PDA

View Full Version : Physics and Chemistry Obat nyamuk dari bahan Kulit Durian



Iya_an
15-12-2012, 08:19 PM
Kulit Buah Durian Sebagai Obat Nyamuk Elektrik


59165

Selain rasanya lezat, buah durian ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk obat pengusir nyamuk yang aman dan ramah lingkungan. Itu bukan mitos, tapi hasil penilitian.

Ternyata aroma buah durian yang khas dan menyengat dapat mengusir nyamuk tidak lagi hanya sebuah mitos, tapi telah terbukti secara ilmiah. Adalah Devina Oktavianingrum, Visi Ayunita Kusumandari, dan Laily Immawati Ratnasari dari Lembaga Pengkajian Ilmiah (LPI) Bina Bangsa Jombang, Jawa Timur, Dibawah Bimbingan Ir. Arif Wibowo, yang membuktikan bahwa aroma durian dapat digunakan sebagai obat alternatif pengusir nyamuk.

Untuk sampai pada kesimpulan itu, ketiga peneliti remaja – yang kesemuanya siswa SMU di Jombang – ini melakukan penelitian beberapa bulan lamanya. Hasil penelitian itu kemudian diikutsertakan dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) Tingkat Nasional di Jakarta tahun lalu. Dari penelitian itu diketahui bahwa buah durian tidak hanya mengandung zat gizi, melainkan juga mengandung zat kimia yang bisa digunakan sebagai obat nyamuk elektrik dengan cara sederhana.

Penelitian ini bertitik tolak dari asumsi bahwa nyamuk sangat takut dengan sumber bebauan yang menyengat, seperti bau kulit jeruk, bunga lavender atau bunga rosemary. Buah durian juga memiliki bau yang menyengat, disebabkan karena di dalam buah durian yang dikenal lezat ini terdapat kandung minyak atsiri dan alkohol.

“Kandungan alkohol yang terdapat dalam buah durian inilah yang membuat nyamuk tidak menyukai baunya. Karena itu untuk lebih menonjolkan aromanya dan dapat mengusir serta membunuh nyamuk kita terus berusaha menambahkan atau mengurangi alcohol, “ ujar Devina salah seorang dari peneliti itu kepada wartawan TaniMerdeka.

Untuk mencapai hasil yang optimal, para peneliti terus melalukan ujicoba untuk menemukan formula yang pas, sehingga dapat efektif mengusir nyamuk. Caranya, dengan pemberian kadar alkohol ke dalam larutan buah durian yang telah dibuat. “Kalau kandungan alkohol di dalam larutan aroma durian pas, tentu saja hasilnya akan optimal membunuh dan mengusir nyamuk,” jelas gadis kelahiran Jombang, 5 Oktober 1989 ini.

Mulanya, menurut siswi SMU Negeri 2 Jombang ini, kadar alkohol yang diberikan sebanyak 50 mili liter. Namun karena aromanya terlalu menyengat, maka dilakukan pengurangan-pengurangan, akhirnya ditemukan kadar yang pas, yaitu 25 mili liter.

Proses penelitian

Penelitian berlangsung selama satu bulan lebih. Diawali dengan memcincang kulit buah durian sehingga menjadi potongan-potongan kecil. Potongan kulit ditimbang 100 gram ditambah daging durian 50 gram, lalu dihaluskan dengan blender. Untuk pelarutnya digunakan alcohol 70% sebanyak 25 mililiter, dan air 100 mililiter.

Larutan yang diperoleh itu kemudian diperas menggunakan kain ayakan. Proses berikutnya, bekas obat nyamuk elektrik dicelupkan ke dalam larutan itu selama lebih kurang 5 menit, lalu diangkat dan dijemur selama 1 sampai 3 jam, atau hingga tampak kering. Dengan demikian, obat nyamuk ini sudah bisa digunakan.

Ujicoba obat nyamuk dari bahan buah durian ini dilakukan terhadap 20 ekor nyamuk yang ditaruh di dalam ruangan tertutup rapat dengan kelambu dan di tengah ruangan itu dipasang obat nyamuk tersebut. Ujicoba dengan interval waktu yang beragam: 15 – 30 menit, 30 – 45 menit, 45 – 65 menit, dan 120 – 240 menit.

Dari hasil pengematan diketahui, sebelum mencapai 15 menit dari pemasangan obat nyamuk, semua nyamuk menjauh. Meskipun ada beberapa nyamuk yang beterbangan, tapi akhirnya nyamuk-nyamuk itu menepi atau menjauh dari obat nyamuk. Keadaan ini, menurut Devina, bertahan hingga menit ke-30 sampai 45 menit.

Terjadi hal yang mengejutkan, ketika menjelang menit ke 45-60, nyamuk mulai berjatuhan dan akhirnya mati. Ini berlaku hingga menit 120 - 240. "Uji coba kami, pada eksperimen 1, 2, dan 3 kematian nyamuk semakin banyak. Ini menunjukkan bahwa larutan buah durian ternyata ampuh mengusir dan membasmi nyamuk," ujar Devina.

Menurut Devina, perilaku nyamuk menjauh dari obat nyamuk disebabkan karena buah dan kulit durian mengandung minyak atsiri yang sangat menyengat dan tidak disukai nyamuk. “Efek minyak tersebut bisa mempengaruhi syaraf pada nyamuk, akibat yang ditimbulkan nyamuk mengalami kelabilan,” jelas Devina..

Kondisi nyamuk yang demikian itu diketahui ketika dilakukan penyentuhan nyamuk dengan menggunakan alat pensil. Pada uji coba ke 30-45 menit menunjukkan bahwa nyamuk ketika disentuh tidak langsung terbang, dan baru beberapa saat kemudian terbang, tapi setelah itu jatuh dan mati. Selain itu, alkohol yang terkandung dalam buah durian ataupun dari ramuan tambahan meningkatkan daya uap obat nyamuk.

