PDA

View Full Version : Discussion Mandi Setelah Olahraga Malam, Sehat atau Bikin Penyakit?



muchtarluthfi
27-12-2012, 03:07 PM
http://images.detik.com/content/2012/12/26/775/123250_priamandits.jpg



Jakarta, Bagi orang yang sibuk bekerja dan sulit bangun pagi, maka olahraga di malam hari bisa jadi pilihan. Tapi jika selesai olahraga malam langsung mandi, apakah menyehatkan atau bikin penyakit?

Ada banyak olahraga malam yang bisa dilakukan seseorang mulai dari sepedaan, jogging malam hari, bermain tenis atau futsal dan sepakbola bersama dengan teman-teman selepas jam kerja.

Setelah selesai berolahraga maka hal yang ingin dilakukan seseorang adalah mandi agar tubuhnya lebih segar dan menghilangkan keringat yang ada di tubuh. Namun jika tak ingin sakit, sebaiknya perhatikan waktu mandi setelah olahraga malam.

"(Mandi setelah olahraga malam) nggak masalah, yang penting kalau olahraga di tempat terbuka nggak boleh saat berdingin-dingin terkena embun dan angin malam langsung mandi," ujar dr T Bahdar Johan, SpPD, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (26/12/2012).

dr Bahdar yang pernah menjadi atlet olahraga polo air ini mengungkapkan pengalamannya berlatih di malam hari tetap membuatnya sehat-sehat saja. Hal yang penting adalah jangan sampai menggigil lalu mandi, tapi istirahat dulu dan begitu keringatnya hilang baru boleh mandi.

"Saat keringetan maka pori-pori kulit akan terbuka dan tubuh serta kelenjar keringat bekerja untuk mengeluarkan panas tubuh. Kalau orang langsung mandi maka panas di tubuh ini tidak keluar dan kelenjar keringat tidak bagus kerjanya," ungkapnya.

Nantinya kondisi ini bisa menyebabkan pori-pori kulit melebar dan timbul-timbul seperti orang merinding, serta dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah. Hal ini juga biasanya sering ditemui pada orang yang sering mandi air hangat.

Selain itu setelah berolahraga disarankan tidak mengonsumsi minuman dingin yang suhunya seperti es, karena dapat menyebabkan daya tahan lokal jadi menurun dan mengakibatkan terjadinya penyempitan pembuluh darah di tenggorokan dan mulut yang bisa memicu batuk, pilek serta flu.

"Kalau minumannya dingin bukan beku, seperti suhu 20-an derajat ya tidak apa-apa dikonsumsi setelah olahraga malam," ujar dr Bahdar yang aktif sebagai seksi olahraga Ikatan Alumni Universitas Sumatera Utara (Iluni USU).

Untuk itu jika ingin melakukan mandi setelah olahraga malam hari, sebaiknya tunggu sampai keringat kering baru mandi, serta hindari minuman-minuman dingin yang memiliki suhu hampir mencapai es.

Silakan menuju ke sumbernya (http://health.detik.com/read/2012/12/26/123139/2126829/775/mandi-setelah-olahraga-malam-sehat-atau-bikin-penyakit)

alizee
27-12-2012, 03:48 PM
kalau sehabis olahraga trus mandi air hangat gimana kk? :hmm:
yang suhunya agak panas 40-an derajat
kan sama aja pori2nya melebar

Steve7th
27-12-2012, 10:45 PM
wah kalo ane seh mandi malam2 malah bikin meriang masuk angin :takut:
tiap orang mah beda2, 1 mandi malam sehat orang lain blon tentu

muchtarluthfi
28-12-2012, 10:48 AM
wah kalo ane seh mandi malam2 malah bikin meriang masuk angin :takut:
tiap orang mah beda2, 1 mandi malam sehat orang lain blon tentu
memang daya tubuh seseorang itu berbeda -beda, ada yang kuat ada yang lemah
kalau ane mandi keseringannya jam 7 malem, tapi selalu pakai air hangat :hahai:
kalau udah terbiasa memang gak akan ngaruh efeknya

