PDA

View Full Version : 10 Beladiri utama di dunia



blacksheep
18-08-2009, 04:41 PM
10 Beladiri utama di dunia (http://hermawayne.blogspot.com/2009/02/10-beladiri-utama-di-dunia.html)

10. Judo, Jepang
http://clubs.ntu.edu.sg/ntujac/judo.jpg
Judo ditemukan atau didirikan oleh Kano Jigoro, yang sering diganggu pada masa kecilnya, sekitar 1860 sampai 1870. Dengan mengambil berbagai kemampuan dasar beladiri yang berkembang, Kano menambahkan teknik lemparan untuk menciptakan Judo. Arti kata Judo adalah “jalan lembut” yang berarti, menggunakan kekuatan lawan untuk melawan dirinya sendiri. Karena prinsip inilah, maka Judoka tidak harus lebih kuat daripada lawannya. Fokus utama Judo adalah melempar dan kuncian tanah, daripada memukul atau menyerang.

9. Aikido, Jepang
http://doniedward.files.wordpress.com/2008/10/aikido.jpg
Aikido diperkenalkan pada awal 1900an, dengan para pengikutnya belajar untuk menggunakan kekuatan dan energi lawan untuk menjatuhkan mereka. Para murid diajarkan untuk tetap menjaga kondisi penyerangnya, dan diajarkan untuk melumpuhkan tanpa melukai. Penggunaan senjata juga sering ditemui dalam aikido, dan para pengikutnya diajari untuk bertahan melawan tongkat, pedang dan bahkan pisau. Pendiri Aikido, Morihei Ueshiba, berkata bahwa untuk menjadi pengikut Aikido yang sukses, para murid harus “menerima 99 % serangan lawan dan menatap wajah kematian tanpa takut.”

8. Krav Maga, Israel
http://www.theartsoffight.co.cc/martial_arts/images/m_KravMaga.jpg
Beladiri wajib pengawal presiden Israel, seni bela diri ini tanpa aturan, dan keras. Bela diri ini tidak pernah dilatih untuk olahraga, karena benar-benar ditujukan untuk menghancurkan penyerang dengan berfokus pada area vital lawan, misalnya selangkangan dan mata, dan bahkan mengijinkan penggunaan kepala sebagai senjata dan berbagai benda yang ada sebagai senjata. Pendekatan bela diri ini dibagi tiga langkah: Hadapi ancaman, cegah lawan untuk melakukan serangan kedua, dan netralkan lawan.

7. Jujutsu, Jepang
http://www.theartsoffight.co.cc/martial_arts/images/m_Goshin%20Jujutsu.jpg
Ketika samurai Jepang kehilangan semua senjata, mereka akan beralih ke penggunaan Jujutsu (seni lembut). Jujutsu berkembang dengan berfokus pada lemparan, kuncian dan menggulingkan diri. Tapi tidak seperti bela diri lain, Jujutsu lebih banyak bergerak ke “apa aja boleh”. Secara tradisional, para murid diajarkan berbagai taktik “curang” seperti mencolok mata, menggigit, yang jika digunakan dengan tepat, dapat membunuh lawan. Bela diri ini sangat efektif jika digunakan pada pertempuran jarak pendek.

6. Ninjutsu, Jepang
http://www.ninjutsu-torquay.co.uk/resources/sensei5.jpg
Beladiri misterius ini biasa digunakan oleh kaum pembunuh dan para pejuang gerilya Jepang. Ninjutsu mengajarkan berbagai cara untuk mengejutkan lawan dan mengalahkan lawan, dengan arah perkembangan untuk membunuh. Selain kaki, tangan, berbagai senjata diajarkan juga, termasuk teknik menyelinap dan melarikan diri secara efektif.

5. Tae-kwondo, Korea
http://2.bp.blogspot.com/_mka5Vk1oVUw/SKGTJ8DH3-I/AAAAAAAABFM/YmZ-V3cz608/s400/Sara-Doing-Tae-Kwondo_080313_mn.jpg
Tae-kwondo memiliki arti “jalan kepalan dan kaki”. Beladiri ini berkembang pesat setelah era PD II, ketika Jepang mengakhiri pendudukan atas Korea. Bela diri ini terkenal atas tendangannya yang mencengangkan, dan menggabungkan antara kemampuan fisik dan kekuatan mental. Pemengang sabuk hitam beladiri ini mencapai 3 juta orang di seluruh dunia.

4. Kung fu, Cina
http://www.asianoffbeat.com/OddNews/Shaolin-Kungfu-3.jpg
Bela diri cari Cina ini berarti secara harfiah: Kesuksesan yang diraih dengan jalan yang berat dan panjang, dan merupakaan beladiri paling tua di dunia. Semenjak diperkenalkan oleh Kaisar Huangti, 2,698 sebelum Masehi, telah berkembang puluhan ribu aliran Kungfu. Secara tradisional, beladiri ini diajarkan oleh para biksu Shaolin, dengan penekanan utama pada moralitas dan filosofi, dimana nilai kerendahan hati, kepercayaan, dan kesabaran, serta penghormatan diutamakan.

3. Karate, Jepang
http://travelnooks.files.wordpress.com/2008/03/karate.jpg
Diturunkan dari kata yang berarti “tangan kosong”, Karate diperkenalkan sebagai beladiri tanpa senjata. Berbagai teknik Karate diperkirakan berawal dari tahun 1300-an, walaupun penulis “10 Precepts of Karate”, Anko Itosu, bapak karate modern, menuliskan buku tersebut pada tahun 1908. “Karate adalah teknik yang mengubah tangan dan kaki menjadi tombak” demikian tulis Anko. Pada buku tulisan Anko, karate dapat dipakai sebagai,”… cara mengindari perkelahian jika dihadang penjahat.”

2. Brazilian Jiu-jitsu, Brazil
http://www.mykaratestore.com/store/images/Brazilian%20Jiu%20Jitsu%20Uniform.jpg
Walaupun didirikan di Brazil, pendiri bela diri ini adalah Mitsuyo Maeda, seorang petarung dari Jepang, yang memenangkan lebih dari 2000 pertandingan dan dianggap sebagai manusia paling tangguh. Maeda bertemu dengan keluarga Gracie di Jepang pada tahun 1914, dan semenjak saat itu juga keluarga Gracie dianggap sebagai keluarga pertama beladiri ini. Penekanan pada lemparan dan groundwork menjadikan olahraga ini populer di kalangan pengguna olahraga campuran.

1. Muay Thai, Thailand
http://malaysiantraveller.files.wordpress.com/2007/04/muay-thai.jpg
Mirip sekali dengan kickboxing, tapi bedanya, pukulan di bawah sabuk, siku dan dan lutut semua boleh dipergunakan. Muay Thay susah sekali diperkirakan kapan tepatnya lahir, tapi berbagai elemen dari beladiri ini dapat ditemui di beladiri Jepang dan India. Popularitas beladiri ini mulai muncul pada tahun 1800-an. Secara tradisi, bela diri ini sangat terstruktur, dengan berbagai ritual yang menunjukkan penghormatan kepada lawan. Sekarang beladiri ini lebih berfokus sebagai penggunaan badan sebagai senjata, kepalan, tulang kering, siku, lutut, dan berbagai hal lain untuk mengalahkan lawan. Inilah yang membuat bela diri ini berharga, karena semua bagian tubuh dapat digunakan sebagai senjata.

http://hermawayne.blogspot.com/2009/02/10-beladiri-utama-di-dunia.html

valr1st
18-08-2009, 04:46 PM
Pencak silat ga ada om...

tapi kalo diliad di pertandingan2 keknya ground fighting lebih dominan untuk menang deh kek K-1 vale tudo atau apalah yg di acara tipi2 ...

NuRaider
18-08-2009, 04:50 PM
Jepang banyak banget yah punya Beladiri...

Indonesia Pencak Silat , India Kalaripayat, Brazil Kapoera... apa lagi yah.. :???:

blacksheep
18-08-2009, 05:51 PM
Pencak silat ga ada om...

tapi kalo diliad di pertandingan2 keknya ground fighting lebih dominan untuk menang deh kek K-1 vale tudo atau apalah yg di acara tipi2 ...
pencak silat kan punya malaysia:)

eflaze
18-08-2009, 06:04 PM
mantaff semua....
emg bela diri yg terkenal di belahan dunia lain

tp tertarik dgn "Krav Maga" yg dipakai utk militer...
tiga langkah: Hadapi ancaman, cegah lawan untuk melakukan serangan kedua, dan netralkan lawan
mantaffff

shinobi32
18-08-2009, 06:09 PM
gw pernah nonton di metro, ktnya yg nomor satu itu kunggu shaolin, baru karate.

dvithboy
18-08-2009, 06:17 PM
hmm..:th_099_:

rupanya orang luar blum pd tw ya kehebatan Pencak Silatnya Indonesia....

klo tenaga dalem termasuk beladiri gk ya..:???:

okidna
18-08-2009, 06:21 PM
pencak silat kan punya malaysia:)

pencak silat masih diakui milik Indonesia, at least oleh Wikipedia


http://en.wikipedia.org/wiki/Pencak_silat

Akatsuki_Rolan40
18-08-2009, 06:28 PM
Tarung Drajat g dmasukin yach......