Jika dibanding dengan obat nyamuk elektrik, bakar, spray dan lainnya, menurut Devina, obat nyamuk dari bahan larutan buah durian lebih sehat dan aman. Sebab, obat nyamuk yang beredar selama ini, yang dianggap paling aman pun disinyalir masih dapat membahayakan kesehatan manusia. Maka, “Dibutuhkan obat nyamuk elektrik yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan,” ungkap Devina. Devina sebetulnya ingin menyatakan bahwa obat nyamuk dari hasil temuannya termasuk kategori yang ramah lingkungan. Ternyata, untuk membuat obat nyamuk yang aman dan sehat itu, katanya, tidak memerlukan banyak biaya alias murah. “Dibanding dengan obat nyamuk elektrik buatan pabrik, obat nyamuk elektrik dari larutan buah durian lebih efektif, efisien dan ramah lingkuangan,” kata Devina memuji penemuannya ini.

Bertekad Terus Meneliti

Penemu obat nyamuk dari larutan buah durian, Devina Oktavianingrum, Vivi Ayunita Kusumandari, dan Laily Immawati Ratnasari telah memilih penelitian sebagai hobi. Meski mereka bertiga bukan dari satu sekolahan, tapi ketiga remaja siswa SMU di Jombang, Jawa Timur, ini bertemu untuk menyalurkan hobinya di sebuah lembaga penelitian, yaitu. Lembaga Pengkajian Ilmiah (LPI) Jombang.

Di LPI ini mereka bertiga melakukan berbagai penelitian ilmiah, yang berhasil membawa karya mereka meraih juara di berbagai lomba karya ilmiah di tingkat Jawa Timur dan nasional. Terakhir, karya mereka juara II Lomba Karya Ilmial Remaja (LKIR) tingkat nasional yang diselenggarakan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada 2007.

Tidak jauh berbeda dengan Devina, Laily Immawati Ratnasari juga bekerja keras dan bertekad untuk terus meneliti demi kemajuan ilmu pengetahuan. Laily, nama panggilannya, semula punya berminat menjadi peneliti. Namun, berkat dorongan ayahnya yang juga pengurus LKI Jombang, remaja kehiran Jombang 27 Januari 1994 ini akhirnya bersedia bergabung dengan Devi dan Vivi.

“Kini, saya bertekad untuk terus meneliti, “ ujar anak ke-dua dari tiga bersaudara dari pasangan ayah dan ibu yang bekerja sebagai wiraswasta konveksi. Yang jelas Laily ingin berbuat sesuatu yang bisa membanggakan orangtua bangga. (Evi Agustina-tanimerdeka.com)


baca dulu :belajar:
sumber (http://lpi-binabangsa-jombang.blogspot.com/2010/09/kulit-buah-durian-sebagai-obat-nyamuk.html)



berita lain (okezone)

JAKARTA - Larutan buah durian ternyata bisa menggantikan fungsi obat nyamuk elektrik, karena baunya yang menyengat. Selain prosesnya mudah, berbiaya murah, juga aman tidak menimbulkan keracunan seperti obat nyamuk insektisida lainnya.

Musim hujan datang, musim buah durian pun tiba. Tidak ketinggalan nyamuk pun mulai berdatangan bersamaan datangnya musim hujan. Namun jangan khawatir, berdasarkan penelitian Devina Oktavianingrum, Visi Ayunita Kusumandari, dan Laily Immawati Ratnasari dari Lembaga Pengkajian Ilmiah (LPI) Bina Bangsa Jombang, Jawa Timur, ternyata larutan buah durian ampuh untuk mengusir nyamuk. Hasil penelitian ini, akhirnya memperoleh predikat juara III dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) 2007 yang diselenggarakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Berdasarkan hasil pengamatan, tiga siswi sekolah menengah umum (SMU) tersebut buah durian tidak hanya mengandung zat gizi, namun juga mengandung zat kimia yang bisa digunakan sebagai obat nyamuk elektrik dengan cara cukup sederhana.

"Dalam pembuatan larutan buah durian memerlukan biaya yang sangat sedikit jika dibandingkan dengan harga obat nyamuk elektrik buatan pabrik, maka obat nyamuk ini lebih efektif, efisien dan ramah lingkungan," katanya.

Menurut Devina, jika dibandingkan dengan obat nyamuk elektrik, bakar, spray dan lainnya, tentu larutan buah durian lebih sehat. Tentu, risiko terhadap kesehatan ini bukan tanpa alasan. Bahan kimia berbahaya seperti obat nyamuk bisa masuk kedalam tubuh dalam tiga cara, yakni, termakan, terminum, dan terhisap bersama makanan atau minuman yang tercemar.

Kemudian dihirup dalam bentuk gas dan uap, termasuk yang langsung menuju paru-paru lalu masuk ke dalam aliran darah, atau terserap melalui kulit meskipun tanpa melalui luka terlebih dahulu.

"Obat nyamuk elektrik yang dianggap paling aman, masih disinyalir dapat membahayakan kesehatan. Sehingga dibutuhkan obat nyamuk elektrik yang aman, nyaman, dan ramah lingkungan," jelasnya.

Devina mengungkapkan, awal ketertarikannya untuk meneliti durian sebagai antinyamuk karena mitos Jawa. Jika panen durian, masyarakat Jawa menyimpannya selalu di dalam rumah atau bahkan dalam kamar.� Kenyataannya, dalam rumah atau kamar tersebut bebas dari nyamuk.

"Kami mengasumsikan bahwa buah durian dapat mengusir nyamuk melalui bau yang sangat tajam dan menyengat, dan bau tersebut tidak disukai nyamuk," paparnya.