Sunday_KNIGHT
28-12-2012, 05:17 PM
kalau sehabis olahraga trus mandi air hangat gimana kk? :hmm:
yang suhunya agak panas 40-an derajat
kan sama aja pori2nya melebar
setelah olahraga biasanya tubuh kita akan menghasilkan panas berlebih,
karena itu panas ini akan dikeluarkan melalui pori-pori tubuh,

langsung mandi air hangat setelah olahraga juga tidak bagus,
karena pada saat itu tubuh akan berusaha mengeluarkan panas dari tubuh dengan melebarkan pori-pori,
dan apabila terkena air hangat, pori-pori akan menutup kembali untuk mencegah masuknya panas dari luar,
so, langsung mandi setelah olahraga, pake air apapun dampaknya akan sama,
CMIIW ___

wisnurdi
29-12-2012, 05:13 AM
Kalo aku tergantung feeling.. Kalo rasanya gerah, harus mandi, dan kuat kena air, mandi aja. Tapi kalo ndak, ya jangan dipaksain mandinya

alizee
30-12-2012, 06:32 PM
langsung mandi air hangat setelah olahraga juga tidak bagus,
karena pada saat itu tubuh akan berusaha mengeluarkan panas dari tubuh dengan melebarkan pori-pori,
dan apabila terkena air hangat, pori-pori akan menutup kembali untuk mencegah masuknya panas dari luar,

so, langsung mandi setelah olahraga, pake air apapun dampaknya akan sama,
CMIIW ___

yg bagian pertama rasanya kebalik deh :iii:
air dingin membuat pori2 menutup, sedangkan air hangat membuat pori2 terbuka

yg kedua betul, mandi air apapun efeknya sama
kecuali kalo abis olahraga ada niatan buat beraktifitas lagi
atlit profesional biasanya mandi air dingin, yg lain mandi air hangat :hmm:

Sunday_KNIGHT
30-12-2012, 06:42 PM
yg bagian pertama rasanya kebalik deh :iii:
air dingin membuat pori2 menutup, sedangkan air hangat membuat pori2 terbuka
secara teoritis, yang ane tau juga seperti itu, soalnya untuk melakukan homeostasis,
tubuh akan mencegah masuknya panas ketika kondisi tubuh sendiri sedang panas (setelah olahraga),

tapi, pada kondisi normal, ketika kena panas, pori-pori tubuh emang akan terbuka,
tapi, pada kondisi panas tubuh berlebih + mandi air panas => tertutup juga *IMO

Tiboom
30-12-2012, 08:02 PM
yah kalo ga mandi kan malah bikin tubuh kotor,bikin jerawatan,panuan,kudas,kurap,kutu air :dingin:
emang lebih baik mandi walaupun harus nunggu sebentar setelah olahraga :onsen:

alizee
30-12-2012, 10:45 PM
tapi, pada kondisi panas tubuh berlebih + mandi air panas => tertutup juga *IMO

oh begitu toh
saya baru tahu :iii:
soalnya biasa sehabis pulang main basket langsung mandi air panas. memang sih jadinya tetep keringetan sehabis mandi :keringat:
tapi sesudah itu jadi nyenyak tidurnya

lloppikst
02-01-2013, 03:37 AM
waduhh,,kebiasaan ane abis futsal langsung mandi tuh... :nongol:
terkadang abis putsal langsung lari menuju rumah trus ke kamar mandi langsung mandi.... :takut:
jadi harus nunggu dulu keringet ilang ya... :hot:

Sunday_KNIGHT
02-01-2013, 03:57 AM
soalnya biasa sehabis pulang main basket langsung mandi air panas. memang sih jadinya tetep keringetan sehabis mandi :keringat:
tapi sesudah itu jadi nyenyak tidurnya
keringatan lagi setelah mandi ?
bisa jadi karena pas mandi air panas pori-pori menutup => keringat gak keluar (penjelasan di atas)
dan setelah mandi air panas => pori-pori akang terbuka kembali untuk mengeluarkan panas tubuh,
sehingga setelah mandi air panas biasanya kita akan keringatan lagi

note : apabila waktunya salah(tidak menunggu keringat kering dulu)

misschoi407
03-01-2013, 05:44 PM
Kebiasaan orang jepang nih,,

kan biasanya mereka sebelum tidur mandi air panas dlu..