Dulu c wkt kcil diriku prnah ikutan tuch.....

Klo dah mulai acara d adu sesama murid.....Suka lupa dah jurus2nya.....Yg pnting hajar ajah....


:haha::haha::haha::haha::haha:

Karel
18-08-2009, 06:31 PM
Indonesia kok gak ada sih???
Kan ada silat harimau kayak di film merantau

blacksheep
18-08-2009, 06:38 PM
pencak silat masih diakui milik Indonesia, at least oleh Wikipedia


http://en.wikipedia.org/wiki/Pencak_silat
thank god.
kalau kata orang malaysia di topixmalaysia sih lain bro
:):001_icon16:

ayssid
18-08-2009, 06:44 PM
yah ada benernya juga punya dia tapi punya kita juga. Walaupun sama2 pencak silat Indonesia dan Negara melayu lain masing-masing punya gayanya sendiri.

Kalau di Indonesia yang terkenal salah satunya Cimande. Gw buka youtube sampai orang bule juga buka tempat latihan silat di Eropa...

cblue
18-08-2009, 07:03 PM
pencak silat kan punya malaysia:)

benarkah? ada bukti otentik masalah ini? setau gw pencak silat itu asli bela diri Indonesia...

blacksheep
18-08-2009, 07:23 PM
benarkah? ada bukti otentik masalah ini? setau gw pencak silat itu asli bela diri Indonesia...
silahkan kunjungi topix malaysia:)

http://www.topix.com/forum/world/malaysia

leoforyui
18-08-2009, 07:24 PM
Indonesia dan Malaysia punya beragam aliran beladiri

di Malaysia beladiri disebut silat.

di Indonesia ada yg menyebut beladiri sebagai silat
ada juga yang menyebutnya pencak

untuk mempersatukan berbagai aliran, IPSI sepakat menggunakan kata Pencak Silat

begitu kalo gak salah, CMIIW

djokdja09
18-08-2009, 07:31 PM
SETUJU!!
beladiri no 1 emang muay thai..

orang2 yg berlatih muay thai mmpunyai otot yg proporsional dan efektif..
apa lagi serangan seranganny...
:top: bgt!

okidna
18-08-2009, 07:35 PM
silahkan kunjungi topix malaysia:)

http://www.topix.com/forum/world/malaysia

buset dah situs itu...isinya cuma saling memaki antara orang Indonesia dan Malaysia.. bener2 gak mutu..

n_iz_are
18-08-2009, 07:44 PM
jepang mendominasi ya....

tp koq gak da ya yg dari indo....

firstlarc
18-08-2009, 08:30 PM
Kebanyakan dari Jepun ya. Debus termasuk beladiri gak ya? kok kayanya yg asli Indonesia susah banget ditemui

tonde104
18-08-2009, 11:34 PM
gw perna liat top 10 martial arts kaya gini di tv. cuma yg peringkat 1 itu kung fu punya cina, dilihat dr byknya jurus dan jumlah orang yg mempraktekannya.

btw it's still nice info :top:

biggerzandlongz
19-08-2009, 01:05 AM
tapi the most powerfull
tetep pencak silat lah !
bisa makan beling ditusuk pake golok aj kuat... pencak silat gto looh !

botay
19-08-2009, 07:48 AM
silat indonesia g masuk yah... pdhl udah ada cabangnya sendiri di olimpiade...

tomiero
19-08-2009, 08:50 AM
pionir beladiri tangan kosong sebagian besar dari asia ya :D

KyleSteward
19-08-2009, 09:34 AM
Boxing ga masuk neh :???: Dia lebih ke sports dibanding martial arts yaq?

Sambo yang biasa di militer rusia juga ga masuk yaq :haha:

chynthia
19-08-2009, 11:38 AM
kalo yg g tau, ibu dari segala beladiri adalah kalaripayat dari india. dari sini kalaripayat masuk ke cina dan menjelma menjadi wushu yang kemudian menjadi kungfu shaolin. masuk juga ke jepang dan menjadi karate. Di China sendiri, praktisi beladiri terbagi menjadi 2 aliran besar, yakni kungfu yang didominasi Shaolin dan Taichi yang diajarkan Wudang. kalo untuk pencak silat, g masi kurang tau asal mula pertama kalinya. tapi mustinya berasal dari kalaripayat juga. Menurut g, suatu beladiri akan lebih ampuh bergantung pada filosofi yang mendasarinya. beladiri barat kebanyakan tidak memiliki filosofi, hanya mengandalkan brute force alias kekuatan otot. ini sebabnya g berani bilang kalo beladiri barat macam boxing ataupun capoeira pasti tewas kalo ketemu kungfu atau taichi. Krav maga juga kayaknya cuman buat gebuk-gebukan doang. kalo urusan beladiri, beladiri timur alias asia tetap nomor satu. orang barat ma maen pistol aj lah. Kalo menurut g pribadi, beladiri terbaik adalah taichi karena prinsip memakai tenaga lawan dan kekuatan disatukan disini. sedangkan untuk silat, menurut saya harus dibedakan antara beladiri mekanik (tangan kosong dan bersenjata) dengan tenaga dalam. soalnya kalo tenaga dalam, shaolin juga banyak macam kungfu tapak besi atau matahin tombak dengan menusukkan mata tombak ke leher.

botay
19-08-2009, 11:43 AM
kalo yg g tau, ibu dari segala beladiri adalah kalaripayat dari india. dari sini kalaripayat masuk ke cina dan menjelma menjadi wushu yang kemudian menjadi kungfu shaolin. masuk juga ke jepang dan menjadi karate. Di China sendiri, praktisi beladiri terbagi menjadi 2 aliran besar, yakni kungfu yang didominasi Shaolin dan Taichi yang diajarkan Wudang. kalo untuk pencak silat, g masi kurang tau asal mula pertama kalinya. tapi mustinya berasal dari kalaripayat juga. Menurut g, suatu beladiri akan lebih ampuh bergantung pada filosofi yang mendasarinya. beladiri barat kebanyakan tidak memiliki filosofi, hanya mengandalkan brute force alias kekuatan otot. ini sebabnya g berani bilang kalo beladiri barat macam boxing ataupun capoeira pasti tewas kalo ketemu kungfu atau taichi. Krav maga juga kayaknya cuman buat gebuk-gebukan doang. kalo urusan beladiri, beladiri timur alias asia tetap nomor satu. orang barat ma maen pistol aj lah. Kalo menurut g pribadi, beladiri terbaik adalah taichi karena prinsip memakai tenaga lawan dan kekuatan disatukan disini. sedangkan untuk silat, menurut saya harus dibedakan antara beladiri mekanik (tangan kosong dan bersenjata) dengan tenaga dalam. soalnya kalo tenaga dalam, shaolin juga banyak macam kungfu tapak besi atau matahin tombak dengan menusukkan mata tombak ke leher.

ada artikelnya ga??? soalnya menarik nih mengenai asal bela diri berasal dari india... bru denger...

Saracen
19-08-2009, 12:02 PM
wedew..
5 dari 10 nya berasal dari jepun
silat urutan brapa nih..

Virgo_shaka
19-08-2009, 12:53 PM
SETUJU!!
beladiri no 1 emang muay thai..

orang2 yg berlatih muay thai mmpunyai otot yg proporsional dan efektif..
apa lagi serangan seranganny...
:top: bgt!

Belum tentu, bro. Kan bergantung praktisinya juga rajin latihan atau ga. Meski sama-sama rajinnya juga, masih bergantung pada masing-masing strategi individunya. Kalau menurutku sih ga ada beladiri yang lebih atas atau lebih bawah dari yang lainnya. Semua kembali berpulang pada praktisinya.

k1m0ch1
19-08-2009, 01:08 PM
Indonesia kok gak ada sih???
Kan ada silat harimau kayak di film merantau

tapi kan silat ga terlalu terkenal di dunia

recure
19-08-2009, 01:24 PM
kok bny amt yg dari jepang sih

chynthia
19-08-2009, 08:56 PM
Kalo artikel tentang beladiri kayaknya uda pernah dibuat de di bagian rtikel bersejarah. kalo referensinya si g uda lupa. musti nyari dulu. Terus kalo menurut g, tetap ada beladiri yang lebih unggul daripada beladiri lain. maksud g begini, seandainya satu orang sebutlah si A mempelajari muay thai sampai tingkat master, terus si A di klon dengan asumsi klon nya sempurna (segala-galanya sama persis dari fisik, sifat, cara berpikir, pengalaman, dsb). si klon ini belajar taichi sampai tingkat master. sekiranya si A diadu ama klon nya, maka yang akan menang adalah si klon yg belajar taichi. gitu si

nicander
19-08-2009, 09:15 PM
wah ternyata kung-fu yang paling tua yah....