Kemudian Devina beserta dua temannya mulai melakukan pengolahan secara sederhana guna pembuatan obat nyamuk elektrik dari bahan buah dan kulit durian. Jika selama ini kulit durian hanya dibuang begitu saja dan tidak termanfaatkan, maka kulit durian yang juga tidak disukai oleh tikus itu juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Mereka pun mulai mencari buah durian yang dijajakan penjual disepanjang jalan di wilayah Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Untuk mengolah larutan buah durian, kulit buah durian dipotong kecil-kecil ditimbang 100 gram (g) dan daging buah 50 g, kemudian dihaluskan dengan blender. Untuk pelarutnya digunakan alkohol 70 persen sebanyak 50 mililiter (ml), dan air 100 ml. Larutan buah durian yang diperoleh diperas dengan menggunakan kain ayakan. Hasilnya digunakan untuk merendam bekas obat nyamuk elektrik. Dalam penelitian ini, Devina dan kawan-kawanya menggunakan tempat obat nyamuk elektrik bekas yang terlebih dahulu ditimbang dan dicelupkan ke dalam larutan buah durian kurang lebih 5 menit kemudian diangkat dan dijemur antara 1-3 jam atau hingga tampak kering.

"Kami melakukan pengujian terhadap penggunaan larutan buah durian sebagai obat nyamuk elektrik diperlukan ruangan 1x1 meter persegi dengan ditutup kelambu hingga rapat. Tujuannya agar nyamuk tidak bisa terbang bebas keluar ruangan. Agar nyamuk bisa beradaptasi maka nyamuk dilepaskan dalam ruangan dan dibiarkan selama 1 jam. Untuk selanjutnya dipasang obat nyamuk elektrik larutan buah durian," jelasnya.

Uji coba yang dilakukan oleh Devina beserta kawan-kawannya dengan menggunakan 20 ekor nyamuk per perlakuan. Yakni, perlakuan pemasangan obat nyamuk elektrik larutan buah durian selama 15-30 menit, 30-45 menit, 45-60 menit, 60-120 menit, dan 120-240 menit. Dari hasil pengamatan mereka, pemasangan obat nyamuk tersebut sebelum mencapai 15 menit semua nyamuk menjauh, meskipun ada beberapa nyamuk yang beterbangan namun akhirnya menepi menjauh dari obat nyamuk yang dipasang di tengah ruangan. Keadaan ini, kata dia, bertahan hingga menit ke-30 sampai 45 menit. Namun ketika menjelang menit ke 45-60 menunjukkan hasil mengejutkan. Nyamuk-nyamuk mulai berjatuhan dan akhirnya mati. Ini berlaku hingga menit 120 - 240.

"Uji coba kami, pada eksperimen 1, 2, dan 3 kematian nyamuk semakin banyak. Ini menunjukkan bahwa larutan buah durian ternyata ampuh mengusir dan membasmi nyamuk," katanya.

Menurut� Devina, perilaku nyamuk yang menjauh dari obat nyamuk terutama disebabkan karena buah dan kulit durian mengandung minyak atsiri yang sangat menyengat dan tidak disukai nyamuk. Sebab efek minyak tersebut bisa mempengaruhi syaraf pada nyamuk, akibat yang ditimbulkan nyamuk mengalami kelabilan. Ketika dilakukan penyentuhan nyamuk dengan menggunakan alat pensil, dalam uji coba ke 30-45 menit, menunjukkan nyamuk tidak langsung terbang, dan baru beberapa saat terbang setelah itu jatuh dan mati. Selain itu memang, alkohol yang memang sudah terkandung dalam buah durian ataupun dari ramuan tambahan tersebut meningkatkan daya uap obat nyamuk.

"Karena prinsip kerja alkohol cepat terjadi penguapan. Apalagi jika terkena panas," ujarnya.

Devina menjelaskan, meskipun penggunaan daging buah durian yang dia manfaatkan hanya 15 persen dari semua bahan, namun kenyataannya itu sudah cukup untuk mengusir nyamuk dan membunuhnya. Namun kendalanya, kata dia, memang tidak semua orang menyukai bau buah durian, sehingga dikhawatirkan bau durian yang menyengat justru akan mengganggu istirahat orang tersebut.

Untuk itu kata dia, hasil penelitiannya ini memang baru bisa digunakan kepada orang yang tidak memiliki masalah dengan bau durian. Selain itu, penggunaan komposisi alkohol untuk campuran pun masih dapat dikurangi seminimal mungkin karena fungsinya hanya untuk meningkatkan daya penguapan, pada saat dilakukan pemanasan pada obat nyamuk elektrik.

Secara ekonomis, kata dia, bekas obat nyamuk elektrik yang biasanya dibuang bisa dimanfaatkan. Devina mengalkulasi untuk membuat 25 buah obat nyamuk elektrik larutan buah durian, diperlukan biaya sekira Rp5.050, sedangkan obat nyamuk elektrik buatan pabrik 1 pak berisi 30 buah harga pasaran Rp15.000.

"Sehingga tidak ada salahnya, bekas obat nyamuk elektrik yang biasanya dibuang bisa digunakan untuk membuat obat nyamuk elektrik sendiri dengan larutan buah dan kulit durian. Selain murah, juga aman bagi kesehatan. Tidak seperti obat nyamuk biasa," paparnya.

sumber (http://techno.okezone.com/read/2007/11/06/56/58827/larutan-buah-durian-bisa-usir-nyamuk)


Nitip Promo ;

~> Asian Movie Award 2 - Best Comedy Movie [Stage 2] (http://idws.in/375848)

villace
16-12-2012, 06:47 PM
wah keren artikelnya

dari indo kah?
simple sih

tapi

sepertinya masih banyak bug..

tidak ada kontrol sama sekali..

tapi ya boleh juga sih kalo buat wirausaha gituan dan setidaknya ini apa namanya bantu remediasi sampah

aanwwb
16-12-2012, 07:56 PM
ide yang cukup jenius......
mungkin dengan durian nyamuk nyamuk yang nakal dapat mabuk karena banyakl durian ya :lol:

Iya_an
16-12-2012, 08:57 PM
wah keren artikelnya

dari indo kah?
simple sih

tapi

sepertinya masih banyak bug..

tidak ada kontrol sama sekali..

tapi ya boleh juga sih kalo buat wirausaha gituan dan setidaknya ini apa namanya bantu remediasi sampah

bener gan, ini mahasiswa dari indonesia ; daerah Jombang.


ide yang cukup jenius......
mungkin dengan durian nyamuk nyamuk yang nakal dapat mabuk karena banyakl durian ya :lol:

Ada juga manusia yang mabuk ama durian apalagi nyamuk yang notabennya takut ama aroma menyengat :panik:

rathalayers
16-12-2012, 10:00 PM
bener gan, ini mahasiswa dari indonesia ; daerah Jombang.