muchtarluthfi
04-01-2013, 05:58 PM
Kebiasaan orang jepang nih,,

kan biasanya mereka sebelum tidur mandi air panas dlu..
mungkin disana sebagai relaksasi saja ya gans, habis seharian kerja badan capek dan pegel semua
biar urat dan syarafnya rada kendor sedikit :peace:

susanoomon
09-01-2013, 12:03 PM
kalo ane ngikutin sesepuh ane, jam 1 sampai 2 malem bagus untuk kesehatan. hasil nyata: bokap ane asma-nya sembuh, dan batuk2 berkurang (y)

muchtarluthfi
09-01-2013, 01:12 PM
kalo ane ngikutin sesepuh ane, jam 1 sampai 2 malem bagus untuk kesehatan. hasil nyata: bokap ane asma-nya sembuh, dan batuk2 berkurang (y)
memang bagus kok, sekalian buat daya tahan aja biar lebih kuat
karena katanya sifat air setelah lewat malam akan berubah (kata orang tua dulu kalau sebelum jam 12 malam itu air setan jadi bahaya kalau buat mandi) :takut:

harlons
11-01-2013, 02:53 PM
Biasanya abis olahraga saya langsung minum minuman yg dingin2 lg X_X
Kalau lg keringat emg ga bagus sih mandi, katanya juga bisa bikin panuan

muchtarluthfi
11-01-2013, 02:59 PM
Biasanya abis olahraga saya langsung minum minuman yg dingin2 lg X_X
Kalau lg keringat emg ga bagus sih mandi, katanya juga bisa bikin panuan
kalau badan berkeringat dan langsung mandi memang gak bagus,
tapi kalau bikin panuan saya juga belum tahu
mungkin karena cara penyabunannya aja yang kurang benar sehingga menimbulkan jamur dan berkembang menjadi panu
berikut beberapa bahaya keringat:

Keringat dapat menyebabkan kulit dan baju terlihat basah atau lembab.
Karena mengandung garam, dapat meninggalkan bercak keputihan atau kekuningan pada pakaian
Keringat yang berlebihan dapat menyebabkan gatal-gatal dan kemerahan pada kulit.
Keringat dapat menciptakan lingkungan yang tepat untuk tumbuhnya beberapa mikroorganisme berbahaya seperti jamur.
Langsung mandi dengan air dingin setelah berkeringat banyak dapat beresiko fatal.
Bila ingin mandi setelah berkeringat banyak, tunggulah sejenak sebelum mandi dan gunakanlah air hangat ketika mandi.

Sunday_KNIGHT
11-01-2013, 03:27 PM
^
Btw, panuan itu kan disebabkan oleh jamur !
nah, jamur ini sebenarnya tumbuh dimana sih ? di permukaan kulit / dibawah lapisan kulit tipis ?
mungkin gak kalo dia masuk via pori-pori sporanya ?

muchtarluthfi
11-01-2013, 03:37 PM
^
Btw, panuan itu kan disebabkan oleh jamur !
nah, jamur ini sebenarnya tumbuh dimana sih ? di permukaan kulit / dibawah lapisan kulit tipis ?
mungkin gak kalo dia masuk via pori-pori sporanya ?
setahu ane, jamur tumbuh didaerah yang lembab :peace:
seperti lekukan tubuh, selangkangan, ketiak, leher badan, dll
kalau lapisan kulit mana ada beberapa jenis, ada yang tumbuh di kulit halus (glabrous skin),folikel rambut, genitokural (selangkangan)
sedikit tambahan aja, ini ada beberapa jenis panu
1. Panu Tubuh (Tinea Corporis)
Tinea Corporis adalah penyakit panu yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita pada kulit halus (glabrous skin) seperti di daerah muka, leher, badan, lengan, dan gluteal. Penyebab tersering Tinea Korporis adalah Trichophyton rubrum dan Trichophyton mentagrophytes.

