan laga seperti ini. Justru, pedang yang besar akan mudah tersangkut, orang-orang yang besar pula susah untuk bersembunyi. Justru dengan ukuran tubuh yang kecil dan senjata yang relatif kecil pula kita mendapat keuntungan. Kita lebih lincah dan lebih susah terlihat musuh. Hal inilah yang menyebabkan sejata sekecil keris dapat mengalahkan pedang yang sangat besar.

http://mw2.google.com/mw-panoramio/photos/medium/42406240.jpg

Dan karena itu, meski kecil, keris merupakan senjata yang efektif sesuai dengan fungsinya sebagai alat tusuk, orang-orang Indonesia yang ukuran tubuhnya relatif kecil dan lincah, dan medan laga di Indonesia yang banyak halangan (pepohonan).
Dan mengapa TS menyebut Keris ini dihormati? Yang paling mudah, mari kita baca sastra-sastra sejarah di Jawa. Jika terjadi perang dan duel yang melibatkan tokoh-tokoh penting seperti Raja dan Panglima Perang. Maka pasti dicatat keris apa yang mereka gunakan untuk membunuh dan "Empu" pembuat keris tersebut. Sehingga bukan hanya Si Pemenang Duel yang terkenal, tapi keris dan empu pembuatnya pastilah tercatat dalam sejarah.



Kenapa Keris sangat mematikan?


Keris dibuat dengan proses penempaan yang rumit, dan membuktikan bahwa teknologi penempaan kita sudah sangat maju sejak dahulu. Dua lapisan besi yang tebal ditumpuk dan dipijarkan di bara api yang sangat panas lalu ditempa menjadi lengket satu sama lain. Hal ini diulang sampai ribuan lapis. Ini menyebabkan di keris yang asli, memang terdiri dari ribuan lapisan yang bisa kita lihat meski tanpa alat bantu. Diantara lapisan-lapisan itu, ada rongga-rongga yang terisi udara.

Keris biasanya dibuat dari beberapa jenis logam antara lain adalah baja, karbon (dari tanduk kerbau), atau batu meteor. Baja adalah pembentuk utama yang dijadikan keris dari bentuk batang baja menjadi bentuk keris. Setelah baja terbentuk menjadi keris, maka dilakukan warangan dengan menggunakan racun alam berupa batu meteor. Jika keberadaan batu meteor tidak didapatkan, maka digunakan ular atau katak kerok (kodok kerok dlm bahasa Jawa). Karbon pada jaman dahulu adalah berasal dari tanduk kerbau. Kerbau yang diambil tanduknya dipilih kerbau yang memiliki tanduk yang besar, jantan, dan gagah. Dari tanduk ini maka dibuatlah bubuk tanduk kerbau yang merupakan bubuk karbon.

Dalam ilmu pengerasan logam, karbon yang diberikan pada baja dengan menggunakan perlakuan panas, maka akan menghasilkan baja yang lebih keras. Ilmu pengerasan logam yang telah berbentuk keris ini dilakukan dengan memanaskan keris hingga mendekati titik leleh, kemudian keris dimasukkan ke dalam bubuk karbon. Pendingin dengan media pendingin bubuk karbon ini akan menjadikan keris dimasuki atau dilapisi oleh bubuk karbon pada setiap permukaan yang bersentuhan dengan bubuk.

Racun dimasukkan ke dalam keris dimaksudkan agar dalam menggunakan keris jika musuh terkena meski hanya berbentuk goresan, tetapi luka tersebut akan dapat mematikan. Racun yang berasal dari hewan dapat disembuhkan dengan pengobatan yang sama jika terkena bisa hewan tersebut. Jenis hewan yang biasanya digunakan untuk memberikan racun pada keris adalah ular tanah, ular welang weling, ular kobra, ular derik, katak kerok (kodok kerok= Jawa = katak yang memiliki kulit tebal).


Keris pada dasarnya dibagi dalam dua bentuk dasar yaitu bentuk lekuk lekuk dan lurus meruncing. Batang keris yang berbentuk lekuk lekuk disebut dengan keris luk, sedangkan keris yang lurus meruncing disebut dengan keris lajer.

Dengan bentuk yang meliuk-liuk tersebut maka ketika keris ditancapkan ke dalam perut seseorang, keris tersebut seolah mencabik-cabik isi perut korban. Lebih lagi, dengan adanya racun dan udara di rongga-rongga antar lapisan logam reaktif di dalam keris, didalam perut akan tertinggal racun dan campuran antara logam reaktif, udara, dan air yang akan bereaksi membuat karat. Reaksi yang sangat menyakitkan itu akan terjadi di dalam perut korban.