Ada juga manusia yang mabuk ama durian apalagi nyamuk yang notabennya takut ama aroma menyengat :panik:

baru tau gw, ada orang bisa mabuk ama durian, wkwkwk

kreatif juga nih mahasiswa nya

eantz
16-12-2012, 11:45 PM
wah..boleh juga ni idenya..
berawal dari sesuatu yang sederhana..
tinggal pengembangannya aja..

Sunday_KNIGHT
17-12-2012, 10:49 AM
baru tau gw, ada orang bisa mabuk ama durian, wkwkwk
itu disebabkan karena kadar durian banyak mengandun NADH
dan senyawa ini bekerja pada metabolisme alkohol,
sehingga akan menghasilkan aldehide,

aldehide inilah yang bisa menyebabkan kita keracunan,
paling parah bisa menyebabkan kematian,

sedangkan untuk mengusir nyamuk adalah fenolic,
untuk memperkuat kemampuannya bisa dilakukan dengan ekstraksi alkohol,
cuma sampai sekerang belum ditemukan nilai yang bagus berapa jumlah yang paling bagus untuk mengusir nyamuk,

Iya_an
17-12-2012, 01:45 PM
NAD... bikin pertanyaan bagi saya dan coba mencari tahu, akhirnya dapat dari Wikipedia (http://id.wikipedia.org/wiki/Nikotinamida_adenina_dinukleotida);

Nikotinamida adenina dinukleotida, disingkat NAD+, adalah koenzim yang ditemukan di semua sel hidup. Senyawa ini berupa dinukleotida, yakni mengandung dua nukleotida yang dihubungkan melalui gugus fosfat, dengan satu nukleotida mengandung basa adenina dan yang lainnya mengandung nikotinamida.

Dalam metabolisme, NAD+ terlibat dalam reaksi redoks, dengan membawa elektron dari satu reaksi ke reaksi lainnya. Koenzim ini oleh karenanya ditemukan dalam dua bentuk yang berbeda: NAD+ sebagai oksidator, dan NADH sebagai reduktor. NAD+ menerima elektron dari molekul lain dan menjadi tereduksi (NADH), dan begitu pula sebaliknya. Reaksi transfer elektron ini merupakan salah satu fungsi NAD+. Namun ia juga memiliki fungsi lain pada proses selular lainnya, utamanya adalah sebagai substrat enzim yang menambah maupun mengurangi gugus fungsi pada protein dalam modifikasi pascatranslasional. Karena fungsinya yang penting ini, enzim-enzim yang terlibat dalam metabolisme sering menjadi target pengembangan obat-obatan.

itu rumusan bagi bahasa kimia, mungkin ada yg mau menambahkan dalam bahasa keseharian.. :???:
Mohon petunjuknya, sebab dulu yg pernah TS alami sendiri pernah mabuk gara2 mengkonsumsi banyak durian.
Akhirnya sepulang dari nganjuk yang terkenal dengan Durian bagongnya, pulang agak pusing.. tp sekarang udah agak mendingan :pusing:

bighendz
17-12-2012, 02:55 PM
Obat nyamuk yang ada di pasaran , khususnya yang ber evaporasi -> Bakar , semprot , elektrik.
metode pengusiran nyamuk kebanyakan menggunakan zat pembunuh / insektisida. Tidak hanya berpengaruh pada nyamuk , insektisida juga berbahaya kalau masuk ke dalam tubuh manusia. karena sifatnya yang toksin / ber-racun.

Pada obat nyamuk oles , ada yang menggunakan wangi lavender.


Misalnya saja kulit jeruk yang memiliki zat limonen dengan persentase 90 persen lebih. “Limonen ini yang berfungsi sebagai antinyamuk karena mampu membunuh nyamuk jika terkena,” kata dia.

Pada kulit jeruk , bukan wanginya yang membuat nyamuk menghindar , tapi zat racun pas kita di gigit nyamuk.

sedang di buah Durian -> terdapat kandungan alkohol yang baunya tidak disukai oleh nyamuk.

Soal mabuk makan durian -> ya kalau ada kadar alkohol dalam durian , pastinya akan memperlambat fungsi sistem saraf pusat. Zat ini bisa menghambat beberapa pesan yang seharusnya disampaikan ke otak. Karena ada hambatan tersebut, maka bisa mengubah persepsi, emosi, gerakan, penglihatan dan juga pendengaran seseorang.

kayanya ngga ada hubungannya dengan metabolisme alkohol deh :iii:
CH3CH2OH + NAD+ ---> CH3CH=O + NADH + H+

ini bukan alasan kenapa orang mengkonsumsi alkohol jadi mabuk , tapi ini alasan alkohol bisa jadi energi ( ATP ) :hehe:

Sunday_KNIGHT
17-12-2012, 03:46 PM
ijin oot bentar :hehe:

kayanya ngga ada hubungannya dengan metabolisme alkohol deh :iii:
CH3CH2OH + NAD+ ---> CH3CH=O + NADH + H+
ini bukan alasan kenapa orang mengkonsumsi alkohol jadi mabuk , tapi ini alasan alkohol bisa jadi energi ( ATP ) :hehe:
berhubungan dengan metabolisme alkohol koq,

http://1.bp.blogspot.com/_dNrGS3YApSw/TGbi3iDCfaI/AAAAAAAAAB0/MrteXgmsr6Y/s320/creative_webcam_1.jpg

durian bisa menghambat kinerja enzim aldehida dehidrogenase (ALDH),

NAD akan mempengaruhi kinerja enzim alkohol dehidrogenase (ADH),
metabolisme alkohol oleh ADH akan menghasilkan asetaldehid (dengan reaksi oksidasi)
Asetaldehida inilah yang bersifat racun, dan tidak bisa dipecah ke asam asetat karena ALDH terhambat,

bahkan, apabila hasil reaksi asetaldehida oleh ADH ini bereaksi lagi dengan alkohol,
maka akan dihasilkan senyawa mirip morfin, sehingga menyebabkan alkoholik,
===
sedangkan untuk energi dibutuhkan enzim aldehida dehidrogenase (ALDH),
dimana asetaldehida tadi diubah menjadi asam asetat,
kemudian di oksidasi menjadi CO2 dan H2O, Piruvat, levulosa, gliseraldehida dan alanina.
piruvat = masuk ke TCA,
alanina = mempercepat reaksi alkohol,
lavulosa (fruktosa) = jadi gliseraldehida,
gliseraldehida = masuk ke jalur 2 glikolisis,