Chopsuey03
20-08-2009, 12:25 AM
Tarung Drajat g dmasukin yach......

Dulu c wkt kcil diriku prnah ikutan tuch.....

Klo dah mulai acara d adu sesama murid.....Suka lupa dah jurus2nya.....Yg pnting hajar ajah....


:haha::haha::haha::haha::haha:

Okeh setujuh Ane juga gituh dulu pokoknya Hajar Blehhhh :onion-08:

gheega
20-08-2009, 12:32 AM
kok beladiri yg terkenal kbanyakan dri jepang?? pencak silat kpn bisa mendunia y??

SEALL
20-08-2009, 12:46 AM
ntu poling menurut apa yah.....trus ama siapa.....
atas gw
silat itu udah mendunia bahkan sudah di akui sebagai beladiri yang paling mematikan...masa ga tau sih?? cari aja berita tentang silat.
trus beladiri israel mang ada yah??ntu kan negara baru...perlu di cari lagi tuh asal-usulnya..
kali aja cuma ambil sana ambil sini dari berbagai macam bela diri????
Hidup Silat Indonesia........yang semakin digemari di dunia:th_099_::onion-45::top::top:

dickichan
20-08-2009, 12:48 AM
kok yang indonesia g masuk y kan ad jaka tingkir yang bisa ngalahin buaya dengan tangan kosong.. trus gatot kaca si otot kawat tulang besi+ bisa terbang

abcX
20-08-2009, 12:59 AM
Muay Thai mantep tuh.

kek di film, Lutut ne bisa bwt ancurin Helm Full Face.
Sikut ne apa lagi.

Serem, men.

typezer0
20-08-2009, 01:35 AM
Ga ada silat ya?

Di kampung gw, yg terkenal silat harimau... Gerakan2nya mematikan, Pokoknya ga ada indah2nya...

riedjal
20-08-2009, 06:22 AM
Kebanyakan dari Jepun ya. Debus termasuk beladiri gak ya? kok kayanya yg asli Indonesia susah banget ditemui
Bukan 'Bro, debus tu sebenernya aliran Sufi + Mistik ...
makanya belajar debus biasanya ada amalan2 tertentu, walopun kondisi fisik jg kudu betul2 mapan ...
FYI ... kalo belajarnya salah 'n gak pake guru bisa bikin ente nggak waras, tau kan maksud ane ...

... beladiri barat kebanyakan tidak memiliki filosofi, hanya mengandalkan brute force alias kekuatan otot. ini sebabnya g berani bilang kalo beladiri barat macam boxing ataupun capoeira pasti tewas kalo ketemu kungfu atau taichi. Krav maga juga kayaknya cuman buat gebuk-gebukan doang.
tidak memiliki filosofi gmn maksud ente !!??
rasanya lebh tepat minim drpd tidak, terutama buat beladiri modern macam krav maga ... setau ane krav maga memang dikembangkan untuk militer, makanya nggak ada aturan baku .. yang penting musuk keok ... nah 'tu filosofinya : nggak ada aturan !!!
sebagai seorang yang pernah menjadi capoeirista .. rasanya ane cukup tahu gmn sejarah dan filosofi dalam capoeira ...

yang membuat beladiri timur kaya akan filosofi juga tidak lepas dari tempat dimana beladiri tsb dikembangkan Kung-Fu misalnya, dikembangkan di kuil Shaolin, sehingga kung-fu bukan cuma urusan badan tapi juga jiwa, juga beladiri Wudang yang dikembangkan oleh pengikut aliran Tao ...
Capoeira dikembangkan oleh para budak afrika yang dibawa ke Brazil, lebih fokus ke kaki 'coz tangan mreka dirantai .. IMO dalam keadaan seperti itu yang ada dipikiran mreka adalah cara untuk bebas dari penjara, nggak sempat buat mikir harmonisasi dengan alam, keseimbangan yin-yang, dsb .. (ane cuman sebutin Capoeira 'coz ane nggak tau sm beladiri barat yang laen)

BliTcHz
20-08-2009, 07:00 AM
@^

bener tuh debus aliran sufi + mistik

emangnya kata siapa debus susah ditemui di tempat gw sering pertunjukan debus

soalnya gw di Banten

chynthia
20-08-2009, 09:17 AM
@riedjal:
mungkin kata "minim" lebih tepat. Capoeira memang dikembangkan oleh budak Afrika. Mereka berlatih dengan menyamarkan gerakan-gerakan beladiri di dalam tarian ("jinga" kalo gak salah). Maksud g, sekiranya dua tentara dimana tentara A menguasai capoeira harus berhadapan dengan tentara B yang menguasai taichi (g pake contoh satu beladiri timur), g yakin tentara B memiliki kemungkinan menang jauh lebih besar dengan catatan level keduanya sama (sama-sama ban hitam). Sama halnya dengan krav maga ataupun boxing. Kalo perkara gak ada aturan, sebenarnya semua beladiri tidak ada aturan. yang ada hanya jurus dan si pengguna harus menentukan sendiri kapan memakai jurus tertentu sesuai kondisi saat itu.

evancode
20-08-2009, 10:56 AM
katanya kan kungfu shaolin itu ibu dari semua jenis beladiri

chynthia
20-08-2009, 12:13 PM
^
^
^
bukan. kungfu asalnya dari wushu. konon dari yang g tau, sejarah kungfu haolin itu gini. dahulu di sebuah tempat umum (lupa kedai atau rempat perisitirahatan, pokoknya fasum) ada berkumpul jenderal-jenderal dan biksu-biksu. disini mereka saling menularkan ilmu wushu mereka. dari sinilah lahir kungfu shaolin. ada juga versi yang mengatakan bahwa kungfu dibawa dari india oleh biksu Damo. gak tau mana yang bener. tapi yang pasti kungfu itu lahir dari wushu yang bila ditelusuri memiliki titik awal dari kalaripayat india. CMIIW

meneng
20-08-2009, 01:57 PM
hmm... memang hebat2 tuh beladiri, ak paling suka Ninjutusu!! lumayan klo pingin bunuh2 orang!!

namie04
20-08-2009, 06:05 PM
hmm... memang hebat2 tuh beladiri, ak paling suka Ninjutusu!! lumayan klo pingin bunuh2 orang!!

wah lumayan buat bunuh2
kayanya ini bakalan terjadi pembunuhan berencana:onion-59:

btw ini pengurutannya berdasarkan apa ya?

riedjal
21-08-2009, 02:47 AM
... Mereka berlatih dengan menyamarkan gerakan-gerakan beladiri di dalam tarian ("jinga" kalo gak salah). ...
ginga :onion-105:

Maksud g, sekiranya dua tentara dimana tentara A menguasai capoeira harus berhadapan dengan tentara B yang menguasai taichi (g pake contoh satu beladiri timur), g yakin tentara B memiliki kemungkinan menang jauh lebih besar dengan catatan level keduanya sama (sama-sama ban hitam). ...
dengan alasan ... !!??? minim filosofi :???:
FYI ... Capoeira ada 2 jenis, Regional sm Angola ...
yang sering kita liad di tipi/pilm yang banyak gerakan akrobatiknya 'tu regional tu cuman buat latihan 'sm pertunjukan, Regional nggak efektif buat tarung karna banyak celah waktu melakukan gerakan akrobatik ...
kalo angola khusus buat tarung ... gerakannya lebih taktis, 'n mengincar bagian2 vital, kebanyakan yang diincar bagian bawah/kaki (melumpuhkan lawan) 'n bagian atas/kepala (serangan frontal) ...

... Kalo perkara gak ada aturan, sebenarnya semua beladiri tidak ada aturan. yang ada hanya jurus ...
bukankah pada akhirnya jurus itu menjadi aturan ... :???:

chynthia
21-08-2009, 08:21 AM
Gitu to, jadi ada dua macem. soalnya yang pernah g liat ya lewat film --> Only the Strong (Mark Dacascos). G juga perna liat latihannya. Gerakan-gerakannya benar-benar kentara banget dan untuk level refleks praktisi beladiri, gerakan-gerakan ini termasuk lamban (ya, kalo untuk orang awam si termasuk lumayan cepet). gak ada gerak tipu. ambil contoh tendangan balik. ini kan musti pake acara muter badan dulu. kalo yang biasa beladiri, saat lu muter badan, satu tendangan uda masuk. kalaupun tidak, mudah dihindari.terus ada juga kan gerakan koprol untuk menjangkau musuh yang rada jauh lalu menjatuhkan tumit ke kepala lawan. ini menurut g gerakan paling konyol. pasti gagal kalo dipakai dalam pertarungan betulan. mungkin yg g liat ini versi akrobatik kali ya? berhubung situ juga praktisi, mungkin bisa kasi info lebih lanjut tentang yang satu lagi? Angola --> di afrika kan?
jurus memang merupakan serentetan gerakan yang beraturan. maksud g gini, orang yang berlatih jurus, cenderung lebih siap dalam menghadapi keadaan tertentu. bukan asal improvisasi. misal gini:
kejadian dia diserang lawan dimana si lawan menyerang dengan pisau, cuman dengan tangan kiri. kalo dia gak pernah belajar jurus, dia harus ada waktu reaksi sekian milidetik untuk merespon terhadap gerakan ini, karena dia biasa menerima serangan tangan kanan. ini yang maksud g gak ada aturan. mungkin definisi aturan beda. kalo maksud g tentang aturan adalah beladiri tanpa jurus macam street fighting acak kadut.