Memang tusukan dari keris hanya sekitar 4 centimeter paling lebar. Namun, jika kita tinjau di dalam bekas tusukan tersebut, terdapat karat-karat yang tertinggal di antara organ-organ yang tercabik-cabik oleh bentuk keris yang meliuk-liuk.
Keris memang didesain bukan untuk saling diadu seperti pedang, melainkan alat tusuk. Sekali tusukan pada organ vital, sang korban akan langsung tak bernyawa. Jika memang seburuk-buruknya korban tidak tertusuk pada organ vital, korban akan menderita sepanjang sisa hidupnya. Karena racun dan karat yang disebar oleh rongga rongga keris tersebut akan terus meyebar layaknya kanker sampai merenggut nyawa sang korban.

http://www.a-m.de/images/mineral/arsen_gr.jpg

Jika seseorang akan melakukan pengujian besar daya racun, maka biasanya dilakukan dengan menusukkan keris tersebut pada pohon pisang dan melihat reaksi yang akan terjadi sehari setelah ditusuk. Cara lainnya adalah dengan menjilat permukaan keris, cara ini hanya dikuasai oleh orang-orang tertentu dan jika dilakukan oleh orang awam maka akan berakibat kematian.


http://ibnususanto.files.wordpress.com/2009/02/1pengakuan_unesco4.jpg


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Keris
http://novalsossh.wordpress.com/2012/04/08/keris-status-kebanggan-liukan-tajam-nan-mematikan/
http://purwanto-soewito.blogspot.com/2008_11_01_archive.html


~Keris adalah budaya (bukan mistik) Indonesia yang wajib kita lestarikan~

Odut
10-11-2012, 11:13 PM
Pantesan bokap dulu melarang ane untuk memegang batang keris yang dirumah, katanya beracun. Sekarang ane baru ngerti kenapa beracun. Thanks untuk info-nya.

Elk4put
11-11-2012, 06:39 AM
keris di jawa.di aceh namanya rencong.di jawa barat namanya kujang.tiap bagian di indonesia punya penamaan sendiri.klo aku baca dari penjelasan diatas.cara pembuatannya kayak..mbuat besi Damascus.

CodeAmon
11-11-2012, 07:20 AM
baru tau kalo ternyata keris itu beracun :kaget:
penempaannya sampe berlapis

Tanya - "Berapa Lapis?"
Jawab - "Ribuan!"
Respond - Troll Face =.=

dan ternyata senjata Keris fungsinya untuk penusuk yah .. gw kira awalnya keris buat diadu :swt:
efek luka kena keris serem juga persentase 90 persen death yah ?
jadi ga kebayang kalo keris dibuat versi pedangnya dan di buat jadi piso lempar :takut:

nice info ane baru tau ternyata keris senjata yang mematikan banget :sembah:
semakin bangga ama Indonesia :terharu:

komikb4
11-11-2012, 09:08 AM
sepertinya peruntukan keris yang utama tidak digunakan untuk perang deh...:iii:

dari desain dan cara penempatan ..keris lebih cocok sebagai hiasan busana :iii:

Sniper_king
11-11-2012, 09:12 AM
link sumber mana om :minta:
minimal 3 sumber :tampan:

Nightblade
11-11-2012, 09:34 AM
sepertinya peruntukan keris yang utama tidak digunakan untuk perang deh...:iii:

dari desain dan cara penempatan ..keris lebih cocok sebagai hiasan busana :iii:

untuk saat ini memang keris tdk dutamakan untuk perang, jaman dahulu selain sebagai senjata penghabisan, keris dgunakan sebagai simbol derajat seseorang, upacara keagamaan, dll
keris banyak macamnya, karena yg dbahas dsini untuk military jd dbahas yg utk perang saja hehe. keris untuk perang biasanya mudah korosi, karena kadar racun yg digunakan biasanya amat banyak. sehingga keris2 kuno yg bertahan dgn kondisi bagus hingga saat ini biasanya bukan keris perang hehe


link sumber mana om :minta:
minimal 3 sumber :tampan:

o iya lupa, nanti sekalian sambil diedit, sambil nyari literatur tambahan ya, nanti ngeditnya ilang percuma dong :sedih:

komikb4
11-11-2012, 09:37 AM
untuk saat ini memang keris tdk dutamakan untuk perang, jaman dahulu selain sebagai senjata penghabisan, keris dgunakan sebagai simbol derajat seseorang, upacara keagamaan, dll
keris banyak macamnya, karena yg dbahas dsini untuk military jd dbahas yg utk perang saja hehe. keris untuk perang biasanya mudah korosi, karena kadar racun yg digunakan biasanya amat banyak. sehingga keris2 kuno yg bertahan dgn kondisi bagus hingga saat ini biasanya bukan keris perang hehe


bukane salah satu fungsi jamasan (memandikan) keris itu untuk mencegah pengaratan? :???:

keris yang tidak berkarat dan tetap beracun kan juga banyak :obiii:

CMIIW :maaf:

Nightblade
11-11-2012, 09:52 AM
bukane salah satu fungsi jamasan (memandikan) keris itu untuk mencegah pengaratan? :???:

keris yang tidak berkarat dan tetap beracun kan juga banyak :obiii:

CMIIW :maaf:

untuk yg bukan keris perang, memang seperti itu hehe, tetapi untuk keris yg digunakan dlm peperangan, warangan yg dgunakan berbeda, untuk keris perang, dpegang tangan saja berbahaya, krn empu2 terdahulu untuk mewarangi keris perang menggunakan arsen (di Indonesia mungkin terkenal dgn racun yg dgunakan untuk membunuh Munir) atau racun2 berbahaya lainnya.
untuk keris yg tdk berkarat dan tetap beracun, tergantung warangan yg dgunakan bertujuan untuk apa hehe. untuk keris2 modern saat ini biasanya sih tidak ada racunnya, tp kl kena tusuk ya tetep aja haha

Iya_an
11-11-2012, 10:31 AM
sepertinya peruntukan keris yang utama tidak digunakan untuk perang deh...:iii:

dari desain dan cara penempatan ..keris lebih cocok sebagai hiasan busana :iii:

Kebalik dong tante, Yang utama malah untuk Perang dan kewibawaan.

Nah karena perputaran zaman menjadi era Photography dan seni, akhirnya jadi sebuah hiasan dalam berbusana. :clap:

venus14
15-11-2012, 05:22 PM
wah serem juga ya keris... bru tau kalo ternyata keris beracun.. >.< maklum ga pernah megang keris asli.. serem kayaknya.. ngebayangin gimana kalo assassin creed assassinnya pake keris semua.. @_@ bener" jadi pembunuh sadis yak..

ADgunsniper
15-11-2012, 07:46 PM
keris is more suitable for assasin than katar...hahahahaha... "bangga Jadi Orang indonesia"

Angel0fDarkness
15-11-2012, 09:20 PM
pantes aja mematikan, pada saat pembuatan sudah dibuat karatan..

arifyoga
15-11-2012, 11:03 PM
katanya dari bentuk-bentuk keris baik yang meliuk-liuk itu punya filosofi sendiri-sendiri..

Keris lurus dimaknai dari sisi spiritual dalam pembuatannya sebagai lambang kelurusan hati, kepercayaan diri dan mental yang kuat, keteguhan hati pada tujuan dan sarana pemujaan kepada Sang Pencipta ^_^

Nightblade
15-11-2012, 11:05 PM
pantes aja mematikan, pada saat pembuatan sudah dibuat karatan..

maap bro,bukan dbuat karatan, tp jika dtusukkan bs menimbulkan reaksi yg menyebabkan terjadinya karat hehe

Iya_an
17-11-2012, 02:14 AM
Sekarang saatnya bulan Suro untuk mewarangi koleksi keris yang ada.

anda tahu apa itu :???: dan mengapa harus dilakukan di bulan Suro :iii:

SePpuku
17-11-2012, 08:25 AM
baru tau kalau keris itu ternyata beracun :iii:
kirain karena diisi semacam magic maka bisa jadi senjata mematikan untuk membunuh lawan :iii:
ga cuman buatnya, cara bawanya pun lain daripada senjata tusuk kaya pedang atau katana, ga di depan atau di samping tapi di belakang... :hmm:
disembunyiin kerisnya trus ambil dan tusuk diam2 musuhnya :piso:
pertama sih ga keliatan bawa senjata, trus tiba2 mak clep :dead:
nice info kk :top:

Elk4put
18-11-2012, 10:31 AM
wohh mantep masuk UNESCO, baru tau heheh
kalo kujang masuk UNESCO jg ga?

gak ada beritanya tuh.kali dah diakui.cuman nunggu dokumen resminya aja.kujang kan variannya keris.hanya rada aneh kayak kukri.dikit sih.