Iya_an
17-12-2012, 03:57 PM
Obat nyamuk yang ada di pasaran , khususnya yang ber evaporasi -> Bakar , semprot , elektrik.
metode pengusiran nyamuk kebanyakan menggunakan zat pembunuh / insektisida. Tidak hanya berpengaruh pada nyamuk , insektisida juga berbahaya kalau masuk ke dalam tubuh manusia. karena sifatnya yang toksin / ber-racun.

Pada obat nyamuk oles , ada yang menggunakan wangi lavender.

Pada kulit jeruk , bukan wanginya yang membuat nyamuk menghindar , tapi zat racun pas kita di gigit nyamuk.

sedang di buah Durian -> terdapat kandungan alkohol yang baunya tidak disukai oleh nyamuk.

Soal mabuk makan durian -> ya kalau ada kadar alkohol dalam durian , pastinya akan memperlambat fungsi sistem saraf pusat. Zat ini bisa menghambat beberapa pesan yang seharusnya disampaikan ke otak. Karena ada hambatan tersebut, maka bisa mengubah persepsi, emosi, gerakan, penglihatan dan juga pendengaran seseorang.

kayanya ngga ada hubungannya dengan metabolisme alkohol deh :iii:
CH3CH2OH + NAD+ ---> CH3CH=O + NADH + H+

ini bukan alasan kenapa orang mengkonsumsi alkohol jadi mabuk , tapi ini alasan alkohol bisa jadi energi ( ATP ) :hehe:


....disebabkan karena di dalam buah durian yang dikenal lezat ini terdapat kandung minyak atsiri dan alkohol.
ini adalah pernyataan di artikel atas.

TAPI saya dapat tambahan artikel, yang menyebutkan durian atau sejenis nya tidak pernah menghasilkan alkohol.
sumber dari Balai Penelitian Tanaman ;


Rumor yang berkembang di masyarakat yang merugikan bagi durian yaitu kandungan kolesterol. Sampailah pada suatu hari di salah satu program televisi swasta nasional yang menampilkan durian Lae yang dikatakan tidak mengandung kolesterol. Informasi ini betul, tetapi tidak tepat. Karena sejatinya, belum ada diatas dunia ini tanaman yang menghasilkan kolesterol. Bahkan sebenarnya 80% kolesterol berasal dari sintesa di dalam tubuh kita sendiri dan sisanya 20% berasal dari lemak hewani. Demikian juga rumor tentang kandungan alcohol pada durian. Lagi-lagi informasi ini sangat tidak tepat. Karena sesungguhnya tidak ada tanaman di atas bumi ini yang menghasilkan alkohol, kecuali karena fermentasi gula atau karbohidrat yang dikandungnya. Lalu bagaimana sebenarnya kandungan gizi durian?

Kalau soal rasa, tidak ada yang memungkiri sensasinya rasa durian. Hingga dalam refensi barat disebutkan ‘smells like hell, but tastes like heaven - baunya seperti di neraka tapi rasanya seperti di surga’. Kalau kita di Indonesia mendeskripsi rasa durian hanya kategori manis, manis legit atau manis sedikit pahit, justru orang barat mendeskripsikan lebih lengkap lagi, antara lain yang ditulis oleh seorang naturalis dari Inggris, Alfred Russel Wallace, yang antara lain mengatakan bahwa durian merupakan buah seperti puding yang diperkaya dengan rasa almond, kadang-kadang seperti rasa es krim keju, bercampur saus bawang, anggur, dan bermacam rasa yang unik. Ia juga memiliki daging buah yang pulen, dan tidaklah bertambah unsur rasa lain kecuali semakin menambah kelezatannya.

Durian mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang tinggi melebihi buah lain. Hingga dikatakan oleh seorang penulis dari Thailand bahwa`kandungan nutrisi durian berkelas ‘bintang lima’. Diantara kandungan nutrisi yang penting tersebut adalah vit B, vit C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Disamping itu juga zat gizi umum seperti karbohidrat, lemak tak jenuh dan protein

Di dalam catatan pengobatan tradisional dikatakan bahwa durian memiliki manfaat sebagai penghangat badan, meningkatkan kebugaran mental, dan penambah vitalitas kaum pria (aphrodisiac). Untuk yang terakhir ini ada ucapan terkenal di Malaysia ‘saat durian mulai jatuh, maka sarung mulai naik’. Sedangkan penelitian modern telah menemukan bahwa kandungan zat khusus pada durian memberikan peranan yang penting pada kesehatan manusia.

Phytonutrient misalnya, merupakan zat alami yang banyak terdapat pada durian juga kebanyakan buah-buahan dan sayuran. Walaupun pelum dapat diidentifikasi sejara gambling (intangible) namun diakui zat ini memberikan manfaat bagi pemeliharaan kesehatan bersama dengan vitamin, mineral dan serat. Peneliti dari Ohio State university bahkan menyatakan bahwa zat ini adalah vitamin-vitamin masa depan. Phytonutrient ditengarai mampu menonaktifkan zat penyebab kanker, meningkatkan sistim kekebalan tubuh, mencegah katarak dan menurunkan resiko terhadap penyakit-penyakit kronis seperti kanker, diabetes, jantung dan hipertensi.