riedjal
21-08-2009, 09:02 AM
... Angola --> di afrika kan?
Yup :top: ... coz kebanyakan dari sana budak2 'tu berasal ...
lagu2 pengiring dalam Capoeira rata2 adl lagu tentang kampung halaman (Angola) ... (kalo nggak salah) lagu khas Capoeira Parane 'e .. diambil dari nama sungai di Angola ...
Induk dari Capoeira sbenernya y Angola, kemudian dikembangkan (+ disamarkan) dengan gerakan2 akrobatik yang mengikuti ritme hingga mirip tarian, jadinya para prajurit Portugis (NB : Brazil dijajah portugis) 'n majikan2 tu budak nggak curiga, mreka pikir "toh 'ni budak nggak bakalan macem2 ... wong tangannya dirantai" ... nggak taunya gara2 tangannya dirantai itu Capoeira Angola lalu fokus ke kaki ... style Angola pun berkembang dari yang awalnya lambat jadi ada gerakan mendadaknya, plus gerakan2 tipuan ...

... berhubung situ juga praktisi ...
praktisi .. :onion-46: ... nggak juga ... :hihi:
ane cuman jadi Capoeirista bbrp bulan aj, cuman sempet belajar gerakan2 dasar, trus brenti gr2 tangan ane cedera ... (tempat latihannya jauh pula :swt:)
sekarang sih cuman latihan sendiri ...

kalo ane ngebacot Capoeira trus, bisa2 ni jadi Trid capoeira Donk :haha: ...

BTW ... yang lain nggak ada yang mau nambahin penjelasan 10 beladiri dari TS !!?? :???:

Pumpkinz
21-08-2009, 09:50 AM
Kok capoeira g ada yah! Padahal keren!

ian_xander
21-08-2009, 11:28 AM
jepang ternyata punya banyak aliran beladiri yak...

yang ngebeda'in tu apanya sih judo ma aikido???... :???:

kalo dari jepang sih aq suka kendo...

Cikidap
21-08-2009, 12:01 PM
yang karate mantap!!!
kecil2 dah sabuk item..

die40
21-08-2009, 01:58 PM
sebetulnya masalahnya bukan yg nomor brapa jenis beladirinya, tapi tergantung penggunanya... kalo punya beladiri no.1 sedunia, tapi reflek ga ada n penerapan beladirinya ancur2an ya digebukin jg tetep aj bonyok2:bonyok::bonyok::bonyok:

AndhikA7X
21-08-2009, 02:12 PM
Pencak silat

Indonesia

moqil
21-08-2009, 03:41 PM
gue mau belajar akiedo..!

danieledgar
21-08-2009, 05:45 PM
wah,beladirinya si ippo kagak ada,:lol:

Virgo_shaka
21-08-2009, 06:04 PM
ginga :onion-105:

dengan alasan ... !!??? minim filosofi :???:
FYI ... Capoeira ada 2 jenis, Regional sm Angola ...
yang sering kita liad di tipi/pilm yang banyak gerakan akrobatiknya 'tu regional tu cuman buat latihan 'sm pertunjukan, Regional nggak efektif buat tarung karna banyak celah waktu melakukan gerakan akrobatik ...
kalo angola khusus buat tarung ... gerakannya lebih taktis, 'n mengincar bagian2 vital, kebanyakan yang diincar bagian bawah/kaki (melumpuhkan lawan) 'n bagian atas/kepala (serangan frontal) ...

bukankah pada akhirnya jurus itu menjadi aturan ... :???:
Demikian juga taichi juga punya dua sisi. Yang biasanya dilihat orang trus yang dipraktekin ma orang tua-orang tua di lapangan itu hanya "soft-side" aja. "Hard-side" dari Taichi adalah serangan yang akurat, cepat, kejam, dan daya hancurnya luar biasa.

Tapi biasanya setiap beladiri selalu punya "soft-side" dan "hard-side" ya kecuali Ninjutsu dan beladiri militer yang memang khusus dikembangkan untuk melumpuhkan lawan aja.

rollerkoster
22-08-2009, 04:32 AM
buset dah situs itu...isinya cuma saling memaki antara orang Indonesia dan Malaysia.. bener2 gak mutu..

itu forum g ada yang ngatur apa ya. g cuma saling maki orang indonesia-malaysia. malaysia sendiri pada saling maki dibiarin. mudah2an g ada forum kaya gitu d indonesia. Amien... btw kayanya yang bahas masalah silat dari mana itu ini ya SILAT asalnya dari mana??? (http://www.topix.com/forum/world/malaysia/T07V4K8JAR4T1VM2D)

stigermorgan
22-08-2009, 11:52 AM
wow bakal mematikan tuch ilmu2 walaupun cuma menguasai satu jenis

Ebink
03-09-2009, 07:47 PM
Pencak silat ga ada om...

tapi kalo diliad di pertandingan2 keknya ground fighting lebih dominan untuk menang deh kek K-1 vale tudo atau apalah yg di acara tipi2 ...

Iya nih..
Pencak silat sebenarnya harus masuk
Original From Indonesia

adul
03-09-2009, 10:52 PM
pencak silat paling manteb:top::top:

3121k
04-09-2009, 12:08 AM
jujitsu tuh bisa mematikan...

krav maga lebih keren kayanya

nguonggg
04-09-2009, 01:54 AM
krav maga mestinya yg paling efektif, bisa menggunakan segala macam alat yg ada buat digunakan sbg senjata. kalo gak salah yg dipake di bourne trilogi krav maga
tp kalo buat diliat sih bagusan kungfu ya, komplit pukulan dan tendangannya
kalo tendangan yg bagus taek won doo
ya, masing2 ada kelebihan dan kekurangan lah


^
^
^
bukan. kungfu asalnya dari wushu. konon dari yang g tau, sejarah kungfu haolin itu gini. dahulu di sebuah tempat umum (lupa kedai atau rempat perisitirahatan, pokoknya fasum) ada berkumpul jenderal-jenderal dan biksu-biksu. disini mereka saling menularkan ilmu wushu mereka. dari sinilah lahir kungfu shaolin. ada juga versi yang mengatakan bahwa kungfu dibawa dari india oleh biksu Damo. gak tau mana yang bener. tapi yang pasti kungfu itu lahir dari wushu yang bila ditelusuri memiliki titik awal dari kalaripayat india. CMIIW

menurut legenda, sewaktu damo sedang waktu senggang, dia mengamati gerak gerik macam2 hewan, yg nantinya dibuat jurus2 kungfu shaolin.
sedangkan ilmu pernafasannya memang sudah dibawa damo dr india (semedi)

RedH
09-09-2009, 07:11 AM
Ada beberapa yg kurang tepat nih kayaknya..
Seperti, Bapak karate modern itu Sensei Gichin Funakoshi, bukan Sensei Anko Itosu, karena Sensei Anko Itosu itu masih memegang karate tradisional dan beliau adalah guru dari Sensei Gichin Funakoshi

Trus, yg kungfu, kungfu itu kayaknya bukan hanya dari shaolin aja deh, seperti kungfu" legendaris miliknya suku Hui (kaum/suku muslim di cina), nggak mungkin kan klo mereka belajar ke shaolin?, trus kungfu kayak Xingyi malah diperkirakan ada sebelum shaolin berdiri (kungfu ini memang sederhana dan beda banget dgn kungfunya shaolin, kabarnya sih yg nyiptain itu Jenderal Yue Fei), CMIIW

Klo masalah wushu ama kungfu, di wikipedia sih bilang begitu, tapi praktisi kungfu tradisional malah biasanya lebih suka menyebut beladiri mereka sebagai kungfu, daripada wushu... mau tau kenapa? :onion-03:

PseudoAngel
09-09-2009, 07:16 AM
krav maga...

berarti paling deket ama gaya street fighting gitu yak?

sounds cool... :blink:

kzha
09-09-2009, 09:54 AM
wah,.. Indonesia kok kaga ada gan,..?

kan ada ntu yang paling sakti "debus" dari banten :onion-45:

SanoAccuro
09-09-2009, 03:29 PM
Jepang memang jagonya bela diri yach..:top::top:
buktinya beladiri dari jepang paling banyak..
btw,,
dari Indonesia seharusnya ada tuh..

jamrong
09-09-2009, 08:25 PM
Wah penulis thread nggak ada rasa nasionalis ni......masukan donk pencak silat walu urutan ke 1XX.....berapa gitu

ayssid
09-09-2009, 08:46 PM
Yang aikido juga keren tuh, gw denger sih itu jurus tangan kosong Samurai. Karena beban armor yang dipakai, otomatis setiap gerakan harus seminimal mungkin. Liat aja jurus2 aikido gerakan kakinya simple banget.