2. Panu Kepala (Tinea Capitis)
Tinea kapitis adalah penyakit panu yang disebabkan oleh infeksi jamur superfisial pada kulit kepala dengan kecenderungan menyerang tangkai rambut dan folikel – folikel rambut. Penyakit ini termasuk kepada mikosis superfisialis atau dermatofitosis. Beberapa sinonim yang digunakan termasuk ringworm of the scalp dan tinea tonsurans.

3. Panu Selangkangan (Tinea Cruris)
Tinea Cruris merupakan penyakit panu yang disebabkan oleh jamur pada daerah genitokrural (selangkangan), sekitar anus, dan kadang-kadang sampai perut bagian bawah.

4. Panu Kaki (Tinea Pedis)
Tinea Pedis adalah sebuah infeksi jamur pada kulit, biasanya di antara jari kaki yang disebabkan oleh jamur parasit.

Sunday_KNIGHT
11-01-2013, 03:53 PM
maksudnya, di lapisan kulit bagian mana-nya ya ?
- epidermis
- dermis
- hipodermis

ato emang dipermukaan paling luar kulitnya ?

http://www.klinikassyarif.com/wp-content/uploads/2012/03/skin-cross-section.jpg

@ bawah : SIP, ayo kita kembali ke topiknya :puyeng:

muchtarluthfi
11-01-2013, 04:00 PM
maksudnya, di lapisan kulit bagian mana-nya ya ?
- epidermis
- dermis
- hipodermis

ato emang dipermukaan paling luar kulitnya ?

http://www.klinikassyarif.com/wp-content/uploads/2012/03/skin-cross-section.jpg
mungkin dibagian kulit terluar kali MOD, ane juga belum tahu :hoho:
tanya sama dokter zz11 aja :peace:

Shwarz27
11-01-2013, 10:04 PM
jikalau mandi tengah malam pake air dingin gimana ??

tapi baru habis berolahraga??

Sunday_KNIGHT
11-01-2013, 10:28 PM
jikalau mandi tengah malam pake air dingin gimana ??
tapi baru habis berolahraga??
menurutku sih sama aja, mau pake air dingin, hangat, ato panas pengaruhnya sama,
dengan catatan, ini dilakukan langsung setelah olahraga tanpa istirahat menghilangkan keringat dulu,

btw, udah pernah di bahas dihalaman sebelumnya,
silahkan dibuka untuk menambah wawasan,
:hmm:

muchtarluthfi
12-01-2013, 07:05 AM
jikalau mandi tengah malam pake air dingin gimana ??

tapi baru habis berolahraga??
kalau mandi tengah malam gak papa, namun sebaiknya keringkan keringat terlebih dahulu
karena katanya jika mandi dengan badan berkeringat akan menimbulkan jamur dan bisa menjadi panu
menurut artikel yang saya baca seperti itu___________:ngacir:

tuan_buncis2002
13-01-2013, 05:30 PM
seumur umur ga pernah olahraga malam2, paling cuma jalan kaki, biasanya olahraga pagi ato siang :haha:
kalo dari buku yg aku baca waktu SMP, mandi sebaiknya paling telat jam 5 sore, sewaktu sinar matahari masih ada
lalu mandinya pake air hangat biar pori2 kebuka, tetapi sewaktu bilas pake air dingin buat nutupi pori2 tsb
tapi kalo sudah malam mending jgn mandi air dingin deh, bisa nyebabkan rematik

otakugenius18
14-01-2013, 09:13 AM
Bener, sebaiknya kalau enggak terpaksa lebih baik jangan deh mandi malam malam

kalau memang harus ya jangan pake air dingin mandinya

muchtarluthfi
14-01-2013, 09:20 AM
seumur umur ga pernah olahraga malam2, paling cuma jalan kaki, biasanya olahraga pagi ato siang :haha:
kalo dari buku yg aku baca waktu SMP, mandi sebaiknya paling telat jam 5 sore, sewaktu sinar matahari masih ada
lalu mandinya pake air hangat biar pori2 kebuka, tetapi sewaktu bilas pake air dingin buat nutupi pori2 tsb
tapi kalo sudah malam mending jgn mandi air dingin deh, bisa nyebabkan rematik
kalau mandi pake air hangat terus bilasnya pake air dingin malah kaya ngebuka tutup botol yang sulit (ilmu fisika)
malah bikin kulit jadi kaget, awalnya kebuka langsung cepat menutup karena air dingin
mandi dengan air dingin tidak menyebabkan rematik, hal ini juga udah dijelaskan oleh Mod Yuma disini (http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=119007&p=22954082&viewfull=1#post22954082) ,atau post dibawah ini :peace:


Bener, sebaiknya kalau enggak terpaksa lebih baik jangan deh mandi malam malam

kalau memang harus ya jangan pake air dingin mandinya
kalau gak mandi, bikin bau dan kaya lengket-lengket begitu dibadan
sehingga tidak nyaman saat tidur, dan mengurangi kualitas tidur anda

yuma
14-01-2013, 02:39 PM
tapi kalo sudah malam mending jgn mandi air dingin deh, bisa nyebabkan rematik


Bener, sebaiknya kalau enggak terpaksa lebih baik jangan deh mandi malam malam

kalau memang harus ya jangan pake air dingin mandinya

Mandi dengan air dingin pada malam hari TIDAK mengakibatkan rematik. Penyakit rematik disebabkan berbagai hal, salah satunya asam urat, bukan air dingin yang digunakan untuk mandi pada malam hari.

Pada orang yang sudah mengidap rematik, mandi pada malam hari memang menambah keluhan rasa sakit. Kalaupun terpaksa mandi pada malam hari, penderita rematik disarankan menggunakan air hangat.

Sumber (http://health.kompas.com/read/2010/11/12/11090894/Mandi.Malam.Bukan.Penyebab.Rematik)
Sumber (http://doktersehat.com/seputar-mandi-malam-dan-rematik/)

riescadrille
14-01-2013, 04:06 PM
padahal ane kebiasaan klo udah pulang malam2 kehujanan, klo gak mandi malam malah jadi sakit ya :bingung:
apa klo kehujanan gak bisa disamain sama olahraga :pusing:

muchtarluthfi
15-01-2013, 09:50 AM
padahal ane kebiasaan klo udah pulang malam2 kehujanan, klo gak mandi malam malah jadi sakit ya :bingung:
apa klo kehujanan gak bisa disamain sama olahraga :pusing:
kalau pulang malam dan kehujanan emang lebih baik mandi dengan air hangat
mungkin ditujukan untuk menaikkan kembali suhu tubuh yang awalnya down (kedinginan)
orang tua sering bilang "kalau kehujanan mending mandi pakai air hangat biar gak masuk angin", ntah itu benar atau tidak tapi cara ini selalu saya lakukan setiap kali kehujanan dan hasilnya saya tiddak pernah masuk angin setiap kali kehujanan________:ngacir:

rezzoku
16-01-2013, 07:22 PM
kl mnrt ane sih mnrt dr berbagai sumber ,
olahraga malam tidak bagus apalagi d tambah mandi pada malam hari ,weee mengerikan .

muchtarluthfi
16-01-2013, 07:31 PM
kl mnrt ane sih mnrt dr berbagai sumber ,
olahraga malam tidak bagus apalagi d tambah mandi pada malam hari ,weee mengerikan .
mungkin hal ini disebabkan dari kandungan udara pada malam hari
kandungan udara pada malam hari cenderung lebih banyak karbondioksidanya, karena tumbuhan pada malam hari menghasilkan karbondioksida
sedangkan pada siang hari tumbuhan mengeluarkan oksigen yang digunakan manusia untuk bernafas
itulah sebabnya ketika kita berada di bawah pohon pada waktu siang hari terasa sejuk_________:ngacir:

niquel
17-01-2013, 06:01 PM
Kalo mandi nya air hangat memang bagus, tapi kalo mandinya air dingin sehabis olah raga nggak bagus soalnya kan kita olahraga badan kita keringatan, pori2 tubuh banyak kebuka trus kalo langsung mandi bisa bikin masuk angin... mendingan tunggu tubuh sudah mulai dingin, trus badan sudah tidak berkeringat an mandi air hangat supaya nggak masuk angin... Kalo sudah masuk angin terus2an gitu bisa nyerang ke jantung...