Durian banyak mengandung zat antioksidant dan polyphenol yang dikatakan memiliki kemampuan yang lebih tinggi daripada antioksidan yang berupa vitamin. Sedangkan durian memiliki kedua jenis antioksidan ini, baik vitamin (vit C) maupun non-vitamin. Umumnya disebutkan kandungan vitamin C pada durian berkisar dari 22.9-107, bahkan dari analisa yang dilakukan Balitbu Tropika dijumpai ada durian yang mengandung sampai 200 mg/100 gram daging buah. Ini merupakan angka tertinggi untuk kandungan vitamin pada buah.

Phytosterol juga merupakan zat penting yang banyak dikandung durian. Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo memberikan catatan tentang manfaat zat Phytosterol, antara lain: memperbaiki reaksi anti tumor pada tubuh, memperbaiki ketahanan terhadap kanker, dan secara langsung menghambat pertumbuhan tumor.

Zat organosulfur merupakan salah satu kandungan gizi penting pada buah durian. Zat ini juga banyak terdapat pada bawang putih. Manfaat dari organosulfur ini adalah untuk menurunkan sintesa kolesterol yang terjadi di sel hati, anti radang, antioksidant, anti-mikroba (bakteri dan jamur), merupakan komponen insulin untuk meningkatkan serapan glukosa untuk menghasilkan energy, serta organosulfur bersama thiamin dan biotin membantu menjaga metabolism gula dan efektif sebagai penstabil kadar gula darah.

Yang tidak kalah pentingnya adalah kandungan Tryptopan yang dikenal memiliki efek ‘feel good’ bagi yang mengkonsumsi durian. Zat ini merupakan salah satu asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk Serotonin, Melatonin dan Niacin yang dapat digunakan untuk mencegah depresi, rasa cemas, susah tidur, stress, rasa sakit, dll.

Fakta-fakta manfaat durian bagi kesehatan manusia juga telah dirangkum oleh Profesor. Dr. Aminuddin AHK dari Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, univ. Kebangsaan Malaysia, sbb.: Durian mengandung tiga jenis gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa. Berkombinasi dengan serat, durian secara instant, berkelanjutan dan nyata memberikan tambahan energi bagi yang mengkonsumsinya. Penelitian membuktikan bahwa hanya dengan dua pongge durian dapat menyediakan energi untuk kerja 90 menit secara berterusan. Jika dibandingkan dengan Apel, maka durian mengandung 4 kali protein, 2 kali karbohidrat, 3 kali fosfor, 5 kali vitamin A dan zat besi, serta 2 kali untuk vitamin dan mineral yang lain.

Dengan kandungan gizi yang kaya, mengkonsumsi durian dapat menjaga dan mencegah sejumlah penyakit dan menjaga kodisi kesehatan, diantaranya:

Mencegah depresi: Menurut salah satu survey terbaru yang dilakukan oleh MIND, menunjukkan diantara masyarakat yang mengalami depresi, memperoleh kondisi yang lebih baik setelah makan durian. Hal ini disebabkan durian mengandung tryptophan, salah satu jenis asam amino yang dapat di rubah dalam tubuh menjadi serotonin, untuk membuat badan lebih rilek, meningkatkan mood, dan secara umum membuat perasaan lebih gembira.

PMS (premenstrual syndrome): Vitamin B6 yang dikandung durian meregulasi kadar gula darah yang akan meningkatkan mood anda.

Mencegah Anemia (kurang darah): Dengan kadar besi tinggi, durian dapat merangsang produksi haemoglobin dalam darah sehingga membantu penderita anemia.

Menekan tekanan darah: Durian mengandung kalium sangat tinggi tetapi kadar garam yang rendah, membuat durian sempurna untuk menekan tekanan darah. Sehingga US Food and Drug Administration telah mengijinkan industri durian untuk mengajukan pengakuan resmi terhadap kemampuan durian mengurangi resiko dari tekanan darah tinggi dan stroke.

Brain Power : 200 pelajar di Twickenham (Middlesex) school telah dibantu ujian mereka dengan makan durian pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang untuk mendorong kecerdasan mereka. Penelitian menunjukkan bahwa kalium buah yang tinggi dapat membantu siswa lebih perhatian/serius pada pelajaran.

Melancarkan BAB: Karena mengandung serat tinggi, menambahkan durian dalam menu harian dapat membantu menormalkan proses pencernaan dan melancarkan BAB.

Mabuk perjalanan, kelelahan: Salah satu cara tercepat untuk menangani hangover adalah dengan membuat durian milkshake, dengan campuran madu. Durian akan menenangkan perut, madu akan menaikan kadar gula darah, sementara susu akan me-rehidrasi sistim tubuh.

Meredakan nyeri lambung: Durian memiliki efek antacid alamiah pada tubuh, apabila anda mengalami nyeri perut, cobalah makan durian untuk meredakannya.

Menghindari mual (Morning Sickness): Makan durian diantara makanan pokok membantu menjaga kadar gula darah dan menghndari morning sickness.

Mengurangi gatal akibat gigitan nyamuk: Sebelum anda menggunakan krim gigitan nyamuk, coba dulu gosok kulit yang digigit nyamuk dengan bagian dalam kulit durian. Banyak orang mendapati hal ini sebagai cara yang luar biasa dan berhasil untuk mengurangi bentol dan gatal akibat gigitan nyamuk.

Memperbaiki system syaraf: Durian mengandung vitamin B yang tinggi yang dapat membantu memperbaiki system syaraf anda.

Mengontrol diet bagi orang kegemukan: Studi di the Institute of Psychology di Austria menunjukkan bahwa tekanan pekerjaan mendorong orang banyak makan dan ngemil. Satu hasil kajian menyimpulkan bahwa untuk menghindari ngemil akibat stress, kita perlu makan makanan berkadar karbohidrat tinggi setiap 2 jam untuk menjaga kestabilan. Durian merupakan buah berkadar karbohidrat 20% hingga 39%.

Radang saluran pencernaan: Durian dapat digunakan sebagai makanan pencegah sakit intestinal sebab durian bertekstur lunak dan lembut. Durian satu-satunya buah segar yang dapat dimakan langsung pada kasus yang telah kronis. Durian juga menetralisir kelebihan asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi dinding perut.