kazzel
09-09-2009, 10:21 PM
kapoerta kok gak ada :???:

juliusdj
07-10-2009, 04:52 PM
kalo yg g tau, ibu dari segala beladiri adalah kalaripayat dari india. dari sini kalaripayat masuk ke cina dan menjelma menjadi wushu yang kemudian menjadi kungfu shaolin. masuk juga ke jepang dan menjadi karate. Di China sendiri, praktisi beladiri terbagi menjadi 2 aliran besar, yakni kungfu yang didominasi Shaolin dan Taichi yang diajarkan Wudang. kalo untuk pencak silat, g masi kurang tau asal mula pertama kalinya. tapi mustinya berasal dari kalaripayat juga. Menurut g, suatu beladiri akan lebih ampuh bergantung pada filosofi yang mendasarinya. beladiri barat kebanyakan tidak memiliki filosofi, hanya mengandalkan brute force alias kekuatan otot. ini sebabnya g berani bilang kalo beladiri barat macam boxing ataupun capoeira pasti tewas kalo ketemu kungfu atau taichi. Krav maga juga kayaknya cuman buat gebuk-gebukan doang. kalo urusan beladiri, beladiri timur alias asia tetap nomor satu. orang barat ma maen pistol aj lah. Kalo menurut g pribadi, beladiri terbaik adalah taichi karena prinsip memakai tenaga lawan dan kekuatan disatukan disini. sedangkan untuk silat, menurut saya harus dibedakan antara beladiri mekanik (tangan kosong dan bersenjata) dengan tenaga dalam. soalnya kalo tenaga dalam, shaolin juga banyak macam kungfu tapak besi atau matahin tombak dengan menusukkan mata tombak ke leher.

gw baca manga kenichi trus ada tuh tentang kalaripayat yang emang ibu dari segala bela diri, btw pencak silat juga ada loh di manga kenichi

jugurei
12-10-2009, 06:05 AM
Krav Maga seinget saya sejarahnya diciptakan buat melawan musuh yang bersenjata-api/senjata moderen dengan tangan kosong. filosofinya mungkin menjadikan senjata yang dipegang musuh menjadi senjata makan tuan ya.

emang jaman moderen gini masih ada yang belajar ninjutsu? Apa tujuannya? Ga ada keuntungan untuk kesehatan, buat bela diri juga sepertinya gak efisien dan kompetisinya jg ga ada..(buat hitman2 kali ya ahaha)

Kurenai86
17-05-2010, 10:01 AM
Pencak silat sama Capoera ngga masuk karena kebanyakan gaya dan gerakan, kali, ya...
kalo lihat pertunjukannya terasa ngabisin energi dan waktu aja, kelamaan.
Bandingin sama Muai Thai seperti di Ong Bak...wuih! langsung ces pleng, mangstaaab!
terus gaya bertarungnya Bruce Lee juga, cuma butuh berapa kali gebrak musuh langsung terkapar, ngga kebanyakan gaya dan ngabisin waktu kayak kalo nonton pencak silatnya indonesia

fajritnf
09-07-2010, 01:35 PM
wah orng luar blom liat debus nya indonesia ni..
bukan hanya silat, tp tahan bacok, tahan tusuk, tahan tembak, tahan sayat, makan beling, makan paku,
smua ada di indonesia
wakakakaka

rmay168
09-07-2010, 11:16 PM
indonesia kok g da om?
pdhal bnyak bnget lho bladiri di indonesia

operator
18-07-2010, 01:30 AM
Gua pilih Muai Thai ...
Seperti filmX tony Jaa di Tom Yum Goong & OngBak ...:boong:

andy46
18-07-2010, 09:37 AM
aikido : “menerima 99 % serangan lawan dan menatap wajah kematian tanpa takut.”
ngeri gan...

bo_chama
18-07-2010, 10:58 PM
walah jepun ampe ada 5 dari 10 bela diri utama di dunia

Mmmmm,
mksud bela diri utama di dunia ni tu apa kk??
ap yg banyak digunakan di dunia kah atow gmn?

taufikadi
21-07-2010, 07:16 PM
kyanya yg plg mendunia itu kungfu deh, dr jaman kapan tau uda terkenal kan? :watta:

rakun
21-07-2010, 07:25 PM
kebanyakan dari jepang ya....mungkin indo ga masuk karena ga dikenal n ga ada promosinya ...

juggernout
22-07-2010, 09:08 PM
Wah ane baru tahu gan ada beladiri kaya Krav Maga gan. Tapi, gak da seninya dong yang penting matiin lawan cocok emang buat anggota militer

cangwadi
22-07-2010, 09:33 PM
Pencak silat mestinya masuk juga. Berdirinya organisasi Persilat yang mewadahi pesilat di seluruh dunia mestinya menjadi salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan.

hangrijek
22-07-2010, 10:01 PM
ternyata moyaritas dari jepang ya

pepsie
23-07-2010, 02:26 AM
pencak silatnya manaaaa:???::???::???:

padahal lumayan oke kan beladirinya

d515151
05-09-2010, 07:44 PM
Kungfu dan Ninjutsu paling keren gan :hahai:

nickmud
05-09-2010, 11:12 PM
pencak silat ga termasuk yah?
hehehe

synx7
06-09-2010, 02:34 AM
kungfu sama muai thai yang paling terkenal

banyak filmnya soalnya wkwk

Fire_Maiden
06-09-2010, 04:52 AM
saya pernah belajar Taekwondo waktu SMA ama karate waktu kuliah :watta:

kukira yg paling populer iru karate ternyata muaythai nyah...:???:

AngelOfAvalon
06-09-2010, 07:26 AM
mantap! tapi paling banyak di Jepang ya gan. jepang emang tempatnya bela diri...sayang gak ada silat

daisuki
06-09-2010, 07:55 AM
Beladiri yang paling banyak dibahas dari jepang ya:keringat:
paling bahaya kayanya yang dari israel itu, menyerang alat vital lawan, bisa2 langsung lumpuh itu:sigh:

Fadilicious
15-09-2010, 03:04 PM
Pengen belajar salah satunya euy,,

HarvestMoon
15-09-2010, 06:56 PM
yang dari indonesia gak gan
itu lho jurusnya si pitung
akwkwak
taphi kogh banyaknya dari jepang smua gan
awkkwakwa

yosuacuber
15-09-2010, 08:18 PM
indo punya kurang populer y kayanya.. kungfu tua banget y..

Qneey
15-09-2010, 09:18 PM
Kebanyakan dari jepang ya gan...

tapak suci gak masuk ya...

manoid
16-09-2010, 12:37 AM
Pencak silat sama Capoera ngga masuk karena kebanyakan gaya dan gerakan, kali, ya...
kalo lihat pertunjukannya terasa ngabisin energi dan waktu aja, kelamaan.
Bandingin sama Muai Thai seperti di Ong Bak...wuih! langsung ces pleng, mangstaaab!
terus gaya bertarungnya Bruce Lee juga, cuma butuh berapa kali gebrak musuh langsung terkapar, ngga kebanyakan gaya dan ngabisin waktu kayak kalo nonton pencak silatnya indonesia

silat itu bnyk macam nya ada yg silat untuk seni, kesehatan smpe tarung... CMIIW.. klo di blng silat itu lama malah silat tarung itu amat mematikan karena memfokuskan 1 pukulan untuk melumpuhkan lawan contoh ky di film merantau 1-2 pukul musuh tepar... mungkin yg agan liat itu silat seni yg memang bnyk "kembang"nya dan di tujukan utk pertunjukan/eksibisi/olahraga... sedangkan silat kesehatan biasanya lebih fokus ke olah pernafasan, membangkitkan tenaga dalam gerakan nya jg lebih halus model2 taichi, wai tan kung, dll...
jd seharusnya kt bangga punya beladiri yg lengkap di silat ini... :peace:

morphinis
16-09-2010, 02:28 AM
hmm emg yg ninjutsu tuh masih ada sekarang gan??
klo aq sih dari dlu pngen belajar kung fu ato muay thai, tp yg di indo g ada yg ngajarin
jadi yaa seadanya aja dah, silat pun tak masalah :haha:

zizzo
25-09-2010, 10:14 PM
di perancis, penchak silat sangat digemari

bahkan yang nomor 1 di eropa

audrian
26-09-2010, 08:59 AM
Ternyata buat make teknik judo kita nggak perlu kuat yak....Krav Maga Israel... bela diri yang biadab. Sama kayak negara asalnya (just personal opinion...no offense :maaf:)

wantek
26-09-2010, 12:31 PM
klo ga salah judo itu beladiri wajib polisi di USA, tapi tentunya yg lebih sering dipake malah senjata api,
secara dapetin senjata disono ama disini sama2 gampang, kalo lo tangan kosong sekali jder aja "lewat"
gw pernah liat di video, warung dirampok yg punya warung ditembak, untung ngindar jadi ga kena HS ama pistol, abis itu
ngeluarin shotgun langsung ditembakin tuh rampok, walhasil lari ngajrit dia

arrisha
26-09-2010, 01:27 PM
gara-gara sakit jarang latian, jadi rindu ama karate :patahhati:

martinnus
26-09-2010, 03:03 PM
pencak silat jadi no. 1(ngarep.com)
btw.. pencak silat boleh yg buat non muslim g ??