Iya_an
18-11-2012, 11:33 AM
Yang berhubungan dengan memandikan keris, bunga setaman / bunga tujuh rupa / kemenyan dan air tujuh sumber.

apa ada hubungannya dengan keris bertuah ??

kok gak di jawab mana TS nya :hammer:

Elk4put
18-11-2012, 11:40 AM
Yang berhubungan dengan memandikan keris, bunga setaman / bunga tujuh rupa / kemenyan dan air tujuh sumber.apa ada hubungannya dengan keris bertuah ?? kok gak di jawab mana TS nya :hammer:

cuman tradisi aja.nurut aku.nyoba njawab ^_^
masalahnya nenek aku yg sudah meninggal dunia lakuin itu.katanya sebuah tradisi di bulan besar/suro.dianggep bulan suci.sekarang keris peninggalan kakek aku sama sekali gak di jamasin ato dimandiin samasekali.soalnya lemari penyimpanannya dikunci.kuncinya hilang entah kemana.

Sniper_king
18-11-2012, 05:13 PM
Sekarang saatnya bulan Suro untuk mewarangi koleksi keris yang ada.

anda tahu apa itu :???: dan mengapa harus dilakukan di bulan Suro :iii:

itu bulan yang tepat untuk ritual seperti itu..
entah lah saya kurang begitu tau

Nightblade
19-11-2012, 03:28 AM
Sekarang saatnya bulan Suro untuk mewarangi koleksi keris yang ada.

anda tahu apa itu :???: dan mengapa harus dilakukan di bulan Suro :iii:


Yang berhubungan dengan memandikan keris, bunga setaman / bunga tujuh rupa / kemenyan dan air tujuh sumber.

apa ada hubungannya dengan keris bertuah ??

kok gak di jawab mana TS nya :hammer:

wah ini udah kearah kepercayaan hehe
jujur aja ya bro, untuk yg kearah sana tergantung masing2 pribadi, kl ane lebih kearah keunikan keris tersebut, untuk mewarangi bulan tertentu, bertuah, dsb tergantung pribadi masing2. Seperti kalau sy sebagai muslim, disunahkan berpuasa di hari2 tertentu karena ada kelebihan sendiri hehe. Sebaiknya pembahasan kerisnya diarahkan ke segi militer saja :top:


bagi yg ada waktu dan berdomisili ddaerah Sidoarjo, Jawa Timur. Bisa hadir di "Pameran Keris Tingkat Nasional 2012" di Museum Mpu Tantular, Sidoarjo pada tanggal 20 - 23 November 2012. Acara ini diselenggarakan oleh "DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA" Jawa Timur. Hadir yeeee, biar ngerti keris itu bukan hanya mistiknya doang haha

de_alfs
19-11-2012, 06:12 PM
kalo liat di youtube cara pembuatan keris, dan dari penjelasan ts, kayaknya cara pembuatan keris itu mirip sama cara pembuatan katana ya..

Iya_an
19-11-2012, 08:50 PM
wah ini udah kearah kepercayaan hehe
jujur aja ya bro, untuk yg kearah sana tergantung masing2 pribadi, kl ane lebih kearah keunikan keris tersebut, untuk mewarangi bulan tertentu, bertuah, dsb tergantung pribadi masing2. Seperti kalau sy sebagai muslim, disunahkan berpuasa di hari2 tertentu karena ada kelebihan sendiri hehe. Sebaiknya pembahasan kerisnya diarahkan ke segi militer saja :top:


bagi yg ada waktu dan berdomisili ddaerah Sidoarjo, Jawa Timur. Bisa hadir di "Pameran Keris Tingkat Nasional 2012" di Museum Mpu Tantular, Sidoarjo pada tanggal 20 - 23 November 2012. Acara ini diselenggarakan oleh "DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA" Jawa Timur. Hadir yeeee, biar ngerti keris itu bukan hanya mistiknya doang haha

Ternyata dianggap OOT ya, padahal menurut saya dengan judul "Keris Senjata Tusuk Mematikan Yang Dihormati"

berarti salah satu cara menghormati bagi mereka yang bener2 menghormati yakni dengan cara mewarangi atau bahkan dengan memberikan sesaji,

dan saat yg kebanyakan orang pilih yaitu di bulan Suro. Tapi ya udahlah, :yareyare:

Nightblade
19-11-2012, 09:27 PM
Ternyata dianggap OOT ya, padahal menurut saya dengan judul "Keris Senjata Tusuk Mematikan Yang Dihormati"

berarti salah satu cara menghormati bagi mereka yang bener2 menghormati yakni dengan cara mewarangi atau bahkan dengan memberikan sesaji,

dan saat yg kebanyakan orang pilih yaitu di bulan Suro. Tapi ya udahlah, :yareyare:

iya bro bener hehe :top: tp kl bahas yg itu nanti ga sesuai event :hmm:

arzee
20-11-2012, 06:25 PM
mematikan karna bentuk fisiknya yang memungkinkan terjadinya kerusakan besar/mengoyak materian yang ditembus. setau ane ada juga senjata dari yunani seperti pisau, yang mengembang setelah ditancapkan. pastinya daya rusaknya lebih besar

mardux13
20-11-2012, 10:26 PM
ane setuju banget dengan pernyataan bahwa keris bukan untuk peperangan, fisik nya mungil gan. Itu untuk ambush doank, mgk sekelas belati gitu

komikb4
21-11-2012, 12:57 AM
Ternyata dianggap OOT ya, padahal menurut saya dengan judul "Keris Senjata Tusuk Mematikan Yang Dihormati"

berarti salah satu cara menghormati bagi mereka yang bener2 menghormati yakni dengan cara mewarangi atau bahkan dengan memberikan sesaji,

dan saat yg kebanyakan orang pilih yaitu di bulan Suro. Tapi ya udahlah, :yareyare:


iya bro bener hehe :top: tp kl bahas yg itu nanti ga sesuai event :hmm:

bukankah hal mistis pada jaman keris berjaya menjadi salah satu unsur penting dalam meraih kemenangan ? :???:
yang berarti ini taktik militer juga ? :???:

soal kenapa di bulan suro, bisa jadi mungkin karena bulan suro adalah bulan mati yang paling gampang dipakai sebagai tengaran ...:ogbloon:

kan setiap senjata butuh perawatan, apalagi yang berbahan dasar logam. Mungkin bisa cari referensi soal pengaruh gravitasi bulan terharap logam dan daya magnet, mungkin dari situ bisa nemu mengapa jamasan keris seringkali pada bulan suro atau awal bulan...
AFAKK hampir tidak pernah ada keris dijamas saat purnama
CMIIW

:maaf:

Nightblade
21-11-2012, 05:38 AM
bukankah hal mistis pada jaman keris berjaya menjadi salah satu unsur penting dalam meraih kemenangan ? :???:
yang berarti ini taktik militer juga ? :???:

soal kenapa di bulan suro, bisa jadi mungkin karena bulan suro adalah bulan mati yang paling gampang dipakai sebagai tengaran ...:ogbloon:

kan setiap senjata butuh perawatan, apalagi yang berbahan dasar logam. Mungkin bisa cari referensi soal pengaruh gravitasi bulan terharap logam dan daya magnet, mungkin dari situ bisa nemu mengapa jamasan keris seringkali pada bulan suro atau awal bulan...
AFAKK hampir tidak pernah ada keris dijamas saat purnama
CMIIW

:maaf:

:top: sudut pandang yg menarik
knp sy selalu menghindari pembahasan yg berbau gaib, krn pasti akan berbenturan dgn perbedaan kepercayaan di Indonesia. Sedangkan untuk melestarikan budaya kita yg hampir dilupakan generasi muda skr ini, maka yg gaib tsb harus dnomor duakan dahulu. Karena banyak yg takut kl sudah masuk yg mistik2 hehe, shg jika kita mengenalkan keris sudah kabur duluan. Alasan yg paling sering saya temui, sirik nih haha (maklum sy muslim, jd mohon maap). jadi OOT :sedih:

kalau tentang penjamasan di bulan tertentu, bagi yg berkepercayaan "Kejawen", selain merupakan penghormatan beliau kpd keris dan entitas yg ada didalamnya, jg merupakan saat yg tepat untuk istilah kerennya "recharge" energi. krn ada pendapat bahwa pada saat2 tsb energi magnet yg ada sangat kuat. para praktisi ilmu kebatinan jg meyakini hal tsb. krn memang sudah bukan rahasia ilmu gaib kita dijaman dahulu memang sangat berperan dalam peperangan. keris untuk perang dan keris pusaka jg berbeda.
keris perang biasanya bersifat keras dan panas, sehingga sangat2 jarang keris perang yg bertahan sampai skr, krn biasanya keris seperti ini dijaman damai sangat berbahaya untuk dsimpan jika pemiliknya tidak memiliki kemampuan menahan emosi yg kuat. dan kebanyakan sudah dilarung atau dibuang.
yg bertahan kebanyakan keris2 pusaka, yg memang tujuannya untuk dsimpan, yg oleh empunya dahulu, memang didoakan untuk kedamaian, rejeki, dll.
untuk pembahasan astronominya, ane ga paham bro haha, monggo dbabar lebih lanjut tentang posisi bulan yg berakibat kpd medan magnet d bumi hehe

Iya_an
21-11-2012, 03:55 PM
:top: sudut pandang yg menarik
knp sy selalu menghindari pembahasan yg berbau gaib, krn ~bla~bla~bla~

iya aja deh :sigh:, daripada nanti OOT ama kebiasaan asli para leluhur dalam merawat keris untuk kewibawaan dan kesaktian itu sendiri.
Padahal menurut saya, Islam juga menegaskan iman kepada hal ghoib seperti malaikat - setan dll yg kalo dilogikakan sulit di jaman modern ini.

menggaris bawahi "sehingga sangat2 jarang keris perang yg bertahan sampai skr...",
Menurut saya sih bukannya jarang yg bertahan, malah justru keris2 berkhasiat seperti itu paling lama bisa bertahan drpd keris tak bertuah.
Kalau tidak percaya tanya tante Komik, dan ajak berkunjung ke Keraton Jogjakarta. Tanyalah tentang benda pusaka yg paling keramat, tentunya akan dijawab masih.
saya rasa cukup deh, :hehe: drpd salah jalur...

kembali ke . . . . :ogterbang:

adnanunique
23-11-2012, 09:17 AM
keris kan berarti senjata closed combat ya...



bagaimana bisa efektif kalau melawan penjajah dengan senjata jarak jauh (meriam, pistol, dsb)


saya kok blm bisa memahami hal yg demikian...

komikb4
23-11-2012, 09:21 AM
keris kan berarti senjata closed combat ya...

bagaimana bisa efektif kalau melawan penjajah dengan senjata jarak jauh (meriam, pistol, dsb)

saya kok blm bisa memahami hal yg demikian...


kan buat penyelinapan, jadi klo dah deket baru ditusuk:keringat:

lagipula biasanya klo perang keris bukan senjata utama. Waktu Perang JAwa, Diponegoro juga pakai tombak, meriam dan pedang....
AFAKK keris itu macam pedang pendek dalam tradisi samurai :keringat:
buat hiasan epelngkap..tapi klo perlu bisa juga buat pertahanan diri :XD:

doddlez
03-12-2012, 01:25 PM
Keris sadis emang kalo dibuat nusuk daripada nebas :v
ujungnya aja emang ngeri sih tajem gitu~

jefry32
04-12-2012, 12:23 AM
salah satu seni yang harus ada penerusnya,seni pembuatan keris kalo ga diturunin sama anak cucu saat ini mungkin akan tenggelam secara perlahan,padahal ini salah satu ciri khas indonesia

puspus
06-12-2012, 07:25 PM
keris yang asli dibuat empu tidak dengan menggunakan api.. tapi batang baja/tanduk kerbau dipijit pijit.. dan jadi sebuah keris.. memang ini seperti kayalan.. tetapi banyak sesepuh atau empu empu bilang seperti ini.. :ngakak

Yupp7
07-12-2012, 03:30 PM
Keris merupakan sebuah bukti bahwa bangsa kita mampu menciptakan senjata yang ampuh dalam membunuh (pada jaman'a) dan betapa hebat'a bangsa kita memahami teknologi logam saat itu. Semakin bangga dengan bangsa ini.

auravortex
08-12-2012, 12:02 AM
ditambah lagi adanya mitos, tentang penunggu yang ada pada keris tersebut...

jempol
07-03-2013, 03:47 PM
jarang ada yang selamat kal udah ditusuk keris. cuma orang-orang sakti en mumpuni yang bisa bertahan.

brightermushroom
05-07-2013, 02:17 PM
gak heran, mpu2 jaman dulu memang disegani, abis bikinnya rumit sulit dan lama, bangga warisan Indonesia