Pengontrol suhu badan: Hal yang sangat bertolak belakang dengan kepercayaan kita. Ternyata banyak budaya bangsa lain yang memandang durian sebagai buah ‘pendingin’ yang dapat menurunkan suhu bagi ibu hamil. Sebagai contoh di Holand, wanita hamil disuruh makan durian untuk meyakinkan bahwa bayi mereka akan lahir dengan suhu yang ‘cool’.

Membantu berhenti merokok: Durian dapat juga membantu orang yang berusaha berhenti merokok, karena mengandung vit B6, B12, kalium dan magnesium yang membantu tubuh bertahan dari efek ketagihan nikotin.

Mencegah stress: Kalium adalah salah satu mineral vital, yang membantu menormalkan denyut jantung, mengirim oksigen ke otak, dan meregulasi keseimbangan air dalam tubuh. Ketika kita stress, metabolisme kita meningkat sehingga mengurangi kadar kalium. Hal ini dapat di seimbangkan kembali dengan makan durian yang mengandung kalium tinggi.

Mengurangi resiko stroke: Menurut penelitian di The New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa makan durian sebagai bagian dari menu harian dapat megurangi resiko kematian akibat stroke sampai 40%.

Obat luka: Durian juga merupakan alternative untuk penyembuhan luka. Ambil sebagian durian dan tempelkan pada luka kemudian plester atau balut.

Lalu bagaimana dengan rumor yang selama ini berkembang dan bagaimana makan durian yang dapat betul-betul member manfaat bagi kesehatan?

Kasus-kasus negatif yang terjadi selama ini berkaitan dengan durian adalah akibat terjadinya over energy karena makan durian dalam porsi yang berlebihan. Jika energy tidak tersalurkan maka akan menyebabkan terganggunya keseimbangan badan yang berakibat colapse. Sehingga disarankan agar makan durian cukup 100-200 gram saja setiap kali makan. Juga agar diperhatikan agar makan durian tidak dicampur dengan alkohol dan hindari makan durian pada saat menjelang tidur. (Disadur dari berbagai sumber)

sumber (http://balitbu.litbang.deptan.go.id/ind/index.php/berita-mainmenu-26/13-info-aktual/339-1001-manfaat-durian-untuk-kesehatan)


nb ; ternyata udah dijelasin ama Mod Sunday :sembah:
mungkin artikel ini juga OOT, :maaf:

Sunday_KNIGHT
17-12-2012, 04:12 PM
Alkohol yang tersebut diatas justru ditambahkan untuk campuran bahan durian yang akan dijadikan obat nyamuk, dengan komsposisi tertentu yang kemudian bisa bereaksi dan terjadilah perubahan kimia yang diinginkan.
---
saya dapat tambahan artikel, yang menyebutkan durian atau sejenis nya tidak pernah menghasilkan alkohol.
sumber dari Balai Penelitian Tanaman ;

mungkin artikel ini juga OOT, :maaf:
sebenarnya, bagian yang digunakan untuk pengusir nyamuk adalah kulitnya (kalo daginnya untuk di makan lah)
cuma, tidak semua orang suka dengan bau durian itu,
jadinya dilakukan ekstraksi senyawa pengusir nyamuk itu sekaligus menghilangkan bau duriannya (fenol-nya, cmiir _)
kemudian hasil ekstraksi ini bisa di buat menjadi bentuk elektrik / cairan yang di evaporasi,
---
mabuk disebabkan kerena dalam durian mengandung zat yang mampu meng-inhibisi ALDH
ayo kita kembali ke jalan yang benar ___
:cambuk:
---
saran, bikin trid tentang durian memabukkan dong, biar gak oot,
:ngacir: ___

Iya_an
17-12-2012, 04:22 PM
sebenarnya, bagian yang digunakan untuk pengusir nyamuk adalah kulitnya (kalo daginnya untuk di makan lah)
cuma, tidak semua orang suka dengan bau durian itu,
jadinya dilakukan ekstraksi senyawa pengusir nyamuk itu sekaligus menghilangkan bau duriannya (fenol-nya, cmiir _)
kemudian hasil ekstraksi ini bisa di buat menjadi bentuk elektrik / cairan yang di evaporasi,
---
mabuk disebabkan kerena dalam durian mengandung zat yang mampu meng-inhibisi ALDH
ayo kita kembali ke jalan yang benar ___
:cambuk:
---
saran, bikin trid tentang durian memabukkan dong, biar gak oot,
:ngacir: ___

iya ya :keringat:
kenapa jadi tertarik untuk membahas durian memabukkan :lol:
malas ach.. ini aja berpeluang OOT, ntar takutnya juga sama lagi

Back to topic ; itu tadi cm sbg pendukung kalau obat nyamuk dari bahan kulit durian (ada dikit dagingnya juga kok) bener2 aman bagi manusia.
jadi jangan khawatirlah kalau mabuk atau pusing...

mau bilang ada juga yg anti bau durian dan mual nanti OOT lagi :dead:

verseiless
20-12-2012, 11:40 PM
Wah dibanding bau kulit durian, sepertinya lebih baik aroma bunga lavender. Banyak lho orang yang tidak tahan dengan bau kulit durian berkepanjangan, meskipun makan durian itu enak sih.