Arthuria
27-09-2010, 08:50 AM
FYI walau kebanyakan seni beladiri yang menggunakan sabuk (terutama dari jepang) menggunakan sabuk hitam sebagai tingkat tertinggi, tapi kalo di judo tingkat tertinggi bukan sabuk hitam tapi sabuk merah (dan 9)

stenfield
27-09-2010, 09:58 AM
hmm...ga da yg bisa kayaknya

TurquoiseCat
27-09-2010, 06:08 PM
ninjutsu juga termasuk ya? keren kaya di naruto
indonesia kan ada pencak silat jg

salimdanny
27-09-2010, 10:32 PM
kalaripatayu dari india kaga masuk??? secara dia adalah ilmu beladiri pertama didunia, dan hampir semua ilmu beladiri yang sekarang populer dulu-nya berasal dari kalaripatayu, contohnya, kungfu, karate, pencak silat, kickboxing, dll.

ahonks1
28-09-2010, 05:18 PM
di indo liat aja film merantau... :peace:

aqua00
06-10-2010, 01:51 PM
pencak silat dimana bro?

yuripuspita
15-10-2010, 04:52 PM
kalo menurut gw sih silat yang paling tangguh,,coba aja ada pertarunggan antara Jet Li dan Angling Dharma kira2 siapa yang menang??? aku kira semua punya jawaban yang sama...

toruk_makto
27-02-2011, 01:22 PM
Boleh nambahin satu lagi om?
Yang ini favorit saia nih.. :top:


11. Capoeira, Brazil
http://www.body-pixel.com/wp-content/uploads/2009/04/capoeira.jpg
Capoeira adalah sebuah sistem bela diri tradisional yang didirikan di Brazil oleh budak-budak Afrika yang dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brazil untuk bekerja di perkebunan-perkebunan besar. Pada zaman dahulu mereka melalukan latihan dengan diiringi oleh alat-alat musik tradisional, seperti berimbau (sebuah lengkungan kayu dengan tali senar yang dipukul dengan sebuah kayu kecil untuk menggetarkannya) dan atabaque (gendang besar), dan ini juga lebih mudah bagi mereka untuk menyembunyikan latihan mereka dalam berbagai macam aktivitas seperti kesenangan dalam pesta yang dilakukan oleh para budak di tempat tinggal mereka yang bernama senzala. Ketika seorang budak melarikan diri ia akan dikejar oleh “pemburu” profesional bersenjata yang bernama capităes-do-mato (kapten hutan). Biasanya capoeira adalah satu-satunya bela diri yang dipakai oleh budak tersebut untuk mempertahankan diri.

jarmen_kerll
27-02-2011, 02:18 PM
pencak silat kok gak masuk ya.. padahal jenisnya aja dah macam2 en banyak banget

kasuga
27-02-2011, 02:50 PM
mgkn terlalu banyak kalau dimasukan ke dalam list 10 beladiri utama..
dan mgkn juga bro TS cuma cari yang umum2 saja haha

lee_sunkyu_lover
27-02-2011, 06:28 PM
wah, banyakan jepang ya.?

klo diadu dengan ilmu beladiri indonesia spa yang menang ya??

fiolegend
27-02-2011, 06:50 PM
wah ane ikut yang no.3 KARATE....
semua beladiri itu bagus,,, tergantung penggunanya...

happybratboy
06-03-2011, 03:03 PM
ninja ga diajarin di indonesia tu?
tar banyak peminatnya anak kecil yang niru2 naruto
hehe

joe_cfu
06-03-2011, 03:26 PM
pencak silat kan punya malaysia:)

buktinya kk.. :minta:
klo bener pencak silat dari malaysia...

skalian sumbernya dari mana...

n3ko
06-03-2011, 09:19 PM
pencak silat harusnya masuk tuh..
di indonesia sendiri kan banyak alirannya...
pencak silat termasuk seni beneran..
soalnya sambil silat diiringi musik...
top deh...
(^.^)d

quro_one
07-03-2011, 02:48 PM
Tambahan keterangan dan info2:

- Jiujitsu/Jujutsu awalnya dari jepang, dan katanya merupakan salah satu yang tertua dan merupakan bapak dari beladiri lain di jepang karena komplit, tetapi seiring waktu lebih di kenal bantingan2nya,
meskipun pada pembelajarannya tidak hanya bantingan semata, tetapi pukulan, tendangan dan bahkan pemakaian senjata. Brazillian Jiujitsu adalah Jiujitsu yang sama, tetapi akhirnya dikembangkan sendiri.
- Judo sendiri masih sodara dari Jiujitsu, cuma hanya fokus pada bntingan dan kuncian. Beda pada Do dan Jutsu.. Ju Do/Jutsu, Do=Way of, Jutsu=Technique..
Boleh dikatakan Judo adalah versi praktical atau praktis nya sebagai sport.
- Kenjutsu = teknik pedang, sodaranya Kendo.. Sama2 Ken Do/Jutsu
- Teknik pedang lainnya seperti Iai Do/Jutsu
- Karate (biasane Karate~do), yang ini katanya sudah termasuk teknik campuran.
- Taekwondo asalnya adalah Taekyon, yang kemudian di tambahi Wushu dan Karate jadi Taekwondo.
- Wushu/Kungfu sendiri banyak sekali aliran, yang akhirnya di generalisasikan jadi Wushu.
- Capoeira, berasal dari Brazil, menggabungkan seni musik dan beladiri
- Silat dari Indonesia (di luar terkenal lo, pemain Kill Bill aja ikutan Silat)
- Sambo dari Rusia
- Savate dari Prancis
- Jeet Kune Do => Buatan Bruce Lee

info lebih lengkap disini (http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_martial_arts)


pencak silat kan punya malaysia:)
orang2 luar pun tahu klo pencak silat dari Indonesia, di wiki pun juga demikian

shadowpit
07-03-2011, 03:27 PM
Lebih dari 50% berasal dari asia timur :top:

rockybarus88
07-03-2011, 04:50 PM
wah jadi pengen belajar beladiri neh..hihi..tapi yg mana yah???hehe

Drei
28-05-2011, 05:43 PM
kenapa pencak silat enggak ada..?
kan pencak silat dipake saat perang jaman penjajahan belanda sampai ditakutin sama orang-orang belanda
sekarang pun pencak silat kalo kagak salah juga sudah dipertandingkan di pertandingan internasional dan pesertanya juga dari berbagai belahan dunia

Artanis
31-05-2011, 10:00 AM
kok KEMPO gak masuk ya.. :???:

padahalkan KEMPO juga beladiri.. :hmm:

ph0n13x1
31-05-2011, 04:00 PM
tenyata ada banyak beladiri yang bisa dipelajari. kira" yang susah dipelajarai yang mana ya :???:

Metal_Raiderz
31-05-2011, 06:51 PM
Pencak silat ga ada om...

tapi kalo diliad di pertandingan2 keknya ground fighting lebih dominan untuk menang deh kek K-1 vale tudo atau apalah yg di acara tipi2 ...

klo menurut ane tergantung orangnya sich gan,, men behind the gun gto :peace:

btw tuw si Mitsuyo Maeda klo di adu ma bruce lee menang mana yak??ane jagoin bruce lee dah :haha:

Kuro_kaze
31-05-2011, 07:49 PM
nice post....seharusnya Pencak Silat yang ASLI INDONESIA masuk juga ya,krn Pencak Silat juga mempunyai kekhasannya sendiri.....

keikoku46
31-05-2011, 08:23 PM
pencak silat ga masuk yah..

Artanis
02-06-2011, 07:21 AM
pencak silat ga masuk yah..

Iya harusnya Pencak Silat masuk tuh.. :wuek:
tulen ASLI Indonesia.. :top:

yoggaa
02-06-2011, 10:52 AM
ternyata pencak silat belum jadi yang utama di dunia

Willy_moritz
02-06-2011, 11:36 AM
Jepang banyak bgt yah....
apa karna mereka bangsa petarung??
itu urutannya berdasarkan apa? kok nomor 1 muay thai, padahal masih banyak bela diri lainnya kan....
trus pencak silat mana? kok ga ada?

galeant
02-06-2011, 11:37 AM
gan kok ga da kendo, pdahal kan tuh mantep, bela diri ala samurai, hehehehe

quro_one
02-06-2011, 05:36 PM
ninja ga diajarin di indonesia tu?
tar banyak peminatnya anak kecil yang niru2 naruto
hehe

klo ga salah ada perguruan Ninjutsu di bandung atau mana gitu gan..
cari aja, pasti ada kok.. cuma ga terlalu booming..

areaaja
06-06-2011, 12:39 PM
kok ga ada pencak silat ya !!kwkwkwkw

riphs
07-06-2011, 09:35 PM
wew.. yang dari jepang banyak banget... dan sisanya rata2 dari Asia...