9999
05-07-2013, 04:14 PM
Keris buatan empu zaman dulu memang bertuah
karena proses pembuatannya yang tidak sembarangan
di zaman sekarang ini masih ada beberapa pengrajin yang menyebut dirinya sebagai empu juga

amanjaya
05-07-2013, 04:53 PM
keris sakti memang di buat oleh empu yang sakti
jadi inget cerita khopingho, keris di mandikan dengan darah bayi yang baru lahir supaya auranya keluar dan menjadi wibawa

Rukuri
20-07-2013, 02:11 PM
keris selain beracun pasti bikin tetanus klo kegores jadi kemungkinan mati atau cacat gede tuh............

demon_regalia
19-08-2013, 05:27 PM
kebanyakan keris di indonesia dikeramatkan dan dimandikan
padahal awalnya itu adalah senjata

cooldejavu
19-08-2013, 06:25 PM
Keris itu....yang kemaren baru meninggal itu kan? #K(e)risbiantoro
kuuuraaannggg........

tapi keris itu kaya ular ya, bentuknya meliuk2, ada yg beracun pula
cocok dipake sama assasin

zeroz7
06-09-2013, 11:29 AM
Kalo senjata tusuk mematikan ane setuju gan, bntuknya aja uda berkelok2 gitu.. nancep sekali bisa gaswat..
Tapi kalo ngalahin pedang ane kurang setuju, coba kalo misal 1 on 1 tuh.. Sabet pake pedang yg lebih panjang ya tewas juga lah,, kecuali tuh yang pake keris lebih jago beladiri..
Sama kalo tuh keris bisa terbang ndiri, mungkin ga bakal kalah.. heheh..

SuperEscape
10-09-2013, 10:27 PM
Actually . . . I Feel the most suitable weapon 4 Assassin is Poisoned Kris. . . . , deeply wounded, poisoned, Silent, Instant Dead. .(Perfect) :onion-86:

Cara lainnya adalah dengan menjilat permukaan keris, cara ini hanya dikuasai oleh orang-orang tertentu dan jika dilakukan oleh orang awam maka akan berakibat kematian. (what??. . .Ngejilat satu barang besoknya mampus. . .para debuser perhatikan yang kalian jilat ya) :ogtakut:

Gorby
13-09-2013, 02:25 PM
Sangarr... bagai assassinss yang menyerang musuh dengan gesit dan 1 tusukan tajam yang membuat musuh langsung tidak berdaya atau menderita seumur hidup.
:blink: Besok beli...

You_usu
14-09-2013, 07:27 AM
Setuju sama kalimat akhirnya... keris merupakan budaya dan bukan mistik

Mematikan bukan karena hal mistik, namun karena ada penjelasan yang dapat diterima. sebenernya mengenai racun, dari kulit maupun kelenjar racun hewan itu tidak mampu bertahan lama apabila organisme-nya tidak hidup lagi. zat-zatnya memang ada. namun konsentrasinya tidak lagi banyak dan akan terdegradasi seiring berjalannya waktu.

penggunaan racun yang paling hebat itu dilakukan sama orang papua gan, mereka pakai kelenjar racun di kulit kodok untuk merendam panah mereka setiap mau perang, dan itu tiap hari racunnya ganti jadinya tetap mematikan

bujubusyet
19-09-2013, 03:24 PM
kalau dulu gan kakek ane punya keris sakti gitu. jadi kalau di tusukin ke pohon pisang. besoknya pohon pisangnya bisa kering langsung gan..

dickbull
19-09-2013, 03:35 PM
Kl keris itu beracun ane baru tau gan, soalnya dirumah ane tuh keris sering dibersihin oleh abang ane
Ane pernah liat keris itu tajam bgt, kl keluarga ane digunain untuk acara pernikahan adat gan

Untuk orang sumatra keris ditaruh didepan sedangkan orng jawa naruhnya dibelakang

pramudhitasetya
19-09-2013, 08:58 PM
bener memang sampai sekarang keris masih banyak dijumpai di rumah2, kalau pas dibawa ronda malam juga praktis gan

GaleRareglove
08-10-2013, 02:57 PM
gak papa sih klo buat koleksi doang
yg gak boleh klo dijadiin alasan buat korupsi (kayak salah seorang pejabat polisi indonesia)

nReanza
18-10-2013, 12:48 AM
efektif untuk tempur jarak deket,, kalo mau jarak jauh, keris bisa juga dibuat bisa terbang sendiri,.. magic.!