Sunday_KNIGHT
21-12-2012, 05:57 AM
Wah dibanding bau kulit durian, sepertinya lebih baik aroma bunga lavender. Banyak lho orang yang tidak tahan dengan bau kulit durian berkepanjangan, meskipun makan durian itu enak sih.
ini kan cuma salah satu bahan baku yang bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk,
tapi ya itu, baunya itu tidak semua orang sama,
tapi hal ini bisa diakali dengan melakukan proses ekstraksi terhadap senyawa pengusir nyamuk saja,
sedangkan senyawa bau dihilangkan aja (bau khas duriannya),

Sunday_KNIGHT
21-12-2012, 06:31 PM
Kreatif gan :niceinfo: tapi manusia juga bisa mabok kayaknya kalo nium bau duren terus :bloon:
kalo kasus durian,
tidak akan menyebabkan mabuk via penciuman, tapi harus peroral baru bisa,
tapi tidak menutup kemungkinan kalo orang yang mencium bau-nya akan pusing,

fael_c00l
22-12-2012, 08:53 AM
Wah,, baru tau Kulit durian juga bisa dijadiin obat nyamuk.,, taunya sih kulit jeruk doank :jah:

Iya_an
22-12-2012, 02:50 PM
kalo kasus durian,
tidak akan menyebabkan mabuk via penciuman, tapi harus peroral baru bisa,
tapi tidak menutup kemungkinan kalo orang yang mencium bau-nya akan pusing,

contoh orangnya ada ditetangga saya, bau nya aja bikin mual dan pernah sekali sampe muntah beneran.
gak tau kalo sampai ada obat nyamuk berbahan dari kulit durian ini beredar,, gak bakalan mau make :garing:

Sunday_KNIGHT
22-12-2012, 03:05 PM
contoh orangnya ada ditetangga saya, bau nya aja bikin mual dan pernah sekali sampe muntah beneran.
gak tau kalo sampai ada obat nyamuk berbahan dari kulit durian ini beredar,, gak bakalan mau make :garing:
rupanya ada juga yang sampe muntah-muntah begitu :keringat:
kan bau duriannya dihilangkan dulu dengan proses ekstraksi,
kemudian baru dibuat ke dalam bentuk elektrik ato cair,
jadi yang tertinggal adalah zat pengusir nyamuk saja,
sedangkan bau durian sudah go away :ngacir: ____

Iya_an
22-12-2012, 03:12 PM
rupanya ada juga yang sampe muntah-muntah begitu :keringat:
kan bau duriannya dihilangkan dulu dengan proses ekstraksi,
kemudian baru dibuat ke dalam bentuk elektrik ato cair,
jadi yang tertinggal adalah zat pengusir nyamuk saja,
sedangkan bau durian sudah go away :ngacir: ____

iya sih emang, tapi kalo udah trauma.. jangankan liat denger aja bisa puyeng :pusing:
mau dibuat produksi masal :???:
gimana ya lagipula durian kan ada musimnya, apa gak harus menunggu bahan dalam musimnya ?
apa mungkin akan dibuat campuran zat kimia yg mirip seperti khasiat durian tersebut.

Sunday_KNIGHT
22-12-2012, 03:18 PM
iya sih emang, tapi kalo udah trauma.. jangankan liat denger aja bisa puyeng :pusing:
mau dibuat produksi masal :???:
gimana ya lagipula durian kan ada musimnya, apa gak harus menunggu bahan dalam musimnya ?
apa mungkin akan dibuat campuran zat kimia yg mirip seperti khasiat durian tersebut.
yup, kadang ada juga orang seperti itu :lol:
baru dengar namanya aja udah gimana gitu :hoho:
----
yup, mungkin itu salah satu kekurangan dari penggunaan kulit durian sebagai bahan baku obat nyamuk,
dari segi musim, tidak bisa berbuah setiap tahun, selain itu pabrikak obat nyambu cuma ingin kulitnya saja,
jadi dagingnya di kemakanan ? kalo dimakan bisa teler tuh, soalnya untuk bahan baku pasti butuhnya tidak sedikit,

kalo sintetik bisa saja, tapi biasanya strukturnya gak tahan lama,
kadang dengan kena panas langsung ter-urai sehingga sifatnya hilang,
tapi gak tau juga, soalnya kasus ini terjadi pada pewarna alami dan sintetik,
dimana yang alami tidak tahan sedangkan sintetik lama,,

Iya_an
22-12-2012, 03:38 PM
yup, mungkin itu salah satu kekurangan dari penggunaan kulit durian sebagai bahan baku obat nyamuk,
dari segi musim, tidak bisa berbuah setiap tahun, selain itu pabrikak obat nyambu cuma ingin kulitnya saja,
jadi dagingnya di kemakanan ? kalo dimakan bisa teler tuh, soalnya untuk bahan baku pasti butuhnya tidak sedikit,


Gak perlu saya tuang disini sumbernya nanti malah seperti beriklan,
jadi ada lihat sebuah UKM yang menyediakan daging durian beku full dalam setahun tanpa mengenal musim.
mereka katanya menjamin tidak memakai pengawet. jadi daging no problem larinya kemana.
Nah kalau begitu kulitnya juga bisa kan dibikin sebagai bahan ini. akhirnya bisa multifungsi.

Sunday_KNIGHT
22-12-2012, 03:54 PM
Gak perlu saya tuang disini sumbernya nanti malah seperti beriklan,
jadi ada lihat sebuah UKM yang menyediakan daging durian beku full dalam setahun tanpa mengenal musim.
mereka katanya menjamin tidak memakai pengawet. jadi daging no problem larinya kemana.
Nah kalau begitu kulitnya juga bisa kan dibikin sebagai bahan ini. akhirnya bisa multifungsi.
durian beku ? udah rusak tuh strukturnya,,,
kulitnya sih bisa di simpat, tapi jumlah yang dibutukan kan tidak sedikit,,
walopun bisa disimpan, keknya proses pembusukannya juga cepat,
apalagi kalo sampe terjadi reaksi dengan udara,
entahlah kalo tempat penyimpanannya itu bagus (kulkas)
tapi ini kan butuh biaya lagi, dan perusahaan biasanya tidak ingin seperti ini,
maunya yang praktis2 saja biar hemat,
:hehe:
---------
mungkin kalo kerja sama dengan perusahaan yang menggunakan daging aja sih bisa,
jadi perusahaan ini ambil kulit, sedangkan yang satu lagi ambil dagingnya,

oke banget dah.
pengusir nyamuk aroma duren. wow......


^
biasanya sih bau duriannya itu dihilangkan dulu gan,
jadi ntar yang dihasilkan murni senyawa pengusir nyamuk yang tidak berbau durian lagi,
soalnya banyak juga orang yang tidak suka dengan bau durian, jadi dengan ekstraksi bisa dihasilkan bahan yang bebas bau durian,