sanno
20-01-2013, 05:08 AM
wuih...kalo abis olahraga biaanya jarang mandi......
tapi mending nunggu1-2 jam deh biar badannya dingin dulu

conacu
22-01-2013, 05:43 PM
wah kayak temen ane gan....
dia kalo habis futsal malemnya langsung mandi.....

gw bilangin nti penyakitan malah cuek aja...:hahai:
kalo gk mandi malah susah tidur dia bilang....

kembali pada masing2....
bener kata pk dokter,,, tunggu sampe keringatnya kering baru mandi..

tapi baru tau kalo lagi mengigil juga tdk boleh langsung mandi.... (biasanya habis kena hujan)

ItadakiMayuyu
24-01-2013, 07:21 PM
Katanya bikin rematik juga ya kalo mandi malem 2
Ane sering tapi kok ga pernah ngerasain apa apa ya? Apa belum ada efeknya?

Sunday_KNIGHT
24-01-2013, 07:29 PM
Katanya bikin rematik juga ya kalo mandi malem 2
Ane sering tapi kok ga pernah ngerasain apa apa ya? Apa belum ada efeknya?
itu mitos saja, udah pernah dijelasin di page belakang tuh,
baik itu mandi pake air dingin ato tidak,


Mandi dengan air dingin pada malam hari TIDAK mengakibatkan rematik. Penyakit rematik disebabkan berbagai hal, salah satunya asam urat, bukan air dingin yang digunakan untuk mandi pada malam hari.

Pada orang yang sudah mengidap rematik, mandi pada malam hari memang menambah keluhan rasa sakit. Kalaupun terpaksa mandi pada malam hari, penderita rematik disarankan menggunakan air hangat.

Sumber (http://health.kompas.com/read/2010/11/12/11090894/Mandi.Malam.Bukan.Penyebab.Rematik)
Sumber (http://doktersehat.com/seputar-mandi-malam-dan-rematik/)

fakescandal
01-02-2013, 10:11 AM
wah setahu ane sih yg penting abis olahraga itu harus istirahat dlu, biar pori - pori di badan nutup, abis itu mau mandi air panas or air dingin jg ga masalah biar malem juga

dhany11u
18-02-2013, 11:57 PM
bikin penyakit deh meneurku klo langsung mandi karena keringat yg kotor tidak jadi keluar terhadang oleh air sehingga menyebabkan penyakit
terutama masuk angin. lebih baiknya sih tungggu sampai keringat kering dulu baru mandi

darkerthanblack
19-02-2013, 12:30 AM
itu mitos saja, udah pernah dijelasin di page belakang tuh,
baik itu mandi pake air dingin ato tidak,

kl mandi tengah malem gmana :ogbingung:
ane tiap hr mandi jem 12-1an sih, selama ini ga ad keluhan
tp ngeri jg kl kenapa2 :tega:

Jhon_devil
19-02-2013, 09:53 AM
nice info,
q selalu mandi malam tapi menghangatkan tubuh dulu jadi lebih enak badannya.....

Sunday_KNIGHT
19-02-2013, 10:38 AM
kl mandi tengah malem gmana :ogbingung:
ane tiap hr mandi jem 12-1an sih, selama ini ga ad keluhan
tp ngeri jg kl kenapa2 :tega:
gak apa-apa koq, banyak juga tuh yang mandi tengah malam malah rasanya lebih segar,
sedangkan yang bilang bisa rematik, paru-paru basa, dkk itu hanya mitos saja (belum ada bukti ilmiah),

untuk lebih jelasnya silahkan baca-baca page belakang,
kalo gak salah udah ada yang bahas panjang lebar ko,
:hmm:

esdikditto
20-02-2013, 04:01 PM
pori2 terbuka membuang panas tubuh dalam bentuk cairan keringat, karna panas tubuh itu makannya jangan langsung mandi pake air dingin...

tunggu dulu reda baru deh hajar mandi, baru tu tidur nyenyak