Yandi13
18-10-2013, 04:38 AM
wah hebat yah org dulu bisa nemuin penemuan yg kyk gtu, jadi keris bisa menghasilkan racun nya sendiri tanpa harus di balur pake racun buatan lg. :top:

kalo di bogor namanya tuh kujang yah? pernah denger dari acara jejak misterius kalo pembuatan kujang juga ga beda dari keris.
dan bisa menghasilkan racun juga. CMIIW :???:

jono_thelight
31-10-2013, 04:40 PM
salah satu senjata favorit ane nih..

kalo keris jaman sekarang paling cuma bisa dibuat pajangan kecuali keris yang ada di kesultanan itu ?

Zakuchan
28-02-2014, 02:13 PM
Memang perlu dilestarikan ini keris
Mulai dr besi ampe jd keris harus dilestarikan proses nya
Ini murni budaya, ngga ada mistis2 nya, termasuk seni khas Indonesia

Selama ini cuman pernah liat bikin keris dr baja yg sudah jadi
Dr bijih besi ampe baja ngga pernah dibahas, penasaran ada yg unik ato ngga
Coz pernah nonton soal bikin besi buat Katana Jepang n gw kagum coz bikin bahan nya aja ribet n lama

crewpoek
28-02-2014, 07:35 PM
keris jaman dahulu memang seperti itu bro..
tapi kalau keris buatan jaman sekarang, aman

aizy
28-02-2014, 10:06 PM
ternyata emang keris punya filosofi sendiri mulai dari pembuatan, penggunaan sama cara perawatannya..:matabelo:
kalo dihubung2kan sama sains dan iptek bisa dikaitkan hubngan antara keduanya...:unyil:

TWEWY
02-03-2014, 10:30 PM
Ane pikir keris buat apa, soalnya bentuknya liuk2 gitu gk cocok kan buat ngadu, ternyata buat sekali tusuk, langsung tak berdaya :cambuk:
dan baru tau kalo keris ada racunnya segala, coba bisa dipakai sama militer indonesia ya :iii:
pokok nya nice info gan :top:

anak_tampan
03-03-2014, 08:16 PM
dulu pernah ditunjukin keris warisan turun temurun keluarga, logamnya kayak damascus blade gitu ada kyk motif2 warnanya... memang keren keris ini, sebagai orang indonesia kita harus bangga punya senjata mistis ini wkwk

hatibaja1st
06-03-2014, 03:58 PM
tp yg gw denger dr media tv ato mendengar dr org yg mempunyai barang (keris ) tsb , katanya tiap tiap keris mengandung roh mistik , dan tiap keris mempunyai efek tertentu sebagai kekuatan dr keris itu sendiri

ub2094
10-03-2014, 08:51 PM
Trivia :
Keris ditaruh dibagian belakang tubuh berfilosofi orang Jawa adalah orang yang ramah, yang menghadapi orang lain tidak dengan pamer senjata.
Keris ditaruh dibagian kanan/miring kekanan gagangnya (supaya mudah dihunus!) berfilosofi tetep orang Jawa adalah orang yang siap dan waspada, yang merespon segala bentuk ancaman dengan sigap!

Intinya, tetap ramah akan tetapi tidak bisa diremehkan!

werkz
15-03-2014, 11:19 PM
selain bangga, yang paling penting keris sudah di akui dunia sebagai kekayaan bangsa Indonesia.

undikyumantoro
20-03-2014, 05:45 AM
tp yg gw denger dr media tv ato mendengar dr org yg mempunyai barang (keris ) tsb , katanya tiap tiap keris mengandung roh mistik , dan tiap keris mempunyai efek tertentu sebagai kekuatan dr keris itu sendiri

nggak semuanya ada penunggunya kok.hehe

wisnupratama7
20-03-2014, 04:53 PM
klo keris yg ada isinya itu jd maksud'y ada racunya ya bukan jinnya?? hehehehttp://forum.indowebster.com/showthread.php?t=363697

jenoss
27-03-2014, 09:40 PM
sebetulnya bukan racun sih bro
itu adalah warangan atau arsenikum yang ditujukan untuk memperlihatkan pamor keris

fuchugold
18-04-2014, 06:33 PM
bentuknya juga indah
dan dengar dengar diisi dengan berbagai hal-hal mistis

k4di
13-08-2014, 09:48 AM
weikh...
budaya yang fenomenal..dan aura magic