Ampe sekarang gw masih penasaran ada atw ga sih seni bela diri dari Eropa???

Kei Kiske
07-06-2011, 09:51 PM
Aneh, kok jaman sekarang masih berhadapan ama musuh pake kontak fisik, padahal udah jelas kl manusia diciptakan paling sempurna diantara makhluk ciptaan-NYA, kl emang rajin ngerusak "klad" tiap hari, gak usah pake kontak fisik juga bisa kok......

Tutski
07-06-2011, 10:05 PM
Sayang pencak silat gak ada

4NDr3
07-06-2011, 11:39 PM
baru tau karate dari jepang..

kiraiin dari negara2 eropa pertama kalinya..

capoera gak masuk ya..

kan jenis beladiri jg..keren lagi

Artanis
09-06-2011, 12:52 PM
baru tau karate dari jepang..

kiraiin dari negara2 eropa pertama kalinya..

capoera gak masuk ya..

kan jenis beladiri jg..keren lagi

rata2 ilmu bela diri itu berasal dari asia bro.. :elegan:
barat atau eropa itu cuma belajar ajja.. :hehe:

mercon
10-06-2011, 03:13 PM
kl si pitung aliran apa ya ??

Artanis
10-06-2011, 07:26 PM
kl si pitung aliran apa ya ??

klo si pitung aliran sesat.. :lol: :lol:
just kidding gan.. :peace:

unyil_botak
15-06-2011, 10:38 PM
dmana yahh dapatkan video blajar aikido

imhotep
15-06-2011, 11:34 PM
pencak silatnya kok ga masuk sich....hiks...

Artanis
16-06-2011, 07:00 AM
pencak silatnya kok ga masuk sich....hiks...

dari post yang sebelum2nya juga pd kecewa pencak silat gak masuk kategori..
termasuk ane juga gan, btw TS ngambil sumber dari mana ya.. :???:

icefanta
16-06-2011, 08:01 AM
wah mantap bener yah jepang. ternyata yang ada di brazil juga asal nya dari orang jepang.

sayang pencak silat nya ga masuk. padahal masuk di komik jepang.

kalo beladiri yang asli eropa/amerika tuh Boxing bro. tapi kalo definisi nya martial-ARTS ga tau deh bisa di bilang seni apa nggak ehehehe.

zakainiwak
16-06-2011, 08:02 AM
Kayaknya paling mantep kungfu dah... :hehe:
Jdi pengen belajar tpi gk ada yg bisa ajarin...:lalala:

miwacantik
03-07-2011, 10:28 AM
Jepang masih merajai ya, w juga suka sie liat martial artnya mereka, sm kungfu, tp anehnya, w lebih tertarik nyoba taekwondo hoho, cuman capek ya, gk kuat w xDD emang dr snonya gk tomboy jd susah wnya..

HoRny
03-07-2011, 10:43 AM
Pencak Silat Di Indonesia jg keren" , levelnya lebih tinggi dripda karate
sori gan , no offense :peace:

Artanis
03-07-2011, 02:31 PM
Pencak Silat Di Indonesia jg keren" , levelnya lebih tinggi dripda karate
sori gan , no offense :peace:

klo mau tau siapa yang paling hebat ya di duel kan ajja..
karate lawan pencak silat..
kan turnamen juga ada.. :hihi:

wilstreak
03-07-2011, 02:40 PM
itu urutan apa brarti yg terhebat y ?

HoRny
03-07-2011, 02:42 PM
klo mau tau siapa yang paling hebat ya di duel kan ajja..
karate lawan pencak silat..
kan turnamen juga ada.. :hihi:

emangnya ad gan turnamen Karate Vs Pencak Silat

Artanis
04-07-2011, 09:04 AM
emangnya ad gan turnamen Karate Vs Pencak Silat

klo turnamen karate vs pencak silat sih ane gak tau.. :lol:
klo masing2 beladiri tadi ada.. :hihi:

ZuaX
04-07-2011, 10:16 AM
emangnya ad gan turnamen Karate Vs Pencak Silat

Kalo lum ada ya kita bikin aja gan,.... :rokok:

Sekalian bikin Kungfu Vs Pencak Silat, Kapoerra Vs Pencak Silat,..... heheheh :hehe:
ato bikin aja Sasana tarung bebas gan,... lebih sep.... dari aliran mana aja boleh ikutan.

Artanis
04-07-2011, 10:22 AM
Kalo lum ada ya kita bikin aja gan,.... :rokok:

Sekalian bikin Kungfu Vs Pencak Silat, Kapoerra Vs Pencak Silat,..... heheheh :hehe:
ato bikin aja Sasana tarung bebas gan,... lebih sep.... dari aliran mana aja boleh ikutan.

setuju nih ane dengan agan.. :lol:
klo blom ada ya di buat ajja..
jadi kan nanti tau beladiri jenis apa yang paling hebat.. :hoho:

shini234
04-07-2011, 10:59 AM
kenapa dari indonesia gak ada ya?:bloon:
bagaimana dengan debus apakah itu termasuk seni bela diri:haha:

Artanis
04-07-2011, 03:09 PM
kenapa dari indonesia gak ada ya?:bloon:
bagaimana dengan debus apakah itu termasuk seni bela diri:haha:

gak tau tuh coba ajja di ajuin jadi nominasinya.. :hmm:
coba tanya ke TS-nya ajja.. :hoho:

HoRny
06-07-2011, 07:44 PM
Kalo lum ada ya kita bikin aja gan,.... :rokok:

Sekalian bikin Kungfu Vs Pencak Silat, Kapoerra Vs Pencak Silat,..... heheheh :hehe:
ato bikin aja Sasana tarung bebas gan,... lebih sep.... dari aliran mana aja boleh ikutan.

yg menang pasti pencak silat dengan jurus ilmu kebalnya :lol:

blackKen
06-07-2011, 10:43 PM
seingat ane klo ga slh Pencak silat pernah masuk jadi salah satu beladiri yg paling mematikan d :iii:

DeidaraNaruto
07-07-2011, 03:11 AM
lho kung fu bukan nomer 1 :bingung: kan bela diri tertua didunia :bingung:
sayang sekali capoera dari brazil gak masuk nominasi :keringat:
pencak silat :panda: :takut:

Artanis
07-07-2011, 06:15 AM
yg menang pasti pencak silat dengan jurus ilmu kebalnya :lol:

ilmu kebal mah debus doong.. :swt:
silat mah full defensif.. :haha:

mynameisputra
27-07-2011, 01:40 AM
ane ikut muay thai skrg,mantap ne bela diri,efektif bgd....cobain dah....

Artanis
27-07-2011, 05:07 AM
ane ikut muay thai skrg,mantap ne bela diri,efektif bgd....cobain dah....

ane sendiri justru tertarik sama silat...
silat emang terlihat lebih ke defensif.. :haha:

x1210x
02-08-2011, 05:25 PM
dulu pas SD sempet belajar karate bentar :malu:
jd pengen belajar beladiri lg deh..
muay thai kyny menarik :cerutu:

donijokay
02-08-2011, 07:38 PM
Wah, banyak beladiri yg berasal dr Jepang, tp gw suka yg no.1 Muay Thai. Gaya bertarungnya keren...

acehkhan12
05-08-2011, 07:13 AM
lho kung fu bukan nomer 1 :bingung: kan bela diri tertua didunia :bingung:
sayang sekali capoera dari brazil gak masuk nominasi :keringat:
pencak silat :panda: :takut:

kalo rating setahu saya yg prnh nglihat d rating acara tv (lupa namanya) KungFu no.1 d urutan teratas dr bela diri..bahkan ada video kungfu 1 org msh bisa ngatasi 3 orang karateka..dahsyat nya kungfu shaolin..:top:

mumut3
05-08-2011, 10:01 AM
tetap saja wiro sableng beladirinya paling mumpuni..belum lagi pukulan sinar matahari..gosong dah semua yang melawan..

synx7
05-08-2011, 02:14 PM
Paling gila emang muay thai ....

Bner- bner full body contact abis, apalagi muai boran salah satu aliran paling mematikan dalam muay thai

ivonivon
08-08-2011, 04:18 PM
ane ada filmnya nih judulnya human weapon... membahas semua ilmu bela diri.
tapi yang paling keren mma alias mixed martial arts dari amrik. bahkan lebih hebat dari kungfu

Artanis
08-08-2011, 06:07 PM
ane ada filmnya nih judulnya human weapon... membahas semua ilmu bela diri.
tapi yang paling keren mma alias mixed martial arts dari amrik. bahkan lebih hebat dari kungfu

benarkah lebih hebat dari kungfu.. :tampan:
apa udah beneran di tandingkan tuh.. :hmm:

Chikaerna
09-08-2011, 10:37 AM
Ninjutsu na gag kayak naruto yak..

Isa nyemburin api..
wakakkaka..

kitaru
26-08-2011, 11:47 PM
Wing chun ga da ya gan...? ane minat banget tuh ma bela diri... atau apa termasuk pada kategori Kungfu ya.

decade123
27-08-2011, 05:54 AM
Kalo Wushu itu termasuk mana ya?

tokidoki11
27-08-2011, 11:08 AM
shaolin ga masuk ya??
gw pernah nntn acara apa gtu
shaolin itu yanng nomo satu
walaupun gw tau muay thai itu berbahaya banget

TukangSantet
27-08-2011, 07:53 PM
:bloon: gan ini berdasarkan apa gan penilainya...
kenapa thaiboxing yang no. 1 ? :???:
kalo berdasarkan popularitas sepertinya karate, tae kwan do, atau kungfu jadi kandidat utamanya. bahkan sudah jadi nomer wajib di kejuaraan2 resmi :elegan:

dive2blue
28-08-2011, 01:06 PM
huwew aikido emang keren dah :matabelo:
menggunakan tenaga lawan unt menyerang dy balik :onion-86:

duduzs
28-08-2011, 01:28 PM
kungfu kren... trus masih ada pemecahan nya lagi... hehhee".....
ada wing chun dll....
oia boxsing itu kga masuk yha....

cecel
28-08-2011, 02:23 PM
pencaksilat kudunya masuk tuh bos,apa lagi ada yang ilmunya ga bisa kena pukul sama anti peluru itu

jesonorlando
28-08-2011, 02:32 PM
ane ikut karate tuh gan
hohohoo...
kaopera mana yaa???

radenmask
28-08-2011, 04:13 PM
menurut link source blognya, tidak juga dicantumkan kategori ini berdasarkan apa ? kalau hanya dikatakan tingkat dunia, bisa jadi hanya soal publisitas yang terus menerus dilakukan atau bisa juga sudah menjadi cabang olahraga beladiri resmi yang sudah dilombakan. dalam olimpiade misalnya :hmm:

senatores
29-08-2011, 12:14 AM
kalo brazilian juijutsu yang turunan juijutsu nya jepang aja masuk, masa pencak silat gak masuk sih?:sebel:

cocom_8991
29-08-2011, 10:42 AM
wah sayang pencak silat kagak masuk ya kk -,- .. harusnya masuk tuh .. moga aja pencak silat bisa makin dikenal dunia amin.

Setsuko_Ohara
29-08-2011, 05:08 PM
yg krav maga penasaran deh kayak apa:iii:

Artanis
29-08-2011, 08:34 PM
pencaksilat kudunya masuk tuh bos,apa lagi ada yang ilmunya ga bisa kena pukul sama anti peluru itu

betul gan mestinya Pencak Silat masuk kategori tuh.. :rokok:
klo yang anti peluru itu bukannya debus ya.. :???:

KevYoP
29-08-2011, 09:42 PM
Pencak Silat gak ada ya........
setidaknya sisakan satu tempatlah untuk Indonesia......

faoezi3
29-08-2011, 10:44 PM
wew, kapoera kok gk termasuk ya..?
padahal keren bangetz

azhura
30-08-2011, 12:15 PM
Pencak silat ga ada om...

tapi kalo diliad di pertandingan2 keknya ground fighting lebih dominan untuk menang deh kek K-1 vale tudo atau apalah yg di acara tipi2 ...

pencak silat kebanyakan tarian gan bukan bela diri.

Artanis
30-08-2011, 12:57 PM
pencak silat kebanyakan tarian gan bukan bela diri.

tapi tetep di bilang seni bela diri gan..
cuma bedanya pencak silat itu full Defensif..
menurut ane sih.. :cerutu:

watery_4441
30-08-2011, 01:15 PM
Kalo mau belajar beladiri mending yang jenisnya nyerang apa defence ya?
Orang Jepang banyak banget nyiptain jenis2 beladiri. Apa Jepang jaman dulu kondisi negaranya keras banget y, smpe diciptain berbagai macam jenis beladiri gitu. :bloon:
Oya, wingchun kq gak masuk ya? kalo nonton IP Man kayaknya tuh beladiri hebat banget deh. Nenek moyangnya wushu yang sekarang kn tuh.

Artanis
31-08-2011, 11:02 AM
Kalo mau belajar beladiri mending yang jenisnya nyerang apa defence ya?
Orang Jepang banyak banget nyiptain jenis2 beladiri. Apa Jepang jaman dulu kondisi negaranya keras banget y, smpe diciptain berbagai macam jenis beladiri gitu. :bloon:
Oya, wingchun kq gak masuk ya? kalo nonton IP Man kayaknya tuh beladiri hebat banget deh. Nenek moyangnya wushu yang sekarang kn tuh.

ya namanya untuk bela diri sih biasanya defens..
tapi ya itu juga kembali ke selera masing2 orang.. :hmm:

GreaverS
05-09-2011, 03:38 PM
di indonesia ada yg ngajarin muay thai ga ya? seru kalo liat pelemnya ong bak, hahahaha

Fakhry7
10-09-2011, 03:21 PM
yang ane tahu.. kung fu, karate, judo, ninjutsu...

suryaxpc
29-09-2011, 09:22 PM
yang gue suka ninjutsu keren tuh kita diajarin melarikan diri dan menyelinap secara efektif:hehe:

ival1c3
29-09-2011, 11:28 PM
The Raid kan bru diputer d amrik.. moga pencak silat terkenal lewad tu film trus msuk jajaran 10 besar

sicky
30-09-2011, 02:31 PM
Pencak Silat katanya punya Indonesia, tetep aja juara dunia nya dari Belanda CMIIW

dyz
30-09-2011, 02:32 PM
wah jadi kangen ama Taekwon-do.. dulu SMP udah dapet sabuk biru strip 2 padahal
sekarang kaga maen lagi jadi gemuk
:swt:

Artanis
30-09-2011, 03:02 PM
Pencak Silat katanya punya Indonesia, tetep aja juara dunia nya dari Belanda CMIIW

beladiri itu tergantung orangnya..
bukan karena emang ilmu beladiri-nya.. :haha:

CliffordDlewiS
02-10-2011, 06:58 PM
jadi pengen belajar ninjutsu
sapa tau bisa seperti kaya naruto
wkkwkwkw :D

victasa
02-10-2011, 09:07 PM
pencak silat kok ga ada yah :)

Artanis
03-10-2011, 05:24 AM
pencak silat kok ga ada yah :)

nah itu dia, kok TS-nya kagak masukin ya..
padahal kan pencak silat juga illmu beladiri utama.. :tampan:

lawrence3
04-10-2011, 09:36 PM
beladiri indonesia harusnya bisa masuk ya semacem silat, boxer.. cuma yg di list di atas itu bener2 beladiri yg udah dikenal aja seantero dunia.

Di4m0nD
01-12-2011, 09:49 PM
8. Krav Maga, Israel
http://www.theartsoffight.co.cc/martial_arts/images/m_KravMaga.jpg
Beladiri wajib pengawal presiden Israel, seni bela diri ini tanpa aturan, dan keras. Bela diri ini tidak pernah dilatih untuk olahraga, karena benar-benar ditujukan untuk menghancurkan penyerang dengan berfokus pada area vital lawan, misalnya selangkangan dan mata, dan bahkan mengijinkan penggunaan kepala sebagai senjata dan berbagai benda yang ada sebagai senjata. Pendekatan bela diri ini dibagi tiga langkah: Hadapi ancaman, cegah lawan untuk melakukan serangan kedua, dan netralkan lawan.
gw paling suka yg ini
ini bener2 yg nama nya bela diri, pake cara apa aja yg penting menang:lol:

agungwidhip
19-12-2011, 01:21 AM
tinju g ada gan? kan efektif itu kalo menurut ane

Sniper_king
19-12-2011, 08:38 AM
gw paling suka yg ini
ini bener2 yg nama nya bela diri, pake cara apa aja yg penting menang:lol:

keras banget dah klo yang ini :iii:
ngeri juga klo di serang dengan beladiri ini :takut:

zexofdeath
22-01-2012, 11:58 PM
Krav Maga mmg beladiri israel yg plg biadab
dah tanpa aturan lawan matipun diperbolehkan bangsa yg biadab

xerox_fire
23-01-2012, 12:15 AM
nah itu dia, kok TS-nya kagak masukin ya..
padahal kan pencak silat juga illmu beladiri utama.. :tampan:

belon ad yg ngeclaim makanya belom ribut kynya... :haha:

tp paling demen ma jiu jitsu sih....

klo krav manga yg israel punya tu terlalu bengis kynya....
pantes aj cwe2nya jg perkasa d israel :hmm:

Setsun
23-01-2012, 10:36 PM
keras banget dah klo yang ini :iii:
ngeri juga klo di serang dengan beladiri ini :takut:

ana rasa sih bela diri ini cuma untuk bertahan hidup doang.
makanya menggunakan segala cara untuk menang.